Perusahaan: TikTok

  • Terjebak di Kebakaran Glodok Plaza, 9 Orang Beri Kode Pakai Senter Ponsel hingga Lambaian Kain – Halaman all

    Terjebak di Kebakaran Glodok Plaza, 9 Orang Beri Kode Pakai Senter Ponsel hingga Lambaian Kain – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Petugas pemadam kebakaran DKI Jakarta berhasil mengevakuasi 9 orang yang terjebak dalam kebakaran hebat di Glodok Plaza, Tamansari, Jakarta Barat, Rabu (15/1/2025) malam.

    Satriadi, Plt Kepala Dinas (Kadis) Pemadam Kebakaran DKI Jakarta menyebut dalam insiden ini rupanya ada 9 orang yang terjebak di lantai 7.

    Beruntung ke-9 orang tersebut berhasil dievakuasi, sekalipun pihak damkar belum mengetahui apakah yang terjebak merupakan pengunjung ataupun pekerja.

    Sebab, sumber api diduga berasal dari diskotik yang berada di lantai 7.

    “Jadi kita lagi fokus pemadaman, awal titik api di lantai 7. Kita berupaya dari sembilan orang ini Alhamdulillah semuanya sudah kita evakuasi, kita selamatkan,” beber Satriadi.

     

    Terjebak Kebakaran Glodok Plaza, 9 Korban Kirim Kode Khusus

    Sementara itu dikutip dari Kompas.com, warga yang terjebak sempat meminta tolong dan beberapa kali melambaikan tangan ke arah kerumunan warga.

    Beberapa dari mereka menampakkan diri dari jendela, menghidupkan senter ponsel hingga melambaikan kain.

    “Jangan, jangan, jangan lompat,” kata warga saat itu. 

    Hingga berita ini diterbitkan, penyebab pasti kebakaran masih belum diketahui dan proses pemadaman sempat terkendala. 

    Seperti diberitakan sebelumnya, kebakaran hebat melanda area lantai 7 Plaza Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, Rabu (15/1/2025) malam.

    Api pertama kali muncul pukul 21.30 WIB dan mulai merambat ke bangunan lain di sekitarnya.

    Pada pukul 23.20 WIB, nampak api masih berkobar kencang dan mengeluarkan asap pekat di bagian lantai atas plaza.

    Percikan api juga masih nampak jelas terlihat rata di seluruh kerangka bangunan Plaza Glodok.

    Bersamaan dengan itu, asap putih menyelimuti seluruh bagian atap plaza. 

    Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta mengerahkan 36 unit armada pemadam kebakaran dengan total 180 personel untuk memadamkan api di kebakaran yang terjadi di Glodok Plaza di Tamansari, Jakarta Barat sejak pukul 21.30 WIB Rabu malam, 15 Januari 2025. (dok. Kompas/Rama Paramahamsa)

    Beberapa kali juga terdengar ledakan dari bagian objek yang terbakar. 

    Alat berat longarm masih berada di sekitar lokasi unruk menyemprotkan air ke titik api.

    Ratusan personel pemadam kebakaran masih berjibaku memadamkan api dalam kebakaran di Glodok Plaza, Jakarta Barat, hingga Kamis (16/1/2025) dini hari.

    Dari laporan yang berasal dari humas jak fire, sebanyak 20 mobil damkar dengan 100 personel sudah menuju ke lokasi sejak pukul 21.30 WIB.

     

    Sumber Api

    Rupanya, kebakaran ini bersumber dari atas gedung tersebut.

    Hal ini terungkap lewat live TikTok gakfernahfyp9. 

    Sang perekam mengatakan kemunculan api sudah terlihat sejak pukul 20.00 WIB.

    Api yang mulanya kecil langsung menjalar dengan cepat ke bagian Glodok Plaza lainnya.

    Api dengan cepat merembet ke bawah. Sementara bagian atasnya sudah ludes terbakar.

    “Kurang tahu juga gara-gara apa. Hangus, mudah-mudahan aja hujan guys. Ini dari tadi jam 8 kecil itu, tadinya cuma di atas,” ujar sang perekam.

    “Jadi kita lagi fokus pemadaman, awal titik api di lantai 7. Kita berupaya dari sembilan orang ini Alhamdulillah semuanya sudah kita evakuasi, kita selamatkan. Sekarang tinggal fokus terkait pemadaman,” ucap Kadis Gulkarmat Jakarta Satriadi di lokasi.

     

    Sumber Air Terbatas

    Satriadi melanjutkan, kendala yang dialami oleh timnya yakni masalah air.

    Apalagi mengingat kondisi Glodok Plaza yang terbakar berada di lantai atas.

    “Gak ada sumber air kan kita dapat,” ucapnya.

    Sehingga ia pun membuat strategi pemadaman bersama timnya.

    “Jadi pemadaman itu sekarang potensinya sudah merambat ke lantai 6. Kita akan mengadakan startegi penyiraman dari bawah masuk ke dalam kemudian dengan Bronto Skylift  kita akan ke atasnya. Akan kita lakukan agar tidak terjadi perambatan lagi ke dalam gedung. Mohon doanya,” ucapnya.

     

  • Mengenal Xiaohongshu atau RedNote, Aplikasi Pengganti TikTok yang Terancam Diblokir di AS – Halaman all

    Mengenal Xiaohongshu atau RedNote, Aplikasi Pengganti TikTok yang Terancam Diblokir di AS – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Aplikasi TikTok terancam diblokir di Amerika Serikat.

    Kini, para pengguna berbondong-bondong bermigrasi ke aplikasi media sosial China bernama Xiaohongshu atau RedNote dalam Bahasa Inggris, menjadikannya aplikasi yang paling banyak diunduh di AS.

    Dikutip dari Associated Press, pengguna baru aplikasi RedNote itu menyebut diri mereka “pengungsi TikTok”.

    Mereka mengatakan aplikasi China pengganti TikTok itu, dipilih sebagai bentuk protes terhadap larangan TikTok.

    Dilaporkan sebelumnya, Mahkamah Agung AS akan memutuskan undang-undang yang menetapkan TikTok harus dilepaskan diri dari perusahaan induknya di China, ByteDance, paling lambat 19 Januari 2025.

    Dengan kata lain, ByteDance dipaksa menjual aplikasi TikTok kepada Amerika Serikat.

    Jika tuntutan itu tidak dipenuhi, TikTok akan menghadapi larangan di AS karena alasan masalah keamanan nasional.

    Setelah para hakim tampaknya cenderung membiarkan undang-undang tersebut berlaku, banyak pengguna TikTok mulai membuat akun di Xiaohongshu.

    Mereka menyematkan tagar seperti #tiktokrefugee atau #tiktok pada postingan mereka. 

    lihat foto
    Tangkap layar aplikasi Xiaohongshu atau RedNote di Apple Store

    Sejak Senin (13/1/2025), Xiaohongshu menjadi aplikasi gratis yang paling banyak diunduh di App Store Apple di AS.

    Dilansir Reuters, berikut hal-hal yang perlu diketahui seputar aplikasi ini.

    Apa Itu RedNote?

    RedNote sering dianggap sebagai adaptasi lokal Instagram di China.

    Xiaohongshu diterjemahkan menjadi “Red Note” atau “Little Red Book” dalam bahasa Inggris.

    Frasa ini umumnya merujuk pada kumpulan ucapan dari pemimpin Komunis China, Mao Zedong. 

    Aplikasi Xiaohongshu dikenal sebagai mesin pencari utama di China saat ini bagi pengguna yang ingin mencari rekomendasi dan topik populer, seperti kecantikan, mode, perjalanan, dan makanan. 

    Penggunanya di China sebagian besar masih muda dan perempuan.

    Tampilan antarmukanya berbeda dari TikTok atau Instagram karena menampilkan beberapa unggahan – baik video, foto, atau teks berformat panjang – secara bersamaan.

    Pengguna dapat terlibat dalam diskusi, berbagi unggahan, saling menelepon, dan membeli produk.

    Baru-baru ini, platform ini dapat melakukan penjualan secara live streaming.

    Menurut laporan media China, pada 2023, Xiaohongshu memiliki lebih dari 300 juta pengguna aktif bulanan.

    lihat foto
    Tampilan antarmuka Rednote (PS Photography)

    Aplikasi ini didirikan oleh Miranda Qu, presidennya saat ini, dan Charlwin Mao, CEO-nya, pada 2013 di Shanghai.

    Awalnya, mereka menyebut aplikasi tersebut “Panduan Belanja Hong Kong” dan menyasar wisatawan yang mencari rekomendasi dari luar China daratan.

    RedNote sebagian besar digunakan oleh warga China.

    Meskipun ada pilihan bahasa, sebagian besar konten hingga saat ini masih berbahasa Mandarin.

    Banjirnya pengguna TikTok tampaknya mengejutkan RedNote. 

    Dua sumber yang mengetahui perusahaan tersebut mengatakan mereka tengah berupaya keras untuk menemukan cara memoderasi konten berbahasa Inggris dan membuat alat penerjemahan Inggris-China.

    RedNote hanya mengelola satu versi aplikasinya, dan tidak membaginya menjadi aplikasi luar negeri dan dalam negeri seperti TikTok.

    ByteDance memiliki versi TikTok untuk China daratan yang disebut Douyin, sebagian untuk mematuhi aturan moderasi pemerintah dalam negeri.

    (Tribunnews.com)

  • Video: Jika TikTok Tak Lagi Beroperasi di AS, Gimana Nasib Pengguna?

    Video: Jika TikTok Tak Lagi Beroperasi di AS, Gimana Nasib Pengguna?

    Video: Jika TikTok Tak Lagi Beroperasi di AS, Gimana Nasib Pengguna?

  • Video: Aplikasi China Banjiri AS

    Video: Aplikasi China Banjiri AS

    Jakarta, CNBC Indonesia Dua aplikasi media sosial asal China, Lemon8 dan Rednote, mengalami lonjakan popularitas di Amerika Serikat, seiring dengan migrasi “Pengungsi Tiktok” ke platform alternatif menjelang potensi larangan Tiktok.

    Selengkapnya dalam program Property Point CNBC Indonesia, Rabu (15/01/2025).

  • Inilah Sosok Mira Ulfa, Selebgram Yang Baca Alquran Sambil Joget dan Diiringi Musik DJ

    Inilah Sosok Mira Ulfa, Selebgram Yang Baca Alquran Sambil Joget dan Diiringi Musik DJ

    TRIBUNJATENG.COM – Inilah sosok Mira Ulfa, selebgram Aceh yang diduga telah melakukan penistaan agama.

    Bagaimana tidak, Mira Ulfa melakukan aksi joget sambil membaca Alquran diiringi musik DJ.

    Selebgram asal Aceh kini viral di media sosial akibat tindakan memalukan tersebut.

    Aksi Mira Ulfa tersebut punmembuat publik geram.

    Sontak video aksinya itu viral dan trending di berbagai platform media sosial.

    Aceh dikenal dengan kearifan lokal dan nilai-nilai islami yang kental, namun kali ini Aceh menjadi topik pembicaraan karena diguncang oleh tindakan kontroversial selebgram asal Aceh, Mira Ulfa.

    Dalam siaran langsung di Instagram, Mira membaca lafadz taawudz dan basmallah yang biasa dimulai ketika membaca Al-Qur’an, dengan iringan musik DJ sambil mengenakan hijab yang dipadukan dengan pakaian ketat dan celana pendek.

    Penampilan tersebut memicu reaksi keras dari masyarakat, terutama warga Aceh, yang menganggap tindakan Mira melanggar norma agama dan budaya.

    Tidak hanya membaca lafadz suci, Mira juga terlihat berjoget mengikuti irama musik DJ dan menyapa penonton siaran langsungnya.

    Aksinya ini menimbulkan perdebatan hangat di media sosial, dengan banyak pihak yang menilai Mira telah merusak citra wanita berhijab.

    Kritik pedas diarahkan pada pilihan pakaian yang dianggap tidak sesuai dengan nilai kesopanan, terutama di Aceh yang menjunjung tinggi syariat Islam.

    Sosok Mira Ulfa

    Mira Ulfa merupakan selebgram asal Aceh yang sering mengunggah konten di TikTok @kekasihh88.

    Tidak hanya aktif di TikTok, Mira Ulfa juga aktif di Instagram.

    Ia memiliki akun bernama @miraulfa5.

    Terakhir kali terlihat, jumlah pengikutnya di TikTok mencapai 49.7 ribu orang.

    Sedangkan Instagram milik Mira Ulfa, sudah raib dari internet.

    Diduga Instagram tersebut sengaja dihapus setelah kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan Mira Ulfa viral di media sosial.

    Selain merupakan seorang selebgram, Mira Ulfa rupanya lulusan ilmu kebidanan.

    Ia menyandang gelar Ahli Madya Kebidanan (A.Md.Keb) dari Politeknik Kesehatan di Aceh.

    Setelah kasusnya viral, Mira Ulfa sempat membuat video klarifikasi.

    Dalam video yang beredar, Mira Ulfa meminta maaf kepada masyarakat.

    Namun, permintaan maafnya itu justru mendapat respon kecaman dari netizen di TikTok dan Twitter.

    Sejumlah warganet menilai tindakan Mira Ulfa hanya sebatas mencari sensasi agar tenar.

    Sehingga, netizen pun mendesak agar Mira Ulfa ditangkap dan dipenjarakan dalam waktu yang lama.

    “Penjarakan, klo gk berulah lagi dia , soalnya aman gk di tangkep,” tulis @Firmanxsyah di kolom postingan @dhemit_is_back.

    “kalau dibiarkan pasti banyak yang ikut PUNGO seperti ini, mana polusi syariah? apa tak ada dana operasional lagi untuk membasmi najis2 seperti ini dari Aceh?’ tulis @Babang84033088.

    “Siapkan cambuk duri,” tulis @BabeRame144099. (*)

     

  • LSI Denny JA: Penghapusan Ambang Batas Pilpres Dapat Respon Positif Masyarakat
                
                    
                        
                            Nasional
                        
                        15 Januari 2025

    LSI Denny JA: Penghapusan Ambang Batas Pilpres Dapat Respon Positif Masyarakat Nasional 15 Januari 2025

    LSI Denny JA: Penghapusan Ambang Batas Pilpres Dapat Respon Positif Masyarakat
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com

    LSI Denny JA
    merekam bahwa penghapusan ambang batas dalam pemilihan presiden dan wakil presiden (
    presidential threshold
    ) oleh
    Mahkamah Konstitusi
    (MK) mendapat respons positif dari publik.
    Survei tersebut mencatat 68,19 persen respons positif dari total seluruh responden yang disurvei.
    “(Penghapusan ambang batas) Ini mendapat respons positif oleh publik secara luas, ya. Ada 68,19 persen yang cenderung positif, percakapannya positif, atau sentimennya positif, yang terjadi dalam riset kami,” kata Peneliti LSI Denny JA, Adjie Al Farabi, dikutip dari tayangan YouTube LSI Denny JA, Rabu (15/1/2025).
    Di sisi lain, ada pula responden yang merespons negatif, sebesar 31,81 persen.
    Adapun survei ini dilakukan dengan mengumpulkan seluruh percakapan di media digital maupun sosial.
    Tercatat, ada 7.079 percakapan yang membicarakan wacana ini.
    “Tapi catatannya adalah mayoritas publik yang terekam dalam percakapan media, di media digital maupun media sosial, ini cenderung positif, terkait dengan putusan MK (yang) menghapuskan threshold Pilpres di 2029 dan Pilpres selanjutnya,” ucap dia.
    Adjie mencatat, ada sejumlah alasan yang membuat responden merespons positif putusan MK tersebut.
    Menurut mereka, putusan tersebut membuka ruang demokrasi yang inklusif, karena membuka pintu bagi setiap partai untuk mencalonkan presiden.
    Responden pun merasa suara mereka lebih didengar.
    Lalu, meningkatkan kompetisi politik, memberikan kesempatan kepada pemimpin baru, mengurangi politik transaksional, dan meningkatkan partisipasi publik dalam pemilu. “Dengan dihapuskannya threshold atau
    ambang batas Pilpres
    itu kemudian membuka pintu bagi semua partai politik untuk bisa mencalonkan presiden, ya,” jelasnya.
    Sebagai informasi, survei ini menggunakan analisis isi komputasional, mendeteksi topik dan sentimen publik berdasarkan kata kunci spesifik.
    Data dikumpulkan melalui platform media sosial, seperti X, TikTok, Facebook, dan media online yang meliputi berita, video, blog, web, serta forum diskusi dan siniar.
    Periode analisis sekitar 2-7 Januari 2025.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • “Koin Jagat” Aplikasi Berburu Harta Karun dan Dampak di Baliknya

    “Koin Jagat” Aplikasi Berburu Harta Karun dan Dampak di Baliknya

    Setelah fenomena Pokomen Go sempat menjadi tren baru di kalangan anak-anak hingga dewasa pada 2016 lalu, kini muncul permainan baru yang sama-sama berbasis lokasi bernama ‘Jagat – Find Family & Friends’. Game berburu harta karun yang lebih dikenal dengan nama Koin Jagat tersebut viral di media social, terutama TikTok, beberapa minggu belakangan ini.

    Ringkasan

  • DJI Flip Resmi Rilis di Indonesia, Harganya Mulai Rp 6 Jutaan

    DJI Flip Resmi Rilis di Indonesia, Harganya Mulai Rp 6 Jutaan

    Jakarta

    Erajaya Active Lifestyle mulai menjajakan drone terbaru dari DJI yang punya desain unik, yaitu DJI Flip.

    Flip adalah drone terbaru DJI dengan full-coverage propeller guard yang dapat dilipat, serta memiliki kamera serba bisa. Ukurannya cukup mungil, seukuran telapak tangan dan dengan bobot kurang dari 249 gram sehingga mudah dibawa-bawa.

    “Erajaya Active Lifestyle menyambut kehadiran DJI Flip sebagai drone yang bisa dipergunakan untuk mengambil gambar yang menakjubkan dari udara oleh siapa saja, terlepas tingkat kemahirannya dalam fotografi dan menerbangkan drone. Kami yakin bahwa perangkat ini akan menjadi idola baru bagi siapa saja yang ingin mengambil gambar dari udara secara mudah,” kata Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle, dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (15/1/2025).

    Drone yang bisa diterbangkan dari telapak tangan ini juga dilengkapi dengan full-coverage propeller guard sehingga pengguna bisa menggunakannya tanpa khawatir.

    Pengguna bisa menjadikan drone ini sebagai teman berpetualang dengan mengabadikan momen-momen penting dengan satu ketukan untuk mengambil gambar secara otomatis dari enam mode yang tersedia yakni boomerang, circle, dronie, helix, rocket dan spotlight.

    Teknologi AI Subject Tracking memastikan subyek tetap masuk di dalam komposisi gambar. Sensor CMOS 1/1,3 inci yang terpasang di kamera DJI Flip mampu mengambil gambar dengan resolusi 48MP sambil mempertahankan detail gelap dan terang.

    Pada saat yang sama, kamera drone ini mampu merekam video dengan resolusi 4K/60fps yang mendukung perekaman slow-motion pada resolusi 4K/100fps dan mode warna D-Log M 10-bit. Sensor dengan aspect ratio 4:3 memungkinkan video untuk dipotong secara vertikal dengan mempertahankan resolusi hingga 2,7K dan optimal untuk tampilan ponsel dan unggahan media sosial tanpa harus melakukan cropping lebih lanjut.

    Harga DJI Flip di Indonesia

    DJI Flip tersedia di DJI Experience Store, Urban Republic, erafone, iBox dan mitra resmi. Penjualan secara online juga tersedia di laman e-commerce Eraspace.com serta DJI Official Store di berbagai platform seperti Blibli, Lazada, Shopee, Tiktok Shop dan Tokopedia.

    Ada tiga paket penjualan yang tersedia, yaitu:

    DJI Flip – Rp 6.205.000DJI Flip (RC-2) – Rp 8.880.000DJI Flip (RC-2) Fly More Combo – Rp 11.000.000

    (asj/fay)

  • Kala ‘Pengungsi TikTok’ Pindah ke RedNote

    Kala ‘Pengungsi TikTok’ Pindah ke RedNote

    Video: Kala ‘Pengungsi TikTok’ Pindah ke RedNote

    1,900 Views | Rabu, 15 Jan 2025 13:16 WIB

    Alih-alih meratapi nasib karena kemungkinan kehilangan akses ke aplikasi TikTok pada 19 Januari 2025 mendatang, banyak TikTokers yang berbondong-bondong menggunakan RedNote. RedNote merupakan platform media sosial China yang juga disebut Xiaohongshu.

    Wanodya S/Reuters – 20DETIK

  • Pengganti TikTok, RedNote Posisi Teratas di App Store

    Pengganti TikTok, RedNote Posisi Teratas di App Store

    Jakarta

    Dalam hitungan hari aplikasi TikTok di Amerika Serikat akan resmi diblokir. Hal ini pun membuat pengguna TikTok di AS mencoba beralih ke aplikasi buatan China lainnya.

    Adalah RedNote, yang bahkan sebelumnya tidak populer namun aplikasi tersebut telah menempati posisi teratas di toko aplikasi Apple dan Google.

    Dilansir detiKINET dari Engadget, Rabu (15/1/2025) RedNote atau Xiaohongshu, adalah platform media sosial yang mirip dengan TikTok dengan konsep video pendek vertikal.

    Aplikasi RedNote Foto: SOPA Images via Getty Images

    Saat ini, RedNote berada di posisi pertama di toko Apple App Store sedangkan di Google Play STore berada di posisi ke-34.

    Kepopuleran RedNote ini dimulai setelah banyak kreator di AS berbagi postingan di TikTok tentang pengalaman mereka menggunakan RedNote.

    Sementara itu, di RedNote, sejumlah kreator telah berbagi video tentang menyambut ‘pengungsi TikTok’ ke dalam layanan ini.

    Aplikasi RedNote dibuat sangat mirip dengan TikTok dari antarmukanya hingga pengaturannya. Namun, karena sebagian besar aplikasi ini masih menggunakan masih berbahasa China jadi agak sulit untuk digunakan pengguna baru.

    Namun, sudah ada beberapa kreator yang mulai berbagi cara di TikTok untuk menjelaskan bagaimana menggunakan RedNote dari mulai mendaftar hingga mengubah bahasa China menjadi bahasa Inggris.

    Meskipun nama RedNote seperti muncul tiba-tiba, namun aplikasi ini sebenarnya sudah populer di China selama bertahun-tahun dan dianggap menjadi pesaing Douyin milik Bytedance dan raksasa e-commerce Alibaba, dengan sekitar 300 juta pengguna.

    (jsn/fay)