Perusahaan: Tokopedia

  • Shopee-Tokopedia-TikTok Takedown Produk Thrifting, Ini Keterangannya

    Shopee-Tokopedia-TikTok Takedown Produk Thrifting, Ini Keterangannya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sejumlah platform e-commerce sepakat memperketat penertiban terhadap penjualan pakaian bekas impor ilegal. Langkah ini dilakukan setelah adanya koordinasi dengan pemerintah, khususnya Kementerian UMKM.

    Deputy of Public Affairs Shopee Indonesia, Radynal Nataprawira, mengatakan Shopee telah menerima arahan dari kementerian beberapa hari lalu dan langsung melakukan penindakan.

    “Dari platform Shopee, kami sudah dapat informasi dari kementerian. Hari Selasa itu, kami langsung berkoordinasi,” ujar Radynal usai pertemuan dengan pihak Kementerian UMKM di Kantor UMKM, Jumat (7/11/2025).

    Ia kemudian menyinggung soal berita yang viral di media sosial terkait seller Shopee yang barangnya di-takedown karena barang impor.

    “Jadi ada beberapa berita terkait di sosial media, ada akun yang memang seller Shopee yang barangnya diturunin terkait barang impor,” ungkap Radynal.

    “Nah itu menggambarkan bagaimana keseriusan kita, menjadi salah satu dari puluhan ribu lah toko yang memang kita tertipkan,” imbuhnya

    Ia menyebut ratusan ribu SKU (stock keeping unit) yang telah ditertibkan. Shopee juga membuka kanal komunikasi langsung dengan Kementerian UMKM untuk mempercepat pengecekan produk yang diindikasikan sebagai barang impor, termasuk pakaian bekas.

    Menurut Radynal, penertiban ini bukan hal baru. Pihaknya mengaku sudah melakukan penurunan barang-barang impor bekas sejak 2023.

    “Jadi memang agak-agak humanis kita turunkan satu-satu judgement-nya biar judgement manusia, karena kita nggak mau pake mesin langsung blokir secara keyword, takutnya di situ ada UMKM-UMKM kecil yang memang kita turunkan. Itu sih dari Shopee, mungkin dari kebijakan,” ujarnya.

    Sebelumnya, ramai di media sosial seorang pedagang di Shopee mengeluhkan akun jualannya diblokir. Ia mengira ratusan notifikasi yang masuk merupakan pesanan yang membludak, namun ternyata seluruhnya pemberitahuan pemblokiran produk.

    Dari unggahan yang beredar, terlihat banyak barang dagangannya ditandai sebagai pelanggaran karena menjual barang impor bekas, yang memang dilarang untuk diperjualbelikan di platform marketplace.

    Tanggapan Tokopedia dan Lazada

    Sementara itu, Lead of Public Policy Tokopedia, Richard Anggoro, menegaskan pihaknya memiliki kebijakan yang jelas.

    “Kebijakan daftar produk kami di Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia melarang penjualan barang impor bekas. Apabila ditemukan produk yang melanggar akan segera kami turunkan,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

    Sedangkan Vice President Government Affairs Lazada Indonesia, Yovan Sudarma, menyatakan Lazada mendukung penuh langkah pemerintah.

    “Lazada berkomitmen untuk menjadi partner yang baik bagi pemerintah khususnya hari ini dengan Kementerian UMKM. Terkait diskusi dan arahan hari ini Lazada akan patuh dan taat terhadap aturan yang berlaku di Indonesia dan akan mengikuti arahan dari Kementerian UMKM terkait barang-barang bekas impor ini.” ujar Yovan.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Motorola Moto Pad 60 Neo Resmi di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan

    Motorola Moto Pad 60 Neo Resmi di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan

    Jakarta

    Motorola akhirnya merilis Moto Pad 60 Neo di Indonesia, tablet mid-range terbaru yang menawarkan kombinasi desain ramping, performa andal, dan fitur produktivitas lengkap.

    “Moto Pad 60 Neo kami sebut sebagai si paling ulti di zaman multi, karena hidup kita hari ini tidak pernah lepas dari multitasking,” ujar William Hartoyo, Product Manager Lenovo Indonesia saat media hands-on di Jakarta, Rabu (5/11/2025).

    “Multitasking bukan lagi pilihan, tapi kebutuhan sehari-hari, terutama untuk kita yang hidup di kota besar. Kita sering meeting sambil buka referensi, sambil nyatet, sambil streaming, itu sudah jadi kebiasaan baru kita. Moto Pad 60 Neo dirancang khusus untuk membantu pengguna menjalani semua aktivitas itu dalam satu layar, tanpa kompromi,” sambungnya.

    Spesifikasi

    Moto Pad 60 Neo tampil unibody berbahan aluminium berwarna Pantone Bronze Green, memberikan kesan elegan sekaligus kokoh. Tablet ini memiliki ketebalan hanya 6,99 mm dan bobot sekitar 480 gram, menjadikannya salah satu tablet 5G yang ringan dan nyaman digunakan. Sertifikasi IP52 turut memberikan perlindungan terhadap debu dan cipratan air ringan.

    William, Product Manager Lenovo Indonesia Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Pada bagian layar, Moto Pad 60 Neo membawa panel 11 inci 2.5K (2560 x 1600 piksel) dengan refresh rate 90 Hz dan tingkat kecerahan hingga 500 nits. Layar ini juga memiliki sertifikasi TÜV Rheinland Low Blue Light untuk mengurangi kelelahan mata saat digunakan dalam waktu lama. Rasio layar-ke-bodi mencapai 85%, ideal untuk menonton, mengedit dokumen, hingga multitasking.

    Menunjang pengalaman multimedia, Motorola menyematkan empat speaker stereo lengkap dengan dukungan Dolby Atmos, menghasilkan audio yang lebih imersif saat streaming film maupun panggilan video.

    Berbeda dengan beberapa kompetitor yang menjual stylus secara terpisah, Moto Pad 60 Neo sudah dibekali Moto Pen langsung dalam boks. Stylus ini menggunakan baterai AAAA.

    “Moto Pen hadir langsung di dalam box, dengan low latency dan 4096 pressure levels, membuat menulis dan menggambar terasa alami. Selain itu mendukung fitur Circle to Search membantu kita mencari informasi cepat hanya dengan melingkari kata atau gambar di layar, simple, cepat, dan intuitif,” jelas William.

    Moto Pad 60 Neo dibekali Stylus Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Untuk dapur pacu, tablet ini menggunakan chipset MediaTek Dimensity 6300, dipadukan dengan RAM 8 GB LPDDR4X dan memori internal 128 GB UFS 2.2 yang masih bisa diperluas melalui microSD hingga 2 TB. Sistem operasi yang digunakan adalah Android 15, dan Motorola menjanjikan dua kali pembaruan OS utama serta empat tahun patch keamanan.

    Selain itu, fitur Smart Connect memungkinkan tablet terhubung mulus dengan perangkat Motorola atau Lenovo lain untuk transfer file, clipboard bersama, hingga hotspot otomatis.

    Moto Pad 60 Neo dilengkapi kamera belakang 8 MP autofokus yang cocok untuk memindai dokumen, sementara kamera depan 5 MP dioptimalkan untuk kebutuhan konferensi video.

    Untuk ketahanan daya, tablet ini membawa baterai 7.040 mAh dengan dukungan pengisian 20W. Menariknya, Motorola tetap menyertakan adaptor 68W dalam paket penjualan.

    “Baterai 7.040 mAh memberi daya hingga 12 jam aktivitas—cukup untuk menemani kerja satu hari penuh,” ungkap William.

    SpesifikasiMotorola Moto Pad 60 NeoLayar11 inci 2.5K (2560 x 1600), IPS LCD, 90Hz, 500 nits, TÜV Rheinland Low Blue LightProsesorMediaTek Dimensity 6300 (6nm), GPU Mali-G57 MC2RAM8 GB LPDDR4XMemori Internal128 GB UFS 2.2 (expandable hingga 2 TB via microSD)Sistem OperasiAndroid 15 (janji 2 kali upgrade OS + 4 tahun patch keamanan)Kamera Belakang8 MP AFKamera Depan5 MPAudioQuad Speaker Stereo + Dolby Atmos, 3.5mm Audio JackKonektivitas5G SA/NSA, 4G LTE, Wi-Fi 802.11ac (2.4/5GHz), Bluetooth 5.2, GPS, USB-CDimensi & Bobot254.59 x 166.15 x 6.99 mm; 480 gramBaterai7.040 mAh, charging 20W (charger 68W dalam paket)StylusMoto Pen (dalam boks, palm rejection, baterai AAAA)WarnaPantone Bronze GreenHarga Moto Pad 60 Neo Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

    Moto Pad 60 Neo dibanderol dengan Haraga Rp2.869.000. Selama periode promo, pembeli mendapat benefit senilai Rp1,6 juta:

    Langganan Vidio Platinum 6 bulan gratisFolio Case (selama persediaan ada)Aplikasi preload produktivitas Nebo, MyScript dan WPSGaransi resmi 1 tahun + layanan service center Lenovo Indonesia

    Tablet ini tersedia mulai hari ini di motorola.id, Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, serta gerai resmi Motorola. Paket bundling dengan operator seluler juga sedang dipersiapkan untuk kuota data ekstra.

    (afr/rns)

  • Vivo Y21d Rilis di Indonesia, HP Android Rp 2 Jutaan Tahan Air dan Jatuh dengan Baterai Jumbo

    Vivo Y21d Rilis di Indonesia, HP Android Rp 2 Jutaan Tahan Air dan Jatuh dengan Baterai Jumbo

    Liputan6.com, Jakarta – Vivo Indonesia resmi meluncurkan Vivo Y21d ke pasar Indonesia. Smartphone di kelas harga Rp jutaan ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna aktif dan sering berhadapan dengan kondisi ekstrem. 

    “Dari semangat para pejuang tangguh yang bekerja tanpa henti, kami menghadirkan Vivo Y21d,” ujar Gilang Pamenan, Product Manager Vivo Indonesia, sebagaimana dikutip dari keterangan resminya, Rabu (5/11/2025).

    Harga vivo Y21d di Indonesia

    vivo Y21d sudah tersedia di toko resmi dan e-commerce mulai 24 Oktober 2025, dengan empat varian memori yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan:

    4GB + 128GB: Rp2.099.000
    6GB + 128GB: Rp2.399.000
    6GB + 256GB: Rp2.599.000
    8GB + 128GB: Rp2.599.000

    Perusahaan asal China itu juga menawarkan program cicilan 0 persen hingga 12 bulan melalui mitra Vast Finance, serta promo eksklusif di platform seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, TikTok Shop, Lazada, dan Akulaku.

    Spesifikasi Vivo Y21d

    Vivo Y21d dilengkapi dengan ketahanan air berstandar IP68/69/69+, memungkinkan perangkat ini bertahan di bawah air hingga kedalaman 6 meter. Sertifikasi ini juga menjamin ketahanan terhadap semprotan air bertekanan tinggi. Bahkan jika terjatuh ke mesin cuci atau terkena cairan, Vivo Y21d tetap berfungsi dengan baik.

    Perangkat ini juga memiliki sertifikasi SGS Gold 5 Star dan standar ketahanan militer (MIL-STD 810H), membuktikan kemampuannya bertahan dari uji jatuh hingga 1,5 meter. Dengan Guardian Glass berlapis ion ganda, Vivo Y21d memberikan perlindungan menyeluruh terhadap layar dari berbagai risiko benturan.

    Vivo Y21d dirancang khusus untuk pekerja lapangan seperti petugas kebersihan dan pengemudi ojek online. Dengan dimensi 166.14 × 77.01 × 8.39 mm dan bobot 209 gram, desainnya yang kokoh membuatnya nyaman digunakan dalam berbagai situasi.

     

  • Harga PS5 Vs PS5 Pro di Indonesia, Selisihnya Banyak Banget

    Harga PS5 Vs PS5 Pro di Indonesia, Selisihnya Banyak Banget

    Jakarta

    November 2025, menjadi kesempatan emas buat gamer yang ingin memboyong konsol gaming kepunyaan Sony PlayStation. Sejumlah retail resmi sedang memberikan diskon, sehingga harga PS5 terbaru di Indonesia menjadi tidak terlalu mahal.

    Namun kalau harus dibandingkan dengan harga PS5 Pro, ternyata selisih angkanya sangat jauh. Bedanya bisa sampai Rp 4 jutaan untuk versi biasa tanpa bundling dengan game tertentu.

    Bahkan saat ini ada toko yang menawarkan PS5 seharga Rp 6 jutaan saja. Untuk lebih jelasnya, gamer bisa cek informasinya berikut.

    Harga PlayStation 5 Terbaru

    Harga PS5 terbaru ini dikumpulkan dari delapan retail resmi PlayStation, Selasa (4/11/2025). Untuk angka yang tertera merupakan harga diskon dan normalnya.

    1. Erafone

    Sony PlayStation 5 Slim Digital White – Rp 6.579.000 dari Rp 8.199.000

    2. Data Script

    PS5 Slim Disc Version (E-Chassis) – Rp 8.079.000 dari Rp 9.699.000PS5 Slim Disc Version (D-Chassis) – Rp 8.079.000 dari Rp 9.699.000PS5 Slim 2nd DS Bundle – Standard HW (D CHA) – Rp 10.779.000PS5 Slim Digital Version (D-Chassis) – Rp 6.579.000 dari Rp 8.199.000PS5 Slim 2nd DS Bundle – Digital HW (D CHA) – Rp 9.299.000

    3. Urban Republic

    Sony PlayStation 5 Slim White – Rp 8.079.000 dari Rp 9.699.000Sony PlayStation 5 Slim Dualsense Bundle White – Rp 10.779.000Sony PlayStation 5 Slim Digital Dualsense Bundle White – Rp 9.299.000Sony PlayStation 5 Slim Call of Duty Bundle – Rp 8.079.000 dari Rp 9.699.000Sony PlayStation 5 Slim Digital White – Rp 6.579.000 daro Rp 8.199.000Sony PlayStation 5 Chassis B – White (Special Condition*) – Rp 7.200.000 dari Rp 9.699.000

    4. Blibli

    PlayStation5 Slim Console [Digital Edition] – Rp 6.579.000 dari Rp 8.199.000PlayStation5 Slim Console [Disc Edition] – Rp 8.079.000 dari Rp 9.699.000

    5. Kidz Station

    PS5 Slim Disc Version DChassis – Rp 9.699.000

    6. My Hartono

    Sony PlayStation 5 Digital Edition 30th Anniversary Limited Edition Bundle – Rp 9.399.000Sony PlayStation 5 Slim Design Disc Version Two DualSense – Rp 10.899.000Sony PlayStation 5 Call of Duty: Black Ops 6 Bundle – Rp 8.079.000Sony PlayStation 5 Disc NBA 2K26 Limited Edition Asia-00489 – Rp 8.079.000 dari Rp 9.699.000Sony PlayStation 5 Slim Design Disc – Rp 8.079.000 dari Rp 9.699.000

    7. PS Enterprise

    PS5 Disc Slim 1 TB (Ex Review) – Rp 8.445.000PlayStation 5/PS5 Console Disc Slim 1TB (SI) – Rp 9.310.000PS5 Digital Slim 1 TB (Ex Review) – Rp 7.170.000PlayStation 5/PS5 Console Digital Slim 1TB (SI) – Rp 8.199.000PS5 Slim Digital Edition 30th Anniversary Limited – Rp 11.999.000PS5 Console Digital Edition (Slim) Call of Duty : Black Ops 6 Bundle – Rp 7.899.000PS5 Console Digital Edition (Ex Review) – Rp 7.599.000PS5 Console Disc Slim 1TB Genshin Bundle – Rp 9.699.000PS5 Console Disc Slim Two DualSense Wireless Controllers Bundle 1TB – Rp 10.777.000

    8. Multi Gameshop

    PS5 Slim Disc + (+Free) Twin Charging PowerA – Rp 8.579.000 dari Rp 9.699.000PS5 Slim Digital Edition + (+Free) Twin Charging PowerA – Rp 6.979.000 dari Rp 8.199.000PS5 Slim Digital Console 30th Anniversary – Rp 13.599.000Harga PS5 Pro Terbaru di Indonesia

    Harga PS5 Pro di Indonesia bervariasi. Gamer dapat membelinya mulai dari Rp 12 jutaan hingga yang termahal hampir Rp 15 juta. Data ini dikumpulkan dari Tokopedia berdasarkan distributor atau retail ternama.

    Super-Gameshop.id – Rp 13.699.000waroengame M2SQ – Rp 12.999.0000Rocket Games – Rp 12.749.000Multi Game Indonesia – RP 13.500.000Gameland – Rp 14.990.000SS FONG GAMESTORE – Rp 12.649.000Butikgames – Rp 13.399.000PS Enterprise Official – Rp 13.116.000Studio Ponsel Store – Rp 13.523.000MoreLife.Gaming – Rp 12.999.000

    (hps/fay)

  • Redmi Pad 2 Pro Rilis di RI Harga Rp 4,4 juta, Cek Spesifikasinya

    Redmi Pad 2 Pro Rilis di RI Harga Rp 4,4 juta, Cek Spesifikasinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Xiaomi resmi meluncurkan Redmi Pad 2 Pro di Indonesia, tablet dengan layar besar dan baterai tahan lama untuk menunjang produktivitas maupun hiburan. Perangkat ini dibanderol Rp 4.499.000 untuk varian 8GB + 256GB.

    Redmi Pad 2 Pro dibekali layar lega 12,1 inci dengan resolusi 2.5K dan refresh rate 120Hz, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan multitasking.

    Untuk mendukung performanya, tablet ini ditenagai chipset Snapdragon 7s Gen 4 Mobile Platform dan sistem operasi Xiaomi HyperOS.

    Redmi Pad 2 Pro juga memiliki kapasitas baterai besar 12.000 mAh, yang diklaim tahan lama untuk penggunaan seharian. Pengisian dayanya pun cepat berkat dukungan fast charging 33W dan wired reverse charging 27W.

    Dari sisi audio, Xiaomi menyematkan empat speaker (quad speakers) dengan dukungan Dolby Vision Atmos dan Hi-Res Audio.

    Tablet ini juga mendukung ekspansi RAM hingga 16GB dengan RAM expansion serta penyimpanan eksternal hingga 2TB.

    Xiaomi juga menghadirkan dua aksesori pendukung, yaitu Redmi Pad 2 Pro Keyboard dan Redmi Smart Pen (dijual terpisah).

    Foto: Xiaomi resmi meluncurkan Redmi Pad 2 Pro di Indonesia. (CNBC Indonesia/Intan Rakhmayanti)
    Xiaomi resmi meluncurkan Redmi Pad 2 Pro di Indonesia. (CNBC Indonesia/Intan Rakhmayanti)

    Keyboard ini memiliki baterai 220mAh, daya tahan hingga 65 jam penggunaan terus-menerus, serta dua pen holder yang bisa dilepas-pasang.

    Sementara itu, Redmi Smart Pen menawarkan latensi tingkat milidetik, sensitivitas tekanan hingga 4096 level, dan waktu pakai 12 jam.

    Redmi Pad 2 Pro dibekali kamera belakang 8MP dengan sensor berukuran 1/4 inci, aperture f/2. Kamera ini mampu merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps maupun 720p pada 30fps.

    Foto: Xiaomi resmi meluncurkan Redmi Pad 2 Pro di Indonesia. (CNBC Indonesia/Intan Rakhmayanti)
    Xiaomi resmi meluncurkan Redmi Pad 2 Pro di Indonesia. (CNBC Indonesia/Intan Rakhmayanti)

    Pengguna juga bisa memilih berbagai mode pemotretan seperti Photo, Video, Document, Teleprompter, hingga HDR untuk hasil gambar yang lebih optimal.

    Sementara di bagian depan, terdapat kamera 8MP dengan sensor 1/4 inci dan aperture f/2.28. Kamera depan ini juga mendukung perekaman video hingga 1080p 30fps maupun 720p 30fps.

    Xiaomi menawarkan harga bundling untuk Redmi Pad 2 Pro + Redmi Pad 2 Pro Keyboard + Redmi Smart Pen di harga Rp 5.497.000.

    Sementara untuk Redmi Pad 2 Pro + Redmi Pad 2 Pro Keyboard harganya Rp 5.098.000. Sedangkan untuk Redmi Pad 2 Pro + Redmi Smart Pen ada diharga Rp 5.098.000.

    Redmi Pad 2 Pro akan mulai dijual perdana pada 7 November 2025 pukul 12.00 WIB di berbagai kanal resmi seperti mi.com, Xiaomi Store, Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, Blibli, Lazada, Eraspace, dan Digiplus.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Eufy Smart Tracker Resmi di RI, Bisa Lacak Barang via Apple Find My

    Eufy Smart Tracker Resmi di RI, Bisa Lacak Barang via Apple Find My

    Jakarta

    Kekhawatiran akan kehilangan barang berharga saat bepergian atau dalam aktivitas sehari-hari kini bisa diminimalisir. Eufy, merek perangkat keamanan rumah dan gaya hidup pintar di bawah Anker Innovations, resmi meluncurkan Eufy Smart Tracker di Indonesia.

    Perangkat pelacak cerdas ini dirancang untuk membantu pengguna melacak lokasi barang berharga secara real-time melalui ekosistem Apple Find My. Sterling Li, Country Director Anker Indonesia, menjelaskan bahwa Eufy Smart Tracker hadir untuk memberikan rasa aman dan kemudahan bagi pengguna.

    “Dengan mengandalkan jaringan global Apple Find My, pengguna tidak perlu khawatir kehilangan barang, baik saat bepergian maupun dalam aktivitas sehari-hari,” ujarnya dikutip dari keterangan resmi.

    Berbeda dari pelacak konvensional, Eufy Smart Tracker hadir dengan desain yang kecil, ringan, dan elegan. Ukurannya yang ringkas membuatnya praktis untuk dipasang di berbagai barang, mulai dari koper, tas kerja, dompet, hingga kunci mobil, tanpa menambah beban. Sterling menambahkan bahwa gaya hidup modern yang serba mobile menuntut solusi keamanan yang praktis namun tetap andal.

    Eufy Smart Tracker Foto: Eufy

    “Kami ingin pengguna dapat memanfaatkan teknologi pintar untuk kehidupan yang lebih tenang dan efisien. Eufy Smart Tracker bukan sekadar alat pelacak, tetapi juga simbol dari gaya hidup cerdas yang peduli terhadap keamanan,” jelasnya.

    Eufy Smart Tracker juga dibekali fitur anti air, memastikan perangkat tetap berfungsi optimal meski terpapar kondisi ekstrem seperti hujan atau tumpahan air. Fitur alarm bawaan dapat diaktifkan melalui aplikasi Find My, memungkinkan pengguna menemukan barang yang terselip dengan mudah berkat suara alarm yang keras.

    Menariknya, perangkat ini juga bisa berfungsi sebaliknya; dengan double tap pada Smart Tracker, ponsel yang hilang akan berbunyi meskipun dalam mode senyap.

    Eufy Smart Tracker Foto: Eufy

    Fitur Left-Behind Alert memberikan notifikasi otomatis ketika pengguna meninggalkan barang berharga di lokasi tertentu, berfungsi sebagai langkah preventif penting untuk mencegah kehilangan sejak awal. Selain itu, akses pelacakan juga bisa dibagikan kepada anggota keluarga atau teman dekat.

    Eufy Smart Tracker dilengkapi dengan kode batang (barcode) unik yang memfasilitasi komunikasi dua arah jika barang benar-benar hilang. Penemu barang dapat memindai barcode dan menghubungi pemilik melalui informasi kontak yang telah disimpan sebelumnya, meningkatkan peluang barang kembali secara signifikan.

    Eufy Smart Tracker Foto: Eufy

    Soal daya, Eufy Smart Tracker menggunakan baterai jam CR2032 yang awet dan mudah ditemukan di pasaran, mampu bertahan hingga 12 bulan dalam penggunaan normal. “Daya tahan panjang ini menjadikannya pilihan ideal untuk barang-barang penting yang jarang dibuka atau sering dibawa bepergian. Praktis, tahan lama, dan efisien,” ujar Sterling.

    Eufy Smart Tracker dijual Indonesia dengan harga promo Rp197.000 (dari harga normal Rp399.000). Produk ini dapat dibeli melalui Tokopedia, Shopee, TikTok Shop, dan Lazada, serta di jaringan distributor resmi Eufy di seluruh Indonesia, dengan garansi resmi 1 tahun.

    (afr/rns)

  • Spesifikasi dan Harga Rp 2 Jutaan

    Spesifikasi dan Harga Rp 2 Jutaan

    Jakarta

    Vivo Indonesia resmi memperkenalkan Vivo Y21d, smartphone terbaru di kelas harga Rp 2 jutaan yang hadir dengan ketangguhan ekstrem, baterai super besar, dan fitur pintar berbasis AI. Perangkat ini dirancang untuk menemani aktivitas pengguna aktif di segala kondisi, mulai dari pekerja lapangan hingga anak muda yang gemar beraktivitas di luar ruangan.

    “Kami menghadirkan Vivo Y21d, smartphone yang diciptakan setangguh perjuangan mereka. Dirancang untuk menemani setiap langkah dan mendukung mereka untuk selalu aktif sepanjang hari.” ujar Gilang Pamenan, Product Manager Vivo Indonesia dalam keterangan resmi.

    Spesifikasi Vivo Y21dFiturSpesifikasiLayar6,68 inci HD+ LCD (1608 × 720 piksel), refresh rate 60 Hz / 90Hz, kecerahan hingga 1.000 nitsProsesorUnisoc T7225RAM 4GB / 6GB / 8GB LPDDR4XMemori Internal128GB / 256GB UFS 2.2, ekspansi hingga 1TB via microSDSistem OperasiAndroid 15 dengan antarmuka Funtouch OS 15Kamera Belakang50MP f/1.8 + sensor AI, dukungan Underwater ModeKamera Depan5MP f/2.2Baterai6.500 mAh, 44W FlashCharge, fitur Bypass Charging & Battery Health Protection 5 tahunKonektivitas4G LTE, Wi-Fi Dual Band, Bluetooth 5.3, USB Type-C, GPS, OTGKetahananSertifikasi IP68/69/69+, SGS Gold 5 Star, Standar Militer MIL-STD-810HWarnaUngu Lavender, Hitam AngkasaDimensi166.14 × 77.01 × 8.39mm/ Berat 209 gram

    Vivo Y21d menonjol dengan ketahanan fisik luar biasa berkat sertifikasi IP68/69/69+, menjadikannya smartphone paling tangguh di kelasnya. Perangkat ini mampu bertahan di kedalaman air hingga 6 meter dan tahan terhadap semprotan air bertekanan tinggi.

    Ketahanan Vivo Y21d Foto: Vivo Indonesia

    Tak hanya itu, Vivo Y21d juga lolos sertifikasi SGS Gold 5 Star dan standar ketahanan tingkat militer, yang memastikan ponsel tetap aman meski terjatuh dari ketinggian hingga 1,5 meter. Dilengkapi Guardian Glass berlapis ion ganda dan struktur bantalan pelindung internal, Vivo Y21d tetap kokoh menghadapi benturan dan cuaca ekstrem.

    Vivo Y21d mengusung baterai ultra besar 6.500mAh, yang diklaim mampu bertahan hingga tiga hari pemakaian normal. Dukungan teknologi 44W FlashCharge memungkinkan pengisian hingga 50% hanya dalam waktu 40 menit.

    Fitur Bypass Charging juga disematkan agar suhu perangkat tetap stabil saat digunakan sambil diisi daya, sementara teknologi 5-Year Battery Health Protection memastikan performa baterai tetap optimal dalam jangka panjang.

    Vivo Y21d Foto: Vivo Indonesia

    Dalam pengujian internal Vivo, Y21d mampu bertahan hingga 11 jam bermain PUBG, 63 jam mendengarkan musik, 27 jam scrolling Facebook, dan 13 jam live streaming di TikTok.

    Dari sisi tampilan, Vivo Y21d mengusung Compact 3D Design yang ramping dan nyaman digenggam sepanjang hari. Tersedia dalam dua warna stylish, Ungu Lavender dan Hitam Angkasa, yang memberikan kesan elegan namun tetap kokoh.

    Perangkat ini juga dilengkapi Dynamic Light, fitur pencahayaan unik yang berfungsi sebagai indikator notifikasi interaktif. Kombinasi desain ergonomis dan elemen futuristik membuat Vivo Y21d tampil menonjol di segmen entry-level.

    Vivo Y21d bisa untuk memotret dalam air. Foto: Vivo Indonesia

    Untuk sektor fotografi, Vivo menyematkan kamera utama 50MP Underwater Camera yang mampu mengambil foto dan video langsung di bawah air – fitur yang jarang ditemui di kelasnya.

    Sementara untuk audio, Vivo Y21d hadir dengan Dual Stereo Speaker dan 400% Audio Booster, menghasilkan suara lantang dan jernih. Pengguna bisa menikmati pengalaman menonton, bermain game, atau mendengarkan musik dengan kualitas audio lebih imersif bahkan di lingkungan bising.

    Selain tangguh dan kuat, Vivo Y21d juga cerdas berkat dukungan fitur AI (Artificial Intelligence) seperti Circle to Search: pencarian cepat cukup dengan melingkari objek di layar. Selain itu ada Screen Translation: menerjemahkan teks langsung dari layar, dan Photo Enhance: menyempurnakan hasil foto secara otomatis.

    Vivo Y21d Foto: Vivo IndonesiaHarga

    Vivo Y21d sudah tersedia mulai 24 Oktober 2025 di seluruh Indonesia, baik secara offline di Vivo Store maupun online melalui e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, TikTok Shop, Akulaku, dan Vivo E-Store.

    Harganya sebagai berikut:

    Vivo Y21d 4GB + 128GB Rp 2.099.000Vivo Y21d 6GB + 128GB Rp 2.399.000Vivo Y21d 6GB + 256GB Rp 2.599.000Vivo Y21d 8GB + 128GB Rp 2.599.000Vivo Y21d Foto: Vivo Indonesia

    Selama periode peluncuran, Vivo juga menawarkan promo pembelian eksklusif dan program cicilan 0% hingga 12 bulan melalui Vast Finance sebagai pilot project pembiayaan resmi Vivo di Indonesia.

    (afr/afr)

  • China Makin Ganas Jajah Asia Tenggara, Indonesia Bisa Kena

    China Makin Ganas Jajah Asia Tenggara, Indonesia Bisa Kena

    Jakarta, CNBC Indonesia – Raksasa e-commerce China seperti Alibaba dan TikTok Shop dari ByteDance, makin kencang berekspansi ke luar negeri. Firma konsultan Bain and Company mengatakan Alibaba dan TikTok Shop hanya sebagian dari e-commerce China yang dengan cepat mendominasi sekitar setengah dari pasar belanja online di Asia Tenggara.

    Menurut laporan Bain and Company, data pada 2024 menunjukkan e-commerce asal China seperti Shein dan Temu dari PDD, berkontribusi terhadap hampir 50% dari pasar e-commerce di Indonesia, Thailand, dan Filipina.

    Dikutip dari CNBC International, Jumat (31/10/2025), perusahaan-perusahaan China menggenjot ekspansi ke pasar global, di tengah kelesuan pertumbuhan ekonomi di kampung halaman mereka.

    “Jauh dari ‘terbunuh’ oleh tarif [AS], pendekatan ritel China untuk menggarap pasar global sedang memasuki fase baru,” tertulis dalam laporan Bain and Company.

    Tim penyusun laporan mencatat bahwa pedagang-pedagang China sejauh ini memiliki kinerja lebih baik di negara-negara dengan daya beli online yang minim. Tahun ini, Bain and Company mengatakan Taobao milik Alibaba memperluas promo belanja ‘Singles Day’ ke 20 kawasan.

    Transaksi E-commerce di Indonesia 2024

    Berdasarkan data Bain and Company, nilai transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) e-commerce di Indonesia pada 2024 mencapai US$62 miliar (Rp1.031 triliun).

    Mayoritas (56%) berasal dari kategori e-commerce ‘Lainnya’ (Others), senilai US$34,58 miliar (Rp572 miliar). Sementara itu, Tokopedia mengambil porsi 26%, senilai US$16,30 miliar (Rp271 miliar).

    Kemudian TikTok Shop berkontribusi 10% senilai US$6,17 miliar (Rp102 miliar), Lazada (Alibaba) meraup 7% senilai US$4,50 miliar (Rp74 miliar), serta AliExpress hanya meraup segelintir sisanya senilai US$0,51 miliar (Rp8 miliar).

    Perlu dicatat, Shopee Indonesia yang merupakan salah satu pemain e-commerce terbesar di Tanah Air tidak dibuatkan kategori khusus dalam laporan Bain and Companye. Begitu juga dengan Blibli dan Bukalapak yang sama-sama merupakan pemain e-commerce kawakan di Indonesia.

    Berdasarkan data tersebut, pemain e-commerce dari China memang belum mendominasi di pasar Indonesia. Namun, pertumbuhannya cukup masif.

    Adapun di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Vietnam, dan Filipina, e-commerce China seperti TikTok Shop mulai mendominasi kontribusi terhadap GMV. Masing-masing 19% di Thailand, 15% di Vietnam, dan 15% di Filipina.

    AliExpress juga tampak mengambil porsi lebih besar, yakni 7% di Filipina dan 5% di Vietnam. Namun, total GMV e-commerce di negara-negara tetangga jauh lebih kecil ketimbang di Indonesia.

    GMV e-commerce di Thailand dan Vietnam masing-masing hanya mencapai US$30 miliar, sementara di Filipina cuma US$20 miliar. Data Bain and Company tidak memasukkan GMV e-commerce di Singapura dan Malaysia.

    Rahasia E-commerce China Jajah Dunia

    CNBC International melaporkan divisi internasional Alibaba yang disebut ‘International Digital Commerce Group’ melaporkan pertumbuhan pendapatan 19% secara tahun-ke-tahun selama 3 bulan yang berakhir pada 30 Juni 2025, menjadi 34,74 miliar yuan.

    Indikator lainnya yang memperlihatkan kencangnya industri e-commerce China ‘menjajah’ dunia tampak pada angka pembiayaan pedagang online China.

    Hanya dalam kurun waktu kurang lebih 1 tahun, startup fintech FundPark memfasilitasi pembiayaan senilai US$3 miliar untuk kredit usaha pebisnis China yang ingin mengepakkan sayap lewat e-commerce lintas negara.

    Sebelumnya, butuh waktu 6 tahun bagi FundPark meminjamkan US$3 miliar untuk kredit usaha, menurut pendiri dan CEO Anson Suen kepada CNBC International.

    Menurut analis Bain and Company, rahasia keberhasilan e-commerce China berekspansi ke pasar global adalah belajar dari kesuksesan di pasar domestik. Industri e-commerce China mengintegrasikan livestreaming, kecepatan inovasi produk, serta kecepatan logistik.

    Faktanya, Amazon menutup marketplace-nya di China pada 2019 silam karena sengitnya persaingan dengan pemain lokal.

    Transaksi e-commerce di China pada 2024 mencapai US$2.317 miliar atau lebih dari dua kali lipat GMV e-commerce di AS yang ‘mentok’ di US$1.054 miliar.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • IHSG Menguat Tipis, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

    IHSG Menguat Tipis, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

    Jakarta

    Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menguat tipis 0,22% ke level 8.185,06 pada perdagangan Rabu (30/10). Sejumlah saham berkapitalisasi besar menjadi pendorong utama kenaikan indeks, antara lain DSSA (+6,14%), BMRI (+3,23%), dan GOTO (+7,14%). Sementara itu, pelemahan pada saham ASII (-3,09%), DCII (-2,84%), dan BBCA (-0,84%) membatasi laju penguatan IHSG.

    Mengutip riset InvestasiKu, Jumat (31/10/2025), dari sisi arus dana, investor asing mencatatkan pembelian bersih (net buy) sebesar Rp945,56 miliar di pasar reguler, serta Rp784,99 miliar di seluruh pasar.

    Berdasarkan sektornya, enam dari sebelas sektor saham ditutup menguat, dipimpin oleh sektor teknologi (+1,87%), sedangkan sektor transportasi mengalami penurunan 0,88%.

    Berita Emiten

    1. GoTo Gojek Tokopedia (GOTO)

    GOTO mengumumkan kenaikan target adjusted EBITDA 2025 ke kisaran Rp 1,8-1,9 triliun, dari proyeksi sebelumnya Rp1,4-1,6 triliun. Kenaikan target tersebut sejalan dengan penurunan rugi bersih yang signifikan menjadi Rp 997,97 miliar pada 9M25, dari Rp 4,54 triliun pada periode yang sama tahun lalu (9M24).

    Kinerja positif GOTO turut ditopang oleh pertumbuhan laba bruto menjadi Rp 7,66 triliun dari Rp 6,15 triliun, serta pendapatan yang naik 14% YoY menjadi Rp13,30 triliun.

    2. Tower Bersama Infrastructure (TBIG)

    TBIG melaksanakan penjualan 350 juta saham treasuri kepada pengendali perseroan, Bersama Digital Infrastructure Asia Pte Ltd, di harga Rp2.138 per saham, dengan nilai transaksi mencapai Rp749,01 miliar. Penjualan tersebut dilakukan pada 27 Oktober 2025.
    Selain itu, TBIG juga mengumumkan rencana pembelian kembali (buyback) saham dengan dana maksimal Rp360 miliar, dengan target pembelian hingga 158 juta saham atau sekitar 0,7% dari total saham beredar. Aksi korporasi ini akan dilakukan secara bertahap mulai 30 Oktober 2025 hingga 29 Januari 2026.

    Rekomendasi Saham Hari Ini

    * SCMA – Buy 342-348 | TP 354-364 | SL 320

    [Gambas:Produk Investasi by Investasiku]

    * BUMI – Buy 137-140 | TP 142-145 | SL 130

    [Gambas:Produk Investasi by Investasiku]

    * DEWA – Buy 316-322 | TP 330-340 | SL 300

    [Gambas:Produk Investasi by Investasiku]

    * BWPT – Buy 147-150 | TP 156-159 | SL 139

    [Gambas:Produk Investasi by Investasiku]

    * MDKA – Buy 2460-2490 | TP 2520-2580 | SL 2290

    [Gambas:Produk Investasi by Investasiku]

    Disclaimer: Ingat, bahwa segala analisis dan rekomendasi saham dalam artikel ini bersifat informatif sekaligus bukan merupakan ajakan untuk membeli atau menjual saham tertentu.

    Keputusan berinvestasi sepenuhnya berada di tangan masing-masing investor sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan pribadi. Selamat berinvestasi secara bijak.

    Lihat juga Video: IHSG Menguat Didukung Saham Perbankan Besar dan Arus Modal Asing

    (ara/ara)

  • Tokopedia & TikTok Shop Jadi Mitra Eksklusif JFW 2026, Angkat Tren Earthly Allure

    Tokopedia & TikTok Shop Jadi Mitra Eksklusif JFW 2026, Angkat Tren Earthly Allure

    Bisnis.com, JAKARTA – Pertumbuhan pesanan fashion hingga 82% menjadi momentum bagi Tokopedia dan TikTok Shop untuk memperluas dukungan terhadap Jakarta Fashion Week (JFW). Dukungan ini merupakan komitmen Tokopedia dan TikTok Shop dalam menjaga keberlanjutan ekosistem fashion nasional serta membuka lebih banyak peluang bagi brand lokal untuk berkembang.

    Langkah ini pun diharapkan bisa menjadi katalis positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, mempertimbangkan bahwa industri fesyen berkontribusi 17,6% terhadap nilai tambah ekonomi kreatif, yaitu sebesar Rp225 triliun. Selain itu, industri fesyen menyumbang 17% dari total 25 juta lapangan kerja yang dihasilkan oleh sektor ekonomi kreatif Tanah Air.

    “Kolaborasi Tokopedia dan TikTok Shop bersama JFW 2026 menjembatani pengalaman belanja online dengan ajang mode bergengsi untuk mendukung merek fesyen lokal; penyokong ekonomi kreatif Indonesia,” ujar Stephanie Susilo, Senior Director of Tokopedia and TikTok E-commerce.

    Dia menambahkan bahwa koleksi khusus JFW 2026 dari berbagai merek fesyen, yang seluruhnya merupakan jenama lokal, dapat diakses dengan aman, mudah, dan terjangkau hanya melalui Tokopedia dan TikTok Shop.

    Terdapat enam brand lokal Tokopedia-Tiktok Shop yang menghadirkan koleksi pilihan, yakni Vivi Zubedi, Mayoutfit, Minimal, Bwbyaz, Geulis, dan Heaven Lights. Mereka menghadirkan koleksi terbaru yang mengusung tema Earthly Allure, yang mengedepankan palet warna alami bersaturasi rendah, dipadukan dengan aksesori elegan. Tren ini diharapkan memberikan inspirasi baru bagi tren fesyen di Indonesia.

    Vivi Mar’i Zubedi, Founder VIVIZUBEDI, mengapresiasi kolaborasi ini sebagai bukti nyata bahwa dukungan lintas industri dapat memperkuat eksistensi brand lokal. “Sinergi ini menjadi bukti nyata bahwa dukungan lintas industri dapat memperkuat eksistensi brand lokal dan menghadirkan kebanggaan bagi mode Indonesia di kancah yang lebih luas,” katanya.

    Mayoritas merek yang berkolaborasi dalam ajang JFW 2026 memiliki toko berstatus ‘Mall’ di Tokopedia maupun TikTok Shop. Status ini menjamin produk 100% asli, bebas ongkos kirim, dan gratis retur 15 hari. Stephanie menjelaskan bahwa selain menyediakan diskon hingga cashback spesial untuk produk eksklusif JFW 2026, merek-merek tersebut mengedepankan pengalaman #BelanjaAman bagi pengguna.

    Ekosistem Mall ini diperuntukkan bagi para penjual yang telah memiliki sertifikat kekayaan intelektual dan lisensi resmi lainnya. Pada semester I 2025, TikTok Shop by Tokopedia mencatat kenaikan jumlah penjual Mall sebesar 4 kali lipat, dengan sejumlah penjual Mall bahkan mengalami pertumbuhan transaksi tertinggi rata-rata lebih dari 15 kali lipat. “Daftar merek dengan pertumbuhan transaksi tertinggi didominasi oleh brand lokal, termasuk UMKM. Ini membuktikan ekosistem Mall yang bersifat sangat inklusif dan memberdayakan,” terang Stephanie.

    Koleksi terbaru khusus JFW 2026 dari keenam jenama lokal tersebut dapat diakses dengan lebih terjangkau melalui kampanye New Arrival Day di Tokopedia dan TikTok Shop. New Arrival Day merupakan inisiatif unggulan dari TikTok Shop by Tokopedia yang setiap bulannya menghadirkan tren dan produk baru di pasar Indonesia.