Perusahaan: TikTok

  • Sudah Beli Tiket Masuk, Wisatawan Kaget ke Toilet Bayar Rp 20 Ribu, saat Tidur Diminta Rp 175 Ribu

    Sudah Beli Tiket Masuk, Wisatawan Kaget ke Toilet Bayar Rp 20 Ribu, saat Tidur Diminta Rp 175 Ribu

    TRIBUNJATIM.COM – Seorang wisatawan kaget ke toilet bayar Rp 20 ribu.

    Padahal ia sudah membayar tiket masuk Rp 60 ribu.

    Wisatawan itu berkunjung Ranu Regulo di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

    Wisatawan itu berkeluh kesah dalam unggahannya di TikTok.

    Dalam kontennya, pemilik akun @desyradn tersebut mengungkapkan bahwa ia harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 20.000 per orang untuk menggunakan kamar mandi.

    Padahal, sebelumnya ia telah membayar tiket masuk sebesar Rp 60.000 per orang pada Minggu (1/12/2024).

    “Bayar lagi Rp 20.000 per orang buat ke kamar mandi. Tapi kamar mandinya antre banget dan airnya keluar sedikit padahal musim hujan,” tulis pemilik akun tersebut.

    Ketidaknyamanan juga dirasakan saat wisatawan tersebut ingin beristirahat.

    Ia mengaku dibangunkan dan diminta untuk pindah tempat atau membayar biaya tambahan sebesar Rp 175.000 karena lokasi yang ditempatinya dianggap sebagai area VIP.

    Meskipun telah bertanya kepada petugas mengenai area yang bisa digunakan untuk berkemah, ia mendapatkan jawaban untuk bebas mencari tempat yang nyaman.

    “Jam 9-an waktu yang lain tidur, baru didatangin dan disuruh pindah atau bayar Rp 175.000,” tambahnya.

    Menanggapi keluhan tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Lumajang, Yuli Harismawati, menyatakan bahwa pungutan tambahan di luar tiket masuk tidak dibenarkan.

    Ia menjelaskan bahwa Wisata Ranu Regulo dikelola sepenuhnya oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), yang telah menetapkan tarif resmi untuk pengunjung.

    “Untuk wisatawan lokal pada hari kerja, tarifnya adalah Rp 24.000 per orang per hari untuk berkunjung dan Rp 29.000 per orang per hari untuk berkemah.”

    “Sedangkan pada hari libur, tiketnya naik menjadi Rp 34.000 untuk berkunjung dan Rp 39.000 untuk berkemah,” ujar Yuli.

    Ia menambahkan bahwa semua tarif tersebut sudah termasuk biaya asuransi senilai Rp 4.000 per wisatawan.

    Ia juga telah mengajukan protes kepada BBTNBTS terkait pungutan biaya tambahan untuk penggunaan kamar mandi dan tarif area VIP.

    “Saya sudah protes ke TNBTS karena pengelola Ranu Regulo sepenuhnya TNBTS. Tarikan-tarikan biaya lain itu seharusnya tidak ada, apalagi tarif VIP karena tidak ada ketentuan tarifnya,” tegas Yuli di Lumajang, Kamis (19/12/2024).

    Yuli mengungkapkan bahwa TNBTS merespons keluhan tersebut dengan baik dan akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang untuk melakukan pendampingan kepada pengelola wisata.

    “Alhamdulillah responnya baik, dan akan berkoordinasi dengan kami. Nanti juga akan ada pendampingan supaya wisata kita ini tetap eksis dan tidak ada lagi wisatawan yang kapok untuk datang,” pungkasnya.

    Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati menanggapi video viral sengkarut bayar tiket berulang yang dikeluhkan wisatawan di wisata Tumpak Sewu Lumajang.

    “Segera kami kumpulkan kepala cesa dan pengelola di wilayah Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo Lumajang, yaitu pengelola Tumpak Sewu, Goa Tetes dan Grojogan Sewu agar tidak ada penarikan tiket berulang ulang,” ujar Yuli ketika dikonfirmasi, Rabu (18/12/2024).

    Kata Yuli, para pengelola sejatinya sudah pernah dikumpulkan dengan topik bahasan yang sama beberapa bulan lalu.

    “Ketiga pengelola ini sudah pernah kami kumpulkan pada Agustus 2024 dan sudah ada kesepakatan untuk pengelolaan bersama,” jelasnya.

    Menurut Yuli, penarikan tiket masuk secara absah hanya lewat gerbang masuk di Desa Sidomulyo, Pronojiwo, Lumajang.

    “Kami sudah melakukan koordinasi dengan Kabupaten Malang agar penarikan tiket satu kali dengan perjanjian kerja sama, atau melalui e-ticketing. Mengingat wisatawan lebih tertarik melalui desa Sidomulyo Pronojiwo,” paparnya.

    Berdasarkan lokus kejadian video, wisatawan mengeluhkan penarikan tiket kembali saat berada di area sungai wisata Tumpak Sewu. Menurut Yuli, penarikan tiket di area sungai sama sekali tidak dibenarkan.

    “Untuk penarikan tiket di dasar sungai yang dilakukan oleh masyarakat Kabupaten Malang, itu tidak dibenarkan. Sudah ada peringatan dari PU SDA Provinsi Jawa Timur, tapi sampai hari ini masih berlangsung,” katanya.

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

  • Viral di TikTok Trik Masak Nasi untuk Cegah Kanker Usus Besar

    Viral di TikTok Trik Masak Nasi untuk Cegah Kanker Usus Besar

    Jakarta

    Seorang ibu-ibu juru masak asal Asia bernama Linda dengan akun TikTok @mamalindacooks membagikan trik sederhana mengonsumsi nasi untuk mencegah kanker usus besar. Hal ini karena trik ini mampu mengurangi karbohidrat dan kalori hingga 50 persen yang ada pada nasi.

    Trik sederhana tersebut hanya dengan cara membekukan nasi lalu memanaskannya kembali. Hal ini karena mendinginkan makanan dapat mengubah pati yang dapat dicerna tubuh menjadi pati resisten.

    Trik ini tentunya mendapatkan banyak atensi dari para pengguna TikTok.

    “Ini benar-benar bagus untuk persiapan makan,” tulis salah satu akun, dikutip detikcom Kamis (19/12/2024).

    “Benar, tapi untuk membuatnya lebih baik, masukkan minyak kelapa saat Anda memasak nasi, itu membuat Anda juga menurunkan berat badan dan rasanya enak,” tulis akun lain.

    Dikutip dari Times of India, salah seorang tenaga medis dr Karan Rangarajan membenarkan hal ini. Menurutnya trik sederhana ini, selain dapat mengurangi kalori tetapi juga menurunkan risiko kanker usus besar.

    Pati resisten dapat meningkatkan kesehatan usus dengan bertindak sebagai prebiotik, memberi makan bakteri usus yang menguntungkan. Ini juga membantu mengatur kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan membantu untuk manajemen berat badan dengan meningkatkan perasaan kenyang.

    “Hampir semua sisa makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, pasta, kentang, kacang-kacangan, gandum ketika Anda memasaknya lalu mendinginkannya atau membekukannya, lalu memanaskannya kembali secara ajaib akan mengandung lebih sedikit kalori,” kata dr Karan.

    Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi nasi yang mengalami proses pendinginan menghasilkan peningkatan glukosa darah pasca-makan yang lebih rendah pada subjek pengidap diabetes tipe 1.

    Pati resisten tidak dapat dipecah oleh tubuh, tetapi bertindak sebagai prebiotik dan memberi makan flora usus, sehingga pencernaan menjadi lebih baik. Dokter Rajan mengatakan pati resisten dapat meningkatkan pergerakan usus dan jumlah tinja yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar.

    Menurut dr Rajan, setiap nasi yang didinginkan dan dipanaskan kembali banyak pati yang menjadi resisten terhadap pencernaan di usus halus dan berpindah ke usus besar, tempat bakteri usus dapat memfermentasinya.

    “Sisa karbohidrat tersebut berubah menjadi serat, alias prebiotik. Mereka memberi makan spesies bakteri bermanfaat seperti bifidobacteria dan Lactobacillus,” tutupnya.

    (dpy/kna)

  • Mahkamah Agung AS Bakal Gelar Sidang Penundaan UU Pelarangan TikTok

    Mahkamah Agung AS Bakal Gelar Sidang Penundaan UU Pelarangan TikTok

    Jakarta, CNN Indonesia

    Mahkamah Agung Amerika Serikat (AS) memutuskan untuk mendengar permohonan dari TikTok dan perusahaan induknya yang berbasis di China, ByteDance, untuk melakukan sidang penundaan undang-undang yang akan melarang operasi TikTok di negara tersebut.

    Keputusan untuk menggelar sidang pembelaan TikTok ini disampaikan pada Rabu (18/12). Sidang ini memberi harapan bagi TikTok yang dipaksa lepas dari Bytedance paling lambat pada 19 Januari atau menghadapi larangan atas dasar keamanan nasional.

    Melansir Reuters, para hakim tidak langsung mengikuti permintaan dari TikTok dan ByteDance serta beberapa penggunanya yang ingin UU tersebut dibatalkan. Para hakim memilih untuk mendengarkan argumen tentang masalah ini pada 10 Januari 2025.

    Pihak TikTok mengajukan banding atas putusan pengadilan yang lebih rendah yang menguatkan undang-undang tersebut. TikTok saat ini digunakan oleh yang sekitar 170 juta orang Amerika.

    Sebelumnya, Kongres meloloskan undang-undang ini pada April dan Presiden Joe Biden kemudian menandatanganinya menjadi undang-undang.

    Departemen Kehakiman telah mengatakan bahwa sebagai perusahaan China, TikTok menimbulkan “ancaman keamanan nasional dengan kedalaman dan skala yang sangat besar” karena aksesnya ke sejumlah besar data pengguna AS, mulai dari lokasi hingga pesan pribadi, dan kemampuannya untuk secara diam-diam memanipulasi konten yang dilihat oleh orang Amerika di aplikasi tersebut.

    Merespons tudingan tersebut, TikTok mengatakan bahwa mereka tidak menimbulkan ancaman langsung terhadap keamanan AS.

    Pada 16 Desember, TikTok dan ByteDance lantas meminta Mahkamah Agung untuk menunda sementara undang-undang tersebut, yang menurut mereka melanggar perlindungan kebebasan berbicara di bawah Amandemen Pertama Konstitusi AS.

    Dalam pengajuannya ke Mahkamah Agung, TikTok dan ByteDance mengatakan bahwa “jika orang Amerika, yang telah diberitahu tentang dugaan risiko manipulasi konten ‘terselubung’, memilih untuk terus melihat konten di TikTok dengan mata terbuka lebar, Amandemen Pertama mempercayakan kepada mereka untuk menentukan pilihan tersebut, bebas dari sensor pemerintah.”

    Pada Rabu (18/12), TikTok mengatakan bahwa mereka senang pengadilan mau mendengar pembelaan mereka dan akan menangani masalah ini.

    “Kami yakin pengadilan akan memutuskan bahwa larangan TikTok tidak konstitusional sehingga lebih dari 170 juta orang Amerika yang menggunakan platform kami dapat terus menggunakan hak-hak kebebasan berbicara mereka,” kata perusahaan itu.

    Menurut mereka, penutupan selama satu bulan saja akan menyebabkan TikTok kehilangan sekitar sepertiga dari pengguna di Amerika Serikat dan merusak kemampuannya untuk menarik pengiklan dan merekrut para pembuat konten serta karyawan.

    (lom/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Sosok Ustaz Maulana yang Parodikan Sunhaji Penjual Es Teh, Riwayat Pendidikan hingga Tarif Ceramah

    Sosok Ustaz Maulana yang Parodikan Sunhaji Penjual Es Teh, Riwayat Pendidikan hingga Tarif Ceramah

    TRIBUNJATIM.COM – Berikut ini sosok Ustaz Maulana yang parodikan Sunhaji penjual es teh.

    Beberapa waktu lalu Sunhaji viral karena dihina Gus Miftah.

    Dia menjadi topik pembicaraan publik seusai membuat konten parodi dengan mendalami peran sebagai penjual es teh.

    Dalam kontennya itu, Ustaz Maulana berperan sebagai penjual es teh.

    Dlihat dari akun media sosial TikTok yuda1912, Kamis (19/12/2024), Ustaz Maulana namapak dihina oleh pemuka agama berambut gondrong.

    Di akhir konten parodi memperlihatkan pemuka agama itu dicemooh jemaah.

    Selain itu, Ustaz Maulana nampak mendekat serta menceramahi tokoh agama berambut gondrong tersebut.

    “Islam mengajarkan keselamatan. Harusnya kita memberikan keselamatan,” kata Ustaz Maulana.

    “Makanya seorang Muslim itu jangan sampai menghina,” sambungnya.

    “Haram hukumnya tiga hal, menyakiti, melukai, dan mengambil haknya,” kata Ustaz Maulana.

    “Panggilah orang dengan panggilan terbaik. Supaya orang tidak merasa direndahkan,” tambahnya

    Diduga konten parodi itu adalah dituju untuk salah satu pendakwah yang kini viral.

    Tarif mendakwah

    Terlepas dari itu, Ustaz Maulana termasuk salah satu pendakwah dengan bayaran besar di Indonesia.

    Ustaz Maulana juga kerap diundang oleh tokoh-tokoh publik kenamaan Tanah Air, salah satunya memandu acara pengajian tasyakuran 4 bulanan kehamilan Erina Gudono bulan Mei 2024 silam.

    Konon Ustaz Maulana bisa mengantongi hingga Rp25 juta untuk satu kali tampil berceramah di televisi. 

    Namun Ustaz Maulana dikabarkan tidak mematok tarif apabila datang ke acara tertentu.

    “Saya adalah dai pesantren. Saat berdakwah saya diharamkan untuk memasang tarif. Alhamdulillah sampai sekarang masih bisa berdakwah,” ungkap Ustaz Maulana.

    Ustaz Maulana parodikan penjual es teh (Tribun Bogor)

    Profil

    Di sisi lain, Ustaz Maulana memiliki nama lengkap Muhammad Nur Maulana.

    Dia adalah seorang pendakwah ternama di Tanah Air.

    Ustaz Maulana dikenal dengan cara uniknya dalam menyampaikan dakwah.

    Dikutip TribunnewsBogor.com dari berbagai sumber, Ustaz Maulana lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 20 September 1974. 

    Saat ini, usianya telah menginjak 49 tahun.

    Aktivitas dakwahnya mulai terasah saat menjadi santri di Pondok Pesantren An Nahdah, Makassar. 

    Biodata Ustaz Maulana

    Nama: Muhammad Nur Maulana 

    Tempat lahir: Makassar, Sulawesi Selatan 

    Tanggal lahir: 20 September 1974 

    Usia: 49 tahun 

    Pendidikan: 

    Pesantren An Nahdah Makassar 

    Pekerjaan: Pendakwah, presenter, Guru Agama Islam 

    Istri: Nur Aliyah (alm) 

    Instagram: @m_nur_maulana 

    Berita Viral dan Berita Jatim lainnya

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

  • Bikin Sedih, Paula Verhoeven Tunggu Anak di Sekolah tetapi Tetap Tak Bisa Bertemu

    Bikin Sedih, Paula Verhoeven Tunggu Anak di Sekolah tetapi Tetap Tak Bisa Bertemu

    Jakarta, Beritasatu.com – Selebritas Paula Verhoeven kembali harus menahan rasa rindunya untuk bertemu dengan kedua putranya, Kiano Tiger Wong dan Kenzo Eldrago Wong. Paula yang diketahui mengunjungi sekolah anak-anaknya dengan harapan bisa bertemu. Namun, ia justru harus menerima kenyataan pahit karena tidak berhasil bertemu dengan kedua anaknya, meskipun telah membawa makanan kesukaan mereka.

    Saat menunggu anak di sekolah, Paula tidak sendirian. Ia ditemani oleh sahabatnya, Tya Ariestya, yang juga setia menunggu di sekolah.

    Namun, hingga waktu berlalu, Paula tidak juga bertemu dengan anak-anaknya. Hal ini terlihat dalam unggahan akun TikTok Tya Ariestya dikutip Beritasatu.com pada Kamis (19/12/2024).

    “Ibu kos menemani Paula nungguin anak-anak,” tulis Tya dalam unggahan TikTok-nya.

    “Ini sampai sepi, Kiano dan Kenzo belum datang juga,” tambah Tya dalam keterangan video.

    Dalam video tersebut, Paula Verhoeven sempat memperlihatkan makanan yang dibawanya, berupa dua sosis bakar, sushi, dan dua cup minuman. Makanan tersebut rencananya akan diberikan kepada Kiano dan Kenzo.

    “Anak-anak ke mana ya? Ini sudah pukul 10.28 WIB. Berharap Kiano dan Kenzo masuk sekolah hari ini,” ucap Paula dengan nada penuh harap.

    “Sebentar lagi, sabar ya,” ujar Tya menyemangati.

    Namun, hingga suasana sekolah menjadi sepi, Paula tetap tidak bisa bertemu dengan kedua anaknya. Ia mengungkapkan kesedihannya karena kembali harus menahan rasa rindunya.

    “Kita tunggu semangat-semangat,” ujar Paula Verhoeven, mencoba menguatkan diri.

    Sayangnya, hingga akhir video, Paula tetap tidak berhasil bertemu dengan Kiano dan Kenzo. Kejadian ini menuai simpati dari netizen. Banyak yang merasa iba terhadap Paula dan mengkritik Baim Wong karena dianggap tidak memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk bertemu ibunya.

    “Kalau aku di posisi Paula, pasti sudah nangis dan tidak bisa tertawa. Kuat banget kamu, Kak,” tulis seorang netizen.

    “Ya Allah, kasihan banget Paula. Sudah berharap ketemu anak-anak di sekolah, tapi tidak kesampaian. Sabar ya, MamaPau,” tambah komentar lainnya.

    “Baim, lu benar-benar ya. Hati Paula pasti sakit banget,” tandas netizen lain, menunjukkan empati dan dukungan untuk Paula Verhoeven.

  • Ancaman Deepfake Jadi Iklan Merebak, Kerugian Miliaran

    Ancaman Deepfake Jadi Iklan Merebak, Kerugian Miliaran

    Jakarta

    Dalam beberapa hari ini beredar video dari Malaysia tentang penipuan memanfaatkan deepfake disertai informasi korban kena penipuan atau scam deepfake dengan kerugian RM 500.000 atau sekitar Rp 1,8 miliar.

    Video ancaman AI deepfake memakan korban di Malaysia Foto: Dok. Vaksincom

    Video yang beredar di Tiktok dan Instagram tersebut dibuat dalam dua versi yang yang pada dasarnya adalah video deepfake penipu yang memalsukan dari anak yang meminta uang kepada orang tuanya karena mengalami musibah. Sang ayah setuju transfer RM 500 tetapi anaknya meminta transfer RM 5.000 ke rekening temannya dan disetujui oleh orang tuanya.

    Pada akhir video tersebut terungkap bahwa penelpon yang menghubungi kedua orang tua tersebut adalah palsu karena anak yang dipalsukan masuk ke ruangan orang tua tersebut. Dan setelah itu akan muncul iklan ponsel “H” asal China yang memiliki kemampuan mendeteksi deepfake.

    Iklan ponsel “H” dengan teknologi deteksi deepfake Foto: Dok. Vaksincom

    Referensi Berita

    Berdasarkan klaim kerugian RM 500.000 pada header video tersebut, tercatat memang ada beberapa penipuan di Malaysia dengan kerugian RM 500.000 seperti penipuan yang menimpa tiga warga emas pada yang ditakuti penipu dan dituduh memiliki tunggakan pajak seperti pada gambar 3 di bawah ini.

    Tiga warga emas ditipu RM 500.000 didakwa punya tunggakan cukai tanah Foto: Dok. Vaksincom

    Ada juga penipuan yang menimpa seorang guru yang dituduh terlibat dalam perdagangan manusia dan pencucian uang sehingga diperas oleh orang yang mengaku dari kepolisian sehingga ketakutan dan melakukan transfer lebih dari RM 500.000

    Namun, kedua penipuan di atas tidak memanfaatkan AI deepfake seperti yang diungkapkan pada video iklan dan memanfaatkan rekayasa sosial dan salah satunya malah dilakukan oleh orang dekat dari korban yang mengetahui dengan jelas tempat tinggal dan kondisi keuangan korban.

    Promosi merek ponsel

    Salah satu hal yang menarik adalah secara konsisten, dalam kedua iklan tersebut ponsel saingan dari merek “H” yaitu ponsel dengan merek “i” tersebut diposisikan sebagai ponsel penipu (lihat gambar 4)

    Ponsel merek “i” diposisikan sebagai ponsel penipu Foto: Dok. Vaksincom

    Dan ponsel saingan satunya lagi merek “S” yang digunakan oleh orang tua korban diposisikan sebagai korban yang agak gaptek

    Ponsel saingan merek “S” diposisikan sebagai ponsel yg tidak memiliki kemampuan mendeteksi deepfake Foto: Dok. Vaksincom

    Analisa

    Penipuan memanfaatkan deepfake seperti yang diungkapkan dalam video memang bisa terjadi. Gambar video dan suara bisa dipalsukan menggunakan AI Artificial Intelligence dan menghasilkan video yang sulit dibedakan oleh mata telanjang.

    Ponsel merek “H” mengklaim menggunakan teknologi untuk mendeteksi deepfake dengan menganalisa kontak mata, pencahayaan, kejelasan gambar dan video playback. Secara teknologi hal tersebut memang memungkinkan. Tetapi ada satu hal yang perlu disadari oleh pengguna teknologi.

    Teknologi AI juga berkembang dengan sangat pesat dan kelemahan-kelemahan yang tadinya mudah terdeteksi satu persatu disempurnakan oleh AI dan makin lama akan makin sulit mengidentifikasi keaslian dari satu konten. Sehingga mengandalkan AI untuk mendeteksi AI palsu bisa saja dilakukan tetapi bukan merupakan jaminan akan mampu mendeteksi samua konten manipulasi AI. Karena itu tidak disarankan untuk hanya mengandalkan satu teknologi atau parameter untuk mendeteksi penipuan.

    Konten tersebut sah-sah saja dijadikan peringatan untuk meningkatkan awareness atau kesadaran atas ancaman AI, tetapi salah juga kalau melihat AI sebagai monster jahat yang harus ditakuti dan digunakan sebagai sarana penipuan.

    Pertanyaannya, apakah kalau sudah menggunakan ponsel “H” akan bebas dari penipuan? Jawabannya: TIDAK

    Mungkin ponsel anda bisa membantu mengidentifikasi konten AI, tetapi penipuan tidak hanya menggunakan AI. Malah penipuan pada kedua berita di atas dengan kerugian lebih dari RM 500.000 yang dijadikan referensi justru tidak terindikasi menggunakan AI dan menggunakan rekayasa sosial untuk menakuti dan mengelabui korbannya.

    Agar anda terhindar dari penipuan yang harus anda lakukan adalah:

    Amankan aset digital anda dengan baik. Jaga kredensial penting seperti email, media sosial dan finansial dan pastikan dilindungi dengan perlindungan Otentikasi Dua Faktor yang akan mengamankan akun anda sekalipun kredensialnya berhasil dicuri.Gunakan password yang unik, panjang dan berbeda untuk setiap akun. Simpan password anda menggunakan password manager supaya aman dan mudah dikelola.Gunakan program anti phising pada ponsel seperti True Caller yang akan mengidentifikasi nomor telpon penipu dengan metode crowdsourcing dimana nama penelpon akan tampil di ponsel anda sekalipun tidak ada dikontak anda.Gunakan sandi rahasia atau pertanyaan rahasia yang hanya anda ketahui dengan keluarga anda, jika mendapatkan telepon darurat atau permintaan transfer uang.Lakukan kroscek dengan ketat dan pastikan anda tidak ditipu ketika melakukan transfer ke rekening yang tidak anda ketahui sebelumnya.

    (asj/asj)

  • Gibran Tinjau Proyek MRT di Instagram, Netizen Salfok Lagu ‘Waktu Ku Kecil’

    Gibran Tinjau Proyek MRT di Instagram, Netizen Salfok Lagu ‘Waktu Ku Kecil’

    Jakarta

    Wakil Presiden Indonesia Gibran Rakabuming mengunggah postingan video di akun Instagram-nya pada Rabu, (18/12/2024). Dalam videonya ia menunjukkan sedang melakukan peninjauan perkembangan proyek MRT Jakarta Fase 2A Glodok – Kota di Stasiun MRT Glodok.

    “Hari ini meninjau perkembangan proyek MRT Jakarta Fase 2A Glodok – Kota di Stasiun MRT Glodok. Salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) ini menunjukkan kemajuan signifikan, termasuk terselesaikannya terowongan yang menghubungkan Stasiun Glodok dan Stasiun Kota. Proyek MRT Jakarta Fase 2A sangat esensial guna meningkatkan konektivitas dan mobilitas masyarakat Jakarta,” tulisnya di Instagram.

    Namun, menariknya postingan ini membuat banyak netizen salfok (salah fokus). Pasalnya video ini menggunakan lagu yang sedang viral di media sosial saat ini, yang judulnya disebut ‘Waktu ku Kecil’.

    Tak hanya lagunya, netizen juga salfok dengan aksi Gibran yang turut berjoget dengan tambahan efek-efek yang lucu. Komentar pun berdatangan di postingan tersebut. “Pencapaian ibu itu: Nyanyi sampai diposting pak wapres” tulis @iksanxxx

    “Wapresssskuuuu DOORR DDOOOOORR DOORRR” tulis akun @zivaxxx

    “menyala ibu yg nyanyi sampai ke mas wapres 🔥👏” tulis akun @ummixxx

    “Mas wapresss kerennn 🔥🔥 tau aja ya lagu yg lagi rame 🤣” tulis akun @suchexxx

    “Percyalah ini salah satu cara agar postingan beliau di notic sma kaum milenieal,, mgkin dengn cra penyampaian kayak gini yang bisa di notic sma kaum2 milenial,, yang pasti menyala wapres ku🔥🔥” tulis akun @agusxxx

    “Siapa nih editornya kocak wkwkw” tulis akun @fufuxxx

    [Gambas:Instagram]

    Ditelusuri detikINET, lagu tersebut viral di TikTok berasal dari sekelompok ibu-ibu yang sedang bernyanyi di sebuah panggung acara. Lirik yang nyeleneh dipadukan dengan musik dangdut serta aksi ibu-ibu yang genit bikin lagu ini menjadi viral. Kreator TikTok pun ramai-ramai menggunakan lagu tersebut dengan aksi yang kocak.

    Diketahui, lagu tersebut rupanya adalah lagu rock berjudul “Waktu Ku Kecil” yang dibawakan oleh unit hard rock asal Bandung, yaitu Knalpot Band.

    (jsn/jsn)

  • Instagram Diproyeksikan Kuasai Lebih dari Separuh Pendapatan Iklan Meta di AS pada 2025

    Instagram Diproyeksikan Kuasai Lebih dari Separuh Pendapatan Iklan Meta di AS pada 2025

    JAKARTA – Platform media sosial Instagram diprediksi akan menyumbang lebih dari separuh pendapatan iklan Meta Platforms di Amerika Serikat pada 2025. Hal ini seiring dengan upaya Instagram untuk meningkatkan monetisasi berbagai fitur di platformnya, menurut laporan dari firma riset Emarketer.

    Sebagai salah satu pesaing utama TikTok dan YouTube Shorts, fitur video pendek Instagram, Reels, semakin menarik perhatian pengguna. Format video pendek ini dinilai lebih menarik oleh audiens, sehingga banyak pengiklan mulai mengadopsinya. Dengan Meta yang terus memperbanyak iklan di Reels, kontribusi pendapatan dari fitur ini diperkirakan akan meningkat signifikan.

    Menurut laporan, jika larangan TikTok di AS benar-benar diberlakukan pada 2025, Reels dan YouTube Shorts berpotensi menjadi alternatif utama bagi para pengiklan, memberikan peluang besar bagi Instagram untuk merebut pangsa pasar iklan yang sebelumnya didominasi oleh TikTok.

    “Instagram kini menjadi platform berbasis video, dengan pengguna menghabiskan hampir dua per tiga waktu mereka di Instagram untuk menonton video,” kata Jasmine Enberg, analis utama di Emarketer.

    Ia menambahkan, “Jika larangan TikTok diberlakukan pada 2025, Instagram bisa mendapatkan lebih dari seperlima anggaran iklan yang sebelumnya dialokasikan untuk TikTok di AS.”

    Pendapatan Iklan Instagram

    Pada 2024, mayoritas pendapatan iklan Instagram berasal dari fitur Feed (53,7%) dan Stories (24,6%). Namun, seiring meningkatnya pendapatan dari Reels, serta fitur lainnya seperti Explore dan kemungkinan Threads, pangsa pendapatan dari fitur-fitur tersebut diperkirakan akan meningkat menjadi 9,6% pada 2025.

    Dengan pergeseran ini, Instagram tidak hanya memperkuat posisinya sebagai platform video, tetapi juga menjadi salah satu pilar utama pertumbuhan pendapatan Meta di masa depan.

  • Wisatawan Ranu Regulo Mengeluh Ada Pungutan di Luar Tiket, Ini Penjelasan Dinas Pariwisata 
                
                    
                        
                            Surabaya
                        
                        19 Desember 2024

    Wisatawan Ranu Regulo Mengeluh Ada Pungutan di Luar Tiket, Ini Penjelasan Dinas Pariwisata Surabaya 19 Desember 2024

    Wisatawan Ranu Regulo Mengeluh Ada Pungutan di Luar Tiket, Ini Penjelasan Dinas Pariwisata
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com
    – Keluhan mengenai
    pungutan biaya
    tambahan di obyek wisata
    Ranu Regulo
    mengemuka setelah seorang wisatawan mengunggah pengalamannya di media sosial TikTok (@desyradn).
    Dalam kontennya, wisatawan tersebut mengungkapkan bahwa ia harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 20.000 per orang untuk menggunakan kamar mandi.
    Padahal, sebelumnya ia telah membayar tiket masuk sebesar Rp 60.000 per orang pada Minggu (1/12/2024).
    “Bayar lagi Rp 20.000 per orang buat ke kamar mandi. Tapi kamar mandinya antre banget dan airnya keluar sedikit padahal musim hujan,” tulis pemilik akun tersebut.
    Ketidaknyamanan juga dirasakan saat wisatawan tersebut ingin beristirahat.
    Ia mengaku dibangunkan dan diminta untuk pindah tempat atau membayar biaya tambahan sebesar Rp 175.000 karena lokasi yang ditempatinya dianggap sebagai area VIP.
    Meskipun telah bertanya kepada petugas mengenai area yang bisa digunakan untuk berkemah, ia mendapatkan jawaban untuk bebas mencari tempat yang nyaman.
    “Jam 9-an waktu yang lain tidur, baru didatangin dan disuruh pindah atau bayar Rp 175.000,” tambahnya.
    Menanggapi keluhan tersebut, Kepala
    Dinas Pariwisata
    Lumajang, Yuli Harismawati, menyatakan bahwa pungutan tambahan di luar tiket masuk tidak dibenarkan.
    Ia menjelaskan bahwa Wisata Ranu Regulo dikelola sepenuhnya oleh Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BBTNBTS), yang telah menetapkan tarif resmi untuk pengunjung.
    “Untuk wisatawan lokal pada hari kerja, tarifnya adalah Rp 24.000 per orang per hari untuk berkunjung dan Rp 29.000 per orang per hari untuk berkemah.”
    “Sedangkan pada hari libur, tiketnya naik menjadi Rp 34.000 untuk berkunjung dan Rp 39.000 untuk berkemah,” ujar Yuli.
    Ia menambahkan bahwa semua tarif tersebut sudah termasuk biaya asuransi senilai Rp 4.000 per wisatawan.
    Ia juga telah mengajukan protes kepada BBTNBTS terkait pungutan biaya tambahan untuk penggunaan kamar mandi dan tarif area VIP.
    “Saya sudah protes ke TNBTS karena pengelola Ranu Regulo sepenuhnya TNBTS. Tarikan-tarikan biaya lain itu seharusnya tidak ada, apalagi tarif VIP karena tidak ada ketentuan tarifnya,” tegas Yuli di Lumajang, Kamis (19/12/2024).
    Yuli mengungkapkan bahwa TNBTS merespons keluhan tersebut dengan baik dan akan berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang untuk melakukan pendampingan kepada pengelola wisata.
    “Alhamdulillah responnya baik, dan akan berkoordinasi dengan kami. Nanti juga akan ada pendampingan supaya wisata kita ini tetap eksis dan tidak ada lagi wisatawan yang kapok untuk datang,” pungkasnya.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • by.U Hadirkan ‘England Premier Trip’, Bisa Tur-Nonton Langsung di Inggris

    by.U Hadirkan ‘England Premier Trip’, Bisa Tur-Nonton Langsung di Inggris

    Jakarta

    Telkomsel melalui brand serba-digitalnya, by.U menghadirkan pengalaman menonton bola yang #GakGituGituAja bagi generasi muda. Menggandeng EMTEK Group melalui Vidio.com, by.U menghadirkan program “England Premier Trip” yang membuka peluang bagi pelanggan (Anak by.U) pecinta sepak bola untuk menikmati setiap gol, sorakan, dan atmosfer Premier League secara langsung di Inggris.

    Head of by.U Riko Ringgoanto menyampaikan melalui program ‘England Premier Trip’, by.U ingin menginspirasi generasi muda Indonesia untuk bermimpi lebih besar.

    “Premier League merupakan liga paling bergengsi di dunia, dan kami berharap program ini dapat memberikan pengalaman luar biasa bagi Anak by.U sesuai aspirasi mereka,” ujar Riko, dalam keterangan tertulis, Kamis (19/20/2024).

    Sementara itu, anak by.U yang terpilih akan diberangkatkan ke Inggris untuk mengikuti berbagai aktivitas menarik, mulai dari menonton langsung pertandingan Liga Inggris di stadion ikonis, mengikuti tur eksklusif klub-klub Liga Inggris, hingga belanja merchandise resmi di Classic Football Shirts.

    Untuk mendapat kesempatan jadi pemenang program “England Premier Trip”, Anak by.U bisa berpartisipasi selama periode 1 November – 31 Desember 2024 dengan dua cara berikut:

    1. Beli Paket “England Premier Trip” Sebanyak-Banyaknya
    – Paket Rp 35 ribu (BEST OFFER): Kuota internet 1 GB + Langganan Vidio Premier League 30 hari.
    – Paket Rp 75 ribu: Kuota internet 20 GB + Langganan Vidio Premier League 30 hari.
    Paket tersedia melalui aplikasi by.U atau konter terdekat.

    2. Buat Konten Parodi Komentator Bola yang #GakGituGituAja
    – Buat video parodi komentator bola dengan gaya unik masing-masing.
    – Unggah video di Reels, TikTok, atau YouTube Shorts.
    – Berikan tagar #KontenParodiKomentatorBola, #byUEnglandPremierTrip, #GakGituGituAja.

    Adapun sebanyak 15 pemenang akan diumumkan pada awal 2025 melalui akun Instagram resmi @byu.id. Keputusan panitia bersifat final dan hadiah tidak dapat dipindahtangankan atau diuangkan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program England Premier Trip, kunjungi go.byu.id/englandtrip atau Instagram @byu.id.

    (ega/ega)