Perusahaan: TikTok

  • Apple Desak TikTok Naikkan Rekomendasi Usia dari 12 ke 17 Tahun ke Atas, Terungkap Fakta Mengejutkan! – Page 3

    Apple Desak TikTok Naikkan Rekomendasi Usia dari 12 ke 17 Tahun ke Atas, Terungkap Fakta Mengejutkan! – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – TikTok tengah menghadapi tuntutan dari 14 negara bagian Amerika Serikat (AS) dengan tuduhan bisa merusak kesehatan mental pengguna muda.

    Namun, mereka bukan satu-satunya yang berpikir demikian. Apple juga mendesak TikTok untuk menaikkan rekomendasi usia dari 12 tahun ke atas menjadi 17 tahun ke atas.

    Menurut laporan The Washington Post, dikutip dari Engadget, Jumat (1/11/2024), komentar dari Apple muncul dalam gugatan Carolina Selatan terhadap TikTok dan seharusnya disunting, tetapi komentar tersebut tidak sengaja dipublikasikan.

    Pada 2022, Apple meminta tim untuk meninjau peringkat usia TikTok dan menemukan platform tersebut memiliki konten dewasa atau sugestif yang sering atau intens.

    Apple menambahkan, “Kami harap Anda akan mempertimbangkan untuk membuat perubahan yang diperlukan untuk mengikuti Pedoman Peninjauan App Store dan akan mengirimkannya kembali.”

    Dalam laporannya, The Washington Post tidak mengetahui semua detail tentang apa yang diminta Apple karena hanya beberapa konten yang disunting yang dipublikasikan.

    Namun, ada banyak bukti dalam dokumen yang tidak disunting tentang TikTok yang tidak sesuai dengan usia.

    Faktanya, orang luar dan karyawan TikTok sendiri mempermasalahkan apa yang dilakukan perusahaan untuk mengurangi konten seperti kata-kata kasar dan gangguan makan.

    Pertama ditemukan dalam satu dari setiap 50 peringatan pop-up yang diterima anak di bawah umur di AS dan Inggris dalam waktu satu bulan.

    Kelompok advokasi Accountable Tech menemukan informasi soal aplikasi TikTok yang tidak sengaja dipublikasikan dan membagikannya dengan The Washington Post.

     

  • BPJPH: Produk nonhalal dikecualikan dari wajib sertifikasi halal

    BPJPH: Produk nonhalal dikecualikan dari wajib sertifikasi halal

    Dalam Pasal 2 ayat 3, produk yang tidak bisa disertifikat halal ya wajib diberi keterangan tidak halalJakarta (ANTARA) – Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Haikal Hassan mengatakan bahwa produk nonhalal dikecualikan dari wajib sertifikat halal.

    Haikal saat jumpa pers di Jakarta, Jumat mengatakan bahwa merujuk UU Nomor 33 Tahun 2014 Pasal 4 tegas menyatakan seluruh produk yang masuk, beredar dan diperdagangkan di wilayah Indonesia wajib bersertifikat halal, dengan batasan dan ketentuan yang jelas.

    Dia menyebutkan bahwa berdasarkan UU tersebut yang dimaksud dengan produk yaitu makanan, minuman, kosmetik, obat yang diedarkan di Indonesia, didistribusikan, diperjualbelikan, harus bersertifikat halal.

    “Namun, pelaku usaha yang memproduksi produk dari bahan tidak halal atau nonhalal tentu dikecualikan dari mengajukan sertifikat halal,” kata Haikal.

    Hal itu merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 42 Tahun 2024 Pasal 2 ayat 2 menyatakan bahwa produk yang berasal dari bahan yang diharamkan dikecualikan dari kewajiban bersertifikat halal. Kemudian wajib diberikan keterangan tidak halal, seperti pada ayat 3 pasal tersebut.

    “Yang enggak halal bagaimana? Lihat Pasal 2 ayat 2 bahwa produk yang dikategorikan tidak halal, dikecualikan. Dalam Pasal 2 ayat 3, produk yang tidak bisa disertifikat halal ya wajib diberi keterangan tidak halal. Sesimpel itu,” kata Haikal.

    “Jadi yang jualan babi, mohon maaf, silahkan enggak ada masalah, katakan itu dari babi,” lanjut pria yang biasa disapa Babe Haikal tersebut.

    Terkait hal itu, ia mengaku telah mendapatkan kiriman pesan di Tiktok yang menyebutkan ada seorang wanita penjual kuas dan kuasnya bertuliskan “dari bulu babi”. Ia menilai, hal itulah yang seharusnya dilakukan karena telah sesuai prosedur.

    “Ini yang benar, sehingga melindungi segenap tumpah darah Indonesia itu amanat negara dan amanat UUD 1945 yang sekarang telah dijalankan oleh kabinet ini,” kata Haikal.

    Baca juga: BPJPH kembali menegaskan wajib halal telah berlaku
    Baca juga: Babe Haikal, Kepala BPJPH baru dan upaya RI jadi pusat halal global
    Baca juga: BPJPH akan data pelaku usaha yang belum urus sertifikasi halal

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2024

  • Inspiratif, Mantan Kuli Bangunan Ini Sukses Jadi Influencer Beromzet Puluhan Juta

    Inspiratif, Mantan Kuli Bangunan Ini Sukses Jadi Influencer Beromzet Puluhan Juta

    Liputan6.com, Sumedang – Tidak ada kata menyerah dalam kamus hidup Rega Satria Nugraha, mantan kuli bangunan yang sukses menjadi public figure dan influencer, berpenghasilan hingga puluhan juta rupiah per bulan, lewat jasa pengoptimalan media sosial dan SEO. Bagi anak muda asal Sumedang, Jawa Barat itu, keterbatasan ekonomi bukanlah penghalang untuk hidup sukses dan menjadi inspirasi bagi orang lain. Baginya, rintangan, cibiran, penolakan, seolah menjadi bumbu kehidupan untuk meneguhkan dirinya menjadi sukses dan mandiri di kemudian hari.

    Lahir di kota Tahu Sumedang, 25 tahun silam, Rega muda awalnya memendam asa mengabdi negeri menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI). Baginya, melindungi orang lain dan memiliki banyak teman, adalah hal lumrah bagi seorang laki-laki. “Aku latihan setiap hari, menyiapkan fisik untuk menjadi tentara, namun faktor ekonomi harus mengubur impian saya sejak itu,” ujar dia.

    Himpitan ekonomi yang mendera keluarganya, menuntun Rega untuk mulai mandiri dengan ragam kerjaan sampingan yang dijalani, hanya untuk sebatas menyambung hidup. “Kadang karena faktor ekonomi, saya sering minder hingga mengbiskan waktu seorang diri,” ujar dia mengenang.

    Akhirnya, pertemuannya dengan Tiktok saat melihat adik perempuannya nampak enjoy menggunakan aplikasi media sosial asal negeri Panda Cina tersebut, mulai mengubah peruntungan hidupnya. “Saya coba membuat konten di TikTok tanpa menampilkan wajah atau suaranya, hanya kata-kata motivasi, tak disangka dalam waktu singkat, akun TikTok saya mencapai 100.000 pengikut,” ujar dia.

    Sontak raihan itu seolah menjadi obat pelipur lara dari rentetan perjuangannya selama ini, hingga mulai mendapatkan ajakan kerja sama dari berbagai produk untuk menjual produk mereka. “Itu penghasilan pertama saya di media sosial melalui tiktok,” kata dia.

    Namun, mujur tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak, dunia media sosial tidak selamanya mulus. Penonton konten tiktok miliknya menunjukkan tren penurunan seiring perubahan niche konten miliknya hingga memengaruhi engagement. “Aku putuskan untuk menjual akun TikTok-ku dan mencoba peruntungan di Jakarta,” ujarnya.

  • Bagaimana Prospek Belanja Online ke Depan?

    Bagaimana Prospek Belanja Online ke Depan?

    Jakarta

    Berbagai inovasi teknologi dan program yang dihadirkan oleh perusahaan e-commerce terus membantu memberikan pengalaman belanja yang lebih mudah dan tanpa batas.

    Sepanjang tahun 2024 ini saja, para pemain e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan TikTok Shop terus menghadirkan rangkaian kampanye dan penawaran menarik yang menjadi strategi mereka dalam mengakuisisi pengguna baru. Akan tetapi, memenuhi kepuasan dan menciptakan retensi konsumen yang loyal dibutuhkan pendekatan yang lebih holistik.

    Ipsos membeberkan aspek esensial bagi responden dalam menentukan tingkat kepuasan belanja online mereka, serta e-commerce mana yang memiliki strategi tepat dan konsisten. Hasil yang disampaikan nantinya diharapkan akan membantu masyarakat dalam menyambut festival belanja online akhir tahun bersama e-commerce dengan pengalaman belanja holistik terbaik.

    Lantas, platform e-commerce seperti apakah yang menjadi pilihan masyarakat? Aspek aspek apa sajakah yang juga mempengaruhi dan dinilai penting oleh responden dalam menentukan tingkat kepuasan berbelanja online mereka?

    Berdasarkan hasil riset terakhir dari Ipsos Indonesia, Shopee dianggap oleh pengguna sebagai platform e-commerce yang paling memuaskan dalam memberikan pengalaman belanja online yang holistik. Riset Ipsos yang bertajuk “Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce” dan diadakan pada bulan Juni 2024 lalu, menunjukkan bahwa Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman berbelanja online.

    Keunggulan Shopee ini juga didukung oleh data, dimana Shopee (62%) menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%). Adapun indikatornya lainnya adalah:

    Platform e-commerce yang memberikan keamanan dan kenyamanan dalam belanja online Ketika membeli barang tanpa bisa melihat nya secara langsung, keamanan dan kenyamanan menjadi salah satu aspek yang dinilai penting oleh responden dalam belanja online.

    Memiliki ragam layanan pengiriman yang bisa dipilih konsumen menjadi tolak ukur dalam memberikan rasa aman dan nyaman ketika berbelanja. Pada indikator Ragam pilihan layanan pengiriman, Shopee (66%) unggul dan dinilai menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap, disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (10%), dan TikTok Shop (7%).

    Keamanan dan kenyamanan yang mampu ditawarkan platform e-commerce juga dinilai dari Ragam metode pembayaran. Lebih dari setengah responden menilai Shopee (64%) unggul sebagai platform e-commerce dengan pilihan metode pembayaran yang paling beragam, diikuti Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%).

    Executive Director Ipsos Indonesia Andi Sukma mengatakan metode pembayaran Cash on Delivery (COD) semakin marak digunakan dan paling menarik perhatian para responden. Sejalan dengan fakta ini, Shopee (66%) juga menjadi platform e-commerce dengan metode pembayaran COD yang dinilai paling memuaskan, diikuti oleh Tokopedia & Lazada sebesar 12%, dan yang terakhir adalah TikTok Shop 10%. Riset IPSOS yang dilakukan pada awal Juni 2024 lalu juga menemukan beberapa aspek lain yang menjadikan Shopee terdepan dalam keamanan dan kenyamanan belanja online.

    Pengalaman belanja yang memuaskan dirasa belum lengkap tanpa pengiriman yang cepat dan aman, serta proses pengembalian yang mudah. Para responden menilai Shopee (60%) menjadi aplikasi belanja online atau e-commerce yang paling unggul dalam hal kecepatan pengiriman disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (13%) dan TikTok Shop (9%).

    Temuan ini turut didukung oleh Program “Garansi Tepat Waktu” yang menjadi salah satu bentuk wujud komitmen Shopee dalam memberikan kepastian waktu pengiriman bagi penggunanya. Efektivitas program ini pun juga dibuktikan oleh PRESS RELEASE hasil riset IPSOS yang menunjukkan program Garansi Tepat Waktu dari Shopee paling dikenal secara luas oleh 71% responden, jauh melampaui program serupa dari platform e-commerce lain seperti Tokopedia (43%), Lazada (37%), dan TikTok Shop (27%).

    Platform e-commerce yang memiliki fitur belanja online interaktif terbaik seiring dengan berkembangnya teknologi yang mengubah preferensi cara belanja masyarakat, belanja melalui live shopping dan video pendek semakin diminati dan menjadi nilai tambah bagi para pemain e-commerce. IPSOS menemukan 63% responden menganggap bahwa Shopee menjadi salah satu e-commerce yang menyediakan layanan live streaming terbaik, disusul oleh TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%).

    Selain itu, dalam indikator e-commerce dengan fitur video pendek paling menarik, Shopee juga jauh unggul dengan 61%, diikuti TikTok Shop (18%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%).

    “Platform e-commerce yang menyediakan ragam toko resmi masyarakat akan semakin puas ketika belanja melalui e-commerce yang memiliki kelengkapan produk dan kategori yang mampu menjawab berbagai kebutuhan yang diinginkan,” kata dia Andi dalam laporan Ipsos ditulis Kamis (31/10/2024).

    Dalam indikator ini, Shopee juga paling unggul dengan persentase sebesar 68% dalam menyediakan toko resmi yang beragam, dibandingkan pesaingnya yaitu Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).

    Dia mengatakan terlihat bahwa para pemain e-commerce bersaing melalui teknologi dan inovasi program untuk menarik hati masyarakat. Namun, yang akan dicari oleh masyarakat hanya yang bisa menciptakan perasaan puas pada pengalaman berbelanja online.

    “Kepuasaan melalui berbagai aspek penting yang mampu dipenuhi oleh Shopee, membuat Shopee unggul sebagai pilihan utama konsumen Indonesia untuk menciptakan pengalaman belanja online yang holistik dan terpercaya. Strategi ekosistem yang dihadirkan Shopee untuk memuaskan masyarakat menunjukkan kesiapan mereka dalam menghadapi volume tinggi selama periode festival belanja di akhir tahun ini,” ujar dia.

    Meningkatnya minat belanja online membuka peluang besar bagi platform e-commerce untuk terus berkembang dalam meningkatkan kepuasan konsumen. E-commerce juga dinilai masih menjadi tempat berinvestasi yang tepat bagi Penjual untuk memperluas pasarnya dan terus bertumbuh.

    (kil/kil)

  • Langkah Gercep Prabowo Sikat Koruptor Diapresiasi Masyarakat

    Langkah Gercep Prabowo Sikat Koruptor Diapresiasi Masyarakat

    Jakarta, Beritasatu.com – Gebrakan di bidang hukum langsung dihadirkan Presiden Prabowo Subianto dalam 10 hari pertama masa jabatannya. Sejumlah kasus korupsi yang melibatkan beberapa pihak berhasil dibongkar.

    Di antaranya menetapkan seorang tersangka baru dari PT Asset Pacific yang diduga terlibat dalam korupsi izin ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) dan turunannya untuk periode 2021-2022, dengan kerugian negara mencapai Rp 1 triliun. Selain itu, terdapat dua tersangka dari kasus korupsi Dana Desa di Kecamatan Air Besi, Kabupaten Bengkulu Utara, senilai Rp 780 juta.

    Tidak ketinggalan mentapkan lima tersangka dalam kasus Ronald Tannur.

    Selanjutnya, kasus korupsi proyek Tol Padang-Pekanbaru yang merugikan negara sebesar Rp 27 miliar yang menyeret 12 tersangka. Sementara enam tersangka lainnya terlibat dalam produksi emas ilegal PT Antam Tbk. Tersangka lainnya mencakup anggota DPRD Solo, Kevin Fabiano, yang diduga terlibat korupsi dana hibah NPCI sebesar Rp 122 miliar.

    Total 28 tersangka telah ditangkap dan kerugian negara yang berhasil diungkap mencapai sekitar Rp 3,1 triliun.

    Sejak awal masa jabatannya, Prabowo menunjukkan komitmen kuat dalam memberantas korupsi di Indonesia. Ia berjanji untuk menerapkan sistem pengawasan ketat dan menegakkan hukum dengan tegas.

    Sebelumnya, Prabowo mengingatkan kepada semua calon menteri kabinetnya agar tidak mencari uang dari anggaran negara, APBN dan APBD. Peringatan ini disampaikan Prabowo terutama calon menteri dari partai politik yang tergabung dan akan bergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM).

    Peringatan ini ditegaskan Prabowo dalam acara “Forum Legislator PKB” di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Kamis (10/10/2024).

    “Saya sudah sampaikan kepada semua partai yang mau gabung dalam koalisi saya, saya terang-terangan saya katakan semua ketua uUmum semua perwakilan, saya katakan saudara-saudara jangan menugaskan menteri-menteri yang saudara tunjuk di pemerintah yang akan saya pimpin, jangan saudara tugaskan untuk cari uang dari APBN, APBD,” kata Prabowo.

    Langkah cepat pemerintahan Prabowo ini disambut dengan berbagai komentar positif di media sosial, seperti di Instagram dan TikTok.

    “Pak bersih-bersih negara ini ya pak,” tulis akun Instagram @peggycalosa.

    Apresiasi serupa juga diungkapkan akun @devipromesta di TikTok

    “Bayangin untuk makan gratis butuh 1,2 T per tahun, ini dalam 10 hari Bapak udah kumpulin hampir untuk 3 tahun ke depan. Masih ada yang nanya dana dari mana?” tulisnya. 

  • Harga dan Spesifikasi Lengkap di Indonesia

    Harga dan Spesifikasi Lengkap di Indonesia

    Jakarta

    Poco C75 resmi diluncurkan di Indonesia untuk meramaikan pasar entry level. Ponsel ini memiliki desain dan spesifikasi yang familiar karena merupakan versi rebrand dari Redmi 14C yang dirilis akhir September lalu.

    Poco C75 mengusung layar LCD berukuran 6,88 inch. Resolusi layarnya 1640 x 720 (HD+) dengan refresh rate 120Hz dan tingkat kecerahan hingga 600 nits.

    Layar Poco C75 juga mendukung touch sampling rate 240Hz dengan sertifikasi dari TÜV Rheinland. Bagian tengah layar dihiasi notch tetesan air yang menjadikan rasio screen-to-body sebesar 89,7%.

    Poco C75 juga hadir dalam desain dual-tone dengan warna yang sama tapi dengan finish yang berbeda. Salah satu varian warnanya bahkan dihiasi tampilan ala marmer.

    “Walau ini adalah cool series dari Poco kalau dipegang ini kelihatan ganteng banget,” kata Product Marketing Manager Poco Indonesia Jeksen dalam peluncuran Poco C75 di Jakarta, Kamis (31/10/2024).

    Di bagian belakang terdapat dua kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP dan lensa tambahan yang tidak disebutkan secara spesifik. Di bagian depan tersedia kamera 13 MP untuk mengambil selfie dan melakukan video call.

    Sama seperti kembarannya, Poco C75 juga ditenagai chipset MediaTek Helio G81-Ultra yang diklaim memiliki skor lebih dari 270.000 di AnTutu. Chipset ini dikombinasikan dengan RAM hingga 8GB dan memori internal hingga 255GB.

    Rangkuman spesifikasi Poco C75 Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

    Kapasitas RAM Poco C75 bisa diperluas hingga 8GB dengan total RAM sebesar 16GB. Poco juga menyediakan slot microSD untuk menambah kapasitas penyimpanan.

    Kinerja Poco C75 ditenagai baterai sebesar 5.610 mAh dengan waktu standby hingga 21 hari. Pengisian dayanya didukung fast charging 18W dengan teknologi Smart Charging.

    Tidak ketinggalan fitur lainnya seperti LTE, Wi-Fi, Bluetooth, USB-C, NFC, headphone jack 3,5mm, dan sensor sidik jari yang menyatu dengan tombol power.

    Harga dan ketersediaan

    Poco C75 menjalankan HyperOS berbasis Android 14. Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Green dan Black.

    Poco C75 akan tersedia mulai 1 November 2024 pukul 10.00 WIB. Ponsel ini dapat dipesan melalui channel resmi Poco di Shopee, Tokopedia, Blibli, Akulaku, Lazada, TikTok Shop, dan mi.com. Berikut harga Poco C75 di Indonesia.

    Poco C75 6/128GB: Rp 1.399.000 (harga promo)/ Rp 1.449.000 (harga normal)Poco C75 8/256GB: Rp 1.699.000 (harga promo)/Rp 1.749.000 (harga normal)

    (vmp/vmp)

  • Heboh Soal Racun di Buah Impor

    Heboh Soal Racun di Buah Impor

    Jakarta

    Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) menguji beberapa sampel anggur shine muscat yang belakangan ini ramai diperbincangkan. Tindakan ini dilakukan untuk menjawab kegelisahan masyarakat yang terlanjur ketakutan mengkonsumsi buah impor tersebut. Mereka khawatir adanya kontaminasi pestisida berbahaya di buah anggur shine muscat. Dalam proses pengambilan sampel ini, BPOM akan berkoordinasi dengan Badan Karantina Indonesia (Barantin) dan Kementerian Pertanian (Kementan). dalam merespons isu

    Sebelumnya, kegaduhan muncul menyusul temuan 18 jenis residu beracun berdasarkan hasil uji sampel anggur shine muscat impor oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Thailand atau Food and Drug Administration (FDA). Dalam uji lab ini juga ditemukan 23 dari 24 sampel melebihi batas legal untuk satu hingga enam jenis bahan kimia beracun.

    Sementara itu, mengutip detikHealth, diketahui jika Indonesia juga mengimpor buah dari sumber yang sama yaitu China. Berdasarkan data Pusat Data dan Sistem Informasi Badan Karantina Indonesia, pasokan yang masuk sesuai sertifikasi karantina sebanyak 681 ton selama periode Januari hingga September 2024. Jumlah yang masuk tersebut diklaim sudah melalui proses pengawasan dan pemeriksaan badan karantina.

    Terbaru, anggota Komisi IV DPR Daniel Johan meminta Barantin dan BPOM mengambil sampel dan menguji anggur muscat yang beredar di pasar Indonesia. Menurutnya, masyarakat harus diberi kepastian terkait keamanan anggur muscat yang beredar di Indonesia. ia juga mendorong pemerintah untuk menarik peredaran anggur shine muscat dari pasaran jika memang ditemukan kasus yang sama seperti Thailand.

    “Bila ditemukan kandungan yang membahayakan, maka Karantina harus segera memperketat impor dan menarik semua produk dari pasar,” kata Daniel Johan.

    Lalu apa langkah yang akan diambil oleh pemerintah terkait dengan anggur muscat yang sudah tersebar di tengah masyarakat? Benarkah buah impor yang sudah beredar itu berbahaya? Simak diskusi lengkapnya dalam Editorial Review bersama Redaktur Pelaksana detikHealth.

    Beralih ke Jawa Timur, detikSore akan mengulas munculnya fenomena tuyul yang ada di Jember. Diketahui, salah satu jenis makhluk gaib ini menjadi kambing hitam atas hilangnya uang sejumlah warga RT 02 RW 15, Dusun Ampo, Desa Dukuh Mencek, Sukorambi, Jember. Atas hal ini, mereka kompak memasang spanduk atau banner bertuliskan peringatan Rawan Tuyul. Bagaimana kebenarannya? Ikuti laporan langsung jurnalis detikJatim dalam Indonesia Detik Ini.

    Menyemarakkan Halloween, perayaan yang diimpor dari kawasan negara-negara barat, Sunsetalk akan menghadirkan praktisi pengusiran hantu. Bagaimana metodenya? Benarkah ada makhluk tak kasat mata yang selalu memperhatikan gerak-gerik kita? Ikuti cerita lengkapnya jelang matahari terbenam nanti.

    Ikuti terus ulasan mendalam berita-berita hangat detikcom dalam sehari yang disiarkan secara langsung langsung (live streaming) pada Senin-Jumat, pukul 15.30-18.00 WIB, di 20.detik.com dan TikTok detikcom. Jangan ketinggalan untuk mengikuti analisis pergerakan pasar saham jelang penutupan IHSG di awal acara. Sampaikan komentar Anda melalui kolom live chat yang tersedia.

    “Detik Sore, Nggak Cuma Hore-hore!

    (far/far)

  • Riset Ipsos Ungkap E-Commerce dengan Tingkat Kepuasan Paling Tinggi, Siapa Jawaranya? – Page 3

    Riset Ipsos Ungkap E-Commerce dengan Tingkat Kepuasan Paling Tinggi, Siapa Jawaranya? – Page 3

    Adapun dalam laporan ini, Ipsos Indonesia menggunakan beberapa indikator untuk menentukan e-commerce pilihan konsumen di Indonesia. Berikut di antaranya.

    Keamanan dan Kenyamanan

    Faktor kemananan dan kenyamanan menjadi salah satu aspek yang dinilai penting oleh responden dalam belanja online. Ragam layanan pengiriman yang bisa dipilih konsumen disebut bisa jadi tolak ukur dalam memberikan rasa aman dan nyaman.

    Untuk indikator ragam pilihan layanan pengiriman, Shopee unggul dengan persentase 66 persen.

    E-Commerce ini dianggap memiliki pilihan layanan pengiriman paling lengkap dibandingkan Tokopedia (16 persen), Lazada (10 persen), dan TikTok Shop (7 persen).

    Sementara untuk ragam metode pembayaran, ada 64 persen responden yang menilai Shopee unggul. Di bawahnya, ada Tokopedia (15 persen), Lazada (11 persen), dan TikTok Shop (8 persen).

    Ipsos juga mengamati metode pembayaran Cash on Delivery makin marak digunakan dan paling menarik perhatian responden.

    Temuan Ipsos menyebut kalau Shopee (66 persen) juga menjadi platform e-commerce dengan metode pembayaran COD yang dinilai paling memuaskan. Kemudian, diikuti Tokopedia dan Lazada (12 persen), serta TikTok Shop 10 persen.

     

  • Trik Talk BTV: Venna Melinda Klarifikasi Soal Verrel Bramasta yang Asyik Main Ponsel Saat Rapat di DPR

    Trik Talk BTV: Venna Melinda Klarifikasi Soal Verrel Bramasta yang Asyik Main Ponsel Saat Rapat di DPR

    Jakarta, Beritasatu.com – Program Trik Talk kembali hadir di BTV. Kali ini menghadirkan selebritas Venna Melinda yang juga terjun ke dunia politik sejak 2009.

    Kariernya di bidang politik cukup cemerlang. Ia berhasil menjadi anggota DPR selama dua periode berturut-turut. Kini, jejaknya diikuti oleh putra sulungnya, Verrell Bramasta, yang baru saja dilantik sebagai anggota DPR pada 1 Oktober 2024.

    Namun, setelah dilantik, Verrell menjadi sorotan karena isu negatif yang menyebutkan bahwa ia tidak serius saat rapat dan lebih memilih bermain ponsel. Apakah benar Verrell tidak menjalankan tanggung jawabnya dengan baik sebagai anggota DPR? Saksikan Trik Talk pada Kamis (31/10/2024) pukul 18.30 WIB hanya di BTV.

    BTV bisa disaksikan di kanal 26 untuk Jabodetabek, Cilegon, Serang, kanal 29 untuk Bandung dan Palembang, kanal 35 untuk Yogyakarta dan Surakarta, kanal 38 untuk Balikpapan, kanal 39 untuk Semarang, kanal 30 untuk Banjarmasin, kanal 31 untuk Lebak, kanal 32 untuk Surabaya, kanal 34 untuk Medan dan kanal 48 untuk Batam.

    Ayo follow akun media sosial BTV @btvidofficial (IG, Tiktok, Facebook, X), serta subscribe channel Youtube-nya di @BeritaSatuChannel.
     

  • Brasil Gugat Meta dan TikTok: Dianggap Ancam Kesehatan Mental Anak-Anak – Page 3

    Brasil Gugat Meta dan TikTok: Dianggap Ancam Kesehatan Mental Anak-Anak – Page 3

    Sebelumnya, perseteruan antara Elon Musk dengan pemerintah Brasil kembali memanas. Kali ini, platform media sosial X (dulunya Twitter) menjadi korbannya.

    Mengutip The Verge, Minggu (1/9/2024), seorang hakim Mahkamah Agung Brasil, Alexandre de Moraes, memerintahkan pemblokiran X setelah Elon Musk gagal menunjuk perwakilan hukum di negara tersebut.

    Keputusan ini diambil setelah Musk menutup kantor X di Brasil awal bulan ini, sebagai respons atas ancaman penangkapan terhadap perwakilan hukun perusahaan oleh de Moraes.

    de Moraes mengatakan, Badan Telekomunikasi Nasional (Anatel) untuk membatasi akses ke medsos X dalam waktu 24 jam. “Apple dan Google memiliki waktu lima hari untuk menghapus X dari toko aplikasi mereka masing-masing.”

    Selain diblokir, negara ini juga mengenakan denda harian sebesar 50.000 real Brasil atau sekitar USD 8.911 ke pengguna yang mencoba akses X melalui jaringan pribadi virtual (VPN), seperti yang dilaporkan Poder360.

    Pemblokiran X di Brasil menimbulkan pertanyaan serius tentang kebebasan berpendapat di era digital. Musk sendiri mengecam keputusan tersebut, menyebutnya sebagai upaya “menghancurkan demokrasi untuk tujuan politik”.