Perusahaan: TikTok

  • Aplikasi Ini Ternyata Sarang Judol Terbanyak, Bukan Telegram-Tiktok

    Aplikasi Ini Ternyata Sarang Judol Terbanyak, Bukan Telegram-Tiktok

    Jakarta, CNBC Indonesia – Meta jadi raksasa media sosial dengan konten judi online yang ditemukan hampir setahun terakhir. Dalam laporan Komdigi, Meta memiliki 94.004 konten selama 20 Oktober 2024 hingga 16 September 2025.

    Konten terbanyak ditemukan pada situs dan IP yang mencapai 1,9 juta konten dan File Sharing terdapat File Sharing 97.779 konten. Jumlah keseluruhannya mencapai 2.179.223 konten sudah diblokir dalam periode yang sama.

    Jumlah konten di Meta jauh lebih banyak dibandingkan aplikasi lainnya. Misalnya Telegram dan Tiktok yang berkisar 1.000 konten.

    Meta adalah perusahaan teknologi yang mengelola aplikasi media sosial Instagram, Facebook, WhatsApp, dan Threads.

    Berikut jumlah konten judi online dari periode 20 Oktober 2024-16 September 2025:

    Situs dan IP 1.932.131 konten
    File Sharing 97.779 konten
    Meta 94.004 konten
    Google 35.092 konten
    X 1.417 konten
    Telegram 1.742 konten
    Tiktok 1.001 konten
    Line 14 konten
    Appstore 3 konten

    Konten judi online jadi yang terbanyak di antara konten ilegal lainnya dalam periode yang sama. Direktur Jenderal Pengawasan Digital Komdigi, Alexander Sabar mengatakan jumlah konten ilegal yang telah ditakedown mencapai 2,8 juta konten.

    “Jumlah sebesar itu kalau kita bandingkan misalnya dengan daya tampung Gelora Bung Karno, itu dua kali lipat, 20 kali lipat dari daya tampung Gelora Bung Karno kalau kita mengasumsikan tiap kursi diibaratkan satu konten berbahaya,” jelasnya, Rabu (17/9/2025).

    Dia mengatakan tantangan pemberantasan judi online salah satunya terkait aspek masalah keamanan di ruang digital. Terdapat tiga faktor yakni teknologi, prosedur dan people.

    Terkait teknologi, dia mengatakan pihaknya akan terus mengikuti perkembangannya. Sementara prosedur sudah diterapkan, termasuk aturan hukum.

    “Tetapi sekali lagi, prosedur itu selalu tertinggal dari perkembangan teknologi,” kata Alex.

    Orang juga bisa jadi faktor karena adanya permintaan pada industri judi online. Karena kebutuhan yang ada akan terus dipenuhi oleh pihak lain dan terus berkembang.

    “Yang berikutnya, masyarakat kita sendiri. Bukan mau menyalahkan masyarakat kita, tetapi ini kejadian yang, fakta yang terjadi. Kalau kita melihat prinsip adanya perkembangan atau orang membuat situs judi online, karena ada demand, ada demand di masyarakat. Ini ibaratnya ada kebutuhan dan ada yang memenuhi kebutuhan itu. Dan itu terus berkembang,” dia menuturkan.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Ini kronologi Bima dari dilaporkan hilang hingga ditemukan polisi

    Ini kronologi Bima dari dilaporkan hilang hingga ditemukan polisi

    Jakarta (ANTARA) – Polisi membeberkan kronologi perjalanan Bima Permana Putra (BPP) sejak dilaporkan hilang saat demonstrasi di Kwitang, Jakarta Pusat pada akhir Agustus 2025 hingga ditemukan polisi di Kota Malang, Jawa Timur.

    Kabid Humas Polda Metro Jaya, Brigjen Pol Ade Ary Syam Indradi di Jakarta, Rabu, menyebutkan bahwa Bima meninggalkan Kota Jakarta segera setelah aksi unjuk rasa berakhir, yakni pada 1 September 2025.

    “Bima bekerja sebagai staf pemeliharaan di gudang penyimpanan ikan milik PT. RAS, Penjaringan, Jakarta Utara. Selama periode ini, yang bersangkutan tinggal di mes perusahaan,” katanya.

    Kemudian, pada 1 September 2025, BPP berkendara dari Jakarta menuju Tegal menggunakan sepeda motor pribadinya, Yamaha Aerox.

    Setibanya di Tegal, kata Ade Ary, Bima menginap di Hotel Red Doors dan langsung menjual sepeda motornya dengan sistem tunai di tempat (cash on delivery/COD) di depan hotel dengan harga Rp5 juta melalui akun Facebook Shiba Taiju.

    “Pada 2 September 2025, Bima memesan layanan Grab motor untuk menuju Stasiun Tegal dan melanjutkan perjalanan ke Malang,” kata Ade Ary.

    Setibanya di Malang, Bima beristirahat di Pom Bensin Mergosono. Lalu, ia memesan kamar di Hotel Java Boutique melalui aplikasi Traveloka dan menginap selama dua malam.

    Selanjutnya, pada 5 September 2025, setelah meninggalkan hotel, Bima pergi ke sebuah Vihara di daerah Klenteng Eng An Kiong, Jalan R.E. Martadinata No.1, Kotalama, Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur.

    “Di situ Bima mulai berjualan (mainan) barongsai yang dibelinya dari akun tiktok shop seharga Rp400 ribu,” kata Ade Ary.

    Bima berjualan mulai ​5 – 16 September 2025 di depan Klenteng Eng An Kiong. Untuk beristirahat, ia selalu kembali ke Pom Bensin Mergosono.

    “Pada ​17 September 2025, Bima ditemukan oleh anggota Resmob Polda Metro Jaya di lokasi tempatnya berjualan. Hingga kemudian ia dibawa ke Mapolda Metro Jaya untuk penanganan lebih lanjut,” kata Ade Ary.

    Sebelumnya, tiga orang yang dilaporkan hilang sejak 31 Agustus 2025 itu adalah Bima Permana Putra, Muhammad Farhan Hamid dan Reno Syaputradewo.

    Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
    Editor: Edy Sujatmiko
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Komdigi Bantah Bungkam Kritik di Media Sosial

    Komdigi Bantah Bungkam Kritik di Media Sosial

    Jakarta

    Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) menegaskan bahwa upaya pemberantasan konten negatif yang dilakukan pemerintah, khususnya judi online, tidak akan mengorbankan kebebasan berekspresi masyarakat di ruang digital.

    Hal itu diungkapkan Dirjen Pengawasan Ruang Digital Kementerian Komdigi, Alexander Sabar, saat memberikan perkembangan terbaru upaya pemerintah dalam mengatasi konten negatif di internet dalam satu tahun terakhir.

    “Langkah ini bukan untuk membungkam kritik atau aspirasi rakyat. Demokrasi tetap kita jaga, kritik, aspirasi, dan ekspresi harus tetap hidup. Yang kita tindak tegas adalah konten ilegal dan berbahaya, salah satunya terkait judi online,” kata Alex di Kantor Kementerian Komdigi, Jakarta, Rabu (17/9/2025).

    Sebelumnya, Komdigi telah melakukan pertemuan dengan total ada 16 platform digital yang beroperasi di Indonesia, di antaranya seperti Google, Meta, hingga TikTok. Pertemuan tersebut untuk memperkuat implementasi sistem Saman, sistem moderasi konten yang sudah memasuki tahap uji coba selama satu tahun terakhir.

    Sabar menjelaskan, sistem Saman saat ini masih dalam masa piloting dan akan berakhir bulan depan. Komdigi mengundang seluruh penyelenggara sistem elektronik (PSE) untuk melakukan evaluasi bersama, guna memastikan sistem berjalan optimal dan menutup celah penyalahgunaan.

    “Harapannya, setelah evaluasi selesai, sistem ini bisa dioperasikan penuh bulan depan untuk memastikan ruang digital kita lebih aman,” ujarnya.

    Alex juga mengungkapkan, sejak 20 Oktober tahun lalu hingga 16 September 2025, Komdigi telah menindak lebih dari 2,8 juta konten negatif, dengan 2,1 juta di antaranya merupakan konten perjudian.

    “Kalau dianalogikan, jumlah itu 20 kali kapasitas Stadion Gelora Bung Karno. Ini menunjukkan ancaman yang kita hadapi sangat besar,” tambahnya.

    Ia menegaskan bahwa langkah moderasi ini perlu dukungan publik. “Kami mengajak masyarakat jika menemukan konten judi online untuk segera melaporkannya melalui kanal resmi Komdigi. Bersama-sama kita bisa menjaga ruang digital tetap bersih, sehat, dan mendukung demokrasi,” tegasnya.

    (agt/rns)

  • Dealer Motor Suzuki Berbenah, Bisa Jual 650 Unit per Bulan

    Dealer Motor Suzuki Berbenah, Bisa Jual 650 Unit per Bulan

    Jakarta

    Suzuki bukan anak kemarin sore di industri otomotif Indonesia. Sepak terjang produsen asal Jepang ini tidak perlu diragukan, dan transformasi untuk bisa lebih baik terus dilakukan termasuk dalam industri roda dua atau sepeda motor. Kini Suzuki menunjuk PT Indo SunMotor Gemilang (ISG) sebagai subsidiaries dari PT Suzuki Indomobil Sales.

    Sebagai main dealer sepeda motor Suzuki paling besar dengan jangkauan terluas, PT ISG saat ini telah memiliki total 11 lokasi di Indonesia. Fasilitas serta layanan lengkap meliputi sales, service, dan spare parts (3S). Melalui wajah baru, Suzuki memberi pengalaman menyenangkan dan selalu memuaskan pelanggan.

    “Kantor pusat kami ada di Semarang, Jawa Tengah. Kami memiliki seluruh cabang Suzuki wilayah Jawa dan Sumatera Utara tepatnya di Medan. Tidak menutup kemungkinan kami juga akan memegang wilayah lainnya,” kata Direktur Operasional PT Indo SunMotor Gemilang, Ellya Masula, saat presentasi.

    Saat ini 11 dealer Suzuki motor di bawah PT ISG tersebar di beberapa wilayah:

    Jakarta & Jawa Barat: 4 cabang, termasuk di Sunter Jakarta Utara, Parung, Tajur Bogor, dan Tambun Bekasi.Jawa Tengah & Yogyakarta: 3 cabang, berlokasi di Semarang, Solo, dan Yogyakarta.Jawa Timur: 2 cabang, yaitu di Surabaya dan Malang.Sumatera Utara: 2 cabang, di Medan Adam Malik dan Medan SM Raja.

    “Sebagai salah satu penunjang utama operasional Suzuki Indonesia, ISG berfokus pada pembangunan bisnis sepeda motor yang terpercaya. Caranya dengan memberi kualitas layanan penjualan, servis, dan suku cadang sesuai dengan kebutuhan konsumen. Misi tersebut bertujuan agar kami bisa mewujudkan visi sebagai perusahaan terkemuka di bidang otomotif sepeda motor,” Elliya menambahkan.

    PT ISG Main dealer Suzuki motor. Foto: M Luthfi Andika/detik.com

    Menjadi wajah baru dealer Suzuki motor, ISG memastikan ketersediaan stok semua tipe sepeda motor Suzuki dan melayani pembelian tunai maupun kredit di seluruh wilayah Indonesia. Calon konsumen juga dapat melakukan test ride untuk meyakinkan diri terhadap kenyamanan serta kualitas produk. Penjualan juga dilayani secara daring melalui situs web resmi, berbagai platform media sosial (Facebook, Instagram, TikTok) dan WhatsApp setiap cabang.

    “Total penjualan PT Indo Sunmotor Gemilang dengan 11 cabang rata-rata 650 unit per bulan. Kami memiliki team penjualan di mana produktivitas penjualan sales digital 15 unit per orang per bulan,” terang Elliya.

    Tidak hanya terbatas pada penjualan ke calon konsumen pribadi, ISG juga melayani pembelian dalam jumlah besar baik atas nama perusahaan maupun instansi. Program promo menarik selalu tersedia setiap bulan dengan tema berbeda.

    Pada sisi layanan perawatan kendaraan didukung oleh mekanik dan teknisi bersertifikat global melalui Suzuki Service Qualification System (SSQS). Bengkel resmi berstandar modern telah dilengkapi dengan peralatan lengkap beserta sistem diagnosa canggih seperti Suzuki Diagnostic System II (SDS II) untuk menjamin kualitas servis secara optimal.

    PT ISG Main dealer Suzuki motor. Foto: M Luthfi Andika/detik.com

    Aktivitas servis pun lebih lengkap dengan menyediakan berbagai layanan penunjang. Sebut saja seperti service booking, service contract, dan service kunjung demi kemudahan pelanggan. Menariknya, ISG menjalankan Suzuki Emergency Road Assistant (SERA) yang bekerja sama dengan Halo Suzuki guna memberi layanan towing bagi unit sepeda motor yang sedang mengalami gangguan berat.

    Seluruh outlet ISG menyediakan suku cadang asli (Suzuki Genuine Parts), oli resmi Suzuki Ecstar, serta berbagai aksesori dan souvenir baik untuk unit sepeda motor maupun pengendara. Selain di tempat, pembelian suku cadang juga dapat dilakukan secara daring melalui website resmi ISG ataupun aplikasi MySuzuki.

    “Perluasan jaringan ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan Suzuki dan memperkuat posisi PT Indo Sunmotor Gemilang sebagai dealer terdepan di Indonesia,” ujar Ellya.

    Sebagai catatan, dealer Suzuki motor atau Suzuki roda dua saat ini mencapai 73 dealer. Dengan pembagian wilayah sebagai berikut:

    – Jabodetabek: 15
    – Jawa Barat: 7
    – Jawa Tengah: 10
    – Jawa Timur: 7
    – Bali: 1
    – Indonesia Timur: 2
    – Kalimantan: 15
    – Sulawesi: 7
    – Sumatera: 9

    Penjualan Wholesales roda 2 Suzuki Januari-Agustus 2025:

    – Underbone 150: 4.558 unit.
    – Scooter 110: 2.384 unit.
    – Scooter 125: 2.403 unit.
    – Sport 150: 266 uni.
    – Sport >150: 150 unit.

    (lth/rgr)

  • China Sepakati Divestasi TikTok di AS, Siapa yang Bakal Beli?

    China Sepakati Divestasi TikTok di AS, Siapa yang Bakal Beli?

    Bisnis.com, JAKARTA— Amerika Serikat (AS) dan China dikabarkan telah mencapai kesepakatan untuk mengalihkan kepemilikan TikTok di AS kepada investor lokal. 

    Namun, kesepakatan tersebut rencananya baru akan diumumkan secara resmi setelah Presiden Donald Trump berbicara langsung dengan Presiden China Xi Jinping. Trump juga memberikan tenggat waktu penjualan diperpanjang hingga 16 Desember 2025. Dengan sekitar 170 juta pengguna di AS, sejauh ini TikTok berhasil menghindari ancaman penutupan permanen.

    Meski demikian, pertanyaan masih menggantung, siapa yang akhirnya akan membeli bisnis TikTok di AS?

    Valuasi bisnis TikTok di Negeri Paman Sam diperkirakan bisa melambung hingga lebih dari US$60 miliar atau sekitar Rp985 triliun. Karena itu, tidak sedikit pihak yang disebut berusaha masuk dalam perebutan kepemilikan.

    Melansir laman TechCrunch pada Rabu (17/9/2025), salah satu upaya serius datang dari konsorsium bernama The People’s Bid yang digagas Frank McCourt, mantan pemilik klub baseball Los Angeles Dodgers sekaligus pendiri Project Liberty. 

    Konsorsium ini menekankan pentingnya privasi dan kontrol data pengguna dengan pendekatan berbasis open source. Dukungan datang dari tokoh-tokoh besar seperti Alexis Ohanian, co-founder Reddit, investor Kevin O’Leary, hingga Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web.

    Selain itu, ada pula konsorsium investor AS yang dipimpin Jesse Tinsley, pendiri dan CEO Employer.com. 

    Mereka bahkan menyiapkan tawaran tunai senilai US$30 miliar atau sekitar Rp492 triliun untuk mengakuisisi operasional TikTok di AS. 

    Nama-nama yang terlibat dalam kelompok ini, antara lain David Baszucki, co-founder dan CEO Roblox; Nathan McCauley dari perusahaan kripto Anchorage Digital; hingga kreator YouTube populer Jimmy Donaldson atau yang lebih dikenal sebagai MrBeast.

    Di luar kedua konsorsium tersebut, sederet perusahaan besar juga disebut ikut masuk dalam perebutan TikTok. Amazon, Microsoft, dan Walmart kembali meramaikan bursa setelah sebelumnya sempat tertarik pada 2020. 

    Oracle bahkan disebut sebagai kandidat terkuat untuk menjadi mitra teknologi cloud TikTok di AS, sementara perusahaan teknologi seluler AppLovin disebut mengajukan penawaran dengan dukungan pengusaha kasino Steve Wynn. 

    Ada pula nama Bobby Kotick, mantan CEO Activision, startup mesin pencari Perplexity AI, hingga platform video Rumble yang terang-terangan menyatakan minatnya lewat media sosial. 

    Mantan Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin pun dikabarkan kembali ikut dalam pembicaraan, sementara startup media sosial Zoop yang didirikan Tim Stokely, pendiri OnlyFans, mencoba masuk lewat proposal di tahap akhir.

    Di tengah beragam manuver tersebut, Trump disebut tengah menyiapkan rencana pembentukan “TikTok America,” sebuah entitas baru yang akan dimiliki separuhnya oleh investor Amerika, sementara ByteDance hanya akan memegang sekitar 19,9% saham. Meski begitu, hingga kini, belum ada kesepakatan final.

  • Judol Menggila Gerogoti Warga RI, Jumlahnya 20 Kali Luas GBK

    Judol Menggila Gerogoti Warga RI, Jumlahnya 20 Kali Luas GBK

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) menjaring 2,8 juta konten ilegal selama 20 Oktober 2024 hingga 16 September 2025. Sebagian besarnya merupakan konten judi online, yakni 2,1 juta konten.

    “Sejak 20 Oktober tahun lalu sampai kemarin 16 September, itu ada lebih dari 2,8 juta konten negatif telah kita proses takedown dari ruang digital Indonesia dengan 2,1 juta diantaranya adalah konten perjudian,” kata Direktur Jenderal Pengawasan Digital Kementerian Komdigi, Alexander Sabar, Rabu (17/9/2025).

    Dia menyamakan jumlah itu dengan 20 kali kapasitas Gelora Bung Karno. Artinya ancaman konten negatif yang dihadapi sudah sangat besar.

    “Jumlah sebesar itu kalau kita bandingkan misalnya dengan daya tampung Gelora Bung Karno, itu dua kali lipat, 20 kali lipat dari daya tampung Gelora Bung Karno kalau kita mengasumsikan tiap kursi diibaratkan satu konten berbahaya,” jelasnya.

    “Ini tentunya memberikan gambaran kepada kita bahwa ancaman yang kita hadapi itu sangat besar,” imbuh Alex.

    Berikut jumlah konten judi online dari periode 20 Oktober 2024-16 September 2025:

    – Situs dan IP 1.932.131 konten

    – File Sharing 97.779 konten

    – Meta 94.004 konten

    – Google 35.092 konten

    – X 1.417 konten

    – Telegram 1.742 konten

    – Tiktok 1.001 konten

    – Line 14 konten

    – Appstore 3 konten

    Dalam kesempatan yang sama, Alex mengatakan baru saja melakukan rapat dengan 16 platform digital untuk menegaskan komitmen memperkuat pemberantasan judi online. Ini dilakukan dengan implementasi sistem SAMAN atau Sistem Kepatuhan Moderasi Konten.

    SAMAN tengah dalam proses piloting selama setahun dan akan berakhir bulan depan. Rapat itu untuk melakukan evaluasi pelaksanaan dari sistem tersebut.

    Alex mengatakan SAMAN bekerja dengan amanat undang-undang dan turunan ke PP 71/2019. Platform user-generated content (UGC) terhubung dengan sistem dan akan ada pemberitahuan kepada mereka saat pihak Komdigi menemukan konten negatif untuk diblokir.

    “Untuk yang konten yang menjadi atensi itu 1 x 4 jam, dan yang lainnya di luar yang atensi itu adalah 1 x24 24 jam. Nah yang atensi itu salah satunya adalah judi online. Judi online dan pornografi, utamanya pornografi anak,” jelas Alex.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • 2,1 Juta Konten Judi Online Dilibas, Komdigi Janji Terus Perang

    2,1 Juta Konten Judi Online Dilibas, Komdigi Janji Terus Perang

    Jakarta

    Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mengungkapkan terus mengintensifkan perang melawan judi online (judol) di internet. Berdasarkan laporan terbaru, Komdigi telah men-take down konten bermuatan judol sebanyak 2,1 juta.

    Data tersebut dilakukan dalam periode 20 Oktober 2024 hingga 16 September 2025, lebih dari 2,8 juta konten negatif telah ditangani. Dari jumlah tersebut, 2,1 juta di antaranya merupakan konten perjudian.

    Direktur Jenderal Pengawasan Ruang Digital, Alexander Sabar, mengatakan jumlah tersebut menggambarkan besarnya ancaman judi online. Ia bahkan menganalogikan, jika setiap kursi di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) diibaratkan satu konten berbahaya, maka daya tampung stadion itu pun tidak cukup untuk menampungnya.

    “Sejak 20 Oktober tahun lalu sampai kemarin 16 September itu ada lebih dari 2,8 juta konten negatif telah kita proses take down dari ruang digital Indonesia dengan 2,1 juta di antaranya adalah konten perjudian,” ujar Alexander dalam konferensi pers di kantor Kementerian Komdigi, Jakarta, Selasa (16/9/2025).

    “Jumlah sebesar itu kalau kita bandingkan misalnya dengan daya tampung Gelora Bung Karno itu dua kali lipat, 20 kali lipat dari daya tampung Gelora Bung Karno kalau kita mengasumsikan tiap kursi diibaratkan satu konten berbahaya,” tuturnya.

    Menurutnya, judi online bukan hanya sekadar pelanggaran hukum, tetapi juga ancaman nyata bagi kehidupan sosial. Ia menegaskan banyak keluarga hancur akibat praktik ini, mulai dari anak-anak yang kehilangan masa depan hingga orang tua yang kehilangan harta benda.

    Komdigi saat ini tengah menyiapkan penerapan penuh sistem moderasi SAMAN, yang telah diuji coba selama setahun. Direncanakan bahwa pada bulan depan, sistem ini ditargetkan bisa berjalan penuh, dengan dukungan 16 platform digital termasuk Google, Meta, dan TikTok yang telah dikoordinasikan pada rapat hari ini.

    Alexander memastikan, langkah tegas ini tidak dimaksudkan untuk membatasi kritik publik, melainkan untuk menjaga ruang digital tetap bersih, aman, sehat, dan produktif.

    “(Pertemuan dengan platform digital) untuk menegaskan komitmen kita bersama untuk memperkuat upaya pemberantasan konten negatif, utamanya judi online melalui moderasi dengan implementasi sistem Saman. Tentunya, ini guna melindungi masyarakat serta menjaga ruang digital yang bersih, aman, sehat, dan produktif sesuai ketentuan regulasi,” pungkasnya,

    (agt/agt)

  • Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Huawei Pura 80 Pro dan Ultra – Page 3

    Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga Huawei Pura 80 Pro dan Ultra – Page 3

     Huawei Pura 80 Pro (12GB/512GB) dibanderol dengan harga Rp 14.999.000. Sementara itu, model tertingginya, harga Huawei Pura 80 Ultra (16GB/512GB), dijual Rp 22.999.000.

    Selama periode peluncuran dari 17 September hingga 17 Oktober 2025, pembeli akan mendapatkan penawaran spesial dengan total keuntungan hingga Rp 10 juta. Penawaran ini mencakup bonus Huawei Watch GT 5, trade-in cashback hingga Rp2,5 juta, dan cashback bank hingga Rp2 juta.

    Perangkat ini akan tersedia secara online di HUAWEI Official Store pada e-commerce seperti Shopee, TikTok Shop, Tokopedia, Blibli, Lazada, Eraspace, Erafone.com, dan DatascripMall.

    Pembelian juga bisa dilakukan secara offline melalui jaringan Huawei Authorized Experience Store, Erafone, Urban Republic, Blibli, Digiplus, dan mitra toko lainnya di seluruh Indonesia.

  • Perjalanan TikTok, dari Sempat Diblokir di Indonesia hingga Batal Tutup di AS

    Perjalanan TikTok, dari Sempat Diblokir di Indonesia hingga Batal Tutup di AS

    Bisnis.com, JAKARTA— TikTok melewati perjalanan panjang sejak diluncurkan, mulai dari sempat diblokir di Indonesia pada 2018 hingga terancam ditutup di Amerika Serikat (AS)

    Kini aplikasi tersebut batal dilarang di AS setelah pemerintah setempat mencapai kesepakatan dengan investor lokal yang akan mengambil alih kepemilikan.

    Melansir laman Reuters pada Rabu (17/9/2025) TikTok dikembangkan oleh ByteDance, perusahaan asal China yang didirikan Zhang Yiming pada 2012. Versi awalnya bernama Douyin, yang diluncurkan di pasar domestik pada 2016, sebelum hadir secara global setahun kemudian. 

    Pada 2018, ByteDance mengakuisisi aplikasi asal AS, Flipgram, serta aplikasi lip-sync populer Musical.ly. Integrasi dengan Musical.ly mendorong TikTok meluas ke pasar internasional, termasuk Indonesia. 

    Namun pada tahun yang sama, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sempat memblokir TikTok karena dianggap memuat konten pornografi, penistaan agama, serta konten negatif lainnya. 

    Larangan itu hanya bertahan sepekan, setelah TikTok berkomitmen menghapus konten bermasalah dan membuka kantor perwakilan di Jakarta.

    Popularitas TikTok kemudian terus meningkat. Pada 2019, unduhan globalnya sudah menembus 1 miliar kali dan setahun kemudian melonjak menjadi 2 miliar. Namun, seiring pertumbuhan tersebut, aplikasi ini mulai mendapat pengawasan ketat di sejumlah negara.

    India misalnya, melarang TikTok pada 2020 dengan alasan keamanan nasional setelah bentrokan di perbatasan dengan China.  Kemudian Amerika Serikat (AS) di bawah pemerintahan Donald Trump juga menaruh perhatian besar, dengan kekhawatiran data pengguna bisa diakses oleh pemerintah Beijing. 

    Pada Agustus 2020, Trump bahkan menandatangani perintah eksekutif yang melarang transaksi dengan ByteDance, sembari mendesak agar operasi TikTok di AS dialihkan ke pemilik lokal.

    Sejumlah perusahaan besar, termasuk Microsoft dan Oracle, sempat masuk dalam pembicaraan untuk membeli bisnis TikTok di AS. Meski negosiasi berlarut-larut, ByteDance berhasil mempertahankan operasional aplikasi tersebut, sambil menghadapi berbagai tuntutan hukum dan investigasi terkait perlindungan data anak-anak.

    Pada periode berikutnya, tekanan terhadap TikTok kian kuat. Pemerintahan Joe Biden pada 2024 menandatangani undang-undang yang mewajibkan ByteDance menjual aset TikTok di AS paling lambat Januari 2025, atau aplikasi itu akan dilarang dari toko aplikasi maupun layanan internet di Negeri Paman Sam. 

    TikTok sempat hilang dari App Store dan Google Play di AS pada Januari 2025, namun sehari kemudian kembali aktif setelah Trump yang terpilih kembali sebagai Presiden menyatakan akan memberi jalan keluar bagi aplikasi tersebut.

    Sejak itu, tenggat penjualan berulang kali diperpanjang hingga akhirnya pada pertengahan September 2025, pemerintah AS dan China mencapai kesepakatan awal dalam perundingan di Madrid. 

    Kedua negara sepakat untuk mengalihkan kepemilikan TikTok di AS ke investor lokal, yang akan diumumkan resmi setelah Trump dan Presiden China Xi Jinping berbicara langsung. 

    Trump kemudian menegaskan TikTok tidak akan ditutup di Amerika Serikat, dan tenggat penjualan diperpanjang hingga 16 Desember 2025. Memiliki sekitar 170 juta pengguna di AS, TikTok sejauh ini berhasil terhindar dari ancaman penutupan.

  • Investor AS akan Pegang 80 Persen Saham TikTok, Algoritma Platform bakal Berubah? – Page 3

    Investor AS akan Pegang 80 Persen Saham TikTok, Algoritma Platform bakal Berubah? – Page 3

    Proses ini akan menggunakan teknologi yang dilisensikan dari ByteDance, perusahaan induk TikTok. Kabarnya, perusahaan tersebut sedang melakukan uji coba terhadap aplikasi baru ini.

    Terkait isu keamanan data, Oracle akan bertanggung jawab atas pengawasan data pengguna AS untuk seluruh operasional.

    Untuk diketahui, TikTok dan Oracle telah menjalin kemitraan dalam bidang keamanan data selama bertahun-tahun, menyusul negosiasi sebelumnya antara perusahaan tersebut dan pemerintah AS.