Perusahaan: Sony

  • Emosi Membunuhmu…
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        25 November 2024

    Emosi Membunuhmu… Megapolitan 25 November 2024

    Emosi Membunuhmu…
    Editor
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Merasa
    emosi
    atau marah dengan pengendara lain saat berkendara di jalan raya merupakan sebuah reaksi yang bisa muncul pada diri seseorang.
    Namun, emosi tak terkontrol dapat membawa seseorang kepada sebuah masalah besar, seperti yang terjadi pada seorang pengendara mobil berinisial YTZ (46).
    YTZ kini harus berurusan dengan masalah hukum usai memukuli pengendara mobil berinisial U (53) hingga tewas di Jalan Metrojaya III, Kayu Putih, Pulogadung, Jumat (22/11/2024).
    Ia mengaku emosi usai mobil miliknya ditabrak oleh U. Polisi pun telah menetapkan YTZ sebagai tersangka kasus penganiayaan yang mengakibatkan tewasnya U.
    Insiden itu berawal ketika U menabrak mobil Toyota Calya yang sedang dikendarai YTZ di Jalan Mahoni, Jumat (22/11/2024) sekitar pukul 12.20 WIB.
    Usai mobilnya ditabrak, YTZ begitu emosi lalu mengejar mobil U sampai akhirnya berada di lokasi kejadian pemukulan.
    “Terjadi kejar-kejaran sesampainya di TKP, korban berhenti, kemudian cekcok mulut,” jelas Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam dalam keterangannya, Sabtu (23/11/2024).
    Cekcok yang terjadi kian memanas lantaran YTZ langsung memukul U berulang kali menggunakan tangan kosong.
    “Pelaku marah memukul korban berulang kali dari luar mobil. Posisi korban masih di dalam mobil,” terang Ade Ary.
    Warga sekitar yang berada di dekat TKP lantas melerai dan menolong korban. Namun, korban sudah dalam keadaan lemas hingga harus segera dilarikan ke RS Pertamina Jaya.
    Saat tiba di rumah sakit, dokter menyatakan korban meninggal dunia setelah memeriksa dan menemukan sejumlah luka memar dan luka terbuka di sekujur tubuhnya.
    “Korban mengalami luka-luka memar di dahi kiri, pipi kanan dan kiri, dada lecet, rahang bawah dan telinga mengeluarkan darah,” jelas Ade Ary.
    Atas perbuatannya, YTZ sudah ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 351 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang penganiayaan yang menyebabkan luka berat dan kematian.
    Akhmad Fajar Prasetya dan I Made Sonny Gunawan, dalam bukunya Mengelola
    Emosi
    (2018), menyebutkan bahwa seseorang akan lebih mudah memahami dan mengelola emosinya apabila ia mampu mengenali emosi yang dirasakannya.
    Mengenali emosi berarti memiliki kesadaran diri untuk menyadari perasaan yang muncul pada saat itu juga.
    Sementara itu, menurut Mayer (Goleman, 1995), kesadaran diri adalah kemampuan untuk waspada terhadap suasana hati dan pikiran. Tanpa kesadaran diri, individu dapat dengan mudah larut dalam aliran emosi dan dikuasai emosi.
    Mengenali emosi diri memang tidak serta merta menjamin kemampuan untuk menguasai emosi, tetapi hal itu adalah salah satu hal penting dalam upaya mengendalikan atau mengelola emosi.
    Setelah seseorang mengenali emosinya, ia akan lebih mampu untuk bersikap dengan tepat. Misalnya, ketika seseorang merasa marah, ia dapat menarik napas dan mengucapkan sabar atau tenang kepada dirinya untuk mengendalikan emosi marah.
    Psikolog Meity Arianty STP, MPsi, mengatakan, seseorang perlu menarik napas dan diam sesaat saat sedang marah lalu berpikir apakah perlu marah dengan berperilaku negatif.
    Marah dengan berperilaku negatif bisa berupa tindakan meludah, memaki orang lain, memukul, dan sebagainya.
    “Biasanya kalau sedang marah kita akan refleks saja ya dalam bertindak,” kata Meity dikutip dari
    Kompas.com
    .
    Meity menyampaikan, seseorang perlu berusaha mengendalikan diri saat dirinya tersulut emosi sekalipun hal ini tidak mudah.
    “Tetapi, belajar mengendalikan diri itu harus dilatih. Tidak bisa tiba-tiba bisa sabar atau bisa mengendalikan diri jika tidak dilatih,” terangnya.
    Oleh sebab itu, menurut Meity, seseorang yang sudah terbiasa melatih dirinya untuk tidak terjebak pada emosinya sendiri akan lebih mudah mengontrol dirinya apabila terjadi sesuatu yang tak menyenangkan secara spontan.
    “Setiap orang juga dibekali akal atau pikiran buat mengontrol tindakan dan perilaku, bukan hanya mengikuti hawa nafsu,” ungkapnya.
    Meity juga menyarankan orang-orang terbiasa menggunakan akal pikiran agar tidak kebablasan saat sedang emosi lalu menyesal pada kemudian hari atas tindakan atau perilakunya sendiri.
    Training Director The Real Driving Centre Marcell Kurniawan menyampaikan, perasaan emosi saat berkendara di jalan raya bisa diredam dengan berpikir positif.
    “Cara meredam emosi adalah dengan memikirkan segala sesuatu dengan positif. Pastikan tidak mudah bereaksi dan jangan mudah terpancing emosi,” ucap Marcell dikutip dari
    Kompas.com
    .
    Marcell menjelaskan, ada saja kejadian yang bisa memancing emosi saat berkendara di jalan raya. Sebelum tersulut emosi, pikirkan lagi risiko yang terjadi ke depan.
    “Lebih baik kita selalu berpikir positif dan pikirkan resikonya. Pikirkan bagaimana kalau emosi negatif saya membawa dampak buruk bagi kehidupan. Serta tanamkan pada diri bahwa tidak ada gunanya emosi di jalan,” kata Marcell.
    Bagi pengguna jalan yang terlanjur tersulut emosi, bisa diredam dengan mendengarkan lagu yang iramanya tenang.
    Selain itu, hindari jalanan macet dengan mencari jalan pintas dan jangan memaksakan diri ketika badan sudah lelah.
    “Jadi banyak faktor yang menyebabkan emosi di jalan, misalnya stress di pekerjaan atau di rumah,
    fatigue
    (kelelahan) atau depresi,” ucapnya.
    Sementara itu, Direktur Safety Defensive Driving Indonesia Sony Susmana mengungkapkan, setiap pengemudi sebaiknya perlu mengetahui kondisinya terlebih dahulu sebelum berkendara.
    Mengemudikan kendaraan tidak hanya harus sehat secara fisik, tapi juga mental karena harus menghadapi lingkungan, provokasi, dan gangguan yang datang dari luar kendaraan.
    “Kemudian berkendara secara defensif. Seperti sejak awal tidak melanggar peraturan lalu lintas, berkendara terburu-buru, mau mengalah dengan pengguna jalan lain, dan lainnya,” kata Sony dikutip dari
    Kompas.com
    .
    Sony mengingatkan, tidak ada untungnya apabila emosi dibiarkan meluap saat berkendara di jalan lantaran ada konsekuensi yang akan dihadapi, baik secara hukum maupun sosial.
    Bila terlibat cekcok di jalan, mengalah dan meminta maaf menjadi jalan keluar terbaik.
    (Penulis: Dinda Aulia Ramadhanty, Ryan Sara Pratiwi, Muhammad Fathan Radityastani, Dahlia Irawati (Kompas.id) | Editor: Ihsanudin, Wisnubrata, Aditya Maulana, Neli Triana (Kompas.id))
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Smart TV LED 65 UHD Lebih Hemat Rp 3,9 Juta di Transmart Full Day Sale

    Smart TV LED 65 UHD Lebih Hemat Rp 3,9 Juta di Transmart Full Day Sale

    Jakarta

    Transmart Full Day Sale kembali hadir Minggu, 24 November 2024. Berbagai promosi menarik hadir untuk para pelanggan setia Transmart seperti TV LED.

    Diskon besar-besaran bisa diperoleh pelanggan yang bertransaksi menggunakan Allo Prime, Allo Paylater dan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah. Barang elektronik menjadi yang paling banyak mendapatkan diskon gede-gedean di Transmart Full Day Sale.

    Salah satunya adalah TV LED 50″ UHD Smart berbagai merk seperti LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp dan Samsung. Harga normal TV tersebut mulai dari Rp 6.049.000. Namun harga promonya mulai Rp 4.999.000. Jika menggunakan Allo Prime, Allo Paylater, kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah maka pelanggan bisa mendapatkan TV tersebut dengan harga sale mulai dari Rp 3.399.200. Artinya pelanggan setia hemat Rp 2.649.800 dari harga normal.

    Transmart Full Day Sale 24 November 2024 Foto: Transmart

    Televisi kedua adalah LED TV 65″ UHD Smart dari berbagai merk seperti sebelumnya. Harga normalnya adalah mulai Rp 11.209.000 dan harga promonya mulai dari Rp 9.049.000.

    Produk itu ditawarkan dengan harga sale mulai Rp 7.239.200 jika dibeli menggunakan Allo Prime, Allo Paylater dan kartu kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah. Hal ini berarti pelanggan setia hemat Rp 3.969.200 dari harga normal.

    Namun syarat dan ketentuan bagi dua produk ini juga berlaku. Berbagai diskon tersebut tidak berlaku untuk pembelian partai besar.

    Jadi tunggu apa lagi? Ayo merapat ke Transmart terdekat, lalu nikmati diskon melimpah khusus di Transmart Full Day Sale.

    Untuk yang belum punya Kartu Kredit Bank Mega, tak perlu khawatir. Ada unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Cibubur dan Central Park. Sementara untuk yang belum punya Allo Prime, cukup download aplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore.

    Tinggal klik link https://get.allobank.com/ ini, download, Jadi tunggu apa lagi? Ayo merapat ke Transmart terdekat, lalu nikmati diskon melimpah khusus di Transmart Full Day Sale.

    (vmp/vmp)

  • Cuma Besok! TV LED Banting Harga di Transmart Full Day Sale

    Cuma Besok! TV LED Banting Harga di Transmart Full Day Sale

    Jakarta, CNBC Indonesia – Televisi merupakan salah satu barang elektronik yang jadi primadona di masyarakat. Pasalnya, spesifikasi TV pada saat ini sudah semakin canggih. Sayangnya, TV dengan fitur-fitur terbaru ini biasanya dibanderol dengan tinggi sehingga orang pun penuh pertimbangan untuk membelinya.

    Meski begitu, Anda jangan khawatir karena ada gebyar promo diskon besar-besaran hingga 50% + 20% hadir kembali di Transmart. Apalagi kalau bukan program Transmart Full Day Sale pada Minggu, 24 November 2024.

    Diskon besar-besaran itu berlaku bagi pelanggan yang menggunakan kartu kredit Bank Mega, kartu kredit Bank Mega Syariah, dan aplikasi Allo Bank, mulai dari toko buka hingga tutup pukul 22.00.

    Produk yang digeber diskon saat Transmart Full Day Sale di antaranya barang-barang elektronik misalnya TV LED. Untuk pembelian LED TV 50″ UHD SMART berbagai merek seperti LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, bisa didapatkan harga sale mulai dari RP 3,999,200 dari harga normal Rp 6,049,000.

    Sementara untuk LED TV 65″ UHD Smart merek LG, Polytron, Panasonic, Sony, Sharp, Samsung, bisa didapatkan dengan harga sale mulai dari RP 7,239,200 dari harga normal Rp 11,209,000.

    Tak hanya itu, diskon tersebut berlaku untuk berbagai produk, mulai dari kebutuhan sehari-hari, sepeda listrik, hingga perlengkapan isi rumah.

    Dalam program Transmart Full Day Sale pengunjung bisa menikmati diskon 20% bagi pelanggan yang menggunakan kartu kredit Bank Mega, kartu kredit Bank Mega Syariah, dan aplikasi Allo Bank-Allo Prime termasuk Allo Paylater. Bahkan untuk produk unggulan diskon bisa sampai 50% + 20% tergantung jenis produknya.

    Yuk tunggu apalagi? Langsung saja datang ke Transmart Full Day Sale.

    (rah/rah)

  • Tantangan Besar dalam Penyelesaian Penerapan Zero ODOL di Indonesia

    Tantangan Besar dalam Penyelesaian Penerapan Zero ODOL di Indonesia

    Jakarta, Beritasatu.com – Penyelesaian masalah Over Dimension Overload (ODOL) di Indonesia masih jauh dari kata selesai. Salah satu solusi yang diharapkan dapat mengatasi masalah ini adalah penerapan kebijakan Zero ODOL.

    Namun, untuk mewujudkannya, ada sejumlah persoalan mendasar yang harus diselesaikan oleh pemerintah. Jika hal ini tidak diperbaiki, masalah Zero ODOL diperkirakan akan terus berlanjut dan memberikan dampak negatif bagi infrastruktur jalan.

    Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Agus Taufik Mulyono menyebutkan, salah satu hambatan utama dalam penerapan Zero ODOL adalah status dan fungsi jalan yang masih tidak jelas.

    Truk-truk yang mengangkut barang melewati berbagai jenis jalan dengan status berbeda, mulai dari jalan desa hingga jalan arteri nasional.

    “Masalah klasik (Zero ODOL) ini belum terselesaikan hingga kini,” ungkap Agus kepada awak media di Jakarta, Sabtu (23/11/2024).

    Menurutnya, truk-truk tersebut tidak bisa sembarangan menurunkan barang ketika beralih jalan, apalagi jika kelebihan muatan. Agus menyebutkan, keberadaan terminal handling seharusnya menjadi tempat untuk menangani barang-barang dengan muatan berlebih, juga tidak diwajibkan dalam peraturan undang-undang. Hal ini menyebabkan jalan kabupaten rusak karena sering dilalui truk besar.

    Agus menambahkan, ketidaksesuaian antara Undang-Undang Jalan dan Undang-Undang Lalu Lintas menjadi penyebab utama tidak tercapainya keselarasan dalam penerapan kelas, fungsi, dan status jalan.

    “Masalah Zero ODOL ini tidak akan pernah bisa diselesaikan tanpa adanya keselarasan hukum yang jelas,” ujarnya.

    Tanpa perbaikan pada aspek ini, kebijakan Zero ODOL akan sulit untuk diterapkan dengan efektif. Penerapan Zero ODOL juga menghadapi tantangan besar dari sisi sumber daya manusia (SDM) dan peralatan yang ada di jembatan timbang.

    Praktisi transportasi dan logistik Bambang Haryo Soekartono, menyoroti bahwa jumlah SDM di jembatan timbang sangat terbatas.

    “Dari 141 jembatan timbang di Indonesia, hanya 25 yang beroperasi dan itu pun tidak 24 jam,” jelas Haryo Soekartono, pria yang juga menjabat sebagai anggota Dewan Praktisi Gerindra.

    Kekurangan personel dan peralatan yang rusak akan membuat kebijakan Zero ODOL sulit terwujud. Selain jembatan timbang, masalah lainnya adalah daya dukung jalan yang masih sangat minim.

    Di Indonesia, daya dukung jalan kelas 1 hanya mencapai 10 ton, sementara negara lain seperti China sudah mencapai 100 ton. “Konstruksi jalan kita harus diperkuat agar bisa mendukung muatan yang lebih berat,” ujarnya.

    Sementara itu, dosen Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) Sony S Wibowo mengungkapkan, kerusakan jalan tidak selalu disebabkan oleh beban berlebih.

    Menurutnya, dampak beban berlebih pada jalan baru akan terasa setelah satu tahun. “Jika, jalan rusak dalam waktu 2-3 bulan, maka itu lebih disebabkan oleh kualitas pekerjaan dan material yang buruk, bukan beban berlebih,” tegasnya.

  • Bogor-Bandung Bakal Punya Tol Baru, Tak Perlu Lagi Lewat Cikampek

    Bogor-Bandung Bakal Punya Tol Baru, Tak Perlu Lagi Lewat Cikampek

    Jakarta, CNBC Indonesia – Warga Jawa Barat (Jabar) akan segera mendapatkan jalan tol baru. Tol tersebut menghubungkan Kota Bogor dan Kota Bandung via Sukabumi dan Cianjur sehingga warga tidak perlu memutar atau melewati Tol Cikampek.

    Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum akan melanjutkan proyek Tol Bogor-Sukabumi (Bocimi) hingga Sukabumi Timur. Dari Sukabumi Timur, nantinya akan diteruskan hingga Padalarang di Bandung Barat via Ciranjang di daerah Cianjur.

    Jalan Tol Bocimi memiliki panjang 54 Km. Tol Bocimi terdiri dari empat seksi yakni Seksi 1 Ciawi-Cigombong (15,3 Km) dan Seksi 2 Cigombong- Cibadak (11,9 Km). Kedua ruas ini sudah beroperasi.

    Sementara itu, seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat (13,7 Km) masih dalam tahap konstruksi dengan progres 16,4% dan ditargetkan selesai konstruksinya pada kuartal 2 2026. Sementara itu Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 Km) dalam tahap persiapan konstruksi.

    Nantinya dalam rencana Tol Bocimi akan diteruskan hingga ke Padalarang di Bandung Barat. Rutenya adalah melalui Ciranjang.

    “Dalam rencana umum jaringan jalan nasional (termasuk tol) 2020-2040 (KepMen PUPR Nomor 367 tahun 2023) memang Bocimi akan sampai Sukabumi Timur dan kemudian dilanjut Sukabumi Timur-Ciranjang-Padalarang,” ungkap Anggota BPJT Unsur Pemangku Kepentingan Sony Sulaksono Wibowo kepada CNBC Indonesia, Selasa (19/11/2024).

    Dia bilang Pembangunan proyek Tol Bocimi-Ciranjang-Padalarang saat ini dalam rencana umum (rencum) belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Namun apabila ada investor yang tertarik, proyek ini bisa segera dieksekusi.

    “Lanjutan Bocimi ini dalam rencum (rencana umum) belum dalam waktu dekat, kecuali jika ada investor sebagai pemrakarsa mau mengerjakannya. (Kapan lelangnya) Belum dalam waktu dekat,” sebut Sonny.

    Dalam dokumen Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, proyek Jalan Tol Ciawi – Sukabumi – Ciranjang – Padalarang total memiliki panjang 115 Km. Proyek ini ditafsir menghabiskan anggaran Rp 7,7 triliun.

    Rencana tol Sukabumi-Ciranjang diperkirakan akan melintasi gunung atau melewati tunnel. Dengan kehadiran Tol Bocimi-Ciranjang-Padalarang, kendaraan dari Sukabumi menuju Cianjur dan ke Bandung bisa lebih cepat dengan waktu singkat.

    (luc/luc)

  • iQOO 13 Siap Meluncur di Indonesia Pakai Chipset Snapdragon 8 Elite

    iQOO 13 Siap Meluncur di Indonesia Pakai Chipset Snapdragon 8 Elite

    JABAR EKSPRES – iQOO, salah satu merek ponsel premium yang tengah naik daun, resmi mengumumkan peluncuran flagship terbarunya, iQOO 13, di Indonesia.

    Ponsel ini dijadwalkan rilis pada 28 November 2024, sekaligus menjadi perangkat pertama di Tanah Air yang menggunakan chipset terbaru Snapdragon 8 Elite.

    Baca juga : Samsung Galaxy A56 5G Siap Rilis Awal 2025! Ini Fitur Unggulannya

    Spesifikasi Snapdragon 8 Elite Pada iQOO 13

    Chipset Snapdragon 8 Elite menjadi daya tarik utama iQOO 13. Dengan arsitektur mutakhir yang mengusung dua prime core berkecepatan hingga 4,32 GHz dan enam performance core hingga 3,53 GHz, chipset ini menghadirkan peningkatan performa single-core dan multi-core hingga 45% dibanding pendahulunya.

    Fitur unggulan lain dari Snapdragon 8 Elite meliputi:

    CPU Oryon: Memberikan performa kelas laptop.NPU Generasi Baru: Memaksimalkan kinerja AI untuk kebutuhan multitasking dan gaming.GPU Adreno Terbaru: Mendukung game berat seperti Genshin Impact dengan grafis ultra-realistik, lengkap dengan fitur ray tracing untuk pengalaman visual yang memukau.

    Selain chipset yang tangguh, iQOO 13 dibekali Supercomputing Chip Q2 yang dirancang khusus untuk meningkatkan pengalaman gaming dengan frame rate tinggi.

    Untuk memastikan suhu perangkat tetap stabil, ponsel ini dilengkapi 7K VC Cooling System, sebuah sistem pendingin vapor chamber besar yang mampu mengurangi panas secara signifikan saat digunakan untuk bermain game intensif.

    Pada sektor fotografi, iQOO 13 mengusung:

    Kamera utama 50 MP dengan sensor Sony IMX921, menghasilkan foto berkualitas tinggi.Kamera depan mendukung video 4K 60fps, menjadikannya pilihan sempurna untuk kebutuhan selfie dan konten video.

    Dari segi desain, ponsel ini tampil premium dengan Halo Light, elemen pencahayaan futuristik yang memberikan kesan modern.

    iQOO juga melanjutkan kerja samanya dengan BMW M Motorsport, yang logonya hadir di kemasan produk ini, menambah sentuhan eksklusif.

    Baca juga : Bocoran Nubia Focus Pro 5G, Raja Kamera di Kelas Harga 3 Jutaan 

    Jadwal Peluncuran

    Peluncuran resmi ponsel baru ini akan berlangsung pada 28 November 2024 pukul 16.00 WIB.

    Acara ini dapat disaksikan secara langsung melalui channel YouTube iQOO Indonesia.

    Hingga kini, harga iQOO 13 di Indonesia masih menjadi misteri.

  • Persoalan Ini Perlu Jadi Perhatian Buat Atasi Masalah Truk ODOL

    Persoalan Ini Perlu Jadi Perhatian Buat Atasi Masalah Truk ODOL

    Jakarta: Masalah truk Over Dimension Overload (ODOL) masih menjadi polemik. Ada beberapa persoalan mendasar yang harus menjadi perhatian pemerintah.

    Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Agus Taufik Mulyono menyebut salah satu problem yang harus diselesaikan pemerintah adalah masalah status dan fungsi jalan yang masih tidak jelas. Sementara, ketika mengangkut barang dari pabrik ke tempat tujuannya, truk-truk akan melewati jalan yang statusnya beda, mulai jalan desa, kabupaten, kota, provinsi, dan arteri (nasional).  

    “Hal tersebut merupakan problem klasik yang masih belum diselesaikan hingga saat ini,” kata Agus dalam keterangannya, Kamis, 21 November 2024.

    Ia mengatakan truk-truk itu tidak mungkin akan menurunkan barang-barang bawaannya saat akan pindah jalan. Apalagi, saat membongkar muatannya dibutuhkan terminal handling sebagai tempat untuk mengumpulkan barang-barang yang kelebihan muat. 

    “Masalahnya, terminal handling ini tidak pernah ada karena memang tidak diwajibkan dalam undang-undang,” ujar Agus.
     

    Fakta-fakta tersebut dinilai membuat jalanan, khususnya di kabupaten, banyak yang rusak karena harus dilalui truk-truk besar. Masih berantakannya fungsi dan status jalan ini menjadi salah satu penyebab jalan rusak.

    “Kelas jalan, dikaitkan dengan fungsi jalan, dikaitkan status jalan, tidak pernah ketemu. Jadi, masalah ODOL ini tidak akan pernah bisa diselesaikan. Mau diselesaikan pakai apa?” ujarnya.

    Anggota Komisi VII DPR Fraksi Gerindra Bambang Haryo Soekartono, mengatakan jumlah sumber daya manusia (SDM) di jembatan timbang juga masih sangat kurang dan peralatannya banyak yang rusak. Selain itu, dari total 141 jembatan timbang di seluruh Indonesia, hanya 25 jembatan timbang yang dibuka, dan hanya 8 jam.

    “Ini kan sama saja dengan bohong jika mau secara serius menerapkan Zero ODOL,” ujar Haryo

    Menurut Haryo, hal lain yang perlu dibenahi lainnya adalah daya dukung jalan. Dia mengungkapkan daya dukung jalan atau muatan sumbu terberat (MST) kelas 1 di Indonesia hanya 10 ton. Sementara, di negara lain seperti Tiongkok sudah mencapai 100 ton, Jepang dan Eropa 75 ton.

    “Artinya, jalan-jalan yang ada sekarang harus dibongkar semua. Konstruksinya harus kuat,” ucap praktisi transportasi dan logistik itu.

    Dosen Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB), Sony S. Wibowo, mengatakan kerusakan jalan yang terjadi tidak selalu disebabkan beban berlebih yang melewatinya. Menurutnya, pengaruh beban berlebih pada jalan itu baru akan terasa dalam satu tahun ke depan.

    Dia menuturkan ada beberapa aspek yang bisa menyebabkan masalah kerusakan jalan. Antara lain, karena kualitas pekerjaannya, materialnya, dan beban. Tapi, kalau suatu jalan itu rusak karena beban, biasanya tidak terjadi cepat.

    “Jadi, misalnya jalan yang baru saja diperbaiki kemudian dalam waktu 2-3 bulan sudah rusak, itu hampir dipastikan bukan karena beban. Itu hampir dipastikan karena kualitas pekerjaan atau juga penggunaan material yang buruk, atau dua-duanya,” ujar Sony.

    Jakarta: Masalah truk Over Dimension Overload (ODOL) masih menjadi polemik. Ada beberapa persoalan mendasar yang harus menjadi perhatian pemerintah.
     
    Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Agus Taufik Mulyono menyebut salah satu problem yang harus diselesaikan pemerintah adalah masalah status dan fungsi jalan yang masih tidak jelas. Sementara, ketika mengangkut barang dari pabrik ke tempat tujuannya, truk-truk akan melewati jalan yang statusnya beda, mulai jalan desa, kabupaten, kota, provinsi, dan arteri (nasional).  
     
    “Hal tersebut merupakan problem klasik yang masih belum diselesaikan hingga saat ini,” kata Agus dalam keterangannya, Kamis, 21 November 2024.
    Ia mengatakan truk-truk itu tidak mungkin akan menurunkan barang-barang bawaannya saat akan pindah jalan. Apalagi, saat membongkar muatannya dibutuhkan terminal handling sebagai tempat untuk mengumpulkan barang-barang yang kelebihan muat. 
     
    “Masalahnya, terminal handling ini tidak pernah ada karena memang tidak diwajibkan dalam undang-undang,” ujar Agus.
     

    Fakta-fakta tersebut dinilai membuat jalanan, khususnya di kabupaten, banyak yang rusak karena harus dilalui truk-truk besar. Masih berantakannya fungsi dan status jalan ini menjadi salah satu penyebab jalan rusak.
     
    “Kelas jalan, dikaitkan dengan fungsi jalan, dikaitkan status jalan, tidak pernah ketemu. Jadi, masalah ODOL ini tidak akan pernah bisa diselesaikan. Mau diselesaikan pakai apa?” ujarnya.
     
    Anggota Komisi VII DPR Fraksi Gerindra Bambang Haryo Soekartono, mengatakan jumlah sumber daya manusia (SDM) di jembatan timbang juga masih sangat kurang dan peralatannya banyak yang rusak. Selain itu, dari total 141 jembatan timbang di seluruh Indonesia, hanya 25 jembatan timbang yang dibuka, dan hanya 8 jam.
     
    “Ini kan sama saja dengan bohong jika mau secara serius menerapkan Zero ODOL,” ujar Haryo
     
    Menurut Haryo, hal lain yang perlu dibenahi lainnya adalah daya dukung jalan. Dia mengungkapkan daya dukung jalan atau muatan sumbu terberat (MST) kelas 1 di Indonesia hanya 10 ton. Sementara, di negara lain seperti Tiongkok sudah mencapai 100 ton, Jepang dan Eropa 75 ton.
     
    “Artinya, jalan-jalan yang ada sekarang harus dibongkar semua. Konstruksinya harus kuat,” ucap praktisi transportasi dan logistik itu.
     
    Dosen Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB), Sony S. Wibowo, mengatakan kerusakan jalan yang terjadi tidak selalu disebabkan beban berlebih yang melewatinya. Menurutnya, pengaruh beban berlebih pada jalan itu baru akan terasa dalam satu tahun ke depan.
     
    Dia menuturkan ada beberapa aspek yang bisa menyebabkan masalah kerusakan jalan. Antara lain, karena kualitas pekerjaannya, materialnya, dan beban. Tapi, kalau suatu jalan itu rusak karena beban, biasanya tidak terjadi cepat.
     
    “Jadi, misalnya jalan yang baru saja diperbaiki kemudian dalam waktu 2-3 bulan sudah rusak, itu hampir dipastikan bukan karena beban. Itu hampir dipastikan karena kualitas pekerjaan atau juga penggunaan material yang buruk, atau dua-duanya,” ujar Sony.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AGA)

  • Jadwal Rilis iQOO 13 di Indonesia Kian Dekat, Cek Bocoran Spesifikasinya – Page 3

    Jadwal Rilis iQOO 13 di Indonesia Kian Dekat, Cek Bocoran Spesifikasinya – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – iQOO 13 diketahui siap meluncur untuk pasar Indonesia. Kendati demikian, informasi soal kehadiran smartphone ini belum diungkap secara resmi.

    Meski belum dipastikan, sejumlah bocoran spesifikasi iQOO 13 sudah mulai terungkap. Salah satunya adalah perangkat ini disebut akan menjadi smartphone pertama di Indonesia yang menggunakan chipset Snapdragon 8 Elite.

    Sebagai informasi, Snapdragon 8 Elite merupakan chipset flagship terbaru dari Qualcomm. Chipset ini diklaim mampu menghadirkan performa gahar berkat CPU Qualcomm Oryon dan teknologi AI terbaru.

    Tidak hanya itu, performa iQOO 13 juga ditunjang dengan chip Q2. Chip ini disebut mampu meningkatkan performa iQOO 13 saat digeber untuk bermain game.

    Diketahui pula, HP iQOO ini akan menerapkan 7K VC Cooling System. Dari segi tampilan, iQOO 13 hadir dengan BMW M Motorsport Design.

    Dari departemen fotografi, HP iQOO ini hadir dengan kamera depan 32MP yang mendukung perekaman 4K 60 fps. Sementara untuk di kamera belakang, ada lensa utama 50MP dengan sensor Sony IMX 921.

    Untuk ketahanan, iQOO disebut membekali smartphone ini dengan sertifikasi IP68/IP69. Sementara untuk informasi lain dari smartphone ini memang belum banyak diungkap.

    Informasi lebih lanjut mengenai iQOO 13 besar kemungkinan akan diungkap dalam waktu dekat. Karenanya, menarik untuk menunggu informasi lebih lanjut dari iQOO mengenai smartphone ini.

  • Tanggal Rilis iQOO 13 di Indonesia, Usung Snapdragon 8 Elite

    Tanggal Rilis iQOO 13 di Indonesia, Usung Snapdragon 8 Elite

    Jakarta

    Setelah membagikan sejumlah teaser di media sosial, iQOO akhirnya mengumumkan tanggal peluncuran iQOO 13 di Indonesia. Ponsel flagship terbaru ini akan diperkenalkan di Tanah Air pada 28 November 2024.

    iQOO 13 akan jadi ponsel pertama di Indonesia yang ditenagai chipset flagship terbaru Snapdragon 8 Elite. Chipset ini menjanjikan performa yang jauh lebih kencang dari generasi sebelumnya.

    “iQOO 13, ditenagai Snapdragon 8 Elite, menunjukkan komitmen iQOO untuk terus jadi pilihan utama smartphone berperforma tinggi. Siap diluncurkan pada 28 November 2024, iQOO 13 menjanjikan pengalaman mobile gaming dan multitasking yang revolusioner, membuka peluang tak terbatas bagi pengguna. Nantikan transformasi yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya,” ujar Roshinna Erawaty, Brand Manager iQOO Indonesia, dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Kamis (21/11/2024).

    Snapdragon 8 Elite menggunakan arsitektur terbaru yang terdiri dari dua prime core dan enam performance core. Arsitektur baru ini diklaim membawa peningkatan performa single-core dan multi-core hingga 45% dibandingkan pendahulunya.

    Chipset ini menjanjikan performa sekelas laptop berkat CPU baru yang disebut Oryon dengan clock speed hingga 4,32 GHz untuk prime core, dan 3,53 GHz untuk performance core. Kinerja AI-nya didukung NPU terbaru yang lebih bertenaga dari generasi sebelumnya.

    Kinerja grafisnya ditangani oleh GPU Adreno terbaru yang memungkinkan game berat seperti Genshin Impact bisa dimainkan dalam kualitas grafis tertinggi. Snapdragon 8 Elite juga mendukung ray tracing yang membuat tampilan game terlihat lebih realistis.

    iQOO 13 Foto: iQOO

    iQOO juga menyertakan Supercomputing Chip Q2 di iQOO 13. Chip ini dirancang khusus oleh iQOO untuk meningkatkan pengalaman main game dengan frame rate tinggi.

    Untuk menjaga ponsel tetap adem, iQOO menghadirkan 7K VC Cooling System di iQOO 13. Sistem ini menggunakan vapor chamber berukuran besar yang bisa memindahkan panas dari komponen penting sehingga performa gaming tetap lancar.

    Selain performa kencang, iQOO 13 juga dilengkapi tiga kamera belakang dengan kamera utama 50 MP yang menggunakan sensor Sony IMX921. DI bagian depan terdapat kamera selfie yang mendukung perekaman video 4K 60fps.

    iQOO 13 juga hadir dalam desain premium dengan Halo Light yang memberikan sentuhan futuristik. iQOO juga kembali bermitra dengan BMW M Motorsport dan logonya dapat ditemukan di kemasan iQOO 13.

    Peluncuran iQOO 13 akan digelar pada 28 Novemver 2024 pukul 16.00 dan dapat disaksikan lewat channel YouTube iQOO Indonesia. Kira-kira berapa ya harga iQOO 13 di Indonesia?

    (vmp/vmp)

  • Sony Uji Coba Fitur Cloud Streaming untuk Portal PS5

    Sony Uji Coba Fitur Cloud Streaming untuk Portal PS5

    Video: Sony Uji Coba Fitur Cloud Streaming untuk Portal PS5

    280 Views | Kamis, 21 Nov 2024 14:59 WIB

    Sony mengadakan uji beta fitur streaming berbasis cloud untuk PS5 Portal. Sony meluncurkan fitur ini dalam versi beta

    Cinthia Yolanda – 20DETIK