Perusahaan: Valve

  • Pertamina Patra Niaga JBB Atasi Kebocoran Pipa BBM di Jalan Raya Cakung – Cilincing – Page 3

    Pertamina Patra Niaga JBB Atasi Kebocoran Pipa BBM di Jalan Raya Cakung – Cilincing – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) sedang berupaya segera melakukan perbaikan kebocoran pipa distribusi BBM di Jl. Raya Cakung – Cilincing. Perbaikan dilakukan setelah mendapatkan informasi kebocoran yang disampaikan oleh perwakilan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) ke Integrated Terminal (IT) Jakarta PT Pertamina Patra Niaga Regional JBB pada Sabtu 23 November 2024.

    Berdasarkan Informasi awal, terdapat proyek Pembangunan Sarana Penyaluran Air Minum PDAM Jatiluhur yang dilakukan oleh pihak Pekerjaan Umum (PU) melalui kontraktor pelaksana di sekitar titik kebocoran yang diduga mengenai pipa distribusi BBM Pertamina yang menuju ke IT Jakarta – Plumpang sehingga menyebabkan kebocoran pipa yang mengeluarkan BBM.

    Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Eko Kristiawan mengatakan saat ini pihak Pertamina Patra Niaga Regional JBB sedang berupaya segera menyelesaikan perbaikan pipa distribusi BBM yang bocor untuk menghindari resiko kendala supply dan stok BBM di wilayah Regional Jawa Bagian Barat.

    “Untuk itu, Pertamina Patra Niaga Regional JBB telah melakukan berbagai upaya diantaranya mengirimkan tim untuk melakukan perbaikan, peralatan fire truck, vacuum truck, menutup ball valve terdekat dari titik kebocoran pipa, melakukan evakuasi rembesan minyak, berkoordinasi untuk mengamankan supply BBM dan berkoordinasi untuk dilakukan rekayasa lalu lintas,” ucap Eko.

    “Saat ini sedang dilakukan pengeboran menuju titik kebocoran pipa yang sebelumnya ditelusuri dengan menggunakan Pipe Locator dan tracking jalur pipa oleh tim Pertamina Patra Niaga Regional JBB untuk menemukan crossing point antara pipa Pertamina dan PDAM,” ucap Eko kemudian.

    Pertamina Patra Niaga menjamin ketersediaan stock dan kelancaran distribusi BBM di wilayah Propinsi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat.

  • Ford Rilis 3 Mobil Baru di Indonesia, Harga Mulai Rp 800 Jutaan

    Ford Rilis 3 Mobil Baru di Indonesia, Harga Mulai Rp 800 Jutaan

    Jakarta

    Ford Motor Company melalui distributor resminya RMA Indonesia merilis tiga produk baru dalam ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2024. Rinciannya dua varian limited edition, Next-Gen Ford Everest, Next- Gen Ford Ranger Wildtrak, serta hadirnya double cabin terbaru bagi pecinta offroad, Next- Gen Ford Ranger Raptor 3.0.

    “Pada Gaikindo Jakarta Auto Week 2024 kali ini, penggemar otomotif akan dimanjakan oleh hadirnya tiga mobil andalan terbaru, khususnya untuk para pecinta Ford di Indonesia,” kata Toto Suharto, Country Manager RMA Indonesia saat peluncuran di ICE BSD Tangerang, Jumat (21/11/2024).

    Pertama, Next-Gen Ford Everest Titanium 4×4 A/T Limited Edition yang menjadi seri tertinggi dari Next-Gen Ford Everest. Sebanyak 15 unit Next Gen Everest Titanium siap dipasarkan untuk konsumen Indonesia. Mobil ini punya kesan tangguh berkat tambahan aksesoris Hamer mencakup front bumper, front grille, power rotary step yang dilengkapi lampu LED, dan under protection plates.

    Berbekal tenaga besar dan torsi yang kuat yang dihasilkan dari 2.0L Bi-Turbo bertenaga 210PS pada 3.500 rpm dan torsi puncak 500 Nm, SUV ini lincah diajak berpetualang berkat sistem penggerak 4×4 yang dimiliki, dan sistem transmisi 10-speed SelectShift automatic transmission.

    Ford Ranger Wildtrak Limited Edition. Foto: (Ridwan Arifin/detikOto)

    Next-Gen Ford Everest Titanium 4×4 A/T Limited Edition menggunakan material baja berkekuatan tinggi, aluminium alloy, dan komposit, menghasilkan bobot yang ringan dan daya tahan jangka panjang dengan desain yang gagah dan modern.

    SUV premium ini dibekali dengan berbagai teknologi dan fitur terkini, seperti panoramic moonroof, adaptive cruise control, 12 inch infotainment system, wireless charging, electric parking brake, 360 camera, serta berbagai fitur keamanan canggih seperti:

    Selectable Drive Modes menghadirkan fleksibilitas mode berkendara sesuai kebutuhan seperti: normal, eco, tow/haul, slippery, mud & ruts, dan sand. Off-road Sync Screen menampilkan fitur-fitur spesial offroad seperti indikasi driving line dan lock differential, steering angle, pitch and roll angle, dan prediksi hamparan trek. Advanced Driver Assist berupa Lane Keeping System with Road Edge Detection dan Adaptive Cruise Control with Stop-and-Go and Lane Centering.
    Advanced Safety yang terdiri atas Pre-Collision Assist, Evasive Steer Assist, dan Reverse Brake Assist. Passive Safety berupa 7 airbags, side curtain airbag pada ketiga baris kabin, dan Post-Collision Braking

    Kedua, Next-Gen Ford Ranger Wildtrak 4×4 A/T Limited Edition yang juga dilengkapi aksesoris dari Hamer. Bagi pecinta offroad, aksesoris front bumper, dan rear bar membuat Next-Gen Ford Ranger Wildtrak Limited Edition menjadi semakin terlindungi, sementara Auto Roller Lid Max dapat semakin memudahkan dalam penyimpanan barang.

    Next-Gen Ford Ranger Wildtrak 4×4 A/T Limited Edition dibekali mesin yang sama dengan Next Gen Ford Everest, 2.0L Bi-Turbo, serta adaptive cruise control berikut off-road sync screen, BLIS-7 airbags, electric parking brake, dual zone AC dengan rear air AC vent, 12 inch multi- touch screen multi-function display, juga Wildtrak Synthetic Leather Seats. mobil ini mampu menaklukan medan offroad dengan penuh gaya dengan LED headlamps, fog lamps, dan tail lamps berdesain clean, serta roof rail, sport bar, dan gril depan Wildtrak yang unik.

    Kedua varian Limited Edition ini hanya diproduksi masing-masing 15 unit saja selama ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2024, dan tersedia khusus untuk pilihan warna Meteor Gray.

    Ketiga, Next-Gen Ford Ranger Raptor 3.0L V6 Gasoline A/T. Hadir dengan 3.0L V6 Twin Turbo EcoBoost Engine yang mampu menghasilkan tenaga 397 PS dan torsi puncak 583Nm dipadukan dengan 10-speed SelectShift automatic transmission dengan sistem anti-lag yang ditujukan untuk penggunaan offroad, jelas menjadikan mobil ini menjadi pilihan ideal bagi para pemburu adrenalin dan pecinta medan ekstrem.

    Sistem suspensi Next-Gen Ford Ranger Raptor 3.0 pun lebih tangguh dengan memanfaatkan internal bypass shock absorbers FOX 2.5″ Live Valve. Peranti ini bereaksi dan melakukan penyesuaian secara elektronik hingga 500 kali per detik, terhadap medan yang tengah dijelajahi dan gaya berkendara pengemudinya.

    Keberadaan selectable drive modes yang dapat secara pintar menyesuaikan mode berkendara mengikuti medan jalan yang dilalui, dipadukan dengan front & rear locking differential untuk cengkeraman maksimal, serta fitur unik selectable exhaust modes membuat Next Gen Ford Ranger Raptor ideal bagi para pemburu adrenalin maupun pecinta offroad.

    Harga Mobil Ford di GJAW 2024

    Berikut ini harga penawaran khusus yang berlaku hanya selama berlangsungnya GJAW 2024:

    Next-Gen Ford Everest Titanium 4×4 A/T Limited Edition: Rp 1.024.000.000Next-Gen Ford Ranger Wildtrak 4×4 A/T Limited Edition: Rp 836.000.000Ford Ranger 3.0L Raptor (4×4) A/T: Rp 1.360.000.000

    (riar/dry)

  • Wukong Tetap Masuk Nominasi Game Terbaik 2024

    Wukong Tetap Masuk Nominasi Game Terbaik 2024

    Jakarta

    Menarik sekali, Black Myth: Wukong punya rating yang rendah, tapi tetap bisa masuk nominasi Game of the Year di acara bertajuk The Game Awards 2024. Lantas apa alasannya?

    Keempat game lain yang masuk kategori Game of the Year memiliki rating lebih dari 90 poin. Adapun game yang dimaksud ialah Astro Bot (94 poin), Balatro (90 poin), Elden Ring: Shadow of the Erdtree (94 poin), dan Final Fantasy VII Rebirth (92 poin).

    Sementara Black Myth: Wukong hanya mampu memperoleh skor 81. Angka ini juga menjadi yang terendah selama gelaran acara The Game Awards. Rating paling kecil sebelumnya sempat dipegang oleh Control dan A Plague Tale: Requiem, yang memperoleh skor 82 di Metacritic.

    Game lain yang hampir mendekati skor Black Myth: Wukong adalah Stray (83), Resident Evil Village (84), dan The Outer Worlds (85). Kebingungan gamer datang, karena sebenarnya masih banyak game yang rilis tahun ini dengan rating jauh lebih tinggi, tapi tidak masuk nominasi.

    Apabila menarik garis ke belakang, alasan mengapa Black Myth: Wukong masuk ke dalam nominasi ialah faktanya game ini memecahkan rekor di Steam, dikutip detikINET dari The Gamer, Selasa (19/11/2024). Platform jual beli kepunyaan Valve itu sempat digeruduk 37.242.724 gamer yang online bersamaan.

    Kejadian itu terjadi pada tanggal 25 Agustus 2024 lalu. Kehadiran game besutan Game Science tersebut, memang sukses mendulang pemain aktif di Steam sejak pertama kali dirilis pada tanggal 20 Agustus 2024.

    Namun perlu diingat, 37 juta orang ini ialah mereka yang benar-benar aktif di Steam, bukan spesifik pada satu game saja. Jadi maksudnya bukan semata-mata pemain sebanyak itu bersamaan online di Black Myth: Wukong. Sementara pemain yang memainkan game ini secara bersamaan, puncaknya di angka 2.415.714 gamer.

    Tapi sayangnya dengan banyaknya pemain dan jumlah penjualan yang meroket, tak mampu mempercantik rating Black Myth: Wukong. Hingga artikel ini dibuat, skornya tertahan di angka 81 dan kemungkinan sulit untuk bertambah.

    Tapi keresahan gamer tak sampai di situ. Mereka mempertanyakan kehadiran Elden Ring: Shadow of the Erdtree dalam nominasi Game of the Year.

    Lantaran Elden Ring: Shadow of the Erdtree merupakan konten tambahan (DLC) dari base game-nya, yakni Elden Ring. Tidak sedikit dari gamer meminta nominasi di kategori tersebut kembali dipertimbangkan.

    Cuma memang bila mengacu kriteria resmi The Game Awards hal itu tak menjadi masalah. Mereka menyatakan akan memberikan pengakuan terhadap karya kreatif studio game, terlepas dari format yang dirilis. Jadi format game seperti new season, DLC, remake, dan remaster memenuhi syarat dalam semua kategori.

    (hps/fyk)

  • Pengumuman, Steam Tak Lagi Dukung Windows 7 dan 8

    Pengumuman, Steam Tak Lagi Dukung Windows 7 dan 8

    Jakarta

    Valve menyetop dukungan Windows 7 dan 8 di Steam pada pembaruan yang dirilis 5 November lalu.

    Dalam pengumuman resmi di pembaruan tersebut, Valve menyebut software Steam yang dirilis 5 November tak lagi bisa dipakai di Windows 7 dan 8, dan pengguna Steam di sistem operasi tersebut dipastikan tak lagi mendapat pembaruan ke depannya.

    Jika tetap ingin menggunakan Steam, mereka perlu mengganti Windows-nya ke Windows 10 atau 11, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Kamis (14/11/2024).

    Selain Windows, Valve juga menyetop dukungan Steam di macOS versi lama, seperti macOS 10.13 High Sierra dan macOS 10.14 Mojave. Kini Steam hanya bisa dijalankan di macOS 10.15 Catalina atau yang lebih baru.

    Meski tak lagi mendukung sistem operasi lama, semestinya tak banyak pengguna Steam yang akan terdampak. Pasalnya dalam survei hardware dan software Steam terbaru, penggunanya yang masih memakai Windows 7 sangat kecil.

    Berdasarkan survei Oktober 2024, Windows 11 adalah OS terpopuler di Steam, yaitu 48,80%, dan Windows 10 adalah yang terpopuler kedua, yaitu 47,46%. Pengguna Windows 7 di Steam dalam survei tersebut hanya 0,28%.

    Valve punya alasan yang kuat untuk menyetop dukungan Windows 7 dan 8, karena fitur kunci di Steam bergantung pada fitur yang ada di Google Chrome. Nah, fitur yang ada di browser andalan Google itu tak lagi mendukung Windows 7 dan 8, alhasil Steam pun harus menyetop dukungannya terhadap Windows 7 dan 8.

    Microsoft pun sudah menyetop dukungan untuk Windows 7 pada Januari 2020 lalu, dan Windows 8 pada Januari 2023. Sementara Windows 10 akan disetop dukungannya pada OKtober 2025, yang mungkin artinya pengguna Steam juga wajib memperbarui Windows 10 ke Windows 11 agar tetap bisa menggunakan Steam.

    (asj/asj)

  • Lihat Lebih Dekat Penampakan Yamaha Nmax Versi Eropa

    Lihat Lebih Dekat Penampakan Yamaha Nmax Versi Eropa

    Di atas kertas, Yamaha Nmax 125 versi Eropa dibekali mesin satu silinder, SOHC, 125 cc, yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 12 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 11,2 Nm pada 6.000 rpm. Mesin ini tentunya juga sudah dibekali fitur VVA alias Variable Valve Actuation. Foto: Dok. Yamaha

  • Yamaha Nmax Terbaru Meluncur di Eropa, Pilihan Warnanya Keren-keren

    Yamaha Nmax Terbaru Meluncur di Eropa, Pilihan Warnanya Keren-keren

    Jakarta

    Yamaha Nmax 125 terbaru resmi meluncur di Eropa. Desain Yamaha Nmax 125 generasi teranyar ini sama seperti desain Yamaha Nmax 155 tipe Neo dan Turbo yang sudah diperkenalkan di Indonesia sebelumnya. Yamaha Nmax 125 model terkini juga mendapatkan pilihan warna yang keren-keren.

    Mengutip situs resmi Yamaha Eropa, Yamaha Nmax 125 mendapatkan pilihan tipe standar dan Tech Max. Untuk varian standar pilihan warnanya adalah icon black dan milky white. Sedangkan tipe Tech Max dapat pilihan warna ceramic grey dan dark magma.

    Yamaha Nmax 125 terbaru meluncur di Eropa Foto: Dok. Yamaha

    Warna icon black pada tipe standar mengusung warna hitam dengan sentuhan aksen biru pada bagian velg dan juga emblem Nmax. Sedangkan pada tipe Tech Max, ada pilihan warna ceramic grey yang elegan dan mewah. Sayangnya, dua pilihan warna yang keren itu tidak ada di Nmax 155 versi pasar Indonesia.

    Meski begitu, pasar Indonesia tetap beruntung karena mendapatkan varian Turbo yang dibekali sistem transmisi elektronik YECVT dengan fitur mode berkendara. Sementara untuk model Nmax 125 yang dipasarkan di Eropa ini tak mendapatkan pilihan varian Turbo.

    Di atas kertas, Yamaha Nmax 125 versi Eropa dibekali mesin satu silinder, SOHC, 125 cc, yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 12 dk pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 11,2 Nm pada 6.000 rpm. Mesin ini tentunya juga sudah dibekali fitur VVA alias Variable Valve Actuation.

    Yamaha Nmax 125 Foto: Dok. Yamaha

    Secara umum, fitur-fitur Nmax 125 ini mirip seperti fitur-fitur yang ada di Nmax 155 versi Indonesia. Dari lampu-lampu full LED, lampu depan proyektor, start stop system dan kunci keyless, termasuk juga panel layar TFT 4,2 inci buat varian Tech Max.

    Adapun detail lain yang membedakan adalah, semua varian Nmax 125 di Eropa sudah mendapatkan fitur charger dengan colokan tipe USB C. Selain itu, Nmax 125 versi Eropa mesinnya sudah mengadopsi regulasi emisi Euro5+.

    Yamaha Nmax 125 terbaru meluncur di Eropa Foto: Dok. Yamaha

    Saksikan juga video: Komparasi Yamaha NMAX Turbo dan NMAX Neo: Turbo Lebih Memukau, NEO Lebih Terjangkau

    (lua/rgr)

  • Mengenal Prosedur Minimal Invasif MVR untuk Pasien Jantung Rematik

    Mengenal Prosedur Minimal Invasif MVR untuk Pasien Jantung Rematik

    Jakarta

    Penyakit jantung rematik atau Rheumatic Heart Disease (RHD) menjadi salah satu ancaman serius yang perlu diwaspadai. Penyakit ini terjadi sebagai kelanjutan dari demam rematik dan infeksi tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus grup A. Pada kondisi ini, sistem imun tubuh secara keliru menyerang jaringan jantung yang dapat merusak katup jantung secara permanen.

    Kerusakan katup jantung mempengaruhi fungsi jantung dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini juga berpotensi menyebabkan gagal jantung dan komplikasi serius lainnya. Oleh karena itu, penyakit jantung rematik harus segera ditangani untuk mencegah kerusakan organ lainnya.

    Keberhasilan penanganan masalah katup jantung salah satunya pernah dilakukan di Mayapada Hospital Tangerang pada Agustus 2024 terhadap pasien laki-laki berusia 36 tahun. Ia datang dengan keluhan batuk tak henti, sesak napas, hingga tidak mampu beraktivitas normal. Pemeriksaan komprehensif pun dilakukan melalui Ekokardiografi untuk memastikan penyebab dan penyakit dapat ditangani dengan cara yang tepat.

    Pemeriksaan dilakukan oleh Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah Konsultan Ekokardiografi di Mayapada Hospital Tangerang, dr. Herenda Medishita, Sp.JP, FIHA (K) dengan tujuan untuk mendeteksi kelainan pada jantung, pembuluh darah, aliran darah, dan kemampuan otot jantung dalam memompa darah. Hasilnya, ditemukan ada penyempitan dan pengapuran dalam katup jantung pasien.

    “Dalam proses pemeriksaan, ditemukan katup mitral pasien mengalami penyempitan dan sudah pengapuran. Kondisi ini tidak bisa lagi ditangani dengan obat-obatan, sehingga harus dilakukan penanganan lanjut untuk mengatasi masalah katup jantungnya,” ujar dr. Medishita dalam keterangan tertulis, Jumat (8/11/2024).

    dr. Shita menjelaskan ada jenis pemeriksaan lainnya yang dapat menunjang diagnosis dokter, seperti pemeriksaan kadar sel darah putih, Rontgen Thorax untuk mendeteksi pembesaran pada jantung, Elektrokardiografi untuk menghitung denyut jantung dan aktivitas listrik jantung. Ada pula MRI Jantung untuk mendeteksi kondisi katup jantung dan otot jantung.

    Kemudian, penanganan lanjut pada kasus pasien ini dilakukan oleh Dokter Spesialis Bedah Toraks, Kardiak dan Vaskular Subspesialis Jantung Dewasa Mayapada Hospital Tangerang dr. Arinto Bono Adji, Sp.BTKV Subsp.JD (K) MARS, dengan melakukan tindakan penggantian katup jantung atau yang disebut Mitral Valve Replacement (MVR). Tindakan ini dilakukan untuk mengganti katup jantung yang rusak dengan donor katup maupun katup buatan.

    “Operasi penggantian katup jantung pada pasien ini dilakukan dengan secara minimal invasif (minim sayatan) hanya sekitar 4-5 cm di dada kanan. Pemulihan pasca-operasi berlangsung cepat, kurang dari 1 minggu pasien sudah bisa pulang. Bahkan sekitar 10 hari setelah operasi, kondisi fisik pasien sudah tampak kuat dan dapat beraktivitas kembali,” jelas dr. Bono.

    Kasus kerusakan katup jantung seperti yang dialami pasien tersebut merupakan proses panjang dari kumpulan gejala yang selama ini telah dirasakan. Kerusakan katup jantung merupakan dampak kronis dari penyakit jantung rematik dengan gejala-gejala seperti sesak napas, pembengkakan pada perut, tangan, atau kaki, mudah kelelahan, hingga rasa jantung berdebar-deba (palpitasi).

    Apabila Anda pernah atau bahkan terus-menerus merasakan gejala-gejala tersebut, segera melakukan pemeriksaan untuk menghindari perburukan. Untuk mendeteksi masalah penyakit jantung rematik dan menangani kerusakan katup jantung, Anda dapat mempercayakannya bersama tim medis yang ahli dan berpengalaman di Cardiovascular Center Mayapada Hospital.

    Pengobatan Penyakit Jantung di Cardiovascular Center Mayapada Hospital

    Memastikan kesehatan jantung dengan berbagai pemeriksaan termasuk menjadwalkan konsultasi bersama dokter spesialis jantung di Cardiovascular Center Mayapada Hospital dapat dilakukan melalui aplikasi MyCare milik Mayapada Hospital.

    Melalui aplikasi ini, pasien juga dapat memilih jadwal konsultasi baik secara langsung atau telekonsultasi. Dengan MyCare, pasien dapat memperoleh nomor antrean lebih awal agar tak perlu antre panjang di rumah sakit, karena MyCare telah terintegrasi dengan berbagai metode pembayaran.

    Cardiovascular Center Mayapada Hospital merupakan layanan dalam menangani masalah kesehatan jantung secara komprehensif dan berstandar internasional, mulai dari pencegahan, deteksi dini, intervensi jantung, bedah jantung, dan rehabilitasi jantung.

    Cardiovascular Center Mayapada Hospital juga memiliki layanan Cardiac Emergency yang siaga selama 24 jam penuh untuk menangani kasus kegawatdaruratan jantung. Layanan Cardiac Emergency ini juga dapat dengan mudah diakses melalui fitur Emergency yang ada di aplikasi MyCare.

    Sebagai salah satu layanan unggulan yang dimiliki Mayapada Hospital, Cardiovascular Center telah banyak mengerjakan kasus jantung kompleks dengan tindakan advanced seperti, penanganan gangguan pembuluh darah aorta dengan prosedur TEVAR dan Bentall Procedure sebagai tindakan yang memiliki kesulitan tinggi, sampai dengan bedah jantung untuk menangani penyakit jantung bawaan pada anak-anak seperti Tetralogi of Fallot, ASD dan VSD.

    Informasi lengkap mengenai keberhasilan tindakan advanced Cardiovascular Center Mayapada Hospital, dapat diakses melalui fitur Health Article & Tips yang ada di MyCare.

    Aplikasi MyCare juga terhubung dengan Google Fit dan Health Access untuk dapat memantau kebugaran dan kesehatan jantung, melalui indikator jumlah langkah kaki, detak jantung, jumlah kalori terbakar, dan pengukuran body mass index (BMI).

    Unduh aplikasi MyCare di Google Play Store dan App Store untuk mendapatkan reward point pada registrasi pertama di MyCare. Reward point dapat dipakai untuk mendapat potongan harga di berbagai layanan di Mayapada Hospital.

    (akn/ega)

  • Mengenal Komponen Thermostat pada Mobil dan Fungsinya

    Mengenal Komponen Thermostat pada Mobil dan Fungsinya

    Jakarta

    Ada banyak komponen yang terdapat dalam mobil, salah satunya adalah thermostat. Komponen ini sangat penting karena fungsi utamanya dapat mengatur sirkulasi pendinginan mesin dari radiator.

    Sayangnya, masih banyak pemilik mobil yang tidak tahu mengenai thermostat. Bahkan, beberapa orang masih belum tahu ciri-ciri jika thermostat sudah rusak.

    Lantas, apa sih thermostat itu? Lalu apa fungsi thermostat dalam sistem pendingin mesin mobil? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

    Mengenal Thermostat

    Thermostat adalah sebuah komponen pada mobil yang letaknya ada di dalam mesin. Bentuknya mirip selongsong dengan bagian berulir yang mengitarinya.

    Mengutip laman Auto2000, thermostat biasanya berwarna keemasan di bagian yang panjang, lalu warna perak di bagian ulirnya. Thermostat memiliki ukuran yang kecil, tetapi punya fungsi krusial dalam sistem pendinginan mesin mobil.

    Sebuah thermostat terdiri dari beberapa bagian penting yang mendukung kinerjanya agar tetap optimal. Bagian dalam thermostat antara lain:

    Wax seal: berfungsi mengatur pembukaan bagian tutup thermostat.Pegas: fungsinya untuk mengembalikan posisi katup ke posisi menutup.Valve: memiliki bagian pelat yang berfungsi sebagai pintu air.Control hole: berguna untuk mengatur jumlah air dalam water jacket.Fungsi Thermostat

    Fungsi utama thermostat adalah untuk mengatur sirkulasi pendinginan mesin dari radiator untuk mencegah terjadinya overheat. Di dalam thermostat terdapat komponen yang bisa mendeteksi perubahan suhu.

    Perlu diketahui, thermostat akan menjaga suhu mobil tetap berada di antara 80-92 derajat Celcius. Dalam suhu itu, mesin dapat menghasilkan pembakaran secara optimal serta pemakaian bahan bakar yang lebih efisien.

    Dalam menjaga suhu mobil tetap aman, thermostat akan menutup saluran air pendingin dari mesin ke radiator saat suhu air masih rendah. Lalu, thermostat akan membuka saluran tersebut ketika suhu air pendingin sudah tinggi. Jadi, air pendingin tersebut yang membantu thermostat dalam menjaga suhu mesin.

    Ciri-ciri Thermostat Sudah Rusak

    Sama seperti komponen mobil lainnya, seiring waktu thermostat bisa mengalami kerusakan. Kalau sudah rusak, maka thermostat tidak bisa bekerja secara optimal dalam menjaga suhu mesin.

    Apa saja ciri-ciri thermostat sudah rusak? Simak di bawah ini:

    1. Mesin Overheat

    Salah satu tanda umum thermostat sudah rusak adalah mesin mengalami overheat. Wajar saja, sebab thermostat yang tidak terbuka dengan benar membuat aliran cairan pendingin ke mesin jadi terhambat.

    2. Suhu Kerja Mesin Tidak Stabil

    Thermostat yang sudah rusak juga bisa menyebabkan suhu mesin tidak stabil. Misalnya, mesin mungkin kesulitan mencapai suhu kerja yang optimal atau suhu mesin bisa naik dan turun secara tidak terduga.

    3. Konsumsi BBM Lebih Boros

    Ciri-ciri selanjutnya adalah bahan bakar jadi lebih boros. Soalnya, thermostat yang sudah rusak menyebabkan mesin bekerja pada suhu yang tidak optimal. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan efisiensi pembakaran.

    4. Pendingin Radiator Kurang Efektif

    Thermostat yang sudah mulai rusak bisa menghambat aliran cairan pendingin ke radiator. Kondisi itu menyebabkan radiator tidak dapat melakukan pendinginan secara efektif.

    Itu dia penjelasan mengenai thermostat beserta fungsinya. Semoga dapat membantu detikers!

    (ilf/fds)

  • PHE OSES pasok gas ke PLTGU Cilegon dukung kebutuhan energi nasional

    PHE OSES pasok gas ke PLTGU Cilegon dukung kebutuhan energi nasional

    Jakarta (ANTARA) – PT Pertamina Hulu Energi Offshore South East Sumatera (PHE OSES) resmi memasok gas bumi ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) di Cilegon, Banten, guna mendukung ketahanan energi nasional.

    General Manager PHE OSES Antonius Dwi Arinto dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu menyampaikan pentingnya kolaborasi antar sektor dalam menciptakan ketahanan energi nasional.

    “Kerja sama ini adalah wujud nyata dari komitmen kami untuk mendukung kebutuhan energi nasional, melalui kerja sama yang solid antara PHE OSES, SKK Migas, dan PLN,” kata Antonius.

    Bertempat di PLN Indonesia Power UBP Cilegon, pembukaan katup aliran gas pertama atau open valve first gas in menandai dimulainya sinergi guna mendukung ketersediaan pasokan gas yang andal demi pemenuhan kebutuhan energi nasional.

    Terhitung Jumat (1/11), PHE OSES menyediakan gas sebesar 5 Billion British Thermal Unit per Day (BBUTD), dengan total volume sebesar 9.977 BBTU sampai dengan 2029. Gas yang dipasok tersebut akan dimanfaatkan untuk kebutuhan listrik wilayah Cilegon-Banten, Jawa Barat, dan sekitarnya.

    PLTGU Cilegon merupakan satu-satunya pembangkit bertenaga gas di wilayah Banten, yang berperan vital sebagai salah satu interkoneksi jaringan transmisi Jawa-Bali. Listrik dari PLTGU Cilegon diperuntukkan untuk menyuplai kebutuhan listrik industri di Banten.

    Lebih lanjut, Antonius mengatakan dengan sinergi lintas instansi pemerintah, potensi energi domestik dapat dioptimalkan untuk menunjang kesejahteraan masyarakat dan keberlanjutan industri.

    “Kami berharap sinergi ini dapat menjadi contoh bagaimana semangat kebersamaan dapat menghasilkan dampak yang besar untuk mendukung ketersediaan energi yang andal, efisien, dan berkelanjutan,” tuturnya.

    Pada acara pembukaan tersebut, turut hadir perwakilan SKK Migas, Vice President Primary Energy Planning & Control II PLN IP, dan perwakilan manajemen PHE OSES lainnya.

    PT Pertamina Hulu Energi (PHE) merupakan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang berperan sebagai subholding upstream di lingkungan Pertamina.

    Peran subholding upstream yang dijalankan oleh PHE, yakni sebagai pengelola lapangan hulu minyak dan gas bumi yang dioperasikan Pertamina baik di dalam maupun luar negeri.

    Regional Jawa diberikan kewenangan oleh PHE untuk mengoordinasikan lapangan hulu minyak dan gas bumi di wilayah Jawa bagian barat yang meliputi PHE ONWJ, PHE OSES, Pertamina EP wilayah Jawa Barat, dan Pertamina East Natuna. Area kerja Regional Jawa mencakup Provinsi DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bangka Belitung, dan Jawa Barat.

    Baca juga: PHE OSES siap bor sumur baru genjot produksi migas nasional
    Baca juga: PHE OSES lestarikan ekosistem laut lewat transplantasi terumbu karang
    Baca juga: PHE dan ExxonMobil kerja sama CCS/CCUS di WK OSES
     

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2024