Perusahaan: WhatsApp

  • Hotman Paris Janji Bela Siswi SMP Jadi Tersangka Karena Terima Video Porno dari Anak Pejabat Sumut

    Hotman Paris Janji Bela Siswi SMP Jadi Tersangka Karena Terima Video Porno dari Anak Pejabat Sumut

    GELORA.CO  — Viral di media sosial TikTokdan Instagram, video seorang ayah warga Padang Sidempuan bernama Tumpal Sabar Pardede yang meminta Presiden Prabowo dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo memperhatikan ketidakadilan yang dialami oleh putrinya yang berusia 14 tahun.

    Dimana kata Sabar, putrinya yang kini duduk di bangku SMP dijadikan tersangka oleh polisi karena menerima video porno dari rekannya seorang pria yang merupakan anak pejabat di Padang Sidempuan, Sumatra Utara (Sumut).

    Atas video viral tersebut, pengacara kondang Hotman Paris Hutapea berjanji dan mengaku akan membela remaja putri siswi SMP tersebut.

    Hal itu diungkapkan Hotman Paris di akun Instagramnya @hotmanparisofficial, Selasa (12/11/2024).

    Hotman Paris mengunggah ulang video viral dan menulis di caption video bahwa timnya akan turun membela siswi SMP yang ditersangkakan.

    “Tenang adinda, hotman 911 dan jutaan netizen akan mendukung kamu. Negara ini bukan milik orang kaya tapi milik rakyat seluruh indonesia,” kata Hotman.

    Menurut Hotman apa yang dilakukan timnya didukung oleh Presiden Prabowo.

    “BAPAK PRABOWO (klien hotman selama 25thn sangat mendukung gerakan team hotman 911 untuk membantu para pengais keadilan) Ayo semua netizen kita perbaiki penegakan hukum di negara indonesia ini,” ujar Hotman.

    “Ingat suatu saat kamu juga bisa jadi korban di kemudian hari. Jangan diam tapi ikut bersuara . Hallo bpk kapolres padang sidempuan: harusnya yg jadi tersangka duluan adalah laki yg mengirim video porno tersebut!,” tegas Hotman.

    Sebelumnya dalam video viral yang beredar di media sosial, menurut Tumpal, putrinya tersangkut masalah hukum terkait video porno yang dikirim putra seorang Kadin Padang Sidempuan kepada putrinya.

    Hal itu berujung pada masalah hukum yang membuat putrinya menjadi tersangka.

    Tumpal menjelaskan bahwa putrinya merupakan korban namun ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Padang Sidempuan.

    Hal itu, kata Tumpal, terjadi karena pihaknya melawan orang kuat di Padang Sidempuan.

    Sehingga putrinya ditetapkan sebagai tersangka.

    “Dia korban pak, umurnya baru menjalani 14 tahun, menerima video porno, namun di Polres Padang Sidempuan dia (anaknya-red) jadi tersangka. Barang bukti yang kami punya rekaman kalau bukan dia pelakunya tidak diterima di Polda Sidempuan dan di Polres Padang Sidempuan,” katanya dalam video yang viral.

    “Tolong berikan keadilan kepada kami pak, karena anak kami bukan pelakunya, cuma hanya korban. Cuma lawan kami orang kuat, Ketua Kadin Padang Sidempuan, yang beralamat di kampung merancang, jalan perjuangan,” kata Tumpal.

    Tumpal menuturkan, setelah putrinya mendapat somasi dan ditetapkan sebagai tersangka, putrinya menjadi trauma.

    “Dia jadi sering bengong dan menyendiri. Dia trauma pak. Padahal dia sendiri tidak tahu arti somasi,” ujarnya.

    Menanggapi hal tersebut, banyak netizen yang meminta agar kasus tersebut mendapat perhatian dari Presiden Prabowo.

    Bahkan ada netizen yang memberikan saran untuk menandai akun @kepala kepolisian RI dan @Rizky Irmansyah serta akun @kemenko_polkam.

    Sementara itu, akun lainnya seperti @16979759687 menilai sebaiknya melaporkan hal ini kepada Anies agar suara rakyat didengar.

    “Apakah kita harus mengadu ke Pak Anies agar suara rakyat didengar!,” kata @16979759687.

    Seperti diketahui, sebelumnya sempat beredar kabar seorang pelajar siswi SMP Negeri Padang Sidempuan berinisial SR (14) menjadi tersangka konten video pornografi.

    Padahal video terlarang tersebut diterima SR dari seorang pria berinisial M (18) yang belakangan diketahui merupakan seorang anak dari petinggi Kadin di Padang Sidempuan yang mengirimkannya melalui WhatsApp

  • Polisi Lanjutkan Olah TKP Kecelakaan Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang – Espos.id

    Polisi Lanjutkan Olah TKP Kecelakaan Tabrakan Beruntun di Tol Cipularang – Espos.id

    Perbesar

    ESPOS.ID – Sejumlah mobil yang terlibat tabrakan beruntun di KM 92 Tol Cipularang dievakuasi di Kantor PJR Tol Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Senin (11/11/2024). (Antara/Raisan Al Farisi)

    Esposin, PURWAKARTA — PT Jasa Marga mengungkapkan pihak kepolisian melanjutkan olah tempat kejadian perkara (TKP) kecelakaan beruntun di Tol Cipularang, Jawa Barat.

    “Pasca-terjadinya kecelakaan beruntun di ruas Tol Cipularang KM 92 arah Jakarta pada Senin (11/11/2024), pihak kepolisian melanjutkan olah tempat kejadian perkara (TKP),” ujar Senior Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Agni Mayvinna, Selasa (12/11/2024), dilansir Antara.

    Promosi
    Berdayakan Perempuan, BRI Raih Indonesia Women’s Empowerment Principles Awards

    Olah TKP dilakukan pada Selasa mulai pukul 07.10 WIB.

    Oleh karena itu, untuk sementara waktu lalu lintas akan dialihkan keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cikamuning di KM 116 dan masuk kembali melalui GT Jatiluhur di KM 84 mulai pukul 07.30-08.30 WIB.

    Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami selama proses olah TKP oleh kepolisian berlangsung.

    Satu orang meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka-luka dalam kecelakaan beruntun di jalan Tol Cipularang KM 92, Senin (11/11/2024).

    Sebanyak empat kendaraan derek dan rescue diturunkan untuk membantu percepatan evakuasi dalam kecelakaan beruntun di Jalan Tol Cipularang pada Senin sore yang melibatkan sebuah truk dan 17 minibus itu.

    Selain itu, pihak Jasa Marga juga berkoordinasi dengan dinas pemadam kebakaran Purwakarta dan ambulans RS Abdul Rajak untuk membantu evakuasi korban yang mengalami luka.

    Kecelakaan diduga terjadi akibat kendaraan truk yang melaju dari arah Bandung menuju Jakarta mengalami rem blong, sehingga tidak dapat mengendalikan laju kendaraannya dan menabrak kendaraan-kendaraan di depannya.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini” Klik link ini.

  • Kadin Jateng-Jatim dan Swisscontact Dukung Pemagangan Vokasi Terstruktur – Espos.id

    Kadin Jateng-Jatim dan Swisscontact Dukung Pemagangan Vokasi Terstruktur – Espos.id

    Perbesar

    ESPOS.ID – Pelatih menjelaskan pengoperasian mesin di perusahaan furnitur kepada salah seorang peserta magang terstruktur. (Istimewa)

    Esposin, SOLO—Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah dan Jawa Timur telah bekerja sama dengan Pemerintah Swiss melalui Swisscontact dalam memperkuat kapasitas Kadin sebagai fasilitator resmi untuk mendukung pelaksanaan pemagangan terstruktur serta memperkenalkan ke sektor industri.

    Dengan kerja sama ini telah menginspirasi berbagai inovasi seperti pemindahan magang dari tahun kedua ke semester akhir di politeknik. Langkah itu dilakukan agar memudahkan penyerapan tenaga kerja oleh industri.

    Promosi
    KPR BRI Property Expo 2024 Beri Kemudahan dan Keuntungan Bagi Calon Nasabah

    Sebelumnya, Vivere Group, perusahaan interior furnitur merupakan salah satu perusahaan yang telah melaksanakan program magang dengan metodologi/tools yang diperkenalkan Kadin dan Swiss Skills for Competitiveness (SS4C).

    Head of VIVERE Learning Center, Rosita Kusumasari, menjelaskan program magang dilaksanakan dengan metodologi tepat menjadi sarana penting tercapainya link and match antara pendidikan vokasi maupun Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). 

    “Program magang akan mendatangkan manfaat bagi perusahaan untuk mendapatkan lulusan/calon karyawan yang siap kerja, kompetitif, sesuai dengan kebutuhan dan tantangan industri,” jelas dia, dalam rilis yang diterima Espos, Selasa (12/11/2024).

    Sementara, PT Marimas Putera Kencana telah memanfaatkan dua tools dVET, yaitu Pelatih Tempat Kerja (In-Company Trainer) dan Analisis Biaya dan Manfaat (Cost Benefit Analysis), yang dinilai sangat membantu dalam mendampingi peserta magang agar lebih siap kerja. 

    “Kami diajari metodologi untuk menyampaikan materi, sehingga setiap pembimbing bisa menyampaikan materi dengan optimal ke setiap siswa,” papar master trainer perusahaan minuman serbuk instan PT Marimas, Yohanes Paijanto.

    Dalam pemagangan terstruktur itu tak hanya perusahaan besar, tetapi juga melibatkan UMKM seperti Numansa Batik dan Cinderamata Keramik Dinoyo.

    Sementara, Technical Advisor Swisscontact, Josef Tschoep, menjelaskan model dVet di Indonesia telah disesuaikan dengan kondisi lokal, sehingga dapat berfungsi optimal sebagai penghubung antara industri dan siswa vokasi.

    “Sistem database Kadin yang menyimpan data hard skill dan soft skill siswa magang memungkinkan perusahaan untuk menyeleksi calon peserta yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” jelas dia.

    Ahli branding, Lia Sidik, menjelaskan dengan program magang vokasi terstruktur yang didukung pemerintah, Kadin, dan berbagai lembaga lainnya diharapkan UMKM di Indonesai dapat lebih mudah mengakses tenaga terampil dan berkontribusi dalam menggerakkan roda perekonomian nasional.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini” Klik link ini.

  • Fakta-Fakta Terbaru Kecelakaan Beruntun KM 92 Tol Cipularang

    Fakta-Fakta Terbaru Kecelakaan Beruntun KM 92 Tol Cipularang

    Jakarta: Kecelakaan beruntun yang melibatkan sejumlah kendaraan terjadi di KM 92 Tol Cipularang, Purwakarta, Jawa Barat, Senin sore, 11 November 2024. Akibat kecelakaan ini mengakibatkan puluhan orang luka.

    Peristiwa kecelakaan berawal saat truk kontainer bermuatan kardus yang cukup berat melaju kencang sekitar pukul 15.10 WIB, Senin, 11 November 2024. Kecelakaan diduga akibat rem blong, sehingga truk tidak dapat melakukan pelambatan atau pengereman.

    “Sehingga, kendaraan hilang kendali kemudian terbalik melintang di jalur,” kata Kepala Induk PJR Tol Cipularang Kompol Joko Prihantono, Senin, 11 November 2024.

    Berikut fakta-fakta terbaru kecelakaan beruntun KM 92 Tol Cipularang:
    1. 28 Korban Luka-luka dan 1 Tewas

    Kapolres Purwakarta AKBP Lilik Ardhiansyah menyebutkan jumlah korban peristiwa naas ini sebanyak 29 orang, termasuk korban meninggal dunia. “Untuk korban luka-luka 29 orang. Luka berat 4 orang luka ringan 24 orang dan seorang meninggal dunia,” kata Kapolres Purwakarta AKBP Lilik Ardhiansyah kepada Metrotvnews.com, Senin, 11 November 2024.
    2. Korban Dirawat di RS Abdul Rozak

    Ke-25 korban telah dibawa ke Rumah Sakit Abdul Rozak Purwakarta. Korban luka akan menjalani perawatan intensif. 
    3. Truk Diduga Rem Blong

    Kecelakaan tersebut diduga bermula dari sebuah truk pengangkut kardus yang mengalami rem blong sehingga menabrak kendaraan di depannya. 

    “Rem blong karena bermuatan cukup banyak, cukup berat. Sehingga menabrak kendaraan yang ada di depannya, kemudian terjadilah tabrakan beruntun dengan kendaraan lainnya,” ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Jules Abraham Abast saat dihubungi, Senin 11 November 2024.
     

     

    4. Truk Masuk Persneling 4

    Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan mengungkapkan berdasarkan pengecekan diketahui perseneling truk berada di posisi gigi 4. Padahal, jalanan di lokasi kecelakaan merupakan turunan.

    “Kita ke TKP, di situ turunan kurang lebih 5 kilometer sampai TKP. Kemudian, didapatkan fakta untuk posisi persneling ada di gigi 4, artinya ini gigi tinggi sementara di situ turunan,” kata Aan kepada wartawan, Selasa, 12 November 2024.

    Jakarta: Kecelakaan beruntun yang melibatkan sejumlah kendaraan terjadi di KM 92 Tol Cipularang, Purwakarta, Jawa Barat, Senin sore, 11 November 2024. Akibat kecelakaan ini mengakibatkan puluhan orang luka.
     
    Peristiwa kecelakaan berawal saat truk kontainer bermuatan kardus yang cukup berat melaju kencang sekitar pukul 15.10 WIB, Senin, 11 November 2024. Kecelakaan diduga akibat rem blong, sehingga truk tidak dapat melakukan pelambatan atau pengereman.
     
    “Sehingga, kendaraan hilang kendali kemudian terbalik melintang di jalur,” kata Kepala Induk PJR Tol Cipularang Kompol Joko Prihantono, Senin, 11 November 2024.
    Berikut fakta-fakta terbaru kecelakaan beruntun KM 92 Tol Cipularang:
    1. 28 Korban Luka-luka dan 1 Tewas

    Kapolres Purwakarta AKBP Lilik Ardhiansyah menyebutkan jumlah korban peristiwa naas ini sebanyak 29 orang, termasuk korban meninggal dunia. “Untuk korban luka-luka 29 orang. Luka berat 4 orang luka ringan 24 orang dan seorang meninggal dunia,” kata Kapolres Purwakarta AKBP Lilik Ardhiansyah kepada Metrotvnews.com, Senin, 11 November 2024.
    2. Korban Dirawat di RS Abdul Rozak

    Ke-25 korban telah dibawa ke Rumah Sakit Abdul Rozak Purwakarta. Korban luka akan menjalani perawatan intensif. 
    3. Truk Diduga Rem Blong

    Kecelakaan tersebut diduga bermula dari sebuah truk pengangkut kardus yang mengalami rem blong sehingga menabrak kendaraan di depannya. 
     
    “Rem blong karena bermuatan cukup banyak, cukup berat. Sehingga menabrak kendaraan yang ada di depannya, kemudian terjadilah tabrakan beruntun dengan kendaraan lainnya,” ucap Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Jules Abraham Abast saat dihubungi, Senin 11 November 2024.
     

     

    4. Truk Masuk Persneling 4

    Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Aan Suhanan mengungkapkan berdasarkan pengecekan diketahui perseneling truk berada di posisi gigi 4. Padahal, jalanan di lokasi kecelakaan merupakan turunan.
     
    “Kita ke TKP, di situ turunan kurang lebih 5 kilometer sampai TKP. Kemudian, didapatkan fakta untuk posisi persneling ada di gigi 4, artinya ini gigi tinggi sementara di situ turunan,” kata Aan kepada wartawan, Selasa, 12 November 2024.
     

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (RUL)

  • 5 Tips Aman Hindari Penipuan di Media Sosial – Page 3

    5 Tips Aman Hindari Penipuan di Media Sosial – Page 3

    Untuk menjaga keamanan di ruang digital dan menghindari penipuan, hindari bergabung dengan grup chat sembarangan.

    Terdapat modus penipuan yang mengatasnamakan marketplace tertentu dengan cara mengundang orang secara acak ke grup chat.

    Pelaku kemudian menawarkan hadiah dan meminta anggota grup untuk membayar biaya pajak terkait hadiah tersebut.

    Untuk mencegah nomor WhatsApp dimasukkan ke grup yang tidak dikenal, buka menu Privasi di bagian Pengaturan dan atur agar hanya kontak yang terdaftar yang bisa menambahkan kamu ke grup.

    Selain itu, kamu dapat melindungi diri dengan menggunakan fitur blokir atau melaporkan pihak mencurigakan.

    Cukup akses ikon Menu di pojok kanan atas platform Meta, lalu pilih Laporkan. Fungsi ini juga bisa diterapkan pada konten tertentu dengan mengklik ikon tiga titik di atas konten tersebut dan memilih Laporkan.

  • Aktivitas Vulkanik Meningkat, Tiga Gunung Api di Sulut Berstatus Siaga – Espos.id

    Aktivitas Vulkanik Meningkat, Tiga Gunung Api di Sulut Berstatus Siaga – Espos.id

    Perbesar

    ESPOS.ID – Gunung Lokon di Kota Tomohon dinaikkan statusnya ke Level III atau Siaga setelah terjadi peningkatan kegempaan vulkanik, Senin (11/11/2024). ANTARA/Karel A Polakitan

    Esposin, MANADO — Tiga gunung api di Provinsi Sulawesi Utara saat ini berstatus Level III atau Siaga setelah terjadi peningkatan aktivitas vulkanik belakangan ini.

    “Ketiga gunung api yang berstatus Siaga yaitu Gunung Awu, Gunung Lokon, dan Gunung Karangetang,” kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hadi Wijaya, Selasa (12/11/2024), dilansir Antara.

    Promosi
    Pulihkan Hutan Bekas Tambang, Kelompok Tani Selamatkan Lingkungan Bersama BRI

    Hadi menambahkan, status Siaga Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe, terlebih dahulu ditetapkan beberapa waktu lalu setelah frekuensi kegempaan meningkat

    Sementara, Gunung Lokon di Kota Tomohon dan Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro baru beberapa hari ini dinaikkan statusnya dari Level II atau Waspada menjadi Level III atau Siaga.

    Dia berharap warga mematuhi radius bahaya yang telah direkomendasikan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

    “Radius bahaya yang direkomendasikan untuk setiap gunung berbeda-beda. Namun, yang paling penting adalah bagaimana warga mematuhi radius bahaya yang direkomendasikan,” katanya.

    Menurut dia, kepatuhan terhadap rekomendasi tidak beraktivitas di radius bahaya akan meminimalisasi dampak yang timbul ketika terjadi erupsi.

     

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini” Klik link ini.

  • Sistem Magang Vokasi Terstruktur, Jalur Perekrutan Efektif bagi UMKM Indonesia – Espos.id

    Sistem Magang Vokasi Terstruktur, Jalur Perekrutan Efektif bagi UMKM Indonesia – Espos.id

    Perbesar

    ESPOS.ID – Pengenalan mesin dan material kepada peserta magang terstruktur dalam proses produksi furnitur. (Istimewa)

    Esposin, SOLO—Masalah pengangguran menjadi tantangan serius bagi Indonesia, terutama di kalangan lulusan vokasi. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi tulang punggung perekonomian membutuhkan suntikan tenaga kerja terampil untuk meningkatkan daya saing.

    Kementerian Perindustian mendorong penerapan program pemagangan terstruktur di dunia usaha dan dunia industri.

    Promosi
    Langkah Tegas Perangi Judi Online, BRI Blokir Lebih Dari 3 Ribu Rekening

    Salah satunya program pemagangan terstruktur yang terinspirasi sistem pendidikan dan pelatihan vokasi sistem ganda (Dual Vocational Education and Training/dVet) yang telah berhasil diterapkan di sejumlah negara Eropa, di antaranya Swiss, Jerman, dan Austria.

    dVET adalah model yang menggabungkan teori di sekolah dengan praktik langsung di industri, sehingga lulusan memiliki keterampilan relevan dengan kebutuhan pasar kerja.

    Selain itu, adanya sistem magang terstruktur itu juga didukung komitmen pemerintah melalui Permenkeu No. 128 Tahun 2019 yang mengatur pemberian insentif Super Tax Deduction bagi perusahaan penyelenggara program magang vokasi yang memungkinkan perusahaan mengurangi penghasilan bruto hingga 200% dari biaya magang yang mencakup penyediaan fasilitas, bahan, serta honorarium instruktur.

    Candra Bachtiyar dari Kementerian Perindustrian menjelaskan program magang terstruktur itu diminati pelaku industri. “Sudah ada 76 perusahaan yang menerima insentif dengan total nilai lebih dari Rp1 triliun,” ujar dia dalam rilis yang diterima Espos, Selasa (12/11/2024).

    Selain itu, Super Tax Deduction dirancang agar UMKM yang mayoritas merupakan usaha padat karya bisa mendapatkan prioritas.

    Sementara, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mendukung Kementerian Perindustrian mendorong penerapan program pemagangan terstruktur di dunia usaha dan dunia industri.

    Sedangkan Vivere Group, perusahaan interior furnitur merupakan salah satu perusahaan yang telah melaksanakan program magang dengan metodologi/tools yang diperkenalkan Kadin dan Swiss Skills for Competitiveness (SS4C).

    Head of VIVERE Learning Center, Rosita Kusumasari, menjelaskan program magang dilaksanakan dengan metodologi tepat menjadi sarana penting tercapainya link and match antara pendidikan vokasi maupun Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). 

    “Program magang akan mendatangkan manfaat bagi perusahaan untuk mendapatkan lulusan/calon karyawan yang siap kerja, kompetitif, sesuai dengan kebutuhan dan tantangan industri,” jelas dia.

    Sementara, PT Marimas Putera Kencana telah memanfaatkan dua tools dVET, yaitu Pelatih Tempat Kerja (In-Company Trainer) dan Analisis Biaya dan Manfaat (Cost Benefit Analysis), yang dinilai sangat membantu dalam mendampingi peserta magang agar lebih siap kerja. 

    “Kami diajari metodologi untuk menyampaikan materi, sehingga setiap pembimbing bisa menyampaikan materi dengan optimal ke setiap siswa,” papar master trainer perusahaan minuman serbuk instan PT Marimas, Yohanes Paijanto.

    Terpisah, ahli branding, Lia Sidik, menjelaskan dengan sistem magang vokasi itu menjadi salah satu jalur perekrutan SDM perusahaan. 

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram “Solopos.com Berita Terkini” Klik link ini.

  • Dongkrak Daya Beli, Ini Dia 3 Peran Penting Paylater

    Dongkrak Daya Beli, Ini Dia 3 Peran Penting Paylater

    Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pembiayaan paylater oleh perusahaan multifinance mencapai Rp8,24 triliun pada September 2024, naik 103,40 persen yoy.
     
    Pertumbuhan ini menunjukkan kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi terhadap paylater sebagai metode pembayaran pilihan, termasuk untuk kebutuhan sehari-hari.
     
    Dalam Laporan Perilaku Pengguna Paylater Indonesia 2024, tercatat 42,1 persen pengguna memanfaatkan layanan ini untuk memudahkan pembelian kebutuhan bulanan dan tambahan lainnya.
    Percepatan penyaluran kredit menjadi salah satu instrumen penting untuk meningkatkan konsumsi masyarakat, utamanya di tengah tantangan ekonomi saat ini. Dalam hal ini, paylater sebagai layanan kredit digital yang memiliki berbagai kemudahan, dinilai dapat menstimulasi konsumsi masyarakat.
     
     

     
    “Ketika daya beli masyarakat menurun, namun kebutuhan yang cenderung tetap, masyarakat akan mencari pembiayaan untuk membantu pemenuhan kebutuhan tersebut. Bagi mereka yang kesulitan mendapatkan akses kredit konvensional, mereka akan mengandalkan pembiayaan alternatif. Salah satu yang banyak digunakan adalah Buy Now Pay Later (BNPL),” ujar Ekonom dan Direktur Ekonomi Digital CELIOS, Nailul Huda, dalam keterangan resmi, Senin, 11 November 2024.
     
    Huda mengatakan, setiap instrumen keuangan, termasuk paylater, memiliki risiko dan dampak negatif jika tidak digunakan dengan bijak.
     
    Namun demikian, apabila digunakan secara bijak untuk pemenuhan kebutuhan, paylater dapat membantu masyarakat untuk mengatur keuangan secara lebih baik hingga meningkatkan skor kredit pengguna supaya bisa mengakses produk keuangan lainnya khususnya produk perbankan.
     
    “Oleh karena itu, saya menggarisbawahi pentingnya pemahaman pengguna terkait manfaat dan risiko paylater, yang tentunya juga didukung edukasi secara konsisten. Masyarakat perlu memahami mengenai batas kemampuan bayar mereka sehingga tidak menimbulkan dampak negatif dari pembiayaan dari manapun, termasuk dari paylater,” jelas Huda, Senin, 11 November 2024.
     
    Tiga peran paylater

    Huda menuturkan terdapat tiga peran penting dari paylater:

    Paylater mengatasi keterbatasan dana, terutama untuk masyarakat underbanked.
    Membantu keuangan masyarakat, dengan sistem dan cicilan yang fleksibel.
    Memperluas akses finansial masyarakat untuk bisa masuk ke ekosistem keuangan.

    Menurut dia, dengan mengoptimalkan dampak positif penggunaan, penyedia paylater perlu memprioritaskan manajemen risiko. Dengan daya beli masyarakat yang masih lemah saat ini, penyedia layanan paylater diharapkan dapat menyalurkan kredit secara selektif.
     
    Hal ini semakin penting mengingat laporan terbaru dari Otoritas Jasa Keuangan menunjukkan NPF (non-performing financing) gross paylater mencapai 2,60 persen pada September 2024, naik dibandingkan angka Agustus 2024 yang sebesar 2,52 persen.
     

    Ilustrasi. Foto: Metrotvnews.com
     
    “Ketika penyaluran pembiayaan meningkat, pasti terdapat potensi peningkatan NPF. Meskipun demikian, saya melihat kenaikan NPF paylater saat ini masih berada dalam batas yang aman, masih di bawah lima persen. Dalam hal ini, saya menekankan pentingnya penyedia paylater untuk memprioritaskan manajemen risiko dan konsisten melakukan credit scoring yang dapat menggambarkan kemampuan bayar seseorang secara lebih akurat, sehingga potensi peningkatan NPF bisa diminimalisir,” ujar Huda.
     
    Huda pun menyoroti kemudahan yang ditawarkan oleh paylater. Meningkatnya penggunaan paylater dipengaruhi oleh kemudahan akses melalui smartphone dan penyaluran pembiayaan yang cepat dan fleksibel.
     
    Dia mengatakan, sistem penyaluran limit kredit yang cepat dan fleksibel serta diiringi dengan sistem credit scoring yang prudent, membuat paylater jadi alat keuangan yang relevan serta menjadi bantalan pembiayaan bagi masyarakat di tengah ketidakpastian ekonomi.
     
     

     

    Bijak menggunakan paylater

    Sejalan dengan pentingnya akses kredit di tengah ketidakpastian ekonomi saat ini, SVP Marketing & Communications Kredivo, Indina Andamari menyatakan Kredivo terus berkomitmen membuka akses kredit yang aman, fleksibel, dan terjangkau bagi lebih banyak masyarakat. Pengguna pun harus bijak dalam menggunakannya.
     
    “Meski paylater menawarkan berbagai kemudahan dan manfaat terutama di kondisi ekonomi saat ini, kami terus memberikan edukasi kepada pengguna, kebijaksanaan dalam penggunaannya sangat penting untuk menghindari dampak negatif dari paylater. Kredivo pun telah menghadirkan berbagai kampanye edukasi untuk masyarakat melalui kampanye #AutoMikir, #AndaiAndaPandai dan program literasi Generasi Djempolan,” jelas Indina.
     
    Indina mengatakan, pihaknya juga secara aktif berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan termasuk regulator, asosiasi, dan pemain lain di industri untuk bersama-sama mengurangi risiko dan dampak negatif dari penggunaan paylater.
     
    Sebagai salah satu pelaku industri, Kredivo pun memprioritaskan penerapan prinsip responsible lending untuk menjaga NPF Kredivo tetap sejalan dengan rata-rata industri.
     
    “Dengan bantuan sistem manajemen risiko berbasiskan Artificial Intelligence (AI), Kredivo hanya akan memberikan pembiayaan kepada pengguna yang benar-benar layak dan memiliki kemampuan bayar yang mumpuni. Selain itu, Kredivo juga secara konsisten mengevaluasi skor kredit pengguna (Kredivo Score) untuk memprediksi potensi gagal bayar oleh pengguna dengan lebih akurat dan cepat. Sistem ini diharapkan dapat membuat para pengguna Kredivo dapat memanfaatkan layanan Kredivo secara maksimal,” jelas Indina.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Gaming Nonstop Tanpa Khawatir Kuota Habis dengan Paket HYFE dari XL Prioritas – Page 3

    Gaming Nonstop Tanpa Khawatir Kuota Habis dengan Paket HYFE dari XL Prioritas – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Dunia game mobile telah berevolusi. Kini, semakin banyak game berkualitas tinggi yang dapat diakses langsung dari smartphone, termasuk game-game yang awal hanya ada di konsol dan PC. Pengalaman game mobile yang kaya grafis, alur permainan yang menarik dan dapat dimainkan secara multiplayer dari seluruh dunia, membuat jumlah gamer terus meningkat dengan pesat. 

    Namun, di balik keseruan game mobile kebutuhan data internet juga semakin meningkat karena permainan ini membutuhkan koneksi real time. Data internet dibutuhkan untuk pertahankan koneksi server, tampilan grafis hingga pembaruan atau updates berukuran besar. Karena kebutuhan data yang tinggi, pengguna game mobile membutuhkan paket data yang andal dan besar untuk memastikan kelancaran bermain tanpa khawatir kuota data habis.

    Menjawab kebutuhan pengguna internet, HYFE dari XL Prioritas menawarkan solusi konektivitas yang revolusioner bagi gamer yang mendambakan kebebasan berinternet. Tak hanya menikmati kuota unlimited, pelanggan HYFE juga bisa pengamalan digital yang seamless dan sesuai dengan gaya hidup aktif masa kini.

    1. Paket eSIM Terjangkau, Cuma Rp90.000 per bulan 

    Dengan biaya bulanan hanya 90.000 saja, kamu bisa mendapatkan paket HYFE yang memberikan kuota unlimited dan membuat kamu dapat bermain game, seperti geshin impact dan game moba lainnya tanpa adanya gangguan. Bukan cuma itu saja, kamu juga bebas menggunakan aplikasi lainnya tanpa ada batasan kuota. 

    2. Proses Pendaftaran Mudah, Bisa Melalui WhatsApp

    Kamu bisa melakukan registrasi paket HYFE ini dengan mudah dan aman melalui aplikasi WhatsApp saja lho! Kapan lagi kamu menikmati layanan untuk menghabiskan waktu bermain game tanpa adanya kesulitan yang memudahkan para pengguna.

    3. Bonus Roaming Instan Gratis ke Sembilan Negara

    Salah satu fitur unggulan selanjutnya, dengan menggunakan paket ini kamu bisa mendapatkan bonus roaming gratis ke sembilan negara yaitu, Malaysia, Singapura, Kamboja, Taiwan, Hong Kong, Sri Lanka, Macau, Bangladesh, dan Nepal selama setahun. Yang artinya kamu bisa tetap terhubung saat pergi keluar negeri tanpa harus membeli paket kuota internet tambahan. 

    4. Opsi uSIM dengan pengiriman gratis ke seluruh Indonesia

    Bagi pengguna yang lebih memilih kartu fisik, opsi uSIM juga tersedia dengan pengiriman gratis ke seluruh Indonesia lho

    5. Dapat Memilih Nomor Favorit 

    Para gamer dapat memilih nomor favorit dan menikmati panggilan serta SMS tanpa batas ke nomor XL/AXIS. Ditambah dengan fitur AutoPay yang memungkinkan pembaruan otomatis menggunakan kartu kredit atau e-wallet, sehingga dapat menjaga konektivitas dengan mudah.

    Jadi, buat gamer yang mau mencari pengalaman internet lebih optimal, tanpa batas saat bermain game mobile dan berbagai aktivitas internet, paket HYFE dari XL Prioritas adalah pilihan tepat. Nikmati kemudahan dan kenyamanan akses internet yang dapat mendukung semua aktivitas online kamu. 

    Langsung cek website resmi di hyfe.id atau hubungi ke official WhatsApp di nomor 0818800088.

     

    (*)

  • 2
                    
                        Hari Pertama Gibran Buka Layanan "Lapor Mas Wapres", Ada yang Puas dan Kecewa
                        Nasional

    2 Hari Pertama Gibran Buka Layanan "Lapor Mas Wapres", Ada yang Puas dan Kecewa Nasional

    Hari Pertama Gibran Buka Layanan “Lapor Mas Wapres”, Ada yang Puas dan Kecewa
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Layanan pengaduan ”
    Lapor Mas Wapres
    ” yang diinisiasi Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka telah dibuka mulai Senin (11/11/2024) kemarin.
    Pada hari pertama, layanan ini menerima 55 aduan dari masyarakat berbagai wilayah, tidak hanya dari Jabodetabek.
    Mereka datang dari sejumlah daerah seperti Surabaya, Jawa Timur; Makassar, Sulawesi Selatan; hingga Manado, Sulawesi Utara.
    Beragam tanggapan pun diberikan masyarakat pada hari pertama.
    Ada yang merasa kecewa karena tidak dapat nomor antrean dan harus kembali keesokan harinya, ada pula yang senang karena pelayanan yang diberikan cenderung ramah.

    Pelayanan ramah
    Salah satu warga yang mengadu ke layanan Lapor Mas Wapres pada hari pertama kemarin adalah seorang pengemudi ojek online (ojol), Fathoni Rahman.
    Ia mengaku merasa terbantu dengan adanya layanan pengaduan yang baru saja dibuka kemarin.
    Ia mengetahui layanan tersebut dari postingan di akun Instagram Wakil Presiden.
    “Sangat ramah, sangat terbuka sangat membantu sekali. Saya terima kasih banyak,” kata Fathoni di Kompleks Istana Wakil Presiden, Senin (11/11/2024).
    Adapun pengaduannya seputar pemindahan rusun tempat tinggalnya dari Rusun Nagrak ke Rusun Pasar Rumput, lantaran ia harus berobat ke Rumah Sakit Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) bolak-balik karena menderita autoimun.
    Sementara itu, istrinya bekerja di Menteng, Jakarta Pusat.
    Penghasilannya dari pekerjaan ojek online terbatas untuk ongkos bolak-balik ke rumah sakit. Biaya ongkos sekaligus parkir jika menggunakan kendaraan pribadi turut ia perhitungkan saat harus kontrol ke rumah sakit.
    Terlebih, Rusun Nagrak yang terletak di Jakarta Utara kerap dilewati truk-truk besar.
    “(Jarak dari rusun ke RSCM) 27 kilometer. Belum saya parkir di RSCM, motor. Kalau saya sakit, saya enggak bisa (naik motor), harus naik ojek online lagi ke Stasiun Priok, naik lagi kereta ke Stasiun Cikini, bolak balik,” ucap dia.
    Sementara itu, masyarakat lainnya harus menelan kekecewaan lantaran jam layanan sudah habis.
    Layanan hanya diberikan pada pukul 08.00 hingga pukul 14.00 WIB, dengan kuota maksimal hanya 50 orang.
    Salah satu warga yang belum sempat terlayani adalah Konsultan Manajemen, Bisnis dan Hukum, John Sumarna.
    Ia datang jauh-jauh dari Surabaya, Jawa Timur, untuk melaporkan mafia tanah.
    “Ini tadi lebih 50, kami disarankan untuk kembali besok pagi,” kata John Sumarna di Kompleks Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Senin (11/11/2024).
    Dia berharap, layanan pengaduan bisa membantunya menangani mafia tanah yang merugikan beberapa kliennya.
    Salah satu klien yang seorang petani misalnya, mengalami perampasan paksa oleh mafia tanah dengan Akta Jual Beli (AJB) palsu, padahal yang bersangkutan memiliki Sertifikat Hak Milik (SHM).
    Korban sejatinya sudah melapor kepada pihak kepolisian saat terjadi perampasan. Namun, yang terjadi malah sebaliknya, korban justru diamankan pihak kepolisian.
    Ia pun mengaku sudah melaporkan kasus serupa sejak lama, sejak Mahfud MD masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam).
    Kendati demikian, lanjutnya, pihak-pihak sebagai tempat dirinya melapor dahulu sudah berakhir masa kerjanya. Oleh karenanya, ia ingin meminta petunjuk siapa lagi yang bisa menangani masalah ini.
    “Saya mau minta petunjuk siapa yang menangani untuk keadilan kepada korban bisa diberikan,” ucap John.

    Harap masalah cepat terselesaikan
    Sejumlah harapan juga dilayangkan oleh pengadu yang sudah merasakan layanan tersebut.
    Mereka berharap dengan melapor langsung kepada Gibran, masalah-masalahnya dapat lebih cepat terselesaikan
    Salah satu harapan itu datang dari mahasiswa UIN Alauddin Makassar, Sulawesi Selatan, Reski.
    Ia berharap Wapres segera mengecek permasalahan yang menimpa 31 orang temannya yang terkena tindakan skorsing oleh rektor universitas karena menyampaikan kritik.
    Meski kata dia, BEM sudah melaporkan kasus ini ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi dan Ombudsman RI.
    “Tapi belum ada hasil sampai hari ini. Harapannya bisa diatensi cepat supaya kawan-kawan bisa kembali mengakses kuliah, dapat pelayanan akademik dan bisa melanjutkan perkualiahan dengan lancar kembali,” jelasnya.

    Diproses dalam 14 hari
    Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Wakil Presiden Sapto Harjono mengungkapkan, 55 aduan yang masuk pada hari pertama akan diproses dalam waktu 14 hari sesuai standar baku.
    Waktu itu diperlukan untuk proses analisis dan disampaikan kepada kementerian/lembaga terkait dan pemerintah daerah (pemda) setempat.
    Dengan kata lain, pihak Sekretariat Wakil Presiden akan mengkategorikan terlebih dahulu masalah yang ada, kemudian diserahkan dan dikoordinasikan oleh K/L maupun pemda.
    “Untuk standar pelayanan di kami ada waktu 14 hari untuk proses analisis dan nanti ditindaklanjuti ke kementerian/lembaga dan pemerintah daerah,” kata Sapto.
    Selama masa tunggu itu, masyarakat bisa mengecek perkembangan pelaporan di WhatsApp pengaduan 0811 1704 2207 dan laman setwapres.lapor.go.id.
    Pengecekan dilakukan dengan melampirkan nomor registrasi pelaporan, yang didapat usai laporan disampaikan kepada petugas di ruang pengaduan masyarakat (dumas).
    Secara bersamaan, pihaknya akan membuat rekap harian untuk disampaikan kepada Gibran.
    Harapannya laporan tersebut bisa digunakan untuk mengambil kebijakan strategis.
    “Infonya (Wapres akan mengecek setiap hari), seperti itu, sesuai arahan. Jadi memang beliau sangat memerlukan rekap laporan harian, bulanan, kita laporkan. Mudah-mudahan jadi bahan beliau untuk pengambilan kebijakan,” jelas Sapto.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.