Perusahaan: Tokopedia

  • Tokopedia Dorong Adopsi Video Promosi, Berharap Jualan Seller Laris Kuartal I/2025

    Tokopedia Dorong Adopsi Video Promosi, Berharap Jualan Seller Laris Kuartal I/2025

    Bisnis.com, JAKARTA – Tokopedia, platform e-commerce milik ByteDance dan GoTo Grup, mendorong para seller untuk berinovasi dan mengoptimalkan kanal video promosi guna meningkatkan penjualan.

    Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce Aditia Grasio Nelwan menyebut terus mendorong para seller untuk berinovasi memanfaatkan konten video promosi.

    Hal ini terus didorong oleh pihak Tokopedia, karena di era discovery e-commerce pertumbuhan ekonomi baru dapat diakselerasi jika pelaku usaha memanfaatkan teknologi dengan cara baru.

    “Maka Tokopedia dan ShopTokopedia terus mengedukasi lebih banyak pelaku usaha agar makin terampil memanfaatkan konten video promosi (pendek hingga live) di TikTok,” kata Adita kepada Bisnis, Jumat (17/1/2025).

    Tokopedia menyampaikan nilai transaksi sejumlah penjual di ShopTokopedia naik rata-rata 30 kali lipat didornong live streaming di TikTok. 

    Melihat tren positif ini, Tokopedia dan ShopTokopedia berupaya mengajak sebanyak-banyaknya pelaku usaha memanfaatkan fitur LIVE atau live streaming di TikTok 

    Aditia menyebut, era discovery e-commerce juga melahirkan profesi baru, yaitu kreator. Affiliate content creators memperoleh penghasilan dengan mempromosikan atau memasarkan produk para penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia lewat konten video yang relevan di TikTok. 

    Peran positif kreator terhadap kemajuan pelaku usaha, khususnya UMKM, melatarbelakangi Tokopedia dan ShopTokopedia menggelar program pemberdayaan kreator, seperti Creators Lab dan Youth Affiliate Program.

    Di sisi lain, Aditia menyebut nilai transaksi sejumlah penjual di ShopTokopedia bisa naik rata-rata 30 kali lipat berkat live streaming di TikTok. 

    Melihat tren positif ini, Tokopedia dan ShopTokopedia berupaya mengajak sebanyak-banyaknya pelaku usaha memanfaatkan fitur LIVE atau live streaming di TikTok.

    “Hal ini untuk meningkatkan transaksi perdagangan daring sekaligus perekonomian di Indonesia,” ucapnya.

    Terkait dengan tren transaksi yang bakal terjadi di kuartal I/2025, Aditia menyebut pihaknya belum dapat berspekulasi tentang hal tersebut.

    “Di sisi lain, kami tidak bisa berspekulasi mengenai transaksi di kuartal I 2025,” ujar Aditia.

  • Gojek (GOTO) Tegaskan Biaya Aplikasi Driver Tak Melebihi Batasi Maksimal 20%

    Gojek (GOTO) Tegaskan Biaya Aplikasi Driver Tak Melebihi Batasi Maksimal 20%

    Bisnis.com, JAKARTA – Gojek, aplikator transportasi online milik PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), memastikan biaya aplikasi yang dibebankan kepada mitra driver sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah.

    Head of Corporate Affairs Gojek Rosel Lavina mengatakan bahwa komisi yang diterima tidak lebih dari 15%+5% dari biaya perjalanan (tarif).

    Angka tersebut, kata Rosel sudah sesuai dengan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 1001 Tahun 2022 atas perubahan Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KP 667 Tahun 2022 Tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi.

    “Sesuai dengan KP 1001/2022, 5% dari biaya perjalanan (tarif) ini dikembalikan untuk menunjang kebutuhan dan membantu pengembangan kapasitas mitra driver seperti menghadirkan pelatihan keamanan berkendara bagi mitra,” kata Rosel kepada Bisnis, Jumat (17/1/2025).

    Selain pelatihan, 5% dari biaya perjalanan tersebut bakal digunakan untuk program Gojek Swadaya yang memungkinkan mitra driver dapat mengakses berbagai manfaat khusus.

    Manfaat tersebut, mulai dari paket pulsa atau internet murah, perlindungan tambahan, voucher  untuk membeli kebutuhan sehari-hari dan hingga beasiswa untuk anak mitra yang berprestasi.

    Rosel juga menambahkan bahwa biaya jasa aplikasi yang dibayarkan oleh pelanggan tidak termasuk dalam besaran biaya perjalanan tarif yang dipotong dari pendapatan driver. 

    Biaya jasa aplikasi digunakan mendukung pengembangan produk dan keuntungan bagi pengguna melalui pemeliharaan platform aplikasi, inovasi, hingga diskon. 

    “Biaya ini merupakan praktik yang biasa diterapkan pada industri teknologi,” ujarnya.

    Adapun, Asosiasi Pengemudi Transportasi dan Jasa Daring Indonesia meminta agar pemerintah dan aplikator Grab-Gojek menurunkan potongan biaya aplikasi menjadi 10% dari sebelumnya 20%.

    Sementara itu berdasarkan penelusuran Bisnis, sejumlah driver mengaku dikenakan biaya aplikasi di atas 20%, yang membuat mereka makin terbebani.

  • Selain Bukalapak, Ini 7 e-Commerce yang Tutup di Indonesia

    Selain Bukalapak, Ini 7 e-Commerce yang Tutup di Indonesia

    Rakuten adalah perusahaan internet dan e-commerce yang berasal dari Jepang. Perusahaan ini mulai melakukan ekspansi ke Indonesia pada 2011 dengan meluncurkan Rakuten Belanja Online.

    Rakuten diketahui memiliki modal awal Rp60 miliar dengan bekerja sama dengan mitra lokal, MNC Group.

    Namun, pada 2016, Rakuten memutuskan untuk menghentikan operasionalnya di Indonesia karena model bisnis yang kurang cocok dengan pasar lokal. Selain itu, persaingan yang makin ketat dengan berbagai e-commerce domestik juga menjadi faktor utama dalam keputusan tersebut.

    3. Qlapa

    Startup Qlapa menutuskan tutup pada 2019 karena kalah bersaing dengan sejumlah perusahaan unicorn lokal yang terus berkembang di Indonesia, dalam hal ini Tokopedia dan Bukalapak. Pendiri Qlapa mengungkapkan bahwa model bisnis yang dijalankan pada saat itu tidak dapat bertahan dalam jangka panjang.

    Qlapa sendiri merupakan platform e-commerce yang fokus pada jual beli kerajinan tangan khas Indonesia dan mulai beroperasi sejak 2015. Perusahaan ini pernah meraih penghargaan sebagai Aplikasi Mobile Unik Terbaik dari Google Play Awards.

    “Hampir 4 tahun yang lalu, kami memulai Qlapa dengan misi memberdayakan perajin lokal. Banyak pasang surut yang kami alami dalam perjalanan yang luar biasa ini. Kami sangat berterima kasih atas semua tanggapan positif dari para penjual, pelanggan, dan media. Dukungan yang kami terima sangat luar biasa dan membesarkan hati,” tulis manajemen Qlapa diakhir operasionalnya.

    4. Elevenia

    Siapa yang pernah belanja di Elevenia? Elevenia adalah platform belanja online yang didirikan pada 2014 oleh PT XL Planet, perusahaan joint venture antara PT XL Axiata Tbk dan SK Planet dari Korea Selatan.

    Namun, setelah tiga tahun berjalan, XL Axiata dan SK Planet memutuskan untuk melepas saham mereka di perusahaan ini karena dinilai tidak memberikan keuntungan yang diharapkan. Seiring berjalannya waktu, Elevenia akhirnya tidak mampu bertahan dan resmi tutup pada awal Desember 2022.

  • Bos GOTO Patrick Walujo Sebut Nvidia Bakal Terlibat Makin Intens di Sahabat AI

    Bos GOTO Patrick Walujo Sebut Nvidia Bakal Terlibat Makin Intens di Sahabat AI

    Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) Patrick Walujo menyampaikan Nvidia tertarik untuk mendukung pengembangan fase selanjutnya dari Sahabat-AI.

    Sahabat AI menjadi terobosan baru dalam penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) di Tanah Air. Mesin pintar besutan Indosat-Nvidia ini dirancang khusus dalam Bahasa Indonesia serta berbagai bahasa daerah.

    Pada praktiknya, arketipe AI ini digunakan membantu bisnis PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. atau GoTo agar dapat berkomunikasi lebih baik dengan pelanggan.

    Patrick mengatakan kepastian raksasa pembuat chip asal Amerika Serikat (AS) untuk mendukung pengembangan Sahabat-AI dikatakan langsung oleh CEOnya yaitu Jensen Huang.

    “Sebenarnya, saya baru saja mendapat pesan dari Jensen kemarin bahwa NVIDIA kini ingin mendukung lebih jauh pengembangan dari Sahabat AI,” kata Patrick dalam Indonesia Pe-Vc Summit, Kamis (16/1/2025).

    Patrick menyampaikan bahwa pihaknya menganggap tawaran Jensen sebagai peluang yang sangat penting bagi Sahabat-AI.

    Apalagi, Nvidia adalah produsen atau perancang chip kelas dunia yang memiliki produk yang berguna untuk pengembangan AI.

    “Jadi ya, maksud saya, ini sangat penting. Kami menanggapinya dengan sangat serius. Kami perlahan-lahan mengintegrasikan beberapa inisiatif ini ke dalam operasi harian kami,” ujarnya.

    Lebih lanjut, ketika ditanya apakah ada kemungkinan Nvidia untuk berinvestasi di Goto, Patrick menuturkan dirinya tidak mengetahui hal tersebut.

    Patrick menyebut bahwa pihaknya dan Nvidia hanya bekerja sama dan berkordinasi terkait dengan Sahabat-AI.

    “Nvidia berinvestasi di Goto? Saya tidak tahu. Saya tidak tahu jawabannya. Namun, kami bekerja sama dengan mereka,” ucap Patrick.

    Sahabat-AI merupakan ekosistem terbuka yang menghubungkan lembaga riset, universitas, media, pemerintah, dan mitra lainnya dalam sebuah inisiatif nasional. Kolaborasi ini bertujuan menggabungkan keahlian internasional dengan inovasi tanah air untuk memenuhi kebutuhan unik masyarakat Indonesia.

    Sahabat-AI didukung oleh AI Singapore dan Tech Mahindra, menggunakan perangkat lunak NVIDIA AI Enterprise, termasuk NVIDIA NeMo, untuk melatih model ini dan meningkatkan pemahaman bahasa secara umum.

    Sahabat-AI memiliki kemampuan untuk memproses data berjumlah besar dalam Bahasa Indonesia dan bahasa daerah, sekaligus mempertahankan nuansa budaya dan linguistik yang esensial.

    Sahabat-AI dilatih dengan platform AI full-stack NVIDIA dan dirancang untuk menghadirkan solusi teknologi bagi kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia. Pada tahap pertama, Sahabat-AI akan diluncurkan dengan model LLM berparameter 8 dan 9 miliar.

    Indosat Group, yang bekerja sama erat dengan NVIDIA di Indonesia, akan terus mendukung pengembangan ekosistem Sahabat-AI menggunakan GPU Merdeka yang merupakan Sovereign AI Cloud yang mengimplementasikan fitur NVIDIA accelerated computing.

  • DJI Flip Resmi Rilis di Indonesia, Harganya Mulai Rp 6 Jutaan

    DJI Flip Resmi Rilis di Indonesia, Harganya Mulai Rp 6 Jutaan

    Jakarta

    Erajaya Active Lifestyle mulai menjajakan drone terbaru dari DJI yang punya desain unik, yaitu DJI Flip.

    Flip adalah drone terbaru DJI dengan full-coverage propeller guard yang dapat dilipat, serta memiliki kamera serba bisa. Ukurannya cukup mungil, seukuran telapak tangan dan dengan bobot kurang dari 249 gram sehingga mudah dibawa-bawa.

    “Erajaya Active Lifestyle menyambut kehadiran DJI Flip sebagai drone yang bisa dipergunakan untuk mengambil gambar yang menakjubkan dari udara oleh siapa saja, terlepas tingkat kemahirannya dalam fotografi dan menerbangkan drone. Kami yakin bahwa perangkat ini akan menjadi idola baru bagi siapa saja yang ingin mengambil gambar dari udara secara mudah,” kata Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle, dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (15/1/2025).

    Drone yang bisa diterbangkan dari telapak tangan ini juga dilengkapi dengan full-coverage propeller guard sehingga pengguna bisa menggunakannya tanpa khawatir.

    Pengguna bisa menjadikan drone ini sebagai teman berpetualang dengan mengabadikan momen-momen penting dengan satu ketukan untuk mengambil gambar secara otomatis dari enam mode yang tersedia yakni boomerang, circle, dronie, helix, rocket dan spotlight.

    Teknologi AI Subject Tracking memastikan subyek tetap masuk di dalam komposisi gambar. Sensor CMOS 1/1,3 inci yang terpasang di kamera DJI Flip mampu mengambil gambar dengan resolusi 48MP sambil mempertahankan detail gelap dan terang.

    Pada saat yang sama, kamera drone ini mampu merekam video dengan resolusi 4K/60fps yang mendukung perekaman slow-motion pada resolusi 4K/100fps dan mode warna D-Log M 10-bit. Sensor dengan aspect ratio 4:3 memungkinkan video untuk dipotong secara vertikal dengan mempertahankan resolusi hingga 2,7K dan optimal untuk tampilan ponsel dan unggahan media sosial tanpa harus melakukan cropping lebih lanjut.

    Harga DJI Flip di Indonesia

    DJI Flip tersedia di DJI Experience Store, Urban Republic, erafone, iBox dan mitra resmi. Penjualan secara online juga tersedia di laman e-commerce Eraspace.com serta DJI Official Store di berbagai platform seperti Blibli, Lazada, Shopee, Tiktok Shop dan Tokopedia.

    Ada tiga paket penjualan yang tersedia, yaitu:

    DJI Flip – Rp 6.205.000DJI Flip (RC-2) – Rp 8.880.000DJI Flip (RC-2) Fly More Combo – Rp 11.000.000

    (asj/fay)

  • TokopediaShop Klaim 8 Juta Kreatornya Sudah Berpenghasilan

    TokopediaShop Klaim 8 Juta Kreatornya Sudah Berpenghasilan

    Jakarta, FORTUNE – Mergernya Tokopedia dengan TikTok Shop membawa dampak positif bagi ekosistem E-commerce.

    ⁠Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, menyatakan pengguna platorm belanja ini telah mencapai lebih dari 200 juta pengguna. 

    “Bisa dibilang Indonesia yang paling cepat bertumbuh. Kemudian kreator kami juga sudah ada 8 juta yang menghasilkan penghasilan,” kata Melissa dalam acara ShopTokopedia dan Tokopedia Summit 2025 di Jakarta, Rabu (15/1).

    Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Iqbal Shoffan Shofwan, menyampaikan akan terus bekerja sama dengan platform perbelanjaan dalam meningkatkan daya saing agar ekosistem ini lebih berkelanjutan dan bisa membantu lebih banyak UMKM.

    “Kita bandingkan antara 2023 dan 2024 itu pertumbuhan e-commerce dalam konteks GMV tumbuh 10,44 persen atau sama dengan US$65 miliar. Oleh karena itu kita sekarang bisa memanfaatkan momentum untuk terus sustain,” kata Iqbal.

    Di sisi lain, perusahaan elektronik, PT Bangga Teknologi Indonesia atau ADVAN, menyatakan penjualan secara online, terutama dari TokopediaShop, terus berkontribusi positif terhadap pertumbuhan kinerjanya.

    Direktur PT Bangga Teknologi Indonesia (ADVAN), Chandra Tansri, mengatakan perkembangan teknologi membawa dampak positif terutama untuk pembelian barang elektronik dengan harga terjangkau.

    Hanya saja, Chandra mengatakan penjualan secara offline masih berkontribusi lebih besar.

    “Secara porsi, gerai offline berkontribusi 70 persen, dan online berkontribusi 30 persen ke kinerja peerusahaan,” kata Chandra dalam acara ShopTokopedia dan Tokopedia Summit 2025, Rabu (15/1).

    Sepanjang 2024, dia mengeklaim pertumbuhan penjualan dari offline dan online mencapai 30 persen. Namun, Chandra enggan menyebutkan nilainya.

    Chandra juga berharap ke depannya melalui dukungan ShopTokopedia dan Tokopedia, penjualan dapat berkontribusi lebih banyak lagi. Optimisme ini terkembang karena jumlah pengguna dari kedua e-commerce tersebut mencapai lebih dari 200 juta pengguna.

    Selain itu, ia pun berharap terjadi peningkatan pembeli untuk kategori barang dengan harga lebih mahal seperti laptop. 

    Menurutnya, selama ini volume pembelian barang elektonik dengan harga terjangkau memanglah cukup besar, namun jika diakumulasikan secara nilai belum signifikan.

  • Cocok untuk Pemula! Inilah 5 Cara Dapat Uang dari Internet Mudah Cair Rp500 Ribu Perhari

    Cocok untuk Pemula! Inilah 5 Cara Dapat Uang dari Internet Mudah Cair Rp500 Ribu Perhari

    JABAR EKSPRES – Inilah lima cara dapat uang dari internet mudah cair Rp500 ribu per hari, yang cocok dilakukan oleh pemula.

    Saat ini, banyak peluang untuk menghasilkan pendapatan secara online tanpa memerlukan keterampilan teknis yang tinggi.

    Baik kamu seorang pemula atau sudah berpengalaman, ada banyak cara yang bisa dicoba untuk mulai mendapatkan uang dari internet.

    Artikel ini akan memberikan panduan lengkap mengenai cara mudah menghasilkan uang dari internet dengan potensi pendapatan harian yang menggiurkan.

    Cara Dapat Uang Perhari Rp500 Ribu

    1. Menjadi Freelancer di Platform Online

    Salah satu cara paling populer untuk mendapatkan uang dari internet adalah dengan menjadi freelancer.

    BACA JUGA: 6 Cara Dapat Uang dari Internet Modal Ponsel Pintar dan Kuota Internet

    BACA JUGA: Cair Saldo Rp570.000 DANA Gratis Cuma Daftar Pakai Email dan Isi Pertanyaan

    Platform seperti Upwork, Freelancer, dan Fiverr menyediakan berbagai pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah, seperti penulisan artikel, desain grafis, penerjemahan, hingga pengembangan aplikasi.

    Cara Memulai:

    -Daftar di platform freelancer seperti Upwork atau Fiverr.

    -Buat profil yang menarik dan lengkap dengan portofolio jika ada.

    -Pilih bidang yang sesuai dengan keahlian atau minat kamu.

    -Mulai melamar proyek yang sesuai dan dapatkan bayaran per proyek atau per jam.

    Sebagai pemula, kamu bisa mendapatkan bayaran mulai dari Rp100 ribu hingga Rp500 ribu per proyek, tergantung pada kompleksitas dan waktu pengerjaan.

    Dengan melakukan beberapa proyek per hari, kamu bisa dengan mudah mencapai target Rp500 ribu.

    2. Menjadi Affiliate Marketer

    Affiliate marketing adalah salah satu cara termudah untuk menghasilkan uang tanpa harus membuat produk sendiri.

    Kamu hanya perlu mempromosikan produk orang lain dan mendapatkan komisi dari setiap penjualan yang berhasil kamu referensikan.

    BACA JUGA: Dapat Keuntungan dari Aplikasi Investasi Saham Terbaik yang Diawasi OJK 2025

    Cara Memulai:

    -Daftar di program affiliate marketing seperti Tokopedia Affiliate, Lazada Affiliate, atau Amazon Associates.

    -Pilih produk yang relevan dengan audiens atau niche kamu.

    -Promosikan produk tersebut melalui blog, media sosial, atau website pribadi.

  • Pesan Khusus Menteri UMKM Maman ke AO PNM – Page 3

    Pesan Khusus Menteri UMKM Maman ke AO PNM – Page 3

    Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Maman Abdurrahman, meminta platform e-commerce besar seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya untuk meningkatkan dukungan mereka terhadap pelaku UMKM lokal.

    Permintaan ini disampaikan saat pelantikan Pejabat Tinggi Madya dan Pratama Kementerian UMKM di Pasar Blok B Tanah Abang, Jakarta Pusat.

    “Kita undang Tokopedia, Shopee, dan lainnya. Ini saya sampaikan langsung di depan masyarakat,” tegas Menteri Maman, Rabu (15/1/2025).

    Ia juga mengingatkan bahwa pemerintah serius dalam memastikan e-commerce memberikan kontribusi nyata terhadap pemberdayaan UMKM.

    Jika instruksi ini tidak dipatuhi, Menteri Maman mengancam akan bekerja sama dengan Menteri Komunikasi dan Digital Indonesia (Komdigi), Meutya Hafid, untuk menutup operasional platform yang tidak mendukung UMKM.

    “Kalau tidak mendukung produksi lokal dan kontribusi terhadap UMKM, hati-hati. Kita tinggal koordinasi dengan Menkom Digital untuk menutup operasional mereka,” tambahnya.

    Komitmen Pemerintah untuk UMKM

    Menteri Maman menegaskan bahwa pemerintahan di bawah Presiden Prabowo Subianto memiliki komitmen kuat dalam memberdayakan UMKM. Salah satu fokus utama adalah memastikan kemudahan akses pembiayaan bagi pelaku usaha kecil agar program-program pemerintah dapat berjalan optimal.

    “Kita harus memastikan akses pembiayaan yang luas dan program-program pendukung UMKM dapat dirasakan langsung oleh pelaku usaha,” tandas Menteri UMKM.

     

  • Menteri Maman Ancam Tutup E-Commerce Jika Tak Bantu UMKM – Page 3

    Menteri Maman Ancam Tutup E-Commerce Jika Tak Bantu UMKM – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Maman Abdurrahman, meminta platform e-commerce besar seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya untuk meningkatkan dukungan mereka terhadap pelaku UMKM lokal.

    Permintaan ini disampaikan saat pelantikan Pejabat Tinggi Madya dan Pratama Kementerian UMKM di Pasar Blok B Tanah Abang, Jakarta Pusat.

    “Kita undang Tokopedia, Shopee, dan lainnya. Ini saya sampaikan langsung di depan masyarakat,” tegas Menteri Maman, Rabu (15/1/2025).

    Ia juga mengingatkan bahwa pemerintah serius dalam memastikan e-commerce memberikan kontribusi nyata terhadap pemberdayaan UMKM.

    Jika instruksi ini tidak dipatuhi, Menteri Maman mengancam akan bekerja sama dengan Menteri Komunikasi dan Digital Indonesia (Komdigi), Meutya Hafid, untuk menutup operasional platform yang tidak mendukung UMKM.

    “Kalau tidak mendukung produksi lokal dan kontribusi terhadap UMKM, hati-hati. Kita tinggal koordinasi dengan Menkom Digital untuk menutup operasional mereka,” tambahnya.

    Komitmen Pemerintah untuk UMKM

    Menteri Maman menegaskan bahwa pemerintahan di bawah Presiden Prabowo Subianto memiliki komitmen kuat dalam memberdayakan UMKM. Salah satu fokus utama adalah memastikan kemudahan akses pembiayaan bagi pelaku usaha kecil agar program-program pemerintah dapat berjalan optimal.

    “Kita harus memastikan akses pembiayaan yang luas dan program-program pendukung UMKM dapat dirasakan langsung oleh pelaku usaha,” tandas Menteri UMKM.

     

  • Bukalapak Tutup Lapak Produk Fisik hingga PHK Karyawan, Bukti Kekejaman Politik Diungkap Jhon Sitorus

    Bukalapak Tutup Lapak Produk Fisik hingga PHK Karyawan, Bukti Kekejaman Politik Diungkap Jhon Sitorus

    “Tweetnya bernada kritik ke presiden petahana, Jokowi soal dana riset negara kita yang teramat sedikit, membuat istana gusar saat itu. Bahkan sampai muncul tagar #UnistallJokowi dari pendukung Prabowo-Sandiaga Uno,” ujarnya.

    Di sisi lain, buzzer Jokowi tak mau kalah. Saat itu rame-rame gaungkan tagar #Uninstallbukalapak . Yang lebih parah, review by buzzer dengan rating 1,0 di google play semakin tak tertahankan.

    Rating Bukalapak anjlok hanya dalam 1 hari. Alhasil, banyak user yang mulai beralih ke tokopedia dan shopee.

    Bukalapak kena mental. Review jelek di google, riuh di media sosial, berita media online dan elektronik menyerbu psikologi perusahaan, membuat Ahmad Zacky harus segera bersikap.

    “Besok harinya, Ahmad Zacky mendatangi Istana. Tujuannya jelas, memohon maaf kepada Jokowi atas cuitannya soal anggaran riset yang faktanya memang tertinggal dari negara lain,” ungkap Jhon.

    “Permintaan maaf ‘diterima’. Jokowi meminta agar ‘jangan uninstal bukalapak’. Tapi, siapa sangka pesan itu menyampaikan makna ambigu bagi semua lembaga terutama yang berhubungan dengan ekonomi dan start up,” lanjutnya.

    Meski Pilpres selesai, ternyata polemik ini tak kunjung selesai. Bukalapak yang malah ikutan selesai.

    Perlahan-lahan, Bukalapak mulai anjlok. Baik dari jumlah user, nilai saham, jumlah transaksi, jumlah seller dan juga bukalapak kurang friendly user dibanding aplikasi e-commerce lain.

    Menurutnya, dukungan pemerintah dan swasta perlahan-lahan mundur. Mungkin mereka takut berhubungan dengan perusahaan yang sudah mendapatkan warning dari semua menteri.