TRIBUNNEWS.COM – Kendaraan listrik semakin populer di kalangan masyarakat, termasuk untuk perjalanan mudik Lebaran 2025.
Salah satu pemudik, Sandi, berbagi pengalamannya mudik menggunakan mobil listrik pada momen Lebaran 2024 lalu dengan rute Jakarta-Bali pulang pergi (PP).
Menurut Sandi, ia tahun ini memilih kembali mudik menggunakan mobil listrik karena merasakan iritnya biaya transportasi pada Lebaran tahun lalu.
“Tahun lalu kita udah coba mobil listrik, dan hemat,” ungkap Sandi saat mengisi daya di rest area 487 Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (28/3/2025).
Dilansir Tribun Solo, Sandi mengungkapkan bahwa perjalanan mudiknya tahun lalu dari BSD, Jakarta Selatan, menuju Bali, lalu ke Yogyakarta, dan kembali lagi ke Jakarta hanya menghabiskan biaya kurang dari Rp 950 ribu.
Pengeluaran ini jauh lebih murah dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar minyak (BBM).
“Nah kita lanjutan lagi seperti tahun lalu,” tambahnya.
Meskipun mobil listrik bergantung pada daya listrik yang tersimpan, Sandi tidak khawatir karena sepanjang rutenya sudah tersedia banyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), baik di rest area maupun di SPBU.
“Kalau tahun lalu di SPKLU ini tidak ada petugas. Tapi ini sudah ada. Jadi kalau ada trobel-trobel bisa langsung ditangani,” ujarnya.
Hingga tiba di rest area 487 Boyolali, Sandi telah menghabiskan sekitar Rp 200 ribu untuk mengisi daya mobil listriknya sebanyak empat kali.
“Sudah 4 kali ngisi daya. Harga KWH-nya masih murah Rp 4.467,” ujarnya.
Menurutnya, mobil listrik jauh lebih hemat dibandingkan mobil berbahan bakar minyak.
“Biaya BBM untuk pulang pergi Rp 2 jutaan. Itu ke Jogja. Kalau saya kan ke Bali cuma habis Rp 900 ribuan,” tambahnya.
Namun, meskipun lebih irit, mobil listrik memiliki keterbatasan dalam hal kecepatan.
“Lebih dari itu langsung dilimit sama komputernya. Memang lama sampai, tapi insyaallah lebih aman,” pungkasnya.
Sementara itu pemudik yang melintasi Jalan Tol Trans Jawa menggunakan mobil listrik tak perlu khawatir.
Pemudik yang melintas di jalan Tol Trans Jawa dapat beristirahat di rest area selama perjalanan mudik Lebaran 2025.
Lantas di mana saja titik rest area di Jalan Tol Trans Jawa untuk mudik Lebaran 2025?
Selengkapnya simak titik rest area di Jalan Tol Trans Jawa untuk mudik Lebaran 2025 dan lokasi SPKLU mengutip dari Instagram resmi @korlantaspolri.ntmc.
Berikut adalah daftar 53 SPKLU di sepanjang ruas jalan tol:
Ruas Jabodetabek
Jagorawi: Rest Area KM 10A, DC 60 kW
Jagorawi: Rest Area KM 21B, DC 50 kW
Jagorawi: Rest Area KM 45A, DC 60 kW
Jakarta-Tangerang: Rest Area KM 13A, DC 60 kW
Jakarta-Tangerang: Rest Area KM 14B, AC & DC 82,5 kW
Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 6B, AC 22 kW, DC 25 kW, DC 200 kw
Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 19A, DC 50 kW& DC 24 kW
Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 19B, DC 50 kW& DC 24 kW
Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 39A, DC 50 kW
Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 42B, DC 50 kW
Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 57A, AC 22 kW, DC 50 kW, DC 200 KW
Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 62B, AC 22 kW, DC 50 kW, DC 200 kW
Ruas Cipularang dan Padaleunyi
Cipularang: Rest Area KM 72A, DC 50 kW& 24 kW
Cipularang: Rest Area KM 72B, DC 50 kW& 24 kW
Cipularang: Rest Area Travoy KM 88A, AC 22 kW, DC 200 kW, DC 50 kW, DC 24 kW, DC 100 kW
Cipularang: Rest Area Travoy KM 88B, AC 22 kW, DC 200 kW, DC 50 kW, DC 24 kW, DC 100 kW
Cipularang: Rest Area KM 97B DC 60 kW
Cipularang: Rest Area KM 125B DC 120 kW
Padaleunyi: Rest Area KM 147A DC 50 kW& DC 200 kW
Padaleunyi: Rest Area KM 149B DC 50 kW& DC 24 kW
Ruas Palikanci dan Batang-Semarang
Palikanci: Rest Area Travoy KM 207A AC 24 kW, DC 24kW, DC 50 kW, DC 66 kW, DC 100 kW
Palikanci: Rest Area KM 208B, DC 50 kW, DC 24kW
Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM 360B, DC 50 kW
Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM 379A, AC 74 kWAC 22 kW, DC 66 kW, DC 100 kW, DC 200 kW
Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM 389B, DC 50 kW, AC 7,4 kW. DC 100 kW, AC 22 kW
Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM, 391A DC 50 kW
Ruas Semarang Seksi A, B, C dan Semarang-Solo
Semarang Seksi A,B,C: Rest Area KM 424B, DC 50 kW
Semarang-Solo: Rest Area KM 429A, DC 50 KW
Semarang-Solo: Rest Area KM 439A, DC 50 kW
Semarang-Solo: Rest Area KM 444B, DC 50 kW& DC 200 kW
Semarang-Solo: Rest Area KM 456B, AC 7,4 kW
Semarang-Solo: Rest Area KM 487A, DC 50 kW
Semarang-Solo: Rest Area KM 487B, DC 50 kW
Ruas Solo-Ngawi-Kertosono
Solo-Ngawi: Rest Area Travoy KM 519A, DC 24 kW& DC 50 kW
Solo-Ngawi: Rest Area Travoy KM 519B, DC 24 kW& DC 50 kW
Solo-Ngawi: Rest Area Travoy KM 538A, DC 50 kW& DC 22 kW
Solo-Ngawi: Rest Area Travoy 538B, DC 50 kW& DC 22 kWDC 50 kW, DC 22 kW,
Solo-Ngawi: Rest Area Travoy 575A, DC 100 kW, AC 22 kWDC 50 kW, DC 22 kW,
Solo-Ngawi: Rest Area Travoy 575B, DC 100 kW, AC 22 kW
Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 597A, DC 50 kWDC 22 kWDC 100 kW& AC 22 kW
Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 597B, DC 50 kW& DC 22 kW
Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 626A, AC 22 kW& DC 200 kW
Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 626B, AC 22 kW& DC 200 kW
Ruas Surabaya-Mojoketo, Surabaya-Gempol, Pandaan-Malang dan Gempol-Pasuruan
Surabaya-Mojokerto: Rest Area Travoy KM 725A, DC 50 kW, DC 100 kW& AC 22 kW
Surabaya-Mojokerto: Rest Area KM 726B, DC 50 kW
Surabaya-Gempol: Rest Area KM 7538, DC 50 kW
Surabaya-Gempol: Rest Area KM 754A, DC 50 kW
Pandaan-Malang: Rest Area Travoy KM 66A, DC 50 kW
Pandaan-Malang: Rest Area Travoy KM 66B, DC 50 kW
Pandaan-Malang: Rest Area Travoy KM 84A, DC 50 kW
Pandaan-Malang: Rest Area KM 848, DC 50 kW
Gempol-Pasuruan: Rest Area Travoy KM 792A, DC 50 kW
Gempol-Pasuruan: Rest Area Travoy KM 792B, DC 50 kW
Sebagian artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Cerita Pemudik Melintas di Boyolali, Pakai Mobil Listrik Habis Rp950 Ribu PP Jakarta-Bali.
(Tribunnews.com/Gilang Putranto, Widya) (TribunSolo.com/Tri Widodo)