Perusahaan: Tokopedia

  • Tokopedia Beberkan Penyebab iPhone 16 Lenyap di Platformnya

    Tokopedia Beberkan Penyebab iPhone 16 Lenyap di Platformnya

    Jakarta

    Tokopedia akhirnya membeberkan alasan kenapa iPhone 16 lenyap dari platformnya. Rupanya tidak terlepas dari ‘titah’ Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

    “Merujuk pada pengumuman terbaru oleh Kementerian Perindustrian pada 25 Oktober 2024, saat ini iPhone 16 (semua varian) dilarang dijual di Indonesia. Oleh karena itu, iPhone 16 (semua varian) tidak dapat dijual di Shop Tokopedia,” ujar pihak Shop Tokopedia dalam keterangan resminya.

    Terhitung 30 Oktober 2024 , Shop Tokopedia mengaku telah menghapus semua daftar produk yang tidak sesuai dengan peraturan yang diamanatkan oleh pemerintah. Jika seller masih nekad menjual akan ada sanksi.

    “Penjual wajib untuk menghapus semua daftar produk iPhone 16 dari toko segera. Semua daftar produk iPhone 16, baik yang masih ada maupun yang baru akan melanggar kebijakan Produk Terlarang kami dan akan menerima tindakan penegakan terhadap toko Anda,” tegas pihak Shop Tokopedia.

    iPhone 16 lenyap dari Tokopedia Foto: Screenshot TokopediaLarang Diperjualbelikan

    Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif menegaskan bahwa iPhone 16 yang merupakan bawaan penumpang, awak, atau melalui pos secara aturan boleh masuk ke Indonesia. Namun tidak diperkenankan untuk dijualbelikan.

    “Menambahkan pernyataan sebelumnya dari Bapak Menteri Perindustrian, seri iPhone 16 yang masuk ke Indonesia dengan dibawa penumpang dan membayar pajak merupakan barang bawaan yang tidak boleh diperjualbelikan dan terbatas pada pemakaian pribadi penumpang,” ujar Febri dalam keterangan resminya.

    Febri menjelaskan, pada dasarnya iPhone 16 masuk dalam kategori barang postel (pos dan telekomunikasi) yang boleh masuk Indonesia melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berdasarkan pasal 35 pada Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2021 tentang Pos, Telekomunikasi, dan Penyiaran. Kendati demikian, jumlah yang dibawa tidak boleh lebih dari dua unit per penumpang.

    Aturan tersebut juga menyebutkan bahwa barang bawaan dan atau barang yang dikirim melalui penyelenggara pos yang digunakan untuk keperluan sendiri, tidak diperdagangkan dan/atau tidak untuk tujuan komersial dikecualikan dari kewajiban standar teknis, yang di dalamnya termasuk kewajiban TKDN sebesar 35%. Pendaftaran IMEI barang bawaan dan atau barang yang dikirim melalui penyelenggara pos dilakukan melalui Ditjen Bea dan Cukai.

    Sementara itu, alat telekomunikasi dan/atau perangkat telekomunikasi yang berasal dari produsen dan importir terdaftar wajib memiliki sertifikat Standar Teknis dan wewenang pendaftaran IMEI-nya ada pada Kemenperin.

    “Sesuai dengan pernyataan sebelumnya dari Bapak Menteri, perangkat iPhone 16 yang diimpor oleh importir terdaftar belum dapat dipasarkan di dalam negeri, karena PT Apple Indonesia belum memenuhi komitmen investasinya untuk memperoleh sertifikasi TKDN skema inovasi,” jelas Febri

    (afr/afr)

  • Bagaimana Prospek Belanja Online ke Depan?

    Bagaimana Prospek Belanja Online ke Depan?

    Jakarta

    Berbagai inovasi teknologi dan program yang dihadirkan oleh perusahaan e-commerce terus membantu memberikan pengalaman belanja yang lebih mudah dan tanpa batas.

    Sepanjang tahun 2024 ini saja, para pemain e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan TikTok Shop terus menghadirkan rangkaian kampanye dan penawaran menarik yang menjadi strategi mereka dalam mengakuisisi pengguna baru. Akan tetapi, memenuhi kepuasan dan menciptakan retensi konsumen yang loyal dibutuhkan pendekatan yang lebih holistik.

    Ipsos membeberkan aspek esensial bagi responden dalam menentukan tingkat kepuasan belanja online mereka, serta e-commerce mana yang memiliki strategi tepat dan konsisten. Hasil yang disampaikan nantinya diharapkan akan membantu masyarakat dalam menyambut festival belanja online akhir tahun bersama e-commerce dengan pengalaman belanja holistik terbaik.

    Lantas, platform e-commerce seperti apakah yang menjadi pilihan masyarakat? Aspek aspek apa sajakah yang juga mempengaruhi dan dinilai penting oleh responden dalam menentukan tingkat kepuasan berbelanja online mereka?

    Berdasarkan hasil riset terakhir dari Ipsos Indonesia, Shopee dianggap oleh pengguna sebagai platform e-commerce yang paling memuaskan dalam memberikan pengalaman belanja online yang holistik. Riset Ipsos yang bertajuk “Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce” dan diadakan pada bulan Juni 2024 lalu, menunjukkan bahwa Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman berbelanja online.

    Keunggulan Shopee ini juga didukung oleh data, dimana Shopee (62%) menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%). Adapun indikatornya lainnya adalah:

    Platform e-commerce yang memberikan keamanan dan kenyamanan dalam belanja online Ketika membeli barang tanpa bisa melihat nya secara langsung, keamanan dan kenyamanan menjadi salah satu aspek yang dinilai penting oleh responden dalam belanja online.

    Memiliki ragam layanan pengiriman yang bisa dipilih konsumen menjadi tolak ukur dalam memberikan rasa aman dan nyaman ketika berbelanja. Pada indikator Ragam pilihan layanan pengiriman, Shopee (66%) unggul dan dinilai menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap, disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (10%), dan TikTok Shop (7%).

    Keamanan dan kenyamanan yang mampu ditawarkan platform e-commerce juga dinilai dari Ragam metode pembayaran. Lebih dari setengah responden menilai Shopee (64%) unggul sebagai platform e-commerce dengan pilihan metode pembayaran yang paling beragam, diikuti Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%).

    Executive Director Ipsos Indonesia Andi Sukma mengatakan metode pembayaran Cash on Delivery (COD) semakin marak digunakan dan paling menarik perhatian para responden. Sejalan dengan fakta ini, Shopee (66%) juga menjadi platform e-commerce dengan metode pembayaran COD yang dinilai paling memuaskan, diikuti oleh Tokopedia & Lazada sebesar 12%, dan yang terakhir adalah TikTok Shop 10%. Riset IPSOS yang dilakukan pada awal Juni 2024 lalu juga menemukan beberapa aspek lain yang menjadikan Shopee terdepan dalam keamanan dan kenyamanan belanja online.

    Pengalaman belanja yang memuaskan dirasa belum lengkap tanpa pengiriman yang cepat dan aman, serta proses pengembalian yang mudah. Para responden menilai Shopee (60%) menjadi aplikasi belanja online atau e-commerce yang paling unggul dalam hal kecepatan pengiriman disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (13%) dan TikTok Shop (9%).

    Temuan ini turut didukung oleh Program “Garansi Tepat Waktu” yang menjadi salah satu bentuk wujud komitmen Shopee dalam memberikan kepastian waktu pengiriman bagi penggunanya. Efektivitas program ini pun juga dibuktikan oleh PRESS RELEASE hasil riset IPSOS yang menunjukkan program Garansi Tepat Waktu dari Shopee paling dikenal secara luas oleh 71% responden, jauh melampaui program serupa dari platform e-commerce lain seperti Tokopedia (43%), Lazada (37%), dan TikTok Shop (27%).

    Platform e-commerce yang memiliki fitur belanja online interaktif terbaik seiring dengan berkembangnya teknologi yang mengubah preferensi cara belanja masyarakat, belanja melalui live shopping dan video pendek semakin diminati dan menjadi nilai tambah bagi para pemain e-commerce. IPSOS menemukan 63% responden menganggap bahwa Shopee menjadi salah satu e-commerce yang menyediakan layanan live streaming terbaik, disusul oleh TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%).

    Selain itu, dalam indikator e-commerce dengan fitur video pendek paling menarik, Shopee juga jauh unggul dengan 61%, diikuti TikTok Shop (18%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%).

    “Platform e-commerce yang menyediakan ragam toko resmi masyarakat akan semakin puas ketika belanja melalui e-commerce yang memiliki kelengkapan produk dan kategori yang mampu menjawab berbagai kebutuhan yang diinginkan,” kata dia Andi dalam laporan Ipsos ditulis Kamis (31/10/2024).

    Dalam indikator ini, Shopee juga paling unggul dengan persentase sebesar 68% dalam menyediakan toko resmi yang beragam, dibandingkan pesaingnya yaitu Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).

    Dia mengatakan terlihat bahwa para pemain e-commerce bersaing melalui teknologi dan inovasi program untuk menarik hati masyarakat. Namun, yang akan dicari oleh masyarakat hanya yang bisa menciptakan perasaan puas pada pengalaman berbelanja online.

    “Kepuasaan melalui berbagai aspek penting yang mampu dipenuhi oleh Shopee, membuat Shopee unggul sebagai pilihan utama konsumen Indonesia untuk menciptakan pengalaman belanja online yang holistik dan terpercaya. Strategi ekosistem yang dihadirkan Shopee untuk memuaskan masyarakat menunjukkan kesiapan mereka dalam menghadapi volume tinggi selama periode festival belanja di akhir tahun ini,” ujar dia.

    Meningkatnya minat belanja online membuka peluang besar bagi platform e-commerce untuk terus berkembang dalam meningkatkan kepuasan konsumen. E-commerce juga dinilai masih menjadi tempat berinvestasi yang tepat bagi Penjual untuk memperluas pasarnya dan terus bertumbuh.

    (kil/kil)

  • iPhone 16 Tiba-Tiba Hilang dari Tokopedia? Ini Penjelasannya – Page 3

    iPhone 16 Tiba-Tiba Hilang dari Tokopedia? Ini Penjelasannya – Page 3

    Berdasarkan penelusuran Tekno Liputan6.com melalui pencarian produk di Shopee dan Tokopedia, saat ini tidak ditemukan penjualan produk iPhone 16.

    Ketika mencari kata kunci “iPhone 16” di Tokopedia, Kamis (31/10/2024), yang muncul hanyalah pesan “Oops, barang ini tidak bisa dibeli.”

    Begitu juga di Shopee, Pencarian untuk “iPhone 16” atau serinya malah menampilkan produk iPhone lama seperti iPhone 15 atau yang lebih lawas lagi.

    Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebelumnya menyatakan bahwa iPhone 16 belum diizinkan dijual di pasar Indonesia.

    Hal ini karena PT Apple Indonesia belum memenuhi komitmen investasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sesuai aturan inovasi yang ditetapkan.

    Kendati demikian, iPhone 16 tetap bisa masuk Indonesia sebagai barang pribadi dari luar negeri, dengan syarat pengguna mendaftarkan IMEI perangkat tersebut melalui Bea Cukai.

    Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, menegaskan status iPhone 16 series di Indonesia saat ini memang masih ilegal. Sebab, Kemenperin belum menerbitkan izin International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk ponsel terbaru milik Apple tersebut.

    “Kalau ada iPhone 16 bisa beroperasi di Indonesia, artinya boleh saya sampaikan ilegal. Laporkan kepada kami, karena Kemenperin belum mengeluarkan izin IMEI,” ujar Agus di kantornya, Jakarta, pada Selasa, 22 Oktober 2024.

     

  • iPhone 16 Lenyap dari Marketplace, HP “Ilegal” Lain Masih Ada

    iPhone 16 Lenyap dari Marketplace, HP “Ilegal” Lain Masih Ada

    Jakarta

    Toko-toko online yang menjual iPhone 16 series di berbagai marketplace mendadak hilang. Hal ini terjadi beberapa hari setelah Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa iPhone 16 yang beredar di Indonesia adalah ilegal.

    Dari pantauan detikINET di Tokopedia, kata kunci pencarian seperti “iPhone 16”, “iPhone 16 Pro”, dan “iPhone 16 Pro Max” tak menampilkan hasil pencarian.

    “Oops, barang ini nggak bisa dibeli. Coba periksa lagi kata kuncinya, atau cek rekomendasi lainnya,” tulis Tokopedia dalam keterangan di situsnya.

    Pencarian langsung ke toko-toko terkenal yang bisa menjajakan seri iPhone pun tak membuahkan hasil karena tak ada lagi iPhone 16 varian manapun di etalase penjualannya.

    Kejadian serupa juga terjadi di Shopee, pencarian dengan keyword yang sama pun tidak membuahkan hasil.

    Seperti diberitakan sebelumnya, Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut bahwa semua iPhone 16 yang beredar di Indonesia adalah ilegal. Ini karena Kemeperin belum mengeluarkan izin edar untuk iPhone 16 series dikarenakan Apple belum memenuhi persyaratan sertifikasi TKDN.

    “Kami Kemenperin belum bisa membuka izin edar untuk iPhone 16 karena sebelumnya seperti yang telah saya sampaikan, karena memang masih ada komitmen yang belum disampaikan, direalisasikan oleh Apple,” tegas Agus.

    Pernyataan ini kemudian diluruskan oleh Juru Bicara Kementerian Perindustrian Febri Hendri Antoni Arif. Ia menyebutkan iPhone 16 diperbolehkan masuk Indonesia melalui bandara dan pelabuhan, namun musti membayar pajak Bea Cukai.

    Hal tersebut tertuang dalam Pasal 35 PP 46 Tahun 2021. Pun begitu agar berstatus legal, masyarakat musti memenuhi syarat yang tercantum dalam aturan itu.

    “Satu orang penumpang hanya diperbolehkan membawa 2 unit. Dan barang bawaan tersebut tidak boleh diperjualbelikan di Indonesia dan hanya untuk pemakaian sendiri,” ungkap Febri.

    Jadi iPhone 16 yang dibeli dari luar negeri dan membayar pajak IMEI statusnya legal. Namun bisa berubah menjadi ilegal bilamana dijualbelikan kembali sebelum sertifikat TKDN Kemenperin dan Postel Kominfo terbit.

    HP “Ilegal” lain masih diperjualbelikan

    Menariknya perlakuan ini tampaknya hanya dikhususkan untuk jajaran produk buatan Apple. Pasalnya di marketplace terlihat sejumlah ponsel lain yang seharusnya pun berstatus ilegal jika diperjualbelikan.

    Misalnya saja jajaran ponsel Google Pixel, yang dari pantauan detikINET juga tidak mempunyai sertifikat TKDN Kemenperin dan Postel Kominfo. Namun produk seperti Pixel 9 dari berbagai varian masih banyak diperjualbelikan di berbagai marketplace.

    (asj/asj)

  • Harga dan Spesifikasi Lengkap di Indonesia

    Harga dan Spesifikasi Lengkap di Indonesia

    Jakarta

    Poco C75 resmi diluncurkan di Indonesia untuk meramaikan pasar entry level. Ponsel ini memiliki desain dan spesifikasi yang familiar karena merupakan versi rebrand dari Redmi 14C yang dirilis akhir September lalu.

    Poco C75 mengusung layar LCD berukuran 6,88 inch. Resolusi layarnya 1640 x 720 (HD+) dengan refresh rate 120Hz dan tingkat kecerahan hingga 600 nits.

    Layar Poco C75 juga mendukung touch sampling rate 240Hz dengan sertifikasi dari TÜV Rheinland. Bagian tengah layar dihiasi notch tetesan air yang menjadikan rasio screen-to-body sebesar 89,7%.

    Poco C75 juga hadir dalam desain dual-tone dengan warna yang sama tapi dengan finish yang berbeda. Salah satu varian warnanya bahkan dihiasi tampilan ala marmer.

    “Walau ini adalah cool series dari Poco kalau dipegang ini kelihatan ganteng banget,” kata Product Marketing Manager Poco Indonesia Jeksen dalam peluncuran Poco C75 di Jakarta, Kamis (31/10/2024).

    Di bagian belakang terdapat dua kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan lensa tambahan yang tidak disebutkan secara spesifik. Di bagian depan tersedia kamera 13 MP untuk mengambil selfie dan melakukan video call.

    Sama seperti kembarannya, Poco C75 juga ditenagai chipset MediaTek Helio G81-Ultra yang diklaim memiliki skor lebih dari 270.000 di AnTutu. Chipset ini dikombinasikan dengan RAM hingga 8GB dan memori internal hingga 255GB.

    Rangkuman spesifikasi Poco C75 Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

    Kapasitas RAM Poco C75 bisa diperluas hingga 8GB dengan total RAM sebesar 16GB. Poco juga menyediakan slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan.

    Kinerja Poco C75 ditenagai baterai sebesar 5.610 mAh dengan waktu standby hingga 21 hari. Pengisian dayanya didukung fast charging 18W dengan teknologi Smart Charging.

    Tidak ketinggalan fitur lainnya seperti LTE, Wi-Fi, Bluetooth, USB-C, NFC, headphone jack 3,5mm, dan sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power.

    Harga dan ketersediaan

    Poco C75 menjalankan HyperOS berbasis Android 14. Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Green dan Black.

    Poco C75 akan tersedia mulai 1 November 2024 pukul 10.00 WIB. Ponsel ini dapat dipesan melalui channel resmi Poco di Shopee, Tokopedia, Blibli, Akulaku, Lazada, TikTok Shop, dan mi.com. Berikut harga Poco C75 di Indonesia.

    Poco C75 6/128GB: Rp 1.399.000 (harga promo)/ Rp 1.449.000 (harga normal)Poco C75 8/256GB: Rp 1.699.000 (harga promo)/Rp 1.749.000 (harga normal)

    (vmp/vmp)

  • Riset Ipsos Ungkap E-Commerce dengan Tingkat Kepuasan Paling Tinggi, Siapa Jawaranya? – Page 3

    Riset Ipsos Ungkap E-Commerce dengan Tingkat Kepuasan Paling Tinggi, Siapa Jawaranya? – Page 3

    Adapun dalam laporan ini, Ipsos Indonesia menggunakan beberapa indikator untuk menentukan e-commerce pilihan konsumen di Indonesia. Berikut di antaranya.

    Keamanan dan Kenyamanan

    Faktor kemananan dan kenyamanan menjadi salah satu aspek yang dinilai penting oleh responden dalam belanja online. Ragam layanan pengiriman yang bisa dipilih konsumen disebut bisa jadi tolak ukur dalam memberikan rasa aman dan nyaman.

    Untuk indikator ragam pilihan layanan pengiriman, Shopee unggul dengan persentase 66 persen.

    E-Commerce ini dianggap memiliki pilihan layanan pengiriman paling lengkap dibandingkan Tokopedia (16 persen), Lazada (10 persen), dan TikTok Shop (7 persen).

    Sementara untuk ragam metode pembayaran, ada 64 persen responden yang menilai Shopee unggul. Di bawahnya, ada Tokopedia (15 persen), Lazada (11 persen), dan TikTok Shop (8 persen).

    Ipsos juga mengamati metode pembayaran Cash on Delivery makin marak digunakan dan paling menarik perhatian responden.

    Temuan Ipsos menyebut kalau Shopee (66 persen) juga menjadi platform e-commerce dengan metode pembayaran COD yang dinilai paling memuaskan. Kemudian, diikuti Tokopedia dan Lazada (12 persen), serta TikTok Shop 10 persen.

     

  • ASUS Zenbook S 14 OLED (UX5406), Laptop Tipis Premium Pertama dengan Intel® Core™ Ultra (Series 2) – Page 3

    ASUS Zenbook S 14 OLED (UX5406), Laptop Tipis Premium Pertama dengan Intel® Core™ Ultra (Series 2) – Page 3

    Ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ Ultra (Series 2), ASUS Zenbook S 14 OLED (UX5406) mampu menangani tugas berbasis AI hingga 47 TOPs NPU. Desain SoC memungkinkan motherboard lebih kecil hingga 27%, mendukung efisiensi pendinginan dan stabilitas performa. Dengan RAM LPDDR5X hingga 32GB dan penyimpanan SSD PCIe 4.0, laptop ini ideal untuk produktivitas sehari-hari.

    Untuk audio visual terbaik, ASUS Zenbook S 14 OLED (UX5406) dilengkapi panel berkualitas tertinggi. Layar sentuh (touchscreen) berteknologi ASUS Lumina OLED 3K 120Hz pada Zenbook S 14 OLED (UX5406) menawarkan resolusi tinggi 2880×1800 pixel yang memastikan detail gambar tajam dan jernih.

    Hadir dengan color gamut 100% DCI-P3, layar ini mampu mereproduksi warna dengan akurat, didukung sertifikasi Pantone® Validated dan DisplayHDR™ True Black 500 untuk kontras dan kedalaman warna hitam yang optimal. Dari sisi audio, laptop tipis ini didukung empat speaker Harman Kardon dan Dolby Atmos®, memberikan pengalaman visual dan audio premium.

    Saat bekerja, sistem pendinginan inovatif dengan vapor chamber ultra-tipis dan dua kipas IceBlade memastikan performa optimal tanpa bising. Adapun kombinasi sistem keamanan terbaru dari Microsoft, yakni Microsoft Pluton, Windows Hello, Adaptive Lock, dan Adaptive Dimming akan sanggup menjaga privasi dan data pengguna.

    Laptop tipis 14 inci ini juga tampil dengan desain berkelanjutan. ASUS juga menghadirkan sleeve yang terbuat dari poliester daur ulang bersertifikasi GRS, menekankan komitmen ASUS terhadap inovasi ramah lingkungan. 

    Di Indonesia ASUS Zenbook S 14 OLED (UX5406) hadir dalam dua pilihan warna alami, Zumaia Gray dan Scandinavian White, yang semakin memperkuat kesan elegan dan ramah lingkungan. Semuanya menjadikan Zenbook S 14 OLED pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan laptop premium dengan desain minimalis namun fungsional.

    Tertarik, di Indonesia, laptop ini sudah bisa didapatkan di ASUS Official Store di Shopee dan Tokopedia di harga Rp27.999.000.

     

    (*)

  • Peringatan! Tokopedia Larang Seller Jual iPhone 16 Semua Varian

    Peringatan! Tokopedia Larang Seller Jual iPhone 16 Semua Varian

    Bisnis.com, JAKARTA – Tokopedia telah memberikan pengumuman kepada seller tentang larangan berjualan iPhone 16 di platform mereka.

    Hal tersebut diumumkan Tokopedia melalui email pada Kamis, 31 Oktober 2024.

    “Merujuk pada pengumuman terbaru oleh Kementerian Perindustrian  pada 25 Oktober 2024, saat ini iPhone 16 (semua varian) dilarang dijual di Indonesia. Oleh karena itu, iPhone 16 (semua varian) tidak dapat dijual di ShopTokopedia,” bunyi pengumuman mereka.

    Sementara untuk seller yang sudah mengupload penjualan iPhone 16 semua varian di toko mereka, maka pihak Tokopedia akan segera menghapusnya.

    Sebagaimana diketahui, iPhone 16 belum bisa dijual di Indonesia karena terkendala aturan dari pemerintahan.

    Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengatakan bahwa iPhone 16 “masih” ilegal untuk diperjualbelikan ke Indonesia.

    Status ilegal ini diberikan untuk iPhone 16 lantaran Apple belum memenuhi komitmen tingkat komponen dalam negeri (TKDN) berupa realisasi investasi.

    Akan tetapi beberapa waktu lalu, sejumlah penjual ecommerce ada yang menawarkan iPhone 16 di toko mereka.

    Tokopedia sendiri sudah mengambil langkah dengan melarang seller menjual iPhone 16 semua varian di ShopTokopedia.

  • Tokopedia Larang Seller Jual iPhone 16? Begini Isi Pengumuman Lengkapnya – Page 3

    Tokopedia Larang Seller Jual iPhone 16? Begini Isi Pengumuman Lengkapnya – Page 3

    Berdasarkan penelusuran Tekno Liputan6.com melalui pencarian produk di Shopee dan Tokopedia, saat ini tidak ditemukan penjualan produk iPhone 16.

    Ketika mencari kata kunci “iPhone 16” di Tokopedia, Kamis (31/10/2024), yang muncul hanyalah pesan “Oops, barang ini tidak bisa dibeli.”

    Begitu juga di Shopee, Pencarian untuk “iPhone 16” atau serinya malah menampilkan produk iPhone lama seperti iPhone 15 atau yang lebih lawas lagi.

    Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebelumnya menyatakan bahwa iPhone 16 belum diizinkan dijual di pasar Indonesia.

    Hal ini karena PT Apple Indonesia belum memenuhi komitmen investasi yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sesuai aturan inovasi yang ditetapkan.

    Kendati demikian, iPhone 16 tetap bisa masuk Indonesia sebagai barang pribadi dari luar negeri, dengan syarat pengguna mendaftarkan IMEI perangkat tersebut melalui Bea Cukai.

    Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, menegaskan status iPhone 16 series di Indonesia saat ini memang masih ilegal. Sebab, Kemenperin belum menerbitkan izin International Mobile Equipment Identity (IMEI) untuk ponsel terbaru milik Apple tersebut.

    “Kalau ada iPhone 16 bisa beroperasi di Indonesia, artinya boleh saya sampaikan ilegal. Laporkan kepada kami, karena Kemenperin belum mengeluarkan izin IMEI,” ujar Agus di kantornya, Jakarta, pada Selasa, 22 Oktober 2024.

    Mengenai hal tersebut, baik pihak Shopee maupun Tokopedia, belum memberikan tanggapan resmi.

  • Pulihkan Luka Pasca Operasi dengan Kapsul OLIMEX Minyak Ikan Gabus

    Pulihkan Luka Pasca Operasi dengan Kapsul OLIMEX Minyak Ikan Gabus

    Jakarta

    Proses penyembuhan setelah operasi, baik operasi caesar maupun operasi lainnya, sering kali menjadi tantangan bagi sebagian besar orang. Kini hadir solusi alami dan efektif: Kapsul OLIMEX Minyak Ikan Gabus, yang terbukti mampu mempercepat penyembuhan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh.

    Kapsul OLIMEX mengandung 500 mg minyak ikan gabus (Channa Striata) per kapsul. Produk ini telah mendapatkan sertifikasi HALAL dan terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi TR 153384701, sehingga aman dikonsumsi oleh semua kalangan, termasuk ibu hamil dan menyusui.

    Manfaat Luar Biasa dari Minyak Ikan Gabus

    (Foto: OLIMEX)

    Minyak ikan gabus dikenal kaya akan albumin, sebuah protein penting yang memiliki peran krusial dalam proses penyembuhan. Albumin membantu meningkatkan kadar protein dalam tubuh, yang esensial untuk perbaikan dan regenerasi sel.

    Khasiat Kapsul OLIMEX

    (Foto: OLIMEX)

    Mempercepat Penyembuhan Luka

    Sangat efektif untuk mempercepat penyembuhan luka jahitan pasca operasi caesar dan jenis luka lainnya.

    Mendorong Pertumbuhan Sel Kulit

    Mendorong pertumbuhan sel kulit baru, membantu memperbaiki kulit yang rusak.

    Memenuhi Kebutuhan Albumin

    Membantu memenuhi kebutuhan albumin tubuh yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

    Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

    Menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh, terutama setelah operasi.

    Memperlancar ASI

    Bermanfaat untuk ibu menyusui dengan memperlancar produksi ASI.

    Aturan Pakai yang Mudah

    Untuk hasil yang optimal, konsumsi Kapsul OLIMEX sebanyak 3 kali sehari dengan dosis 3 kapsul setiap kali minum. Dengan kemasan berisi 60 kapsul, produk ini menyediakan suplai yang cukup untuk kebutuhan harian Anda.

    Testimoni Pengguna

    Banyak pengguna telah merasakan manfaat nyata dari Kapsul OLIMEX. Salah satunya adalah Rini, seorang ibu muda dari Jakarta yang membagikan pengalamannya,

    “Setelah operasi caesar, luka saya cepat kering dan sembuh lebih cepat dari yang saya bayangkan. Saya sangat terbantu dengan Kapsul OLIMEX.

    Kesempatan Spesial

    Jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba Kapsul OLIMEX Minyak Ikan Gabus. Dapatkan produk ini dengan menghubungi layanan pelanggan kami di 0813-1915-7427. Kunjungi website resmi OLIMEX https://olimex.info/pemesanan atau https://mustikajayaherbal.com/product/olimex. Olimex juga tersedia di MarketPlace kesayangan Anda, di Tokopedia dan Shopee.

    Dengan Kapsul OLIMEX Minyak Ikan Gabus, percepat penyembuhan Anda dan kembalikan kesehatan optimal pasca operasi dengan cara yang alami dan aman.

    (Content Promotion/OLIMEX)