Perusahaan: WhatsApp

  • Pria di Sinjai Tewas Ditikam, Alami Luka di Dada – Halaman all

    Pria di Sinjai Tewas Ditikam, Alami Luka di Dada – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Seorang warga bernama Agus Purnama (31) meninggal dunia setelah ditikam dengan senjata tajam jenis badik.

    Peristiwa tragis ini terjadi di Desa Saotengnga, Kecamatan Sinjai Tengah, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Minggu (16/3/2025).

    Menurut keterangan keluarga korban, Fera, kejadian tersebut berlangsung sekira pukul 23.00 WITA.

    “Ditusuk pas bagian dadanya,” ungkap Fera saat dihubungi oleh Tribun Timur melalui WhatsApp.

    Setelah insiden tersebut, Agus langsung dilarikan ke Puskesmas Manimpahoi di Kecamatan Sinjai Tengah.

    Namun, sayangnya, nyawa Agus tidak dapat diselamatkan.

    “Di Puskesmas Manimpahoi meninggal dunia,” tambah Fera.

    Pelaku yang diduga bernama Kahar, merupakan warga setempat dari Kecamatan Sinjai Tengah.

    Hingga saat ini, keberadaan pelaku masih belum diketahui.

    Pihak kepolisian belum memberikan keterangan resmi terkait insiden ini.

    Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

  • BPKH Limited Luncurkan 60 Unit Bus Baru untuk Layanan Jemaah Haji dan Umrah

    BPKH Limited Luncurkan 60 Unit Bus Baru untuk Layanan Jemaah Haji dan Umrah

    Jakarta: BPKH Limited meluncurkan 60 unit bus baru untuk layanan jemaah haji dan umrah. Kedatangan bus baru itu diharapkan dapat memudahkan mobilitas jemaah menjadi lebih lancar, aman, dan nyaman.

    Anggota Badan Pelaksana BPKH M. Arif Mufraini mengatakan, dari 60 bus, 35 di antaranya merupakan investasi melalui skema Kerja Sama Operasional (KSO) dengan perusahaan transportasi Huda Al-Hijaz dan Kayan Almashaer. 

    Arif mengatakan, investasi ini bagian dari strategi BPKH untuk meningkatkan kualitas layanan transportasi bagi jemaah haji dan umrah.

    “Investasi ini menghadirkan fasilitas transportasi yang lebih modern. Kami berharap bus-bus ini dapat memberikan manfaat langsung kepada jemaah,” katanya.

    Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Direktorat Jenderal Pelayanan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Muchlis Muhammad Hanafi menekankan pentingnya transportasi yang andal dalam penyelenggaraan haji dan umrah.

    “Mobilitas jemaah aspek paling krusial dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah. Kami berharap dengan armada baru ini perjalanan jemaah lebih nyaman dan efisien,” ujarnya.

    CEO Kayan Almashaer Khaled Meshfer Al Hashlan menyebut kerja sama ini akan meningkatkan efisiensi dalam mobilitas jemaah.

    “Dengan sinergi ini, kami yakin dapat menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan tepat waktu bagi jemaah,” katanya.

    Chairman of Board of Director Huda Al-Hijaz, Abdulrahman Al-Ghamdi, memastikan seluruh bus yang dioperasikan memiliki standar tertinggi dalam hal keamanan dan kenyamanan. 

    “Kolaborasi ini adalah langkah maju dalam meningkatkan layanan transportasi bagi jemaah haji dan umrah, dan kami optimis terhadap manfaat jangka panjang yang akan dirasakan oleh jemaah,” katanya.

    Peluncuran bus ini diharapkan dapat menjadi model investasi yang berkelanjutan dalam sektor transportasi haji dan umrah, sekaligus mendukung tujuan strategis BPKH dalam meningkatkan pengelolaan dana haji dengan manfaat yang nyata bagi jemaah.

    Seperti diketahui, acara peluncuran berlangsung pada Rabu, 12 Maret 2025, di pool bus Huda Al-Hijaz yang berlokasi di Jummum, Makkah, Arab Saudi. Kegiatan ini menandai langkah strategis dalam pengelolaan keuangan haji melalui investasi langsung dalam ekosistem haji dan umrah yang dijalankan oleh BPKH melalui BPKH Limited.

    Jakarta: BPKH Limited meluncurkan 60 unit bus baru untuk layanan jemaah haji dan umrah. Kedatangan bus baru itu diharapkan dapat memudahkan mobilitas jemaah menjadi lebih lancar, aman, dan nyaman.
     
    Anggota Badan Pelaksana BPKH M. Arif Mufraini mengatakan, dari 60 bus, 35 di antaranya merupakan investasi melalui skema Kerja Sama Operasional (KSO) dengan perusahaan transportasi Huda Al-Hijaz dan Kayan Almashaer. 
     
    Arif mengatakan, investasi ini bagian dari strategi BPKH untuk meningkatkan kualitas layanan transportasi bagi jemaah haji dan umrah.

    “Investasi ini menghadirkan fasilitas transportasi yang lebih modern. Kami berharap bus-bus ini dapat memberikan manfaat langsung kepada jemaah,” katanya.
     
    Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri, Direktorat Jenderal Pelayanan Haji dan Umrah Kementerian Agama RI, Muchlis Muhammad Hanafi menekankan pentingnya transportasi yang andal dalam penyelenggaraan haji dan umrah.
     
    “Mobilitas jemaah aspek paling krusial dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah. Kami berharap dengan armada baru ini perjalanan jemaah lebih nyaman dan efisien,” ujarnya.
     
    CEO Kayan Almashaer Khaled Meshfer Al Hashlan menyebut kerja sama ini akan meningkatkan efisiensi dalam mobilitas jemaah.
     
    “Dengan sinergi ini, kami yakin dapat menghadirkan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan tepat waktu bagi jemaah,” katanya.
     
    Chairman of Board of Director Huda Al-Hijaz, Abdulrahman Al-Ghamdi, memastikan seluruh bus yang dioperasikan memiliki standar tertinggi dalam hal keamanan dan kenyamanan. 
     
    “Kolaborasi ini adalah langkah maju dalam meningkatkan layanan transportasi bagi jemaah haji dan umrah, dan kami optimis terhadap manfaat jangka panjang yang akan dirasakan oleh jemaah,” katanya.
     
    Peluncuran bus ini diharapkan dapat menjadi model investasi yang berkelanjutan dalam sektor transportasi haji dan umrah, sekaligus mendukung tujuan strategis BPKH dalam meningkatkan pengelolaan dana haji dengan manfaat yang nyata bagi jemaah.
     
    Seperti diketahui, acara peluncuran berlangsung pada Rabu, 12 Maret 2025, di pool bus Huda Al-Hijaz yang berlokasi di Jummum, Makkah, Arab Saudi. Kegiatan ini menandai langkah strategis dalam pengelolaan keuangan haji melalui investasi langsung dalam ekosistem haji dan umrah yang dijalankan oleh BPKH melalui BPKH Limited.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (FZN)

  • Anak-anak Bisa Sampaikan Pengaduan dan Saran Lewat Sibadra

    Anak-anak Bisa Sampaikan Pengaduan dan Saran Lewat Sibadra

    JABAR EKSPRES – Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terus meningkatkan layanan pengaduan masyarakat yang juga bisa digunakan anak-anak melalui platform Sibadra (Sistem Informasi Berbagi Aduan dan Saran).

    Dalam upaya sosialisasi ini, masyarakat diperkenalkan dengan berbagai fitur yang memudahkan anak-anak menyampaikan aspirasi, keluhan, atau saran terkait berbagai isu yang mereka hadapi.

    Kepala Diskominfo Kota Bogor, Rahmat Hidayat, menyampaikan bahwa Sibadra menjadi salah satu kanal resmi yang dapat digunakan anak-anak untuk menyampaikan pengaduan secara langsung kepada Pemkot Bogor.

    “Kami ingin memastikan bahwa anak-anak di Kota Bogor memiliki akses yang mudah dan aman untuk menyampaikan keluhan atau aspirasi mereka. Melalui Sibadra, mereka dapat melapor dengan lebih cepat dan responsif,” ujar Rahmat, Jumat (14/3/2025).

    BACA JUGA: Komisaris PT Jaswita Ngaku Sudah Sering Ingatkan Direksi untuk Bongkar Proyek di Puncak Bogor

    Selain melalui aplikasi Sibadra yang dapat diunduh di perangkat Android dan iOS, laporan juga dapat disampaikan via WhatsApp ke nomor 0811-9600-0060.

    Diskominfo Kota Bogor juga mengintegrasikan layanan ini dengan SP4N LAPOR di www.lapor.go.id, SMS 1708, twitter @lapor1708, sistem pengelolaan pengaduan nasional yang memudahkan koordinasi antar instansi dalam menangani laporan masyarakat.

    Pemkot Bogor menghimbau anak-anak agar tidak ragu untuk menggunakan layanan ini jika ada hal-hal yang ingin disampaikan.

    “Kami mengajak anak-anak untuk berani melapor jika mengalami atau melihat sesuatu yang tidak sesuai, baik di lingkungan sekolah, rumah, maupun tempat lainnya. Identitas pelapor dijamin kerahasiaannya, sehingga mereka tidak perlu takut untuk berbicara,” kata Rahmat.

    BACA JUGA: Viral! Pemuda di Bogor Digetok Airsoft Gun Saat Bangunkan Sahur

    Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan semakin banyak anak di Kota Bogor yang mengetahui hak mereka dalam menyampaikan pendapat serta berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

    Pemkot Bogor berkomitmen untuk terus memberikan layanan terbaik guna menciptakan lingkungan yang inklusif dan ramah anak. (YUD/ADV)

  • Komitmen PosIND Kawal Penyaluran Bansos PKH dan Program Sembako 2025

    Komitmen PosIND Kawal Penyaluran Bansos PKH dan Program Sembako 2025

    Jakarta: Pada Ramadan 1446 Hijriah, PT Pos Indonesia (Persero) dengan sematan brand PosIND, kembali menunjukkan kiprah dan perannya sebagai mitra pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial (bansos). 
     
    Seperti tahun-tahun sebelumnya, bansos yang sudah berjalan lebih dari 5 tahun dan secara reguler terus bergulir hingga saat ini, adalah bansos Program Keluarga Harapan (PKH) dan Program Sembako. Pada triwulan pertama tahun 2025, PosIND kembali mengemban amanah untuk menyalurkan bantuan kepada lebih dari 4,2 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia.
     
    Haris selaku Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia memaparkan pernak-pernik bisnis sekaligus kinerja yang dilakukan divisi Bisnis jasa Keuangan PosIND.
     

    “Alhamdulillah pada tahun ini pemerintah kembali memberikan kepercayaan kepada Pos Indonesia untuk ikut membantu menyalurkan bantuan sosial Program Sembako dan PKH. Untuk triwulan 1 tahun 2025 ini, Pos Indonesia memperoleh alokasi sebanyak lebih kurang 4,2 juta penerima manfaat. Dan itu kita mulai kemarin menjelang Ramadan pada 21 Februari 2025. Alhamdulillah dalam 10 hari, tanggal  2 Maret kemarin, kita telah berhasil menyalurkan sebanyak 3,5 juta KPM dengan total anggaran yang sudah kita salurkan sebanyak Rp2,6 triliun,” kata Haris.
     
    Menurut Haris, pencapaian tersebut menunjukkan komitmen kuat perusahaan dalam mendukung program pemerintah, meskipun terdapat tantangan di beberapa wilayah.
     

    Direktur PT Pos Indonesia (Persero) Faizal R Djoemadi bersama penerima Bansos Sembako dan PKH (Foto:Dok.PosIND)

    “Jadi secara rata-rata, sesuai dengan target kita 10 hari pertama itu, alhamdulillah kita sudah bisa menyalurkan 90 persen, kecuali untuk daerah Papua Barat. Karena memang kondisi daerah yang memang memaksa kita agak sedikit terlambat ya,” akunya.

    Keberhasilan di Berbagai Daerah dan Tantangan Papua Barat

    Ketika ditanya mengenai daerah yang mencapai hasil terbaik dalam penyaluran bantuan, Haris menyebutkan daerah di Pulau Jawa tertinggi pencapaiannya. Khususnya Jawa Barat, menjadi wilayah dengan capaian tertinggi dalam realisasi penyaluran bansos yang dilakukan Pos Indonesia dibandingkan berbagai wilayah lain.
     
    “Kalau kita lihat data itu alhamdulillah yang paling tinggi capaiannya ada di Jawa Barat. Jawa Barat itu mencapai 98 persen. Jadi posisi tanggal 2 itu mereka sudah bisa mencapai 98 persen. Karena memang kondisi daerah mendukung ya. Jawa Barat kita lihat transportasi dan sebagainya relatif lebih lancar. Sehingga Alhamdulillah di posisi yang teratas pada saat 2 Maret hingga 10 hari kita menyalurkan itu sudah ada di angka 98 persen,” kata Haris.
     

    Direktur Bisnis Jasa Keuangan PT Pos Indonesia (Persero) Haris (Foto:Dok.PosIND)
     
    Situasi berbeda di belahan wilayah lain khususnya wilayah dengan topografi wilayah pegunungan dan aksesibilitas yang terbatas, seperti di Papua.
     
    “Di Papua Barat itu memang kondisinya menantang ya, dengan kondisi geografis yang sulit diakses, sehingga pencapaiannya agak terlambat dibandingkan daerah lain,” kata Haris.

    Strategi Penyaluran yang Efektif, Efisien, dan Transparan

    Keberhasilan dalam penyaluran bansos ini tak lepas dari strategi matang yang diterapkan PosIND. Strategi ini telah terbukti beberapa tahun dalam konteks fund disbursement atau penyaluran/distribusi dana. 
     
    PosIND mengelaborasi beberapa metode dan menegaskan tiga metode penyaluran dana bantuan adalah yang paling efektif dan efisien. Tiga metode atau tiga pola utama yang telah menjadi pakem dan ciri khas PosIND tersebut, yaitu Pembayaran langsung di Kantorpos, distribusi atau pencairan melalui  komunitas, dan pengantaran langsung ke rumah KPM atau yang sering disebut penyaluran door to door.
     
     
    KPM mengambil dana Bansos Sembako dan PKH di Kantorpos (Foto:Dok.PosIND)
     
    “Kita tetap melakukan penyaluran dengan tiga pola, yakni dibayarkan di Kantorpos, kemudian dilakukan di komunitas, dan diantar khusus untuk yang sakit, difabel ataupun yang tidak bisa datang ke Kantorpos. Nah karena itu teman-teman saya (di lapangan) melakukan mapping terkait dengan alokasi di masing-masing tempat bayar. Ini di setiap kantor, ya. Dari sana kita akan tahu berapa sumber yang harus kita siapkan,” jelas Haris.
     
    Haris mengungkapkan persiapan yang dilakukan termasuk pemetaan wilayah serta perhitungan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan infrastruktur yang dibutuhkan.
     
    Ia menambahkan jika mereka ingin target tercapai 90 persen dalam 10 hari, maka petugas di lapangan sudah punya hitungan berapa alokasi waktu yang dibutuhkan untuk diselaraskan dengan jumlah KPM yang akan didistribusikan.
     
    “Jadi teman-teman di lapangan yang akan mengukur nih. Kalau selama ini misalnya satu hari teman-teman bisa menyalurkan berapa, targetnya berapa,” katanya.

    Pos Giro Cash: Inovasi Teknologi dalam Penyaluran Bansos

    Dalam penyaluran bansos, PosIND menggunakan aplikasi Pos Giro Cash untuk memastikan transparansi dan akurasi data.
     
    “Kita menggunakan aplikasi yang sudah kita siapkan, Pos Giro Cash. Jadi, Pos Giro Cash ini memang sangat mendukung proses pembayaran kita. Alhamdulillah, aplikasi ini terus kita kuatkan, kemudian fitur-fitur yang kemarin sudah tersematkan itu seperti geotagging, foto rumah, dan sebagainya tetap ada di Pos Giro Cash kita,” tutur Haris.
     
     
    Dalam penyaluran bansos, PosIND menggunakan aplikasi Pos Giro Cash untuk memastikan transparansi dan akurasi data (Foto:Dok.PosIND)
     
    Aplikasi ini juga dirancang untuk kondisi tanpa jaringan internet, sehingga tetap bisa mendukung pembayaran hingga ke daerah-daerah terpencil.
     
    “Memang aplikasi Pos Giro Cash disiapkan juga untuk kondisi yang tidak ada jaringan internet. Jadi walau tanpa internet tetap bisa dilakukan proses perekaman, misalnya difoto penerimanya, foto rumahnya, begitu. Kemudian nanti pada saat petugas sudah berada di daerah yang terdapat jaringan internet, maka akan secara otomatis mengunggah data yang tadi sudah direkamnya,” ujar Haris menjelaskan.

    Pendekatan Door to Door Diterapkan untuk Wilayah 3T

    Pendekatan penyaluran secara door to door menjadi salah satu ciri khas PT Pos Indonesia (Persero) dalam penyaluran bantuan, terutama untuk penerima yang membutuhkan perhatian khusus.
     

    “Proses antaran ini kita lakukan untuk penerima manfaat yang sedang sakit, yang difabel, kemudian yang memang tidak bisa datang ke Kantorpos. Sebenarnya kita membuka ruang juga untuk misalnya penerima karena kondisi tertentu menyampaikan, ‘saya minta tolong diantarlah.’ Itu bisa juga kita lakukan, asal mereka sampaikan lebih awal,’ kata Haris.
     
    Selain untuk penyaluran kepada KPM dengan kondisi-kondisi tertentu tadi, Pos Indonesia juga menggunakan metode atau strategi yang sama dalam menjangkau daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Ya, metode door to door menjadi andalan utama yang diterapkan Pos Indonesia untuk melakukan penyaluran di wilayah 3T ini.
     
    Namun, agar pelaksanaan metode ini berjalan lancar, PosIND juga melakukan langkah yang tak kalah penting, yakni berkoordinasi dan bekerja sama dengan pemerintah daerah dan TKSK, hingga pendamping PKH. Dalam proses penyaluran, Pos Indonesia juga menyesuaikan metode distribusi dengan kondisi wilayah, termasuk menggunakan transportasi udara di Papua.
     
    “Kami telah menyiapkan sistem yang memungkinkan pencatatan penerima manfaat meskipun dalam kondisi offline. Data yang dikumpulkan akan otomatis terunggah begitu tersedia jaringan internet,” tambah Haris.

    Komitmen Jaga Integritas dan Kepercayaan Masyarakat

    Dalam menjalankan amanah ini PosIND menekankan pentingnya integritas kepada seluruh karyawannya. PosIND menegaskan program penyaluran bansos merupakan amanah dari negara dan harus dijalankan dengan integritas tinggi.
     

    KPM difoto bersama dana bansos yang telah diterima dan identitas diri sebagai bukti penyaluran (Foto:Dok.PosIND)
     
    “Kami terus melakukan sosialisasi agar masyarakat tahu bahwa bantuan ini gratis. Kami juga membuka layanan pengaduan untuk menampung keluhan penerima manfaat,” katanya.
     
    Haris pun memastikan dalam proses penyaluran tidak boleh ada pungutan liar atau pemotongan dana bantuan.
     
    “Kami terus mengingatkan kawan-kawan saya untuk betul-betul punya integritas bahwa ini menjadi amanah yang harus bisa kita tunaikan dengan baik. Jadi, kita buat sosialisasi bahwa ini tidak boleh ada potongan,” kata Haris.

    Visi Digitalisasi dan Masa Depan

    Menyongsong masa depan, Haris menjelaskan bahwa PT Pos Indonesia terus mendukung program pemerintah, termasuk rencana digitalisasi pembayaran bantuan sosial.
     
    “Ke depan memang pemerintah sudah melakukan upaya-upaya perbaikan terkait dengan penyaluran ini, termasuk juga rencana tentang digitalisasi pembayaran bansos, ya. Jadi, Pos akan hadir, ya. Sejujurnya kita pun PosIND ini sama seperti perbankan. Kami punya rekening giro, ya,” tuturnya.
     
    Dengan pendekatan strategis dan inovasi teknologi, PosIND terus berkomitmen menjadi mitra pemerintah yang andal dalam menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat.
     
    Sebagai BUMN tertua di Indonesia, PT Pos Indonesia (Persero) berkomitmen menjadi lokomotif dalam sektor logistik nasional. Dengan mengedepankan integritas, inovasi, dan sinergi dengan pemerintah maupun masyarakat, PT Pos Indonesia siap membawa layanan logistik Indonesia menuju masa depan yang lebih modern dan inklusif, memastikan bahwa bantuan dan pelayanan menjangkau setiap pelosok negeri dengan cepat, tepat, dan penuh tanggung jawab.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Apa Itu Meta AI yang Ada di WhatsApp, Instagram, dan Facebook? – Page 3

    Apa Itu Meta AI yang Ada di WhatsApp, Instagram, dan Facebook? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Meta mengklaim asisten kecerdasan buatan (AI) besutannya yaitu Meta AI, telah digunakan oleh lebih dari 400 juta orang setiap bulan. Lantas, apa itu Meta AI yang saat ini ada di WhatsApp, Instagram, dan Fecebook?

    Mengutip laman resmi Meta, Senin (17/3/2025), Meta AI adalah layanan opsional dari Meta yang bisa menjawab pertanyaan, mengajari sesuatu, atau memberikan ide baru.

    Meta AI  hadir sebagai asisten virtual yang membantu pengguna di berbagai platform Meta, menjawab pertanyaan, menerjemahkan bahasa, dan bahkan membuat gambar. 

    Fungsi Meta AI sangat beragam, mulai dari asisten virtual interaktif hingga alat bantu kreativitas. Di Instagram, ia dapat membantu membuat stiker dan animasi untuk Stories.

    Sementara di WhatsApp, pengguna bisa memanfaatkannya untuk membuat draft pesan dan bahkan memanggilnya dengan mengetik @MetaAI dalam grup.

    Belum lama ini, Meta AI memiliki fitur multimoda baru berkat model Llama 3.2 yang membuatnya lebih pintar, bermanfaat, dan menyenangkan. Kamu dapat menggunakan suara untuk berbicara dengan Meta AI di WhatsApp, Instagram, dan Facebook.

    Saat fitur ini mulai diluncurkan, kamu dapat memilih dari berbagai pilihan suara untuk asisten, termasuk beberapa suara yang sudah dikenal seperti suara AI dari Awkwafina, Dame Judi Dench, John Cena, Keegan Michael Key, dan Kristen Bell.

    Di update terbaru Meta AI, kamu bisa dengan mudah membagikan gambar yang dihasilkan AI sehingga teman-teman kamu dapat melihat, bereaksi, atau menirunya. Meta AI juga dapat menyarankan teks untuk Stories di Facebook dan Instagram.

    Kamu pun dapat memilih dari daftar tema obrolan di Facebook Messenger dan DM Instagram yang mengubah latar belakang dan warna gelembung teks untuk semua orang dalam obrolan.

    Meta juga memperluas AI ke ribuan bisnis yang menggunakan iklan untuk mengirim pesan di WhatsApp dan Messenger dalam bahasa Inggris, sehingga mereka dapat dengan cepat menyiapkan AI bisnis yang dapat berbicara dengan pelanggan mereka, menawarkan dukungan, dan memfasilitasi perdagangan.

  • Jangan Langsung Habis, Simak Cara Bijak Mengatur THR

    Jangan Langsung Habis, Simak Cara Bijak Mengatur THR

    Jakarta: Tunjangan Hari Raya (THR) sering kali menjadi ‘angin segar’ bagi banyak orang menjelang Lebaran. Sayangnya, tanpa perencanaan yang baik, uang ini bisa langsung habis tanpa sisa. 
     
    Padahal, kalau dikelola dengan bijak, THR bisa jadi bekal keuangan jangka panjang. 
     
    Direktur Utama PT Indonesia Fintopia Technology (Easycash) Nucky Poedjiardjo mengatakan THR seringkali dianggap sebagai angin segar untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan menjelang hari raya. 

    Namun, THR seharusnya dapat kita manfaatkan lebih strategis sebagai peluang untuk memperkuat pondasi keuangan. 
     
    “Manajemen keuangan yang baik adalah kunci stabilitas finansial. THR bukan sekadar tambahan pemasukan, melainkan peluang untuk membangun masa depan yang lebih terencana,” kata Nucky dalam keterangan tertulis, Senin, 17 Maret 2025.
     

    Oleh karena itu, simak cara cerdas mengelola THR agar tetap bermanfaat bahkan setelah Lebaran usai!
    1. Terapkan aturan 40:30:20:10

    Agar THR tidak habis begitu saja, coba gunakan strategi alokasi dana dengan rasio 40:30:20:10:
     
    40 persen untuk kebutuhan hidup dan gaya hidup, seperti makanan, transportasi, dan keperluan Lebaran.
    30 persen untuk membayar cicilan atau utang, supaya kondisi finansial tetap sehat.
    20 persen untuk investasi dan tabungan, seperti dana darurat, asuransi, atau reksa dana.
    10 persen untuk zakat dan sedekah, agar keberkahan THR semakin terasa.
    2. Tetapkan prioritas pengeluaran
    Sebelum membelanjakan THR, buat daftar prioritas. Pastikan kebutuhan utama seperti kesehatan, pendidikan, atau investasi diri mendapat porsi lebih besar daripada pengeluaran konsumtif.
     
    “Penting untuk membedakan antara keinginan dan kebutuhan, terutama di momen seperti Lebaran. Jangan sampai euforia Lebaran membuat kita lupa akan kebutuhan jangka panjang apalagi tanggung jawab seperti hutang atau kewajiban lainnya,” ujar Nucky.
     

    3. Hindari pengeluaran impulsif
    Momen Lebaran sering membuat kita tergoda belanja berlebihan. Diskon besar-besaran sering kali memancing pengeluaran yang tidak direncanakan. Untuk menghindari hal ini, buat daftar belanja dan patuhi anggaran yang sudah disusun.
     
    Nucky menekankan pentingnya disiplin dalam keuangan. 
     
    “Sebelum berbelanja, buatlah daftar kebutuhan dan pastikan kita tetap berpegang pada anggaran yang telah dibuat tersebut,” ucap Nucky.
     
    Easycash mengajak masyarakat untuk lebih bijak dalam setiap pengeluaran keuangan, dan menyarankan untuk selalu berpikir dua kali sebelum membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. 
     
    “Jadikan Lebaran sebagai momentum perubahan diri ke arah yang semakin positif. Mari kita kelola THR dengan bijak, agar lebaran tahun ini tak hanya berkesan, tapi juga berdampak baik bagi masa depan kita,” tutur Nucky.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Meta Buka Monetisasi Facebook Stories! Kreator Bisa Cuan dari Konten Harian – Page 3

    Meta Buka Monetisasi Facebook Stories! Kreator Bisa Cuan dari Konten Harian – Page 3

    Di sisi lain, Meta dikabarkan berencana meluncurkan aplikasi mandiri untuk asisten AI mereka, Meta AI. Hal ini dilakukan guna memperkuat persaingan dengan chatbot AI seperti ChatGPT dari OpenAI dan Gemini dari Google.

    Menurut laporan CNBC, aplikasi mandiri Meta AI diprediksi akan dirilis pada kuartal fiskal berikutnya (sekitar April–Juni 2025). Saat ini, Meta AI hanya dapat diakses melalui platform Meta seperti Facebook dan WhatsApp.

    Mengutip TechCrunch, Senin (3/3/2025), Meta juga dilaporkan tengah mengembangkan layanan berlangganan untuk Meta AI. Layanan ini disebut akan menawarkan fitur tambahan yang belum diumumkan. Sejauh ini, rincian harga layanan ini pun belum diketahui.

    Dengan lebih dari 700 juta pengguna aktif bulanan, Meta AI menjadi bagian penting dari strategi Meta untuk memperkuat posisinya di bidang AI. Perusahaan ini juga aktif merilis model AI terbuka seperti Llama, yang diharapkan mampu membangun ekosistem saingan bagi OpenAI.

    Sementara itu, sebelumnya diungkap kalau Meta berencana menggelar konferensi pengembang bertajuk LlamaCon pada akhir April. Konferensi pengembang ini akan berfokus pada pengembangan teknologi AI.

    Dalam beberapa bulan terakhir, Meta memang semakin gencar memperkuat persaingannya di industri kecerdasan buatan (AI). 

  • 8
                    
                        Kereta Tabrak Pajero di Serang Banten, Petinggi Travel Umrah Meninggal di Lokasi
                        Regional

    8 Kereta Tabrak Pajero di Serang Banten, Petinggi Travel Umrah Meninggal di Lokasi Regional

    Kereta Tabrak Pajero di Serang Banten, Petinggi Travel Umrah Meninggal di Lokasi
    Tim Redaksi
    SERANG, KOMPAS.com
    – Kecelakaan antara kereta api barang dengan mobil
    Mitsubishi Pajero
    terjadi di perlintasan Kemang Pusri, Kota Serang, Banten, pada Senin (17/3/2024) pagi.
    Akibat insiden kecelakaan tersebut, sopir Pajero yang diketahui bos travel umrah, Masagus Ahmad Azizi (54), meninggal dunia di lokasi.
    Adapun putrinya yang duduk di kursi penumpang, inisial MSQ (21), mengalami luka-luka.
    Kanit Laka Lantas Polresta Serang Kota, Ipda Dedi Yuanto, mengatakan peristiwa kecelakaan berawal saat kendaraan Pajero Sport yang dikemudikan MA melaju dari arah Kemang Pusri ke Serang Timur pada pukul 05.30 WIB.
    Setibanya di lokasi perlintasan kereta, MA diduga tak mengetahui akan ada kereta api barang dari arah Merak menuju Rangkasbitung.
    “Tiba di tempat kejadian, tepatnya di Pos JPL (jalur perlintasan langsung) 225 Pusri, bertabrakan dengan kereta api barang jurusan Merak-Rangkasbitung,” kata Dedi kepada Kompas.com melalui pesan WhatsApp.
    Benturan pun terjadi hingga mobil terseret sekitar 4 meter dari lokasi perlintasan berpalang pintu.
    Polisi belum mengetahui penyebab kecelakaan dan masih memeriksa saksi-saksi, termasuk penjaga palang pintu.
    “Untuk penyebab kecelakaan, untuk sementara kami sedang olah TKP dan minta klarifikasi ke saksi. Memang di lokasi berpalang pintu,” ujar Dedi.
    Korban meninggal
    sudah dibawa ke rumah sakit dan untuk korban luka-luka sudah mendapatkan perawatan medis di RSUD dr Drajat Prawiranegara Serang.
     
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Cara Membuat Tulisan Bahasa Arab di WhatsApp, Cocok untuk Ucapan Lebaran

    Cara Membuat Tulisan Bahasa Arab di WhatsApp, Cocok untuk Ucapan Lebaran

    Bisnis.com, JAKARTA — Salah satu fitur yang sering dicari pengguna WhatsApp di bulan Ramadan atau menjelang Idulfitri (lebaran) adalah fitur menulis dalam bahasa Arab. Berikut cara menulis menggunakan bahasa arab yang mungkin dapat membantu Anda dalam berkomunikasi lewat bahasa arab. 

    Menulis dalam bahasa Arab di WhatsApp memiliki beberapa kegunaan seperti berkomunikasi dengan penutur asli bahasa Arab, berdiskusi tentang topik-topik keagamaan atau Al-Qur’an, meningkatkan kemampuan berbahasa Arab hingga mengirim ucapan selamat hari raya seperti Idulfitri

    Adapun bahasa Arab di Android dan iOS hampir mirip, sehingga Anda tidak perlu bingun dan khawatir. 

    Berikut langkah-langkah Menulis Arab di WhatsApp untuk Android

    1. Buka menu “Pengaturan” di perangkat Android Anda

    2. Cari dan pilih opsi “Bahasa dan Input”

    3. Pilih “Virtual Keyboard” atau “Keyboard di layar”

    4. Pilih Gboard (atau keyboard bawaan lainnya)

    5. Pilih “Languages” (Bahasa) dan tambahkan Bahasa Arab

    6. Pastikan opsi “Use System Language” dinonaktifkan jika ingin beralih secara manual

    7. Buka WhatsApp dan mulai mengetik. Tekan ikon globe atau tahan tombol spasi untuk mengganti ke keyboard Arab.

    Cara Menulis Arab di WhatsApp untuk iOS

    1. Buka menu “Settings” di iPhone Anda

    2. Pilih “General” kemudian “Keyboard”

    3. Pilih “Keyboards” dan tekan “Add New Keyboard”

    4. Cari dan pilih “Arabic”

    5. Buka WhatsApp, tekan ikon globe pada keyboard untuk mengganti ke bahasa Arab.

    Saat menulis bahasa Arab sebaiknya Anda mengaktifkan fitur auto-correct untuk mempermudah penulisan. Tanpa menggunakan fitur ini, takutnya tulisan yang Anda berikan keliru sehingga terjadi kesalahpahaman. 

    Sementara itu, untuk menulis huruf berharakat, tekan dan tahan huruf tertentu pada keyboard. Kehadiran harakat akan membuat isi pesan menjadi lebih jelas. 

    Cara mematikan fitur penulisan bahasa arab ….

  • Tornado Terjang Amerika Serikat, Puluhan Orang Tewas

    Tornado Terjang Amerika Serikat, Puluhan Orang Tewas

    Jakarta

    Setidaknya 37 orang tewas di Amerika Serikat termasuk 12 orang di Negara Bagian Missouri saja setelah sejumlah angin tornado menerjang bagian selatan dan tenggara AS.

    Di Negara Bagian Kansas, setidaknya delapan orang tewas setelah lebih dari 55 kendaraan terlibat dalam kecelakaan akibat badai debu.

    Lebih dari 170.000 bangunan tidak mendapat pasokan listrik di lima negara bagian termasuk Michigan, Missouri, dan Illinois pada Sabtu (15/03) malam, menurut situs Power Outage.

    Cuaca buruk diperkirakan bakal terus melanda wilayah tersebut. Saat ini pemerintah AS merilis peringatan bahaya tornado di Louisiana timur, Georgia barat, Tennessee tengah, dan Florida barat.

    Stevie Kara mencari barang-barang pribadinya setelah rumahnya hancur diterjang tornado di Poplar Bluff, Missouri, Sabtu (15/03). Kara berada di rumah ketika tornado melanda. Dia terbangun di tanah dan membutuhkan jahitan di tangan dan kakinya. (Getty Images)

    Di Mississippi, Gubernur Tate Reeves mengumumkan sebanyak enam orang meninggal dunia akibat imbas beberapa tornado.

    Beberapa peringatan tornado juga dirilis di Alabama pada Sabtu (15/03) malam.

    Tornado yang menerjang Poplar Bluff, Missouri, menghancurkan berbagai bangunan. (Getty Images)

    Badan meteorologi National Weather Service (NWS) mengatakan banjir bandang ini dapat berakibat fatal.

    NWS memperingatkan “beberapa tornado yang kuat hingga ganas” di wilayah tersebut. Lembaga itu menyebut situasi itu “sangat berbahaya”.

    “Jika Anda tinggal di wilayah ini, pergilah ke bangunan paling kokoh yang dapat Anda akses dan tetaplah di tempat hingga badai berlalu.”

    Jejak kehancuran

    Sejumlah rusak rusak parah setelah diterjang tornado di Florissant, Missouri, Sabtu (15/03). (Reuters)

    Gubernur Missouri, Mike Kehoe, mengatakan wilayahnya telah “dihancurkan oleh badai dan tornado dahsyat, yang mengakibatkan rumah-rumah hancur dan banyak nyawa melayang”.

    Badan manajemen darurat Missouri mengatakan laporan awal menunjukkan 19 tornado telah menghantam 25 daerah sejauh ini.

    Sebuah rumah hancur diterjang tornado di Florissant, Missouri, Sabtu (15/03). (Reuters)

    Di Arkansas, sebanyak tiga orang meninggal dunia dan 29 cedera. Kondisi ini mendorong Gubernur Sarah Huckabee Sanders untuk mengumumkan keadaan darurat.

    Gubernur Georgia, Brian Kemp, juga mengumumkan keadaan darurat. Adapun Gubernur Oklahoma, Kevin Stitt, mengonfirmasi satu orang telah tewas di wilayahnya.

    Badai debu yang menyebabkan tiga kematian di Texas pada Jumat (14/03) malam menyebabkan sekitar 38 mobil tertabrak.

    “Ini yang terburuk yang pernah saya lihat,” Sersan Cindy Barkley, dari departemen keselamatan publik negara bagian, mengatakan kepada wartawan.

    “Kami tidak tahu bahwa mereka semua berkumpul sampai debu mulai mereda.”

    BBC

    BBC News Indonesia hadir di WhatsApp.

    Jadilah yang pertama mendapatkan berita, investigasi dan liputan mendalam dari BBC News Indonesia, langsung di WhatsApp Anda.

    BBC

    Tornado juga memicu lebih dari 150 kebakaran hutan dan menjungkirbalikkan beberapa truk semi trailer di bagian tengah AS, CBS melaporkan.

    Di Oklahoma, salah satu kebakaran tersebut telah membakar lahan seluas 27.500 hektare dan belum dapat dikendalikan, menurut Dinas Kehutanan Oklahoma.

    Badan tersebut telah mengeluarkan peringatan “bendera merah”, yang menandakan bahaya kebakaran yang parah.

    Bagaimana tornado terbentuk dan mengapa wilayah itu dilanda tornado?

    Tornado terbentuk ketika udara hangat dan lembap naik, bercampur dengan udara dingin di atas sehingga membentuk awan badai.

    Angin yang bertiup dari arah yang berbeda menyebabkan udara berputar, menciptakan pusaran udara yang bergerak ke atas.

    Sejumlah negara bagian yang diterjang tornado berada dalam jalur yang sering dilanda fenomena cuaca tersebut.

    Oleh sebab itu, wilayah tersebut dijuluki Tornado Alley, karena geografinya ideal untuk pembentukan tornado.

    Sebuah rumah hancur diterjang tornado di Florissant, Missouri, Sabtu (15/03). (Reuters)

    Pada 2024, 54 orang tewas dalam insiden terkait tornado, menurut lembaga penyedia data atmosfer dan kelautan AS (NOAA). Dari jumlah tersebut, sembilan orang tewas di Texas, delapan orang tewas di Oklahoma, lima di Arkansas, dan satu di Missouri.

    Musim tornado puncak di Tornado Alley berlangsung dari Mei hingga Juni. Namun, para ahli meteorologi memperingatkan bahwa tornado dapat terjadi kapan saja sepanjang tahun.

    Lihat Video dari Udara: Missouri Luluh Lantak Disapu Tornado

    (ita/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Usulkan Polisi Teladan di sekitarmu