Perusahaan: Twitter

  • Anak Tusuk Guru, Macron Mau Bikin Aturan Mirip Prabowo

    Anak Tusuk Guru, Macron Mau Bikin Aturan Mirip Prabowo

    Jakarta, CNBC Indonesia – Otoritas Prancis berencana akan melarang media sosial bagi anak di bawah 15 tahun. Ini buntut penusukan asisten guru oleh anak laki-laki di bawah umur.

    Rencana itu diungkapkan sendiri oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron. Dia mengatakan akan memanfaatkan kemampuan verifikasi usia yang dimiliki oleh platform media sosial.

    “Saya mengusulkan pelarangan media sosial untuk anak-anak di bawah 15 tahun. Platform punya kemampuan memverifikasi usia. Mari kita lakukan,” ucapnya dikutip dari AFP, Rabu (11/6/2025).

    Yunani, yang didukung Prancis dan Spanyol, mengusulkan Uni Eropa harus membatasi penggunaan platform online berdasarkan usia. Karena dampak negatif bagi mental dan fisik anak-anak. Macron juga menambahkan akan melanjutkan larangan media sosial bagi anak secara sepihak jika tidak ada kemajuan dalam beberapa bulan ke depan. “Kami tidak bisa menunggu.

    Bukan hanya media sosial, penjualan pisau kepada anak di bawah umur juga akan dilarang. Kantor Perdana Menteri setempat mengatakan kebijakan ini akan dilakukan lewat dekrit dalam dua minggu depan.

    Anak sekolah menengah berusia 14 tahun diketahui menusuk asisten sekolahnya berusia 31 tahun dengan sebuah pisau. Dia kemudian ditangkap dan ditemukan pisau saat menggeledah tasnya di wilayah Nogent, Prancis Timur.

    Kejadian ini bukanlah yang pertama. Karena dalam beberapa tahun terakhir, serangan pada guru dan murid oleh anak-anak sekolah sering terjadi.

    Polisi juga mulai melakukan pelacakan pisau dan senjata di tas dan dalam hingga sekitar sekolah. Aktivitas ini mulai dilakukan pada Maret lalu.

    Presiden RI Prabowo telah meluncurkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2025 tentang Tata Kelola Penyelenggaraan Sistem Elektronik dalam Perlindungan Anak. Dalam aturan tersebut terdapat tiga klasifikasi pembatasan usia, salah satunya usia di bawah 13 tahun hanya boleh mengakses akun pada produk dan layanan berprofil rendah dan dirancang khusus untuk anak dengan persetujuan orang tua.

    Menurut Dirjen Pengawasan Digital Komdigi, Alexander Sabar, proses implementasi akan dilakukan secara bertahap, dengan masa penyesuaian selama dua tahun sebagaimana telah diatur dalam PP tersebut.

    “Terkait timeline kalau kita baca di PP nya sendiri, itu ada waktu penyesuaian itu 2 tahun. Di PP nya sendiri ada menyebut itu, nah itu terkait dengan timelinenya,” kata Alex di Jakarta, Jumat (9/5/2025).

    Berikut klasifikasi pembatasan usia yang diatur dalam PP Tunas:

    Anak di bawah usia 13 tahun hanya diperbolehkan memiliki akun pada produk dan layanan berprofil risiko rendah yang secara khusus dirancang untuk anak, dan itu pun dengan persetujuan orang tua.
    Anak usia 13 hingga belum genap berusia 16 tahun dapat memiliki akun untuk produk digital berisiko rendah, tetapi tetap dengan syarat persetujuan dari orang tua atau wali.
    Anak usia 16 hingga belum genap 18 tahun boleh mengakses lebih banyak layanan digital, namun masih tetap membutuhkan izin orang tua untuk memiliki akun.

    Tak hanya itu, aturan ini juga mewajibkan penyedia platform seperti TikTok, Instagram, X (Twitter), dan penyelenggara digital lainnya untuk menyediakan teknologi yang memungkinkan orang tua dapat melakukan pengawasan secara langsung terhadap aktivitas akun anak mereka.

    “Penyelenggara Sistem Elektronik wajib menjamin tersedianya teknologi serta berfungsinya secara efektif langkah teknis dan operasional bagi orang tua, untuk dapat melakukan pengawasan terhadap pengguna Produk, Layanan, dan Fitur melalui akun Anak,” demikian bunyi Pasal 21 ayat (2).

    Dengan aturan ini, penyelenggara platform digital di Indonesia tidak hanya harus menyesuaikan sistem verifikasi usia, tapi juga menyediakan fitur kontrol orang tua yang efektif.

    (dem/dem)

  • Perbuatan Murtad dan Dosa Besar

    Perbuatan Murtad dan Dosa Besar

    GELORA.CO – Sejumlah tokoh agama Islam mengecam keras munculnya konten video bertema neraka yang diunggah di platform YouTube.

     

    Saat ini potongan video tersebut viral disejumlah platform media sosial (medsos) di antaranya X (dulu twitter). Para tokoh agama Islam menilai konten tersebut tidak pantas karena merendahkan konsep surga dan neraka yang diyakini oleh umat beragama.

     

    Konten yang dimaksud berjudul “Hari Pertama Masuk Neraka Cek” dan “Hari Kedua di Neraka Cek Part 1”. Kedua video berdurasi pendek tersebut menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk menampilkan visual seseorang berada di lokasi menyerupai neraka, lengkap dengan latar kobaran api dan aliran lava.

    “Tidak boleh membuat konten yang melecehkan atau menertawakan surga dan neraka. Bahkan jika konten itu menunjukkan ketidakpercayaan atau merendahkan keberadaan neraka, maka itu termasuk perbuatan murtad dan dosa besar,” tegas Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Ahmad Fahrur Rozi atau Gus Fahrur kepada wartawan, Selasa, 10 Juni 2025. 

     

    Gus Fahrur menekankan bahwa keyakinan terhadap keberadaan surga dan neraka adalah bagian esensial dari ajaran agama.

     

    Ia mengingatkan bahwa membuat konten semacam itu dapat menyinggung keimanan masyarakat lintas agama. Ia pun menyerukan agar kreator konten lebih bijak dalam menggunakan teknologi AI dan tidak mempermainkan simbol-simbol keagamaan.

     

    “Percaya surga dan neraka adalah bagian dari keimanan yang diajarkan semua agama dan diyakini oleh semua pemeluknya,” lanjutnya.

    Pimpinan Majlis Ta’lim Was Sholawat An Nur, Purwakarta, Jawa Barat, Ustadz Anugrah Sam Sopian mengatakan, siapapun dan apapun orang tidak boleh menjadikan agama sebagai bahan konten candaan dan gurauan. Karena hal tersebut merupakan perbuatan dosa besar dan dapat mengantarkan pelakunya kepada Riddah/Murtad (keluar dari agama Islam). 

     

    “Karena telah berbuat Istihza (mengolok-ngolok) terhadap agama dan syariat,” jelasnya. 

     

    Ustadz Anugrah menyebut, sebagiamana yang viral dewasa ini, menjadikan neraka sebagai bahan candaan. Hal tersebut sesuatu yang terlarang. Jika dibiarkan akan mengundang kemadhorotan yang lebih besar. Sehingga pads akhirnya antar pemeluk agama akak saling mengejek atau olok-olok. 

     

    “Hari ini surga dan neraka dilecehkan dan dibuat candaan, besok bisa jadi Allah SWT dan Rosul-Nya yang akan dibuat sebagai bahan olok-olokan,” jelasnya. 

     

    Ustadz Anugrah mengungkapkan, dosa mengolok-ngolok agama sebagaimana yang difirmankan Allah dalam Al Qur’an surat At Taubah ayat 65-66. Dalam kitab Tafsir As Sa’di disebutkan : “Mengolok-olok dalam agama, ayat Al-Quran dan Rasul-Nya termasuk kekafiran yang bisa mengeluarkan dari Islam, karena agama ini dibangun di atas dasar pengagungan kepada Allah, agama dan Rasul-Nya.”

    Ustadz Anugrah mengungkapkan banyak faktor  yang menyebabkan saat ini ada orang yang berani mengolok – olok agama. Di antaranya adalah tidak bisa menjaga lisan atau perkataan yang isinya dusta. Selain itu ada juga orang yang ingin membuat pihak lain tertawa dengan candaan agama. 

     

    “Ya itulah lisan, sering tidak tertahan ingin membuat lawakan dan candaan dengan menceritakan suatu hal-hal yang isinya dusta atau kebohongan, dalam rangka membuat orang lain tertawa atau ingin membuat mereka merasa kagum dengan apa yang diceritakannya,” paparnya. 

     

    Sementara itu Wakil Ketua KUHAP APA (Koalisi Ulama, Habaib, Pengacara Anti Penodaan Agama) Novel Bamukmin mengatakan, video AI yang menggambarkan tentang siksa neraka dengan gaya candaan maka sudah jelas bisa mengarah penghinaan agama.

     

    Karena jelas, kata Novel, baik dalam Alqur’an dan hadist dan juga oleh ulama yang silsilah ilmunya sampai bersambung kepada Rasulullah SAW, bahwa neraka adalah tempat terhukumnya orang orang yang tidak taat dan melanggar perintah Allah SWT.

     

    “Kalau sudah bicara siksa baik dunia maupun akhirat tidak bisa disangsikan lagi bahwa sangat pedih,” jelasnya. 

    Novel memaparkan, bicara siksa dunia dari mulai manusia diciptakan yaitu Nabi Adam dan Siti Hawa mempunyai anak Qabil dan Habil yang  akhirnya Qabil menyiksa Habil sampai mati.

     

    Jika dilihat zaman sekarang bagaimana di Palestina mulai dari pertama tanah Palestine dirampas sampai saat ini berapa banyak warga Palestina baik lelaki maupun wanita yang mati. Mereka menjadi korban penyiksaan minimal cacat fisik maupun psikologinya dan itu terjadi dimanapun terhadap manusia dan kapanpun.

     

    “Jangan lagi tentang siksa diakhirat yang kekal selama – lamanya karena tidak ada kematian, yang ada bagi mereka yang disiksa maka tidak sekejap matapun mereka bisa tertawa karena jerit tangis mereka sangat kencang sekencangnya sampai jasad mereka hancur lebur dan dihidupkan lagi dan terus seperti itu dan berlangsung abadi selama lamanya dan dipastikan tidak ada tawa dan canda sekejap matapun,” jelasnya. 

     

    Novel menegaskan, atas perbuatan oleh oknum yang telah membuat video AI diminta untuk segera menghentikan tayangan yang sangat menyesatkan itu. Para pembuatnya untuk segera memohon maaf kepada umat Islam.

     

    Apalagi, yang dilakukan para pembuat video AI tersebut adalah perbuatan dosa dengan secara tidak langsung mengolok – olok ayat ayat Allah dan bisa dijerat dengan dugaan penistaan terhadap agama Islam.

     

    Dua video yang beredar tersebut viral di media sosial dan menuai kontroversi. Video pertama berdurasi 9 detik menampilkan sosok pria berada di aliran api, digambarkan sebagai ‘hari pertama di neraka’.

     

    Sementara itu, video kedua berdurasi 41 detik menampilkan narasi seolah-olah seseorang sedang membuat vlog wisata dengan latar kobaran api, orang-orang berenang di lava, serta komentar yang bernada bercanda.

     

    “Liburan dulu guys, nyobain mandi lava, ternyata seru juga, panasnya mantul,” ujar salah satu tokoh dalam video tersebut.

     

    Visual yang digunakan seluruhnya merupakan hasil manipulasi citra menggunakan teknologi AI, dan belum diketahui siapa kreator di balik unggahan tersebut. Namun, reaksi dari tokoh agama dan warganet pun bermunculan, sebagian besar mengecam konten itu sebagai tidak etis dan menyesatkan, terutama bagi generasi muda.

  • Usai Cela Trump Habis-habisan, Elon Musk Cari Utang Rp 81,3 Triliun

    Usai Cela Trump Habis-habisan, Elon Musk Cari Utang Rp 81,3 Triliun

    Jakarta, CNBC Indonesia – Perusahaan milik Elon Musk yang bergerak di bidang kecerdasan buatan (AI), xAI, dilaporkan sedang mencari pinjaman di tengah perseteruan antara Musk dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

    Reuters melaporkan bahwa Morgan Stanley memasarkan paket senilai US$ 5 miliar (Rp81,3 triliun) berisi obligasi dan dua pinjaman atas nama xAI.

    Berbeda dengan paket pinjaman sebelumnya, Morgan Stanley kali ini tidak memberikan jaminan atau memberikan komitmen partisipasi modal. Kali ini, nilai kredit yang dikucurkan bahkan bergantung kepada minat investor. Menurut Reuters, model pinjaman saat ini menunjukkan upaya bank untuk lebih hati-hati.

    Pada 2022, Morgan Stanley ikut serta dengan memberikan komitimen utang US$ 13 miliar kepada Musk untuk mendanai akuisisi Twitter (yang kini bernama X) dalam kesepakatan senilai US$ 44 miliar. 

    Pendanaan untuk akuisisi X oleh 7 bank termasuk Morgan Stanley disebut salah satu “pertaruhan” terbesar di industri perbankan. Biasanya, pinjaman dengan ukuran besar langsung “dijual” kembali oleh bank.

    Namun, 7 bank tersebut baru bisa melepas pinjaman untuk akuisisi X ke investor setelah 2 tahun, yaitu pada awal 2025. Mereka akhirnya bisa menjual “utang” Musk ke investor setelah X menunjukkan kinerja usaha yang baik terutama dipicu oleh euforia setelah kemenangan Trump dalam pemilihan presiden AS.

    Kehati-hatian dalam pinjaman yang baru dinilai sebagai upaya menghindari hal yang sama terulang.

    Posisi Musk yang tadinya dianggap sebagai salah satu orang paling dekat Trump berubah drastis sejak Musk meninggalkan posisi di pemerintahan.

    Selain mencari utang, xAI juga tengah bernegosiasi mencari investor dalam kesepakatan pendanaan US$ 20 miliar dalam bentuk ekuitas.

    Trump dan Musk memanas

    Dalam wawancara dengan NBC News yang dilansir Reuters, Minggu (8/6/2025), Trump menegaskan hubungan pribadinya dengan Musk telah berakhir. Ia juga memperingatkan bakal ada konsekuensi serius jika Musk benar-benar mendanai kandidat Demokrat yang menentang RUU pajak dan belanja besar-besaran yang diusulkan Trump.

    Namun Trump tak memerinci ancaman apa yang dimaksud. Ia juga mengatakan belum ada pembicaraan soal kemungkinan penyelidikan terhadap Musk.

    Saat ditanya apakah hubungan dengan bos Tesla dan SpaceX itu sudah selesai, Trump menjawab, “Sepertinya iya.”

    Trump menegaskan tidak berniat untuk memperbaiki hubungan. “Saya enggak ada niat ngomong sama dia,” ucap Trump. Meski begitu, Trump mengaku belum memikirkan soal potensi pemutusan kontrak pemerintah AS dengan Starlink milik Musk, atau peluncuran roket SpaceX.

    Perseteruan Trump dan Musk memanas pekan ini. Musk secara terbuka mengecam RUU yang didorong Trump, menyebutnya sebagai “a disgusting abomination” atau “aib yang menjijikkan.” Penolakan Musk turut mempersulit proses pengesahan RUU tersebut di Senat.

    Di sisi lain, Musk juga menyuarakan ide pembentukan partai politik baru untuk mewakili suara mayoritas masyarakat AS yang dinilai terjebak di tengah polarisasi politik. Kendati demikian, Trump tetap optimistis RUU ini bakal lolos sebelum Hari Kemerdekaan AS, 4 Juli. “Orang-orang yang tadinya ragu, sekarang justru antusias untuk mendukung RUU ini,” kata Trump.

    (dem/dem)

  • Mengapa TikTok Lebih Adiktif dari Instagram, Ini Algoritmanya

    Mengapa TikTok Lebih Adiktif dari Instagram, Ini Algoritmanya

    Jakarta

    TikTok menjelma menjadi media sosial yang sangat populer, bahkan tingkat kecanduannya mungkin sudah melebihi Instagram. Dalam studi di Amerika Serikat, sebanyak 75% mahasiswa menggunakan TikTok setiap hari, dengan waktu interaksi rata-rata 95 menit per hari, melampaui Instagram (51 menit) dan Snapchat (49 menit).

    Apa faktor yang melesatkan TikTok? Studi Baylor University menyebut Instagram lebih bersifat personal. Pengguna mengunggah foto dan berinteraksi di lingkaran pertemanan lebih dekat. Sementara video TikTok dibagikan sering kali ke orang asing yang lebih luas dengan tujuan utama menghibur.

    Pengguna TikTok pun menonton banyak video pendek yang memberi dorongan terus-menerus untuk menonton. Dalam penelitian tersebut, pengguna TikTok melaporkan bahwa mereka lebih cenderung lupa hari dan menghabiskan lebih banyak waktu daripada yang mereka inginkan.

    Mereka juga melaporkan menjadi begitu asyik menggulir video sehingga terus melanjutkan meski ada konsekuensi negatifnya. Media sosial mungkin memberikan pelarian dari kekhawatiran sehari-hari, tetapi jika digunakan secara berlebihan tentu tidak baik.

    “Sangat mungkin bahwa keterlibatan dalam dunia yang diciptakan oleh pengalaman media sosial menggantikan hubungan interpersonal yang lebih bermakna dan dekat, yang menjadi sandaran kesejahteraan psikologis kita,” cetus peneliti Universitas Baylor, Meredith E. David, Ph.D.

    Algoritma TikTok

    Kunci keberhasilan TikTok dinilai adalah siklus video berdurasi pendek yang tak ada habisnya, berlangsung sekitar 15-60 detik. Meski tidak diungkap, algoritma TikTok didesain membuat orang menggemarinya.

    Dikutip detikINET dari Health Tech Digital, Rabu (11/6/2025) konten di TikTok ditujukan untuk tiap individu. Like, komentar, waktu tonton, dan berbagi semuanya masuk ke dalam algoritma rekomendasi, yang kemudian mengevaluasi seberapa cocok video tersebut bagi setiap pengguna. Proses ini menawarkan rangkaian konten yang sedang tren dan membuatnya adiktif.

    TikTok juga menghadirkan FYP yang mencerminkan preferensi unik bagi setiap pengguna, menciptakan hubungan pribadi antara pemirsa dan aplikasi. Hal ini berbeda dari platform media sosial lain seperti Instagram, Twitter, dan Facebook.

    Kemudian, tidak ada waktu tunggu di antara setiap video, yang perlu dilakukan pengguna hanyalah menggeser untuk menonton video berikutnya. Hal itu membuat kecanduan dan berkontribusi pada jumlah waktu yang dihabiskan pengguna di aplikasi.

    Ini kontras dengan platform seperti YouTube misalnya, di mana pengguna menonton video yang seringkali berdurasi lebih panjang dan berisi iklan. Tak heran jika YouTube, Instagram, sampai Facebook, berlomba pula menghadirkan video pendek seperti TikTok.

    (fyk/fay)

  • Kekayaan Fantastis Ustaz Solmed Dikuliti Netizen, Raup Cuan Puluhan Miliar dari Bisnis Rokok?

    Kekayaan Fantastis Ustaz Solmed Dikuliti Netizen, Raup Cuan Puluhan Miliar dari Bisnis Rokok?

    GELORA.CO – Nama Ustaz Solmed mendadak menjadi perbincangan panas di media sosial, khususnya platform X (sebelumnya Twitter). Netizen ramai-ramai menguliti asal-muasal harta kekayaan Ustaz Solmed yang kabarnya melimpah ruah, bahkan disebut-sebut memiliki rumah mewah senilai Rp80 miliar!

    Gunjingan ini mencuat setelah akun X @masjalah pada 8 Juni 2025 lalu mengunggah cuitan yang menyoroti dugaan sumber kekayaan Ustaz Solmed. Akun tersebut menuding Ustaz Solmed mendulang pundi-pundi rupiah dari sebuah perusahaan rokok.

    Tak main-main, Ustaz Solmed bahkan dikabarkan memiliki rumah yang sangat luas hingga mencapai Rp80 miliar.

    Namun kini harta kekayaan dari Ustaz Solmed pun dikuliti setelah diunggah oleh akun Twitter @masjalah pada 8 Juni 2025 lalu.

    Dimana diduga Ustaz Solmed memiliki perusahaan rokok yang membuatnya mendulang kekayaan.

    Dalam cuitannya, ia menyoroti terkait dengan kekayaan dari Ustaz Solmed yang sangat berlimpah.

    “Ternyata sumber cuan Ustaz Solmed dari jualan ‘rokok obat’ (Heh gimana?), yang buat salfok malah setiap kali rumahnya komuk istrinya rada gimana gitu hehe,” tulisnya.

    Tak hanya itu, seorang pengguna Twitter bernama @widino dengan pengikut sebanyak 194,4 ribu juga ikut menyoroti terkait dengan produk dari perusahaan rokok yang dimiliki oleh Ustaz Solmed.

    Pasalnya Ustaz Solmed diketahui telah menjual produk rokok yang dipercaya memiliki banyak manfaat.

    “Gue jadi penasaran sama rokoknya si Ustaz ini sampai googling kandungan, manfaat, dll. Rokok Sin yang ini kan? Gimana bisa rokok yang masih pakai tembakau dibilang bisa mencegah kanker, stroke, ambeien bahkan terapi penyembuhan HIV/AIDS? Please enligten me,” tulisnya.

    Cuitan itu pun menjadi viral hingga telah ditayangkan pada lebih dari 193,6 ribu pengguna Twitter.

    Bahkan beberapa pengguna ikut berkomentar dengan memberikan review soal rokok tersebut.

    “Biasanya pakai nama rokok herbal gak pakai tembakau tapi tetap ada cengkehnya (yang pernah tau pakai daun talas) tapi ini gak tahu pakai apa,” ujar akun @hmntrxsh.

    “Menurutku rokok tetaplah rokok. Mau dikemas dengan label herbal, Islami, atau terapi kalau ujungnya dihisap dan menghasilkan asap tar + nikotin, itu tetap racun. Tidak ada satupun riset medis yang menyatakan rokok bisa menyembuhkan penyakit. Justru sebaliknya,” jelas akun @dzamstar.

    “Rokok buat nyembuhin ambeien itu bisa-bisa aja sih. Bisa gila,” tandas akun @bethanielle.

    Kini cuitan mengenai sumber kekayaan dari Ustaz Solmed pun masih jadi perbincangan di Twitter. 

  • Kocak! Warganet Minta Pramono Buka Rute Transjakarta Blok M-Yogyakarta

    Kocak! Warganet Minta Pramono Buka Rute Transjakarta Blok M-Yogyakarta

    Jakarta, Beritasatu.com – Belakangan ini, jagat media sosial diramaikan oleh permintaan tak biasa dari warganet kepada Gubernur Jakarta, Pramono Anung. Dalam berbagai unggahan di Instagram, TikTok, hingga platform X (dulu Twitter), banyak netizen yang mengusulkan agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta membuka rute Transjakarta Blok M-Yogyakarta.

    Permintaan ini muncul setelah Pemprov Jakarta secara aktif memperluas jaringan layanan Transjabodetabek ke berbagai kota penyangga. Beberapa rute baru, seperti Tangerang-Blok M, Bekasi-Blok M, Bogor-Blok M, hingga Cianjur-Blok M sudah lebih dulu diluncurkan dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

    “Beberapa hari ini saya diserbu di IG, TikTok, dan X. Banyak yang minta rute, seperti Bandung-Blok M, Surabaya-Blok M, bahkan ada yang usul Madinah-Blok M,” ujar Pramono Anung sambil tersenyum seusai membuka Festival Jakarta Great Sale di Lippo Mall Nusantara, Selasa (10/6/2025).

    Alih-alih tersinggung, Pramono justru menanggapi usulan tersebut dengan santai. Ia menilai permintaan nyeleneh itu sebagai bentuk apresiasi publik terhadap kebijakan transportasi yang tengah digencarkan oleh Pemprov Jakarta.

    Menurut Pramono, perluasan rute Transjabodetabek merupakan bagian dari visi menjadikan Blok M sebagai pusat transportasi utama (transportation hub).

    Ia menyebut sejumlah rute baru, seperti Alam Sutera-Blok M dan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2-Blok M telah menunjukkan hasil positif dengan peningkatan jumlah penumpang yang signifikan.

    “Contohnya, rute Alam Sutera-Blok M awalnya ditargetkan 2.000 penumpang per hari, sekarang sudah 4.000. PIK 2-Blok M juga tembus 6.000 penumpang per hari dari target awal yang sama,” jelasnya.

    Tak hanya itu, rute baru Bogor-Blok M juga mencuri perhatian. Baru beberapa hari diluncurkan, antusiasme warga sangat tinggi.

    “Bayangkan, dari Baranangsiang Bogor ke Blok M hanya Rp3.500. Naik bus AC, nyaman, lewat tol, dan cuma 80 menit,” ungkap Pramono bangga.

    Pemprov Jakarta, lanjutnya, memang serius ingin mengurangi kemacetan Jakarta melalui penguatan jaringan transportasi umum.

    Saat ini, diperkirakan setiap pagi ada sekitar 3,8 juta hingga 4,2 juta orang masuk ke Jakarta dari daerah sekitarnya, dan sebaliknya pada sore hari.

    “Kemacetan itu terjadi karena mayoritas masih menggunakan kendaraan pribadi. Inilah yang coba kami pecahkan lewat layanan Transjabodetabek,” katanya.

    Selama dua bulan terakhir, sudah ada lima rute baru yang dibuka, yaitu:

    Alam Sutera-Blok MPIK 2-Blok MVida Bekasi-CawangSawangan-Lebak BulusBogor-Blok M

    Meski usulan rute Transjakarta Blok M-Yogyakarta masih sebatas guyonan warganet, tetapi gelombang antusiasme ini menunjukkan harapan besar masyarakat akan layanan transportasi umum yang terjangkau, nyaman, dan terintegrasi.

  • Viral Mees Hilgers Gantikan Rizky Ridho Lawan Jepang, Ini Profilnya

    Viral Mees Hilgers Gantikan Rizky Ridho Lawan Jepang, Ini Profilnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Mees Hilgers ditunjuk oleh pelatih Patrick Kluivert untuk menggantikan Rizky Ridho dalam pertandingan melawan Jepang pada hari ini, Selasa (10/6/2025), di laga terakhir grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

    Rizky Ridho berhalangan main karena cedera. Nama Hilgers lantas menjadi sorotan netizen Indonesia. Pantauan CNBC Indonesia di media sosial X, kata kunci ‘Hilgers’ langsung memuncaki trending topic.

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    Hilgers merupakan pemain tim Merah Putih berdarah Belanda-Indonesia. Sebagai informasi, Hilgers merupakan pemain bek di FC Twente. Ibunya berasal dari Manado, sehingga ia merupakan Indonesia dan kemudian dinaturalisasi sebagai WNI.

    Pemain berusia 24 tahun tersebut sudah 5 musim berkarir di Eredivisie yang merupakan kasta tertinggi Liga Belanda. Pada Januari 2022, ia sempat masuk ‘Team of the Month’.

    Dalam penuturannya yang dikutip dari CNN Indonesia, Hilgers mengatakan sudah didekati PSSI untuk bermain bersama timnas Indonesia sejak berusia 19 tahun.

    Pada September 2024, Hilgers diumumkan bergabung dengan skuad Garuda dan mewakili Indonesia di ajang internasional. Laga pertamanya sebagai anggota timnas Indonesia dimulai pada Oktober 2024. Ia melawan China dan Bahrain di bulan tersebut.

    (fab/fab)

  • Rizky Ridho Absen Lawan Jepang Sore Ini, Netizen Ramai Komentar Begini

    Rizky Ridho Absen Lawan Jepang Sore Ini, Netizen Ramai Komentar Begini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemain tim nasional (timnas) Indonesia, Rizky Ridho, absen dalam laga terakhir grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada hari ini, Selasa (10/6/2025), pada sore ini pukul 17.35 WIB.

    Hal ini menjadi sorotan netizen Tanah Air. Pantauan CNBC Indonesia di media sosial X, kata kunci ‘Rizky Ridho’ menduduki peringkat pertama trending topic dengan menghimpun lebih dari 1.300 tweet.

    Rizky Ridho tak bisa bermain melawan Jepang akibat cedera. Posisinya lantas digantikan oleh Mees Hilgers.

    Mengutip akun Twitter Timnas Indonesia, terdapat perubahan susunan pemain yang dilakukan Patrick Kluivert ketimbang laga kontra China pekan lalu.

    Kluivert memainkan Mees Hilgers, Kevin Diks, Dean James, Beckham Putra, dan Yance Sayuri sebagai starter. Simak beberapa komentar netizen yang dihimpun CNBC Indonesia:

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    [Gambas:Twitter]

    Sebagai informasi, laga melawan Jepang yang berlangsung di Stadion Panasonc Suita, Osaka, Jepang, tidak akan memengaruhi posisi Indonesia dalam melaju ke putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

    Pasca menang 1-o melawan China, tim Merah Putih berhasil mengumpulkan 12 poin dari 9 pertandingan. Indonesia lantas bertengger di posisi empat klasemen Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

    Lolos ke putaran keempat menjaga asa Timnas bermain di Piala Dunia pertama kalinya setelah merdeka. Namun, Indonesia harus menghadapi para tim hebat Asia lainnya.

    Sejauh ini, sudah ada 4 tim yang lolos ke putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Selain Indonesia, ada Uni Emirat Arab, Qatar, dan Irak.

    Sementara itu, Oman dan Palestina dari Grup B akan bertanding untuk mendapat 1 tiket melaju ke putaran keempat bersama Indonesia Cs.

    Selain itu, Arab Saudi dan Australia juga akan bertanding. Tim yang menang akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026, sementara tim kalah juga akan masuk ke putaran keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026.

    (fab/fab)

  • Apa Itu Media Sosial: Sejarah, Perkembangan, hingga Eksistensinya sampai Saat Ini – Page 3

    Apa Itu Media Sosial: Sejarah, Perkembangan, hingga Eksistensinya sampai Saat Ini – Page 3

    2010: Kekuatan Foto/Gambar pada Instagram

    Peluncuran Instagram oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger menandai dimulainya era berbagi foto. Fokus platform pada penceritaan visual dan filter yang mudah digunakan mengubah cara orang mendokumentasikan dan berbagi kehidupan mereka secara daring.

    2011: Pesan Singkat yang Terbatas – Snapchat

    Pada tahun 2011, Evan Spiegel memperkenalkan Snapchat, yang berfokus pada pesan singkat yang menghilang setelah waktu tertentu.

    Fokus pada momen-momen singkat dan pengalaman berbagi yang lebih privat ini menarik perhatian pengguna generasi baru.

    2012 – 2016: Video Berformat Pendek Menjadi Sorotan

    Vine (2012), dengan video berulang berdurasi 6 detik, dan TikTok (2016), yang berfokus pada konten kreatif berformat pendek, mampu mengubah konsumsi hiburan daring.

    2015: Lahirnya Discord

    Discord adalah sebuah platform yang awalnya dirancang untuk para gamer. Jason Citron dan Stanislav Vishnevskiy menciptakan Discord untuk game online, dengan fokus pada obrolan suara yang jelas dan kemudahan membangun komunitas.

    Popularitas Discord meluas hingga ke luar game, menarik minat pengguna karena perpaduan obrolan teks, saluran suara, dan berbagi layar.

    2020-an: Era AI dan Algoritme

    Saat ini, AI dan algoritme canggih merupakan bagian integral dari platform media sosial. AI mempersonalisasi rekomendasi konten, menyesuaikan pengalaman beriklan, dan bahkan memoderasi konten.

    Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang privasi, kontrol, dan potensi bias yang melekat dalam algoritme. Salah satu tambahan terbaru adalah Meta AI.

    Mesin AI-nya mendukung fitur-fitur seperti chatbot dan rekomendasi konten di seluruh aplikasi media sosial. Mesin ini mempersonalisasi feed, menerjemahkan bahasa, dan menyederhanakan komunikasi–semuanya untuk membuat koneksi sosial lebih lancar.

    2023: Munculnya Threads

    Twitter (X) memperkenalkan Threads yang memungkinkan pengguna merangkai tweet menjadi narasi yang kohesif, sehingga menciptakan inovasi dalam penceritaan media sosial.

    Hal ini mendorong penceritaan bentuk panjang dan diskusi mendalam pada format platform yang secara tradisional dibatasi karakter.

  • Selain soal Rolex, Ini Cuitan Kontroversional Ernest Prakasa Lainnya

    Selain soal Rolex, Ini Cuitan Kontroversional Ernest Prakasa Lainnya

    Jakarta, Beritasatu.com – Komika Ernest Prakasa secara tiba-tiba pamit bermain X. Ernest mengaku meninggalkan platform media sosial yang dulunya dikenal sebagai twitter setelah mempertimbangkan lama keputusannya dan melihat beberapa rekannya hengkang dari X.

    Namun dibalik keputusannya itu, Ernest sendiri diketahui sempat mengunggah video yang diakuinya sebagai surat terbuka kepada rekan-rekan artis dan influencer. Ernest meminta rekan-rekan artis dan influencer berani jujur dan bersuara terkait kondisi saat ini. 

    “Jadi kalau memang misalnya sudah enggak ada kerjasama, sudah enggak ada campaign yang lagi jalan, sudah enggak ada kontrak lagi, sudah enggak ada transferan lagi yuk bisa yuk tipis-tipis yuk,” ucap Ernest mengawali ucapannya yang dikutip Beritasatu.com dari akun X @sarah_pndjtn, Senin (9/6/2025).

    Sutradara Ngenest ini memang kerap melontarkan ucapan yang membuat kontroversi di akun X-nya. Terbaru, Ernest memang sempat mengkritisi keputusan Prabowo Subianto yang memberikan jam tangan mewah kepada pemain Timnas Indonesia di akun X-nya. Ernest mempertanyakan anggara yang digunakan untuk membeli Rolex GMT-Master II, jam tangan yang harganya sekira Rp 250 juta per unit.

    Setelah postingan tersebut, akun X pun diserang para netizen yang menyebut bahhwa uang yang digunakan adalah uang pribadi Prabowo. Meskipun tidak memberikan alasan tepatnya, banyak netizen mengaitkan mundurnya Ernest dari X adalah karena kejadian itu.

    Selain itu, Ernest juga pernah menyoroti Formula E yang sulit mendapat sponsor, berbeda dengan MotoGP Mandalika. “Wajar lah brand nggak mau keluar duit. Jangan samain sama MotoGP yang memang event bergengsi,” komentar Ernest Prakasa.

    “Formula E siapa yang ngikutin coba selain panitia?” katanya.

    Dia juga kembali menyinggung masalah Formula E yang ditudingnya sebagai dana rehabilitasi sekolah.  “Iyalah, rehabilitasi sekolah mana bisa buat pencitraan menuju 2024.” cuit Ernest.

    Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta pun langsung melakukan klarifikasi dengan menunjukkan tidak ada pemotongan anggaran. Akibat cuitannya itu, muncul tagar #ErnestPrakasaNyebarHoax.