Perusahaan: TikTok

  • Telanjangi Tahanan Gaza, Tentara Israel Langgar Hukum Internasional

    Telanjangi Tahanan Gaza, Tentara Israel Langgar Hukum Internasional

    Jakarta

    Video tahanan Gaza yang ditelanjangi, diikat, dan ditutup matanya telah diunggah secara daring oleh tentara Israel. Video tersebut melanggar hukum internasional, kata para ahli hukum.

    Menurut hukum internasional, tahanan tidak boleh dihina atau dipermalukan secara berlebihan dan dijadikan konsumsi publik.

    BBC Verify memeriksa ratusan video yang dibagikan secara terbuka oleh tentara Israel di Gaza sejak November 2023. Kami memverifikasi delapan video yang memperlihatkan tahanan Palestina.

    Pasukan Pertahanan Israel (IDF) mengatakan telah memberhentikan anggotanya yang telah kami identifikasi. Mereka menambahkan bahwa video semacam itu tidak mewakili nilai-nilainya. Namun, IDF menolak untuk memberikan komentar lebih lanjut.

    Dr Mark Ellis, penasihat PBB terkemuka di bidang pengadilan pidana internasional, mengatakan rekaman video tentara Israel yang kami tunjukkan kepadanya bisa disebut melanggar aturan mengenai cara memperlakukan tahanan perang.

    Tentara yang aktif

    Sebagian besar dari video yang kami analisa menunjukkan adegan pertempuran dan tentara menengok ke dalam rumah-rumah yang ditinggalkan oleh penduduk.

    Salah satu video menunjukkan tentara menembakkan senjata sambil mengenakan kostum dinosaurus. Video lain menunjukkan mereka mendirikan restoran pizza di sebuah rumah Palestina kosong.

    Semua video tersebut diunggah oleh orang-orang yang sedang bertugas atau sebelumnya bertugas sebagai tentara Israel. Mereka bahkan tidak menyembunyikan identitas mereka.

    AFPFoto Ilustrasi: Tentara Israel di dalam gedung sekolah yang dikelola oleh Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA) di Kota Gaza.

    Kami menemukan akun pemilik video dari hasil analisa gambar seorang tahanan Palestina yang dibagikan secara luas dan secara daring di awal pekan ini.

    Hasil pencarian gambar menunjukkan video itu berasal dari akun YouTube milik tentara Israel bernama Yossi Gamzoo Letova.

    Ia telah mengunggah beberapa video dari Gaza sejak awal Desember, termasuk cuplikan pasukannya, yang ia sebut sebagai Batalion Granit 932, yang merupakan bagian dari Brigade Nahal IDF.

    Dalam sebuah video yang diunggah pada 24 Desember 2023, tahanan Palestina dalam cuplikan ditampilkan telanjang dan berdarah dengan tangan terikat dan duduk di kursi saat diinterogasi.

    Baca juga:

    Kami mengidentifikasi lokasi itu sebagai Gaza College, sebuah sekolah di bagian utara Gaza – berdasarkan dekorasi khas serta logo institusi yang terlihat dalam video dan kami cocokkan dengan halaman Facebook-nya.

    Kemudian dalam video yang sama, tahanan terlihat berjalan berbaris tanpa alas kaki menelusuri jalanan Gaza.

    Dalam sebuah pernyataan, IDF mengatakan: “Gambar itu diambil saat interrogasi lapangan. Tersangka tidak terluka. Seorang tentara cadangan memotret dan mengunggah gambar yang bertentangan dengan perintah dan nilai-nilai IDF.

    “Baru-baru ini diputuskan, [tentara] diberhentikan dari tugasnya.”

    Sejumlah video dihapus

    Pada hari yang sama, Letova membagikan video YouTube lain yang menunjukkan ratusan tahanan Palestina yang dikumpulkan di lapangan olahraga. Kami menganalisa video tersebut menggunakan geolokasi dan memverifikasi lapangan itu sebagai Stadion Yarmouk Gaza.

    Sebagian besar dari tahanan yang ada di video telah ditelanjangi dan hanya menggunakan pakaian dalam. Beberapa ditutup matanya dan berlutut di tanah dalam barisan yang teratur, sementara tentara Israel menyaksikan.

    Pada satu titik, sebuah kelompok berisi tiga tahanan perempuan muncul dengan penutup mata dan berlutut di belakang gawang sepak bola dengan bendera Israel berkibar di atasnya.

    YouTubePara tahanan terlihat dalam sebuah video yang diunggah secara daring oleh seorang tentara IDF.

    Seorang tentara Israel muncul beberapa kali dalam video itu. Ia tampaknya sadar bahwa dirinya sedang direkam.

    Dengan membandingkan seragam dan lencana tentara itu dengan gambar-gambar seragam IDF lainnya yang tersedia untuk umum di internet, kami mengidentifikasi dia sebagai seorang letnan kolonel atau komandan batalion.

    Kedua video itu segera dihapus dari halaman YouTube publik Letova setelah BBC menghubungi IDF.

    Kode etik yang berlaku

    Dua video yang diunggah ke Tiktok oleh tentara IDF lainnya mencakup foto tahanan Gaza dengan penutup mata, diselingi foto tentara IDF yang berpose dengan senjata.

    Sebuah video yang diunggah pada 14 Desember, diiringi lagu rap Israel, memperlihatkan para tahanan dengan penutup mata diangkut ke dalam truk pick-up dengan seorang tentara berpose di samping mereka dengan mengacungkan kedua jempol.

    Kami mengidentifikasi tentara itu dari akun media sosialnya sebagai Ilya Blank.

    Baca juga:

    Ilya mengunggah video kedua yang menunjukkan seorang pria dengan penutup mata berada di lantai dan tampaknya dikelilingi tiga tentara IDF.

    Kami telah menemukan sejumlah foto yang dimasukkan dalam videonya berlokasi di Gaza utara.

    Setelah kami menghubungi IDF dan TikTok, video-video itu dihapus.

    Dalam Konvensi Jenewa Ketiga Pasal 13, tertera bahwa para tahanan harus dilindungi setiap saat, terutama dari tindakan kekerasan atau intimidasi dan tidak menjadi subyek “penghinaan dan konsumsi publik”.

    Dr Ellis mengatakan kuncinya berada pada “tidak menjadikan [tawanan perang] tontonan publik” dan tidak “merendahkan mereka atau mempermalukan mereka”.

    Ia menambahkan: “Konsep membawa orang-orang yang hanya mengenakan pakaian dalam, merekamnya dan membagikannya ke publik tentu melanggar ketentuan itu.

    “Aturan yang berlaku tidak dapat – dengan cara apa pun memperbolehkan tindakan seperti ini terjadi.”

    Baca juga:

    Prof Asa Kasher, seorang akademisi Israel yang membantu menulis kode etik pertama IDF, menyebut praktik membagikan foto orang setengah telanjang bertentangan dengan kode etik IDF.

    Ia mengatakan mungkin saja ada kebutuhan militer untuk menelanjangi sementara seorang tahanan untuk memeriksa apakah mereka membawa senjata.

    Namun, dia tidak dapat menemukan alasan untuk “mengambil gambar seperti itu dan membagikannya kepada publik”.

    “Alasan menahan mereka setengah telanjang adalah untuk mempermalukan mereka,” katanya.

    Pengacara hak asasi manusia, Michael Mansfield, mengatakan rekaman itu harus dikaji oleh pengadilan PBB.

    “Ada peraturan yang sangat ketat terkait bagaimana menangani orang-orang yang ditahan sebagai tawanan perang di tengah perang atau konflik, yang jelas sedang terjadi di sini.

    “Dan ketentuan di sini benar-benar mengharuskan Anda harus memperlakukan tahanan dengan hormat,” katanya.

    Kami mengirim enam video ke TikTok, yang mengonfirmasi bahwa semuanya melanggar pedoman komunitas mereka.

    Mereka menyatakan dalam pedomannya, konten “yang berusaha merendahkan korban tragedi kekerasan” tidak ditoleransi. Semua video itu telah menghilang dari platform media sosial tersebut.

    Seorang juru bicara dari YouTube mengatakan mereka telah menghapus puluhan ribu video berbahaya dan menghentikan ribuan akun selama konflik Israel-Gaza, dan bahwa mereka memiliki tim yang bekerja sepanjang waktu untuk memantau beredarnya video berbahaya.

    Laporan tambahan oleh: Paul Brown, Alex Murray, Paul Myers, Richard Irvine-Brown, dan Daniele Palumbo.

    Berita terkait

    (ita/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • HP China Tertekan, Xiaomi Turun Tangan

    HP China Tertekan, Xiaomi Turun Tangan

    New Delhi

    Raksasa teknologi China termasuk produsen smartphone berjaya di berbagai belahan dunia. Akan tetapi di sisi lain, mereka mendapat tekanan besar, terutama dari Amerika Serikat dan juga sedikit banyak di India.

    Sejak tahun 2020, pemerintah India sangat ketat dalam mengawasi bisnis teknologi China di negaranya. Pemicunya adalah sengketa perbatasan yang menyebabkan 20 tentara India dan 4 tentara China meninggal dunia.

    Tahun silam, otoritas India menuding Vivop melanggar beberapa aturan visa dan dituding merugikan India sampai USD 13 miliar. India juga membekukan aset Xiaomi senilai lebih dari USD 600 juta terkait tuduhan pengiriman uang ilegal ke entitas asing.

    Baik Vivo maupun Xiaomi membantah tudingan itu. Aksi lainnya adalah India memblokir lebih dari 300 aplikasi di tahun 2020, termasuk TikTok. Nah berkenaan dengan hal ini, Xiaomi turun tangan.

    Dikutip detikINET dari Reutes, Xiaomi memberitahu pemeirntah India bahwa pembuat komponen smartphone China takut beroperasi di India karena pengawasan yang ketat itu. Xiaomi yang memegang 18% pasar smartphone India, juga menyarankan India memberi insentif pada pabrik dan menurunkan tarif impor untuk komponen ponsel tertentu.

    Xiaomi sendiri merakit smartphone di India, kebanyakan dengan memakai komponen lokal, sebagian lagi diimpor dari China. Presiden Xiaomi India, Muralikrishnan B, menilai India perlu menghadirkan rasa percaya untuk mendorong penyuplai komponen beroperasi di sana.

    “Terdapat kecemasan di antara penyuplai komponen soal mendirikan operasi di India, berasal dari tantangan yang dihadapi perusahaan-perusahaan di India, khususnya yang berasal dari China,” katanya, tanpa menyebutkan perusahaan yang dimaksud.

    “Pemerintah harus mengatasi kekhawatiran itu dan bekerja untuk menanamkan kepercayaan di antara penyuplai komponen asing, mendorong mereka untuk membuat fasilitas manufaktur di India,” tambahnya.

    (fyk/fay)

  • Biden Resmi Gabung TikTok, Temui Pemilih Muda

    Biden Resmi Gabung TikTok, Temui Pemilih Muda

    Jakarta

    Pada hari Minggu (11/02), Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden resmi bergabung dengan aplikasi video pendek TikTok, membahas “Super Bowl NFL” untuk meluncurkan akun barunya yang diperuntukkan menjangkau pemilih muda menjelang pilpres pada bulan November mendatang.

    Peluncuran kampanye kembali Pilpres AS Biden di TikTok itu menjadi penting, karena aplikasi milik raksasa teknologi Cina, ByteDance, sendiri masih dalam peninjauan pemerintah AS imbas potensi masalah keamanan nasional.

    Polemik aplikasi Tiktok di AS

    Beberapa anggota parlemen AS telah lama menyerukan agar aplikasi TikTok ini tidak digunakan, karena adanya kekhawatiran bahwa pemerintah Cina dapat mengakses data pengguna atau mempengaruhi apa yang dilihat orang-orang dalam aplikasi tersebut.

    Tahun lalu, pemerintahan Biden justru meminta badan-badan pemerintahan untuk menghapus TikTok dari ponsel dan perangkat milik pemerintah. Meski TikTok telah bersikukuh bahwa pihaknya tidak akan membagikan data pengguna AS kepada pemerintah Cina dan telah mengambil langkah substansial untuk melindungi privasi para penggunanya.

    Penasihat kampanye Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa timnya bersikukuh akan “terus bertemu dengan para pemilih di mana pun mereka berada,” termasuk di aplikasi media sosial lain seperti platform Meta Instagram, hingga aplikasi milik mantan Presiden AS Donald Trump, Truth Social.

    Menurut salah seorang tim kampanye, pihaknya telah melakukan “tindakan pencegahan keamanan terbaik” untuk seluruh perangkatnya, dan keberadaan akun di TikTok itu merupakan hal yang terpisah dari peninjauan isu keamanan yang sedang berlangsung.

    Sementara calon terdepan dari Partai republik, Trump, bahkan tidak memiliki akun resminya di TikTok.

    Baru bergabung, video Biden viral

    Dalam sebuah tanya-jawab singkat, Presiden AS yang masih menjabat itu diminta untuk memilih salah satu dari dua pilihan. Biden ditanya apakah dia “secara licik merencanakan kecurangan musim ini agar Chiefs memenangkan Super Bowl” atau “Chiefs memang tim sepak bola Amerika terbaik”.

    “Saya akan mendapat masalah jika saya mengatakannya,” jawab Biden dengan candaan. Sejak Minggu (11/02) malam, akun baru itu kini telah mendapat lebih dari 30.500 pengikut, dengan video viral Biden itu sukses ditonton 2,9 juta kali.

    kp/hp (Reuters)

    (ita/ita)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Di Hari Pers Nasional, Menkominfo Ungkap Perpres Publisher Rights Segera Disahkan Jokowi

    Di Hari Pers Nasional, Menkominfo Ungkap Perpres Publisher Rights Segera Disahkan Jokowi

    Jakarta

    Bertepatan dengan Hari Pers Nasional, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengumumkan kabar terbaru aturan publisher rights atau hak penerbit bagi perusahaan media di Indonesia.

    Pemerintah dan pemangku kepentingan telah membahas pengaturan yang berkaitan dengan kerjasama perusahaan pers dan platform digital, seperti Google, Facebook, X atau sebelumnya Twitter, hingga TikTok.

    Menkominfo Budi menyebutkan Rancangan Peraturan Presiden (Perpres) mengenai Publisher Rights akan segera disahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

    “Dalam waktu dekat, dengan seizin Tuhan Yang Maha Kuasa, dan tentu dengan kebijakan Bapak Presiden, kita akan menyambut hari baik itu akan segera datang,” ungkap Budi dalam keterangan tertulis yang diterima detikINET, Jumat (9/2/2024).

    Menurut Budi dalam penggodokan aturan Publisher Rights ini melalui proses diskusi dan pembahasan berlangsung dengan baik untuk mencari titik temu atas perbedaan-perbedaan yang ada.”Saya mengapresiasi konsistensi rekan-rekan sekalian dalam mengawal proses yang sangat panjang ini. Kami telah mendiskusikan hal ini, dan pemerintah sepakat bahwa regulasi ini perlu disahkan sesegera mungkin,” jelasnya.

    Menkominfo menegaskan untuk mewujudkan keberlanjutan media dan jurnalisme berkualitas memerlukan dukungan semua pihak. Melalui Rancangan Perpres Publisher Rights ini diharapkan akan ada payung hukum yang menjadi acuan bersama.

    “Kita ingin memastikan bahwa kerja sama antara perusahaan pers dan platform digital dapat terwujud dan memberi manfaat optimal, dengan kepastian payung hukum di dalamnya,” ucap Budi.

    Disampaikan Menkominfo Budi, Pemerintah juga menyiapkan langkah mitigasi agar pasca pengesahan regulasi, semua pihak bisa menjalankannya dengan optimal.

    “Kita sudah cukup optimis dan Pemerintah berkomitmen untuk memastikan mitigasi dan solusi ini betul-betul bisa berjalan,” tegasnya.

    (agt/agt)

  • Aneka Pertanyaan Konyol Senator AS untuk Bos TikTok

    Aneka Pertanyaan Konyol Senator AS untuk Bos TikTok

    Jakarta

    CEO TikTok Shou Zi Chew dicecar pertanyaan saat rapat di Kongres AS. Tak cuma soal Partai Komunis China, ternyata masih banyak pertanyaan absurd lainnya.

    Yang langsung jadi pemberitaan dunia adalah ketika Senator AS dari Partai Republik Amerika Serikat, Tom Cotton bertanya apakah bos TikTok itu terafiliasi dengan Partai Komunis China. Hal ini langsung dibantah Chew dalam rapat dengar pendapat Rabu (31/1) silam. Perlu dipahami, pemerintah AS melihat TikTok sebagai propaganda China dan cara China melakukan infiltrasi di Amerika.

    Nah, tanya jawab dalam versi yang lebih lengkap beredar luas di media sosial. Aneka pertanyaan dari Cotton ini dinilai konyol oleh netizen. Salah satunya dihimpun Sinar Daily Malaysia, seperti dilihat, Selasa (6/2/2024).

    Inilah tanya jawabnya:

    Cotton: Anda warga negara mana?
    Chew: Singapura.
    Cotton: Anda jadi WN negara lain?
    Chew: Tidak, Senator.
    Cotton: Apa Anda pernah mengajukan jadi WN China?
    Chew: Senator, saya mengabdi pada bangsa saya di Singapura. Saya tidak (daftar jadi WN China-red).
    Cotton: Anda punya paspor Singapura?
    Chew: Iya dan saya ikut wajib militer 2,5 tahun di Singapura.
    Cotton: Punya paspor negara lain?
    Chew: Tidak, Senator.
    Cotton: Istri kamu orang Amerika, anak kamu orang Amerika. Apa kamu pernah daftar jadi WN Amerika?
    Chew: Tidak, belum.
    Cotton: (Berhenti sesaat sebelum bertanya) Apa Anda pernah jadi anggota Partai Komunis China?
    Chew: Senator, saya orang Singapura, tentu tidaklah (dengan mimik muka mulai terganggu).
    Cotton: Apa Anda pernah terkait atau terafiliasi dengan Partai Komunis China?
    Chew: Tidak senator, sekali lagi saya orang Singapura (membuang muka kesal).
    Cotton: Biar saya tanya Anda, apa yang terjadi di Tiananmen Square pada Juni 1989 dengan unjuk rasa besar. Apa ada hal lain yang terjadi di Tiananmen Square?
    Chew: Ya saya pikir itu terdokumentasi dengan baik, ada insiden.

    Tanya jawab ini pun mendapat olok-olok di media sosial terhadap Tom Cotton. Mereka mempertanyakan apakah Cotton rasis, kenapa dia tidak bisa membedakan China dan Singapura, senator AS perlu belajar geografi dll. Banyak juga pertanyaan konyol versi netizen di kolom-kolom komentar.

    “Apakah pernah ke Panda Express? Apa pernah makan chinese food? Apa dasi kamu buatan China?” demikian sebagian pertanyaan ledekan netizen.

    (fay/fyk)

  • Profil Vonny Ernita Susamto, Bos Baru Tokopedia

    Profil Vonny Ernita Susamto, Bos Baru Tokopedia

    Jakarta, CNN Indonesia

    Vonny Ernita Susamto resmi diangkat sebagai direktur utama PT Tokopedia. Ia menggantikan Melissa Siska Juminto, yang kini menjabat sebagai direktur.

    Keputusan itu disampaikan lewat keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (31/1), tak lama setelah TikTok mengakuisisi Tokopedia.

    Lantas siapa Vonny Ernita Susamto?

    Mengutip informasi dari LinkedIn-nya, Vonny bekerja di ByteDance, induk TikTok, sebagai category manager mulai Juli 2021 hingga sebelum diangkat sebagai direktur utama Tokopedia.

    Ia juga sempat bekerja di sejumlah perusahaan, di antaranya Jet Commerce sebagai category manager pada Maret 2019-Maret 2021, Brand Manager Shiseido Cosmetics Indonesia sebagai brand manager pada September 2018-September 2019.

    Vonny juga menjadi co-founder Philosoph pada Januari 2013-2017. Sebelumnya, ia merupakan retail operations manager Club 21 Jakarta dari Januari 2006 hingga Desember 2012.

    Dari sisi latar belakang pendidikan, Vonny merupakan lulusan Bisnis Administrasi dan Manajemen Universitas Pelita Harapan.

    Berikut susunan direksi dan komisaris Tokopedia terbaru.

    Direktur Utama: Vonny Ernita Susamto
    Direktur: Mengzhi Xu
    Direktur: Melissa Siska Juminto

    Komisaris Utama: Wilfred Halim
    Komisaris: Chi-Jen Sung
    Komisaris: Ran Gao
    Komisaris: Sugito Walujo
    Komisaris: Garibaldi Thohir

    TikTok resmi mengakuisisi 75 persen saham Tokopedia yang dimiliki GoTo, seharga US$1,5 miliar atau Rp23,42 triliun (kurs Rp15.617 per dolar AS). Akuisisi terjadi pada Desember 2023 lalu.

    Manajemen GoTo mengatakan bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia kini dikombinasikan di bawah bendera PT Tokopedia.

    Akan tetapi, kembalinya TikTok Shop ke Tanah Air dengan menggandeng Tokopedia ternyata tak mengubah skema mereka berjualan. Perusahaan asal China itu tetap mengusung konsep transaksi di media sosial alias social commerce yang dilarang di Indonesia.

    (fby/pta)

  • Tokopedia Angkat Vonny Ernita Jadi Bos Baru Usai Diakuisisi TikTok

    Tokopedia Angkat Vonny Ernita Jadi Bos Baru Usai Diakuisisi TikTok

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Tokopedia mengangkat Vonny Ernita Susamto sebagai direktur utama baru menggantikan Melissa Siska Juminto. Pengangkatan itu terjadi usai TikTok mengakuisisi Tokopedia.

    Keputusan itu disampaikan lewat keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (31/1).

    Mengutip informasi dari LinkedIn-nya, Vonny merupakan lulusan dari Universitas Pelita Harapan jurusan administrasi bisnis dan manajemen pada 2002.

    Ia memulai karir profesionalnya sebagai retail operations manager Club 21 Jakarta pada 2006 lalu. 

    Ia juga pernah bekerja di ByteDance, perusahaan induk TikTok sebagai category management selama 2 tahun 8 bulan.

    Selain Vonny, Tokopedia juga mengangkat Melissa Siska Juminto sebagai direktur bersama Mengzhi Xu.

    Berikut susunan direksi dan komisaris Tokopedia terbaru.

    Direktur Utama: Vonny Ernita Susamto
    Direktur: Mengzhi Xu
    Direktur: Melissa Siska Juminto

    Komisaris Utama: Wilfred Halim
    Komisaris: Chi-Jen Sung
    Komisaris: Ran Gao
    Komisaris: Sugito Walujo
    Komisaris: Garibaldi Thohir

    TikTok resmi mengakuisisi 75 persen saham Tokopedia yang dimiliki GoTo, seharga US$1,5 miliar atau Rp23,42 triliun (kurs Rp15.617 per dolar AS). Akuisisi terjadi pada Desember lalu.

    Manajemen GoTo mengatakan bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia kini dikombinasikan di bawah PT Tokopedia.

    Akan tetapi, kembalinya TikTok Shop ke Tanah Air dengan menggandeng Tokopedia ternyata tak mengubah skema mereka berjualan. Perusahaan asal China itu tetap mengusung konsep transaksi di media sosial alias social commerce yang dilarang di Indonesia.

    (fby/agt)

  • INDEF: Kampus UMKM Shopee Program Pelatihan Terpopuler di Indonesia

    INDEF: Kampus UMKM Shopee Program Pelatihan Terpopuler di Indonesia

    Jakarta, CNN Indonesia

    Institute for Development for Economics and Finance (INDEF) melalui riset bertajuk Peran Platform Digital terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia mencatat bahwa program pelatihan yang diadakan Shopee menjadi yang paling banyak diketahui pelaku usaha mikro kecil, dan menengah (UMKM), dibandingkan program pelatihan dari e-commerce lain.

    Platform e-commerce seperti Shopee, Lazada, serta Tokopedia selama ini telah berkontribusi aktif melalui berbagai program pelatihan UMKM, yang bertujuan membantu UMKM naik kelas hingga ke pasar global.

    Tiga program pelatihan UMKM yang paling banyak diketahui, adalah Kampus UMKM (Ekspor) Shopee sebesar 25,98 persen, Program Ekspor Shopee (17,32 persen), dan Sekolah Kilat Seller Tokopedia (6,30 persen).

    Riset yang sama memperlihatkan, 34,65 persen dari total responden UMKM mengetahui informasi terkait inisiatif program pelatihan UMKM yang diadakan platform e-commerce. Adapun beberapa program pelatihan itu antara lain, Blibli University, Kampus UMKM (Ekspor) Shopee, Sekolah Kilat Seller Tokopedia, Seller University Tiktok, dan Lazada University.

    Melalui pelatihan itu, para UMKM bisa mendapat pengetahuan mulai dari topik paling mendasar seperti membuat toko di e-commerce, cara pengelolaan, hingga trik penggunaan fitur dan program kampanye untuk meningkatkan pesanan sampai menjangkau pelanggan di luar negeri.

    Secara umum, riset INDEF tersebut mengungkapkan bahwa platform digital memberi kontribusi positif terhadap perkembangan UMKM, antara lain melalui peningkatan omzet dan penciptaan lapangan kerja baru.

    Riza Damanik, Staf Ahli Hubungan Antar Lembaga, Kementerian Koperasi dan UKM. (Foto: dok. Istimewa)

    Staf Ahli Hubungan Antar Lembaga, Kementerian Koperasi dan UKM, Riza Damanik mengatakan, kolaborasi antara pemerintah dengan perusahaan digital mutlak diperlukan terkait pendampingan pada proses digitalisasi UYMKM.

    Menurut Riza, inisiatif kolaborasi itu sudah dan masih berjalan sampai saat ini.

    “Kami juga berusaha mendorong mereka untuk semakin aktif dan terlibat untuk terus melakukan pendampingan, selain yang sudah dilakukan oleh pemerintah. Kita berharap engagement-nya juga bisa semakin besar,” katanya.

    Saat ini, pelaku UMKM disebut masih menghadapi tantangan dalam optimalisasi penggunaan platform digital, antara lain mencakup persaingan yang ketat antar UMKM dalam platform digital (96,46 persen), serta keterampilan tenaga kerja yang kurang terkait penggunaan platform digital (83,46 persen).

    Sejalan dengan data itu, Status Literasi Digital di Indonesia 2023 melalui survei kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Katadata Insight Center (KIC) menyampaikan, nilai total indeks literasi digital Indonesia pada 2023 berada di level 3,65, yang tergolong rendah pada upaya mencapai target indeks maksimal di level 5.

    Riza mengakui, peningkatkan kemampuan digital UMKM itu membutuhkan kerja sama dan keterlibatan seluruh pihak, mulai pemerintah, sektor industri, hingga masyarakat. Karena itu, program pelatihan digital UMKM yang diadakan platform e-commerce itu dinilai membantu mendorong upaya tersebut.

    Terlebih, Kementerian Koordiantor Bidang Perekonomian sebelumnya menyatakan, Indonesia menargetkan 50 persen UMKM jadi digital pada 2030 mendatang.

    (rea/rir)

    [Gambas:Video CNN]

  • Riset INDEF, 50 Persen UMKM Pilih Shopee Sebagai Tempat Jualan Online

    Riset INDEF, 50 Persen UMKM Pilih Shopee Sebagai Tempat Jualan Online

    Jakarta, CNN Indonesia

    Shopee menjadi platform utama bagi pelaku UMKM berjualan online. Hal ini terungkap dalam riset Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) bertajuk “Peran Platform Digital Terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia”.

    Adapun riset tersebut menemukan 50 persen UMKM atau lebih dari setengah total responden memilih Shopee sebagai platform utama yang digunakan untuk berjualan online dalam satu tahun terakhir.

    Selain aplikasi e-commerce, para pelaku UMKM juga aktif menggunakan media sosial seperti Facebook Marketplace dan Instagram Marketplace sebagai platform berjualan online.

    Peneliti Center of Digital Economy and SMEs INDEF Izzudin Farras mengatakan, digitalisasi UMKM telah mendorong ekonomi digital di Indonesia terus menunjukkan pertumbuhan yang positif dari tahun ke tahun.

    Bahkan, Google, Temasek, dan Bain memproyeksikan nilai ekonomi digital Indonesia akan tumbuh menjadi US$ 109 miliar pada 2025. Kemudian pada 2030, ekonomi digital Indonesia diperkirakan akan menyentuh angka US$ 210 miliar hingga US$ 360 miliar.

    Menurut dia, pertumbuhan tersebut tak terlepas dari tingginya nilai transaksi sektor e-commerce, yang telah menjadi kontributor utama dalam ekosistem ekonomi digital tanah air.

    Kehadiran platform e-commerce ini, kata dia, juga telah membuka banyak peluang bagi pelaku UMKM untuk semakin mengembangkan bisnisnya secara online.

    Selain aplikasi e-commerce Shopee, aplikasi media sosial seperti Facebook Marketplace (33,46 persen), Instagram Shop (28,74 persen), dan TikTok Shop (20,87 persen) menempati posisi kedua hingga keempat secara berurutan, sebagai tempat berjualan online yang paling banyak digunakan oleh pelaku UMKM selama satu tahun terakhir.

    Aplikasi media sosial Facebook dan Instagram ini memungkinkan para penggunanya melakukan pemasaran bisnis melalui berbagai fitur seperti Feed, Story, maupun Marketplace/Shop.

    Riset INDEF tersebut juga menganalisis tempat berjualan online yang “paling sering digunakan”. Berdasarkan hasil riset, Shopee konsisten menempati posisi pertama sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan oleh para pelaku UMKM.

    Shopee meraih 36,22 persen, diikuti oleh Facebook Marketplace (18,50 persen) dan Online Food Delivery (16,93 persen) seperti GoFood, GrabFood, dan ShopeeFood.

    Diskusi Publik Riset INDEF: Peran Platform Digital Terhadap Pengembangan UMKM di Indonesia. (Foto: Arsip Istimewa).

    Merujuk pada hasil riset INDEF, pelaku UMKM memiliki tiga alasan utama mengapa mereka menerapkan digitalisasi dalam bisnisnya. Tiga alasan utama tersebut meliputi kepraktisan dalam berjualan secara online (79,13 persen).

    Kemudian, eksposur/trafik yang lebih luas (72,83 persen), dan potensi pertumbuhan bisnis yang lebih cepat (69,69 persen).

    Dalam kesempatan ini Izzudin mengatakan, terlepas dari pertumbuhan ini, keterampilan digital tetap menjadi tantangan bagi UMKM untuk bisa masuk dalam digitalisasi.

    “Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pelaku UMKM untuk menghadapi persaingan bisnis adalah dengan mengikuti program edukasi atau pelatihan UMKM yang diadakan oleh berbagai platform e-commerce,” katanya dikutip Senin (28/1).

    Berdasarkan riset tersebut, beberapa tantangan utamanya adalah ketatnya persaingan antar pelaku usaha dalam platform digital (96,46 persen) dan kurangnya keterampilan tenaga kerja dalam penggunaan platform digital (83,46 persen).

    Namun demikian, Izzudin juga mengatakan bahwa kini sudah semakin banyak pelaku UMKM yang sadar akan pentingnya penggunaan platform digital dan dampak positif digitalisasi dalam bisnis mereka.

    Oleh karena itu, para pelaku UMKM diharapkan dapat terus melakukan inovasi dari segi produk, layanan hingga strategi untuk menggaet pelanggan di tengah persaingan bisnis online yang semakin ketat.

    (inh/inh)

  • TikTok PHK 60 Karyawan Awal Tahun Ini

    TikTok PHK 60 Karyawan Awal Tahun Ini

    Jakarta, CNN Indonesia

    TikTok melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) pada 60 karyawan demi menekan biaya operasional pada awal 2024 ini.

    Mengutip NPR, Selasa (23/1), sebagian karyawan yang terdampak berasal dari divisi penjualan dan periklanan.

    Juru bicara TikTok mengatakan sejumlah karyawan yang terkena PHK itu adalah pekerja di Los Angeles, New York, Austin, dan luar negeri.

    TikTok adalah salah satu aplikasi paling populer di AS. Perusahaan itu memiliki sekitar 7.000 karyawan di negara tersebut.

    Perusahaan induknya yang berbasis di Tiongkok, yakni raksasa teknologi ByteDance, memiliki lebih dari 150 ribu pekerja yang tersebar di seluruh dunia.

    Hubungan TikTok dengan ByteDance selama bertahun-tahun telah membuat layanan ini menjadi perhatian para pejabat di Washington. Pasalnya, para pejabat AS khawatir TikTok mengganggu keamanan nasional.

    TikTok sendiri mengklaim memiliki lebih dari 150 juta pengguna aktif di AS. Dan dengan nilai aset US$225 miliar, ByteDance diperkirakan menjadi perusahaan swasta paling berharga di dunia.

    Kendati, pada akhir tahun lalu ByteDance pun berencana melakukan PHK pada sejumlah pekerja. Hal ini tak lepas dari perusahaan akan restrukturisasi bisnis game mereka dengan menyuntik mati Nuverse pada Desember.

    Keputusan itu diambil karena mereka ingin fokus ke bisnis inti. Kebijakan tersebut berdasarkan sumber yang mengetahui rencana itu akan mengakibatkan ratusan karyawan terkena PHK.

    Mengutip CNN.com, sumber itu mengatakan informasi itu ia buat berdasar pengumuman internal perusahaan yang dirilis pada 27 November 2023.

    Namun, sumber tersebut menambahkan bahwa meskipun ditutup, Nuverse masih akan mempertahankan beberapa operasinya, termasuk staf yang akan fokus pada inisiatif eksplorasi.

    (mrh/agt)