Perusahaan: Tokopedia

  • Belanja Saat Sahur Jadi Tren Ramadan 2025, Begini Alasannya dan Barang yang Paling Banyak Dibeli!

    Belanja Saat Sahur Jadi Tren Ramadan 2025, Begini Alasannya dan Barang yang Paling Banyak Dibeli!

    Jakarta: Bulan Ramadan selalu menghadirkan kebiasaan unik di tengah masyarakat, termasuk dalam hal berbelanja. 
     
    Jika sebelumnya masyarakat lebih banyak berburu promo saat ngabuburit, kini tren belanja saat sahur justru semakin populer. 
     
    Fenomena ini terekam dalam data Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia selama pekan pertama Ramadan 2025, di mana transaksi melonjak signifikan pada dini hari.

    Menurut Kepala Komunikasi Tokopedia dan TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, tren ini cukup mengejutkan. 
     
    “Kita pikir mungkin (berbelanja) itu buat ngabuburit, ya, kata orang Sunda itu menghabiskan waktu sebelum buka mungkin itu salah satu waktu yang ingin digunakan. Cuma ternyata waktu yang paling digemari masyarakat itu waktu sahur,” kata Adit dalam acara “Bicara Tren Ramadhan 2025” di Jakarta, dilansir Antara, Selasa, 18 Maret 2025.
     

    Kenapa orang suka belanja Saat Sahur?
    Ada beberapa alasan mengapa belanja saat sahur semakin digemari. Salah satunya adalah suasana yang lebih tenang. 
     
    Setelah berbuka dan tarawih, banyak orang yang merasa lelah dan memilih beristirahat lebih awal. 
    Sementara itu, saat sahur, mereka sudah terjaga dan punya waktu lebih santai untuk scrolling mencari barang yang diinginkan tanpa gangguan.
     
    Selain itu, diskon dan promo khusus yang ditawarkan pada jam sahur juga menjadi daya tarik tersendiri. 
     
    Platform e-commerce sering kali memberikan penawaran spesial pada waktu-waktu tertentu, termasuk dini hari. Bagi para pemburu diskon, ini adalah kesempatan emas untuk mendapatkan barang dengan harga lebih murah.
     
    “Kami awalnya mengira momen belanja terbesar terjadi saat ngabuburit, tapi ternyata masyarakat justru lebih banyak bertransaksi saat sahur. Bahkan, nilai transaksi di Tokopedia dan TikTok Shop naik hingga 10,5 kali lipat di jam-jam tersebut,” ungkap dia. 
     

    Barang apa yang paling laris?
    Berdasarkan data Tokopedia dan TikTok Shop, beberapa kategori produk mencatat lonjakan permintaan yang tinggi selama sahur. 
     
    Di kategori makanan dan minuman, parsel, kurma, dan camilan menjadi primadona. Sementara itu, bahan pokok seperti minyak goreng dan gula juga menjadi incaran di TikTok Shop.
     
    Di kategori fesyen, baju muslim wanita, tas pria, dan hijab paling banyak dicari di Tokopedia. Sementara di TikTok Shop, pengguna lebih tertarik membeli baju muslim pria serta perlengkapan ibadah seperti mukena dan sarung.
     
    Produk rumah tangga juga mengalami lonjakan permintaan. Pewangi pakaian, kantong plastik, dan bantal laris di Tokopedia, sementara pengguna TikTok Shop lebih banyak membeli rak sepatu, peralatan kamar mandi, hingga jas hujan.
     
    Tak ketinggalan, kategori kecantikan dan perawatan diri juga mengalami peningkatan. Di Tokopedia, produk perawatan kulit seperti skincare menjadi favorit, sementara di TikTok Shop, parfum dan perlengkapan mandi paling banyak diburu.
    Tren baru yang patut dicermati
    Fenomena belanja saat sahur ini menunjukkan bahwa kebiasaan konsumsi masyarakat terus berubah, dipengaruhi oleh kenyamanan dan penawaran menarik yang disediakan oleh e-commerce. 
     
    Bagi masyarakat, tren ini juga bisa menjadi peluang untuk mendapatkan barang dengan harga terbaik. Namun, tetap bijak dalam berbelanja, ya! Jangan sampai karena banyak diskon, malah jadi kalap dan boros. 
     
    Selamat menjalani Ramadan dengan penuh berkah, dan happy shopping saat sahur!
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Langkah Kredit Barang Online Tanpa DP Pakai Kredivo

    Langkah Kredit Barang Online Tanpa DP Pakai Kredivo


    PIKIRAN RAKYAT
    – Di era digital seperti sekarang kebutuhan akan barang-barang elektronik, gadget hingga perabotan rumah tangga semakin meningkat. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan finansial untuk membelinya secara tunai. Masalah ini sering kali menjadi kendala besar bagi masyarakat.

    Banyak yang menginginkan fleksibilitas dalam pembayaran tanpa harus menunggu tabungan terkumpul. Apalagi beberapa platform e-commerce menawarkan solusi kredit dengan opsi tanpa uang muka (DP).

    Salah satu layanan yang populer adalah Kredivo yang memungkinkan konsumen mendapatkan barang impian mereka dengan cicilan ringan. Artikel ini akan membahas langkah-langkah praktis untuk memanfaatkan fitur tersebut serta bagaimana layanan ini dapat menjadi solusi cerdas bagi Anda.

    Memahami Konsep dan Syarat Penggunaan Kredivo

    Kredivo merupakan salah satu layanan fintech yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi kredit secara online. Layanan ini bekerja dengan prinsip paylater, di mana pelanggan dapat membeli barang tanpa membayar langsung di awal.

    Untuk menggunakan layanan ini, ada beberapa syarat dasar yang perlu dipenuhi. Pertama, pengguna harus berusia minimal 18 tahun dan memiliki penghasilan tetap. Selain itu, dokumen pendukung seperti KTP dan bukti penghasilan juga diperlukan untuk proses verifikasi terutama jika Anda ingin mendapatkan limit pinjaman hingga Rp 50 juta sebagai member Premium.

    Selain syarat administratif, Kredivo juga menekankan pentingnya keamanan data pribadi. Pengguna tidak perlu khawatir karena sistem ini dilengkapi dengan teknologi enkripsi canggih yang melindungi informasi sensitif. Paling penting jangan pernah membagikan PIN dan kode OTP kepada siapapun meskipun ada yang mengaku orang Bank atau dari Kredivo langsung!

    Dengan adanya regulasi dari otoritas keuangan resmi, pengguna dapat merasa lebih tenang saat mengajukan kredit. Menurut studi terkait fintech, tingkat kepercayaan konsumen terhadap layanan semacam ini meningkat signifikan jika ada transparansi dalam proses pengelolaan data.

    Proses Pendaftaran Akun Kredivo

    Langkah pertama untuk memanfaatkan layanan Kredivo adalah dengan mengunduh aplikasi resminya dari Play Store maupun App Store supaya lebih aman. Setelah aplikasi terpasang, pengguna perlu membuat akun dengan mengisi data diri secara lengkap.

    Pastikan semua informasi yang dimasukkan akurat agar proses verifikasi berjalan lancar. Selain itu, pastikan juga nomor telepon dan alamat email yang digunakan aktif karena notifikasi penting akan dikirim melalui kedua media tersebut. Jangan lupa masukkan nomor rekening dengan data yang sama dengan pengguna. Jangan pakai nomor rekening orang lain karena pengajuan bisa saja ditolak.

    Setelah pendaftaran, pengguna akan diminta untuk melakukan verifikasi identitas. Proses ini melibatkan unggahan dokumen seperti KTP dan swafoto (selfie) dengan KTP. Verifikasi biasanya memakan waktu 24 jam, tergantung pada kelengkapan dokumen yang diserahkan. Jika semua persyaratan terpenuhi, akun Kredivo akan segera aktif dan siap digunakan untuk bertransaksi.

    Langkah Memilih Barang dan Mengajukan Kredit

    Setelah akun aktif, pengguna dapat mulai menjelajahi berbagai platform e-commerce yang bekerja sama dengan Kredivo. Kredivo bekerja sama dengan lebih dari 1.000 merchant baik online maupun offline. Sehingga opsi untuk belanja jadi lebih luas.

    Sebut saja jika ingin beli smartphone, Anda bisa beli langsung di Erafone, iBox, Mi Store, Hartono atau Electronic City jika butuh barangnya cepat. Tapi, jika ingin menggunakan kredit barang online tanpa dp serta menunggu promo tanggal kembar, bisa membeli di e-commerce favorit Anda seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, Shopee dan lainnya.

    Pilih barang yang diinginkan, lalu pilih metode pembayaran Kredivo saat checkout. Pengguna dapat memilih opsi cicilan tanpa DP dengan tenor 3 bulan tanpa bunga, atau tenor 6 hingga 24 bulan dengan bunga kompetitif mulai dari 1.99% per bulan, khusus bagi member Premium. Fleksibilitas ini memberikan rasa antusiasme karena barang impian bisa didapatkan tanpa harus menunggu lama.

    Mekanisme Pembayaran Cicilan

    Setelah transaksi disetujui, tagihan bulanan akan muncul di akun Kredivo pengguna. Pembayaran dapat dilakukan melalui berbagai metode, seperti transfer bank atau dompet digital. Penting untuk selalu membayar tepat waktu agar tidak dikenakan denda keterlambatan. Selain itu, pembayaran tepat waktu juga berpengaruh positif pada skor kredit pengguna.

    Kabar baik bagi gen Z sebagai pengguna terbesar bank digital seperti SeaBank, Livin Mandiri, BRImo atau bahkan dompet digital seperti DANA, bisa bayar langsung tagihan Kredivo lewat aplikasi bank digital atau dompet digital tanpa harus repot ke ATM.

    Keuntungan dan Risiko Menggunakan Kredivo

    Keuntungan utama menggunakan Kredivo adalah kemudahan akses kredit tanpa DP, yang memberikan rasa aman dan percaya diri bagi pengguna. Selain itu, layanan ini juga menawarkan promo menarik, seperti cashback berupa poin setiap kali bertransaksi, yang nantinya dapat digunakan untuk transaksi berikutnya yang akan mengurangi total biaya pembelian. Namun, ada risiko yang perlu diperhatikan, seperti denda bunga yang dikenakan jika cicilan tidak dibayar tepat waktu.

    Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk meningkatkan literasi keuangan agar dapat memanfaatkan layanan ini secara optimal. Data menunjukkan bahwa pengguna dengan pemahaman keuangan yang baik cenderung lebih bijak dalam mengambil keputusan kredit.***

     

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Kredivo Paylater vs Metode Lain: Mana Lebih Cepat untuk Pembayaran di Tokopedia? – Halaman all

    Kredivo Paylater vs Metode Lain: Mana Lebih Cepat untuk Pembayaran di Tokopedia? – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Pengguna platform e-commerce sering dihadapkan pada pilihan metode pembayaran yang beragam, termasuk Kredivo Paylater. Kecepatan transaksi menjadi faktor kritis, terutama saat promo atau stok terbatas.

    Keterlambatan pembayaran dapat menyebabkan kehilangan kesempatan belanja atau kepercayaan pelanggan. Perbandingan kecepatan antar-metode perlu dianalisis untuk efisiensi.

    Artikel ini membandingkan Kredivo Paylater dengan metode lain berdasarkan kecepatan, biaya, keamanan, dan fleksibilitas. Simak ulasan berikut untuk menentukan opsi terbaik sesuai kebutuhan transaksi Anda.

    Kecepatan Proses Transaksi

    Kredivo Paylater menawarkan proses instan dengan one-click payment dengan menggunakan metode bank transfer melalui virtual account, sehingga tidak lagi diperlukan verifikasi pembayaran secara manual. Transaksi bisa diselesaikan dalam waktu kurang dari 1 menit.

    Di sisi lain, metode pembayaran lainnya seperti kartu kredit bisa jadi terhambat oleh proses otentikasi dua faktor atau pengecekan limit ganda baik dari penyedia kartu kredit maupun otentikasi sehingga perlu waktu lebih lama. Kredivo Paylater unggul dalam transaksi mendesak, meski ketersediaan limit menjadi penentu kecepatan.

    Kemudahan Penggunaan

    Kredivo Paylater bermitra langsung dengan berbagai platform e-commerce termasuk Tokopedia di dalamnya, memungkinkan pembayaran hanya dengan memindai QR code atau memilih opsi “Bayar dengan Kredivo”. Metode ini mengurangi risiko kesalahan input data. Sebaliknya, metode seperti transfer bank memerlukan langkah tambahan seperti upload bukti transfer dan lain sebagainya. Sehingga pembayaran Kredivo Paylater di Tokopedia tidak akan menjadi kendala saat melakukan checkout dan transaksi.

    Pengguna baru mungkin merasa bingung dengan proses verifikasi akun Kredivo yang memerlukan dokumen KTP dan selfie. Namun, setelah disetujui, penggunaan berulang menjadi lebih intuitif. 

    Biaya Transparan dan Bunga yang Kompetitif

    Kredivo Paylater menawarkan cicilan tanpa bunga untuk tenor 30 hari. Selain itu juga ada fitur cicilan tanpa perlu bayar bunga sama sekali dengan tenor 3 bulan yang khusus untuk member Premium. Metode lain seperti kartu kredit biasanya mengenakan bunga 2-3 persen per bulan jika tidak lunas tepat waktu.

    Pengguna perlu mempertimbangkan skema cicilan Kredivo yang fleksibel 6 dan 24 bulan versus risiko biaya tersembunyi pada metode lain. Simulasi biaya di aplikasi dapat membantu menghindari kejutan finansial. Bunga cicilan yang ditawarkan oleh Kredivo kompetitif dengan bunga mulai dari 1.99 persen perbulan. Selain itu member Premium juga diberikan limit pinjaman sampai dengan Rp50 juta. 

    Keamanan Transaksi Lebih Terjaga

    Kredivo Paylater menggunakan enkripsi dan verifikasi biometrik untuk mencegah kebocoran data. Sementara metode transfer bank rentan terhadap human error, seperti salah transfer atau phishing. Pengguna metode lain seringkali khawatir dengan keamanan data kartu kredit, terutama jika terjadi kehilangan fisik. Kredivo memberikan lapisan keamanan tambahan melalui notifikasi real-time dan fitur blokir instan.

    Fleksibilitas Pembayaran

    Kredivo Paylater memungkinkan pengguna memilih tenor cicilan sesuai kemampuan finansial, mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan. Fleksibilitas ini jarang dimiliki metode lain seperti COD (Cash on Delivery) atau transfer bank yang bersifat one-time payment.

    Namun, limit kredit Kredivo bergantung pada skor kredit pengguna, sehingga tidak semua orang bisa mengakses opsi cicilan terpanjang. Metode lain seperti e-wallet lebih mudah diakses, tetapi tanpa opsi cicilan.

    Kredivo Paylater unggul dalam kecepatan dan kemudahan untuk transaksi e-commerce, meski biaya admin pun perlu dipertimbangkan. Metode lain seperti transfer bank atau kartu kredit tetap relevan untuk preferensi keamanan atau ketersediaan limit. Pilih metode yang sesuai dengan prioritas kecepatan, biaya, dan kenyamanan Anda.

  • Live Streaming TikTok Ditonton hingga 2 Miliar Kali di Awal Ramadan 2025 – Page 3

    Live Streaming TikTok Ditonton hingga 2 Miliar Kali di Awal Ramadan 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Pengguna TikTok di Indonesia makin aktif menggunakan platform hiburan online TikTok. Berdasarkan data dari TikTok Shop by Tokopedia, pada awal Ramadan 2025, live streaming melalui fitur TikTok Live telah disaksikan lebih dari 2 miliar kali.

    Live streaming TikTok tersebut menampilkan berbagai hal, termasuk produk-produk yang dijual oleh toko dan seller di TikTok Shop. Data yang sama mengungkap, ada sejumlah produk paling laris di TikTok Shop by Tokopedia yang terjual melalui live streaming.

    Produk yang dimaksud meliputi baju muslim wanita, parfum, skincare, make up, hingga hampers untuk merayakan lebaran.

    Paparan dari Communications Director TikTok Indonesia, Anggini Setiawan mengungkapkan, ada 72 juta short video yang diunggah di TikTok oleh kreator dan penjual, seminggu Ramadan 2025. Sekadar informasi, saat ini TikTok Indonesia memiliki 135 juta pengguna aktif bulanan. 

    “Partisipasi pengguna meningkat drastis dibandingkan tahun lalu, di mana ada jutaan short video yang diunggah ke TikTok sepanjang Ramadan 2024,” kata Anggini dalam sebuah diskusi bersama media, dalam Buka Puasa Bersama TikTok, Tokopedia, dan TikTok Shop by Tokopedia, Senin (17/3/2025).

    Anggini mengungkap, peningkatan drastis dari jumlah video yang dibagikan ke platform TikTok itu lantaran TikTok menerapkan rekomendasi terpersonalisasi, konten autentik, dan dukungan komunitas daring yang kuat.

    Adapun dari 72 juta video yang dibagikan kreator TikTok di awal Ramadan, jenisnya beragam. Mulai dari resep takjil, ide dekorasi rumah untuk hari raya, tips tampil gaya saat Ramadan, hingga rekomendasi tontonan untuk ngabuburit.

    Hampir sebulan setelah TikTok dilarang di Amerika Serikat, aplikasi video pendek besutan ByteDance ini kembali ke toko aplikasi App Store untuk iPhone dan perangkat Apple lainnya.

  • Harga Emas Antam Makin Mahal! Ini Strategi Investasi Buat yang Baru Mulai

    Harga Emas Antam Makin Mahal! Ini Strategi Investasi Buat yang Baru Mulai

    Jakarta: Harga emas Antam hari ini terpantau mengalami peningkatan dibandingkan harga kemarin.
     
    Mengacu laman Logam Mulia, Selasa, 18 Maret 2025, harga emas Antam hari ini dibanderol Rp1,745 juta per gram, atau mengalami peningkatan Rp4.000 dari sebelumnya yang sebesar Rp1,741 juta per gram. 
     
    Sementara itu, untuk harga jual kembali atau buyback emas Antam juga meningkat Rp4.000 menjadi Rp1,594 juta per gram. 
    Daftar harga emas Antam berbagai ukuran
    Berikut adalah rincian harga emas Antam berdasarkan ukuran:

    Emas batangan 0,5 gram: Rp922,5 ribu.
    Emas batangan 1 gram: Rp1,745 juta.
    Emas batangan 2 gram: Rp3,430 juta.
    Emas batangan 3 gram: Rp5,120 juta.
    Emas batangan 5 gram: Rp8,500 juta.
    Emas batangan 10 gram: Rp16,945 juta.
    Emas batangan 25 gram: Rp42,237 juta.
    Emas batangan 50 gram: Rp84,395 juta.
    Emas batangan 100 gram: Rp168,712 juta.
    Emas batangan 250 gram: Rp421,515 juta.
    Emas batangan 500 gram: Rp842,820 juta.
    Emas batangan 1.000 gram: Rp1,685 miliar.
     
    Dengan peningkatan harga hari ini, bikin banyak orang bertanya-tanya masih worth it nggak sih investasi emas sekarang? 
     
    Buat kamu yang baru mau mulai, jangan khawatir! Emas tetap jadi instrumen investasi yang aman dan stabil, asal tahu strateginya. 
     
    Yuk, simak cara investasi emas dengan aman dan kapan waktu terbaik untuk beli!
     

    Kenapa harus investasi emas?
    Emas dikenal sebagai aset lindung nilai (safe haven) yang nilainya cenderung stabil dan bahkan meningkat saat kondisi ekonomi global bergejolak. 
     
    Selain itu, emas juga gampang dicairkan dan bisa jadi tabungan jangka panjang.
    Strategi investasi emas yang aman untuk pemula

    1. Pilih jenis emas yang tepat

    Kamu bisa memilih antara emas batangan (Antam, UBS) atau tabungan emas digital seperti Pegadaian, Tokopedia, dan Shopee. 
     
    Kalau tujuanmu investasi, emas batangan lebih disarankan karena tidak terkena biaya pembuatan seperti perhiasan.

    2. Tentukan tujuan investasi

    Apakah untuk dana darurat, tabungan jangka panjang, atau proteksi nilai aset? Ini penting supaya kamu bisa menentukan seberapa banyak emas yang perlu dibeli dan dalam jangka waktu berapa lama.

    3. Gunakan strategi Dollar Cost Averaging (DCA)

    Jangan langsung beli dalam jumlah besar! Lebih baik beli emas secara berkala (misalnya tiap bulan) agar bisa mendapatkan harga rata-rata yang lebih baik, tanpa harus takut beli di harga tertinggi.

    4. Cek keaslian dan tempat pembelian

    Beli emas di tempat terpercaya seperti Butik Antam, Pegadaian, atau bank resmi. Kalau beli online, pastikan dari platform yang sudah terdaftar di OJK.

    5. Simpan dengan aman

    Gunakan safe deposit box di bank atau brankas pribadi agar investasi emasmu tetap aman.
     
    Investasi emas tetap menarik, meskipun harganya naik. Yang penting, kamu tahu strateginya. Beli secara berkala, pilih jenis emas yang tepat, dan tentukan tujuan investasimu. Jadi, sudah siap mulai investasi emas hari ini?

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Fenomena Bulan Puasa, Waktu Belanja Online Warga RI Geser

    Fenomena Bulan Puasa, Waktu Belanja Online Warga RI Geser

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tokopedia dan TikTok Shop mencatat kebiasaan unik pelanggan selama bulan Ramadan 2025. Salah satunya adalah waktu belanja yang paling digemari konsumen.

    Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce Aditia Grasio Nelwan mengatakan, waktu yang paling digemari konsumen untuk belanja adalah saat sahut.

    “Waktu sahur itu, di Tokopedia juga di TikTok Shop itu waktu yang paling ideal, membeli barang-barang transaksi,” ujar Aditia dalam acra Bicara Tren Ramadhan 2025 di Jakarta, Senin (17/3/2025).

    Lebih lanjut ia mengungkap saat sahur nilai transaksi di Tokopedia dan TikTok Shop naik 10 kali lipat di bulan Ramadan.

    Pada awal Ramadhan, sekitar seminggu pertama, live streaming di TikTok sudah lebih dari 2 miliar kali ditonton.

    Kategori produk yang paling laris pada awal Ramadan (1-7 Maret 2025), masih di tempati oleh makanan dan minuman, fesyen, perlengkapan rumah tangga, kecantikan dan perawatan diri, dan barang elektronik.

    Adapun, produk yang paling laris dibeli lewat live streaming adalah baju muslim wanita, parfum, skincare, makeup dan hampers.

    Secara total, ada 135 juta pengguna di Indonesia yang mengunjungi TikTok untuk mencari hiburan dan inspirasi.

    Adapun kekuatan penemuan TikTok adalah sistem rekomendasi terpersonalisasi, konten autentik dan dukungan komunitas.

    “Kalau di TikTok itu, it’s all about entertainment. Jadi kita adalah platform hiburan digital. Dan kalau kembali ke misi TikTok sendiri, misi kami adalah menginspirasi kreativitas dan membawa kebahagiaan,” ujar Anggini Setiawan Communications Director TikTok Indonesia dalam kesempatan yang sama.

    “Jadi artinya adalah bagaimana platform kemudian dapat memberdayakan kreator untuk terus berkreativitas. Dan sebenarnya kepercayaan dan kreativitas para creator inilah yang terus menginspirasi kami,” imbuhnya.

    (dem/dem)

  • Penjual TikTok Shop Naik hingga 40% di Pekan Pertama Ramadan

    Penjual TikTok Shop Naik hingga 40% di Pekan Pertama Ramadan

    Jakarta

    President Director Tokopedia and TikTok E-commerce Melissa Siska Juminto mengungkap, ada peningkatan jumlah pelaku usaha atau sellers di TikTok Shop menjelang hingga pekan pertama Ramadan. Ia mengatakan, penjual di TikTok Shop sepanjang periode tersebut meningkat 40%.

    Melissa juga mengatakan pengguna TikTok menunjang rata-rata kinerja harian TikTok Shop. Saat ini, tercatat lebih dari 135 juta pengguna TikTok yang turut mengakses video shop atau iklan.

    “Nggak hanya shop video, tapi juga melihat kenaikan penjual itu dibanding tahun lalu masa Ramadhan. Itu growth-nya 40%. Jadi itu juga kami sangat senang,” kata Melissa dalam acara Bicara Tren Ramadan 2025 di SEIA Restoran, Jakarta Pusat, Senin (17/3/2025).

    Melissa juga mengatakan, pihaknya resmi mengubah logo menjadi TikTok Shop by Tokopedia. Bergabungnya dua platform ini memberikan jangkauan pasar yang lebih luas kepada seller.

    “Kami juga ingin memastikan brand-brand juga cukup gampang menyebutnya. Jadi dengan komitmen kami itu terus sama, yaitu membesarkan para UMKM, membesarkan juga para konten kreator, meng-connect para pembeli dan juga sellers dan juga kreator kami agar benar-benar bisa menemukan apa yang dibutuhkan,” tutupnya.

    Dalam kesempatan yang sama, Communication Director TikTok Indonesia Anggini Setiawan mengatakan, tercatat lebih dari 72 juta video pendek yang diunggah penjual maupun kreator. Pada periode yang sama, tercatat juga lebih dari 2 miliar kali pengguna menonton siaran langsung TikTok.

    Hal itu terjadi lantaran TikTok merupakan platform hiburan berbasis digital. Anggini mengatakan, TikTok juga memiliki kekuatan utama sebagai media sosial, yakni sistem rekomendasi terpersonalisasi, konten autentik, hingga dukungan komunitas.

    “Nah kalau kita lihat angka-angka ini, makanya apa sih sebenarnya? Artinya jutaan penjual atau pelaku usaha di Tokopedia dan juga di TikTok Shop bisa meningkatkan penjualan melalui ekosistem yang sinergis yang di-drive oleh konten di TikTok,” jelasnya.

    Untuk diketahui, sepanjang Ramadan 2025, TikTok mencatat ada lebih dari 200.000 unggahan dari 5 tagar terpopuler. Melalui fitur pembuatan konten video, TikTok mencatat rata-rata transaksi bulan termasuk Ramadan sebesar miliaran rupiah.

    (ara/ara)

  • Tren Belanja Ramadan 2025, Sahur Jadi Waktu Favorit Bertransaksi di Tokopedia dan TikTok Shop

    Tren Belanja Ramadan 2025, Sahur Jadi Waktu Favorit Bertransaksi di Tokopedia dan TikTok Shop

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Selama bulan Ramadhan 2025, kebiasaan belanja masyarakat Indonesia mengalami perubahan yang cukup menarik. Kepala Komunikasi Tokopedia dan TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan, mengungkapkan bahwa waktu favorit masyarakat untuk berbelanja di platform Tokopedia dan TikTok Shop by Tokopedia ternyata bukan saat ngabuburit, melainkan saat sahur.

    “Kita pikir mungkin (berbelanja) itu buat ngabuburit, ya, kata orang Sunda itu menghabiskan waktu sebelum buka mungkin itu salah satu waktu yang ingin digunakan. Cuma ternyata waktu yang paling digemari masyarakat itu waktu sahur,” ujar Adit dalam acara “Bicara Tren Ramadhan 2025” di Jakarta, Senin.

    Menurut Adit, momen sahur dianggap sebagai waktu yang ideal bagi masyarakat untuk melakukan transaksi dan pembelian produk. Hal ini berdasarkan data perilaku belanja masyarakat di Tokopedia dan TikTok Shop selama pekan pertama Ramadhan, yakni 1-6 Maret 2025.

    “Kami melihat nilai transaksi di Tokopedia dan TikTok Shop itu naik 10,5 kali lipat di bulan Ramadhan saat sahur. Jadi, itu luar biasa sekali, itu adalah waktu yang cukup menarik dari waktu awal bulan Ramadhan ini,” tambahnya.

    Adapun produk yang paling banyak dicari selama awal Ramadhan 2025 mencerminkan kebutuhan utama masyarakat selama bulan suci ini. Di Tokopedia, kategori makanan dan minuman didominasi oleh parsel, kurma, dan camilan sebagai produk terlaris. Sementara di TikTok Shop, bahan pokok seperti minyak goreng, gula, kue, serta kurma menjadi pilihan utama pembeli.

  • Bos GOTO Sebut Pengembangan AI Jadi Keuntungan Strategis & Efisiensi

    Bos GOTO Sebut Pengembangan AI Jadi Keuntungan Strategis & Efisiensi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Patrick Walujo mengungkapkan langkah perseroan dalam mengembangkan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) diharapkan akan memberikan keuntungan strategis dan dapat mendukung pengelolaan biaya perusahaan.

    “Pada akhirnya, kami melihat pengembangan kemampuan AI kami sendiri sebagai keuntungan strategis, mengurangi biaya, meningkatkan pengalaman pengguna, dan membina bakat teknologi lokal dalam jangka panjang,” kata Patrick, dalam Earnings Call, Rabu pekan lalu (12/3).

    Pada 14 November tahun lalu, GoTo meluncurkan Sahabat AI, Large Language Model (LLM) open-source yang dikembangkan terutama dalam Bahasa Indonesia – serta bahasa-bahasa daerah lainnya – demi memenuhi kebutuhan lokal.

    Sahabat AI diciptakan melalui kemitraan dengan PT Indosat Ooredoo Hutchison Tbk (ISAT), NVIDIA, AI Singapore dan sejumlah institusi Indonesia lainnya, termasuk Kompas Gramedia dan Universitas Indonesia (UI).

    Selain dapat mendukung pengelolaan biaya, pengembangan ini juga menjadi wujud komitmen perusahaan dalam mendorong talenta-talenta digital Indonesia.

    Menurut Patrick, Sahabat AI telah menunjukkan hasil yang sangat baik dalam berbagai uji tolak ukur tugas-tugas spesifik dalam Bahasa Indonesia, menunjukkan tingkat akurasi tinggi dalam membaca dan menafsirkan teks lokal dibandingkan dengan model AI global.

    Sebab itu, perseroan sedang mengeksplorasi pemanfaatan Sahabat AI dalam berbagai aplikasi, seperti Chatbot dan teknologi pengenalan karakter optik (optical character recognition atau OCR) untuk menu merchant.

    Pengembangan ini akan meningkatkan pengalaman pelanggan dan menyederhanakan proses merchant onboarding.

    “Pada akhirnya, dengan mengembangkan kapabilitas AI milik perusahaan, GoTo bertujuan untuk memperoleh keunggulan strategis, mengurangi biaya, meningkatkan pengalaman pengguna, dan mengembangkan talenta teknologi lokal untuk jangka panjang,” katanya.

    Tahun lalu, secara proforma, perseroan membukukan EBITDA grup yang disesuaikan positif Rp386 miliar untuk tahun buku 2024, membalikkan kondisi dari tahun sebelumnya yang masih negatif Rp2,25 triliun.

    Perseroan mencatatkan nilai transaksi bruto (GTV) Grup secara proforma di 2024 mencapai Rp519,78 triliun, meningkat 29% dari GTV tahun sebelumnya Rp402,12 triliun.

    Pendapatan bruto proforma di 2024 juga naik 30% menjadi Rp18,10 triliun dari sebelumnya Rp13,97 triliun, pendapatan bersih proforma pun naik 93% menjadi Rp14,75 triliun di 2024 dari tahun sebelumnya Rp7,65 triliun. Rugi poeriode berjalan proforma di 2024 yakni Rp3,08 triliun dari tahun sebelumnya rugi hingga Rp87,31 trilliun, terpangkas 96%.

    Indikator proforma mengasumsikan Tokopedia dan usaha pengiriman dan fulfillment di bawah GoTo Logistics telah didekonsolidasi dari Grup GoTo sejak 1 Januari 2023.

    (dpu/dpu)

  • Cara Buat Akun Affiliate di TikTok Buat Jualan Online Tanpa Modal

    Cara Buat Akun Affiliate di TikTok Buat Jualan Online Tanpa Modal

    Daftar Isi

    Cara daftar affiliate TikTok

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tambahan penghasilan bisa Anda dapatkan dengan menjadi affiliate di TikTok. Kesempatan ini bisa dicoba apalagi di saat menjelang Lebaran seperti saat ini.

    Dengan bergabung dalam program TikTok Affiliate, Anda bisa mendapatkan komisi dari setiap produk yang terjual melalui tautan yang Anda bagikan di konten video atau TikTok Shop.

    Cukup daftarkan diri dan penuhi semua syaratnya. Selanjutnya, Anda bisa membuat konten yang menarik dan tautkan keranjang kuning agar audiens bisa membeli barang di TikTok Shop melalui link Affiliate Anda.

    Proses pendaftaran menjadi affiliate TikTOk terbilang mudah, bahkan bagi pemula yang belum memiliki banyak pengalaman dalam dunia marketplace.

    Berikut langkah-langkah lengkap membuat akun affiliate di TikTok dan mulai menghasilkan uang dari konten Anda.

    Cara daftar affiliate TikTok

    Pertama-tama, perlu diketahui bahwa TikTok Affiliate adalah program yang dibuat oleh TikTok Shop untuk penggunanya yang ingin mendapatkan uang tambahan. Orang yang mengikuti program ini bisa disebut sebagai Affiliator.

    Syarat Daftar TikTok Affiliate

    Untuk menjadi afilliate TikTok ada beberapa syarat yang harus diperhatikan:

    Memiliki akun TikTok Shop
    Memiliki rekening bank
    Jumlah followers tidak menjadi syarat dari TikTok.

    Namun, ada beberapa seller yang memberlakukan syarat followers tertentu bagi Affiliator yang ingin mempromosikan barang mereka.

    Cara menjadi Seller di Tiktok Shop

    Untuk melakukan bisnis di TikTok, ikuti cara berikut:

    Jika belum memiliki aplikasi Tiktok Tokopedia Seller Center, unduh terlebih dulu. Aplikasi telah tersedia baik di Play Store maupun App Store
    Buka aplikasi
    Daftar dengan akun Tiktok
    Konfirmasi negara asal penjualan
    Otorisasikan akun
    Verifikasi dokumen untuk membuat toko online
    Tautkan toko ke akun Tiktok

    Cara buat akun TikTok Affiliate

    TikTok Affiliate adalah akun yang bisa mempromosikan barang untuk mencari komisi dari penjual. Berikut cara membuat akun TikTok affiliate:

    Buka aplikasi Tiktok dan masuk ke akun Anda
    Klik ikon profil di bagian kanan bawah layar
    Pilih menu “Shop” yang ditandai dengan ikon keranjang
    Masuk ke “Pusat Kreator E-Commerce”
    Pilih menu “Komisi”
    Lalu tekan “Tambahkan Produk” untuk mulai menjual produk sebagai affiliate.
    Masukkan nama sesuai identitas
    Lalu akan muncul pop-up “Konfirmasi Nama Anda”, kemudian klik “Kirim” untuk menyelesaikan tahap ini
    Jika pendaftaran berhasil, akan muncul notifikasi “Congratulations, you can start selling affiliate products”
    Kemudian klik “Add Affiliate Products” untuk memilih produk yang ingin Anda promosikan
    Selanjutnya, Anda akan menerima pemberitahuan terkait persetujuan produk, tinggal ikuti petunjuk selanjutnya hingga proses pendaftaran selesai

    Demikian cara dan syarat mendaftar TikTok Affiliate. Selamat mencoba semoga cuan ya!

    (dem/dem)