Perusahaan: TikTok

  • YouTube Uji Fitur Kolaborasi Mirip Instagram dan Tiktok untuk Kreator – Page 3

    YouTube Uji Fitur Kolaborasi Mirip Instagram dan Tiktok untuk Kreator – Page 3

    Lindsey Gamble, seorang konsultan pemasaran influencer, membagikan tangkapan layar yang memperlihatkan bagaimana tampilan fitur kolaborasi baru ini di YouTube.

    Dalam unggahan di Threads, terlihat bahwa nama kolaborator akan muncul di sebelah nama kreator utama dalam video yang diunggah.

    Jika hanya ada satu kolaborator, namanya akan langsung tampil. Namun, jika kolaborator berjumlah lebih dari satu, sistem akan merangkum tampilannya menjadi tulisan seperti “…dan lainnya”. Ini dilakukan agar tampilan tetap ringkas, terutama di perangkat seluler.

    Menariknya, pengguna bisa mengetuk bagian tersebut untuk membuka daftar lengkap nama kolaborator. Setiap nama juga disertai tombol Subscribe, memungkinkan penonton langsung mengikuti mereka hanya dalam satu klik.

    Fitur ini dinilai sangat membantu kolaborasi yang bersifat promosi silang antar-kreator.

  • 20 Ide Lomba 17 Agustus Ala Gen Z, Hari Kemerdekaan Jadi Lebih Seru!

    20 Ide Lomba 17 Agustus Ala Gen Z, Hari Kemerdekaan Jadi Lebih Seru!

    Jakarta: Hari Kemerdekaan 17 Agustus identik dengan berbagai lomba seru di lingkungan RT, sekolah, maupun kantor. Seiring berkembangnya tren dan kreativitas anak muda, lomba-lomba tradisional kini bisa dikemas lebih modern, lucu, dan kekinian ala Gen Z.
     
    Jika kamu masih bingung mau mengadakan lomba seperti apa yang akan disukai oleh generasi Z, jangan khawatir! Medcom sudah menyiapkan 20 ide lomba yang bisa dicoba untuk memeriahkan Agustusan tahun ini!
     
    1. Estafet Meme Challenge
    Peserta harus membuat meme lucu bertema kemerdekaan dalam waktu terbatas. Meme terbaik akan dipilih oleh juri atau voting peserta lain.
     
    2. TikTok Dance Kemerdekaan
    Buat lomba joget TikTok dengan lagu bertema 17 Agustus. Kreativitas dan keseruan jadi nilai tambah.

     

     
    3. Lomba Masak Mie Instan Estafet
    Tim beranggotakan 3–4 orang harus memasak mie instan secara bergantian, mulai dari membuka kemasan, merebus, hingga menyajikan. Tim tercepat dan terenak jadi pemenang.
     
    4. Lomba Tebak Lagu Nasional
    Putar lagu nasional, lalu peserta harus menebak judul lagunya secepat mungkin.
     
    5. Fashion Show Daur Ulang
    Peserta membuat kostum bertema kemerdekaan dari bahan bekas, kemudian memamerkannya di catwalk ala fashion week.
     
    6. Balap Karung ala Cosplay
    Lomba balap karung mungkin sudah biasa. Untuk membuatnya lebih unik dan seru, buat peraturan supaya peserta memakai kostum unik seperti super hero, karakter anime, atau tokoh nasional.
     
    7. Push Up Merdeka
    Peserta harus push up dalam waktu 45 detik sambil menyanyikan lagu nasional. Siapa yang bisa push up paling banyak, dia lah pemenangnya.
     

     
    8. Tebak Emotikon Lagu Kemerdekaan
    Panitia menyiapkan kombinasi emotikon yang menggambarkan judul lagu nasional atau lagu-lagu bertema kemerdekaan. Peserta yang bisa menebaknya akan menang.
     
    9. Mobile Legends Tournament Merdeka
    Turnamen e-sport yang digelar khusus 17 Agustus, dengan hadiah dan skin bertema merah putih.
     
    10. Make Up Tanpa Cermin
    Peserta harus merias wajah sendiri dengan tema merah putih tanpa bantuan cermin. Hasil paling unik dan rapi jadi pemenang.
     
    11. Cosplay ala Masa Perjuangan
    Peserta harus memakai baju ala masa perjuangan. Peserta paling kreatif dan mirip akan menjadi pemenang.
     
    12. Lomba Selfie Merdeka
    Peserta berburu foto selfie paling kreatif dengan atribut merah putih di area lomba.
     
    13. Lomba Susun Kartu Emoji
    Peserta harus menyusun kartu bergambar emoji menjadi kalimat atau slogan kemerdekaan.

     

     
    14. Adu Pantun Kemerdekaan
    Lomba balas pantun bertema kemerdekaan. Siapa yang kehabisan pantun atau tidak lucu langsung kalah.
     
    15. Drag Race Sepeda Ontel
    Balapan sepeda ontel sambil memakai atribut merah putih yang unik.
     
    16. Cari Barang Merah Putih
    Siapa paling cepat mencari barang warna merah putih dapat menjadi pemenang. Panitia juga bisa menentukan waktu pencarian, dan menjadikan peserta dengan barang terbanyak menjadi pemenang.
     
    17. Rebutan Snack di Udara
    Snack digantung tinggi di tali rafia. Peserta harus melompat atau menggunakan cara kreatif untuk meraihnya.
     
    18. Lomba Tarik Tambang Estafet
    Alih-alih tarik tambang biasa, setiap anggota harus bergantian menarik tali dalam urutan tertentu.
     
    19. Lomba Balap Sendok dengan Bubble Tea
    Seperti balap kelereng di sendok, tapi diganti bubble tea mini yang harus dibawa tanpa tumpah.
     
    20. Scream Challenge
    Lomba scream challenge atau teriakan paling semangat. Peserta akan meneriakan kata “Merdeka”. Nah, teriakan paling semangat lah yang berhak mendapatkan hadiah.

     

    Jakarta: Hari Kemerdekaan 17 Agustus identik dengan berbagai lomba seru di lingkungan RT, sekolah, maupun kantor. Seiring berkembangnya tren dan kreativitas anak muda, lomba-lomba tradisional kini bisa dikemas lebih modern, lucu, dan kekinian ala Gen Z.
     
    Jika kamu masih bingung mau mengadakan lomba seperti apa yang akan disukai oleh generasi Z, jangan khawatir! Medcom sudah menyiapkan 20 ide lomba yang bisa dicoba untuk memeriahkan Agustusan tahun ini!
     

    1. Estafet Meme Challenge

    Peserta harus membuat meme lucu bertema kemerdekaan dalam waktu terbatas. Meme terbaik akan dipilih oleh juri atau voting peserta lain.
     

    2. TikTok Dance Kemerdekaan

    Buat lomba joget TikTok dengan lagu bertema 17 Agustus. Kreativitas dan keseruan jadi nilai tambah.
     
     

     

    3. Lomba Masak Mie Instan Estafet

    Tim beranggotakan 3–4 orang harus memasak mie instan secara bergantian, mulai dari membuka kemasan, merebus, hingga menyajikan. Tim tercepat dan terenak jadi pemenang.
     

    4. Lomba Tebak Lagu Nasional

    Putar lagu nasional, lalu peserta harus menebak judul lagunya secepat mungkin.
     

    5. Fashion Show Daur Ulang

    Peserta membuat kostum bertema kemerdekaan dari bahan bekas, kemudian memamerkannya di catwalk ala fashion week.
     

    6. Balap Karung ala Cosplay

    Lomba balap karung mungkin sudah biasa. Untuk membuatnya lebih unik dan seru, buat peraturan supaya peserta memakai kostum unik seperti super hero, karakter anime, atau tokoh nasional.
     

    7. Push Up Merdeka

    Peserta harus push up dalam waktu 45 detik sambil menyanyikan lagu nasional. Siapa yang bisa push up paling banyak, dia lah pemenangnya.
     

     

    8. Tebak Emotikon Lagu Kemerdekaan

    Panitia menyiapkan kombinasi emotikon yang menggambarkan judul lagu nasional atau lagu-lagu bertema kemerdekaan. Peserta yang bisa menebaknya akan menang.
     

    9. Mobile Legends Tournament Merdeka

    Turnamen e-sport yang digelar khusus 17 Agustus, dengan hadiah dan skin bertema merah putih.
     

    10. Make Up Tanpa Cermin

    Peserta harus merias wajah sendiri dengan tema merah putih tanpa bantuan cermin. Hasil paling unik dan rapi jadi pemenang.
     

    11. Cosplay ala Masa Perjuangan

    Peserta harus memakai baju ala masa perjuangan. Peserta paling kreatif dan mirip akan menjadi pemenang.
     

    12. Lomba Selfie Merdeka

    Peserta berburu foto selfie paling kreatif dengan atribut merah putih di area lomba.
     

    13. Lomba Susun Kartu Emoji

    Peserta harus menyusun kartu bergambar emoji menjadi kalimat atau slogan kemerdekaan.
     
     

     

    14. Adu Pantun Kemerdekaan

    Lomba balas pantun bertema kemerdekaan. Siapa yang kehabisan pantun atau tidak lucu langsung kalah.
     

    15. Drag Race Sepeda Ontel

    Balapan sepeda ontel sambil memakai atribut merah putih yang unik.
     

    16. Cari Barang Merah Putih

    Siapa paling cepat mencari barang warna merah putih dapat menjadi pemenang. Panitia juga bisa menentukan waktu pencarian, dan menjadikan peserta dengan barang terbanyak menjadi pemenang.
     

    17. Rebutan Snack di Udara

    Snack digantung tinggi di tali rafia. Peserta harus melompat atau menggunakan cara kreatif untuk meraihnya.
     

    18. Lomba Tarik Tambang Estafet

    Alih-alih tarik tambang biasa, setiap anggota harus bergantian menarik tali dalam urutan tertentu.
     

    19. Lomba Balap Sendok dengan Bubble Tea

    Seperti balap kelereng di sendok, tapi diganti bubble tea mini yang harus dibawa tanpa tumpah.
     

    20. Scream Challenge

    Lomba scream challenge atau teriakan paling semangat. Peserta akan meneriakan kata “Merdeka”. Nah, teriakan paling semangat lah yang berhak mendapatkan hadiah.

     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    (PRI)

  • Raja Aplikasi Terbaru di RI 2025, Bukan Instagram-YouTube-Facebook

    Raja Aplikasi Terbaru di RI 2025, Bukan Instagram-YouTube-Facebook

    Jakarta, CNBC Indonesia – TikTok merajai daftar aplikasi media sosial yang paling sering digunakan masyarakat Indonesia. Setidaknya begitu menurut laporan ‘Profil Internet Indonesia 2025’ yang dirilis Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

    Sebanyak 35,17% responden yang disurvei APJII mengakses TikTok pada 2025, meningkat tajam dibandingkan 18,61% pada 2024. Selanjutnya, di posisi ke-2 ada YouTube dengan persentase 23,76% atau menurun dari 27,53% pada tahun lalu.

    Sementara itu, penggunaan Facebook menurun tajam, sebelumnya di peringkat 1 (34,85%) dan sekarang terlempar ke posisi ke-3 (21,58%). Posisi ke-4 dan ke-5 masing-masing secara berurutan diisi oleh Instagram (15,94%) dan X (0,56%).

    Berdasarkan laporan APJII, semua aplikasi media sosial yang masuk daftar ‘Top 5’ menunjukkan penurunan akses, kecuali TikTok. Hal ini menunjukkan tren yang kian bergeser, di mana pengguna internet makin gencar mengonsumsi konten dengan format video pendek.

    Adapun jangka waktu mengakses media sosial paling banyak 1-2 jam (34,17%). Namun, ada juga yang mengakses media sosial hingga lebih dari 4 jam (14,99%).

    Untuk isi konten berita yang paling sering diakses warga Indonesia di internet adalah Olahraga (15,62%); Politik, Sosial, Hukum & HAM (14,90%); Infotainmet/Gosip/Hiburan (13,64%); Kriminal dan Peristiwa Terkini (12,74%); serta Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis (12,20%).

    Secara keseluruhan, pertumbuhan penetrasi internet di Indonesia menunjukkan pertumbuhan positif 2% dari tahun-ke-tahun (YoY). Saat ini, sebanyak 80,68% total populasi penduduk Indonesia sudah terhubung di internet.

    Persentase itu setara dengan 229,4 juta jiwa dari total populasi penduduk Indonesia sebanyak 284,4 juta jiwa di tahun 2025.

    Sebagai catatan, metodologi survei dilakukan dengan pendekatan multistake random sampling. Ada 8.700 responden yang tersebar secara proporsional di 38 provinsi di Indonesia. Pelaksanaan survei dilakukan pada periode 10 April hingga 16 Juli 2025.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Cara Nonton dan Link Live Streaming MPL ID S16, Kompetisi MLBB Terbesar di Indonesia – Page 3

    Cara Nonton dan Link Live Streaming MPL ID S16, Kompetisi MLBB Terbesar di Indonesia – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Kompetisi Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) terbesar di Indonesia, MPL Indonesia Season 16 (MPL ID S16), akan digelar pada 22 Agustus hingga 19 Oktober 2025. 

    Terkait format pertandingan masih mengikuti musim sebelumnya, di mana babak regular season berlangsung selama 9 minggu.

    Untuk menonton pertandingan MPL ID S16, para fans Mobile Legends bisa menyaksikan pertandingan secara live streaming melalui kanal YouTube MPL Indonesia (https://www.youtube.com/@MPLIndonesia), TikTok, dan juga platform Vidio.

    Dengan kekuatan roster yang makin solid dan rivalitas antar tim yang panas, turnamen esport MPL ID S16 dipastikan akan penuh kejutan dan momen-momen epik yang tak boleh dilewatkan.

    Jauh hari sebelum kompetisi ini digelar, sejumlah tim esports MLBB telah mengumumkan roster pemain mereka yang akan bertarung memperebutkan gelar juara.

    Adapun sembilan tim MLBB terbaik di Tanah Air, yang akan ikut memperebutkan gelar juara, antara lain:

    Alter Ego
    Bigetron by Vitality
    Dewa United Esports
    Evos
    Onic
    Geek
    Navi
    RRQ
    Team Liquid ID

    Menariknya, MPL ID S16 diwarnai dengan perombakan roster besar-besaran yang dilakukan oleh tim-tim seperti Evos, Alter Ego, Bigetron by Vitality, dan Team Liquid ID.

    Tak hanya itu, bursa transfer MPL ID S16 juga diramaikan dengan rumor Onic bakal kedatangan gold laner baru dari RRQ, yakni Skylar

    Fans Mobile Legends tentunya dibuat penasaran dengan strategi baru dan pemain-pemain yang akan tampil di musim ini.

  • Sikap Lembut Prabowo Respons Pengibaran Bendera One Piece Jelang HUT ke-80 RI

    Sikap Lembut Prabowo Respons Pengibaran Bendera One Piece Jelang HUT ke-80 RI

    Bisnis.com, JAKARTA – Bendera itu berwarna hitam. Tengkorak tersenyum di tengah, mengenakan topi jerami. Dikenal sebagai Jolly Roger, lambang bajak laut Monkey D. Luffy karakter fiksi dalam serial anime One Piece yang belakangan justru lebih banyak berkibar di kampung-kampung menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-80 Republik Indonesia atau HUT ke-80 RI. 

    Di media sosial, potret pengibaran bendera One Piece berdampingan dengan Merah Putih tersebar masif. Di sejumlah tempat, justru Jolly Roger berdiri sendiri, menggantikan posisi yang biasanya ditempati bendera negara.

    Bahkan logo HUT ke-80 RI turut disulap menggunakan canting dan tengkorak agar menyerupai karakter 2 dimensi yang sedang ramai dibahas warga itu. Gelombang ini bukan hanya kreativitas komunitas, melainkan gejala sosial yang merefleksikan ekspresi generasi baru terhadap simbol negara, identitas, dan kebebasan berpendapat.

    Alih-alih menyulut amarah, Presiden Prabowo Subianto ternyata merespons dengan nada lembut dan terbuka. Hal itu disampaikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Prasetyo Hadi, saat ditanyakan bagaimana jawaban orang nomor satu di Indonesia itu dalam menanggapi isu ini.

    “Kalau sebagai bentuk ekspresi [bendera One Piece], it’s okay. Tapi jangan dipertentangkan dengan Merah Putih. Kita ini anak bangsa, dan Merah Putih itu satu-satunya,” katanya kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (5/8/2025)

    Bendera Simbol Budaya Pop dan Sakralitas Negara

    Munculnya bendera One Piece di ruang publik menandai era baru relasi antara rakyat dan simbol. Dalam satu sisi, bendera bajak laut itu adalah bentuk kebudayaan pop atau luapan kegemaran terhadap karakter fiksi yang melambangkan perlawanan terhadap ketidakadilan, loyalitas antarkawan (nakama), dan perjuangan meraih mimpi besar.

    Di sisi lain, peringatan kemerdekaan Indonesia adalah ruang yang sangat sakral. Simbol seperti Merah Putih tidak hanya berdiri sebagai representasi negara, tetapi juga menjadi titik kumpul kolektif sejarah, penderitaan, dan harapan.

    Mensesneg menegaskan bahwa ruang ekspresi tetap dihormati. Namun garis batasnya adalah jangan membenturkan bendera komunitas dengan simbol negara. Tidak ada larangan mengibarkan Jolly Roger, selama Merah Putih tetap dihormati sebagai satu-satunya bendera nasional.

    Sikap Presiden Prabowo Subianto dinilai banyak pihak sebagai representasi dari pendekatan kepemimpinan yang lebih lunak dalam menghadapi ekspresi publik. Mantan jenderal yang dikenal nasionalis garis keras itu memilih untuk tidak mempermasalahkan simbol One Piece, selama nilai-nilai nasionalisme tetap terjaga.

    Di lapangan, kata Prasetyo Hadi, tidak ada instruksi razia, sweeping, atau pelarangan. Isu-isu tentang TNI atau Polri yang akan menindak warga ternyata hanyalah spekulasi.

    Pemerintah justru mendorong aparat sipil seperti RT/RW, Babinsa, hingga kepala daerah untuk menyemarakkan HUT RI dengan kreativitas—mulai dari lomba kampung, pawai budaya, hingga dekorasi bertema nasionalisme.

    Gelombang One Piece bukan hanya urusan anak muda dan komunitas pecinta anime. Dia kini masuk ke ranah politik simbolik. Dalam analisis media sosial oleh Drone Emprit, tercatat lebih dari 112.000 unggahan di X (Twitter), TikTok, dan Instagram dengan tagar seperti #BenderaOnePiece, #MerahPutihSelamanya, dan #NakamaNasionalis hanya dalam kurun 3–5 Agustus 2025.

    Fenomena bendera One Piece adalah potret zaman: ketika budaya pop bertemu politik simbolik, dan ketika ekspresi komunitas menembus ruang-ruang formal kenegaraan.

    Penggunaan simbol budaya populer sebagai alat kritik bukanlah hal baru. Dari poster Che Guevara hingga topeng Guy Fawkes (Anonymous), dunia telah melihat bagaimana simbol-simbol hiburan diubah menjadi alat politik. Kini, bendera bajak laut One Piece bergabung dalam daftar itu, di tengah konteks sosial Indonesia yang sedang mengalami dinamika hukum dan demokrasi.

    Direktur Eksekutif Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti menilai fenomena ini mencerminkan kekecewaan diam-diam dari masyarakat yang merasa ruang demokrasi menyempit. Saat ekspresi verbal dibatasi, dia mengatakan simbol visual menjadi senjata utama.

    Pemerintah tentu memiliki alasan untuk menjaga wibawa simbol negara. Alih-alih hanya menekan atau menghapus ekspresi semacam ini, dia menilai perlu ada ruang dialog dan refleksi mengapa masyarakat lebih memilih bendera bajak laut ketimbang Merah Putih? Apa yang sedang ingin mereka sampaikan?

    Ray menjelaskan bahwa bendera One Piece, yang menggambarkan tengkorak dengan topi jerami, telah ditafsirkan secara lebih luas oleh masyarakat sebagai simbol perlawanan terhadap situasi yang dianggap tidak adil, korup, dan berjarak yakni tiga hal yang, menurutnya, sangat dirasakan oleh masyarakat Indonesia saat ini.

    “Tiga situasi itu ketidakadilan, korupsi, dan jarak antara rakyat dan kekuasaan memang sedang dihadapi masyarakat kita. Maka tidak mengherankan bila ide pengibaran bendera One Piece ini dengan cepat direspons dan diterima masyarakat,” ungkapnya kepada Bisnis, Senin (4/8/2025)

    Ray mendorong pemerintah untuk membaca fenomena ini sebagai pesan bahwa ada yang perlu dibenahi dalam relasi antara negara dan warganya. Dia juga mengingatkan bahwa penggunaan simbol seperti ini adalah bentuk peringatan dini atas potensi memburuknya kepercayaan publik terhadap institusi negara.

    “Kalau bendera Merah Putih mulai dikaburkan oleh bendera bajak laut fiksi, itu artinya ada yang salah di jantung komunikasi politik negara,” tegasnya

    Menurut Ray, kemunculan simbol-simbol seperti ini mestinya menjadi momen introspeksi nasional, bukan sekadar soal pelanggaran simbolik atau protokoler.

    “Kita harus bertanya: mengapa anak-anak muda lebih memilih mengibarkan bendera bajak laut daripada Merah Putih di bulan kemerdekaan? Jawabannya bisa sangat mengganggu, tapi harus kita hadapi,” pungkas Ray.

     

    Respons Pemerintah hingga DPR/MPR

    Sementara itu, ada kelompok pemerintah yang menilai simbolisasi semacam ini mengandung muatan politik terselubung. Pengibaran bendera lain selain Merah Putih menjelang HUT ke-80 RI dianggap sebagai bentuk provokasi terhadap simbol negara dan bisa memicu tindakan serupa yang lebih masif.

    Meski demikian, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Ahmad Muzani menuturkan bahwa gerakan pengibaran bendera anime bajak laut One Piece pada Hari Kemerdekaan RI adalah salah satu bentuk ekspresi kreativitas. Muzani yakin bahwa sebenarnya dalam hati rakyat Indonesia tetaplah semangat Bendera Merah Putih.

    “Saya kira itu ekspresi kreativitas, ekspresi inovasi, dan pasti hatinya adalah Merah Putih, semangatnya Merah Putih,” katanya di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (3/8/2025).

    Sejalan dengan itu, politikus Demokrat Andi Arief mengatakan bahwa pengibaran bendera One Piece yang saat ini dilakukan bukan sebagai bentuk subversif.

    Menurutnya, tindakan tersebut merupakan bentuk protes yang memiliki mimpi baik untuk kemajuan Indonesia.

    “One Piece itu bukan subversif. Bentuk protes sekaligus di dalamnya ada mimpi bagi yang mengerti. Merah Putih itu mimpi yang sudah didapat, tapi belum seluruhnya. Masih harus terus dikibarkan,” tulisnya di akun X pada Senin (4/8/2025).

    Menteri Kebudayaan (Menbud) Fadli Zon ikut buka suara terhadap fenomena ini dan mengimbau masyarakat agar lebih bijak dalam memasang atribut perayaan kemerdekaan.

    Ia meminta masyarakat fokus mengibarkan bendera Merah Putih pada saat peringatan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

    “Harus kita fokuskan ke depan ini peringatan Indonesia merdeka, jadi harus bendera kita yang utama. Jangan sampai nanti ada salah persepsi, jadi saya pikir harus bijak sebaiknya kita mengedepankan pemasangan atribut merah putih dimana-mana,” ujar Fadli Zon di Depok, Jawa Barat, Minggu, dikutip dari Antaranews.

    Adapun, Menteri Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai memberikan komentar tegas dengan mengatakan bahwa negara berhak melarang pengibaran bendera One Piece.

    Pelarangan itu dilakukan agar pengibaran bendera One Piece tidak ditempatkan sejajar dengan bendera Merah Putih pada momen peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia. Menurut Pigai, negara berhak melarang hal tersebut karena dianggap melanggar hukum sekaligus sebagai bentuk makar.

    “Pelarangan pengibaran bendera tersebut adalah upaya penting menjaga simbol-simbol nasional sebagai wujud penghormatan terhadap negara,” ujar Pigai dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

    Selain itu, dia menjelaskan pelarangan tersebut sejalan dengan aturan internasional mengenai hak negara dalam mengambil sikap atas isu-isu tertentu yang menyangkut integritas nasional dan stabilitas negara.

    Dengan demikian, kata dia, keputusan pelarangan tersebut akan mendapatkan dukungan dan penghargaan dari komunitas internasional, termasuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

    Di sisi lain, Kepala Komunikasi Kepresidenan (Presidential Communication Office/PCO) Hasan Nasbi angkat bicara menanggapi ramainya perbincangan di media sosial soal keinginan sejumlah masyarakat untuk mengibarkan bendera bajak laut One Piece sebagai bentuk ekspresi atau sindiran terhadap pemerintah. Hasan mengaku belum pernah melihat fenomena tersebut secara langsung di lapangan.

    “Sebenarnya saya belum pernah lihat. Sepanjang jalan saya tiap hari jalan, gak pernah lihat,” ujarnya dalam keterangannya kepada awak media usai peluncuran Cek Kesehatan Gratis (CKG) di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 6 Tangerang Selatan, Senin (4/8/2025).

    Meski begitu, dia tidak mempersoalkan kebebasan masyarakat dalam mengekspresikan pendapat, termasuk dalam bentuk kritik terhadap pemerintah.

    “Mau suka atau tidak suka sama pemerintah itu hak. Keduanya pilihan yang sah di republik ini,” tegasnya.

    Kendati demikian, Hasan memberikan garis tegas ketika menyangkut simbol negara, terutama bendera Merah Putih. Menurutnya, bendera nasional bukanlah sesuatu yang bisa dipilih atau diganti.

    Hasan mengingatkan bahwa Merah Putih adalah identitas bersama sebagai bangsa, dan tidak dapat disamakan atau digantikan oleh simbol budaya pop manapun.

    “Namun, bendera Merah Putih bukan pilihan. Dia keniscayaan. Bendera Merah Putih tidak boleh diganti dengan yang lain. Kira-kira itu saja,” pungkas Hasan Nasbi.

  • Curhat Perempuan 18 Tahun ‘Day 1’ ke Psikiater Langsung Masuk RSJ, Ini Awal Mulanya

    Curhat Perempuan 18 Tahun ‘Day 1’ ke Psikiater Langsung Masuk RSJ, Ini Awal Mulanya

    Jakarta

    Seorang remaja perempuan asal Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), membagikan pengalaman yang tak pernah ia bayangkan sebelumnya, hari pertama berkonsultasi ke psikiater, justru berakhir di rumah sakit jiwa (RSJ).

    Perempuan bernama Maulida, atau akrab disapa May, baru berusia 18 tahun ketika didiagnosis depresi berat. Dalam unggahan viral di media sosial, ia menceritakan bagaimana keberaniannya untuk terbuka, justru menjadi awal perawatan intensif selama tiga hari di RSJ.

    “Day one jujur ke psikiater, masuk RSJ,” tulis May dalam konten viral yang diunggah di akun pribadinya, di TikTok.

    May mengaku mengalami rasa cemas berlebihan, takut tanpa sebab, kesulitan tidur, bahkan sering melukai diri sendiri. Gejala tersebut ia rasakan hingga berbulan-bulan.

    “Aku selalu ngerasa sendirian, nggak punya siapa-siapa, takut berlebihan, lagi tidur sering ‘ketindihan’, sering nyakitin diri sendiri, dan sulit banget ngucapin apa yang aku rasain,” ceritanya.

    Hingga suatu titik, ia menyadari perlu ada perubahan agar kondisinya tidak semakin memburuk. May tidak ingin terus berjalan di jalan keputusasaan.

    Dengan dukungan keluarga, May mengunjungi poli jiwa setelah mendapat rujukan puskesmas. Momen pertama kali bertemu psikiater itu menjadi titik balik hidupnya.

    Setelah menjalani tes MCMI (Millon Clinical Multiaxial Inventory), ia mendapat diagnosis depresi berat dan disarankan rawat inap selama tiga hari di RSJ setempat. Seluruh biaya ditanggung BPJS Kesehatan.

    “Keluarga malah support. Dari kecil aku nggak bisa ungkapin perasaan, semua aku pendam. Pas cerita ke orang tua, mereka langsung saranin ke psikiater,” kenang May, saat dihubungi detikcom, Selasa (5/8/2025).

    Hari yang Dijalani di RSJ

    Selama perawatan, May diobservasi menjalani pemeriksaan kesehatan mental, dan mendapat obat penenang untuk membantunya tidur nyenyak.

    “Obatnya obat penenang biar aku cepat tidur,” ungkapnya.

    Perawatan belum selesai saat ia pulang. May masih harus kontrol rutin dan mengonsumsi obat antidepresan yang diberikan psikiater.

    “Aku tetap dikasih obat setelah pulang ke rumah, dan mendapatkan saran untuk menyibukkan diri dengan membaca buku soal stoicism,” ujarnya.

    Sebagai catatan, stoicism adalah aliran filsafat yang mengajarkan ketenangan dan kebijaksanaan dalam menghadapi berbagai situasi kehidupan, termasuk tantangan dan kesulitan.

    “Alhamdulillah pikiran jadi lebih terbuka. Abis ini aku masih kontrol lagi,” pungkasnya.

    Soroti Lingkungan Toxic

    May berpesan kepada anak muda yang mungkin mengalami hal serupa agar tidak meremehkan kecemasan dan rasa takut yang terus menumpuk.

    “Jangan terlalu pendam sesuatu, karena dari situ ketakutan dan kecemasan menumpuk. Jangan takut menjauh dari lingkungan toxic, dan usahakan punya lingkungan yang baik buat kesehatan mental,” kata May.

    Ia menegaskan bahwa mencari pertolongan profesional, psikolog atau psikiater, adalah langkah penting sebelum kondisi memburuk.

    Kasus May menjadi pengingat bahwa depresi berat bisa dialami siapa saja, termasuk remaja. Menurut data WHO, 1 dari 7 remaja di dunia mengalami masalah kesehatan mental, dan depresi menjadi salah satu yang paling umum.

    Depresi bukan sekadar sedih berkepanjangan. Gejalanya bisa berupa:

    Kehilangan minat pada aktivitas yang dulu disukaiPerasaan hampa atau tidak berhargaGangguan tidur (insomnia atau tidur berlebihan)Perubahan nafsu makanPikiran untuk menyakiti diri sendiriPenanganan yang tepat dan dukungan lingkungan sangat berperan dalam pemulihan.

    Halaman 2 dari 3

    (naf/kna)

  • Makin Banyak Orang Pakai ChatGPT, Google Sudah Ditinggalkan

    Makin Banyak Orang Pakai ChatGPT, Google Sudah Ditinggalkan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Teknologi kecerdasan buatan (AI) makin masif digunakan untuk membantu kehidupan manusia sehari-hari. ChatGPT yang memulai tren tersebut makin ramai digunakan.

    OpenAI mengatakan pengguna aktif mingguan ChatGPT akan menembus angka 700 juta pada pekan ini. Angka tersebut naik signifikan dari capaian 500 juta pengguna aktif mingguan pada Maret 2025 lalu.

    Dilihat dari tahun-ke-tahun, pertumbuhannya naik lebih dari 4 kali lipat, menurut klaim OpenAI. Adapun jumlah pengguna aktif tersebut merupakan gabungan dari rangkaian produk ChatGPT.

    Mulai dari paket gratis, Plus Pro, Enterprise, Team, hingga Edu. Secara harian, OpenAI mengatakan pertukaran pesan pengguna sudah menembus 3 miliar.

    “Setiap hari, banyak orang dan tim yang belajar, berkarya, dan menyelesaikan masalah kompleks [menggunakan ChatGPT],” kata VP Product untuk ChatGPT, Nick Turley, dikutip dari CNBC International, Selasa (5/8/2025).

    Saat ini, OpenAI memiliki 5 juta pelanggan bisnis berbayar untuk ChatGPT. Angka itu naik tajam dari 3 juta pelanggan berbayar pada Juni 2025.

    Pencapaian ini membuat ChatGPT sudah melampaui layanan chatbot Gemini milik Google yang saat ini mengantongi 450 juta pengguna aktif bulanan.

    Kendati demikian, produk pencarian AI Overviews yang tertanam langsung di mesin pencari Google masih jauh lebih unggul. Saat ini, AI Overviews sudah tersedia di lebih dari 200 negara dan mengantongi 2 miliar pengguna aktif bulanan, menurut penuturan CEO Alphabet Sundar Pichai dalam laporan kinerja kuartalan perusahaan.

    Meski Google masih memimpin, tetapi pertumbuhan pengguna OpenAI yang cepat kian dekat menyalip dominasi sang raksasa mesin pencari. Jika terus-terusan memperlihatkan kinerja moncer, bukan tak mungkin dominasi Google akan tergeser.

    Pada pekan lalu, OpenAI juga mengumumkan telah mengamankan pendanaan senilai US$8,3 miliar dari beberapa investor, termasuk Dragoneer Investment Group, Andreessen Horowitz, Sequoia Capital, Coatue Management, dan Altimeter Capital.

    Investasi tersebut merupakan bagian dari pendanaan yang dipimpin SoftBank senilai US$40 miliar, menurut pihak-pihak yang familiar dengan kesepakatan tersebut.

    Pendapatan tahunan OpenAI kini mencapai US$13 miliar, naik dari US$10 miliar pada bulan Juni lalu. Perusahaan diperkirakan akan melampaui US$20 miliar pada akhir tahun ini.

    Dengan valuasi US$300 miliar dan tingkat pendapatan US$20 miliar, OpenAI masih tetap membutuhkan modal besar untuk mendukung ekspansi global yang lebih masif.

    Google Ditinggal

    Terpisah, sebuah laporan gabungan dari The Verge, Vox Media Research, dan Two Cents Insights menunjukkan tren pergeseran preferensi pengguna dari Google ke chatbot AI dan komunitas digital.

    Dalam survei terhadap 2.000 pengguna internet di AS, sebanyak 42% responden menganggap Google makin tidak berguna, dan 52% menyatakan telah beralih ke AI atau platform seperti TikTok untuk mencari informasi. Mayoritas juga menilai hasil pencarian Google terlalu banyak diisi konten bersponsor yang tidak relevan.

    Fenomena ini paling terasa di kalangan Gen Z dan milenial, dengan 61% dan 53% dari masing-masing kelompok mengaku lebih mengandalkan AI untuk mencari topik tertentu dibandingkan Google.

    Selain itu, laporan SearchEngineLand menyebutkan pangsa Google turun di bawah 90%. Fenomena itu terjadi selama tiga bulan terakhir, yang dilaporkan pada Januari 2025.

    Baru kali ini pangsa pasarnya anjlok drastis, setelah awal tahun 2015 lalu, dikutip dari 9to5Google.

    Namun, mesin pencarian seangkatan Google masih bertumbuh meski cukup sedikit. Ini terjadi pada Bing, Yahoo, dan Yandex.

    Bukan hanya AI generatif yang mendisrupsi dominasi Google, kehadiran TikTok juga membuat banyak orang beralih dari Google Search. Aplikasi berbagi video itu menyasar pengguna dengan usia yang lebih muda.

    Pasar kini dipenuhi dengan berbagai pilihan alat pencarian berbasis AI. Selain Perplexity dan ChatGPT, muncul pula nama-nama seperti iAsk.Ai, Komo AI, Brave Search, Andi Search, hingga You.com.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • OJK Ungkap Modus Penipuan Keuangan, Love Scam hingga Tiru Tokoh Terkenal

    OJK Ungkap Modus Penipuan Keuangan, Love Scam hingga Tiru Tokoh Terkenal

    Jakarta

    Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan sejumlah modus untuk melakukan aksi penipuan di sektor keuangan. Modusnya semakin beragam seiring dengan berkembangnya teknologi.

    Deputi Komisioner Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan Pelindungan Konsumen Rizal Ramadhani mengatakan pelaku penipuan keuangan menargetkan perbankan sebagai sasarannya. Ada dua modus, kata Rizal, yang dilakukan pelaku.

    “Untuk kejahatan finansial. Tadi disampaikan oleh Pak Kepala PPATK di mana rekening sebagai target secara teori kejahatan finansial itu terutama kejahatan perbankan, ada dua modus. Satu, bank sebagai sarana. Kedua, bank sebagai sasaran. Dua-duanya sudah dilakukan oleh penjahat-penjahat itu,” kata Rizal dalam acara ‘Strategi Nasional Memerangi Kejahatan Finansial’, di Jakarta Selatan, Selasa (5/8/2025).

    Rizal menerangkan bank sebagai sasaran sudah terjadi, di mana beberapa akun bank diretas. Dalam hal ini, pihaknya telah mengatasi melalui Indonesia Anti Scam Center (IASC). Dalam satu hari, setidaknya IASC menerima 822 laporan dari korban penipuan. Hal ini berarti, setidaknya ada 24.643 laporan yang diterima IASC setiap bulan.

    Rizal menilai pelaku scam memanfaatkan teknologi untuk mengelabui korbannya. Saat ini pelaku penipuan (scammer) tidak hanya menyasar melalui panggilan telepon maupun pesan singkat (SMS) saja, tapi juga sudah menargetkan melalui platform media sosial, seperti Instagram, TikTok, X, hingga android package kit.

    “Ada dokter spesialis mengadu ke tempat kami karena dia katanya korban dari sosek. Ternyata setelah kami dalami love scam. Ini perhatian nih buat bapak-bapak yang kira-kira di atas 40 yang kehidupannya sudah mapan, ada romance scam atau love scam. Jadi kira-kira ya abang ganteng, abang banyak uang, terus minta beli pulsa, lama-lama beli mobil, beli rumah, barulah dikuras uangnya, orangnya nggak ketemu,” jelas Rizal.

    “Lalu yang tidak kalah pentingnya impersonation. Dia niru-niru tokoh-tokoh terkenal gitu ya. Jadi sehingga uangnya itu tidak kembali,” imbuh Rizal.

    Rizal menerangkan dari penipuan ini, IASC telah menyebabkan kerugian yang diterima masyarakat mencapai Rp 4,1 triliun. Dari total tersebut, hanya 10% atau setara Rp 348 miliar yang dapat diblokir IASC. Menurut Rizal, pelaku penipuan sangat cepat dalam memindahkan uang dari rekening yang dituju korban.

    “Kecepatan hilangnya uang dari rekening itu, itu cuma 12 menit. 12 menit ke atas, uangnya bablas secara multi-layer. Ini yang perlu kita antisipasi sekaligus kita waspadalah. Jangan terlalu tergiur dengan investasi ilegal,” terang Rizal.

    Rizal menjelaskan bertambahnya korban penipuan ini tak lepas dari literasi keuangan yang masih minim di masyarakat. Saat ini, OJK terus menggeber literasi keuangan digital dengan bekerja sama dengan beberapa kementerian/lembaga.

    “Kita literasi keuangan terutama keuangan digital, ini masyarakat kita, kita secara masif di OJK ya, bekerjasama dengan kementerian lembaga, bahkan kita kerjasama dengan pelaku usaha jasa keuangan. Jadi kita lakukan literasi secara terus-menerus ya, dengan berbagai kanal. Lalu kita lakukan sinergi, dengan kementerian lembaga,” tutur Rizal.

    (kil/kil)

  • Nasib Indonesia di Sisa 2025 Usai Ekonomi Tumbuh 5,12%

    Nasib Indonesia di Sisa 2025 Usai Ekonomi Tumbuh 5,12%

    Jakarta

    Badan Pusat Statistik (BPS) akhirnya mengumumkan jika pertumbuhan ekonomi Indonesia tembus ke angka 5,12% di kuartal kedua 2025. Hal ini diungkapkan oleh Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik BPS Moh Edy Mahmud. Berdasarkan data yang dikantonginya, produk domestik bruto (PDB) pada kuartal II 2025 sebesar Rp 5.947 triliun.

    “Ekonomi Indonesia berdasarkan besaran produk domestik bruto PDB pada triwulan 2 2025 atas dasar harga berlaku sebesar Rp 5.947 triliun, atas dasar harga konstan sebesar Rp 3.396,3 triliun sehingga pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan 2 2025 bila dibandingkan dengan triwulan 2 2024 atau secara year on year tumbuh sebesar 5,12%,” kata Edy dikutip dari detikFinance, Selasa (5/7/2025).

    Meski demikian, jika dibandingkan dengan kuartal I, pertumbuhan ekonomi RI hanya berkisar di kepala 4% saja. Edy mengungkapkan jika pertumbuhan ini masih ditopang oleh sektor industri pengolahan, konstruksi, serta perdagangan.

    “Jika dilihat dari sumber pertumbuhan pada triwulan 2 2025, industri pengolahan menjadi sumber pertumbuhan terbesar yaitu 1,13%. Selain itu pertumbuhan ekonomi juga ditopang oleh lapangan usaha perdagangan dengan sumber pertumbuhan 0,70%, informasi dan komunikasi dengan sumber pertumbuhan 0,53%, serta konstruksi dengan sumber pertumbuhan 0,47%,” terangnya.

    Sebelumnya, sejumlah pengamat ekonomi menyebut jika pertumbuhan ekonomi pada kuartal ini tidak akan tembus di angka 5%. Direktur Eksekutif CORE Indonesia, Mohammad Faisal, menyebut jika pertumbuhan ekonomi RI tidak akan lepas dari angka 4%.

    “CORE memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II-2025 melambat ke kisaran 4,7-4,8%, turun dari 4,87% pada kuartal I,” ungkap Faisal.

    Lesunya daya beli masyarakat juga dinilai menjadi faktor lain penyebab lemahnya tekanan pertumbuhan ekonomi. Belakangan, fenomena rohana dan rojali menjadi pertanda penting jika kondisi ekonomi masyarakat tidak sedang baik-baik saja. Konsumsi rumah tangga dinilai tidak cukup menggerakkan roda ekonomi nasional.

    Lalu bagaimana nasib ekonomi Indonesia di paruh kedua tahun 2025? Menghadirkan ekonom INDEF, Tauhid Ahmad, ikuti diskusinya dalam Editorial Review.

    Beralih ke Pontianak, Kalimantan Barat, detikSore akan mengulas nasib nahas yang dialami oleh seorang balita. Diketahui, balita tersebut merupakan korban perkosaan yang dilakukan oleh kerabat keluarganya sendiri. Tidak hanya menyisakan trauma berat, korban juga mengidap penyakit menular seksual yang diperoleh dari pelaku. Bagaimana perkembangan kasus ini? Ikuti laporan Jurnalis detikKalimantan selengkapnya.

    Jelang matahari terbenam nanti, detikSore akan menghadirkan komunitas di Jakarta yang mengumpulkan masyarakat pecinta tarik suara. Adalah Meda Dawu, salah satu pendiri Komunitas Nyanyi Bareng Jakarta memiliki alasan khusus mengapa ia ingin membuka wadah bagi para penyuka nyanyi.

    Sejak berdiri, komunitas ini terus berkembang, bahkan seringkali menjadi ‘rumah’ bagi para musisi atau tokoh-tokoh ternama. Lalu bagaimana seluk-beluk komunitas ini? apakah mereka menjadi salah satu pihak yang terdampak kemelut aturan hak cipta? Temui Meda Dawu dalam Sunsetalk.

    Ikuti terus ulasan mendalam berita-berita hangat detikcom dalam sehari yang disiarkan secara langsung langsung (live streaming) pada Senin-Jumat, pukul 15.30-18.00 WIB, di 20.detik.com dan TikTok detikcom. Jangan ketinggalan untuk mengikuti analisis pergerakan pasar saham jelang penutupan IHSG di awal acara. Sampaikan komentar Anda melalui kolom live chat yang tersedia.

    “Detik Sore, Nggak Cuma Hore-hore!”

    (far/vys)

  • Tokopedia Tarik Biaya Pesanan, Ini Dampaknya ke Pedagang dan Pembeli

    Tokopedia Tarik Biaya Pesanan, Ini Dampaknya ke Pedagang dan Pembeli

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sejumlah e-commerce menerapkan biaya pemrosesan order sebesar Rp 1.250 pada setiap transaksi pemesanan di dalam platform. Pihak Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) menilai kebijakan ini perlu diantisipasi dampaknya ke penjual dan pembeli.

    Sekretaris Jenderal idEA, Budi Primawan mengatakan kebijakan ini muncul saat industri e-commerce mengalami tekanan cukup besar. Mulai dari persaingan ketat, perubahan perilaku konsumen dan tantangan pendanaan.

    “Platform mencari cara untuk menjaga keberlanjutan bisnis dan meningkatkan efisiensi operasional,” kata Budi, Selasa (5/8/2025).

    Ia menjelaskan kebijakan ini akan membantu platform menutup sebagian biaya operasional. Di mana biaya-biaya tersebut selama ini ditanggung oleh mereka.

    Kendati demikian, penerapan biaya pesanan bisa berdampak ke konsumen dan pembeli. Untuk pembeli, jika biaya ini dianggap sebagai tambahan beban, dampaknya bisa menekan minat belanja atau mendorong pembeli lebih selektif.

    Sementara itu, untuk penjual ada potensi penyesuaian harga. Dengan begitu, penjual bisa menjaga margin tetap seimbang.

    idEA mendorong agar kebijakan baru ini bisa dikomunikasikan kepada penjual dan pembeli secara jelas. Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan platform.

    “Ke depan, idEA mendorong agar setiap kebijakan baru dikomunikasikan dengan jelas kepada penjual dan pembeli, serta diimbangi dengan peningkatan kualitas layanan agar ekosistem e-commerce tetap tumbuh sehat.” kata Budi.

    Tokopedia dan TikTok Shop diketahui akan memberlakukan biaya pemrosesan order senilai Rp 1.250. Biaya tersebut akan berlaku mulai 11 Agustus 2025 mendatang.

    Biaya akan berlaku pada tiap pesanan yang berhasil dikirim, tanpa melihat berapa banyak barang yang dimasukkan dalam satu kali pesanan.

    Langkah serupa juga sudah lebih dulu dilakukan Shopee. E-commerce tersebut juga memberlakukan biaya pemrosesan sebesar Rp 1.250 sejak 20 Juli 2025.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]