Perusahaan: TikTok

  • TikTok dan Tokopedia tolak sebagian usulan persetujuan bersyarat

    TikTok dan Tokopedia tolak sebagian usulan persetujuan bersyarat

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    KPPU: TikTok dan Tokopedia tolak sebagian usulan persetujuan bersyarat
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 10 Juni 2025 – 15:35 WIB

    Elshinta.com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyatakan bahwa Tik Tok Nusantara (SG) Pte. Ltd atau TikTok dan PT Tokopedia dianggap menolak sebagian usulan persetujuan bersyarat karena mengajukan revisi redaksional dan usulan perubahan jadwal pelaporan.

    “Majelis Komisi menilai bahwa pelaku usaha baik TikTok Nusantara (SG) Pte. Ltd dan PT Tokopedia menolak sebagian dari usulan persetujuan bersyarat dan jangka waktu pelaksanaan usulan persetujuan bersyarat, yang disampaikan oleh investigator pada agenda persidangan sebelumnya,” ujar Ketua Majelis Komisi KPPU Budi Joyo Santoso dalam sidang lanjutan Transaksi Pengambilalihan Saham Tokopedia ke TikTok di Jakarta, Selasa.

    Majelis Komisi menyatakan bahwa berdasarkan ketentuan Pasal 33 Peraturan KPPU Nomor 3 Tahun 2023 tentang Penilaian Terhadap Penggabungan, Peleburan, Atau Pengambilalihan Saham Dan/Atau Aset Yang Dapat Mengakibatkan Terjadinya Praktik Monopoli Dan/Atau Persaingan Usaha Tidak Sehat, maka KPPU akan menjadwalkan ulang sidang untuk memperoleh keterangan lebih lanjut dari pelaku usaha terkait usulan persetujuan bersyarat.

    Sidang lanjutan ini akan menjadi kunci bagi KPPU dalam memutuskan apakah akuisisi TikTok terhadap Tokopedia dapat dilanjutkan dengan syarat yang berlaku, atau perlu pengaturan tambahan guna menjaga persaingan usaha yang sehat di pasar digital Indonesia.

    “Majelis Komisi menjadwalkan sidang berikutnya pada Selasa 17 Juni 2025 pukul 9.30 WIB sampai dengan selesai, dengan agenda pemeriksaan pelaku usaha TikTok Nusantara (SG) Pte. Ltd dan PT Tokopedia,” kata Budi.

    Kuasa hukum TikTok Farid Fauzi Nasution mengatakan TikTok dan Tokopedia pada dasarnya menyetujui syarat-syarat yang diajukan oleh KPPU. Namun, terdapat beberapa revisi redaksional dan usulan persetujuan bersyarat.

    Adapun revisi dan usulan tersebut, adalah penegasan bahwa pilihan metode pembayaran dan logistik harus tidak mengikat konsumen secara eksplisit maupun tersirat, dan menambahkan frasa “dengan tetap menjaga keamanan pengguna TikTok” untuk memperkuat aspek regulasi dan keamanan dalam promosi lintas platform.

    Selain itu, TikTok juga mengusulkan agar frekuensi pelaporan kepada KPPU diubah dari tiga bulanan menjadi enam bulanan, dengan alasan efisiensi dan relevansi terhadap dinamika industri e-commerce yang sangat cepat berubah karena faktor musiman, inovasi, dan fluktuasi harga.

    Sebelumnya, investigator Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) telah menyelesaikan proses penilaian menyeluruh atas transaksi pengambilalihan saham PT Tokopedia oleh Tik Tok Nusantara (SG) Pte. Ltd.

    Hasilnya, Investigator menyatakan bahwa transaksi tersebut berpotensi menimbulkan praktik monopoli dan/atau persaingan usaha tidak sehat.

    Investigator juga mengusulkan berbagai persetujuan bersyarat yang akan diberlakukan terhadap kedua entitas tersebut, yakni memastikan tetap dibuka pilihan untuk metode pembayaran dan logistik, melarang praktik tying dan bundling bagi layanan logistik dan metode pembayaran tertentu serta melarang praktik predatory pricing yang dapat merugikan UMKM.

    Selanjutnya, melarang self-preferencing, yaitu memprioritaskan produk sendiri di tampilan platform dan mendiskriminasi produk dari luar grup usaha mereka, menjamin kebebasan pemilik akun Tik Tok untuk mempromosikan produk dari platform e-commerce selain Tokopedia dan Shop Tokopedia, serta menjaga tidak ada eksploitasi kekuatan pasar melalui kenaikan harga yang tidak wajar.

    Hal tersebut dibacakan Investigator KPPU dalam Sidang Majelis Komisi Pemeriksaan Pendahuluan perdana atas Perkara Nomor 01/KPPU-M/2025 terkait Penilaian Menyeluruh terkait Transaksi Pengambilalihan Saham PT Tokopedia oleh Tik Tok Nusantara (SG) Pte. Ltd., di Jakarta, Selasa (27/5). 

    Sumber : Antara

  • Video: Viral! Sepeda Listrik Bonceng Tiga Tabrak Motor

    Video: Viral! Sepeda Listrik Bonceng Tiga Tabrak Motor

    Jakarta, CNBC Indonesia -Sebuah video yang memperlihatkan sepeda listrik bonceng tiga menabrak motor saat berbelok di gang viral di tiktok. Insiden ini langsung memicu perdebatan soal keselamatan dan aturan lalu lintas.

    Selengkapnya dalam program Autobizz CNBC Indonesia, Selasa (10/06/2025).

  • Kocak! Warganet Minta Pramono Buka Rute Transjakarta Blok M-Yogyakarta

    Kocak! Warganet Minta Pramono Buka Rute Transjakarta Blok M-Yogyakarta

    Jakarta, Beritasatu.com – Belakangan ini, jagat media sosial diramaikan oleh permintaan tak biasa dari warganet kepada Gubernur Jakarta, Pramono Anung. Dalam berbagai unggahan di Instagram, TikTok, hingga platform X (dulu Twitter), banyak netizen yang mengusulkan agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta membuka rute Transjakarta Blok M-Yogyakarta.

    Permintaan ini muncul setelah Pemprov Jakarta secara aktif memperluas jaringan layanan Transjabodetabek ke berbagai kota penyangga. Beberapa rute baru, seperti Tangerang-Blok M, Bekasi-Blok M, Bogor-Blok M, hingga Cianjur-Blok M sudah lebih dulu diluncurkan dan mendapat sambutan hangat dari masyarakat.

    “Beberapa hari ini saya diserbu di IG, TikTok, dan X. Banyak yang minta rute, seperti Bandung-Blok M, Surabaya-Blok M, bahkan ada yang usul Madinah-Blok M,” ujar Pramono Anung sambil tersenyum seusai membuka Festival Jakarta Great Sale di Lippo Mall Nusantara, Selasa (10/6/2025).

    Alih-alih tersinggung, Pramono justru menanggapi usulan tersebut dengan santai. Ia menilai permintaan nyeleneh itu sebagai bentuk apresiasi publik terhadap kebijakan transportasi yang tengah digencarkan oleh Pemprov Jakarta.

    Menurut Pramono, perluasan rute Transjabodetabek merupakan bagian dari visi menjadikan Blok M sebagai pusat transportasi utama (transportation hub).

    Ia menyebut sejumlah rute baru, seperti Alam Sutera-Blok M dan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2-Blok M telah menunjukkan hasil positif dengan peningkatan jumlah penumpang yang signifikan.

    “Contohnya, rute Alam Sutera-Blok M awalnya ditargetkan 2.000 penumpang per hari, sekarang sudah 4.000. PIK 2-Blok M juga tembus 6.000 penumpang per hari dari target awal yang sama,” jelasnya.

    Tak hanya itu, rute baru Bogor-Blok M juga mencuri perhatian. Baru beberapa hari diluncurkan, antusiasme warga sangat tinggi.

    “Bayangkan, dari Baranangsiang Bogor ke Blok M hanya Rp3.500. Naik bus AC, nyaman, lewat tol, dan cuma 80 menit,” ungkap Pramono bangga.

    Pemprov Jakarta, lanjutnya, memang serius ingin mengurangi kemacetan Jakarta melalui penguatan jaringan transportasi umum.

    Saat ini, diperkirakan setiap pagi ada sekitar 3,8 juta hingga 4,2 juta orang masuk ke Jakarta dari daerah sekitarnya, dan sebaliknya pada sore hari.

    “Kemacetan itu terjadi karena mayoritas masih menggunakan kendaraan pribadi. Inilah yang coba kami pecahkan lewat layanan Transjabodetabek,” katanya.

    Selama dua bulan terakhir, sudah ada lima rute baru yang dibuka, yaitu:

    Alam Sutera-Blok MPIK 2-Blok MVida Bekasi-CawangSawangan-Lebak BulusBogor-Blok M

    Meski usulan rute Transjakarta Blok M-Yogyakarta masih sebatas guyonan warganet, tetapi gelombang antusiasme ini menunjukkan harapan besar masyarakat akan layanan transportasi umum yang terjangkau, nyaman, dan terintegrasi.

  • Bukan Malaysia, Asing Mendadak Ramai Serbu Thailand

    Bukan Malaysia, Asing Mendadak Ramai Serbu Thailand

    Jakarta, CNBC Indonesia – Malaysia saat ini dikenal sebagai salah satu markas data center terbesar. Wilayah Johor Baru disulap untuk menarik minat investor asing membangun data center raksasa untuk melatih sistem kecerdasan buatan (AI).

    Namun, tak cuma Malaysia yang dilirik asing. Belakangan, Thailand juga menjadi wilayah di Asia Tenggara yang ramai diserbu asing untuk membangun data center.

    Terbaru, Thai B. Grimm Power Pcl dan firma infrastruktur digital asal Singapura, Digital Edge, mengumumkan investasi senilai US$1 miliar (Rp16.2 triliun) untuk membangun data center berkapasitas 100-megawatt di Thailand, dikutip dari Reuters, Selasa (10/6/2025).

    Thailand merupakan negara kedua dengan ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara. Posisinya yang strategis menjadi daya tarik tersendiri bagi raksasa asing untuk berinvestasi di sektor infrastruktur digital dan data center.

    Pasalnya, perlombaan untuk mendominasi pasar AI memicu para raksasa teknologi global untuk mencari sumber energi bersih baru dalam memenuhi kebutuhan AI.

    Rencana investasi terbaru senilai US$1 miliar diumumkan pada Senin (9/6) pekan ini, sebagai langkah terbaru bagi raksasa teknologi untuk berinvestasi di Thailand.

    Sebelumnya, ByteDance yang merupakan induk TikTok sudah menggelontorkan investasi senilai US$8,8 miliar selama 5 tahun ke depan di Thailand. Selain itu, Alphabet yang merupakan induk Google juga berkomitmen untuk berinvestasi US$1 miliar dalam membangun fasilitas data center.

    Pada Mei 2025, Dewan Investasi Thailand telah menyetujui investasi senilai US$3 miliar di sektor data center dan proyek energi. Microsoft juga mengatakan pada tahun lalu soal rencananya untuk membuka fasilitas data center regional pertama di Thailand.

    B. Grimm Power dan Digital Edge mengatakan dalam pernyataannya bahwa konstruksi proyek data center terbaru akan digenjot secara cepat untuk memenuhi kebutuhan raksasa teknologi global dalam mengembangkan infrastruktur AI di kawasan Asia Tenggara.

    Mereka menargetkan layanannya siap melayani kebutuhan pasar pada kuartal-IV (Q4) 2026 mendatang.

    “Dengan mengombinasikan energi terbarukan dengan teknologi data center canggih, kami turut menggenjot transformasi Thailand ke regional AI dan hub inovasi cloud,” kata Group President B. Grimm Power, Harald Link.

    (fab/fab)

  • Ramai soal Kelainan Kulit Vitiligo, Bisa Sembuh Nggak Ya?

    Ramai soal Kelainan Kulit Vitiligo, Bisa Sembuh Nggak Ya?

    Jakarta

    Viral pemakaian cat rambut bisa berakhir vitiligo. Vitiligo sebetulnya merupakan jenis kulit yang menandakan adanya kehilangan pigmen sehingga muncul bercak putih pada area tersebut.

    “Aku kena vitiligo pas 2021 akhir, karena kena bleach rambut jadi pigmen kulitnya hilang, tadinya kecil, tetapi nyebar sampai alis dan rambut,” demikian narasi viral di pemilik akun TikTok yang mengidap vitiligo.

    Tidak sedikit yang kemudian menanyakan apakah kondisi kulit semacam ini bisa benar-benar sembuh. Mengacu publikasi ilmiah di Indonesia, prevalensi vitiligo berkisar antara 0,2-2 persen, sejalan dengan angka prevalensi global. Vitiligo sering muncul pada usia muda, dengan rata-rata awal kemunculan sekitar 7,3 tahun.

    “Vitiligo merupakan tantangan besar bagi kami para dokter dermatologi,” ujar dr Maureen Situmeang, SpDVE, dokter spesialis dermatovenereology di C Derma Jakarta, Senin (9/6/2025).

    Menurutnya, dampak vitiligo bukan hanya terlihat pada kulit, tetapi juga memengaruhi kualitas hidup dan kepercayaan diri pasien. Diperlukan perawatan yang presisi bergantung pada area bercak kulit secara rutin dan konsisten.

    Meski tidak bisa sepenuhnya disembuhkan, perawatan semacam ini bisa mengembalikan warna kulit menjadi lebih merata.

    Ada beberapa langkah yang umumnya dilakukan sebagai perawatan kelainan kulit dengan vitiligo termasuk beberapa di antaranya krim kortikosteroid, terapi cahaya, penggunaan sinar ultraviolet (UVB), dan obat-obatan lain.

    Konsultasi tetap disarankan sebelum melakukan sejumlah perawatan.

    NEXT: Gejala Vitiligo

    Gejala vitiligo adalah munculnya bercak hipopigmentasi di tubuh. Pada awalnya, bercak yang muncul berwarna lebih muda dari kulit, kemudian perlahan-lahan memutih.

    Kemunculan bercak vitiligo dimulai dari bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, bibir, tangan dan kaki, lalu menyebar ke bagian tubuh lain.

    Gejala lain vitiligo meliputi:

    Hilangnya pigmen warna di rambut, janggut, bulu mata, dan alis, sehingga terlihat seperti ubanHilangnya pigmen warna di bagian hitam mata, bagian dalam mulut dan hidung, serta di area kelaminBagian tengah bercak berwarna putih sedangkan tepinya kecoklatan atau kemerahanNyeri dan gatal di area kulit yang terkena vitiligoTimbul ruam di area kulit yang terkena vitiligo setelah terpapar matahari

    Bercak vitiligo umumnya muncul secara simetris di kedua sisi tubuh, tetapi bisa juga di salah satu sisi tubuh. Kapan dan seberapa cepat bercak vitiligo menyebar tidak dapat ditentukan. Di samping itu, warna kulit yang terkena vitiligo terkadang bisa kembali normal.

    Simak Video “Video: Cara Yuki Kato Merawat Kulit Wajahnya”
    [Gambas:Video 20detik]

  • TikTok-Tokopedia Tanggapi Dugaan Monopoli dari KPPU – Page 3

    TikTok-Tokopedia Tanggapi Dugaan Monopoli dari KPPU – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) mengendus dugaan monopoli dan praktik persaingan usaha tidak sehat setelah pengambilalihan saham Tokopedia oleh TikTok Nusantara (SG) Pte. Ltd. TikTok-Tokopedia menjamin usahanya tetap berjalan sehat.

    Kuasa Hukum Tokopedia dan TikTok dari Assegaf Hamzah & Partners, Farid Nasution mengaku menerima penilaian menyeluruh dari KPPU. Perusahaan juga akan patuh terhadap rekomendasi syarat yang diberikan.

    “Bersama ini Tiktok Nusantara sepenuhnya menghormati laporan penilaian menyeluruh dan dengan ini menyetujui seluruhnya persetujuan bersyarat yang diusulkan oleh investigator bersama jadwal waktu pelaksanaannya,” kata Farid dalam Sidang Perkara Penyampaian Tanggapan Pelaku Usaha terhadap Hasil Penilaian Investigator KPPU di Gedung Sidang KPPU, Jakarta, Selasa (10/6/2025).

    Kendati menerima usulan KPPU, TikTok-Tokopedia menyarankan adanya perubahan redaksional. Misalnya, pada poin pertama rekomendasi KPPU berupa tetap dibukanya pilihan untuk metode pembayaran dan logistik.

    Farid menegaskan, perusahaan yang diwakilinya selama ini telah menjalankan sesuai dengan substansi mandat rekomendasi KPPU. Untuk itu, dia menyarankan ada sedikit tambahan redaksional.

    “Bunyinya adalah memastikan tetap dibuka pilihan untuk metode pembayaran dan logistik yang tidak diikat dengan tying dan bundling dalam berbagai bentuk seperti promosi, diskon, dan sejenisnya, masih sama dengan bahasa aslinya, dengan penambahannya sebagai berikut; yang memaksa pembeli untuk menggunakan metode pembayaran atau logistik tersebut,” jelas Farid.

     

  • Dukung Transaksi Aman, Posko Bantuan Keliling DANA Buka di 16 Kota

    Dukung Transaksi Aman, Posko Bantuan Keliling DANA Buka di 16 Kota

    Jakarta

    Dompet digital DANA menghadirkan Posko Bantuan Keliling di 16 kota seluruh Indonesia. Posko Bantuan Keliling ini bertujuan untuk membantu para pengguna dalam melakukan transaksi dengan dompet digital DANA.

    Chief Risk Officer DANA Indonesia Cary Piantono mengatakan layanan ini bakal memberikan edukasi dan bantuan langsung kepada masyarakat terkait keamanan transaksi digital. Kegiatan perdana posko ini digelar secara serentak pada tanggal 5-6 Juni 2025 di empat titik berbeda, diantaranya Taman Banjir Kanal Timur (Jakarta Timur), Taman Waduk Pluit (Jakarta Utara), Taman Cattleya (Jakarta Barat), dan Taman Puring (Jakarta Selatan).

    “Inisiatif ini lahir dari kebutuhan nyata di lapangan, di mana tidak semua masyarakat memiliki akses akan literasi yang cukup terhadap informasi dan perlindungan digital,” kata Cary dalam keterangan tertulis, Selasa (10/6/2025).

    “Salah satu kebiasaan penting yang perlu dilakukan adalah memperbarui aplikasi dompet digital secara berkala. Ini adalah langkah sederhana, namun penting, untuk melindungi keamanan data dan transaksi. Posko Bantuan Keliling hadir sebagai garis pertahanan awal, yaitu dengan mendorong pembaruan aplikasi dan edukasi tentang pentingnya menjaga PIN dan OTP,” sambungnya.

    Dia menjelaskan layanan tersebut bertujuan untuk menekan angka penipuan online. Mengacu data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 23 Mei 2025 tercatat lebih dari 128 ribu laporan penipuan online dengan kerugian mencapai Rp 2,6 triliun.

    “Merespons kondisi ini, DANA mengusung semangat ‘DANA Datang, Bukan Cuma Bawa Bantuan. Tapi Juga Bawa Rasa Aman’ lewat Posko Bantuan Keliling yang ditargetkan menjangkau 50.000 pengguna secara luring serta 1 juta pengguna secara daring. DANA juga mendorong peningkatan penggunaan fitur Scam Checker sebagai langkah preventif menghadapi penipuan digital yang semakin menyasar pengguna sehari-hari,” jelasnya.

    Dia mengatakan posko ini hadir untuk menjangkau seluruh pengguna, termasuk yang berasal dari kelompok rentan seperti pelaku usaha kecil dan menengah, lansia, dan lain-lain.

    “Kehadiran layanan ini menjadi bentuk pendampingan nyata agar masyarakat bisa berkonsultasi langsung, melaporkan kendala, mendapatkan panduan menghindari penipuan, memperbarui aplikasi, hingga terhubung ke tim bantuan daring untuk solusi cepat,” ujar Cary.

    Foto: Dok. DANA

    Sementara itu, Chief Technology Officer DANA Indonesia Norman Sasono mengatakan selama enam bulan ke depan, Posko Bantuan Keliling akan menyambangi 16 kota di seluruh Indonesia, mulai dari Jabodetabek hingga kota-kota di Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan. Posko akan beroperasi dua kali seminggu setiap Kamis dan Jumat, pukul 09.00-15.00, dan terbuka untuk umum secara gratis.

    “Teknologi yang aman bukan hanya soal sistem yang canggih, tapi juga soal kehadiran nyata. Posko Bantuan Keliling hadir tak sekadar membawa bantuan teknis, tapi juga rasa aman dengan membantu memperbarui aplikasi, menyampaikan penjelasan, serta memberikan panduan tentang risiko digital,” kata Norman.

    “Program ini merupakan bagian dari komitmen DANA dalam membangun ekosistem digital yang terpercaya, aman, dan inklusif dengan menggandeng regulator serta menerapkan standar keamanan bersertifikasi internasional,” sambungnya.

    Dia menjelaskan bagi para pengguna yang berada di luar jangkauan posko fisik, pihaknya juga menyiapkan layanan daring. Layanan tersebut berupa live streaming yang berlangsung setiap Kamis pukul 17.00 WIB – 18.00 WIB yang disiarkan di Instagram, TikTok, dan aplikasi DANA. Norman mengatakan melalui layanan daring ini, para pengguna bisa langsung menyampaikan beragam keluhan dan mendapatkan solusinya.

    “Lebih dari sekadar pusat aduan, Posko Bantuan Keliling berfungsi sebagai ruang edukasi publik. Inisiatif ini menjadi bagian dari upaya membangun kesadaran kolektif akan pentingnya perlindungan digital, sekaligus menjawab tantangan nyata di lapangan terkait literasi dan kepercayaan terhadap sistem pembayaran digital,” ungkapnya.

    Sementara itu, Perwakilan dari Kantor Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta Arif Waluyo Birowo menyambut baik upaya yang dilakukan oleh DANA. Dia menjelaskan layanan tersebut mampu memperkuat sistem keamanan pembayaran nasional.

    “Peran aktif pelaku industri dalam mendekatkan edukasi digital kepada masyarakat sangat penting, terutama di masa ketika ancaman siber semakin kompleks dan menyasar berbagai lapisan pengguna. Inisiatif seperti Posko Bantuan Keliling merupakan bentuk konkret inklusi keuangan dan perlindungan konsumen yang patut didukung,” tutup Arif.

    (akn/ega)

  • Apa Itu Media Sosial: Sejarah, Perkembangan, hingga Eksistensinya sampai Saat Ini – Page 3

    Apa Itu Media Sosial: Sejarah, Perkembangan, hingga Eksistensinya sampai Saat Ini – Page 3

    2010: Kekuatan Foto/Gambar pada Instagram

    Peluncuran Instagram oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger menandai dimulainya era berbagi foto. Fokus platform pada penceritaan visual dan filter yang mudah digunakan mengubah cara orang mendokumentasikan dan berbagi kehidupan mereka secara daring.

    2011: Pesan Singkat yang Terbatas – Snapchat

    Pada tahun 2011, Evan Spiegel memperkenalkan Snapchat, yang berfokus pada pesan singkat yang menghilang setelah waktu tertentu.

    Fokus pada momen-momen singkat dan pengalaman berbagi yang lebih privat ini menarik perhatian pengguna generasi baru.

    2012 – 2016: Video Berformat Pendek Menjadi Sorotan

    Vine (2012), dengan video berulang berdurasi 6 detik, dan TikTok (2016), yang berfokus pada konten kreatif berformat pendek, mampu mengubah konsumsi hiburan daring.

    2015: Lahirnya Discord

    Discord adalah sebuah platform yang awalnya dirancang untuk para gamer. Jason Citron dan Stanislav Vishnevskiy menciptakan Discord untuk game online, dengan fokus pada obrolan suara yang jelas dan kemudahan membangun komunitas.

    Popularitas Discord meluas hingga ke luar game, menarik minat pengguna karena perpaduan obrolan teks, saluran suara, dan berbagi layar.

    2020-an: Era AI dan Algoritme

    Saat ini, AI dan algoritme canggih merupakan bagian integral dari platform media sosial. AI mempersonalisasi rekomendasi konten, menyesuaikan pengalaman beriklan, dan bahkan memoderasi konten.

    Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang privasi, kontrol, dan potensi bias yang melekat dalam algoritme. Salah satu tambahan terbaru adalah Meta AI.

    Mesin AI-nya mendukung fitur-fitur seperti chatbot dan rekomendasi konten di seluruh aplikasi media sosial. Mesin ini mempersonalisasi feed, menerjemahkan bahasa, dan menyederhanakan komunikasi–semuanya untuk membuat koneksi sosial lebih lancar.

    2023: Munculnya Threads

    Twitter (X) memperkenalkan Threads yang memungkinkan pengguna merangkai tweet menjadi narasi yang kohesif, sehingga menciptakan inovasi dalam penceritaan media sosial.

    Hal ini mendorong penceritaan bentuk panjang dan diskusi mendalam pada format platform yang secara tradisional dibatasi karakter.

  • TikToker Khaby Lame Ditahan Imigrasi Amerika, Kenapa?

    TikToker Khaby Lame Ditahan Imigrasi Amerika, Kenapa?

    Las Vegas

    Khaby Lame adalah TikToker yang paling banyak di-follow saat ini, dengan sekitar 162 juta follower. Nah baru-baru ini, pria yang lahir di Senegal dan tumbuh besar di Italia itu jadi berita karena sempat ditahan di Amerika Serikat.

    Di bawah pemerintahan Donald Trump, US Immigration and Customs Enforcement (ICE) memang sedang giat-giatnya memerangi imigran atau mereka yang melanggar aturan. Juru bicara ICE membenarkan mereka sempat menahan Khaby Lame pada 6 Juni 2025 di Harry Reid International Airport di Las Vegas.

    “ICE menahan Seringe Khabane Lame, 25 tahun, warga Italia pada 6 Juni, karena pelanggaran imigrasi. Lame masuk Amerika Serikat 30 April dan tinggal melebihi aturan visa,” sebut juru bicara ICE, dikutip detikINET dari People, Selasa (10/6/2025).

    Setelah sempat ditahan, kabar terbaru adalah Lame kemudian meninggalkan AS secara sukarela. Di Negeri Paman Sam itu, Lame melakukan beberapa kegiatan, antara lain menghadiri perhelatan Met Gala 2025 di New York.

    Penahanan Lame terjadi di tengah tindakan keras imigrasi yang diperintahkan Presiden Donald Trump. Menindaklanjuti janji kampanye untuk deportasi massal, ICE meluncurkan penggerebekan di seluruh negeri, dari ruang kelas, perkantoran, dan bandara.

    Lame sendiri adalah salah satu wajah yang paling dikenal di internet. Ia mulai terkenal kala pandemi, setelah diberhentikan dari pekerjaannya di pabrik di Italia pada bulan Maret 2020.

    Video khas Lame biasanya menunjukkan kreator lain melakukan trik rumit, lalu ia menyelesaikan tugas itu dengan mudah, sering kali tanpa kata-kata dan menatap kamera dengan pandangan penuh arti.

    Lame pindah ke Italia saat berusia setahun dan tinggal di dekat Turin bersama orang tua dan beberapa saudara. Dia kadang mengisahkan latar belakangnya yang sederhana hingga kini menjadi sangat populer.

    “Sebelum TikTok, aku bekerja di pabrik. Aku melakukan pekerjaan berbeda-beda. Aku membantu keluarga, tiga adik, satu kakak, dan orang tua. Dan duniaku benar-benar berubah. Sekarang hidupku sepenuhnya berbeda,” katanya.

    (fyk/fay)

  • TikTok Bantah Tuduhan Monopoli dalam Akuisisi Tokopedia – Page 3

    TikTok Bantah Tuduhan Monopoli dalam Akuisisi Tokopedia – Page 3

    Sebagai bentuk komitmen, TikTok juga mengusulkan adanya tambahan rumusan aturan yang memperjelas larangan atas praktik tying dan bundling, terutama dalam bentuk diskon atau promosi yang bersifat mengikat.

    Secara umum, tying merupakan strategi menjual satu produk dengan syarat konsumen juga harus membeli produk lain. Sedangkan bundling adalah penjualan beberapa produk sekaligus dalam satu paket harga.

    TikTok juga menegaskan bahwa platformnya tidak pernah membatasi pengguna untuk mempromosikan produk dari platform e-commerce lain. Selama konten yang dibagikan sesuai dengan pedoman komunitas dan hukum yang berlaku di Indonesia, pengguna tetap memiliki kebebasan berekspresi.

    “Kami sepenuhnya mendukung persetujuan bersyarat ini dan mengkonfirmasi bahwa platform media sosial TikTok menjunjung tinggi kebebasan pengguna untuk membagikan konten, termasuk mempromosikan produk yang terdapat di platform e-commerce lain di luar Tokopedia dan Shop by Tokopedia,” ujar Farid.

    Pernyataan ini sekaligus menjadi bantahan atas kekhawatiran bahwa integrasi antara media sosial TikTok dan e-commerce Tokopedia bisa membatasi akses pasar bagi pelaku usaha lain.