Perusahaan: WhatsApp

  • Kadis Parekraf Andhika Permata Siap Gelar Christmas Carol dan Perayaan Malam Tahun Baru di Jakarta

    Kadis Parekraf Andhika Permata Siap Gelar Christmas Carol dan Perayaan Malam Tahun Baru di Jakarta

    TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta bakal menggelar Christmas Carol serta perayaan Malam Tahun Baru.

    Acara spesial itu bakal digelar dalam menyambut hari raya Natal tahun 2024 hasil dari kolaborasi dengan Koordinator Forum Masyarakat Komite Ekonomi Kreatif Jakarta.

    Rangkaian acara istimewa untuk memeriahkan suasana akhir tahun bakal digelar di beberapa titik wilayah Jakarta.

    Kepala Disparekraf Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, acara yang telah direncanakan adalah Christmas Carol.

    Acara ini sudah rutin diselenggarakan pada tahun-tahun sebelumnya dengan nuansa kegembiraan dan meriah. 

    Disparekraf Provinsi DKI Jakarta berfokus pada jenis atraksi yang akan disuguhkan untuk menghibur warga Jakarta.

    Christmas Carol direncanakan menghadirkan pertunjukan musik dan paduan suara khas Natal diselenggarakan di ruang terbuka di beberapa titik yang ramai dikunjungi masyarakat.

    Lokasi Christmas Carol bakal digelar di antaranya Jalan Sudirman-Thamrin, Terowongan Kendal, Dukuh Atas, dan Silang Monas. 

    KLIK SELENGKAPNYA: Debat Panas Ridwan Kamil Versus Pramono Anung Terjadi Dalam Debat Pamungkas Pilkada Jakarta 2024 pada Minggu (17/11/2024). Imajinasi Terus Diserang

    “Perayaan malam Tahun Baru 2025 juga dirancang untuk menjadi momen spesial dengan rangkaian hiburan yang menggabungkan seni pertunjukan cahaya, pertunjukan drone, pertunjukan air mancur menari dan pertunjukan musik yang meriah,” kata Andhika Permata dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/11/2024).

    Selain itu, terdapat acara dari Jakarta Light Festival, Malam Muda Mudi, Festival Malam Tahun Baru, Gemilang Silang Monas, serta Kirana Jakarta. 

    Acara malam pergantian tahun akan dilaksakan serentak di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Bundaran HI, Monas, Kota Tua, dan Taman Lapangan Banteng.

    “Acara ini akan bersinergi langsung dengan Koordinator Forum Masyarakat Komite Ekonomi Kreatif Jakarta,” ucapnya.

    Pada acara Christmas Carol menampilkan pertunjukan musik khas Natal.

    Warga Jakarta bisa menikmati lantunan musik Natal yang khidmat sambil menikmati pemandangan indah destinasi wisata di Jakarta. 

    Sementara itu, acara malam Tahun Baru dirancang dengan sebaik mungkin dengan menyuguhkan hiburan kelas dunia.

    Suasana kerumunan warga yang ingin merayakan Malam Tahun Baru 2024 di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (31/12/2023) malam. (Tribunnews.com/Ashri Fadilla)

    “Sebagai kota global, Jakarta siap menyuguhkan pertunjukan kelas dunia yang tidak hanya memukau, tetapi juga meninggalkan kesan mendalam bagi setiap warga yang hadir,” ujar dia.

    “Jakarta berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman yang luar biasa melalui berbagai acara spektakuler yang dirancang dengan penuh kreativitas,” tegasnya.

    Disparekraf DKI Jakarta berharap rangkaian acara ini dapat mempererat rasa kebersamaan di antara warga, memberikan ruang bagi kreativitas, serta mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di ibu kota.

    Andhika optimistis acara Christmas Carol dan malam Tahun Baru akan menjadi perayaan yang berkesan dan dinantikan oleh seluruh masyarakat Jakarta.

    (TribunJakarta)

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel https://whatsapp.com/channel/0029VaS7FULG8l5BWvKXDa0f.

    Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Peran AgenBRILink Dekatkan Akses Perbankan bagi Masyarakat di Bengkulu

    Peran AgenBRILink Dekatkan Akses Perbankan bagi Masyarakat di Bengkulu

    Bengkulu: Warga di Desa Sentral Baru, Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang, Provinsi Bengkulu kini memiliki akses layanan perbankan yang lebih dekat dan lebih mudah berkat keberadaan AgenBRILink milik Riswan Nurhadi.
     
    Awalnya, Riswan membuka warung untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar. Seiring waktu, ia melihat peluang untuk menghadirkan layanan perbankan di desanya yang jauh dari pusat kabupaten.
     
    “Awalnya, saya ragu untuk menjadi AgenBRILink karena tidak terbiasa dengan mesin EDC. Namun berkat pembelajaran mandiri melalui video tutorial, saya kemudian berhasil menguasai operasional perangkat tersebut,” ujar Riswan.
     
    Keputusan tersebut terbukti tepat, karena kini masyarakat Desa Sentral Baru dapat melakukan transaksi perbankan tanpa harus menempuh perjalanan 40 menit ke pusat kabupaten.
     

    Riswan juga menjelaskan beberapa tantangan yang dihadapinya, terutama dalam hal promosi dan membangun kepercayaan di kalangan warga desa.
     
    “Karena kami warga baru, masyarakat awalnya ragu. Tapi, melalui promosi langsung di warung dan dengan bantuan spanduk resmi BRI, akhirnya warga mulai percaya dan bertransaksi di AgenBRILink kami,” ujarnya.
     
    Warung dan AgenBRILink milik Riswan memiliki keunikan yang saling melengkapi. Ketika masyarakat datang untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, mereka juga bisa melakukan transaksi seperti tarik tunai dan transfer. Dengan layanan ini, masyarakat desa tidak perlu lagi jauh-jauh ke kota untuk keperluan keuangan dan belanja.
     

    Mengenai keuntungan menjadi AgenBRILink, Riswan menyatakan bahwa kerja sama dengan BRI telah memberikan banyak manfaat. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, Riswan mendapatkan pengetahuan bisnis, partisipasi dalam berbagai program BRI, serta penghargaan dari acara-acara yang diadakan BRI. “Saya berharap kerjasama dengan BRI ini terus berlanjut dan bahkan diperluas melalui pertemuan rutin untuk mempererat silaturahmi antar-agen dan pihak BRI,” imbuh Riswan.
     
    Pada kesempatan terpisah, Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengungkapkan bahwa perseroan terus berupaya mengakselerasi inklusi keuangan, serta menciptakan sharing economy bagi masyarakat. Salah satunya, melalui AgenBRILink.
     
    Supari mengungkapkan bahwa hingga akhir September 2024, BRI tercatat memiliki lebih dari 1,02 juta AgenBRILink di lebih dari 62 ribu desa di seluruh Indonesia. “Dari Januari hingga September 2024, para AgenBRILink berhasil mencatatkan total transaksi sebesar Rp1.170 triliun”, jelasnya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Janji Calon Bupati ke Keluarga Pendukung yang Tewas saat Carok di Sampang, Biayai Anak hingga Kuliah

    Janji Calon Bupati ke Keluarga Pendukung yang Tewas saat Carok di Sampang, Biayai Anak hingga Kuliah

    TRIBUNJAKARTA.COM – Pihak keluarga Jimmy Sugito Putra yang tewas setelah carok maut dengan sekelompok orang di Sampang, Madura, pada Minggu (17/11/2024) mengungkap janji Calon Bupati Sampang Slamet Junaidi-Achmad Mahfudz (Jimad Sakteh).

    Paman Jimmy, Abdul Sidik mulanya mengatakan keponakannya yang merupakan saksi sekaligus pendukung dari Jimad Sakteh merupakan orang baik.

    “Beliau orang baik, kalau di panggil tengah malam ada yang rusak, pasti datang, beliau itu petugas PLN,” ucap Abdul Sidik.

    Abdul Sidik menyebut Jimmy sudah menikah dan mempunyai dua anak yang masih kecil.

    “Dia punya istri, istrinya ngajar di SMP,” kata Abdul Sidik.

    Kepada polisi, Abdul Sidik berpesan agar orang-orang yang menyerang Jimmy dengan sadis segera ditangkap dan diberikan hukuman setimpal.

    Ia menegaskan pihak keluarga Jimmy, tidak akan melakukan aksi balas dendam kepada para pelaku.

    “Saya sebagai keluarga minta yang seadil-adilnya untuk penegak hukum, karena ini masalah nyawa, kalau dari keluarga saya tidak akan mengadakan balas dendam, karena kita orang berpendidikan,” katanya.

    “Saya mohon kepada penegak hukum tangkap pelaku yang ada di video,”

    “Tidak butuh muluk-muluk saya,” imbuhnya.

    Di sisi lain pihak Slamet Junaidi-Achmad Mahfudz berjanji kepada keluarga Jimmy akan membiayai pendidikan anak korban hingga kuliah.

    Menanggapi hal tersebut, Abdul mengaku sangat berterima kasih.

    “Saya sangat berterima kasih kepada kepedulian beliau, beliau benar-benar bijaksana, bukan saya mau jadi pendukung beliau,” ucap Abdul.

    “Tapi dengan apa yang beliau janjikan kepada anak yatim, saya sangat bangga sekali,”

    “Itu adalah pemimpim yang ada di Sampang,” tambahnya.

    Pelaku Ditangkap

    Salah satu pelaku pembacokan Jimmy Sugito Putra berhasil diamankan pada (17/11/2024) malam. 

    Pelaku seorang pria berinisial FS warga setempat.

    Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto mengatakan bahwa, saat ini pihaknya terus melakukan pendalaman terhadap pelaku FS dengan harapan dapat melakukan pengembangan dan menangkap pelaku lainnya.

    “Peran dari pelaku ini, kita masih mendalaminya. Untuk posisinya saat ini pelaku sudah berada di Polda Jatim,” ujarnya.

    Menurutnya, saat ini tim tengah berada di lapangan untuk terus melakukan pendalaman sekaligus pengajaran terhadap pelaku lainnya mengingat, pelaku lebih dari satu orang.

    “Kita minta doanya kepada masyarakat semoga pelaku lainnya cepat diamankan dan jalannya Pilkada 2024 di Sampang terus damai,” pungkasnya. 

    Gara-gara Beda Pilihan

    Peristiwa berdarah itu terjadi berawal dari Paslon Jimad Sakteh melaksanakan kunjungan ke salah satu kediaman tokoh agama di desa setempat, Minggu (17/11/2024).

    Ketua Tim Pemenangan Pasangan Jimad Sakteh, Surya Noviantoro menceritakan, kala itu sempat ada penghadangan dari beberapa orang tidak bertanggung jawab kepada Paslon Jimad Sakteh.

    “Setelah ada negosiasi, akhirnya Pasangan Calon kami bisa diamankan dan keluar dari lokasi,” ujarnya.

    Kemudian, berselang beberapa menit kejadian tidak diinginkan terjadi di kediaman salah satu tokoh yang dikunjungi Paslon Jimad Sakteh.

    Para pelaku mendatangi Jimmy Sugito Putra yang merupakan saksi sekaligus pendukung Jimad Sakteh.

    Para pelaku datang lengkap dengan senjata tajam jenis celurit, sedangkan korban tidak membawa sajam jenis apapun.

    “Kericuhan itu akhirnya menimbulkan korban jiwa, korban merupakan pendukung Paslon Jimad Sakteh,” terangnya.

    Akibat dikeroyok korban mengalami sejumlah luka bacok ditubuhnya.

    Atas kejadian tersebut, pihaknya sangat menyangkan dan mengutuk keras tindakan kriminal tersebut karena tidak dapat diantisipasi, serta dideteksi dini oleh pihak keamanan.

    “Kami tim pemenangan Jimad Sakteh mendesak Kepolisian agar segera menindak tegas pelaku sekaligus otak kejadian tersebut,” pungkasnya.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • 10 Hari Jelang Pencoblosan, Simak 6 Survei Terakhir Pilkada Jakarta: Pram-Rano Ungguli RK-Suswono

    10 Hari Jelang Pencoblosan, Simak 6 Survei Terakhir Pilkada Jakarta: Pram-Rano Ungguli RK-Suswono

    TRIBUNJAKARTA.COM – 10 Hari jelang pemungutan suara, persaingan Pilkada Jakarta 2024 semakin sengit, khususnya antara paslon nomor 1 Ridwan Kamil (RK)-Suswono dan paslon nomor 3, Pramono Anung-Rano Karno.

    Setelah Pram-Rano mendapat angin segar berkat dukungan Gubernur Jakarta (2017-2022) Anies Baswedan, kini Ridwan Kamil mendapat dukungan dari Presiden ke-7 RI, Jokowi.

    Terlebih, debat pamungkas juga baru saja selesai digelar, Minggu (17/11/2024).

    Tak hanya paslon 1 dan 3, paslon 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto juga tampil trengginas pada debat tersebut.

    Di sisi lain, masyarakat Jakarta sudah mulai menunjukkan pilihannya yang terbaca pada survei elektabilitas.

    TribunJakarta mencatat, setidaknya ada enam lembaga survei yang merilis hasil surveinya soal Pilkada Jakarta dari mulai periode awal Oktober sampai awal November 2024.

    Dari enam hasil survei ini, terlihat elektabilitas Pram-Rano mengungguli RK-Suswono.

    Padahal, Cagub Pramono Anung memulai kontestasi politik Jakarta ini dari elektabilitas nol.

    Namanya tidak pernah muncul pada bursa cagub, lalu akhirnya dipilih PDIP berdampingan dengan Rano-Karno, maju Pilkada Jakarta 2024.

    1. Survei LSI

    Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil surveinya pada Rabu (23/10/2024).

    Dalam survei yang digelar pada 10-17 Oktober 2024, LSI menempatkan pasangan Pram-Rano yang unggul dengan elektabilitas 41,6 persen.

    Sedangkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono di urutan kedua dengan elektabilitas 37,4 persen.

    Kemudian pasangan independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto, elektabilitasnya 6,6 persen.

    Pemilih yang tidak menjawab 14,4 persen.

    Sampel dalam survei ini sebanyak 1.200 orang diambil dengan menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error) sekira 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling.

    2. Survei Poltracking

    Sehari berselang, giliran Poltracking Indonesia yang mengumumkan hasil surveinya, Kamis (24/10/2024).

    Periode survei Poltrackings sama dengan LSI, yakni 10-16 Oktober 2024, namun hasilnya berbeda.

    Versi Poltracking, RK-Suswono ungul dengan elektabilitas 51,6 persen atau berpotensi menang satu putaran.

    Sementara elektabilitas Pram-Rano 36,4 persen dan Dharma-Kun 3,9 persen.

    Sebanyak 8,1 persen responden tidak menjawab.

    Survei Poltracking ini melibatkan 2000 responden dengan menggunakan metode multistage random sampling dimana toleransi kesalahan di angka 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

    Sebagai informasi, perbedaan hasil survei LSI dan Poltracking membuat Dewan Etik Perkumpulan Survei Opini Publik Indonesia (Persepi) turun gunung melakukan penyelidikan.

    Hasilnya dirilis pada Senin (5/11/2024). Persepi memberi sanksi kepada Poltracking karena dianggap data surveinya tidak sahih.

    Poltracking pun memilih keluar dari Persepi, organisasi yang menaungi puluhan lembaga survei di Indonesia.

    3. LSI Denny JA

    Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA juga turut melakukan survei Pilkada Jakarta 16-22 Oktober 2024.

    Dari hasil survei yang dirilis pada Rabu (30/10/2024), elektabilitas RK-Suswono dan Pram-Rano sama kuat.

    Elektabilitas RK-Suswono sebesar 37,4 persen, sedangkan Pram-Rano 37,1 persen dan Dharma-Kun 4,0 persen.

    Yang tidak tahu atau tidak jawab cukup besar, 21,5 persen.

    LSI Denny JA menggelar survei Pilkada Jakarta berbarengan dengan survei Pilkada Jawa Tengah dan Pilkada Jawa Timur.

    Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Jakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur yang telah berusia 17 tahun ke atas atau yang telah menikah.

    Penarikan sampel multistage random sampling.

    Jumlah sampel sebanyak 800 responden dengan margin of error ± 3.5 persen.  

    Setiap individu dalam populasi memiliki peluang yang sama untuk terpilih.

    Pengambilan data menggunakan metode wawancara tatap muka dengan responden menggunakan
    instrumen berupa kuesioner.

    4. Parameter Politik Indonesia

    Parameter Politik Indonesia (PPI) merilis survei Pilkada Jakarta 2024 pada Selasa (29/10/2024).

    Survei PPI digelar pada 21-25 Oktober 2024, hanya empat hari sebelum dirilis.

    Hasil survei menunjukkan elektabilitas RK-Suswono unggul dengan angka 47,8 persen.

    Sedangkan Pram-Rano mengikuti dengan elektabilitas 38,0 persen.

    Sementara elektabilitas Dharma-Kun 4,3 persen, dan responden yang tidak tahu atau tidak jawab sebesar 9,9 persen.

    Sampel yang digunakan pada survei ini berasal dari 1.200 responden.

    Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka menggunakan kuisioner yang dilakukan oleh surveyor terlatih.

    Tingkat kepercayaan (confidence level) survei ini adalah 95 persen dengan Margin of Error sebesar 2,8 persen.

    5. Litbang Kompas

    Terbaru, Litbang Kompas merilis hasil surveinya hari ini, Selasa (5/11/2024).

    Periode survei Litbang Kompas sendiri sama dengan PPI, yakni pada 20-25 Oktober 2024. Kendati waktu survei sama, hasilnya berbeda. 

    Versi Litbang Kompas, elektabilitas Pram-Rano mencapai 38,3 persen, mengungguli RK-Suswono 34,6 persen.

    Sedangkan elektabilitas Dharma-Kun hanya mendapat elektabilitas 3,3 persen, dan responden yang tidak menjawab 23,8 persen.

    Selisih elektabilitas Pram-Rano dengan RK-Suswono yang hanya 3,7 persen, sedikit di atas margin of error 34,6 persen.

    Survei ini dilakukan pada 20-25 Oktober 2024 melalui wawancara tatap muka dengan melibatkan 800 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di Provinsi Jakarta.

    Menggunakan metode ini, tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen.

    Survei dibiayai sepenuhnya oleh Harian Kompas (PT Kompas Media Nusantara). 

    6. SMRC

    Paling baru, survei soal elektabilitas paslon Pilkada Jakarta 2024 dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Rabu (13/11/2024).

    Survei ini dilakukan pada 31 Oktober-9 November 2024, hanya 18 hari jelang pemungutan suara pada 27 November 2024 mendatang.

    Hasilnya, elektabilitas paslon nomor 3, Pramono Anung-Rano Karno mencapai 46 persen.

    Angka tersebut mengungguli pesaing terkuatnya, paslon nomor 1, Ridwan Kamil-Suswono, yang elektabilitasnya 39,1 persen.

    Sementara, paslon nomor 2, Dharma Pongrekun-Kun Wardana Abyoto, elektabilitasnya 5,1 persen, dan responden yang tidak tahu atau tidak jawab sebanyak 9,8 persen.

    Populasi survei adalah seluruh Warga Negara Indonesia di Provinsi Jakarta yang sudah punya hak pilih, sudah berusia 17 tahun lebih atau sudah menikah.

    Dari populasi itu, dipilih secara acak (stratified multistage random sampling) 1.210 responden. Margin of error survei ini diperkirakan sebesar kurang lebih 2,9 persen, dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

    Survei dilakukan dengan cara wawancara tatap muka.

    Quality control dilakuan dengan wawancara tandem (dua pewawancara) 50 persen, call back begitu wawancara selesai sebanyak 63?ri total sampel, spot check secara random sebesar 20?ri total sampel, dan tidak ditemukan kesalahan berarti.

    Dalam survei ini primary sampling unit (psu) adalah rt, bukan kelurahan. Tujuannya untuk mendapatkan variasi lebih baik dan
    diharapkan meningkatkan representasi populasi secara lebih baik pula.

    Sampel yang dianalisis adalah gabungan antara sampel asli dan sampel pengganti sehingga totalnya 1210.

    3 Paslon

    Seperti diketahui, Pilkada Jakarta 2024 diikuti tiga paslon.

    Nomor 1 Ridwan Kamil-Suswono. Paslon tersebut diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus berisi 13 partai Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI, PKB, Gelora, PBB, Perindo, PAN, PPP, serta Garuda.

    Nomor 2 paslon independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardhana Abyoto. Paslon ini memenuhi persyaratan dukungan 677.468 KTP warga Jakarta.

    Nomor 3 Pramono Anung-Rano Karno, diusung PDIP dan Hanura.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Jokowi Beri Sinyal Bakal Turun Gunung di Kampanye Akbar Pamungkas Ridwan Kamil-Suswono

    Jokowi Beri Sinyal Bakal Turun Gunung di Kampanye Akbar Pamungkas Ridwan Kamil-Suswono

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

    TRIBUNJAKARTA.COM, CEMPAKA PUTIH – Presiden ke-7 RI Joko Widodo memberi sinyal bakal turun gunung saat kampanye akbar pamungkas pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) yang akan diselenggarakan di Lapangan Benteng pada Sabtu (23/11/2024) besok.

    Gubernur Jakarta periode 2012-2014 ini pun mengaku bakal dengan senang hati datang bila diundang.

    “Ya kalau diundang (datang ke kampanye akbar),” ucapnya saat ditemui di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (18/11/2024).

    Ridwan Kamil yang berada di sebelah Jokowi pun memastikan bakal mengundangnya saat kampanye akbar besok.

    “Diundang pak, Insyaallah,” sahut Ridwan Kamil.

    Lebih lanjut Jokowi mengatakan akan turut membantu Ridwan Kamil blusukan bila memang diundang.

    “Ya kalau diundang, kalau diajak,” ujarnya.

    Meski demikian, Jokowi mengaku tak bisa menjamin elektabilitas Ridwan Kamil bakal meroket dengan kehadirannya saat blusukan maupun saat kampanye akbar.

    “Saya enggak mau memprediksi karena di setiap pilkada itu ada hal yang bersifat kedaerahan yang sulit kadang-kadang terdeteksi,” tuturnya.

    “Tali kalau calon mestinya sudah menguasai medan, ada feeling politik, rakyat seperti apa, beda. Kalau saya kan sudah purnatugas,” sambungnya.

    Jokowi pun menegaskan pertemuannya malam ini dengan Ridwan Kamil untuk memenuhi undangan dari paslon nomor urut 1 itu.

    Kehadirannya ini pun disebutnya sebagai sebuah ikhtiar pasangan Ridwan Kamil-Suswono untuk meraih hasil positif di Pilkada Jakarta 2024.

    “Kedaulatan ada di tangan rakyat. Kedaulatan ada di tangan, yang menentukan semuanya adalah rakyat. Kita ini hanya berusaha, berikhtiar,” kata Gubernur DKI Jakarta periode 2012-2014 ini. 

     

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Bentara Budaya Yogyakarta Undang Masyarakat ke Pameran ‘Blandong’: Kisah Pertukangan

    Bentara Budaya Yogyakarta Undang Masyarakat ke Pameran ‘Blandong’: Kisah Pertukangan

    TRIBUNJAKARTA.COM – Bentara Budaya Yogyakarta mengundang masyarakat untuk menyaksikan pameran bertajuk ‘BLANDONG’ yang mengangkat kisah pertukangan di Indonesia, 15-23 November 2024.

    Pameran ini menghidupkan kembali kisah para penebang kayu dan tukang kayu tradisional yang berjasa dalam membangun cikal bakal Sargede atau Kotagede, daerah yang kini menjadi bagian tak terpisahkan dari Yogyakarta.

    Seorang desainer kenamaan Indonesia, Nita Azhar, akan membuka pameran pada Jumat (15/11/2024) pukul 19.00 WIB.

    Pembukaan juga akan diramaikan dengan penampilan kolaborasi musik dan rupa dari Gatot Danar S, Annisa Hertami, Winarto Sabdo, Meuz Prast, Ifat Futuh, Irwan Guntarto dan Sriyadi Srintil

    Melalui pameran ini, Bentara Budaya mengajak kita melihat kembali peran besar blandong, atau penebang pohon, yang bertugas membuka Alas Mentaok sebagai wilayah perdikan bagi Ki Gede Pemanahan dan keluarganya.

    Hutan ini dibuka setelah lima abad pasca letusan besar Gunung Merapi, sebuah bencana yang mengubah banyak hal di wilayah Jawa Tengah.

    Para blandong ini tidak hanya menebang pohon, tetapi juga turut membangun pondasi sosial dan budaya, menciptakan rumah-rumah dari kayu pohon mentaok dan jati.

    Dalam pameran BLANDONG, pengunjung dapat melihat langsung alat-alat pertukangan tradisional yang dulu digunakan untuk membangun rumah-rumah, termasuk pethél—kapak kecil yang digunakan untuk meratakan permukaan kayu. Teknik khas ini menghasilkan pola yang tidak rata, disebut pethélan, sebuah bentuk seni tak sengaja yang menambah estetika pada hasil karya mereka.

    Tidak hanya alat pertukangan tukang kayu, pameran ini juga menampilkan berbagai alat tukang dari profesi lainnya, termasuk tukang batu, tukang jahit, tukang kayu, tukang cukur, tukang ukir, tukang becak, tukang jam, tukang patri, tukang sepatu, hingga tukang besi.

    Lewat berbagai koleksi ini, pameran BLANDONG diharapkan dapat menjadi jembatan antara generasi sekarang dengan warisan keterampilan tukang tradisional yang hampir punah.

    Menurut kurator, pameran ini adalah upaya untuk membangkitkan minat anak muda terhadap sejarah pertukangan yang menjadi bagian penting dari budaya dan pembangunan Nusantara.

    Di tengah modernisasi, alat-alat ini memiliki daya tarik tersendiri sebagai bukti keberdayaan masyarakat lokal dalam menciptakan peradaban dengan keterampilan sederhana namun penuh ketelitian.

    Pameran ini terbuka untuk umum mulai 16 hingga 23 November 2024, dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB di Bentara Budaya Yogyakarta, Jl. Suroto no 2, Kotabaru, Yogyakarta.

    Peserta pameran BLANDONG: Didik Kapal, dr Didi Sumarsidi, Edi Sunaryo, Heri Gaos, Iwan Ganjar, Nita Azhar, Pak Well dan Rembrand.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Sukses Diselenggarakan, MMA Impact Indonesia 2024 Ungkap Masa Depan Pemasaran

    Sukses Diselenggarakan, MMA Impact Indonesia 2024 Ungkap Masa Depan Pemasaran

    Jakarta: MMA Impact Indonesia 2024 telah sukses diselenggarakan di Grand Ballroom, Hotel Ritz Carlton Jakarta Mega Kuningan, Jakarta, pada  15 November 2024. Acara yang memfokuskan pada masa depan marketing ini mempertemukan lebih dari 500 pimpinan industri, termasuk ketua, eksekutif c-level, direktur, kepala departemen, pemilik bisnis, dan pengambil keputusan, serta para pemimpin jenama, agensi, penerbit, dan penyedia solusi terkemuka, yang berdedikasi untuk memajukan jalur kesuksesan mereka dalam lanskap yang berkembang pesat.
     
    Forum ini mengawali era baru dengan penunjukan Direktur Pelaksana Emtek Sutanto Hartono sebagai ketua baru. Sebagai pimpinan salah satu konglomerat media dan teknologi terpadu terbesar di Indonesia, kepemimpinannya dan visi strategisnya untuk kolaborasi lintas industri serta rekam jejak yang terbukti dalam transformasi digital memposisikan MMA Global Indonesia dalam memimpin gelombang inovasi berikutnya dalam lanskap periklanan dan marketing di Indonesia.
     
    Forum MMA Impact Indonesia 2024 juga dihadiri oleh tamu kehormatan H. Anies Rasyid Baswedan, S.E., M.P.P., Ph.D. Ssebagai pendiri Gerakan Indonesia Mengajar dan mantan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Indonesia, serta mantan Gubernur Jakarta. Anies Baswedan merupakan tokoh masyarakat terkemuka yang dikenal atas dedikasinya terhadap pendidikan dan kemajuan sosial.
    Berbicara di hadapan para delegasi MMA Impact Indonesia 2024, Anies Baswedan menekankan dampak mendalam dari digitalisasi, mendesak para pimpinan untuk tetap proaktif dan teguh dalam mengejar inovasi. Seiring dengan upaya Indonesia untuk memantapkan posisinya sebagai pemimpin digital di kawasan Asia-Pasifik, ia mengajak para delegasi untuk berkolaborasi menuju berbagai kemungkinan yang melimpah di hadapan mereka dengan mengadopsi pola pikir yang berwawasan ke depan dan tetap menjadi yang terdepan dalam evolusi digital. Ia menegaskan para pelaku bisnis Indonesia dapat memperkuat status Indonesia sebagai pusat regional untuk kemajuan yang luar biasa dan pertumbuhan yang transformatif. 
     

    “Pada era perubahan digital yang cepat, kita harus memanfaatkan momen ini untuk mengangkat posisi Indonesia di kancah global dan membangun dunia yang lebih adil dan saling terhubung. MMA Impact Indonesia 2024 menjadi wadah penting untuk mengkatalisis dialog tingkat tinggi, mengungkap wawasan yang akan memandu perjalanan digital bangsa kita. Dengan memanfaatkan teknologi, kita dapat menumbuhkan kesejahteraan, memperkuat hubungan regional, dan memosisikan Indonesia sebagai pemimpin inovasi, tidak hanya di Asia Tenggara, tetapi juga di kancah global. Jadi, mari kita hadapi transformasi ini dengan tujuan dan tanggung jawab bersama,” kata Anies.
     
    Topik utama di forum ini, “Navigating Marketing: Leadership, Innovation & Future Strategies,” juga mencakup peran pola pikir pertumbuhan kepemimpinan dalam membangun jenama, kecerdasan buatan, jaringan media ritel, pergeseran pola perilaku konsumen, marketing & perdagangan sosial, serta tren & prospek terbaru untuk tahun 2025, yang menawarkan perspektif berharga bagi bisnis yang menavigasi pasar yang semakin dinamis.
     
    Forum ini juga menyoroti lanskap digital Indonesia yang mengalami pergeseran besar, pengaruh kecerdasan buatan (AI) secara fundamental membentuk kembali dinamika bisnis-konsumen dan keunggulan operasional.
     
    Salah satu perspektif Google dalam laporannya menyoroti AI dengan cepat mengubah lanskap periklanan. Sebanyak 73 persen pengadopsi awal telah menuai hasilnya, dengan peningkatan yang terukur dalam pendapatan dan pengalaman pelanggan. Indonesia, khususnya, berada di garis depan revolusi teknologi ini, dengan pengeluaran AI yang diproyeksikan akan melonjak hingga sekitar Rp5 triliun pada 2027.
     
    Seiring dengan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang terus meningkat, dari USD27 miliar pada tahun 2018 menjadi USD90 miliar pada 2024, bisnis harus menyeimbangkan antara inovasi dan tanggung jawab. Di MMA Impact Indonesia 2024, para pemimpin industri menekankan pentingnya penerapan AI yang etis dengan memastikan bahwa teknologi berfungsi sebagai kekuatan untuk kebaikan.
     
    Seiring dengan itu, Jaringan Media Ritel (RMN) dengan cepat mendapatkan daya tarik di Indonesia, dengan Tingkat Pertumbuhan Tahunan Gabungan (CAGR) yang diproyeksikan tertinggi di Asia Tenggara. Belanja iklan untuk RMN di Indonesia diperkirakan akan melonjak sebesar 219 persen dari tahun 2023 hingga 2030, yang mencerminkan CAGR sebesar 13,41 persen. Pertumbuhan yang signifikan ini menggarisbawahi semakin pentingnya RMN sebagai saluran periklanan utama bagi jenama di Indonesia.
     
    Temuan menarik dari Glance menunjukkan bahwa konsumen Indonesia cenderung menyukai penemuan konten yang lancar, lebih memilih pengalaman yang disesuaikan dengan minat mereka tanpa perlu pencarian yang eksplisit. Tren ini didukung oleh data yang menunjukkan bahwa orang Indonesia menghabiskan lebih dari 6 jam per hari menggunakan perangkat seluler. Selain itu, perangkat seluler merupakan gerbang utama menuju internet bagi para pengguna ini, yang menghabiskan 80 persen waktu digital mereka. Selain itu, populasi daring di negara ini telah mengalami tingkat pertumbuhan pengguna baru tiga kali lebih tinggi dibandingkan rata-rata global. 
     
    Untuk memanfaatkan hal tersebut merek harus memprioritaskan pembuatan konten yang menarik dan beresonansi secara emosional. Seperti yang disoroti oleh Direktur & Direktur Marketing Global Mayora Group, Ricky Afrianto, penceritaan yang emosional dapat mendorong efek jenama hingga 80% lebih tinggi daripada pesan rasional atau gabungan, menjadikannya alat yang ampuh bagi jenama untuk terhubung dengan audiens digital yang berkembang pesat ini.
     

    “Mempercepat kemajuan digital di Indonesia merupakan upaya multidimensi yang memerlukan cetak biru strategis yang mengutamakan inovasi. Di MMA Global, kami bangga dengan kontribusi kami dalam membangun fondasi yang kokoh bagi ekosistem digital melalui acara-acara unggulan kami seperti MMA Impact Indonesia. Forum ini bertujuan untuk membahas pembelajaran utama tahun 2024, tren dan lintasan masa depan tahun 2025 dan seterusnya, yang tidak hanya berfungsi sebagai forum yang menyatukan para pemimpin industri untuk mengeksplorasi dan merangkul teknologi yang disruptif, tetapi juga sebagai ruang tempat kolaborasi melalui data dan wawasan yang dapat berkembang. Kami benar-benar percaya bahwa keahlian bersama di antara para pemimpin pemikiran sangat penting untuk membuka peluang transformatif, secara kolektif,” kata Country Head dan Board of Director MMA Global Indonesia Shanti Tolani.
     
    Pada acara tersebut, diluncurkan laporan industri (industry report) Modern Marketing Reckoner 2024. Didukung oleh penelitian mendalam dan analisis ahli, laporan tersebut mengidentifikasi tren utama dan pergeseran strategis yang menentukan masa depan marketing di Asia Tenggara, dengan fokus pada Indonesia. Temuan tersebut menekankan bagaimana bisnis dapat memanfaatkan inovasi ini untuk memperkuat pengembangan merek, menyempurnakan pendekatan periklanan, dan beradaptasi dengan perubahan kebiasaan konsumsi media.
     
    Tema inti yang muncul dari temuan laporan tersebut adalah pentingnya adopsi AI bagi bisnis yang ingin tetap menjadi yang terdepan dalam arena digital yang berkembang pesat. Pada 2030, AI diproyeksikan akan menambah 80 persen dari semua aktivitas marketing. Khusus di kawasan Asia-Pasifik, adopsi solusi AI prediktif di pasar periklanan diperkirakan akan melonjak hingga 20 persen. Sementara pasar Gen AI yang lebih luas diperkirakan akan mengalami pertumbuhan yang lebih mengesankan, yakni 28 persen.
     
    Yang mungkin paling signifikan, laporan tersebut mengidentifikasi perubahan besar dalam perilaku konsumen, dengan lebih dari 1,28 juta pengguna, setara dengan 10,30 persen pasar, beralih dari jenama internasional ke produk yang diproduksi secara lokal antara Juni 2023 hingga Juni 2024. Lonjakan permintaan untuk produk domestik ini menonjolkan peluang besar yang tersedia bagi perusahaan.
     
    MMA Impact Indonesia 2024 menandai momen penting bagi evolusi pemasaran digital nasional, yang mempertemukan para pemimpin pemikiran untuk merancang babak berikutnya dari inovasi marketing dan periklanan di Asia Tenggara. Dengan ekonomi digital Indonesia di garis depan pertumbuhan regional, MMA Global Indonesia siap untuk mengkatalisis kemitraan dan mendorong solusi rintisan yang akan menentukan keunggulan marketing dan periklanan di seluruh Asia-Pasifik.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Pengamat Nilai Jokowi Pertaruhkan Reputasi Dukung Ridwan Kamil: Sangat Malu Jika KIM Plus Kalah

    Pengamat Nilai Jokowi Pertaruhkan Reputasi Dukung Ridwan Kamil: Sangat Malu Jika KIM Plus Kalah

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com Elga Hikari Putra

    TRIBUNJAKARTA.COM – Presiden ke-7 RI, Jokowi bertemu dengan Cagub Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil di sebuah kafe di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (18/11/2024).

    Ini adalah pertemuan kedua bagi Jokowi dan RK di masa kampanye berlangsung. Dua pekan lalu, RK telah sowan menyambangi Jokowi di Solo, Jawa Tengah.

    Menurut Pengamat komunikasi politik dari Universitas Esa Unggul, M. Jamiluddin Ritonga, pertemuan itu tampaknya berkaitan dengan stagnannya elektabilitas RK-Suswono di Jakarta. Hal itu kiranya membuat Jokowi khawatir RK-Suswono kalah dalam Pilkada Jakarta.

    “Jadi, pertemuan Jokowi dengan RK tampaknya membahas cara mendongkrak elektabilitas RK-Suswomo agar kembali unggul atas Pramono Anung-Rano Karno.  Indikasi itu terlihat jelas dengan ikutnya relawan Jokowi dalam pertemuan tersebut,” kata Jamil saat dimintai tanggapannya, Senin,

    Jamil, sapaan karibnya, menilai Jokowi tampaknya tidak ingin RK-Suswono kalah. Hal itu bagi Jokowi bisa saja sebagai petaka politik baginya.

    “Hal itu memperkuat dugaan adanya rivalitas Jokowi dengan PDIP, khususnya Megawati Soekarnoputri,” ujar mantan Dekan Fikom IISIP Jakarta itu.

    Jamil melihat rivalitas antara Jokowi dan Megawati itu tidak hanya di Jawa Tengah, tapi juga meluas ke Jakarta.

    “Jadi, kesannya Jokowi tidak ingin paslon yang diusung PDIP menang,” tuturnya.

    Pasalnya, saat ini peluang paslon PDIP menang memang terlihat di Jakarta dan Jawa Tengah.

    Berbeda halnya dengan di Jawa Timur dan Sumatera Utara, di mana paslon yang diusung KIM Plus relatif aman. Elektabilitas paslon yang diusung KIM Plus jauh meninggalkan elektabilitas paslon yang diusung PDIP.

    “Jadi, bagi Jokowi Jatim dan Sumut sudah relatif aman. Karena itu, Jokowi akan konsentrasi mengamankan paslon KIM Plus di Jakarta dan Jateng agar tetap unggul melawan paslon PDIP.”

    “Kiranya itulah pertimbangan Jokowi menemui RK. Jokowi ingin memastikan RK menang di Jakarta,” paparnya.

    Namun, Jamil menyebut ambisi Jokowi itu tampaknya tak mudah.

    Sebab, Pramono-Rano sudah mendapat dukungan dari  relawan Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

    “Dukungan anak abah dan Ahoker berpeluang besar akan semakin mendongkrak elektabilitas Pramono-Rano,” kata dia.

    Karenanya, Jamil menyebut kehadiran Jokowi di Jakarta tidak serta merta dapat mendongkrak elektabilitas RK-Suswono.

    Sebab, pemilih yang belum menentukan pilihannya berasal pemilih rasional.

    “Bagi kelompok pemilih ini Jokowi bukanlah siapa-siapa. Mereka tak akan berubah pilihan hanya kedatangan Jokowi ke Jakarta.

    Karena itu, sulit bagi Jokowi untuk mendongkrak elektabilitas RK disisa waktu yang sudah singkat. Kehadiran Jokowi ke Jakarta justru dapat mempermalukan dirinya bila nantinya RK kalah dalam Pilkada Jakarta,” ujar Jamil.

    Oleh karena itu, ia menganggap Jokowi tengah mempertaruhkan reputasinya dengan cawe-cawe di Jakarta.

    “Reputasinya akan turun ke titik nadir bila nantinya RK kalah. Pertaruhan yang sangat luas biasa bukan,” ujarnya.

    3 Paslon

    Seperti diketahui, Pilkada Jakarta 2024 diikuti tiga paslon.

    Nomor 1 Ridwan Kamil-Suswono. Paslon tersebut diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus berisi 13 partai Gerindra, PKS, Golkar, Demokrat, NasDem, PSI, PKB, Gelora, PBB, Perindo, PAN, PPP, serta Garuda.

    Nomor 2 paslon independen, Dharma Pongrekun-Kun Wardhana Abyoto. Paslon ini memenuhi persyaratan dukungan 677.468 KTP warga Jakarta.

    Nomor 3 Pramono Anung-Rano Karno, diusung PDIP dan Hanura.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Ridwan Kamil Semringah Dikampanyekan Jokowi: ‘Ini Adalah Sebuah Semangat Besar’

    Ridwan Kamil Semringah Dikampanyekan Jokowi: ‘Ini Adalah Sebuah Semangat Besar’

    Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Dionisius Arya Bima Suci

    TRIBUNJAKARTA.COM, CEMPAKA PUTIH – Di tengah elektabilitasnya yang stagnan dan manuver kubu Pramono Anung-Rano Karno yang diendorse Anies Baswesan, Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil bertemu dengan Presiden ke-7 RI, Jokowi di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (18/11/2024).

    Kehadiran Jokowi menjelang berakhirnya masa kampanye Pilkada Jakarta 2024 ini pun membuat sumringah Ridwan Kamil.

    Ia blak-blakan menyebut, kehadiran Jokowi seolah menjadi penyemangat dirinya.

    “Kedatangan pak Jokowi di momen ini adalah sebuah semangat besar. Kami mohon doa dan arahannya agar Jakarta semakin maju, harmonis, dan terus mendukung keberlanjutan pembangunan,” ucapnya, Senin (18/11/2024).

    Eks Gubernur Jawa Barat ini pun menilai, Jokowi merupakan contoh dari sebuah demokrasi dalam membangun bangsa dan negara.

    “Ini adalah bukti nyata yang telah kita saksikan. Beliau dua kali menang pilkada di Solo, satu kali menang di Pilkada Jakarta, dan dua kali menjadi pemenang di level presiden,” ujarnya.

    Oleh karena itu, Ridwan Kamil pun mengaku bahwa dirinya menjadikan Jokowi sebagai teladan dan panutannya dalam berpolitik.

    “Sekarang kita bertanya kepada diri kita sendiri, pak Jokowi benar-benar menyemangati anak-anak bangsa bahwa mimpi seperti beliau ini bisa kita capai dengan kerja keras, ilmu, dan determinasi,” tuturnya.

    “Itulah kenapa saya menjadikan beliau sebagai salah satu teladan,” tambahnya menjelaskan.

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Rekomendasi Hp Redmi Punya Kamera Jernih dan Stabil 200 MP, Harga Tak Sampai Rp 5 Juta

    Rekomendasi Hp Redmi Punya Kamera Jernih dan Stabil 200 MP, Harga Tak Sampai Rp 5 Juta

    Rekomendasi Hp Redmi Punya Kamera Jernih dan Stabil 200 MP, Harga Tak Sampai Rp 5 Juta

    Tayang: Senin, 18 November 2024 21:47 WIB

    Istimewa

    Redmi Note 13 5G 

    TRIBUNJAKARTA.COM – Inilah rekomendasi Hp Redmi punya kamera canggih dengan harga tak sampai Rp 5 juta.

    Redmi Note 13 Pro 5G mungkin bisa jadi pertimbangan bagi Anda yang ingin membeli Hp dengan kualitas kamera yang mantap.

    Ponsel ini dibekali dengan kamera utama 200 MP dan dibanderol Rp 4.399.000 berdasar situs resmi untuk varian penyimpanan 8 GB + 256 GB.

    Redmi Note 13 Pro 5G menjanjikan hasil foto jernih dan stabil berkat kombinasi teknologi OIS dan EIS yang secara signifikan meningkatkan kinerja anti guncangan.

    Selain itu, ponsel ini juga dibekali kamera ultra wide 8 MP dan kamera makro 2 MP.

    Dari segi tampilan, Redmi Note 13 Pro 5G mengusung layar AMOLED 6,67 inch yang didukung resolusi 2712 × 1220.

    Ponsel ini juga dibekali IP54 yang membuatnya terlindungi dari cipratan air.

    Berikut spek lengkap Redmi Note 13 Pro 5G:

    Kamera utama : 200 MP、1/1.4 ”、OIS
    Kamera ultra-lebar : 8 MP
    Kamera makro : 2 MP
    Kamera depan : 16 MP
    Kapasitas baterai : 5100 mAh
    Ukuran layar : 6.67 inch
    Material layar : AMOLED
    Resolusi : 2712×1220
    Kecerahan maksimal : 1800 nit
    Refresh rate : 120 Hz
    Prosesor : Snapdragon® 7s Gen 2 Mobile Platform
    Penyimpanan & RAM: 8 GB + 256 GB, 12 GB+ 512 GB
    NFC: ya

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya.

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://jakarta.tribunnews.com/ajax/latest?callback=?”, {start: newlast,section:’70857′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    newlast = newlast + 1;
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.thumb) img = “”+vthumb+””;
    else img = ”;
    if(val.c_title) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    $.getJSON(“https://jakarta.tribunnews.com/ajax/latest?callback=?”, {start: newlast,section:’70857′,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }

    BERITA TERKINI