Perusahaan: Valve

  • Motor Matic yang Kena Kenaikan PPN 12%

    Motor Matic yang Kena Kenaikan PPN 12%

    Jakarta

    Ada beberapa motor matic yang kena Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 12 persen. Tarif ini berlaku per 1 Januari 2025. Simak apa saja modelnya.

    Jenis motor yang mengalami kenaikan tarif PPN 12 persen berdasarkan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang sudah diatur sebelumnya.

    Pengenaan tarif PPnBM untuk kendaraan bermotor diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 141/PMK.010/2021 tentang Penetapan Jenis Kendaraan Bermotor yang dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah dan Tata Cara Pengenaan Pemberian dan Penatausahaan Pembebasan, dan Pengembalian Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

    “Kenaikan PPN 11% ke 12% dikenakan terhadap barang dan jasa mewah. Yaitu barang dan jasa tertentu yang selama ini sudah kena PPN barang mewah yang dikonsumsi golongan masyarakat mampu,” kata Presiden Prabowo Subianto dalam konferensi pers di kantor Kementerian Keuangan, Selasa (31/12/2024).

    Menteri Keuangan Sri Mulyani mengurai barang-barang yang masuk kategori tersebut, yakni kelompok hunian mewah seperti rumah besar, kondominium, apartemen, town house dengan harga jual Rp 30 miliar atau lebih. Kemudian balon udara, pesawat udara termasuk helikopter, peluru senjata api dan senjata api lain.

    “Kemudian kelompok kapal pesiar mewah kecuali untuk angkutan umum seperti pesiar dan yacht itu kena 12 persen, dan kendaraan bermotor yang sudah kena PPnBM. Jadi itu saja yang kena 12 persen, yang lain tidak,” ujar Menteri Keuangan, Sri Mulyani dalam presentasinya di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta.

    Mengacu pada pernyataan Sri Mulyani, tidak semua sepeda motor dikenakan PPnBM. Pengenaan tarif PPnBM untuk kendaraan bermotor diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan nomor 141/PMK.010/2021 tentang Penetapan Jenis Kendaraan Bermotor yang dikenai Pajak Penjualan atas Barang Mewah dan Tata Cara Pengenaan Pemberian dan Penatausahaan Pembebasan, dan Pengembalian Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

    Dalam pasal 22 dan 23 dijelaskan PPnBM untuk sepeda motor hanya menyasar mesin dengan kapasitas lebih dari 250 cc sampai 500 cc. Motor dengan kriteria tersebut dikenakan PPnBM sebesar 60 persen, dan lebih dari 500 cc dipatok tarif PPnBM 95 persen. Lalu apa saja modelnya? Berikut ini deretan motor matic berkapasitas 250 cc – 500 cc yang dibebankan PPnBM dan akan terimbas PPN 12 persen.

    Daftar Motor Matic Kena PPN 12%

    Yamaha TMAX DX

    Motor skutik TMAX DX memiliki mesin 530 cc 2 silinder dengan konfigurasi bore x stroke 68,0 mm x 73,0 mm. Tenaga dari kendaraan ini kemudian disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis (CVT).

    Power puncak dari TMAX DX diklaim mencapai 45,4 dk pada 6.750 rpm dan torsinya 53,0 Nm di 5.250 rpm.

    Honda X-ADV

    Honda X-ADV mempunyai mesin 745 cc, liquid-cooled SOHC, 6 speed, 8-valve, dengan konfigurasi parallel twin-cylinder. Mesin tersebut kemudian dipasangkan dengan sistem transmisi DCT (Dual Clutch Transmission) 6-percepatan.

    Percepatan tersebut diklaim bisa mengeluarkan tenaga maksimum 40,3 kW/6.250 rpm dan torsi maksimum 68Nm/4.750rpm. Dalam pengoperasiannya DCT bisa menggunakan mode automatic dan juga manual.

    BMW C 400

    BMW C 400 GT sendiri diberikan mesin yang identik dengan varian C 400 X. Tak hanya itu, kendaraan ini juga dibekali mesin satu silinder berkapasitas 350 cc, dikombinasi transmisi CVT. Untuk C 400 GTnya tetap mengusung teknologi yang sama, namun perbedaannya terdapat pada body style.

    Vespa GTS Series, dan Vespa GTV

    Motor yang dijual dengan level LCGC ini dilengkapi mesin 278,3 cc HPE satu silinder, 4 tak. Mesin itu artinya mampu memuntahkan tenaga 17,5 kW di 8.250 rpm dan torsi 26 Nm di 5.250 rpm.

    Max SYM 400i

    PT Mforce Indonesia merupakan agen pemegang merek SM Sport dan SYM. ada beberapa produk skutik bongsor SYM yang coba dibawa ke Indonesia, salah satunya, yakni Max SYM 400i.

    Motor ini dibekali mesin 399 cc 4 tak yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 24,5 kw di 7000 rpm, dan torsi 34,5 Nm di 5.500 rpm. Tenaga itu kemudian akan disalurkan melalui sistem transmisi CVT.

    Max SYM 600i

    SYM 600i mempunyai bentuk yang sama dengan SYM 400i. Perbedaannya hanya terletak pada mesin motornya.

    Motor SYM 600i memiliki mesin yang lebih besar, yakni 656 cc. Mesin itu mampu mengeluarkan tenaga 30,3 kW di 6.500 rpm dan torsi maksimal 43,2 Nm di 5.500 rpm.

    Cruisym 300i

    Masih dari pabrikan SYM, kali ini Cruisym 300i lebih dekat dengan Honda Forza 250 dan Yamaha Xmax. Motor di bawah 300 cc satu ini mempunyai jantung 278,3 cc.

    Secara data, tenaga yang dihasilkan mampu mencapai 26,9 hp pada putaran 7750 rpm dengan torsi maksimumnya mencapai 27.3 Nm di 6750 rpm.

    Piaggio MP3 500 Hype Sport Advanced

    Piaggio MP3 500 juga punya embel-embel HPE yang dilengkapi dengan arti High Performance Engine. Di balik jantung pacunya, motor roda tiga ini punya mesin 493 cc satu silinder yang mampu mengeluarkan tenaga maksimum sebesar 44,2 hp di 7.750 rpm dan torsi 47.5 Nm di 5.500 rpm.

    (riar/dry)

  • Setelah Nmax Turbo dan Aerox Turbo, Bakal Ada Yamaha Lexi Turbo?

    Setelah Nmax Turbo dan Aerox Turbo, Bakal Ada Yamaha Lexi Turbo?

    Jakarta

    Yamaha menaikkan standar skutik 150 cc dengan menyematkan teknologi ‘turbo’ di kedua produk terbarunya, Nmax 2024 dan Aerox Alpha. Apakah nantinya teknologi ‘turbo’ tersebut juga bakal diaplikasikan ke jajaran skutik Maxi Yamaha lainnya seperti Lexi?

    Dijelaskan Rifki Maulana selaku Public Relations, YRA & Community Manager Yamaha Indonesia Motor Mfg (YIMM), Yamaha membuka peluang menyematkan teknologi ‘turbo’. Sebab Nmax dan Aerox Alpha terbaru sama-sama menggunakan mesin Lexi LX 155. Jadi secara basis mesin, ketiga model ini pakai mesin yang sama.

    Yamaha Nmax Turbo Foto: Doc. Yamaha

    “Kita lihat demand-nya. Kalau (konsumen) Lexi-nya memang membutuhkan, ya bisa kita study kan,” ungkap Rifki kepada wartawan di Jakarta belum lama ini. “Resource-nya sudah ada, mesin-nya sudah ada, tinggal marketnya saja (butuh atau tidak?),” sambung Rifki.

    Secara konsep, Lexi berbeda konsep dengan Nmax dan Aerox Alpha. Kalau Nmax dan Aerox Alpha tidak memiliki dek yang rata karena digunakan untuk tempat tangki bahan bakar, maka Lexi memiliki dek yang rata, yang cocok dan lebih fungsional untuk membawa barang.

    Yamaha Aerox Alpha Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    Di atas kertas, Lexi, Nmax, dan Aerox Alpha menggunakan mesin 155 cc terbaru dengan berbagai ubahan. Ubahan tersebut meliputi bagian body cylinder & forged, lalu head cylinder & valve, crankshaft & rotor assy, camshaft, hydraulic tensioner, hingga jalur oli baru.

    Jadi secara teori, mesin Lexi LX 155 juga bisa disematkan teknologi CVT elektrik YECVT seperti di Nmax terbaru dan Aerox Alpha, sehingga bisa memiliki mode berkendara T-mode dan S-mode. Menurut pendapat detikers, kira-kira Yamaha Lexi cocok tidak jika diberikan teknologi ‘turbo’?

    (lua/din)

  • Bikin SIM Baru Tanpa Calo, Kena Biaya Segini kalau Resmi

    Bikin SIM Baru Tanpa Calo, Kena Biaya Segini kalau Resmi

    8. TVS Callisto

    TVS Callisto 125 Foto: dok. TVS Motor Company Indonesia

    TVS juga punya produk lain yang irit, yaitu TVS Callisto dengan mesin 110 cc, 4 langkah SOHC 2 katup berpendingin udara, FI, yang menghasilkan tenaga hingga 7,5 dk/7.500 rpm, dengan torsi 8 Nm/5.500 rpm. Motor ini memiliki catatan konsumsi BBM 52,7 km/liter.

    9. Yamaha Jupiter Z1

    Yamaha Jupiter Z1 adalah salah satu motor bebek paling irit 2024. Motor ini dibekali mesin 113,7cc, 4-stroke, SOHC, 1 silinder berpendingin udara. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimal 10 dk/7750 RPM dengan torsi maksimal 9,8 Nm/6.750 rpm. Motor ini mencatatkan konsumsi BBM 53 km/liter.

    10. Yamaha Vega Force

    Yamaha Vega Force dilengkapi mesin 114 cc, 4 Langkah, SOHC, 1 silinder, berpendingin udara. Mesin ini menggunakan teknologi FI dan Euro 3, sehingga lebih irit.

    Teknologi Forged Piston membuat motor ini lebih bertenaga dan bandel. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimal 8,7 dk/ 7.000 rpm dengan torsi maksimal 9,53 Nm / 5.500 rpm. Konsumsi bahan bakarnya 55,6 km/liter.

    11. Honda Scoopy

    Honda Scoopy menggunakan mesin eSP generasi terbaru dan sasis eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Mesin ini mampu menghasilkan daya maksimal 9 dk/7.500 rpm dengan torsi maksimal 9,3 Nm/5.500 rpm. Skutik bergaya retro ini terbilang irit dengan catatan konsumsi BBM 55,7 km/liter.

    12. Honda Supra X 125 FI

    Motor paling irit selanjutnya ada Honda Supra X 125 FI. Motor ini menggunakan mesin 4-Langkah, SOHC, silinder tunggal, yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 10,1 dk/ 8.000 rpm dengan torsi maksimal 9,30 Nm/4.000 rpm. Konsumsi BBM-nya 57,2 km/liter.

    13. Honda BeAT

    Honda BeAT Foto: Dok. Wahana Honda

    Honda Beat terbaru mengusung mesin 4 Langkah, SOHC, eSP 110 cc, yang menghasilkan daya maksimal 9 dk/7.500 rpm dengan torsi maksimal 9.2 Nm/6000 rpm. Adapun kapasitas tangki bahan bakarnya adalah 4,2 liter. Skutik ini sangat irit dengan konsumsi BBM 60,6 km/liter.

    14. Honda Revo

    Honda Revo 110 FI memiliki keunggulan hemat BBM, sehingga sering dipilih untuk pekerja dengan mobilitas tinggi. Mesin berteknologi (PGM-FI) ini menghasilkan tenaga 8,91 dk/7.500 rpm dengan torsi 8,76 Nm/6.000 rpm. Motor bebek ini mencatatkan konsumsi BBM 62,2 km/liter.

    15. Honda Super Cub C125

    Honda Super Cub C125 2024 Foto: Dok. Astra Honda Motor (AHM)

    Yang terakhir ada Honda Super Cub C125 yang hadir untuk pecinta motor klasik. Desainnya yang jadul membuat kamu tampil beda. Meski jadul, motor ini dilengkapi fitur terbaru, seperti smart key system, panel digital, dan lampu LED. Konsumsi bahan bakar motor bebek bergaya klasik ini mencapai 67 km/liter.

    Dari segi performa, motor ini dilengkapi mesin 4-stroke SOHC 2-Valve PGM-FI. Transmisinya manual 4-speed. Mesin ini menghasilkan daya maksimal 9,8 dk/ 7.500 rpm dengan torsi maksimal 10,4 Nm/ 6.250 rpm.

    (dry/din)

  • Pasaran Harga Bekas Xpander Ultimate Tahun Muda Jelang Tahun Baru 2025

    Pasaran Harga Bekas Xpander Ultimate Tahun Muda Jelang Tahun Baru 2025

    Jakarta

    Mobil bekas masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia untuk memiliki kendaraan. Salah satu mobil yang menjadi incaran di pasar mobil bekas adalah Mitsubishi Xpander. Berapa pasaran harga Xpander dalam kondisi bekas dengan tahun muda?

    Mitsubishi mengklaim Xpander masih memiliki resale value atau harga jual kembali yang tetap tinggi. Mitsubishi menyebut, Xpander memiliki penurunan harga jual kembali (resale value) yang lebih rendah.

    Dilihat detikOto di situs jual beli mobil bekas, harga Mitsubishi Xpander Ultimate tahun 2023 masih di atas Rp 200 jutaan. Rata-rata penjual mobil bekas di situs jual beli online membanderol Xpander Ultimate 2023 dengan kisaran harga Rp 250 jutaan bahkan sampai Rp 280 jutaan.

    Misalnya, untuk Xpander Ultimate warna putih tahun 2023, dibuka dengan harga Rp 257 juta. Kemudian, ada juga pedagang yang menjual Xpander Ultimate 2023 warna abu-abu dengan harga cash Rp 258 jutaan. Lalu ada lagi Xpander Ultimate 2023 yang dijual dengan harga cash Rp 280 juta.

    Harga kemungkinan berbeda karena kondisi kendaraannya. Pembeli juga masih bisa melakukan negosiasi.

    Tinggi atau rendahnya harga jual kembali sebuah mobil biasanya dipengaruhi beberapa faktor. Mitsubishi menyebut, harga jual kembali mobilnya tetap tinggi karena tak lepas dari program penjualan, improvement purnajual, penyajian produk, serta dukungan para pengguna Mitsubishi terhadap eksistensi merek Mitsubishi di Tanah Air.

    Mitsubishi New Xpander hadir dengan beberapa pengembangan dan penyempurnaan. Mobil ini memiliki konsep “New Generation Crossover MPV” yang hadir lebih mewah dengan balutan kesan tangguh sekaligus modern. Xpander dilengkapi dengan fitur dan teknologi mutakhir, yang menunjang performa keseruan, kenyamanan, serta keselamatan berkendara baik untuk pengendara dan juga penumpang.

    Mitsubishi Xpander dikembangkan melalui riset mendalam, diproduksi, dan diluncurkan dalam debut global pada tahun 2017 di Indonesia. Sejak saat itu, Xpander telah mendapatkan sambutan dari konsumen Indonesia.

    “Xpander sudah berevolusi beberapa kali, setiap evolusi itu ada significant changes, mulai yang pertama dari matic ke CVT. Lalu yang kedua, dengan adanya Xpander Cross, Xpander itu jadi banyak input apa yang diinginkan oleh customer,” ujar Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

    Secara eksterior, New Xpander hadir dengan desain “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors. Tampilan baru di depan terdapat pada New Front Bumper Design yang sekarang terlihat lebih modern, dipadukan dengan lampu depan yang memiliki bentuk T-Shape Headlight dan sudah menggunakan LED.

    Di bagian belakang juga mendapat ubahan seperti pada desain bumper yang baru dan juga lampu belakang yang sama berbentuk T-Shape dengan LED. Bukaan pintu bagasi sudah menggunakan fitur Electric Switch Tail Gate Door Handle yang memudahkan saat membuka pintu bagasi.

    Bagian samping terdapat Side Sill Garnish, dengan desain velg berukuran 17 inci Two Tone Alloy Wheel untuk tipe tertingginya yaitu Xpander Ultimate. Mitsubishi New Xpander saat ini mendapat tambahan fitur New Front 360 Camera (tipe Ultimate), New Rear Camera, New Side Mirror Camera, New Front Bumper Grille Design, New Rear Design, Rear Window Defogger.

    “Fitur kamera 360 memberikan tambahan rasa aman bagi pengendara, karena dalam berkendara kamera 360 ini ibaratnya mata tambahan untuk driver. Dengan adanya pantauan dari berbagai arah, possibility mobil Xpander untuk terhindar dari kecelakaan, atau goresan, atau dari ancaman luar menjadi lebih kecil karena awareness driver semakin tinggi,” kata Rifat.

    Di bagian interior, Xpander juga mendapat sentuhan yang lebih mewah. Berbagai sentuhan soft touch pada bagian kabin membuat Xpander tampil sebagai mobil keluarga nan mewah. Mulai dari dashboard yang sekarang desainnya mengusung gaya New Horizontal Axis Design Dashboard dengan lapisan kulit lembut, kemudian warna interior di varian tertinggi juga berubah. Lapisan soft touch juga terdapat pada door trim.

    Untuk sistem hiburan juga mendapat ubahan signifikan dengan layer sentuh berukuran 8 inci yang memiliki koneksi smartphone. Tampilan panel instrument juga sekarang lebih modern, dan desain lingkar kemudi yang berubah lebih sporty dan memiliki fungsi audio switch dan juga cruise control.

    Pengaturan AC di dalam kabin pun berubah menjadi digital, kemudian pada bagian konsol tengah mendapat tambahan arm rest dengan cup holder, dan tersedia colokan USB di depan dan bagian samping serta tempat untuk meletakkan uang elektronik.

    Mitsubishi New Xpander terdapat fitur-fitur seperti: Tilt & Telescopic Steering, New Door Trim with Soft Touch and Real Stitches, New Meter Cluster Design with Opening Animation, Front Console Tray with Card Holder, USB Port, Power Outlet, and Wireless Charger, New CVT Transmission, New Electric Parking Brake (EPB) with Brake Auto Hold BAH), New Floor Console with Arm Rest, Rear Usb Charging Port on Floor Console, KOS + Start Stop Engine Button (tipe Ultimate).

    Sementara itu, Mitsubishi New Xpander memiliki transmisi CVT. Performa CVT New Xpander ini diklaim mampu memberikan keseimbangan terbaik antara akselerasi yang maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan, serta perpindahan yang mulus.

    Transmisi CVT dipadukan dengan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4. Mesin itu menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6.000 RPM dengan torsi hingga 141 Nm pada 4.000 RPM.

    Mitsubishi memberikan sistem keselamatan tertinggi untuk Xpander. Kini, Xpander dilengkapi dengan Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titik dan ISO-FIX child seating fixing bar. Sistem pengunci pintu otomatis berdasarkan kecepatan juga tersedia di New Xpander. Ditambah lagi dengan adanya Electric Parking Brake dengan Brake Auto Hold di tipe Ultimate dan Sport. Sistem keselamatan lain seperti ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, Hill Start Assist sekarang sudah tersedia mulai dari dari varian GLS hingga Ultimate CVT.

    (rgr/dry)

  • Harga Mitsubishi Xpander Cross di Akhir Tahun 2024, Mulai Rp 320 Jutaan

    Harga Mitsubishi Xpander Cross di Akhir Tahun 2024, Mulai Rp 320 Jutaan

    Jakarta

    Mitsubishi Xpander Cross masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Ini harga dan spesifikasi Xpander Cross menjelang tahun baru 2025.

    Mitsubishi belum lama ini memperbarui Xpander Cross dengan berbagai peningkatan kualitas baik fitur, keamanan, maupun kenyamanan.

    Dari segi eksterior, New Xpander Cross hadir dengan desain baru pada sisi eksterior dengan bahasa desain “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors. Mobil ini telah mendapatkan penyegaran sehingga tampil lebih agresif, modern dan mewah, yang meningkatkan karakteristik SUV yang lebih aktif.

    Pembaruan eksterior terdapat pada T-Shape Headlamp, Front & Rear Powerful Bumper Design, 17- inch Alloy Wheel Design, LED Foglamp, DRL (Daytime Running Lamp), Distinctive Trapezoid Grille, dan Wheel Arc Moulding yang disempurnakan.

    Sedangkan di bagian interiornya, New Xpander Cross menawarkan kemewahan dan kenyamanan dengan kabin yang luas dan berkualitas tinggi. Xpander Cross dilengkapi dengan berbagai macam tempat penyimpanan serbaguna, serta pilihan konfigurasi kursi yang fleksibel sehingga memberikan kemudahan dan utilitas maksimal.

    Salah satu penyempurnaan pada model ini yaitu ada pada penambahan fitur yang dapat menambah kenyamanan para pengguna. Penambahan fitur pada model ini di antaranya: wireless charger, 8 inch LCD Meter Cluster, dan New Steering Wheel Design. Juga telah dilengkapi dengan Micron Air Filtration yang menjaga sirkulasi kualitas udara di dalam kabin dan meningkatkan kenyamanan penumpang.

    Mitsubishi New Xpander Cross Foto: Muhammad Hafizh Gemilang / detikOto

    Dari sisi fitur keselamatan, New Xpander Cros disematkan sistem pengereman AYC, yang meningkatkan performa menikung dengan menyesuaikan gaya pengereman pada roda depan untuk mengoptimalkan kestabilan kendaraan ketika bermanuver secara cepat atau dijalan yang licin. Saat menikung di permukaan jalan yang licin, AYC akan mengerem roda depan di bagian dalam tikungan, meminimalkan understeer dan memungkinkan kendaraan mengikuti garis yang lebih dekat dengan yang diinginkan pengemudi. Bekerja sama dengan Anti-lock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC), sistem ini mendukung keselamatan, keamanan, dan kenyamanan berkendara di berbagai cuaca dan kondisi jalan. Selain itu juga dilengkapi dengan fitur Multi Around Monitor yang dapat memberikan tampilan di sekitar kendaraan yang membantu pengemudi parkir dengan lebih aman.

    “Dari awal yang jadi key point Mitsubishi adalah perhatian terhadap sisi keamanan dan keselamatan, yaitu hidden figure yang tidak pernah kelihatan selama ini. Brand Mitsubishi selama ini dikenal bukan hanya dari kualitas produknya saja, tetapi ada satu hal yang jadi lini utama, yaitu karena mobilnya nyaman dan aman. Fitur-fitur safety ini ibaratnya small things but matters. Kalau dari kelasnya, fitur ini menjadi luxury option, karena biasanya fitur ini ada di mobil yang kelasnya lebih di atas,” kata Rifat Sungkar, Brand Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

    Mitsubishi New Xpander Cross Foto: Muhammad Zaky Fauzi Azhar / 20detik

    Dalam mewujudkan kenyamanan, Mitsubishi New Xpander Cross ditingkatkan performa bagian suspensinya. Meski secara struktur bagian suspensi masih menggunakan tipe MacPherson Strut with Coil Spring pada bagian depan dan Torsion Beam di belakang, saat ini Xpander Cross dipasangi shock breaker belakang yang diperbesar yang mempunyai diameter yang sama seperti milik Pajero Sport.

    “Saya tertarik dengan mobil ini karena tampilan luarnya macho dan dari struktur bodinya terlihat gagah dan elegan untuk mobil di kelasnya. Dari sisi kenyamanannya, mobil ini sangat nyaman dikendarai, karena New Xpander Cross ini suspensinya mirip dengan Pajero Sport. Terlebih lagi setirnya sama dengan Pajero Sport. Selain itu, yang saya suka juga adanya lampu DRL dan parkir dengan mobil ini sangat mudah karena sudah dilengkapi kamera 360,” kata Wira, salah satu pengguna Xpander Cross 2024 asal Bekasi.

    Xpander Cross hadir dengan dua varian, yaitu CVT Premium Package dan Manual Transmission. Terdapat lima pilihan warna yakni Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver Metallic, Graphite Gray Metallic, dan warna baru Green Bronze Metallic.

    Di balik kapnya, Mitsubishi Xpander Cross mengandalkan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 105 PS pada 6.000 rpm dengan torsi maksimal 141 Nm pada 4.000 rpm. Mesin dihubungkan dengan transmisi CVT atau manual.

    Per Desember 2024, Mitsubishi menjual Xpander Cross dengan harga Rp 327.250.000 untuk tipe Manual Transmission dan Rp 353.150.000 untuk tipe Premium CVT. Harga berlaku on the road Jakarta. Kemungkinan memasuki Januari 2025 harga akan disesuaikan.

    Mitsubishi juga menyediakan paket Mitsubishi Motors Genuine Accessories. Khusus untuk New Xpander Cross ini, genuine accessories terdiri dari: Mud Guard Set, Rear Bumper Protector, Side Visor Set, Scuff Plate Set, Engine Hood Emblem, Fuel Lid Garnish, Muffler Cutter, Tailgate Spoiler, Wheel Lock Nut Set, Engine Hood Emblem dan Dashcam. MMKSI juga menyediakan Genuine Accessories dalam bentuk paket sesuai dengan kebutuhan konsumen, adapun paket dari New Xpander Cross Genuine Accessory adalah Urban Package, Adventure Package, Sporty Package, Safety Package, dan Platinum Package.

    (rgr/dry)

  • BPH Migas jamin pasokan BBM dan gas bumi di Sulteng aman

    BPH Migas jamin pasokan BBM dan gas bumi di Sulteng aman

    Berdasarkan hasil koordinasi, kami dapat pastikan bahwa pemudik di area Banggai, Sulteng, dan sekitarnya dapat mengakses BBM dengan aman,

    Jakarta (ANTARA) – Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) menjamin pasokan bahan bakar minyak dan gas bumi melalui pipa di wilayah Sulawesi Tengah dalam kondisi aman hingga perayaan Tahun Baru 2025 usai.

    Anggota Komite BPH Migas Yapit Sapta Putra dalam keterangannya di Jakarta, Minggu mengatakan, pasokan energi untuk masyarakat dipastikan tersedia dan mencukupi.

    “Sesuai dengan arahan Bapak Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), selalu disampaikan bahwa selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 ini, baik BBM maupun listrik tidak boleh habis ataupun mati,” ujarnya saat mengunjungi Fuel Terminal Luwuk, Sulteng, Kamis (26/12/2024).

    Melalui sinergi antara pemerintah bersama dengan berbagai instansi dan badan usaha, Yapit memastikan ketersediaan BBM subsidi dan kompensasi, BBM nonsubsidi serta Avtur pada momen akhir tahun tersedia dengan baik.

    “Berdasarkan hasil koordinasi, kami dapat pastikan bahwa pemudik di area Banggai, Sulteng, dan sekitarnya dapat mengakses BBM dengan aman,” imbuhnya.

    Fuel Terminal Manager Area Luwuk Hirohim menyampaikan, meski terjadi peningkatan konsumsi BBM baik subsidi maupun nonsubsidi, pihaknya memastikan pasokan mencukupi.

    Sementara, usai mengunjungi SPBU, Yapit mengimbau pengelola SPBU tetap memperhatikan fasilitas yang ada agar memberikan kenyamanan kepada masyarakat, khususnya bagi pemudik.

    Turut mendampingi Sales Area Manager PT Pertamina Patra Niaga Retail Sulawesi Bagian Tengah Fakhri Rizal Hasibuan dan Sales Branch Manager PT Pertamina Patra Niaga Rayon III Sulawesi Tengah Ezra Mohammad Fahrezy.

    Anggota Komite BPH Migas Yapit Sapta Putra (kanan) saat mengunjungi SPBU di Sulawesi Tengah. ANTARA/HO-BPH Migas

    Yapit juga mengunjungi dan menyapa pelanggan jaringan gas bumi (jargas) untuk sektor rumah tangga di Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, yang telah dinobatkan sebagai wilayah dengan kategori pelanggan jargas terbaik tingkat nasional pada 2024.

    “Selain sektor BBM, BPH Migas juga mengecek secara langsung operasional gas bumi melalui pipa jargas yang telah beroperasi dari 2019 ini. Dan Alhamdulillah, sejauh ini tidak ada kendala,” ucapnya.

    Lebih lanjut, Yapit menjelaskan apabila terdapat gangguan yang dialami oleh pelanggan jargas, pihaknya meminta untuk menghubungi tim teknis agar segera dapat dilakukan penyelesaian terhadap hambatan yang dihadapi.

    “Kami sarankan kepada seluruh pelanggan jargas, apabila terdapat keluhan untuk lekas disampaikan kepada petugas. Baik itu mencakup instalasi pipa maupun metering yang dimiliki oleh konsumen,” sambungnya.

    Area Head Kawasan Timur Indonesia PT PGN Tbk Fuad Hamzah menjelaskan bahwa pihaknya rutin memberikan sosialisasi kepada konsumen jargas untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk saat meninggalkan rumah.

    “Kami sering mengedukasi para pelanggan untuk menutup valve dan keran metering jika sedang tidak berada di rumah, sehingga mereka merasa aman dan tidak perlu khawatir akan dampak yang ditimbulkan,” sebutnya.

    Pewarta: Kelik Dewanto
    Editor: Abdul Hakim Muhiddin
    Copyright © ANTARA 2024

  • RSUP Ben Mboi Laksanakan Operasi Bedah Jantung Pertama di NTT

    RSUP Ben Mboi Laksanakan Operasi Bedah Jantung Pertama di NTT

    KUPANG – RSUP Dr. Ben Mboi Kupang sukses melaksanakan operasi bedah jantung terbuka pertama di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), yang dilakukan pada seorang pasien perempuan berusia 26 tahun.

    Pasien tersebut didiagnosis dengan Severe Mitral Valve Stenosis, Moderate Tricuspid Valve Regurgitation, dan Pulmonary Hypertension.

    “Sebelumnya, operasi seperti ini hanya bisa dilakukan di Surabaya atau Jakarta. Sekarang, layanan canggih seperti ini sudah ada di NTT,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Dalam dalam keterangan dari Kementerian Kesehatan yang diterima di Jakarta, Antara, Minggu, 22 Desember.

    Setiap tahun, katanya, sekitar 7 ribu orang dari NTT dirujuk ke Bali, Makassar, atau Surabaya untuk mendapatkan layanan medis seperti perawatan jantung, stroke, dan kanker.

    Dengan hadirnya fasilitas layanan jantung di NTT, kata dia, jumlah rujukan tersebut diproyeksikan berkurang hingga 3 ribu-4 ribu orang per tahun. Oleh karena itu, dia menegaskan bahwa pemerintah akan terus meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia.

    Selain layanan jantung, Budi juga mengungkapkan rencana pemasangan mesin canggih untuk penanganan kanker di NTT pada tahun depan. Langkah ini untuk mengurangi angka rujukan pasien kanker, yang saat ini menjadi penyakit kedua terbanyak dirujuk ke luar daerah.

    Tak hanya dari sisi fasilitas, ujarnya, Kementerian Kesehatan juga terus mendorong pengembangan sumber daya manusia bidang kesehatan di daerah.

    “Catatan saya, yang paling dibutuhkan adalah dokter. Oleh karena itu, kami ingin memprioritaskan putra-putri daerah melalui pemberian beasiswa bagi yang mumpuni agar mereka dapat kembali melayani daerahnya,” kata dia.

    Dengan adanya program transformasi kesehatan yang digagas oleh Kemenkes, katanya, jejaring rumah sakit rujukan jantung di Indonesia terus diperluas.

    Budi pun mengapresiasi tim RSUP Dr. Ben Mboi, tim pendamping dari RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah, dan RSJPD Harapan Kita sebagai pengampu nasional, atas keberhasilan pelaksanaan operasi ini.

    Dalam keterangan yang sama, Direktur RSUP Dr. Ben Mboi dr. Annas Ahmad menyatakan keberhasilan operasi ini merupakan langkah awal dalam memperluas layanan spesialistik di rumah sakit tersebut. Annas menegaskan komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang setara bagi masyarakat di wilayah Indonesia bagian timur.

    “Sejak didirikannya rumah sakit ini, kami berkomitmen membangun kesetaraan dari wilayah timur Indonesia. Harapannya, masyarakat timur dapat merasakan diagnosis dan perawatan setara dengan fasilitas layanan kesehatan di Jakarta,” ujar dr. Annas.

    Dia menambahkan bahwa keberhasilan ini memperkuat komitmen RSUP Dr. Ben Mboi dalam meneguhkan perannya sebagai rumah sakit rujukan regional dan internasional. Dengan keberhasilan ini, katanya, NTT menjadi provinsi ke-25 di Indonesia yang mampu menyediakan layanan bedah jantung terbuka.

  • Perdana di Indonesia Timur, Bedah Jantung Terbuka Berhasil Dilakukan RSUP dr. Ben Mboi Kupang – Halaman all

    Perdana di Indonesia Timur, Bedah Jantung Terbuka Berhasil Dilakukan RSUP dr. Ben Mboi Kupang – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – RSUP Dr. Ben Mboi, Kupang, mencetak sejarah baru dengan sukses melaksanakan operasi bedah jantung terbuka pertama di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (20/12/2024).

    Operasi ini dilakukan pada seorang pasien perempuan berusia 26 tahun yang didiagnosis dengan Severe Mitral Valve Stenosis, Moderate Tricuspid Valve Regurgitation, dan Pulmonary Hypertension.

    Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin memberikan apresiasi kepada tim RSUP Dr. Ben Mboi, tim pendamping dari RSUP Prof. Dr. I.G.N.G. Ngoerah, dan RSJPD Harapan Kita sebagai pengampu nasional, atas keberhasilan pelaksanaan operasi ini.

    Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikit temui pasien usai operasi bedah jantung terbuka pertama di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Jumat (20/12/2024).

    “Sebelumnya, operasi seperti ini hanya bisa dilakukan di Surabaya atau Jakarta. Sekarang, layanan canggih seperti ini sudah ada di NTT,” ungkap Budi dilansir dari website resmi Kementerian Kesehatan, Minggu (22/12/2024). 

    Setiap tahun, sekitar 7.000 orang dari NTT dirujuk ke Bali, Makassar, atau Surabaya untuk mendapatkan layanan medis seperti perawatan jantung, stroke, dan kanker. 

    Dengan hadirnya fasilitas layanan jantung di NTT, jumlah rujukan tersebut diproyeksikan berkurang hingga 3.000–4.000 orang per tahun.

    Direktur RSUP Dr. Ben Mboi, dr. Annas Ahmad, menyatakan keberhasilan operasi ini merupakan langkah awal dalam memperluas layanan spesialistik di rumah sakit tersebut. 

    Annas menegaskan komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang setara bagi masyarakat di wilayah timur Indonesia.

    “Sejak didirikannya rumah sakit ini, kami berkomitmen membangun kesetaraan dari wilayah timur Indonesia. Harapannya, masyarakat timur dapat merasakan diagnosis dan perawatan setara dengan fasilitas layanan kesehatan di Jakarta,” ungkap dr. Annas.

    Lebih lanjut, dr. Annas menambahkan bahwa keberhasilan ini memperkuat komitmen RSUP Dr. Ben Mboi dalam meneguhkan perannya sebagai rumah sakit rujukan regional dan internasional. 

    Dengan keberhasilan ini, NTT menjadi provinsi ke-25 di Indonesia yang mampu menyediakan layanan bedah jantung terbuka.

    Pada kesempatan itu, Menkes juga menegaskan bahwa pemerintah akan terus meningkatkan akses dan kualitas layanan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia.

    Selain layanan jantung, Menkes mengungkapkan rencana pemasangan mesin canggih untuk penanganan kanker di NTT pada tahun depan. 

    Langkah ini untuk mengurangi angka rujukan pasien kanker, yang saat ini menjadi penyakit kedua terbanyak dirujuk ke luar daerah.

    Tak hanya dari sisi fasilitas, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga terus mendorong pengembangan sumber daya manusia (SDM) bidang kesehatan di daerah. 

    “Catatan saya, yang paling dibutuhkan adalah dokter. Oleh karena itu, kami ingin memprioritaskan putra-putri daerah melalui pemberian beasiswa bagi yang mumpuni agar mereka dapat kembali melayani daerahnya,” tutup Budi. 

     

  • Harga Honda Vario Terbaru untuk Jakarta dan Sekitarnya

    Harga Honda Vario Terbaru untuk Jakarta dan Sekitarnya

    Jakarta

    Honda Vario bisa diperoleh dengan harga berkisar Rp 23-30 jutaan. Perbedaan harga bergantung dari spesifikasi mesin, pilihan bodi, dan fitur lain dalam motor sesuai kebutuhan pengguna.

    Informasi harga Honda Vario ini bisa jadi pertimbangan bagi detikers yang ingin punya motor baru di 2025. Detikers bisa mempertimbangkan dengan baik sebelum memilih varian Honda Vario 125 atau 160.

    Daftar Harga Honda Vario Terbaru

    Dikutip dari situs Astra-Honda, berikut ini harga Honda Vario OTR DKI Jakarta mulai 6 Desember 2024:

    Vario 125 CBS: Rp 23.310.000.Vario 125 CBS-ISS: Rp 24.965.000.Vario 125 CBS-ISS Special Color: Rp 24.965.000.Vario 160 CBS Active: Rp 27.350.000.Vario 160 CBS Grande: Rp 27.600.000.Vario 160 ABS: Rp 30.230.000.

    Harga Honda Vario tentunya bisa berubah setiap saat tanpa ada info lebih dulu. Harga di tiap dealer juga bisa berbeda bergantung pada kebijakan pengelola.

    Fitur dan Spesifikasi

    Honda Vario 125 dan Vario 160 memiliki keunggulan fitur yang mirip. Namun dari spesifikasi mesin maupun bodinya, terdapat banyak perbedaan. Berikut rinciannya:

    Fitur Honda Vario 125 dan 160

    Beberapa fitur unggulan Honda Vario 125 dan 160 antara lain:

    Panel indikator full digital yang memberikan informasi konsumsi bahan bakar, jam digital, speedometer, tripmeter, pergantian oli, indikator baterai & tegangan aki, serta tambahan Indikator ABS (khusus tipe ABS).Lampu depan dan belakang full LED.Bagasi yang luas, berkapasitas 18 liter.USB Charger di dalam console box.Teknologi Honda Smart Key System menggunakan remot untuk menghidupkan mesin dan mengunci stang dan terintegrasi dengan Alarm Anti Maling dan Answer Back System. Fitur ini ada pada Vario 125 CBS-ISS dan semua Vario 160.

    Spesifikasi Honda Vario 125

    Mesin

    Tipe Mesin: 4-Langkah, SOHC, eSP, Pendinginan Cairan, PGM-FIVolume Langkah: 124,8 ccPerbandingan Kompresi: 11,0:1Tipe Transmisi: Otomatis , V-MaticDaya Maksimum: 8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpmTorsi Maksimum: 10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpmTipe Starter: ElektrikTipe Kopling: Automatic Sentrifugal, Tipe KeringTipe Minyak Pelumas: 0,8 liter (Penggantian Periodik).

    Rangka

    Tipe Rangka: UnderboneTipe Suspensi Depan: TeleskopikTipe Suspensi Belakang: Swing Arm dengan suspensi TunggalRem Depan: Wavy Disc BrakeRem Belakang: TromolSistem pengereman: Combi Brake System (CBS)Ukuran Ban Depan: 90/80 – 14M/C 43 P TubelessUkuran Ban Belakang: 100/80 – 14M/C 48P Tubeless.

    Dimensi

    Panjang x lebar x tinggi: 1.918 x 679 x 1.066 mmJarak Sumbu Roda: 1.280 mmTinggi Tempat Duduk: 769 mmJarak Terendah Ke Tanah: 131 mmBerat kosong: 111 kgKapasitas tangki BBM: 5,5 liter.

    Spesifikasi Honda Vario 160

    Mesin

    Tipe Mesin: 4 Langkah, 4-Valve, eSP+, Pendingin Cairan, PGM-FIVolume Langkah: 156,9 ccPerbandingan Kompresi: 12:1Daya Maksimum: 11,3 kW (15,4 PS) / 8.500 rpmTorsi Maksimum: 13,8 Nm (1,4 kgf,m) / 7.000 rpmTipe Transmisi: Otomatis, V-MaticTipe Starter: ElektrikTipe Kopling: Otomatis, Sentrifugal, Tipe KeringTipe Minyak Pelumas: BasahKapasitas Minyak Pelumas: 0,8 liter (Penggantian Periodik).

    Rangka

    Tipe Rangka: Underbone – eSAF (enhanced Smart Architecture Frame)Tipe Suspensi Depan: TeleskopikTipe Suspensi Belakang: Swing Arm dengan Suspensi TunggalRem Depan: 220 mm Cakram Hidrolik (ABS) atau 190 mm Cakram Hidrolik (CBS)Rem Belakang: 220 mm Cakram Hidrolik (ABS) atau Tromol (CBS)Sistem Pengereman: Combi Brake System (CBS) & Anti-Lock Braking System (ABS)Ukuran Ban Depan: 100/80 – 14M/C TubelessUkuran Ban Belakang: 120/70 – 14M/C Tubeless.

    Dimensi

    Panjang x lebar x tinggi: 1.929 x 679 x 1.088 mmJarak Sumbu Roda: 1.277 mmTinggi Tempat Duduk: 778 mmJarak Terendah ke Tanah: 140 mmBerat Kosong: 115 kg (CBS) & 117 kg (ABS)Kapasitas tangki BBM: 5,5 liter.Varian Warna

    Honda Vario 125 dan Vario 160 memiliki varian warna yang berbeda.

    Honda Vario 125

    Advance matte red (merah polos)Advance matte blue (biru polos)Advance matte black (hitam polos)Sporty red black (merah-hitam)Sporty matte black (hitam dengan garis hijau).

    Honda Vario 160

    Grande matte blue (biru polos)Grande matte white (putih polos)Grande matte black (hitam polos)Active matte blue (biru dengan garis hijau)Active matte black (hitam dengan garis merah-putih)Active matte red (merah dengan garis putih).

    Pilihan warna, spesifikasi mesin, dan berbagai fitur lain memudahkan detikers menentukan Honda Vario yang sesuai kebutuhan serta pilihannya.

    (bai/row)

  • Spesifikasi Yamaha Aerox Alpha, Harga Mulai Rp 29,9 Juta

    Spesifikasi Yamaha Aerox Alpha, Harga Mulai Rp 29,9 Juta

    Jakarta

    Yamaha Aerox Alpha resmi meluncur di Indonesia. Generasi ketiga Yamaha Aerox ini mendapatkan ubahan besar, baik dari segi desain, maupun penambahan fitur terkini. Ini spesifikasi dan harga Yamaha Aerox Alpha.

    Desain dan Dimensi

    Sebagai motor berkonsep Super Sport Scooter, Aerox Alpha kini memiliki tampilan desain yang sangat sporty dan aerodinamis layaknya motor balap legendaris Yamaha, yaitu YZF-R1M. Kesan motorsport yang agresif tersebut semakin kuat berkat desain lampu depan dan belakang yang dibuat lebih tajam, ciri khas R-DNA Yamaha dan berteknologi Full LED. Bahkan untuk lampu depannya juga ditambahkan Dual Projector Lamp berbentuk kotak untuk meningkatkan kualitas pencahayaan yang lebih terang dan fokus.

    Secara dimensi motor ini memiliki panjang 1.980 mm, lebar 710 mm, tinggi 1.170 mm, jarak sumbu roda 1.350 mm, jarak terendah ke tanah 145 mm dan tinggi jok 145 mm. Sementara untuk berat isinya, varian Turbo dan Turbo Ultimate 130 kg, Cybercity 127 kg, dan Standard 125 kg.

    Yamaha Aerox Alpha Cybercity Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    Mesin dan Performa

    Pada sektor jantung pacu, Aerox Alpha menggunakan mesin Blue Core 155cc VVA (Variable Valve Actuation) generasi terbaru. Khusus varian Turbo dan Turbo Ultimate dibekali dengan Yamaha Electric CVT (YECVT) yang bisa memberikan sensasi berkendara Turbo layaknya Nmax ‘Turbo’.

    Dengan spesifikasi mesin ini, motor Super Sport Scooter terbaru Yamaha mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 11,3 kW (15,1 dk) pada 8.000 rpm dan torsi puncak 14,2 Nm pada 6.500 rpm.

    Adanya teknologi YECVT pada mesin, tentunya juga membuat Aerox Alpha memiliki fitur Riding Mode dengan 2 opsi berkendara yang meliputi, T-Mode untuk gaya berkendara yang lebih santai dan cocok untuk mobilitas di perkotaan dan S-Mode untuk gaya berkendara yang lebih responsif dan agresif sehingga cocok untuk kebutuhan sunmori maupun racing.

    Selain Riding Mode, teknologi YECVT juga bikin skutik ini memiliki fitur Y-Shift tiga tingkatan (1: Low, 2: Medium, 3: High) yang membantu pengendara untuk bisa melakukan akselerasi dan deselerasi secara lebih cepat.

    Yamaha Aerox Alpha Turbo Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Fitur-fitur

    Yamaha Aerox Alpha mendapatkan beberapa fitur unggulan, seperti USB charging system, smart key system, stop & start system dan bagasi luas berkapasitas 24,5 liter. Tapi untuk varian terbawahnya, Standard, masih menggunakan kunci kontak model konvensional (shutter key) dan sokbreker belakangnya belum menggunakan tabung.

    Motor ini juga mendapatkan full digital speedometer yang punya tiga mode display yang meliputi Main Display (tampilan utama yang lebih informatif) Tachometer Visualization (tampilan yang lebih sederhana dan fokus menampilkan speedometer dan rpm), serta Track Theme (tampilan racing yang memberikan informasi lap serta timing).

    Hal canggih lainnya yang ada di speedometer Aerox Alpha adalah teknologi Photoelectric sensor yang membuatnya bisa mengubah warna background secara manual, maupun otomatis (adaptif) sesuai kondisi pencahayaan untuk meningkatkan visibilitas pengendara. Dalam kondisi terang atau Day-mode, background akan berwarna putih. Sementara ketika gelap atau Night-mode, background speedometer akan berubah menjadi hitam.

    Pembaruan lain yang terdapat di Aerox Alpha juga datang dari TFT Infotainment Display di speedometer. Fitur yang bisa terhubung dengan aplikasi Y-Connect memungkinkan pengendara mendapatkan berbagai informasi serta hiburan selama berkendara yang meliputi odometer/tripmeter, riding mode, informasi cuaca, notifikasi pesan & telepon masuk, mengatur pemutaran musik, hingga menampilkan sistem navigasi dalam bentuk Turn by Turn yang terhubung dengan Google Maps.

    Yamaha Aerox Alpha memiliki kapasitas tangki bensin sebesar 5,5 liter dan kapasitas bagasi bawah jok mencapai 24,5 liter.

    Yamaha Aerox Alpha Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    Kaki-kaki dan Safety

    Aerox Alpha memiliki riding position yang lebih sporty untuk menunjang gaya berkendara yang agresif serta lincah. Stabilitas pada motor juga ditingkatkan melalui kehadiran suspensi depan dengan inner tube lebih besar menjadi 30 mm, tabung peredam (sub tank) pada suspensi bagian belakang, hingga penggunaan ban tubeless bertapak lebar. Untuk ukuran bannya, depan pakai profil ban 110/80-14/C 53P dan belakang pakai profil ban 140/7-14/C 62P.

    Ada peningkatan di fitur safety, di mana Aerox Alpha terbaru ini sudah menggunakan fitur rem cakram ganda alias double disc brake. Selain itu, juga disematkan fitur safety Anti-lock Braking System (ABS) satu channel buat varian Cybercity, Turbo, dan Turbo Ultimate.

    Optimalisasi kontrol dan pengereman juga di-update dengan hadirnya fitur Traction Control System (TCS) yang mencegah ban slip saat berakselerasi di permukaan jalan licin. Fitur TCS ini terdapat pada tipe Turbo dan Turbo Ultimate.

    Yamaha Aerox Alpha dilengkapi fitur baru Emergency Stop Signal (ESS)yang berfungsi secara otomatis ketika pengendara melakukan pengereman mendadak pada kecepatan minimum 50 km/jam.

    Yamaha Aerox Alpha Turbo Ultimate Foto: Dok. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

    Varian Spesial

    Pada momen peluncuran, Yamaha juga turut memperkenalkan varian spesial, yakni Aerox Alpha Turbo Ultimate yang dilengkapi dengan berbagai part khusus, yang tidak ada pada varian lainnya. Part tersebut meliputi visor sporty berkelir orange yang eye catchy, muffler cover dengan desain menarik, serta yang paling utama adalah Performance Damper yang diklaim bisa meningkatkan stabilitas dan handling berkendara.

    Harga dan Pilihan Warna

    Yamaha Aerox Alpha ditawarkan dalam empat varian dan harga, antara lain:

    1. Standard: Rp 29.900.000 (silver yellow, matte blue, red, dan black)

    2. Cybercity: Rp 33.990.000 (cybercity dan matte blue yellow)

    3. Turbo: Rp 39.550.000 (matte dark grey)

    4. Turbo Ultimate: Rp 41.730.000 (matte dark grey).

    (lua/dry)