Perusahaan: TikTok

  • Industri Social Commerce Tumbuh Subur di Indonesia, Ini Buktinya

    Industri Social Commerce Tumbuh Subur di Indonesia, Ini Buktinya

     

    Liputan6.com, Jakarta Hanya dalam kurun waktu 12 bulan sejak didirikan pada 2024, Haluan Digital Agency telah berkontribusi pada industri social commerce Indonesia. Perusahaan ini tidak hanya sekadar bertahan, tetapi melaju kencang, sukses membangun ekosistem terintegrasi yang kini menaungi lebih dari 5.000 kreator aktif di seluruh Nusantara.

    Kecepatan pertumbuhan ini menempatkan Haluan sebagai pemain baru paling agresif yang berhasil mengubah konten digital menjadi mesin penjualan yang efektif. Pendekatan Haluan yang menonjol adalah filosofi mereka terhadap creator economy, membangun fondasi bisnis yang kuat alih-alih sekadar mengandalkan viralitas sesaat.

    “Fokus kami sejak hari pertama adalah menciptakan sistem, bukan sekadar agensi,” tegas Founder & CEO Haluan Digital Agency, Brian Putra Bastara, Kamis (6/11/2025).

    “Social commerce membutuhkan mesin yang andal, bukan hanya konten yang viral sesekali,” lanjut dia.

    Dalam satu tahun, Haluan berhasil mencapai sebuah lonjakan yang jarang terjadi. Jaringan HDA kini meluas, mencakup 5.000 lebih kreator yang berasal dari lintas kategori popular, mulai dari beauty, fashion, parenting, lifestyle, F&B, hingga tech.

    Jaringan besar ini dikelola secara aktif dengan menyelenggarakan ratusan sesi live commerce setiap hari melalui platform-platform besar seperti TikTok Shop, Shopee, dan media sosial lainnya.

    Kecepatan ini dimungkinkan oleh pengembangan content engine internal Haluan. Mesin ini bertanggung jawab memproduksi video pendek yang terarah dan skrip live commerce yang terbukti memiliki konversi tinggi.

     

     

     

  • Pemerintah Ungkap Aplikasi Sarang Judi Online di RI, Bukan TikTok-WA

    Pemerintah Ungkap Aplikasi Sarang Judi Online di RI, Bukan TikTok-WA

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah kembali melaporkan perkembangan penanganan praktik judi online di Indonesia. Menteri Komunikasi dan Digital, Meutya Hafid, menyampaikan hasil penutupan situs dan pemblokiran konten sepanjang 20 Oktober hingga 2 November 2025.

    Meutya mengatakan Komdigi telah menutup total 2.458.934 konten dan situs terkait judi online. Dari jumlah tersebut, mayoritas berasal dari situs berbasis web yang mencapai lebih dari 2,1 juta konten.

    “Untuk jumlah total situs dan juga konten adalah 2.458.934 dengan jumlah situs 2,166 sekian-sekian juta,” ujar mutya dalam konferensi pers bersama Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Ivan Yustiavandana di Kantor PPATK, Jakarta Pusat, Kamis (6/11/2025).

    Berikut jumlah konten judi online (20 Oktober – 2 November 2025):

    File sharing: 123 ribu lebih

    Meta (Facebook, Instagram, dsb.): 106 ribu lebih

    Google & YouTube: 41 ribu lebih

    X (Twitter): 18.600 lebih

    Telegram: 1.942

    TikTok: 1.138

    Line: 14

    App Store: 3

    Meutya menegaskan pemerintah membutuhkan kolaborasi langsung dari para platform digital untuk mempercepat proses penyaringan otomatis konten judol tersebut.

    “Jadi ini juga kita minta kolaborasinya dari para platform untuk terus melakukan sensor terhadap situs-situs ataupun akun-akun konten-konten judi yang tersisip di dalam platform-platform tersebut,” jelasnya.

    Selain memblokir situs dan konten, Komdigi juga mengirim 23.604 rekening terindikasi terkait judi online kepada PPATK untuk ditindaklanjuti. Penelusuran rekening dianggap penting karena menjadi jalur utama aliran dana aktivitas judi.

    “Kita memahami bukan hanya akses tapi juga rekening itu menjadi lehernya dari perilaku-perilaku kejahatan di internet terkhusus judi online” ujar Meutya.

    Pemerintah juga telah menyepakati penguatan kerja sama dengan OJK, perbankan, dan aparat penegak hukum. Selain itu, pemerintah juga akan melakukan pendekatan internasional, termasuk melalui negara mitra dan platform global.

    Hal ini sejalan dengan pernyataan Presiden dalam forum APEC, bahwa judi online merupakan kejahatan terorganisir lintas negara, sehingga penanganannya tidak bisa hanya dilakukan di dalam negeri.

    “Artinya tidak cukup tadi kita berbicara dengan pemerintahan atau lembaga-lembaga di dalam

    negeri tapi juga kita harus mengajak mitra-mitra kami di luar negeri untuk membantu Indonesia terus memerangi judi online sampai serendah-rendahnya.” pungkasnya.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Cuma Main Game Bisa Bawa Pulang iPhone 17 Pro, Mau?

    Cuma Main Game Bisa Bawa Pulang iPhone 17 Pro, Mau?

    Jakarta

    Di tengah padatnya rutinitas sehari-hari, setiap orang tentu butuh waktu untuk melepas penat. Salah satu cara paling seru untuk menyegarkan pikiran adalah dengan bermain game.

    Aktivitas ini kini bukan lagi sekadar hiburan pengisi waktu, tapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup digital masyarakat modern. Menariknya, bermain game saat ini bahkan bisa membawa manfaat lebih dari sekadar kesenangan.

    Banyak orang menjadikannya sebagai wadah untuk melatih otak, meningkatkan fokus, bahkan membuka peluang mendapatkan cuan tambahan. Berikut beberapa alasan kenapa bermain game kini jadi aktivitas yang digemari banyak orang:

    1. Mengisi Waktu Luang

    Di tengah rutinitas padat, ada berbagai cara seru untuk melepas stress dan mengisi waktu luang, salah satunya adalah bermain game. Aktivitas ini bisa membantu otak rileks sejenak sebelum kembali produktif menjalani kesibukan sehari-hari.

    2. Mengasah Kemampuan

    Banyak game yang menuntut strategi, kecepatan berpikir, dan kemampuan memecahkan masalah. Tanpa disadari, bermain game bisa melatih logika, refleks, serta kemampuan mengambil keputusan dengan cepat.

    3. Meningkatkan Fokus

    Game menuntut pemain untuk tetap fokus dan tanggap terhadap situasi yang berubah cepat. Dengan rutin bermain, otomatis konsentrasi dan daya fokus seseorang bisa meningkat dan terbawa ke aktivitas lain di dunia nyata.

    4. Menghasilkan Cuan

    Kini, bermain game bukan hanya soal hiburan, tetapi juga peluang menghasilkan uang atau hadiah menarik. Banyak platform, termasuk DANA, menawarkan reward nyata yang bisa kamu klaim hanya dengan bermain aktif.

    Main Game, Dapat Hadiah Nyata Lewat DANAPoly!

    Nah, buat kamu yang ingin merasakan sensasi seru bermain game sekaligus berkesempatan membawa pulang hadiah spektakuler, aplikasi dompet digital DANA menghadirkan DANA 11.11 selama 4 – 14 Nov 2025. Di campaign ini, DANA membagikan iPhone dan Saldo DANA jutaan rupiah setiap hari. Untuk dapetin hadiahnya, kamu bisa main DANAPoly, game interaktif dengan tampilan baru yang lebih seru dan penuh kejutan.

    Dengan DANAPoly, pengguna bisa bermain sambil mengumpulkan Diamond yang nantinya bisa ditukar dengan hadiah bernilai total hingga Rp 3 miliar. Hadiah yang ditawarkan pun luar biasa, mulai dari iPhone 17 Pro, Samsung Flip 7, ASUS ROG Phone 9 FE, Apple Watch Gen 10, eMAS 1 gram, hingga saldo DANA jutaan rupiah.

    Bagi pengguna dengan jumlah putaran (lap) terbanyak, tersedia hadiah total Rp 53 juta untuk kategori Daily Winner dan All Time Winner. Sementara itu, mereka yang aktif menyelesaikan misi DARE juga bisa mendapatkan Saldo DANA tambahan di kategori Most DARE Winner. Untuk info lengkapnya, kamu bisa cek syarat & ketentuannya di sini ya!

    Foto: DANA

    Cara Bermain DANAPoly

    Pengguna hanya perlu mengumpulkan DANA Points yang bisa beli di DANA Deals, transaksi di aplikasi DANA, atau klaim Daily Reward. Kemudian gunakan DANA Points untuk main DANAPoly, lalu kumpulkan Diamond agar bisa mendapatkan hadiah spesial seperti iPhone, Samsung Flip 7, dan sebagainya di akhir periode.

    Agar semakin untung, pengguna bisa upgrade Daily Rewards ke Premium untuk memperoleh ekstra DANA Points dan Diamond setiap hari. Dengan begitu, peluang menang makin besar dan hadiah bisa diklaim lebih cepat.

    Selain itu, jangan lewatkan juga Live TikTok DANA Indonesia pada tanggal 4, 11, dan 14 November 2025 pukul 10.30-12.00 WIB, karena akan ada DANA Kaget berhadiah total jutaan rupiah yang bisa langsung diklaim oleh penonton.

    Jadi, tunggu apa lagi? Langsung buka aplikasi DANA sekarang dan mulai mainkan DANAPoly agar waktu luangmu jadi lebih seru dan menguntungkan. Siapa tahu, iPhone 17 Pro dan hadiah menarik lainnya bisa jadi milikmu!

    (akd/ega)

  • Nilai Pasar Tembus Rp 351 Triliun, Mampukah Pemasaran Influencer Keluar dari Media Sosial?

    Nilai Pasar Tembus Rp 351 Triliun, Mampukah Pemasaran Influencer Keluar dari Media Sosial?

    Meski potensinya besar, pemasaran influencer juga menghadapi berbagai hambatan dari platform tempat mereka beroperasi. Nova mencatat bahwa akses data yang terbatas dan kurangnya transparansi menjadi kendala utama bagi merek untuk mengukur efektivitas kampanye.

    Banyak platform media sosial membatasi alat pihak ketiga dan pelacakan eksternal, membuat merek harus bergantung pada metrik internal yang belum tentu objektif.

    Selain itu, perubahan algoritma dan kenaikan biaya iklan membuat jangkauan organik semakin sulit diraih. Akibatnya, banyak merek kini mempertimbangkan strategi baru untuk memaksimalkan hasil kampanye tanpa bergantung sepenuhnya pada platform sosial.

    Strategi Baru untuk ROI Lebih Tinggi

    Menurut Nova, salah satu cara paling efektif bagi merek untuk meningkatkan laba adalah memanfaatkan kembali konten influencer di luar media sosial. Konten yang awalnya dibuat untuk TikTok atau Instagram, misalnya, dapat dioptimalkan untuk berbagai kanal digital di Web Terbuka mulai dari situs berita, blog, hingga platform iklan programatik.

    Strategi ini tidak hanya memperluas jangkauan, tetapi juga menekan biaya produksi kreatif yang biasanya cukup besar.

    Selain itu, media sosial dapat berfungsi sebagai “laboratorium pengujian” bagi merek. Konten yang terbukti berhasil di sana bisa diperluas ke platform lain dengan hasil yang lebih terukur dan biaya distribusi lebih rendah.

  • Gas! Bikin Pantun Bisa Dapat Realme 12 Pro+ dari Juragan Gadget

    Gas! Bikin Pantun Bisa Dapat Realme 12 Pro+ dari Juragan Gadget

    Jakarta

    Juragan Gadget bagi-bagi Realme 12 Pro+ untuk pendukung yang ikutan detikINET Hura-Hura! Cek spek HP yang satu ini biar makin ngiler.

    Saat ini, bisa dibilang gadget adalah perangkat yang dimiliki hampir seluruh masyarakat Indonesia. Ada beragam spek dan model yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kalau mau cari informasi seputar teknologi dan gadget? Betul, detikINET tempatnya!

    detikINET Hura-hura merupakan kompetisi bagi-bagi gadget untuk pembaca tersayang. Dalam kompetisi ini, ada Sultan Gadget dan Juragan Gadget yang akan mencari dukungan pembaca sambil menawarkan hadiah gadgetnya.

    Sultan meminta kamu membuat Gombalan bertema teknologi dan Juragan meminta kamu membuat Pantun teknologi. Nah, karena itu, buat yang ingin mendapatkan Realme 12 Pro+, kamu cuma perlu sedia pantun bertema teknologi yang bisa kamu tuliskan di kolom komentar!

    Spesifikasi Realme 12 Pro+Dimensi dan bobot: 161,67 x 74,02 x 8,75 mm, 196 gramLayar: OLED 6,7 inch refresh rate 120 Hz, Full HD Plus, touch sampling rate 240 Hz, 100% DCI-P3 color gamut, dan rasio screen-to-body 93%Chipset: Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2CPU dan GPU CPU: 4xCortex-A78 (2,4 GHz), 4xCortex-A55 (1,95 GHz)GPU: Adreno 710 RAM dan storage 8/128 GB dan 12/512 GBKamera depan: 32 MP (f/2.4)Kamera belakang: Kamera utama 50 MP (f/1.8) dengan Sony IMX890 (OIS), telefoto 64 MP (f/2.8) dengan sensor OmniVision OV64B, ultrawide 8 MP (f/2.2)Sistem operasi: Android 14, Realme UI 5.0Baterai: 5.000mAH, fast charging 67 wattFitur: USB-C, dual nano SIM, dual speaker Dolby Atmos, GPS, Bluetooth 5.2, Wi-Fi 6, jaringan 5G, pemindai sidik jariWarna: Submarine Blue dan Navigator Beige

    Realme 12 Pro+ 5G merupakan varian tertinggi di lini Realme 12 saat ini. Ponsel ini dilengkapi layar AMOLED berukuran 6,7 inch dengan resolusi 1.080 x 2.412 pixel (FHD+) dan refresh rate 120Hz.

    Layarnya memiliki desain melengkung di sisi kanan dan kiri. Layar Realme 12 Pro+ juga mendukung tingkat kecerahan puncak hingga 950 nits dengan perlindungan TÜV Rheinland untuk menjaga kenyamanan mata.

    Kamera tentu saja menjadi fitur unggulan Realme 12 Pro+ 5G. Ponsel ini memiliki tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dengan OIS yang menggunakan sensor Sony IMX890. Sensor yang sama juga digunakan di ponsel flagship Realme GT3 dan GT5, tapi versi yang digunakan Realme 12 Pro+ memiliki bukaan lebih besar.

    Mekanisme & Ketentuandetikers wajib follow akun Instagram dan Tiktok detikINETTentukan kamu tim Sultan Gadget atau Juragan GadgetBerikan dukunganmu kepada tim Sultan gadget maupun tim Juragan gadget dengan membuat Pantun atau Gombalan bertema teknologi di kolom komentar artikel detikINET Hura-Hura yang diunggah setiap harinya di SINIPara detikers dengan Pantun atau Gombalan terbaik yang beruntung akan mendapatkan hadiah berupa produk yang dibagikan oleh Sultan Gadget dan Juragan Gadget.Periode submit dukungan adalah 3 – 16 November 2025Pemenang akan diumumkan di live streaming detikINET Hura-hura

    Ayo segera kirim Pantun dan Gombalan kamu di kolom komentar di bawah ini!

    (ask/fay)

  • BAKTI Komdigi Gelar Edukasi Seputar Strategi Digitalisasi ke Usaha Mikro Kecil Menengah di Cianjur

    BAKTI Komdigi Gelar Edukasi Seputar Strategi Digitalisasi ke Usaha Mikro Kecil Menengah di Cianjur

    Bisnis.com, CIANJUR – Terobosan teknologi yang inovatif dan transformatif seperti kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) makin diandalkan dalam memperkuat daya saing dan mendukung operasional usaha mikro kecil menengah (UMKM). 

    Penguasaan teknologi digital terutama kecerdasan buatan oleh pelaku UMKM menjadi salah satu hal penting yang diangkat dalam Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digitalisasi yang digelar Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Minggu, 26 Oktober 2025. 

    Direktur PT Nextup/Nextup.id, M. Muhaimin, mengatakan, penguasaan pengetahuan dasar tentang kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) serta pengetahuan tentang bagaimana AI diterapkan pada digital marketing akan memudahkan pelaku UMKM dalam menjalankan bisnisnya.

    Dalam paparan bertema Pemanfaatan AI dalam Digital Marketing , Muhaimin membahas strategi bisnis dengan dukungan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) seperti ChatGPT dan Gemini dapat diandalkan untuk membantu menyusun perencanaan bisnis, mencari inspirasi bisnis, melakukan analisis bisnis dan mengevaluasi kinerja bisnis.

    Dia juga menjelaskan, menjalankan bisnis dengan dukungan AI dapat membantu pelaku usaha dalam menemukan ide konten, membuat konten hingga  sistem penjualan melalui pemanfaatan Chat bot.

    “Bisnis [pada waktu dahulu], apa yang kita pikir pertama-tama? Ide bisnis. Adakah kita ngomong segmen pasar, kemudian customer segment, analisis, business model canvas, kemudian analisis risiko. Nah, sekarang belajar hari ini cuma 1 jam, bisa dengan semuanya materi ini,” paparnya.

    Di sisi lain, dia mengingatkan bahwa  pemanfaatan  AI tetap perlu memperhatikan etika, jika tidak maka akan berisiko pada hasil yang deep fakes, atau mendapatkan hasil yang tidak sesuai jika prompt yaitu pertanyaan,  masukan atau instruksinya tidak jelas.

    Di sela-sela pemaparannya, Muhaimin memberi contoh penggunaan AI untuk bisnis keripik pisang, yang dapat dimanfaatkan untuk mencari nama brand/produk keripik pisang, desain ide logo, analisis harga, rasa, dan varian; menentukan segmentasi atau target audiens, hingga mendapatkan model bisnis yang sesuai.

    Dia juga mengingatkan seputar dilematisnya penjualan online karena adanya potongan admin sebagai hal yang perlu dipertimbangkan. “Biasanya UMKM sering salah dalam memasukkan harga jual, harga pokok penjualan [HPP] produk dihitung minimal di atas 30%.”

    STRATEGI MEDSOS

    Pada forum yang sama,  Influencer dari Daily Life, Eli Jamilah, memberikan paparan dengan mengangkat tema Strategi Media Sosial untuk UMKM yang di antaranya adalah dengan mengandalkan peran influencer.

    Dia mengungkapkan, seorang influencer bisa menerima sekitar Rp7 juta setiap kali menerima tawaran endorse. Eli juga memberikan tip menjadi seorang influencer, antara lain dengan meniru konten-konten yang dinilai baik. Selain itu, konten harus jelas dan memiliki ciri khas.

    Dia juga menyarankan pelaku UMKM untuk belajar memasukkan “keranjang kuning”, memanfaatkan aplikasi yang ada seperti TikTok dan Facebook, dan  berlatih berbicara di depan kamera.

    “Everything is content. Jika sudah for you page/fyp [masuk ke halaman utama suatu platform media sosial] satu kali, maka konsistenlah untuk bikin konten terus,” sarannya seraya menyarankan para pelaku UMKM untuk membuat konten pada jam 12 siang ketika jam makan siang, dan pada pukul 18.00 wib ketika kebanyakan orang tengah bersantai.

    Pada sesi berikutnya, pemateri Yudi  , mempresentasikan paparan yang bertema Peluang Strategis Ekonomi Digital untuk UMKM dan Desa se-Cianjur di Era Transformasi Nasional.

    Yudi menjelaskan, seputar ekonomi digital dan arah besar transformasi digital indonesia dengan visi Indonesia Digital 2045 dan 100 Smart Cities. Dia juga menerangkan digitalisasi produk dengan memilih platform yang tepat.

    Dia memberi contoh penggunaan media sosial seperti Instagram yang cocok untuk tujuan membangun kesadaran konsumen, sedangkan platform e-commerce lebih untuk tujuan penjualan.

    Dia juga membahas tentang pembayaran digital dengan penggunaan invoice dan Qris, identitas digital seperti logo dan tagline, analisis data serta penggunaan insight dari aplikasi pihak ketiga.

  • Ngegombal Doang Dapat Redmi 13 & Redmi 13C? Bisa, Sini Ikutan!

    Ngegombal Doang Dapat Redmi 13 & Redmi 13C? Bisa, Sini Ikutan!

    Jakarta

    Sultan Gadget bagi-bagi Redmi 13 dan Redmi 13C untuk pendukung yang ikutan detikINET Hura-hura! Cek spek HP yang satu ini biar makin ngiler.

    Saat ini, bisa dibilang gadget adalah perangkat yang dimiliki hampir seluruh masyarakat Indonesia. Ada beragam spek dan model yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Kalau mau cari informasi seputar teknologi dan gadget? Betul, detikINET tempatnya!

    detikINET Hura-hura merupakan kompetisi bagi-bagi gadget untuk pembaca tersayang. Dalam kompetisi ini, ada Sultan Gadget dan Juragan Gadget yang akan mencari dukungan pembaca sambil menawarkan hadiah gadgetnya.

    Sultan meminta kamu membuat Gombalan bertema teknologi dan Juragan meminta kamu membuat Pantun teknologi. Nah, karena itu, untuk yang ingin mendapatkan Redmi 13 dan Redmi 13C, kamu cuma perlu sediakan gombalan bertema teknologi yang bisa kamu tuliskan di kolom komentar pada artikel berikut ini:

    Spesifikasi Redmi 13

    Redmi 13 4G dibekali kamera belakang ganda dengan sensor utama 108MP yang menjanjikan foto cerah di mana dan kapan saja. Selain itu disematkan lensa bokeh 2MP serta fitur 3x in-sensor zoom dan night mode untuk foto terang saat malam.

    Bagian depannya terdapat kamera selfie 13MP. Agar foto selfie makin memukau diberikan Soft Light Ring.

    Dapur pacu HP ini menggunakan chipset MediaTek Helio G91 Ultra dipadukan dengan RAM 8 GB yang dapat ditambah 8 GB dari RAM virtual. Redmi 13 menawarkan memori internal hingga 256 GB.

    Redmi 13 4G menyuguhkan layar LCD berukuran 6,79 inch dengan resolusi Full HD+. Xiaomi memberikan dukungan refresh rate 90Hz untuk pengalaman smooth dalam menggulir layar.

    Untuk menjaga mata pengguna, Redmi 13 4G sudah tersertifikasi TÜV Rheinland. Baik dalam pengurangan cahaya biru dan teknologi flicker-free.

    Baterai yang disematkan berkapasitas 5.030mAh dengan dukungan untuk pengisian cepat 33W. Dalam pembeliannya diberikan adaptor charger dan kabel data.

    Spesifikasi Redmi 13C

    Desain bodi Redmi 13C cukup ramping dengan ketebalan 8.1 mm dan berat 192 gram. Smartphone ini memiliki tiga pilihan warna, yaitu Glacier White, Clover Green, dan Midnight Black.

    Redmi 13C memiliki layar IPS LCD berukuran 6.74 inch dengan resolusi HD+ (720 x 1600 piksel) dan refresh rate 90Hz. HP ini punya sertifikasi TÜV Low Blue Light/Flicker Free yang efektif mengurangi tingkat paparan cahaya biru yang dapat menyebabkan kelelahan mata dan mengganggu kualitas tidur.

    Redmi 13C dilengkapi dengan kamera belakang ganda. Komposisinya terdiri dari kamera utama 50MP dengan aperture f/1.8, dan kamera makro 2MP dengan aperture f/2.4.

    Kamera tersebut dapat mengambil foto dengan detail yang baik, serta mampu merekam video 1080p@30fps. Untuk kebutuhan selfie, Redmi 13c memiliki kamera depan 8MP dengan aperture f/2.0.

    Sistem operasi yang digunakan adalah Android 13 dengan antarmuka MIUI 14. Xiaomi menjanjikan pengguna mendapatkan update Android sebanyak dua kali dan pembaruan keamanan selama 3 tahun.

    Redmi 13C juga memiliki baterai besar 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 18W melalui port USB Type-C 2.0. Tak kalah menariknya HP ini dilengkapi sensor fingerprint dan NFC.

    Mekanisme & Ketentuandetikers wajib follow akun Instagram dan Tiktok detikINETTentukan kamu tim Sultan Gadget atau Juragan GadgetBerikan dukunganmu kepada tim Sultan gadget maupun tim Juragan gadget dengan membuat Pantun atau Gombalan bertema teknologi di kolom komentar artikel detikINET Hura-Hura yang bisa diklik di SINIPara detikers dengan Pantun atau Gombalan terbaik yang beruntung akan mendapatkan hadiah berupa produk yang dibagikan oleh Sultan Gadget dan Juragan Gadget.Periode submit dukungan adalah 3 – 16 November 2025Pemenang akan diumumkan di live streaming detikINET Hura-hura

    Ayo segera kirim Pantun dan Gombalan kamu di kolom komentar artikel di bawah ini ya!

    (ask/fay)

  • Viral Avoidant Attachment Jadi ‘Bahasa Baru’ Gen Z, Ahli Jiwa Ungkap Maknanya

    Viral Avoidant Attachment Jadi ‘Bahasa Baru’ Gen Z, Ahli Jiwa Ungkap Maknanya

    Jakarta

    Istilah avoidant attachment sedang ramai di media sosial. Banyak Generasi Z yang menggunakan istilah ini sebagai alasan mereka sulit dekat secara emosional atau cenderung menarik diri saat hubungan mulai serius.

    Di TikTok sendiri sudah lebih dari 150 ribu tagar #avoidantattachment dipakai para creator sebagai konten video. Tapi, apa sih arti sebenarnya dari avoidant attachment?

    Spesialis kedokteran jiwa dr Lahargo Kembaren, SpKJ mengatakan secara psikologis ‘avoidant attachment’ adalah gaya keterikatan (attachment style) yang mulai terbentuk sejak masa kecil.

    “Biasanya karena pengalaman hubungan emosional dengan orang tua atau pengasuh yang kurang responsif, dingin, atau menolak ekspresi emosi anak,” kata dr Lahargo kepada detikcom, Rabu (5/11/2025).

    Individu dengan gaya avoidant ini akan tumbuh menjadi orang yang cenderung menjaga jarak dari orang lain, tidak nyaman dengan keintiman, dan lebih suka mengandalkan diri sendiri daripada meminta dukungan emosional.

    “Jadi benar, di TikTok gaya ini sering digambarkan sebagai orang yang ‘lebih nyaman sendiri’, ‘tidak mau terikat’, atau ‘tak butuh orang lain’, tapi sebenarnya itu adalah mekanisme pertahanan diri emosional yang terjadi secara unconscious (di bawah sadar), jadi bukan sekadar pilihan gaya hidup,” katanya.

    Apa sih yang Dirasakan oleh Individu dengan Avoidant Attachment?

    Menurut dr Lahargo, individu dengan avoidant attachment cenderung menekan emosi sendiri karena percaya bahwa menampilkan perasaan merupakan tanda kelemahan.

    Lalu, mereka juga memiliki batasan ketat dalam hubungan, baik pertemanan maupun romantik. Tampak kuat, mandiri, dan rasional, tetapi sebenarnya juga takut ditolak atau kehilangan kendali.

    “Saat orang lain mendekat terlalu dekat secara emosional, mereka bisa merasa tidak nyaman atau bahkan sesak’,” tutur dr Lahargo.

    “Jadi, ‘strong independent person’ ini sering bukan karena benar-benar tak butuh orang lain, tapi karena takut kehilangan kendali atas dirinya bila terlalu dekat dengan orang lain,” tutupnya.

    Halaman 2 dari 2

    Simak Video “Video: CISDI Ungkap Alasan Kesehatan Mental Masih Disepelekan”
    [Gambas:Video 20detik]
    (dpy/kna)

  • Eko Patrio Dinyatakan Langgar Kode Etik DPR, Dinonaktifkan 4 Bulan

    Eko Patrio Dinyatakan Langgar Kode Etik DPR, Dinonaktifkan 4 Bulan

    Eko Patrio Dinyatakan Langgar Kode Etik DPR, Dinonaktifkan 4 Bulan
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI dalam putusannya menyatakan bahwa Eko Hendro Purnama alias Eko Patrio melanggar kode etik DPR RI.
    Eko Patrio
    dinyatakan melanggar Pasal Undang-Undang Nomor Tahun 2018 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 Tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD RI jo Pasal 2 Ayat 2 dan 4 jo Pasal 3 ayat 4 jo Pasal 5 Ayat 2 jo Pasal 9 ayat 1 Peraturan
    DPR
    RI Nomor 1 tahun 2015 tentang Kode Etik.
    Oleh karenanya, MKD menjatuhkan hukuman terhadap Eko Patrio berupa penonaktifan sebagai Anggota DPR RI selama empat bulan.
    “Menyatakan teradu 4 Eko Hendro Purnomo terbukti melanggar kode etik DPR RI. Menghukum teradu 4 Nonaktif selama empat bulan berlaku sejak tanggal putusan ini dibacakan yang dihitung sejak penonaktifan yang bersangkutan sebagaimana keputusan DPP Partai Amanat Nasional,” kata Wakil Ketua
    MKD DPR
    Adang Daradjatun, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (5/11/2025).
    Kemudian, terhadap Eko Patrio juga diputuskan tidak mendapatkan hak keuangan selama dinonaktifkan sebagai anggota dewan.
    Dalam pertimbangannya, MKD menilai bahwa tidak ada niat dari Eko Patrio untuk menghina atau melecehkan siapa pun terkait aksinya berjoget dalam Sidang Tahunan MPR RI tanggal 15 Agustus 2025.
    Hal itu dinilai setelah mempertimbangan keterangan dari saksi Deputi Persidangan Setjen DPR RI Suprihartini, Koordinator orkestra pada sidang tahunan Letkol Suwarko, ahli kriminologi Prof. Dr. Adrianus Eliasta, ahli hukum Dr. Satya Arinanto, ahli sosiologi Trubus Rahardiansyah, ahli analisis perilaku Gusti Aju Dewi, dan Wakil Koordinator Wartawan Parlemen Erwin Siregar.
    Selain itu, MKD menyebut, aksi joget yang dilakukan Eko Patrio bukan untuk merespons adanya kenaikan gaji anggota DPR RI.
    Sebab, menurut MKD, berdasarkan rekaman dari Sidang Tahunan MPR tersebut, tidak ada pengumuman kenaikan gaji atau tunjangan DPR.
    Namun, majelis MKD berpandangan bahwa reaksi parodi yang disampaikan Eko Patrio setelah viral aksi jogednya kurang tepat karena bersifat defensif.
    Oleh karena itu, terhadap Eko Patrio diperintahkan juga untuk berhati-hati dalam memberikan pendapat di muka umum.
    Diketahui, Eko Patrio sebelumnya sudah dinonaktifkan sebagai Anggota DPR RI oleh
    PAN
    .
    Penonaktifan tersebut buntut dari kontroversi yang dilakukan Eko karena mengunggah video parodi menanggapi kritikan terhadap anggota DPR yang berjoget saat Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2025.
    Melalui akun TikTok pribadinya @ekopatriosuper, Eko Patrio mengunggah sebuah video parodi yang menampilkan dirinya sedang berakting menjadi DJ yang menyetel musik dengan sound horeg.
    Tindakan itu Eko lakukan untuk membalas kritik publik atas sejumlah anggota dewan yang berjoget setelah Pidato Kenegaraan Presiden Prabowo Subianto, sementara situasi masyarakat sedang sulit.
    “Biar jogednya lebih keren pakai sound ini aja,” tulis Eko.
    Namun, akhirnya, Eko Patrio menyampaikan permintaan maaf atas video parodinya tersebut.
    Meski sudah meminta maaf, perbuatan Eko dinilai berkontribusi pada eskalasi kemarahan publik yang mengkritik kenaikan tunjangan anggota DPR RI.
    Masyarakat menggelar unjuk rasa memprotes kenaikan tunjangan anggota DPR RI pada 25 Agustus lalu.
    Unjuk rasa kemudian berlanjut pada 28 Agustus, hari di mana driver ojek online (Ojol) Affan Kurniawan meninggal setelah dilindas mobil Brimob.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Drama mikro China yang menyihir layar kita

    Drama mikro China yang menyihir layar kita

    Jakarta (ANTARA) – Fenomena micro-drama atau yang populer disebut Drama China (Dracin) pendek, tengah menarik perhatian publik hiburan digital di Indonesia. Konten-konten berdurasi super singkat –rata-rata hanya tiga hingga delapan menit per episode, bahkan ada yang 60 hingga 120 detik– ini menawarkan jalan cerita yang padat, emosional, dan penuh plot twist.

    Kehadirannya tidak lagi sebatas tren iseng, melainkan sebuah mesin bisnis triliunan rupiah yang sangat cerdas. Mengutip data iiMediaResearch, pasar short drama China mencapai nilai fantastis 37,39 miliar yuan (sekitar 5,26 miliar dolar AS) pada tahun 2023, dengan proyeksi melampaui 100 miliar yuan pada 2027.

    Asma Nadia Hasuna dkk (2025) dalam publikasi riset bertajuk “Daya Tarik Short Drama China: Fenomena Konsumsi Cepat dalam Perspektif Psikologi Sosial” menilai short drama China memiliki daya tarik kuat yang berasal dari formatnya yang singkat, namun padat secara emosional.

    Dalam perspektif psikologi sosial, fenomena ini menunjukkan bagaimana kebutuhan akan kepuasan instan, konformitas terhadap tren media sosial, serta pencarian aktualisasi diri menjadi faktor utama dalam pola konsumsi hiburan modern.

    Hal ini selaras dengan salah satu kajian George Ainslie (1975) yang menjelaskan kecenderungan individu memilih hadiah yang lebih kecil, namun segera, daripada hadiah yang lebih besar, tetapi tertunda. Dalam konteks tontonan, penonton modern cenderung memilih drama pendek yang ringkas dan langsung ke inti konflik, meski kualitas alur atau produksinya mungkin lebih rendah, daripada serial konvensional berdurasi panjang.

    Strategi menarik perhatian Dracin pun unik. Episode-episode awal disajikan secara gratis di media sosial (TikTok, YouTube Shorts) sebagai hook. Namun, untuk melanjutkan kisah yang sengaja diputus pada titik yang paling memancing, penonton dipaksa beralih ke aplikasi video on demand khusus dan berbayar. Alur cerita cepat, penuh cliffhanger, dan disajikan dalam format vertikal ini dirancang untuk memberikan “dopamin rush”, memicu kecanduan untuk menonton terus-menerus (binge-watching).

    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.