Perusahaan: Tokopedia

  • GOTO Pastikan Kooperatif Terkait Kasus Dugaan Korupsi Chromebook

    GOTO Pastikan Kooperatif Terkait Kasus Dugaan Korupsi Chromebook

    Bisnis.com, Jakarta — PT Gojek Tokopedia (GOTO) Tbk memastikan akan kooperatif dan tunduk pada proses hukum yang ditangani oleh pihak Kejaksaan Agung terkait perkara tindak pidana korupsi pengadaan Chromebook.

    Direktur Public Affair dan Communication GOTO Ade Mulya mengatakan, bahwa GOTO selalu mengedepankan asas tata kelola perusahaan yang baik, akuntabel dan transparan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

    “Sebagai perusahaan publik, kami selalu mengedepankan asas tata kelola perusahaan yang baik, akuntabel, dan transparan,” katanya di Jakarta, Jumat (11/7/2025).

    Ade menegaskan bahwa GOTO bakal mendukung penuh proses penegakan hukum terkait perkara dugaan tindak pidana korupsi pengadaan Chromebook yang kini ditangani oleh Kejagung. “GOTO menghormati proses hukum yang sedang berjalan sebagai bagian dari upaya mendukung penegakan hukum,” katanya.

    Ade memastikan pihaknya juga bakal kooperatif terhadap Kejagung terkait perkara tindak pidana korupsi pengadaan Chromebook tersebut. “Kami bersikap kooperatif dan mengikuti arahan dari pihak berwenang,” ujarnya.

    Berdasarkan catatan Bisnis, Kejaksaan Agung menyita ratusan dokumen dan alat bukti elektronik dari hasil penggeledahan di Kantor GOTO yang berlokasi di Jalan Melawai Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

    Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Harli Siregar mengatakan bahwa penyidik melakukan penggeledahan tersebut untuk mencari alat bukti lain terkait kasus tindak pidana korupsi pengadaan Chromebook di Kemendikbudristek.”Memang benar ada penggeledahan dan sudah disita banyak dokumen dan alat bukti elektronik,” tutur Harli di Jakarta, Jumat (11/7/2025).

    Dia berharap barang bukti yang diamankan penyidik Kejagung tersebut bisa membuat perkara korupsi pengadaan Chromebook semakin terang-berderang sekaligus untuk mencari tersangka baru.

    “Jadi kita harapkan bahwa dengan berbagai barang bukti yang sudah disita ini bisa bikin tindak pidana yang sedang disidik semakin terang ya,” katanya.

  • Kejagung Geledah Kantor GoTo, Manajemen Buka Suara

    Kejagung Geledah Kantor GoTo, Manajemen Buka Suara

    Jakarta, CNBC Indonesia – GoTo buka suara soal penggeledahan kantornya oleh Kejaksaan Agung. Penggeledahan dilakukan terkait penyidikan kasus korupsi pengadaan Chromebook di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan di era kepemimpinan Nadiem Makarim.

    Direktur Public Affairs dan Communications PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Ade Mulya juga mengatakan pihaknya akan bersikap kooperatif dan mengikuti arahan dari pihak berwenang.

    “GoTo menghormati proses hukum yang sedang berjalan sebagai bagian dari upaya mendukung penegakan hukum. Kami bersikap kooperatif dan mengikuti arahan dari pihak berwenang,” kata Ade, dalam keterangannya dikutip Jumat (11/7/2025).

    “Sebagai perusahaan publik, kami selalu mengedepankan asas tata kelola perusahaan yang baik, akuntabel, dan transparan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan
    yang berlaku,” dia menambahkan.

    Sebelumnya, Kejaksaan Agung menyebutkan telah melakukan penggeledahan pada Selasa (8/7/2025) lalu di kantor di kawasan Blok M, Jakarta. Pihak Kejagung menyita berbagai barang bukti dalam penggeledahan.

    “Berdasarkan informasi dari penyidik, membenarkan bahwa beberapa waktu yang lalu, kalau tidak salah di tanggal 8, penyidik benar telah melakukan serangkaian upaya penggeledahan di salah satu tempat dan dari sana dilakukan penyitaan terhadap berbagai barang bukti dan itu sekarang sedang dilakukan pencacahan dan verifikasi terhadap barang bukti yang disita,” jelas Kapuspenkum Kejagung R.I Harli Siregar.

    Harli mengatakan barang yang disita berupa dokumen atau surat dan barang bukti elektronik berupa flashdisk. Diharapkan dengan berbagai barang bukti itu bisa memperkuat pembuktian penyidikan.

    “Barang-barang apa yang dilakukan penyitaan itu dapat kami sampaikan ada berupa dokumen atau surat dan barang bukti elektronik berupa flashdisk. Tentunya, baik dokumen maupun barang bukti elektronik ini kita harapkan ada berbagai informasi yang bisa dijadikan untuk memperkuat dari pembuktian proses penyidikan. Nanti kita tunggu saja,” kata Harli.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • 8
                    
                        Kejagung Geledah Kantor GOTO Terkait Kasus Laptop Chromebook
                        Nasional

    8 Kejagung Geledah Kantor GOTO Terkait Kasus Laptop Chromebook Nasional

    Kejagung Geledah Kantor GOTO Terkait Kasus Laptop Chromebook
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –

    Kejaksaan Agung
    menggeledah Kantor
    GOTO
    (Gojek dan Tokopedia) di Jalan Iskandarsyah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, terkait dengan kasus dugaan korupsi
    pengadaan laptop
    berbasis Chromebook pada Selasa (8/7/2025) lalu.
    “Kalau tidak salah di tanggal 8, penyidik benar telah melakukan serangkaian upaya penggeledahan di salah satu tempat dan dari sana dilakukan penyitaan terhadap berbagai barang bukti,” ujar Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Harli Siregar saat ditemui di depan Gedung Penkum Kejagung, Jakarta, Jumat (11/5/2025).
    Harli mengatakan, saat ini penyidik masih melakukan pencatatan dan verifikasi terhadap barang bukti yang disita.
    Dia pun belum mendapatkan informasi detail terkait jumlah dan jenis barang yang disita.
    Namun, setidaknya ada sejumlah dokumen dan barang bukti elektronik yang disita.
    “Barang-barang apa yang dilakukan penyitaan, itu dapat kami sampaikan, ada berupa dokumen atau surat dan barang bukti elektronik berupa flashdisk,” kata Harli.
    Kasus dugaan korupsi di lingkungan Kemendikbudristek ini baru dinaikkan statusnya ke tahap penyidikan per tanggal Selasa (20/5/2025).
    “Jajaran Jampidsus melalui penyidik pada tanggal 20 Mei 2025 dengan surat perintah penyidikan nomor 38 dan seterusnya, tanggal 20 Mei 2025 telah meningkatkan status penanganan perkara dari penyelidikan ke penyidikan dalam dugaan tindakan korupsi pada Kemendikbudristek dalam pengadaan digitalisasi pendidikan tahun 2019-2023,” kata Harli.
    Saat ini, penyidik belum menetapkan tersangka dalam kasus ini dan masih mendalami kasus yang ada, termasuk kerugian keuangan negara yang timbul dalam proyek pengadaan senilai Rp 9,9 triliun ini.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • GoPay & BI Gelar Kampanye Judi Pasti Rugi, Ajak Warga Perangi Judi Online

    GoPay & BI Gelar Kampanye Judi Pasti Rugi, Ajak Warga Perangi Judi Online

    Jakarta

    GoPay, unit bisnis Financial Technology dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk menggelar kampanye Judi Pasti Rugi di CFD Jakarta Minggu, 6 Juli 2025. Kegiatan ini merupakan bagian dari dari roadshow Judi Pasti Rugi keliling Indonesia.

    Head of Region Marketing GoPay, Irwan Ari Wibowo menjelaskan bahwa kegiatan Judi Pasti Rugi akan terus berlangsung agar masyarakat dapat lebih teredukasi bahwa judi online merupakan bentuk penipuan.

    “Mari kita jauhi judi online, judol bukan solusi, judol itu penipuan,” kata Irwan dalam keterangan tertulis, Kamis (10/7/2025).

    Hal tersebut ia katakan dalam kampanye Judi Pasti Rugi di CFD Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (6/7).

    Kegiatan ini juga didukung serta dihadiri oleh Direktur Kepala Grup Perlindungan Konsumen Bank Indonesia (BI), Diana Yumanita. Menurutnya, edukasi ini merupakan pendekatan baru yang inovatif melibatkan masyarakat secara langsung dan diharapkan bisa meningkatkan kesadaran publik terhadap dampak buruk judi online.

    “Tentu kita sadari bahwa fenomena judol itu sangat mengkhawatirkan. Butuh kolaborasi untuk melakukan edukasi secara masif agar dapat meningkatkan awareness masyarakat. Inisiatif seperti ini sejalan dengan kampanye Geber PK (Gerakan Bersama Perlindungan Konsumen) dari BI,” ujar Diana.

    Ia juga berpesan agar masyarakat bisa mewaspadai iklan dengan embel-embel cepat kaya dalam bentuk permainan dan investasi palsu yang bisa berujung pada aktivitas judol. Masyarakat dapat melaporkan tautan atau iklan mencurigakan kepada layanan pembayaran digital ataupun ke otoritas seperti Bank Indonesia dan Komdigi agar bisa ditindaklanjuti.

    Adapun kampanye melawan judi online dengan mobil keliling ini digagas oleh Aliansi Judi Pasti Rugi yang terdiri dari GoPay, Gojek, Google, TikTok, dan Telkomsel. Sampai saat ini mobil kampanye tersebut sudah berkeliling 17 kota dan akan terus dilanjutkan hingga Pulau Sulawesi.

    “Hingga akhir kampanye ini, targetnya akan ada 57 kota yang akan dikunjungi di Indonesia,” jelas Irwan.

    Lihat juga Video: Perangi Judi Online, Masyarakat Bisa Lapor di Situs Ini

    (akn/akn)

  • Modal Rp 5 Juta Bisa Buka Usaha Apa? Ini 7 Pilihan yang Bisa Dicoba

    Modal Rp 5 Juta Bisa Buka Usaha Apa? Ini 7 Pilihan yang Bisa Dicoba

    Jakarta

    Memulai usaha tidak selalu membutuhkan modal besar. Dengan modal 5 juta, Anda tetap bisa merintis bisnis kecil yang menguntungkan asalkan dikelola dengan tepat dan sesuai kebutuhan pasar.

    Meskipun memilih jenis usaha yang pas memang bukan hal yang mudah, apalagi jika modal terbatas. Jika salah langkah, alih-alih untung, justru kerugian yang didapat. Karena itu, penting untuk mengetahui peluang usaha modal 5 juta yang cocok dan realistis untuk pemula.

    Agar bisnis bisa berjalan maksimal, pertimbangkan juga kondisi lingkungan sekitar tempat Anda tinggal. Dikutip dari situs CIMB Niaga, berikut 7 ide bisnis dengan modal Rp 5 juta.

    1. Usaha Toko Sembako

    Usaha modal 5 juta yang pertama adalah membuka usaha toko atau warung sembako. Toko sembako sampai saat ini sangat banyak diminati dan dibutuhkan terutama untuk masyarakat di pinggiran kota. Usaha modal 5 juta membuka toko sembako termasuk mudah dalam menjalankannya. Anda bisa mulai membuka toko sembako di komplek sekitar perumahan.

    Tidak perlu menyewa ruko atau tempat khusus, manfaatkan halaman rumah Anda untuk mulai menjalankan usaha modal 5 juta. Meskipun ruang lingkupnya kecil, usaha toko sembako usaha modal 5 juta cukup banyak keuntungan dan banyak dibutuhkan oleh orang-orang.

    Sebagai langkah awal Anda bisa fokuskan membeli barang-barang dagangan yang dibutuhkan oleh konsumen. Usahakan barang-barang yang dijual lengkap agar warung selalu ramai oleh pengunjung. Selain itu, Anda perlu memperhatikan harga barang yang dijual, jangan sampai harganya terlalu mahal sehingga konsumen enggan membeli.

    2. Usaha Counter Pulsa

    Satu lagi usaha modal 5 juta yang bisa Anda pertimbangan yaitu membuka usaha counter pulsa. Counter pulsa bisa dibilang tidak ada matinya bahkan cenderung ramai dan terus meningkat. Jika Anda tinggal didaerah yang ramai lalu lalang kendaraan maka usaha modal 5 juta counter pulsa sangat cocok untuk Anda. Namun jika lokasi tempat tinggal dirasa kurang strategis, Anda bisa menyewa kios murah pinggir jalan.

    Setelah mempertimbangkan soal lokasi konter pulsa, Anda bisa mulai membeli etalase sebagai tempat untuk barang dagangan. Untuk kebutuhan pulsa, pilihlah agen pulsa yang menawarkan harga murah. Dengan demikian Anda bisa menjual harga pulsa yang lebih murah kepada konsumen jika dibandingkan counter lain. Bahkan, Anda dapat menjadi agen pulsa bagi orang lain.

    Lengkapi etalase usaha konter dengan berbagai voucher isi ulang, voucher kuota dan nomor-nomor cantik. Mengingat kebutuhan kuota masyarakat semakin hari semakin meningkat. JIka Anda seorang pekerja kantoran, Anda juga bisa bekerja sambal menjajakan berjualan pulsa dari usaha konter pulsa milik sendiri. Hal ini akan menambah keuntungan dan pelanggan. Bagaimana, tertarik untuk menjalankan usaha modal 5 juta counter pulsa?

    3. Usaha Catering Rumahan

    Usaha modal 5 juta yang selanjutnya bisa Anda pertimbangkan adalah usaha catering rumahan. Namun, usaha modal 5 juta yang satu ini membutuhkan bakat dan kepandaian Anda mengolah masakan. Jadi pastikan dulu anda bisa memasak beraneka ragam masakan karena hal ini merupakan modal utama.

    Jika Anda tidak pandai memasak namun ingin membuka usaha modal 5 juta berupa catering rumahan, tidak perlu khawatir. Ada banyak resep masakan beredar luas di internet yang bisa Anda tiru.

    Sebagai permulaan usaha modal 5 juta catering rumahan, Anda bisa memilih target konsumen dengan menawarkan usaha catering untuk hajatan kecil-kecilan teman dan tetangga. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan jasa catering untuk rekan kantor tempat bekerja.

    4. Usaha Laundry Kiloan

    Laundry kiloan bisa menjadi salah satu ide usaha modal 5 juta yang bisa Anda pertimbangkan. Sekarang ini masyarakat semakin sibuk dengan aktivitas dan keseharian yang menyita waktu.

    Hal ini membuat usaha modal 5 juta berupa usaha laundry kiloan banyak diminati. Ini adalah peluang usaha modal 5 juta yang menguntungkan meskipun banyak persaingan. Anda tidak perlu takut untuk memulai usaha modal 5 juta berupa jasa laundry kiloan karena pasarnya masih sangat luas dan banyak diminati.

    Apalagi jika Anda membuka usaha jasa laundry kiloan di tempat yang dekat dengan perkantoran, kampus dan tempat keramaian lainnya. Potensi untuk mendapat banyak pelanggan tentu semakin terbuka lebar.

    Tapi, jika Anda merasa menyewa tempat terlalu berat untuk memulai usaha modal 5 juta cobalah untuk membuka jasa laundry kiloan di komplek perumahan tempat tinggal. Untuk urusan modal, jasa laundry kiloan tergolong murah, bisnis ini bisa dijalankan dengan usaha modal 5 juta.

    5. Membuka Jasa Menjahit

    JIka Anda memiliki keterampilan menjahit, usaha jasa yang satu ini bisa menjadi pilihan usaha modal 5 juta yang menguntungkan. Anda bisa membuka jasa menjahit dirumah atau membuka tempat khusus untuk menjahit. Modal usaha 5 juta bisa digunakan untuk membeli mesin jahit dan obras dengan kisaran harga 3 jutaan. Sisa modalnya bisa digunakan untuk membeli perlengkapan jahit lainnya seperti gunting, pengukur baju dan lain-lain.

    Untuk tahap awal promosikan jasa jahit pada keluarga, teman ataupun tetangga. Anda bisa menerima pesanan jahitan baju sekolah, baju kondangan atau permak baju. Sebaiknya berikan tarif yang relatif terjangkau agar pelanggan puas dan tidak kapok menjahit di tempat Anda.

    Soal penghasilan yang didapat, usaha ini memang tidak memberikan keuntungan yang pasti. Namun tetap menjadi usaha modal 5 juta yang menjanjikan jika dijalani dengan tekun. Ada kalanya jahitan banyak pelanggan atau sepi, namun Anda bisa membatasi jumlah pesanan dalam jangka waktu satu bulan agar tidak kewalahan.

    6. Membuka Bisnis Pakaian

    Bisnis modal 5 juta selanjutnya adalah bisnis fashion. Jika Anda menyukai fashion dan gemar mengikuti perkembangan trend fashion, bisnis ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Anda bisa mulai dengan membeli baju ke produsen ataupun grosir baju terdekat. Saat memilih supplier atau produsen baju, pastikan harga yang ditawarkan juga murah dengan kualitas yang baik.

    Jika Anda kesulitan mendapat produsen baju di sekitar tempat tingga, cobalah untuk mencari produsen baju secara online. Sekarang sudah banyak grosir online yang harganya murah dengan kualitas baik.

    Sebagai langkah awal berjualan barang fashion usaha modal 5 juta Anda tidak perlu menyewa ruko atau kios. Jajakan barang dagangan secara online melalui social media, marketplace atau kepada teman-teman terdekat dilingkungan sekitar.

    7. Barbershop

    Bagi para kaum pria, barbershop atau tempat pangkas rambut sangat dibutuhkan. Di zaman sekarang, memang sudah banyak berdiri barbershop dengan harga bervariatif, mulai dari yang murah hingga mahal.

    Karena punya modal yang terbatas, kamu bisa mendirikan usaha ini di rumah. Namun, jangan lupa untuk menunjang fasilitas yang baik agar pelanggan balik lagi.

    Tips Menjalankan Bisnis dengan Modal Terbatas

    Modal yang terbatas memang menantang untuk menjalankan binis. Meski begitu ada beberapa tips yang bisa Anda coba, seperti dijelaskan di bawah ini:

    1. Pastikan Ada Peminat

    Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan bisnis yang akan dijalankan diminati masyarakat. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya memanfaatkan platform e-commerce seperti Tokopedia.

    Misalnya dengan menggunakan fitur Wawasan Pasar yang terdapat di aplikasi Tokopedia Seller. Di fitur ini, masyarakat bisa mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris di Tokopedia dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori.

    2. Pelajari Profil Calon Pembeli

    Setelah menentukan produk yang akan dijual dan memahami mengenai kondisi pasar, ini saatnya untuk menentukan siapa saja konsumen sasaran dari produk tersebut. Dengan menentukan target pasar, calon pelaku usaha dapat lebih mudah menentukan strategi pemasaran.

    3. Buat Konten Menarik untuk Ajang Promosi

    Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk membantu meningkatkan awareness dari bisnis yang dijalankan. Misalnya, buat konten media sosial yang unik dan bisa menjadi ciri khas penjual. Perhatikan tren yang sedang banyak digandrungi masyarakat di media sosial.

    Tonton juga video “Kelompok Usaha di Bali Sulap Bakau Jadi Sirup dan Camilan Enak” di sini:

    (ily/fdl)

  • Wapres nilai PNM Mekaar berhasil cetak UMKM baru, buka lapangan kerja

    Wapres nilai PNM Mekaar berhasil cetak UMKM baru, buka lapangan kerja

    Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka menilai Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar berhasil mencetak pelaku-pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) baru, serta membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya.

    Menurut Gibran, keberadaan PNM Mekaar dan nasabah-nasabah mereka yang didominasi perempuan selaras dengan visi ketahanan ekonomi Presiden Prabowo Subianto yang ingin membangun Indonesia dari desa dan keluarga.

    “Saya lihat nasabah-nasabah yang ada di sini itu memperkerjakan tetangga-tetangganya. Saya kira itu luar biasa sekali,” puji Gibran kepada pelaku UMKM nasabah PNM Mekaar saat acara silaturahmi dengan nasabah dan pendamping PNM Mekaar di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Selasa, sebagaimana disiarkan oleh Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Wakil Presiden.

    Dalam acara silaturahmi itu, Gibran juga memuji PNM Mekaar karena berhasil menghimpun 16 juta nasabah, yang mayoritas punya tingkat risiko kredit macet yang rendah. Menurut Wapres, pencapaian itu juga menunjukkan perempuan dapat menjadi motor penggerak perekonomian dan penopang ketahanan ekonomi.

    “(Sebanyak) 16 juta nasabah membuka lapangan kerja. Kredit macetnya hampir tidak ada, rendah sekali. Jadi, ini ibu-ibu luar biasa sekali. Apresiasi sebesar-besarnya untuk PNM Mekaar,” kata Gibran.

    Di atas panggung, Gibran kemudian berbincang-bincang dengan sejumlah ibu-ibu pelaku UMKM nasabah PNM Mekaar. Masing-masing dari mereka membawa produk unggulannya untuk diperlihatkan kepada Wapres.

    Widiarti, salah satu nasabah PNM Mekaar sejak 2015, juga tampil membawa produk rempeyeknya. Dia mengaku berkat modal dari PNM Mekaar, saat ini cemilan rempeyeknya dapat dikemas lebih menarik dan berhasil menembus pasar modern.

    Widiarti menambahkan saat ini jualannya itu juga lebih laris karena dipasarkan di platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok, kemudian platform e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee.

    “Itu ya ibu-ibu pentingnya sosial media,” ujar Gibran mengomentari strategi Widiarti memasarkan usahanya.

    Gibran menilai media sosial merupakan sarana promosi usaha yang efektif dan terjangkau.

    “Sekali lagi, ibu-ibu ini (saya) titip gunakan media sosial sebaik-baiknya sebagai marketing untuk memasarkan produk-produknya ya. Biar bisa ekspor, biar bisa mendunia,” sambung Wapres.

    Dalam kesempatan yang sama, Gibran juga meminta PNM Mekaar dan para pendamping untuk membantu para pelaku UMKM meningkatkan nilai jual barang dagangan mereka, misalnya dengan pencantuman label halal dan label kedaluwarsa.

    “Pokoknya ibu-ibu ini tolong dikawal, diberikan penyuluhan yang baik, diberikan pelayanan yang baik, karena apapun itu, ibu-ibu yang ada di sini itu menyekolahkan anaknya, tetangganya direkrut. Itu kan luar biasa,” kata Gibran.

    Pewarta: Genta Tenri Mawangi
    Editor: Budi Suyanto
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Xiaomi Smart Band 10 Rilis di Indonesia, Segini Harganya

    Xiaomi Smart Band 10 Rilis di Indonesia, Segini Harganya

    Jakarta

    Xiaomi Smart Band 10 resmi tersedia di Indonesia setelah debut di China pada akhir Juni lalu. Gelang pintar ini mengusung layar yang lebih besar dan baterai yang awet hingga 21 hari.

    “Xiaomi Smart Band 10 bukan hanya sebagai alat bantu kebugaran, tetapi juga representasi gaya hidup modern yang menyatukan konektivitas, kesehatan, dan lifestyle,” ujar Andi Renreng, Marketing Director Xiaomi Indonesia, dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Selasa (8/7/2025).

    “Memberikan kemudahan untuk Live Right, Live Smart dengan desain yang mewah dan fashion-forward, menjadikan smartband terbaru dari Xiaomi ini sebagai pendamping ideal bagi siapa saja yang ingin hidup lebih cerdas, lebih berkualitas, dan tampil penuh gaya,” imbuhnya.

    Xiaomi Smart Band 10 masih menggunakan layar sentuh AMOLED tapi dengan ukuran lebih besar yaitu 1,72 inch. Layar yang lebih besar ini bisa dicapai berkat bezel dengan ketebalan 2mm yang memberikan rasio screen-to-body hingga 73%.

    Layar ini memiliki resolusi 212 x 520 pixel dengan tingkat kecerahan hingga 1.500 nits dan refresh rate 60Hz. Gelang pintar ini juga mendukung fitur always-on display (AoD) dan dilengkapi lebih dari 200 watch face.

    Xiaomi membekali Smart Band 10 dengan lebih dari 150 mode olahraga, termasuk enam aktivitas yang dapat dideteksi secara otomatis. Ada juga indikator metrik tambahan seperti VO2 max, training load, dan recovery time.

    Sama seperti generasi sebelumnya, Xiaomi Smart Band 10 kembali dilengkapi ketahanan air 5ATM yang membuatnya bisa dipakai berolahraga air hingga kedalaman 50 meter.

    Xiaomi Smart Band 10 Foto: Xiaomi Indonesia

    Bagi penggemar olahraga air, mode renang di Smart Band 10 ditingkatkan dengan fitur pemantauan detak jantung secara real-time dan akurasi hitungan putaran hingga 96% berkat sensor gerak 9-sumbu. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur heart rate broadcast untuk mendapatkan data detak jantung secara real-time menggunakan perangkat yang kompatibel.

    Untuk membantu pengguna beristirahat setelah olahraga, tersedia manajemen tidur profesional dan program peningkatan tidur selama 21 hari. Pengguna bisa memantau detak jantung, SpO2, dan tingkat stress lewat gelang pintar selama 24/7.

    Semua fitur di atas ditenagai oleh baterai 233 mAh yang dapat bertahan hingga 21 hari dalam penggunaan normal atau sembilan hari dalam mode AoD. Gelang pintar ini kompatibel dengan perangkat Android 8.0 ke atas atau iOS 14 ke atas.

    Xiaomi Smart Band 10 bisa terhubung dengan ponsel menggunakan koneksi Bluetooth 5.3 via aplikasi Mi Fitness. Gelang pintar ini terintegrasi dengan Xiaomi Smart Hub yang memungkinkan pengguna mengontrol langsung perangkat yang menjalankan HyperOS 2.0 seperti ponsel, tablet, dan TWS.

    Pengguna bisa menggunakan Smart Band 10 untuk menemukan ponsel atau tablet dan mengontrol kamera dari jarak jauh, mengecek sisa masa pakai baterai TWS, menyesuaikan volume, hingga mengubah mode peredam kebisingan.

    Xiaomi Smart Band 10 hadir dalam tiga pilihan warna dengan bodi aluminium alloy, dan warna eksklusif Ceramic White Edition dengan bodi keramik. Xiaomi menyediakan 10 aksesoris serbaguna, termasuk liontin rantai mutiara dengan empat mode pemakaian.

    Harga dan ketersediaan

    Xiaomi Smart Band dibanderol dengan harga Rp 649.000 untuk varian Midnight Black, Glacier Silver, dan Mystic Rose, serta Rp 799.000 untuk varian Ceramic White Edition.

    Gelang pintar ini sudah bisa didapatkan secara online di Mi.com, Blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan TikTok Shop, serta secara offline di Xiaomi Store dan mitra resmi Xiaomi lainnya mulai 7 Juli 2025.

    Khusus pembelian online selama periode flash sale pada 7-9 Juli 2025, Xiaomi Smart Band 10 bisa didapatkan dengan harga promosi Rp 599.000 untuk varian Midnight Black, Glacier Silver, dan Mystic Rose, serta Rp 749.000 untuk varian Ceramic White Edition.

    (vmp/fay)

  • Dear Me Beauty Pesat Berkat Seller Center Tokopedia & TikTok Shop

    Dear Me Beauty Pesat Berkat Seller Center Tokopedia & TikTok Shop

    Bisnis.com, JAKARTA – Integrasi Seller Center Tokopedia dan TikTok Shop turut membawa dampak positif bagi Dear Me Beauty. Brand kecantikan lokal yang didirikan Nikita Wiradiputri pada 2017 ini mencatat peningkatan penjualan hingga 50%. Dengan visi memberdayakan perempuan Indonesia, Dear Me Beauty konsisten menghadirkan produk kecantikan inklusif, cruelty-free, dan bersertifikasi BPOM.

    Setelah lebih dari 8 tahun membangun bisnis, kerja keras Nikita membuahkan hasil. Dear Me Beauty makin dikenal luas, kapasitas produksi meningkat, dan telah memberdayakan ratusan karyawan. Brand ini juga aktif menggelar pelatihan untuk UMKM serta menjalankan program daur ulang kemasan.

    Memasuki era discovery commerce, Dear Me Beauty terus mengandalkan platform digital seperti Tokopedia dan TikTok Shop untuk mengembangkan bisnis. “Kami memanfaatkan kedua platform ini untuk meningkatkan visibilitas produk dan menjangkau pasar lebih luas. Integrasi seller center juga mempermudah operasional sehingga kami bisa makin #JualanNyaman,” ujar Nikita.

    Sejak integrasi, operasional Dear Me Beauty jadi lebih efisien. Sebelumnya, proses upload produk, pelaporan, hingga promosi harus dilakukan terpisah di dua platform, yang memakan waktu. “Sekarang semua bisa dikelola lewat satu dashboard terpusat dengan informasi lengkap dari kedua platform,” tambah Nikita.

    Berkat berbagai fitur dan promosi lewat seller center terbaru, Dear Me Beauty mengalami peningkatan penjualan yang signifikan. “Penjualan naik 50% dibandingkan sebelum integrasi. Hal ini didorong oleh promosi lintas platform, konten yang konsisten, dan strategi pemasaran yang aktif,” ujar Nikita.

    Fitur live streaming, short video, dan kolaborasi dengan affiliate content creator di TikTok turut memberikan dampak positif terhadap penjualan Dear Me Beauty. Brand ini rutin melakukan live streaming, mengunggah 3-4 video pendek setiap hari, dan aktif bekerja sama dengan affiliate untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan visibilitas produk.

    Kolaborasi dengan affiliate content creator menyumbang hingga 60% dari total penjualan. Dear Me Beauty berencana melanjutkan kolaborasi ini dengan kreator dari berbagai daerah, termasuk Jabodetabek, Bandung, dan Kalimantan, untuk memperluas jangkauan audiens.

    Berbagai kemudahan dan fitur yang dihadirkan lewat integrasi seller center Tokopedia dan TikTok Shop sangat membantu Dear Me Beauty. Ke depannya, Dear Me Beauty berharap integrasi ini terus dikembangkan, termasuk menghadirkan fitur maupun tools lain yang bisa makin mendukung pertumbuhan bisnis lokal.

  • DPR Minta Sri Mulyani Kaji Ulang Pajak UMKM via Shopee-Tokopedia

    DPR Minta Sri Mulyani Kaji Ulang Pajak UMKM via Shopee-Tokopedia

    Bisnis.com, JAKARTA — Komisi VII DPR RI meminta pemerintah mengkaji ulang rencana memungut Pajak Penghasilan (PPh) pelaku UMKM lewat marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. Pasaalnya, wacana tersebut dinilai dapat menambah beban pelaku UMKM di tengah kondisi ekonomi yang tidak pasti.

    Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Chusnunia Chalim mengatakan, di tengah situasi ekonomi yang tidak pasti, kebijakan ini perlu dikaji ulang.

    Menurutnya, semua pihak perlu menahan diri untuk menerapkan kebijakan tersebut, lantaran hal ini dapat menjadi beban bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM.

    “Kita masih perlu kaji ulang ya apalagi di situasi ekonomi yang masih berat. Jadi saya kira semua pihak mesti tahan-tahan diri untuk jangan langsung tambah-tambah [pajak] itu kan,” kata Chusnunia, mengutip laman DPR RI, Minggu (6/7/2025).

    Komentar senada juga disampaikan oleh Anggota Komisi VII DPR RI Novita Hardini. Menurutnya, penghasilan para usaha mikro belum tentu memiliki profit mengingat pelaku usaha ini sebagian besar berjualan hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

    Untuk itu, dia mengharapkan pemerintah agar tidak membebani para pelaku UMKM, dengan wacana tersebut.

    “Jadi tolong pemerintah mengkaji ulang pajak yang dibebankan kepada UMKM, kalau kita ingin pertumbuhan ekonomi kita itu melesat di tahun 2026,” ujar Novita.

    Menurutnya, UMKM merupakan tulang punggung ekonomi bangsa. Jika tulang punggung ekonomi bangsa ditekankan dengan pemberlakuan pajak, dia khawatir pelaku UMKM sulit bertumbuh dan memberikan dampak signifikan terhadap ekonomi makro bangsa.

    Dia mengatakan, jangan sampai kebijakan ini justru membuat angka kemiskinan, pengangguran, dan masalah sosial lainnya di Tanah Air semakin meningkat.

    “Jadi saya minta tolong khususnya Menteri Keuangan untuk mengkaji ulang pajak yang dibebankan kepada UMKM. UMKM masih struggle dengan hidupnya jadi tolong jangan dibebankan dengan pajak yang berlebihan,” pungkasnya.

    Dalam catatan Bisnis, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Rosmauli sebelumnya menyampaikan bahwa peraturan mengenai penunjukan marketplace sebagai pemungut PPh Pasal 22 masih dalam proses finalisasi di internal pemerintah.  

    “Ketentuan masih dalam tahap finalisasi,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Kamis (16/6/2025).   

    Pada dasarnya, ketentuan ini mengatur pergeseran (shifting) dari mekanisme pembayaran PPh secara mandiri oleh pedagang online, menjadi sistem pemungutan PPh Pasal 22 yang dilakukan oleh marketplace sebagai pihak yang ditunjuk.  

    Secara prinsip, pajak penghasilan dikenakan atas setiap tambahan kemampuan ekonomis yang diterima atau diperoleh oleh wajib pajak, termasuk dari hasil penjualan barang dan jasa secara online. 

    Kebijakan ini  tidak mengubah prinsip dasar tersebut dan justru memberikan kemudahan bagi pedagang dalam memenuhi kewajiban perpajakan.   

    Dengan langkah tersebut, proses pembayaran pajak dilakukan melalui sistem pemungutan yang lebih sederhana dan terintegrasi dengan platform tempat mereka berjualan.

  • Gojek Kaji, Grab Ingatkan Pemerintah Dampak ke Mitra

    Gojek Kaji, Grab Ingatkan Pemerintah Dampak ke Mitra

    Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan aplikator layanan transportasi online seperti PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO), Grab Indonesia dan Maxim Indonesia merespons rencana Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menaikkan tarif ojol (ojek online) sekitar 8%-15%.

    PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) menyebut saat ini pihaknya masih melakukan kajian mendalam bersama Kemenhub mengenai rencana pemberlakuan penyesuaian tarif ojol.

    Director of Public Affairs and Communications GOTO, Ade Mulya menjelaskan bahwa hingga saat ini pengenaan tarif masih mengikuti regulasi yang berlaku dan belum ada kenaikan tarif.

    “Gojek memastikan bahwa seluruh penerapan tarif mengikuti regulasi yang berlaku dari pemerintah,” kata Ade kepada Bisnis, Selasa (2/7/2025).

    Pada saat yang sama, Ade memastikan bahwa tarif baru yang saat ini tengah digodok tidak akan memberatkan konsumen. Dia juga berkomitmen untuk menghadirkan tarif yang kompetitif. 

    Hal tersebut diklaim penting untuk menjaga keberlanjutan ekosistem, memastikan peluang order atau permintaan tetap tinggi, sehingga mendukung penghasilan Mitra secara jangka panjang.

    Sementara itu, Chief of Public Affairs Grab Indonesia Tirza Munusamy mengatakan bahwa pihaknya menjunjung tinggi prinsip keterbukaan dan kerja sama dalam membangun komunikasi yang konstruktif dengan pemerintah termasuk penyesuaian tarif. 

    Tirza mengatakan, pihaknya menyadari kebijakan tarif yang baru dapat memengaruhi banyak aspek mulai dari penghasilan mitra hingga sensitivitas harga di kalangan konsumen. 

    Dalam konteks persaingan yang ketat di sektor ini, menurutnya, penting untuk menjaga keseimbangan antara keberlangsungan pendapatan mitra dan risiko menurunnya permintaan akibat berkurangnya daya tarik harga layanan dalam penyesuaian tarif ini.

    Kontra Produktif 

    Sementara itu, Government Relation Specialist Maxim Indonesia, Muhammad Rafi Assagaf menuturkan bahwa rencana mengerek tarif itu dinilai masih perlu melalui pengkajian ulang.

    “Kami melihat bahwa rencana kenaikan tarif pada layanan transportasi daring harus dikaji ulang secara komprehensif dengan melibatkan seluruh stakeholder termasuk pada perusahaan penyedia layanan transportasi berbasis aplikasi dan masyarakat selaku konsumen,” kata Rafi dalam keterangan resmi, Kamis (3/7/2025).

    Bukan tanpa alasan, Maxim Indonesia berpandangan bahwa rencana untuk menaikkan tarif layanan transportasi online memiliki risiko kontraproduktif terhadap pertumbuhan ekosistem digital.

    Di samping itu, tambah Rafi, kenaikan tarif transportasi online juga akan memberikan dampak destruktif yang dapat dirasakan masyarakat, mitra pengemudi, dan juga industri e-hailing di Indonesia.

    Meski demikian, Rafi mengaku selama proses penggodokan kenaikan tarif Kemenhub memang telah melibatkan aplikator. Hingga saat ini, kata dia, pihaknya masih melakukan diskusi insentif dengan Kemenhub.

    Diberitakan sebelumnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Kemenhub, Aan Suhanan menjelaskan bahwa rencana mengerek tarif dasar ojol sebesar 8%-15% memang saat ini masih dalam pendalaman kajian

    Adapun, salah satu yang dipertimbangkan yakni besaran dampaknya terhadap aspek ekonomi nasional. “Itu kan dari sisi ekonomi kami perhitungkan, bagaimana nanti kalau ini diterapkan berakibat pada inflasi atau tidak? Jadi semua perspektif kami pertimbangkan,” ungkapnya saat ditemui di Kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Rabu (2/7/2025).