Perusahaan: WhatsApp

  • Ada 6 Tanda WA Diblokir, Banyak yang Tidak Nyadar!

    Ada 6 Tanda WA Diblokir, Banyak yang Tidak Nyadar!

    Jakarta, CNBC Indonesia – WhatsApp menyediakan fitur pemblokiran yang memungkinkan pengguna menghentikan kontak tertentu untuk berkomunikasi, baik lewat pesan maupun panggilan. Fitur ini bisa diakses langsung melalui aplikasi.

    Meskipun begitu, WhatsApp tidak memberikan pemberitahuan ketika seseorang memblokir nomor Anda. Sejumlah indikator memang dapat terlihat, namun dibuat tidak tegas demi menjaga privasi penggunanya.

    “Kami sengaja membuat ini ambigu untuk melindungi privasi Anda saat Anda memblokir seseorang. Dengan demikian kami tidak bisa memberitahu Anda jika Anda diblokir oleh orang lain,” jelas WhatsApp, dikutip Minggu (16/11/2025).

    Berikut enam tanda yang dapat menunjukkan bahwa nomor Anda telah diblokir:

    1. Foto Profil Tidak Terlihat
    Jika Anda tidak dapat melihat foto profil seseorang, bisa jadi Anda telah diblokir. Namun perlu diingat, kondisi ini juga dapat terjadi ketika pengguna tersebut menonaktifkan foto profil, tidak memasang foto, atau tidak menyimpan nomor Anda.

    2. Pesan Hanya Centang Satu
    Pesan yang terkirim normalnya ditandai dengan dua centang, dan berubah menjadi biru ketika dibaca. Jika pesan yang Anda kirim hanya menampilkan satu centang dalam waktu lama, ada kemungkinan Anda diblokir. Namun bisa juga pesan tak terkirim karena kendala koneksi internet.

    3. Status Last Seen Tidak Muncul
    Ketiadaan informasi Last Seen juga menjadi salah satu indikator pemblokiran. Meski demikian, pengguna bisa saja mematikan fitur tersebut sehingga tidak ada siapa pun yang dapat melihat status Last Seen-nya.

    4. Tidak Bisa Melakukan Panggilan
    Ketika diblokir, panggilan WhatsApp tidak akan tersambung. Status panggilan hanya akan menampilkan memanggil, bukan berdering. Meski begitu, kondisi ini juga terjadi jika pengguna tersebut sedang tidak memiliki akses internet.

    5. Status WhatsApp Tidak Dapat Dilihat
    Jika Anda tidak bisa melihat pembaruan status orang tersebut, kemungkinan Anda diblokir. Namun bisa juga karena mereka mengatur privasi status hanya untuk kontak tertentu.

    6. Tidak Bisa Mengundang ke Grup
    Tanda lain adalah ketika Anda tidak dapat mengundang pengguna tersebut ke dalam grup WhatsApp. Jika ini terjadi, ada kemungkinan mereka telah memblokir nomor Anda.

    (mkh/mkh)

    [Gambas:Video CNBC]

  • WhatsApp Bisa Dipakai Berkirim Pesan dengan Aplikasi Chat Lain, Tapi…

    WhatsApp Bisa Dipakai Berkirim Pesan dengan Aplikasi Chat Lain, Tapi…

    Jakarta

    WhatsApp resmi meluncurkan integrasi dengan aplikasi pihak ketiga, yang artinya aplikasi milik Meta ini bisa dipakai untuk berkirim pesan dengan aplikali lain. Sayangnya, fitur ini tidak tersedia untuk semua pengguna WhatsApp.

    Fitur ini diluncurkan sebagai upaya Meta untuk mematuhi aturan Digital Markets Act (DMA) yang diterapkan Uni Eropa. Oleh karena itu, fitur ini hanya tersedia untuk pengguna WhatsApp di Benua Biru.

    “Setelah uji coba skala kecil yang sukses selama beberapa bulan terakhir, opsi bagi pengguna untuk mengobrol langsung dengan pengguna aplikasi BirdyChat dan Haiket via chat pihak ketiga akan segera digulirkan di seluruh Eropa,” tulis Meta dalam postingan blognya, seperti dikutip dari TechCrunch, Minggu (16/11/2025).

    “Ini menandai tonggak penting dalam kepatuhan Meta terhadap persyaratan interoperabilitas berdasarkan Digital Markets Act (DMA) yang diterapkan Uni Eropa,” imbuhnya.

    Pengguna WhatsApp di Eropa yang sudah mengaktifkan integrasi pihak ketiga bisa berkirim pesan, gambar, pesan suara, video, dan file. Opsi untuk membuat grup dengan pengguna pihak ketiga akan diluncurkan setelah mitra aplikasi Meta siap untuk mendukungnya.

    Fitur ini bersifat opsional, dan pengguna bisa mengaktifkan atau menonaktifkan chat pihak ketiga kapan saja. Dalam beberapa bulan ke depan, pengguna WhatsApp di Eropa akan melihat notifikasi di tab Settings yang menjelaskan opsi untuk terhubung dengan pengguna aplikasi chatting pihak ketiga.

    Integrasi ini hanya berlaku di aplikasi Android dan iOS, sehingga tidak bisa digunakan di desktop, web, atau tablet. Keamanan dan privasi chat pengguna WhatsApp tetap dijaga enkripsi end-to-end karena aplikasi pihak ketiga harus menawarkan tingkat enkripsi yang sama seperti WhatsApp.

    Meta mengatakan kemitraannya dengan BirdyChat dan Haiket adalah hasil kolaborasi selama tiga tahun dengan layanan berkirim pesan di Eropa dan Komisi Eropa untuk mengembangkan solusi chat pihak ketiga yang mematuhi persyaratan DMA.

    Ke depannya, Meta juga mengatakan mereka akan terus memperluas integrasi WhatsApp dengan lebih banyak aplikasi, sebagaimana diwajibkan aturan DMA.

    (vmp/rns)

  • 7
                    
                        Warga Ramai-ramai Antre Kartu Gratis Transportasi Umum di Bundaran HI
                        Megapolitan

    7 Warga Ramai-ramai Antre Kartu Gratis Transportasi Umum di Bundaran HI Megapolitan

    Warga Ramai-ramai Antre Kartu Gratis Transportasi Umum di Bundaran HI
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Sejumlah warga memadati kawasan Bundaran HI untuk mengantre layanan pendaftaran serta pengambilan Kartu Layanan Gratis (KLG) yang kembali dibuka Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta pada car free day (CFD), Minggu (16/11/2025).
    Berdasarkan pengamatan
    Kompas.com
    , antrean warga sudah terlihat mengular sejak pukul 06.00 WIB.
    Ratusan orang berdiri memanjang hingga sisi Jalan MH Thamrin.
    Suasana ramai tampak dari kerumunan warga lansia, keluarga yang mendampingi, dan petugas Dishub yang berupaya mengatur alur antrean.
    Di area tenda Dishub yang berdiri di tengah keramaian CFD, warga terlihat bergerak perlahan menuju meja pelayanan.
    Beberapa petugas memberikan pengarahan melalui pengeras suara, sementara lainnya memeriksa berkas dan membantu warga yang bingung dengan alur pendaftaran.
    Di dalam tenda, petugas tampak sibuk melayani proses verifikasi KTP, mencocokkan data, serta menyerahkan kartu bagi warga yang sudah terjadwal menerima KLG.
    Di luar tenda, antrean terus memanjang karena sebagian warga datang untuk pendaftaran langsung tanpa mendaftar secara daring.
    Salah satu yang hadir adalah Nila (62), warga Bendungan Hilir, yang datang untuk mengambil kartunya sesuai jadwal.
    “Saya daftar lewat online saja, anak saya yang bantu. Dua hari lalu saya dapat undangan untuk pengambilan kartu,” kata Nila saat ditemui di lokasi.
    Ia mengaku proses pengambilannya berlangsung cepat.
    “Tadi gampang, cuma nunjukin KTP saja. Enggak pakai syarat macam-macam. Saya dipanggil tanggal 11, cepat kok, nggak ada kendala,” ujarnya.
    Namun, menurutnya, antrean menjadi kacau karena banyak peserta yang datang tidak sesuai jadwal.
    “Di sini tertulis jelas pengambilan kartu itu pukul 06.00–07.00. Tapi banyak yang datang jam 8 atau 9, akhirnya numpuk,” tuturnya.
    Nila menilai petugas perlu mempertegas pengumuman di lapangan.
    “Sebaiknya yang telat diarahkan saja ke kantor TransJakarta. Ini kan layanan gratis dari pemerintah, jadi semua harus ikut aturan,” katanya.
    Nila menuturkan ia mengetahui informasi pendaftaran dari temannya sebelum memastikan kembali melalui internet.
    “Anak saya bantu daftar
    online
    , keluar jadwal, ya tinggal datang sesuai waktu,” ucapnya.
    Tidak hanya lansia, antrean juga dipadati kalangan keluarga miskin yang berharap bisa ikut mendapatkan bantuan transportasi ini.
    Salah satunya Rina (34), warga Tanah Abang, yang datang sejak subuh.
    “Saya tahu dari grup WhatsApp RT. Karena keluarga saya masuk DTKS, saya tanya Pak RT apa boleh ikut daftar. Katanya bisa, asal datang pagi,” ujar Rina.
    Ia mengaku datang tanpa pendaftaran
    online
    karena takut salah mengisi formulir.
    “Saya enggak daftar online soalnya takut salah isi. Jadi coba datang langsung saja,” ujarnya.
    Ketika tiba di lokasi sekitar pukul 06.00 WIB, antrean sudah sangat panjang.
    “Tetap saja sudah ramai. Katanya kuotanya terbatas, jadi deg-degan juga. Mudah-mudahan kebagian,” ujarnya.
    Rina mengatakan kartu tersebut sangat berarti untuk keluarganya.
    “Kalau dapat, lumayan banget mengurangi biaya transportasi saya dan suami. Kami keluarga pas-pasan, bantuan apa pun sangat berarti,” ucapnya.
    Ia berharap pemerintah lebih mempertimbangkan warga dengan keterbatasan akses digital.
    “Banyak yang ekonomi lemah justru paling kesulitan daftar
    online
    . Harapannya petugas bisa bantu warga kayak kami,” katanya.
    Sebelumnya layanan yang digelar pukul 06.00–10.00 WIB ini ditujukan bagi lansia berusia 60 tahun ke atas yang ingin mendapatkan fasilitas transportasi publik gratis dari Pemprov DKI Jakarta.
    Selain pendaftaran baru, Dishub juga membuka layanan pengambilan kartu bagi warga yang sebelumnya dijadwalkan hadir pada 2 dan 9 November 2025 atau yang sudah mendapatkan pemberitahuan resmi dari PT Transportasi Jakarta (TransJakarta).
    Meskipun ramai, pelayanan tetap berjalan. Petugas memastikan verifikasi data dilakukan satu per satu untuk menghindari kesalahan input.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
    Fitur Apresiasi Spesial dari pembaca untuk berkontribusi langsung untuk Jurnalisme Jernih KOMPAS.com
    melalui donasi.
    Pesan apresiasi dari kamu akan dipublikasikan di dalam kolom komentar bersama jumlah donasi atas nama
    akun kamu.

  • Siap Rilis, WhatsApp Akan Terintegrasi dengan Aplikasi Pesan Pihak Ketiga di Eropa

    Siap Rilis, WhatsApp Akan Terintegrasi dengan Aplikasi Pesan Pihak Ketiga di Eropa

    JAKARTA – WhatsApp akan meluncurkan opsi penggunaan layanan pesan pihak ketiga di platform-nya dalam waktu dekat. Fitur yang mengedepankan interoperabilitas ini akan tersedia khusus di Eropa.

    Platform di bawah naungan Meta ini sengaja meluncurkan dukungan layanan pihak ketiga untuk mematuhi Undang-Undang Pasar Digital (DMA). Meski mengedepankan interoperabilitas, fitur yang disebut ‘obrolan pihak ketiga’ ini tetap memiliki persyaratan.

    Sebagaimana dijelaskan dalam unggahan blog Meta, WhatsApp mengatakan bahwa layanan pesan pihak ketiga bisa diakses melalui platform-nya jika layanan tersebut juga mengizinkan interoperabilitas. Dukungan ini akan membuat ekosistem perpesanan lebih terbuka.

    Sebelum diluncurkan, WhatsApp telah menguji coba fitur ini selama beberapa bulan dalam skala kecil di seluruh wilayah Eropa. Ada dua layanan pesan pihak ketiga yang tersedia dalam pengujian awal, yakni BirdyChat dan Haiket.

    Keduanya akan menjadi mitra perdana yang terintegrasi dengan WhatsApp. Dengan dukungan interoperabilitas ini, pengguna WhatsApp di Eropa, baik di Android maupun iOS, dapat membagikan berbagai jenis konten.

    Konten yang dapat ditransfer di antaranya ialah pesan teks, gambar, pesan suara, video, dan berkas. Nantinya, WhatsApp juga akan mendukung obrolan grup dengan aplikasi pihak ketiga jika para mitranya sudah siap.

    Misalnya, pengguna aplikasi Haiket dan WhatsApp dapat tergabung dalam ruang obrolan grup yang sama tanpa perlu mengunduh masing-masing aplikasi. Ini merupakan kemajuan yang besar karena WhatsApp telah bermitra selama lebih dari tiga tahun dengan layanan pesan Eropa dan Komisi Eropa untuk mengembangkan kemampuan ini.

    Perlu dicatat bahwa kemampuan untuk terhubung dengan aplikasi pesan lain ini bersifat sepenuhnya opsional. Pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan obrolan pihak ketiga kapan pun mereka mau.

    “Kami memberi pengguna pengalaman orientasi yang sederhana, sekaligus memastikan mereka memahami perbedaan utama antara obrolan di WhatsApp dan obrolan pihak ketiga,” kata Meta, dilansir pada Sabtu, 15 November 2025.

    Selama beberapa bulan mendatang, pengguna WhatsApp di Kawasan Eropa akan melihat notifikasi di tab Pengaturan aplikasi mereka. Notifikasi ini akan memandu mereka tentang cara mengaktifkan dan mulai terhubung dengan orang-orang di aplikasi pesan pihak ketiga.

  • ChatGPT Uji Coba Fitur Group Chat, Bisa Kolaborasi Bareng AI dan Teman

    ChatGPT Uji Coba Fitur Group Chat, Bisa Kolaborasi Bareng AI dan Teman

    Jakarta

    OpenAI memperkenalkan fitur group chat untuk ChatGPT. Fitur yang masih dalam tahap uji coba ini memungkinkan pengguna ngobrol dan berkolaborasi dengan teman langsung di ChatGPT.

    Fitur group chat tersedia untuk pengguna ChatGPT versi gratis, Pro, dan Team di aplikasi mobile dan web. OpenAI mengatakan uji coba ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengguna memanfaatkan percakapan grup di ChatGPT.

    “Uji coba ini merupakan langkah awal yang kecil menuju pengalaman kolaboratif di ChatGPT, dan kami berharap dapat belajar dari masukan awal pengguna untuk mengetahui bagaimana kita sebaiknya memperluas layanan ke lebih banyak negara dan paket ChatGPT,” tulis OpenAI dalam postingan blognya, seperti dikutip dari Mashable, Sabtu (15/11/2025).

    Saat ini fitur group chat di ChatGPT baru tersedia untuk pengguna di Jepang, Selandia Baru, Korea Selatan, dan Taiwan. Cara kerjanya mirip seperti grup di WhatsApp atau aplikasi messaging lainnya, tapi ada ChatGPT yang ikut nimbrung pembicaraan.

    OpenAI mengatakan pengguna bisa memanfaatkan fitur grup untuk merencanakan liburan, mencari ide untuk renovasi rumah, atau mencari restoran yang sesuai dengan keinginan semua anggota dengan bantuan asisten AI.

    Fitur ini juga bisa dipakai untuk berkolaborasi dengan teman sekolah atau rekan kerja. ChatGPT dapat menguraikan laporan berdasarkan artikel dan catatan yang pengguna dan kolaboratornya berikan di grup.

    Fitur group chat di ChatGPT Foto: OpenAI

    OpenAI menjelaskan chat pribadi dan chat grup di ChatGPT akan dipisah, dan chat pribadi tidak akan bisa diakses oleh anggota lain yang ada di grup. Pengguna hanya bisa bergabung ke grup setelah diundang oleh anggota atau admin, dan pengguna bisa meninggalkan grup kapan saja.

    Satu grup ChatGPT bisa diisi hingga 20 orang. Masing-masing grup yang dibuat di ChatGPT akan memiliki profil singkat dan diatur dalam sidebar dengan label agar mudah dikenali dan diakses pengguna.

    Prompt yang ada di grup akan dibalas menggunakan model GPT-5.1 Auto dan tersedia juga fitur-fitur lainnya seperti penelusuran, image generator, upload file, dan dikte. Di grup, respons ChatGPT tetap dibatasi namun anggota grup manusia tidak dihitung dalam batasan tersebut.

    ChatGPT sudah mempelajari keterampilan sosial baru untuk grup chat, jadi asisten AI ini akan tahu kapan bisa ikut ngobrol dan kapan harus diam. Pengguna bisa mention “ChatGPT” untuk mendapatkan respons, dan chatbot ini juga bisa bereaksi menggunakan emoji.

    (vmp/vmp)

  • Belasan Ribu Ayam Mati Gara-Gara Listrik Padam, Warga Aceh Gugat PLN Rp 1,7 M

    Belasan Ribu Ayam Mati Gara-Gara Listrik Padam, Warga Aceh Gugat PLN Rp 1,7 M

    Liputan6.com, Jakarta- Seorang peternak ayam broiler di Aceh menggugat Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebesar Rp 1,7 miliar karena ribuan ayam pedaging miliknya mati diakibatkan pemadaman listrik. Gugatan dilayangkan ke Pengadilan Negeri (PN) Blangpidie pada Rabu (12/11/2025).

    Penggugat M. Hatta merupakan warga Desa Blang Raja, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya, yang mendirikan peternakan ayam broiler di Ujung Padang, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya. Adapun jumlah ayam broiler yang mati menurut Hatta mencapai 19.500 ekor.

    Kepada Liputan6.com, Hatta menjelaskan bahwa belasan ribu ekor ayamnya itu mati akhir September lalu. Waktu itu, di Aceh sedang berlaku pemadaman listrik secara bergilir dan sempat terjadi byarpet.

    “Jadi pada tanggal 29 September, di siang hari jam satu siang, lebih kurang, listrik itu sudah mati padam, hidup padam, hidup padam. Ketika jam 5, entah jam 6 sore, itu baru mati total,” tutur Hatta, dihubungi Liputan6.com, Sabtu siang (15/11/2025).

    Hatta mengatakan dirinya sempat melaporkan pemadaman tersebut ke sebuah grup berisi gabungan para pebisnis lokal. Tujuannya, agar pejabat PLN setempat yang kebetulan juga berada di dalam grup tersebut tahu.

    Hatta merasa khawatir pada kondisi ayam ternaknya karena blower atau alat sirkulasi udara untuk kandang ayamnya tidak berfungsi jika arus listrik putus. Sementara, nasib ribuan ayam di dalam kandang yang sudah siap panen bergantung pada blower tersebut.

    “Sistem di dalam itu memang sangat identik dengan sistem hidup blower, siklus udara angin. Karena dia tertutup semua. Dua puluh menit blower itu enggak hidup, dia (ayam, red) akan down. Memang sangat ketergantungan dengan listrik,” jelas Hatta.

    Malam harinya, dua orang petugas PLN datang ke peternakan Hatta untuk mengecek. Kepada salah seorang petugas, Hatta sempat bertanya kapan listrik akan kembali normal karena peternakan tersebut hanya memiliki satu genset.

    “Sementara saya ayam sudah mau 30 hari, mau panen. Saya bilang kayak gitu. Mereka jawab, ‘kita doakan saja, bang. Kami tidak tahu’,” cerita Hatta.

    Listrik kembali normal dini hari menjelang subuh. Namun, jumlah voltase ternyata tidak cukup sehingga Hatta memilih untuk tetap menggunakan genset untuk mengaktifkan blower di peternakan.

    Keesokan harinya, Hatta kembali mengirimkan pesan melalui WhatsApp ke nomor yang menurutnya terkoneksi melalui fitur pengaduan PLN Mobile. Namun, dia mengaku tidak pernah mendapat jawaban kapan listrik akan kembali normal.

    Hatta waktu itu mulai merasa riskan sebab genset satu-satunya yang ada di peternakan sudah bekerja terlalu lama. Bila perlu, Hatta akan membeli genset baru untuk menjamin agar belasan ribu ekor ayamnya dapat dipanen tepat waktu, tetapi dia perlu kejelasan dari pihak PLN sampai kapan listrik padam.

    “Di jam tiga, jam 15 lebih kurang, generator itu hangus. Mesin hidup tetapi generatornya tidak bisa mengeluarkan arus listrik,” terang Hatta.

    Hatta dan para pekerja di peternakannya langsung menurunkan tenda agar kandang ayam memiliki sirkulasi. Mereka juga menyemprotkan air agar suhu badan unggas-unggas tersebut tetap terjaga.

    “Tetapi ayam enggak selamat waktu itu. Dalam 20 menit, 90 persen ayam sudah mati,” sebut Hatta.

    Menurut Hatta, dalam kondisi panik, dia sempat menghubungi petugas PLN setempat untuk meminjam genset, tetapi kata petugas yang menerima telepon dari Hatta, menjawab mereka tidak memiliki genset untuk dipinjamkan. Hatta sendiri sebenarnya tahu bahwa ayam-ayamnya saat itu sudah tidak tertolong lagi.

    “Walau ada genset pun, itu ayam enggak bisa terselamatkan. Dua puluh lima menit saja mati listrik, sudah kacau karena sistemnya, kan, pakai blower,” keluhnya.

    Sementara itu, kendaraan pengangkut yang akan menyuplai ayam-ayam tersebut ke pedagang, menurut Hatta, sedang berjalan menuju ke peternakan. Hatinya pun hancur mumur kala itu.

  • Indosat Sempurnakan AI Pendeteksi Penipuan, Berharap Mampu Lacak Scam di Whatsapp

    Indosat Sempurnakan AI Pendeteksi Penipuan, Berharap Mampu Lacak Scam di Whatsapp

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Indosat Tbk. (ISAT) akan terus menyempurnakan sistem pelacak penipuan berbasis kecerdasan buatan (AI) yang mereka miliki saat ini. Harapannya ke depan dapat melacak pesan dan panggilan penipuan di aplikasi Whatsapp.  

    Executive Vice President Head of Circle Kalisumapa Indosat Swandi Tjia mengatakan saat ini sistem pendeteksi penipuan yang dimiliki perusahaan masih berbasis SMS dan panggilan telepon. Artinya, ketika ada panggilan telepon yang mencurigakan, sistem akan memberi kode berwarna kuning atau merah kepada para pelanggan. 

    Sementara itu, penipuan yang melalui aplikasi whatsapp, seperti file penipuan atau pengiriman pesan lewat akun palsu, belum dapat dideteksi. 

    Swandi berharap dengan teknologi AI yang mereka miliki, motif penipuan melalui Whatsapp ke depan dapat dicegah. 

    “AI ini kan terus belajar terus. Apa yang terjadi dia terus akan apa meng-upgrade yang sesuatu hal yang baru terus,” kata Swandi dalam acara Generasi Anti Scam dan Judi Online: Jalan Cerdas dan Produktif Berselancar Internet di Aula Nuku Universitas Khairun, Ternate, Maluku Utara, Jumat (14/11/2025).

    Dia mengatakan meski saat ini Indosat belum mampu melakukan deteksi dini terhadap pesan dan panggilan penipuan melalui Whatsapp, upaya yang dilakukan sudah cukup efektif dalam menekan praktik penipuan atau scam di digital. 

    Sekadar informasi, dalam acara Digitalk, Wakil Rektor I Universitas Khairun Hasan Hamid mengaku identitas pribadinya pernah digunakan oleh pelaku kejahatan untuk melakukan penipuan. 

    Pelaku yang memakai foto Hasan, meminta uang senilai Rp6 juta kepada salah satu anggota organisasi yang dipimpin oleh Hasan melalui aplikasi Whatsapp. 

    Target yang menerima pesan tersebut tidak melakukan konfirmasi kepada Hasan dan langsung mengirimkan uang kepada pelaku. 

    Adapun Indosat saat ini memiliki fitur identifikasi spam dan scam yang dapat diaktifkan langsung dari aplikasi, operator menganalisis setiap panggilan dan pesan secara otomatis tanpa intervensi manusia, lalu memberikan tanda peringatan kepada pelanggan sebelum mereka mengangkat telepon atau membaca pesan berpotensi berbahaya.

    Swandi mengatakan sejak fitur tersebut diluncurkan pada Agustus 2025, Indosat telah mengidentifikasi 500 juta adalah spam dan scam dari total trafik SMS dan voice yang mencapai hampir 2 miliar, dengan lebih dari 80 juta pengirim.

    “Kemudian dari 110 juta itu terdeteksi itu adalah sebagai SMS scam. Nah, oleh sebab itu kita memblokir pelaku scam di tingkat jaringan,” ujarnya.

    Swandi menilai pendekatan proaktif ini penting karena para scammer biasanya mengirim 300 hingga 1.000 pesan penipuan sebelum korban sempat melapor. 

    Dia menjelaskan, cara kerja fitur anti-scam tersebut yang memberikan empat kategori warna ketika ada panggilan masuk mulai dari nomor baru aktif, nomor tidak dikenal namun agresif, hingga nomor yang sangat berbahaya dan sering dilaporkan.

    “Yang merah inilah yang kadang-kadang orang yang sudah berkali-kali nomor ini sangat melakukan agresif call,” katanya. 

    Indosat mencatat penggunaan fitur ini turut menekan laporan masyarakat yakni kurang lebih 600 hingga 800 laporan ke Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) per bulan. Indosat juga memperkuat edukasi melalui jaringan penjualan yang mencapai dua juta titik di seluruh Indonesia, agar pelanggan mengaktifkan fitur anti-scam di aplikasi.

    Sistem anti-scam ini tersedia di aplikasi myIM3 dan Bima+, dengan dua fitur utama: SATSPAM dan SATSPAM+. 

    Pelanggan dengan paket di atas Rp50.000 mendapatkan laporan lengkap, sementara paket di bawahnya tetap memperoleh deteksi dasar. Program ini merupakan bagian dari inisiatif “Aivolusi 5G”, yang menggabungkan jaringan 5G dengan kecerdasan buatan untuk meningkatkan keamanan digital pelanggan.

    Selain itu, upaya mitigasi ini menjadi bagian dari kerja sama lintas sektor bersama Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Komdigi, serta organisasi internasional seperti GASA dan GSMA Task Force.

  • 5 Jenis Penipuan Lewat Pesan Whatsapp yang Perlu Diwaspadai dan Cara Mencegahnya

    5 Jenis Penipuan Lewat Pesan Whatsapp yang Perlu Diwaspadai dan Cara Mencegahnya

    Bisnis.com, JAKARTA – Penipuan melalui pesan whatsapp kini banyak dialami orang dan tidak sedikit yang terkena.

    Biasanya, tujuan penipu adalah mencuri informasi pribadi atau memperdaya Anda yang membuat Anda mengalami kerugian finansial.

    Bulan ini, WhatsApp, bersama Kementerian Komunikasi dan Digital RI, Kementerian Perdagangan RI, dan Direktorat Tindak Pidana Siber Polri, meluncurkan kampanye kesadaran publik di halaman Facebook Indonesia untuk membantu pengguna mengenali 5 jenis penipuan pesan paling umum yang banyak beredar saat ini.

    Kampanye ini mengingatkan pengguna untuk selalu berhenti sejenak dan bertanya, “Apakah ini resmi?” sebelum mengambil tindakan apa pun demi menjaga informasi pribadi dan keamanan Anda.

    Berikut 5 Jenis Penipuan Lewat Pesan whatsapp yang Perlu Diwaspadai dan Cara Melindungi Diri Anda

    1. Pengambilalihan Akun

    Lindungi akun Anda dari upaya penipuan dengan mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah menggunakan PIN enam digit. Jangan pernah membagikan kode pendaftaran Anda kepada siapa pun, hindari mengklik tautan mencurigakan, dan periksa secara berkala perangkat yang terhubung untuk memastikan tidak ada akses yang tidak dikenal.

    2. Lowongan Kerja Palsu

    Hati-hati terhadap tawaran kerja yang datang secara tiba-tiba, terutama yang menjanjikan gaji besar untuk pekerjaan ringan. Blokir dan laporkan kontak mencurigakan, abaikan panggilan dari nomor tak dikenal, serta selalu periksa kartu konteks untuk memastikan Anda berada di grup yang sama dan nomor tersebut berasal dari negara yang sesuai sebelum berinteraksi.

    3. Peniruan Identitas

    Penipu bisa berpura-pura menjadi seseorang yang Anda kenal atau bahkan akun resmi untuk mendapatkan kepercayaan dan mencuri informasi pribadi. Nama yang dikenal tidak selalu berarti akun tersebut asli. Lindungi diri Anda dengan menyesuaikan pengaturan privasi, seperti siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup atau melihat foto profil Anda. Jangan lupa untuk membaca kartu konteks serta blokir atau laporkan kontak yang mencurigakan.

    4. Penipuan Investasi

    Waspadalah terhadap tawaran investasi palsu yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu singkat atau menawarkan kesempatan VIP yang tampak terlalu bagus untuk dipercaya. Abaikan panggilan dari nomor yang tidak dikenal, atur siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup, dan segera blokir atau laporkan kontak yang mencurigakan.

    5. Penipuan Asmara

    Penipu dapat berpura-pura menjalin hubungan emosional untuk mendapatkan kepercayaan Anda, lalu mencoba mencuri uang atau informasi pribadi. Selalu blokir dan laporkan kontak yang mencurigakan, verifikasi identitas sebelum merespons, dan jangan pernah mengirim uang kepada orang yang belum Anda kenal secara langsung.

  • Longsor Hantam Rumah Warga di Binakal Bondowoso, BPBD Tangani 80 Persen Material dalam Sehari

    Longsor Hantam Rumah Warga di Binakal Bondowoso, BPBD Tangani 80 Persen Material dalam Sehari

    Longsor Hantam Rumah Warga di Binakal Bondowoso, BPBD Tangani 80 Persen Material dalam Sehari

    Bondowoso (beritajatim.com) – Curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Bondowoso pada Jumat (14/11/2025) sore memicu tanah longsor di Dusun Pal 16, Desa Sumbertengah, Kecamatan Binakal. Material longsor menerjang bagian dapur rumah milik warga bernama Suriya dan menyebabkan kerusakan cukup signifikan, meski seluruh penghuni rumah dipastikan selamat.

    Plt Kalaksa BPBD Bondowoso, Kristianto, menyampaikan bahwa laporan pertama diterima melalui pesan WhatsApp pada pukul 16.39 WIB. Tim Pusdalops dan Agen Bencana Jatim segera diberangkatkan ke lokasi untuk melakukan asesmen cepat serta memastikan kondisi warga.

    “Hujan deras membuat struktur tanah tidak stabil. Dampaknya mengenai bagian dapur rumah warga. Kami pastikan seluruh penghuni selamat,” kata Kristianto pada Beritajatim.com, Sabtu (15/11/2025).

    Pada malam hari, BPBD Bondowoso menyalurkan bantuan logistik kepada keluarga terdampak dan melakukan koordinasi dengan Polsek Binakal, Koramil Binakal, serta Pemerintah Desa Sumbertengah. Langkah ini menjadi bagian dari respons cepat untuk memastikan kebutuhan dasar warga terpenuhi dan situasi tetap terkendali.

    Penanganan berlanjut pada Sabtu (15/11/2025) pagi melalui kerja bakti gabungan. BPBD Bondowoso bersama Posramil Binakal, Polsek Binakal, Satpol PP Kecamatan, pemerintah desa, dan warga sekitar melakukan pembersihan material longsor serta pemeriksaan kondisi struktur rumah terdampak.

    “Hari ini pembersihan material longsor mencapai sekitar 80 persen. Kami prioritaskan pengamanan area di sekitar rumah agar tidak menimbulkan risiko lanjutan, mengingat cuaca masih hujan meski berintensitas ringan,” jelas Kristianto.

    Hingga Sabtu siang, kondisi di Desa Sumbertengah dan wilayah Bondowoso secara umum terpantau aman dan terkendali. Meski demikian, BPBD tetap meningkatkan pemantauan mengingat wilayah tersebut termasuk kawasan rawan bencana hidrometeorologi saat musim hujan.

    “Kami berkomitmen melanjutkan asesmen lanjutan dan persiapan tindak lanjut sesuai kebutuhan lapangan, termasuk mitigasi untuk mencegah longsor susulan,” pungkas Kristianto. [awi/beq]

  • Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan Sarangan–Cemorosewu, BPBD Magetan Butuh 1 Jam Evakuasi

    Pohon Tumbang Tutup Akses Jalan Sarangan–Cemorosewu, BPBD Magetan Butuh 1 Jam Evakuasi

    Magetan (beritajatim.com) – Akses Jalan Raya Sarangan–Cemorosewu di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan sempat tertutup total setelah sebuah pohon pasang berdiameter sekitar 90 sentimeter tumbang dari tebing setinggi 10 meter pada Sabtu (15/11/2025) sekitar pukul 06.00 WIB. Peristiwa ini langsung memicu kemacetan karena jalur tersebut merupakan akses utama warga dan wisatawan menuju kawasan Sarangan serta Cemorosewu.

    Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Magetan, Eka Wahyudi, menjelaskan bahwa tumbangnya pohon dipicu hujan intensitas ringan yang mengguyur sejak dini hari sehingga membuat struktur tebing menjadi labil.

    “Curah hujan membuat kondisi tebing labil. Pohon dengan lingkar kurang lebih 90 sentimeter itu jatuh dari tebing setinggi 10 meter dan menutup 100 persen akses jalan raya,” jelasnya.

    Meski tidak menimbulkan korban jiwa, situasi sempat membuat arus kendaraan tersendat. Warga dan wisatawan yang melintas harus menunggu hingga proses evakuasi selesai karena badan jalan tertutup penuh batang dan ranting pohon.

    Jalur ini termasuk salah satu titik vital menuju objek wisata Telaga Sarangan sehingga gangguan sekecil apa pun langsung berdampak pada mobilitas masyarakat.

    Laporan pertama diterima Pusdalops-PB BPBD Magetan pada pukul 06.53 WIB. Selang 17 menit kemudian, tepat pukul 07.10 WIB, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD piket pagi diberangkatkan menuju lokasi.

    Penanganan dilakukan bersama unsur TNI, Polri, Perhutani, perangkat Kecamatan Plaosan, perangkat Desa Ngancar, serta relawan dari PGL, AGL, Hanom Hancala, Senkom, dan masyarakat setempat.

    Proses pemotongan batang pohon menggunakan chainsaw dimulai pukul 07.46 WIB. Setelah material batang dan ranting dipotong, pembersihan lanjutan dilakukan untuk memastikan jalur aman dilewati kendaraan. Akses jalan akhirnya kembali dibuka pada pukul 08.05 WIB.

    “Penanganan dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari satu jam sejak proses pemotongan dimulai. Setelah pembersihan, jalan kembali bisa dilalui kendaraan,” terang Eka Wahyudi.

    BPBD Magetan mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama saat melintas di jalur pegunungan dan wilayah yang banyak ditumbuhi pepohonan besar. Eka menekankan pentingnya pelaporan dini terkait potensi bahaya agar penanganan bisa dilakukan sebelum menimbulkan kerugian.

    “Jika warga menemukan pohon dengan kondisi lapuk atau bangunan yang menunjukkan perubahan struktur, segera laporkan agar bisa ditangani lebih awal. Kejadian serupa ataupun kondisi kedaruratan lain dapat dilaporkan melalui layanan BPBD Magetan,” ujarnya.

    Untuk mempermudah pelaporan, BPBD Magetan menyediakan berbagai kanal layanan darurat, mulai dari telepon kantor, WhatsApp, hingga media sosial resmi seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan YouTube. Seluruh layanan terhubung dengan Pusdalops BPBD Magetan di Jl. Samudra No. 47, Magetan.

    Masuknya musim penghujan membuat BPBD meningkatkan pemantauan cuaca serta kesiapsiagaan di titik-titik rawan bencana agar kejadian serupa dapat ditangani lebih cepat. [fiq/beq]