Perusahaan: TikTok

  • Menanti Kelahiran Realme GT 7 di Paris, Bisa Nonton Live Streaming

    Menanti Kelahiran Realme GT 7 di Paris, Bisa Nonton Live Streaming

    Jakarta

    Realme telah mengumumkan smartphone terbarunya, Realme GT 7 Series akan meluncur secara global pada 27 Mei 2025 di Paris, Prancis.

    Seri ini menandai langkah baru Realme menghadirkan inovasi di lini smartphone flagship mereka. Mengusung tema ‘Power That Never Stops’, hajatan ini akan memfokuskan performa dan efisiensi daya dari perangkat yang dirilis.

    Acara peluncuran pada 27 Mei 2025 akan dimulai pukul 15.00 WIB dan para Realme fans dapat ikut menyaksikannya secara virtual melalui kanal YouTube, Facebook, dan TikTok resmi Realme Indonesia. Nyalakan notifikasi dari sekarang, untuk jaga-jaga supaya kalian tidak ketinggalan.

    Jelang peluncurannya, berbagai bocoran spesifikasi sudah beredar. Realme telah mengonfirmasi bahwa GT 7 akan ditenagai prosesor MediaTek Dimensity 9400e, dan mengatakan bahwa HP ini mencapai skor benchmark AnTuTu lebih dari 2,45 juta, menjanjikan performa yang jauh meningkat dari seri sebelumnya.

    Realme juga mengatakan bahwa layar GT 7 akan memiliki kecerahan puncak hingga 6000 nits. Menariknya lagi, smartphone ini akan mengemas baterai 7000mAh dan pengisian cepat 120W yang menawarkan pengisian hingga 100% dalam 40 menit.

    Informasi lain menyebutkan, Realme GT 7 dibekali kemampuan Perekaman Video Sinematik 4K Full-scene, rekaman Dolby Vision, kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX906, kamera ultra lebar, kamera telefoto 50MP 2x, dan kamera depan 32MP.

    Sudah siap menanti kehadiran seri Realme GT 7? Ikuti juga update tentang Realme GT 7 langsung dari Paris, di detikINET!

    (rns/rns)

  • Jemaah Haji asal Sidoarjo Dirampok Sopir Taksi di Arab, Begini Penjelasan Panitia

    Jemaah Haji asal Sidoarjo Dirampok Sopir Taksi di Arab, Begini Penjelasan Panitia

    Surabaya (beritajatim.com) – Jemaah haji asal Sidoarjo diduga menjadi korban perampokan sopir taksi di Arab Saudi, hari Selasa (20/5/25) lalu. Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menyarankan supaya jamaah haji lain membantu, dan waspada dengan kasus serupa.

    Korban perampokan itu diketahui berinisial MU, laki-laki, ia dilaporkan kehilangan uang sekitar Rp16 juta dan SAR 350 (mata uang Saudi Riyal), senilai Rp1.5 juta.

    Plh. Sekretaris PPIH Embarkasi Surabaya, Sugiyo mengatakan, dirinya baru saja mengetahui kabar tersebut hari ini. Serta mengaku belum menerima laporan itu.

    “Kalau beritanya ke saya belum sampai, mungkin teman-teman tahu dari media media. Mungkin ini bisa dibenarkan kalau informasi itu valid,” ungkap Sugiyo di Asrama Haji Embarkasi Surabaya, pada Senin (26/5).

    Sugiyo juga mengatakan, jamaah haji yang sudah tiba di Arab Saudi diimbau berhati-hati membawa barang berharga ataupun uang pecahan. Ia bilang sebaiknya uang pecahan besar disimpan di kartu ATM.

    “Aktivitas di mana pun tetap menjaga apa yang dimiliki, termasuk harta yang dimiliki. Jamaah tidak boleh membawa uang banyak banyak, dimohon bawa uang secukupnya dan bisa ditaruh di ATM,” urainya.

    Selanjutnya, kepada korban yang telah kehilangan harta atau barang bawaan, Sugiyo memberi saran agar jemaah lain membantu. Dan dirinya menyebut, ketika hal itu terjadi menimpa seorang jamaah, sudah secara otomatis jemaah lain turut membantu.

    “Jamaah jamaah seperti itu biasanya, teman-teman ketika jamaahnya kehilangan uang, tidak punya biaya. Teman-teman itu patungan membantu jamaah yang kekurangan uang living kos itu tadi,” rinci Sugiyo.

    Kadang kala juga, lanjut Sugiyo, para jamaah haji yang berusia lanjut ini sulit membedakan besaran nominal uang Arab. Oleh sebab itu, teruntuk jamaah yang paham diimbau untuk mendampingi membantu.

    “Kemudian bapak ibu jamaah yang sepuh sepuh kadang kala tidak memahami tentang real atau nilai real. Jadi ketika ada lembaran yang tertulis 500 real itu satu lembar, satu lembar itu kalau di Indonesiakan sekitar Rp2 juta. Mereka kadang-kadang tidak paham bahwa uang itu Rp2 juta,” jelas dia.

    “Nah ini tentu harus didampingi oleh teman-teman yang paham, agar jamaah yang kurang memahami terkait hal itu tidak tertipu,” ucap Sugiyo.

    Untuk diketahui, kasus perampokan yang menimpa seorang jamaah haji asal Sidoarjo, MU, laki-laki itu mencuat, setelah viral kejadiannya diungkapkan oleh pemilik akun Tiktok @brodenishow, pada Selasa (20/5) lalu.

    Pemilik akun Tiktok tersebut mengungkapkan, MU dirampok seorang sopir taksi dengan cara dipaksa masuk ke dalam mobil taksi dan menyerahkan barang berharga miliknya, uang sekitar Rp16 juta dan SAR 350. [ram/ian]

  • Literasi AI Warga RI Masih Rendah

    Literasi AI Warga RI Masih Rendah

    Bisnis.com, JAKARTA – Hasil survei Luminate dan Ipsos menunjukkan tingkat literasi kecerdasan buatan (AI) warga Indonesia masih rendah seiring dengan ada ketidakmampuan membedakan dengan konten asli.

    Praktisi tata kelola data dari Luminate, Dinita Putri, mengatakan dalam survei ini, 75% responden percaya bahwa konten buatan AI bisa mempengaruhi pandangan politik publik. Sebagian besar juga merasa konten tersebut bisa mempengaruhi orang-orang terdekat mereka (72%), dan bahkan diri mereka sendiri (63%).

    “Namun menariknya, dari 33% responden yang merasa pandangan politiknya tidak akan terpengaruh, 42% justru mengaku tidak yakin bisa membedakan mana konten asli dan mana yang dibuat AI,” kata Dinita dalam keterangannya, Senin (26/5/2025).

    Dia menambahkan makin banyak orang memahami AI, makin besar kemungkinan mereka menyadari risikonya. Begitu pula dengan Indonesia.

    Survei tersebut, lanjutnya, juga menyoroti perbedaan cara pria dan wanita menilai kemampuan mereka sendiri. Walaupun secara umum keyakinannya hampir sama (70% pria dan 71% wanita mengaku cukup yakin), hanya 17% wanita yang merasa sangat yakin bisa mengenali konten AI, dibandingkan dengan 30% pria.

    Riset ini juga hadir di momen penting: Indonesia adalah salah satu negara paling aktif secara digital. Lebih dari 90% responden menggunakan WhatsApp setiap hari, dan penggunaan Instagram, Facebook, serta TikTok juga sangat tinggi. Dengan paparan sebesar itu, ditambah rendahnya literasi AI, risiko penyebaran disinformasi jadi semakin besar.

    “Pemahaman soal AI sangat penting untuk melindungi demokrasi. Warga Indonesia yang sangat aktif di dunia maya perlu memiliki literasi AI yang memadai,” ujarnya.

    Di sisi lain, Direktur Program ICT Watch, Prasasti Dewi turut menekankan pentingnya kesadaran komunitas. “Literasi AI adalah fondasi penting untuk memastikan masyarakat dapat berinteraksi dengan teknologi secara etis, inklusif, dan bertanggung jawab,” kata Dewi.

    Dia menambahkan melalui Kerangka Kerja Literasi AI Indonesia, kami menekankan nilai-nilai hak asasi manusia dan tiga dimensi inti, yakni kesetaraan gender, disabilitas dan inklusi sosial, serta kondisi sosial ekonomi dan kesejahteraan.

    Penggunaan AI yang bermakna harus memberdayakan kelompok rentan, memperkuat partisipasi warga, dan mempromosikan keadilan digital di tengah perubahan teknologi yang begitu cepat.

    ”Fenomena ini juga terlihat di negara lain, bahkan yang sudah maju sekalipun. Di Prancis, Jerman, dan Inggris, lebih dari 70% responden yang paham AI dan teknologi deepfake mengaku khawatir terhadap dampaknya bagi pemilu,” ujarnya.

  • Bareskrim Tangkap 4 Tersangka Penjual Gading Gajah Ilegal

    Bareskrim Tangkap 4 Tersangka Penjual Gading Gajah Ilegal

    Bisnis.com, Jakarta — Bareskrim Polri telah menangkap dan menetapkan empat orang menjadi tersangka kasus penjualan satwa dilindungi.

    Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Nunung Syaifuddin menyebut keempat tersangka penjualan gading gajah ilegal tersebut berinisial IR, JF, EF dan SS.

    Dia menjelaskan bahwa keempat tersangka itu menjual gading Gajah Asia yang telah diolah dalam berbagai bentuk seperti di antaranya pipa rokok, tongkat komando, patung, gesper, dan ukiran gelang. 

    “Para tersangka menjual gading gajah itu di temoat berbeda-beda, ada yang di sebuah toko dan ada juga secara online melalui siaran langsung di TikTok dengan nama akun 1Junior9393 dan GGNK,” tuturnya di Jakarta, Senin (26/5/2025).

    Berdasarkan keterangan dari tersangka IR, kata Nunung, IR membeli gading gajah dari JF yang masih berupa gading utuh dengan berbagai jenis ukuran.

    Selanjutnya, gading gajah tersebut dibentuk menjadi berbagai jenis barang, lalu dijual secara offline maupun online Live Tiktok.

    “Jadi untuk gading gajah berupa pipa rokok dipasangkan oleh tersangka dengan cara live streaming Tiktok kepada konsumen dengan harga bervariasi sesuai ukuran pipa rokok atau jenis polos atau ukiran, barang yang laku selanjutnya dikirim melalui paket JNT,” katanya.

    Sementara itu, untuk tersangka SS sendiri menggunakan modus operandi menjual pipa rokok yang terbuat dari gading gajah Asia melalui Facebook dengan akun Sony Shopian. 

    Berdasarkan keterangan dari tersangka SS, kata Nurul, SS membeli gading gajah dari tersangka IR melalui Facebook dengan akun bernama Bonang dan Almalik.

    “Barangnya sudah dalam bentuk pipa rokok yang diduga terbuat dari gading gajah dengan ukuran diameter 10 cm x 1,8 cm per pcs sebesar Rp1.200.000,” ujarnya.

    Keempat orang tersangka dijerat Pasal 40A ayat 1 huruf F juncto Pasal 21 ayat 2 huruf C Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2024 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem dan/atau dugaan tindak pidana.

    Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa setiap orang dilarang melakukan kegiatan memperdagangkan melalui media elektronik atau media lainnya tanpa izin terhadap satwa yang dilindungi dan atau bagian-bagiannya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 40 ayat 1 huruf H juncto Pasal 21 ayat 2 huruf G Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2024 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya dengan ancaman hukuman pidana, penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 15 tahun.

  • TNI AL: Serda Satria sudah dipecat setelah ikuti operasi militer Rusia

    TNI AL: Serda Satria sudah dipecat setelah ikuti operasi militer Rusia

    keikutsertaan Satria dalam operasi militer Rusia viral di media sosial TikTok lewat video dari akun @zstorm689

    Jakarta (ANTARA) – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menyampaikan bahwa Sersan Dua (Serda) Satria Arta Kumbara sudah dipecat dari anggota Inspektorat Korps Marinir (Itkomar) setelah mengikuti operasi militer Rusia.

    Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama TNI I Made Wira Hadi mengatakan pemecatan telah dilakukan berdasarkan putusan in absentia (putusan dengan ketidakhadiran terdakwa) Pengadilan Militer (Dilmil) II-08 Jakarta pada 6 April 2023.

    “Dalam putusan itu, yang bersangkutan telah dipidana penjara selama 1 tahun dan terdapat pula tambahan pidana berupa pemecatan,” ujar Laksma TNI Wira kepada wartawan di Jakarta, Sabtu.

    Ia menjelaskan Satria telah melakukan desersi atau lari meninggalkan dinas ketentaraan sejak 13 Juni 2022 hingga saat ini.

    Oleh karenanya, Dilmil II-08 telah menjatuhkan hukuman berdasarkan Putusan Perkara Nomor 56-K/PM.II-08/AL/IV/2023 Tanggal 6 April 2023 dan Akte Berkekuatan Hukum Tetap Nomor AMKHT/56-K/PM.II-08/AL/IV/2023 Tanggal 17 April 2023.

    Adapun keikutsertaan Satria dalam operasi militer Rusia viral di media sosial TikTok lewat video dari akun @zstorm689.

    Dalam video tersebut, terdapat dua foto seorang pria yang sama, namun dalam setiap foto memakai seragam yang berbeda, yakni seragam TNI AL dan seragam tentara Rusia.

    Foto itu bertuliskan bahwa dahulu pria tersebut merupakan mantan prajurit Marinir TNI AL, tetapi sekarang telah menjadi anggota militer Rusia yang berperang di Ukraina.

    Pada akun yang sama, terdapat pula dua video lainnya yang menampilkan foto pria itu sedang melakukan operasi militer bersama tentara Rusia.

    Dalam foto yang ditampilkan pada dua video yang berbeda tersebut, dicantumkan beberapa pesan mengenai kehidupan yang disampaikan oleh pembuat video.

    Pada mulanya, tidak ada yang mengetahui nama pria dalam video yang viral itu. Namun setelah itu, TNI AL pun mengonfirmasi bahwa pria tersebut bernama Satria.

    Pewarta: Agatha Olivia Victoria
    Editor: Edy M Yakub
    Copyright © ANTARA 2025

  • Cuan dari Warkop! Ini Tips dan Modal Usaha Warung Kopi yang Bisa Bikin Kantong Tebal

    Cuan dari Warkop! Ini Tips dan Modal Usaha Warung Kopi yang Bisa Bikin Kantong Tebal

    Jakarta: Bisnis warung kopi alias warkop nggak pernah kehilangan pesona. Dari anak muda sampai orang tua, hampir semua suka nongkrong sambil ngopi. 
     
    Nah, tren ini bisa jadi peluang usaha yang menjanjikan buat kamu yang mau mulai bisnis sendiri.
     
    Menariknya, kamu nggak perlu jadi barista profesional dulu buat bisa punya kedai kopi. 
    Merangkum artikel dari Kita Lulus, dengan modal yang tepat dan strategi jitu, kamu sudah bisa buka warkop kekinian yang bikin pelanggan betah nongkrong.
    1. Mulai dari modal yang masuk akal
    Modal awal membuka warkop bisa dimulai dari kisaran Rp18 juta sampai Rp100 juta, tergantung konsep dan lokasi. Yang penting, sesuaikan dengan kantong dan skala bisnis yang kamu inginkan.

    Beberapa kebutuhan utama yang wajib kamu persiapkan antara lain:
     
    – Mesin kopi (espresso/manual brew)
    – Grinder kopi
    – Meja dan kursi
    – Kulkas kecil
    – Bahan baku (biji kopi, susu, gula)
    – Peralatan pendukung (timbangan, milk jug, silverware, blender)
     
    Khusus buat kamu yang pengin langsung tancap gas, ikut franchise kopi juga bisa jadi opsi tapi siapin dana ekstra ya, bisa lebih dari Rp100 juta.
     

    2. Tentukan lokasi yang pas dan strategis
    Lokasi menentukan prestasi. Kalau target pasarmu anak muda, carilah tempat dekat kampus, kantor, atau pusat nongkrong. Tapi ingat, lokasi ramai belum tentu laris. Cek dulu kebiasaan orang sekitar.
     
    Lakukan riset kecil-kecilan. Misalnya, warkop di area perumahan yang sepi di siang hari bisa tetap ramai kalau jadi spot favorit kerja remote di malam hari.
    3. Konsep Warkop Itu Penting Banget!
    Mau tampil beda? Mulailah dari konsep.
     
    Contoh konsep menarik:
     
    – Warkop dengan coworking space
    – Warkop estetik buat konten Instagram
    – Warkop dengan konsep vintage/retro
    – Warkop outdoor ala garden
     
    Yang penting, konsep kamu harus nyambung dengan target pelanggan. Tambah sedikit sentuhan personal biar pelanggan merasa lebih dekat.
    4. Cari biji kopi berkualitas
    Jangan asal pilih biji kopi. Kualitas rasa adalah nyawa dari kedai kopi kamu. Bekerjasamalah dengan roastery lokal atau petani kopi langsung supaya lebih terjangkau dan unik.
     
    Lakukan testing beberapa supplier sebelum menetapkan pilihan. Kamu juga bisa sediakan menu non-kopi seperti teh, susu, atau minuman kekinian lain biar segmen pelanggan makin luas.
     

    5. Promosi adalah segalanya di awal
    Sudah buka tapi sepi? Mungkin promosi kamu belum maksimal. Manfaatkan media sosial seperti Instagram dan TikTok buat menyebarkan informasi dan menciptakan engagement.
     
    Tips promosi:
     
    – Soft opening dengan diskon
    – Kolaborasi dengan food vlogger
    – Adakan giveaway
    – Pasang promo bundling kopi dan snack
    6. Sisi lain dari bisnis warkop
    Nggak ada bisnis yang mulus terus. Beberapa tantangan yang mungkin kamu hadapi:
     
    – Ramai cuma di awal pembukaan
    – Lokasi ramai tapi nggak sesuai selera pasar
    – Modal lumayan besar (apalagi kalau pakai mesin espresso dan sewa tempat)
     
    Solusinya? Adaptif dan kreatif! Dengarkan masukan pelanggan, ubah strategi promosi, dan buat menu baru secara berkala.
    7. Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan
    Jika dikelola dengan baik, warung kopi bisa memberi keuntungan harian yang stabil. 
     
    Bahkan dalam satu tahun, margin keuntungan bisa mencapai 20 persen hingga 40 persen dari total omzet, tergantung efisiensi biaya dan strategi pemasaran.
     
    Dengan asumsi pengeluaran awal Rp35 juta dan omzet bulanan Rp15-20 juta, kamu bisa balik modal dalam 6-12 bulan. Lumayan banget, kan?
     
    Usaha warung kopi bukan cuma soal cuan, tapi juga soal menciptakan tempat yang nyaman buat semua kalangan. Kalau kamu serius, tekun, dan rajin inovasi, bukan nggak mungkin kedai kecilmu bisa berkembang jadi brand kopi besar.
     
    Yuk, mulai siapkan konsep dan action plan-nya sekarang! Jangan cuma jadi penikmat kopi, tapi juga pebisnis kopi.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Sosok Selebgram SA yang 4 Anaknya Kebakaran di Rumah hingga 3 Tewas, Pergi sama Pacar saat Kejadian

    Sosok Selebgram SA yang 4 Anaknya Kebakaran di Rumah hingga 3 Tewas, Pergi sama Pacar saat Kejadian

    GELORA.CO –  Sosok ibu muda berinisial SA (23) yang keempat anak balitanya menjadi korban kebakaran di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, pada Selasa (6/5/2025) kini terkuak.

    Keempat balita berinisial  AZP (1), ANP (3), NW (3) dan SN (4 ) sedang ditinggalkan sendirian di rumah oleh SA, yang sedang pergi bersama kekasihnya saat kebakaran terjadi.

    AZP dan ANP meninggal di lokasi, NW menghembuskan napas terakhir di rumah sakit, dan SN masih kritis dalam perawatan intensif akibat kebakaran itu.

    Kanit Reskrim Polsek Mandonga, Ipda Andry Irwanto, mengonfirmasi bahwa tidak ada orang dewasa di rumah saat api melalap bangunan permanen milik Yoman (51), kakek dari para korban. 

    “Iya, benar hanya empat anak-anak di dalam rumah. Mamanya pergi cari makanan,” kata Ipda Andry kepada Kompas.com, Rabu (7/5/2025) malam.

    Ia membenarkan bahwa sang ibu keluar rumah untuk membeli makanan bersama kekasihnya. 

    Diketahui, orangtua keempat anak tersebut sudah bercerai.

    Lantas siapakah sosok SA ini? 

    Dari informasi yang dihimpun TribunnewsSultra.com, SA adalah selebgram asal Kota Kendari.

    Ia merupakan wanita kelahiran Februari 2002. Diketahui, SA, anak ketiga dari lima bersaudara. 

    Pada akun Instagram pribadinya, ia memiliki 11 ribu pengikut. 

    Pada akun tersebut, SA sudah mengunggah 74 postingan. 

    Di mana diantaranya, menunjukkan aktivitasnya sebagai seorang ibu muda, pekerjaannya hingga aktif di organisasi. 

    Ia sempat mengunggah foto anak kembarnya pada tahun 2022 silam. 

    SA juga nampak hobi berolahraga gym. Dalam beberapa kesempatan ia mengabadikan momen dirinya berada di tempat gym. 

    Selain itu, beberapa kali SA membagikan momen dirinya menjadi bagian dari sebuah komunitas olahraga yang menggabungkan berbagai gerakan seperti push-up, sit-up, dan lari. 

    Ia nampak aktif pada tahun 2024 lalu. 

    SA terpantau mengunggah foto terakhirnya sehari sebelum kejadian kebakaran pada Senin (5/6/2025). 

    Foto yang diunggahnya itu, memperlihatkan sosok wajah SA sedang berpose bak kebutuhan pas fotonya. 

    Tak cuma aktif di Instagram, SA juga aktif di TikTok.

    Penelusuran TribunJakarta, di TikTok SA memiliki 4519 pengikut.

    Ia kerap membagikan video saat dirinya sedang berjoget dan bersolek memamerkan kecantikannya.

    Di unggahan terakhir SA, ia terlihat berjoget velocity.

    Sejumlah netizen yang melihat video tersebut tampak meluapkan kekesalan kepada SA.

    Diketahui SA meninggalkan ke-4 anaknya di rumah tanpa orang dewasa, sejak pukul 11.00 wita dan baru kembali sekitar pukul 14.00 wita.

    “Dek kebayang gak sama kamu, Betapa sakitnya anak anak kamu waktu terbakar? Allahuakbar kok yaa bisa pikiranmu ninggalin anak anak”

    “Anda dinobatkan sebagai ibu terhebat dlm meninggalkan anak hanya utk mencari makan”

    “Masuk pidana kelalaian/pembunuhan berencana gasih”

    Pengakuan SA

    SA mempat memberi pengakuan di hadapan awak media. 

    Ia menangis sambil memegang makanan cepat saji yang baru dibelinya untuk anak-anaknya. 

    SA keluar rumah membeli makanan untuk empat anaknya disalah satu restoran cepat saji.

    Dia pergi bersama kekasihnya berinisial A, seorang sekuriti bank.

    Namun saat pulang, ia kaget mendapati keempat anaknya menjadi korban kebakaran. 

    “Saya pergi membeli makanan untuk mereka, tiba saat pulang ternyata sudah terbakar,” ujarnya, Selasa (6/5/2025).

    Polisi Selidiki Unsur Kelalaian

    Menurut Kasat Reskrim Polres Kendari, AKP Nirwan Fakaubun, saat ini pihaknya belum menemukan bukti adanya unsur kelalaian dalam insiden tersebut.

    “Berdasarkan kronologi sementara, kami belum menemukan adanya unsur kelalaian dari kebakaran tersebut,” katanya, Rabu (7/5/2025).

    Meski begitu, dia menegaskan, penyelidikan akan terus dilakukan untuk mengungkap penyebab pasti kebakaran.

    “Tentu, saat ini masih terus dilakukan investigasi,” jelasnya.

  • Maxime Bouttier Pernah Jadi Model Video Klip NOAH Sebelum Nikahi Luna Maya, Takdir?

    Maxime Bouttier Pernah Jadi Model Video Klip NOAH Sebelum Nikahi Luna Maya, Takdir?

    GELORA.CO – Pernikahan aktor tampan Maxime Bouttier dan aktris cantik Luna Maya pada Rabu, 7 Mei 2025 di Bali masih menjadi perbincangan hangat di kalangan publik. Selain acara pernikahan yang terkesan mewah dan intim, banyak juga yang kembali menyoroti kisah asmara Luna Maya di masa lalu, terutama hubungannya dengan penyanyi terkenal Ariel NOAH.

    Namun, ada satu fakta menarik yang baru-baru ini mencuri perhatian dan membuat banyak netizen terkejut. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

    Ternyata, jauh sebelum menjalin kasih dan akhirnya menikah dengan Luna Maya, Maxime Bouttier pernah terlibat dalam proyek video klip lagu NOAH yang berjudul ‘Ini Cinta’. Lagu tersebut dirilis pada tahun 2014.

    Dalam potongan video klip lawas yang kembali viral di TikTok, terlihat sosok Maxime Bouttier yang kala itu masih berusia 21 tahun.

    Di video tersebut, Maxime tampak memerankan seorang pria yang sedang mengagumi seorang wanita. 

    Sontak, kabar mengenai keterlibatan Maxime dalam video klip NOAH ini langsung membanjiri kolom komentar di berbagai platform media sosial.

    Banyak netizen yang merasa takjub dengan “garis takdir” yang menghubungkan ketiganya. Mereka percaya bahwa tidak ada yang kebetulan di dunia ini dan semua sudah diatur oleh Tuhan.

    “Teori benang merah. Benar yaa semua tak ada yang kebetulan dan Allah penulis skenario terbaik,” tulis salah satu pengguna akun TikTok.

    “Jadi percaya sama quote kalau di dunia ini gak ada yang kebetulan,” timpal netizen lainnya.

    Bahkan, ada juga netizen yang menambahkan fakta lain mengenai kedekatan Luna Maya dan Maxime Bouttier di masa lalu.

     “Maxime juga pernah satu sinetron dengan Luna Maya di Putri Duyung,” imbuh seorang netizen.

    Seperti yang diketahui, Luna Maya dan Ariel NOAH pernah menjalin hubungan asmara yang cukup lama dan menjadi sorotan publik.

    Keduanya pertama kali berpacaran pada tahun 2004, namun hubungan tersebut kandas pada tahun 2005.

    Setelah itu, Luna Maya dan Ariel NOAH sempat kembali menjalin cinta, namun hubungan mereka lagi-lagi berakhir pada tahun 2012. Kini setelah beberapa waktu berlalu, Luna Maya akhirnya menemukan kebahagiaannya bersama Maxime Bouttier.

  • TikTok Didenda Rp 9,9 T karena Kirim Data Pengguna ke Tiongkok – Page 3

    TikTok Didenda Rp 9,9 T karena Kirim Data Pengguna ke Tiongkok – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – TikTok dijatuhi sanksi denda sebesar USD 601 juta atau setara Rp 9,9 triliun karena mengirimkan data-data pengguna Uni Eropa ke Tiongkok. Sanski ini dijatuhkan oleh Komisi Perlindungan Data Uni Eropa yang berpusat di Irlandia.

    “TikTok melanggar UU GDPR terkait transfer data pengguna wilayah ekonomi Eropa ke Tiongkok dan persyaratan transparansinya,” kata Komisi dalam pernyataan, dikutip dari The Hacker News, Jumat (9/5/2025).

    Disebutkan, keputusan ini mencakup denda administratif sebesar 530 juta Euro atau setara USD 601 juta serta perintah yang mengharuskan TikTok mematuhi pemrosesannya dalam waktu 6 bulan.

    Perintah ini mengharuskan TikTok untuk menangguhkan transfer data pengguna ke Tiongkok dalam jangka waktu 6 bulan.

    Sanksi ini dijatuhkan setelah adanya investigasi yang dilakukan sejak September 2021.

    Saat itu, Komisi Perlindungan Data Irlandia menyelidiki transfer data pribadi TikTok ke Tiongkok serta kepatuhannya terhadap UU perlindungan data GDPR, mengenai transfer data ke negara ketiga.

    Wakil Komisaris Komisi Perlindungan Data Irlandia Graham Doyle menyebut, transfer data pribadi TikTok ke Tiongkok melanggar pasal 46 (1) GDPR.

  • Bangkitnya Raja Ecommerce China Setelah Lama Terpuruk

    Bangkitnya Raja Ecommerce China Setelah Lama Terpuruk

    Jakarta, CNBC Indonesia – Raksasa e-commerce China, Alibaba, sempat berdarah-darah dihantam persaingan sengit dengan pemain e-commerce baru seperti PDD Holdings.

    Selain itu, ketegangan antara pendiri Alibaba Jack Ma dan pemerintah China juga membuat perusahaan hilang arah dalam beberapa waktu. Bahkan, sempat terjadi restrukturisasi besar-besaran dan berakibat pada hengkangnya para petinggi Alibaba.

    Namun, Alibaba pelan-pelan mulai bangkit, seiring dengan membaiknya hubungan pemerintahan Xi Jinping dengan Jack Ma. Mantan orang terkaya nomor 1 di China tersebut juga beberapa kali sudah terlihat di China, setelah lama melalang buana.

    Alibaba juga mulai kencang menggarap sistem kecerdasan buatan (AI), bahkan berkolaborasi dengan Apple untuk membawa Apple Intelligence ke iPhone yang dijual di China.

    Terbaru, Alibaba mengumumkan kemitraan dengan platform konten populer RedNote yang merupakan pesaing Instagram dan TikTok. Kemitraan itu memungkinkan pengguna RedNote mengklik langsung tautan produk untuk berbelanja di Taobao, platform milik Alibaba.

    Dengan kolaborasi Alibaba dan RedNote (Xiaohongshu di China), pengalaman belanja pengguna akan lebih mudah dengan integrasi aplikasi-ke-aplikasi yang lebih seamless.

    “Menggabungkan keahlian e-commerce Taobao dan Tmall dengan kekuatan konten gaya hidup Xiaohongshu akan membantu masing-masing perusahaan menjangkau konsumen secara lebih efektif,” kata Liu Bo, VP Alibaba Group dan Presiden Tmall, dikutip dari Reuters, Kamis (8/5/2025).

    Keputusan kerjasama strategis antara Alibaba dan RedNote terjadi saat raksasa e-commerce China sedang berebut pangsa pasar di tengah melemahnya daya beli konsumen karena ketidakpastian ekonomi.

    Perang ritel kini pelan-pelan mengarah ke ruang ‘ritel instan’ seperti pengiriman makanan, serta pengiriman barang dalam waktu singkat. Alibaba mengekspansi layanan pengiriman singkat di bawah satu jam untuk barang elektronik dan baju di platformnya.

    Selama ini, pasar ritel instan di China dikuasai oleh raksasa pengiriman makanan Meituan. Layanan Ele.me milik Alibaba berada di urutan kedua.

    Pada Februari lalu, raksasa e-commerce China lainnya, JD.com, mulai membawa layanan pengiriman makanan di platformnya dengan nama ‘JD Takeaway’.

    JD.com mengatakan pada April lalu bahwa perusahaan akan menggelontorkan lebih dari 10 miliar yuan dalam tahun ini untuk mengembangkan ritel instan. Pada pekan ini, Alibaba mengatakan telah menyelesaikan 10 juta pemesanan ritel instan dalam 5 hari.

    Fungsi aplikasi-ke-aplikasi antara Taobao dan RedNote merupakan bagian untuk menggenjot pertumbuhan ritel instan. Programnya fokus pada barang konsumen dan produk kesehatan yang bergerak cepat.

    (fab/fab)