Perusahaan: Sony

  • 18 HP Android Tak Bisa Pakai WhatsApp 1 Januari 2025, Cek Daftarnya

    18 HP Android Tak Bisa Pakai WhatsApp 1 Januari 2025, Cek Daftarnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sejumlah model handphone tak akan lagi bisa menggunakan WhatsApp mulai 1 Januari 2025.

    Seperti tahun-tahun sebelumnya, WhatsApp akan menghentikan dukungan untuk sejumlah perangkat lawas karena tidak lagi memiliki kemampuan perangkat keras untuk mendukung fitur dan fungsi aplikasi yang terus berkembang.

    Karena WhatsApp terus menambahkan fitur-fitur baru, seperti fungsi-fungsi AI, WhatsApp membutuhkan HP yang lebih kuat untuk memastikan pengalaman pengguna yang lancar.

    Kali ini ponsel Android lawas yang menjalankan sistem operasi Android KitKat atau yang lebih lama yang akan kehilangan pembaruan WhatsApp. Artinya jika Anda masih menggunakan perangkat tersebut, Anda mesti meningkatkan ke model yang lebih baru untuk terus menggunakan WhatsApp.

    Beberapa model HP Android akan terpengaruh oleh perubahan ini adalah sebagai berikut:

    Samsung Galaxy S3
    Samsung Galaxy Note 2
    Samsung Galaxy S4 Mini
    Motorola Moto G (Generasi Pertama)
    Motorola Razr HD
    Moto E 2014
    HTC One X
    HTC One X+
    HTC Desire 500
    HTCDesire 601
    LG Optimus G
    LG Nexus 4
    LG G2 Mini
    LG L90
    Sony Xperia Z
    Sony Xperia SP
    Sony Xperia T
    Sony Xperia V

    Jika Anda saat ini menggunakan salah satu dari perangkat yang lebih tua ini, penting untuk mencadangkan data WhatsApp ke perangkat yang lebih baru sebelum 1 Januari 2025. Jika tidak, Anda akan kehilangan semua media dan riwayat obrolan dari WhatsApp.

    Ini bukan pertama kalinya Meta mengumumkan rencana untuk mengakhiri dukungan untuk perangkat yang lebih tua. Beberapa bulan yang lalu, perusahaan ini mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk iPhone yang menggunakan iOS yang lebih lama dari versi 15.1.

    (dem/dem)

  • Top! Listrik PLN Terangi 14 Dusun Terpencil di NTT

    Top! Listrik PLN Terangi 14 Dusun Terpencil di NTT

    Jakarta, CNBC Indonesia– Warga Dusun 3 Desa Kauniki, Kecamatan Takari, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), menyambut natal dengan kehadiran listrik PT PLN (Persero). Akses listrik juga menjangkau 14 dusun terpencil yang tersebar di Pulau Timor, Rote, Alor, dan Sabu, NTT.

    “Kami senang sekali akhirnya bisa merasakan masuknya listrik ke dusun kami. Seluruh warga sudah tidak sabar untuk segera memasang listrik di rumah masing-masing,” tutur Nahor, salah satu warga Desa Kauniki, dikutip Kamis (26/12/2024).

    Diketahui PLN melalui PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTT telah menyelesaikan pembangunan infrastruktur kelistrikan yang memungkinkan sekitar 2 ribu keluarga menikmati listrik 24 jam.

    Pembangunan infrastruktur ini menghadapi tantangan medan yang terpencil. Namun, PLN berhasil membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 38,97 kilometer sirkuit (kms), jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 96,03 kms, serta 19 gardu berkapasitas total 950 kilovolt ampere (kVA).

    Penjabat Bupati Alor, Zeth Sony Libing, mengungkapkan meski medannya sulit, PLN berhasil mewujudkan mimpi masyarakat untuk menikmati listrik.

    “Semoga dengan hadirnya listrik dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat setempat,” ujarnya.

    Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, menegaskan komitmen PLN untuk mewujudkan keadilan energi. Termasuk di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

    “Listrik adalah kebutuhan primer. Melalui pembangunan ini, kami mendukung pemerintah dalam memastikan pemerataan listrik sebagai wujud sila kelima Pancasila,” ungkap Darmawan.

    General Manager PLN UIW NTT, F. Eko Sulistyono menyebut bagi masyarakat di 14 dusun tersebut, hadirnya listrik membawa harapan baru. Tak hanya memungkinkan kehidupan sehari-hari menjadi lebih nyaman, tetapi juga membuka peluang ekonomi, pendidikan, dan sosial.

    “Semoga perayaan Natal dan Tahun Baru 2025 menjadi lebih hangat dan bermakna dengan hadirnya listrik. Kami berharap listrik ini dapat menjadi cahaya kemajuan bagi masyarakat di wilayah ini,” ujar dia.

    “Natal kali ini benar-benar istimewa di pelosok NTT. Bukan hanya tentang perayaan, tetapi juga tentang kehidupan baru yang dimulai dengan cahaya listrik,” pungkas dia.

    (dpu/dpu)

  • Pelajaran dari Kecelakaan Maut Bus Tabrak Truk di Cipularang

    Pelajaran dari Kecelakaan Maut Bus Tabrak Truk di Cipularang

    Jakarta

    Kecelakaan maut kembali terjadi di Tol Cipularang. Sebuah bus menabrak truk di KM 80 Tol Cipularang, pada Kamis (26/12/2024) pukul 01.35 WIB. Akibat kecelakaan ini, dua orang meninggal dunia.

    Dikutip detikJabar, kecelakaan itu melibatkan bus yang membawa rombongan wisata religi. Bus itu melaju dari arah Bandung menuju Jakarta. Di lokasi kejadian, bus menabrak bagian belakang truk di depannya.

    Senior Manager Representative Office 3 Jasamarga Metropolitan Tollroad Agni Mayvinna mengatakan, kecelakaan tersebut diduga karena pengemudi bus mengantuk sehingga tidak melihat adanya truk di depan.

    “Berdasarkan keterangan petugas di lapangan, diduga pengemudi bus dalam kondisi mengantuk sehingga kurang antisipasi kendaraan di depannya dan menyebabkan terjadinya tabrak belakang,” kara Agni dalam keterangannya.

    Praktisi keselamatan berkendara yang juga Director Training Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana, menegaskan kondisi mengantuk tidak bisa disepelekan. Mengantuk saat mengemudi ada tanda-tandanya. Jika sudah ada tanda-tanda mengantuk, jangan disepelekan. Satu-satunya cara menghilangkan ngantuk adalah beristirahat.

    “Ketika dirasa mulai berkurang durasi kedipannya maka waspada untuk segera berhenti. Biasanya (tanda-tanda sopir mengantuk) mencari-cari kesibukan, menggerak-gerakkan pundaknya, kucek-kucek mata, garuk-garuk kepala, melakukan pengulangan aktivitas,” kata Sony kepada detikOto beberapa waktu lalu.

    Jika penumpang melihat gerak-gerik sopir bus mengantuk tersebut, segera ingatkan untuk istirahat. Jangan sampai kecelakaan maut terjadi akibat sopir mengantuk.

    Sony mengatakan, mengantuk saat berkendara disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurang tidur, lelah, terlalu lama duduk mengemudi, bosan akibat highway hypnosis, hingga faktor usia.

    “Yang paling paham kemampuan, kekurangan dari tubuh kita adalah diri sendiri. Ngantuk tidak tiba-tiba menghinggap, tapi ada tanda-tanda sebelumnya. Pegal, mata perih, persepsi jarak mulai ngaco, pandangan buram sampai dengan kecepatan melambat,” kata Sony.

    Pengamat transportasi Djoko Setijowarno menegaskan, waktu kerja dan waktu istirahat sopir harus diatur. Jangan sampai karena dikejar tenggat waktu, sopir sampai mengabaikan keselamatan.

    “Lama/durasi tidur bagi orang dewasa yang normal adalah 6-8 jam per hari di malam hari. Tidur yang dianggap berkualitas adalah tidur yang memenuhi 4-5 kali siklus tidur, di mana setiap siklusnya membutuhkan waktu kurang lebih 1,5 jam. Satu siklus tidur terdiri dari fase tidur NREM (Non Rapid Eye Movement) dan fase tidur REM (Rapid Eye Movement) karena pada fase-fase inilah tubuh berusaha untuk mengembalikan kemampuan organ-organ yang mengalami kelelahan agar menjadi bugar seperti semula,” kata Djoko dalam keterangan tertulis belum lama ini.

    Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengatur mengenai waktu kerja untuk pengemudi Kendaraan Bermotor Umum. Pasal 90 menyebutkan setiap perusahaan angkutan umum wajib mematuhi dan memberlakukan ketentuan mengenai waktu kerja, waktu istirahat, dan pergantian pengemudi kendaraan bermotor umum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

    Waktu kerja bagi pengemudi kendaraan bermotor umum paling lama 8 jam sehari. Setelah mengemudikan kendaraan selama 4 jam berturut-turut, wajib beristirahat paling singkat setengah jam. Dalam hal tertentu pengemudi dapat dipekerjakan paling lama 12 jam sehari termasuk waktu istirahat selama 1 jam.

    (rgr/lth)

  • Daftar Ponsel Android dan iOS Jadul yang Tak Bisa Gunakan WhatsApp di 2025

    Daftar Ponsel Android dan iOS Jadul yang Tak Bisa Gunakan WhatsApp di 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – WhatsApp akan segera menghentikan layanannya untuk ponsel jadul per Januari 2025.

    Ponsel jadul tersebut tak lagi bisa melakukan aktivitas saling tukar pesan di WhatsApp. Pengguna pun harus mempertimbangkan mengganti dawai, apabila ingin terus menggunakan WhatsApp.

    WhatsApp akan menghapus layanan di ponsel Android maupun iOS lawas, karena harus memberikan fitur dan fungsionalitas yang lebih baik.

    Penerapan fitur-fitur yang menuntut, khususnya saat dunia beralih ke kemudahan AI, memerlukan perangkat keras yang lebih modern dan integrasi perangkat lunak yang lebih canggih.

    Untuk ponsel Android, WhatsApp tidak akan bisa lagi digunakan untuk OS KitKat yang berumur lebih dari 10 tahun.

    Sedangkan untuk perangkat iPhone, WhatsApp tak akan lagi bisa digunakan untuk iOS versi yang lebih lama dari 15.1.

    Berikut daftar ponsel yang tak bisa menggunakan WhatsApp per Januari 2025:

    Samsung Galaxy S3
    Samsung Galaxy Note 2
    Samsung Galaxy Ace 3
    Samsung Galaxy S4 Mini
    Motorola: Moto G (Generasi ke-1)
    Motorola Razr HD
    Motorola Moto E 2014
    HTC One X
    HTC One X+
    HTC Desire 500
    HTC Desire 601
    LG Optimus G
    LG Nexus 4
    LG G2 Mini
    LG L90
    Sony Xperia SP
    Sony Xperia T
    Sony Xperia V
    iPhone SE generasi pertama dan kedua
    iPhone 5S
    iPhone 6, 6s, 6s Plus
    iPhone 7, iPhone 7 Plus

  • Prabowo Mau Rem Proyek Tol Baru, Apa Dampaknya ke Investasi RI?

    Prabowo Mau Rem Proyek Tol Baru, Apa Dampaknya ke Investasi RI?

    Bisnis.com, JAKARTA – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) buka suara usai Presiden Prabowo Subianto disebut bakal menghentikan sementara pembangunan jalan tol baru. Ke depannya, pemerintah hanya akan fokus menyelesaikan proyek yang sudah masuk dalam tahap konstruksi.

    Kepala BPJT, Miftachul Munir memproyeksi pengereman pada sejumlah proyek jalan tol baru bakal mempengaruhi iklim investasi. Terlebih, saat ini sudah terdapat sejumlah investor asing yang menanamkan modalnya pada bisnis jalan tol di Indonesia.

    “Ini kan sangat mempengaruhi iklim investasi, apalagi kan kita sebagian besar juga ada investor asing yang masuk di kita gitu ya,” kata Munir saat ditemui di Kantor PU, Jakarta, Selasa (24/12/2024). 

    Atas dasar hal itu, Munir menyebut masih belum bisa banyak menyampaikan informasi lebih lanjut. Namun demikian, dia memastikan pihaknya bakal bergerak sesuai arahan dan instruksi yang diberikan oleh Presiden. 

    Adapun, proyek Jalan Tol Puncak santer disebut menjadi salah satu tol yang bakal disetop rencana pembangunannya. Namun demikian, Munir memastikan proses kajian pembangunan Tol Puncak bakal tetap dilanjutkan. 

    Nantinya, apabila proses kajian itu telah selesai, bakal disampaikan langsung ke Presiden Prabowo Subianto untuk selanjutnya diputuskan apakah jalan tol tersebut bakal direalisasikan atau tidak.

    “[Jalan Tol Puncak] saat ini sementara kajian. Jadi yang sementara kajian ya kajiannya kita lanjutkan, seperti itu [arahannya],” tegasnya. 

    Sebelumnya, Presiden Prabowo Subianto disebut tidak akan menggagas pembangunan proyek jalan tol baru di masa kepemimpinannya. Hal itu disampaikan oleh Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Pemangku Kepentingan Sony Sulaksono Wibowo.  

    “Semua proyek tol yang memang belum berjalan [instruksinya] berhenti dulu,” jelasnya saat ditemui di sela-sela Media Gathering Nataru 2024/2025 Astra Infra Group di Jakarta, Selasa (17/12/2024).  

    Namun demikian, Sony menyebut sejumlah proyek jalan tol yang sudah terkontrak bakal tetap dilanjutkan. Di samping itu, proyek tol yang telah masuk tahap lelang seperti Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap (Getaci) juga tetap dilanjutkan.

    Kemudian, calon jalan tol terpanjang di Provinsi Bali yakni Tol Gilimanuk – Mengwi juga dipastikan bakal tetap dilanjutkan.

  • BPJT Beri Kabar Terbaru Soal Proyek Tol Puncak, Simak!

    BPJT Beri Kabar Terbaru Soal Proyek Tol Puncak, Simak!

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Miftachul Munir buka suara terkait rencana pemerintah yang bakal menghentikan sejumlah proyek jalan tol, terutama proyek yang baru akan dibangun.

    Dia mengaku bakal mengikuti aturan yang berlaku, namun Munir memberi sinyal bahwa regulasi tersebut bakal mempengaruhi kepercayaan investor yang sudah menyatakan minatnya berinvestasi.

    “Kita ikut aturan, secara regularly amanah UU, amanah PP. Tentu ini kan sangat mempengaruhi iklim investasi, apalagi sebagian besar ada investor asing yang masuk ke kita, dan sebagian sudah ada ke pasar bursa,” katanya di Kementerian PUPR, Selasa (15/12/2024).

    “Kalau regulasi itu istilahnya terus kemudian iklim investasi mengganggu kesitu, kan sangat berpengaruh terhadap kepastian iklim investasi,” lanjutnya.

    Meski demikian, Ia menyatakan bakal mengikuti aturan yang ada, termasuk permintaan untuk menahan pembangunan jalan tol yang baru.

    Foto: (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)
    Petugas Jasa Marga sedang melakukan pengalihan arus kendaraan di Simpang Polingga KM 46 Tol Jagorawi, pintu GT Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu (31/12/2022). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

    “Jadi rasanya kita nggak berandai-andai atau beropini, tapi kita patuh pada regulasi yang akan kita bangun, karena regulasi ini bukan pemerintah sendiri, tapi juga ada parlemen juga setujui UU ya,” sebut Munir.

    Salah satu sorotan terhadap penghentian pembangunan proyek tol baru misalnya pada jalan tol puncak. Pemerintah tidak menghentikan proyek ini, namun tetap memprosesnya, yakni dalam tahap kajian.

    “Sementara ini kajian (Tol Puncak), yang sementara kajian ya kajiannya kita lanjutkan,” ujar Munir.

    Sebelumnya Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Pemangku Kepentingan Sony Sulaksono Wibowo mengungkapkan proyek tol yang belum berjalan akan ditunda dulu pembangunannya.

    “Semua proyek tol yang memang belum berjalan berhenti dulu. Sebenarnya ada beberapa yang masih kajian ya,” ungkap Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Unsur Pemangku Kepentingan Sony Sulaksono Wibowo di Media Gathering Nataru 2024/2025 ASTRA Infra Group di Amanaia Menteng, Jakarta, Selasa (17/12/2024).

    Khusus untuk Tol Puncak, Sony mengakui memang ada ketertarikan dari beberapa investor. Namun hingga saat ini pihak BPJT masih menunggu ketertarikan investor tersebut sekaligus mengecek dan mengevaluasi dari investor tersebut.

    “Kalau minat sih minat tetapi kita tunggu minatnya. kemarin sudah memasuki mereka minatnya seperti itu ada beberapa yang mita kita untuk evaluasi ya kita lihat. (2026 mulai dibangun?) saya enggak tahu tergantung keseriusan nanti investornya kalau minat banyak yang minat tapi kita cek dulu kelayakannya seperti apa. Kajian kelayakan sedang diperiksa oleh Dirjen Pembiayaan Infrastruktur. Minat ingin aja. banyak yang menyatakan tertariknya,” sebutnya.

    (fys/wur)

  • Kok Bisa Truk Melorot saat Parkir sampai Dihantam Bus di Tol Pandaan?

    Kok Bisa Truk Melorot saat Parkir sampai Dihantam Bus di Tol Pandaan?

    Jakarta

    Sebelum dihantam bus yang mengangkut rombongan siswa SMP IT Darul Quran Mulia Putri Bogor, truk lebih dulu parkir di bahu jalan. Tapi kok bisa tiba-tiba melorot?

    Kecelakaan maut di Tol Pandaan-Malang yang melibatkan bus dan truk menjadi sorotan. Pasalnya, kecelakaan tersebut terjadi saat truk tiba-tiba melorot mundur dan dihantam bus yang berisi pelajar SMP. Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana mengungkap kecelakaan itu bermula saat truk tak kuat nanjak.

    Sopir kata Kholis, memarkirkan kendaraannya di bahu jalan. Saat parkir, truk justru melorot mundur dan berjalan tak terkendali. Truk yang melorot sempat dikejar oleh sopir. Nahasnya, saat truk melorot, bersamaan dengan bus yang tengah melintas ke arah depan. Belum sempat mengantisipasi, bus kemudian menghantam bagian belakang truk.

    “Dari keterangannya yang bersangkutan mengejar pada saat truk tidak terkendali sehingga menabrak bus tadi,” urai Kholis dikutip detikJatim.

    Dari kecelakaan itu, tercatat ada empat korban tewas dan lainnya luka-luka. Dari insiden itu, yang cukup menjadi pertanyaan kok bisa truk melorot saat posisinya parkir di bahu jalan. Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menduga ada dua penyebab yang bikin truk melorot. Pertama truk overload yaitu mengangkut muatan melebihi kapasitasnya. Dengan begitu, bobot truk ikut tertarik ke belakang.

    “Dengan muatan yang sesuai aja jika truk tersebut berhenti di tanjakan maka daya dorong ke belakang tetap ada, sehingga sebelum driver mengambil tindakan keluar cabin untuk mengganjal ban, harusnya posisi parking brake aktif, mesin mati dengan posisi tuas gear ada di 1 atau C. Tunggu sesaat untuk memastikan truk tidak mundur (karena ganjal ban itu sifatnya tambahan pengaman) atau minta tolong helper yang turun untuk mengganjal ban,” ungkap Sony saat dihubungi detikOto, Selasa (24/12/2024).

    Kedua, sopir dirasa meremehkan risiko bahaya. Menurutnya, ini mungkin dilakukan sopir karena beban kerja yang terlalu berat.

    “Ini juga banyak terabaikan oleh driver karena faktor beban kerjaan, letih dan beban pikiran, sehingga driver tersebut sudah tidak mampu lagi berpikir jernih untuk bertindak benar,” lanjut Sony lagi.

    Truk overload memang kerap menimbulkan kecelakaan. Selain merugikan negara hingga triliunan, banyak korban meregang nyawa akibat truk overload. Dalam beberapa kejadian juga akibat muatan yang melebihi kemampuan, membuat truk kesulitan melibas jalan tanjakan dan berakhir melorot.

    “PR besar dari teman-teman polisi, Dishubdar, dan pengelola jalan tol kembali dipertanyakan sih. Gimana memilah-milah kendaraan yang tidak laik jalan, ODOL, atau mencurigakan berlalu lalang. Mereka tidak hanya terlatih memiliki kemampuan potensi bahaya tetapi juga secara insting,” kata Sony.

    “Jika merasa ada yang ganjil (tidak aman dan membahayakan) seharusnya disetop. Jika perlu, demi keamanan semua pihak, truk-truk yang akan melintas diinspeksi di mulut gerbang tol, itu kan hal-hal kecil dari tindakan mitigasi bahaya,” terang Sony.

    Sejauh ini, pihak kepolisian masih menelusuri penyebab kecelakaan dengan melakukan olah TKP secara menyeluruh. Olah TKP bakal menggunakan alat-alat The Scientific Investigation of Road Accidents supaya hasilnya lebih akurat.

    (dry/din)

  • Pelajaran dari Kecelakaan Truk Melorot, Dihantam Bus Angkut Pelajar SMP di Tol Pandaan

    Pelajaran dari Kecelakaan Truk Melorot, Dihantam Bus Angkut Pelajar SMP di Tol Pandaan

    Jakarta

    Truk gagal nanjak jadi pemicu kecelakaan maut di Tol Pandaan-Malang. Truk itu melorot dan dihantam bus. Begini pelajaran dari kecelakaan tersebut.

    Kecelakaan maut dialami bus dan truk di Tol Pandaan-Malang KM 77+200 A. Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana mengungkap kecelakaan itu bermula saat truk tak kuat nanjak.

    Selanjutnya sopir memarkirkan truk di bahu jalan. Tapi nahas saat parkir, truk malah mundur melaju tak terkendali. Pada saat bersamaan, ada bus yang mengangkut rombongan siswa SMP IT Darul Quran Mulia Putri Bogor melintas. Sopir bus pun tak sempat mengantisipasi truk yang melorot itu. Pada akhirnya, bus menghantam bagian belakang truk.

    “Sehingga truk secara tiba-tiba lepas kendali ke arah belakang kemudian melaju ke tengah lajur sehingga mengagetkan kendaraan yang ada di belakangnya. Kendaraan yang ada di belakang ini Bus Tirto Agung mengangkut rombongan pelajar dari Gunung Putri Bogor,” kata Kholis dikutip detikJatim.

    Akibat tabrakan keras itu, bus yang mengangkut kurang lebih 47 orang terdiri dari 40 pelajar, sejumlah pendamping, serta sopir dan kenek bus itu tidak mengalami kerusakan parah pada bagian kanan bus. Kecelakaan itu juga mengakibatkan empat orang tewas dan lainnya luka-luka.

    Pelajaran dari Kecelakaan Bus vs Truk di Tol Pandaan

    Adapun truk gagal nanjak menjadi penyebab kecelakaan bukan kali pertama terjadi. Dalam beberapa bulan terakhir, setidaknya ada tiga kejadian serupa. Truk gagal nanjak, melorot, dan dihantam kendaraan lain yang tak bisa menghindarinya.

    Dari kacamata keselamatan berkendara, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengungkap, potensi kecelakaan terbesar terjadi di jalan tol. Menurut Sony, atas dasar itu pengemudi butuh keterampilan dalam mengendalikan kendaraannya sekaligus bereaksi dengan cepat.

    “Itu pun bisa didapat jika pengemudi benar-benar siap dan fokus sepanjang perjalanan, lengah sedikit aja kewaspadaannya pasti turun dan risiko bahaya naik,” ungkap Sony saat dihubungi detikOto, Selasa (24/12/2024).

    Menurutnya, pengemudi bisa menerapkan langkah pencegahan seperti jaga jarak, melihat potensi berbahaya, dan menjaga emosi. Di sisi lain, Sony menyangsikan muatan truk yang berlebihan. Hal itu yang memicu truk gagal melahap tanjakan dengan baik dan berujung melorot.

    “Dengan muatan yang sesuai aja jika truk tersebut berhenti di tanjakan maka daya dorong ke belakang tetap ada, sehingga sebelum driver mengambil tindakan keluar cabin untuk mengganjal ban, harusnya posisi parking brake aktif, mesin mati dengan posisi tuas gear ada di 1 atau C. Tunggu sesaat untuk memastikan truk tidak mundur (karena ganjal ban itu sifatnya tambahan pengaman) atau minta tolong helper yang turun untuk mengganjal ban,” ungkap Sony.

    Sony menambahkan, sopir juga kurang mewaspadai kondisi di sekitar. Katanya, kondisi ini mungkin saja terjadi terlebih sopir truk memiliki beban kerja berlebih sehingga tubuh letih.

    “Sehingga driver tersebut sudah tidak mampu lagi berpikir jernih untuk bertindak benar,” urai Sony.

    Harus Ada Pengawasan Ketat

    Supaya tak terulang, Sony menyebut harus ada pengawasan lebih ketat dari pihak kepolisian, Dinas Perhubungan, sekaligus pengelola jalan tol. Terlebih untuk kendaraan yang melebihi muatan dan tak layak jalan.

    “Jika merasa ada yang ganjil (tidak aman dan membahayakan) seharusnya disetop. Jika perlu, demi keamanan semua pihak, truk-truk yang akan melintas diinspeksi dimulut gerbang tol, itukan hal-hal kecil dari tindakan mitigasi bahaya,” pungkas Sony.

    (dry/din)

  • Oppo Find N5 Rilis Lebih Dulu dari X8 Ultra, Bawa Spesifikasi Gahar

    Oppo Find N5 Rilis Lebih Dulu dari X8 Ultra, Bawa Spesifikasi Gahar

    Jakarta

    Bocoran Oppo Find X8 Ultra sudah mulai wara-wiri di dunia maya. Namun begitu muncul kabar kalau HP ini malah rilis belakangan, sesudah Find N5 diluncurkan.

    Zhou Yibao, Manajer Produk Oppo Find, baru-baru ini menjawab pertanyaan di Weibo mengenai jadwal rilis untuk perangkat yang akan datang. Ketika ditanya apakah Find X8 Ultra akan diluncurkan pada bulan Januari, Zhou mengklarifikasi bahwa Oppo berencana untuk merilis ponsel lipat Find N5 terlebih dahulu.

    Dia meyakinkan para penggemar bahwa Find X8 Ultra akan mengikuti segera setelah itu dan menekankan bahwa kedua model akan menawarkan fitur yang mengesankan. Menariknya, Zhou tidak menyebutkan Find X8 Mini, yang dikabarkan memiliki tampilan terkecil di jajaran X8.

    Diperkirakan bahwa X8 Mini akan memulai debutnya bersama dengan X8 Ultra atau dalam beberapa minggu setelah peluncurannya.

    Bocoran Find N5 Foto: Weibo.

    Tipster Smart Pikachu telah membagikan berita menarik tentang ponsel lipat Oppo Find N5 yang akan datang. Ponsel ini dikatakan memiliki layar besar yang dapat dilipat dengan resolusi 2K+, memberikan kualitas gambar yang luar biasa kepada pengguna.

    HP ini mungkin juga merupakan ponsel lipat pertama yang menggunakan chip Snapdragon 8 Elite. Bagi mereka yang suka mengambil foto, Find N5 akan menampilkan pengaturan kamera tiga Sony 50 megapiksel.

    Ini termasuk lensa periskop khusus yang memungkinkan zooming yang lebih baik untuk bidikan jarak dekat. Find N5 diharapkan lebih tipis dan lebih ringan dari Find N3, selain itu dibuat lebih kuat dan tahan air sehingga membuatnya durabiitas lebih baik.

    Detail ini cocok dengan kebocoran sebelumnya, mengonfirmasi bahwa ponsel akan menjadi perangkat lipat terbaik. Find N5 kemungkinan akan diluncurkan di China setelah Tahun Baru Imlek pada bulan Februari 2025. Untuk pembeli internasional, itu mungkin dijual sebagai OnePlus Open 2, demikian dilansir dari Gizchina.

    (afr/afr)

  • Daftar Hp yang Bakal Diblokir WhatsApp Mulai 2025

    Daftar Hp yang Bakal Diblokir WhatsApp Mulai 2025

    Jakarta, CNN Indonesia

    Sejumlah model handphone tak akan lagi bisa menggunakan WhatsApp mulai 1 Januari 2025. Simak daftarnya.

    WhatsApp akan menghentikan dukungan untuk perangkat-perangkat lawas ini karena tidak lagi memiliki kemampuan perangkat keras untuk mendukung fitur dan fungsi aplikasi yang terus berkembang.

    Pasalnya, WhatsApp terus menambahkan fitur-fitur baru, seperti fungsi-fungsi AI, sehingga WhatsApp membutuhkan perangkat keras yang lebih mumpuni untuk memastikan pengalaman pengguna yang lancar.

    Misalnya, WhatsApp baru-baru ini meluncurkan fitur Meta AI untuk pengguna yang lebih luas, termasuk di Indonesia. Kehadiran fitur ini menambah paparan AI generatif kepada pengguna, membuat akses ke teknologi yang tengah tumbuh tersebut menjadi semakin mudah.

    Ini bukan kali pertama Meta mengakhiri dukungan untuk perangkat yang lawas. Beberapa bulan lalu, perusahaan ini mengumumkan bahwa mereka akan berhenti mendukung iPhone yang masih berjalan pada iOS yang lebih tua dari versi 15.1.

    Bagi pengguna iPhone, batas waktu untuk upgrade ke ponsel yang lebih baru adalah Mei 2025. Hal ini memberikan pengguna iPhone lebih banyak waktu untuk mempersiapkan pergantian perangkat dibandingkan dengan pengguna Android.

    Keputusan untuk mengakhiri dukungan untuk perangkat yang lebih tua kemungkinan besar akan mempengaruhi sejumlah besar pengguna, terutama di negara-negara berkembang di mana ponsel lawas masih umum digunakan.

    Perusahaan-perusahaan teknologi terus berinovasi dan menyelam lebih dalam ke dalam teknologi AI, maka dikhawatirkan akan menjadi suatu keharusan untuk memperbarui perangkat lebih sering daripada di masa lalu. Hal ini adalah pengingat bahwa teknologi sekarang bergerak sangat cepat, dan kita harus membuat beberapa pilihan untuk menghindari kehilangan akses ke aplikasi dan layanan favorit kita.

    Dikutip dari Phone Arena, berikut daftar HP yang tak lagi bisa menggunakan WhatsApp pada 2025:

    – Samsung Galaxy S3
    – Samsung Galaxy Note 2
    – Samsung Galaxy S4 Mini
    – Motorola Moto G (1st Gen)
    – Motorola Razr HD
    – Moto E 2014
    – HTC One X
    – HTC One X+
    – HTCDesire 500
    – HTCDesire 601
    – LG Optimus G
    – LG Nexus 4
    – LG G2 Mini
    – LG L90
    – Sony Xperia Z
    – Sony Xperia SP
    – Sony Xperia T
    – Sony Xperia V

    Jika saat ini Anda menggunakan salah satu dari perangkat di atas, segera backup data WhatsApp Anda ke perangkat yang lebih baru sebelum tenggat waktu. Jika tidak, Anda akan kehilangan semua media dan riwayat obrolan dari WhatsApp.

    (tim/dmi)

    [Gambas:Video CNN]