Perusahaan: Tokopedia

  • Harga dan Spesifikasi Tablet Pertama Poco di Indonesia

    Harga dan Spesifikasi Tablet Pertama Poco di Indonesia

    Jakarta

    Poco Pad akhirnya resmi diluncurkan di Indonesia setelah sebelumnya hanya dipamerkan lewat teaser. Perangkat ini menjadi tablet pertama dari sub-brand Poco yang dirilis di Indonesia.

    Head of Marketing Poco Indonesia Andi Renreng mengatakan Poco Pad hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia yang mencari perangkat dengan layar besar tapi tetap bisa dibawa ke mana-mana.

    Spesifikasi Poco Pad

    Poco Pad mengusung layar LCD berukuran 12,1 inch dengan resolusi 2.560 x 1.600 pixel (2,5K). Layarnya memiliki refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 240Hz dengan tingkat kecerahan hingga 600 nits dan rasio 16:10.

    “Dengan rasio 16:10 Poco Pad dapat menampilkan lebih banyak informasi pada halaman web dan juga dokumen, dan tetap nyaman untuk melihat beberapa ragam konten,” kata Andi dalam peluncuran Poco Pad di Jakarta, Kamis (4/7/2024).

    Tablet ini turut dilengkapi DC Dimming dan tiga sertifikasi dari TÜV Rheinland. Tidak ketinggalan Dolby Vision untuk pengalaman nonton yang lebih optimal dan perlindungan Gorilla Glass 3.

    Chipset Snapdragon 7s Gen 2 mentenagai kinerja Poco Pad. Chipset itu dikombinasikan dengan RAM 8GB dan memori internal 256GB. Poco juga menyediakan slot microSD hingga 1,5TB.

    Poco Pad Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

    Andi mengatakan chipset ini tidak hanya mendukung pengalaman gaming tapi juga produktivitas. Karena itu Poco menyediakan fitur seperti Home Screen+, Shared Clipboard, Mi Canvas, dan Network Syncing.

    “Jadi tablet ini bisa terhubung ke hotspot smartphone hanya dengan satu sentuhan dan ini memudahkan penggunaan jaringan seluler jadi lebih mudah,” jelas Andi.

    Poco Pad dibekali kamera belakang 8 MP dan kamera depan 8 MP. Tablet ini memiliki desain metal unibody dengan bobot 571 gram dan tebal 7,52 mm.

    Kapasitas baterainya 10.000 mAh dengan pengisian cepat 33W. Andi mengatakan kapasitas baterai yang besar artinya Poco Pad bisa dipakai streaming video hingga 16 jam.

    Harga dan ketersediaan Poco Pad

    Poco Pad hadir dalam dua pilihan warna yaitu Blue dan Gray. Tablet ini sudah menjalankan HyperOS berbasis Android 14. Poco juga menyediakan aksesoris yang dijual terpisah yaitu Poco Pad Keyboard dan stylus Poco Smart Pen.

    Poco Pad sudah dapat dipesan lewat pre-oder dari 4 Juli pukul 13.00 WIB sampai 17 Juli 2024 lewat channel online Poco di Mi.com, Blibli, Lazada, Shopee, dan Tokopedia. Selama periode pre-order, pembelian Poco Pad dan aksesorisnya akan mendapatkan diskon hingga Rp 200.000. Harga Poco Pad dan akesorisnya dapat dilihat di bawah ini.

    Poco Pad 8/256GB: Rp 3.999.000Poco Pad Keyboard: Rp 699.000Poco Smart Pen: Rp 699.000

    Lihat juga Video: Intip Spesifikasi Tablet HUAWEI MatePad Air

    (vmp/fay)

  • Pemilik Bisnis Perlu Waspada Jenis-jenis Serangan Siber Ini!

    Pemilik Bisnis Perlu Waspada Jenis-jenis Serangan Siber Ini!

    Jakarta

    Sebagai seorang pemilik bisnis, bayangkan jika suatu hari Anda terbangun dengan berita mengejutkan bahwa sistem IT perusahaan Anda telah diserang oleh ransomware. Semua data penting tidak dapat diakses, dan hacker meminta tebusan dalam jumlah besar untuk memulihkan aksesnya.

    Ini bukan sekadar fiksi, tetapi ancaman nyata yang bisa terjadi kapan saja. Pemerasan pada Pusat Data Nasional bulan lalu, yang berimbas pada sejumlah lembaga publik, menjadi pengingat bagi kita untuk selalu waspada akan ancaman siber. Maka dari itu, memahami berbagai jenis serangan siber yang dapat merugikan bisnis Anda sangatlah penting.

    Jenis-jenis Serangan Siber yang Perlu Diketahui

    Phishing : penipuan online yang berusaha untuk mendapatkan informasi pribadi seperti kata sandi dan nomor kartu kredit. Serangan DDoS (Distributed Denial of Service) : serangan terhadap server atau jaringan dengan membanjiri lalu lintas, membuatnya tidak tersedia untuk pengguna yang sah. Serangan Man in the Middle (MITM) : mencegat (intercept) komunikasi antara dua pihak yang sah dan mencuri informasi yang sedang ditransmisikan. Serangan Zero-Day : serangan yang mengeksploitasi kerentanan perangkat lunak yang belum ditemukan atau dilaporkan kepada pengembang. Serangan ini dapat sangat merusak karena tidak ada pembaruan keamanan yang tersedia. Serangan Ransomware : serangan yang mengenkripsi data dan mengharuskan korban membayar tebusan untuk mendapatkan akses kembali. Malware : perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak sistem dan mencuri data.

    Dampak Serangan Siber pada Perusahaan Besar

    Serangan siber berskala besar sering kali menjadi sorotan media dan menunjukkan betapa seriusnya ancaman ini. Ambil contoh kasus pembobolan Bank Syariah Indonesia (BSI) pada Mei 2023, di mana kelompok peretas LockBit berhasil membocorkan data nasabah di situs dark web setelah negosiasi gagal. Dalam kurun waktu satu minggu, nilai saham BSI mengalami penurunan yang signifikan. Kasus-kasus serupa juga terjadi pada perusahaan besar dan lembaga publik seperti Tokopedia, BPJS, dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Serangan-serangan ini tidak hanya merugikan secara finansial tetapi juga merusak reputasi perusahaan.

    Pentingnya Asuransi Simas Cyber Enterprise

    Menghadapi risiko serangan siber yang semakin meningkat, memiliki perlindungan tambahan melalui asuransi siber menjadi sangat penting. Asuransi Sinar Mas meluncurkan Simas Cyber Enterprise yang menawarkan solusi komprehensif untuk melindungi perusahaan Anda dari ancaman siber. Polis asuransi ini tidak hanya memberikan perlindungan finansial tetapi juga mendukung perusahaan dalam pemulihan pasca serangan.

    Dengan Asuransi Simas Cyber Enterprise, perusahaan Anda akan mendapatkan manfaat antara lain :

    Jaminan restorasi data elektronik yang terdampak oleh serangan siber. Jaminan biaya penyelidikan data terkait suatu penyelidikan sebagai akibat dari serangan siber. Gangguan usaha. Jaminan ancaman pemerasan dan pembayaran uang penghargaan dalam rangka mengakhiri suatu serangan siber.

    Manfaat di atas adalah sebagian dari jaminan-jaminan yang ditanggung asuransi Simas Cyber Enterprise. Asuransi Sinar Mas juga menyiapkan layanan konsultasi produk Simas Cyber Enterprise yang dapat diakses melalui sinarmas.co.id/simascyber

    (Content Promotion/Sinar Mas)

  • Swift Assist di Xcode 16 Bikin Siapa pun Bisa Bikin Aplikasi iOS

    Swift Assist di Xcode 16 Bikin Siapa pun Bisa Bikin Aplikasi iOS

    Jakarta

    Selain Apple Intelligence, pengumuman kehadiran Swift Assist di Xcode 16 menyita perhatian developer yang hadir di Worldwide Conference Developer (WWDC) 2024. Tak terkecuali duo engineer dari Tokopedia, Tonito dan Ferico Samuel.

    Tonito mengaku sudah mendengar gosip seputar WWDC. Beberapa terkonfirmasi, namun dirinya tetap kaget sederet pengumuman lain yang disampaikan Apple sepanjang sesi keynote.

    “Apple Intelligence memang paling diantisipasi, tapi ternyata melebihi apa yang kami perkirakan,” ujarnya saat ditemui di sela-sela WWDC 2024, Apple Park, Cupertino, AS.

    Menurutnya AI yang disuguhkan Apple begitu mengedepankan privasi pengguna dan ini sulit ditemukan di layanan lain.

    “Apple memainkan kartunya banget, bagaimana dia bisa meng-generate result dari client maupun server, mainnya kayak hybrid jadi menyesuaikan konteks user sehingga jadi produk yang polish,” kata Tonito.

    Soal Swift Assist terbaru menurutnya bakal membantu banyak para developer. Kendati bukan pertama –sebelumnya ada Github Co-Pilot– iOS developer bakal senang kehadiran fitur baru di Xcode 16 itu.

    “Bikin lebih banyak orang biasa jadi developer. Jadi tinggal ketik-ketik saja untuk bikin aplikasi, nanti tinggal di-generate,” ucap Head Engineer iOS Tokopedia ini.

    Swift Assist terbaru bikin pembuatan aplikasi lebih cepat. Sebab bisa mempersingkat waktu pengerjaaan.

    “Biasanya dulu paling cepat browsing, buka Google, copas codenya, kita jalanin. Dengan Swift Assist ini kita kayak ngobrol aja, cerita-cerita. Contohnya gue mau bikin list of apa, nanti tinggal di-generate. Jadi nggak perlu capek-capek Googling, udah langsung aja kayak curhat ke Swift,” terang Tonito.

    Tonito dan Ferico, duo engineer Tokopedia yang hadir di WWDC 2024 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Swift Assist tak hanya berguna bagi pemula, bahkan developer tingkat lanjut pun bakal terbantu. Berdasarkan pemaparan Apple saat keynote, ada beberapa fitur yang mampu mendeteksi risk condition, Swift Assist akan memberitahukan kalau code yang dibuat kurang optimal atau bisa menyebabkan bug.

    “Developer nggak selalu ngapalin task, malah kadang sering lupa. Dengan Swift Assist dari ide kita bisa minta, langsung di-generate,” ujar Ferico.

    “Memang hasil generate tidak langsung sempurna untuk dirilis, namun di situlah pengalaman kita dibutuhkan. Dari semua yang di-generate, kita bisa tahu code basic-nya apa saja yang kurang atau missing dan kurang bagus, di situlah experience developer yang main,” imbuhnya.

    Sedikit informasi Xcode 16 dibekali menyematkan Swift Assist dan penyelesaian kode prediktif. Mesin penyelesaian kode prediktif baru di Xcode menggunakan model unik yang dilatih khusus untuk Swift dan Apple SDK, yang dapat menyarankan pengembang kode yang dibutuhkan. Pelengkapan kode didukung sepenuhnya oleh Apple Silicon dan peningkatan pembelajaran mesin di macOS Sequoia, dan berjalan secara lokal di perangkat pengembang

    Swift Assist terintegrasi dengan mulus ke dalam Xcode, dan mengetahui kit pengembangan perangkat lunak (SDK) terbaru dan fitur bahasa Swift, sehingga pengembang akan selalu mendapatkan fitur kode terbaru yang menyatu sempurna dengan proyek mereka.

    Swift Assist menggunakan model canggih yang berjalan di cloud, tetapi dibuat dengan mempertimbangkan privasi dan keamanan. Kode pengembang hanya digunakan untuk memproses permintaan dan tidak pernah disimpan di server, dan Apple tidak akan menggunakannya untuk melatih model pembelajaran mesin.

    (afr/fay)

  • Pelaku Penembakan di Tol Waru Beli Senjata di Toko Online

    Pelaku Penembakan di Tol Waru Beli Senjata di Toko Online

    Surabaya (beritajatim.com) – Senjata jenis airsoftgun yang digunakan para pelaku penembakan di tol Waru Sidoarjo diperoleh dari membeli di toko online. Harga senjata tersebut masing-masing Rp5 juta.

    Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Jatim Kombes Totok Suharyanto mengatakan, pelaku inisial NBL mengaku membeli senjata tersebut dari Tokopedia seharga Rp5 juta. Sementara tersangka JLK membeli senjata dari Keenan dengan tukar tambah lampu mobil dan uang Rp700 ribu.

    “Untuk Tersangka anak membeli dari NBL dengan harga Rp5 juta,” ujar Totok, Senin (27/5/2024).

    Sementara berdasarkan keterangan pelaku, teror itu dilakukan lantaran terinspirasi game online kegemaran mereka. Tak ada motif lain yang diakui para pelaku.

    “Motif sementara hanya iseng karena terobsesi oleh hobi main game online,” ujar Totok.

    Para pelaku ditangkap Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum ( Ditreskrimum ) Polda Jatim. Ada tiga pelaku yang diamankan, satu di antaranya masih anak di bawah umur.

    Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Jatim Kombes Totok Suharyanto mengatakan, tiga pelaku atas nama NBL (20 tahun) dan JLK (19 tahun).

    “Ada satu lagi pelaku yang tidak bisa saya sampaikan karena masih di bawah umur,” ujar Totok, Senin (275/2024).

    Dijelaskan Totok, tiga pelaku yang statusnya mahasiswa ini memiliki peran yang berbeda. Tersangka NBL sebagai pengemudi mobil saat melakukan aksi,. NBL juga melakukan penembakan terhadap korban AR dan RW.

    Sementara JLK (19 tahun), pelaku duduk dijok sebelah kiri. Dia adalah pemilik senjata air sofgan dan yang melakukan penembakan terhadap korban EC dan K.

    “Sementara anak di bawah umur yang tidak bisa saya sebutkan inisialnya perannya adalah duduk di jok tengah, dia juga yang memiliki senjata air softgun dan yang melakukan penembakan terhadap korban K.

    Ketiga Tersangka dijerat Pasal 170 KUHP subsider 351 ayat 1 KUHP jo Pasal 55 KUHP jo Pasal 64 KUHP dan Pasal 1 ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

    Diberitakan sebelumnya, peristiwa penembakan itu terjadi pada Minggu (19/5) dini hari pukul 02.15 WIB di ruas jalan Tol Waru Sidoarjo.

    Seorang sopir truk, Eko yang merupakan warga Jember saat itu dikejutkan oleh mobil Pajero yang tiba-tiba mendekati truknya.

    Eko mengatakan ada seorang pria yang tidak dia kenal duduk di kabin penumpang sebelah sopir membuka kaca lalu mengeluarkan senjata laras panjang dan menembak beberapa kali tembakan yang beberapa di antaranya melukai pipi dan bibir Eko.

    Selain itu, dikabarkan pula seseorang yang sedang berjalan kaki di Surabaya juga mengalami nasib yang sama dengan Eko.

    Adanya informasi tersebut, Kapolda Jatim, Irjen Imam Sugianto memerintahkan Ditreskrimum untuk segera mengungkap dan menangkap pelakunya. [uci/beq]

  • Bonus Hari Raya Tokopedia buat Transaksi 2 UMKM Produk Anak Ini Meningkat

    Bonus Hari Raya Tokopedia buat Transaksi 2 UMKM Produk Anak Ini Meningkat

    Jakarta

    Tokopedia terus berinovasi dalam rangka meningkatkan performa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdapat di dalam platformnya. Kali ini, Tokopedia mempunyai program Bonus Hari Raya 2024 guna meningkatkan performa toko.

    Salah satu UMKM yang merasakan dampak dari kehadiran produk ini ialah BOHOPANNA, salah satu brand lokal penyedia pakaian bayi dan anak-anak. Brand Manager BOHOPANNA Friska Evelyn mengaku pihaknya mendapat berbagai keuntungan, seperti jangkauan kalangan yang lebih luas, perolehan eksposur, serta kenaikan transaksi yang diperkirakan hingga 2 kali lipat.

    “Dengan bantuan Tokopedia, kami dapat menjangkau lebih banyak kalangan dan mendapatkan berbagai exposure dari Tokopedia. Kenaikan transaksi pada saat Bonus Hari Raya, kira-kira 2 kali lipat,” kata Friska dalam keterangan tertulis, Senin (6/5/2024).

    Seirama dengan BOHOPANNA, POKKY Baby Pants sebagai UMKM yang bergerak di bidang usaha popok celana bayi juga turut meraih dampak positif dari program Bonus Hari Raya 2024. General Manager POKKY Baby Pants Areey Susanto mengungkapkan program ini memperluas pasar dan menambah omzet penjualan secara online.

    “Program Bonus Hari Raya 2024 dapat membantu konsumen lebih mudah membeli produk POKKY Baby Pants serta memperluas pasar dan menambah omset penjualan kami secara online,” ungkapnya

    Areey menuturkan terdapat kenaikan transaksi yang signifikan selama periode berlakunya program Bonus Hari Raya 2024. Ia mendapati jumlah penjualan produk semakin membaik ketimbang di luar masa program tersebut.

    Bukan hanya sekedar memberi dampak positif terhadap tingkat penjualan dan pemesanan, program Bonus Hari Raya 2024 juga menjadi ajang bagi para pelaku usaha lokal untuk bersaing antar satu sama lain. Persaingan ini dilakukan para pelaku usaha lokal guna meraih gelar Seller Terbaik di Tokopedia.

    “Jujur kaget ya, ga menyangka kalau bisa dapat pemenang juara 1 di kategori Ibu dan Bayi. Terimakasih atas apresiasi dari Tokopedia, semoga dapat meningkatkan kerja sama dengan POKKY Baby Pants,” kata Areey.

    Sementara itu, Areey membagikan kiat-kiat untuk para pelaku usaha lokal baru di Tokopedia. Dirinya berpesan kepada pelaku usaha agar menjual produk yang berkualitas, sering menawarkan promo, memberikan konsumen pelayanan terbaik, mengikuti challenge dari Tokopedia, serta konsisten dalam melakukan kegiatan penjualan.

    “Berjualan produk yang berkualitas, berikan pelayanan yang terbaik ke konsumen, ikuti challenge dari Tokopedia, serta semangat dan konsisten dalam berjualan,” paparnya.

    Lewat program ini, Tokopedia melihat bagaimana para pelaku usaha memulai dan mengembangkan bisnisnya. Associate Vice President of Category Development Tokopedia Ramadhan Niendraputra Kehadiran menyampaikan Program Bonus Hari Raya 2024 ini merupakan bentuk apresiasi Tokopedia terhadap kepercayaan serta pencapaian bisnis para pelaku usaha lokal.

    “Tokopedia melihat dengan dekat bagaimana para pelaku usaha memulai dan mengembangkan bisnis mereka melalui platform kami. Untuk mengapresiasi kepercayaan mereka terhadap Tokopedia, serta pencapaian bisnis para penjual, kami menghadirkan program Tokopedia Bonus Hari Raya,” ungkap Ramadhan.

    Melalui acara puncak Bonus Hari Raya, Ramadhan mengucapkan selamat kepada para pemenang dalam program ini. Ia berharap Tokopedia dapat terus membantu tumbuh kembang pelaku usaha, termasuk para UMKM lokal.

    “Tokopedia mengucapkan selamat untuk para pemenang dalam program ini. Melalui program Tokopedia Bonus Hari Raya maupun berbagai inisiatif lain yang dihadirkan untuk penjual, kami berharap bisa terus membantu tumbuh kembang pelaku usaha di Indonesia termasuk UMKM lokal bersama Tokopedia, sekaligus bersama-sama mewujudkan pemerataan ekonomi di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi,” pungkasnya.

    (akn/ega)

  • Program Bonus Hari Raya Tokopedia Dongkrak Omzet 2 UMKM Ini

    Program Bonus Hari Raya Tokopedia Dongkrak Omzet 2 UMKM Ini

    Jakarta

    Dalam rangka optimalisasi potensi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Tokopedia menghadirkan program Bonus Hari Raya 2024. Program ini diluncurkan mengingat UMKM memegang peran penting terhadap perekonomian nasional.

    Program Bonus Hari Raya 2024 menunjang para pelaku usaha terpilih dengan berbagai keuntungan. Hal ini turut memberikan dampak positif terhadap UMKM yang menggeluti usaha di bidang buku, yakni Nursidah BT Amud pemilik Toko Alida di Tokopedia. Dirinya menyampaikan pemesanan dan omzet toko bertumbuh 2 kali lipat sejak mengikuti program Bonus Hari Raya 2024.

    “Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada tim Tokopedia, khususnya relationship manager (RM) yang selalu memberikan dukungan dan informasi terbaru tentang promosi dan fitur yang dapat kami manfaatkan untuk mengembangkan bisnis.Tokopedia adalah sumber omset terbesar bagi Toko Alida selama 9 tahun terakhir,,” ujar Nursidah dalam keterangan tertulis, Senin (6/5/2024).

    “Sejak mengikuti Bonus Hari Raya, kami telah mengalami peningkatan transaksi penjualan, dengan omzet meningkat dua kali lipat,” tambahnya.

    Tidak hanya Nursidah, hal senada pun juga dialami Rasyid Fakhran selaku Chief Marketing Officer Hopps Dept. Rasyid menuturkan pihaknya sangat terbantu dengan keberadaan Tokopedia. Dirinya mengaku reputasi yang dimiliki Tokopedia membantu sektor penjualan barang serta kepuasan pelanggan. Hal ini tercermin pada peningkatan transaksi tokonya yang meningkat hingga 150%.

    “Tokopedia merupakan platform yang sangat membantu para penjual dalam menemukan pasar yang sesuai dengan produk yang mereka jual, seperti sepatu basket contohnya. Dengan reputasi platform yang terpercaya, kami sebagai penjual merasa terbantu untuk menjual barang kami ke seluruh wilayah Indonesia, sementara pelanggan merasa aman dalam bertransaksi,” tuturnya.

    “Peningkatan transaksi toko kami selama campaign berlangsung hingga 150%,” tambah Rasyid.

    Tidak hanya itu, program Bonus Hari Raya 2024 juga turut memberikan sejumlah dampak positif lainnya. Selain berperan dalam peningkatan sektor penjualan dan pemesanan, program ini menjadi ajang persaingan para pelaku usaha lokal untuk meraih gelar Seller Terbaik di Tokopedia.

    “Dengan memanfaatkan kampanye ‘Ramadhan Ekstra Seru’ di Tokopedia, toko kami, Hoops Dept, berhasil menjadi pemenang dalam periode program Bonus Hari Raya. Traffic yang dihasilkan oleh kampanye ini sangat tinggi, yang pada gilirannya meningkatkan konversi menjadi penjualan yang signifikan,” ungkap Rasyid.

    Lebih lanjut, Rasyid pun menyampaikan sejumlah pesan kepada para pelaku usaha baru. Ia mengatakan kesadaran akan konsistensi dalam peningkatan kualitas pelayanan dan perluasan pangsa pasar merupakan hal yang penting. Hal ini dapat diraih dengan memanfaatkan fitur beriklan TopAds sebagai sarana peningkatan traffic.

    “Penting untuk menyadari bahwa konsistensi dalam meningkatkan kualitas layanan adalah kunci keberhasilan dalam bisnis. Kami merekomendasikan untuk selalu berkomitmen dalam proses pembelajaran dan memperluas pangsa pasar. Salah satu strategi yang dapat dipertimbangkan adalah memanfaatkan fitur beriklan TopAds Tokopedia sebagai sarana untuk meningkatkan lalu traffic ke toko online. Dengan demikian, dapat membantu meningkatkan eksposur dan potensi penjualan,” imbuhnya.

    Melalui program Bonus Hari Raya 2024 ini, Tokopedia melihat bagaimana para pelaku usaha memulai dan mengembangkan bisnisnya. Program ini dihadirkan sebagai bentuk apresiasi Tokopedia terhadap kepercayaan serta pencapaian bisnis para pelaku usaha.

    “Tokopedia melihat dengan dekat bagaimana para pelaku usaha memulai dan mengembangkan bisnis mereka melalui platform kami. Untuk mengapresiasi kepercayaan mereka terhadap Tokopedia, serta pencapaian bisnis para penjual, kami menghadirkan program Tokopedia Bonus Hari Raya,” ujar Associate Vice President of Category Development Tokopedia Ramadhan Niendraputra.

    Di samping itu, Ramadhan mengucapkan selamat kepada para pemenang program Bonus Hari Raya 2024. Ia berharap pihaknya dapat terus membantu tumbuh kembang pelaku usaha, termasuk UMKM yang terdapat di Indonesia.

    “Tokopedia mengucapkan selamat untuk para pemenang dalam program ini. Melalui program Tokopedia Bonus Hari Raya maupun berbagai inisiatif lain yang dihadirkan untuk penjual, kami berharap bisa terus membantu tumbuh kembang pelaku usaha di Indonesia termasuk UMKM lokal bersama Tokopedia, sekaligus bersama-sama mewujudkan pemerataan ekonomi di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi,” pungkasnya.

    (anl/ega)

  • Ini yang Paling Dicari Saat Belanja Online Ramadan-Lebaran yang Lalu

    Ini yang Paling Dicari Saat Belanja Online Ramadan-Lebaran yang Lalu

    Jakarta

    Ramadan dan Lebaran yang baru berlalu menjadi momen belanja online besar-besaran. Ini dia yang paling laris dicari orang.

    Tokopedia memaparkan data mengenai kategori produk yang paling laris pada masa Ramadan yaitu bahan makanan. Kebutuhan akan makanan meningkat pada bulan Ramadan khususnya menjelang Lebaran.

    “Produk groceries (kebutuhan sehari-hari termasuk makanan dan minuman, kecantikan dan perawatan diri dll), rumah tangga dan fashion adalah beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024,” jelas Nuraini Razak, E-Commerce Communications Director di Tokopedia di Jakarta, Kamis (25/4/2024).

    Selanjutnya, Tokopedia juga menyampaikan kategori produk apa saja yang laris di beberapa wilayah. Untuk Pulau Jawa dan Sumatera, groceries (kebutuhan pokok) menjadi kategori yang paling laris, diikuti produk rumah tangga dan fashion.

    Sedangkan untuk Pulau Kalimantan, elektronik menjadi yang paling banyak dibeli saat Ramadan-Lebaran 2024. Lalu, ada kebutuhan pokok dan produk rumah tangga yang juga laris di Kalimantan.

    Di Pulau Sulawesi kebutuhan pokok juga menjadi jualan paling laris dengan urutan kedua yaitu elektronik dan fashion. Sedangkan di Papua, kategori elektronik, groceries, olahraga dan hobi adalah beberapa kategori yang terlaris di Tokopedia selama Ramadan-Lebaran 2024.

    Untuk Shop | Tokopedia dalam aplikasi TikTok, produk fashion muslim perempuan, skincare, dan makanan ringan menjadi kategori yang paling laris.

    Tokopedia pun telah mengeluarkan beberapa program untuk memudahkan pembeli pada masa Ramadan-Lebaran 2024. Adapun program tersebut seperti Festival Ramadhan Ekstra Seru.

    “Sepanjang 23 Februari-5 April 2024, Tokopedia dan TikTok melalui Shop | Tokopedia telah menghadirkan kampanye ‘Ramadan Ekstra Seru’ agar para penjual, terutama brand lokal, bisa mempromosikan dan menjual produknya di halaman khusus di Tokopedia, dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok,” jelas Nuraini.

    Program tersebut juga telah mendorong kenaikan pendapatan para penjual hingga hampir 2 kali lipat selama masa berjalannya program Ramadan Ekstra Seru pada tanggal 23 Februari sampai 5 April 2024. Sedangkan untuk produk fashion meningkat hampir 2,5 kali lipat.

    Para pelaku usaha di Tiktok Shop yang mengikuti program tersebut juga mengalami peningkatan pendapatan sebanyak 3 kali lipat dibandingkan dengan rata-rata pendapatan mingguan pada bulan Februari 2024.

    Tokopedia juga melalui program Beli Lokal turut mendorong usaha lokal dalam mengembangkan usahanya. Hal itu terbukti dengan adanya lonjakan pendapatan yang diperoleh pelaku usaha lokal.

    “Kampanye Beli Lokal membawa dampak positif bagi penjualan sejumlah pelaku usaha lokal di Tokopedia bahkan selama Ramadan 2024. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan transaksi sejumlah brand lokal dari berbagai kategori di Tokopedia yang mengikuti kampanye Beli Lokal, dengan rata-rata kenaikan 9 kali lipat khususnya sepanjang bulan Ramadan tahun 2024 jika dibandingkan bulan Ramadan tahun 2023 lalu,” terang Nuraini.

    Saat ini, Tokopedia juga mempunyai total lebih dari 12 juta penjual yang bertransaksi dalam aplikasi tersebut. Beberapa pelaku usaha lokal yang sukses juga turut membagikan ceritanya dalam acara media gathering yang diselenggarakan oleh Tokopedia.

    Beberapa produk seperti Jenna and Kaia, bergerak di kategori fashion yang mengawali bisnisnya dari seorang reseller baju hingga mempunyai brand sendiri. Hijrahfood Meatshop yang awalnya fokus pada penjualan B2B mencoba untuk menjual kepada rumah tangga karena permintaan yang mulai banyak.

    Terakhir, ada Tulus Skin yang bergerak di kategori perawatan kulit yang juga cukup sukses sebagai brand lokal. Melalui program-program yang ada di Tokopedia, mereka merasa cukup terbantu.

    “Sejak awal bergabung Tokopedia dari tahun 2021 sampai saat ini, omzet Tulus Skin mengalami kenaikan hingga 5 kali lipat. Sistem rekomendasi TikTok yang berbasis konten membuka peluang bagi kami untuk memperluas jangkauan ke lebih banyak masyarakat” jelas Jessica Anggrainy, pemilik usaha Tulus Skin.

    *Artikel ini ditulis oleh Mohammad Frizki Pratama, peserta Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di detikcom.

    (fay/fay)

  • 5 Tips Kelola THR Bijak ala Tokopedia

    5 Tips Kelola THR Bijak ala Tokopedia

    Jakarta

    Tunjangan Hari Raya (THR) kalian sudah cair? Senang pastinya, karena THR adalah hal yang sangat dinantikan para pekerja. Tapi jangan lupa untuk mengelolanya dengan bijak.

    Mengelola THR secara lebih bijak dan sesuai kemampuan sangat penting agar masyarakat bisa memenuhi berbagai kebutuhan jelang Lebaran.

    Mengutip laporan Trade Desk 2024, 67% masyarakat Indonesia berencana mengalokasikan 1/4 dana THR mereka untuk pembelanjaan di Ramadan 2024. Angka ini meningkat 26% dari angka di Ramadan 2023 lalu.

    Foto: Tokopedia5 Tips Mengelola Uang THR

    Kebutuhan saat Idulfitri biasanya mendorong masyarakat untuk mengeluarkan dana lebih dari hari biasanya dengan mengandalkan THR Lebaran. Agar THR tidak habis begitu saja, Tokopedia dan TikTok membagi lima cara mengelola dana THR dengan lebih bijak.

    1. Sisihkan dana untuk zakat fitrah

    Selain membeli bahan baku hidangan khas untuk Idulfitri, yang pertama harus disiapkan adalah dana untuk membayar zakat fitrah. Tokopedia punya fitur Zakat Fitrah sehingga zakat tersebut bisa dilakukan secara online.

    External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz menyebutkan, Tokopedia bekerja sama dengan sejumlah lembaga kemanusiaan, termasuk BAZNAS, LAZIS NU, Dompet Dhuafa, Rumah Yatim, Rumah Zakat, dan masih banyak lainnya dalam menghadirkan berbagai pilihan fitur untuk mempermudah masyarakat dalam berbagi kebaikan, tak terkecuali selama Ramadan 2024, mulai dari Zakat Fitrah, Donasi, Wakaf, Fidyah, Zakat Maal dan lain-lainnya.

    “Pada fitur Zakat Fitrah di Tokopedia, pengguna dapat menerima sertifikat sebagai bukti resmi serta laporan terkait penyaluran dan distribusi zakat tersebut. Hasil donasi pengguna disalurkan oleh mitra lembaga kemanusiaan terhubung, termasuk BAZNAS dan mitra strategis lainnya, untuk memenuhi kebutuhan Ramadan bagi masyarakat yang membutuhkan,” jelas Rizky.

    Pimpinan BAZNAS RI Bidang Pengumpulan Rizaludin Kurniawan M.Si. CFRM., menyatakan momen penerimaan uang THR biasanya disalurkan para pekerja untuk membeli kebutuhan lebaran dan mempersiapkan biaya pulang kampung.

    “Kami mengimbau agar masyarakat terutama yang beragama Islam mengutamakan pembayaran zakat fitrah sebelum mengalokasikan ke hal lainnya. Di zaman serba digital, masyarakat dapat dengan mudah menunaikan kewajiban zakat secara online yang sesuai dengan prinsip syariat Islam. Kemudahan ini dapat dilakukan di Tokopedia,” kata Rizaludin.

    Ia menyampaikan, zakat yang ditunaikan ke BAZNAS melalui Tokopedia akan disalurkan secara tepat sasaran kepada penerima manfaat oleh organisasi pengelola zakat yang tersertifikasi di Kementerian Agama Republik Indonesia.

    2. Bagi-bagi THR lewat gift card

    Setelah membayar zakat fitrah, sisihkan dana THR untuk berbagi kebahagiaan dengan keluarga. Selain memberikan ‘salam tempel’ atau uang tunai, Gift Card Tokopedia bisa jadi pilihan.
    Melalui Gift Card Tokopedia, pengguna Tokopedia dapat memberikan voucher dengan pilihan template menarik sebagai hadiah Lebaran yang lebih praktis dan aman, serta memberikan kesan lebih personal.

    “Gift Card Tokopedia dapat menjadi solusi untuk berbagi kepada orang tua atau saudara bagi perantau yang tidak mudik. Bahkan, data internal kami menunjukkan rata-rata nilai Gift Card Tokopedia per transaksi yang dilakukan pengguna Tokopedia di pada Ramadan 2023 naik hampir 1,5 kali lipat dibandingkan bulan Ramadan tahun 2022,” kata Rizky.

    3. Beli baju Lebaran dari brand lokal

    Mengenakan pakaian terbaik saat Lebaran merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia. Agar pengeluaran THR tidak berlebihan, masyarakat diimbau untuk memanfaatkan cashback atau diskon saat berbelanja baju Lebaran.

    Misalnya, memanfaatkan kampanye online Tokopedia Fashion Ramadan untuk mendapatkan berbagai pilihan baju Lebaran buatan brand lokal untuk sekeluarga.

    “Kampanye online Tokopedia Fashion Ramadan masih berlangsung hingga 14 April 2024 dengan berbagai penawaran, mulai dari kolaborasi eksklusif produk brand lokal fesyen dan rilisan spesial. Supaya hemat, gunakan kode promo NGABUBUDEALS agar berkesempatan mendapatkan diskon serba 90%, cashback 20%, kupon kilat 6 kali sehari hingga Rp1 juta, midnight sale serba Rp35 ribu dan masih banyak lagi,” jelas Rizky.

    Rizky menambahkan, Tokopedia mencatat berbagai produk fesyen muslim yang laris manis saat Ramadan 2023 lalu. Misalnya, penjualan produk gamis meningkat hampir 3,5 kali lipat dibandingkan periode Ramadan 2022. Produk rok muslim anak juga mengalami kenaikan transaksi hampir 2 kali lipat. Di sisi lain, penjualan produk cardigan muslim naik lebih dari 1,5 kali lipat.

    Foto: Tokopedia

    4. Kirim hampers Lebaran

    Kita tetap dapat menunjukkan rasa sayang kepada kerabat di luar kota dengan mengirimkan hampers spesial Lebaran. Manfaatkan fitur ‘Bagikan Alamat’ untuk mengirim hampers dengan lebih mudah di aplikasi Tokopedia sehingga pengguna tidak perlu memasukkan alamat yang dituju secara manual.

    Pengguna dapat meminta keluarga atau teman untuk mengirimkan alamat, atau pengguna dapat langsung membagikan alamat ke pengguna Tokopedia lainnya.

    “Tokopedia juga menyediakan fitur ‘Kirim Sebagai Hadiah’ yang memungkinkan pembeli untuk meminta penjual membungkus hadiah sebagai hampers dan menuliskan kartu ucapan. Pembeli dapat menemukan penjual yang menawarkan fitur ini dengan memilih filter ‘Kirim Sebagai Hadiah’ di halaman pencarian,” papar Rizky.

    Tokopedia dan ‘Shop|Tokopedia’ di aplikasi TikTok juga memiliki kampanye online Ramadan Ekstra Seru untuk membantu masyarakat berbelanja kebutuhan selama Ramadan dan jelang Lebaran dengan lebih hemat dan seru.

    “Kampanye Ramadan Ekstra Seru memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha lokal khususnya UMKM yang berjualan hampers untuk meningkatkan penjualan jelang Lebaran baik di Tokopedia maupun ‘Shop|Tokopedia’ di aplikasi TikTok,” ujar Rizky.

    Sepanjang tahun 2023 ada peningkatan transaksi hampers lewat Tokopedia sebesar lebih dari 9 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun 2022. Angka ini memperlihatkan makin tingginya antusiasme masyarakat untuk saling berbagi atau berkirim hadiah dalam bentuk hampers, termasuk saat Ramadan, yang dengan sangat mudah dan terjangkau bisa didapatkan melalui Tokopedia.

    5. Fokus persiapan mudik

    Bagi yang merencanakan pulang kampung saat Lebaran, manfaatkan promo-promo menarik untuk mendapatkan tiket pulang mudik dengan harga lebih hemat sehingga dana THR tetap aman. Pantau promo-promo eksklusif yang ditawarkan di kampanye Tokopedia Fantastrip, mulai dari diskon hingga 55%, cashback, flash sale dan masih banyak lagi.

    “Yogyakarta, Surabaya, Medan, Makassar, dan Bali adalah beberapa destinasi mudik yang paling diminati oleh masyarakat untuk pembelian tiket pesawat lewat Tokopedia selama Ramadan 2023 lalu. Sedangkan beberapa destinasi mudik yang paling laris dengan kereta api lewat Tokopedia di periode yang sama adalah Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya,” tutup Rizky.

    (rns/rns)

  • Potensinya Besar, Ini Cara Tokopedia Berdayakan Pelaku Usaha Perempuan

    Potensinya Besar, Ini Cara Tokopedia Berdayakan Pelaku Usaha Perempuan

    Jakarta

    Tokopedia kini menjadi rumah bagi banyak pelaku usaha perempuan di Indonesia. Platform e-commerce ini turut membagikan tips dan program yang bisa diikuti pelaku usaha perempuan untuk memajukan bisnisnya.

    Menurut External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz potensi pewirausaha perempuan atau womenpreneur di Indonesia masih sangat pesat. Bahkan Tokopedia mencatat jumlah pelaku usaha perempuan di platform-nya meningkat 2,5 kali lipat sepanjang tahun 2023 jika dibandingkan dengan tahun 2020.

    “Itu ada di beberapa daerah itu ada di Palembang, Tangerang, Surabaya, Makassar, dan Denpasar,” kata perempuan yang akrab disapa Kiki ini dalam konferensi pers virtual menyambut Hari Perempuan Sedunia, Rabu (6/3/2024).

    “Kalau dilihat kan cukup tersebar ya di seluruh Indonesia. Jadi kita senang lihatnya berarti jangkauannya penjual yang bersama dengan Tokopedia memang hampir merata di seluruh Indonesia,” sambungnya.

    Ada beberapa kategori yang memiliki kenaikan tertinggi jumlah pelaku usaha perempuan sepanjang tahun 2023 yaitu perawatan hewan, buku, perlengkapan pesta, pertukangan, dan perlengkapan alat tulis kantor dan sekolah.

    Konferensi pers Tokopedia sambut Hari Perempuan Sedunia Foto: Tokopedia

    Kiki menambahkan Tokopedia saat ini memiliki sejumlah program dan inisiatif untuk mendukung pelaku usaha perempuan, termasuk Kelas Perempuan Maju Digital. Kelas ini merupakan hasil kolaborasi Tokopedia dengan pemerintah yang sudah membantu lebih dari 800 pelaku usaha perempuan di beberapa daerah.

    Tokopedia juga menyediakan Modul Perempuan Maju Digital yang bisa diakses secara gratis di Pusat Edukasi Seller. Tidak ketinggalan, Tokopedia dan TikTok juga menyiapkan materi edukasi bagi pelaku UMKM agar siap berbisnis di Bulan Ramadan.

    Kiki turut membagikan beberapa tips bagi perempuan yang tertarik menjadi wirausaha dan berjualan di Tokopedia. Beberapa di antaranya adalah tentukan jenis produk yang ingin dijual, pahami tren, pahami profil calon pembeli, dan buat konten video unik untuk membangun brand awareness.

    “Lewat berbagai inovasi dan kolaborasi tersebut Tokopedia berharap bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap ekosistem UMKM lokal termasuk di antaranya pelaku UMKM perempuan untuk mempercepat kemajuan pelaku usaha perempuan di Indonesia,” ujar Kiki.

    “Kemudian juga menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan bisnis yang juga ramah untuk para perempuan dan pada akhirnya bisa menambah nilai industri nasional di berbagai kategori dan bisa bagus juga di tingkat global,” pungkasnya.

    (vmp/vmp)

  • Profil Vonny Ernita Susamto, Bos Baru Tokopedia

    Profil Vonny Ernita Susamto, Bos Baru Tokopedia

    Jakarta, CNN Indonesia

    Vonny Ernita Susamto resmi diangkat sebagai direktur utama PT Tokopedia. Ia menggantikan Melissa Siska Juminto, yang kini menjabat sebagai direktur.

    Keputusan itu disampaikan lewat keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (31/1), tak lama setelah TikTok mengakuisisi Tokopedia.

    Lantas siapa Vonny Ernita Susamto?

    Mengutip informasi dari LinkedIn-nya, Vonny bekerja di ByteDance, induk TikTok, sebagai category manager mulai Juli 2021 hingga sebelum diangkat sebagai direktur utama Tokopedia.

    Ia juga sempat bekerja di sejumlah perusahaan, di antaranya Jet Commerce sebagai category manager pada Maret 2019-Maret 2021, Brand Manager Shiseido Cosmetics Indonesia sebagai brand manager pada September 2018-September 2019.

    Vonny juga menjadi co-founder Philosoph pada Januari 2013-2017. Sebelumnya, ia merupakan retail operations manager Club 21 Jakarta dari Januari 2006 hingga Desember 2012.

    Dari sisi latar belakang pendidikan, Vonny merupakan lulusan Bisnis Administrasi dan Manajemen Universitas Pelita Harapan.

    Berikut susunan direksi dan komisaris Tokopedia terbaru.

    Direktur Utama: Vonny Ernita Susamto
    Direktur: Mengzhi Xu
    Direktur: Melissa Siska Juminto

    Komisaris Utama: Wilfred Halim
    Komisaris: Chi-Jen Sung
    Komisaris: Ran Gao
    Komisaris: Sugito Walujo
    Komisaris: Garibaldi Thohir

    TikTok resmi mengakuisisi 75 persen saham Tokopedia yang dimiliki GoTo, seharga US$1,5 miliar atau Rp23,42 triliun (kurs Rp15.617 per dolar AS). Akuisisi terjadi pada Desember 2023 lalu.

    Manajemen GoTo mengatakan bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia kini dikombinasikan di bawah bendera PT Tokopedia.

    Akan tetapi, kembalinya TikTok Shop ke Tanah Air dengan menggandeng Tokopedia ternyata tak mengubah skema mereka berjualan. Perusahaan asal China itu tetap mengusung konsep transaksi di media sosial alias social commerce yang dilarang di Indonesia.

    (fby/pta)