Perusahaan: Valve

  • PewDiePie Rekomendasikan Instal Linux Setelah “Disiksa oleh Windows”

    PewDiePie Rekomendasikan Instal Linux Setelah “Disiksa oleh Windows”

    Jakarta

    YouTuber ternama dunia, PewDiePie, baru-baru ini mengunggah video yang cukup mengejutkan. Ia secara terang-terangan merekomendasikan para pengikutnya untuk beralih dan menginstal sistem operasi Linux, setelah mengaku merasa ‘disiksa’ oleh Windows selama bertahun-tahun.

    Langkah ini muncul di tengah-tengah penerimaan Windows 11 yang beragam. Sebagian pengguna merasa nyaman dengan sistem operasi terbaru Microsoft ini, namun tidak sedikit pula yang merasa kecewa dan melihatnya sebagai pertanda arah pengembangan Windows di masa depan yang kurang mereka sukai.

    Kekecewaan ini mendorong beberapa pengguna untuk mencari alternatif dan menemukan ‘cinta baru’ pada Linux. Dalam video berjudul “Saya menginstal Linux (Anda pun harus melakukannya)” yang berdurasi lebih dari 20 menit, Pria yang punya nama asli Felix Kjellberg ini membagikan antusiasmenya terhadap Linux.

    Di awal video, PewDiePie blak-blakan menceritakan pengalamannya “disiksa oleh Windows” selama bertahun-tahun.

    “Ketika saya beralih ke Linux, rasanya seperti melihat matahari dan membuka lembaran baru,” ungkapnya.

    Ia memaparkan alasan kuat mengapa pengguna Windows harus mempertimbangkan Linux, yakni:

    Antarmuka dan pengalaman pengguna Linux terasa lebih matang dibandingkan Windows.Linux umumnya tidak datang dengan aplikasi bawaan yang tidak perlu (bloatware) yang sering ditemukan di instalasi Windows baru.Linux memberikan kebebasan kepada pengguna untuk melakukan kustomisasi sistem operasi sesuai keinginan mereka.

    Yang mengejutkan, PewDiePie juga menyoroti kemajuan Linux untuk bermain game, sesuatu yang dulu dianggap mustahil.

    “Saya pernah instal Linux 15 tahun lalu, tapi hapus setelah beberapa hari karena tidak bisa main game. Tapi sekarang, gaming di Linux sudah nyata. Valve seperti Gandalf di Helm’s Deep, membawa Steam Deck dan Proton untuk menyelamatkan,” katanya dengan antusias.

    Meski demikian, ia mengakui bahwa pindah ke Linux mungkin memerlukan beberapa penyesuaian, terutama jika pengguna sangat bergantung pada aplikasi yang hanya tersedia di Windows atau macOS. Pengguna mungkin perlu mencari aplikasi alternatif. Namun, bagi PewDiePie, manfaat yang didapatkan dari Linux jauh melebihi pengorbanan tersebut.

    Di akhir videonya, PewDiePie juga menunjukkan sekilas antarmuka instalasi Linux Mint, distribusi Linux yang ia pilih untuk digunakan. Berikut video lengkapnya

    (afr/afr)

  • PLN Target Proyek Pipa Gas West Natuna Kepri Beroperasi Desember 2025

    PLN Target Proyek Pipa Gas West Natuna Kepri Beroperasi Desember 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) menargetkan proyek pipa gas West Natuna Transportation System (WNTS) ke Pulau Pemping, Kepulauan Riau beroperasi atau commercial operation date (COD) pada Desember 2025. 

    Direktur Gas dan BBM PLN EPI Rakhmad Dewanto menuturkan, saat ini proyek itu dalam tahap pengadaan engineering, procurement, construction, and installation (EPCI) untuk pelaksanaan konstruksi infrastruktur.

    “Sehingga target penyelesaian konstruksi di Desember 2025 dapat tercapai,” kata Rakhmad dalam Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi XII DPR RI, Senin (28/4/2025). 

    Proyek pembangunan pipa itu sebelumnya ditugaskan kepada PT Perusahaan Gas Negara Tbk. atau PGN sejak 2016. Pemerintah pun mengalihkan eksekusi proyek itu kepada PLN. 

    Sebab, penugasan kepada PGN itu berjalan lambat. Apalagi, PLN telah membangun sebagian besar infrastruktur dari Pulau Pemping ke Batam.

    Rakhmad memerinci PLN EPI memecah pengadaan proyek guna mengamankan target COD tersebut dengan tiga strategi. Pertama, ⁠subsea ball valve (SBV) dengan durasi lead items selama 32 minggu.

    Kedua, custody gas metering (CGM) dengan durasi lead items selama 34 Minggu. Ketiga, tahap EPCI dengan durasi lead items selama 24 minggu.

    “So far kita on track semua. Jadi harapannya nanti kita bisa mulai pre-construction di bulan Juli dan harapannya kita bisa deliver di Desember 2025,” ujar Rakhmad.

    Lebih lanjut, dia menegaskan bahwa pemanfaatan 100% potensi pasokan gas Natuna adalah untuk kebutuhan gas domestik. 

    Dalam paparannya, Kementerian ESDM memberikan penugasan proyek pipa gas WNTS kepada PLN EPI pada 28 Januari 2025. Lebih terperinci, pada 9 Mei 2025 PLN EPI akan menyelesaikan FEED, dilanjut penerbitan LoI EPCI pada Juni 2025. 

    Kemudian, Juli 2025 hingga Desember 2025, proses konstruksi infrastruktur selama 6 bulan. 

    Sebelumnya, Wakil Menteri ESDM Yuliot Tanjung mengatakan, PLN akan mulai membangun proyek pipa WNTS pada Mei atau Juni tahun ini. Oleh karena itu, dia berharap proyek itu bisa rampung dalam 6 bulan pengerjaan. 

    “Jadi biasanya karena [panjang pipa] sekitar 4 km [kilometer] itu ya tidak terlalu jauh, jadi sekitar 6 bulan itu bisa diselesaikan. Ya, kita harapkan akhir tahun ini sudah rampung,” kata Yuliot.

    Yuliot mengonfirmasi, pengalihan penggarapan proyek itu juga berkaitan dengan pembatalan perjanjian jual beli gas (PJBG) dari Lapangan Mako, Blok Duyung, lepas pantai cekungan Natuna Barat dengan PGN. 

    Adapun, pembatalan kontrak tepatnya terjadi pada 12 April 2025. PGN selaku pembeli gas dari Lapangan Mako telah menerima surat pemberitahuan penghentian kontrak (Notice of Termination of Gas Sales Agreement/GSA Termination Notice) dari West Natuna Energy Ltd, sebagai penjual bersama dengan mitranya yaitu Empyrean Energy Plc dan Coro Energy Duyung (Singapore) Pte. Ltd. 

    Belakangan, kontrak PJBG itu dialihkan kepada subholding PLN, PLN EPI. Pembatalan kontrak jual beli gas dengan dengan PGN tak lepas dari arahan Kementerian ESDM.

    Yuliot menuturkan, hal ini dilakukan demi efisiensi. Sebab, gas yang tadinya dibeli oleh PGN juga untuk kebutuhan pembangkit. Oleh karena itu, kontrak PJBG langsung oleh PLN EPI dinilai lebih efisien. Terlebih, sudah banyak fasilitas yang dibangun oleh PLN. 

    “Ini sesuai dengan kebutuhan PLN saja. Infrastrukturnya dibangun oleh PLN, ya kemudian gasnya dimanfaatkan oleh PLN. Jadi tidak ada lagi antara atau mid company yang menyuplai untuk PLN. Jadi akan terjadi efisiensi di situ,” Jelas Yuliot. 

  • Yamaha Nmax Turbo Terlalu Mudah Diajak Nanjak

    Yamaha Nmax Turbo Terlalu Mudah Diajak Nanjak

    Jakarta

    Menyambut umur 10 tahun Nmax di Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing melakukan agenda touring tipis-tips dengan tajuk “Nmax Experience: Ride A Decade” pada Sabtu (26/4/2025).

    Saya mengendarai Yamaha Nmax Turbo dari titik pertama di dealer Amie Jaya, Jl. Alternatif Cibubur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menuju Koffie Hideung yang berada di ketinggian 620 meter di atas permukaan laut (Mdpl), kaki Gunung Sanggabuana, Kecamatan Tegalwaru, Karawang.

    Untuk menuju ke lokasi tersebut, bikers perlu mempersiapkan kendaraan yang sehat dan tentunya ahli dalam tanjakan karena rute jalan cukup terjal dan curam.

    Yamaha Nmax Turbo Terlalu Mudah Diajak Nanjak

    Nmax Turbo menawarkan dua mode: T (town) dan S (sport). Mode T merupakan opsi standar yang bisa dipakai di wilayah perkotaan, sementara mode S menawarkan pengalaman berkendaraan yang lebih agresif.

    Berdasarkan pengalaman saya, dalam kondisi konstan, peralihan mode dari T ke S membuat putaran mesin naik 500-1.000 rpm. Sementara untuk mengganti mode tersebut, pengendara tinggal menekan tombol khusus di setang kiri.

    Rombongan mulai menemukan obstacles berupa tanjakan dan jalur yang berkelok saat melalui Jalan Cintalaksana, Tegalwaru, Karawang.

    Jujur, saya lebih sering menggunakan mode S, sebab akselerasinya lebih responsif ketimbang mode T.

    Sensasi respons S mode itu benar-benar agresif. Apalagi saat tuas Y-Shift dipencet, terdapat dorongan tenaga tambahan yang emang berasa.

    Yamaha Nmax Experience: Ride A Decade Foto: Yamaha

    Sensasi turbo ini lebih terasa untuk membantu tarikan awal. Berdasarkan pengalaman pribadi, figur sensasi turbo pada Nmax terasa di bawah 7.000 rpm atau sebelum VVA (Variable Valve Actuation) aktif.

    Ohiya, fitur ini juga membantu saat hendak menyalip kendaraan besar. Sebab akselerasi awalnya lebih spontan!

    Dengan Nmax Turbo, tanjakan itu dengan mudah dilewati, meskipun tanpa mengaktifkan tombol Y-Shift. Namun jika tombol Y-Shift ditekan pada rpm bawah, terbukti memang terasa ada dorongan tenaga tambahan. Menanjak pakai Nmax Turbo pun bukan halangan berarti!

    Akselerasi datang dari teknologi YECVT. Jadi ada bantuan motor listrik pada transmisinya untuk menggerakkan pulley depan dan menggantikan kinerja roller yang sudah ditinggalkan.

    Kalau kalian mencari motor touring dengan tenaga agresif, perpaduan Nmax dengan Y-Shift plus S mode adalah pilihan tepat. Nmax jadi terasa lebih galak! Saat gas dibejek, aliran tenaganya benar-benar responsif tanpa hambatan.

    Di sisi lain penamaan “Turbo” ini sepertinya jadi cara Yamaha untuk mengenalkan teknologi YECVT. Sebab sensasi turbonya emang ada, terutama saat akselerasi awal. Memang seru sih! Apalagi saat hendak gonta-ganti karakter motor, tidak perlu oprek roller lagi, tinggal pencet tombol saja!

    Nah, untuk deselerasi, Yamaha Nmax Turbo ini juga punya fitur yang benar-benar diandalkan. Apalagi pakai mode S, ada kesan deselerasi seperti motor dengan transmisi manual, efek perlambatan motor saat di turunan terasa sangat kuat. Ini merupakan sensasi baru di kelas motor matik 150 cc.

    (riar/din)

  • Mengulik Honda CR-V Gen 3 Tahun 2007-2011, Segini Harga Bekasnya

    Mengulik Honda CR-V Gen 3 Tahun 2007-2011, Segini Harga Bekasnya

    Jakarta

    CR-V (Comfortable Runabout Vehicle) merupakan salah satu model terlaris Honda di kelas SUV. Dari beberapa generasi CR-V, salah satu yang masih banyak diminati adalah generasi ketiga atau lansiran 2007 hingga 2011.

    Sampai sekarang, Honda CR-V terdiri dari enam generasi. Honda CR-V generasi pertama dirilis pada 1997-1998 silam. Kemudian CR-V generasi terbaru atau generasi keenam diluncurkan pada 2022, tetapi baru masuk ke Tanah Air pada 2023.

    Di antara sejumlah generasi Honda CR-V, salah satu yang menarik perhatian adalah CR-V generasi ketiga. SUV ini punya daya tarik tersendiri bagi pecinta otomotif.

    Ingin tahu seperti apa spesifikasi Honda CR-V generasi ketiga? Lalu berapa harga bekasnya sekarang? Simak ulasan singkatnya dalam artikel ini.

    Mengulik Honda CR-V Generasi 3 dari Tahun ke Tahun

    Honda meluncurkan CR-V generasi ketiga pada 2007. Dari CR-V gen tiga lansiran 2007 hingga yang terakhir pada 2011, terdapat sedikit pembaruan dan peningkatan di sektor interior, fitur, hingga tampilan luar mobil.

    Mengutip laman Honda News, berikut kilas balik Honda CR-V generasi ketiga:

    1. CR-V Gen 3 2007

    Honda CRV Gen 3 2007. Foto: IFCAR/WIkimedia Commons

    CR-V generasi ketiga diluncurkan pertama kali pada 2007. Honda mengusung desain interior, spesifikasi mesin, hingga fitur yang serba baru dan lebih canggih dari generasi sebelumnya.

    Adapun sejumlah peningkatan dan pembaruan pada Honda CR-V gen 3 2007 dari generasi sebelumnya, yakni:

    Desain interior dan eksterior yang baru dan segar.Memungkinkan pengguna memindahkan ban serep ke bawah kendaraan.Pintu belakang berengsel atas sehingga memudahkan untuk dibuka, menggantikan desain pintu belakang berengsel samping pada model sebelumnya.Mesin 2.4 liter 4 silinder dengan sistem drive-by-wire elektronik baru, serta output yang meningkat menjadi 166 hp.CR-V generasi 3 telah dilengkapi transmisi otomatis.Adanya penyempurnaan pada sistem penggerak semua roda Real Time™ sehingga meningkatkan performa dan kinerja dalam kondisi hujan, salju, dan pasir.
    Mengusung teknologi Advanced Compatibility Engineering™ (ACE™) pada struktur mobil. Struktur ini mampu meningkatkan manajemen energi tabrakan depan melalui jaringan struktur penahan beban di bagian depan kendaraan.

    2. CR-V Gen 3 2008

    Foto: RL GNZLZ from Chile/WIkimedia Commons

    Setahun kemudian, Honda meluncurkan CR-V gen 3 varian EX-L. Mobil ini menawarkan sejumlah peningkatan dari segi fitur serta kenyamanan berkendara, mulai dari penggunaan kulit jok hingga audio speaker yang lebih mumpuni.

    3. CR-V Gen 3 2010

    Foto: IFCAR/WIkimedia Commons

    Pada 2010, Honda mengusung CR-V generasi ketiga facelift. SUV tersebut hadir dengan tampilan eksterior dan fasia depan yang disegarkan. Selain itu, ada juga sejumlah penyegaran pada interiornya, mulai dari:

    Kap mesinnya didesain ulangPenyegaran pada bumper belakangAda sedikit peningkatan pada mesin 2.4 liter 4 silindernyaTerdapat penyegaran pada tata letak kendali radio.Desain pegangan pintu yang disegarkan dan tekstur kain jok baru.

    4. CR-V Gen 3 2011

    Foto: Rennett Stowe from USA/WIkimedia Commons

    Memasuki 2011, Honda merilis CR-V SE (Special Edition) atau edisi khusus. Model ini hadir dengan menawarkan fitur dan penampilan yang lebih menarik daripada varian standarnya.

    Adapun sejumlah fitur yang ditawarkan pada Honda CR-V gen 3 lansiran 2011, yaitu:

    Kaca privasi belakangKontrol audio di roda kemudiDisc changer AM/FM/6 160 watt dengan 6 speaker.Spesifikasi Mesin Honda CR-V Gen 3

    Honda mengusung mesin berkapasitas 2.4L, L4, DOHC, 16 valve yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 166 hp pada putaran 5.800 rpm. Sedangkan torsi puncaknya di angka 218 Nm pada 4.200 rpm.

    Menariknya, Honda melakukan sedikit peningkatan di sektor mesin pada CR-V gen 3 lansiran 2010-2011. Hal itu berdampak pada tenaga yang dihasilkan, yakni bertambah sekitar 14 hp sehingga menjadi 180 hp di putaran 6.800 rpm.

    Harga Honda CR-V Gen 3 Bekas

    Tertarik membeli Honda CR-V generasi ketiga? Jika iya, harga bekasnya mulai dari Rp 90 jutaan saja. Namun, untuk Honda CR-V gen 3 produksi 2010-2011, banderolnya masih di atas Rp 100 jutaan.

    Dari pantauan detikOto di situs jual beli kendaraan, ditemukan Honda CR-V gen 3 2007 AT yang dibanderol Rp 88 juta. Harga tersebut masih bisa ditawar.

    Selain itu, ada juga Honda CR-V gen 3 2007 AT yang dijual Rp 95 juta. Penjualnya juga terbuka untuk melakukan negosiasi harga hingga mencapai kata sepakat.

    Apabila ingin membeli Honda CR-V gen 3 lansiran terbaru, terdapat sejumlah penjual yang menjual CR-V tahun 2011. Namun, harganya memang sedikit lebih mahal.

    Ada salah satu penjual Honda CR-V gen 3 2011 AT yang dibanderol Rp 135 juta. Selain itu, ditemukan juga Honda CR-V gen 3 2011 AT yang harganya sekitar Rp 148,5 jutaan.

    Sebagai pengingat, sebelum mencapai kata sepakat dengan penjual, pastikan kamu telah mengecek kondisi mobil serta kelengkapan surat-suratnya. Lakukan juga negosiasi harga agar kamu bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga pas.

    Itu dia ulasan singkat Honda CR-V generasi ketiga lansiran 2007 hingga 2011. Tertarik untuk membelinya?

    (ilf/fds)

  • Daftar Harga Yamaha Nmax Terbaru, Paling Murah Segini

    Daftar Harga Yamaha Nmax Terbaru, Paling Murah Segini

    Jakarta

    Harga Yamaha Nmax per April 2025 tak mengalami ubahan. Berikut ini daftar lengkap harga Yamaha Nmax terbaru.

    Yamaha Nmax merupakan salah satu skutik terpopuler di Tanah Air. Skutik bermesin 155 cc dengan bodi gambot itu sukses memikat masyarakat dalam negeri. Di Indonesia, Yamaha Nmax tersedia dalam beberapa varian yaitu Neo, Neo S, ‘Turbo’, ‘Turbo’ Tech Max, dan ‘Turbo’ Tech Max Ultimate.

    Perihal harga, tentu berbeda-beda di tiap varian. Namun yang termurah ada pada varian Neo dengan banderol Rp 33 jutaan. Bagi kamu yang baru mau membeli Yamaha Nmax terbaru, berikut daftar harganya untuk OTR Jakarta.

    Daftar Harga Yamaha Nmax April 2025Yamaha Nmax Neo: Rp 33,415 jutaYamaha Nmax Neo S: Rp 34,405 jutaYamaha Nmax ‘Turbo’: Rp 38,615 jutaYamaha Nmax ‘Turbo’ Tech Max: Rp 44,115 jutaYamaha Nmax ‘Turbo’ Tech Max Ultimate: Rp 46,095 juta (termasuk aksesoris)Spesifikasi Yamaha Nmax

    Sebagai informasi tambahan, dari kelima varian tersebut, hanya Nmax ‘Turbo’ dan ‘Turbo’ Tech Max yang mendapat teknologi Yamaha Electric CVT. Teknologi itu menggantikan sistem CVT konvensional, tidak lagi menggunakan roller.

    Dari segi dimensi, Yamaha Nmax punya panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.200 mm. Sedangkan tinggi jok Nmax 770 mm. Jarak terendah ke tanah kini 135 mm.

    Yamaha Nmax terbaru menggunakan dapur pacu dengan performa yang mirip dengan Lexi LX 155, Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC, YECVT (untuk varian Turbo dan Turbo Tech Max). Mesin baru itu bisa memuntahkan tenaga 11,3 kW di 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

    Performa mesin baru pada Nmax ‘Turbo’ juga turut dioptimalkan dengan adanya teknologi canggih terbaru, yaitu YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional.

    Dengan penggunaan teknologi ini, maka Nmax ‘Turbo’ telah memiliki fitur Riding Mode yang menawarkan 2 mode berkendara, yaitu T-Mode (Town Commuting) dan juga S-Mode (Sport Touring) yang dapat dioperasikan melalui tombol “Mode” pada bagian depan stang kemudi kiri.

    T mode digunakan untuk di perkotaan sedangkan S mode bisa digunakan untuk touring, jalan menanjak, berboncengan dan bermanuver untuk menyusul kendaraan lain.

    Fitur turbo itu bisa didapatkan melalui tombol Y Shift. Y-Shift mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara untuk melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya “Turbo” dengan 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem. Tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk ke tikungan (cornering).

    Berdasarkan pengetesan internal Yamaha, fitur Turbo ini bisa berakselerasi dari titik nol ke 100 meter dalam waktu 7,2 detik. Sedangkan Nmax versi sebelumnya memakan waktu 7,43 detik.

    Nmax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 meter dibandingkan dengan Nmax generasi sebelumnya, dengan selisih jarak terpaut 9,2 meter.

    Kemudian pengetesan menanjak dengan kemiringan 10 derajat dengan jarak 150 meter. Nmax Turbo bisa mencapai 11,73 detik, sedangkan Nmax generasi sebelumnya memakan waktu 12,33 detik.

    (dry/rgr)

  • Yamaha Nmax Turbo Skuter Premium 155cc dengan Inovasi Canggih

    Yamaha Nmax Turbo Skuter Premium 155cc dengan Inovasi Canggih

    Jakarta

    Yamaha Nmax Turbo hadir dengan sejumlah pembaruan yang memperkaya segmen skutik premium 155cc. Dibekali dengan mesin Blue Core generasi terbaru yang dipadukan dengan sistem VVA (Variable Valve Actuation) untuk mengurangi gesekan, Nmax Turbo menawarkan performa optimal dengan efisiensi bahan bakar yang lebih baik.

    Selain itu, Yamaha juga memperkenalkan teknologi Yamaha Electric Continuously Variable Transmission (YECVT) yang menggantikan sistem CVT konvensional dengan motor dan sensor elektrik yang lebih canggih.

    Teknologi YECVT: Mode Berkendara dan Fitur Y-Shift

    Berdasarkan keterangan resmi Yamaha, keunggulan utama dari Yamaha Nmax Turbo adalah teknologi YECVT yang memungkinkan pengendara untuk mendapatkan dua mode berkendara yakni T-Mode (Town Commuting) dan S-Mode (Sport Touring).

    T-Mode dirancang untuk mobilitas harian perkotaan dengan akselerasi yang halus dan efisiensi bahan bakar yang maksimal. Sementara itu, S-Mode cocok untuk perjalanan jarak jauh atau touring, menawarkan performa dan akselerasi mesin yang lebih responsif.

    Hasil uji internal Yamaha menunjukkan bahwa dengan S-Mode, Nmax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat dalam jarak 200 meter dibandingkan model sebelumnya, dengan selisih mencapai 9,2 meter.

    Tak hanya itu, teknologi Y-Shift pada Nmax Turbo menambah pengalaman berkendara yang menyenangkan. Dengan tiga tingkat pengoperasian-Low, Medium, dan High-Y-Shift memungkinkan pengendara untuk meningkatkan akselerasi secara instan. Fitur ini sangat berguna saat mendahului kendaraan, melintasi tanjakan, atau saat berboncengan. Y-Shift juga efektif digunakan saat menuruni jalan atau saat berbelok untuk mengurangi kecepatan secara mulus.

    Tampilan Modern dan Fitur Infotainment Canggih

    Pada sektor kokpit, Nmax Turbo menawarkan tampilan yang lebih modern dan futuristik, terutama pada varian Turbo Techmax dan Techmax Ultimate. Varian ini telah dilengkapi dengan layar TFT Infotainment Display yang memudahkan pengendara mengakses berbagai fitur seperti pemutaran musik, informasi cuaca, hingga indikator mode berkendara dan Y-Shift.

    Untuk menunjang pengalaman touring, Yamaha juga menyematkan sistem navigasi Garmin Street Cross pada Nmas Turbo. Fitur ini memungkinkan pengendara untuk mendapatkan petunjuk arah yang jelas dalam bentuk peta digital pada layar TFT Infotainment Display sehingga memudahkan pengendara menjelajahi tempat-tempat baru.

    Varian Techmax Ultimate dilengkapi dengan fitur Performance Damper, yang berfungsi untuk meningkatkan stabilitas dan handling motor serta memberikan kenyamanan lebih saat berkendara dalam berbagai kondisi .

    Dengan kombinasi mesin Blue Core terbaru, sistem VVA, dan teknologi YECVT yang inovatif, Yamaha Nmax Turbo menawarkan performa tinggi dan kenyamanan maksimal, menjadikannya pilihan sempurna bagi pengendara yang mencari skutik premium dengan teknologi mutakhir.

    (anl/ega)

  • Titiek Puspa dan Fiat 1300 yang Bikin Heboh

    Titiek Puspa dan Fiat 1300 yang Bikin Heboh

    Jakarta

    Perjalanan hidup ‘The Real Diva’ Titiek Puspa ibarat roller coaster. Ia pernah dinista sebagian masyarakat dan nyaris dipenjara gara-gara membeli mobil bekas, Fiat 1300, milik Gubernur Bank Indonesia Teuku Jusuf Muda Dalam. Begini kisahnya.

    Suatu hari di pertengahan 1966, seorang perempuan menghampiri kediaman penyanyi kondang, Titiek Puspa. Dia menawarkan mobil-mobil bekas Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Gerakan Nonblok yang akan dijual murah. Pemiliknya adalah Gubernur Bank Indonesia Teuku Jusuf Muda Dalam (TJMD).

    Karena memang sedang butuh, tanpa pikir panjang Titiek pun langsung menemui TJMD di kantornya. “Mobilnya sedikit rusak, tapi bisa diperbaiki sebentar saja di bengkel,” kata TJMD saat negosiasi seperti tertuang dalam ‘A Legendary Diva’ karya Alberthiene Endah yang diterbitkan Gramedia pada 2008.

    Karena ada pengakuan soal kondisi mobil yang tidak sempurna, Titiek pun menawar di bawah separuh harga yang ditawarkan. Ternyata deal! Mobil langsung dibawa dan dimasukkan ke bengkel untuk diperbaiki. Ia sama sekali tak memperhitungkan kondisi politik nasional yang tengah panas-panasnya.

    Titiek Puspa kemudian terkena imbasnya. Mobilnya di bengkel dirampas para mahasiswa yang berdemontrasi. Sejurus kemudian aparat hukum menyelidiki pembelian mobil tersebut. Mereka berasumsi, sebagai pesohor Titiek mendapatkannya sebagai hadiah. Bahkan yang lebih sadis lagi, rumors berkembang cepat seolah Titiek Puspa mendapatkan mobil karena telah menjadi perempuan simpanan TJMD yang kala itu memang dikenal playboy. Gosip tersebut menjadi headline di sejumlah media massa.

    Ia syok, depresi. Apalagi kemudian setiap pulang sekolah kedua putrinya, Petty Tunjungsari dan Ella yang masih duduk di bangku SD dan TK, menangis karena dibully teman-temannya.

    Dalam persidangan Mahkamah Militer pada 1966, di gedung Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) Jakarta, Titiek yang berusia 29 tahun menjawab: “Saya membeli dengan harga 40 juta rupiah atau empat puluh ribu rupiah uang baru.”

    “Bukannya mobil itu dikasihkan pada Anda,” hakim tetap mencecar.

    “Bukan, Pak. Saya sudah bayar separuh, tapi kalau jadi perkara ya sudah ambil saja deh, saya ikhlas…” jawab Titiek disambut riuh pengunjung persidangan. Beberapa belas menit kemudian, majelis hakim memutuskan untuk melepaskan Titiek dari segala tuduhan.

    Fiat 1300 atau yang dalam bahasa Italia disebut milletrecento menjadi model yang paling populer di Indonesia. Sesuai dengan namanya, Fiat 1300 dibekali mesin dengan konfigurasi 4 silinder OHV 8 valve dengan sebuah karburator berkapasitas 1.300cc. Tenaga yang dihasilkan 60Hp pada 5.000Rpm dan torsi 93Nm pada 3.200Rpm. Untuk menggerakkan roda belakang, digunakan transmisi manual 4 percepatan yang tuasnya berada di kolom setir.

    Fiat 1300 dirancang oleh Mario Boano yang juga mendesain mobil-mobil seperti Lancia Aurelia, Alfa Romeo 2500 CC, Karmann Ghia dan Ferrari 166 Berlinetta sebelum akhirnya bergabung ke dalam studio desain internal Fiat yang bernama Centro Stille di Turin, Italia. Ciri khas dari desain Fiat 1300 ini, tulis mobilmotorlama.com, adalah lis chrome yang mengelilingi sekujur bodi di mana dari garis lis ini kemudian dilakukan extrude membentuk bodi mobil.

    Bagian-bagian aksesorinya juga cukup unik. Misalnya saja wiper depan memakai model ganda membuka dari dalam, tuas verneling di kolom setir, lampu mundur ada di sisi kanan sementara bulatan di sisi kiri sebagai lubang pengisian tangki BBM, spion bawaan tidak ada dan sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman meski hanya untuk pengemudi dan penumpang depan.

    (jat/rgr)

  • Cocok buat Lebaran Bareng Keluarga, Intip Harga Xpander Terbaru

    Cocok buat Lebaran Bareng Keluarga, Intip Harga Xpander Terbaru

    Jakarta

    Mobil keluarga menjadi pilihan untuk Lebaran bareng keluarga. Bisa muat banyak orang dan memiliki fleksibilitas tinggi membuat mobil jenis MPV cocok jadi pilihan.

    Di kelas ini, Mitsubishi punya Xpander yang diklaim cocok menjadi pilihan untuk mudik atau menghabiskan libur Lebaran bareng keluarga. Mobil ini dilengkapi dengan fitur dan teknologi mutakhir, yang menunjang performa, kenyamanan, serta keselamatan berkendara untuk pengendara maupun penumpang.

    Dari tampilan luar, Xpander kini memiliki desain yang lebih gagah, modern dan mewah dengan mempertahankan bahasa desain ‘Dynamic Shield’ khas Mitsubishi Motors. Pembaruan eksterior pada tampilan depan terdapat pada New Front Bumper Design yang terlihat lebih modern, dipadukan dengan lampu depan baru yang memiliki bentuk T-Shape Headlight dan sudah menggunakan LED.

    Di bagian belakang juga mendapat ubahan seperti pada desain bumper dan juga lampu belakang yang sama berbentuk T-Shape dengan LED. Bukaan pintu bagasi sudah menggunakan fitur Electric Switch Tail Gate Door Handle yang memudahkan saat membuka pintu bagasi.

    Bagian samping terdapat Side Sill Garnish, dengan desain velg berukuran 17 inci Two Tone Alloy Wheel untuk tipe tertinggi Xpander Ultimate.

    Mitsubishi New Xpander saat ini mendapat tambahan fitur New Front 360 Camera (tipe Ultimate), New Rear Camera, New Side Mirror Camera, New Front Bumper Grille Design, New Rear Design, Rear Window Defogger.

    Beralih ke interior, Mitsubishi New Xpander juga mendapat sentuhan baru yang lebih mewah di dalam kabinnya. Ada berbagai lapisan soft touch pada bagian kabin yang membuat lebih berkelas.

    Bagian dashboard sekarang desainnya mengusung gaya New Horizontal Axis Design Dashboard dengan lapisan kulit lembut. Lapisan soft touch juga terdapat pada door trim.

    Untuk sistem hiburan mendapat ubahan dengan layar sentuh berukuran 8 inci yang memiliki koneksi smartphone. Tampilan panel instrument juga sekarang lebih modern, dan desain lingkar kemudi yang berubah lebih sporty kini memiliki fungsi audio switch dan juga cruise control.

    Pengaturan AC di dalam kabin sudah digital. Kemudian bagian konsol tengah mendapat tambahan arm rest dengan cup holder, dan tersedia colokan USB di depan dan bagian samping serta tempat untuk meletakkan uang elektronik.

    “Di kelas 1500 cc, New Xpander itu punya benefit dengan keleluasaan kabin. Nah, keleluasaan kabin ini salah satu yang menjadi faktor utama kenyamanan berkendara di jarak jauh. Lalu, hospitality-nya mengenai tempat penyimpanan ini selalu menjadi perdebatan yang mencuatkan emosi tinggi, kan biasalah tempat orang nyimpen kan berbagi dan selalu rebutan. Nah, untuk bagian bangku, di belakang bangku depan itu sudah ada slot-slot untuk menyimpan gadget-gadget, lalu ada colokan charger di tengah. Nah, untuk ketiga row, ketiga-tiganya ada tempat penyimpanan botol, which is sebenarnya itu yang selalu jadi hal yang mengganggu kalau tempat botol itu tidak ada,” kata Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

    Mitsubishi New Xpander mendapat fitur-fitur seperti Tilt & Telescopic Steering, New Door Trim with Soft Touch and Real Stitches, New Meter Cluster Design with Opening Animation, Front Console Tray with Card Holder, USB Port, Power Outlet, and Wireless Charger, New CVT Transmission, New Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold BAH), New Floor Console with Arm Rest, Rear Usb Charging Port on Floor Console, KOS + Start Stop Engine Button (tipe Ultimate).

    Mitsubishi Xpander hadir dengan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve Euro 4, yang menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6,000 RPM dan torsi 141 N.m pada 4,000 RPM. Mesin itu dihubungkan dengan transmisi CVT atau manual.

    Mitsubishi juga tetap memberikan sistem keselamatan untuk Xpander. Kini, Xpander dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar. Sistem pengunci pintu otomatis berdasarkan kecepatan juga sekarang tersedia di Xpander.

    Ditambah lagi dengan adanya Electric Parking Brake dengan Brake Auto Hold di tipe Ultimate dan Sport. Sistem keselamatan lain seperti ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, Hill Start Assist sudah tersedia mulai dari varian GLS hingga Ultimate CVT.

    Berikut daftar harga Xpander:

    Xpander GLS CVT: Rp 279.100.000Xpander Exceed MT: Rp 283.250.000Xpander Exceed CVT: Rp 292.500.000Xpander Ultimate MT: Rp 318.250.000Xpander Ultimate CVT: Rp 331.950.000.

    Harga di atas berlaku OTR Jakarta untuk bulan Maret 2025. Harga Xpander warna putih lebih tinggi Rp 1,5 juta.

    (rgr/mhg)

  • 5 Rekomendasi Motor untuk Mudik Lebaran, Ada Nmax hingga PCX

    5 Rekomendasi Motor untuk Mudik Lebaran, Ada Nmax hingga PCX

    Jakarta

    Ingin membeli motor baru untuk mudik Lebaran? Ada sejumlah rekomendasi sepeda motor yang bisa dibeli. Tentu, motor-motor tersebut memiliki spesifikasi mumpuni dan fitur terbaik di kelasnya.

    Sepeda motor masih menjadi kendaraan favorit banyak masyarakat untuk mudik Lebaran. Alasan utamanya agar bisa sampai lebih cepat di tempat tujuan.

    Jika kamu sudah punya dana yang cukup, kini saatnya pergi ke dealer terdekat dan membeli motor untuk mudik Lebaran. Namun, masih bingung memilih motor apa yang cocok? simak sejumlah rekomendasinya dalam artikel ini.

    Rekomendasi Motor untuk Mudik Lebaran

    Membeli motor untuk mudik Lebaran terkadang bikin bimbang. Selain harga, beberapa hal lain yang harus diperhatikan adalah soal fitur, spesifikasi mesin, hingga ruang bagasi yang luas untuk meletakkan barang-barang.

    Berikut daftar rekomendasi motor untuk mudik Lebaran yang telah dirangkum detikOto:

    1. Yamaha Nmax Turbo

    Foto: Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto

    Rekomendasi motor yang pertama adalah Yamaha Nmax. Yamaha merilis lima tipe Nmax di Tanah Air, mulai dari Neo, Neo S, Turbo, Turbo Tech Max, dan paling tertinggi Turbo Tech Max Ultimate.

    Apabila punya dana mepet, kamu bisa mengambil tipe Yamaha Nmax Neo atau Neo S. Keduanya juga telah dilengkapi fitur Y-Connect dan terdapat electric power outlet. Meski begitu, untuk varian Nmax Neo belum mengusung teknologi Smart Key System.

    Kalau ada budget lebih, Yamaha Nmax Turbo, Turbo Tech Max, dan Turbo Tech Max Ultimate bisa kamu pinang sebagai motor baru. Ketiga trim tersebut sudah mengusung teknologi YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission).

    Sebagai informasi, YECVT merupakan teknologi yang diusung Yamaha untuk menggantikan sistem CVT konvensional, sehingga tidak lagi menggunakan roller yang memakai gaya sentrifugal.

    Soal dapur pacunya, Yamaha Nmax mengusung mesin 155 cc berteknologi Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC, YECVT (untuk varian Turbo, Turbo Tech Max, dan Turbo Tech Max Ultimate). Mesin baru itu bisa memuntahkan tenaga 11,3 kW di 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

    Berikut rincian harga Yamaha Nmax OTR Jakarta per Maret 2025:

    Yamaha Nmax Neo: Rp 33.415.000Yamaha Nmax Neo S: Rp 34.405.000Yamaha Nmax Turbo: Rp 38.615.000Yamaha Nmax Turbo Tech Max: Rp 44.115.000Yamaha Nmax Turbo Tech Max Ultimate: Rp 46.095.000.

    2. Honda PCX 160

    Foto: Rifkianto Nugroho

    Honda PCX 160 bisa menjadi pilihan terbaik sebagai motor untuk mudik Lebaran. Sebelumnya, PT Astra Honda Motor (AHM) telah menyegarkan Honda PCX generasi kelima pada Desember 2024

    Pesaing Yamaha Nmax ini juga memiliki sejumlah fitur mumpuni. Beberapa fitur unggulannya yakni terdapat USB charger type C, socket untuk pengisian ulang baterai HP, hingga kontrol traksi HSTC (Honda Selectable Torque Control).

    Honda PCX 160 yang dipasarkan terdiri dari tiga varian, yakni CBS, ABS, dan Honda RoadSync. Khusus tipe RoadSync, dibekali layar 5 inch TFT Panel Meter dengan dua mode yaitu day dan night. Kemudian terdapat Pass Beam Switch pada handlebar.

    Soal mesin, Honda PCX 160 menggunakan mesin 157 cc eSP+, 4 katup, 1 silinder, SOHC, yang bisa memuntahkan tenaga maksimal hingga 11,8 kW di 8.500 rpm dengan torsi puncak 14,7 Nm di 6.500 rpm.

    Penasaran dengan harga Honda PCX 160? Simak di bawah ini sesuai OTR Jakarta per Maret 2025:

    Honda PCX 160 CBS: Rp 33.750.000Honda PCX 160 ABS: Rp 37.350.000Honda PCX 160 ABS-RoadSync: Rp 40.350.000.

    3. Yamaha Lexi 155

    Foto: Ridwan Arifin

    Ingin meminang Yamaha Nmax tapi terbentur dana yang terbatas? Cobalah memilih Yamaha Lexi 155. Skutik ini termasuk di kelas MAXi, sehingga menawarkan kenyamanan saat berkendara dengan sejumlah fitur mumpuni.

    Pada generasi sebelumnya, Yamaha Lexi menggunakan mesin berkapasitas 125 cc. Namun sekarang, skutik ini telah mengusung mesin Blue Core 155 cc generasi terbaru.

    Mesin terbaru pada Lexi LX 155 menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11.3 kW di 8.000 rpm dan torsi maksimum sebesar 14.2 Nm pada 6.500 rpm. Selain itu, mesin Lexi LX 155 juga telah berteknologi VVA (Variable Valve Actuation), SOHC, 4 valve dan liquid cooled.

    Soal fitur, Yamaha Lexi 155 memiliki layar full LCD speedometer dengan desain baru yang futuristik dan informatif. Pabrikan asal Jepang itu juga mengusung sejumlah fitur canggih lainnya, seperti Smart Key System, Answer Back System, hingga Y-Connect.

    Namun, fitur tersebut tak dimiliki oleh seluruh varian Lexi 155. Hanya trim Connected/ABS yang memiliki fitur Y-Connect. Sementara fitur Smart Key System hanya tersedia di varian S Version dan Connected/ABS

    Berikut rincian harga Yamaha Lexi 155 per Maret 2025:

    Yamaha Lexi 155 Standard: Rp 26.280.000Yamaha Lexi 155 S Version: Rp 27.800.000Yamaha Lexi 155 Connected/ABS: Rp 30.940.000.

    4. Honda ADV 160

    Foto: Muhammad Hafizh Gemilang / detikOto

    Rekomendasi motor untuk mudik Lebaran berikutnya adalah Honda ADV 160. Sejak generasi terbarunya diluncurkan pada 2022, Honda menghadirkan sejumlah pembaruan dari segi pilihan warna, yakni ada Tough Matte Brown (ABS) dan Dynamic Gray (CBS).

    Membahas soal performanya, Honda ADV 160 dibekali mesin 160 cc eSP+ 4 katup yang memberi sensasi lebih bertenaga di jalanan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar, mencapai 11,8 kW pada 8.500 rpm dan torsi hingga 14,7 NM di 6.500 rpm.

    Soal fitur, Honda ADV 160 dilengkapi LED dan daytime running lights (DRL) yang modern. Ada juga windscreen yang tingginya dapat disesuaikan 75 mm dalam dua tingkat ketinggian dengan pengoperasian yang mudah.

    Pada varian ABS, Honda ADV 160 telah disematkan teknologi Honda Selectable Torque Control (HSTC). Sedangkan pada varian CBS mengusung triple post hydraulic.

    Tertarik membeli Honda ADV 160 sebagai motor untuk mudik Lebaran? Berikut rincian harganya:

    Honda ADV 160 CBS: Rp 36.715.000Honda ADV 160 ABS: Rp 39.760.000.

    5. Yamaha FreeGo

    Foto: Yamaha

    Satu lagi sepeda motor yang cocok untuk mudik Lebaran, yakni Yamaha FreeGo. Meski tidak termasuk ke dalam keluarga MAXi Yamaha, tetapi skutik ini dinilai cukup nyaman untuk berkendara jarak jauh.

    Soalnya, Yamaha FreeGo memiliki bagasi lega berkapasitas 25 liter, luasnya sama dengan Yamaha Nmax. Hal ini berkat tempat pengisian bensin yang berada di sisi kiri depan motor, Yamaha menyebutnya sebagai Smart Fron Refuel.

    Meski begitu, motor ini mengusung mesin yang tidak sebesar skutik-skutik sebelumnya. Yamaha FreeGo dilengkapi mesin 125 cc Blue Core, SOHC, dan Smart Motor Generator (SMG). Mesin tersebut dapat meluapkan tenaga maksimum 7 kW pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 9,5 Nm di 5.500 rpm.

    Fitur yang disematkan pada FreeGo juga cukup mumpuni, seperti digital speedometer, electric power socket, Y-Connect, Stop & Start System, dan Smart Key System. Sayangnya, ketiga fitur terakhir hanya terdapat pada varian FreeGo Connected saja.

    Berikut rincian harga Yamaha FreeGo per Maret 2025:

    Yamaha FreeGo Standard: Rp 22.315.000Yamaha FreeGo Connected: Rp 24.100.000.

    Itu dia lima rekomendasi sepeda motor untuk mudik Lebaran. Jadi, tertarik untuk membeli motor yang mana?

    (ilf/fds)

  • Buruan Sikat! Mobil Ini Dapet Diskon Rp 70 Jutaan

    Buruan Sikat! Mobil Ini Dapet Diskon Rp 70 Jutaan

    Jakarta

    BAIC memberikan potongan besar-besaran untuk dua mobil andalannya di Indonesia, yakni BAIC X55-II dan BJ40 Plus. Bahkan, tak tanggung-tanggung, diskonnya mencapai puluhan juta rupiah!

    Chief Executive Officer (CEO) BAIC Indonesia, Dhani Yahya mengatakan, potongan harga tersebut hanya berlaku untuk kendaraan yang diproduksi tahun lalu. Namun, pembeliannya berlaku di seluruh dealer mereka di Tanah Air.

    “Kita sekarang ada BAIC X55-II (yang seharusnya) di harga Rp 491 juta menjadi Rp 420 juta dengan promo. Terus ada BJ40 Plus dari Rp 790 juta menjadi Rp 750 juta. Promo itu berlaku untuk FIN 2024,” ujar Dhani saat ditemui di Semanggi, Jakarta Pusat, Rabu malam (19/3).

    BAIC X55-II Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Sayangnya, Dhani tak menjelaskan jumlah unit kendaraan yang mendapat promo besar-besaran tersebut. Dia hanya memastikan, promo akan berakhir ketika stoknya sudah habis.

    “Karena ini memang campaign untuk menghabiskan FIN 2024. Stimulus ini pasti dilakukan untuk menggenjot penjualan,” kata dia.

    Sebagai catatan, BAIC BJ40 Plus hadir dalam satu pilihan mesin, yakni mesin bensin 4 silinder, 16 valve, 2.000 cc, DOHC dengan turbocharger yang dikombinasikan transmisi 8 percepatan buatan Jerman, ZF Friedrichshafen.

    BAIC BJ40 Plus dengan penggerak empat roda tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum 221 dk dengan torsi maksimal 380 Nm. Kendaraan tersebut diyakini akan menjadi pesaing unggul di segmen serbaguna, khususnya berpenggerak empat roda atau 4×4.

    Logo BAIC. Foto: Septian Farhan Nurhuda/detik.com

    Sementara BAIC X55-II merupakan kendaraan jenis medium SUV penggerak roda depan (FWD) dengan mesin Magic-Core berkonfigurasi 4 silinder, 16 valve, 1.500cc DOHC Turbocharger.

    Mesin tersebut dibangun atas kerja sama BAIC Motor dengan META Engineering dari Jerman, yang terkenal sebagai pemasok mesin dan teknologi ke merk-merk otomotif ternama di dunia.

    BAIC X55-II dilengkapi transmisi 7-Percepatan Double Clutch (7-Speed DCT). Serangkaian pembekalan tersebut membuat mobil mampu menghasilkan tenaga 185 dk dan torsi 305 Nm. Sementara untu melaju dari 0 kpj ke 100 kpj hanya memerlukan waktu 7,8 detik.

    (sfn/dry)