Perusahaan: Tokopedia

  • Tokopedia Catat Penjualan Produk Elektronik Naik 9 Kali Lipat pada 11.11

    Tokopedia Catat Penjualan Produk Elektronik Naik 9 Kali Lipat pada 11.11

    Bisnis.com, JAKARTA – Tokopedia dan ShopTokopedia mencatat produk rumah tangga dan elektronik menjadi yang terlaris dalam momen 11.11 tahun 2024.

    Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan mengatakan tidak hanya produk rumah tangga, produk groceries dan elektronik mengalami kenaikan pada momen 11.11 tahun ini.

    “Peningkatan transaksi tertinggi pada momen 11.11 tahun ini berasal dari kategori produk Groceries, Elektronik, dan Rumah Tangga, dengan rata-rata kenaikan hampir 9 kali lipat,” kata Aditia kepada Bisnis, Selasa (19/11)..

    Selain pada momen 11.11, Aditia menuturkan sampai dengan kuartal III/2024, Tokopedia mencatat beberapa kategori produk paling laris di Tokopedia. 

    Aditia menjabarkan kategori tersebut adalah fesyen, kecantikan dan perawatan tubuh, kesehatan, makanan dan minuman, dan rumah tangga.

    “Sedangkan di ShopTokopedia, antara lain fesyen, kecantikan dan perawatan tubuh, kesehatan, makanan dan minuman, home supplies, dan elektronik,” ujarnya.

    Lebih lanjut, Aditya menyampaikan pihaknya juga bersiap menyambut datangnya Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2024 atau pada momen 12.12.

    Aditia menyebut, untuk menyambut Harbolnas Tokopedia senantiasa mempermudah masyarakat mengakses produk dari jutaan penjual dengan harga terjangkau, termasuk di setiap momen tanggal kembar.

    “Kami akan terus menggencarkan berbagai kampanye, salah satunya ‘Beli Lokal’ yang fokus memberikan etalase bagi merek lokal, dan beragam promo, seperti ‘Guncang’ di setiap tanggal kembar,” ucap Aditia.

    Sebelumnya, emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) mengantongi komisi atau imbalan jasa e-commerce mencapai Rp438,5 miliar dari Tokopedia hingga akhir September 2024. Adapun, Tokopedia telah memberikan pemasukan fee ke dalam pendapatan GOTO selama dua kuartal berturut-turut.

    Direktur Utama GOTO Patrick Walujo menuturkan perseroan melakukan inisiatif terhadap bisnis e-commerce  dengan melepas sebagian saham Tokopedia ke TikTok Shop pada 2023. Menurutnya, hal ini membuat GOTO mendapatkan aliran dana dari Tokopedia.

    “Kita bisa lihat bisnis e-commerce kami itu menjadi cash flow untuk GOTO karena kami mendapatkan e-commerce fees,” kata Patrick. 

    Selain itu, layanan jasa keuangan milik GOTO juga bisa melakukan aktivitas di toko milik Tokopedia. 

    Dalam earning calls kuartal III/2024, Patrick mengapresiasi kerja sama antara GOTO dan TikTok di bidang e-commerce. Dia pun meyakini bisnis Tokopedia kini berada di tangan yang tepat, yaitu TikTok. 

    Sementara itu, Direktur Keuangan GOTO Simon Ho mengatakan pada kuartal III/2024 ini GOTO mencatatkan pendapatan komisi penuh selama dua kuartal dari Tokopedia. Pendapatan komisi dari Tokopedia pada kuartal III/2024 ini adalah sebesar Rp191 miliar, atau setara US$12,6 juta. 

    Sebagaimana diketahui, GOTO melakukan dekonsolidasi Tokopedia per 1 Februari 2024. Mengutip Laporan Keuangan, GOTO mencatatkan imbalan jasa e-commerce sebesar Rp438,5 miliar dari Tokopedia sejak Februari-September 2024. 

  • Tecno Rilis Megabook K16S, Laptop 16 Inci dengan Harga Rp 6 Juta – Page 3

    Tecno Rilis Megabook K16S, Laptop 16 Inci dengan Harga Rp 6 Juta – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Tecno dipastikan mulai merambah pasar notebook, setelah sebelumnya dikenal sebagai brand smartphone. Hal itu ditunjukkan dengan menghadirkan laptop seri K pertama dari lini Megabook yang diberi nama Megabook K16S.

    Menurut Tecno, Tecno Megabook K16S dirancang khusus untuk generasi muda yang menyukai hiburan serta mengerjakan berbagai tugas. Selain itu, laptop ini juga menawarkan desain yang tipis dan berbahan logam.

    “TECNO MEGABOOK K16S hadir di Indonesia siap membantu para ‘Gen-Z’ atau generasi muda untuk mencapai lebih banyak hal, baik dalam berkarya, belajar, maupun menikmati hiburan,” tutur PR Manager Tecno Anthoni Roderick dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (15/11/2024).

    Megabook K16S hadir dengan prosesor AMD Ryzen 5-7430U yang sudah dilengkapi grafis terintegrasi AMD Radeon. Laptop ini memiliki penyimpanan SSD 512GB dan RAM hingga 32GB.

    Untuk menunjang penggunaan sehari-hari, laptop ini memiliki baterai berkapasitas 70Wh yang memungkinkan penggunaan hingga 17,5 jam. Laptop Tecno ini memiliki layar 16 inci dengan rasio 16:10.

    Tecno membekali laptop ini dengan speaker 2W 4013 sehingga memberikan suara lebih keras hingga 300 persen. Kemampuan audio laptop ini juga didukung dengan Tecno VOC Sound Sytem serta DTS.

    Laptop Tecno ini memiliki kamera depan 1MP yang sudah dilengkapi dengan Privacy Camera Shutter. Tecno juga membekali Megabook K16S dengan software PC Manager yang dikembangkan sendiri.

    Software ini membantu migrasi data yang lebih aman dan cepat, serta memudahkan kolaborasi dengan HP Tecno tipe tertentu. Bicara soal konektivitas, laptop ini hadir dengan delapan port serta mendukung Ethernet RJ45 dengan pelindung.

    Megabook K16S memiliki tombol daya yang sekaligus bisa digunakan untuk membaca sidik jari dan touchpad besar. Pre-order laptop ini sudah bisa dilakukan mulai 11 November 2024 dengan harga Rp 5.999.000.

    Tecno Megabook K16S tersedia di seluruh kanal e-commerce resmi Tecno Indonesia seperti TikTok Shop, Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli, dan Akulaku.

  • Oppo x Maison Kitsune: Kolaborasi Unik Hadirkan Casing Eksklusif untuk Find X8 Series – Page 3

    Oppo x Maison Kitsune: Kolaborasi Unik Hadirkan Casing Eksklusif untuk Find X8 Series – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Oppo telah mengumumkan kolaborasi menarik dengan brand asal Prancis Maison Kitsune. Kolaborasi ini merupakan bagian dari peluncuran Oppo Find X8 Series.

    Kolaborasi ini menghasilkan casing edisi terbatas dan live wallpaper untuk Oppo Find X8 Series yang dijadwalkan segera meluncur untuk pasar global. Kolaboras ini hadir dengan tema Find Your Fox.

    “Kolaborasi kami dengan Maison Kitsuné didasarkan pada visi bersama untuk menggabungkan teknologi terdepan dengan gaya fashion yang berani dan inovatif,” tutur Presiden Oppo APAC dalam siaran pers yang diterima, Jumat (14/11/2024).

    Nantinya, casing untuk Oppo Find X8 akan menampilkan kolase unik dari logo rubah Maison Kitsune.

    Sementara casing Find X8 Pro menampilkan desain garis vertikal simetris yang dilengkapi penyangga dengan gantungan kunci berlogo Maison Kitsune.

    Kedua casing ini telah dilengkapi dengan cincin magnet yang mendukung fitur wireless charging di Oppo Find X8. Setiap casing hadir dalam giftbox yang dirancang khusus oleh Maison Kitsune.

    Casing eksklusif ini tersedia dalam jumlah terbatas mulai 23 November 2024. Aksesoris ini bisa didapatkan secara gratis dalam pembelian Find X8 dan Find X8 Pro secara online maupun offline.

    Tidak hanya itu, ada pula live wallpaper yang tersedia eksklsif untuk pengguna Oppo Find X8 dan Oppo Find X8 Pro.

    Hanya ada 2.000 unduhan secara global, wallpaper ini bisa diakses lewat aplikasi Oppo Theme Store mulai 25 November hingga 5 Desember 2024.

    “Bersama-sama, kami ingin memberikan lebih dari sekadar perangkat kepada para penggemar, sebuah kesempatan untuk menyesuaikan pengalaman teknologi mereka sesuai dengan kepribadian masing-masing,” tutur Andy melanjutkan.

    Giftbox edisi terbatas antara Oppo dan Maison Kitsune ini bisa didapatkan secara offline di Oppo Experience Store, Oppo Gallery, dan toko rekanan resmi Oppo.

    Sementara secara online, konsumen Oppo Find X8 bisa mendapatkannya di Oppo Online Store serta beberapa e-commerce seperti Blibli, Shopee, Tokopedia, Lazada, TikTok, dan Akulaku.

  • Ini Dia Cara Mengaktifkan GoPay Pinjam

    Ini Dia Cara Mengaktifkan GoPay Pinjam

    Jakarta: Butuh pinjaman cepat dan gampang? GoPay Pinjam bisa jadi solusinya. Layanan ini memungkinkan kamu untuk pinjam uang langsung lewat aplikasi GoJek dengan proses yang praktis dan limit pinjaman yang fleksibel.
     
    Layanan ini cocok buat kebutuhan mendadak atau pengeluaran tak terduga. Mengutip laman Gopay, artikel ini akan membahas mengenai cara mengaktifkan dan limit awal GoPay Pinjam.
    Apa bisa pinjam uang di GoPay Pinjam?
    Tentu saja bisa, kamu bisa pinjam uang di GoPay Pinjam yang tersedia di aplikasi Gojek. Layanan ini memberikan pinjaman tunai hingga 25 juta dengan pilihan cicilan sampai 6 bulan, sehingga kamu bisa memenuhi kebutuhan mendesak dengan lebih tenang.
     

    Limit awal GoPay Pinjam
    Limit awal yang bisa kamu dapatkan di GoPay Pinjam mencapai hingga Rp15 juta, tergantung pada penilaian profil pengguna yang dilakukan oleh GoPay.
     
    Limit ini bisa bervariasi untuk setiap pengguna berdasarkan riwayat transaksi dan kelayakan mereka.
     

    Cara mengaktifkan GoPay Pinjam

    Kamu bisa aktivasi GoPay Pinjam lewat aplikasi GoPay, Gojek, atau Tokopedia. Cari dan klik GoPay Pinjam di halaman utama atau menu.
    Izinkan akses data akun supaya otomatis tersambung ke GoPay Pinjam. Kalau tidak setuju, kamu bisa pilih ‘Batal’ dan sambungkan secara manual.
    Ambil foto KTP dan selfie dengan jelas, jangan pakai flash.
    Lengkapi data diri seperti pekerjaan, kontak darurat, dan alamat tempat tinggal.
    Periksa kembali data yang diisi, pastikan sudah benar, lalu klik ‘Ajukan’.
    Tunggu hingga 24 jam untuk tahu apakah pengajuan kamu diterima atau tidak. Cek statusnya di halaman GoPay Pinjam.

    GoPay Pinjam bikin kebutuhan mendesak jadi lebih mudah diatasi dengan proses pengajuan yang simpel dan limit pinjaman yang fleksibel.
    Aktifkan layanan ini langsung di aplikasi, ajukan pinjaman sesuai kebutuhan, dan kelola keuanganmu dengan lebih praktis. (Nanda Sabrina Khumairoh)
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Mengenal Sahabat-AI, Terobosan di Balik Kerja Sama Indosat, GoTo, dan Nvidia

    Mengenal Sahabat-AI, Terobosan di Balik Kerja Sama Indosat, GoTo, dan Nvidia

    Bisnis.com, JAKARTA – Sahabat AI menjadi terobosan baru dalam penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) di Tanah Air. Mesin pintar besutan Indosat-Nvidia ini dirancang khusus dalam Bahasa Indonesia serta berbagai bahasa daerah.

    Dalam istilah canggihnya, Sahabat-AI dikenal sebagai ekosistem Large Language Model (LLM) open-source yang memungkinkan pengguna mula dari kalangan swasta, publik, hingga akademisi dapat berinteraksi menggunakan teknologi AI dalam bahasa masing-masing.

    Direktur Utama dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha mengatakan model AI yang memahami konteks lokal serta relevan dengan budaya Tanah Air ini membuka kesempatan bagi penggunanya untuk memanfaatkan potensi dari teknologi.

    “Sahabat-AI bukan sekadar pencapaian teknologi, tapi juga wujud dari visi masa depan Indonesia, di mana kedaulatan digital dan inklusivitas berjalan beriringan. Ini merupakan langkah penting menuju demokratisasi AI sebagai elemen penting bagi pertumbuhan, inovasi, dan pemberdayaan bagi semua lapisan masyarakat,” kata dia, Kamis (14/11/2024).

    Pada praktiknya, arketipe AI ini digunakan membantu bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. atau GoTo agar dapat berkomunikasi lebih baik dengan pelanggan.

    Direktur Utama GoTo Patrick Walujo menambahkan Sahabat-AI juga dapat mendukung pemerintah Indonesia dalam menciptakan inovasi agar dapat berinteraksi dengan masyarakat secara lebih komprehensif,

    “Karena itu, kami mengundang pemangku kepentingan dari semua sektor untuk berkolaborasi dalam pengembangan ekosistem LLM open-source ini untuk bisa bersama-sama memajukan Indonesia,” ujarnya.

    Lebih jauh, Indosat Group yang bekerja sama erat dengan NVIDIA di Indonesia, akan terus mendukung pengembangan ekosistem Sahabat-AI menggunakan GPU Merdeka yang merupakan Sovereign AI Cloud yang mengimplementasikan fitur NVIDIA accelerated computing.

    Hippocratic AI, model bahasa pertama yang berfokus pada keamanan di bidang kesehatan, akan mengintegrasikan model terbaru Sahabat-AI ke dalam pelayanannya bagi penduduk Indonesia.

    Jensen Huang, NVIDIA founder and CEO menambahkan peluncuran Sahabat-AI menandai awal perjalanan AI Indonesia dan menunjukkan bagaimana LLM dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bahasa dan budaya yang unik.

    “Budaya ‘gotong royong’ di Indonesia, atau kolaborasi bersama, memperlihatkan bagaimana industri, peneliti, dan sektor publik dapat bersatu untuk membantu setiap negara memanfaatkan AI dalam mendorong kemajuan,” katanya.

  • Disaksikan Bos Nvidia, Goto dan Indosat Luncurkan Proyek AI

    Disaksikan Bos Nvidia, Goto dan Indosat Luncurkan Proyek AI

    Jakarta, Beritasatu.com – Indosat Ooredoo Hutchison bersama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk pada Kamis (14/11/2024) meluncurkan fase awal pengembangan Sahabat AI, sebuah ekosistem model bahasa besar atau large language model (LLM) open-source yang dikembangkan khusus dalam Bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Istimewanya, peluncuran Sahabat AI yang menjadi bagian dari perayaan Indonesia AI Day 2024 ini turut dihadiri oleh pendiri sekaligus CEO Nvidia, Jensen Huang.

    Jensen Huang menyampaikan, peluncuran Sahabat AI menjadi tonggak awal dalam perjalanan AI Indonesia.

    “Peluncuran Sahabat AI menunjukkan bagaimana LLM dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan bahasa serta budaya yang unik,” kata Jensen Huang dalam acara Indonesia AI Day 2024, di Jakarta, Kamis (14/11/2024).

    Dikatakan Jensen, proyek ini membuktikan bahwa Indonesia mampu mengembangkan AI yang mandiri, membuka peluang untuk kemajuan di masa depan, dan menguatkan posisi Indonesia di ranah teknologi AI global.

    Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo Hutchison Vikram Sinha menegaskan, Sahabat AI bukan hanya pencapaian teknologi, tetapi juga merupakan perwujudan visi Indonesia di masa depan saat kedaulatan digital dan inklusivitas dapat berjalan seiring.

    Dengan menciptakan model AI yang memahami konteks dan budaya lokal Indonesia, Vikram berharap semua masyarakat dapat merasakan manfaat teknologi AI.

  • Terungkap Alasan Harga Barang di E-commerce Makin Mahal

    Terungkap Alasan Harga Barang di E-commerce Makin Mahal

    Jakarta, CNBC Indonesia – Google, Temasek, dan Bain & Company merilis riset bertajuk e-Conomy SEA 2024.

    Riset tersebut menujukkan bahwa para perusahaan e-commerce di Asia Tenggara menggenjot pendapatan dengan menaikkan komisi yang mereka pungut dari penjual di platform masing-masing.

    Menurut Google, besaran komisi yang dipungut oleh para platform e-commerce di kawasan terus menanjak dan kini hampir menyentuh “batas atas” yang terbentuk di pasar e-commerce China.

    Mengenai monetisasi ini, Aadarsh Baijal Partner di Bain & Company menjelaskan, terdapat beberapa sumber pendapatan bagi perusahaan e-commerce.

    Foto: Google, Temasek, dan Bain & Company merilis riset bertajuk e-Conomy SEA 2024. (CNBC Indonesia/Intan Rakhmayanti Dewi)
    Google, Temasek, dan Bain & Company merilis riset bertajuk e-Conomy SEA 2024. (CNBC Indonesia/Intan Rakhmayanti Dewi)

    Salah satu yang masuk dalam perhitungan di report ini adalah core commission rate. Dalam hal ini, pasar China menjadi benchmark.

    Menurut Baijal, core commission rate pada e-commerce di kawasan Asia Tenggara tidak akan setingkat dengan China. Jika dibandingkan dengan AS, China memiliki dinamika dan model bisnis yang berbeda dalam hal penetapan tarif komisi “batas atas”.

    “Jadi, China dan tarif komisi cukup relevan bagi kita untuk dilihat sebagai salah satu perbandingan dengan catatan jika pasar kita berkembang seperti China,” ujarnya saat peluncuran e-Conomy SEA Report di Jakarta, Rabu (13/11/2024).

    “Kita bisa tahu seberapa jauh para pemain dapat menetapkan komisi sehingga kita masukkan dalam laporan. Jadi, kita katakan bahwa komisi di Asia Tenggara tidak perlu dinaikkan,” imbuhnya.

    Komisi Ecommerce di RI

    Di Indonesia terdapat dua e-commerce besar yang baru-baru ini menaikkan komisi, yakni Shopee dan Tokopedia.

    Tokopedia, kembali menyesuaikan besaran biaya layanan yang dibebankan kepada para penjual (seller) yang efektif per 16 September 2024.

    Seller Regular Merchant yang telah berubah status keanggotaan menjadi Power Merchant dan memiliki lebih dari 50 pesanan pada tanggal 1 Mei 2024 juga akan dikenakan biaya layanan Power Merchant.

    Perubahan berlaku untuk Seller Power Merchant dan Power Merchant Pro dengan penyesuaian biaya layanan mulai dari 1% hingga 10% sesuai kategori produk yang dijual.

    Adapun biaya layanan dihitung berdasarkan harga per produk dikurangi diskon dari penjual. Biaya pengiriman dan diskon platform tidak termasuk ke dalam perhitungan biaya layanan.

    Biaya Layanan Tokopedia

    Berikut selengkapnya besaran biaya layanan yang dibebankan kepada penjual mulai 16 September 2024:

    Elektronik: 1.00% – 10.00%

    Fashion: 4.25% – 10.00%

    FMCG: 4.25 – 10.00%

    Gaya Hidup:4.25% – 10.00%

    Lainnya: 1.00% – 10.00%

    Biaya Layanan Shopee

    Sementara Shopee, biaya admin terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu bagi Penjual Non-Star, yakno penjual yang telah terdaftar di Shopee dan menyelesaikan lebih dari 50 pesanan akan dikenakan biaya administrasi Non-Star. Biaya administrasi ini dihitung berdasarkan kategori produk, yaitu:

    Barang jenis A dikenakan admin sebesar 8%

    Barang jenis B dikenakan admin 7,5%

    Barang jenis C dikenakan admin 5,75%

    Barang jenis D serta E dikenakan admin 4,25%

    Penjual Shopee Mall

    Penjual Shopee Mall akan dikenakan biaya pembayaran sebesar 1,8% dari setiap produk yang berhasil terjual

    Penjual Star/Star+

    Penjual yang tergabung ke dalam program Star/Star+ akan dikenakan biaya administrasi Star/Star+. Biaya administrasi ini dihitung berdasarkan kategori produk, yaitu:

    Kategori Produk A: biaya admin 8,00 persen per produk terjual.

    Kategori Produk B: biaya admin 7,50 persen per produk terjual.

    Kategori Produk C: biaya admin 5,75 persen per produk terjual.

    Kategori Produk D: biaya admin 4,25 persen per produk terjual.

    (fab/fab)

  • Bos BRI Sebut Geliat UMKM Masih Positif – Page 3

    Bos BRI Sebut Geliat UMKM Masih Positif – Page 3

    Sebelumnya, pada era digital, teknologi menjadi kunci penting bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk dapat bertahan dan berkembang.

    CTO of Tokopedia, Herman Widjaja menuturkan, teknologi memungkinkan UMKM untuk menjangkau pasar lebih luas tanpa bergantung pada toko fisik. “Dengan platform digital seperti Tokopedia, UMKM dapat membuka toko online dan mengakses pelanggan di seluruh Indonesia,” ujarnya pada acara InspiraFest 2024, Sabtu (9/11/2024).

    Selain itu, Widjaja juga menyoroti pentingnya digital presence yang kuat terutama melalui media sosial, sehingga bisnis dapat terlihat lebih profesional dan menarik di mata para konsumen.

    Sementara itu, CEO Indodax, Oscar Darmawan menekankan pentingnya untuk memilih teknologi sesuai dengan kebutuhan bisnis. Contohnya menggunakan kecerdasan buatan (AI), tetapi di sisi lain, meskipun teknologi ini bermanfaat tetapi membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

    “UMKM perlu memantau teknologi yang relevan, namun jangan terburu-buru agar biaya tetap terjangkau,” ungkap Darmawan.

    Widjaja juga menambahkan, produktivitas SDM dalam UMKM juga perlu ditingkatkan agar bisnis lebih kompetitif. “Tanpa peningkatan produktivitas, sulit bagi UMKM untuk bersaing.”

    Founder of Yahya & Yahya, Helmy Yahya juga setuju hal tersebut. “Di era digital dan geopolitik yang dinamis ini, UMKM harus siap mengikuti perkembangan agar tidak tertinggal,” ujarnya.

    Ketiga sosok itu menegaskan, dengan kombinasi teknologi yang tepat, kehadiran digital, serta SDM yang berkualitas, setiap UMKM di Indonesia dapat memperkuat daya saing dan berkontribusi besar pada ekonomi nasional.

  • Dorong Industri Kosmetik, BPOM Lakukan Hal Ini!

    Dorong Industri Kosmetik, BPOM Lakukan Hal Ini!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) mendukung penuh merek lokal untuk tumbuh dan menjadi “Raja” di negeri sendiri. Berkaitan dengan hal tersebut, BPOM RI mengungkapkan sejumlah “jurus” untuk menjaga dan melindungi popularitas merek lokal di industri kecantikan.

    Kepala BPOM RI, Taruna Ikrar mengungkapkan bahwa saat ini Indonesia telah memiliki lebih dari 400 ribu jenis produk kecantikan. Selain itu, setiap tahunnya BPOM RI telah mengeluarkan lebih dari 84 ribu nomor izin edar baru untuk produk-produk tersebut.

    “Hal ini menunjukkan bahwa geliat ekonomi produk lokal itu meningkat luar biasa juga. Tiap tahun meningkat,” kata Taruna dalam kepada CNBC Indonesia dalam program “Road to CNBC Indonesia Awards 2024”, Selasa (12/11/2024).

    “Proses peningkatan ini menunjukkan bahwa kita (Indonesia) punya sumber daya, baik itu sumber daya alam, sumber daya kosmetik, sangat banyak,” sambungnya.

    Di tengah meroketnya popularitas merek lokal, BPOM RI menyadari bahwa industri kecantikan di Indonesia mengalami sejumlah tantangan, salah satunya adalah banyaknya produk impor alias dari luar negeri.

    Taruna mengatakan, sebagian produk kecantikan impor memang mendapatkan nomor izin edar dari BPOM RI. Namun, tak sedikit juga produk yang tidak mendapatkan nomor izin edar alias ilegal. Biasanya, produk-produk ilegal dari luar negeri itu masuk melalui jasa titip hand carry.

    Menurut Taruna, hal ini terjadi sebagai salah satu konsekuensi dari perkembangan teknologi. Ia mengungkapkan, umumnya produk-produk ilegal beredar di masyarakat melalui e-commerce.

    “Biasanya, dia (produk impor tanpa nomor izin edar) masuk ke Indonesia mungkin lewat hand carry atau lewat apa secara ilegal. Artinya di situ dia tidak bayar pajak ke negeri kita,” jelas Taruna.

    “Kita paham bahwa karena pada umumnya dipasarkan secara online atau e-commerce. Akhirnya, kan, kalau rakyat kita membutuhkan produk dari luar, dia tinggal pesan lewat Paypal, Amazon, Tokopedia, atau apa, kan, gitu, terus dikirim ke sini (Indonesia),” lanjutnya.

    Demi melindungi produk dalam negeri, BPOM RI akan memperketat proses beredarnya produk impor di Indonesia, salah satunya melalui syarat surat keterangan surat izin impor. Dalam hal ini, BPOM RI akan bekerja sama dengan Kementerian/Lembaga terkait, seperti Bea Cukai, Kementerian Perdagangan, hingga Kementerian Perindustrian.

    “Domain yang dimiliki BPOM adalah nomor izin edar. Kemudian kalau dia impor, negara kita mempersyaratkan yang namanya surat keterangan izin impor. Nah, artinya harus ada juga itu kalau diimpor,” jelas Taruna.

    Secara independen, Taruna menjelaskan bahwa BPOM RI memiliki wewenang untuk melakukan penindakan terhadap produk-produk ilegal atau mengandung bahan-bahan berbahaya bagi konsumen. Menurutnya, BPOM memiliki wewenang saat sebelum dan setelah dipasarkan.

    “Dalam konteks yang lebih spesifik lagi, BPOM memiliki hak berupa melakukan penindakan. Kami memiliki otoritas pre-market alias sebelum dipasarkan dan juga setelah dipasarkan alias post-market. Ini, kan, bagian dari kita bisa mengambil tindakan, bisa mencabut izin edar, dan sebagainya kalau ada izin edarnya,” beber Taruna.

    “Jadi jika ada produk luar yang masuk ke dalam negeri, misalnya kosmetik tanpa izin edar, berarti itu sudah ilegal dan BPOM punya tanggung jawab untuk menarik dan melakukan penindakan,” lanjutnya.

    Selain itu, BPOM RI juga akan melindungi merek lokal dengan mewajibkan setiap produk impor untuk memiliki Certificates of Free Sale, yakni dokumen yang menyatakan bahwa produk tersebut telah dipasarkan di negara asal dan memenuhi syarat untuk diekspor.

    Menurutnya, Certificates of Free Sale adalah kunci bagi produk impor jika ingin mendapatkan izin edar dari BPOM RI dan memasuki pasar Indonesia. Taruna menegaskan, syarat ini akan diperketat agar Indonesia tidak menjadi “tempat sampah” bagi produk-produk asing.

    “Kalau misalnya dia (produk) diproduksi di luar negeri, kita membutuhkan Certificates of Free Market dari negara yang bersangkutan untuk dapat surat izin edar,” jelas Taruna.

    “Jangan sampai kita cuma jadi pembuangan, kita tidak mau itu. Jadi itu persyaratan mutlak. Kalau dia dapat izin edar dan dipasarkan secara bebas di negerinya, berarti itu, kan, aman,” lanjutnya.

    Selain mensyaratkan Certificates of Free Sale, BPOM RI juga akan melakukan evaluasi terhadap kandungan bahan-bahan dalam produk demi melindungi merek lokal dan kesehatan konsumen Indonesia. Lalu, BPOM juga akan melakukan pembinaan untuk merek lokal demi meningkatkan kualitas dan popularitasnya di industri kecantikan.

    “Intinya, BPOM berpihak kepada pengusaha kosmetik dalam negeri. Kita ingin kosmetik dalam negeri kita ini menjadi tuan di negeri sendiri,” tegas Taruna.

    Taruna berpesan kepada seluruh pelaku industri kecantikan di Indonesia untuk selalu menjaga reputasi, kualitas, dan integritas setiap produknya. Sebab, perusahaan yang selalu jujur akan selalu mendapatkan kepercayaan dari konsumen di dalam negeri sehingga dapat menjadi raja di negeri sendiri.

    “Buat sejujur mungkin, lah, apa yang klaim itu sehingga saat konsumen memakai dan betul-betul terjadi sesuai klaimmya, pasti mereka akan meningkat kepercayaannya dan terus membeli produk,” pungkas Taruna.

    (dpu/dpu)

  • Tecno Rilis Megabook K16S, Laptop 16 Inch Rp 6 Juta

    Tecno Rilis Megabook K16S, Laptop 16 Inch Rp 6 Juta

    Jakarta

    Tecno merilis laptop baru di Indonesia, yaitu laptop seri K pertama dari Megabook yang menurut mereka ditujukan untuk generasi muda yang menyukai hiburan.

    Dengan konsep “See Bigger, Sound Louder,” Megabook K16S hadir dengan layar lebar 16 inci rasio 16:10 dan speaker besar 2W 4013 dalam desain yang lebih tipis dan berbahan logam.

    “Tecno Megabook K16S hadir di Indonesia siap membantu para ‘Gen-Z’ atau generasi muda untuk mencapai lebih banyak hal, baik dalam berkarya, belajar, maupun menikmati hiburan, menjadikannya pilihan tepat bagi mereka yang menginginkan laptop dengan performa maksimal, desain yang sleek, fitur lengkap dan mendukung gaya hidup modern,” kata Anthoni Roderick, PR Manager Tecno Indonesia, dalam keterangan yang diterima detikINET.

    Tecno Megabook K16S dilengkapi dengan prosesor hingga AMD Ryzen 5 7430U yang punya 6 core dan 12 thread, dengan frekuensi boost maksimal 4,3 GHz dan menggunakan chip grafis terintegrasi AMD Radeon.

    Kapasitas RAM-nya adalah 8GB dan bisa ditingkatkan hingga 32GB, serta kapasitas penyimpanan SSD 512GB. Baterainya berkapasitas 70Wh, dan diklaim bisa bertahan hingga 17,5 jam untuk penggunaan pekerjaan kantor dan hiburan harian.

    Tecno Megabook K16S Foto: Dok. Tecno

    Megabook K16S telah diperbarui dengan desain all-metal yang lebih ringan dan tipis, serta mendukung pembukaan dengan satu jari hingga 180 derajat, memungkinkan pengguna untuk mencapai sudut pandang yang berbeda berkat engsel dan struktur yang sangat baik.

    Layar 16 inchnya ini menggunakan rasio 16:10 dan rasio screen to body 91%. Untuk penggunaan sehari-hari, laptop ini juga mendukung konferensi AI dengan kamera 1MP yang telah didukung dengan Privacy Camera Shutter yang berfungsi untuk membuka dan menutup kamera.

    Megabook K16S dilengkapi dengan perangkat lunak yang dikembangkan sendiri, PC Manager, yang memastikan migrasi data yang aman dan cepat, serta memudahkan kolaborasi dengan smartphone Tecno tipe tertentu melalui operasi yang mudah.

    Pengguna dapat dengan cepat mengelola pengaturan, pemecahan masalah, optimisasi PC, dan menghubungkan OneLeap untuk koneksi seamless melalui PC Manager guna mencapai operasi kolaboratif lintas platform yang meningkatkan efisiensi kerja harian.

    Para pengguna sudah dapat melakukan pre-order Tecno Megabook K16S di seluruh e-commerce resmi Tecno Indonesia seperti TikTok Shop, Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli dan Akulaku mulai 11 November 2024 dengan harga Rp 5.999.000.

    (asj/asj)