Perusahaan: Tokopedia

  • Sama-Sama Menjunjung Tinggi Produk Lokal

    Sama-Sama Menjunjung Tinggi Produk Lokal

    YOGYAKARTA – Belum lama ini, TikTok mengumumkan kemitraan strategis dengan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GoTo). Sebagai tindak lanjut dari kemitraan strategis ini, bisnis Tokopedia dan TikTok Shop dikombinasikan di bawah Tokopedia. Lantas, apa alasan TikTok Shop gandeng Tokopedia?

    Terkait hal ini, Direktur Eksekutif E-commerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo membeberkan alasan mengapa TikTok Shop gandeng Tokopedia. Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

    Alasan TikTok Shop Gandeng Tokopedia

    Dikatakan Stephanie, alasan pihaknya menggandeng Tokopedia karena mereka melihat Tokopedia sangat mendukung pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia. Hal ini sejalan dengan visi dan misi TikTok.

    “Kami punya visi dan misi yang sama untuk menjunjung tinggi produk lokal, UMKM lokal, dan creator-kreator di Indonesia,” kata Stephanie di Tokopedia Tower, Jakarta, Selasa, 12 Desember 2023, dikutip VOI.

    Stephanie tidak menyangkal bahwa pihaknya juga melakukan penjajakan ke e-commerce lain sebelum akhirnya memutuskan untuk menjalin kemitraan strategis dengan GoTo.

    Berdasarkan penelusuran VOI, TikTok tercatat pernah menjalin komunikasi dengan sejumlah e-commerce, seperti Bukalapak dan CT Corp. Akan tetapi, dari penjajakan itu, yang resmi digandeng adalah Tokopedia.

    “Kita akan terus bekerjasama dengan Tokopedia seterusnya, nanti untuk ke depannya akan kami update jika sudah ada info lebih lanjut,” tutur Stephanie.

    Dia menyatakan, pihaknya akan patuh kepada pemerintah soal peralihan semua bentuk transaksi ke Tokopedia, sebab TikTok Shop hanya memiliki izin sebagai social commerce.

    “Seperti yang Pak Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bilang itu sekitar tiga sampai empat bulan dan ini juga akan terus merapat kepada mereka untuk memikirkan bagaimana idealnya,” tutup Stephanie.

    Tanggapan Menkop UKM Soal TikTok Shop Gandeng Tokopedia

    Kabar bergabungnya TikTok Shop dengan Tokopedia turut disorot oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Mengah (Menkop UKM) Teten Masduki. Dia mengingatkan agar TikTok mematuhi regulasi dan mengutamakan UMKM di Indonesia.

    Menteri Teten meminta TikTok Shop dan Tokopedia mematuhi regulasi yang ada di Indonesia, khususnya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PMSE).

    “TikTok dan GoTo harus ikut mengembangkan program pemerintah, memberdayakan UMKM kami dan membangun bisnis model yang berkelanjutan,” ujar Teten dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Selasa, 12 Desember.

    Dia menambahkan, ada lima kebijakan kebijakan dalam Permendag 31/2023 yang harus dipatuhi TikTok Shop dan Tokopedia, di antaranya:

    Kebijakan multichannel di e-commerce, yakni kepatuhan dengan aturan pemisahan e-commerce dari media sosial.TikTok Shop dan Tokopedia dilarang untuk memberi ruang bagi barang dumping di negara asalnya atau barang impor dengan harga ekspor yang lebih rendah disbanding negara asalnya.TikTok Shop dan Tokopedia tidak menjual barang impor yang dokumennya tidak lengkap. Barang impor yang dijual secara online harus mempunyai izin edar dari BPOM, punya SNI, dan memiliki sertifikasi halal.TikTok Shop dan Tokopedia diminta untuk tidak menjual barang yang harganya berada di bawah harga pokok penjualan (HPP) dalam negeri. Hal ini bertujuan untuk melindungi UMKM produsen lokal.Platform online termasuk TikTok Shop dan Tokopedia tidak boleh menjual produk sendiri.

    Demikian informasi tentang alasan TikTok Shop gandeng Tokopedia. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.

  • Pernah Populer, 9 E-commerce Ini Tutup Layanan di Indonesia

    Pernah Populer, 9 E-commerce Ini Tutup Layanan di Indonesia

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – E-commerce jadi salah satu sektor yang berkembang pesat di Indonesia . Para pemainnya juga terus bertambah seiring berjalannya waktu.

    Namun ini bukan berarti semua e-commerce bisa bertahan. Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah e-commerce menutup layanannya.

    Ada juga yang memilih bisnis baru. Salah satunya dilakukan oleh Bukalapak awal tahun ini.

    Salah satu e-commerce yang mengantongi titel unicorn pertama kali mengumumkan menutup layanan marketplace. Bukalapak kini memilih menjual seperti pulsa, token listrik, dan membayar BPJS.

    Sementara itu, sejumlah e-commerce lain memilih menutup seluruh layanannya. Ada berbagai alasan yang terungkap, termasuk tidak bisa bersaing dengan pemain-pemain lainnya.

    Berikut 9 e-commerce yang akhirnya memutuskan menutup layanan:

    1. Blanja.com

    Perusahaan yang didirikan Telkom dengan e-Bay menutup layanan 1 September 2020. Alasan penutupan adanya perubahan strategis dari e-commerce yang dulunya bernama Plasa.com.

    2. Elevania

    Elevania tutup layanan pada 2023 setelah hampir 10 tahun beroperasi. Perusahaan ini adalah hasil patungan dari XL Aciata dengan SK Planet yang berasal dari Korea Selatan.

    3. Qlapa

    Qlapa jadi korban dari sulitnya bersaing di sektor e-commerce yang dihuni nama besar seperti Tokopedia dan Bukalapak. Layanan ini resmi ditutup 2019 atau empat tahun setelah dirilis.

    4. Rakuten

    E-commerce asal Jepang ini menutup layanan setelah lima tahun diluncurkan. Alasan Rakuten tutup karena adanya pergeseran model bisnis yang tidak sesuai dengan konsep awal.

    5. Cipika

    Cipika bertahan tiga tahun sebelum akhirnya menutup layanan pada 2017. Perusahaan dari Indosat ini dinilai memiliki perkembangan yang lambat.

    6. Multiply

    Layanan ini awalnya sebuah media sosial. Namun Multiply Commerce berpindah dari AS ke Indonesia, yang akhirnya perkembangannya tidak signifikan dan Nasper menghentikan aliran dananya.

    7. MatahariMall.com

    Sebelumnya e-commerce ini bernama Matahari.com sebelum diubah pada 2015. Perubahan itu membuat MatahariMall.com berfokus hanya berjualan produk dari Matahari, bukanlagi berasal dari pihak ketiga saja.

    8. Toko Bagus

    Toko Bagius sebenarnya tidak sepenuhnya tutup, namun berganti nama menjadi OLX pada 2014. Ternyata mereka tidak bisa bersaing dan sekarang fokusnya jual beli mobil bekas dengan nama OLX Autos.

    9. JD.id

    Penutupan layanan JD.id terjadi pada 2023, menyusul sebelumnya telah melakukan beberapa kali PHK dan menutup layanan logistik. Induk perusahaannya JD.com beralasan penutupan sebagai cara mereka berfokus pada pembangunan jaringan rantai pasok lintas negara.

    (luc/luc)

  • Huawei FreeBuds Pro 4 Meluncur, TWS ANC Harga Rp 2 Jutaan

    Huawei FreeBuds Pro 4 Meluncur, TWS ANC Harga Rp 2 Jutaan

    Jakarta

    Huawei FreeBuds Pro 4 resmi dirilis di Indonesia setelah dipamerkan bulan lalu. Perangkat true-wireless stereo (TWS) ini hadir dengan desain premium yang terinspirasi dari senar dan musik klasik.

    Training Director Huawei Device Indonesia Edy Supartono mengatakan TWS ini juga dilengkapi sejumlah fitur premium seperti active noise cancellation (ANC), dynamic driver berukuran besar (11 mm), dan transmisi audio lossless secara wireless.

    “Huawei FreeBuds Pro 4 lossless transmission-nya dia itu bisa mencapai 2,3 Mbps. Ini termasuk yang sangat tinggi sekali untuk pencapaian kualitas suaranya,” kata Edy dalam peluncuran produk terbaru Huawei di Jakarta, Kamis (9/1/2025).

    “Tetapi ini bisa didapatkan atau bekerja paling maksimal pada perangkat-perangkat Huawei terutama. Contohnya, 2,3 Mbps losless audio ini bisa didapatkan jika FreeBuds Pro 4 ini dengan Huawei Mate X6,” sambungnya.

    FreeBuds Pro 4 juga dilengkapi teknologi Intelligent Dynamic ANC 3,0 yang bisa menyesuaikan tingkat peredaman suara sesuai lingkungan sekitar. Bagi yang sering melakukan panggilan telepon atau rapat online, fitur comprehensive privacy protection bisa mengurangi tingkat kebisingan hingga 100 dB.

    Bicara soal panggilan telepon, FreeBuds Pro 4 mengusung empat mikrofon yang terdiri dari tiga mikrofon utama dan satu mikrofon Bone Conduction VPU. Konfigurasi ini bisa meminimalisir suara dari luar hingga 200%, sehingga menghasilkan panggilan suara yang lebih jernih.

    Huawei FreeBuds Pro 4 Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

    Huawei mengklaim FreeBuds Pro bisa dipakai mendengarkan musik hingga tujuh jam dengan ANC dinonaktifkan. Charging case bawaannya bisa menyediakan daya ekstra dengan total masa pakai hingga 33 jam.

    FreeBuds Pro 4 juga memiliki satu fitur unik yaitu Head Motion Controls. Fitur ini memungkinkan pengguna menjawab atau menolak panggilan hanya dengan mengangguk atau menggelengkan kepala.

    TWS ini juga bisa terhubung dengan dua perangkat sekaligus berkat fitur Dual-device Connectivity. Sama seperti perangkat TWS Huawei sebelumnya, FreeBuds Pro 4 mendukung sistem operasi Android dan iOS, jadi bisa dipasangkan dengan ponsel selain Huawei.

    FreeBuds Pro 4 sudah memiliki rating IP54 jadi bisa tahan terhadap air dan debu. Huawei menyediakan tujuh pasang eartip dalam kemasan FreeBuds Pro 4, yang terdiri dari empat pasang eartip silikon dan tiga pasang eartip Shape-Memory Polymer Foam yang bentuknya bisa menyesuaikan kontur telinga pengguna dan menawarkan isolasi suara lebih baik.

    Huawei FreeBuds Pro 4 hadir dalam dua pilihan warna yaitu Black dan White. TWS ini dijual dengan harga spesial Rp 2.299.000 selama periode pre-order, dan harga normal Rp 2.499.000.

    Huawei membuka pre-order FreeBuds Pro 4 mulai 9-23 Januari 2025, dan TWS ini dapat dipesan secara online lewat toko resmi Huawei di TikTok Shop dan Tokopedia, serta secara offline di Huawei Authorized Experience Store, Erafone, Blibli, dan Urban Republic.

    Selama periode pre-order, pelanggan akan menerima bonus senilai Rp 800.000 yang terdiri dari cashback Rp 200.000, VIP Service dengan garansi satu tahun, dan layanan Earbuds Lost-Worry Free selama satu tahun, di mana pelanggan bisa membeli satu earbuds dengan setengah harga jika hilang atau rusak.

    (vmp/fay)

  • Muluskan Target Asta Cita Prabowo, Karyawan BUMN Dituntut Melek AI – Page 3

    Muluskan Target Asta Cita Prabowo, Karyawan BUMN Dituntut Melek AI – Page 3

    Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto melakukan panggilan video kepada CEO Nvidia, Jensen Huang pada Kamis, 14 November 2024. Momen ini terjadi di tengah acara Indonesia AI Day. 

    Dalam momen tersebut, Jensen didampingi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan CEO PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Patrick Walujo. 

    Berdasarkan pantauan Liputan6.com di lokasi, Patrick selaku moderator sesi diskusi tersebut di awal acara telah mengatakan Prabowo akan melakukan panggilan telepon dan berbicara kepada Jensen Huang. 

    “Jensen, selamat datang di Jakarta. Saya harus bersiap dengan telepon, karena Presiden kami, Presiden Prabowo, baru saja mendarat di Peru dan dia akan menelepon Anda,” kata Patrick dalam acara tersebut.

    Di Tengah diskusi, Patrick mengungkapkan ada panggilan masuk dari Prabowo dan langsung memberikan ponselnya kepada Jensen. Tak lama, Jensen menuruni panggung dan berbincang dengan Prabowo melalui panggilan video. 

    Pada kesempatan itu, Bos Nvidia menyampaikan duka cita atas bencana erupsi gunung berapi Lewotobi Laki Laki di Nusa Tenggara Timur. Prabowo menanggapi dengan ucapan terima kasih atas dukungan Huang yang juga memberikan donasi kepada korban di erupsi di NTT.

    Pada kesempatan singkat tersebut, Jensen dan Prabowo membahas beberapa hal terkait AI di Indonesia. Jensen menyebut ada banyak mitra untuk bekerja sama dengan industri dan AI di Indonesia. Prabowo menyambut baik pernyataan dari Jensen.

    “Kita sambut dengan tangan terbuka. Kita akan menjadikan Anda sebagai peserta penting. Kami ingin Anda menjadi peserta penting. Kami menyadari besarnya pengaruh AI dan segala kemungkinannya, terutama di bidang pendidikan, pertanian, dan kesehatan,” ujar Prabowo.

    Tak hanya dengan Prabowo, pada diskusi tersebut, Jensen juga membahas soal pemanfaatan AI di Indonesia dengan Erick Thohir dan Bos GOTO. 

     

     

  • Bukalapak Resmi Akhiri Layanan Marketplace, Pengguna Bisa Belanja hingga 9 Februari 2024

    Bukalapak Resmi Akhiri Layanan Marketplace, Pengguna Bisa Belanja hingga 9 Februari 2024

    Jakarta, Beritasatu.com – Bukalapak sebagai salah satu e-commerce di Indonesia mengumumkan secara resmi penutupan layanan marketplace, pada Selasa (7/1/2025).

    Bukalapak memutuskan untuk menutup layanan marketplace sebagai respons terhadap perubahan kebutuhan pasar dan tren digital yang terus berkembang.

    Selain menyatakan tutup secara resmi sebagai e-commerce, PT Bukalapak.com Tbk mengumumkan bahwa fokus mereka akan beralih sepenuhnya ke penjualan produk virtual, seperti pulsa dan token listrik yang dianggap lebih relevan dan menguntungkan di era digital saat ini.

    Keputusan ini juga didasarkan pada analisis bisnis yang mendalam, dengan tujuan meningkatkan profitabilitas dan menjaga keberlanjutan bisnis jangka panjang.

    Meski begitu, pengguna Bukalapak masih bisa melakukan pemesan produk fisik hingga 9 Februari 2025 dengan batas akhir penambahan produk pada 1 Februari 2025.

    Sementara itu, semua pesanan yang belum diproses hingga 2 Maret 2025 akan dibatalkan otomatis, dan dana akan dikembalikan kepada pembeli melalui BukaDompet.

    Sejarah Marketplace Bukalapak

    Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Fajrin Rasyid di sebuah rumah kos di Bandung pada 10 Januari 2010.

    Diketahui tujuan awal dibentuknya Bukalapak, yakni untuk memberikan wadah bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia agar dapat bertransaksi secara online.

    Eksistensi Bukalapak sebagai e-commerce mulai dikenal luas saat tren sepeda lipat dan fixed-gear meningkat, dan menjadikan platform ini banyak digunakan sebagai sarana jual beli sepeda dan aksesorisnya.

    Seiring waktu, Bukalapak menarik perhatian investor, termasuk Batavia Incubator dan GREE Ventures. Pada 2017, Bukalapak meraih status unicorn setelah mendapatkan pendanaan besar, dengan nilai transaksi yang meningkat secara signifikan.

    Pada Agustus 2021, penjualan saham Bukalapak pada masyarakat umum (Initial Public Offering/IPO) menjadi yang terbesar dalam sejarah pasar modal Indonesia, hingga berhasil mengumpulkan sebanyak Rp 21,9 triliun.

    Namun, persaingan ketat dengan platform lain seperti Shopee dan Tokopedia memaksa Bukalapak melakukan restrukturisasi. CEO Achmad Zaky digantikan oleh Muhammad Rachmat Kaimuddin pada 2019.

    Meskipun mengalami tantangan, Bukalapak mencoba terus berkomitmen untuk mendukung pelapak dan memperluas layanan.

    Walau pada akhirnya, Bukalapak memutuskan untuk menghentikan operasi marketplace pada Januari 2025 demi fokus pada produk virtual.

  • Pre-Order Tablet Rasa Laptop HUAWEI MatePad 12 X Dibuka, Ini Keunggulannya

    Pre-Order Tablet Rasa Laptop HUAWEI MatePad 12 X Dibuka, Ini Keunggulannya

    Jakarta

    HUAWEI resmi membuka jalur pembelian pre-order untuk tablet teranyar, yaitu HUAWEI MatePad 12 X. Tablet generasi baru ini hadir dengan desain ringan dan fitur inovatif yang menawarkan pengalaman lebih dari laptop.

    Dengan desain dan fitur tersebut, menjadikan Huawei MatePad 12 X pilihan ideal bagi profesional muda dan pekerja dinamis yang menginginkan perangkat yang fleksibel untuk bekerja dan berkreasi di mana saja.

    “HUAWEI MatePad 12 X adalah tablet yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para profesional muda yang selalu mobile, sekaligus mendukung kebutuhan produktivitas dan kreativitas mereka,” ujar Country Head Huawei Device Indonesia Huiler Fan dalam keterangan tertulis, Senin (6/1/2025).

    “Dengan kombinasi performa tinggi dan portabilitas, HUAWEI MatePad 12 X adalah perangkat yang akan membawa pengalaman kerja layaknya laptop dalam format yang lebih ringan dan fleksibel,” imbuhnya.

    Tablet Stylish, Dukung Produktivitas Profesional Muda dan Kreatif

    HUAWEI MatePad 12 X tampil elegan dalam dua pilihan warna, White dan Greenery, dengan bodi yang terbuat dari material aluminium alloy serta finishing Natural Mica Powder sebagai bahan baku yang sering digunakan untuk kosmetik dan mobil mewah. Dipadukan dengan teknologi e-coating yang menciptakan efek kilau mutiara, sehingga memberikan kesan premium.

    Tak hanya stylish, tablet ini juga dirancang dengan mengutamakan portabilitas tanpa mengorbankan performa. Memiliki bobot 555 gram dan ketebalan 5.9 mm, HUAWEI MatePad 12 X mudah dan nyaman dibawa ke mana saja sepanjang hari, menjadikannya pilihan ideal untuk profesional muda yang sering bekerja di luar kantor atau berkreasi di kafe atau ruang publik lainnya.

    Produktivitas Seperti Menggunakan Laptop

    HUAWEI MatePad 12 X Foto: HUAWEI

    Dibekali aplikasi eksklusif WPS setara PC, HUAWEI MatePad 12 X menawarkan pengalaman pengolahan dokumen mirip dengan aplikasi kantor pada laptop. Fitur-fiturnya mencakup pivot table, pengaturan margin kustom, hingga animasi kustom yang dapat langsung dicetak. Selain itu, antarmuka pengguna yang intuitif dirancang untuk mendukung para profesional bekerja lebih efisien tanpa dibatasi oleh fitur standar tablet pada umumnya.

    HUAWEI MatePad 12 X juga dilengkapi dengan HUAWEI Notes, aplikasi pencatat cerdas yang memungkinkan pengguna untuk mencatat dengan mudah sambil merekam suara, mengedit file PDF, dan mencari catatan dengan teknologi handwriting search.

    Layar Mewah untuk Pengalaman Visual Luar Biasa tapi Tetap Nyaman di Mata

    Keunggulan lainnya dari HUAWEI MatePad 12 X ada pada layar. Perangkat ini dilengkapi layar PaperMatte Display berukuran 12 inci dengan resolusi 2.8K, memberikan tampilan visual yang tajam dan nyaman dalam berbagai kondisi.

    Dengan tingkat kecerahan hingga 1.000 nits dan refresh rate mencapai 144 Hz, layar ini telah bersertifikasi TÜV Rheinland, sehingga aman digunakan dalam waktu lama tanpa menyebabkan kelelahan mata. Layar PaperMatte ini juga menawarkan keunggulan seperti kemampuan anti-silau, anti-lelah, dan anti-noda sidik jari.

    Baterai Awet dan Pengisian Cepat untuk Produktivitas Tanpa Batas

    Dengan baterai berkapasitas 10,100 mAh dan dukungan pengisian daya 66 W Turbo Fast mampu mendukung aktivitas sehari-hari tanpa khawatir kehabisan daya. Pengguna dapat mengisi baterai hingga penuh hanya dalam 80 menit, memberikan kebebasan untuk bekerja tanpa batasan waktu.

    Aksesori Penunjang yang Canggih dan Lengkap

    HUAWEI MatePad 12 X dilengkapi dengan Ultra-light and Thin NearLink Keyboard yang dirancang dengan lapisan micro-velvet anti-stain coating dan material silikon organik nano-grade, memberikan sentuhan halus, sekaligus tahan dengan berbagai jenis noda dari coretan pulpen, saus, minuman, memastikan tampilannya tetap bersih dan terjaga.

    Selain itu, HUAWEI M-Pencil (3rd Gen) dengan teknologi NearLink hadir dengan lebih dari 10.000 tingkat sensitivitas tekanan dan frekuensi respons enam kali lebih cepat dibandingkan Bluetooth, memastikan pengalaman menulis dan menggambar yang presisi dan responsif. Kombinasi keduanya memberikan kemudahan dan fleksibilitas bagi pengguna untuk mendukung produktivitas sehari-hari.

    Kreativitas dan Hiburan Tanpa Batas

    Tak hanya itu saja, tablet serbaguna ini juga dilengkapi dengan aplikasi GoPaint, memungkinkan pengguna berkreasi menggunakan berbagai jenis kuas, serta fitur Batik Resources Center yang menggabungkan seni tradisional Indonesia dengan teknologi digital. Selain itu, sistem audio HUAWEI Sound menawarkan pengalaman suara yang imersif, sempurna untuk hiburan dan menikmati konten multimedia.

    Tablet ini dirancang untuk memberikan pengalaman optimal dalam bekerja, belajar, dan berkreasi dengan lebih efisien. Sebagai wujud komitmen HUAWEI terhadap pengembangan produk, layanan, dan teknologi inovatif, MatePad 12 X dirancang untuk mendukung pencapaian tujuan profesional dan pribadi penggunanya.

    HUAWEI MatePad 12 X tersedia dengan harga Rp 8.999.000, dilengkapi dengan HUAWEI Smart Magnetic Keyboard, HUAWEI M-Pencil 3rd Gen dan HUAWEI Bluetooth Mouse, serta aplikasi eksklusif bawaannya, GoPaint dan PC-Level WPS Office.

    HUAWEI MatePad 12 X Foto: HUAWEI

    Pembelian dapat dilakukan di Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, Blibli, Lazada, eraspace.com, dan DatascripMall.ID pada HUAWEI Official Store. Selain itu, Anda bisa mendapatkan HUAWEI MatePad 12 X secara offline melalui jaringan HUAWEI Authorized Experience Store terdekat, atau melalui mitra ritel kenamaan seperti Erafone, Urban Republic, BliBli Store, dan toko-toko berlisensi lainnya.

    Untuk pembelian secara online dapat dilakukan di HUAWEI Official Store selama periode pre-order mulai 9 Januari 2025, terdapat juga voucher early bird senilai hingga Rp 100 ribu yang dapat diklaim. Berbagai penawaran menarik juga tersedia melalui mitra e-commerce, seperti Shopee dengan cicilan 0 persen melalui Shopee PayLater hingga 6 bulan dan bebas biaya cicilan kartu kredit hingga 18 bulan.

    Tokopedia menawarkan cicilan dengan GoPay Later hingga 6 bulan serta Gadget Protection hingga 12 bulan, dan Blibli menyediakan cicilan bank 0 persen hingga 24 bulan dan layanan Blibli Care+ untuk perlindungan ekstra.

    (ega/ega)

  • Pre-Order HUAWEI MatePad 12 X Dibuka, Intip Fitur Inovatifnya yang Cocok untuk Profesional Muda! – Page 3

    Pre-Order HUAWEI MatePad 12 X Dibuka, Intip Fitur Inovatifnya yang Cocok untuk Profesional Muda! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Pre-order HUAWEI MatePad 12 x sudah resmi dibuka. Tablet yang menawarkan pengalaman lebih dari laptop tersebut menawarkan desain ringan dan fitur inovatif guna mendukung produktivitas maksimal kalangan pekerja di mana saja dan kapan saja.

    Country Head Huawei Device Indonesia, Huiler Fan mengatakan, HUAWEI MatePad 12 X adalah tablet yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan para profesional muda yang selalu mobile, sekaligus mendukung kebutuhan produktivitas dan kreativitas.

    “Dengan kombinasi performa tinggi dan portabilitas, HUAWEI MatePad 12 X adalah perangkat yang akan membawa pengalaman kerja layaknya laptop dalam format yang lebih ringan dan fleksibel,” katanya.

    Perbesar

    Harga HUAWEI MatePad 12 X. (Foto: Istimewa)

    Untuk harganya sendiri, HUAWEI MatePad 12 X dibanderol dengan harga Rp8.999.000. Harga tersebut pun sudah termasuk  HUAWEI Smart Magnetic Keyboard, HUAWEI M-Pencil 3rd Gen dan HUAWEI Bluetooth Mouse, serta aplikasi eksklusif bawaannya, GoPaint dan PC-Level WPS Office.

    Perbesar

    HUAWEI MatePad 12 X.. (Foro: Istimewa)

    Nah, kamu bisa membeli HUAWEI MatePad 12 X di Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, Blibli, Lazada, eraspace.com, dan DatascripMall.ID pada HUAWEI Official Store, ataupun secara offline melalui jaringan HUAWEI Authorized Experience Store terdekat, melalui mitra ritel kenamaan seperti Erafone, Urban Republic, BliBli Store, dan toko-toko berlisensi lainnya.

    Menariknya lagi, jika kamu melakukan pembelian secara offline selama pre-order mulai dari 9 Januari  2025, bisa mendapatkan voucher early bird senilai hingga Rp100 ribu.

    Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai penawaran menarik di Shopee dengan cicilan 0 persen melalui Shopee PayLater hingga 6 bulan dan bebas biaya cicilan kartu kredit hingga 18 bulan.

    Selain itu, Tokopedia menawarkan cicilan dengan GoPay Later hingga 6 bulan serta Gadget Protection hingga 12 bulan, dan Blibli menyediakan cicilan bank 0 persen hingga 24 bulan dan layanan Blibli Care+ untuk perlindungan ekstra.

    Desain Ringan dan Elegan

    Perbesar

    Desain HUAWEI MatePad 12 X. (Foto: Istimewa)

    HUAWEI MatePad 12 X mengutamakan portabilitas tanpa mengurangi performa. Dengan bobot hanya 555 gram dan ketebalan 5,9 mm, tablet ini mudah dibawa ke mana saja dan menjadikannya pilihan ideal bagi profesional muda yang sering bekerja di luar kantor atau berkreasi di kafe maupun ruang publik lainnya.

    Tablet ini tersedia dalam dua pilihan warna elegan, White dan Greenery. Desainnya menggunakan material aluminium alloy dengan sentuhan akhir Natural Mica Powder dan e-coating, menghasilkan efek Pearlescent Sheen yang memberikan tampilan premium, ringan, dan nyaman digunakan sepanjang hari.

    Olah Dokumen Seperti di Laptop

    Perbesar

    Olah dikumen di HUAWEI MatePad 12 X. (Foto: Istimewa)

    Tablet ini dilengkapi dengan aplikasi eksklusif PC-level WPS, yang menghadirkan pengalaman pengolahan dokumen setara dengan aplikasi office pada laptop. Fitur-fitur seperti pivot table, custom margin, hingga custom animation tersedia dan dapat langsung dicetak (print). 

    Selain itu, antarmuka pengguna (UI) yang intuitif dirancang untuk membantu para profesional bekerja lebih efisien tanpa dibatasi oleh keterbatasan fitur yang biasa ada pada tablet.

    HUAWEI MatePad 12 X juga dilengkapi dengan HUAWEI Notes, sebuah aplikasi pencatat pintar yang memungkinkan pengguna mencatat dengan mudah sambil merekam suara, mengedit file PDF, dan mencari catatan menggunakan teknologi pencarian tulisan tangan (handwriting search).

    Layar yang Mewah

    Perbesar

    HUAWEI MatePad 12 X. (Foto: Istimewa)

    HUAWEI MatePad 12 X memiliki layar 12 inci PaperMatte Display beresolusi 2.8K yang tajam dan nyaman di berbagai kondisi. Dengan kecerahan hingga 1.000 nits, refresh rate 144 Hz, serta sertifikasi TÜV Rheinland, layar ini aman untuk penggunaan jangka panjang tanpa menyebabkan kelelahan mata. Keunggulannya meliputi anti-glare, anti-fatigue, dan anti-fingerprint.

    Baterai Tahan Lama dan Ada Fast Charging

    Perbesar

    Fast charging di HUAWEI MatePad 12 X. (Foto: Istimewa)

    Dengan baterai berkapasitas 10,100 mAh dan dukungan pengisian daya 66 W Turbo Fast mampu mendukung aktivitas sehari-hari tanpa khawatir kehabisan daya. Kamu dapat mengisi baterai hingga penuh hanya dalam 80 menit dan memberikan kebebasan untuk bekerja tanpa batasan waktu.

    Perbesar

    HUAWEI MatePad 12 X. (Foto: Istimewa)

    HUAWEI MatePad 12 X dilengkapi Ultra-light NearLink Keyboard dengan lapisan micro-velvet anti-stain dan material silikon nano-grade yang tahan noda, menjaga tampilan tetap bersih.

    HUAWEI M-Pencil (3rd Gen) hadir dengan teknologi NearLink, menawarkan lebih dari 10.000 tingkat sensitivitas tekanan dan respons enam kali lebih cepat dari Bluetooth, memberikan pengalaman menulis dan menggambar yang presisi. Kombinasi ini mendukung produktivitas dengan fleksibilitas maksimal.

    Selain itu, HUAWEI MatePad 12 X juga hadir dengan aplikasi GoPaint yang menawarkan berbagai jenis brush dan fitur Batik resources center. Hal itu memadukan seni tradisional Indonesia dengan teknologi digital. Sistem audio HUAWEI Sound menyempurnakan pengalaman hiburan dengan suara imersif.

    So, dengan segala fitur inovatif yang ada di HUAWEI MatePad 12 X, tablet tersebut dirancang untuk mendukung produktivitas, pembelajaran, dan kreativitas, sekaligus mencerminkan komitmen HUAWEI dalam menghadirkan teknologi inovatif untuk membantu pencapaian profesional dan pribadi pengguna. Miliki sekarang juga, ya!

     

    (*)

  • Bukalapak tutup layanan marketplace, persaingan usaha atau..

    Bukalapak tutup layanan marketplace, persaingan usaha atau..

    Logo Bukalapak. Foto: Istimewa

    Bukalapak tutup layanan marketplace, persaingan usaha atau..
    Dalam Negeri   
    Editor: Nandang Karyadi   
    Rabu, 08 Januari 2025 – 18:06 WIB

    Elshinta.com – Salah satu e-commerce di Indonesia, Bukalapak resmi menutup layanan marketplace pada, Selasa (7/1/2025). Penjualan produk fisik seperti barang elektronik, gadget, busana, dan sebagainya diganti dengan hanya menjual produk virtual seperti pulsa prabayar, token listrik, dan sebagainya. Hal ini disampaikan manajamen Bukalapak melalui blog resminya.

    “E-Commerce di Indonesia masih cukup kuat, terlepas dari Bukalapak yang menutup layanannya di bidang marketplace, ” ungkap Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (CELIOS), Nailul Huda dalam wawancara di Radio Elshinta, Rabu (8/1/2025).

    “Ini adalah buah dari persaingan yang ketat. Bisa dilihat beberapa tahun terakhir mereka tidak bisa bersaing dengan E-Commerce lainnya dalam hal menyediakan lapak bagi penjual. Statement Bukalapak dalam beberapa tahun terakhir mereka fokus pada offline commerce atau mitra Bukalapak. Hal ini saya lihat menjadi tanda Bukalapak tidak bisa bertahan di tengah persaingan E-Commerce di Indonesia yang ketat, ” tambah Nailul Huda.

    Nailul juga menjelaskan, di dalam persaingan E-Commerce, Bukalapak seperti ‘hidup segan menutup pun tak mau’. Seakan mereka menjadi zombie, mereka ada tapi tidak digunakan. Yang mengakibatkan penjual malas berdagang di Bukalapak. Karena mereka tidak mendapat insentif.

    “Sementara pelanggan membutuhkan harga yang bersaing, butuh promo dan lain sebagainya, hingga menyebabkan Bukalapak semakin sepi dan kalah bersaing dengan E-Commerce lain,” kata Nailul memberikan catatan.

    Sebelum Bukalapak, pada tahun 2023 E-Commerce JD.ID pun menutup layanannya di Indonesia. Menurut Nailul, apa yang terjadi pada Bukalapak mirip dengan apa yang dialami JD.ID.

    “Mereka kekurangan pendanaan juga. Ketika itu JD.ID menyasar luxury consumer dengan tagline “Pasti Original”. Namun di platform lain juga menyediakan fitur untuk memastikan barang original. Sehingga dua E-Commerce itu tidak mampu bersaing dalam inovasi dan tidak bakar duit, ” jelas Nailul.

    Bukalapak yang menutup layanan marketplace, bisa menjadi peringatan untuk E-Commerce lainnya.

    “Namun bagi E-Commerce yang sekarang berada paling atas seperti Shopee dan Tokopedia kondisi ini justru menguntungkan bagi mereka karena kompetitor berkurang. Dan mereka bisa lebih menonjolkan diri sebagai E-Commerce yang sedang diminati. Tetapi ini perlu diwaspadai E-Commerce lain dan harus memicu mereka untuk terus berinovasi,” papar Nailul Huda.

    Bukalapak merupakan salah satu E-Commerce atau perusahaan perdagangan elektronik di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada 2010 oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid sebagai lokapasar untuk memfasilitasi para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

    Bukalapak pernah menjadi salah satu E-Commerce  terbesar di Indonesia dan masuk ke dalam jajaran startup unicorn. Penawaran umum perdana (IPO) pertamanya di Bursa Efek Indonesia pada 2021 menjadi yang terbesar sepanjang sejarah pasar modal Indonesia, yakni sebesar USD 1,5 miliar.

     

    Penulis: Dwi Iswanto/Ter

    Sumber : Radio Elshinta

  • OPPO Reno13 Series Siap Rilis, Performa Gaming Mulus-Bisa Motret dalam Air

    OPPO Reno13 Series Siap Rilis, Performa Gaming Mulus-Bisa Motret dalam Air

    Jakarta

    OPPO Reno13 Series segera meluncur pada 16 Januari mendatang. Perangkat ini membawa sejumlah keunggulan, mulai dari desain hingga kehadiran fitur-fitur terbaru.

    Sebut saja fitur AI Livephoto yang mengubah cara menangkap momen berharga, mode Fotografi Bawah Air untuk hasil foto yang menakjubkan di dalam air, hingga performa gaming yang semakin mulus dengan inovasi AI.

    AI Livephoto: Mengabadikan Momen dengan Lebih Hidup

    Fitur AI Livephoto pada Reno13 Series membawa cara baru dalam mengabadikan momen berharga. Pengguna dapat merekam 1,5 detik sebelum dan sesudah tombol shutter ditekan, menjadikan setiap foto lebih dinamis dan hidup. Selain itu, fitur ini memungkinkan pengguna memilih frame terbaik dari video berdurasi 3 detik dan mengubahnya menjadi gambar berkualitas tinggi yang tajam, jelas, dan penuh detail, layaknya foto standar.

    Dengan AI Livephoto, pengguna juga dapat menambahkan berbagai efek seperti Soft Light Portrait, ProXDR, dan efek retouching, baik sebelum maupun setelah mengambil gambar. Fitur pengeditan yang fleksibel ini menjadikan OPPO AI Livephoto salah satu yang terbaik di ekosistem Android. Tidak hanya itu, kini pengguna dapat membagikan Livephoto dengan mudah ke perangkat iOS melalui aplikasi O+ Connect, memungkinkan kenangan berharga tetap dapat dibagikan ke orang lain tanpa kendala.

    OPPO Reno13 Series Foto: dok. OPPO Indonesia

    Fotografi Bawah Air, Hasil Foto Menakjubkan Tanpa Alat Tambahan

    Reno13 Series dilengkapi dengan fitur Fotografi Bawah Air, memungkinkan pengambilan foto dan video berkualitas tinggi di dalam air. Dengan sertifikasi ketahanan air dan debu IP69, perangkat ini dapat bertahan hingga kedalaman 2 meter selama 30 menit.

    Berkat teknologi AI dari OPPO, fokus, warna, dan kontras gambar dapat disesuaikan secara otomatis. Pengguna pun dapat menghasilkan foto yang lebih jelas dan detail meskipun berada di bawah air.

    Sebelumnya, fotografi bawah air hanya dapat dilakukan oleh fotografer profesional dengan peralatan mahal. Kini dengan Reno13 Series, siapa saja dapat menikmati kemudahan mengambil foto bawah air tanpa perlu perangkat tambahan, menjadikan setiap petualangan semakin berkesan.

    OPPO Reno13 Series Foto: dok. OPPO Indonesia

    Performa Gaming Mulus, Tanpa Gangguan

    Para gamer pasti menginginkan pengalaman bermain yang lancar tanpa gangguan. Reno13 5G hadir dengan teknologi canggih yang menjanjikan performa gaming mulus, bahkan dalam permainan yang membutuhkan koneksi internet stabil seperti Mobile Legends: Bang Bang.

    Berkat desain antena 360 derajat yang terintegrasi dengan 11 antena, ditambah teknologi AI LinkBoost 2.0, perangkat ini mampu meningkatkan kinerja jaringan hingga 175% dan mengurangi latensi hingga 35%.

    Selain itu, dengan fitur OPPO Adaptive Frame Booster, Reno13 5G dapat meningkatkan frame rate game dari 60 FPS menjadi 120 FPS yang stabil, memberikan visual lebih halus dan mengurangi konsumsi daya hingga 18%. Dengan keunggulan tersebut, Reno13 5G menjadi pilihan sempurna bagi para gamer yang menginginkan performa optimal dan kenyamanan saat bermain.

    OPPO Smooth Legend Cup 2025: Ajang Kompetisi Gaming di 8 Kota

    Sebagai bentuk dukungan terhadap komunitas gaming Indonesia, OPPO juga meluncurkan Smooth Legend Cup 2025. Kompetisi ini membuka pendaftaran kualifikasi nasional mulai 7 Januari 2025 di 8 kota besar di Indonesia, antara lain Jakarta, Depok, Surabaya, Bandung, Medan, Bali, Yogyakarta, dan Makassar. Pemenang kompetisi ini berkesempatan membawa pulang hadiah total senilai Rp 400 Juta.

    Untuk para gamer dan O-Fans yang ingin unjuk kemampuan, dapat langsung mengunjungi sosial media dan situs resmi OPPO Indonesia untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran kompetisi ini.

    Early Pre-order OPPO Reno13 Series

    OPPO sudah membuka masa Early Pre-order Reno13 Series selama tanggal 5 Januari hingga 15 Januari 2025. Perangkat ini sudah dapat dipesan secara luring di OPPO Experience Store, OPPO Gallery, dan toko rekanan resmi OPPO di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk pemesanan daring tersedia di OPPO Online Store, BliBli, Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, Lazada, dan Eraspace.

    Konsumen yang melakukan pemesanan selama periode ini berkesempatan mendapatkan berbagai keuntungan eksklusif dengan total nilai hingga Rp15 juta, termasuk OPPO Enco Air4 gratis untuk pembelian Reno13 5G, Magnetic Case + Card Holder gratis untuk Reno13 F Series, serta layanan Reno Refresh Service yang mencakup dua kali penggantian pelindung layar setiap tahun, dan perlindungan OPPO Care selama satu tahun. Selain itu, tersedia cashback hingga Rp 750.000 dengan cicilan 0% hingga 12 bulan dari bank partner, serta voucher umrah senilai Rp 2.000.000 dari SmailingTour.

    Konsumen juga bisa menikmati berbagai voucher eksklusif dari MyOPPO, seperti voucher Rp500.000 dari Bobotokyo dan kupon Rp200.000 dari QPon, serta paket data hingga 792GB dari Smartfren, total kuota 720GB setahun dari IM3 dengan harga Rp50.000/bulan, dan total kuota 600GB dari IM3 dengan hanya Rp37.000/bulan.

    Untuk informasi lebih lanjut tentang kehadiran dan keunggulan dari perangkat Reno13 Series terbaru, kunjungi sosial media dan situs resmi OPPO Indonesia melalui https://www.oppo.co.id/opporeno13series.

    (prf/ega)

  • Bukalapak Tutup Marketplace, Pengamat Singgung Manajemen Baru Kurang Agresif Saingi Kompetitor  – Halaman all

    Bukalapak Tutup Marketplace, Pengamat Singgung Manajemen Baru Kurang Agresif Saingi Kompetitor  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pengamat Teknologi dan Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi berpendapat, penutupan layanan marketplace di e-commerce Bukalapak imbas kurang agresifnya inovasi dari manajemen.

    Hal tersebut merespons perubahan layanan Bukalapak dari sebelumnya menjual produk marketplace menjadi layanan penjualan produk-produk virtual.

    “Tapi memang Bukalapak sejak terjadi perubahan pimpinan, ini kan nampaknya kehilangan pamor juga Bukalapak,” ujar Heru saat dihubungi Tribunnews, Rabu (8/1/2025).

    “Karena betapapun manajemen yang baru ini kemudian tidak seagresif mungkin ya, seagresif sebelumnya. Sehingga memang posisi dari Bukalapak juga terpinggir,” imbuhnya menegaskan.

    Heru menyebut, pamor Bukalapak ini memang masih dibawah dua platform e-commerce lain yang sudah besar yakni Shopee dan Tokopedia. Sehingga dia menilai, langkah perubahan layanan ini sebagai strategi Bukalapak dalam mempertahankan eksistensi di industri start-up.

    “Dan ya dengan perubahan strategi ini ya mungkin bisa kita lihat nanti apakah ini berhasil atau tidak,” jelasnya.

    Ditutupnya bisnis marketplace di platform perdagangan online-nya mulai Selasa, 7 Januari 2025 membuat skala bisnis Bukalapak menjadi mengecil.

    Ini karena perusahaan yang didirikan oleh Achmad Zaky tersebut tidak lagi memfasilitasi para pelapak atau pemilik toko online menjual produk fisik mereka di Bukalapak.

    Selanjutnya, perusahaan akan fokus memperdagangkan produk-produk virtual/digital seperti token listrik, pulsa prabayar serta memfasilitasi pembayaran online para penggunanya.

    Persaingan di bisnis marketplace yang ketat serta lesunya perekonomian dan daya beli masyarakat diduga menjadi pemilik keputusan manajemen Bukalapak menutup layanan marketplace di platformnya.

    Dalam pemberitahuan resmi yang diunggah di blog Bukalapak, mereka menyatakan menghentikan operasional penjualan produk fisik seperti barang elektronik, gadget, busana, dan sebagainya di marketplace Bukalapak.

    Strategi ini mereka ambil sebagai transformasi untuk fokus pada produk virtual (seperti pulsa prabayar, token listrik, dan sebagainya).

    “Kami ingin menginformasikan bahwa Bukalapak akan menjalani transformasi dalam upaya untuk meningkatkan fokus pada produk virtual. Sebagai bagian dari langkah strategis ini, kami akan menghentikan operasional penjualan produk fisik di Marketplace Bukalapak,” tulis Bukalapak di blognya.

    Pendiri Bukalapak 

    Adapun Bukalapak didirikan oleh entrepreneur muda Achmad Zaky pada 10 Januari 2010 bersama rekannya Fajrin Rasyid dan Nugroho Herucahyono. 

    Ia memulai bisnis e-commerce ini setelah istrinya kesulitan menemukan barang yang ingin dibelinya. Di perusahaan ini Achmad Zaky duduk sebagai Chief Executive Officer (CEO).

    Achmad Zaky mundur dari jabatan CEO Bukalapak pada 6 Januari 2020. Posisinya saat itu digantikan oleh Muhammad Rachmat Kaimuddin, sahabatnya yang lulusan MIT dan Stanford. 

    Achmad Zaky tetap menjadi pendiri, penasihat, dan mentor tech startup di Bukalapak. Posisi CEO Bukalapak kemudian digantikan oleh Willix Halim sejak 2022.

    Willix Halim resmi ditunjuk menjadi Direktur Utama/CEO PT Bukalapak.com, Tbk (BUKA) menggantikan posisi Rachmat Kaimuddin yang mengundurkan diri karena melanjutkan karirnya untuk mengabdi kepada negara. 

    Penunjukan Willix Halim disetujui oleh Jajaran Direksi, Komisaris dan Pemegang Saham Perseroan yang diputuskan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), Rabu (16/2/2022).

    Pria kelahiran Medan 15 November 1987 ini mulai bergabung dengan Bukalapak sejak tahun 2016. Posisinya sebelumnya di Bukalapak adalah mengemban tugas sebagai Chief Operating Officer (COO).

    Pria berusia 34 tahun tersebut, juga menjadi salah satu tokoh penting dalam pertumbuhan bisnis Bukalapak. Adapun kontribusi Willix Halim yakni memajukan bisnis Bukalapak hingga menjadi perusahaan Unicorn.