Perusahaan: Valve

  • Daftar Harga Nmax Terbaru November 2025, Paling Murah Segini

    Daftar Harga Nmax Terbaru November 2025, Paling Murah Segini

    Jakarta

    Harga Yamaha Nmax terbaru belum mengalami perubahan. Skutik bongsor bermesin 155 cc itu paling murah dibanderol Rp 32 jutaan.

    Yamaha masih mempertahankan harga Nmax mulai Rp 32 jutaan. Harga Yamaha Nmax per November itu belum berubah kalau dibandingkan bulan sebelumnya. Buat kamu yang baru mau beli Nmax pada bulan kesebelas ini, jangan lupa siapin budget di kisaran Rp 30-40 jutaan. Lengkapnya, berikut ini harga Yamaha Nmax terbaru.

    Harga Yamaha Nmax Terbaru November 2025

    1. New Nmax Standard: Rp 32.175.000

    2. New Nmax S Version: Rp 33.175.000

    3. New Nmax Connected/ABS: Rp 36.300.000

    4. All New Nmax Neo: Rp 33.415.000

    5. All New Nmax Neo S: Rp 34.405.000

    6. All New Nmax Turbo: Rp 38.615.000

    7. All New Nmax Turbo Tech Max: Rp 44.115.000

    8. All New Nmax Turbo Tech Max Ultimate: Rp 46.095.000

    Kalau mau yang teknologinya lengkap, sudah pasti kamu harus memilih Nmax varian tertinggi. Tapi kalo budgetnya mentok di Rp 35 jutaan, maka opsinya Nmax Standard ataupun Neo. Yamaha Nmax versi terbaru ini punya Motor ini punya panjang 1.935 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.200 mm. Tinggi jok Nmax adalah 770 mm. Jarak terendah ke tanah adalah 135 mm.

    Yamaha Nmax mengusung mesin dengan performa yang mirip dengan Lexi LX 155, Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC, YECVT (untuk varian Turbo dan Turbo Tech Max). Mesin baru itu bisa memuntahkan tenaga 11,3 kW di 8.000 rpm dan torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Khusus Nmax Turbo terdapat teknologi YECVT yang menggantikan sistem CVT konvensional. Berkat teknologi ini, Nmax Turbo memiliki fitur riding mode yang menawarkan dua mode berkendara yaitu T-Mode dan juga S-Mode.

    T mode digunakan untuk di perkotaan sedangkan S mode bisa digunakan untuk touring, jalan menanjak, berboncengan dan bermanuver untuk menyusul kendaraan lain.

    Fitur turbo itu bisa didapatkan melalui tombol Y Shift. Y-Shift mampu memberikan sensasi berkendara berbeda karena fungsinya mampu membantu pengendara untuk melakukan akselerasi kecepatan secara instan layaknya “Turbo” dengan 3 tingkatan, yakni Low (1), Medium (2), dan High (3) sehingga cocok dioperasikan ketika ingin mendahului kendaraan di depan, melewati tanjakan, ataupun saat berkendara tandem. Tidak hanya saat akselerasi, Y-Shift juga dapat digunakan untuk melakukan deselerasi kecepatan motor ketika menghadapi jalanan yang menurun dan juga saat masuk ke tikungan (cornering).

    (dry/din)

  • Teknik Bypass Tanpa Henti Jantung Kini Banyak Dipilih, Apa Keunggulannya?

    Teknik Bypass Tanpa Henti Jantung Kini Banyak Dipilih, Apa Keunggulannya?

    Jakarta

    Teknik operasi bypass jantung berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu inovasi yang kini makin banyak dipilih adalah bypass tanpa henti jantung atau off-pump coronary artery bypass (OPCAB).

    Metode ini menjadi salah satu topik utama dalam BraveHeart Cardiac Forum 2025 yang digelar di Hotel Four Seasons, Jakarta. Sebagai informasi, BraveHeart merupakan pusat layanan jantung Brawijaya Hospital Group dan memiliki visi ke depan untuk menjadi salah satu layanan jantung terkemuka di Indonesia.

    Konsultan Bedah Kardiotoraks & Vaskular Dewasa, dr. Sugisman, Sp.BTKV(K), memaparkan sederet terobosan terbaru di dunia bedah kardiovaskular melalui materi berjudul ‘Current Breakthrough in Cardiovascular Surgery’.

    Dalam paparannya, dr. Sugisman menjelaskan dunia bedah jantung telah mengalami perkembangan yang sangat cepat, baik dari sisi teknologi, teknik operasi, hingga pemilihan prosedur yang lebih aman bagi pasien berisiko tinggi.

    “Di bidang kardiovaskular surgery, kami terus beradaptasi dengan teknologi dan evidence terbaru. Fokusnya adalah bagaimana membuat operasi lebih aman, cepat pulih, dan memberikan hasil lebih baik bagi pasien,” kata dr. Sugisman, di Grand Ballroom Four Seasons, Selasa (18/11/2025).

    Menurutnya, gambaran operasi yang sering dilakukan dalam bedah jantung mayoritas terkait penyakit jantung koroner, kelainan katup jantung, kelainan aorta, hingga tindakan ulang pada pasien yang pernah menjalani operasi sebelumnya.

    Tak hanya itu, dr. Sugisman memaparkan berbagai jenis operasi yang menjadi pilar dalam bedah kardiotoraks modern. Beberapa prosedur utama tersebut antara lain CABG (Coronary Artery Bypass Grafting), yakni teknik bypass tradisional yang dilakukan dengan menghentikan jantung sementara dan menggunakan mesin bypass jantung-paru.
    Ada pula OPCAB merupakan teknik bypass yang dilakukan tanpa menghentikan jantung sehingga tindakan berlangsung saat organ vital itu tetap berdetak.

    Prosedur lain mencakup valve surgery untuk perbaikan atau penggantian katup jantung pada pasien dengan stenosis atau regurgitasi, serta aortic & vascular surgery yang menangani kelainan aorta seperti aneurisma, diseksi, atau gangguan pada pembuluh darah besar lainnya.

    Ia juga menyoroti redo cardiac surgery, yaitu operasi ulang bagi pasien yang sebelumnya pernah menjalani bedah jantung, serta minimally invasive cardiac surgery yang dilakukan dengan sayatan minimal untuk mengurangi nyeri dan mempercepat pemulihan.

    Tak ketinggalan, ia memaparkan perkembangan robotic cardiac surgery, teknik robotik yang memberikan presisi tinggi, meminimalkan perdarahan, dan mengurangi trauma pada jaringan. Dari keseluruhan kategori tersebut, salah satu teknik yang paling menarik perhatian adalah OPCAB, terutama karena manfaatnya bagi pasien dengan risiko komplikasi tinggi.

    Menurut dr. Sugisman, bypass tanpa menghentikan jantung semakin menjadi pilihan pada kasus tertentu. Berbeda dengan teknik CABG konvensional yang menghentikan jantung dan memakai mesin bypass, OPCAB memungkinkan dokter bekerja pada jantung yang tetap berdetak.

    “OPCAB sangat bermanfaat untuk pasien risiko tinggi, misalnya pasien usia lanjut, penderita diabetes berat, atau gangguan ginjal. Teknik ini mengurangi risiko inflamasi dan komplikasi neurologis,” jelasnya.

    Dalam sesi pemaparannya, dr. Sugisman menyoroti sejumlah keunggulan yang membuat teknik ini semakin populer. Pertama, risiko komplikasi lebih rendah karena prosedur dilakukan tanpa menggunakan mesin bypass jantung-paru, sehingga risiko stroke kecil, gangguan ginjal, dan inflamasi sistemik dapat berkurang signifikan.

    “Tanpa menggunakan mesin bypass, tubuh tidak mengalami perubahan fisiologis besar. Ini sebabnya hasilnya lebih baik pada pasien tertentu,” ujarnya.

    Selain itu, teknik ini juga menghasilkan perdarahan yang lebih minim, sehingga kebutuhan transfusi darah menjadi lebih rendah dan risiko infeksi dapat ditekan, sekaligus meningkatkan kenyamanan pasien.

    Dari sisi pemulihan, proses stabilisasi pascaoperasi umumnya lebih cepat, mengingat jantung tidak perlu dihentikan dan sirkulasi buatan tidak diperlukan. Terakhir, OPCAB dinilai lebih ideal bagi pasien berisiko tinggi, terutama mereka dengan komorbid kompleks yang mungkin tidak kuat menjalani teknik bypass konvensional.

    “Tidak semua pasien cocok untuk OPCAB, tapi pada kelompok tertentu teknik ini memberikan perubahan besar,” katanya.

    Selain bypass tanpa henti jantung, dr. Sugisman juga menekankan teknik operasi jantung minimal invasif dan robotik adalah masa depan bedah kardiovaskular.

    “Minimally invasive dan robotic surgery memungkinkan tindakan yang jauh lebih presisi dengan trauma minimal. Pasien bisa sembuh lebih cepat dan kembali beraktivitas,” tuturnya.

    Teknik tersebut kini berkembang untuk operasi katup jantung, perbaikan defek jantung, dan beberapa operasi aorta tertentu.

    Dalam sesi yang sama, dr. Sugisman juga membahas redo cardiac surgery-operasi ulang pada pasien yang pernah dioperasi. Prosedur ini memiliki risiko lebih tinggi karena jaringan parut dan perubahan anatomi.

    “Redo surgery adalah tantangan tersendiri. Tapi dengan imaging yang baik, perencanaan tepat, dan teknologi modern, angka keberhasilannya terus meningkat,” jelasnya.

    Melalui forum BraveHeart 2025 ini, dr. Sugisman menegaskan tujuan dari seluruh inovasi tersebut tetap sama, yakni memberikan hasil terbaik bagi pasien.

    “Kita terus bergerak menuju era bedah jantung yang lebih aman, lebih presisi, dan lebih manusiawi. Semua perkembangan ini pada akhirnya untuk meningkatkan kualitas hidup pasien,” katanya.

    Dengan semakin berkembangnya teknik seperti OPCAB, minim invasive, hingga robotic surgery, dunia bedah jantung kini menawarkan pilihan yang lebih luas dan aman untuk berbagai kondisi pasien. BraveHeart sebagai pusat layanan jantung Brawijaya Hospital Group dan memiliki visi ke depan untuk menjadi salah satu layanan jantung terkemuka di Indonesia.

    (akn/ega)

  • Valve Janjikan Steam Machine Lebih Kencang dari PC Gaming, Tapi…

    Valve Janjikan Steam Machine Lebih Kencang dari PC Gaming, Tapi…

    Jakarta

    Sejak diumumkan pekan lalu, Valve Steam Machine generasi terbaru menuai kekhawatiran di kalangan gamer. Pasalnya, perangkat ini hanya dibekali GPU semi-kustom RDNA 3 8GB, yang performanya disebut cuma setara kartu grafis Radeon RX 7600.

    Di atas kertas, spesifikasi tersebut dianggap kurang bertenaga untuk standar PC gaming 2026. Namun Valve justru menegaskan bahwa Steam Machine mampu menandingi bahkan melampaui performa mayoritas PC gaming yang digunakan saat ini, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Selasa (18/11/2025).

    Steam Machine baru diperkenalkan bersama Steam Controller 2 dan perangkat VR terbaru bernama Frame VR. Meski antusiasme tinggi, pilihan GPU 8GB membuat banyak gamer bertanya-tanya apakah perangkat ini mampu menjalankan game modern secara optimal.

    Menanggapi hal tersebut, Yazan Aldehayyat, engineer Valve, mengatakan bahwa Steam Machine dirancang agar bisa memainkan seluruh game yang ada di platform Steam.

    “Steam Machine setara atau lebih baik dibanding 70% PC gaming yang dimiliki orang di rumah,” ujarnya dalam podcast Tested milik Adam Savage.

    Ia juga menegaskan bahwa performa perangkat telah ditentukan berdasarkan kompromi yang diperlukan agar harganya tetap kompetitif.

    Aldehayyat menyebut bahwa Steam Machine diposisikan sebagai pesaing konsol, bukan pengganti PC gaming kelas atas. Karena itu, Valve menargetkan harga mulai sekitar USD 500-600. Untuk menentukan standar performa, Valve mengacu pada data Steam Hardware Survey sebagai patokan spesifikasi rata-rata pengguna.

    Jika mengacu pada survei terbaru Steam, klaim Aldehayyat memang tidak berlebihan. Data menunjukkan 33,4% pengguna memiliki GPU dengan VRAM 8GB, sementara 67% memakai GPU 8GB atau kurang.

    GPU populer seperti RTX 3060, yang performanya setara RX 7600 di banyak game, juga menjadi kartu grafis nomor satu di platform tersebut. Daftar 20 GPU terpopuler pun banyak diisi kartu kelas menengah seperti GTX 1650 dan GTX 1060.

    Steam Machine generasi baru akan menggunakan GPU RDNA 3 semi-kustom dengan 28 Compute Units, clock 2,45 GHz, serta TDP 110W. CPU-nya juga semi-kustom berbasis Zen 4 dengan konfigurasi 6-core/12-thread, boost clock hingga 4,8 GHz, dan TDP 30W.

    Valve mengklaim perangkat mini-PC ini mampu menjalankan game pada resolusi 4K 60fps, tetapi dengan catatan penggunaan teknologi upscaling AMD FSR. Artinya, performa native mungkin tidak selalu mencapai target tersebut, tetapi FSR diharapkan mampu memberikan pengalaman visual yang mendekati 4K tanpa menurunkan frame rate secara signifikan.

    Dengan posisi pasar yang lebih dekat ke konsol modern dan spesifikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan gamer rata-rata, Steam Machine terbaru akan diuji oleh gamer ketika diluncurkan pada 2026.

    Bagi banyak pengguna Steam yang memakai GPU kelas menengah, perangkat ini tampaknya bisa menjadi alternatif menarik.

    (asj/fay)

  • Spesifikasi Motor Pertama Honda, Tenaganya Cuma 0,5 HP!

    Spesifikasi Motor Pertama Honda, Tenaganya Cuma 0,5 HP!

    Motegi

    Motor pertama buatan Honda meluncur pada 1947 atau dua tahun setelah perang dunia kedua berakhir. Kendaraan tersebut bernama Type A dan masih bisa dilihat langsung di Honda Collection Hall, Motegi, Jepang.

    Sebagai motor pertama, spesifikasi Honda Type A tentu sangat sederhana. Bahkan, jika diperhatikan sepintas, tunggangan tersebut seperti sepeda kumbang yang dipasangkan mesin kecil. Mesin itu dikembangkan setahun sebelum peluncuran kendaraan.

    Mari kita bahas spesifikasi Honda Type A. Pabrikan membekalinya dengan mesin single-rotary-valve dua-tak dengan kapasitas 50 cc dan pendingin udara. Tenaganya? Sangat kecil, yakni 0,5 HP pada 5 ribu rpm.

    Honda Type A di Motegi, Jepang. Foto: Septian Farhan Nurhuda / detikcom

    Meski spesifikasinya tak spesial, namun keunggulan Honda Type A tak hanya terletak pada mekanismenya, melainkan juga metode pembuatannya. Komponen mesin Type A diproduksi menggunakan metode die casting, ketika mereka lain umumnya menggunakan metode sand casting.

    “Di bengkel kami, kami menggunakan die casting. Berbeda dengan sand casting, di mana kami harus membuat cetakan logam untuk die casting. Ini membutuhkan biaya. Dengan kecepatan produksi mesin kami saat itu, menghasilkan keuntungan dari metode ini terasa sulit,” kata Kawashima, salah satu karyawan pertama Honda, dikutip dari Honda Global, Jumat (15/11)

    “Mereka (merek lain) puas dengan sand casting. Namun, Pak Tua (Soichiro Honda) bersikeras, ‘Apa pun yang terjadi, kami akan menggunakan die casting!’,” tambahnya.

    Secara umum, Honda Type A masih berbentuk sepeda kumbang. Hal tersebut bisa terlihat di hampir seluruh bagian, mulai dari jok, setang, kayuh atau genjotan, hingga rem model capit. Bedanya, kendaraan hanya dipasangkan mesin, sabuk roda dan tangki bahan bakar.

    Motor Utuh Pertama Honda

    Meski Type A didaulat sebagai produk roda dua pertama Honda, namun motor ‘utuh’ perdana mereka baru meluncur setahun setelahnya. Kendaraan tersebut bernama Honda Dream D yang secara tampilan dan fungsi sudah mirip motor-motor modern.

    1949 Dream D Type Foto: Honda

    Secara spesifikasi, Honda Dream D jauh lebih baik dibandingkan Type A. Kendaraan tersebut sudah menggunakan mesin 2-tak berkapasitas 98cc dengan semburan tenaga 3 dk dan transmisi manual 2-percepatan.

    Sama seperti Type A, Dream D juga masih bisa ditemukan langsung di Honda Collection Hall. Motor tersebut dipajang berdampingan dengan produk-produk perdana Honda lainnya.

    (sfn/dry)

  • Valve Umumkan Steam Machine dan Steam Frame VR, Siap Tantang PS5 dan Xbox Series X pada 2026

    Valve Umumkan Steam Machine dan Steam Frame VR, Siap Tantang PS5 dan Xbox Series X pada 2026

    Liputan6.com, Jakarta – Valve membuat banyak pihak terkejut dengan mengumumkan tiga perangkat baru untuk memperluas ekosistem SteamOS, dan dijadwalkan akan meluncur di pasaran pada kuartal pertama 2026.

    Dalam pengumuman tersebut, Valve akan memperkenalkan Steam Machine, Steam Frame VR, dan Steam Controller 2. Lewat hardware baru ini, perusahaan ingin membawa pengalaman gaming PC ke ruang tamu dan ekosistem VR.

    Peluncuran Steam Machine dan Steam Frame VR ini juga menjawab diskusi panjang di komunitas, di mana banyak gamer PC sangat menanti arah SteamOS selanjutnya setelah Steam Deck sukses di pasaran.

    Steam Machine: PC Gaming Ringkas untuk Ruang Keluarga

    Steam Machine hadir sebagai konsol di ruang tamu mengusung desain kubus kompak dengan bobot 2,6 gram. Perusahaan rintisan Gabe Newell tersebut mengklaim, konsol miliknya tersebut memiliki performa enam kali lebih tinggi dibandingkan Stea Deck.

    Konsol Steam ini juga sudah ditenagai CPU AMD Zen 5, GPU RDNA 3 yang digadang-gadang setara dengan kartu grafis Radeon RX 7600, RAM 16GB DDR5, dan penyimpanan hingga 2GB.

    Perusahaan juga menyeratakan port HDMI 2.0, DisplayPort 1.4, dan ethernet. Steam Machine ini juga sudah mendukung Wi-Fo 6E, Bluetooth 5.3, serta panel depan dengan 17 LED RGB.

    Walau menargetkan pengalaman 4K 60 fps, gamer harus tetap menyesuaikan pengaturan grafis secara manual bila sedang memainkan game AAA yang berat. Walau harga Steam Machine belum diungkap, perusahaan berkomitmen label banderol konsol ini akan tetap terjangkau.

  • Yamaha Segarkan XSR155, Harga Rp 28 Jutaan

    Yamaha Segarkan XSR155, Harga Rp 28 Jutaan

    Jakarta

    Yamaha meluncurkan beberapa model baru untuk pasar India. Selain skuter listrik Aerox-e yang menjadi sorotan, Yamaha ternyata juga menyegarkan naked retro mereka, XSR155.

    Dikutip dari Motoroids, Yamaha India melakukan gebrakan dengan meluncurkan beberapa model sekaligus, seperti skuter listrik Aerox-e dan EC-06, FZ-Rave, termasuk tipe klasik mereka, XSR155.

    Secara umum, Yamaha XSR155 terbaru di India tetap mengusung gaya klasik Yamaha. Lampu depan LED bundar, tangki logam, dan desain minimalis memberikan sentuhan retro. Kendati kental nuansa klasik, banyak elemen modern disematkan di motor ini.

    Misalnya dari aspek jantung pacu, motor ini menggunakan mesin 155cc berpendingin cairan yang dilengkapi teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi yang dipakai pada motor-motor skuter Maxi Yamaha seperti Nmax dan Aerox itu berfungsi untuk menjaga performa tenaga di setiap rentang putaran mesin.

    Mesin Yamaha XSR155 ini bisa menghasilkan tenaga 13,5 kW (18,1 dk) dan torsi 14,2 Nm. Tenaga itu dipadukan dengan girboks 6-percepatan dan kopling assist and slipper. Motor ini juga dilengkapi kontrol traksi, ABS dual channel, suspensi upside down, dan rangka deltabox yang bikin motor ini terlihat kokoh dan berisi.

    Yamaha XSR155 2026 tersedia di India dalam pilihan warna Metallic Grey, Vivid Red, Greyish Green, serta Metallic Blue. Khusus warna Greyish Green tampil dengan nuansa klasik dengan paduan warna hijau tua dan aksen putih-orange. Di India, Yamaha XSR155 terbaru ini dijual Rs 1,49 lakh atau setara Rp 28 jutaan.

    (lua/dry)

  • Komponen Pneumatik yang Diperlukan untuk Memampatkan Udara dan Fungsinya

    Komponen Pneumatik yang Diperlukan untuk Memampatkan Udara dan Fungsinya

    YOGYAKARTA – Komponen pneumatik yang diperlukan untuk memampatkan udara memiliki peran penting dalam sistem kerja berbasis tekanan udara. Sistem pneumatik banyak digunakan di dunia industri untuk menggerakkan mesin, mengontrol peralatan otomatis, dan mendukung proses produksi.

    Pada dasarnya, sistem pneumatik bekerja dengan prinsip sederhana yaitu udara dimampatkan, disimpan, kemudian dialirkan untuk menghasilkan gerakan mekanis. Proses pemampatan udara memerlukan beberapa komponen. Berikut akan dibahas komponen-komponen yang dibutuhkan untuk memampatkan udara.

    Komponen Pneumatik yang Diperlukan untuk Memampatkan Udara

    Komponen pertama dan paling utama dalam sistem pneumatik untuk memampatkan udara adalah kompresor udara. Kompresor berfungsi untuk mengambil udara dari lingkungan sekitar dan menekannya hingga mencapai tekanan tertentu sesuai kebutuhan sistem. Udara yang telah dimampatkan ini kemudian menjadi sumber tenaga utama untuk berbagai aplikasi industri.

    Setelah udara dimampatkan, langkah berikutnya adalah menyaring udara melalui filter udara (air filter). Komponen ini berfungsi menghilangkan kotoran, debu, dan partikel air agar udara yang masuk ke sistem benar-benar bersih. Udara yang kotor dapat merusak komponen lain seperti katup dan silinder, sehingga filter menjadi bagian penting untuk menjaga umur sistem pneumatik.

    Berikutnya terdapat regulator tekanan (pressure regulator) yang berfungsi menjaga tekanan udara tetap stabil. Meskipun udara telah dimampatkan oleh kompresor, tekanan yang terlalu tinggi bisa merusak sistem dan menimbulkan bahaya. Regulator memastikan tekanan udara yang dialirkan sesuai kebutuhan peralatan, sehingga kinerja tetap optimal dan aman.

    Selain filter dan regulator, sistem pneumatik juga membutuhkan lubricator atau pelumas udara. Fungsinya adalah memberikan pelumasan ringan pada udara bertekanan agar komponen bergerak lebih halus dan tidak cepat aus. Dengan adanya lubricator, gesekan pada bagian dalam katup atau silinder bisa diminimalkan, meningkatkan efisiensi kerja serta memperpanjang masa pakai alat.

    Komponen penting lainnya adalah katup kontrol (valve) yang berfungsi mengatur arah dan jumlah aliran udara. Katup ini bekerja seperti saklar yang mengatur kapan udara masuk dan keluar dari silinder atau aktuator. Dalam sistem otomatisasi, katup sering dihubungkan dengan sensor atau pengendali elektronik untuk menghasilkan gerakan yang presisi.

    Kemudian, hasil tekanan udara disalurkan menuju aktuator pneumatik, seperti silinder. Aktuator inilah yang mengubah energi udara bertekanan menjadi energi mekanik berupa gerakan maju, mundur, atau putaran. Komponen ini sangat vital dalam sistem industri, karena menjadi penggerak utama berbagai mesin produksi.

    Selain komponen utama tersebut, sistem pneumatik juga dilengkapi dengan selang dan pipa udara. Komponen ini berfungsi sebagai jalur distribusi udara dari kompresor menuju katup dan aktuator. Selang biasanya terbuat dari bahan kuat dan lentur agar mampu menahan tekanan tinggi tanpa bocor.

    Untuk menjaga efisiensi dan keamanan sistem, dibutuhkan juga pressure gauge atau pengukur tekanan. Alat ini memantau tekanan udara secara real-time, sehingga operator dapat mengetahui apakah tekanan berada dalam batas aman. Dengan begitu, risiko kerusakan akibat tekanan berlebih dapat dihindari sejak dini.

    Terakhir, seluruh sistem pneumatik akan bekerja maksimal jika didukung oleh unit perawatan udara (FRL Unit), yang merupakan gabungan dari Filter, Regulator, dan Lubricator. FRL Unit memastikan udara yang masuk bersih, memiliki tekanan ideal, serta terlumasi dengan baik. Komponen ini biasanya dipasang tepat setelah kompresor sebagai sistem perlindungan awal bagi seluruh rangkaian pneumatik.

    Demikian penjelasan komponen-komponen yang saling terhubung dan bekerja secara sinergis dalam sistem pneumatik. Dengan memahami dan merawat seluruh komponen tersebut, sistem pneumatik akan bekerja lebih efisien, tahan lama, dan aman digunakan di berbagai bidang industri.

  • Gangguan Air PDAM Surabaya Jumat 24 Oktober 2025, Belasan Daerah Ini Terdampak

    Gangguan Air PDAM Surabaya Jumat 24 Oktober 2025, Belasan Daerah Ini Terdampak

    Surabaya (beritajatim.com) – Warga di sejumlah daerah di Surabaya diminta bersiap menghadapi gangguan pasokan air bersih yang terjadi malam ini, Jumat (24/10/2025). Melalui akun resmi Instagramnya, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Kota Surabaya mengumumkan bahwa akan ada penghentian sementara distribusi air akibat pemasangan valve di Raya Nginden dan Kubikel di Rumah Pompa Alas Malang.

    “Terkait pekerjaan pemasangan valve diameter 300mm di Raya Nginden
    Semolowaru L Raya Semolowaru dan pemasangan kubikel di Rumah Pompa Alas Malang, pelayanan distribusi air ke P
    Pelanggan berpotensi mengalami kendala
    selama proses pekerjaan tersebut, air mengecil s.d. tidak keluar,” tulis tulis pihak PDAM Surya Sembada, dalam unggahan Instagram, Kamis (23/10/2025).

    Dalam keterangan resmi tersebut, PDAM Surya Sembada menjelaskan bahwa gangguan aliran air di sekitar kawasan Rumah Pompa Alas Malang akan berlangsung mulai pukul 9.00 WIB hingga sekitar delapan jam ke depan. Adapun beberapa daerah yang diperkirakan akan terdampak gangguan air bersih pagi ini meliputi:

    -Kendung
    -Mulyorejo Baru
    -Dukuh
    -Pakal
    -Raya Benowo
    -Rejosari
    -Raci
    -Beji
    -PBI
    -Perumahan UKA
    -Kauman
    -Perumahan Cacat Veteran
    -Sumberejo
    -Perumahan Kehakiman
    -Tambak Dono
    -Sumberjaya
    -Sendang Bulu
    -RS BDH
    -dan sekitarnya

    Untuk gangguan aliran air di sekitar kawasan Raya Nginden Semolowaru L Raya Semolowaru akan berlangsung mulai pukul 21.00 WIB, dengan estimasi sekitar enam jam ke depan. Adapun beberapa daerah yang diperkirakan akan terdampak gangguan air bersih pagi ini meliputi:

    -Raya Semolowaru
    -Semolowaru Utara
    -Suko Semolo
    -dan sekitarnya

    Warga di kawasan tersebut diimbau untuk menampung air lebih awal sebelum pekerjaan perbaikan dimulai. Pihak PDAM menegaskan bahwa langkah ini merupakan bentuk antisipasi agar kebutuhan air rumah tangga tetap terpenuhi selama proses perbaikan berlangsung.

    Namun, PDAM Surya Sembada juga menyediakan layanan air tangki gratis bagi masyarakat yang terdampak. Setiap satu tangki air akan diperuntukkan bagi 5 hingga 7 kepala keluarga (KK).

    “Warga terdampak yang membutuhkan air tangki gratis dapat menghubungi Call Center PDAM Surya Sembada di nomor 0-800-192-6666 (bebas pulsa, 24 jam) atau melalui WhatsApp Center di nomor 08123316666 (chat only). Permintaan ini akan dikoordinir oleh Ketua RT/RW setempat,” jelas PDAM dalam keterangannya.

    Pihak PDAM juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi, serta berharap pelanggan dapat memaklumi situasi ini demi menjaga keberlangsungan layanan air bersih di Kota Surabaya. Setelah pekerjaan selesai, aliran air akan kembali normal secara bertahap. [fyi/beq]

  • Spesifikasi Asus ROG Xbox Ally X, Handheld Gaming Rp 14 Jutaan Berotak Ryzen AI – Page 3

    Spesifikasi Asus ROG Xbox Ally X, Handheld Gaming Rp 14 Jutaan Berotak Ryzen AI – Page 3

    Kedua ROG Xbox Ally ini menjalankan Windows 11 dengan integrasi penuh Xbox Game Pass, fitur Handheld Compatibility agar ribuan game bisa langsung dimainkan tanpa perlu konfigurasi tambahan, serta advanced shader delivery agar proses loading lebih cepat.

    ROG Xbox Ally sudah ditenagai Windows 11 dengan fitur khusus seperti Game Bar, tombol Xbox, hingga Armoury Crate Special Edition.

    Selain itu, Xbox juga menghadirkan fitur Handheld Compatibility, di mana ribuan game populer yang ada saat ini dan segera rilis dioptimalkan agar bisa langsung dimainkan di konsol genggam ini.

    Menurut Microsoft, ROG Xbox Ally adalah konsol genggam fleksibel di mana gamer bisa dengan mudah install game lokal, main via cloud streaming, atau pakai Remote Play dari Xbox di rumah. 

    Selain itu, fitur baru seperti advanced shader delivery memungkinkan game diakses lebih cepat tanpa menunggu shader selesai diproses.

    ROG Xbox Ally Punya Fitur Verifikasi ala Steam DeckLebih lanjut, salah satu fokus utama Microsoft dengan handheld gaming ini adalah memastikan gamer bisa langsung bermain gim favorit mereka tanpa perlu atur-atur konfigurasi setiap kali main.

    Sebagai solusi, perusahaan memperkenalkan program baru bernama “Program Kompatibilitas Genggam”. Dijelaskan, ini merupakan sistem validasi game diklaim mirip dengan Steam Deck Verified milik Valve.

     

  • Lebih Bertenaga, Ini Perbandingan Mesin WMoto Nexy+ 180 dengan PCX dan Nmax

    Lebih Bertenaga, Ini Perbandingan Mesin WMoto Nexy+ 180 dengan PCX dan Nmax

    Jakarta

    Pabrikan motor asal Malaysia, WMoto, resmi meluncurkan model terbaru Nexy+ 180. Mengusung mesin 180 cc, skutik ini menjadi penantang serius Honda PCX 160 dan juga Yamaha Nmax 155. Seperti apa perbandingan mesin dan tenaga ketiga skutik gambot ini?

    Sebagai informasi, Nexy+ 180 dibekali mesin satu silinder 174 cc (kalau dibulatkan jadi 180 cc), berpendingin cairan, dengan empat katup. Tenaganya mencapai 18,2dk pada 8.500 rpm dengan torsi puncak 17,2 Nm di 6.500 rpm. Daya disalurkan ke roda belakang lewat transmisi CVT.

    Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax Foto: Dok. detikOto

    Bergeser ke Honda PCX 160, mengusung mesin 156,9 cc terbaru, eSP+, empat katup, PGM-FI. Mesin itu bisa menghasilkan tenaga puncak 15,7 dk pada 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm. Mesin ini sama seperti yang digunakan pada Vario 160, ADV 160, dan Stylo 160.

    Sementara Yamaha Nmax anyar mengusung mesin 155,09 cc, empat katup, injeksi, dengan tambahan fitur VVA (Variable Valve Actuation). Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimal 15,2 dk pada 8.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

    Kesimpulannya, dengan kapasitas mesin lebih besar, WMoto Nexy+ 180 secara performa lebih powerful dibanding skutik buatan Jepang seperti Yamaha Nmax atau Honda PCX.

    Menariknya lagi, skutik gambot WMoto itu di Malaysia dijual dengan harga kompetitif, yakni RM 8.988 atau sekitar Rp 35 jutaan. Harga Yamaha Nmax dan Honda PCX pun ada pada rentang harga itu, bahkan versi termahal kedua skutik buatan Jepang ini tembus di angka Rp 40 jutaan.

    Peluang WMoto Nexy+ 180 dijual di Indonesia pun terbuka lebar. Soalnya WMoto sudah hadir di Indonesia melalui MForce Indonesia. WMoto sejauh ini telah menjual beberapa model di Tanah Air, seperti Porter 125, Letbe Series, Swiftbee Series, Greta, Draco, dan sport bike naked Morbius.

    (lua/rgr)