Perusahaan: WhatsApp

  • Gelar IPO, Newport Marine Services Oversubscribed hingga 60 Kali

    Gelar IPO, Newport Marine Services Oversubscribed hingga 60 Kali

    Jakarta: PT Newport Marine Services Tbk (BOAT) mengumumkan keberhasilan penawaran saham perdananya (Initial Public Offering/IPO) yang berhasil menarik minat besar dari para investor.
     
    Sepanjang periode penawaran umum ini, saham Newport Marine Services ditawarkan pada harga Rp100 per saham dan oversubscribed sebanyak 60,51 kali dari jumlah saham yang ditawarkan.
     
    Direktur Utama Newport Marine Services Sujaya Putra mengatakan, oversubscribed saham BOAT tersebut menunjukkan tingginya kepercayaan investor terhadap prospek bisnis dan potensi pertumbuhan perusahaan.
     
    “Kami sangat bersyukur atas antusiasme yang luar biasa dari investor terhadap IPO Newport Marine Services,” ujar Sujaya dikutip dari keterangan tertulis, Senin, 11 November 2024.
     
    Dengan tingginya angka oversubscription ini, lanjut dia, perusahaan semakin yakin dukungan dana dari IPO akan mendukung pertumbuhan perusahaan dalam mengembangkan layanan di bidang sewa dan menyewa kapal.
     
    “Hal tersebut untuk menunjang kegiatan lepas pantai di luar dan dalam negeri yang berfokus pada industri minyak dan gas bumi,” jelas Sujaya.
     

     

    Penggunaan dana IPO
     
    Adapun, dana yang diperoleh dari hasil IPO akan digunakan untuk pelunasan sebagian pokok pinjaman sekitar Rp75 miliar dan sisanya akan digunakan untuk modal kerja perseroan.
     
    Modal kerja perseroan tersebut yakni membiayai menyewa kapal sewa untuk mendukung pendapatan dari kapal sewa, biaya bahan bakar kapal, dan kegiatan operasional perseroan lainnya yang berkaitan dengan kegiatan usaha utama perseroan.
     
    Diketahui, Newport Marine Services adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang sewa dan menyewa kapal untuk menunjang kegiatan lepas pantai di luar dan dalam negeri yang berfokus pada industri minyak dan gas bumi.
     
    “Perusahaan terus berkomitmen memberikan solusi pelayanan yang efisien, andal, dan terjangkau untuk seluruh pelanggan di Indonesia,” tutup Sujaya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • 7 Fakta Hari Pertama Istana Wapres Buka Pengaduan Langsung Lapor Mas Wapres

    7 Fakta Hari Pertama Istana Wapres Buka Pengaduan Langsung Lapor Mas Wapres

    Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming membuka layanan pengaduan masyarakat bernama ‘Lapor Mas Wapres’ yang berlokasi di kompleks Istana Wapres, Jakarta. Layanan ini dibuka sebagai sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan gagasan, saran, atau keluhan yang bisa mendukung kemajuan bersama. 

    Berikut ini tujuh fakta mengenai hari pertama pengaduan langsung di ‘Lapor Mas Wapres, Senin 11 November 2024:
    1. Ruang Pengaduan Langsung Disediakan di Istana Wapres
    Posko ‘Lapor Mas Wapres’ terletak di dalam kompleks Istana Wakil Presiden RI, tepatnya di Jalan Kebon Sirih No. 14, Jakarta Pusat. Sekretariat Wapres mempersiapkan ruang khusus bernama ‘Pengaduan Masyarakat’ untuk masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi atau aduannya secara langsung.

     Baca juga: Gibran Minta Mendikdasmen Masukkan Mata Pelajaran ‘Coding’ di SD dan SMP

    “Wapres Gibran Rakabuming memberikan ruang bagi kamu yang mempunyai gagasan, saran, maupun pengaduan untuk kebaikan dan kemajuan bersama,” demikian keterangan yang disampaikan oleh Sekretariat Wapres, Minggu 10 November 2024.
    2. Terdapat Batasan 50 Pengadu 
    Pada hari pertama, Istana Wapres membatasi pengaduan langsung hingga maksimal 50 orang per hari. Posko pengaduan ini dibuka setiap Senin hingga Jumat, mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

    3. 55 Aduan Masuk pada Hari Pertama
    Deputi Tata Kelola Pemerintahan di Sekretariat Wapres, Pranggono Dwianto, melaporkan bahwa sebanyak 55 aduan masyarakat sudah diterima hingga pukul 13.15 WIB, yang terdiri dari 47 aduan yang telah dilayani dan 8 lainnya masih antre.

    “Ada 55 pengadu hari ini, terakhir sudah 47 orang pengadu, masih ada sekitar 5 atau 8 orang di meja registrasi,” kata Pranggono kepada wartawan, Senin.
    4. Layanan Pengaduan Juga Dapat Dilakukan Secara Online
    Selain pengaduan langsung, layanan ‘Lapor Mas Wapres’ juga tersedia secara online. Masyarakat dapat mengirimkan pengaduannya melalui nomor WhatsApp resmi di 0811 704 227.

    5. Proses Tindak Lanjut Aduan Hingga 14 Hari
    Setiap aduan yang masuk akan diproses oleh Sekretariat Wapres dalam waktu 14 hari. Aduan tersebut nantinya akan dikaji dan dikoordinasikan dengan kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah terkait untuk mencari solusi yang sesuai.

    “Jadi setelah ruang pengaduan ini, proses tindak lanjut pengadu kembali ke rumah masing-masing, proses selanjutnya Setwapres melihat permasalahan seperti apa, kemudian dikaitkan dengan segala hal berkaitan dengan pengaduan,” jelas Pranggono.
    6. Masyarakat Bisa Melacak Progres Aduan
    Setelah mengajukan pengaduan, masyarakat akan diberikan nomor registrasi untuk melacak progres aduan mereka. Pranggono menyebutkan bahwa perkembangan laporan dapat dicek melalui situs web resmi atau WhatsApp.

    “Masyarakat bisa cek progres penanganan laporan, nomor WA juga bisa, website juga bisa, mereka setelah mengadu dapat nomor registrasi laporan,” ujarnya.
    7. Pengaduan Ditujukan untuk Penyelesaian Kolektif
    Tujuan utama dari ‘Lapor Mas Wapres’ adalah memberikan solusi untuk berbagai persoalan publik yang membutuhkan koordinasi lintas instansi. 
    Posko pengaduan ini diharapkan mampu menjadi jembatan antara masyarakat dan pemerintah untuk mencapai perubahan yang lebih baik.

    “Yang paling penting itu adalah adanya semacam koordinasi dengan kementerian, lembaga, atau seluruh Pemda, artinya kita lihat konteks permasalahan seperti apa, kewenangan seperti apa, dan tindak lanjutnya koordinasi,” tutur Pranggono.

    Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming membuka layanan pengaduan masyarakat bernama ‘Lapor Mas Wapres’ yang berlokasi di kompleks Istana Wapres, Jakarta. Layanan ini dibuka sebagai sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan gagasan, saran, atau keluhan yang bisa mendukung kemajuan bersama. 
     
    Berikut ini tujuh fakta mengenai hari pertama pengaduan langsung di ‘Lapor Mas Wapres, Senin 11 November 2024:

    1. Ruang Pengaduan Langsung Disediakan di Istana Wapres

    Posko ‘Lapor Mas Wapres’ terletak di dalam kompleks Istana Wakil Presiden RI, tepatnya di Jalan Kebon Sirih No. 14, Jakarta Pusat. Sekretariat Wapres mempersiapkan ruang khusus bernama ‘Pengaduan Masyarakat’ untuk masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi atau aduannya secara langsung.
     
     Baca juga: Gibran Minta Mendikdasmen Masukkan Mata Pelajaran ‘Coding’ di SD dan SMP
    “Wapres Gibran Rakabuming memberikan ruang bagi kamu yang mempunyai gagasan, saran, maupun pengaduan untuk kebaikan dan kemajuan bersama,” demikian keterangan yang disampaikan oleh Sekretariat Wapres, Minggu 10 November 2024.

    2. Terdapat Batasan 50 Pengadu 

    Pada hari pertama, Istana Wapres membatasi pengaduan langsung hingga maksimal 50 orang per hari. Posko pengaduan ini dibuka setiap Senin hingga Jumat, mulai pukul 08.00 hingga 14.00 WIB.

    3. 55 Aduan Masuk pada Hari Pertama

    Deputi Tata Kelola Pemerintahan di Sekretariat Wapres, Pranggono Dwianto, melaporkan bahwa sebanyak 55 aduan masyarakat sudah diterima hingga pukul 13.15 WIB, yang terdiri dari 47 aduan yang telah dilayani dan 8 lainnya masih antre.
     
    “Ada 55 pengadu hari ini, terakhir sudah 47 orang pengadu, masih ada sekitar 5 atau 8 orang di meja registrasi,” kata Pranggono kepada wartawan, Senin.

    4. Layanan Pengaduan Juga Dapat Dilakukan Secara Online

    Selain pengaduan langsung, layanan ‘Lapor Mas Wapres’ juga tersedia secara online. Masyarakat dapat mengirimkan pengaduannya melalui nomor WhatsApp resmi di 0811 704 227.

    5. Proses Tindak Lanjut Aduan Hingga 14 Hari

    Setiap aduan yang masuk akan diproses oleh Sekretariat Wapres dalam waktu 14 hari. Aduan tersebut nantinya akan dikaji dan dikoordinasikan dengan kementerian, lembaga, atau pemerintah daerah terkait untuk mencari solusi yang sesuai.
     
    “Jadi setelah ruang pengaduan ini, proses tindak lanjut pengadu kembali ke rumah masing-masing, proses selanjutnya Setwapres melihat permasalahan seperti apa, kemudian dikaitkan dengan segala hal berkaitan dengan pengaduan,” jelas Pranggono.

    6. Masyarakat Bisa Melacak Progres Aduan

    Setelah mengajukan pengaduan, masyarakat akan diberikan nomor registrasi untuk melacak progres aduan mereka. Pranggono menyebutkan bahwa perkembangan laporan dapat dicek melalui situs web resmi atau WhatsApp.
     
    “Masyarakat bisa cek progres penanganan laporan, nomor WA juga bisa, website juga bisa, mereka setelah mengadu dapat nomor registrasi laporan,” ujarnya.

    7. Pengaduan Ditujukan untuk Penyelesaian Kolektif

    Tujuan utama dari ‘Lapor Mas Wapres’ adalah memberikan solusi untuk berbagai persoalan publik yang membutuhkan koordinasi lintas instansi. 
    Posko pengaduan ini diharapkan mampu menjadi jembatan antara masyarakat dan pemerintah untuk mencapai perubahan yang lebih baik.
     
    “Yang paling penting itu adalah adanya semacam koordinasi dengan kementerian, lembaga, atau seluruh Pemda, artinya kita lihat konteks permasalahan seperti apa, kewenangan seperti apa, dan tindak lanjutnya koordinasi,” tutur Pranggono.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (DHI)

  • Aksi Peternak Buang Susu, Kementan Tangguhkan Izin Impor Lima Perusahaan Susu

    Aksi Peternak Buang Susu, Kementan Tangguhkan Izin Impor Lima Perusahaan Susu

    Jakarta: Aksi sejumlah peternak yang membuang susu akibat keterbatasan penyerapan ini memicu respons tegas dari Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman. Ia mengambil lankah penangguhan izin impor lima perusahaan susu.

    “Ada lima perusahaan impornya kami tahan dulu izinnya sampai semua kondusif seluruh Indonesia,” kata Amran dalam konferensi pers di kantor Kementan, Jakarta Selatan, Senin 11 November 2024.

    Baca juga: Aksi Kecewa, Peternak di Jatim Buang Ribuan Liter Susu Segar

    Amran menegaskan pembuangan susu itu lantaran pembatasan penyerapan susu dalam negeri oleh industri. Amran bahkan mengancam pencabutan izin permanen bagi perusahaan-perusahaan jika masih enggan menyerap susu sapi dari peternak lokal.

    “Kalau dari lima ada yang masih mencoba (tidak serap susu lokal), aku cabut izinnya dan tidak boleh impor lagi. Itu ketegasan kami dari kementerian, karena kami tidak ingin antara peternak dengan industri tidak bergandengan tangan,” imbuhnya.

    Sebelumnya sejumlah peternak di berbagai daerah melakukan pembuangan susu hasil produksi sendiri. Mereka menuding kebijakan pembatasan oleh industri sebagai biang kerok.

    Di antaranya di Boyolali, Jawa Tengah. Para peternak mengepresikan protes dengan melakukan mandi susu.

    Jakarta: Aksi sejumlah peternak yang membuang susu akibat keterbatasan penyerapan ini memicu respons tegas dari Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman. Ia mengambil lankah penangguhan izin impor lima perusahaan susu.
     
    “Ada lima perusahaan impornya kami tahan dulu izinnya sampai semua kondusif seluruh Indonesia,” kata Amran dalam konferensi pers di kantor Kementan, Jakarta Selatan, Senin 11 November 2024.
     
    Baca juga: Aksi Kecewa, Peternak di Jatim Buang Ribuan Liter Susu Segar
    Amran menegaskan pembuangan susu itu lantaran pembatasan penyerapan susu dalam negeri oleh industri. Amran bahkan mengancam pencabutan izin permanen bagi perusahaan-perusahaan jika masih enggan menyerap susu sapi dari peternak lokal.
     
    “Kalau dari lima ada yang masih mencoba (tidak serap susu lokal), aku cabut izinnya dan tidak boleh impor lagi. Itu ketegasan kami dari kementerian, karena kami tidak ingin antara peternak dengan industri tidak bergandengan tangan,” imbuhnya.
     
    Sebelumnya sejumlah peternak di berbagai daerah melakukan pembuangan susu hasil produksi sendiri. Mereka menuding kebijakan pembatasan oleh industri sebagai biang kerok.
     
    Di antaranya di Boyolali, Jawa Tengah. Para peternak mengepresikan protes dengan melakukan mandi susu.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (DHI)

  • Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang, Arus Lalu Lintas Dialihkan

    Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang, Arus Lalu Lintas Dialihkan

    Purwakarta: Jasa Marga memberlakukan pengalihan arus lalu lintas setelah terjadi kecelakaan beruntun yang melibatkan lebih dari 10 kendaraan di Tol Cipularang KM 92 arah Jakarta. Pengguna jalan dari Bandung yang menuju Jakarta diimbau untuk mengikuti rute alternatif yang telah disediakan demi kelancaran lalu lintas dan keselamatan bersama.

    Melalui akun Instagram resminya, @official.jasamarga, Jasa Marga menyampaikan bahwa pengalihan dilakukan dengan mengarahkan kendaraan keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cikamuning. 

    Baca juga: Fakta-fakta Terkini Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang KM 92

    “Pengguna jalan dari Bandung arah Jakarta yang akan melintas, dialihkan keluar melalui GT Cikamuning di KM 116 dan masuk kembali melalui GT Jatiluhur di KM 84,” demikian penjelasan Jasa Marga yang dikutip Senin 11 November 2024.

    Langkah pengalihan arus ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk menangani kemacetan yang terjadi akibat kecelakaan beruntun tersebut, sekaligus memastikan keamanan bagi para pengguna jalan.

    “Antisipasi perjalanan Kawan JM untuk menghindari kepadatan,” ujar Jasa Marga.

    Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan mengikuti informasi terkini dari Jasa Marga terkait kondisi lalu lintas di jalur bebas hambatan ini.

    Kecelakaan beruntun terjadi di Tol Cipularang KM 92 arah Jakarta, tepatnya di wilayah Plered, Purwakarta, Senin 11 November 2024 sekitar pukul 15.30 WIB. Insiden yang melibatkan sejumlah kendaraan ini menyebabkan kemacetan panjang di lokasi kejadian.

    Purwakarta: Jasa Marga memberlakukan pengalihan arus lalu lintas setelah terjadi kecelakaan beruntun yang melibatkan lebih dari 10 kendaraan di Tol Cipularang KM 92 arah Jakarta. Pengguna jalan dari Bandung yang menuju Jakarta diimbau untuk mengikuti rute alternatif yang telah disediakan demi kelancaran lalu lintas dan keselamatan bersama.
     
    Melalui akun Instagram resminya, @official.jasamarga, Jasa Marga menyampaikan bahwa pengalihan dilakukan dengan mengarahkan kendaraan keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cikamuning. 
     
    Baca juga: Fakta-fakta Terkini Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang KM 92
    “Pengguna jalan dari Bandung arah Jakarta yang akan melintas, dialihkan keluar melalui GT Cikamuning di KM 116 dan masuk kembali melalui GT Jatiluhur di KM 84,” demikian penjelasan Jasa Marga yang dikutip Senin 11 November 2024.
     
    Langkah pengalihan arus ini diambil sebagai bagian dari upaya untuk menangani kemacetan yang terjadi akibat kecelakaan beruntun tersebut, sekaligus memastikan keamanan bagi para pengguna jalan.
     
    “Antisipasi perjalanan Kawan JM untuk menghindari kepadatan,” ujar Jasa Marga.
     
    Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dan mengikuti informasi terkini dari Jasa Marga terkait kondisi lalu lintas di jalur bebas hambatan ini.
     
    Kecelakaan beruntun terjadi di Tol Cipularang KM 92 arah Jakarta, tepatnya di wilayah Plered, Purwakarta, Senin 11 November 2024 sekitar pukul 15.30 WIB. Insiden yang melibatkan sejumlah kendaraan ini menyebabkan kemacetan panjang di lokasi kejadian.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (DHI)

  • Bawang Merah Naik Jadi Rp36.410/Kg

    Bawang Merah Naik Jadi Rp36.410/Kg

    Jakarta: Badan Pangan Nasional (Bapanas) mencatat harga sejumlah komoditas pangan secara umum naik per Senin (11/11) pagi, bawang putih naik Rp1.290 menjadi Rp36.410 per kilogram (kg).
     
    Berdasarkan data dari Panel Harga Bapanas pukul 08.00 WIB, harga pangan di tingkat pedagang eceran secara nasional, beras premium naik 1,94 persen atau Rp300 menjadi Rp15.740 per kg.
     
    Begitu pun beras medium naik 0,44 persen atau Rp60 menjadi Rp13.570 per kg; sedangkan beras stabilitas pasokan dan harga pangan (SPHP) Bulog turun 0,80 persen atau Rp100 menjadi Rp12.470 per kg.
     
    Berikutnya komoditas bawang merah naik 3,67 persen atau Rp1.290 menjadi Rp36.410 per kg; begitu pula bawang putih bonggol naik 2,58 persen atau Rp1.040 menjadi Rp41.390 per kg.
     
    Kemudian harga komoditas cabai merah keriting naik 4,75 persen atau Rp1.340 menjadi Rp29.580 per kg; Lalu cabai rawit merah juga naik 1,79 persen atau Rp710 menjadi Rp40.460 per kg.
     

     

    Harga daging sapi turun
     
    Berikutnya, harga daging sapi murni turun 3,47 persen atau Rp4.690 menjadi Rp130.590 per kg; sedangkan daging ayam ras naik 1,55 persen atau Rp560 menjadi Rp36.640 per kg; lalu telur ayam ras naik 2,85 persen atau Rp810 menjadi Rp29.220 per kg.
     
    Selanjutnya, harga kedelai biji kering (impor) terpantau naik 2,73 persen atau Rp290 menjadi Rp10.900 per kg; lalu gula konsumsi juga naik 1,50 persen atau Rp270 menjadi Rp18.250 per kg.
     
    Kemudian, minyak goreng kemasan sederhana naik 0,60 persen atau Rp110 menjadi Rp18.380 per kg; sedangkan minyak goreng curah turun 0,78 persen atau Rp130 menjadi Rp16.640 per kg.
     
    Lalu harga tepung terigu curah naik 0,59 persen atau Rp60 menjadi Rp10.160 per kg; sedangkan tepung terigu non curah turun 1,37 persen atau Rp180 menjadi Rp12.590 per kg.
     
    Kemudian, harga jagung di tingkat peternak naik 8,92 persen atau Rp530 menjadi Rp6.470 per kg; harga garam halus beryodium turun 3,11 persen atau Rp360 menjadi Rp11.200 per kg.
     
    Berikutnya, harga ikan kembung terpantau naik 3,27 persen atau Rp1.200 menjadi Rp37.870 per kg; begitu pun ikan tongkol naik 1,28 persen atau Rp390 menjadi Rp30.860 per kg; lalu ikan bandeng juga naik 2,21 persen atau Rp730 menjadi Rp33.830 per kg.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • Warga Surabaya Terbang Langsung ke Jakarta demi Lapor Mas Wapres

    Warga Surabaya Terbang Langsung ke Jakarta demi Lapor Mas Wapres

    Jakarta, Beritasatu.com – Layanan pengaduan masyarakat “Lapor Mas Wapres” mendapat respons positif dari masyarakat. Bahkan, warga Surabaya, Jawa Timur sampai terbang langsung menuju Istana Wakil Presiden (Wapres) di Jakarta.

    Pada hari pertama layanan ini dibuka di Istana Wakil Presiden (Wapres), Jakarta Pusat, Senin (11/11/2024) ada 63 aduan yang masuk. Masyarakat dapat datang langsung ke Istana Wapres setiap Senin-Jumat mulai pukul 08.00-14.00 WIB.

    Bambang Pramukantoro asal Surabaya, Jawa Timur menjadi salah satu warga yang melakukan pengaduan hari ini. “Tadi pagi begitu saya lihat di media sosial ada acara seperti ini akhirnya saya terbang ke Jakarta khusus untuk datang ke kantor Sekretariat Wakil Presiden,” ujar Bambang kepada Beritasatu.com di Istana Wapres, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2024).

    Bambang mengungkapkan layanan Lapor Mas Wapres ini sudah baik. Proses registrasi sampai pembuatan laporan hanya berlangsung sekitar 30 menit.

    “Saya tadi laporan sampai dilakukan investigasi terhadap permasalahan yang sedang saya hadapi sekitar 30 menit dan kemudian saya diberikan nomor khusus WA, nanti paling lama 14 hari saya akan dihubungi dan kemudian mudah-mudahan ditindaklanjuti pengaduan saya,” ungkapnya.

    Besar harapannya dengan diberikannya ruang seperti Lapor Mas Wapres ini dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada. Permasalahan yang diadukan Bambang terkait dengan dana talangan.

    Layanan ini, menurut Bambang, menjadi atmosfer baru pada masa pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang lebih memperhatikan rakyat.

    “Saya sangat mengapresiasi dan mudah-mudahan berawal dari saya ini masalah-masalah yang dihadapi oleh teman-teman pelapor pun akan segera ditindaklanjuti,” jelasnya.

    Sementara itu, untuk layanan di Istana Wapres, jumlah pengadu yang dilayani per hari sebanyak 50 orang. Masyarakat juga dapat memanfaatkan layanan “Lapor Mas Wapres” via WhatsApp di nomor 081117042207.

  • Jasa Marga ungkap Truk Kardus Terlibat Kecelakaan Beruntun KM 92 Tol Cipularang

    Jasa Marga ungkap Truk Kardus Terlibat Kecelakaan Beruntun KM 92 Tol Cipularang

    Purwakarta: Kecelakaan beruntun yang melibatkan truk pengangkut kardus terjadi di KM 92 Ruas Tol Cipularang arah Jakarta sekitar pukul 15.00-an WIB. Insiden ini mengakibatkan kemacetan panjang dan memaksa pengalihan arus lalu lintas bagi pengguna jalan yang menuju Jakarta.

    “Terjadi kecelakaan truk pengangkut kardus di KM 92 Ruas Tol Cipularang arah Jakarta,” tulis Jasa Marga dalam akun instastory-nya, Senin 11 November 2024.

    Menurut keterangan resmi Jasa Marga, kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta kini dialihkan untuk keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cikamuning di KM 116, dan dapat kembali masuk ke jalan tol melalui GT Jatiluhur di KM 84. Langkah ini diambil guna menghindari kepadatan yang terjadi di sekitar lokasi kecelakaan.

    Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang, Arus Lalu Lintas Dialihkan

    “Pengguna jalan dari Bandung arah Jakarta yang akan melintas, dialihkan keluar melalui GT Cikamuning di KM 116 dan masuk kembali melalui GT Jatiluhur di KM 84. Antisipasi perjalanan Kawan JM untuk menghindari kepadatan,” tulis Jasa Marga dalam akun Instagram resminya.

    Jasa Marga juga menyarankan agar pengguna jalan memantau update kondisi lalu lintas melalui CCTV yang dapat diakses di aplikasi TRAVOY. Ini memberikan informasi langsung terkait situasi terkini di sepanjang ruas jalan tol yang terdampak.

    Sementara itu, petugas dari Jasa Marga dan kepolisian terus berupaya mengevakuasi kendaraan yang terlibat kecelakaan, termasuk truk pengangkut kardus yang menjadi salah satu penyebab kemacetan.

    Hingga saat ini, informasi lebih lanjut mengenai jumlah kendaraan yang terlibat maupun jumlah korban masih menunggu konfirmasi dari pihak berwenang.

    Para pengguna jalan diimbau untuk tetap berhati-hati dan mematuhi arahan petugas di lapangan demi kelancaran arus lalu lintas serta keselamatan bersama.

    Purwakarta: Kecelakaan beruntun yang melibatkan truk pengangkut kardus terjadi di KM 92 Ruas Tol Cipularang arah Jakarta sekitar pukul 15.00-an WIB. Insiden ini mengakibatkan kemacetan panjang dan memaksa pengalihan arus lalu lintas bagi pengguna jalan yang menuju Jakarta.
     
    “Terjadi kecelakaan truk pengangkut kardus di KM 92 Ruas Tol Cipularang arah Jakarta,” tulis Jasa Marga dalam akun instastory-nya, Senin 11 November 2024.
     
    Menurut keterangan resmi Jasa Marga, kendaraan dari arah Bandung menuju Jakarta kini dialihkan untuk keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cikamuning di KM 116, dan dapat kembali masuk ke jalan tol melalui GT Jatiluhur di KM 84. Langkah ini diambil guna menghindari kepadatan yang terjadi di sekitar lokasi kecelakaan.
    Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang, Arus Lalu Lintas Dialihkan
     
    “Pengguna jalan dari Bandung arah Jakarta yang akan melintas, dialihkan keluar melalui GT Cikamuning di KM 116 dan masuk kembali melalui GT Jatiluhur di KM 84. Antisipasi perjalanan Kawan JM untuk menghindari kepadatan,” tulis Jasa Marga dalam akun Instagram resminya.
     
    Jasa Marga juga menyarankan agar pengguna jalan memantau update kondisi lalu lintas melalui CCTV yang dapat diakses di aplikasi TRAVOY. Ini memberikan informasi langsung terkait situasi terkini di sepanjang ruas jalan tol yang terdampak.
     
    Sementara itu, petugas dari Jasa Marga dan kepolisian terus berupaya mengevakuasi kendaraan yang terlibat kecelakaan, termasuk truk pengangkut kardus yang menjadi salah satu penyebab kemacetan.
     
    Hingga saat ini, informasi lebih lanjut mengenai jumlah kendaraan yang terlibat maupun jumlah korban masih menunggu konfirmasi dari pihak berwenang.
     
    Para pengguna jalan diimbau untuk tetap berhati-hati dan mematuhi arahan petugas di lapangan demi kelancaran arus lalu lintas serta keselamatan bersama.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (DHI)

  • Skor ESG di S&P Meningkat, BRI Perkuat Posisi sebagai Pemimpin Keberlanjutan pada Sektor Perbankan

    Skor ESG di S&P Meningkat, BRI Perkuat Posisi sebagai Pemimpin Keberlanjutan pada Sektor Perbankan

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus menjadi yang terdepan dalam penerapan praktik bisnis berkelanjutan di Indonesia. Pada penilaian Corporate Sustainability Assessment (CSA) tahunan oleh S&P Global, BRI mencatat peningkatan skor signifikan dari 63 pada 2023 menjadi 75 pada 2024.
     
    Dengan pencapaian skor ESG sebesar 75 tersebut, BRI berhasil menembus peringkat 5 persen teratas pada sektor perbankan global, sekaligus menjadi pemimpin dalam industri perbankan Indonesia di bidang keuangan berkelanjutan.
     
    Diketahui, dalam melakukan asesmen, S&P Global ESG Scores menggunakan data perusahaan yang tersedia secara publik, ditambah dengan data maupun dokumen yang disampaikan oleh perusahaan. S&P Global menilai BRI memiliki ketersediaan data publikasi yang sangat tinggi, mencapai 95 persen dari persyaratan yang ditetapkan.
     

    Penilaian Corporate Sustainability Assessment (CSA) oleh S&P Global terhadap BRI menunjukkan bahwa kontribusi terbesar terhadap skor ESG berasal dari dimensi Tata Kelola dan Ekonomi, diikuti oleh dimensi Sosial dan Lingkungan. Peningkatan skor yang signifikan didorong oleh berbagai inisiatif dan program kerja yang dilakukan BRI, antara lain mengidentifikasi risiko yang timbul terkait perubahan iklim, penguatan tata kelola cybersecurity, dan peningkatan inklusi keuangan.
    Terkait dengan hal tersebut, Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto mengatakan bahwa BRI memahami pencapaian skor ESG yang tinggi bukanlah akhir dari perjalanan, melainkan upaya berkelanjutan untuk memastikan mereka tetap berada di jalur yang benar dan memenuhi standar internasional. 
     

    Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto (Foto:Dok.BRI)
     
    “Pentingnya transparansi dalam laporan ESG ini perlu dilakukan karena masih banyak pihak yang baru mengenal ESG, sehingga sering kali hanya melihat hasil akhir tanpa memahami proses yang mendasarinya,” ucapnya.
     
    Solichin mengakui perjalanan menuju pencapaian skor ESG yang tinggi bukan hal yang mudah. Perlu usaha dan perbaikan berkelanjutan. “BRI selalu berusaha memberikan laporan yang jelas dan akurat untuk menunjukkan komitmen kami terhadap prinsip ESG,” ujarnya.
     

    Solichin menambahkan bahwa BRI telah merumuskan strategi yang jelas untuk mengelola isu-isu ESG, dengan tujuan meningkatkan nilai bagi seluruh pemangku kepentingan. Peningkatan skor implementasi ESG menunjukkan komitmen BRI dalam menerapkan prinsip keberlanjutan, yang diharapkan dapat memperkuat nilai-nilai tata kelola perusahaan. 
     
    “Ke depan, BRI akan terus mengintegrasikan prinsip keberlanjutan dan memperkuat tata kelola di berbagai model bisnis Perseroan,” katanya.
     
    Selain mengalami peningkatan performa ESG score yang konsisten, BRI juga berhasil mendapatkan recognition dengan terdaftar pada Sustainability Yearbook Member yang diterbitkan S&P Global selama dua tahun berturut-turut, yakni tahun 2023 dan 2024. Sustainability Yearbook Member dari S&P Global berisi daftar perusahaan di dunia yang dinilai terdepan dalam menerapkan praktik bisnis yang berkelanjutan.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Jasa Marga Sebut Lebih 10 Kendaraan Terlibat Kecelakaan Beruntun di Tol Purbaleunyi

    Jasa Marga Sebut Lebih 10 Kendaraan Terlibat Kecelakaan Beruntun di Tol Purbaleunyi

    Jakarta: Diduga 10 unit lebih kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Tol Purbaleunyi, Jawa Barat, tepatnya KM 92 ruas tol yang mengarah Jakarta. Peristiwa terjadi Senin sore, 11 November 2024.

    “Sejauh ini, info yang kami terima melibatkan lebih dari 10 kendaraan,” kata Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Plaza Tol Cililitan Jakarta, Panji Satriya, Senin, 11 November 2024.

    Namun, dia menyebut jumlah kendaraan masih perlu dipastikan lagi. Sebab, evakuasi masih dilakukan. Begitu pula data jumlah korban masih menunggu pendataan.

    “Untuk sementara data jumlah kendaraan da korban masih menunggu pendataan dan evakuasi di lapangan,” ungkapnya.
     

    Sebelumnya, kecelakaan beruntun beberapa mobil terjadi di Tol Purbaleunyi, Jawa Barat. Tepatnya di KM 92 Ruas Tol Cipularang arah Jakarta.

    Peristiwa terjadi diduga karena truk bermuatan berat mengalami rem blong. Sehingga, menabrak kendaraan di depannya.

    “Sementara penyebab pasti kecelakaan belum diketahui, namun diduga itu diakibatkan karena rem blong,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Jules Abraham Abast saat dikonfirmasi.

    Jakarta: Diduga 10 unit lebih kendaraan terlibat kecelakaan beruntun di Tol Purbaleunyi, Jawa Barat, tepatnya KM 92 ruas tol yang mengarah Jakarta. Peristiwa terjadi Senin sore, 11 November 2024.
     
    “Sejauh ini, info yang kami terima melibatkan lebih dari 10 kendaraan,” kata Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Plaza Tol Cililitan Jakarta, Panji Satriya, Senin, 11 November 2024.
     
    Namun, dia menyebut jumlah kendaraan masih perlu dipastikan lagi. Sebab, evakuasi masih dilakukan. Begitu pula data jumlah korban masih menunggu pendataan.
    “Untuk sementara data jumlah kendaraan da korban masih menunggu pendataan dan evakuasi di lapangan,” ungkapnya.
     

    Sebelumnya, kecelakaan beruntun beberapa mobil terjadi di Tol Purbaleunyi, Jawa Barat. Tepatnya di KM 92 Ruas Tol Cipularang arah Jakarta.
     
    Peristiwa terjadi diduga karena truk bermuatan berat mengalami rem blong. Sehingga, menabrak kendaraan di depannya.
     
    “Sementara penyebab pasti kecelakaan belum diketahui, namun diduga itu diakibatkan karena rem blong,” kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Jules Abraham Abast saat dikonfirmasi.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AGA)

  • Menko Zulhas Pastikan Stok Beras Aman saat Hasil Panen Seret di Awal 2025

    Menko Zulhas Pastikan Stok Beras Aman saat Hasil Panen Seret di Awal 2025

    Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pangan (Menko Pangan) Zulkifli Hasan menyebut Indonesia memiliki cadangan beras yang cukup untuk mengatasi kondisi shortage atau kurangnya hasil panen padi pada periode Januari-Februari tahun depan, yang biasanya disebabkan oleh musim hujan.
     
    Pria yang karib disapa Zulhas itu menyampaikan, shortage beras merupakan siklus yang biasa terjadi di luar masa panen raya. Menurutnya, Januari dan Februari 2024, merupakan puncak shortage beras.
     
    “Tidak usah khawatir, stok kita di Bulog terakhir dua juta ton,” tegas Zulhas usai Pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Kementerian Koordinator Bidang Pangan di Jakarta, Senin, 11 November 2024.
     
    Selama periode Januari-Februari, produksi beras di Indonesia hanya sekitar satu juta ton hingga 2,5 juta ton. Sementara saat masuk musim panen bisa mencapai 3,5 juta ton.
     
    Tahun ini, kuota total impor beras mencapai 3,6 juta ton dan masih tersisa 850 ribu ton atau belum masuk ke Indonesia.
     
    Zulhas menyebut, sisa kuota impor beras tersebut tidak akan masuk seluruhnya pada akhir tahun dan baru akan dikirimkan pada 2025.
     
    “Yang 500 ribu (ton) diusahakan sampai Desember (2024, masuk). Jadi sisanya sedikit kan, (350 ribu ton) akan dilanjutkan tahun depan,” ujar dia.
     

     

    Stok dan harga beras aman hingga akhir 2024
     
    Sebelumnya, Zulhas memastikan tidak ada kebijakan untuk penambahan impor beras baru hingga akhir 2024. Di sela peninjauan stok beras di kawasan pergudangan Bulog Sunter Timur, ia mengatakan tidak ada impor baru hingga akhir tahun, namun lebih kepada pemenuhan kuota impor di 2024.
     
    Menko Pangan juga memastikan stok beras aman dan mencukupi hingga Desember 2024, guna menjaga kestabilan pasokan dan harga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
     
    Ia menyebutkan stok beras Bulog di salah satu gudang di Jakarta mencapai 140 ribu ton, sedangkan gudang yang dimiliki Bulog lebih dari 1.508 gudang di seluruh Indonesia.
     
    Oleh karena itu, ia meminta masyarakat dan pedagang untuk tidak khawatir terhadap pasokan beras, karena pemerintah telah mengupayakan langkah-langkah optimal demi menjaga ketersediaan dan kestabilan harga beras.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)