Perusahaan: YouTube

  • Resmikan RS Kardiologi Solo, Prabowo: Berobat Tak Perlu ke Luar Negeri

    Resmikan RS Kardiologi Solo, Prabowo: Berobat Tak Perlu ke Luar Negeri

    Jakarta

    Presiden Prabowo Subianto baru saja meresmikan RS Kardiologi Emirates-Indonesia (RS KEI) di Solo, Jawa Tengah. Kehadiran rumah sakit ini diharapkan membuat warga tak perlu lagi jauh-jauh berobat jantung ke luar negeri.

    “Saya kira ini akan memberi harapan baru bagi pasien jantung tidak usah jauh-jauh berobat keluar negeri, kita punya fasilitas yang bagus, yang terbaik dan kita akan mengejar pelayanan kesehatan yang terbaik yang mampu kita berikan,” kata Prabowo Prabowo di peresmian RS KEI dikutip dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (19/11/2025).

    Dalam kesempatan itu, dia juga meminta Menteri Kesehatan untuk membangun 66 rumah sakit baru bertaraf internasional dengan peralatan canggih. Target itu diharapkan tercapai dalam empat tahun ke depan.

    Rumah sakit ini dibangun menggunakan dana hibah Pemerintah Uni Emirate Arab (UEA) senilai Rp417,3 miliar (USD 25 juta). Seluruh biaya pembangunan ditanggung pemerintah UEA, sementara operasionalnya akan dikelola Kementerian Kesehatan RI.

    RS KEI memiliki kapasitas awal 130 tempat tidur, dilengkapi fasilitas modern seperti hybrid cathlab, CT Scan, MRI, IGD dengan sembilan tempat tidur, ICU, ruang operasi jantung, rawat inap VIP hingga presidential suite, serta pusat riset kardiologi.

    Prabowo berharap fasilitas kesehatan di RS KEI ini menjadi tolak ukur bagi standar rumah sakit di Indonesia, yang bisa mengurangi fatalitas, mempercepat akses pengobatan dan menjadi pusat inovasi, edukasi serta riset. Di sisi lain, Prabowo juga mengharapkan tambahan lulusan tenaga medis untuk pemerataan layanan kesehatan di Indonesia.

    “Rumah sakit penting, tapi juga awaknya, dokter kita butuh tambahan sangat banyak. Dokter gigi, perawat, paramedis dan itu kita juga akan melakukan perluasan penambahan fasilitas pendidikan dokter, perawat, paramedis secara besar-besaran,” ucap Prabowo.

    (kna/kna)

  • Prabowo Tantang Menkes Bangun 66 RS Baru Setara RS Kardiologi Solo

    Prabowo Tantang Menkes Bangun 66 RS Baru Setara RS Kardiologi Solo

    Jakarta

    Presiden RI Prabowo Subianto meresmikan pusat jantung RS Kardiologi Emirates-Indonesia (RS KEI) di Solo, Jawa Tengah. Peresmian rumah sakit itu disebutnya sebagai simbol persahabatan kedua negara.

    “Rumah sakit ini adalah simbol persahabatan antara dua bangsa, Indonesia dan Uni Emirates Arab. Ini adalah kebesaran hati dari Presiden Uni Emirates Arab yang mulia Muhammad bin Zaid Al Nahyan yang selalu memberi perhatian yang sangat besar kepada bangsa kita dari sejak beliau masih muda,” kata Prabowo kepada Menkes saat memberi pidato peresmian RS KEI dikutip dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden.

    Prabowo menjelaskan bahwa RS Kardiologi Emirates-Indonesia merupakan salah satu rumah sakit dengan peralatan canggih di Indonesia, bahkan satu-satunya di Jawa Tengah. Dia meminta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membuat rumah sakit baru dengan standar yang sama dengan RS KEI.

    “Saya sudah alokasikan (anggaran) dan sudah menginstruksikan Menkes untuk segera membangun 66 RS baru dan sudah mulai dibangun. Tapi saya minta 66 tidak kalah dengan standar RS ini. Menkes kesehatan, bisa?” tantang Prabowo.

    Eks Menteri Pertahanan era Jokowi ini juga meminta Menkes Budi membuat RS secanggih RS KEI di tiap kabupaten/kota. Prabowo menargetkan rumah sakit dengan peralatan canggih dan berstandar internasional itu bisa dibangun dalam 4 tahun ke depan.

    “Kita berusaha, tapi yang jelas saya akan alokasikan biaya yang cukup besar untuk pelayanan kesehatan,” beber Prabowo.

    (kna/kna)

  • Komisi VI DPR Cecar Menkop & Bos Agrinas soal Biaya-Desain Kopdes Rp 1,6 M

    Komisi VI DPR Cecar Menkop & Bos Agrinas soal Biaya-Desain Kopdes Rp 1,6 M

    Jakarta

    Desain dan biaya pembangunan Koperasi Desa Merah Putih sebesar Rp 1,6 miliar per unit menjadi sorotan Komisi VI DPR RI. Sejumlah anggota meragukan semua Kopdes Merah Putih akan dibangun dengan desain yang telah dibuat oleh PT Agrinas Pangan Nusantara.

    Cecaran datang di tengah Direktur Utama PT Agrinas Pangan Nusantara Joao Angelo De Sousa Mota memperlihatkan desain dari bangunan fisik Kopdes Merah Putih. Hal ini terjadi saat rapat kerja dan rapat dengar pendapat antara Komisi VI DPR RI dengan Menteri Koperasi dan Agrinas Pangan Nusantara.

    Mulanya, Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDIP Mufti Aimah Nurul Anam yang mempertanyakan berapa anggaran pembangunan. “Biaya satu gedung berapa pak?,” tanya Mufti.

    Kemudian Joao langsung menjawab, biaya pembangunan satu unit Kopdes Merah Putih mencapai Rp 1,6 miliar. Ia mengklaim harga tersebut cukup rasional.

    “Satu gedung KDMP ini kita menganggarkan Rp 1.658.000.000, kurang lebih sekitar Rp 2.938.000 per meter persegi untuk seluruh Indonesia. Menurut kami itu harga yang rasional,” tuturnya.

    Lalu dilanjutkan dengan Wakil Ketua Komisi VI Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Nurdin Halid mempertanyakan apakah semua Kopdes Merah Putih akan dibangun sesuai yang telah didesain. Ia meragukan karena khawatir desain tersebut tidak merata untuk 80.000 Kopdes Merah Putih.

    “Pertanyaan saya apakah akan dibangun gerai seperti ini?” tanya dia.

    “Betul,” jawab Joao.

    “Mohon dipertimbangkan Pak Menteri, Pak Dirut, jangan sampai jadi kandang kambing. Karena ada desa pak penduduknya 500 atau 100, atau 1.000 dan itu rumahnya berjauhan. Itu nggak mungkin yang kampungnya jauh itu jaraknya 5 km, 3 km (dari Kopdes) belum tentu saja mau datang belanja. Pengalaman dulu, bangun gudang pupuk 30 ton, jadi kandang kambing,” jawab Nurdin.

    Desain Koperasi Desa Merah Putih Foto: Dok. YouTube Komisi VI DPR RI

    Desain Kopdes Merah Putih

    Menurut dia, dengan desain yang dibuatkan Agrinas Pangan cocok untuk ditempatkan pada daerah Jawa. Namun, untuk daerah yang tidak banyak masyarakatnya diusulkan berbeda agar tidak dialihfungsikan jika penjualan Kopdes Merah Putih sepi pembeli.

    “Untuk seluruh Jawa bisa karena penduduknya banyak, kelurahan banyak ini cocok. Tetapi Kalimantan, Papua, Sulawesi, mohon dipertimbangkan,” lanjutnya.

    Kemudian Menteri Koperasi Ferry Juliantono memastikan desain Kopdes akan menyesuaikan daerah atau desa. Namun saat ini tengah diprioritaskan pembangunan pada tanah yang telah siap dibangun.

    “Saat ini diprioritaskan yang tunggal, standarnya untuk tanah tanah yang sudah siap, nanti ketika Januari-Februari menyesuaikan kondisi desa,” ucapnya.

    Desain Koperasi Desa Merah Putih Foto: Dok. YouTube Komisi VI DPR RI

    Kemudian, dalam sesi tanggapan, Anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PDIP Mufti Aimah Nurul Anam kembali menanggapi anggaran pembangunan Kopdes Merah Putih. Ia menyebut anggaran pembangunan menghamburkan uang negara.

    “Kenapa harus capai capai membuang anggaran negara yang hari ini rakyat buat makan besok aja susah. Apalagi, jangankan Rp 1,6 miliar dalam membangun satu gedung, Rp 1 miliar sudah Rp 80 triliun uang negara yang dihamburkan,” ucapnya.

    Desain Koperasi Desa Merah Putih Foto: Dok. YouTube Komisi VI DPR RI

    Dalam paparan, Direktur Utama PT Agrinas Pangan Nusantara Joao Angelo De Sousa Mota mengatakan pembangunan gerai Kopdes telah dimulai sejak 17 Oktober 2025. Saat ini sebanyak 13.772 atau 16,44% dari target titik tanah tengah dilakukan pembangunan.

    “Desain atau denah dari gerai Kodes, bangunannya seluas 20×30, dengan membagi 6×17 itu akan digunakan sebagai gerai tokonya. Kemudian di dalam gerai toko itu ada juga 3,5×10 itu untuk klinik desa, di mana nanti bisa digunakan oleh dokter-dokter yang ada di desa. Selain itu juga ada gudang untuk pupuk sekitar 4×6, itu di luar daripada gudang untuk bahan-bahan pokok yang akan dijual,” terangnya.

    Saat ini telah ada 30.378 titik tanah yang siap dibangun Kopdes Merah Putih. Agrinas Pangan menargetkan pembangunan gerai Kopdes Merah Putih dapat mencapai 2.930 titik per hari.

    Halaman 2 dari 2

    (ada/ara)

  • Perusahaan Pencipta Baby Shark Melantai di Bursa, Sahamnya Meroket 62%

    Perusahaan Pencipta Baby Shark Melantai di Bursa, Sahamnya Meroket 62%

    Jakarta

    Perusahaan pencipta tokoh fiksi Baby Shark telah melakukan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) di bursa efek Korea Selatan. Saham Pinkfong Company melonjak 62% dalam debut perdagangannya menyusul permintaan tinggi pada saat IPO.

    Dilansir dari Bangkok Post, Selasa (18/11/2025), saham Pinkfong melonjak ke level tertinggi 61.500 won pada perdagangan Selasa pagi setelah dibuka pada harga 58.000 won. Pada pukul 11.21 waktu Seoul, sahamnya diperdagangkan pada harga 51.100 won.

    Berbekal kesuksesan Baby Shark, yang telah ditonton lebih dari 16 miliar kali di YouTube, perusahaan ini mencoba peruntungan dengan melantai di bursa untuk memperluas jangkauannya.

    Rencananya perusahaan ingin membuktikan diri bahwa bisnisnya dapat menjadi studio media yang lengkap dan mampu menghasilkan konten yang digemari masyarakat melebihi penonton balita saja.

    Debut IPO Pinkfong juga terjadi seiring dengan semakin populernya dunia hiburan Korea Selatan berkat band-band pop Korea (K-pop) seperti BlackPink dan BTS.

    Meskipun IPO tersebut hanya menargetkan dana 76 miliar won atau sekitar Rp 867 miliar (pada kurs Rp 11,42). Tetapi harga sahamnya telah mencapai 38.000 won per lembar, atau harga tertinggi dari kisaran yang dipasarkan.

    Model bisnis perusahaan berpusat pada pembuatan video pendek dan menarik di YouTube, platform streaming, televisi, dan aplikasi seluler. Setelah lagu-lagu ini mendapatkan daya tarik, Pinkfong memonetisasinya melalui iklan, royalti streaming, lisensi, dan merchandise. Bahkan perusahaan juga melakukan pertunjukan langsung, mengembangkan game, dan program lain berdurasi lebih panjang.

    Banyak karakter Pinkfong, termasuk maskot rubahnya Pinkfong juga telah dipatenkan, membantu perusahaan mengurangi ketergantungannya pada Baby Shark untuk pendapatan. Waralaba Bebefinn yang dibuahkan perusahaan ini juga telah melampaui Baby Shark dalam hal pendapatan konten.

    Perusahaan ini didirikan pada tahun 2010 oleh Kim Min-seok dan Son Dongwoo, keduanya adalah veteran di industri game dan teknologi di Korea Selatan. Investasi awal dan kemitraan distribusi diperoleh melalui Samsung Publishing Co, yang dikelola oleh ayah Kim.

    (hal/fdl)

  • Durasi Netizen Indonesia Main Medsos Tembus 45 Jam Per Bulan

    Durasi Netizen Indonesia Main Medsos Tembus 45 Jam Per Bulan

    Jakarta: Indonesia kembali mencatat lonjakan aktivitas digital di tahun 2025. Berdasarkan laporan Indonesia Digital Report Statshot 2025 besutan We Are Social menunjukkan jumlah pengguna aktif media sosial di Tanah Air telah menembus 143 juta orang pada awal 2025.

    Angka tersebut setara 50,2 persen dari total populasi dan menegaskan kuatnya tren penggunaan platform digital. Dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah ini meningkat empat juta pengguna atau sekitar 2,9 persen. Media sosial kian mengokohkan posisinya sebagai ruang penting untuk berinteraksi, mencari hiburan, hingga mengakses informasi dengan cepat.
     
    Durasi masyarakat Indonesia menggunakan medsos

    Laporan tersebut juga mengungkap durasi masyarakat dalam menggunaan media sosial. Platform TikTok paling digandrungi. Pengguna di Indonesia tercatat menghabiskan rata-rata 44 jam 54 menit per bulan di aplikasi video pendek tersebut.

    Durasi ini hampir dua kali lipat lebih lama dibandingkan YouTube yang berada di posisi kedua dengan rata-rata 29 jam 04 menit per bulan. 

    Keunggulan TikTok dipengaruhi strategi konten video pendek yang efektif serta algoritma yang mampu menghadirkan pengalaman sangat personal.
     

    Selain TikTok dan Youtube, WhatsApp menempati peringkat ketiga dengan rata-rata penggunaan 24 jam 17 menit per bulan. Meski berawal sebagai aplikasi pesan instan, WhatsApp kini menjelma menjadi kanal distribusi informasi dan konten yang masif, baik melalui percakapan pribadi maupun grup.

    Di bawahnya, Instagram dan Facebook tetap mempertahankan tren sebagai platform visual, masing-masing dengan durasi penggunaan 14 jam 57 menit dan 12 jam 50 menit per bulan.

    Secara keseluruhan, data ini menggambarkan pergeseran perilaku digital masyarakat Indonesia yang semakin mengarah pada konsumsi konten visual dan interaktif.

    Dominasi TikTok dan YouTube menjadi bukti bahwa hiburan yang cepat, ringan, dan mudah diakses masih menjadi magnet utama. Media sosial kini bukan hanya ruang bersosialisasi, tetapi juga sumber informasi dan hiburan yang membentuk rutinitas digital sehari-hari.

    Jakarta: Indonesia kembali mencatat lonjakan aktivitas digital di tahun 2025. Berdasarkan laporan Indonesia Digital Report Statshot 2025 besutan We Are Social menunjukkan jumlah pengguna aktif media sosial di Tanah Air telah menembus 143 juta orang pada awal 2025.
     
    Angka tersebut setara 50,2 persen dari total populasi dan menegaskan kuatnya tren penggunaan platform digital. Dibandingkan tahun sebelumnya, jumlah ini meningkat empat juta pengguna atau sekitar 2,9 persen. Media sosial kian mengokohkan posisinya sebagai ruang penting untuk berinteraksi, mencari hiburan, hingga mengakses informasi dengan cepat.
     

    Durasi masyarakat Indonesia menggunakan medsos

    Laporan tersebut juga mengungkap durasi masyarakat dalam menggunaan media sosial. Platform TikTok paling digandrungi. Pengguna di Indonesia tercatat menghabiskan rata-rata 44 jam 54 menit per bulan di aplikasi video pendek tersebut.
     
    Durasi ini hampir dua kali lipat lebih lama dibandingkan YouTube yang berada di posisi kedua dengan rata-rata 29 jam 04 menit per bulan. 

    Keunggulan TikTok dipengaruhi strategi konten video pendek yang efektif serta algoritma yang mampu menghadirkan pengalaman sangat personal.
     

     
    Selain TikTok dan Youtube, WhatsApp menempati peringkat ketiga dengan rata-rata penggunaan 24 jam 17 menit per bulan. Meski berawal sebagai aplikasi pesan instan, WhatsApp kini menjelma menjadi kanal distribusi informasi dan konten yang masif, baik melalui percakapan pribadi maupun grup.
     
    Di bawahnya, Instagram dan Facebook tetap mempertahankan tren sebagai platform visual, masing-masing dengan durasi penggunaan 14 jam 57 menit dan 12 jam 50 menit per bulan.
     
    Secara keseluruhan, data ini menggambarkan pergeseran perilaku digital masyarakat Indonesia yang semakin mengarah pada konsumsi konten visual dan interaktif.
     
    Dominasi TikTok dan YouTube menjadi bukti bahwa hiburan yang cepat, ringan, dan mudah diakses masih menjadi magnet utama. Media sosial kini bukan hanya ruang bersosialisasi, tetapi juga sumber informasi dan hiburan yang membentuk rutinitas digital sehari-hari.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (PRI)

  • Obgyn yang Tangani Kasus Viral ‘Rahim Copot’ Buka Suara, Ceritakan Momen Menegangkan

    Obgyn yang Tangani Kasus Viral ‘Rahim Copot’ Buka Suara, Ceritakan Momen Menegangkan

    Jakarta

    Sebagai dokter spesialis obgyn, Dr dr Christofani E SpOG, SubspFER, nyaris tak percaya begitu mendapatkan kasus ‘rahim copot’ 15 tahun silam saat dirinya menjadi residen di RSUD Slamet, Garut, Jawa Barat. Cerita viral yang sebelumnya diungkap dr Gia Pratama dalam salah satu podcast YouTube itu membawa memori detik-detik menegangkan saat tengah berjaga. Benar seperti yang diceritakan, seorang pria membawa satu kantong kresek hitam yang ternyata berisi rahim.

    “Kaget dan tidak percaya,” demikian dua kata yang digambarkan dr Christo saat mendapati kasus tersebut.

    Ia mengaku itu adalah kasus pertama dan terakhir yang ditangani hingga hari ini. “Kondisi saat itu sesuai cerita dr Gia. Paraji datang membawa kresek hitam, saat kami buka ternyata isinya rahim kira-kira setengah dari puncak rahim sampai badan rahim,” jelasnya saat dihubungi detikcom Selasa (18/11/2025), sembari menekankan pasien masih berada di luar kamar bersalin.

    Pasien saat itu diminta langsung masuk ke ruangan. dr Christofani menilai pasien sudah di fase shock hipovolemik yakni kondisi medis darurat mengancam jiwa yang terjadi imbas hilangnya volume darah atau cairan tubuh signifikan, sehingga jantung tidak mampu memompa darah cukup ke seluruh tubuh.

    “Dan suasananya menjadi menegangkan karena kondisi ibu sudah kritis. Fokus kami waktu itu melakukan resusitasi cairan dan berusaha sesegera mungkin melakukan operasi untuk menghentikan perdarahan,” lanjut pria yang kini berpraktik di Siloam Hospital.

    Kasus ditangani dengan lebih dari tiga dokter, termasuk dua rekan residen obgyn-nya saat itu, dr Jonas Nara Baringbing dan dr Agus Pribadi.

    Dalam kondisi normal, menurutnya rahim copot memang menjadi suatu hal yang mustahil. “Tapi pada kasus ini rahim terpisah sebagian karena perlakuan dari parajinya,” sebutnya.

    Paraji atau dukun beranak ini yang menangani persalinan ibu dengan kasus ‘rahim copot’. Paraji memaksa mengeluarkan plasenta pascapersalinan, menarik secara paksa hingga kemudian sebagian rahim ikut keluar melewati vagina.

    dr Christo mengaku tak heran saat cerita ini viral di media sosial, tidak sedikit yang kemudian meragukan kebenarannya. Bahkan dari kalangan dokter. “Saya pun akan sama respons-nya kalau mendengar berita seperti ini. Karena seperti yang sudah saya sampaikan, pada kondisi normal tidak mungkin rahim bisa lepas sendiri.”

    “Kembali lagi, kondisi ini terjadi karena perlakuan dari paraji,” tegasnya.

    Bersyukur akhirnya si ibu berhasil melewati masa kritis, meski sebagian rahim yang terlepas tidak bisa terpasang kembali. dr Christo menyebut hal ini bisa menjadi pembelajaran bagaimana pentingnya memeriksakan kehamilan secara rutin dan memilih bersalin di fasilitas kesehatan yang baik.

    “Sehingga risiko komplikasi seperti pasien yang kami tangani, tidak terjadi lagi pada semua ibu hamil,” pungkasnya.

    Halaman 2 dari 2

    (naf/up)

    Ribut Sesama Dokter soal Rahim Copot

    13 Konten

    Polemik kasus viral ‘rahim copot’ meluas. Tidak adanya dokumentasi formal dan ilmiah membuat sebagian dokter senior meragukan kasus tersebut, dan mengaitkannya dengan kondisi yang lebih mungkin terjadi: inversio uteri.

    Konten Selanjutnya

    Lihat Koleksi Pilihan Selengkapnya

  • Shopee Raup Pendapatan Rp71,97 Triliun Kuartal III/2025, Tumbuh 34,9% YoY

    Shopee Raup Pendapatan Rp71,97 Triliun Kuartal III/2025, Tumbuh 34,9% YoY

    Bisnis.com, JAKARTA — Sea Ltd, perusahaan teknologi asal Singapura, membukukan pendapatan sebesar US$4,29 miliar dari sektor e-commerce yang dijalankan oleh Shopee. Nilai tersebut tumbuh 34,9% year on year/YoY dari pencapaian tahun lalu yang sebesar US$3,2 miliar atau Rp53,63 triliun. Jika dibandingkan dengan kuartal II/2025, pendapatan Shopee tumbuh 13,9%. 

    Shopee menjadi tulang punggung bagi bisnis Sea Ltd dengan kontribusi hingga 71% terhadap total pendapatan Sea Ltd yang sebesar US$5,98 miliar atau Rp100,34 triliun. 

    Sementara segmen layanan keuangan digital berkontribusi sebesar US$989 juta, hiburan dan digital sebesar US$653 juta, dan layanan lainnya US$48,4 juta. 

    Dalam laporan keuangannya, dikutip Selasa (18/11/2025), Manajemen Shopee menyampaikan pertumbuhan pendapatan didorong oleh peningkatan aktivitas pembeli dan transaksi yang tinggi. 

    “Peningkatan profit tersebut terjadi di kawasan Asia dan Brasil,” tulis manajemen. 

    Manajemen menambah pertumbuhan juga dipengaruhi oleh keberhasilan perusahaan dalam memonetisasi iklan dengan pendapatan yang tumbuh lebih 70% secara tahunan.

    Jumlah pedagang di platform yang menggunakan layanan iklan Shopee naik 25% YoY dengan rerata uang yang mereka habiskan untuk menggunakan layanan tersebut juga meningkat 40%.

    Inisiatif kecerdasan buatan (AI) yang didorong perusahaan juga berhasil meningkatkan keterikatan antara pedagang dengan pembeli dengan konversi rate naik 10% YoY. 

    Manajemen menyampaikan Shopee juga gencar melakukan peningkatan layanan di berbagai negara. Di Indonesia, Shopee menerapkan instant delivery dengan waktu 2 jam lebih cepat dari sebelumnya.

    Sementara itu di Taiwan, Shopee melakukan automasi 2.500 loker di toko, yang membuat ongkos per pesanan 30% lebih murah dibandingkan dengan metode konvensional.

    Shopee juga bekerja sama dengan YouTube untuk meningkatkan transaksi dengan mendekatkan produk yang mereka miliki pada masing-masing platform. Kerja sama juga dilakukan dengan Facebook, yang membuat proses checkout menjadi lebih mudah. 

  • Beli Pertalite Wajib Punya QR Code, Kalau Belum Punya Gini Cara Bikinnya

    Beli Pertalite Wajib Punya QR Code, Kalau Belum Punya Gini Cara Bikinnya

    Jakarta

    Beli Pertalite wajib punya QR Code. Kamu pengguna Pertalite tapi belum punya QR code, begini cara daftarnya.

    Pertamina sudah menerapkan QR Code secara penuh untuk pembelian BBM subsidi, salah satunya Pertalite. Artinya setiap kamu beli Pertalite, maka wajib menunjukkan QR Code yang didapat saat mendaftarkan kendaraan ke laman subsiditepat.mypertamina.id.

    “Untuk sektor BBM saat ini telah dilaksanakan full QR Code untuk penyaluran BBM jenis solar maupun jenis Pertalite,” ujar Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Mars Ega Legowo Putra dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi XII DPR seperti dilihat dalam tayangan YouTube TV Parlemen.

    Syarat Daftar QR Code Pertamina

    Kalau kamu pengguna Pertalite tapi belum punya QR Code, maka harus segera mendaftar untuk mempermudah transaksi beli BBM RON 90 Pertamina tersebut. Tak lupa, kamu harus terlebih dulu menyiapkan persyaratannya sebagai berikut:

    Foto KTP Pemilik/Operator/PengemudiFoto STNKFoto kendaraan tampak dari sudut depan agak miring ke samping kurang lebih 45 derajat. Pastikan nomor polisi kendaraan terbaca dan jumlah roda terlihat jelas dan dapat dihitung/diperkirakan.Surat rekomendasi (khusus untuk Konsumen Non Kendaraan)Cara Daftar QR Code Pertamina

    Kalau semua syarat sudah dipenuhi, maka berikut ini langkah-langkah mendapat QR Code Pertamina.

    1. Tahap Aktivasi Email

    Akses website subsiditepat.mypertamina.id lalu pilih menu: Daftar Akun Baru.Baca dan pahami mengenai ketentuan pengguna BBM bersubsidi. Checklist pernyataan yang muncul pada halaman syarat dan ketentuan lalu pilih: Daftar Sekarang.Siapkan data diri seperti: Nama Lengkap, NIK KTP, Nomor Telepon, Alamat Email, dan Kata Sandi.Checklist pernyataan yang muncul, lalu klik Buat Akun.Tautan aktivasi email akan dikirimkan ke email terdaftar maksimal dalam waktu 1×24 jam.Buka email, klik button Aktivasi Alamat Email.Setelah berhasil aktivasi email, lanjutkan ke proses Masuk Akun.

    2. Tahap Verifikasi Data Diri

    Klik Masuk Akun menggunakan NIK dan kata sandi yang sebelumnya sudah berhasil dibuat.Terdapat pilihan metode pengiriman OTP by email atau SMS. Pengiriman OTP by SMS maksimal bisa dilakukan 3x sehari. Jika limit sudah habis di hari tersebut, OTP akan otomatis dikirimkan melalui email.Setelah login lengkapi data diri dan alamat sesuai petunjuk yang ada di form data diri. Pastikan juga foto KTP Sobat terlihat jelas dan dapat terbaca.Cek kembali seluruh data yang diisi, jika sudah benar dan lengkap silakan klik Verifikasi Data Diri.Kamu akan mendapatkan email hasil verifikasi data diri, jika sudah disetujui lanjutkan ke proses Tambah Unit Kendaraan.

    3. Verifikasi Data Kendaraan

    Daftarkan kendaraan dengan pilih menu BBM, kemudian pilih Unit Subsidi dan klik Tambah Unit. Baca dan pahami keterangan yang muncul, kemudian klik “Oke, Saya Mengerti”.Siapkan data Nopol, Foto STNK dan Foto Kendaraan. Lengkapi data kendaraan sesuai petunjuk yang ada di form hingga unggah dokumen. Pastikan foto dari STNK asli, terbaca jelas dan tidak terpotong, serta foto kendaraan dengan nopol terlihat jelas dan seluruh roda dapat terhitung.Sebelum submit data unit kendaraan, Sobat akan diminta membuat PIN Klaim. Silakan membuat PIN menggunakan angka yang mudah diingat.Setelah itu, klik Submit Data Unit Kendaraan dan silakan menunggu proses pencocokan data maksimal 14 hari kerja.Setelah verifikasi data kendaraan berhasil, Sobat akan mendapatkan email konfirmasi atau Kamu dapat cek status pendaftaran di website secara berkala.Jika verifikasi disetujui, Sobat bisa melihat QR Code dengan mengisi PIN Klaim terlebih dahulu.Download QR Code dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

    QR Code itu wajib disimpan di tempat yang aman dan rahasia. Jangan coba-coba tempel di kaca mobil dengan niat mempermudah. Hal ini justru bisa bikin QR Code kamu disalahgunakan orang lain. Adapun penerapan QR Code ini ditujukan agar penyaluran BBM subsidi tepat sasaran. Pendaftaran juga melindungi konsumen yang berhak dari konsumen lain yang tidak berhak. Pertamina mencatat berkat adanya QR Code, distribusi Pertalite jadi lebih terkendali.

    “Pertalite under 10 persen dari kuota 2025,” jelas Mars.

    (dry/din)

  • Sidang Kasus Ijazah Jokowi dengan Tersangka Roy Suryo Cs Jadi “Panggung Besar” Pengujian Kekuasaan

    Sidang Kasus Ijazah Jokowi dengan Tersangka Roy Suryo Cs Jadi “Panggung Besar” Pengujian Kekuasaan

    GELORA.CO  — Pengamat politik yang juga akademisi Rocky Gerung menilai kasus isu ijazah Presiden Joko Widodo atau Jokowi memasuki fase baru setelah 8 orang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini, termasuk diantaranya Roy Suryo Cs.

    Menurut Rocky, langkah hukum ini justru bisa membuka ruang lebih luas untuk menelusuri ulang berbagai persoalan politik era Jokowi.

    Selain itu, kata Rocky, jika perkara dibawa ke pengadilan, maka hal itu bisa menjadi “panggung besar” untuk menguji ulang berbagai tudingan publik selama ini terhadap kekuasaan saat Jokowi menjadi presiden.

    Ia menilai persidangan bisa mempertemukan saksi ahli yang akan menilai konsistensi ucapan Jokowi, termasuk gaya komunikasi politiknya.

    “Kecurigaan terhadap ijazah Jokowi itu inline dengan kebiasaan Jokowi berbohong. Jadi dia mesti diperiksa psikologinya,” kata Rocky dalam wawancara yang diunggah ke Channel YouTube Rocky Gerung Official, Senin (17/11/2025).

    Ia menambahkan sifat dan karakter Jokowi akan diuji dalam sidang.

    “Sifat Pak Jokowi yang bilang A tapi maksudnya B itu akan diuji,” kata Rocky.

    Ia mengatakan publik yang menuntut Jokowi untuk bersuara langsung mengenai status ijazahnya, akan terpenuhi dalam sidang.

    “Pada akhirnya kita masuk pada episode atau tahap yang paling yang paling bikin frustrasi kepada Pak Jokowi karena dia harus akhirnya menghadap pengadilan untuk menuntut secara verbal,” papar Rocky.

    “Jokowi harus mengucapkan secara verbal pada bangsa ini tentang status ijazahnya,” ujar Rocky.

    Ia menilai persoalan ini bukan lagi semata-mata soal gugatan hukum, tetapi menyangkut hak publik yang tak pernah terjawab selama bertahun-tahun.

    Rocky juga menyinggung bahwa isu ini muncul ketika Jokowi masih menjabat sebagai kepala negara sehingga dokumen tersebut, menurutnya, secara moral turut menjadi domain publik.

    “Gugatan terhadap ijazah Jokowi muncul karena dia ada dalam jabatan publik. Maka ijazah itu bukan lagi milik privat, tapi milik publik,” kata Rocky.

    Rocky berpendapat bahwa polemik ijazah Jokowi telah berkelindan dengan berbagai isu lainnya, termasuk tudingan terhadap ijazah putranya, Gibran Rakabuming Raka.

    Ia menyebut dinamika ini memicu keadaan psikologis baru bagi keluarga Jokowi.

    “Setelah kasus ini beredar dan berkelindan dengan kasusnya Gibran… dia (Jokowi) mulai panik,” ucap Rocky.

    Rocky bahkan menilai persidangan dapat menjadi ruang terbuka bagi publik untuk mengulas kembali berbagai kebijakan besar pemerintahan Jokowi, seperti proyek kereta cepat, Ibu Kota Nusantara (IKN), hingga konsistensi pernyataan pemerintah selama 10 tahun terakhir.

    “Isu ijazah ini akan membuka kotak Pandora… apa yang dilakukan Jokowi pada demokrasi, konstitusi, sampai proyek-proyek besar,” katanya.

    Jadi, menurut Rocky akan dibuka ulang satu teater baru untuk melihat di belakang layar selama 10 tahun pemerintahan Jokowi ini.

    “Kasak kusuk politik Jokowi sebetulnya menghasilkan kenyamanan publik atau justru menyembunyikan kejahatan publik” ujar Rocky.

    Karenanya Rocky menganggap bahwa pengadilan isu ijazah ini yang akan membuka kotak Pandora.

    “Bahwa selama 10 tahun sebetulnya apa yang dilakukan Jokowi pada demokrasi pasti ke minus. Konstitusi dikhianati. Tinggal satu soal. Apakah memang selama proses pengkhianatan terhadap demokrasi dan penutupan soal ijazah ini berlangsung transaksi di antara elit?” kata Roy.

    Karena menurut Roy sangat mungkin untuk menimba keuntungan secara finansial melalui proyek-proyek dan segala macamnya.

    “Jadi yang akan diuji adalah sebetulnya di belakang soal ijazah ini. Publik ingin tahu, sebenarnya sudah menuduh secara hipotetik bahwa Jokowi ini lebih yang korupsi, mengkorupsi pikiran, mengkorupsi ijazah atau mengkorupsi konstitusi untuk kepentingan kekuasaannya yabfg berimplikasi pada akumulasi finansial untuk main politik. Kan itu, dasarnya tuh,” papar Rocky

  • Bangga! Peta Indonesia di Minecraft Bikin MrBeast Terpukau, Kreator RI Jadi Juara

    Bangga! Peta Indonesia di Minecraft Bikin MrBeast Terpukau, Kreator RI Jadi Juara

    Liputan6.com, Jakarta – Kreator dan gamer asal Indonesia kembali mencetak prestasi besar. Azrealon, builder Minecraft asal Tanah Air sukses menjuarai kompetisi membangun negara yang digelar YouTuber terkenal di dunia, yakni MrBeast.

    Kontes ini diikuti oleh sembilan negara, mulai dari Indonesia, Thailand, Jerman, Brasil, Korea Selatan, Prancis, Meksiko, Filipina, dan Amerika Serikat yang menampilkan hasil build ikonik mereka masing-masing.

    “Ini menjadi kompetisi build terbesar dalam sejarah, di mana saya menantang para builder terbaik di dunia untuk membangun negara mereka di Minecraft,” kata MrBeast, sebagaimana dikutip dari kanal YouTube-nya, Selasa (18/11/2025).

    Kompetisi ini diikuti oleh sembilan negara. Selain Indonesia, ada juga Thailand, Jerman, Brasil, Korea Selatan, Prancis, Meksiko, Filipina, dan Amerika Serikat.

    Dijelaskan, setiap build akan mendapat penilaian dari tiga juri dengan skor 1 sampai 10. Nanti, pemenangnya dijanjikan patung asli di negara asal dengan nama pembuatnya terukir di patung tersebut.

    Setelah Amerika Serikat, Prancis, Mexico, Filipina, Brazil, dan Korea Selatan, giliran Indonesia. Azrealon menyambut MrBeast dan tim dengan pakaian adat Jawa. Ia kemudian mengajak mereka melihat bangunan-bangunan yang mewakili Indonesia.

    Salah satu lokasi ikonik pertama yang diperlihatkan adalah Candi Borobudur yang menampilkan sosok pahlawan dan Garuda, hingga interior candi menghadirkan sebuah perairan luas dengan pulau kecil di tengah.

    MrBeast dan para juri pun langsung tercengang dan terkesan dengan bagaimana negara Indonesia bisa digambarkan lewat build yang sangat detail dan unik.

    “Saya sangat terkesan dengan reaksi kalian, ada pulau-pulau kecil ini karena Indonesia bukanlah satu pulau besar tetapi kumpulan dari ribuan pulau,” ujar MrBeast.