Perusahaan: Tokopedia

  • Rekomendasi iPhone yang Harga Sudah Terjun Bebas!

    Rekomendasi iPhone yang Harga Sudah Terjun Bebas!

    JABAR EKSPRES – Bagi pecinta produk Apple atau iPhone, memiliki barang terbaru banyak jadi pilihan. Namun bagi yang belum memiliki dana lebih. Tidak ada salahnya mencari iPhone second.

    Produk Apple keluaran lama, saat ini banyak mengalami penurunan harga. Hal ini seiring dengan munculnya generasi terbaru. Sebut saja iPhone 16 yang dalam waktu dekat akan segera dirilis di Indonesia.

    BACA JUGA: Honor Akan Banjiri Pasar Smartphone Indonesia dengan Teknologi Canggih tapi Harga Murah meriah!

    Akan tetapi, buat penggemar ponsel produk Apple, ada kabar baik. Ternyata untuk produk handphone Apple ini telah mengalami penurunan harga secara drastis.

    Produk ini sebetulnya tidak kalah dan masih sangat layak untuk dimiliki buar yang tidak memiliki budget lebi untuk membeli keluaran terbaru.

    BACA JUGA: Produk Terbaru! Infinix Note 12, Smartphone dengan Julukan Multytasking Master

    Beberapa produk seri terdahulu kini harganya sudah sangat terjangkau. Namun masih memiliki fungsi sangai baik.

    Sebagai informasi, berikut ini kita sampaikan produk Apple yang harganya sudah turun drastis dan layak sebagai alternatif pegangan handphone anda.

    iPhone Xs Max

    Handphone ini banyak ditemukan dipasaran dan paling laris diburu. Sebab harganya sudah sangat murah di kantong dengan harga di kisaran Rp 3,5 juta sampai dengan Rp 4 jutaan.

    BACA JUGA: Infinix Hot 10S, Smartphone Kalangan Gaming Harga di Bawah Dua Jutaan

    Handphone ini memiliki pilihan kapasitas  64GB / 256GB / 512GB dengan tampilan layar display 6.5 inch RAM 4GB.

    iPhone 13 Pro

    Handphone produk Apple masih banyak penggemarnya. Meski sudah tidak keluar untuk barang barunya banyak ditawarkan di pusat-pusat jual beli gadged dan smartphone.

    BACA JUGA: Ini Dia, Tiga Smartphone Samsung Terbaru dengan Harga Merakyat

    Di Marketplace indone Ini Dia, Tiga Smartphone Samsung Terbaru dengan Harga Merakyat

    sia seperti Shoopee atau Tokopedia, Smartphone ini dijual dengan harga Rp 9,800.000 sampai dengan Rp 10.000.000.

    Meski begitu, handphone ini masih menjadi barang yang banyak diminati karena memiliki gengsi tersendiri jika memilikinya.

    BACA JUGA: Poco X 7 Pro Spesifikasi Paling Gahar, Harga Ekonomis!

  • Diskon 50% Token Listrik PLN Berakhir Hari Ini, Cek Cara Belinya

    Diskon 50% Token Listrik PLN Berakhir Hari Ini, Cek Cara Belinya

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Diskon token listrik berlaku terakhir hari ini, 28 Februari 2025. Pelanggan masih bisa membeli token dengan diskon tarif 50 persen hari ini. Harga akam kembali normal per 1 Maret 2025.

    Diskon 50 persen token PLN berlaku selama dua bulan, yakni Januari dan Februari. Adapun diskon tersebut berlaku untuk daya listrik 2.200 Volt Ampere (VA) ke bawah.

    Penerima diskon tarif listrik ini diperkirakan mencapai 81,4 juta pelanggan Rumah Tangga (RT) dari total 84 juta total pelanggan PLN.

    Jumlah tersebut termasuk 24,6 juta pelanggan dengan daya listrik 450 VA, 38 juta pelanggan 900 VA, 14,1 juta pelanggan 1.300 VA, dan 4,6 juta pelanggan 2.200 VA.

    “Ini menyasar 97% pelanggan, diskon 50% pada bulan Januari-Februari 2025. Ini berkah untuk daya beli masyarakat, kami siap menjalankan berkah ini tentunya untuk pelanggan pra bayar kami, misalnya beli Rp 100 ribu bisa jadi separuhnya,” ujar Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, dikutip Jumat (28/2/2025).

    Pembelian listrik dengan tarif ini bisa dilakukan di beberapa kanal yang telah disiapkan. Termasuk aplikasi PLN Mobile, minimarket, hingga pembayaran melalui beberapa bank.

    Pelanggan prabayar yang membeli tarif diskon akan secara otomatis menyesuaikan. Misalnya tadinya membayar Rp 100 ribu akan hanya dibebankan Rp 50 ribu.

    Berikut cara membeli token listrik untuk pelanggan PLN prabayar.

    Cara Beli Token Listrik Diskon di PLN Mobile

    • Masuk ke aplikasi PLN mobile yang sudah terpasang di smartphone

    • Pilih menu “Kelistrikan”

    • Lalu, masukkan IP pelanggan atau nomor meter

    • Apabila belum ada, klik fitur “token dan pembayaran”

    • Pilih nomor ID pelanggan atau nomor meter dan klik “beli token”

    • Selanjutnya, pilih nominal token yang hendak dibeli dan tekan “beli”

    • Pilih metode pembayaran yang hendak digunakan lalu selesaikan proses pembayaran

    • Apabila telah selesai, klik opsi “Lihat transaksi saya”. Pada bagian tersebut Anda bisa melihat nomor token listrik yang dapat dimasukkan ke meteran listrik.

    Cara Beli Token Listrik Diskon di Minimarket

    • Kunjungi minimarket terdekat

    • Berikan nomor ID pelanggan pada kasir yang bertugas

    • Sebutkan nominal yang akan dibeli

    • Lakukan pembayaran sesuai dengan nominal yang dibeli

    • Petugas akan memberikan 20 digit token listrik untuk dimasukkan di meteran listrik

    Cara Beli Token Listrik Diskon di Tokopedia

    • Buka aplikasi Tokopedia di smartphone

    • Pilih menu “Top Up & Tagihan”

    • Klik ikon “Listrik PLN” lalu pilih opsi “Token Listrik”

    • Masukkan nomor ID pelanggan dan masukkan nominal yang diinginkan

    • Klik “Lanjut”

    • Klik “Pilih Pembayaran”

    • Pilih opsi pembayaran yang tersedia

    • Notifikasi pembayaran sukses akan muncul dan nomer token diberikan pada detail transaksi

    Cara Beli Token Listrik Diskon di Shopee

    • Buka aplikasi Shopee lalu pilih menu “Pulsa, Tagihan, dan Tiket”

    • Pilih menu “Listrik PLN”

    • Pada menu “Token Listrik” masukkan ID Pelanggan atau nomor meter dan pilih nominal token listrik Klik “Lanjutkan”

    • Lalu, pilih metode pembayaran yang diinginkan

    • Setelah memilih metode pembayaran, klik “Bayar Sekarang” dan ikuti langkah sesuai petunjuk

    • Apabila pembayaran telah berhasil, notifikasi nomor token listrik akan muncul pada aplikasi.

    ATM Mandiri

    • Pilih Pembayaran/Pembelian

    • Pilih Multi Payment

    • Ketik “30300”

    • Masukkan No Meter (11 nomor)

    • Masukkan Nominal Pembelian

    • Ketik “1”

    Struk akan tercetak

    ATM BCA

    • Pilih Transaksi Lainnya

    • Pilih Voucher isi Ulang

    • Pilih Lainnya

    • Pilih PLN Prepaid

    • Masukkan nomor Meter (11 nomor)

    • Pilih Nominal Voucher

    • Tekan Benar / Salah

    Struk akan tercetak

    ATM BNI

    • Pilih Pembayaran

    • PLN

    • PLN PRABAYAR

    • Pembelian Token

    • Masukan No meter (11 nomor, tambahkan “0” di depan no meter)

    • Pilih jenis “0”

    • Pilih Nominal Pembelian

    Struk akan tercetak

    ATM Bukopin

    • Pilih ISI ULANG PULSA DAN LISTRIK

    • Pilih LISTRIK / PLN

    • Masukan Nomor Meter (11 nomor)

    • Pilih Nominal Pembelian

    Struk akan tercetak

    ATM NISP

    • Pilih MENU LAINNYA

    • Pilih PULSA ISI ULANG DAN PLN

    • Pilih PLN PRABAYAR

    • Masukan Nomor Meter (11 nomor)

    • Pilih Nominal Pembelian

    Struk akan tercetak

    ATM BRI

    • Pilih Transaksi Lainnya

    • Pilih Pembayaran

    • Pilih PLN

    • Pilih Prabayar

    • Masukkan Nomor Meter (11 nomor)

    • Tekan Benar/Salah

    • Pilih Nominal Token / Voucher

    • Tekan Benar / Salah dan Struk akan tercetak

    (fab/fab)

  • 7 Cara Beli Paket Data Indosat dengan Mudah dan Ragam Pilihannya

    7 Cara Beli Paket Data Indosat dengan Mudah dan Ragam Pilihannya

    Jakarta

    Indosat menawarkan beragam paket data yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Mulai dari paket harian, bulanan hingga tahunan, paket ini bisa didapatkan dengan pembelian yang mudah.

    Baik melalui aplikasi, dompet digital, hingga marketplace, pengguna bisa memilih metode pembayaran yang diinginkan. Simak cara beli paket data Indosat beserta beberapa daftar pilihannya berikut ini.

    Cara Beli Paket Data Indosat

    Ada beberapa cara mudah beli paket data Indosat. Mulai dari lewat aplikasi my Im3, Tokopedia, GoPay, hingga Dial *123#, berikut langkah-langkahnya mengutip laman Indosat, Tokopedia, dan GoPay:

    1. Cara Beli Paket Data Indosat lewat Aplikasi myIM3

    Buka aplikasi my Im3 dan Login dengan nomor teleponPada halaman utama, klik menu Paket DataPilih paket yang diinginkan sesuai dengan budgetKlik Beli dan lanjut ke pembayaranPilih metode pembayaranKlik Bayar

    2. Cara Beli Paket Data Indosat lewat Tokopedia

    Buka aplikasi Tokopedia, pilih menu Top up dan TagihanKlik Paket DataPada layar akan tertera nomor dan total hargaPilih Metode PembayaranKlik LanjutkanPada halaman detail pesanan akan tertera nomor dan nominal yang harus dibayarJika nomor telah sesuai, klik Bayar dengan metode pembayaran yang dipilih

    3. Cara Beli Paket Data Indosat lewat Aplikasi GoPay

    Buka aplikasi GoPayPilih menu PembayaranMasukkan nomor telepon dan pilih jenis operatorPilih paket data yang diinginkanPilih pembayaran dengan GoPay dan klik BayarMasukkan PIN GoPay

    4. Cara Beli Paket Data lewat Dial *123# dengan Pulsa

    Masukkan kode *123#Tekan panggilPilih menu Cek Kuota dengan memasukkan format balasanKetika muncul informasi kuota, pilih Beli KuotaNantinya akan tertera berbagai jenis paket data. Pilih paket yang diinginkanKlik OK

    5. Cara Beli Paket Data lewat Dial *123# dengan Pembayaran OVO

    Masukkan *123# pada ponselTekan PanggilPilih paket IM3 Ooredoo yang kamu inginkanPilih nomor 3 untuk membayar dengan OVOMasukkan nomor ponsel yang terdaftar dalam aplikasi OVOBuka Aplikasi OVO dan periksa kembali jumlah transaksiMasukkan PIN OVOTekan “Bayar”

    6. Cara Beli Paket Data lewat Dial *123# dengan Pembayaran GoPay

    Tekan *123# pada ponselPilih paket IM3 Ooredoo yang diinginkanPilih nomor 4 untuk membayar dengan GopayMasukkan nomor ponsel IM3 Ooredoo yang terdaftar dalam aplikasi GopayPeriksa SMS yang terkirim dari “GOPAY” di kotak masuk, dan klik link yang terteraBuka Aplikasi Gopay dan periksa kembali jumlah transaksiMasukkan PIN GopayTekan “Kirim”

    7. Cara Beli Paket Data lewat Dial *123# dengan Pembayaran ShopeePay

    Tekan *123# pada ponselPilih paket IM3 Ooredoo yang kamu inginkanPilih nomor 5 untuk menggunakan membayar dengan ShopeePayMasukkan nomor ponsel IM3 Ooredoo yang terdaftar dalam aplikasi ShopeePayPeriksa SMS yang terkirim dari “IM3PAYMENT” di kotak masuk, dan klik link yang terteraBuka Aplikasi ShopeePay dan periksa jumlah transaksiMasukkan PIN ShopeePayTekan KirimDaftar Paket Data Indosat

    Mengutip laman Indosat Ooredoo Hutchison, ada ragam pilihan paket yang ditawarkan. Berikut di antara pilihannya berdasarkan pencarian detikcom pada bulan Februari 2025.

    Freedom Spesial Ramadhan

    Paket spesial ramadan 30 GB/30 Hari (1GB/hari): Rp 59.000Paket spesial ramadan 60 GB/30 Hari (2GB/hari): Rp 99.000Paket spesial ramadan 150 GB/30 Hari (5GB/hari): Rp 129.000Freedom internet ramadan 300 GB/30 Hari: Rp 150.000

    Freedom Harian

    Freedom internet 1,5GB/hari: Rp 5.000Freedom internet 3GB/hari: Rp 8.000Freedom internet 5GB/2 hari: Rp 10.000Freedom internet 3GB/3 hari: Rp 13.000Freedom internet 3,5GB/5 hari: Rp 15.000Freedom internet 5GB/3 hari: Rp 15.000Freedom internet 5GB/5 hari: Rp 20.000Freedom internet 7GB/7 hari: Rp 25.000Freedom internet 15GB/7 hari: Rp 30.000

    Freedom Internet 28 Hari

    Freedom internet 3GB/28 Hari: Rp 23.000Freedom internet 5GB/28 Hari: Rp 35.000Freedom internet 12GB/28 Hari: Rp 58.000Freedom internet 28GB/28 Hari: Rp 92.000Freedom internet 50GB/28 Hari: Rp 120.000Freedom internet 80GB/28 Hari: Rp 140.000Promo freedom internet 150GB/28 Hari: Rp 150.000Promo freedom internet 200GB/28 Hari: Rp 200.000

    Freedom Internet Masa Aktif Panjang

    Freedom internet 100GB/90 hari: Rp 250.000Freedom internet 200GB/180 hari: Rp 450.000Freedom internet 400GB/360 hari: Rp 850.000.

    Freedom U

    Freedom U 5.5GB / 30 Hari: Rp 38.000Freedom U 10GB / 30 Hari: Rp 63.000Freedom U 20GB / 30 Hari: Rp 90.000Freedom U 35GB / 30 Hari: Rp 115.000Freedom U 45GB / 30 Hari: Rp 126.000

    Freedom Apps 30 Hari

    Freedom apps FUN 12GB/30 Hari: Rp 20.000Freedom apps Game 12GB/30 Hari: Rp 20.000Freedom apps EDU 30GB/30 Hari: Rp 24.800

    (elk/row)

  • Huawei MatePad Pro 13.2 Siap Meluncur di Indonesia, Ini Harganya! – Page 3

    Huawei MatePad Pro 13.2 Siap Meluncur di Indonesia, Ini Harganya! – Page 3

    Rencananya, MatePad Pro 13.2 ini akan tersedia di sejumlah rekanan penjualan resmi Huawei secara online dan offline, seperti Huawei Store, TikTok Shop, Tokopedia, Blibli, Shopee, Eraspace, dan Datascrip Mall.ID.

    Lainnya adalah Huawei Authorized Experience Store, Erafone, Urban Republic, Blibli Store, dan rekanan penjualan offline lainnya.

    Perusahaan juga menyediakan sejumlah promo menarik bagi pengguna yang membeli Huawei MatePad Pro 13.2 ini di Huawei Store, salah satunya opsi pembayaran fleksibel dengan bunga 0 persen hingga 12 bulan.

    Huawei MatePad Pro 13.2 hadir dengan layar PaperMatte OLED berukuran 13.2 inci, resolusi 2880 x 1920 piksel, refresh rate 144Hz dan dengan tingkat kecerahan sampai 1.000 nits.

    Desain MatePad Pro memiliki notch alias poni kecil untuk menampung kamera depan 16MP f/2.2 dan aneka sensor. Tablet Huawei ini hadir dalam layar PaperMatte OLED berukuran 13.2 inci.

    Tablet ini sudah menggunakan chipset Kirin T92, didukung dengan RAM 12GB dan memori internal sebesar 256GB/512GB.

    Untuk urusan fotografi, Huawei menyertakan kamera belakang 50MP dan 8MP. Tablet ini memiliki bobot 580gram, ketebalan 5,5 mm, dan menggunakan baterai 10.100mAh.

  • Pilihan Elegan dan Fungsional untuk Kamar Tidur

    Pilihan Elegan dan Fungsional untuk Kamar Tidur

    PIKIRAN RAKYAT – Meja rias bukan sekadar perabot, tetapi juga cerminan gaya dan kepribadian pemiliknya. Meja rias kayu jati, dengan keindahan alami dan ketahanannya, menjadi pilihan favorit banyak orang.

    Artikel ini akan membahas berbagai model meja rias kayu jati, tips memilih, dan rekomendasi produk terbaik.

    Keunggulan Meja Rias Kayu Jati

    – Kayu jati dikenal sangat kuat dan tahan lama, sehingga meja rias Anda akan awet bertahun-tahun.

    – Serat kayu jati yang khas memberikan sentuhan elegan dan hangat pada kamar tidur.

    – Meja rias kayu jati memiliki nilai investasi yang baik, karena harga kayu jati cenderung meningkat seiring waktu.

    – Tersedia berbagai model meja rias kayu jati, mulai dari minimalis hingga ukiran mewah.

    Model Meja Rias Kayu Jati

    1. Meja Rias Minimalis

    Cocok untuk kamar tidur dengan gaya modern atau minimalis. Desain simpel dengan garis-garis bersih dan fungsional.

    Contoh: Meja rias minimalis kayu jati solid laci 3, meja rias minimalis model marmer.

    2. Meja Rias Ukir

    Menampilkan detail ukiran yang indah dan mewah. Cocok untuk kamar tidur dengan gaya klasik atau tradisional.

    Contoh: Meja rias kayu jati 1 biro ukiran, meja rias ukiran mewah.

    Ilustrasi make up.

    3. Meja Rias Jepara

    Dikenal dengan kualitas ukirannya yang halus dan detail. Merupakan pilihan tepat bagi pecinta seni ukir.

    Contoh: Furniture Jati Jepara Cermin Ukir Rias Meja Rias Kayu Jati Jepara, Meja Rias Lampu Minimalis Modern Kayu Jati Jepara.

    Rekomendasi Meja Rias Kayu Jati

    Berikut adalah beberapa rekomendasi meja rias kayu jati dari berbagai merek:

    1. Olympic Meja Rias Dresser Drtm Chester Brown

    Harga Official Store: Rp1.182.430

    2. Meja Rias SAKHA 0518 AX-DS05 WALNUT

    Harga Official Store: Rp2.649.000

    3. Meja Rias 802 Karsindo

    Harga Official Store: Rp2.407.680

    4. Creativ Meja Rias Minimalis Set / Dressing Table / ACURA MR 80

    Harga Official Store: Rp1.548.000

    5. Meja Rias Anggur Helios

    Harga Official Store: Rp2.286.900

    Tips Memilih Meja Rias Kayu Jati

    – Sesuaikan gaya meja rias dengan gaya interior kamar tidur Anda.

    – Pilih model meja rias yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda.

    – Pertimbangkan ukuran kamar tidur Anda agar meja rias tidak memakan terlalu banyak ruang.

    – Pastikan kayu jati yang digunakan berkualitas baik dan kering sempurna.

    – Pertimbangkan fitur tambahan seperti lampu LED, laci penyimpanan, atau kursi yang nyaman.

    Pilihlah meja rias kayu jati yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Rawat meja rias kayu jati Anda dengan baik agar tetap awet dan indah.

    Anda dapat membeli meja rias kayu jati di toko furnitur offline atau toko online seperti Shopee, Blibli, Tokopedia, dan Lazada.

    Disclaimer: Harga dapat berubah sewaktu-waktu. Ketersediaan produk dapat berbeda-beda di setiap toko.***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Harga dan Spesifikasi Huawei MatePad Pro 13.2 2025 di Indonesia

    Harga dan Spesifikasi Huawei MatePad Pro 13.2 2025 di Indonesia

    Jakarta

    Setelah dirilis secara global di Malaysia minggu lalu, kini Huawei memboyong MatePad Pro 13.2 2025 ke Indonesia.

    Tablet jagoan terbaru Huawei ini dijanjikan punya kemampuan layaknya sebuah PC, punya performa tinggi, tampilan memukau, serta dukungan aksesori yang lengkap. Huawei juga menghadirkan aplikasi WPS Office PC-level untuk meningkatkan produktivitas penggunanya.

    “Tablet flagship ini mampu menawarkan pengalaman produktivitas andal berkat inovasi revolusioner seperti Flexible OLED PaperMatte Display pertama di industri, aplikasi PC-level WPS Office 2.0, GoPaint, hingga HUAWEI Notes yang dapat memberikan pengalaman bekerja lebih komprehensif,” ujar Huiler Fan, CEO Huawei Device Indonesia.

    Spesifikasi Huawei MatePad Pro 13.2 2025 di IndonesiaLayar: PaperMatte OLED dengan ukuran 13,2 inch, resolusi 2.880 × 1.920 dan 1,07 miliar warna, gamut warna lebar P3, screen to body 94%, kecerahan 1.000 nitsRAM: 12GBMemori internal: 256/512GBChip: Kirin T92, Octa coreOS: HarmonyOS 4.3Kamera belakang: 50 MP (f/1.8 aperture, AF), 8 MP LED flash (wide angle, f/2.2 aperture, FF)Kamera depan: 16 MP (wide angle length, f/2.0 aperture, FF)Dimensi: 196,1 x 289,1 mmBerat: 580 gKetebalan: 5,5 mmKoneksi: WiFi 2.4 GHz and 5 GHz, Bluetooth 5.2, supports BLE, supports SBC, AAC, LDAC and L2HCBaterai: 10.100 mAhIsi kemasan: Tablet (baterai internal), keyboard magnetik pintar Huawei, adaptor Huawei SuperCharge, kabel USB type-c, panduan memulai cepat, kartu garansiWarna: Premium GoldHarga Huawei MatePad Pro 13.2 2025 di IndonesiaHuawei MatePad Pro 13.2: Rp 16.999.000

    Khusus untuk pembeli yang melakukan preorder, Huawei menyiapkan bonus khusus yaitu:

    Huawei FreeBuds 5Huawei Smart Magnetic KeyboardHuawei M-Pencil (3rd Gen)Huawei Bluetooth Mouse1 tahun VIP Service Guarantee

    MatePad Pro 13.2 akan tersedia di berbagai saluran penjualan resmi Huawei baik online maupun offline, termasuk Huawei Store , Tiktok Shop, Tokopedia, Blibli, Shopee, Eraspace, dan Datascrip Mall.ID untuk saluran penjualan online, dan Huawei Authorized Experience Store, Erafone, Urban Republic, Blibli Store, dan rekanan penjualan offline lainnya.

    Bagi konsumen yang membeli Huawei MatePad Pro 13.2 di Huawei Store, konsumen akan mendapatkan promo menarik lainnya, seperti opsi pembayaran yang fleksibel dengan bunga 0% hingga 12 bulan. Selain itu, untuk memberikan pengalaman eksklusif, konsumen juga dapat melakukan blind pre-order yang akan dibuka mulai hari ini, 19 Februari 2025 dengan deposit Rp 300.000 di Huawei Store, yang memberi hak pengiriman prioritas sehingga konsumen bisa
    menerima produknya lebih awal.

    Tak hanya itu, konsumen juga akan mendapatkan garansi perpanjangan satu tahun secara gratis. Pembayaran final, pre-order, dan pengiriman akan dilakukan pada 26 Februari 2025, dimulai pada pukul 15.00 WIB.

    (asj/fay)

  • Tuka Tuku, Marketplace UMKM Purbalingga yang Dukung Produk Lokal

    Tuka Tuku, Marketplace UMKM Purbalingga yang Dukung Produk Lokal

    TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA – UMKM atau usaha mikro, kecil, dan menengah merupakan sektor yang layak mendapat perhatian pemerintah.

    Selain membantu mengurangi angka pengangguran, keberadaan UMKM juga menjadi ciri khas tersendiri bagi suatu daerah.

    Salah satu upaya pemerintah untuk mendukung UMKM di Purbalingga adalah dengan menghadirkan Tuka Tuku.

    Tuka Tuku merupakan marketplace khusus bagi pelaku UMKM Purbalingga yang bertujuan memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan pendapatan mereka.

    “UMKM di Purbalingga banyak, jadi kita jadikan satu di Tuka Tuku ini. Tuka Tuku sebetulnya merupakan pusatnya UMKM Purbalingga,” ujar Lia Kurniasih, admin Tuka Tuku Purbalingga, kepada Tribunbanyumas.com, Selasa (25/2/2025).

    Marketplace ini berdiri sejak Agustus 2019 dan awalnya bekerja sama dengan Bukalapak untuk membantu pemasaran produk UMKM lokal.

    Selain memiliki toko offline di kompleks Taman Usman Janatin Purbalingga, Tuka Tuku juga hadir di beberapa platform online seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan TikTok.

    “Kita ada di beberapa platform, tapi saat ini fokusnya di Shopee dan TikTok karena lebih banyak penjualan dari situ,” jelas Lia.

    Produk yang dijual di Tuka Tuku mayoritas berupa produk olahan kering dari UMKM Purbalingga.

    “Di sini kita hanya menjual produk-produk kering supaya lebih awet,” tambahnya.

    Beberapa produk yang tersedia antara lain cocktail, olahan nanas, aneka sambal, kopi, olahan lele, dan lainnya.

    “Selain menjual aneka ragam produk UMKM, produk-produk di sini juga menjadi ikon khas Purbalingga seperti makaroni dan olahan nanas. Jadi kalau orang ke Purbalingga mau beli oleh-oleh yang terkenal, bisa beli di sini,” ujar Lia.

    Produk yang dijual di Tuka Tuku berasal dari berbagai kecamatan di Purbalingga.

    “Setiap kecamatan ada, dan mereka biasanya tidak hanya punya satu produk. Misalnya olahan lele bisa dibuat jadi abon, pastel, atau ladreg yang berasal dari duri ikan,” jelas Lia.

    Selain makanan, Tuka Tuku juga menjual berbagai kerajinan tangan seperti tempat sendok dari bambu, cobek kayu, patung Soedirman, dan blangkon.

    Strategi pemasaran Tuka Tuku dilakukan melalui iklan berbayar dan promosi live di platform online.

    Selain itu, pihak Tuka Tuku juga memasukkan produk UMKM ke mitra seperti toko oleh-oleh di berbagai daerah.

    “Selain produk masuk ke sini, kita juga menaruh produk Tuka Tuku ke mitra atau tempat oleh-oleh di beberapa daerah. Tujuannya agar produk lebih laku dan orang tahu bahwa ini produk UMKM Purbalingga. Beberapa produk juga sudah masuk ke Alfamart dan Indomaret,” ungkapnya.

    Promosi live di platform online biasanya dibantu oleh PLUT Purbalingga dan dilakukan oleh siswa PKL.

    Live streaming dilakukan setiap hari untuk meningkatkan penjualan produk.

    Bagi pelaku UMKM Purbalingga yang ingin bergabung dengan Tuka Tuku, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

    Persyaratan tersebut antara lain memiliki KTP asli domisili Purbalingga, sertifikat PIRT, dan produk memiliki masa kedaluwarsa minimal tiga bulan.

    “Yang penting tiga itu dulu, KTP Purbalingga, PIRT, dan expired minimal tiga bulan. Jika belum memiliki sertifikat halal, kami bisa bantu. Untuk packaging juga tidak masalah jika masih sederhana, karena kami bisa membantu membuat desain yang lebih menarik,” pungkasnya.

  • 5 Tips Sukses Jadi Kreator Affiliate saat Ramadan di ShopTokopedia

    5 Tips Sukses Jadi Kreator Affiliate saat Ramadan di ShopTokopedia

    Jakarta

    Sinergi Tokopedia bersama TikTok lewat ShopTokopedia menghadirkan peluang di era baru ‘discovery e-commerce’, salah satunya menciptakan profesi kreator affiliate.

    Tokopedia bersama ShopTokopedia mencatat bahwa para penjual yang berpromosi lewat short video di TikTok, baik yang dibuat sendiri oleh penjual maupun melibatkan affiliate content creator, mengalami peningkatan transaksi rata-rata 31 kali lipat.

    “Kini ada lebih dari 8 juta kreator yang menerima penghasilan dari TikTok. Kehadiran profesi kreator konten sekaligus affiliate turut mendukung jutaan penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia,” ungkap Communications Senior Lead Tokopedia dan TikTok e-commerce Rizky Juanita Azuz, dalam keterangan tertulis, Selasa (25/2/2025).

    “Momen bulan puasa nanti bisa dimanfaatkan para penjual di Tokopedia dan ShopTokopedia untuk meningkatkan penjualan lewat konten video promosi (video pendek dan LIVE) relevan yang dibuat sendiri atau lewat kolaborasi dengan jutaan kreator di TikTok,” sambungnya.

    ShopTokopedia mencatat sejumlah kategori yang paling sering direkomendasikan para kreator affiliate sepanjang 2024, yaitu Kecantikan dan Perawatan Tubuh, Fashion Perempuan, Fashion Muslim, Makanan dan Minuman, serta Perlengkapan Rumah Tangga. Temuan ini dapat dijadikan peluang bagi para kreator konten untuk menjadi kreator affiliate yang bisa menambah penghasilan selama bulan Ramadan.

    “Kami juga mencatat beberapa daerah mengalami kenaikan tertinggi dari segi jumlah kreator affiliate yang mendapatkan penghasilan tambahan selama tahun 2024, antara lain, Sulawesi Barat, Bengkulu, Yogyakarta, Lampung dan Papua Barat, dengan rata-rata kenaikan 8 kali lipat dibandingkan dengan 2023,” ucap Rizky.

    Salah satu kreator konten sekaligus affiliate di ShopTokopedia adalah Mala Cakrawati (akun TikTok @madamemalla). Awalnya Mala merupakan penjual pakaian Malla Fashion di pasar tradisional Tanjung Sari sejak 2012, kemudian merintis usaha di Pasar Andir Trade Center, Kota Bandung.

    Namun, pandemi COVID-19 membuat bisnisnya mengalami penurunan drastis pada akhir 2020. Demi bertahan, dan meningkatkan penghasilan, Mala beralih menjadi kreator konten sekaligus affiliate.

    Berkat konsistensi Mala berjualan melalui live streaming di TikTok, bisnisnya yang sempat terpuruk kini berkembang pesat. Mala tidak hanya dikenal sebagai penjual, tetapi juga sebagai kreator konten dan kreator affiliate, yang menjadikan dunia digital sebagai sumber penghasilan utamanya.

    Tips Sukses sebagai Kreator Affiliate di ShopTokopedia saat Ramadan 2025

    Menyambut bulan Ramadan mendatang, Tokopedia dan ShopTokopedia melalui Rizky dan Mala membagi sejumlah tips bagi masyarakat yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan di bulan puasa dengan menjadi kreator affiliate.

    1. Fokus pada Produk yang Paling Banyak Dibutuhkan saat Ramadan

    Menurut Mala, pada bulan Ramadan 2024 lalu, pendapatannya sebagai kreator affiliate di ShopTokopedia naik 50% dibandingkan dengan periode biasanya. Produk fesyen dan perlengkapan ibadah menjadi produk yang paling banyak dicari masyarakat di bulan puasa, sehingga bisa dijadikan pertimbangan para kreator konten pemula untuk mempromosikan produk.

    “Untuk mengetahui produk apa saja yang banyak dicari audiens, kreator bisa mengeceknya di tab For You Page, scroll untuk mencari produk atau konten terkait Ramadhan, atau bisa juga mencari tahu di laman showcase produk,” kata Mala.

    Di ShopTokopedia, Fashion Muslim merupakan salah satu kategori paling sering direkomendasikan oleh para kreator affiliate selama 2024. Sejumlah produk yang sering dipromosikan oleh para kreator affiliate selama periode tersebut, antara lain pasmina, hijab segi empat instan, dan ciput.

    Pada bulan Ramadan 2025 mendatang, masyarakat bisa mempertimbangkan membuat video konten di TikTok untuk mempromosikan produk lokal fesyen muslim di ShopTokopedia yang cenderung dicari banyak orang di momen tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan fitur Keranjang Kuning ke video pendek atau LIVE dan menyematkan produk-produk di ShopTokopedia yang ingin direkomendasikan ke penonton.

    Kreator dapat menerima komisi dari produk yang disematkan ke etalase dan konten.

    2. Manfaatkan Live Shopping Serta Beragam Kampanye dan Fitur yang Tersedia

    Kekuatan penemuan TikTok memungkinkan pengguna ShopTokopedia menemukan konten dan produk yang sesuai kebutuhan, termasuk kampanye dan fitur. Para kreator affiliate dapat memanfaatkan sesi live shopping untuk menyajikan konten yang informatif, mulai dari unboxing, tutorial, hingga cara pakai.

    Ikuti juga berbagai kampanye dan fitur yang ada di ShopTokopedia seperti gratis ongkir agar minat belanja audiens semakin meningkat, termasuk saat bulan Ramadan mendatang.

    “Kreator affiliate sebaiknya memanfaatkan momentum semua kampanye dan fitur yang tersedia di ShopTokopedia seperti Flash Sale, Promo Guncang (setiap tanggal kembar), dan Beli Lokal. Walau saya lebih memfokuskan konten affiliate saya terhadap produk fashion Muslimah, tetapi di beberapa momen tertentu seperti tanggal kembar atau Promo Guncang di ShopTokopedia, saya juga suka mempromosikan produk sembako,” ungkap Mala.

    3. Konsistensi Adalah Kunci dalam Upload dan Posting Video

    Konsistensi dalam mengunggah konten video sangat penting untuk menjaga interaksi antara kreator affiliate dan audiens di TikTok. Setelah mencoba dan melihat pola engagement audiens @madamemalla dengan konten yang dibuat, akhirnya Mala menyesuaikan jadwal untuk hasil yang lebih optimal, yaitu dengan meng-upload video sehari 2 kali pada pukul 12.00 WIB dan 18.00 WIB.

    “Jika mengunggah terlalu banyak video dalam sehari terasa kurang efektif, maka kreator sebaiknya tetap upload di salah satu jadwal yang ditentukan. Konten pertama saya yang trending dan masuk FYP adalah produk inner tanktop yang mencapai lebih dari 9 juta views,” jelas Mala.

    “Dulu, saat live, penonton hanya 10 hingga ratusan orang dan saya pun belum memahami sistem pre-order. Kini, adanya sinergi TikTok, Tokopedia, dan ShopTokopedia, memungkinkan para pengguna Tokopedia dan ShopTokopedia serta kreator untuk tidak hanya terhibur, tetapi juga menemukan konten dan produk yang dibutuhkan,” sambungnya.

    4. Pahami Produk Sebelum Dipromosikan saat Live

    Seorang kreator affiliate perlu memahami produk dan mampu memberi demo penggunaan produk saat sesi live agar audiens tertarik untuk membeli produk yang sedang dipromosikan. Sebagai kreator affiliate yang fokus pada produk fesyen muslimah, Mala berusaha untuk memahami beragam produk busana muslimah, seperti dress, blouse, dan jenis-jenis hijab untuk kemudian diulas dari segi bahan hingga cara mengenakannya.

    “Kreator affiliate juga bisa memilih untuk meminta Sampel Gratis dari penjual di ShopTokopedia agar bisa mempelajari terlebih dahulu produk yang mau dipromosikan. Setelah permintaan sampel gratis disetujui oleh penjual, maka produk tersebut akan dikirim ke kreator affiliate. Kemudian, kreator perlu memenuhi syarat yang sudah didiskusikan bersama penjual, misalnya membuat video pendek atau mengadakan sesi live streaming untuk mempromosikan produk menggunakan sampel gratis tersebut,” jelas tambah salah satu pemenang nominasi Creator of the Year TikTok Summit 2023 tersebut.

    5. Bangun Engagement dengan Penonton

    Saat melakukan live, kreator affiliate juga dituntut untuk tetap dapat membangun koneksi dengan audiens serta jujur dalam membuat ulasan produk. Pemilik akun TikTok @madamemalla juga mengatakan, agar menciptakan interaksi yang tidak kaku dengan audiens, kreator affiliate pemula dapat menyapa audiens dengan bahasa santai dan sisipkan candaan agar suasana lebih menyenangkan.

    Untuk menarik lebih banyak perhatian, adakan giveaway atau flash sale khusus dengan promo menarik. Menurut Mala, selalu responsif terhadap komentar, baik saat live maupun di konten dan direct message, karena komunikasi dua arah akan membuat audiens merasa dihargai.

    “Selain itu, buatlah konten interaktif seperti Q&A, challenge, atau polling agar engagement semakin meningkat. Dengan membangun hubungan yang baik dan menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan, audiens akan lebih loyal dan tertarik untuk terus mengikuti live shopping kita,” ujar Mala.

    Berbagai informasi lengkapnya yang bisa dipelajari kreator affiliate untuk mendapatkan penghasilan tambahan lewat ShopTokopedia, yang bisa ditemukan dalam aplikasi TikTok, bisa diakses melalui tautan berikut.

    (akd/akd)

  • Ganti Plastik Sekali Pakai! UMKM Ini Tawarkan Alternatif Berbahan Organik – Halaman all

    Ganti Plastik Sekali Pakai! UMKM Ini Tawarkan Alternatif Berbahan Organik – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Plastik adalah material yang memiliki dua sisi layaknya mata pisau. Di satu sisi, plastik memberikan banyak manfaat bagi manusia, tetapi di sisi lain, keberadaannya juga dapat menjadi ancaman bagi kehidupan.

    Setiap harinya, manusia selalu berinteraksi dengan plastik, baik itu dalam bentuk kantong untuk membawa barang, wadah penyimpanan makanan, sedotan untuk menikmati minuman favorit, maupun di berbagai keperluan lainnya.

    Namun, karena plastik menawarkan kemudahan dan efisiensi dalam kehidupan sehari-hari, penggunaannya menjadi semakin sulit dikendalikan. Akibatnya, meskipun membantu mempermudah berbagai pekerjaan, plastik juga dapat berpotensi menimbulkan dampak berbahaya.

    Permasalahan plastik, atau yang dikenal sebagai polusi plastik, merupakan isu serius yang tidak hanya berdampak pada lingkungan, tetapi juga berpotensi membahayakan kesehatan serta memengaruhi perekonomian. 

    Demi mengatasi hal ini, banyak orang kemudian mulai berupaya mengurangi penggunaan plastik dengan menciptakan berbagai alternatif produk yang dapat menggantikan plastik tanpa mengurangi fungsinya.

    Salah satu UMKM yang turut berkontribusi dalam upaya pengurangan plastik ini adalah “Bukan Plastik”. Berbasis di Kota Semarang, UMKM ini menghadirkan alternatif terhadap plastik sekali pakai. 

    Bahan bakunya berasal dari bahan organik

    Produk mereka, seperti kantong belanja dan sedotan, dibuat menggunakan bahan-bahan organik yaitu saripati ketela dan bambu serta dirancang agar mudah terurai dan lebih bersahabat dengan lingkungan.

    Dalam sebuah wawancara eksklusif bersama Tribun Jateng pada (1/1/2022), pendiri Bukan Plastik, Aisa Putri Wibowo, berbagi kisah di balik lahirnya usaha Bukan Plastik pada tahun 2020. Kegemarannya dalam membaca sejak kecil membuatnya semakin sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.

    Menyaksikan dampak buruk dari penggunaan plastik yang semakin meluas, ia pun terdorong untuk mendirikan usaha yang menawarkan alternatif ramah lingkungan sebagai pengganti plastik sekali pakai. Melalui usahanya, Aisa berharap dapat mengajak masyarakat serta pelaku bisnis lain untuk turut berperan dalam mengurangi konsumsi plastik sekali pakai.

    “Dalam pembuatan kantong, kami menggunakan material saripati ketela yang dapat mudah terurai di tanah dalam waktu 180 hari. Sedangkan, untuk pengganti sedotan kami memakai bambu yang dibuat secara manual,” ungkap Aisa.

    Dalam usahanya memasarkan produk, Aisa memanfaatkan media sosial karena dinilai mampu menjangkau lebih banyak orang. Tidak hanya untuk mempromosikan produknya agar laku terjual, media sosial itupun ia gunakan untuk memberikan edukasi serta mengajak lebih banyak orang untuk memahami dampak negatif plastik sekali pakai dan manfaat beralih ke alternatif yang lebih ramah lingkungan.

    Selain melalui media sosial, Aisa juga memfasilitasi pembelian produknya melalui e-commerce seperti Tokopedia. Hal ini bertujuan agar masyarakat serta pelaku usaha yang ingin “tobat” dari penggunaan plastik sekali pakai dapat dengan mudah mendapatkan produk dari Bukan Plastik.

    “Lewat Tokopedia, ribuan lembar kantong belanja Bukan Plastik terjual setiap bulannya dan penjualan kami meningkat hingga 10x lipat bahkan telah menjangkau wilayah Gorontalo,” tutur Aisa.

    Langkah Aisa dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai melalui usahanya, Bukan Plastik, patut diapresiasi. Dengan semakin banyaknya inovasi alternatif pengganti plastik sekali pakai seperti Bukan Plastik, sudah tidak ada alasan lagi bagi kita untuk tidak mulai mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

    #LokalAsri #ArahkanAksiAsrikanIndonesia #TribunNetwork #MataLokalMenjangkauIndonesia

  • RT/RW Net Ilegal vs Internet Surge (WIFI), Siapa Lebih Murah dan Cepat?

    RT/RW Net Ilegal vs Internet Surge (WIFI), Siapa Lebih Murah dan Cepat?

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (Surge) akan menyediakan layanan internet 100 mbps seharga Rp100.000 melalui teknologi Fixed Wireless Acces (FWA) atau jaringan internet tetap nirkabel. Harga layanan yang ditawarkan lebih murah dibandingkan layanan internet yang dijual oleh reseler tak berizin atau yang biasa dikenal RT/RW Net Ilegal.

    Berdasarkan data yang dihimpun Bisnis pada 2024, Ketua Ketua Pusat Kajian Kebijakan dan Regulasi Telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB), Ian Yosef M. Edward mengatakan pelaku RT/RW Net ilegal menjual kembali layanan internet yang mereka beli tanpa izin ISP seharga Rp100.000 – Rp199.000 untuk kecepatan di bawah 20 Mbps.

    Praktik ini banyak tersebar di Pulau Jawa. Komdigi telah melakukan pemburuan dan melibatkan kepolisian dalam pemberantasan praktik ini.

    Sementara itu, Surge mengumumkan kehadiran paket internet seharga Rp100.000 dengan kecepatan 100 Mbps, yang berarti internet tersebut dapat lebih cepat dan murah. Keberadaan internet cepat yang murah ini diharapkan dapat meningkatkan penetrasi internet rumah di Indonesia. 

    Adapun jika dibandingkan dengan layanan internet rumah ISP lainya, harga yang ditawarkan Surge juga masih jauh lebih murah untuk kecepatan 100 Mbps.

    Tangkapan layar poster penawaran Starlite, layanan internet murah dan cepat milik Surge (WiFI)Perbesar

    Bisnis coba mengonfirmasi kepada Surge mengenai potensi berbagi layanan sesama pengguna dari layanan yang mereka hadirkan, hingga berita ini diturunkan Surga tidak menjawab.

    Surge menjelaskan dalam keterangan resminya, layanan tersebut merupakan pembagian dari kapasitas HUB di Stasiun Cirebon sebesar 200 GB. Dari jumlah tersebut, 100 GB dimanfaatkan untuk penyediaan internet murah untuk masyarakat sekitar.

    Berikut perbandingkan harga internet 100 Mbps penyedia layanan internet rumah lainnya Februari (2025):

    1.Biznet Home  

    – Internet Only: Rp375.000/bulan  

    – Internet + IPTV: Rp575.000/bulan (termasuk 200+ channel).  

    2.IndiHome (Telkom)  

    – Paket 1P (Internet Saja): Rp425.000/bulan  

    – Paket 3P (Internet + TV + Telepon): Rp485.000/bulan (termasuk UseeTV)  

    – Promo: Gratis biaya instalasi untuk pemasangan baru.  

    3. MyRepublic

    – Paket Nova: Rp482.000/bulan  

      – Termasuk router eksklusif dan 76 channel TV.  

    – Promo Tokopedia: Rp390.000/bulan (khusus periode Februari 2025).  

    4. Oxygen Stream

    – Paket 100 Mbps: Rp576.000/bulan  

      – Unlimited quota, gratis instalasi, dan modem Wi-Fi.  

    5. XL Satu

    – Paket Biz (Unlimited): Rp419.000/bulan  

    – Paket Family (200 Mbps): Rp399.000/bulan (kecepatan lebih tinggi).  

    Dengan daftar tersebut sejauh ini Biznet dan MyRepublic masih menjadi yang termurah untuk internet dengan kecepatan 100 Mbps. Sementara itu, Oxygen Stream menjadi yang termahal dengan Rp576.000. Adapun jika paket Surge 100 Mbps telah keluar, maka itu akan menjadi paket yang termurah.

    Sementara itu, IndiHome dan Biznet menyediakan benefit tambahan berupa layanan TV. XL Satu menawarkan kuota tambahan untuk ponsel.  Harga di atas belum termasuk PPN 11% dan ketersediaan jaringan bervariasi tergantung wilayah.