Perusahaan: YouTube

  • Dewan Pers: Pemerintah Jangan Alergi Kritikan Media Massa

    Dewan Pers: Pemerintah Jangan Alergi Kritikan Media Massa

    Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah dan DPR diminta tidak alergi lagi dengan kritikan dari masyarakat lewat media massa mengingat data yang disajikan bisa dipastikan sesuai dengan fakta bukan hoaks.

    Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Pers Komarudin Hidayat di sela-sela acara Integritas Media Massa di Tengah Maraknya Mis/Disinformasi yang digelar oleh Bisnis Indonesia di Auditorium Jusuf Ronodiputo Gedung RRI Jakarta, Kamis (21/8/2025).

    Kendati demikian, Komarudin mengingatkan bahwa media juga harus mengkritik secara proporsional dan profesional sesuai dengan data dan fakta, sehingga tidak dicap jadi media penyebar informasi palsu atau hoaks.

    “Pemerintah jangan curiga dan alergi pada kritik masyarakat lewat pers, tapi pers juga hendaknya ketika kritik itu proporsional, yang berdasarkan data dan fakta, jangan provokatif. Jadi yang proporsional lah,” tutur Komarudin.

    Dia menegaskan jika media ikut menyebar informasi hoaks, maka Komarudin meyakini usia media mainstream tersebut tidak akan lama atau ditinggalkan pembaca setianya, lalu masyarakat akan beralih ke media sosial yang kini lebih banyak beredar info hoaks.

    “Padahal media sosial ada yang bagus tapi banyak juga yang hoax-hoax dan kalau sampai media mainstream itu kemudian tinggalkan, pemerintah rugi juga,” katanya.

    Selain itu, Komarudin juga mengemukakan bahwa platform global Google seharusnya bisa ikut berkontribusi meminimalisir info hoaks yang beredar di dunia maya, jangan hanya meraup untung saja dari Indonesia.

    “Nah, dalam hal ini Google juga harus ikut berkontribusi. Kan saat ini terasa sekali ya yang namanya belanja iklan di Indonesia itu sekarang lewat platform global, kalau saja lewat platform nasional maka peredaran uang itu kan bisa lebih terkendali, terkontrol, terdistribusi dengan adil,” ujarnya.

    Sementara itu, Gov Affairs & Public Policy Manager Google Indonesia, Isya Hanum Kresnadi menegaskan bahwa Google telah memiliki teknologi untuk menyaring semua informasi yang beredar di dunia maya agar relevan dan disesuaikan dengan warga Indonesia.

    “Soalnya kita tahu ada begitu banyak informasi di luar sana, sehingga kita harus menyajikan informasi yang relevan agar bermanfaat untuk masyarakat,” tuturnya

    Dia menegaskan bahwa Google sampai kini masih terus memerangi misinformasi dan disinformasi yang beredar di dunia maya agar tidak ditelan mentah-mentah oleh masyarakat.

    “Jadi kami tidak hanya sekedar platform seperti Google dan Youtube saja, tetapi kita juga menjadi mitra pemerintah untuk meningkatkan inovasi dan mencegah disinformasi dan misinformasi,” katanya.

    Sementara itu, Manajer Riset BBC Media Action, Rosiana Eko menyampaikan bahwa maraknya misinformasi dan disinformasi di Indonesia saat ini tidak hanya mengganggu stabilitas demokrasi, tetapi juga berdampak langsung pada sektor ekonomi dan bisnis.

    Dia membeberkan sekitar dua pertiga dari responden yang disurvei mengkhawatirkan kenaikan biaya hidup dan inflasi, hal ini juga diperburuk oleh penyebaran informasi palsu seperti penipuan keuangan dan judi online.

    Riset yang dikembangkan pada April 2024/Maret 2025 ini melibatkan survei nasional terhadap 5.036 responden berusia 15 tahun ke atas, analisis media sosial menggunakan Brandwatch, serta wawancara mendalam.

    Hasilnya, survei menunjukkan sekitar 9% responden menganggap akses terhadap informasi kredibel sebagai salah satu kekhawatiran utama, di tengah rendahnya kepercayaan terhadap berita (hanya 39% pada 2023).

    “Informasi disorder dapat mendorong keputusan buruk yang memengaruhi keamanan ekonomi, seperti maraknya skema ‘buy now, pay later’ yang disertai penipuan, serta peningkatan judi online,” ujar Rosiana dalam pemaparannya.

    Kemudian,Sekretaris Direktorat Jenderal Pengawasan Ruang Digital Komdigi, Mediodecci Lustarini mengakui penyebaran informasi palsu atau hoaks sudah masuk tahap mengerikan di Indonesia.

    Dia membeberkan bahwa ada sebanyak 50% pengguna Internet yang kini terpapar informasi palsu atau hoaks. Sementara itu, hanya ada 20-30% pengguna Internet yang mampu membedakan informasi hoaks.

    “Itu angka tahun 2021, fenomena lama ini tapi sampai sekarang ini belum ada perubahan soal fenomena hoaks di Indonesia,” ujarnya.

    Dia pun menjelaskan bahwa penyebaran informasi hoaks kini tidak hanya berupa gambar tetapi juga video seperti deepfake yang menggunakan teknologi AI. Dia juga mengatakan bahwa penyebaran informasi hoaks kini lebih cepat dibandingkan proses verifikasi yang dilakukan Komdigi maupun media massa.

    “Ini menjadi massif karena jumlah konten manipulatif yang disebar semakin banyak dan penyebaran pun kini semakin cepat dibandingkan verifikasi kita atau media,” tuturnya.

    Maka dari itu, dia menegaskan pihaknya akan membuat roadmap AI yang dapat digunakan masyarakat agar tidak ada lagi yang terpapar informasi hoaks di Internet.

    “Ini sedang kami garap peta jalannya agar ada etika dan aturan yang diikuti masyarakat ketika menggunakan teknologi ini,” katanya.

  • Pantes Macet! Kendaraan di Jakarta Bertambah 2.500 Unit per Hari

    Pantes Macet! Kendaraan di Jakarta Bertambah 2.500 Unit per Hari

    Jakarta

    Jalanan Jakarta masih terasa kemacetannya. Dinas Perhubungan mengungkap salah satu faktor penyebab kemacetan Jakarta tak kunjung membaik.

    Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputa mengungkapkan, salah satu penyebab kemacetan di Jakarta adalah populasi kendaraan yang semakin meningkat. Bahkan, per hari jalanan Jakarta ketambahan ribuan unit kendaraan baru.

    “Jakarta dengan Populasi kendaraan yang demikian masif, berdasarkan data jumlah kendaraan di Jakarta itu ada pertambahan setiap hari sekitar 2.500 sampai dengan 3.000 unit kendaraan per hari,” kata Syafrin dalam sebuah diskusi di kanal Youtube Pemprov DKI Jakarta dikutip Kamis (21/8/2025).

    Menurutnya, penambahan jumlah kendaraan ribuan unit setiap hari itu ekuivalen dengan penambahan sekitar 16 km panjang jalan Jakarta. Sayangnya, penambahan jalan Jakarta tak sebanding dengan penambahan jumlah kendaraan bermotor itu.

    “Jika kita hitung, pertambahan ini ekuivalen dengan penambahan lebih kurang 16 km panjang jalan di Jakarta. Sementara di sisi lain, penambahan panjang jalan di Jakarta itu sangat terbatas,” kata Syafrin.

    “Tentu kita kenal memang ada pelebaran jalan, tapi hanya sebatas widening tadi. Juga ada pembangunan underpass, flyover, itu tidak berarti menambah masif panjang jalan tapi penambahannya hanya sekitar 0,001 persen. Artinya sangat sedikit dibandingkan kebutuhan. Dan ini yang menyebabkan kemudian kompleksitas permasalahan transportasi Jakarta itu begitu luar biasa,” ujar Syafrin.

    Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin mengubah paradigma penggunaan kendaraan pribadi. Diharapkan, masyarakat dapat menggunakan angkutan umum ketimbang kendaraan pribadi.

    “Selama 5 tahun terakhir, kita sudah melakukan perbaikan layanan angkutan umum dengan masif, diintegrasikan secara utuh, dan sekarang kita mulai masuk kepada bagaimana pengendalian lalu lintasnya itu,” sebut Syafrin.

    (rgr/dry)

  • Riset BBC: TikTok Dominasi Konsumsi Berita di Indonesia, Risiko Disinformasi Mengintai?

    Riset BBC: TikTok Dominasi Konsumsi Berita di Indonesia, Risiko Disinformasi Mengintai?

    Bisnis.com, JAKARTA — Di tengah maraknya misinformasi dan disinformasi, platform digital seperti TikTok menjadi sumber utama informasi bagi masyarakat Indonesia. 

    Riset Integrity Initiative dari BBC Media Action, yang dipaparkan oleh Manajer Riset Rosiana Eko, mengungkap bahwa 69% responden mengakses media sosial setiap hari, dengan TikTok sebagai yang paling populer (55%), melampaui YouTube dan Facebook.

    Studi yang mencakup social listening dari Juni 2023 hingga Juni 2024, survei nasional, dan riset kualitatif ini menyoroti pergeseran perilaku audiens. 

    “Hanya 38% responden mengonsumsi berita harian, tapi hiburan mendominasi minat (61%), diikuti berita politik domestik (58%). Ini peluang bagi bisnis digital, tapi juga risiko karena literasi media rendah membuat audiens rentan terhadap konten palsu,” jelas Rosiana, di sela Bisnis Indonesia Forum bertajuk Integritas Media Massa di Tengah Maraknya Mis/Disinformasi, Kamis (21/8/2025). 

    Menurutnya, transisi televisi analog ke digital pada 2021 membuat banyak penonton beralih ke smartphone, terutama di daerah seperti Riau di mana akses TV sulit. Namun, hal ini memperburuk penyebaran disinformasi, seperti kampanye fitnah selama Pemilu 2024 di mana 42% responden percaya gangguan informasi pemilu.

    Riset membagi audiens menjadi segmen, di antaranya “Disconnected Observers” (kurang aktif online, rentan karena rendahnya literasi digital) dan “Diligent Checkers” (pemeriksa konten teliti, potensial sebagai influencer positif). 

    “Bisnis di sektor e-commerce dan fintech harus memanfaatkan segmen ini dengan konten verifikasi fakta, karena 85% pengguna internet harian menggunakan WhatsApp untuk berbagi informasi.” 

    Dia menyoroti kepercayaan tinggi terhadap sumber domestik seperti pemimpin agama (37%) dan ahli (30%), sementara pengaruh asing pada media dikhawatirkan oleh 41% responden. “Untuk bisnis, ini berarti kolaborasi dengan media lokal seperti Liputan6 (dipercaya 44%) untuk membangun kredibilitas dan melawan rumor yang bisa merusak reputasi perusahaan,” paparnya.

    Riset BBC Media Action menekankan rekomendasi untuk intervensi berbasis bukti, termasuk peningkatan literasi digital guna mendukung ekosistem informasi yang sehat di era digital.

    Adapun riset ini disampaikan sebagai pengantar sesi diskusi Bisnis Indonesia Forum yang digelar oleh Bisnis Indonesia Group didukung oleh UK Foreign, Commonwealth & Development Office (FCDO) bertempat di Auditorium RRI, Jakarta, Kamis (21/8/2025). 

    Bisnis Indonesia Forum kali ini bertujuan merekomendasikan intervensi untuk meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap disinformasi, termasuk kolaborasi antara donor, media, dan masyarakat sipil.

  • Mahkamah Agung Dapat Pelat Nomor Khusus, Apa Tujuannya?

    Mahkamah Agung Dapat Pelat Nomor Khusus, Apa Tujuannya?

    Jakarta

    Mahkamah Agung mendapat pelat nomor khusus dari Korlantas. Apa tujuannya?

    Kendaraan dinas Mahkamah Agung kini menggunakan pelat nomor berawalan MA. Penggunaan pelat nomor khusus MA itu disahkan di acara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-80 Mahkamah Agung Republik Indonesia, Selasa (19/8/2025). Dalam video yang ditayangkan kanal Youtube MA, pelat nomor RI 8 yang digunakan mobil Ketua Mahkamah Agung ditanggalkan, kemudian digantikan dengan pelat nomor MA 1.

    Ketua MA Sunarto menegaskan, kebijakan ini tidak hanya sebatas langkah administratif, tetapi juga bentuk sinergi antarkementerian-lembaga demi kelancaran tugas peradilan.

    “Perkenankan saya menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kapolri atas inisiasi penerbitan STNK dan TNKB (tanda nomor kendaraan bermotor/pelat nomor) khusus ini. Inisiatif ini bukan sekadar kebijakan administratif, tetapi sebuah bukti nyata bahwa harmonisasi dan sinergi antarkementerian-lembaga dapat diwujudkan demi kelancaran tugas peradilan,” ujarnya.

    Adapun penggunaan pelat nomor khusus MA ini bukan tanpa alasan melainkan amanat dari Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia dan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Tujuan penggunaan pelat nomor khusus ini adalah untuk pengamanan pejabat, kendaraan bermotor yang digunakan dan kegiatannya.

    Pelat nomor khusus akan digunakan oleh pimpinan MA, Hakim Agung, Hakim Ad Hoc, pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama, pimpinan pengadilan tingkat banding dan tingkat pertama, hakim, panitera, sekretaris pengadilan, hingga pejabat lain yang mendapat izin Sekretaris MA.

    Penerbitan pelat nomor khusus MA ini sesuai dengan Surat Nomor B/11573/VI/YAN.1.2./2025/Korlantas tertanggal 12 Juni 2025. Dalam surat itu ditegaskan adanya pelat nomor khusus bagi MA.

    Penerbitan STNK dan TNKB khusus ini merupakan tindak lanjut dari permintaan resmi MA kepada Polri yang dibahas dalam serangkaian pertemuan sejak Februari hingga April 2025.

    (dry/rgr)

  • Fakta-fakta Gempa Bumi 4,9 M di Bekasi-Karawang yang Guncang Jakarta

    Fakta-fakta Gempa Bumi 4,9 M di Bekasi-Karawang yang Guncang Jakarta

    Bisnis.com, JAKARTA — Kabupaten Karawang dan Bekasi, Jawa Barat telah diguncang oleh gempa bumi berkekuatan 4,9 magnitudo pada Rabu (20/8/2025) malam.

    Gempa itu tak hanya dirasakan warga Karawang dan Bekasi, namun dirasakan oleh masyarakat di Purwakarta, Bekasi, Jakarta, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Pelabuhan Ratu.

    Adapun, titik gempa bumi ini terletak pada koordinat darat pada jarak 19 km Tenggara Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada kedalaman 10 km.   

    Gempa bumi tektonik ini berjenis dangkal yang dipicu oleh sumber gempa sesar naik busur belakang Jawa Barat alias West Java back arc thrust.

    Berikut ini sederet fakta terkait gempa bumi di Bekasi-Karawang 

    1. Ada 13 Kali Gempa Susulan

    Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyampaikan setelah gempa bumi terjadi sekitar 19.54 menit, setidaknya ada 13 kali gempa susulan.

    Berbekal informasi dari BMKG, gempa susulan itu memiliki kekuatan paling besar mencapai 3,9 magnitudo, sementara terkecil hanya sekitar 1,7 magnitudo.

    “Menurut informasi BMKG per pagi ini sudah terjadi gempa susulan sebanyak 13 kali dengan magnitudo terbesar 3,9 dan magnitudo terkecil 1,7,” ujar Abdul Muhar dalam YouTube BNPB Indonesia, Kamis (21/8/2025).

    2. 26 Rumah Warga Rusak

    Kemudian, Abdul mengemukakan bahwa gempa ini telah berdampak pada lima kecamatan dan sembilan desa. Perinciannya, kecamatan Telukjambe Barat; Tegalwaru; Kelari; Pangkalan dan Ciampel.

    Dari wilayah itu, terdapat 26 rumah rusak ringan hingga rusak sedang akibat gempa bumi 4,9 magnitudo. Berdasarkan penelusuran tim reaksi cepat BNPB, kerusakan rumah itu terletak pada bagian dinding.

    “Mengecek sendiri tim di lapangan ada 26 rumah warga yang mengalami rusak ringan hingga rusak sedang,” imbuh Abdul.

    3. Tak Ada Korban Jiwa

    Untungnya, kata Abdul, gempa bumi Karawang-Bekasi ini tidak ada korban jiwa baik itu meninggal dunia. Namun demikian, masyarakat tetap diminta waspada dan jangan termakan berita hoaks alias tidak benar terkait gempa bumi ini.

    “Hingga pagi ini BNPB tidak menerima adanya informasi korban jiwa baik itu meninggal dunia maupun luka,” ujar Abdul.

    4. Bakal Ada Gempa Susulan?

    Sementara itu, BNPB juga saat ini masih melanjutkan pemantauan terkait gempa ini. Oleh sebab itu, Abdul meminta agar seluruh masyarakat bisa melaporkan ke aparat desa atau BPBD apabila terdampak gempa bumi ini.

    Pasalnya, menurut Abdul, gempa susulan masih sangat mungkin terjadi di sekitar lokasi di Kabupaten Bekasi-Karawang.

    “Gempa susulan mungkin masih akan ada jadi kita harapkan masyarakat tetap waspada,” pungkas Abdul.

  • Kini Kadita Punya Skin Starlight Warna Pink di MLBB, Begini Cara Dapetinnya!

    Kini Kadita Punya Skin Starlight Warna Pink di MLBB, Begini Cara Dapetinnya!

    Jakarta

    Dalam dunia Mobile Legends: Bang Bang, nama Kadita dikenal sebagai salah satu hero mage dengan kemampuan burst damage mematikan. Terinspirasi dari legenda Ratu Pantai Selatan atau Nyi Roro Kidul, Kadita tampil sebagai sosok anggun namun mematikan di Land of Dawn.

    Kisah hidup Kadita bisa dibilang tragis. Kadita merupakan sosok yang tulus, cerdas, dan baik hati. Karakter inilah yang membuat Kadita dicintai semua orang.

    Sebagai pewaris raja, seorang anggota keluarga kerajaan menjadi cemburu pada Kadita dan bersekongkol untuk menghancurkannya. Seorang penyihir tak dikenal yang memegang kekuatan sihir hitam dengan kejam menyerang sang putri.

    Sihir itu membuat kecantikan Kadita sirna seketika lantaran ia mendapatkan kutukan berupa penyakit kulit. Kadita pun diasingkan di Laut Selatan dan menemukan kembali kehidupannya.

    Setelah mendapatkan kekuatan, Kadita menjelma sebagai Ratu Penguasa Laut Selatan yang kembali cantik dan tidak terkalahkan. Selain Kadita, hero yang terinspirasi dari mitologi Indonesia yaitu Gatotkaca.

    Pada bulan Agustus, MLBB merilis skin baru Kadita, Maiden of The Tide. Dikutip dari YouTube resmi MLBB, skin bernuansa pink ini bisa didapatkan dengan harga 300 diamond.

    Agar semakin seru, kamu bisa melakukan top up pakai dompet digital DANA di Google Play. Selain praktis, kamu bisa berkesempatan mendapatkan harga hemat hingga Rp 10 ribu.

    Tak hanya itu, transaksi Google Play pakai DANA juga menawarkan keuntungan lain, di antaranya:

    – Voucher Rp 20 ribu untuk pengguna baru.

    – Bonus Saldo DANA Rp 3.000 dengan sambungin DANA ke Google Play pertama kali.

    – Bonus Saldo DANA Rp 4.500 dengan sambungin DANA ke Google Play pertama kali (khusus 25 – 31 Agustus 2025).

    Mobile Legends: Bang Bang Foto: DANA

    Cara menyambungkan DANA ke Google Play pun sangat mudah. Cukup ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Buka aplikasi Google Play di perangkatmu dan masuk ke profilmu.

    2. Pilih opsi “Kelola Metode Pembayaran”, lalu tap “Tambah Metode Pembayaran”.

    3. Pilih DANA dan ikuti instruksi yang muncul untuk menyelesaikan proses penghubungan.

    Mudah dan hemat, bukan? Yuk, segera download dan gunakan DANA, untuk mendapatkan skin terbaru dari Kadita di MLBB!

    (hnu/ega)

  • Jadwal Lengkap, Hadiah, Tim, Roster, Format, dan Cara Nonton

    Jadwal Lengkap, Hadiah, Tim, Roster, Format, dan Cara Nonton

    Jakarta

    Kompetisi esports Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL ID) S16 segera digelar pada 22 Agustus 2025. Berikut informasi lengkap terkait jadwal lengkap, hadiah, tim, roster, dan cara nontonnya.

    Turnamen tersebut akan diawali babak reguler season yang berlangsung selama sembilan pekan. Seluruh pertandingan di fase kualifikasi ini diselenggarakan secara offline di XO Hall – MPL Arena, Jakarta Barat, Jakarta.

    Sejumlah tim Mobile Legends terbaik siap bersaing memperebutkan gelar juara. Selain itu, pada season kali ini, finalisnya akan lolos ke kejuaraan dunia Mobile Legends, M7 World Championship.

    Daftar Tim

    Jumlah tim yang berpartisipasi masih sama seperti season sebelumnya. Jadi ada sembilan tim yang ikutan, dan masing-masing dari mereka punya sederet pemain yang hebat-hebat.

    Berikut daftar tim Mobile Legends yang tampil di MPL ID S16.

    OnicRRQ HoshiOnicTeam Liquid IDAlter EgoBigetron by VitalityGeek FamNaviDewa United EsportsJadwal Lengkap MPL ID S16

    Setiap tim akan tampil sebanyak 16 kali selama sembilan minggu. Mereka bakal saling berhadapan dan masing-masing tim berduel dengan lawan yang sama hingga dua kali.

    Week 1

    Onic vs Dewa United Esports – 15.15 WIB (22 Agustus)Navi vs Evos – 18.15 WIB (Jumat, 22 Agustus)Team Liquid ID vs Geek Fam – 14.15 WIB (23 Agustus)Onic vs Bigetron by Vitality – 17.15 WIB (23 Agustus)RRQ Hoshi vs Alter Ego – 20.15 WIB (23 Agustus)Bigetron by Vitality vs Navi – 14.15 WIB (24 Agustus)Geek Fam vs RRQ Hoshi – 17.15 WIB (24 Agustus)Alter Ego vs Dewa United Esports (24 Agustus)

    Week 2

    Onic vs Geek Fam – 15.15 WIB (29 Agustus)Dewa United Esports vs Navi – 18.15 WIB (29 Agustus)Geek Fam vs Bigetron by Vitality – 14.15 (30 Agustus)Alter Ego vs Evos – 17.15 WIB (30 Agustus)Team Liquid ID vs Dewa United Esports – 20.15 WIB (30 Agustus)Navi vs Alter Ego – 14.15 WIB (31 Agustus)RRQ Hoshi vs Team Liquid ID – 17.15 WIB (31 Agustus)Bigetron by Vitality vs Evos – 20.15 WIB (31 Agustus)

    Week 3

    Navi vs RRQ Hoshi – 15.15 WIB (5 September)Evos vs Team Liquid ID – 18.15 WIB (5 September)Evos vs Geek Fam – 14.15 WIB (6 September)Bigetron by Vitality vs Alter Ego – 17.15 WIB (6 September)RRQ Hoshi vs Onic – 20.15 WIB (6 September)Dewa United Esports vs Bigetron by Vitality – 14.15 (7 September)Alter Ego vs Onic – 17.15 WIB (7 September)Team Liquid ID vs Navi – 20.15 WIB (7 September)

    Week 4

    Navi vs Onic – 15.15 (12 September)Evos vs Dewa United Esports – 18.15 WIB (12 September)Team Liquid ID vs Bigetron by Vitality – 14.15 WIB (13 September)RRQ Hoshi vs Evos – 17.15 WIB (13 September)Geek Fam vs Alter Ego – 20.15 WIB (13 September)Onic vs Team Liquid ID – 14.15 WIB (14 September)Bigetron by Vitality vs RRQ Hoshi – 17.15 WIB (14 September)Dewa United Esports vs Geek Fam – 20.15 WIB (14 September)

    Week 5

    Geek Fam vs Navi – 15.15 (19 September)Evos vs Onic – 18.15 WIB (19 September)Dewa United Esports vs RRQ Hoshi – 14.15 (20 September)Alter Ego vs Team Liquid ID – 17.15 WIB (20 September)Evos vs Bigetron by Vitality – 20.15 WIB (20 September)Alter Ego vs Navi – 14.15 WIB (21 September)Geek Fam vs Onic – 17.15 WIB (21 September)Dewa United Esports vs Team Liquid ID – 20.15 WIB (21 September)

    Week 6

    Navi vs Dewa United Esports – 15.15 WIB (26 September)Alter Ego vs Geek Fam – 18.15 WIB (26 September)Evos vs Alter Ego – 14.15 WIB (27 September)Team Liquid ID vs Onic – 17.15 WIB (27 September)RRQ Hoshi vs Bigetron by Vitality – 20.15 (27 September)Navi vs Team Liquid ID – 14.15 WIB (28 September)Onic vs RRQ Hoshi – 17.15 WIB (28 September)Geek Fam vs Evos – 20.15 WIB (28 September)

    Week 7

    Geek Fam vs Dewa United Esports – 15.15 WIB (3 Oktober)Bigetron by Vitality vs Team Liquid ID – 18.15 WIB (3 Oktober)Dewa United Esports vs Alter Ego – 14.15 WIB (4 Oktober)Evos vs RRQ Hoshi – 17.15 WIB (4 Oktober)Onic vs Navi – 20.15 WIB (4 Oktober)RRQ Hoshi vs Geek Fam – 14.15 WIB (5 Oktober)Navi vs Bigetron by Vitality – 17.15 WIB (5 Oktober)Team Liquid ID vs Evos – 20.15 WIB (5 Oktober)

    Week 8

    Team Liquid ID vs Alter Ego – 15.15 WIB (10 Oktober)Bigetron by Vitality vs Dewa United Esports – 18.15 WIB (10 Oktober)Geek Fam vs Team Liquid ID – 14.15 WIB (11 Oktober)Alter Ego vs RRQ Hoshi – 17.15 WIB (11 Oktober)Bigetron by Vitality – 20.15 WIB (11 Oktober)RRQ Hoshi vs Dewa United Esports – 14.15 WIB (12 Oktober)Onic vs Evos – 17.15 WIB (12 Oktober)Navi vs Geek Fam – 20.15 WIB (12 Oktober)

    Week 9

    Bigetron by Vitality vs Geek Fam – 15.15 WIB (17 Oktober)Dewa United Esports vs Onic – 18.15 WIB (17 Oktober)Evos vs Navi – 14.15 WIB (18 Oktober)Team Liquid ID vs RRQ Hoshi – 17.15 WIB (18 Oktober)Onic vs Alter Ego – 20.15 WIB (18 Oktober)Dewa United Esports vs Evos – 14.15 WIB (19 Oktober)Alter Ego vs Bigetron by Vitality – 17.15 WIB (19 Oktober)RRQ Hoshi vs Navi – 201.15 WIB (19 Oktober)Format Pertandingan

    Format pertandingan juga masih sama, yakni dari babak reguler season hanya enam tim yang berhak melaju ke playoff. Jadi tim yang menempati peringkat tujuh, delapan, dan sembilan di akhir reguler season dipastikan tereliminasi dari kompetisi.

    Sementara enam tim yang lolos dibagi ke dalam dua kategori. Dua tim yang berada di peringkat satu dan dua di babak reguler season berhak mengisi slot di upper bracket. Empat tim sisanya bermain dari quarterfinal.

    Skema pertandingan yang diterapkan ialah best of 3 (Bo3) selama reguler season. Setelah itu di playoff berubah menjadi best of 5 (Bo5) dan grand final best of 7 (Bo7).

    Roster Tim Mobile Legends di MPL ID S16

    Dalam upaya meraih gelar juara, setiap tim menurunkan pemain-pemain terbaiknya. Berikut daftar lengkapnya:

    1. Evos

    Xorizo – ExplanerAlberttt – JunglerKyy – RoamerRoundel – MidlanerSwaylow – MidlanerErlan – GoldlanerBranz – Goldlaner

    2. Bigetron

    Finn – RoamerNnael – JunglerRonn – JunglerShogunn – ExplanerMoreno – MidlanerEmann – Goldlaner

    3. Onic

    Skylar – GoldlanerSavero – GoldlanerKairi – JunglerSanz – MidlanerRoamer – KiboyLutpii – Explaner

    4. RRQ Hoshi

    Dyren – ExplanerIdok – RoamerSutsujin – JunglerToyy – GoldlanerRinz – MidlanerRezz – ExplanerZunesh – Jungler

    5. Geek Fam

    Maykids (Jungler)Kennzyskie (Goldlaner)Zeltron (Goldlaner)Baloyskie (Roamer)Gobs (Explaner)Aboy (Midlaner)

    6. Alter Ego

    Rinee (Jungler)Hijume (Midlaner)Cyruz (Midlaner)Yazukee (Jungler)Nino (Explaner)Alekk (Roamer)Arfy (Goldlaner)

    7. Navi

    Karss (Explaner)Woshipaul (Jungler)Xyve (Goldlaner)Alphro (Roamer)Kazeemen (Roamer)Xmagic (Midlaner)

    8. Team Liquid ID

    Yehezkiel (Midlaner)Joooo (Jungler)Faviannn (Jungler)AeronnShikii (Goldlaner)Kabuki (Goldlaner)Kyou (Goldlaner)Widy (Roamer)Aran (Explaner)

    9. Dewa United Esports

    Reyy (Jungler)Vanz (Jungler)Octa (Midlaner)Maybeee (Goldlaner)Muezza (Roamer)Markkk (Explaner)Hadiah MPL ID S16

    Hadiah MPL ID S16 bukan sekadar piala saja, tapi juga ada uang tunai dengan total Rp 4,8 miliar. Nantinya jawaranya akan mengantongi jumlah terbanyak dari total yang ditawarkan.

    Lalu seperti yang sudah dijelaskan tadi, tim yang sukses meraih gelar juara berhak tampil di M7 World Championship bersama sang runner-up. Mereka akan bersaing dengan tim Mobile Legends hebat lain yang berasal dari berbagai macam negara.

    Cara Nonton

    Terdapat dua cara menonton MPL ID S16. Pertama bisa datang ke lokasi pertandingannya yang terletak di XO Hall – MPL Arena, Jakarta Barat, Jakarta. Lalu yang kedua menyaksikan siaran langsungnya yang tayang di kanal YouTube MPL Indonesia.

    (hps/fyk)

  • Ga Ngaku Salah Ketahuan Intip Anak di YouTube, Google Bagi-Bagi Duit

    Ga Ngaku Salah Ketahuan Intip Anak di YouTube, Google Bagi-Bagi Duit

    Jakarta, CNBC Indonesia – Google akan membayar US$ 30 juta (Rp 488 miliar) sebagai tanda perdamaian kasus pelanggaran privasi anak-anak oleh YouTube. Namun, raksasa teknologi tersebut itu tetap tidak mau mengakui kesalahannya.

    Kasus pelanggaran tersebut terkait aktivitas Google yang mengumpulkan informasi soal anak yang mengakses YouTube tanpa izin orang tua mereka. Informasi pribadi kemudian digunakan oleh Google untuk mengirim iklan tertarget.

    Sekelompok pengguna YouTube menggugat Google di pengadilan federal di negara bagian California. Kesepakatan damai diserahkan ke pengadilan federal pada Senin (20/8/2025). Meskipun sepakat membayar denda, Google tetap tidak mau mengakui kesalahannya.

    Denda untuk kasus serupa juga dibayar oleh Google pada 2019. Saat itu, Google membayar denda US$ 170 juta untuk menghentikan tuntutan yang diajukan oleh Komisi Perdagangan Federal AS (FTC) dan Jaksa Agung New York.

    Gugatan di California dilayangkan oleh orang tua 34 anak yang menuduh Google melanggar puluhan aturan negara bagian karena memberikan izin kepada penyedia konten untuk “menggaet” mereka dengan kartun dan lagu anak-anak sehingga bisa mengumpulkan data pribadi.

    Para orang tua sebetulnya juga menggugat para pembuat konten, termasuk Hasbro, Mattel, Cartoon Network, dan Dreamworks. Namun, hakim menolak mengadili para pembuat konten dengan alasan kurang bukti.

    Semua anak di AS yang berusia di bawah 13 tahun dan menonton YouTube antara 1 Juli 2013 hingga 1 April 2020 berhak mendapatkan uang damai dari Google. Menurut pengacara penggugat, orang yang berhak jumlahnya di antara 35 juta hingga 45 juta orang.

    Pada kasus-kasus sebelumnya sekitar 1%-2% pengguna yang berhak mengajukan klaim. Jika jumlah pengaju klaim serupa, pengacara memperkirakan tiap orang bisa mendapatkan US$ 30 – US$ 60 (sekitar Rp 500 ribu – Rp 1 juta) sebelum dikurangi biaya dan upah pengacara.

    Para pengacara berencana mengajukan biaya US$ 9 juta (Rp 146 miliar) dari kasus tersebut.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Ada Bom Waktu untuk Jatuhkan Presiden Prabowo

    Ada Bom Waktu untuk Jatuhkan Presiden Prabowo

    GELORA.CO – Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo mengeluarkan pernyataan mengejutkan dalam acara Reuni 5 Tahun Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) di Yogyakarta, 18 Agustus 2025 lalu. Ia mengklaim adanya gerakan sistematis dari lingkaran pemerintahan yang bertujuan untuk mendelegitimasi dan menjatuhkan Presiden Prabowo Subianto.

    “Ada gerakan sistematis dan sabotase struktural dari kabinet yang disusun Pak Prabowo sendiri untuk menjatuhkan presiden. Sebagai rakyat yang taat kepada pemimpinnya tentulah wajib bagi kita untuk melindungi Presiden sebagai pemimpin negara,” tegasnya.

    Dalam pidatonya yang disiarkan melalui kanal YouTube Refly Harun, Gatot menyebut sejumlah kebijakan kontroversial dari para menteri sebagai bentuk insubordinasi terhadap kepala negara.

    Gatot Nurmantyo dalam penjelasannya mengurai tindakan maupun ucapan para menteri ataupun pejabat yang secara didesain untuk menjatuhkan Citra Presiden RI.

    “Maka sudah sepantasnya rakyat bergerak dan jangan berdiam diri untuk mendukung presiden negaranya dari serangan pembuat skenario biadab,” ujarnya.

    Ia menyoroti kebijakan kontroversi yang akhirnya dibatalkan Presiden Prabowo dari menteri maupun pejabat tinggi negara yang merongrong citra Presiden.

    Bulan Januari 2025 Sri Mulyani menaikkan PPN 20%.

    Januari 2025 heboh ditemukan adanya pagar laut di Tangerang, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono insubordinasi terhadap Presiden yang memerintahkan untuk membongkar dengan alasan untuk barang bukti.

    Februari 2025, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia membuat isue tentang pembatasan gas melon yang akhirnya menimbulkan koran jiwa karena antrian.

    Februari 2025 heboh bensin oplosan sehingga masyarakat berbondong-bondong beli dari om bensin asing.

    Maret 2025 Menpan RB menunda pengangkatan CPNS dan PPK.

    PPATK melakukan pemblokiran rekening dormant yang tidak aktif selama 3 bulan yang mengakibatkan masyarakat tidak percaya menyimpan uang di bank, ditambah lagi rekening yang menyangkut rekening TKW/TKI. Pada saat itu 122 juta rekening diblokir.

    Di bulan April sengaja tidak ada gerakan takut diidentikkan dengan April mop.

    Bulan Juni 2025 Mendagri bikin heboh 4 pulau di propinsi Aceh akan diberikan ke propinsi Sumut.

    Bulan Juli 2025, Komdigi mengeluarkan pernyataan bahwa WA call hanya berlaku bagi yang menggunakan WA Premium.

    Akhir Juli 2025, Nusron mengatakan tanah menganggur 2 tahun disita negara.

    Dan lain-lain tindakan maupun ucapan yang diperbuat pejabat negara yang akan berbuntut buruknya citra Presiden Prabowo.

    Gatot menggarisbawahi sebagai sabotase struktural. “Saya menduga ini sabotase struktural yang dilakukan oleh struktur pemerintahan sendiri. Kalau tidak terima, panggil saya,” tegas Gatot.

    Menurutnya, jika tidak diantisipasi, gerakan ini bisa menjadi “bom waktu” yang mengarah pada pemakzulan.

  • BigBang Rayakan Ulang Tahun ke-19 sejak Debut

    BigBang Rayakan Ulang Tahun ke-19 sejak Debut

    JAKARTA – BigBang mungkin tak lagi lengkap, tapi mereka utuh. G-Dragon, Taeyang dan Daesung merayakan karier grup mereka yang ke-19 pada hari ini, 19 Agustus 2025.

    Mengawali karier sebagai grup lima personel, kini mereka melanjutkan perjalanan dengan tiga member. Dengan segala badai yang dihadapi, BigBang tetap bertahan sejauh ini.

    Masing-masing member sibuk dengan kegiatan individu, tapi tetap meluangkan waktu untuk satu sama lain. Apalagi setelah bersatu kembali di lagu G-Dragon, Home Sweet Home, fans tak meragukan kebersamaan mereka.

    BigBang pun merayakan anniversary ke-19 dengan tampil di program Daesung di YouTube, ZIP Daesung. Di episode pembukaan, tiga idol senior ini melakukan ritual tiup lilin dengan sebuah cake berwarna cerah.

    “Wah anniversary ke-19 kita, tak terasa ya?” ucap G-Dragon. “BigBang sudah berusia 19 tahun sekarang,” timpal Daesung.

    Sebagai cuplikan untuk episode berikutnya, para personel BigBang akan memutar kenangan dengan beberapa foto, memorabilia dan cerita seru.

    Tak hanya itu, beberapa tamu spesial yang jadi saksi perjalanan BigBang juga akan turut hadir dan berbagi cerita. Episode ulang tahun BigBang ke-19 akan tayang Jumat, 22 Agustus mendatang di YouTube ZIP Daesung.