Perusahaan: TikTok

  • Eks Ketua BEM Unpad Blak-blakan: Semua Pejabat Bermasalah Era Prabowo Harus Diganti

    Eks Ketua BEM Unpad Blak-blakan: Semua Pejabat Bermasalah Era Prabowo Harus Diganti

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Eks Ketua BEM Universitas Padjadjaran (Unpad), Virdian Aurellio, melontarkan pernyataan keras soal situasi politik tanah air.

    Ia dengan tegas menyebut semua pejabat bermasalah di pemerintahan Presiden Prabowo Subianto harus diganti.

    “Semua aktor yang memimpin hari ini harus diganti, semua!” kata Virdian di Instagram pribadinya @virdian_aurellio, Kamis (10/7/2025).

    Virdian bahkan menyinggung soal konten Polisi AI yang ramai di Instagram dan TikTok.

    Dalam video itu, terlihat tokoh-tokoh penting seperti Mendagri Tito Karnavian, Gubernur Sumatera Utara Bobby Nasution, Wapres Gibran Rakabuming, hingga mantan Presiden Jokowi, ditangkap oleh polisi berbasis AI.

    “Gue lihat video itu, saking mustahilnya kita mengadili pejabat negara, sampai-sampai harus pakai AI buat nangkep mereka,” ucapnya.

    Ia membandingkan kondisi Indonesia dengan Amerika Serikat, yang menurutnya masih memungkinkan pemimpin negaranya untuk diadili.

    “Trump itu masih bisa di-impeach, bisa ditaruh di pengadilan. Gue gak bisa bayangin Jokowi ditaruh di pengadilan. Luhut dipanggil ke pengadilan aja, pengadilan bisa tutup. Baru Luhut aja tuh yang bikin pengadilan tutup,” sindirnya.

    Virdian menegaskan, seluruh pejabat yang bertanggung jawab atas kerusakan negeri ini, baik kerusakan ekologis, sosial, pendidikan, budaya, hingga politik, harus diadili.

    “Sekarang, yang perlu dilakukan adalah adili semua orang yang bertanggung jawab atas kerusakan Indonesia!,” tegasnya.

    Ia juga mengajak publik untuk tidak lagi memandang pejabat sebagai sosok suci atau nabi yang tidak bisa dikritik.

  • GoPay & BI Gelar Kampanye Judi Pasti Rugi, Ajak Warga Perangi Judi Online

    GoPay & BI Gelar Kampanye Judi Pasti Rugi, Ajak Warga Perangi Judi Online

    Jakarta

    GoPay, unit bisnis Financial Technology dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk menggelar kampanye Judi Pasti Rugi di CFD Jakarta Minggu, 6 Juli 2025. Kegiatan ini merupakan bagian dari dari roadshow Judi Pasti Rugi keliling Indonesia.

    Head of Region Marketing GoPay, Irwan Ari Wibowo menjelaskan bahwa kegiatan Judi Pasti Rugi akan terus berlangsung agar masyarakat dapat lebih teredukasi bahwa judi online merupakan bentuk penipuan.

    “Mari kita jauhi judi online, judol bukan solusi, judol itu penipuan,” kata Irwan dalam keterangan tertulis, Kamis (10/7/2025).

    Hal tersebut ia katakan dalam kampanye Judi Pasti Rugi di CFD Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (6/7).

    Kegiatan ini juga didukung serta dihadiri oleh Direktur Kepala Grup Perlindungan Konsumen Bank Indonesia (BI), Diana Yumanita. Menurutnya, edukasi ini merupakan pendekatan baru yang inovatif melibatkan masyarakat secara langsung dan diharapkan bisa meningkatkan kesadaran publik terhadap dampak buruk judi online.

    “Tentu kita sadari bahwa fenomena judol itu sangat mengkhawatirkan. Butuh kolaborasi untuk melakukan edukasi secara masif agar dapat meningkatkan awareness masyarakat. Inisiatif seperti ini sejalan dengan kampanye Geber PK (Gerakan Bersama Perlindungan Konsumen) dari BI,” ujar Diana.

    Ia juga berpesan agar masyarakat bisa mewaspadai iklan dengan embel-embel cepat kaya dalam bentuk permainan dan investasi palsu yang bisa berujung pada aktivitas judol. Masyarakat dapat melaporkan tautan atau iklan mencurigakan kepada layanan pembayaran digital ataupun ke otoritas seperti Bank Indonesia dan Komdigi agar bisa ditindaklanjuti.

    Adapun kampanye melawan judi online dengan mobil keliling ini digagas oleh Aliansi Judi Pasti Rugi yang terdiri dari GoPay, Gojek, Google, TikTok, dan Telkomsel. Sampai saat ini mobil kampanye tersebut sudah berkeliling 17 kota dan akan terus dilanjutkan hingga Pulau Sulawesi.

    “Hingga akhir kampanye ini, targetnya akan ada 57 kota yang akan dikunjungi di Indonesia,” jelas Irwan.

    Lihat juga Video: Perangi Judi Online, Masyarakat Bisa Lapor di Situs Ini

    (akn/akn)

  • RI di Persimpangan Antara BRICS dan Amerika

    RI di Persimpangan Antara BRICS dan Amerika

    Jakarta

    Negosiasi langsung dilakukan usai pengumuman besaran tarif resiprokal AS untuk Indonesia diumumkan. Dua hari usai keputusan jumlah tarif tersebut, Delegasi Pemerintah Indonesia yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan U.S. Secretary of Commerce Howard Lutnick dan United States Trade Representative Jamieson Greer.

    Pertemuan yang dilaksanakan pada Rabu (9/7) itu disebut sebagai langkah penting dalam upaya memperkuat kerja sama perdagangan antara Indonesia dan Amerika. Seperti disampaikan oleh Airlangga, poin-poin diskusi antara lain membahas sejumlah isu yang sebelumnya disebutkan oleh Trump, yaitu kebijakan tarif dan nontariff, ekonomi digital, kebijakan investasi dan sebagainya.

    “Kita sudah memiliki pemahaman yang sama dengan AS terkait progres perundingan. Ke depan, kita akan terus berupaya menuntaskan negosiasi ini dengan prinsip saling menguntungkan,” kata Airlangga dalam keterangan tertulis, Kamis (10/7/2025).

    Sejalan dengan pertemuan ini, Indonesia tengah menggodog sejumlah langkah, salah satunya adalah memborong komoditas Amerika Serikat (AS) mulai dari gandum hingga energi. Seperti disebutkan dalam detikFinance, langkah ini jadi ‘pemanis’ dalam negosiasi yang masih berlangsung untuk menekan angka tarif impor yang dijadwalkan berlaku mulai 1 Agustus 2025.

    Di lain pihak, Amerika juga tengah membidik cadangan energi kritis yang dimiliki Indonesia. Hal ini, menurut Airlangga, bisa menjadi semacam daya tawar tambahan bagi Indonesia untuk memperkuat hubungan kedua negara.

    “AS menunjukkan ketertarikan yang kuat untuk memperkuat kemitraan di bidang mineral kritis. Indonesia memiliki cadangan besar nikel, tembaga dan kobalt, dan kita perlu mengoptimalkan potensi kerja sama pengolahan mineral kritis tersebut,” sebut Airlangga.

    Sementara itu, soal ancaman tambahan tarif impor 10% kepada negara-negara BRICS, Indonesia tidak terlalu ambil pusing. Seperti dikutip dalam detikFinance, ancaman tersebut belum tentu nyata. Sejumlah pihak juga mempertanyakan potensi ancaman tersebut terealisasi. Maka dari itu, Indonesia tetap mengusahakan sejumlah cara untuk menekan tarif resiprokal yang diberikan AS.

    Lalu bagaimana posisi Indonesia saat ini? Benarkah Indonesia berada di persimpangan jalan antara BRICS dan Amerika? Ikuti ulasannya dalam Editorial Review.

    Beralih ke Jawa Timur, detikSore hari ini akan mengulas temuan mencengangkan yang berada di Mojokerto. Seperti diberitakan detikJatim sebelumnya, warga mencurigai adanya aktivitas yang dilakukan kaum gay di kawasan kolam air hangat di persawahan Kedungsari, Kelurahan Gunung Gedangan, Magersari, Kota Mojokerto.

    Kecurigaan ini muncul tatkala warga menemukan sampah-sampah di sekitar kolam berupa saset sampo, bungkus sabun, kondom, pelumas, sabun cuci baju, bungkus pakaian dalam pria, hingga CD pria. Seperti tertulis dalam detikJatim, informasi ini sudah menjadi rahasia umum warga Kedungsari.

    Benarkah ada aksi pembiaran warga terkait aktivitas ini? Ikuti laporan langsung Jurnalis detikJatim selengkapnya.

    Jelang matahari terbenam nanti detikSore akan kembali membahas informasi seputar investasi. Seperti sebelumnya, detikSore akan menggaungkan topik menarik dan relevan dengan masyarakat. Kali ini topik yang akan dibahas adalah mempersiapkan dana darurat.

    Seperti diketahui, dana darurat merupakan piranti berjaga-jaga kala situasi mendesak tengah terjadi. Meski demikian, ada beberapa strategi untuk menjaga agar seseorang dapat menghitung berapa jumlah dana darurat yang perlu mereka miliki. Bagaimana cara menghitungnya? Media apa saja yang dapat digunakan untuk menyimpan dana darurat dengan aman? Ikuti diskusinya dalam Sunsetalk.

    Ikuti terus ulasan mendalam berita-berita hangat detikcom dalam sehari yang disiarkan secara langsung langsung (live streaming) pada Senin-Jumat, pukul 15.30-18.00 WIB, di 20.detik.com dan TikTok detikcom. Jangan ketinggalan untuk mengikuti analisis pergerakan pasar saham jelang penutupan IHSG di awal acara. Sampaikan komentar Anda melalui kolom live chat yang tersedia.

    “Detik Sore, Nggak Cuma Hore-hore!”

    (far/vys)

  • Aplikasi China Pengganti TikTok Segera Rilis, Jadwalnya Sudah Ada

    Aplikasi China Pengganti TikTok Segera Rilis, Jadwalnya Sudah Ada

    Jakarta, CNBC Indonesia – TikTok akan segera merilis aplikasi pengganti khusus untuk pengguna di Amerika Serikat (AS). Menurut sumber internal TikTok, mereka diberi tenggat waktu hingga September 2025 untuk menyelesaikan proyek yang dinamakan “M2” ini.

    Mengutip Reuters, Kamis (10/7/2025), aplikasi ini dirancang sebagai platform mandiri dengan algoritma serta sistem data yang terpisah dari versi global. Sumber Reuters menyebut bahwa proyek tersebut telah dikerjakan secara intensif oleh tim internal TikTok dalam beberapa bulan terakhir.

    Langkah ini dipandang sebagai bagian dari upaya perusahaan induk ByteDance untuk mematuhi undang-undang AS yang mewajibkan TikTok dijual atau dipisahkan dari pengaruh Tiongkok, di tengah kekhawatiran soal keamanan data dan potensi pengaruh politik

    Aplikasi baru ini akan hanya tersedia di toko aplikasi Amerika Serikat dan tidak bisa diakses oleh pengguna dari luar negeri. Sistem rekomendasinya akan dilatih menggunakan data pengguna AS saja, artinya konten yang direkomendasikan pun akan lebih lokal dan terpisah dari tren global TikTok.

    Perubahan ini akan memengaruhi bagaimana 170 juta pengguna AS yang mengakses konten global serta bagaimana kreator non-AS memperoleh uang di platform tersebut.

    Belum ada pernyataan resmi dari ByteDance maupun TikTok mengenai proyek ini.

    Upaya untuk memisahkan TikTok versi AS dari platform global telah berlangsung selama beberapa bulan, karena eksekutif ByteDance menyusun berbagai rencana untuk mencegah pelarangan aplikasi di AS, sebagaimana diwajibkan oleh undang-undang baru terkait kekhawatiran atas keamanan data.

    Masa depan aplikasi yang digunakan hampir separuh populasi AS ini menggantung sejak UU 2024 yang disahkan dengan dukungan bipartisan besar-besaran, mengharuskan ByteDance menjual TikTok paling lambat 19 Januari.

    Pejabat Washington mengatakan kepemilikan TikTok oleh ByteDance membuatnya tunduk pada pemerintah Tiongkok, yang diduga dapat menggunakan aplikasi ini untuk operasi pengaruh terhadap AS dan mengumpulkan data warganya.

    Setelah batas waktu pertama dan momen ‘gelap’ singkat pada Januari, TikTok mulai memindahkan data pengguna non-AS dari pusat data AS yang dikelola Oracle, memastikan hanya data pengguna AS yang tetap di server lokal. Ini menjadi pondasi bagi pemisahan antara bisnis AS dan internasional.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Pasutri Asal Probolinggo Polisikan Tiktoker, Rugi Rp 900 Juta dari Bisnis Skincare

    Pasutri Asal Probolinggo Polisikan Tiktoker, Rugi Rp 900 Juta dari Bisnis Skincare

    Pasutri Asal Probolinggo Polisikan Tiktoker, Rugi Rp 900 Juta dari Bisnis Skincare
    Tim Redaksi
    PROBOLINGGO, KOMPAS.com
    – Pasangan suami istri dari Desa Wangkal, Kecamatan Gading, Kabupaten
    Probolinggo
    ,
    Jawa Timur
    melaporkan dugaan
    penipuan
    yang dilakukan oleh seorang
    TikToker
    bernama
    Luluk Sofiatul Jannah
    ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres
    Probolinggo
    , Rabu (9/7/2025).
    Pasutri
    itu, Nurul Qomariyah dan Hasan Basri mengaku mengalami kerugian mencapai Rp 900 juta akibat penipuan yang diduga dilakukan Luluk bersama suaminya, Moch Nuril Huda.
    Mereka menyampaikan bahwa upaya perdamaian melalui somasi sudah dilakukan, tetapi tidak dipedulikan oleh tersangka.
    Dimas Tri Tunggal Wardhana Suaidy, kuasa hukum Nurul Qomariyah dan Hasan Basri, menyatakan bahwa pihaknya telah beriktikad baik dengan mengirimkan somasi kepada Luluk maupun suaminya.
    Namun, tidak ada tanggapan, sehingga pengaduan resmi pun diajukan ke polisi.
    “Modus yang digunakan Luluk adalah menawarkan investasi produk
    skincare
    dengan janji keuntungan 10 persen setiap bulan. Investasi tersebut dilakukan pada Februari 2025, dan hingga kini, korban belum menerima realisasi keuntungan maupun pengembalian dana,” kata Dimas.
    Ia mengatakan bahwa kedekatan kliennya dengan Luluk, yang dikenal sebagai seleb TikTok dengan jaringan luas, membuat korban percaya akan tawaran investasi tersebut.
    Sementara itu, Kasi Humas Polres Probolinggo Iptu Merdhania Pravita Shanty membenarkan adanya pengaduan terkait dugaan penipuan dari seorang seleb TikTok tersebut.
    Pravita menyebutkan bahwa saat ini pihaknya tengah menindaklanjuti laporan dan akan menginformasikan perkembangan selanjutnya setelah mendapatkan arahan dari pimpinan.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 5 Pendekatan Pemasaran Medsos, dari Jalan Pintas hingga Strategi Cerdas

    5 Pendekatan Pemasaran Medsos, dari Jalan Pintas hingga Strategi Cerdas

    Jakarta

    Dunia digital saat ini ibarat sebuah panggung raksasa yang tidak pernah sepi. Setiap merek berlomba-lomba mencuri perhatian, berharap suara mereka terdengar di tengah riuh rendah informasi. Namun, di tengah kebisingan ini, sekadar ‘eksis’ saja tidak lagi cukup. Audiens modern semakin cerdas dan kebal terhadap promosi biasa, menuntut setiap merek untuk berinovasi.

    Lalu, bagaimana cara berinovasi yang paling efektif? Berdasarkan pengamatan di lanskap digital, ada sebuah spektrum pendekatan yang bisa diambil, mulai dari jalan pintas yang menggoda namun berisiko, hingga strategi cerdas yang membangun pengaruh jangka panjang.

    1. Jalan Pintas Berisiko: Godaan Beli Followers

    Pertama adalah taktik yang paling instan dan paling berisiko: membeli pengikut atau followers. Godaannya besar karena dalam sekejap, sebuah akun bisa terlihat memiliki puluhan ribu pengikut, menciptakan ilusi popularitas.

    Namun, ini adalah fondasi yang sangat rapuh. Angka tersebut hanyalah metrik kosong yang terdiri dari akun bot atau pasif. Tidak ada interaksi, tidak ada minat beli, dan yang terpenting, tidak ada kepercayaan. Justru, platform media sosial semakin pintar mendeteksi aktivitas palsu ini dan dapat merusak kredibilitas bahkan jangkauan organik akun Anda di masa depan.

    2. Fondasi Terukur: Beriklan Langsung dengan Paid Ads

    Satu tingkat di atas jalan pintas adalah menggunakan fitur iklan resmi yang disediakan platform, seperti Meta Ads (Facebook & Instagram), Google Ads, atau TikTok Ads. Ini adalah pendekatan yang sah dan menjadi fondasi bagi banyak bisnis. Keunggulan utamanya adalah kemampuan penargetan yang sangat spesifik (berdasarkan demografi, minat, dan perilaku) serta data yang terukur.

    Anda bisa melihat dengan jelas berapa biaya yang dikeluarkan dan berapa banyak konversi yang dihasilkan. Namun, tantangannya adalah persaingan yang ketat dan biaya yang bisa terus meningkat. Ini adalah alat yang kuat, namun memerlukan keahlian optimasi dan anggaran yang konsisten. Serta ketergantungan terhadap iklan, sangat tidak disarankan untuk teknik pemasaran jangka panjang.

    3. Jangkauan Cepat: Memanfaatkan Paid Promote

    Pendekatan ini sedikit berbeda dari Paid Ads. Di sini, kita membayar akun media sosial lain (biasanya akun publik atau informatif dengan pengikut besar) untuk mempromosikan konten kita. Tujuannya adalah meminjam jangkauan audiens mereka secara cepat.

    Paid promote sangat efektif untuk menyebarkan pengumuman dalam waktu singkat, seperti informasi diskon atau peluncuran produk. Kelemahannya, pesan seringkali terasa kurang personal dan efeknya cenderung sesaat setelah masa promosi berakhir.

    4. Otoritas & Kepercayaan: Kekuatan Endorsement KOL

    Ketika sebuah merek ingin membangun kepercayaan, mengandeng Key Opinion Leader (KOL) atau influencer adalah langkah yang sangat strategis. Ini bukan lagi sekadar ‘membayar untuk tayang’, melainkan ‘berkolaborasi untuk mendapatkan pengakuan’.

    KOL yang kredibel memiliki hubungan otentik dengan audiensnya, sehingga rekomendasi mereka terasa tulus dan meyakinkan. Strategi ini sangat ampuh membangun citra dan mendorong keputusan pembelian. Tantangannya ada pada biaya yang tinggi dan proses menemukan KOL yang nilainya benar-benar selaras dengan merek.

    5. Amplifikasi Strategis: Menciptakan Efek ‘Bola Salju’ dengan Jasa Buzzer

    Di ujung spektrum ini, ada pendekatan taktis yang sering disalahpahami: jasa buzzer profesional. Jika KOL adalah satu suara besar yang berpengaruh, buzzer adalah ratusan suara kecil yang serentak menciptakan gema (buzz). Meski istilah ini kadang ternoda oleh praktik negatif, perannya dalam pemasaran etis sangatlah berbeda.

    Fungsinya adalah melakukan ‘simulasi word-of-mouth’ untuk memantik percakapan. Mereka bisa mengisi kolom komentar dengan diskusi positif, membantu sebuah tagar menjadi trending, atau memberikan social proof yang mendorong audiens organik untuk ikut berinteraksi.

    Pendekatan ini menciptakan kesan bahwa sebuah merek sedang ‘ramai dibicarakan’, yang secara psikologis memancing rasa penasaran publik. Kuncinya adalah memilih penyedia jasa yang beretika. Praktik etis ini menjadi fokus utama para pemain di industri ini.

    Seperti yang pernah diungkapkan oleh Mas Tama (@tamapreneur di Instagram), pendiri SMM Panel BisnisOn, yang melayani kelima metode pemasaran digital yang disebutkan diatas, khusus untuk jasa buzzer, BisnisOn memiliki kebijakan ketat untuk menolak pekerjaan berbau hoaks atau ujaran kebencian, demi menjaga fokus pada kampanye positif.

    Foto: Dok. Istimewa

    Kesimpulan

    Tidak ada satu peluru perak dalam pemasaran digital. Setiap pendekatan memiliki tempatnya masing-masing. Strategi yang paling cerdas adalah meracik ‘resep’ yang tepat dengan menggabungkan beberapa pendekatan ini sesuai dengan tujuan, fase, dan anggaran bisnis Anda. Pada akhirnya, inovasi yang berhasil adalah yang mampu bergerak melampaui angka dan membangun koneksi yang nyata.

    (ads/ads)

  • Wapres nilai PNM Mekaar berhasil cetak UMKM baru, buka lapangan kerja

    Wapres nilai PNM Mekaar berhasil cetak UMKM baru, buka lapangan kerja

    Jakarta (ANTARA) – Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka menilai Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar berhasil mencetak pelaku-pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) baru, serta membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya.

    Menurut Gibran, keberadaan PNM Mekaar dan nasabah-nasabah mereka yang didominasi perempuan selaras dengan visi ketahanan ekonomi Presiden Prabowo Subianto yang ingin membangun Indonesia dari desa dan keluarga.

    “Saya lihat nasabah-nasabah yang ada di sini itu memperkerjakan tetangga-tetangganya. Saya kira itu luar biasa sekali,” puji Gibran kepada pelaku UMKM nasabah PNM Mekaar saat acara silaturahmi dengan nasabah dan pendamping PNM Mekaar di Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Selasa, sebagaimana disiarkan oleh Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Wakil Presiden.

    Dalam acara silaturahmi itu, Gibran juga memuji PNM Mekaar karena berhasil menghimpun 16 juta nasabah, yang mayoritas punya tingkat risiko kredit macet yang rendah. Menurut Wapres, pencapaian itu juga menunjukkan perempuan dapat menjadi motor penggerak perekonomian dan penopang ketahanan ekonomi.

    “(Sebanyak) 16 juta nasabah membuka lapangan kerja. Kredit macetnya hampir tidak ada, rendah sekali. Jadi, ini ibu-ibu luar biasa sekali. Apresiasi sebesar-besarnya untuk PNM Mekaar,” kata Gibran.

    Di atas panggung, Gibran kemudian berbincang-bincang dengan sejumlah ibu-ibu pelaku UMKM nasabah PNM Mekaar. Masing-masing dari mereka membawa produk unggulannya untuk diperlihatkan kepada Wapres.

    Widiarti, salah satu nasabah PNM Mekaar sejak 2015, juga tampil membawa produk rempeyeknya. Dia mengaku berkat modal dari PNM Mekaar, saat ini cemilan rempeyeknya dapat dikemas lebih menarik dan berhasil menembus pasar modern.

    Widiarti menambahkan saat ini jualannya itu juga lebih laris karena dipasarkan di platform media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok, kemudian platform e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee.

    “Itu ya ibu-ibu pentingnya sosial media,” ujar Gibran mengomentari strategi Widiarti memasarkan usahanya.

    Gibran menilai media sosial merupakan sarana promosi usaha yang efektif dan terjangkau.

    “Sekali lagi, ibu-ibu ini (saya) titip gunakan media sosial sebaik-baiknya sebagai marketing untuk memasarkan produk-produknya ya. Biar bisa ekspor, biar bisa mendunia,” sambung Wapres.

    Dalam kesempatan yang sama, Gibran juga meminta PNM Mekaar dan para pendamping untuk membantu para pelaku UMKM meningkatkan nilai jual barang dagangan mereka, misalnya dengan pencantuman label halal dan label kedaluwarsa.

    “Pokoknya ibu-ibu ini tolong dikawal, diberikan penyuluhan yang baik, diberikan pelayanan yang baik, karena apapun itu, ibu-ibu yang ada di sini itu menyekolahkan anaknya, tetangganya direkrut. Itu kan luar biasa,” kata Gibran.

    Pewarta: Genta Tenri Mawangi
    Editor: Budi Suyanto
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Xiaomi Smart Band 10 Rilis di Indonesia, Segini Harganya

    Xiaomi Smart Band 10 Rilis di Indonesia, Segini Harganya

    Jakarta

    Xiaomi Smart Band 10 resmi tersedia di Indonesia setelah debut di China pada akhir Juni lalu. Gelang pintar ini mengusung layar yang lebih besar dan baterai yang awet hingga 21 hari.

    “Xiaomi Smart Band 10 bukan hanya sebagai alat bantu kebugaran, tetapi juga representasi gaya hidup modern yang menyatukan konektivitas, kesehatan, dan lifestyle,” ujar Andi Renreng, Marketing Director Xiaomi Indonesia, dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Selasa (8/7/2025).

    “Memberikan kemudahan untuk Live Right, Live Smart dengan desain yang mewah dan fashion-forward, menjadikan smartband terbaru dari Xiaomi ini sebagai pendamping ideal bagi siapa saja yang ingin hidup lebih cerdas, lebih berkualitas, dan tampil penuh gaya,” imbuhnya.

    Xiaomi Smart Band 10 masih menggunakan layar sentuh AMOLED tapi dengan ukuran lebih besar yaitu 1,72 inch. Layar yang lebih besar ini bisa dicapai berkat bezel dengan ketebalan 2mm yang memberikan rasio screen-to-body hingga 73%.

    Layar ini memiliki resolusi 212 x 520 pixel dengan tingkat kecerahan hingga 1.500 nits dan refresh rate 60Hz. Gelang pintar ini juga mendukung fitur always-on display (AoD) dan dilengkapi lebih dari 200 watch face.

    Xiaomi membekali Smart Band 10 dengan lebih dari 150 mode olahraga, termasuk enam aktivitas yang dapat dideteksi secara otomatis. Ada juga indikator metrik tambahan seperti VO2 max, training load, dan recovery time.

    Sama seperti generasi sebelumnya, Xiaomi Smart Band 10 kembali dilengkapi ketahanan air 5ATM yang membuatnya bisa dipakai berolahraga air hingga kedalaman 50 meter.

    Xiaomi Smart Band 10 Foto: Xiaomi Indonesia

    Bagi penggemar olahraga air, mode renang di Smart Band 10 ditingkatkan dengan fitur pemantauan detak jantung secara real-time dan akurasi hitungan putaran hingga 96% berkat sensor gerak 9-sumbu. Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur heart rate broadcast untuk mendapatkan data detak jantung secara real-time menggunakan perangkat yang kompatibel.

    Untuk membantu pengguna beristirahat setelah olahraga, tersedia manajemen tidur profesional dan program peningkatan tidur selama 21 hari. Pengguna bisa memantau detak jantung, SpO2, dan tingkat stress lewat gelang pintar selama 24/7.

    Semua fitur di atas ditenagai oleh baterai 233 mAh yang dapat bertahan hingga 21 hari dalam penggunaan normal atau sembilan hari dalam mode AoD. Gelang pintar ini kompatibel dengan perangkat Android 8.0 ke atas atau iOS 14 ke atas.

    Xiaomi Smart Band 10 bisa terhubung dengan ponsel menggunakan koneksi Bluetooth 5.3 via aplikasi Mi Fitness. Gelang pintar ini terintegrasi dengan Xiaomi Smart Hub yang memungkinkan pengguna mengontrol langsung perangkat yang menjalankan HyperOS 2.0 seperti ponsel, tablet, dan TWS.

    Pengguna bisa menggunakan Smart Band 10 untuk menemukan ponsel atau tablet dan mengontrol kamera dari jarak jauh, mengecek sisa masa pakai baterai TWS, menyesuaikan volume, hingga mengubah mode peredam kebisingan.

    Xiaomi Smart Band 10 hadir dalam tiga pilihan warna dengan bodi aluminium alloy, dan warna eksklusif Ceramic White Edition dengan bodi keramik. Xiaomi menyediakan 10 aksesoris serbaguna, termasuk liontin rantai mutiara dengan empat mode pemakaian.

    Harga dan ketersediaan

    Xiaomi Smart Band dibanderol dengan harga Rp 649.000 untuk varian Midnight Black, Glacier Silver, dan Mystic Rose, serta Rp 799.000 untuk varian Ceramic White Edition.

    Gelang pintar ini sudah bisa didapatkan secara online di Mi.com, Blibli, Lazada, Shopee, Tokopedia, dan TikTok Shop, serta secara offline di Xiaomi Store dan mitra resmi Xiaomi lainnya mulai 7 Juli 2025.

    Khusus pembelian online selama periode flash sale pada 7-9 Juli 2025, Xiaomi Smart Band 10 bisa didapatkan dengan harga promosi Rp 599.000 untuk varian Midnight Black, Glacier Silver, dan Mystic Rose, serta Rp 749.000 untuk varian Ceramic White Edition.

    (vmp/fay)

  • Telkomsel Dorong UKM Lokal Adopsi AI di DCE Summit 2025

    Telkomsel Dorong UKM Lokal Adopsi AI di DCE Summit 2025

    Bisnis.com, BANDUNG – Telkomsel resmi menutup rangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) Digital Creative Entrepreneurs (DCE) ke-4 melalui gelaran DCE Summit 2025.

    Mengusung tema “AI for #AdvancingLocals”, konferensi sekaligus ruang kolaborasi ini mempercepat adopsi teknologi kecerdasan buatan (AI) di sektor usaha kecil-menengah (UKM) dengan menghadirkan sesi berbagi wawasan, demonstrasi teknologi, dan jejaring bisnis. Pada puncak acara, Telkomsel menobatkan UKM Seed Paper Indonesia sebagai Best of the Best di DCE ke-4.

    VP Corporate Communications & Social Responsibility Telkomsel, Saki H. Bramono, menyatakan, “Telkomsel terus mendorong digitalisasi UKM melalui DCE, dan tahun ini fokus kami adalah pemanfaatan AI untuk meningkatkan daya saing mereka. Kami berharap dukungan adopsi teknologi terkini bisa semakin mempercepat pertumbuhan UKM Indonesia dan mendukung target ekonomi nasional, sejalan dengan misi Asta Cita Pemerintah Republik Indonesia dan visi Indonesia Emas 2045.”

    Riska Fadilla Sari, Co-Founder Seed Paper Indonesia dan pimpinan UKM terbaik DCE, menyampaikan, “Program DCE tahun ini benar-benar membuka mata kami terhadap potensi AI, bukan hanya sebagai tren, tetapi alat nyata untuk efisiensi operasional dan memahami pelanggan. Dengan bekal ilmu dan jejaring dari Telkomsel, kami akan terus tumbuh dan terus menjajaki potensi pasar digital yang tak terbatas.”

    Perjalanan Program DCE ke-4

    Rangkaian program DCE ke-4 dimulai dengan seremoni Kick-off di Bandung pada 19 Desember 2024, dilanjutkan Roadshow ke Malang, Medan, dan Makassar sepanjang Januari hingga Februari 2025.

    Dari 2.600 lebih UKM yang mendaftar, 400 pelaku usaha terpilih mengikuti tahap Onboarding untuk belajar dan berkreasi di ekosistem digital. Proses seleksi berikutnya mengerucutkan jumlah peserta menjadi 32 UKM, yang telah mempresentasikan rencana ekspansi digitalnya pada sesi Pitching Tracks di empat kategori: Food & Beverage (F&B), Fashion, Craft, dan Personal Care.

    Tahap Bootcamp Academy berlangsung secara tatap muka di Bandung pada 30 Juni–2 Juli 2025. Selama tiga hari, 12 UKM finalis mendapatkan pendampingan langsung dari mentor industri, seperti Ghea Annisa (Tiasa Plant-Based), Iqbal Muslimin (Evermos), Pujo Laksono (Kazee), dan Fitria Vidyawati (MKS Shoes). Sepuluh produk dari masing-masing finalis dipromosikan melalui simulasi Live Shopping dan akun TikTok Key Opinion Leader (KOL) yang berkolaborasi dalam program ini.

    12 UKM finalis DCE ke-4 yang mengikuti Bootcamp Academy adalah:

    Track F&B – Romadu, Chocoletters, SarjanaChips
    Track Fashion – Rumah Sandal Geulis, KEYTABEE, BayiKu.id
    Track Craft – Seed Paper Indonesia, EcoPlastID, Blue by Astrid
    Track Personal Care – kūn anta!, Poppetite.co, Flos AURUM

    Pada akhir Bootcamp Academy, Telkomsel menyeleksi empat UKM terbaik – Romadu (F&B), BayiKu.id (Fashion), Seed Paper Indonesia (Craft), dan Flos AURUM (Personal Care) – untuk mempresentasikan rencana ekspansi bisnis berbasis AI mereka pada sesi Final Pitching di DCE Summit 2025. Berdasarkan penilaian juri, Seed Paper Indonesia meraih predikat Best of the Best di DCE ke-4.

    “Selamat kepada Seed Paper Indonesia; semoga capaian ini bisa mendorong rekan-rekan UKM semua untuk terus berinovasi dan semakin jitu memenuhi kebutuhan pelanggan,” kata Saki.

    Informasi selengkapnya tentang DCE Summit 2025 dapat diakses di summit.dce.co.id.

    Dampak Berkelanjutan Berbasis ESG

    Sejak diluncurkan pada 2021, program DCE Telkomsel telah menjangkau lebih dari 9.900 pelaku UKM di seluruh Indonesia, mencatatkan 682 alumni aktif, dan mencetak 18 UKM unggulan yang kini menembus pasar nasional maupun internasional.

    Capaian ini memperkuat komitmen Telkomsel dalam menciptakan dampak nyata yang berkelanjutan bagi pemberdayaan UKM, khususnya melalui implementasi prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam berbagai lini operasional bisnisnya.

  • Picu Perdebatan di IG dan TikTok, Apa Telur Ayam Perlu Disimpan di Kulkas atau Tidak? – Page 3

    Picu Perdebatan di IG dan TikTok, Apa Telur Ayam Perlu Disimpan di Kulkas atau Tidak? – Page 3

    “Secara teoritis, telur yang tidak dicuci dapat disimpan di suhu ruangan selama beberapa minggu tanpa terkontaminasi bakteri,” kata Le.

    Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan: kutikula terkadang bisa rusak, Le menjelaskan. Jika lapisan pelindung ini terganggu, bakteri seperti Salmonella dapat masuk.

    Deana Jones, PhD di bidang ilmu unggas dan direktur pusat di US National Poultry Research Center, merekomendasikan untuk menyimpan telur di kulkas, terlepas dari apakah telur tersebut sudah dicuci atau belum.

    “Salmonella dan patogen bawaan makanan lainnya tidak tumbuh dengan baik pada suhu di bawah 7°C (45°F),” katanya.

    Menjaga telur tetap dingin secara drastis mengurangi risiko keamanan pangan.

    Hal ini sesuai dengan panduan resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA), yang menyarankan konsumen untuk menyimpan telur dalam karton aslinya di lemari es yang bersih dengan suhu 4°C (40°F) atau lebih rendah.