Perusahaan: Tokopedia

  • Bank Mandiri Hidupkan Semangat Nasionalisme Lewat Pesta Rakyat HUT RI ke-80 di Bundaran HI – Page 3

    Bank Mandiri Hidupkan Semangat Nasionalisme Lewat Pesta Rakyat HUT RI ke-80 di Bundaran HI – Page 3

    Pada karnaval ini, hadir pula perwakilan dari berbagai BUMN yang merupakan perusahaan portofolio Danantara Indonesia, baik yang berjalan di barisan maupun berada di atas kendaraan hias, sebagai simbol sinergi dan kolaborasi untuk membangun masa depan Indonesia.

    Hadir di atas kendaraan hias ini Pejabat Badan Pelaksana Danantara Indonesia yakni CEO Danantara Indonesia Rosan Roeslani, COO Danantara Indonesia Dony Oskaria, dan CIO Danantara Indonesia Pandu Sjahrir.

    Acara yang ditargetkan menyedot lebih dari 200.000 pengunjung ini akan menampilkan artis nasional, pertunjukan budaya, hingga aktivitas interaktif yang membangkitkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia. Partisipasi BUMN dalam perayaan ini bukan hanya menambah kemeriahan, tetapi juga mendorong perputaran ekonomi rakyat, memperkenalkan potensi lokal, serta menegaskan komitmen kolektif untuk membangun Indonesia yang berdaulat, sejahtera, dan inklusif.

    Selain musik dan hiburan budaya, Pesta Rakyat turut menghadirkan kuis, permainan interaktif, hingga pembagian doorprize dengan total lebih dari 800 hadiah. Danantara Indonesia bersama Bank Mandiri bangga menjadi bagian dari momentum sejarah dalam menggelorakan semangat kemerdekaan, memajukan ekonomi rakyat, dan memperkuat kebanggaan nasional demi Indonesia yang berdaulat, sejahtera, dan maju.

    Bank Mandiri bersama Danantara Indonesia bangga menjadi bagian dari momentum sejarah ini menggelorakan semangat kemerdekaan, memajukan ekonomi rakyat, dan memperkuat kebanggaan nasional demi Indonesia yang berdaulat, sejahtera, dan maju. Bersama-sama, menghadirkan hiburan, memberdayakan UMKM, memperkuat kebersamaan, dan mengajak seluruh rakyat merayakan kemerdekaan dengan penuh suka cita. Inilah wujud nyata kontribusi dan kolaborasi BUMN untuk persatuan Indonesia.

    Dalam rangka HUT RI ke-80, Bank Mandiri juga meluncurkan program Pejuang Fokus Promo (FOMO) yang berlangsung 14–31 Agustus 2025. Program ini adalah rangkaian promo spesial yang dirancang untuk memberi keuntungan maksimal bagi nasabah sekaligus mendorong perputaran transaksi di sektor ritel.

    Melalui sinergi dengan puluhan merchant dan brand ternama baik offline maupun online seperti Erafone, iBox, Samsung by Erafone, Blibli, Lazada, Shopee, hingga Tokopedia, nasabah bisa menikmati berbagai diskon, cashback, reward, dan suku bunga spesial.

    “Promo FOMO HUT RI ke-80 bukan sekadar program belanja. Ini adalah bentuk nyata sinergi antara Bank Mandiri, pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat untuk mendorong inklusi keuangan, mengakselerasi digitalisasi UMKM, dan memperkuat fondasi pertumbuhan ekonomi nasional secara berkelanjutan,” pungkas Riduan.

  • HUT RI, Ribuan Driver Gojek Pecah Rekor MURI Konvoi Terbanyak Se-Indonesia

    HUT RI, Ribuan Driver Gojek Pecah Rekor MURI Konvoi Terbanyak Se-Indonesia

    Jakarta

    Ribuan mitra driver Gojek yang terdiri dari 2.025 mitra dan 80 Srikandi (pengemudi perempuan ibu tunggal) berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) untuk konvoi driver ojol terbanyak dalam sejarah Indonesia.

    Para driver ojol ini turun ke jalan melakukan konvoi dengan tertib. Jumlah peserta itu juga merepresentasikan usia kemerdekaan Indonesia tahun ini. Para peserta konvoi memulai start dari Transmart MT Haryono menuju Slipi Jakarta Barat.

    “Mari kita sama-sama tunjukkan kepada masyarakat luas bahwa rekan-rekan Gojek bisa merepresentasikan bagaimana tertib berlalu lintas,” kata Kasubag Tahti Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Bait Ferdinand, dalam keterangan tertulis, Senin (18/8/2025).

    Momen tersebut terjadi pada Minggu siang (17/8) demi memperkuat persatuan Indonesia dalam rangka perayaan HUT ke-80 kemerdekaan RI.

    “Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-80 tahun. Selamat untuk kalian semua, para driver, yang sudah memecahkan rekor MURI untuk hari ini,” kata Wakil Direktur Utama MURI Osmar Semesta Susilo.

    Driver Gojek asal Jakarta Husni Iryahadi menjadi inisiator dalam gerakan ini. Husni mengatakan konvoi tahun ini adalah yang pertama kali dalam rangka untuk memperingati HUT ke-80 tahun kemerdekaan Indonesia.

    “Ini adalah bentuk ungkapan kami para driver ojek online untuk ikut memperingati Hari Kemerdekaan, di mana kami terdiri dari banyak komunitas driver, hari ini ada 80 Srikandi driver perempuan dan 2.025 driver yang ikut meramaikan,” kata Husni.

    Ribuan driver Gojek bersama dengan manajemen PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) mengadakan upacara bendera dan berbagai kegiatan dengan semangat solidaritas demi memaknai HUT ke-80 RI, 17 Agustus 2025 di Kemang Timur, Jakarta. Foto: Gojek

    Upacara Bendera

    Sebelumnya di pagi hari, ribuan driver Gojek, unit bisnis dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (Grup GoTo), juga mengadakan upacara bendera dan berbagai kegiatan dengan semangat solidaritas demi memaknai hari besar bagi bangsa Indonesia ini.

    Manajemen GoTo menyatakan tema HUT RI ‘Bersatu Berdaulat, Rakyat Sejahtera, Indonesia Maju’ itu selaras dengan komitmen Gojek yakni dalam melindungi, menyejahterakan, dan mendengarkan mitra.

    Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo mengatakan Gojek merupakan Karya Anak Bangsa yang #BerjuangUntukIndonesia, dan mitra driver Gojek adalah bagian penting dari perjuangan ini.

    “Setiap hari Anda melayani masyarakat dengan tulus, membantu roda perekonomian berputar, dan menjadi wajah semangat gotong royong Indonesia,” kata Patrick.

    Upaya ini diwujudkan melalui Program Gojek Swadaya, pelopor program kesejahteraan mitra driver di industri sejak 2016 yang dirancang untuk meringankan beban operasional, memberikan perlindungan perjalanan, hingga dukungan untuk kebutuhan harian dan produktif.

    Lima pilar Gojek Swadaya mencakup solusi finansial (dana siaga, KPR, asuransi, tabungan), jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan, dukungan kebutuhan harian (diskon sembako, atribut dan kebutuhan operasional lainnya), telekomunikasi (paket data khusus mitra), serta perawatan kendaraan (promo oli, ban, dan servis). Inisiatif ini merefleksikan kemitraan yang inklusif, berakar pada semangat gotong royong.

    “Mari kita lanjutkan perjuangan para pendahulu dengan cara kita: bekerja dengan jujur, melayani dengan hati, dan menjaga persatuan. Kita berjuang bersama agar kita dapat berjaya dan menjadi tuan rumah bagi negeri sendiri,” kata Patrick.

    “Dengan itu, kita yakin Indonesia akan semakin maju dan sejahtera,” sambungnya.

    Sementara itu, Direktur/Chief Operating Officer GoTo dan President Gojek, Hans Patuwo menambahkan melalui lima pilar Program Swadaya Gojek ini, pihaknya berusaha memperkuat kesejahteraan mitra dengan berbagai dukungan.

    “Kami akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas hidup mitra, sehingga kita semua dapat berjuang bersama menuju masa depan yang lebih cerah,” kata Hans.

    Selain Program Swadaya, Gojek juga meluncurkan Mitra Juara Bulanan, penghargaan bagi mitra dengan kinerja terbaik dan kontribusi positif bagi komunitas. Dari ratusan penerima penghargaan, dipilih ‘Mitra Juara Paling Mantul’ setiap bulan untuk apresiasi khusus.

    (hnu/ega)

  • Telkomsel Tebar Promo 17 Agustus, Paket Kuota 8GB cuma Rp 17.000 – Page 3

    Telkomsel Tebar Promo 17 Agustus, Paket Kuota 8GB cuma Rp 17.000 – Page 3

    Sebelumnya, elkomsel bersama TikTok dan Gopay meluncurkan kartu perdana Simpati TikTok.

    Kartu perdana ini berupaya menghadirkan konektivitas untuk mendorong kreativitas masyarakat, kreator, dan pelaku UMKM untuk membuka peluang ekonomi di Indonesia.  

    Kartu perdana Simpati TikTok ini memadukan keunggulan jaringan broadband Telkomsel yang kini diklaim menjangkau 97 persen wilayah populasi, dukungan live commerce TikTok, dan layanan finansial Gopay. 

    Adapun kartu perdana Simpati TikTok ini dibanderol Rp 55 ribu dengan kuota internet 5GB untuk mengakses TikTok. 

    Pelanggan juga mendapat voucher TikTok Shop by Tokopedia dan Gopay. 

    Paket perdana ini diharapkan memudahkan masyarakat mengakses TikTok dan layanan digital lainnya di mana pun dan kapan pun. 

    Direktur Utama TikTok Nugroho mengatakan, kartu Simpati TikTok memastikan tiap kreator dan pelaku UMKM mendapatkan koneksi stabil.  

  • HUT ke-80 RI: XLSmart Banjir Promo Layanan Internet, Mulai Rp 17.000 untuk Internetan Sepuasnya – Page 3

    HUT ke-80 RI: XLSmart Banjir Promo Layanan Internet, Mulai Rp 17.000 untuk Internetan Sepuasnya – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk (XLSmart) turut merayakan Hari Kemerdekaan ke-80 Republik Indonesia (HUT ke-80 RI) dengan meluncurkan berbagai promo spesial untuk para pelanggan.

    Promo ini berlaku untuk layanan XL Prioritas, AXIS, Smartfren, XL Satu, dan XL Satu Biz.

    Chief Commercial Officer-Consumer XLSmart, David Arcelus Oses, mengatakan bahwa penawaran ini dirancang untuk mendukung inklusi digital dan memfasilitasi komunikasi pelanggan di momen spesial ini.

    “Merayakan kemerdekaan, kami hadir dengan promo menarik agar masyarakat tetap terhubung, berkreasi, dan berkarya tanpa batas. Kami ingin mendukung masyarakat mengoptimalkan aktivitas komunikasinya, sejalan dengan semangat ‘Bersama Melaju Tanpa Batas’,” ujarnya, dikutip Sabtu (17/8/2025).

    Berikut deretan promo menarik dari XLSmart dalam merayakan HUT ke-80 RI:

     XL Prabayar

    Paket Merdeka: Tersedia eksklusif di aplikasi myXL, mulai dari Rp17.000.
    Paket Merdeka 17GB: Kuota utama 5GB + kuota aplikasi 12GB (YouTube, Instagram, TikTok) seharga Rp25.000 dengan masa aktif 8 hari.
    Paket Merdeka 8GB: Kuota utama 4GB + kuota aplikasi 4GB (YouTube, Instagram, TikTok) seharga Rp17.000 dengan masa aktif 5 hari.
    Diskon Merdeka 17%: Untuk pelanggan terpilih, tersedia diskon hingga 17% untuk Paket Merdeka Kuota Utama 8GB/7 hari di myXL.
    Promo “Merdeka dari Mager!”: Tukar 17 XL Poin dengan kuota khusus untuk berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Vidio, Free Fire, Gojek, Grab, Shopee, dan Tokopedia.

     

     

  • HUT ke-80 RI: XLSmart Banjir Promo Layanan Internet, Mulai Rp 17.000 untuk Internetan Sepuasnya – Page 3

    HUT ke-80 RI: XLSmart Banjir Promo, Internetan Sepuasnya Mulai Rp 17.000 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT XLSmart Telecom Sejahtera Tbk (XLSmart) turut merayakan Hari Kemerdekaan ke-80 Republik Indonesia (HUT ke-80 RI) dengan meluncurkan berbagai promo spesial untuk para pelanggan.

    Promo ini berlaku untuk layanan XL Prioritas, AXIS, Smartfren, XL Satu, dan XL Satu Biz.

    Chief Commercial Officer-Consumer XLSmart, David Arcelus Oses, mengatakan bahwa penawaran ini dirancang untuk mendukung inklusi digital dan memfasilitasi komunikasi pelanggan di momen spesial ini.

    “Merayakan kemerdekaan, kami hadir dengan promo menarik agar masyarakat tetap terhubung, berkreasi, dan berkarya tanpa batas. Kami ingin mendukung masyarakat mengoptimalkan aktivitas komunikasinya, sejalan dengan semangat ‘Bersama Melaju Tanpa Batas’,” ujarnya, dikutip Sabtu (17/8/2025).

    Berikut deretan promo menarik dari XLSmart dalam merayakan HUT ke-80 RI:

     XL Prabayar

    Paket Merdeka: Tersedia eksklusif di aplikasi myXL, mulai dari Rp17.000.
    Paket Merdeka 17GB: Kuota utama 5GB + kuota aplikasi 12GB (YouTube, Instagram, TikTok) seharga Rp25.000 dengan masa aktif 8 hari.
    Paket Merdeka 8GB: Kuota utama 4GB + kuota aplikasi 4GB (YouTube, Instagram, TikTok) seharga Rp17.000 dengan masa aktif 5 hari.
    Diskon Merdeka 17%: Untuk pelanggan terpilih, tersedia diskon hingga 17% untuk Paket Merdeka Kuota Utama 8GB/7 hari di myXL.
    Promo “Merdeka dari Mager!”: Tukar 17 XL Poin dengan kuota khusus untuk berbagai aplikasi seperti WhatsApp, Vidio, Free Fire, Gojek, Grab, Shopee, dan Tokopedia.

     

     

  • Cara Cek Tarif PBB Lewat Aplikasi Shopee, Tokopedia, dan Lazada

    Cara Cek Tarif PBB Lewat Aplikasi Shopee, Tokopedia, dan Lazada

    Bisnis.com, JAKARTA — Di tengah zaman yang semakin maju, banyak hal yang bisa dilakukan dengan cepat hanya dengan melalui smartphone atau laptop, salah satunya adalah memeriksa tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

    Kini, Anda tidak perlu repot-repot datang ke kantor pajak atau kelurahan untuk mengetahui status pajak tanah dan bangunan. Anda dapat langsung memeriksa di e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada.

    Cukup dengan layanan digital yang disediakan pemerintah daerah, proses pemeriksaan PBB dapat dilakukan secara online kapan saja dan di mana saja.

    Berikut ini adalah cara cek PBB online melalui smartphone atau laptop:

    -Buka browser, baik di smartphone maupun laptop (Google Chrome, Safari, Microsoft Edge, atau lainnya)

    -Ketik kata kunci seperti berikut di kolom pencarian “Cek pajak tanah Jakarta”, “Cek PBB Online Kabupaten Pati”, atau “Cek tagihan PBB Kota Bekasi”

    -Akses situs resmi pajak daerah dengan klik situs resmi pemerintah daerah (Badan Pendapatan Daerah/Bapenda) yang muncul di hasil pencarian

    -Terlebih dahulu cari Nomor Objek Pajak (NOP) pada lembar Surat Pembritahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB, NOP berfungsi sebagai semacam kode unik bagi properti

    -Masukkan NOP, lalu klik tombol “Cari” atau “Kirim”

    -Tunggu hingga sistem menampilkan hasil pengecekan

    -Setelah proses pencarian selesai, pengguna akan melihat informasi lengkap yang berisikan:

    Nama pemilik tanah/bangunan (Subjek pajak)

    Lokasi objek pajak (Alamat properti)

    Besar tagihan PBB

    Status pembayaran 

    Rincian tunggakan atau kelebihan bayar

    Tanggal jatuh tempo dan riwayat pembayaran

    -Apabila status menunjukkan belum lunas atau ada tunggakan, pengguna dapat segera melunasi melalui kanal pembayaran yang tersedia, baik secara online maupun secara langsung ke bank atau tempat pembayaran resmi lainnya.

    Selain mengecek tagihan melalui situs web resmi, pengguna juga dapat melakukannya dengan sejumlah aplikasi e-commerce:

    Tokopedia

    -Buka aplikasi, pilih menu “top-up dan Tagihan”

    -Klik “Pajak PBB”

    -Masukkan alamat, kota/kabupaten, tahun pembayaran, dan NOP

    -Tekan “Cek Tagihan” untuk melihat rincian

    Shopee:

    -Buka aplikasi, pilih menu “Pulsa, Tagihan & Tiket”

    -Pilih layanan “PBB”

    -Masukkan daerah, tahun pembayaran, dan NOP

    -Klik “Lihat Tagihan”, lalu pilih metode pembayaran

    Lazada

    -Buka aplikasi, pilih menu “Pulsa & Tagihan”

    -Klik “Pajak PBB”

    -Masukkan daerah dan NOP

    -Tekan “Buat Tagihan”, lalu pilih metode pembayaran

    Mengecek PBB secara online menjadi penting agar kita terhindar dari denda karena terlambat membayar, serta mengetahui nominal tagihan terbaru.

  • Daftar 4 Startup Terkenal RI yang Sudah Ditinggal Pendirinya

    Daftar 4 Startup Terkenal RI yang Sudah Ditinggal Pendirinya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pendiri startup tak selalu akan bertahan di perusahaan yang didirikannya. Namun ada kalanya mereka akan meninggalkan perusahaan.

    Salah satu contohnya Travis Kalanick yang memilih tak lagi di perusahaan yang dia didirikan, Uber, sejak 31 Desember 2019 lalu. Tren serupa juga terjadi di Indonesia, dengan beberapa perusahaan besar yang akhirnya ditinggal para pendirinya.

    Berikut daftar 4 perusahaan yang akhirnya ditinggal pendirinya:

    1. Bukalapak

    Tiga pendiri Bukalapak diketahui tidak lagi berada di perusahaan. Achmad Zaky meninggalkan posisinya sebagai Chief Executive Officer dan perusahaan sejak Desember 2019.

    Achmad Zaky

    Begitu juga Nugroho Herucahyono dan Fajrin Rasyid yang meninggalkan Bukalapak pada Maret dan Juni 2020.

    Fajrin diketahui pernah menjadi sebagai Direktur Digital Business Telkom. Zaky dan Nugroho melalui Init-6 memodali para pendiri startup baru.

    2. Tokopedia

    William Tanuwijaya, pendiri Tokopedia, juga memutuskan melepas posisinya sebagai CEO pada 2023. Saat itu dia berfokus pada menjalankan fungsinya sebagai Dewan Komisaris GoTo.

    Pendiri Tokopedia William Tanuwijaya. (Dok. Tokopedia)

    Dia tercatat menjabat sebagai Co-chairman bersama dengan Garibaldi Thohir. Namun jabatan itu kemudian juga ditinggalkan William pada tahun 2024.

    Sementara pendiri Tokopedia lainnya, Leontinus Alpha Edison pernah menjadi co-captain Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar pada pemilihan presiden 2024. Kemudian dia diketahui dilantik sebagai Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Ekonomi masyarakat dan Perlindungan Pekerja Migran Kemenko Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

    3. Gojek

    Pendiri Gojek, Nadiem Makarim akhirnya tak lagi berada di perusahaan dan berada di pemerintahan Joko Widodo. Dia menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi tahun 2019 lalu.

    Mantan Mendikbudristek Nadiem Makarim tiba di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (7/8/2025). (CNBC Indonesia/Faisal Rahman)

    Kevin Aluwi yang juga mendirikan Gojek juga tak lagi berada di sana, dan berfokus pada bisnis di bidang web 3, climate tech dan gaming.

    4. Tokocrypto

    Pang Xue Kai, salah satu yang mendirikan Tokocrypto pada 2018, telah meninggalkan posisi pengawas di Dewan Komisaris dan juga CEO. Ini dilakukan tak lama setelah Binance menjadi pemegang saham mayoritas dan berencana menjadi pemilik tunggal Tokocrypto secara bertahap. Kai sekarang merintis startup baru di bidang web3 bernama ForU.AI yang menawarkan cara bagi setiap orang untuk mengendalikan dan untung dari data pribadi masing-masing.

    Pang Xue Kai.

    Nama pendiri lainnya, Teguh Kurniawan Harmanda juga sempat terdengar menjadi salah satu calon anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dia juga menjadi penasihat startup D3 Labs dan ketua Asosiasi Pedagang Aset Kripto Indonesia dan Direktur Utama Peruri Digital Security.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • China Dapat Karpet Merah Jualan di RI, KPPU Warning Keras TikTok Shop

    China Dapat Karpet Merah Jualan di RI, KPPU Warning Keras TikTok Shop

    Jakarta, CNBC Indonesia – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) buka suara soal laporan pemberian insentif dari Tiktok Shop di Indonesia kepada penjual China.

    Kepala Biro Humas KPPU Deswin Nur menjelaskan persetujuan persyaratan dari KPPU memuat terkait perlindungan pada pelaku UMKM. Pelaku usaha kecil dan menengah harus diberikan kesempatan berkembang yang sama di platform tersebut.

    “Salah satu persetujuan bersyarat dari KPPU menyebutkan bahwa kedua pihak harus memastikan adanya perlindungan terhadap UMKM dengan memberikan kesempatan yang sama untuk UMKM berkembang di platform TikTok Shop “(Shop | Tokopedia)” dan Tokopedia, kata Deswin kepada CNBC Indonesia, Rabu (13/8/2025).

    Dia menegaskan raksasa e-commerce itu harus melaksanakan persyaratan tersebut.

    “Jadi TikTok perlu patuh pada syarat-syarat yang ada,” ungkapnya.

    Sebelumnya dilaporkan Tiktok Indonesia menawarkan benefit besar pada penjual China. Dengan begitu mereka mau menjual produk impornya China di Indonesia.

    Beberapa benefit yang ditawarkan mulai dari insentif sebesar 30%, dukungan account manager, pembebasan biaya penjual, hingga adanya kupon tambahan.

    Informasi ini diungkapkan video pengguna Tiktok bernama @axingid. Dia memperlihatkan beragam kebijakan baru untuk Tiktok Shop Indonesia.

    Informasi soal subsidi itu pertama kali dilaporkan oleh akun Instagram @ecommurz. Video Tiktok itu juga sudah tidak ada lagi di akun @axingid.

    TikTok menyelesaikan proses akuisisi atas Tokopedia dari GoTo pada Februari 2025. ByteDance menanamkan modal US$ 1,5 miliar dalam proses akuisisi tersebut.

    Aksi korporasi tersebut membuat bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia akan dikombinasikan di bawah PT Tokopedia dengan TikTok akan memiliki pengendalian atas PT Tokopedia.

    Syarat persetujuan KPPU buat TikTok

    KPPU menyetujui akuisisi Tokopedia oleh TikTok dengan 5 syarat, yaitu:

    Kedua pelaku usaha harus memastikan tetap dibuka pilihan untuk metode pembayaran dan logistik yang tidak diikat dengan tying dan bundling dalam berbagai bentuk promosi, diskon, dan sejenisnya.
    Kedua pelaku usaha juga diharapkan tidak melakukan penyalahgunaan kekuatan pasar (abuse of dominant position) dengan melakukan praktik-praktik sebagai berikut:
    amelakukan perilaku predatory pricing yang dapat merugikan pesaing;
    self-preferencing dalam display platform dan diskriminasi terhadap produk di luar grup para pihak;
    menghalangi seller/merchant untuk bertransaksi di Tokopedia maupun TikTok Shop (Shop|Tokopedia), baik secara langsung maupun dengan memberikan persyaratan yang memberatkan seller/merchant dan konsumen.

    Memastikan sosial media TikTok memberikan kebebasan bagi pemilik akun TikTok untuk mempromosikan produknya yang terdapat di platform e-commerce lain di luar Tokopedia dan TikTok Shop (Shop/Tokopedia).
    Memastikan tidak terdapat eksploitasi kekuatan pasar melalui kenaikan harga yang tidak wajar (tidak dapat dijustifikasi secara ekonomi).
    Memastikan adanya perlindungan terhadap UMKM dengan memberikan kesempatan yang sama untuk UMKM berkembang di platform TikTok Shop (Shop/Tokopedia) dan Tokopedia.

    “Ke depan, apabila KPPU menemukan kedua pelaku usaha tidak melaksanakan Persetujuan Bersyarat dan Jangka Waktu Pelaksanaan Persetujuan Bersyarat tersebut, maka Perkara Nomor 01/KPPU-M/2025 akan dilanjutkan ke tahap Pemeriksaan Lanjutan. Di mana pelaku usaha dihadapkan pada tindakan administratif sebagaimana Undang-Undang No. 5 Tahun 1999,” kata Deswin pada Juni 2025.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Hadir di RI, AC Comfee Gusto Andalkan Segudang Kelebihan!

    Hadir di RI, AC Comfee Gusto Andalkan Segudang Kelebihan!

    Jakarta, CNBC Indonesia Air Conditioner (AC) atau pendingin udara sangat dibutuhkan di negara tropis seperti Indonesia. Dengan tingkat suhu panas yang bisa mencapai di atas 35 derajat Celsius, AC menjadi salah satu solusi dalam menyejukkan suasana ruangan.

    Namun, mencari AC dengan kualitas terbaik dan memiliki teknologi mutakhir tidak mudah. Terbaru, ada Comfee, merek peralatan rumah tangga yang sudah hadir di Eropa, Amerika Utara, Amerika Latin, dan Asia yang juga masuk ke pasar Indonesia.

    Comfee meluncur pertama kali secara resmi di Indonesia pada 27 Juli lalu dengan seri AC andalan pertamanya di Tanah Air, Gusto. Dalam keterangan resminya, Comfee Gusto dirancang khusus bagi generasi muda dan pasar Asia, terutama Asean yang dipilih karena bonus demografi anak muda yang melimpah.

     

    Foto: Comfee Gusto

    Tidak heran, fitur-fitur canggih dan desain elegan dipastikan hadir oleh Comfee agar menjadi solusi penyejuk udara yang mencerminkan nilai-nilai anak muda masa kini. Yaitu, kenyamanan, kemudahan modern, kesenangan emosional, dan kebebasan berekspresi.

    Slogan merek “Live Joyfully with Comfee” menggambarkan misi Comfee untuk menghadirkan teknologi pendinginan yang tidak hanya fungsional, tetapi juga penuh makna dan ekspresi. Representasi itu berhasil dan disambut baik dengan catatan kinerja luar biasa di Eropa dan saat ini menempati peringkat No.1 dalam penjualan unit AC di Jerman.

    Foto: Comfee Gusto

    Melalui Gusto, Comfee berharap bisa mengubah setiap momen menyejukkan menjadi sebuah pengalaman yang menyenangkan dan ekspresif yang terhubung hingga ke generasi mendatang.

    Mau tahu apa saja keunggulan Comfee Gusto? Berikut daftarnya:

    Berlapis emas sehingga tahan lama dan tahan terhadap oksidasi dan korosi

    Memiliki Active Clean+ yang efektif menghilangkan lebih banyak debu dan bakteri. sehingga menjaga AC tetap bersih dan kinerja baik

    Ramah lingkungan

    Tetap stabil meski listrik naik-turun

    Mudah dipasang

    Foto: Comfee Gusto

    Pada Special Grand Launching, konsumen juga bisa memenangkan hadiah OPPO A5i Pro bagi tiga orang pemenang yang beruntung, dengan pemesanan eksklusif di official store Shopee. Jangan lupa follow akun resmi Comfee Indonesia di platform Shopee, dan berikan ulasan terbaik serta foto atau video terbaik kamu untuk produk AC Comfee.

    Tertarik mencoba Comfee Gusto? Pastikan membeli di toko official mereka, antara lain:

    Lazada: https://www.lazada.co.id/shop/bpcwyicg

    Tokopedia: https://www.tokopedia.com/comfee-indonesia

    TikTok Shop: https://www.tiktok.com/@comfee_indonesia

    Shopee: https://shopee.co.id/comfeeofficialstore

    (rah/rah)

    [Gambas:Video CNBC]

  • China Dapat Karpet Merah Jualan di RI, KPPU Warning Keras TikTok Shop

    Banjir Impor China di TikTok Shop RI, Pedagang China Diservice Habis

    Jakarta, CNBC Indonesia – Tiktok Indonesia dilaporkan menawarkan benefit gede-gedean untuk mendatangkan penjual asal China berdagang produk impor asal Negeri Tiongkok di Indonesia. Pedagang China diberikan insentif sebesar 30%, yang tidak tersedia untuk pedagang Indonesia.

    Informasi ini berasal dari video pengguna Tiktok bernama @axingid. Dia memperlihatkan beragam kebijakan baru untuk Tiktok Shop Indonesia.

    Salah satunya menawarkan subsidi iklan sebesar 30%. Selain itu juga ada dukungan account manager, pembebasan biaya penjual, hingga adanya kupon tambahan.

    Informasi soal subsidi gede-gedean untuk pedagang China berdagang di RI pertama kali dilaporkan oleh akun Instagram @ecommurz.

    Video tersebut telah dihapus dari akun Tiktok itu. Pihak Tiktok Indonesia belum memberikan informasi terkait kebenaran hal tersebut.

    Tiktok Shop, unit e-commerce milik Tiktok, diketahui bergabung dengan Tokopedia di Indonesia. Penggabungan keduanya telah dilakukan pada 2024 lalu.

    Bytedance, induk perusahaan Tiktok, menanamkan modal senilai US$1,5 miliar untuk Tokopedia. Perusahaan mengantongi 75% saham setelah aksi korporasi itu.

    Hal ini membuat bisnis Tokopedia dan Tiktok Shop Indonesia akan berada di bawah PT Tokopedia. Begitu juga fitur layanan belanja dalam aplikasi Tiktok Indonesia dioperasikan dan dikelola melalui Tokopedia.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]