Perusahaan: Tokopedia

  • Soal Rokok Ilegal, TikTok-Tokopedia Mengaku Rajin Mengimbau

    Soal Rokok Ilegal, TikTok-Tokopedia Mengaku Rajin Mengimbau

    Bisnis.com, JAKARTA— Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia menegaskan terus melakukan pemantauan dan mengimbau penjual (seller) agar patuh terhadap aturan dalam berjualan di platform. 

    Head of Public Policy and Government Relations Tokopedia and TikTok Indonesia, Hilmi Adrianto menyebut Tokopedia dan TikTok Shop merupakan platform user-generated content (UGC), di mana penjual dapat mengunggah produk secara mandiri. 

    Namun demikian, pihaknya mengaku aktif mengimbau kepatuhan penjual terhadap aturan serta melarang produk/toko yang melanggar. 

    “Kami juga melakukan aksi proaktif guna menjaga aktivitas di dalam platform sesuai koridor hukum,” kata Hilmi kepada Bisnis pada Selasa (23/9/2025) 

    Hilmi mengatakan apabila masih ada pelanggaran di platform, pihaknya mengajak masyarakat dapat melaporkannya melalui fitur ‘Laporkan’ di setiap halaman produk. 

    Berdasarkan penelusuran Bisnis, Selasa (23/9/2025), masih ada seller yang berjualan di platform. Rokok dengan merek Balver dijual dengan harga Rp106.000. Ada juga merek Newcastle Blueberry yang dijual dengan harga Rp101.000. 

    Diberitakan sebelumnya, Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa menegaskan komitmennya memberantas peredaran rokok ilegal dengan menggandeng sejumlah lokapasar digital atau marketplace. 

    Purbaya mengungkapkan sudah memanggil platform e-commerce seperti Bukalapak, Tokopedia, hingga Blibli agar tidak lagi mengizinkan penjualan barang ilegal, khususnya rokok. 

    Hal itu menjadi salah satu dari enam program quick win yang disiapkannya. Selain memantau transaksi digital, Kementerian Keuangan juga menelusuri rantai distribusi rokok ilegal dari pemasok hingga warung kelontong. 

    “Yang jelas, bahwa siapapun yang jual rokok ilegal, di tempat mana, saya akan datangi secara random,” kata Purbaya dalam konferensi pers APBN Kita, Senin (22/9/2025).

    Purbaya menambahkan, pengawasan diperketat di jalur impor untuk menutup celah kecurangan yang berpotensi mengurangi penerimaan negara. 

    “Nanti yang terlibat kita akan sikat, termasuk kalau ada yang terlibat di Bea Cukai dan orang Departemen [Kementerian] Keuangan. Tapi saya harap dengan itu nanti tiga bulan ke depan sudah hilang karena siklus impor kan kira-kira tiga bulan ya,” tuturnya.

  • Asosiasi Pastikan Tokopedia-Shopee Cs Tak Jual Rokok Ilegal

    Asosiasi Pastikan Tokopedia-Shopee Cs Tak Jual Rokok Ilegal

    Bisnis.com, JAKARTA — Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) memastikan seluruh platform dagang-el tidak memperjualbelikan produk ilegal, termasuk rokok ilegal. 

    Sekretaris Jenderal idEA, Budi Primawan, menegaskan isu peredaran rokok ilegal di e-commerce memang kerap muncul. Namun, dia menekankan para platform anggota idEA memiliki mekanisme pengawasan dan koordinasi dengan berbagai pihak untuk mencegah hal tersebut.

    “Perlu saya tegaskan bahwa platform anggota idEA memiliki komitmen kuat untuk tidak memperjualbelikan produk yang dilarang atau tidak sesuai ketentuan, termasuk rokok ilegal,” kata Budi kepada Bisnis pada Selasa (23/9/2025).

    Menurut Budi, asosiasi bersama platform e-commerce telah melakukan pengawasan mandiri sekaligus berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi), Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan, serta lembaga terkait lainnya. 

    Langkah ini dilakukan untuk menindaklanjuti apabila ditemukan penawaran rokok ilegal, baik melalui laporan masyarakat maupun permintaan resmi dari regulator.

    Selain itu, idEA juga mendorong edukasi bagi penjual dan konsumen agar lebih memahami regulasi. Tujuannya, agar celah yang bisa dimanfaatkan oleh oknum untuk memperdagangkan barang terlarang dapat ditutup.

    “Kami juga mendorong edukasi bagi penjual dan konsumen agar lebih memahami regulasi, serta menutup celah yang mungkin dimanfaatkan oknum untuk memperdagangkan barang yang tidak sesuai aturan,” imbuhnya.

    Budi menambahkan, sinergi antara pemerintah, asosiasi, dan platform menjadi kunci dalam pencegahan peredaran rokok ilegal di e-commerce.

    “Dengan kolaborasi aktif antara pemerintah, asosiasi, dan platform, kami percaya pencegahan peredaran rokok ilegal di e-commerce bisa lebih efektif, sekaligus tetap menjaga iklim perdagangan digital yang sehat,” katanya.

    Sebelumnya, Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa menegaskan komitmennya memberantas peredaran rokok ilegal dengan menggandeng sejumlah lokapasar digital atau marketplace.

    Dia menyebut telah memanggil platform seperti Bukalapak, Tokopedia, hingga Blibli agar tidak lagi mengizinkan penjualan barang ilegal, khususnya rokok.

    Hal tersebut masuk dalam salah satu dari enam program quick win yang disiapkan pemerintah. Selain memantau transaksi digital, Kementerian Keuangan juga menelusuri rantai distribusi rokok ilegal dari pemasok hingga warung kelontong.

    “Yang jelas, bahwa siapapun yang jual rokok ilegal, di tempat mana, saya akan datangi secara random,” kata Purbaya dalam konferensi pers APBN Kita, Senin (22/9/2025).

    Lebih lanjut, Purbaya mengungkapkan pengawasan juga diperketat di jalur impor untuk menutup celah kecurangan yang berpotensi mengurangi penerimaan negara.

    “Nanti yang terlibat kita akan sikat, termasuk kalau ada yang terlibat di Bea Cukai dan orang Departemen [Kementerian] Keuangan. Tapi saya harap dengan itu nanti tiga bulan ke depan sudah hilang karena siklus impor kan kira-kira tiga bulan ya,” tuturnya.

  • Soal Rokok Ilegal, Bukalapak Tegaskan Tak Lagi Jual Produk Fisik Sejak Februari

    Soal Rokok Ilegal, Bukalapak Tegaskan Tak Lagi Jual Produk Fisik Sejak Februari

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) menegaskan isu peredaran rokok ilegal tidak lagi relevan dengan aktivitas perusahaan, karena BUKA telah menghentikan penjualan produk fisik sejak Februari 2025. 

    Head of Media and Communications Bukalapak Fathiyyah Maryufani mengatakan keputusan tersebut menandai transformasi penuh Bukalapak yang tidak lagi beroperasi sebagai marketplace produk fisik.

    “Sejak Februari 2025 perusahaan telah menghentikan seluruh layanan penjualan produk fisik di aplikasi dan situs Bukalapa,” kata Fathiyyah dalam keterangan resmi, pada Selasa (23/9/2025).

    Fathiyyah menjelaskan, langkah strategis ini merupakan bagian dari komitmen jangka panjang perusahaan untuk memperkuat fokus pada empat pilar bisnis utama, yaitu Mitra Bukalapak, Retail, Gaming, dan Investment.

    Dia mengatakan keempat pilar ini menjadi fondasi utama dalam membangun ekosistem yang relevan dengan kebutuhan pengguna serta mendukung pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. 

    Dia menambahkan, transformasi tersebut memastikan peredaran produk fisik, termasuk rokok ilegal, tidak lagi terkait dengan Bukalapak.

    “Transformasi ini sekaligus memastikan bahwa isu terkait peredaran produk fisik, termasuk rokok ilegal, tidak lagi relevan dengan aktivitas Bukalapak,” katanya, 

    Ke depan, Bukalapak memastikan akan terus mengedepankan inovasi dan tata kelola yang baik untuk menghadirkan nilai jangka panjang bagi pelanggan, mitra, dan pemegang saham, serta memastikan bahwa setiap layanan yang dihadirkan sesuai dengan standar regulasi dan kebutuhan industri digital.

    Sebelumnya, Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa menegaskan komitmennya untuk memberantas peredaran rokok ilegal dengan menggandeng sejumlah lokapasar digital. 

    Dia menyebut telah memanggil platform seperti Bukalapak, Tokopedia, hingga Blibli agar tidak lagi mengizinkan penjualan barang ilegal, khususnya rokok.

    Hal ini termasuk dalam salah satu dari enam program quick win pemerintah. Selain memantau transaksi digital, Kementerian Keuangan juga menelusuri rantai distribusi rokok ilegal dari pemasok hingga warung kelontong.

    “Yang jelas, bahwa siapapun yang jual rokok ilegal, di tempat mana, saya akan datangi secara random,” kata Purbaya dalam konferensi pers APBN Kita, Senin (22/9/2025).

    Lebih lanjut, dia mengungkapkan pengawasan juga diperketat di jalur impor untuk menutup celah kecurangan yang berpotensi mengurangi penerimaan negara.

    “Nanti yang terlibat kita akan sikat, termasuk kalau ada yang terlibat di Bea Cukai dan orang Departemen [Kementerian] Keuangan. Tapi saya harap dengan itu nanti tiga bulan ke depan sudah hilang karena siklus impor kan kira-kira tiga bulan ya,” ujarnya.

  • Menkeu Purbaya Masih Tekor Pajak Rp941,5 Triliun, Pengamat Ingatkan Enam Kondisi

    Menkeu Purbaya Masih Tekor Pajak Rp941,5 Triliun, Pengamat Ingatkan Enam Kondisi

    Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah masih kekurangan Rp941,5 triliun agar outlook penerimaan pajak 2025 tercapai. Dengan sisa waktu empat bulan, para pakar menilai target penerimaan pajak sulit tercapai.

    Adapun realisasi penerimaan pajak mencapai Rp1.135,4 triliun per Agustus 2025. Angka itu setara 54,7% dari outlook penerimaan pajak sepanjang tahun ini sebesar Rp2.076,9 triliun.

    Pengajar Ilmu Administrasi Fiskal Universitas Indonesia Prianto Budi Saptono memperkirakan proyeksi penerimaan hingga akhir tahun hanya akan mencapai Rp1.703,1 triliun atau sekitar 82% dari outlook, apabila tren Januari–Agustus berlanjut tanpa perubahan signifikan.

    “Proyeksi Januari—Desember 2025 dalam rupiah: Rp1.135,40 trilun x 1/8 x 12 = Rp 1.703,1 triliun. Proyeksi Januari—Desember 2025 dalam persen: Rp1.703,1 triliun / Rp2.076,90 triliun x 100% = 82%,” jelas Prianto kepada Bisnis, Senin (22/9/2025).

    Dia juga menyoroti enam langkah program hasil cepat (quick win) Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa untuk mengakselerasi penerimaan pajak. Prianto menilai efektivitas langkah tersebut tidak serta merta bisa mendongkrak penerimaan dalam waktu singkat.

    Pertama, penempatan dana pemerintah di perbankan pelat merah diharapkan mendorong kredit usaha, konsumsi, dan penyerapan tenaga kerja sehingga basis PPN dalam negeri menguat.

    “Akan tetapi, kebijakan di atas tidak luput dari risiko investasi fiktif karena perbankan akan getol mengucurkan dana ke dunia usaha tanpa menegakkan prinsip kehati-hatian secara ketat,” jelasnya.

    Kedua, penagihan kepada 200 penunggak pajak besar yang ditargetkan Rp50–Rp60 triliun juga belum tentu efektif. Menurut Prianto, keberhasilan bergantung pada ketersediaan aset yang dapat segera dilelang.

    Ketiga, penegakan hukum melalui joint program dengan instansi lain berpotensi menambah penerimaan bila wajib pajak patuh. Akan tetapi, sambungnya, jika kasus berlanjut ke pengadilan maka penerimaan baru masuk setelah proses hukum tuntas.

    Keempat, pertukaran data antarinstansi berdasarkan Pasal 35A UU KUP dinilai belum langsung berdampak. Data harus diklarifikasi lewat Surat Permintaan Penjelasan atas Data dan/atau Keterangan (SP2DK) sehingga hasilnya tidak selalu berupa setoran pajak tambahan.

    Kelima, perbaikan Coretax hingga kini yang masih menyisakan masalah downtime dan kompleksitas sistem. Target stabilitas baru di akhir 2025 membuat kontribusinya terhadap penerimaan tahun ini terbatas.

    Keenam, penindakan cukai rokok ilegal bergantung pada keberhasilan aparat menindak pelaku utama. Sebaliknya, jika distributor besar tidak tertangkap maka tambahan penerimaan cukai tidak signifikan.

    Senada, Direktur Eksekutif MUC Tax Research Wahyu Nuryanto menilai outlook penerimaan pajak sebesar Rp2.076,9 triliun sulit tercapai. Dia membandingkan bahwa capaian hingga Agustus 2025 baru 54,7% dari target, pada periode yang sama tahun lalu realisasinya sudah mencapai 63,25%.

    “Sebagai gambaran, catatan kami capaian ini pada periode yang sama merupakan yang terendah dalam lima tahun terakhir. Meskipun berat, tapi bukan tidak mungkin untuk dicapai,” ujar Wahyu kepada Bisnis, Senin (22/9/2025).

    Menurutnya, pemerintah tetap perlu mengeluarkan berbagai upaya ekstra setidaknya untuk meminimalisir potensi shortfall atau kekurangan penerimaan.

    Wahyu menilai paling penting adalah menjaga stabilitas ekonomi, terutama daya beli masyarakat dan kinerja keuangan korporasi.

    “Karena dengan terjaganya konsumsi akan menimbulkan dampak lanjutan pada penerimaan pajak. Saya kira upaya menyuntikan dana Rp200 triliun ke perbankan bisa menjadi salah satunya,” ujarnya.

    Tak hanya itu, dia juga menyoroti rencana mengeksekusi putusan perkara pajak yang sudah inkrah bisa menjadi solusi jangka pendek.

    6 Quick Win Purbaya

    Sebelumnya, Purbaya mengaku menyiapkan sejumlah program hasil cepat untuk meningkatkan pendapatan negara, yang beberapa bulan belakangan masih terkontraksi.

    Purbaya memaparkan setidaknya ada enam program quick win yang disiapkannya. Pertama, penempatan Rp200 triliun di sistem perbankan.

    Menurutnya, belakangan ini penerimaan pajak terkontraksi karena ekonomi tumbuh lebih lambat dari perkiraan. Oleh sebab itu, dia meyakini penerimaan pajak berbalik positif apabila pertumbuhan ekonomi terakselerasi.

    Purbaya optimis dampak positif kebijakan penempatan dana Rp200 triliun ke sistem perbankan akan terasa pada tiga bulan terakhir 2025. Dengan demikian, menurutnya, penerimaan pajak juga tumbuh positif.

    “Jadi saya naikin pendapatan [negara] bukan dengan naikan tarif, tapi dorong aktivitas ekonomi supaya pajak lebih besar, Anda juga enggak kerasa bayarnya. Kalau ekonominya tumbuh kencang, kan Anda bayar pajaknya happy [senang]. Itu yang kita kejar,” ujar Purbaya dalam konferensi pers APBN Kita, Senin (22/9/2025).

    Kedua, dia mengungkapkan Kementerian Keuangan juga sudah memegang daftar 200 penunggak pajak besar yang sudah inkrah atau berkekuatan hukum tetap. Kementerian Keuangan, sambungnya, akan segera menagih para penunggak pajak besar tersebut.

    “Kita mau kejar, eksekusi. Itu targetnya sekitar Rp50—60 triliun. Dalam waktu dekat ini kita tagih, dan mereka enggak bisa lari,” kata Purbaya.

    Ketiga, Kementerian Keuangan juga memperkuat penegakan hukum dengan bekerja sama dengan Kejaksaan Agung, Polisi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).

    Keempat, Kementerian Keuangan melakukan pertukaran data dengan kementerian atau lembaga lain untuk memudahkan penagihan pajak. Kelima, optimalisasi Coretax. Purbaya meyakini bisa memperbaiki berbagai permasalahan Coretax dalam satu bulan.

    “Nanti saya bawa jago-jago dari luar yang jago IT untuk perbaiki itu dengan cepat,” ungkap Purbaya.

    Keenam, patroli rokok ilegal. Purbaya mengaku sudah memanggil lokapasar digital seperi Bukalapak, Tokopedia, hingga Blibli agar tidak mengizinkan penjualan barang-barang ilegal, terutama rokok.

    Selain itu, dia mengaku sudah mendeteksi siapa saja yang menjual rokok ilegal, baik dari pemasok hingga penjual di warung kelontong. “Yang jelas, bahwa siapapun yang jual rokok ilegal, di tempat mana, saya akan datangi secara random,” ujarnya.

    Sejalan dengan itu, Purbaya menyatakan pihaknya akan mengawasi jalur-jalur impor. Jika ada kecurangan-kecurangan maka Purbaya menyatakan akan menindak, siapapun yang terlibat termasuk anak buahnya.

    “Nanti yang terlibat kita akan sikat, termasuk kalau ada yang terlibat di Bea Cukai dan orang Departemen [Kementerian] Keuangan. Tapi saya harap dengan itu nanti tuga bulan ke depan sudah hilang karena siklus impor kan kira-kira tiga bulan ya,” tutupnya.

  • Purbaya Kejar Rokok Ilegal Sampai ke Toples Warung

    Purbaya Kejar Rokok Ilegal Sampai ke Toples Warung

    Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Keuangan Purbaya Yudhi Sadewa memastikan komitmennya untuk memberantas peredaran rokok ilegal. Selain yang beredar di marketplace atau pasar online, juga akan dikejar hingga ke warung-warung kelontong.

    Khusus untuk di marketplace, dia mengatakan, telah memanggil perusahaan-perusahaannya seperti Bukalapak, Tokopedia, hingga Blibli supaya mulai 1 Oktober tidak lagi memperkenankan para pedagang untuk menjual barang-barang ilegal termasuk rokok.

    “Tadinya minta mulai 1 Oktober tapi saya bilang secepatnya,” kata Purbaya saat konferensi pers APBN di kantornya, Jakarta, Senin (22/9/2025).

    Untuk di toko kelontong, ia mengaku juga telah mendapat laporan banyak yang menjual rokok ilegal di toples. Oleh sebab itu, ia menegaskan, juga akan memberantas peredaran rokok ilegal sampai ke lapisan penjual itu.

    “Jadi bagi siapa pun yang jual rokok ilegal saya akan datangi secara random,” paparnya.

    Di sisi lain, jalur hijau impor barang-barang ilegal yang didesain bea cukai ia pastikan tak akan luput juga dari pengawasannya. Oleh sebab itu, setiap pihak yang terlibat dalam peredaran rokok ilegal melalui jalur hijau kepabeanan dan cukai, ia pastikan juga akan disikat, termasuk itu dari pihak internal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.

    “Kalau ada kecurangan mungkin dalam waktu dekat kita akan banyak orang dari situ kita akan sikat baik yang terlibat dari bea cukai atau Kemenkeu,” ucap Purbaya.

    Dengan cara itu, ia menganggap, dalam jangka waktu periode tiga bulan ke depan peredaran rokok ilegal bisa hilang dari Indonesia.

    “Kita harap 3 bulan ke depan hilang karean ada siklus impor kan sehingga kami harap semua ikuti aturan dengan benar, jangan akali aturan impor yang ada di sini,” tegas Purbaya.

    (haa/haa)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Prabowo Kasih Diskon JKK-JKM 50% Buat Ojol, Gojek Buka Suara

    Prabowo Kasih Diskon JKK-JKM 50% Buat Ojol, Gojek Buka Suara

    Jakarta, CNBC Indonesia – Gojek buka suara soal paket stimulus ekonomi jaminan sosial untuk pengemudi ojek onlin (ojol). Perusahaan menyambut baik soal inisiatif tersebut dan menantikan arahan selanjutan untuk implementasi aturan tersebut.

    “Kami menyambut baik dan mengapresiasi inisiatif Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dalam paket stimulus ekonomi 8+4 yang mencakup rencana pemberian jaminan sosial bagi pekerja di sektor gig, termasuk pengemudi ojek online,” kata Direktur Public Affairs & Communications PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO), Ade Mulya dalam keterangannya, Senin (22/9/2025).

    “Serta menantikan arahan selanjutnya dari Pemerintah terkait implementasi kebijakan ini agar dapat bersama-sama memastikan perlindungan sosial yang berkelanjutan bagi mitra driver,” dia menambahkan.

    Dia mengatakan kebijakan itu jadi langkah penting memperluas perlindungan sosial untuk pekerja informal. Begitu juga sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menyejahterakan, melindungi dan mendengarkan mitra ojol.

    Pihak Gojek juga memiliki sejumlah program untuk melindungi driver. Salah satunya memfasilitasi pendaftaran mitra ojol dalam BPJS Ketenagakerjaan, yang kini sudah ada lebih dari 200 ribu mitra driver yang terdaftar.

    “Kami percaya bahwa dukungan sosial seperti ini sangat penting untuk meringankan beban biaya mitra, baik dimasa menantang seperti saat ini, maupun untuk perlindungan mitra jangka panjang. Karena itu, Gojek siap terus bekerja sama dengan pemerintah dan para pemangku kepentingan untuk memastikan setiap langkah perlindungan ini berjalan optimal,” ujar Ade.

    Pemerintah telah mengumumkan program insentif 8+4, yang salah satunya menyasar gig workers termasuk driver ojol. Bantuan tersebut berupa iuran JKK dan JKM untuk 6 bulan sebesar 50% bagi pekerja bukan penerima upah.

    Anggaran yang disiapkan pemerintah sebesar Rp 36 miliar ditanggung pihak BPJS Ketenagakerjaan dengan total 731.361 orang. Stimulus berupa jaminan kecelakaan kerja, kehilangan pekerjaan dan jaminan kematian.

    Program bantuan iuran JKK dan JKM bukan penerima upah (BPU) akan dilanjutkan 2026. Ini akan dilakukan bersama dengan 4 program lain pada 8+4.

    Tanggapan Grab Indonesia dan inDrive

    Pihak Grab Indonesia juga telah buka suara terkait hal tersebut. Chief of Public Affairs Grab Indonesia, Tirza Munusamy mengatakan pihaknya menyambut baik kebijakan tersebut.

    Tirza juga menjelaskan Grab memiliki sejumlah program mendukung mitra ojol. Termasuk bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan bertujuan program sosialisasi berkala terkait kepesertaan kepada pengemudi.

    Ada juga memberi kemudahan pendaftaran dan pembayaran perlindungan tambanan Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) bagi para pengemudi. Selain itu terdapat asuransi kecelakaan bagi pengemudi yang menjalankan pesanan, termasuk biaya perawatan medis untuk kecelakaan kerja dan santunan jika cacat atau meninggal dunia.

    Terdapat kanal darurat tambahan Grab Respon Cepat atau GERCEP, serta peringatan lokasi rawan dalam aplikasi misalnya titik aksi penyampaian pendapat.

    “Ke depannya Grab akan terus menghadirkan program-program strategis untuk kesejahteraan Mitra, termasuk program pemberdayaan yang dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi para Mitra Pengemudi,” ujarnya.

    Country Manager inDrive Indonesia Rio Aristo mengatakan pihak perusahaan berkomitmen meningkatkan kesejahteraan. Termasuk melalui jaminan sosial bagi para driver ojol dan menjadi prioritas inDrive Indoensia.

    “Sehubungan dengan hal tersebut, perlu kami sampaikan bahwa saat ini kami masih terus melakukan audiensi dan koordinasi yang intensif dengan berbagai pihak terkait atau stakeholders, termasuk pemerintah dan perwakilan komunitas pengemudi,” jelasnya dalam keterangan yang diterima Jumat (12/9/2025).

    “Kami percaya, solusi terbaik haruslah dirumuskan secara komprehensif dengan melibatkan semua pihak agar dapat mengakomodasi kebutuhan seluruh pengemudi,” dia menambahkan.

    Perumusan skema jaminan sosial juga masih dalam tahap pembahasan. Penerapannya akan dipastikan memberikan manfaat dan tepat sasaran.

    “Adapun mengenai perumusan skema jaminan sosial yang akan diberikan, saat ini masih dalam tahap pembahasan dan kajian mendalam. Kami akan memastikan skema yang nantinya diterapkan dapat memberikan manfaat yang nyata dan tepat sasaran, serta mendukung keberlangsungan ekosistem industri ini,” kata Rio.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Xiaomi Rilis Redmi Pad 2 Play Bundle, Tablet Anak Murah & Aman

    Xiaomi Rilis Redmi Pad 2 Play Bundle, Tablet Anak Murah & Aman

    Jakarta

    Xiaomi resmi menghadirkan Redmi Pad 2 Play Bundle di Indonesia, sebuah paket tablet yang dirancang khusus untuk anak-anak. Tidak sekadar menawarkan spesifikasi mumpuni dengan harga terjangkau, perangkat ini juga menekankan keamanan, kenyamanan, dan fitur ramah anak yang membuat orang tua bisa lebih tenang saat buah hati berinteraksi dengan gadget.

    “Dengan Redmi Pad 2 Play Bundle, kami ingin menghadirkan perangkat yang bukan sekadar gadget, tapi juga sahabat cerdas bagi anak-anak,” ujar Andi Renreng, Marketing Director Xiaomi Indonesia.

    Fitur Unggulan

    Redmi Pad 2 Play Bundle hadir dengan parenteral control dan desain yang aman untuk anak. Tablet ini dilengkapi Redmi Pad 2 Play Cover berbahan lembut food-grade yang tidak berbahaya meski digigit atau dimasukkan ke mulut. Cover ini juga dibuat dengan sudut membulat agar tidak melukai, plus dilengkapi stand untuk posisi menonton atau menggambar yang lebih nyaman.

    Redmi Pad 2 Play Bundle Foto: Xiaomi

    Selain itu, bundel ini menyertakan Redmi Stylus for Pad yang dirancang ringan dan mudah digenggam anak. Stylus ini tidak perlu di-charge, sehingga anak bisa bebas menuangkan imajinasinya, mulai dari menggambar dinosaurus hingga belajar menulis huruf.

    Xiaomi menambahkan lapisan paper-like matte glass pada layar sehingga menulis atau menggambar dengan stylus terasa seperti di kertas. Pengalaman ini bukan hanya membuat anak betah belajar, tapi juga melatih motorik halus mereka tanpa merasa bosan.

    Redmi Pad 2 Play Bundle Foto: Xiaomi

    Dari sisi spesifikasi, tablet ini dibekali layar 11 inci 2.5K dengan refresh rate 90Hz yang tajam dan halus untuk animasi edukasi maupun game kreatif. Layar ini sudah lolos sertifikasi TÜV Rheinland Low Blue Light, sehingga mata anak tetap aman dari paparan cahaya biru berlebih.

    Untuk performa, Redmi Pad 2 Play Bundle ditenagai chipset Helio G100-Ultra dan baterai jumbo 9000mAh yang sanggup bertahan seharian penuh. Fitur Xiaomi Interconnectivity juga memungkinkan tablet ini terkoneksi dengan ekosistem Xiaomi lain, memudahkan orang tua memantau penggunaan anak.

    Harga TerjangkauRedmi Pad 2 Play Bundle Foto: Xiaomi

    Dengan segala fitur aman dan edukatif yang ditawarkan, Redmi Pad 2 Play Bundle dibanderol Rp2.599.000. Tablet ini sudah tersedia melalui Xiaomi Store, Mi.com, hingga e-commerce populer seperti Tokopedia, Shopee, TikTok Shop, dan Erafone.

    (afr/afr)

  • Motorola Resmi Rilis Moto Pad 60 Pro di Indonesia, Harga Mulai Rp 6 Jutaan – Page 3

    Motorola Resmi Rilis Moto Pad 60 Pro di Indonesia, Harga Mulai Rp 6 Jutaan – Page 3

    Di sektor layar, Moto Pad Pro menggunakan panel IPS LCD 12,7 inci beresolusi 2944 x 1840 piksel dengan refresh rate 144Hz. Perusahaan juga memadukan 4 speaker stereo JBL untuk mendukung Hi-Res Audio.

    Untuk urusan fotografi, tablet ini dilengkapi dengan kamera belakang 13MP, kamera depan 8MP, perekaman video 1080p, serta sensor sidik jari di samping. Perusahaan juga melengkapi tablte ini dengan koneksi Wi-Fi 6e.

    Moto Pad 60 Lite: Tablet Entry-Level Rp 1 Jutaan

    Bagi konsumen yang mencari tablet terjangkau, Moto Pad 60 Lite bisa menjadi pilihan dengan banderol harga Rp 1 jutaan.

    Meski di banderol dengan harga murah, perusahaan masih menyertakan sejumlah fitur esensial untuk hiburan dan produktivitas ringan.

    Ketersediaan Moto Pad 60 Series di Indonesia

    Moto Pad 60 Series saat ini sudah tersedia an bisa langsung dibeli mulai hari ini lewat official store Motorola Indonesia dan berbagai e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia, TikTok Shop, Lazada, Blibli, hingga Akulaku.

     

  • HUAWEI Pura 80 Series Janjikan Foto Zoom Tak Tertandingi & Warna Terbaik

    HUAWEI Pura 80 Series Janjikan Foto Zoom Tak Tertandingi & Warna Terbaik

    Jakarta

    HUAWEI Pura 80 Series resmi diluncurkan di Indonesia hari ini. Seri terbaru ini menghadirkan terobosan besar di dunia fotografi mobile.

    HUAWEI Pura 80 Ultra dinobatkan sebagai kamera smartphone nomor 1 dunia versi DXOMARK dengan rekor skor 175. Ini merupakan skor tertinggi yang pernah tercatat sejauh ini. Huawei Pura 80 Ultra hadir dengan harga Rp 22.999.000.

    Sementara HUAWEI Pura 80 Pro yang dibekali 1-inch Ultra Lighting Camera dibanderol dengan harga lebih terjangkau, yakni Rp 14.999.000.

    Dari P Series ke Pura: Pembuktian Inovasi Kamera dari Masa ke Masa

    Huawei P Series hadir sejak 2012 dan telah menjadi pionir fotografi smartphone. Dimulai dari P9 dengan kamera dual-lens yang menjadi tonggak awal fotografi komputasional, P20 dengan Super Night Mode yang mendefinisikan ulang fotografi malam, hingga Pura 70 Ultra dengan Ultra-Lighting Pop-out Camera yang memperlihatkan rekayasa optik mutakhir dalam perangkat ramping.

    Nama Pura sendiri terinspirasi dari Purity- mencerminkan kemurnian desain, gaya modern yang elegan, sekaligus semangat baru untuk terus berinovasi.

    Terinspirasi dari bentuk Penrose Triangle yang dikenal sebagai the purest form of impossibility, Pura melambangkan semangat untuk menjadikan hal yang tampak mustahil menjadi mungkin.

    “Dengan filosofi ini, Pura Series hadir bukan hanya sebagai smartphone, tetapi juga sebagai perwujudan gaya hidup yang menyatukan fotografi terbaik, desain estetis, dan fashion yang berkelas,” tulis HUAWEI dalam siaran pers, Rabu (17/9/2025).

    HUAWEI Pura 80 Ultra: Kamera #1 Dunia untuk Momen yang Tak Terlewat

    Foto: Huawei

    HUAWEI Pura 80 Ultra hadir dengan teknologi revolusioner Switchable Dual Telephoto Lens pertama di industri. Lensa ini memungkinkan pengguna beralih mulus antara 3,7x optical zoom hingga 9,4x optical zoom, dengan dukungan hingga 100x digital zoom.

    Kecanggihannya ini membuatnya meraih gelar kamera smartphone terbaik dunia versi DXOMARK, dengan catatan skor:

    180 Photo Score (tertinggi sepanjang sejarah DXOMARK)

    166 Video Score (peringkat teratas dunia)

    Telephoto terbaik dalam pengujian DXOMARK

    Hasilnya, pengguna bisa mengabadikan konser, cityscape, hingga ekspresi anak di panggung sekolah dengan detail tajam, warna alami, dan pencahayaan sempurna.

    Selain kamera, Pura 80 Ultra juga dilengkapi performa flagship dengan prosesor terbaru, baterai tahan lama, serta HUAWEI SuperCharge untuk pengisian super cepat, memastikan perangkat selalu siap untuk gaya hidup dinamis.HUAWEI Pura 80 Pro: Portrait Malam Setara Kamera Profesional

    HUAWEI Pura 80 Pro – Portrait Malam Profesional

    Di sisi lain, ada HUAWEI Pura 80 Pro yang membawa 1-inch Ultra Lighting Camera. Sensornya yang besar mampu menangkap cahaya dengan sempurna, bahkan dalam kondisi minim cahaya.

    Kamera ini menjanjikan portrait malam dengan detail alami, warna hidup, dan bokeh artistik layaknya kamera profesional. Cocok bagi mereka yang ingin menampilkan sisi elegan, dari acara formal hingga OOTD malam hari.

    “Dihadirkan sebagai ‘Pro Level Ultra’, perangkat ini menjadi pilihan bagi pengguna yang mendambakan kualitas fotografi flagship dengan harga lebih kompetitif,” imbuh HUAWEI.

    Aplikasi Favorit di HUAWEI AppGallery

    Akses Aplikasi Favorit di HUAWEI Pura 80 Pro

    Pindah ke smartphone baru sering bikin khawatir apakah bisa pakai aplikasi favorit. Lewat AppGallery, kamu tetap bisa mengunduh dan menggunakan berbagai aplikasi penting seperti YouTube, Gmail, Google Maps, hingga Google Meet dengan mudah.

    Tak hanya lengkap, AppGallery juga aman karena dilengkapi 360° Protection, mulai dari verifikasi developer, pemeriksaan malware dan privasi berlapis, hingga pengecekan integritas aplikasi. Sehingga kamu bisa install aplikasi favorit dengan praktis dan tetap tenang soal keamanan.

    Harga dan Ketersediaan

    Foto: Huawei

    Selama periode launching yang berlangsung pada 17 September hingga 17 Oktober 2024, HUAWEI menawarkan harga spesial Rp 22.999.000 untuk HUAWEI Pura 80 Ultra dan Rp 14.999.000 untuk HUAWEI Pura 80 Pro.

    Promo ini juga menghadirkan benefit senilai total Rp 10 juta untuk setiap pembelian HUAWEI Pura 80 Series, terdiri dari free HUAWEI WATCH GT 5 senilai Rp 2,6 juta, trade-in cashback hingga Rp 2,5 juta, bank cashback hingga Rp 2 juta, layanan perlindungan HUAWEI Care+ senilai Rp 2,4 juta, serta cashback Rp 500 ribu untuk transaksi di Tiket.com.

    Promo penjualan perdana HUAWEI Pura 80 Ultra dan HUAWEI Pura 80 Pro tersedia eksklusif secara online melalui rangkaian tautan di bawah ini.

    Foto: Huawei

    “Dengan segala inovasinya, HUAWEI Pura 80 Series bukan sekadar smartphone flagship. Ia adalah cerminan warisan, evolusi, dan gaya hidup masa kini yang menjadikan setiap momen, dari yang sederhana hingga tak terlupakan, selalu bernilai untuk diabadikan,” tulis HUAWEI.

    Untuk pembelian offline, kunjungi gerai Huawei Authorized Experience Store, Erafone, Urban Republic, BliBli Offline Store, digiplus, serta outlet mitra Huawei lain di seluruh Indonesia.

    Bagi pelanggan yang ingin berbelanja secara online, HUAWEI Pura 80 Series tersedia di sejumlah e-commerce terkemuka, seperti Huawei Store, Shopee, TikTok Shop, Tokopedia, BliBli, Lazada, erafone.com, Eraspace, dan DataScript Mall.ID.

    Jangan lewatkan kesempatan istimewa untuk menjadi yang pertama merasakan inovasi kamera dari HUAWEI Pura 80 Series.

    (anl/ega)

  • Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Huawei Pura 80 Pro dan Ultra – Page 3

    Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Huawei Pura 80 Pro dan Ultra – Page 3

     Huawei Pura 80 Pro (12GB/512GB) dibanderol dengan harga Rp 14.999.000. Sementara itu, model tertingginya, harga Huawei Pura 80 Ultra (16GB/512GB), dijual Rp 22.999.000.

    Selama periode peluncuran dari 17 September hingga 17 Oktober 2025, pembeli akan mendapatkan penawaran spesial dengan total keuntungan hingga Rp 10 juta. Penawaran ini mencakup bonus Huawei Watch GT 5, trade-in cashback hingga Rp2,5 juta, dan cashback bank hingga Rp2 juta.

    Perangkat ini akan tersedia secara online di HUAWEI Official Store pada e-commerce seperti Shopee, TikTok Shop, Tokopedia, Blibli, Lazada, Eraspace, Erafone.com, dan DatascripMall.

    Pembelian juga bisa dilakukan secara offline melalui jaringan Huawei Authorized Experience Store, Erafone, Urban Republic, Blibli, Digiplus, dan mitra toko lainnya di seluruh Indonesia.