Perusahaan: WhatsApp

  • Update, Ini Jadwal Penjualan Tiket Kereta Tambahan Lebaran 2025 oleh KAI

    Update, Ini Jadwal Penjualan Tiket Kereta Tambahan Lebaran 2025 oleh KAI

    Bisnis.com, JAKARTA — Jadwal Penjualan Tiket Kereta Tambahan Lebaran 2025 oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) bakal dimulai Minggu (23/2/2025) pukul 00.00 WIB.

    PT KAI membuka pemesanan 538.280 kursi sejalan dengan penambahan 1.080 perjalanan kereta tambahan.

    Vice President Public Relation KAI, Anne Purba mengatakan KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran 1446H/Tahun 2025 selama 22 hari mulai 21 Maret hingga 11 April 2025. Selama 22 hari, KAI akan mengoperasionalkan 9.572 perjalanan kereta api, jumlah tersebut berasal dari 8.492 perjalanan KA reguler dan 1.080 perjalanan KA Tambahan.

    “KAI membuka pemesanan tiket KA tambahan lebaran mulai Minggu, 23 Februari 2025 pukul 00.00 WIB. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket mudik pada tanggal-tanggal favorit, bisa memanfaatkan adanya KA tambahan ini,” kata Vice President Public Relation KAI, Anne Purba.

    Selama 22 hari masa Angkutan Lebaran 2025, KAI akan mengoperasikan 1.080 kereta api tambahan, yang akan meningkatkan kapasitas tempat duduk hingga 538.280 kursi. Dengan tambahan ini, total kapasitas yang disediakan selama periode Angkutan Lebaran 1446H mencapai 4.568.838 tempat duduk.  

    Kereta tambahan mencakup layanan jarak jauh dan lokal dengan kelas komersial, termasuk KA Java Priority yang menawarkan pengalaman perjalanan mewah dan nyaman. KA ini akan melayani rute Gambir – Yogyakarta PP. Tiket dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, serta mitra penjualan resmi lainnya.

    “Pada Angkutan Lebaran 2025, jumlah KA yang beroperasi sebanyak 9.572. Angka tersebut meningkat 8% dibandingkan Angkutan Lebaran 2024 yang mengoperasionalkan 8.836 perjalanan KA,” ungkapnya.

    Dengan bertambahnya perjalanan kereta api, kapasitas tempat duduk yang tersedia juga meningkat. Pada masa Angkutan Lebaran 2025, KAI menyediakan 4.568.838 tempat duduk, atau naik 6% dibandingkan tahun sebelumnya yang mencatatkan kapasitas 4.296.530 tempat duduk.  

    Pemesanan tiket KA Jarak Jauh dapat dilakukan mulai H-45 sebelum keberangkatan. Sementara itu, tiket KA Lokal dapat dipesan mulai H-30, dan beberapa kereta lainnya baru tersedia untuk pemesanan mulai H-7 sebelum keberangkatan.  

    “KAI memahami bahwa Lebaran merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk berkumpul dengan keluarga. Oleh karena itu, KAI menambah kapasitas tempat duduk guna memberikan lebih banyak pilihan perjalanan serta mengakomodasi tingginya permintaan pelanggan yang akan mudik atau berlibur saat Lebaran,” ujarnya.

    Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal, tarif, dan pemesanan tiket KA tambahan, pelanggan dapat menghubungi layanan pelanggan KAI 121 melalui Contact Center (CC) 121 di nomor telepon 121/(021) 121, nomor WhatsApp 0811-1211-1121, email [email protected], atau media sosial resmi KAI.

  • Makin Mudah, Ajukan QRIS untuk Merchant BCA via Aplikasi

    Makin Mudah, Ajukan QRIS untuk Merchant BCA via Aplikasi

    Jakarta: Digitalisasi telah membawa banyak kemudahan dalam transaksi keuangan. QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah salah satu inovasi yang mempermudah pembayaran di berbagai sektor.
     
    QRIS membuat masyarakat dengan mudah melakukan pembayaran hanya dengan memindai kode QR melalui aplikasi dompet digital atau mobile banking. PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengapresiasi kehadiran QRIS yang dapat diterima di kalangan masyarakat.
     
    “Kita lihat sejak zaman pandemi, QRIS membantu banget dan itu sebabnya BCA sangat komit untuk mendorong pertumbuhan transaksi, khususnya QRIS,” ujar VP Pengembangan Solusi Kerja Sama dan Transaksi Perbankan BCA, Liyanni Lie dalam talk show “Dukungan BCA dalam Pertumbuhan Bisnis dan Digitalisasi UMKM”.
    QRIS di aplikasi merchant BCA
    Dalam mendukung digitalisasi UMKM, BCA menyediakan solusi QRIS melalui aplikasi Merchant BCA. Faktor ini didasari oleh persepsi masyarakat perlu datang ke bank saat mengajukan merchant.

    “Untuk usaha mereka, persepsi mereka untuk datang ke bank itu sudah hustle, sehingga ketika kita mulai memudahkan buka rekening aplikasi myBCA. Mau ajukan merchant tak perlu ke cabang cukup download (aplikasi),” jelas Liyanni.
     
    Melalui kehadiran aplikasi tersebut, setidaknya tiga dari empat orang sudah apply menjadi Merchant BCA.
     
    “Dengan solusi digital, saya amaze banget dengan angka minimum tiga dari empat orang itu apply menjadi Merchant BCA setelah dulu (hanya) satu dari empat agak susah dan mereka maunya ke (kantor) cabang,” ungkap dia.
     
    Tahun ini, jumlah merchant BCA yang aktif sekitar 275 ribu. Terdapat 60 persen di antaranya berupa UMKM makanan dan minuman. (Theresia Vania Somawidjaja)
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (KIE)

  • Siap-siap War! Tiket Kereta Api Tambahan untuk Lebaran 2025 Dijual Mulai Besok

    Siap-siap War! Tiket Kereta Api Tambahan untuk Lebaran 2025 Dijual Mulai Besok

    Jakarta: Kabar yang paling dinanti pemburu tiket kereta api Lebaran 2025. PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI akan menjual tiket kereta api tambahan untuk angkutan Lebaran 2025 mulai besok, Minggu 23 Februari 2025.

    KAI menyiapkan 1.080 KA tambahan yang akan dioperasikan selama 22 hari masa Angkutan Lebaran 2025. KA tambahan tersebut tersedia untuk KA jarak jauh maupun KA lokal dengan kelas komersial, termasuk diantaranya KA Java Priority yang akan memberikan pengalaman perjalanan mewah dan nyaman.

    “KAI membuka pemesanan tiket KA tambahan lebaran mulai Minggu, 23 Februari 2025 pukul 00.00 WIB. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket mudik pada tanggal-tanggal favorit, bisa memanfaatkan adanya KA tambahan ini,” kata Vice President Public Relation KAI, Anne Purba dalam keteranganya dikutip Sabtu, 22 Februari 2025.

    Pemesanan tiket KA Jarak Jauh sudah dapat dilakukan mulai H-45 sebelum keberangkatan. Sedangkan untuk KA Lokal pemesanannya dimulai H-30, sedangkan beberapa KA lainnya ada yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan.
     
    “KAI memahami bahwa Lebaran adalah momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, KAI menambah kapasitas tempat duduk untuk memberikan lebih banyak pilihan perjalanan dan mengakomodasi tingginya permintaan pelanggan yang akan mudik ataupun berlibur pada saat lebaran,” ujarnya.
     

    Adapun untuk penjualan tiket kereta api tambahan Lebaran dilakukan pada Minggu, 23 Februari 2025, mulai jam 00.00 WIB untuk keberangkatan mulai dari H-10 Lebaran (21 Maret 2025) sampai dengan H + 8 Lebaran (9 April 2025). Sementara, untuk pemesanan H + 9 (10 April 2025) dan H + 10 (11 April 2025) dapat dilakukan pada 24 dan 25 Februari 2025.

    Jakarta: Kabar yang paling dinanti pemburu tiket kereta api Lebaran 2025. PT Kereta Api Indonesia atau PT KAI akan menjual tiket kereta api tambahan untuk angkutan Lebaran 2025 mulai besok, Minggu 23 Februari 2025.
     
    KAI menyiapkan 1.080 KA tambahan yang akan dioperasikan selama 22 hari masa Angkutan Lebaran 2025. KA tambahan tersebut tersedia untuk KA jarak jauh maupun KA lokal dengan kelas komersial, termasuk diantaranya KA Java Priority yang akan memberikan pengalaman perjalanan mewah dan nyaman.
     
    “KAI membuka pemesanan tiket KA tambahan lebaran mulai Minggu, 23 Februari 2025 pukul 00.00 WIB. Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket mudik pada tanggal-tanggal favorit, bisa memanfaatkan adanya KA tambahan ini,” kata Vice President Public Relation KAI, Anne Purba dalam keteranganya dikutip Sabtu, 22 Februari 2025.

    Pemesanan tiket KA Jarak Jauh sudah dapat dilakukan mulai H-45 sebelum keberangkatan. Sedangkan untuk KA Lokal pemesanannya dimulai H-30, sedangkan beberapa KA lainnya ada yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan.
     
    “KAI memahami bahwa Lebaran adalah momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, KAI menambah kapasitas tempat duduk untuk memberikan lebih banyak pilihan perjalanan dan mengakomodasi tingginya permintaan pelanggan yang akan mudik ataupun berlibur pada saat lebaran,” ujarnya.
     

     
    Adapun untuk penjualan tiket kereta api tambahan Lebaran dilakukan pada Minggu, 23 Februari 2025, mulai jam 00.00 WIB untuk keberangkatan mulai dari H-10 Lebaran (21 Maret 2025) sampai dengan H + 8 Lebaran (9 April 2025). Sementara, untuk pemesanan H + 9 (10 April 2025) dan H + 10 (11 April 2025) dapat dilakukan pada 24 dan 25 Februari 2025.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (RUL)

  • Saksikan Langsung! Pengundian Hadiah Saldo DANA Rp100 Ribu

    Saksikan Langsung! Pengundian Hadiah Saldo DANA Rp100 Ribu

    JABAR EKSPRES – Ingin mendapatkan saldo DANA gratis tanpa ribet? Kesempatan emas ini jangan sampai kamu lewatkan! Dengan hanya mengisi survei, kamu bisa memenangkan saldo dompet digital hingga Rp 100 ribu! Survei ini benar-benar terbukti membayar dan tanpa tipu-tipu. Yuk, segera ikuti surveinya dan menangkan hadiahnya!

    Pelaksanaan survei kali ini membahas tentang Kunjungan Wisata Jawa Barat yang menarik untuk dikunjungi dan juga Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka. Seperti yang kita ketahui, Bandara Kertajati kini sudah beroperasi penuh, namun masih belum optimal dari segi jumlah penumpang dan rute penerbangan yang tersedia.

    Saat ini, hanya ada dua rute internasional ke Singapura dan Malaysia, serta dua rute domestik ke Balikpapan dan Bali. Oleh karena itu, pendapat kamu sangat dibutuhkan agar pengelola bandara bisa meningkatkan layanannya.

    Baca juga : Langsung Dapat Rp250.000 Gratis dari Aplikasi Penghasil Uang Terbaru 2025

    Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi kamu dalam survei ini, tersedia hadiah saldo dompet digital yang bisa dimenangkan dengan total hadiah mencapai Rp 1 juta! Berikut pembagian hadiahnya:

    Juara 1: Saldo DANA Rp 100.000,-Juara 2: Saldo DANA Rp 50.000,-Juara 3: Saldo DANA Rp 25.000,-

    Dan menariknya, hadiah ini bisa bertambah lebih besar hingga puluhan juta rupiah saat hari pengundian! Jadi, jangan sampai ketinggalan kesempatan ini.

    Mengikuti survei ini sangat mudah! Berikut langkah-langkahnya:

    Isi survei dengan nama lengkap sesuai kolom isian di laman survei (link tersedia di akhir artikel).Masukkan nomor telepon yang terhubung dengan akun dompet digital kamu, seperti DANA, OVO, atau GoPay.Jawab pertanyaan survei dengan jujur dan sesuai pengalaman atau minat kamu.

    Baca juga : Cara Dapat Uang dari Meta AI WhatsApp Terbaru 2025, Ini Caranya

    Survei ini hanya berlangsung selama dua hari, mulai Kamis, 20 Februari 2025 hingga Sabtu, 22 Februari 2025. Jangan sampai ketinggalan!

    Live Streaming Pengundian Hadiah – Catat Jamnya!

    Setelah periode survei berakhir, pengundian hadiah akan dilakukan pada Sabtu, 22 Februari 2025 pukul 17.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui akun TikTok Jabar Ekspres Group. Pastikan kamu juga memantau akun Instagram dan website resmi Jabar Ekspres agar tidak melewatkan informasi terbaru.

  • Lima Ribu Lebih Tiket Kereta Lebaran di Stasiun Lamongan Terjual, KAI Imbau Masyarakat Perhatikan 3 Hal

    Lima Ribu Lebih Tiket Kereta Lebaran di Stasiun Lamongan Terjual, KAI Imbau Masyarakat Perhatikan 3 Hal

    Lamongan (beritajatim.com) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatat tiket angkutan lebaran keberangkatan dari Stasiun Lamongan dan Stasiun Babat telah terpesan sebanyak 5.845 tiket.

    Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan saat ini pemesanan tiket KA jarak jauh reguler di Stasiun Lamongan dan Stasiun Babat pada masa angkutan lebaran dapat dipesan hingga H+6 atau 7 April 2025.

    “Untuk arus mudik keberangkatan dari Stasiun Lamongan dan Stasiun Babat telah terpesan 1.411 tiket. Sementara itu, pelanggan yang turun di Stasiun Lamongan dan Stasiun Babat pada masa arus mudik tercatat 7.462 pelanggan,” kata Luqman, Sabtu (22/2/2025).

    Luqman Arif menambahkan, H-6 lebaran atau 25 Maret 2025 merupakan tanggal favorit pelanggan yang berangkat dari Stasiun Lamongan dan Stasiun Babat, yang tercatat 145 pelanggan. KA jarak jauh reguler yang diminati didominasi oleh tujuan Jakarta, Semarang, Bandung, dan Ketapang.

    “Untuk periode arus balik, sementara ini yang menjadi favorit pelanggan yakni H+6 atau 7 April 2025, dengan 809 pelanggan,” tambahnya.

    KAI Daop 8 Surabaya mengimbau para pelanggan untuk segera melakukan pemesanan tiket KA jarak jauh reguler, sehingga bisa memilih jadwal perjalanan KA yang diinginkan. Masyarakat juga diimbau agar memperhatikan tiga hal penting saat melakukan pemesanan.

    Pertama, memastikan data diri calon pelanggan, kedua memperhatikan kembali jadwal perjalanan KA yang diinginkan dan yang ketiga adalah memperhatikan barang pribadi yang diperbolehkan dibawa dan maksimal barang bawaan, yakni maksimal 20 kilogram dan dimensi maksimal 70 x 48 x 30 sentimeter.

    “Terdapat 17 KA jarak jauh reguler yang beroperasi setiap hari di Stasiun Lamongan dan Stasiun Babat. Terkait KA jarak jauh tambahan akan diinfokan lebih lanjut,” ungkapnya.

    Untuk informasi lebih lanjut terkait penjualan tiket pada periode Angkutan Lebaran 2025, masyarakat dapat menghubungi customer service di stasiun atau contact center KAI melalui telepon di (021) 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial KAI121. (fak/ian)

  • Di Tengah Dinamika Ekonomi Global, Himbara Cetak Kinerja Solid dengan Tata Kelola yang Baik

    Di Tengah Dinamika Ekonomi Global, Himbara Cetak Kinerja Solid dengan Tata Kelola yang Baik

    Jakarta: Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) terus menunjukkan kinerja fundamental yang solid di tengah tantangan dinamika ekonomi global. Ketua Umum HIMBARA yang juga Direktur Utama BRI, Sunarso menegaskan bahwa HIMBARA berkomitmen untuk terus menjaga stabilitas layanan perbankan dan fundamental kinerja dengan tata kelola yang baik, serta mendukung pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan.
     
    “Di tengah dinamika tantangan ekonomi global, fundamental kinerja HIMBARA sangat solid. Di samping itu, HIMBARA juga memastikan seluruh layanan operasional perbankan berjalan dengan lancar dan aman, sehingga nasabah tetap mendapatkan akses layanan optimal terhadap berbagai produk dan layanan keuangan,” ungkap Sunarso.
     
    Selain itu, Sunarso menambahkan bahwa HIMBARA seperti layaknya bank swasta, juga turut serta dalam program penjaminan simpanan yang diselenggarakan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Di samping itu, bank-bank HIMBARA juga diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia. Partisipasi dan tata kelola tersebut memberikan jaminan kepada nasabah bahwa dana mereka dijamin keamanannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

    Ketua Umum HIMBARA dan Direktur Utama BRI, Sunarso. (Foto: Dok. BRI)
     
    Seperti diketahui bank-bank HIMBARA yang terdiri dari BRI, Mandiri, BNI, dan BTN telah mengumumkan kinerja keuangan tahun 2024 dan menunjukkan kinerja yang sangat solid. Hal tersebut tercermin dari capaian kinerja keuangan yang di antaranya adalah kemampuan mencetak laba, pertumbuhan kredit yang sehat, serta peningkatan Dana Pihak Ketiga (DPK).
     
    Berdasarkan laporan kinerja keuangan konsolidasian tahun 2024, bank-bank HIMBARA berhasil mencatatkan laba positif. Di antaranya BRI yang berhasil mencatatkan laba sebesar Rp60,64 triliun, Mandiri sebesar Rp55,78 triliun, BNI sebesar Rp21,5 triliun dan BTN mencetak laba sebesar Rp3 triliun. 
     
     

     
    Dari sisi kredit, bank-bank Himbara berhasil mencatatkan pertumbuhan kredit positif di berbagai segmen, di antaranya BRI menyalurkan kredit sebesar Rp1.354,64 triliun, tumbuh 6,97% YoY, dengan 81,97 persen disalurkan kepada segmen UMKM. Mandiri mencatatkan total penyaluran kredit konsolidasi sebesar Rp1.670,55 triliun atau meningkat 19,5% YoY, dengan segmen wholesale sebagai motor utama pertumbuhan.
     
    BNI membukukan pertumbuhan kredit 11,6% YoY menjadi Rp775,87 triliun, seiring dengan pemulihan ekonomi nasional dan ekspansi kredit yang prudent. BTN mencatatkan pertumbuhan kredit 7,3% YoY, dari Rp333,69 triliun menjadi Rp357,97 triliun, dengan mayoritas kredit berasal dari segmen KPR, baik subsidi maupun non-subsidi.
     
    Peningkatan kredit tersebut juga didukung oleh likuiditas yang memadai, dengan pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang positif di seluruh bank Himbara. BRI berhasil menghimpun simpanan sebesar Rp1.365,45 triliun, dengan CASA mencapai 67,30 persen atau Rp918,98 triliun. Mandiri mencatatkan simpanan sebesar Rp1.699 triliun, tumbuh 7,73% YoY, dengan CASA mendominasi 80,3 persen dari total DPK.
     
    BNI pun juga terus memperkuat basis pendanaannya, terutama dari segmen Tabungan ritel. Tercatat, tabungan BNI tumbuh sebesar 11 persen secara tahunan, dari Rp232 triliun pada tahun 2023 menjadi Rp258 triliun pada tahun 2024. Demikian juga dengan BTN yang membukukan pertumbuhan DPK 9,1% YoY, dari Rp349,93 triliun menjadi Rp381,67 triliun, dengan rasio CASA sebesar 54,1 persen.
     
    “Kinerja HIMBARA yang sangat solid tersebut menjadi bukti nyata bahwa sinergi dan tata kelola yang baik telah menjadi modal kuat bagi HIMBARA untuk menghadapi tantangan industri yang dinamis. Selain itu, fundamental bisnis yang kuat dari bank-bank yang tergabung dalam HIMBARA juga mampu menjaga stabilitas industri perbankan yang akan berdampak positif bagi perekonomian nasional,” pungkas Sunarso.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Tak Siap Kehilangan Emilia Contessa, Denada Kabur dari Indonesia

    Tak Siap Kehilangan Emilia Contessa, Denada Kabur dari Indonesia

    Jakarta, Beritasatu.com – Selebritas Denada mengungkapkan perasaannya yang sangat terpukul setelah kepergian ibunya, Emilia Contessa. Denada sempat melarikan diri dari Indonesia untuk sementara waktu.

    “Aku enggak kuat melihat mama pergi selamanya. Aku butuh waktu untuk diri aku sendiri. Makanya aku keluar sementara dari Indonesia,” ujar Denada pada program acara di stasiun televisi swasta, Sabtu (22/2/2025).

    Denada mengungkapkan, ia merasa dengan menjauh sejenak dari Indonesia, ia bisa lebih siap menerima kenyataan kepergian sang ibu.

    “Aku pikir dengan lari sekian lama untuk menghabiskan waktu, aku sudah siap. Namun kenyataannya, aku belum bisa,” katanya sambil mengusap air mata.

    Beberapa bulan sebelum Emilia Contessa meninggal, Denada mengungkapkan masih berkomunikasi dengan sang ibu menggunakan kata-kata manis.

    “Aku enggak tahu kenapa, beberapa bulan sebelum mama pergi, aku sering WhatsApp dengan kata-kata yang manis, kata-kata romantis yang aku buat sendiri,” tambahnya.

    “Aku selalu berdoa agar Aisyah dan mama sehat. Alhamdulillah pekerjaan aku selalu ada, dan bagi aku yang penting kalian berdua sehat. Tidak pernah ada pemikiran bahwa dua hari lagi mama akan pergi,” ujar Denada sambil meneteskan air mata, mengungkapkan penyesalannya atas kehilangan ibunya yang sangat dicintai.

  • Tiket Kereta Tambahan Lebaran Mulai Dijual, Ada 538.280

    Tiket Kereta Tambahan Lebaran Mulai Dijual, Ada 538.280

    Jakarta, CNBC Indonesia – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah pengoperasian kereta api sebanyak 1.080 kereta pada masa angkutan lebaran 1446 H/2025. Sehingga kapasitas tempat duduk yang dijual akan bertambah sebanyak 538.280 tiket.

    Hal itu membuat total kapasitas yang disediakan KAI selama masa angkutan lebaran sebanyak 4.568.838 tempat duduk. KA tambahan tersebut tersedia untuk KA jarak jauh maupun KA lokal dengan kelas komersial, termasuk diantaranya KA Java Priority, dengan relasi Gambir – Yogyakarta PP.

    Untuk diketahui, KAI menetapkan masa Angkutan Lebaran 1446H/Tahun 2025 selama 22 hari mulai 21 Maret hingga 11 April 2025. KAI juga membuka pemesanan tiket lebaran mulai Minggu, 23 Februari 2025 pukul 00.00 WIB.

    “Bagi masyarakat yang belum mendapatkan tiket mudik pada tanggal-tanggal favorit, bisa memanfaatkan adanya KA tambahan ini,” kata Vice President Public Relation KAI, Anne Purba, mengutip keterangan resmi, Sabtu (22/2/2025).

    Selama 22 hari, KAI akan mengoperasionalkan 9.572 perjalanan kereta api, jumlah tersebut berasal dari 8.492 perjalanan KA reguler dan 1.080 perjalanan KA Tambahan.

    Masyarakat bisa memesan tiketnya melalui aplikasi Access by KAI, web kai.id maupun mitra penjualan resmi lainnya.

    Untuk pemesanan tiket KA Jarak Jauh sudah dapat dilakukan mulai H-45 sebelum keberangkatan. Sedangkan untuk KA Lokal pemesanannya dimulai H-30, sedangkan beberapa KA lainnya ada yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan.

    Lebih lanjut, menurut Anne, Hingga Sabtu, 22 Februari 2025 yang bertepatan dengan penjualan tiket lebaran untuk keberangkatan Selasa, 8 April 2025 (H+7), tiket yang sudah terjual sebanyak 976.678.

    KAI mengimbau masyarakat merencanakan perjalanannya jauh hari dengan segera memesan tiket selagi masih cukup banyak tersedia, terlebih dengan bertambahnya kapasitas setelah dibukanya pemesanan tiket KA tambahan.

    Anne juga menjelaskan ada Angkutan Lebaran 2025, jumlah KA yang beroperasi sebanyak 9.572. Angka tersebut meningkat 8% dibandingkan Angkutan Lebaran 2024 yang mengoperasionalkan 8.836 kereta. Dari kapasitas tempat duduk juga bertambah 6% dari 4.296.530 menjadi 4.568.838

    Untuk informasi lebih lanjut terkait jadwal, tarif, dan pemesanan tiket KA tambahan, pelanggan dapat menghubungi layanan pelanggan KAI 121 melalui Contact Center (CC) 121 di nomor telepon 121/(021) 121, nomor WhatsApp 0811-1211-1121, email [email protected], atau media sosial resmi KAI.

    (mkh/mkh)

  • Makin Canggih, AI Jadi Prioritas Pasar

    Makin Canggih, AI Jadi Prioritas Pasar

    Jakarta: Kemajuan teknologi membuat perusahaan melihat peluang di pasar emerging market dan fokus pada pengembangan produk dengan integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) sebagai prioritas.

    CEO PT EDOT Ernest F Lesmana mengatakan, inovasi merupakan faktor utama dalam setiap produk dan layanan yang dikembangkan perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan dinamika industri. 

    Pihaknya mengembangkan berbagai aplikasi, seperti Sales Force Automation (ework), Distribution Management System (esuite), B2B Customer Loyalty Apps (emitra), dan Brand Campaign & Reward Apps (eDOT). 

    Selain perangkat lunak, perusahaan juga menyediakan perangkat keras, termasuk Point of Sales (POS), Portable POS, Kiosk, Tablet, dan Delivery Bot.

    “Tidak hanya perangkat lunak, tetapi juga ekosistem bisnis yang mendukung efisiensi dan efektivitas operasional bagi pelaku usaha,” kata Ernest.

    Ernest menyebut perusahaan melihat peluang di pasar emerging market dan fokus pada pengembangan produk dengan integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) sebagai prioritas.

    Dia mencontohkan perusahaan yang menyediakan layanan pemasaran digital yang mencakup strategi pemasaran digital, pengelolaan media sosial, dan optimalisasi penjualan melalui platform seperti TikTok Shop (TSP).

    Penyewaan kendaraan melalui unit bisnis elog. Selain itu, melalui emagineer dengan berbagai fitur seperti aplikasi ework dilengkapi dengan fitur anti-fake GPS untuk memastikan akurasi lokasi tim penjualan. 

    Sementara itu, esuite memiliki asisten AI untuk meningkatkan efisiensi manajemen distribusi. Di sisi perangkat keras, produk eDOT dirancang dengan fitur all-in-one, seperti built-in printer dan metode pembayaran offline, serta ditawarkan dengan harga yang kompetitif.

    Jakarta: Kemajuan teknologi membuat perusahaan melihat peluang di pasar emerging market dan fokus pada pengembangan produk dengan integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) sebagai prioritas.
     
    CEO PT EDOT Ernest F Lesmana mengatakan, inovasi merupakan faktor utama dalam setiap produk dan layanan yang dikembangkan perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan dinamika industri. 
     
    Pihaknya mengembangkan berbagai aplikasi, seperti Sales Force Automation (ework), Distribution Management System (esuite), B2B Customer Loyalty Apps (emitra), dan Brand Campaign & Reward Apps (eDOT). 

    Selain perangkat lunak, perusahaan juga menyediakan perangkat keras, termasuk Point of Sales (POS), Portable POS, Kiosk, Tablet, dan Delivery Bot.
     
    “Tidak hanya perangkat lunak, tetapi juga ekosistem bisnis yang mendukung efisiensi dan efektivitas operasional bagi pelaku usaha,” kata Ernest.
     
    Ernest menyebut perusahaan melihat peluang di pasar emerging market dan fokus pada pengembangan produk dengan integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) sebagai prioritas.
     
    Dia mencontohkan perusahaan yang menyediakan layanan pemasaran digital yang mencakup strategi pemasaran digital, pengelolaan media sosial, dan optimalisasi penjualan melalui platform seperti TikTok Shop (TSP).
     
    Penyewaan kendaraan melalui unit bisnis elog. Selain itu, melalui emagineer dengan berbagai fitur seperti aplikasi ework dilengkapi dengan fitur anti-fake GPS untuk memastikan akurasi lokasi tim penjualan. 
     
    Sementara itu, esuite memiliki asisten AI untuk meningkatkan efisiensi manajemen distribusi. Di sisi perangkat keras, produk eDOT dirancang dengan fitur all-in-one, seperti built-in printer dan metode pembayaran offline, serta ditawarkan dengan harga yang kompetitif.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (FZN)

  • Nggak Perlu Khawatir Gas Langka, Pertamina Resmikan Terminal LPG Bima

    Nggak Perlu Khawatir Gas Langka, Pertamina Resmikan Terminal LPG Bima

    Bima: Kabar baik buat warga Indonesia Timur! Pertamina resmi mengoperasikan Terminal LPG Bima, untuk memastikan pasokan gas lebih lancar dan merata.
     
    Proyek ini termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) yang mendukung ketahanan energi, terutama di wilayah Indonesia Timur yang selama ini masih terbatas aksesnya.
    Apa manfaat terminal LPG Bima?
    Menurut Direktur Rekayasa dan Infrastruktur Darat Pertamina Patra Niaga, Eduward Adolof Kawi, proyek ini bukan cuma soal infrastruktur, tapi juga bagian dari strategi besar dalam memastikan ketahanan energi nasional.
     
    “Dengan hadirnya terminal LPG ini, kami dapat memastikan distribusi LPG yang lebih efisien, merata, dan dapat menjangkau lebih banyak masyarakat, terutama di daerah yang selama ini sulit mendapatkan akses energi,” kata dia dalam keterangan tertulis, Sabtu, 22 Februari 2025.
     

     
    Pembangunan Terminal LPG Bima dimulai sejak Maret 2019 dan rampung akhir 2023. Sebelum terminal ini ada, distribusi LPG ke wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) harus melalui jalur laut yang cukup rumit, yaitu menggunakan kapal landing craft tank (LCT) dari Terminal LPG Lombok ke Pulau Sumbawa.
     
    Dengan adanya Terminal LPG Bima, pasokan gas bakal lebih efisien, cepat, dan merata ke masyarakat.
     
    “Kami memahami bahwa ketersediaan energi yang andal adalah faktor kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Diharapkan, kehadiran Terminal LPG Bima akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat, industri, serta sektor UMKM di NTB dan sekitarnya,” jelas dia.
     
    Koordinator Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Migas, Kementerian ESDM, Sugiarto, mengungkapkan, pembangunan Terminal LPG ini merupakan bagian dari penugasan pemerintah.
     

     
    “Pembangunan Terminal LPG, khususnya di Indonesia Timur, merupakan bagian dari penugasan pemerintah melalui Kementerian ESDM. Dari empat lokasi yang ditugaskan, tiga di antaranya ayapura, Wayame, dan Bima, telah selesai dan siap beroperasi, sementara satu lokasi lainnya di Kupang, Nusa Tenggara Timur, masih dalam proses penyelesaian,” ujar Sugiarto.
     
    Kementerian BUMN juga mendukung penuh proyek ini dan memastikan semuanya berjalan sesuai target. Keberadaan Terminal LPG Bima diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi, membantu industri lokal, serta mendukung sektor UMKM. Selain itu, proyek ini juga sejalan dengan visi Asta Cita Presiden Prabowo,
     
    “Sebagai Proyek Strategis Nasional, kami ingin memastikan manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat,” ujar Sub Koordinator Asisten Deputi Bidang Industri, Energi, Minyak, dan Gas Kementerian BUMN, Ni Kadek Yuliartani.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)