Perusahaan: TikTok

  • Kesalnya Arief, Sampah yang Ia Sapu Kembali Berserakan karena Pemotor Bandel Naik Trotoar
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        3 November 2024

    Kesalnya Arief, Sampah yang Ia Sapu Kembali Berserakan karena Pemotor Bandel Naik Trotoar Megapolitan 3 November 2024

    Kesalnya Arief, Sampah yang Ia Sapu Kembali Berserakan karena Pemotor Bandel Naik Trotoar
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Bukan hanya sekali Arief Fadhillah (54) menanggung akibat dari ulah pengendara motor bandel yang melintas di trotoar jalan.
    Arief merupakan petugas Pengawasan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan Malaka Sari, Jakarta Timur. Videonya menghardik pengendara motor yang melintas di trotoar jalan viral di media sosial baru-baru ini.
    Arief bercerita, sehari sebelum marah-marah ke pengendara motor, dirinya dibuat repot oleh pemotor yang melintas di trotoar.
    Saat itu, sampah yang sudah Arief kumpulkan di pinggir trotoar berserakan kembali karena tersangkut pijakan kaki motor yang melintas.
    “Sampah saya di dalam karung nyangkut sama
    footsteps
    -nya dia,” kata Arief saat ditemui
    Kompas.com
     di kantor Kelurahan Malaka Sari, Jakarta Timur, Minggu (3/11/2024).
    Sehari-harinya, Arief bertugas membersihkan sekira satu kilometer trotoar di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur.
    Saat itu, dia baru menyelesaikan setengah pekerjaannya. Betapa kesalnya Arief mendapati sampah yang telah dia kumpulkan sejauh 500 meter berserakan kembali karena ulah pemotor bandel.
    “Ada kali, lima meter ketarik sama motornya. Motor Vario, saya inget. Saya harus bersihin lagi sampahnya,” tambah Arief.
    Arief bercerita, untuk menyapu trotoar sepanjang satu kilometer, dia menghabiskan waktu sekira 3-4 jam.
    “Kesel juga waktu itu, saya teriak marah-marah, tapi dia udah jauh jalan,” kata dia.
    Arief menyebut, tak sekali dua kali ia menemui pengendara motor yang bandel. Setiap ia menyapu jalanan, selalu saja ada pemotor yang naik ke trotoar untuk menghindari kemacetan.
    Menurut Arief, para pengendara motor ini kerap nekat melintas di trotoar kendati diawasi petugas Dinas Perhubungan (Dishub) yang berjaga.
    Oleh karenanya, menurut dia, persoalan bukan berada di pengawasan, melainkan kesadaran pengendara.
    Dia berharap, para pengendara motor memiliki kesadaran untuk tertib berlalu lintas. Arief juga ingin, trotoar-trotoar di Jakarta dibuat lebih tinggi agar tidak memberikan celah bagi pengendara motor untuk melintasi trotoar.
    “Itu masalah SDM-nya, bukan petugas. Sempet kok ada petugas, tapi yang bawa motor tetep naik ke trotoar,” tambah dia.
    Sebelumnya diberitakan, sebuah video yang memperlihatkan seorang petugas PPSU menegur pengendara sepeda motor yang melintas di trotoar jalan viral di media sosial. Momen tersebut diabadikan dan diunggah oleh akun Tiktok @jarangriding.
    Dalam video itu, tampak jalanan ramai lancar. Akan tetapi, beberapa pengendara sepeda motor memilih melaju di trotoar.
    Di trotoar, berdiri seorang pria paruh baya mengenakan seragam PPSU warna oranye, lengkap dengan sepatu bot warna senada. Sambil memegang sapu lidi, pria itu menghalau sejumlah sepeda motor yang melintas di trotoar.
    “Turun! Turun!” kata petugas PPSU itu kepada pengendara motor.
    Pria tersebut memerintah dengan nada tinggi sambil menunjuk-nunjuk pengendara motor.
    Si pengendara pun seketika membawa motornya turun dari trotoar, meski terlihat kesulitan karena tinggi trotoar dan jalan berbeda.
    Di belakang pengendara motor tersebut, ada sejumlah pengendara lain yang juga nekat melintasi trotoar.
    Para pengendara motor itu pun tak bisa menghindar dari “semprotan” petugas PPSU. Mereka satu per satu turun dari trotoar setelah kena hardik.
    “Turun! Turun enggak!” kata petugas PPSU tersebut.
    Kepada
    Kompas.com
    , pemilik akun @jarangriding menyebut, peristiwa dalam video itu terjadi di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur, Rabu (30/10/2024) pagi.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Cerita Arief, Petugas PPSU yang Hardik Pengendara Motor Bandel di Trotoar Jalan Jaktim
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        3 November 2024

    Cerita Arief, Petugas PPSU yang Hardik Pengendara Motor Bandel di Trotoar Jalan Jaktim Megapolitan 3 November 2024

    Cerita Arief, Petugas PPSU yang Hardik Pengendara Motor Bandel di Trotoar Jalan Jaktim
    Tim Redaksi
    J
    AKARTA, KOMPAS.com
    – Sebuah video yang memperlihatkan seorang petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) menegur pengendara sepeda motor yang melintas di trotoar jalan viral di media sosial. Momen tersebut diabadikan dan diunggah oleh akun Tiktok
    @jarangriding
    .
    Dalam video itu, tampak jalanan ramai lancar. Akan tetapi, beberapa pengendara sepeda motor memilih melaju di trotoar.
    Di trotoar, berdiri seorang pria paruh baya mengenakan seragam PPSU warna oranye, lengkap dengan sepatu bot warna senada. 
    Sambil memegang sapu lidi, pria itu menghalau sejumlah sepeda motor yang melintas di trotoar.
    “Turun! Turun!” kata petugas PPSU itu kepada pengendara motor.
    Pria tersebut memerintah dengan nada tinggi sambil menunjuk-nunjuk pengendara motor.
    Si pengendara pun seketika membawa motornya turun dari trotoar, meski terlihat kesulitan karena tinggi trotoar dan jalan berbeda. 
    Di belakang pengendara motor tersebut, ada sejumlah pengendara lain yang juga nekat melintasi trotoar.
    Para pengendara motor itu pun tak bisa menghindar dari “semprotan” petugas PPSU. Mereka satu per satu turun dari trotoar setelah kena hardik.
    “Turun! Turun enggak!” kata petugas PPSU tersebut. 
    Kepada
    Kompas.com,
    pemilik akun @jarangriding menyebut, peristiwa dalam video itu terjadi di Jalan I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur, Rabu (30/10/2024) pagi. 
    Arief bercerita, dirinya kala itu naik pitam karena para pengendara sepeda motor yang melintas di trotoar mengganggu pekerjaannya.
    “Saya jadi harus minggir-minggir karena ada motor lewat. Makanya saya marah,” kata Arief saat ditemui di kantor Kelurahan Malaka Sari, Minggu (3/11/2024).
    Arief menyebut, tak sekali dua kali ia menemui pengendara motor yang bandel. Setiap ia menyapu jalanan, selalu saja ada pengendara motor yang naik ke trotoar untuk menghindari kemacetan.
    Bahkan, sehari sebelum insiden marah-marah itu terjadi, Arief bilang, sampah yang sudah dia kumpulkan di pinggir trotoar berserakan kembali karena tersangkut pijakan kaki motor yang melintas. 
    “Ada kali, lima meter ketarik sama motornya. Motor Vario, saya inget. Saya harus bersihin lagi sampahnya,” tambah Arief.
    Arief bercerita, para pengendara motor bandel ini kerap nekat melintas di trotoar kendati diawasi petugas Dinas Perhubungan (Dishub) yang berjaga.
    Oleh karenanya, menurut dia, persoalan bukan berada di pengawasan, melainkan kesadaran pengendara. 
    Dia berharap, para pengendara motor memiliki kesadaran untuk tertib berlalu lintas. Arief juga ingin, trotoar-trotoar di Jakarta  dibuat lebih tinggi agar tidak memberikan celah bagi pengendara motor untuk melintasi trotoar.
    “Itu masalah SDM-nya, bukan petugas. Sempet kok ada petugas, tapi yang bawa motor tetep naik ke trotoar,” tambah dia.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Sambut Hari Belanja Online, E-Commerce Genjot Kualitas Layanan

    Sambut Hari Belanja Online, E-Commerce Genjot Kualitas Layanan

    Jakarta, CNBC Indonesia Kehadiran e-commerce di tengah masyarakat, telah menciptakan transisi kegiatan berbelanja setiap orang dalam memenuhi kebutuhannya. Berbagai inovasi teknologi dan program yang ditawarkan perusahaan e-commerce pun membawa banyak kemudahan belanja dan tanpa batas.

    Akhirnya, e-commerce menjadi andalan masyarakat ketika mencari kebutuhan yang diinginkan tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Sebaliknya, para konsumen juga menjadi bagian penting dalam membangun ekosistem e-commerce yang berkelanjutan. Tanpa basis pengguna yang kuat, mustahil untuk dapat menciptakan transaksi jual-beli yang menguntungkan antara pelaku usaha dengan calon konsumen.

    Maka dari itu, sepanjang tahun 2024 ini saja, para pemain e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan TikTok Shop terus menghadirkan rangkaian kampanye dan penawaran menarik yang menjadi strategi mereka dalam mengakuisisi pengguna baru.

    Akan tetapi, memenuhi kepuasan dan menciptakan retensi konsumen yang loyal dibutuhkan pendekatan yang lebih holistik. Perusahaan e-commerce dituntut untuk mampu berinovasi sesuai dengan perilaku dan preferensi konsumen untuk dapat memberikan pengalaman belanja online terbaik yang dipersonalisasi dari kebutuhan setiap individu.

    Terlebih dalam menyambut kemeriahan belanja akhir tahun, di mana euforia dan antusiasme masyarakat akan belanja online akan semakin meningkat, sedangkan kepuasan konsumen menjadi faktor krusial yang harus dipersiapkan oleh para e-commerce agar mampu bersaing di momen penting ini.

    Keberhasilan suatu e-commerce dalam menempati posisi teratas di tingkat kepuasan belanja online bagi konsumen, tentunya di latar belakangi oleh aspek-aspek yang mempengaruhi.

    Melalui pembahasan kali ini, Ipsos akan mengulik lebih dalam mengenai apa saja aspek esensial bagi responden dalam menentukan tingkat kepuasan belanja online mereka, serta e-commerce mana yang memiliki strategi tepat dan konsisten. Hasil yang disampaikan nantinya diharapkan akan membantu masyarakat dalam menyambut festival belanja online akhir tahun bersama e-commerce dengan pengalaman belanja holistik terbaik.

    Foto: Dok Ipsos

    Lantas, platform e-commerce seperti apakah yang menjadi pilihan masyarakat? Aspek-aspek apa sajakah yang juga mempengaruhi dan dinilai penting oleh responden dalam menentukan tingkat kepuasan berbelanja online mereka?

    Berdasarkan hasil riset terakhir dari Ipsos Indonesia, Shopee dianggap oleh pengguna sebagai platform e-commerce yang paling memuaskan dalam memberikan pengalaman belanja online yang holistik. Riset Ipsos yang bertajuk “Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce” dan diadakan pada bulan Juni 2024 lalu, menunjukkan bahwa Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman berbelanja online.

    Keunggulan Shopee ini juga didukung oleh data, dimana Shopee (62%) menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%).

    Adapun indikatornya lainnya adalah platform e-commerce yang memberikan keamanan dan kenyamanan dalam belanja online. Ketika membeli barang tanpa bisa melihat nya secara langsung, keamanan dan kenyamanan menjadi salah satu aspek yang dinilai penting oleh responden dalam belanja online.

    Memiliki ragam layanan pengiriman yang bisa dipilih konsumen menjadi tolak ukur dalam memberikan rasa aman dan nyaman ketika berbelanja. Pada indikator Ragam pilihan layanan pengiriman, Shopee (66%) unggul dan dinilai menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap, disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (10%), dan TikTok Shop (7%).

    Foto: Dok Ipsos

    Keamanan dan kenyamanan yang mampu ditawarkan platform e-commerce juga dinilai dari Ragam metode pembayaran. Lebih dari setengah responden menilai Shopee (64%) unggul sebagai platform e-commerce dengan pilihan metode pembayaran yang paling beragam, diikuti Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%). Ipsos juga mengamati bahwa metode pembayaran Cash on Delivery (COD) semakin marak digunakan dan paling menarik perhatian para responden. Sejalan dengan fakta ini, Shopee (66%) juga menjadi platform e-commerce dengan metode pembayaran COD yang dinilai paling memuaskan, diikuti oleh Tokopedia & Lazada sebesar 12%, dan yang terakhir adalah TikTok Shop 10%.

    Riset IPSOS yang dilakukan pada awal Juni 2024 lalu juga menemukan beberapa aspek lain yang menjadikan Shopee terdepan dalam keamanan dan kenyamanan belanja online. Pengalaman belanja yang memuaskan dirasa belum lengkap tanpa pengiriman yang cepat dan aman, serta proses pengembalian yang mudah. Para responden menilai Shopee (60%) menjadi aplikasi belanja online atau e-commerce yang paling unggul dalam hal kecepatan pengiriman disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (13%) dan TikTok Shop (9%).

    Temuan ini turut didukung oleh Program “Garansi Tepat Waktu” yang menjadi salah satu bentuk wujud komitmen Shopee dalam memberikan kepastian waktu pengiriman bagi penggunanya. Efektivitas program ini pun juga dibuktikan oleh hasil riset IPSOS yang menunjukkan program Garansi Tepat Waktu dari Shopee paling dikenal secara luas oleh 71% responden, jauh melampaui program serupa dari platform e-commerce lain seperti Tokopedia (43%), Lazada (37%), dan TikTok Shop (27%).

    Indikator selanjutnya adalah platform e-commerce yang memiliki fitur belanja online interaktif terbaik. Seiring dengan berkembangnya teknologi yang mengubah preferensi cara belanja masyarakat, belanja melalui live shopping dan video pendek semakin diminati dan menjadi nilai tambah bagi para pemain e-commerce.

    Dalam hal ini, IPSOS menemukan 63% responden menganggap bahwa Shopee menjadi salah satu e-commerce yang menyediakan layanan live streaming terbaik, disusul oleh TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%). Selain itu, dalam indikator e-commerce dengan fitur video pendek paling menarik, Shopee juga jauh unggul dengan 61%, diikuti TikTok Shop (18%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%).

    Berikutnya, indikator terkait platform e-commerce yang menyediakan ragam toko resmi. Masyarakat akan semakin puas ketika belanja melalui e-commerce yang memiliki kelengkapan produk dan kategori yang mampu menjawab berbagai kebutuhan yang diinginkan.

    Dalam indikator ini, Shopee juga paling unggul dengan persentase sebesar 68% dalam menyediakan toko resmi yang beragam, dibandingkan pesaingnya yaitu Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).

    “Terlihat bahwa para pemain e-commerce bersaing melalui teknologi dan inovasi program untuk menarik hati masyarakat. Namun, yang akan dicari oleh masyarakat hanya yang bisa menciptakan perasaan puas pada pengalaman berbelanja online,” ujar Executive Director Ipsos Indonesia, Andi Sukma dalam keterangan resminya, Minggu (3/11/2024).

    Menurutnya, kepuasan melalui berbagai aspek penting yang mampu dipenuhi oleh Shopee, membuat Shopee unggul sebagai pilihan utama konsumen Indonesia untuk belanja online yang holistik dan terpercaya. Strategi ekosistem yang dihadirkan Shopee untuk memuaskan masyarakat menunjukkan kesiapan mereka dalam menghadapi volume tinggi selama periode festival belanja di akhir tahun ini.

    Dengan begitu, minat belanja online yang mengalami peningkatan membuka peluang besar bagi platform e-commerce untuk terus berkembang dalam meningkatkan kepuasan konsumen. Bahkan, e-commerce juga diyakini masih menjadi tempat berinvestasi yang tepat bagi penjual untuk memperluas pasarnya dan terus bertumbuh.

     

     

    (rah/rah)

  • Menyambut Hari Belanja Nasional, Platform E-Commerce Bersaing Tingkatkan Mutu Layanan

    Menyambut Hari Belanja Nasional, Platform E-Commerce Bersaing Tingkatkan Mutu Layanan

    Jakarta, Beritasatu.com – Sejak hadir di tengah masyarakat, e-commerce telah mengubah cara berbelanja, menciptakan pengalaman yang serba praktis dan tanpa batas. Dengan berbagai inovasi teknologi dan program menarik, e-commerce menawarkan kemudahan yang belum pernah ada sebelumnya. Di mana pun berada, kapan pun dibutuhkan, dan apa pun yang dicari, e-commerce kini menjadi tujuan utama yang siap memenuhi segala kebutuhan dengan cepat dan andal.

    Sebaliknya, para konsumen juga menjadi bagian penting dalam membangun ekosistem e-commerce yang berkelanjutan. Tanpa basis pengguna yang kuat, mustahil untuk dapat menciptakan transaksi jual-beli yang menguntungkan antara pelaku usaha dengan calon konsumen. Maka dari itu, sepanjang tahun 2024 ini saja, para pemain e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan TikTok Shop terus menghadirkan rangkaian kampanye dan penawaran menarik yang menjadi strategi mereka dalam mengakuisisi pengguna baru. 

    Akan tetapi, memenuhi kepuasan dan menciptakan retensi konsumen yang loyal dibutuhkan pendekatan yang lebih holistik. Perusahaan e-commerce dituntut untuk mampu berinovasi sesuai dengan perilaku dan preferensi konsumen untuk dapat memberikan pengalaman belanja online terbaik yang dipersonalisasi dari kebutuhan setiap individu. Terlebih dalam menyambut kemeriahan belanja akhir tahun, dimana euforia dan antusiasme masyarakat akan belanja online akan semakin meningkat, sedangkan kepuasan konsumen menjadi faktor krusial yang harus dipersiapkan oleh para e-commerce agar mampu bersaing di momen penting ini.

    Keberhasilan suatu e-commerce dalam menempati posisi teratas di tingkat kepuasan belanja online bagi konsumen, tentunya di latar belakangi oleh aspek-aspek yang mempengaruhi. Melalui pemaparan kali ini, Ipsos akan mengulik lebih dalam mengenai apa saja aspek esensial bagi responden dalam menentukan tingkat kepuasan belanja online mereka, serta e-commerce mana yang memiliki strategi tepat dan konsisten. Hasil yang disampaikan nantinya diharapkan akan membantu masyarakat dalam menyambut festival belanja online akhir tahun bersama e-commerce dengan pengalaman belanja holistik terbaik.

    Lantas, platform e-commerce seperti apakah yang menjadi pilihan masyarakat? Aspek-aspek apa sajakah yang juga mempengaruhi dan dinilai penting oleh responden dalam menentukan tingkat kepuasan berbelanja online mereka? 

    Riset Ipsos bertajuk ”Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce”.

    Berdasarkan hasil riset terakhir dari Ipsos Indonesia, Shopee dianggap oleh pengguna sebagai platform e-commerce yang paling memuaskan dalam memberikan pengalaman belanja online yang holistik. Riset Ipsos yang bertajuk ”Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce” dan diadakan pada bulan Juni 2024 lalu, menunjukkan bahwa Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman berbelanja online. Keunggulan Shopee ini juga didukung oleh data, dimana Shopee (62%) menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%).

    Adapun indikatornya lainnya adalah:

    Platform e-commerce yang memberikan keamanan dan kenyamanan dalam belanja online

    Ketika membeli barang tanpa bisa melihat nya secara langsung, keamanan dan kenyamanan menjadi salah satu aspek yang dinilai penting oleh responden dalam belanja online. Memiliki ragam layanan pengiriman yang bisa dipilih konsumen menjadi tolak ukur dalam memberikan rasa aman dan nyaman ketika berbelanja. Pada indikator Ragam pilihan layanan pengiriman, Shopee (66%)  unggul dan dinilai menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap, disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (10%), dan TikTok Shop (7%). 

    Keamanan dan kenyamanan yang mampu ditawarkan platform e-commerce juga dinilai dari Ragam metode pembayaran. Lebih dari setengah responden menilai Shopee (64%) unggul sebagai platform e-commerce dengan pilihan metode pembayaran yang paling beragam, diikuti Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%). Ipsos juga mengamati bahwa metode pembayaran Cash on Delivery (COD) semakin marak digunakan dan paling menarik perhatian para responden. Sejalan dengan fakta ini, Shopee (66%) juga menjadi platform e-commerce dengan metode pembayaran COD yang dinilai paling memuaskan, diikuti oleh Tokopedia & Lazada sebesar 12%, dan yang terakhir adalah TikTok Shop 10%.

    Riset IPSOS yang dilakukan pada awal Juni 2024 lalu juga menemukan beberapa aspek lain yang menjadikan Shopee terdepan dalam keamanan dan kenyamanan belanja online. Pengalaman belanja yang memuaskan dirasa belum lengkap tanpa pengiriman yang cepat dan aman, serta proses pengembalian yang mudah. Para responden menilai Shopee (60%) menjadi aplikasi belanja online atau e-commerce yang paling unggul dalam hal kecepatan pengiriman disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (13%) dan TikTok Shop (9%). 

    Temuan ini turut didukung oleh Program “Garansi Tepat Waktu” yang menjadi salah satu bentuk wujud komitmen Shopee dalam memberikan kepastian waktu pengiriman bagi penggunanya. Efektivitas program ini pun juga dibuktikan oleh hasil riset IPSOS yang menunjukkan program Garansi Tepat Waktu dari Shopee paling dikenal secara luas oleh 71% responden, jauh melampaui program serupa dari platform e-commerce lain seperti Tokopedia (43%), Lazada (37%), dan TikTok Shop (27%).  

    Platform e-commerce yang memiliki fitur belanja online interaktif terbaik

    Seiring dengan berkembangnya teknologi yang mengubah preferensi cara belanja masyarakat, belanja melalui live shopping dan video pendek semakin diminati dan menjadi nilai tambah bagi para pemain e-commerce. IPSOS menemukan 63% responden menganggap bahwa Shopee menjadi salah satu e-commerce yang menyediakan layanan live streaming terbaik, disusul oleh TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%). Selain itu, dalam indikator e-commerce dengan fitur video pendek paling menarik, Shopee juga jauh unggul dengan 61%, diikuti TikTok Shop (18%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%). 

    Platform e-commerce yang menyediakan ragam toko resmi

    Masyarakat akan semakin puas ketika belanja melalui e-commerce yang memiliki kelengkapan produk dan kategori yang mampu menjawab berbagai kebutuhan yang diinginkan. Dalam indikator ini, Shopee juga paling unggul dengan persentase sebesar 68% dalam menyediakan toko resmi yang beragam, dibandingkan pesaingnya yaitu Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).  

    Masyarakat akan semakin puas ketika belanja melalui e-commerce yang memiliki kelengkapan produk untuk mampu menjawab berbagai kebutuhan. 

    Executive Director Ipsos Indonesia, Andi Sukma mengatakan para pemain e-commerce bersaing melalui teknologi dan inovasi program untuk menarik hati masyarakat. Namun, yang akan dicari oleh masyarakat hanya yang bisa menciptakan perasaan puas pada pengalaman berbelanja online. 

    “Kepuasaan melalui berbagai aspek penting yang mampu dipenuhi oleh Shopee, membuat Shopee unggul sebagai pilihan utama konsumen Indonesia untuk belanja online yang holistik dan terpercaya. Strategi ekosistem yang dihadirkan Shopee untuk memuaskan masyarakat menunjukkan kesiapan mereka dalam menghadapi volume tinggi selama periode festival belanja di akhir tahun ini,” ujar Andi.

    Semakin tingginya minat berbelanja secara online menciptakan peluang besar bagi platform e-commerce untuk terus maju dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. E-commerce juga dianggap tetap menjadi tempat investasi yang ideal bagi penjual untuk memperluas jangkauan pasarnya dan terus berkembang.

  • Sambut Harbolnas, E-Commerce Berlomba Tingkatkan Kualitas Layanan

    Sambut Harbolnas, E-Commerce Berlomba Tingkatkan Kualitas Layanan

    Jakarta

    Perusahaan e-commerce terus menghadirkan berbagai inovasi teknologi dan program untuk memberikan pengalaman belanja yang lebih mudah dan tanpa batas. Di mana pun dan kapan pun masyarakat membutuhkan sesuatu, e-commerce dapat jadi pilihan utama yang bisa diandalkan.

    Terlebih, dalam menyambut kemeriahan belanja akhir tahun, euforia dan antusiasme masyarakat akan belanja online semakin meningkat. Sementara di sisi lain, kepuasan konsumen menjadi faktor krusial yang harus dipersiapkan oleh para e-commerce agar mampu bersaing di momen penting ini.

    Sebaliknya, para konsumen juga berperan penting dalam membangun ekosistem e-commerce yang berkelanjutan. Pasalnya, tidak mungkin menciptakan transaksi jual-beli yang menguntungkan antara pelaku usaha dengan calon konsumen tanpa basis pengguna yang kuat.

    Maka dari itu, sepanjang tahun 2024 para pemain e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan TikTok Shop terus melakukan rangkaian kampanye dan penawaran menarik. Ini merupakan strategi mereka dalam mengakuisisi pengguna baru.

    Namun, memenuhi kepuasan dan menciptakan retensi konsumen yang loyal dibutuhkan pendekatan yang lebih holistik. Perusahaan e-commerce dituntut untuk mampu berinovasi sesuai dengan perilaku dan preferensi konsumen demi memberikan pengalaman belanja online terbaik yang dipersonalisasi dari kebutuhan setiap individu.

    Terdapat aspek-aspek yang mempengaruhi keberhasilan suatu e-commerce dalam menempati posisi teratas di tingkat kepuasaan belanja online bagi konsumen. Melalui pemaparan kali ini, Ipsos akan mengulik lebih dalam mengenai apa saja aspek esensial bagi responden dalam menentukan tingkat kepuasan belanja online mereka. Juga, e-commerce mana yang memiliki strategi tepat dan konsisten.

    Diharapkan hasil yang disampaikan akan membantu masyarakat dalam menyambut festival belanja online akhir tahun bersama e-commerce dengan pengalaman belanja holistik terbaik.

    Lantas, platform e-commerce seperti apakah yang menjadi pilihan masyarakat? Aspek-aspek apa sajakah yang juga mempengaruhi dan dinilai penting oleh responden dalam menentukan tingkat kepuasan berbelanja online mereka?

    Foto: Ipsos

    Berdasarkan riset Ipsos yang bertajuk “Pengalaman dan Kepuasan Belanja Online di E-commerce” pada Juni 2024 lalu, Shopee dianggap oleh pengguna sebagai platform e-commerce yang paling memuaskan dalam memberikan pengalaman belanja online yang holistik.

    “Terlihat bahwa para pemain e-commerce bersaing melalui teknologi dan inovasi program untuk menarik hati masyarakat. Namun, yang akan dicari oleh masyarakat hanya yang bisa menciptakan perasaan puas pada pengalaman berbelanja online. Kepuasaan melalui berbagai aspek penting yang mampu dipenuhi oleh Shopee, membuat Shopee unggul sebagai pilihan utama konsumen Indonesia untuk belanja online yang holistik dan terpercaya. Strategi ekosistem yang dihadirkan Shopee untuk memuaskan masyarakat menunjukkan kesiapan mereka dalam menghadapi volume tinggi selama periode festival belanja di akhir tahun ini,” ujar Executive Director Ipsos Indonesia, Andi Sukma dalam keterangan tertulis, Minggu (3/11/2024).

    Berdasarkan riset ini, Shopee unggul dalam menyediakan dan memberikan tingkat kepuasan tertinggi dalam pengalaman berbelanja online. Keunggulan Shopee ini juga didukung oleh data, dengan Shopee (62%) menjadi pilihan pertama untuk direkomendasikan oleh konsumen kepada kerabat dekatnya, diikuti oleh Tokopedia (46%), TikTok Shop (42%), dan Lazada (36%). Adapun indikator lainnya adalah sebagai berikut:

    Platform e-Commerce yang Memberikan Keamanan dan Kenyamanan dalam Belanja Online

    Keamanan dan kenyaman menjadi salah satu aspek yang dinilai penting oleh responden dalam belanja online. Dalam hal ini, ragam layanan pengiriman yang bisa dipilih konsumen menjadi tolak ukur dalam memberikan rasa aman dan nyaman ketika berbelanja.

    Pada indikator Ragam pilihan layanan pengiriman, Shopee (66%) unggul dan dinilai menjadi e-commerce dengan pilihan layanan pengiriman paling lengkap. Disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (10%), dan TikTok Shop (7%).

    Keamanan dan kenyamanan yang mampu ditawarkan platform e-commerce juga dinilai dari Ragam metode pembayaran. Lebih dari setengah responden menilai Shopee (64%) unggul sebagai platform e-commerce dengan pilihan metode pembayaran yang paling beragam. Diikuti Tokopedia (15%), Lazada (11%), dan TikTok Shop (8%).

    Ipsos juga mengamati metode pembayaran Cash on Delivery (COD) semakin marak digunakan dan paling menarik perhatian para responden. Sejalan dengan fakta ini, Shopee (66%) juga menjadi platform e-commerce dengan metode pembayaran COD yang dinilai paling memuaskan. Diikuti oleh Tokopedia dan Lazada sebesar 12%, serta TikTok Shop 10%.

    Riset Ipsos yang dilakukan pada awal Juni 2024 lalu, juga menemukan beberapa aspek lain yang menjadikan Shopee terdepan dalam keamanan dan kenyamanan belanja online. Pengalaman belanja yang memuaskan dirasa belum lengkap tanpa pengiriman yang cepat dan aman, serta proses pengembalian yang mudah.

    Foto: Ipsos

    Para responden menilai Shopee (60%) menjadi aplikasi belanja online atau e-commerce yang paling unggul dalam hal kecepatan pengiriman, disusul oleh Tokopedia (16%), Lazada (13%) dan TikTok Shop (9%).

    Temuan ini turut didukung oleh Program “Garansi Tepat Waktu” yang menjadi salah satu bentuk wujud komitmen Shopee dalam memberikan kepastian waktu pengiriman bagi penggunanya. Efektivitas program ini pun juga dibuktikan oleh hasil riset IPSOS yang menunjukkan program Garansi Tepat Waktu dari Shopee paling dikenal secara luas oleh 71% responden, jauh melampaui program serupa dari platform e-commerce lain seperti Tokopedia (43%), Lazada (37%), dan TikTok Shop (27%).

    Platform e-Commerce yang Memiliki Fitur Belanja Online Interaktif Terbaik

    Seiring dengan berkembangnya teknologi yang mengubah preferensi cara belanja masyarakat, belanja melalui live shopping dan video pendek semakin diminati dan menjadi nilai tambah bagi para pemain e-commerce.

    Ipsos menemukan 63% responden menganggap bahwa Shopee menjadi salah satu e-commerce yang menyediakan layanan live streaming terbaik, disusul oleh TikTok Shop (17%), Tokopedia (10%) dan Lazada (9%). Selain itu, dalam indikator e-commerce dengan fitur video pendek paling menarik, Shopee juga jauh unggul dengan 61%, diikuti TikTok Shop (18%), Tokopedia (10%), dan Lazada (9%).

    Platform e-Commerce yang Menyediakan Ragam Toko Resmi

    Masyarakat akan semakin puas ketika belanja melalui e-commerce yang memiliki kelengkapan produk dan kategori yang mampu menjawab berbagai kebutuhan yang diinginkan. Dalam indikator ini, Shopee juga paling unggul dengan persentase sebesar 68% dalam menyediakan toko resmi yang beragam, dibandingkan pesaingnya yaitu Tokopedia (15%), Lazada (9%), dan TikTok Shop (7%).

    Platform e-commerce masih memiliki peluang yang besar untuk terus berkembang dalam meningkatkan kepuasan konsumen seiring dengan tren belanja online yang meningkat. Selain itu, dari sisi penjual, e-commerce masih menjadi tempat berinvestasi yang tepat untuk memperluas pasar dan terus bertumbuh.

    (akn/ega)

  • Gunawan ‘Sadbor’ Jadi Tersangka Promosi Judol, Ditahan di Polres Sukabumi

    Gunawan ‘Sadbor’ Jadi Tersangka Promosi Judol, Ditahan di Polres Sukabumi

    Jakarta

    Polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap TikToker Gunawan ‘Sadbor’ yang belakangan viral melakukan siaran langsung dengan joget khas ‘Beras Habis Live Solusinya’. Gunawan ditetapkan sebagai tersangka terkait promosi judi online.

    “Sudah (ditetapkan sebagai tersangka),” kata Kapolres Sukabumi AKBP Samian saat dihubungi, Minggu (3/11/2024).

    Terpisah, Kasat Reskrim Polres Sukabumi AKP Ali Jupri mengatakan Gunawan ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga melakukan promosi judi online melalui siaran langsungnya. Saat ini Gunawan sudah ditahan di Polres Sukabumi.

    “(sangkaan pasal) tentang dia mempromosikan judi online. Ya sudah (ditahan) dari kemarin,” ujarnya.

    Sempat Klaim tak Terlibat Judi Online

    Gunawan, konten kreator yang dikenal dengan joget ‘Sadbor’ diamankan polisi karena diduga terkait promosi judi online. Ternyata, Gunawan sempat membuat klarifikasi di akun TikTok Sadbor86.

    “Assalamuallaikum, Wr WB, oke teman-teman dimanapun berada, Banyak banget ngetag sadbor bahwa sadbor bekerjasama dengan juday online, sadbor mau klarifikasi ya teman-teman. Jadi itu tidak benar, jadi sadbor mau klarifikasi itu tidak benar bahwa sadbor dan tim-tim sadbor tidak bekerja sama dengan juday,” jelas Gunawan di akun TikTok Sadbor86 dilansir detikJabar, Jumat (1/11).

    Masih di video itu, dia juga menjelaskan soal banyaknya akun-akun yang terafiliasi judi yang masuk ke akunnya ketika live.

    Sadbor juga membantah kaitan adanya video beredar yang secara jelas mengucap bahwa timnya secara sengaja mempromosikan judi online.

    (wnv/idn)

  • Couple Goals! Viral Pasutri Pamer Tubuh Atletis, Bisa Tebak Usianya?

    Couple Goals! Viral Pasutri Pamer Tubuh Atletis, Bisa Tebak Usianya?

    Jakarta

    Menjaga kesehatan tubuh adalah kebiasaan yang baik di segala usia, tetapi kadang orang menganggap bahwa upaya untuk tetap bugar hanya penting di masa muda. Padahal, berinvestasi pada kesehatan bisa membawa manfaat besar di setiap tahap kehidupan, termasuk di usia lanjut.

    Belakangan ini, media sosial ramai dengan cerita pasangan suami-istri dari Korea Selatan yang bikin banyak orang kagum. Di usia 62 dan 57 tahun, Kang Changdong dan Kim Sunok masih punya tubuh kekar dan bugar, sampai-sampai banyak yang berusia 20-an jadi minder.

    Dikutip dari Asia One, kisah mereka baru mencuri perhatian setelah video dari putri mereka, Grace, viral di TikTok pada Mei 2022. Publik pun jadi penasaran, apa rahasia mereka menjaga kebugaran di usia yang tak lagi muda?

    Perjalanan kebugaran Kang dan Kim ternyata dimulai sejak tahun 2021. Dalam video Grace, terlihat bagaimana kedua orang tuanya antusias berolahraga di halaman belakang tempat mereka menginap, mengenakan pakaian atletik yang menonjolkan tubuh yang terlatih.

    Grace menggambarkan momen tersebut dengan kalimat “Sudut pandang ketika orang tua yang sangat bugar mengunjungi saya di LA jauh-jauh dari Korea dan yang mereka pedulikan hanyalah olahraga, protein, dan pakaian atletis.”

    Video itu langsung disukai banyak orang, ditonton lebih dari tiga juta kali, dan diikuti dengan video lain yang menunjukkan mereka berolahraga lagi, kali ini dengan perut kencang yang bikin kagum.

    Grace mengungkapkan bahwa orang tuanya sebenarnya dulu jauh dari bugar. Ketika menikah, Sunok mengalami kelebihan berat badan dan merasa kembung, sementara Changdong, yang sempat menjadi kickboxer amatir, sangat kurus.

    Baru pada usia 45 tahun, Sunok mencoba pilates untuk mengatasi sakit punggung ringan, sedangkan Changdong mulai memperhatikan kesehatannya setelah didiagnosis pra-diabetes sekitar tahun 2017 dan mengalami masalah lutut.

    “Dia harus menurunkan berat badan untuk mengurangi tekanan pada lututnya,” jelas Grace.

    Perubahan besar terjadi pada 2021 ketika Changdong memutuskan untuk mengambil “foto profil tubuh” sebagai tantangan. Sejak itu, mereka menjalani pola makan sehat dan olahraga rutin.

    “Orang tua saya melakukan semuanya sebagai satu paket, jadi ibu saya akan bergabung dalam perjalanannya tanpa ragu,” kata Grace.

    Kini, meski sudah dua tahun berlalu, mereka tetap mempertahankan gaya hidup sehat. Dalam salah satu unggahan April tahun ini, Kang dan Kim berbagi pola makan mereka yang teratur. Pagi diawali dengan air hangat dan yogurt dengan salad, dilanjutkan dengan protein shake dan buah-buahan sebagai camilan, serta steak dan salad untuk makan malam.

    Meskipun Changdong baru saja menjalani operasi lutut, Grace membagikan momen saat ayahnya mempercepat pemulihan untuk bisa mengantar dan berdansa dengannya di acara pernikahannya, yang membuat para netizen tersentuh.

    Cerita Kang dan Kim ini menginspirasi banyak orang, menunjukkan bahwa memulai hidup sehat tidak ada kata terlambat.

    Mereka terus membuktikan bahwa hidup sehat bisa jadi gaya hidup yang penuh energi dan kebahagiaan, bahkan di usia lanjut.

    (kna/kna)

  • Haikal Hasan Diminta Cek Joget Sadbor: Halal Apa Nggak?

    Haikal Hasan Diminta Cek Joget Sadbor: Halal Apa Nggak?

    GELORA.CO –  Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), yang diketuai Haikal Hassan, diminta turun tangan menyikapi fenomena “joget sadbor” yang viral di TikTok. 

    Permintaan ini disampaikan Analis Komunikasi Politik Hendri Satrio alias Hensat melalui video singkatnya di Instagram, Minggu 3 November 2024.

    “Joget sadbor halal apa nggak? Karena ada dugaan yang memberikan reward terkait judi online,” kata Hensat.

    Fenomena joget sadbor yang dipelopori TikTokers Gunawan muncul di TikTok, dengan pengguna yang melakukan siaran langsung selama 24 jam. 

    Saat live TikTok, Gunawan beserta para warga lainnya bergerak maju-mundur dan sesekali menyebut nama pemberi gift atau hadiah yang bisa ditukar dengan uang

    “Setiap buka TikTok, pasti ada yang live joget sadbor. Mulai dari bapak-bapak, anak muda, ibu-ibu, bahkan ada yang awalnya petani kini menjadi ‘karyawan Gunawan sadbor’,” ujar Hensat.

    Sambil berkelakar, Founder Lembaga Survei Kedai Kopi itu meminta BPJPH perlu mengkaji fenomena ini, apakah hal tersebut sesuai dengan prinsip halal, mengingat dugaan keterkaitan dengan judi online 

    “Kalau kata Pak Jokowi, cari kerjaan itu susah,  tidak dengan masyarakat Sukabumi, yang kalau beras habis langsung ikut joget-joget sadbor,” tandas Hensat.

    Teranyar, Polda Jawa Barat melalui Polres Sukabumi menangkap TikTokers Gunawan yang dikenal dengan joget “Sadbor” pada Kamis 31 Oktober 2024. Alasan penangkapan Gunawan, diduga kuat terkait promosi judi online.

  • 1
                    
                        Sebelum Heboh Live TikTok, Warga Kampung di Sukabumi Hanya Bekerja Jadi Buruh dan Petani
                        Bandung

    1 Sebelum Heboh Live TikTok, Warga Kampung di Sukabumi Hanya Bekerja Jadi Buruh dan Petani Bandung

    Sebelum Heboh Live TikTok, Warga Kampung di Sukabumi Hanya Bekerja Jadi Buruh dan Petani
    Tim Redaksi
    SUKABUMI, KOMPAS.com –
    Banyak warga di Kampung Babakan Baru, Desa Bojongkembar, RT 5/RW 9, Kecamatan Cikembar, Kabupaten
    Sukabumi
    , Jawa Barat, yang berprofesi sebagai pembuat kicimpring, buruh pabrik, hingga petani manggis.
    Hal ini diungkapkan Kepala Desa Bojongkembar, Solehudin Wahid, kepada awak media pada Sabtu (2/11/2024).
    “Di sini beragam profesi, ada buruh pabrik, pembuat enye (kicimpring), hingga petani manggis musiman,” kata Solehudin saat ditemui di Kampung Babakan Baru.
    Namun, sejak melihat penghasilan Gunawan
    Sadbor
    , seorang warga yang sukses dari live joget
    TikTok
    , banyak warga yang tergiur mencoba peruntungan serupa.
    Tak sedikit warga yang kemudian menyambi dengan melakukan joget di TikTok demi memperoleh tambahan penghasilan.
    “Petani manggis yang hanya panen tahunan, buruh pabrik yang kena PHK, hingga pekerja UMKM pembuat kicimpring ikut live setelah bekerja,” tambah Solehudin.
    Setelah Gunawan Sadbor diamankan oleh pihak kepolisian, Solehudin mengaku sulit melarang warga yang ingin melanjutkan aktivitas live joget TikTok.
    Solehudin berharap agar warganya lebih berhati-hati dalam memilih konten agar tidak terjerumus dalam hal yang mengarah pada praktik judi online.
    Namun, ia tetap berharap warga bisa kembali fokus ke profesi semula sebagai sumber penghidupan utama.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Terpopuler: Viral Permainan Dewasa Ular Tangga Pink hingga Sekda Jember Ditahan Polda Jatim

    Terpopuler: Viral Permainan Dewasa Ular Tangga Pink hingga Sekda Jember Ditahan Polda Jatim

    Jakarta, Beritasatu.com – Sejumlah pemberitaan menjadi fokus pembaca pada Sabtu (2/11/2024). Berita viralnya permainan ular tangga pink di TikTok menjadi perbincangan hangat pembaca.

    Berita lainnya yang masuk kategori terpopuler, yakni Sekda Kabupaten Jember Hadi Sasmito yang ditahan Polda Jatim terkait dugaan korupsi pengadaan papan reklame, Warner Bros yang akan jual 10 unit Batmobile yang dikendarai Batman, kebakaran gedung SD Halmahera Selatan, hingga tiga tersangka baru kasus judi online yang libatkan pegawai Kemenkomdigi.

    Berikut top 5 news atau lima berita terpopuler Beritasatu.com.

    1. Viral di Media Sosial, Permainan Ular Tangga Pink untuk Orang Dewasa Ternyata Dijual Bebas di Toko Digital
    Permainan ular tangga pink tengah viral di media sosial, terutama di platform TikTok. Permainan tersebut viral karena melibatkan kisruh drama yang melibatkan beberapa kreator konten TikTok.

    Berdasarkan penelusuran Beritasatu.com, Sabtu (2/11/2024), permainan ular tangga pink justru mencuat ketika seorang kreator konten TikTok bernama Black Panda mendapat kritikan dari istrinya.

    Istri Black Panda yang tidak disebutkan namanya mengeluhkan video konten yang dibuat Black Panda bersama kreator konten perempuan bernama Auraprin. Saat itu, keduanya bermain ular tangga pink dengan cara yang tidak biasa.

    2. Rugikan Negara Rp 2 Miliar, Sekda Jember Ditahan Polda Jatim
    Subdit Tipikor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim menahan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jember Hadi Sasmito, Sabtu (2/11/2024). Penahanan ini terkait dugaan korupsi pengadaan papan reklame yang merugikan negara Rp 2 miliar.

    Sebelum dilakukan penahanan, Hadi Sasmito lebih dahulu diperiksa sebagai tersangka. Hadi baru memenuhi panggilan Subdit Tipikor pada Jumat (1/11/2024) pukul 22.00 WIB.

    Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirsus) Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Budi Hermanto saat dikonfirmasi Beritasatu.com, membenarkan jika Sekda Jember Hadi Sasmito langsung ditahan seusai menjalani pemeriksaan.

    3. Warner Bros Akan Jual 10 Mobil Batman yang Harga Per Unit Rp 46,4Miliar
    Tokoh superhero fiktif Batman sangat disukai oleh banyak orang. Tokoh superhero yang ada di film dan novel buatan DC itu dikenal dengan berbagai perlengkapannya yang sangat canggih.

    Salah satunya adalah mobil Batman atau Batmobile. Dilaporkan Carscoops, Sabtu (2/11/2024), Warner Bros dikabarkan tengah sibuk membuat 10 unit Batmobile. Tepatnya mobil Batman yang muncul di film Batman The Dark Knight yang diperani Christian Bale yang dikenal sebagau Tumbler.

    Sayangnya mobil tersebut tidak akan dibuat dalam jumlah besar. Total hanya ada 10 unit yang akan diedarkan ke seluruh dunia. Harganya pun fantastis yakni mencapai US$ 2,99 juta atau setara Rp 46,4 miliar.

    4. Gedung SD Negeri Halmahera Selatan Terbakar, Siswa Panik Berhamburan
    Bangunan sekolah dasar negeri di Desa Tomori, Kecamatan Bacan, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, hangus terbakar pada Sabtu (2/11/2024).

    Kebakaran ini dengan cepat meluas karena tiupan angin yang kencang, ditambah lagi bangunan sekolah yang sebagian besar terbuat dari material semi permanen.

    Peristiwa tersebut membuat para siswa panik dan segera berlari keluar dari area sekolah untuk menghindari api. Beruntung, kejadian berlangsung saat jam istirahat ketika seluruh siswa berada di luar kelas.

    5. Polda Tetapkan 3 Tersangka Baru Kasus Judi Online yang Libatkan 11 Pegawai Komdigi
    Polda Metro Jaya (PMJ) menetapkan tiga tersangka baru dalam kasus judi online (judol) yang melibatkan 11 pegawai Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemenkomdigi).

    Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Kombes Pol Wira Satya Triputra mengungkapkan, hingga hari ini, Sabtu (2/11/2024), PMJ telah menangkap 14 orang.

    Kementerian Komdigi berkomitmen mendukung penuh arahan Presiden Prabowo Subianto dalam memberantas segala bentuk aktivitas ilegal, termasuk judi online, yang merugikan masyarakat dan merusak nilai-nilai bangsa.