Perusahaan: TikTok

  • Komisi I minta SKB pembatasan internet-ponsel untuk anak diterbitkan

    Komisi I minta SKB pembatasan internet-ponsel untuk anak diterbitkan

    Pemerintah harus segera membuat SKB terkait pembatasan akses internet dan penggunaan HP bagi anak-anak

    Jakarta (ANTARA) – Anggota Komisi I DPR RI Oleh Soleh meminta pemerintah membuat surat keputusan bersama (SKB) terkait pembatasan akses internet dan penggunaan ponsel (handphone/HP) bagi anak-anak.

    Dia menyebut SKB tersebut melibatkan beberapa kementerian atau lembaga untuk menjadi pedoman pembatasan akses internet dan penggunaan ponsel anak-anak di bawah umur.

    “Pemerintah harus segera membuat SKB terkait pembatasan akses internet dan penggunaan HP bagi anak-anak,” kata Oleh Soleh dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.

    Sebab, menurut dia, anak-anak di Indonesia saat ini sangat bebas mengakses internet dan menggunakan ponsel, padahal konten yang negatif, iklan dan promo judi online atau daring bertebaran di media sosial serta sangat mudah diakses.

    “Barangkali harus ada sterilisasi dalam penggunaan HP dan akses internet, terutama anak-anak usia dini, di bawah 15 atau 16 tahun,” ucapnya.

    “Kita negara demokratis dan agamis, tetapi malah menggunakan cara-cara yang liberal. Orang-orang Eropa yang liberal malah sudah membuat aturannya,” ujarnya.

    Untuk itu, dia meminta pemerintah untuk memberi perhatian terhadap persoalan tersebut dengan membuat aturan khusus terkait penggunaan internet dan HP.

    Sebelumnya, Kamis (28/11), parlemen Australia mengesahkan undang-undang (UU) yang akan melarang siapa pun di bawah usia 16 tahun menggunakan media sosial, seperti TikTok, Instagram, Snapchat, Facebook, Reddit, dan X.

    Dengan pengesahan UU tersebut, Australia menjadi negara pertama yang memberlakukan pembatasan semacam itu.

    Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese menyebut pelarangan media sosial bagi anak di bawah umur yang mulai berlaku akhir tahun depan tersebut penting “untuk melindungi kesehatan mental dan kemaslahatan” anak-anak muda.

    Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
    Editor: Chandra Hamdani Noor
    Copyright © ANTARA 2024

  • Kemenkomdigi Tutup 3 Akun Media Sosial Terlibat Judi Online dengan Ratusan Ribu Pengikut

    Kemenkomdigi Tutup 3 Akun Media Sosial Terlibat Judi Online dengan Ratusan Ribu Pengikut

    Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemenkomdigi) menutup tiga akun media sosial dengan pengikut ribuan yang terlibat dalam promosi jaringan perjudian online. Langkah ini dilakukan sebagai respons terhadap laporan dari masyarakat, instansi terkait, dan patroli siber.

    Ketiga akun media sosial yang terlibat judi online yang diblokir di platform Instagram tersebut adalah @mimin_storyy yang memiliki 774.000 pengikut, @awcogans dengan 430.000 pengikut, dan @meme.kocakk25 yang memiliki 177.000 pengikut.

    “Sejak 2017 hingga 6 Desember 2024, kami telah memblokir lebih dari 5,3 juta konten yang berhubungan dengan judi online,” jelas Plt Direktur Jenderal Komunikasi Publik dan Media Kemenkomdigi, Molly Prabawati, dalam keterangan persnya di Jakarta, Jumat (6/12/2024) dilansir Antara.

    Kemenkomdigi juga mengungkapkan antara 4 hingga 6 Desember 2024, telah memblokir sebanyak 14.219 konten, akun media sosial, dan situs web terkait perjudian online. Secara keseluruhan, sejak 20 Oktober hingga 6 Desember 2024, Kemenkomdigi telah menurunkan 478.659 konten dengan perincian 442.165 situs web dan alamat IP, 19.752 konten atau akun di platform Meta, 10.163 file sharing, 3.936 di Google/YouTube, 2.288 di X, 235 di Telegram, dan 118 di TikTok.

    Menurut Molly, para pelaku perjudian online kini semakin kreatif dalam menyamarkan iklan mereka di media sosial. Salah satu cara yang sering digunakan adalah dengan menyajikan iklan dalam bentuk konten yang terlihat menarik, seperti meme, video viral, atau hiburan lainnya di akun media sosial yang mengandung ajakan untuk bermain judi online.

    Pelaku juga sering memanfaatkan akun-akun palsu atau akun dengan pengikut yang banyak untuk membagikan tautan ke situs judi. Tak jarang, mereka menggunakan simbol atau istilah tertentu yang dapat mengelabui sistem deteksi media sosial agar iklan mereka tidak terdeteksi.

    “Iklan-iklan ini menyasar pengguna aktif media sosial dengan bahasa yang menggoda, menawarkan bonus besar atau peluang menang yang mudah,” tambahnya.

    Kemenkomdigi menyediakan berbagai saluran bagi masyarakat untuk melaporkan konten negatif untuk melaporkan akun media sosial yang terlibat dalam promosi judi online.

  • Cara Cerdas Media Cetak Melawan Media Digital

    Cara Cerdas Media Cetak Melawan Media Digital

    pengelola media cetak harus mengikuti arus digitalisasi dengan perlawanan yang adaptif

    Surabaya (ANTARA) – Sejarah membuktikan era digital telah menumbangkan banyak media cetak karena semakin banyak informasi di kanal digital yang bisa diakses masyarakat secara gratis.

    Yang tumbang itu bukan hanya media cetak nasional, bahkan media cetak global sekelas National Geographic (NatGeo) yang berdiri 1888 atau 136 tahun lalu pun melakukan PHK terhadap 19 penulis pada 28 Juni 2023.

    Secara nasional, data SPS (Serikat Perusahaan Pers) mencatat masih ada 593 media cetak yang terdaftar pada 2021 tapi setahun kemudian sudah tersisa 399 media cetak. Artinya, hampir 200 media cetak yang guling tikar hanya dalam setahun (194 media cetak pada 2021-2022).

    Akhirnya, sejumlah media cetak nasional pun harus beralih ke format media digital, diantaranya Koran Sindo, Harian Republika, Koran Tempo, Tabloid Nova, Suara Pembaruan, Indopos, Tabloid Bola, Tabloid DeTik, Harian Sinar Harapan, Majalah Hai, dan sebagainya.

    Tinggal Harian Kompas yang berusia 60 tahunan (lahir 28 Juni 1965) yang masih memiliki versi cetak, namun Kompas juga sudah menyiapkan versi daring yakni Kompas.id sebagai antisipasi bila media cetak benar-benar harus tamat riwayatnya. Selain itu ada pula media daring Kompas Grup/KKG yakni Kompas.com dan Tribunnews.com.

    Yakin tetap bertahan

    Sekjen SPS yang juga Anggota Dewan Pers (2022-2025) Asmono Wikan meyakini media cetak akan tetap bertahan di era digital, meski oplah mengalami penurunan drastis dalam 10 tahun terakhir dari 24 juta tiras pada 2014 menjadi 4,5 juta pada 2024.

    Tidak hanya tiras yang turun, tapi jumlah halaman turun atau semakin tipis untuk menyiasati tingginya biaya cetak. Meski demikian, menurut CEO Humas Indonesia itu, media cetak akan tetap tak tergantikan, karena media cetak itu kasta tertinggi dari media.

    Disebut sebagai “kasta tertinggi” itu menurut Asmono, karena platform digital itu bisa pasang-surut, seperti SMS yang sudah tiada, sedangkan kertas tetap menjadi bukti tertulis, bahkan semakin kuno pun, media cetak tetap menjadi dokumen bersejarah atau manuskrip, jadi tidak sirna.

    Hal itu juga diakui oleh praktisi media DR Abdul Choliq Baya saat menjadi pembicara pada “Prasetya Media Summit 2024” di Surabaya, akhir November 2024.

    Menurut Dosen Fakultas Dakwah UIN KHAS Jember itu banyak media cetak yang kolaps karena era digital mendorong adanya perubahan literasi baca pada masyarakat dari cetak ke medsos.

    Choliq Baya menegaskan era digital itu pasti menang kalau dilawan dengan oplah/omzet, karena itu perlu strategi mengalahkan era digital dengan inovasi digital juga.

    Literasi masyarakat memang sudah berubah sehingga pengelola media cetak harus menyiapkan juga inovasi digital juga, baik digitalisasi maupun literasi digital.

    Digitalisasi ASSSIC

    Choliq Baya mengatakan, pengelola media cetak harus mengikuti arus digitalisasi dengan perlawanan yang adaptif melalui digitalisasi berupa teknologi/aplikasi dan inovasi/kreasi. Apalagi, media cetak juga punya modal atau keunggulan yang tak tersaingi yakni akurasi.

    Untuk teknologi/aplikasi digital adalah beralih ke format media daring. Satu lagi teknologi yang penting adalah aplikasi administrasi digital dimana pekerja tidak perlu masuk kantor, melakukan rapat secara daring sehingga terjadi efisiensi pengeluaran.

    Untuk inovasi/kreasi adalah inovasi konten, namun konten yang berbasis digital yang bukan hanya berita lempang atau straight news seperti pakem media cetak selama ini. Inovasi konten berbasis digital itu menggunakan rumus ASSSIC sebagai terobosan di era digital.

    ASSSIC adalah Accurate (akurat), Solid (kuat), Speed (cepat), Smart (cerdas), Innovative (inovatif), dan Commitment (komitmen/tekad). ASSSIC merupakan kebijakan manajemen yang mengarah pada budaya era disrupsi (budaya serba digital) dalam teknologi/aplikasi dan konten.

    Penerapan konsep ASSSIC yang sudah dilakukan antara lain pada Zona Expo (pameran virtual, misalnya pameran properti yang diubah menjadi online dengan menggunakan kamera 360 dan diunggah di aplikasi Zona Expo).

    Selain Zona Expo, juga ada media digital yang mengintegrasikan media berbasis website dengan platform media sosial/medsos (Instagram, Facebook, TikTok, X/Twitter, Snap Video, WhatsApp, Telegram, Pinters, BiP, dan YouTube). Integrasi website-medsos memungkinkan iklan bundling yang menguntungkan pembaca/pemirsa, karena multi-platform.

    Inovasi dalam media digital bukan hanya website dan platform medsos, namun juga ada e-koran yang justru menarik tokoh dan pelaku usaha untuk dipublikasikan, karena e-koran dapat di-share sendiri dan juga dicetak seukuran pigura untuk dipampang di dinding secara eksklusif.

    Inovasi juga bisa dengan “QR code” menjadi “koran bisa bicara” karena terhubung video. Ada pula inovasi Berita Bebas Hoaks.

    Satu lagi inovasi yang tak kalah pentingnya, selain pameran virtual dan media digital (website-medsos) adalah inovasi iklan untuk menjaga pendapatan dari iklan tetap stabil atau kalau bisa meningkat.

    Salah satu nafas penting media adalah pendapatan iklan karena tanpa pemasukan iklan yang bisa menutupi biaya operasional maka media daring sekalipun akan kolaps.

    Sementara harga iklan di media cetak saat ini sangat ditentukan oleh seberapa populer nama media itu dan oplahnya atau jika media cetak sudah mengemas juga dalam tampilan daring maka ditentukan dengan page view yang bisa dihasilkan. Inilah peran penting karya jurnalistik agar tetap dipercaya dengan menyajikan konten yang akurat, cepat dan menarik, sehingga tidak ditinggalkan pembaca.

    Salah satu inovasi iklan yang perlu dikembangkan antara lain iklan quote yaitu kutipan ucapan dan foto yang bisa disiarkan dalam bentuk video.

    Inovasi iklan yang lainnya, adalah penawaran iklan melalui medsos, teaser (video pendek), dan iklan kolaborasi (kerja sama dengan imbalan pelatihan jurnalistik, magang, dan tayangan prestasi di media digital).

    Hasilnya, inovasi pameran virtual, inovasi media digital, dan inovasi iklan membuat media bisa bersaing dengan media sosial, bahkan pola yang “jalan berseiring” antara digitalisasi (teknologi dan inovasi) dan literasi digital (standar jurnalistik dan kode etik/kesalehan) justru meningkatkan omzet di era digital.

    Media cetak tidak akan mampu bertahan dengan hanya mengandalkan pembaca klasik yang butuh bahan cetakan tetapi harus mengikuti era digital dengan memperluas sasaran pembaca dari generasi telepon pintar.

    Demikian juga untuk menjaring iklan mau tak mau harus berinovasi dengan memperluas sasaran dari jejaring di media sosial dan event organizer sehingga tetap mendapatkan kue iklan yang mampu menghidupkan sebuah media.

    Tapi sampai kapan media cetak mampu bertahan sejarahlah yang akan membuktikan.

    Editor: Budhi Santoso
    Copyright © ANTARA 2024

  • AS Curiga TikTok Bisa Digunakan China Pengaruhi Pemilu

    AS Curiga TikTok Bisa Digunakan China Pengaruhi Pemilu

    AS Curiga TikTok Bisa Digunakan China Pengaruhi Pemilu

  • Kasus Caleg Asal Aceh yang Sebar Video Porno Lewat Medsos Dilimpahkan ke Kejaksaan

    Kasus Caleg Asal Aceh yang Sebar Video Porno Lewat Medsos Dilimpahkan ke Kejaksaan

    ERA.id – Penyidik Subdit Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh melimpahkan perkara beserta tersangka penyebaran video asusila yang melibatkan mantan calon legislatif (caleg) pada Pemilu 2024 ke jaksa penuntut umum.

    Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Aceh Kombes Pol Winardy di Banda Aceh, Rabu, mengatakan perkara bersama tersangka dilimpahkan ke jaksa penuntut umum pada Kejaksaan Negeri Aceh Besar.

    “Pelimpahan dilakukan setelah beras perkara dinyatakan lengkap atau P21. Selain berkas perkara dan tersangka, juga turut diserahkan barang bukti dua unit telepon genggam dan satu akun media sosial Tiktok atas nama tersangka,” katanya.

    Perwira menengah Polda Aceh itu menyebutkan tersangka berinisial MD alias ML (32). MD juga seorang influencer atau aktif di media sosial. MD ditangkap di Depok, Jawa Barat, setelah dua kali mangkir dari panggilan penyidik awal Oktober 2024

    “MD ditetapkan sebagai tersangka karena diduga menyebarkan konten atau video asusila melalui media sosialnya miliknya. Video tersebut viral dan ditonton sebanyak 3,4K,” katanya.

    MD alias ML disangkakan melanggar Pasal 27 ayat (1) jo Pasal 45 ayat (1) UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik dengan ancaman hukuman enam tahun penjara.

    “Selain itu, disangkakan melanggar Pasal 29 jo Pasal 4 ayat (1) Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2008 tentang pornografi dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara,” kata Winardy yang juga mantan Kepala Bidang Humas Polda Aceh.

    Sebelumnya, Winardy menyebutkan penetapan MD alias ML sebagai tersangka berdasarkan laporan korban pada 14 November 2023. Saat korban melaporkan, kepolisian menunda penanganan kasus tersebut. Sebab, terlapor sedang mengikuti Pemilu 2024 karena terdaftar sebagai caleg.

    “Penundaan penanganan kasus tersebut sesuai telegram Kapolri tentang netralitas Polri dalam pelayanan masyarakat di bidang penegakan hukum pada saat pemilu,” kata Winardy.

  • Lirik Lagu Nina dari Feast Beserta Maknanya

    Lirik Lagu Nina dari Feast Beserta Maknanya

    Jakarta, Beritasatu.com – Nina merupakan lagu dari band Feast yang sedang viral di media sosial, terutama TikTok. Lagu ini merupakan single ketiga dari Feast, diproduksi oleh Vega Antares dan dirilis oleh Sun Eater ke platform musik digital pada 5 Juli 2024.

    Lagu Nina mengungkapkan kasih sayang seorang ayah kepada anaknya, yang diciptakan oleh salah satu personel Feast, Adnan Satyanugraha untuk putri kecilnya, Nina.

    Lirik lagu yang puitis dan penuh makna ini terinspirasi dari kisah hidup nyata Adnan. Dengan durasi 4 menit 37 detik, lagu Nina telah diputar lebih dari 7,3 juta kali di YouTube dan 43 juta kali di Spotify.

    Berikut ini lirik lagu Nina dari Feast.

    Lirik Lagu Nina dari Feast
    Saat engkau tertidur
    Aku pergi menghibur
    Beda kota pisah raga bukan masalahku
    Lihat wajahmu di layar ku tetap bersyukur

    Saat engkau terjaga
    Aku kan ada di sana
    Sempatkan bermain dan bawakan cenderamata
    Satu sampai lima tahun cepat tak terasa

    Segala hal kuupayakan untuk
    Melindungi
    Tunggu aku kembali lagi esok
    Pagi

    Tumbuh lebih baik, cari panggilanmu
    Jadi lebih baik dibanding diriku
    ‘Tuk sementara ini aku
    Mengembara
    Jauh, saat dewasa kau kan mengerti

    Saat engkau dewasa
    Dan aku kian menua
    Jika ku berpulang lebih awal, tidak apa, aku tetap sama

    Saat engkau teringat
    Tengkar kita, manakala
    Maaf atas perjalanan yang tidak sempurna

    Segala hal kuupayakan untuk
    Mеlindungi (Untuk melindungi)
    Tunggu aku kembali lagi esok
    Pagi (Sеlalu janjiku pada dirimu)

    Tumbuh lebih baik, cari panggilanmu
    Jadi lebih baik dibanding diriku
    Dan tertawalah saat ini
    Selepas-lepasnya
    Karena kelak kau kan tersakiti

    Aku tahu kamu hebat namun selamanya diriku pasti berkutat
    ‘Tuk selalu jauhkanmu dari dunia yang jahat
    Ini sumpahku padamu ‘tuk biarkanmu

    Tumbuh lebih baik, cari panggilanmu
    Jadi lebih baik dibanding diriku
    ‘Tuk sementara, kita tertawakan
    Berbagai hal yang lucu dan lara
    Selepas-lepasnya, saat dewasa kau kan mengerti

    Karena kelak kau kan tersakiti
    Saat dewasa kau kan mengerti
    Karena kelak kau kan tersakiti

  • Tokopedia dan ShopTokopedia beri pelatihan bisnis untuk UMKM difabel

    Tokopedia dan ShopTokopedia beri pelatihan bisnis untuk UMKM difabel

    Para pelaku usaha dari komunitas Difabel Berdaya Solo saat mengikuti pleatihan bisnis daring dan Creators Lab oleh Tokopedia dan ShopTokopedia di Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu (4/12/2024). (ANTARA/Vinny Shoffa Salma)

    Tokopedia dan ShopTokopedia beri pelatihan bisnis untuk UMKM difabel
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Kamis, 05 Desember 2024 – 08:25 WIB

    Elshinta.com – Tokopedia dan ShopTokopedia menggelar pelatihan bisnis daring dan Creators Lab untuk pelaku UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) dari komunitas Difabel Berdaya Solo di Kota Solo, Jawa Tengah pada Rabu (4/12) dalam merayakan Hari Disabilitas Internasional.

    Inisiatif tersebut bertujuan membantu anggota komunitas Difabel Berdaya Solo yang kebanyakan berprofesi sebagai pelaku usaha, mulai dari usaha makanan dan minuman, fesyen hingga kriya. Melalui pelatihan tersebut, diharapkan para pelaku usaha menjadi lebih fasih dalam berbisnis daring, khususnya untuk membuat konten video promosi dan pemasaran produk.

    “UMKM adalah tulang punggung ekonomi. Pertumbuhan ekonomi bisa diakselerasi jika pelaku usaha merespons peluang baru lewat cara baru dalam memanfaatkan teknologi,” kata Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce Aditia Grasio Nelwan.

    Berdasarkan data, penjual yang live streaming di TikTok bisa mengalami kenaikan penjualan di ShopTokopedia rata-rata 7 kali lipat. Ini menunjukkan bahwa promosi atau pemasaran melalui konten video termasuk live streaming bisa membuat penjualan naik signifikan, ujarnya.

    Berdasarkan data dari Tokopedia dan ShopTokopedia, Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi yang mengalami peningkatan tertinggi nilai transaksi di Tokopedia dan ShopTokopedia. Ini termasuk Provinsi Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur dan Bali, dengan rata-rata transaksi lebih dari 10 kali lipat.

    Tidak hanya itu, UMKM memberi kontribusi besar ke PDB (Produk Domestik Bruto) Indonesia, yaitu lebih dari 60 persen. Untuk mendorong peran signifikan UMKM ke perekonomian, Tokopedia dan ShopTokopedia melakukan berbagai inisiatif.

    Ada pelatihan bisnis daring untuk penjual dari berbagai skala usaha, baik secara daring melalui Pusat Edukasi Seller atau ShopAcademy, serta luring melalui Seller Hub di berbagai wilayah. Selain itu, ada juga Creators Lab dan Youth Affiliate Program, yaitu pelatihan komprehensif untuk mencetak content creator profesional yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

    Lewat pemberdayaan Difabel Berdaya Solo kali ini, Tokopedia dan ShopTokopedia berharap makin banyak pelaku usaha yang fasih memanfaatkan konten video. Tidak hanya itu, pelatihan yang dilakukan kemarin diharapkan dapat mencetak lebih banyak content creator dan affiliate creator yang bisa membantu promosi dan pemasaran produk UMKM.

    “Kami yakin, pebisnis online maupun kreator konten dan/atau afiliator adalah profesi yang inklusif,” kata Aditia.

    “Kami akan berupaya menghubungkan wirausaha di Difabel Berdaya Solo dengan kreator yang relevan, yang bisa membantu mereka meningkatkan brand awareness hingga penjualan,” sambungnya.

    Menariknya, sederet upaya pemberdayaan yang telah dilakukan telah mendorong adanya tren positif di masing-masing platform pada kuartal IV 2024 di skala nasional.

    Salah satunya beberapa kategori produk memiliki jumlah transaksi tertinggi hingga hampir 10 kali lipat di Tokopedia dan ShopTokopedia, yaitu kategori kecantikan dan perawatan tubuh, fesyen, serta makanan dan minuman.

    Dengan demikian, pelatihan tersebut diharapkan dapat membantu para pelaku usaha menjadi lebih fasih dalam berbisnis daring serta meningkatkan penjualan produk mereka.

    Sumber : Antara

  • Tragis, Aktor Muda Hollywood Jadi Gelandangan meski Sudah Tampil di 10 Film Box Office

    Tragis, Aktor Muda Hollywood Jadi Gelandangan meski Sudah Tampil di 10 Film Box Office

    Jakarta, Beritasatu.com – Nasib sedih dialami oleh aktor muda Hollywood, Jack Veal yang mengaku jadi gelandangan alias tidak punya rumah dan punya pekerjaan tetap. Kondisi miris itu diungkap oleh Jack Veal melalui akun TikTok resmi miliknya.

    Dalam unggahannya itu Jack Veal terlihat menahan nangis saat membuat pengakuan telah menjadi gelandangan. Aktor yang pernah  memerankan Kid Loki dalam musim pertama serial Marvel “Loki” itu benar-benar putus asa karena tidak punya apa pun.

    “Hai. Saya seorang aktor terkenal, saya 17 tahun dan saya tunawisma,” kata Jack Veal.

    “Anda mungkin mengenal saya dari ‘Loki,’ ‘The End of the Fucking World,’ atau berbagai film lainnya di mana saya memainkan peran penting. Saya belum banyak menceritakan tentang apa yang terjadi dalam hidup saya, tapi saya rasa ini saatnya untuk mengungkapkan kebenaran,” ucap Jack Veal.

    Aktor muda Hollywood Jack Veal yang pernah beradu akting dengan Tom Hiddleston di film serial “Loki” jadi gelandangan. – (Google/-)

    Lebih lanjut aktor yang masih berusia 17 tahun itu menjelaskan mengapa akhirnya ia tidak punya rumah dan pekerjaan. Ia mengaku terpaksa keluar rumah karena mengalami kekerasan domestik.

    Kondisi itu membuat Jack Veal merasa tidak aman berada di rumah. Ia akhirnya terpaksa “angkat kaki” meski akhirnya jadi gelandangan.

    “Tanpa membahas terlalu banyak detail, saya telah mengalami kekerasan di rumah. Itu adalah kekerasan fisik, pelecehan emosional, dan sebagainya,” ucap aktor kelahiran 12 Juni 2007.

    Sayangnya keputusan itu membuat Jack Veal putus asa. Pasalnya ia tidak terbiasa untuk hidup di jalan.

    Ia mengaku sudah mencoba untuk meminta bantuan dari pelayanan sosial. Sayangnya menurut Jack Veal mereka menolak membantu. Alhasil  ia harus tidur di jalan.

    Jack Veal mengaku membuat video pengakuan untuk mendapatkan bantuan dari siapa pun. Ia berharap bisa menemukan tempat tinggal agar ia bisa bekerja seperti dahulu.

    Untungnya, video yang ia unggah di media sosial itu langsung mendapatkan respons cepat. Banyak masyarakat yang telah melihat video pengakuan itu mengirimkannya ke dinas sosial setempat.

    Alhasil, Jack Veal kini sudah diungsikan ke rumah penampungan untuk melanjutkan hidupnya. “Saya tidak tahu apa yang kalian lakukan, tapi ini sudah tersebar dan benar-benar membantu saya. Mereka benar-benar melakukan sesuatu. Tuhan memberkati kalian semua. Terima kasih banyak,” ujar Jack Veal.

    Hanya saja kondisi Jack Veal berubah 180 derajat dibanding sebelumnya. Berdasarkan penelusuran Beritasatu.com di IMDB, Jack Veal merupakan salah satu aktor muda yang menjanjikan.

    Jack Veal beradu akting dengan aktor papan atas Tom Hiddleston. Jack Veal diyakini mendapatkan bayaran besar karena ikut dalam serial televisi yang populer tersebut.  Hanya saja kini ia jadi gelandangan yang untungnya langsung diselamatkan oleh dinas sosial setempat. 
     

  • Cara Melihat Spotify Wrapped 2024, Bisa Intip Daftar Artis dan Lagu

    Cara Melihat Spotify Wrapped 2024, Bisa Intip Daftar Artis dan Lagu

    Jakarta, CNN Indonesia

    Spotify setiap tahun mengeluarkan Spotify Wrapped, rangkuman musik akhir tahun yang menyoroti konsumsi musik dan podcast pendengar.

    Pada tahun ini, Spotify Wrapped disebut tak hanya menyajikan rangkuman musik, tetapi juga membentuk tren serta mempererat hubungan pendengar dengan artis dan kreator idola mereka.

    Spotify Wrapped 2024 sendiri telah tersedia sejak Rabu (4/12). Dalam rangkuman tersebut, pengguna dapat melihat lagu, artis, genre, serta podcast teratas yang didengarkan sepanjang tahun.

    Salah satu yang baru dalam Spotify Wrapped 2024 adalah fitur Your Music Evolution, yang menampilkan beberapa fase berbeda yang menunjukkan keunikanmu dalam mendengarkan musik sepanjang tahun ini.

    Pengguna bisa menemukan hingga tiga fase musik yang berbeda. Masing-masing fase menggambarkan bagaimana tren dan kebiasaan mendengarkan artis dan genre tertentu selama setahun belakangan.

    Selain Your Music Evolution, pengguna juga akan mendapatkan playlist Your Music Evolution 2024 yang telah dipersonalisasi di dalam feed Wrapped pada halaman utama aplikasi Spotify. Playlist ini mencakup lagu-lagu favorit dan lagu baru yang mungkin pengguna sukai, sesuai dengan fase unik mendengarkan musik selama setahun.

    Selain fitur baru tersebut, Spotify Wrapped 2024 juga menampilkan fitur-fitur yang telah ada di tahun sebelumnya seperti Top Artist yang menampilkan artis teratas dengan waktu mendengarkan paling lama berturut-turut; Artist Clips yang menampilkan pesan-pesan spesial dari artis favorit pengguna; serta Podcaster Clips yang menampilkan pesan spesial dari podcaster favorit.

    Sebagai catatan, Anda perlu memastikan aplikasi Spotify adalah versi terbaru atau versi 8.9.86 untuk iOS dan Android.

    Kalau suka dengan hasil Wrapped, Anda bisa bagikan hasilnya ke berbagai media sosial, mulai dari Stories Instagram hingga TikTok.

    Berikut cara mengakses Spotify Wrapped 2024:

    1. Buka aplikasi Spotify di ponsel
    2. Klik 2024 Wrapped di beranda Anda. Anda juga dapat melakukan pencarian dengan kata kunci Wrapped 2024
    3. Spotify akan menampilkan rangkuman musik dan podcast Anda.

    (lom/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Sudah Tertangkap Tangan Saat Bagi Uang, Bawaslu Pasuruan: Tidak Cukup Bukti

    Sudah Tertangkap Tangan Saat Bagi Uang, Bawaslu Pasuruan: Tidak Cukup Bukti

    Pasuruan (beritajatim.com) – Pengamanan penyebar money politik yang terjadi di Kecamatan Rejoso sia-sia. Pasalnya Bawaslu Kabupaten Pasuruan saat ini telah menghentikan kasus tersebut.

    Menurut Ketua Bawaslu Kabupaten Pasuruan, Arie Yoenianto mengatakan bahwa hal tersebut tidak cukup bukti. Sehingga kasus money politik dan lima kasus lainnya dihentikan oleh Bawaslu Kabupaten Pasuruan.

    “Ada enam perkara yang masuk dan semuanya dihentikan karena tidak cukup bukti. Ini dilakukan setelah pembahasan kedua bersama gakkumdu,” jelas Arie, Kamis (5/12/2024).

    Keenam kasus tersebut diantaranya yakni pembagian uang dalam kampanye akbar di lapangan Martopuro yang dilakukan oleh paslon 01. Kemudian cabup Mujib yang menjanjikan sapi saat kampanye akbar dan pendukung paslon 02 yang membagikan sembako dalam acara santunan.

    Dua kasus lainnya didapat dari vidio tiktok cabup Rusdi yang berisi janji untuk mendatangkan sound horeg brewok jika terpilih. Semua kasus tersebut sudah dalam pembahasan dan melakukan serangkaian klarifikasi.

    Sementara itu, Zahid Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data Informasi Bawaslu Kabupaten Pasuruan mengatakan, pihaknya beserta personil Gakkumdu telah melakukan upaya proses penanganan pelanggaran sesuai dengan prosedur.

    Melakukan registrasi perkara, klarifikasi hingga melakukan pembahasan akhir bersama untuk menentukan status perkara.

    “Kami melakukan pembahasan kedua dari 6 perkara yang dilaporkan dan temuan. Kami mengundang pihak-pihak termasuk saksi ahli yang telah dicantumkan dalam laporan untuk dimintai klarifikasi,” ungkapnya.

    Diketahui sebelumnya Bawaslu bersama Polres Pasuruan Kota telah mengamankan empat orang yang tertangkap tangan menyebarkan selembaran amplop untuk memilih salah satu calon. Saat diamankan keempat orang yersebut masih menyimpan 290 amplop yang berisi Rp 20 ribu tiap amplopnya.

    Sementara itu total amplop yang di bawa sebelumnya yakni sekitar 1.647 amplop dan sudah dibagikan sebanyak 1.358 amplop. Saat diamankan keempatorang tersebut mendapatkannya melalui salah satu anggota DPRD Kabupaten Pasuruan yakni Laily Qomariah yang berasal dari PKB. (ada/ted)