Perusahaan: Tokopedia

  • TikTok Masih Fokus Penguatan Internal Tahun Depan?

    TikTok Masih Fokus Penguatan Internal Tahun Depan?

    Bisnis.com, JAKARTA – Sinergi TikTok dan Tokopedia yang telah berjalan 1 tahun dinilai belum memperlihatkan dampak yang optimal. Keduanya pun diperkirakan masih berfokus pada penataan internal pada tahun depan. 

    Peneliti Institute for Development on Economics and Finance (INDEF) sektor ekonomi bisnis, Izzudin Al Farras berpendapat TikTok dan Tokopedia ke depan masih melakukan penyesuaian di internal.

    Sebab, merger tersebut pasti akan berimplikasi pada perubahan budaya organisasi, peran dan jabatan, bahkan bukan tidak mungkin masih akan terjadi perampingan kembali.

    Kemudian, Farras menilai merger tersebut membuat adanya penyesuaian strategi pada tiap subkategori penjualan. 

    Hal itu dilakukan seiring dengan adanya irisan keunggulan di antara kedua platform tersebut maupun dengan platform pesaing seperti shopee. 

    “Satu hal yang pasti adalah TikTok dan Tokopedia masih memiliki kewajiban untuk mendorong peningkatan UMKM yang melakukan ekspor agar mampu meningkatkan kapasitas UMKM lokal di tengah gempuran impor yang masuk via ecommerce,” ujar Farras kepada Bisnis, Selasa (10/12/2024). 

    Bisnis coba menghubungi Tokopedia – TikTok mengenai rencana keduanya pada tahun depan. Tokopedia-TikTok menyampaikan belum dapat memberi tahu.

    Sementara itu, Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (Celios) Nailul Huda mengatakan bagi Tokopedia kerja sama ini yang terjalin memperluas jejaring pasar, dan membuat mereka lebih dapat bersaing dengan Shopee di industri ecommerce.

    Bagi TikTok, kerja sama ini tentu membuat pengguna mereka akan lebih gampang dan terjamin dalam melakukan perdagangan via aplikasi mereka.

    “Mereka membutuhkan lisensi untuk berjualan, dan lisensi tersebut berasal dari Tokopedia. Pengguna yang melakukan live shopping pun akan semakin dimudahkan dengan fitur di TikTok Shop yang dioperasikan oleh Tokopedia,” kata Huda.

    Maka dari itu, Huda menilai kerja sama antara keduanya akan membuat integrasi layanan antara media sosial TikTok dengan Toko online Tokopedia, akan semakin digencarkan untuk tahun tahun berikutnya.

    Huda pun melihat ada ruang bagi bagi kedua perusahaan tersebut untuk tumbuh, salah satunya pada bidang live shopping. 

    “TikTok live merupakan aplikasi streamer andalan masyarakat. Tokopedia mampu menghadirkan layanan ecommerce. Harusnya ini bisa lebih dikembangkan ke depan,” ujarnya.

    Diketahui, pada 2023 TikTok harus menggelontorkan dana sebesar US$1,5 miliar atau sekitar Rp23 triliun untuk membeli 75,01% saham Tokopedia.

    Akuisisi saham tersebut membuat TikTok dapat menjajaki produk setelah sempat dilarang karena dianggap sebagai perusahaan media sosial, bukan e-commerce.

  • Siap-siap Serbu! Ada ShopTokopedia Mega Guncang 12.12 Playground di Blok M

    Siap-siap Serbu! Ada ShopTokopedia Mega Guncang 12.12 Playground di Blok M

    Jakarta

    Buat yang hobi belanja, sempatkan untuk mampir ke Taman Literasi Blok M pada 11-12 Desember besok! Sebab ShopTokopedia bakal mengadakan Mega Guncang 12.12 Playground.

    Bayangkan kamu bisa ngerasain live shopping di ShopTokopedia yang biasa ditemukan di dalam aplikasi TikTok secara langsung. Nggak cuma itu, kamu juga bisa sambil bermain games dan ditemani penampilan musik dari musisi kenamaan RI, seperti RAN, Diskoria, Sal Priadi hingga Nadhif Basalamah.

    Sesuai namanya, yakni Mega Guncang 12.12 Playground, kegiatan ini mengusung tema ‘playground’ atau taman bermain, dengan menghadirkan ragam games interaktif seperti mesin gacha dan promo eksklusif, lho!

    Communications Senior Lead Tokopedia dan TikTok E-Commerce, Rizky Juanita Azuz menjelaskan Mega Guncang 12.12 Playground diadakan dalam rangka menyambut kemeriahan Hari Belanja Online Nasional yang jatuh pada 12 Desember 2024. Kegiatan ini juga dibarengi dengan keseruan kampanye Beli Lokal yang mengusung brand lokal dari berbagai kategori produk di ShopTokopedia. Acara ini terbuka untuk umum dan gratis. Artinya siapa saja bisa datang dan belanja sepuasnya.

    “Mega Guncang 12.12 Playground yang diselenggarakan ShopTokopedia merupakan kegiatan yang unik karena masyarakat bisa menyaksikan langsung kegiatan live shopping yang dilakukan oleh para pelaku usaha lokal, termasuk brand lokal, di tempat. Acara ini juga mengusung konsep playground atau taman main karena masyarakat bisa mengikuti berbagai rangkaian kegiatan yang dikemas dengan berbagai kejutan spesial, salah satunya masyarakat bisa mendapatkan promo yang secara eksklusif tersedia ketika live shopping penjual berlangsung di Mega Guncang 12.12 Playground selama 11-12 Desember 2024,” jelas Rizky dalam keterangan tertulis, Selasa (10/12/2024).

    Foto: Tokopedia

    Kegiatan Mega Guncang 12.12 Playground ini juga dihadirkan karena antusiasme tinggi dari masyarakat terhadap fenomena live shopping yang semakin diminati.

    “Hal ini pun terbukti dari data internal ShopTokopedia yang mencatat pelaku usaha yang melakukan live shopping di ShopTokopedia rata-rata mengalami kenaikan penjualan hampir 7 kali lipat jika dibandingkan dengan penjual lainnya yang tidak melakukan live shopping,” ungkap Rizky.

    Ragam hiburan dan Games Interaktif Meriahkan ShopTokopedia ‘Mega Guncang 12.12 Playground’

    Dari tanggal 1 Desember 2024, pengunjung sudah bisa mencoba berbagai permainan interaktif di Mega Guncang 12.12 Playground, seperti mesin gacha untuk mendapatkan berbagai merchandise menarik dari sejumlah pelaku usaha, termasuk Bostanten, Coolvita, Groglo, KAO dan Kelaya Hair Treatment, serta instalasi Tas Belanja Besar dari ShopTokopedia. Pengunjung juga bisa mendapatkan promo eksklusif yang hanya bisa didapatkan secara offline dari brand lokal yang melakukan live streaming di Mega Guncang 12.12 Playground.

    Untuk menyemarakkan pengalaman belanja offline para pengunjung di Mega Guncang 12.12 Playground, ShopTokopedia menghadirkan penampilan spesial dari sejumlah musisi kenamaan tanah air selama 11-12 Desember 2024. Pada tanggal 11 Desember, musisi Nadhif Basalamah dan Diskoria akan memeriahkan malam hari dengan penampilannya, lalu di tanggal 12 Desember, masyarakat dan para pencinta musik bisa menikmati penampilan dari RAN dan Sal Priadi pada malam hari.

    “ShopTokopedia juga menghadirkan berbagai keseruan lain bagi para pengunjung, seperti Kotak Penuh Kejutan dan photo box. Bahkan, setiap aktivitas di Mega Guncang 12.12 Playground memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk membawa pulang berbagai hadiah menarik, seperti voucher hingga Rp1,2 juta dan merchandise,” ungkap Rizky.

    Foto: Tokopedia

    Bagi pengunjung Mega Guncang 12.12 Playground yang ingin mendapatkan berbagai hadiah menarik, cukup mengikuti langkah-langkah berikut:

    1. Mengumpulkan stempel dan memainkan mesin gacha

    2. Agar bisa mendapatkan stempel, pengunjung wajib meng-upload foto di Instagram Story dengan nge-tag dan follow @shoptokopedia_id serta menyertakan #1212Playground 3. Setelah mengumpulkan stempel, pengunjung bisa menukarkan stempel untuk mendapatkan merchandise di booth yang telah ditentukan.

    (ega/ega)

  • UMKM, Rasionalisasi, hingga Kinerja GOTO

    UMKM, Rasionalisasi, hingga Kinerja GOTO

    Bisnis.com, JAKARTA – Satu tahun akuisisi TikTok atas 75% saham Tokopedia akan terjadi akan terjadi pada 12 Desember 2024 atau bertepatan dengan hari belanja nasional.

    Selama 12 bulan berjalan, keduanya terus melakukan penyesuaian sambil mendorong pertumbuhan bisnis perusahaan dan mitra.

    Untuk diketahui, TikTok harus menggelontorkan dana sebesar US$1,5 miliar atau sekitar Rp23 triliun untuk membeli 75,01% saham Tokopedia. Secara terperinci, Tokopedia diketahui menerbitkan sebanyak 38,19 juta (38.198.745) saham baru atau setara 75,01% saham untuk diambil alih oleh TikTok.

    Kedua perusahaan tersebut melakukan sejumlah aktivitas pada tahun pertama kerja sama mereka mulai dari rasionalisasi hingga mendorong kampanye UMKM lokal.

    Berikut hal-hal yang terjadi selama hampir satu tahun akuisisi 75% saham Tokopedia oleh TikTok: 

    1. Pasar E-Commerce

    Dalam laporan Momentum Works bertajuk ‘Ecommerce in Southeast Asia 2024’ menunjukkan bahwa TikTok Shop mampu meningkatkan nilai transaksi bruto atau Gross Merchandise Value (GMV) hampir empat kali lipat.

    Tercatat dari posisi 2022 yang hanya US$4,4 miliar atau sekitar Rp71,32 triliun menjadi US$16,3 miliar atau sekitar Rp264,22 triliun pada 2023 (asumsi kurs Rp16.210 per dolar AS). Akuisisi atas Tokopedia disebut menjadi salah satu pendorongnya. 

    “Setelah mengambil alih Tokopedia, TikTok Shop menjadi platform e-commerce terbesar kedua di Asia Tenggara,” demikian yang dikutip dari laporan Momentum Works bertajuk ‘Ecommerce in Southeast Asia 2024’, Selasa (16/7/2024).

    Merchant berjualan di TikTok LivePerbesar

    2. Rasionalisasi

    ByteDance, induk TikTok, melakukan PHK massal pada Juni 2024. Kabar menyebut jumlah karywan yang terkena perampingan mencapai 450 karyawan di lini bisnis e-commerce TikTok-Tokopedia. 

    Direktur Corporate Affairs Tokopedia dan ShopTokopedia Nuraini Razak menyatakan pihaknya telah menemukan beberapa area untuk menyesuaikan tujuan perusahaan. Dia pun tak menampik kabar yang berlalu lalang beberapa hari terakhir terkait PHK.

    “Menyusul penggabungan TikTok dan Tokopedia, kami telah mengidentifikasi beberapa area yang perlu diperkuat dalam organisasi dan menyelaraskan tim kami agar sesuai dengan tujuan perusahaan,” kata Nuraini, Jumat (14/6/2024).

    3. Produk Impor

    Sementara itu, Staf Khusus Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Fiki Satari, sempat mengatakan bahwa hampir 80% ekonomi digital e-commerce di Indonesia saat ini dikuasai oleh platform asing usai TikTok mengakuisisi Tokopedia. 

    Namun, Fiki juga melihat bahwa TikTok maupun Tokopedia masih dominan menjajakan dan mempromosikan produk impor di dalam platform tanpa mencantumkan nomor impor resmi. Menurutnya, pengawasan terhadap produk impor di dalam platform perlu dilakukan secara bersama-sama, baik pemerintah maupun masyarakat. 

    Dia mengatakan pengawasan dibutuhkan untuk melindungi produk lokal dari gempuran produk impor yang dijual secara daring. Musababnya, data yang dihimpun oleh KemenKopUKM mendapati fakta bahwa 74% produk di e-commerce berasal dari impor.

    4. UMKM

    Tokopedia dan Shop Tokopedia mendorong sejumlah inisiatif untuk mendongkrak penjualan produk lokal para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu program yang diklaim berhasil mewujudkan hal itu adalah Beli Lokal. 

    Presiden Direktur Tokopedia dan E-Commerce TikTok Melissa Siska Juminto menyebutkan bahwa deretan upaya telah dilakukan Tokopedia untuk memperkuat ekonomi digital pelaku usaha lokal. Di antaranya seperti menggelar Festival Beli Lokal, edukasi pemanfaatan konten video promosi live streaming untuk membangun brand, memperluas pasar hingga meningkatkan penjualan. 

    Menurutnya, penjualan para UMKM yang melakukan live shopping di Shop Tokopedia, rata-rata mengalami peningkatan hampir tujuh kali lipat. Dia pun mengeklaim, kedua platform belanja online ini bahkan telah menjalin kolaborasi bersama pemerintah untuk mempromosikan produk lokal melalui fitur live shopping.

    Presiden Direktur Tokopedia dan Shop Tokopedia Melissa Siska JumintoPerbesar

  • Permudah Transaksi saat Libur Nataru, Ini Cara Praktis Top-Up Saldo BRIZZI

    Permudah Transaksi saat Libur Nataru, Ini Cara Praktis Top-Up Saldo BRIZZI

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI di usianya yang akan menginjak ke-129 tahun, terus menghadirkan inovasi layanan keuangan yang modern dan inklusif. Salah satu layanan unggulannya adalah kartu BRIZZI, solusi pembayaran non-tunai yang praktis untuk berbagai kebutuhan transaksi seperti tol, ferry, KRL, MRT, LRT, parkir, hingga belanja.
     
    BRI menyediakan berbagai kanal top-up BRIZZI untuk mempermudah pengguna mengisi saldo. Pengisian dapat dilakukan melalui ATM BRI, AgenBRILink, EDC BRI, serta aplikasi BRImo. Melalui BRImo, pengguna cukup menempelkan kartu BRIZZI ke ponsel yang mendukung fitur NFC (Near Field Communication) untuk mengisi saldo secara langsung dengan mudah dan cepat.
     
    Top-up BRIZZI kini juga dapat dilakukan melalui vending machine yang tersedia di stasiun KRL, MRT, dan LRT. Fasilitas ini dirancang untuk mendukung kebutuhan masyarakat yang menggunakan transportasi umum, memberikan kemudahan tambahan bagi pengguna dengan akses pengisian saldo di lokasi strategis.
     

    Selain itu, top-up BRIZZI juga dapat dilakukan melalui platform e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, dan Shopee, serta aplikasi pembayaran digital seperti Dana. Layanan ini tersedia di outlet ritel seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan Dandan. Saldo BRIZZI juga bisa diisi melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD), seperti Bank Jateng dan Bank Kalsel, untuk menjangkau masyarakat di berbagai wilayah.
    Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto mengungkapkan bahwa BRIZZI memainkan peran penting dalam mendorong adopsi transaksi non-tunai di Indonesia.
     
    “Melalui jaringan top-up yang luas, BRI memastikan bahwa BRIZZI menjadi solusi utama bagi masyarakat untuk berbagai kebutuhan pembayaran. Kehadiran BRIZZI tidak hanya mempermudah transaksi, tetapi juga mempercepat peralihan masyarakat menuju gaya hidup non-tunai yang efisien, aman, dan relevan dengan kebutuhan saat ini,” katanya.
     

    Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto (Foto:Dok.BRI)
     
    BRIZZI adalah kartu uang elektronik dari BRI yang menjadikan transaksi lebih mudah, cepat, dan praktis di berbagai kebutuhan sehari-hari. Dengan BRIZZI, BRI menghadirkan solusi pembayaran modern yang mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia. Tercatat hingga akhir November 2024, tercatat terdapat lebih dari 24 juta BRIZZI yang beredar.
     

    Andrijanto menambahkan bahwa BRIZZI berperan penting dalam mendukung aktivitas masyarakat, terutama menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).
     
    “BRIZZI hadir sebagai solusi pembayaran non-tunai yang menjawab kebutuhan masyarakat selama Nataru, di mana mobilitas dan transaksi masyarakat meningkat. Dengan jaringan top-up yang luas dan akses yang mudah, BRI memastikan nasabah dapat melakukan transaksi secara cepat, aman, dan nyaman, kapan pun diperlukan,” ujarnya.
     
    Beragam dan mudahnya cara top-up BRIZZI merupakan bentuk komitmen BRI dalam menyediakan layanan yang mudah diakses oleh masyarakat luas. Kemudahan ini dirancang untuk mendukung kebutuhan transaksi non-tunai yang praktis dan aman. BRIZZI tidak hanya menjadi alat pembayaran, tetapi juga wujud nyata dukungan BRI dalam mendorong inklusi keuangan dan memperkuat ekosistem keuangan digital di Indonesia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Cara Cek dan Isi Saldo e-Toll Online untuk Persiapan Perjalanan Mudik Nataru

    Cara Cek dan Isi Saldo e-Toll Online untuk Persiapan Perjalanan Mudik Nataru

    Jakarta: Mudik Libur Natal dan Tahun Baru 2025 menggunakan mobil tentu perlu persiapan yang matang. Salah satunya menyiapkan kartu dan mengisi saldo e-Toll untuk perjalanan melewati jalan tol.

    Apa Itu Kartu Tol?
    Dikutip dari laman bpjt.pu.go.id, kartu tol atau biasa disebut kartu e-toll atau e-money adalah kartu elektronik yang digunakan untuk melakukan transaksi sistem pembayaran non-tunai di gerbang tol. Untuk dapat dipakai uang elektronik ini harus diisi saldo.
     
    Saldo kartu dapat top up atau diisi ulang pada beberapa gerbang tol yang tersedia melalui layanan top up saldo elektronik, kemudian di rest area Jalan Tol yaitu pada minimarket yang menyediakan layanan pengisian saldo elektronik tersebut.
    Cara Cek Saldo Saldo e-Tol

    Berikut langkah-langkah cara memeriksa saldo e-Toll menggunakan handphone atau smartphone:

    Aktifkan Fitur NFC: Pastikan fitur NFC pada smartphone Anda telah diaktifkan.
    Unduh Aplikasi yang Mendukung: Unduh aplikasi yang mendukung fitur pengecekan saldo e-Toll, seperti Livin’ by Mandiri, Tokopedia, Bukalapak, LinkAja, atau BCA mobile.
    Pilih Menu yang Relevan: Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi dan pilih menu yang relevan, seperti “Kartu Uang Elektronik”, “Uang Elektronik”, atau “e-Toll”.
    Ikuti Instruksi: Ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi. Biasanya, Anda akan diminta untuk menempelkan kartu e-Toll pada bagian belakang smartphone.
    Tunggu Hasil: Tunggu beberapa saat hingga hasil pemeriksaan saldo muncul di layar smartphone Anda.

     

     

    Cara Isi Saldo Saldo e-Tol

    Cara Isi Saldo Kartu Tol
    1. Cara Isi Saldo e-Toll via Bank Mandiri
    Buka aplikasi Livin’ by Mandiri lalu login
    Pilih “e-money”
    Pilih “Lihat/Perbarui Saldo”
    Tempelkan kartu e-toll di belakang HP
    Setelah kartu terbaca lakukan top up atau pengisian saldo lalu pilih nominal yang ingin diisi.
    Masukkan PIN, lalu tunggu sampai notifikasi transaksi berhasil.
     
    2.Cara Isi Saldo kartu tol Bank BRI
    Buka Aplikasi BRI Mobile
    Pilih menu Internet Banking BRI
    Masukkan ID Pengguna dan kata sandi
    Pilih menu Pembelian
    Pilih menu Top Up
    Pilih nomor Akun
    Masukkan saldo yang ingin di Top Up
    Masukkan sandi
    Tempelkan kartu e-toll di bagian belakang HP
    Saldo otomatis bertambah
     
    3. Cara Isi Saldo kartu tol Bank BCA
    Buka aplikasi BCA mobile
    Login lalu pilih menu Flazz BCA.
    Letakkan kartu di sisi belakang ponsel.
    Pilih top up Flazz BCA.
    Isi nominal top up.
    Masukkan PIN m-banking BCA.
    Letakkan ulang kartu di sisi belakang ponsel.
    Notifikasi berhasil akan muncul jika saldo sudah terisi
     
    4. Cara Isi Saldo kartu tol Bank BNI
    Login ke BNI Mobile Banking
    Pilih menu Pembelian/Pembayaran
    Pilih menu TapCash
    Pilih nominal Top Up
    Kemudian masukkan 16 digit No.TapCash
    Masukkan password transaksi
    Mendapat konfirmasi berhasil
    Segera lakukan Update Balance

    Jakarta: Mudik Libur Natal dan Tahun Baru 2025 menggunakan mobil tentu perlu persiapan yang matang. Salah satunya menyiapkan kartu dan mengisi saldo e-Toll untuk perjalanan melewati jalan tol.

    Apa Itu Kartu Tol?
    Dikutip dari laman bpjt.pu.go.id, kartu tol atau biasa disebut kartu e-toll atau e-money adalah kartu elektronik yang digunakan untuk melakukan transaksi sistem pembayaran non-tunai di gerbang tol. Untuk dapat dipakai uang elektronik ini harus diisi saldo.
     
    Saldo kartu dapat top up atau diisi ulang pada beberapa gerbang tol yang tersedia melalui layanan top up saldo elektronik, kemudian di rest area Jalan Tol yaitu pada minimarket yang menyediakan layanan pengisian saldo elektronik tersebut.
    Cara Cek Saldo Saldo e-Tol

    Berikut langkah-langkah cara memeriksa saldo e-Toll menggunakan handphone atau smartphone:

    Aktifkan Fitur NFC: Pastikan fitur NFC pada smartphone Anda telah diaktifkan.
    Unduh Aplikasi yang Mendukung: Unduh aplikasi yang mendukung fitur pengecekan saldo e-Toll, seperti Livin’ by Mandiri, Tokopedia, Bukalapak, LinkAja, atau BCA mobile.
    Pilih Menu yang Relevan: Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi dan pilih menu yang relevan, seperti “Kartu Uang Elektronik”, “Uang Elektronik”, atau “e-Toll”.
    Ikuti Instruksi: Ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi. Biasanya, Anda akan diminta untuk menempelkan kartu e-Toll pada bagian belakang smartphone.
    Tunggu Hasil: Tunggu beberapa saat hingga hasil pemeriksaan saldo muncul di layar smartphone Anda.

     

     

    Cara Isi Saldo Saldo e-Tol

    Cara Isi Saldo Kartu Tol
    1. Cara Isi Saldo e-Toll via Bank Mandiri
    Buka aplikasi Livin’ by Mandiri lalu login
    Pilih “e-money”
    Pilih “Lihat/Perbarui Saldo”
    Tempelkan kartu e-toll di belakang HP
    Setelah kartu terbaca lakukan top up atau pengisian saldo lalu pilih nominal yang ingin diisi.
    Masukkan PIN, lalu tunggu sampai notifikasi transaksi berhasil.
     
    2.Cara Isi Saldo kartu tol Bank BRI
    Buka Aplikasi BRI Mobile
    Pilih menu Internet Banking BRI
    Masukkan ID Pengguna dan kata sandi
    Pilih menu Pembelian
    Pilih menu Top Up
    Pilih nomor Akun
    Masukkan saldo yang ingin di Top Up
    Masukkan sandi
    Tempelkan kartu e-toll di bagian belakang HP
    Saldo otomatis bertambah
     
    3. Cara Isi Saldo kartu tol Bank BCA
    Buka aplikasi BCA mobile
    Login lalu pilih menu Flazz BCA.
    Letakkan kartu di sisi belakang ponsel.
    Pilih top up Flazz BCA.
    Isi nominal top up.
    Masukkan PIN m-banking BCA.
    Letakkan ulang kartu di sisi belakang ponsel.
    Notifikasi berhasil akan muncul jika saldo sudah terisi
     
    4. Cara Isi Saldo kartu tol Bank BNI
    Login ke BNI Mobile Banking
    Pilih menu Pembelian/Pembayaran
    Pilih menu TapCash
    Pilih nominal Top Up
    Kemudian masukkan 16 digit No.TapCash
    Masukkan password transaksi
    Mendapat konfirmasi berhasil
    Segera lakukan Update Balance
     

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (RUL)

  • BRI Bagikan Cara Praktis Top Up Saldo BRIZZI untuk Libur Nataru Bebas Hambatan – Page 3

    BRI Bagikan Cara Praktis Top Up Saldo BRIZZI untuk Libur Nataru Bebas Hambatan – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI sebentar lagi akan genap berusia 129 tahun. Di hari jadinya kali ini, BRI tetap terus menghadirkan inovasi terbaru melalui layanan keuangan yang inklusif dan relevan dengan kebutuhan para nasabah. Salah satu inovasi andalannya adalah kartu BRIZZI, sebuah solusi pembayaran non-tunai yang praktis untuk mendukung kebutuhan masyarakat dalam transaksi harian seperti tol, ferry, transportasi umum, parkir, hingga belanja.

    BRI menyediakan berbagai kanal top-up BRIZZI untuk mempermudah pengguna mengisi saldo. Pengisian dapat dilakukan melalui ATM BRI, AgenBRILink, EDC BRI, serta aplikasi BRImo. Melalui BRImo, pengguna cukup menempelkan kartu BRIZZI ke ponsel yang mendukung fitur NFC (Near Field Communication) untuk mengisi saldo secara langsung dengan mudah dan cepat.

    Top-up BRIZZI kini juga dapat dilakukan melalui vending machine yang tersedia di stasiun KRL, MRT, dan LRT. Fasilitas ini dirancang untuk mendukung kebutuhan masyarakat yang menggunakan transportasi umum, memberikan kemudahan tambahan bagi pengguna dengan akses pengisian saldo di lokasi strategis.

    Selain itu, top-up BRIZZI juga dapat dilakukan melalui platform e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, dan Shopee, serta aplikasi pembayaran digital seperti Dana. Layanan ini tersedia di outlet ritel seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan Dandan. Saldo BRIZZI juga bisa diisi melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD), seperti Bank Jateng dan Bank Kalsel, untuk menjangkau masyarakat di berbagai wilayah.

  • Bersiap Hadapi Periode Libur Nataru, BRI Bagikan Beragam Cara Praktis Top-Up Saldo BRIZZI – Halaman all

    Bersiap Hadapi Periode Libur Nataru, BRI Bagikan Beragam Cara Praktis Top-Up Saldo BRIZZI – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI di usianya yang akan menginjak ke-129 tahun, terus menghadirkan inovasi layanan keuangan yang modern dan inklusif. Salah satu layanan unggulannya adalah kartu BRIZZI, solusi pembayaran non-tunai yang praktis untuk berbagai kebutuhan transaksi seperti tol, ferry, KRL, MRT, LRT, parkir, hingga belanja.

    BRI menyediakan berbagai kanal top-up BRIZZI untuk mempermudah pengguna mengisi saldo. Pengisian dapat dilakukan melalui ATM BRI, AgenBRILink, EDC BRI, serta aplikasi BRImo. Melalui BRImo, pengguna cukup menempelkan kartu BRIZZI ke ponsel yang mendukung fitur NFC (Near Field Communication) untuk mengisi saldo secara langsung dengan mudah dan cepat.

    Top-up BRIZZI kini juga dapat dilakukan melalui vending machine yang tersedia di stasiun KRL, MRT, dan LRT. Fasilitas ini dirancang untuk mendukung kebutuhan masyarakat yang menggunakan transportasi umum, memberikan kemudahan tambahan bagi pengguna dengan akses pengisian saldo di lokasi strategis.

    Selain itu, top-up BRIZZI juga dapat dilakukan melalui platform e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, dan Shopee, serta aplikasi pembayaran digital seperti Dana. Layanan ini tersedia di outlet ritel seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan Dandan. Saldo BRIZZI juga bisa diisi melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD), seperti Bank Jateng dan Bank Kalsel, untuk menjangkau masyarakat di berbagai wilayah.

    Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto mengungkapkan bahwa BRIZZI memainkan peran penting dalam mendorong adopsi transaksi non-tunai di Indonesia. “Melalui jaringan top-up yang luas, BRI memastikan bahwa BRIZZI menjadi solusi utama bagi masyarakat untuk berbagai kebutuhan pembayaran. Kehadiran BRIZZI tidak hanya mempermudah transaksi, tetapi juga mempercepat peralihan masyarakat menuju gaya hidup non-tunai yang efisien, aman, dan relevan dengan kebutuhan saat ini,” ungkapnya.

    BRIZZI adalah kartu uang elektronik dari BRI yang menjadikan transaksi lebih mudah, cepat, dan praktis di berbagai kebutuhan sehari-hari. Dengan BRIZZI, BRI menghadirkan solusi pembayaran modern yang mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia. Tercatat hingga akhir November 2024, tercatat terdapat lebih dari 24 juta BRIZZI yang beredar. 

    Andrijanto menambahkan bahwa BRIZZI berperan penting dalam mendukung aktivitas masyarakat, terutama menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). “BRIZZI hadir sebagai solusi pembayaran non-tunai yang menjawab kebutuhan masyarakat selama Nataru, di mana mobilitas dan transaksi masyarakat meningkat. Dengan jaringan top-up yang luas dan akses yang mudah, BRI memastikan nasabah dapat melakukan transaksi secara cepat, aman, dan nyaman, kapan pun diperlukan,” tambahnya.

    Beragam dan mudahnya cara top-up BRIZZI merupakan bentuk komitmen BRI dalam menyediakan layanan yang mudah diakses oleh masyarakat luas. Kemudahan ini dirancang untuk mendukung kebutuhan transaksi non-tunai yang praktis dan aman. BRIZZI tidak hanya menjadi alat pembayaran, tetapi juga wujud nyata dukungan BRI dalam mendorong inklusi keuangan dan memperkuat ekosistem keuangan digital di Indonesia.

  • Bersiap Hadapi Periode Libur Nataru, BRI Bagikan Beragam Cara Praktis Top-Up Saldo BRIZZI

    Bersiap Hadapi Periode Libur Nataru, BRI Bagikan Beragam Cara Praktis Top-Up Saldo BRIZZI

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI di usianya yang akan menginjak ke-129 tahun, terus menghadirkan inovasi layanan keuangan yang modern dan inklusif. Salah satu layanan unggulannya adalah kartu BRIZZI, solusi pembayaran non-tunai yang praktis untuk berbagai kebutuhan transaksi seperti tol, ferry, KRL, MRT, LRT, parkir, hingga belanja.

    BRI menyediakan berbagai kanal top-up BRIZZI untuk mempermudah pengguna mengisi saldo. Pengisian dapat dilakukan melalui ATM BRI, AgenBRILink, EDC BRI, serta aplikasi BRImo. Melalui BRImo, pengguna cukup menempelkan kartu BRIZZI ke ponsel yang mendukung fitur NFC (Near Field Communication) untuk mengisi saldo secara langsung dengan mudah dan cepat.

    Top-up BRIZZI kini juga dapat dilakukan melalui vending machine yang tersedia di stasiun KRL, MRT, dan LRT. Fasilitas ini dirancang untuk mendukung kebutuhan masyarakat yang menggunakan transportasi umum, memberikan kemudahan tambahan bagi pengguna dengan akses pengisian saldo di lokasi strategis.

    Selain itu, top-up BRIZZI juga dapat dilakukan melalui platform e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, dan Shopee, serta aplikasi pembayaran digital seperti Dana. Layanan ini tersedia di outlet ritel seperti Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan Dandan. Saldo BRIZZI juga bisa diisi melalui Bank Pembangunan Daerah (BPD), seperti Bank Jateng dan Bank Kalsel, untuk menjangkau masyarakat di berbagai wilayah.

    Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto mengungkapkan bahwa BRIZZI memainkan peran penting dalam mendorong adopsi transaksi non-tunai di Indonesia. “Melalui jaringan top-up yang luas, BRI memastikan bahwa BRIZZI menjadi solusi utama bagi masyarakat untuk berbagai kebutuhan pembayaran. Kehadiran BRIZZI tidak hanya mempermudah transaksi, tetapi juga mempercepat peralihan masyarakat menuju gaya hidup non-tunai yang efisien, aman, dan relevan dengan kebutuhan saat ini,” ungkapnya.

  • 8 Desember 2024 Memperingati Hari Apa? Ada Hari Brownies Nasional di Amerika Serikat – Halaman all

    8 Desember 2024 Memperingati Hari Apa? Ada Hari Brownies Nasional di Amerika Serikat – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Tanggal 8 Desember 2024 memperingati hari apa? Simak peringatan penting pada tanggal tersebut.

    Diketahui ada peringatan penting yang diperingati pada hari ini, Minggu, 8 Desember 2024.

    Setiap tanggal 8 Desember 2024 umat Katolik memperingati sebagai Hari Raya Maria Dikandung Tanpa Noda.

    Hari peringatan keagamaan lain yang diperingati di tanggal 8 Desember adalah Hari Purnama yang diperingati oleh umat Hindu di Bali.

    Selain itu, setiap tanggal 8 Desember juga diperingati sebagai Hari Brownies Nasional di Amerika Serikat.

    Lantas, apa pentingnya peringatan pada tanggal 8 Desember 2024 tersebut?

    Berikut ulasan lengkap tentang peringatan penting tanggal 8 Desember 2024, yang Tribunnews.com rangkum dari sebagai berikut ini.

    1. Hari Raya Maria Dikandung Tanpa Noda

    Menurut kalender liturgi Gereja Katolik, setiap tanggal 8 Desember diperingati sebagai Hari Raya Maria Dikandung Tanpa Noda oleh seluruh dunia yang bertujuan untuk memperingati Perawan Maria.

    Walaupun bertepatan dengan masa Adven, masa-masa mempersiapkan kelahiran Yesus, akan tetapi Hari Raya Maria Dikandung Tanpa Noda merujuk pada hari kelahiran Maria dari Santa Anna, Ibunda Maria.

    Mengutip National Today, hari suci umat Katolik ini bermula dari doktrin Paus Pius IX tanggal 8 Desember tahun 1854. 

    Dalam doktrin tersebut menyebutkan bahwa sejak di dalam kandungan ibundanya, Maria tidak ternodai dosa berkat rahmat dan keistimewaan guna untuk menyambut Yesus Kristus.

    Perayaan ini menegaskan keyakinan bahwa Maria dikandung tanpa dosa asal, yang dirayakan sembilan bulan sebelum Hari Kelahiran Maria pada 8 September.

    Sebagai salah satu momen penting dalam tradisi Katolik, hari raya ini menjadi simbol kemurnian dan anugerah ilahi.

    2. Hari Purnama

    Ilustrasi bulan purnama (treehugger.com)

    Umat Hindu di Bali biasanya merayakan Hari Purnama pada tanggal 8 Desember.

    Purnama yang jatuh setiap malam bulan penuh atau Sukla Paksa adalah hari suci bagi umat Hindu untuk memohon berkah dan karunia dari Hyang Widhi.

    Hari ini dirayakan untuk memuja Sang Hyang Chandra yang merupakan manifestasi dari Hyang Widhi yang berfungsi sebagai pelebur segala kekotoran.

    Pada hari ini, umat Hindu dianjurkan menyucikan diri lahir batin dengan upacara persembahyangan dan menghaturkan yadnya ke hadapan Hyang Widhi.

    Kondisi bersih secara lahir dan batin ini sangat penting karena dalam jiwa yang bersih akan muncul pikiran, perkataan dan perbuatan yang bersih juga.

    Kebersihan pun sangat penting dalam mewujudkan kebahagiaan, terutama dalam hubungan dengan pemujaan kepada Hyang Widhi.

    Para umat Hindu disarankan untuk menyucikan diri secara lahir dan batin dalam upacara khusus upacara persembahyangan serta menghaturkan yadnya di hadapan Hyang Widhi.

    Dalam kondisi bersih lahir batin tersebut merujuk pada kondisi jiwa yang bersih mulai dari pemikiran, perkataan, hingga perbuatan yang bersih. 

    Maka dengan begitu, umat Hindu dapat mewujudkan kebahagiaan hidup khususnya hubungannya dengan Hyang Widhi.

    3. Hari Brownies Nasional

    ilustrasi kue brownies. (Tokopedia.com/96bakery)

    Hari Brownies Nasional adalah hari yang dirayakan untuk menghormati dan merayakan kelezatan brownies, salah satu jenis kue panggang yang populer di berbagai belahan dunia. 

    Biasanya, Hari Brownis Nasional diperingati di beberapa negara, terutama Amerika Serikat, pada tanggal 8 Desember setiap tahunnya.

    Pada hari ini, orang sering membuat, membagikan, atau menikmati brownies bersama keluarga dan teman-teman. 

    Banyak toko roti atau restoran juga menawarkan promosi khusus pada brownies untuk merayakannya.

    Beberapa sumber menuliskan bahwa brownies merupakan kue coklat yang berasal dari Palmer House Hotel di tahun 1893. 

    Pada tahun itu, sosialita asal Chicago yakni Bertha Palmer memiliki suami yang berutang pada Palmer House Hotel.

    Kemudian koki pastry di hotel Palmer House Hotel tersebut membuat makanan penutup yang disukai dan cocok untuk para wanita yang datang ke Chicago World’s Columbian Exposition.

    Pihak hotel meminta koki tersebut untuk membuat makanan lezat berukuran kecil yang muat dimasukkan ke dalam kotak makan siang. 
    Dari sanalah akhirnya Palmer House Brownie yang terbuat dari lapisan aprikot dan kenari dikenal.

    Di tahun 1907, brownies mulai dikembangkan dan disebut dengan istilah lain yakni Bangor Brownie. 

    Salah satu resepnya ada di dalam Buku Masak Lowney yang ditulis oleh Maria Willet Howard.

    Hingga saat ini brownies masih menjadi makanan penutup dan kue yang populer di Indonesia. 

    (Tribunnews.com/M Alvian Fakka)

  • The Laughing Cow Luncurkan Kemasan Baru dengan Sertifikasi Halal dari BPJPH

    The Laughing Cow Luncurkan Kemasan Baru dengan Sertifikasi Halal dari BPJPH

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — The Laughing Cow Cheese kini tampil dengan kemasan baru yang mencantumkan logo sertifikasi Halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Indonesia.

    Langkah ini tidak hanya memperkuat kepercayaan konsumen terhadap produk ini, tetapi juga menunjukkan komitmen merek tersebut dalam menghadirkan keju berkualitas tinggi yang sesuai dengan nilai dan kebutuhan masyarakat Indonesia.

    “Semua produk kami di Indonesia sudah memenuhi standar Halal sejak awal,” ujar Alamjit Singh Sekhon, General Manager Bel Group Asia Tenggara.

    “Dengan adanya sertifikasi terbaru dari BPJPH, kami semakin mempertegas dedikasi kami untuk menyediakan produk bernutrisi dan berkualitas tinggi bagi keluarga Indonesia.”

    Produk-produk seperti Belcube, Creamy Cheese Triangles, dan Cheez Dippers kini hadir dengan kemasan yang memenuhi peraturan terbaru tentang pelabelan Halal.

    Keju-keju ini dibuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti susu sapi asli tanpa tambahan minyak nabati, pengawet, atau pewarna buatan, menjadikannya pilihan camilan sehat yang dapat diandalkan.

    The Laughing Cow juga menyoroti pentingnya logo Halal dalam keputusan konsumen. Sebuah survei menunjukkan bahwa 93% masyarakat Indonesia menganggap sertifikasi Halal sebagai faktor utama dalam memilih produk makanan.

    Dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia menjadi pasar strategis bagi The Laughing Cow untuk terus mendukung kesehatan dan kesejahteraan keluarga melalui produk bernutrisi.

    Produk The Laughing Cow mudah ditemukan di berbagai supermarket terkemuka seperti Lion Superindo, Farmers Market, dan Hypermart, serta platform e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia. Bel Group, sebagai perusahaan induk, juga menegaskan visinya “for all, for good” dengan menghadirkan camilan lezat yang kaya protein dan kalsium untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatan anak-anak Indonesia.