Perusahaan: Sony

  • Desain Kece, Spek Ngeri! Vivo S30 Pro Mini Siap Bikin Kepincut

    Desain Kece, Spek Ngeri! Vivo S30 Pro Mini Siap Bikin Kepincut

    Jakarta

    Jagat smartphone kembali diramaikan dengan gebrakan dari Vivo. Pabrikan asal China ini baru saja secara resmi meluncurkan duo ponsel anyarnya, Vivo S30 dan S30 Pro, di negara asalnya.

    Meski keduanya menarik, perhatian publik justru banyak tertuju pada S30 Pro Mini. Ukurannya ringkas, desainnya stylish, dan spesifikasinya ternyata tak main-main!

    Vivo S30 Pro Mini

    Vivo S30 Pro Mini hadir sebagai suksesor S20 Pro, namun dengan pendekatan yang sedikit berbeda. Ia mengusung layar AMOLED LTPO 1,5K 120Hz berukuran 6,31 inci yang lebih kompak. Ukuran ini mengingatkan kita pada konsep Vivo X200 Pro Mini yang sempat beredar, menandakan Vivo serius menggarap pasar ponsel bertenaga dengan ukuran yang lebih bersahabat di tangan.

    Vivo V30 Pro Mini Foto: Vivo

    Yang membuatnya semakin istimewa, Vivo mengklaim S30 Pro Mini adalah ponsel pertama di dunia yang berhasil mengantongi sertifikasi triple-proof dari SGS. Ini berarti ketahanannya bukan kaleng-kaleng! Tak hanya itu, S30 Pro Mini juga dibekali rating IP68 dan IP69 untuk ketahanan terhadap debu dan air, bahkan semprotan air bertekanan tinggi.

    Soal tampilan, S30 Pro Mini tampil premium dengan rangka logam dan pilihan warna menarik seperti Cool Berry Pink, Mint Green, Lemon Yellow, dan Cocoa Black. Dijamin bakal menunjang penampilan penggunanya.

    Masuk ke bagian spesifikasi, Vivo S30 Pro Mini tak main-main. Ponsel ini ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) MediaTek Dimensity 9300+, chipset yang sama powerfulnya dengan yang digunakan pada S20 Pro. Ini menjanjikan performa flagship yang siap melibas berbagai aplikasi dan game berat.

    Kamera Vivo V30 Pro Foto: Vivo

    Sektor fotografi juga menjadi salah satu nilai jual utama. S30 Pro Mini dipersenjatai tiga kamera belakang: kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX921 dan OIS, kamera sudut ultra lebar 8MP, dan yang paling menarik, kamera telefoto periskop 50MP IMX882 dengan kemampuan zoom optik 3x. Untuk para pecinta selfie, tersedia kamera depan 50MP dengan autofokus. Jangan lupakan kehadiran Aura Light khas Vivo yang siap membantu pencahayaan.

    Baterai jumbo 6500mAh dengan dukungan pengisian cepat 90W memastikan S30 Pro Mini bisa menemani aktivitas seharian tanpa khawatir kehabisan daya.

    Vivo V30 Pro Mini Foto: Vivo

    Spesifikasi Lengkap Vivo S30 Pro Mini:

    Layar: AMOLED LTPO 6,31 inci, resolusi 1,5K (2640 x 1216 piksel), refresh rate 120Hz, peredupan PWM frekuensi tinggi 4320Hz, kecerahan puncak hingga 5000 nitsChipset: MediaTek Dimensity 9300+ (4nm) Octa-CoreGPU: Immortalis-G720RAM: 12GB / 16GB LPDDR5XPenyimpanan Internal: 256GB / 512GB UFS 3.1Sistem Operasi: Android 15 dengan OriginOS 5SIM: Ganda (nano + nano)Kamera Belakang: 50MP (wide), sensor Sony IMX921, f/1.88, OIS; 8MP (ultrawide), 106°, f/2.2; 50MP (periscope telephoto), sensor IMX882, 3x optical zoom, f/2.65, Aura LightKamera Depan: 50MP, f/2.0, autofokusFitur: Sensor fingerprint dalam layar, USB Tipe-C, Speaker Stereo, Audio Resolusi Tinggi, IP68 + IP69 (tahan debu dan air)Dimensi: 150,83 × 71,76 × 7,99 mm; Berat: 186gKonektivitas: 5G SA/NSA, Dual 4G VoLTE, Wi-Fi 7 802.11 a (2.4GHz + 5GHz), Bluetooth 5.4, GPS (L1 + L5), USB Type-C, NFCBaterai: 6500mAh (tipikal) dengan pengisian cepat 90WVivo V30

    Bersamaan dengan versi Mini, Vivo juga merilis S30 reguler. Ponsel ini mempertahankan panel AMOLED BOE Q10 1,5K 120Hz namun dengan ukuran lebih besar, yakni 6,67 inci. Perbedaan utama lainnya terletak pada chipset yang digunakan, yaitu Qualcomm Snapdragon 7 Gen 4.

    Vivo V30 Foto: Vivo

    Spesifikasi Vivo S30:

    Layar: AMOLED datar 6,67 inci, resolusi 1,5K (2800×1260 piksel), HDR10+, refresh rate 120Hz, peredupan PWM frekuensi tinggi 3840Hz, kecerahan puncak hingga 5000 nitsChipset: Qualcomm Snapdragon 7 Gen 4 (4nm)GPU: Adreno 722RAM: 12GB / 16GB LPDDR5XPenyimpanan Internal: 256GB / 512GBSistem Operasi: Android 15 dengan OriginOS 5SIM: Ganda (nano + nano)Kamera Belakang: 50MP (wide), sensor Sony LYT700V /1.56″, f/1.88, OIS; 8MP (ultrawide), 106°, f/2.2; 50MP (periscope telephoto), sensor IMX882, 3x optical zoom, f/2.65, Aura LightKamera Depan: 50MP, f/2.0, autofokusFitur: Sensor fingerprint dalam layar, IP64 (tahan debu dan cipratan), USB Tipe-C, Speaker Stereo, Audio Resolusi TinggiDimensi: 160,21 × 74,39 × 7,49 mm; Berat: 192gKonektivitas: 5G SA/NSA, 4G VoLTE Ganda, Wi-Fi 6 802.11 ac (2,4GHz + 5GHz), Bluetooth 5.4, GPS (L1 + L5), USB Tipe-C, NFCBaterai: 6500mAh (tipikal) dengan pengisian cepat 90WHarga dan Ketersediaan

    Kedua ponsel ini sudah bisa dipesan di China mulai 29 Mei dan akan resmi dijual pada 6 Juni mendatang. Berikut rincian harganya:

    Vivo V30 Series Foto: Vivo

    Vivo S30 Pro Mini:

    12GB+256GB: 3499 yuan (sekitar Rp 7,8 jutaan)16GB+256GB: 3799 yuan (sekitar Rp 8,48 jutaan)16GB+512GB: 3999 yuan (sekitar Rp 8,93 jutaan)

    Vivo S30:

    12GB+256GB: 2699 yuan (sekitar Rp 6,02 jutaan)12GB+512GB: 2999 yuan (sekitar Rp 6,7 jutaan)16GB+512GB: 3299 yuan (sekitar Rp 7,35 jutaan)

    (afr/afr)

  • Prosesor Kencang, Baterai 7000 mAh

    Prosesor Kencang, Baterai 7000 mAh

    Paris

    Realme GT 7 Series resmi diluncurkan di Paris, Prancis. Perangkat ini diposisikan sebagai flagship killer di 2025 yang menantang deretan smartphone andalan di pasar saat ini.

    Sebutan flagship killer tentu bukan sekadar gaya-gayaan, melainkan Realme menyiapkan seri GT 7 dengan tujuan menetapkan standar baru di segmen smartphone premium.

    Vice President of Realme Global dan CMO Realme Chase Xu menyebut GT 7 Series diandalkan menjadi flagship killer 2025. Foto: Rachmatunnisa/detikINET

    “GT 7 akan menjadi jawaban yang akan memuaskan semua orang dengan baterai 7.000 mAh dan dikombinasikan dengan charger 120W. Setara dengan (kapasitas baterai) dua buah iPhone 16, dan setara dengan daya yang dibutuhkan untuk mengisi daya enam iPhone 16 secara bersamaan,” ujar Tomasz Nowicki, PR Manager Realme Polandia dalam acara peluncuran yang digelar di Hangar Y Art Gallery, Meudon, Prancis, Selasa (27/5/2025).

    Tomasz Nowicki, PR Manager Realme Polandia. Foto: Rachmatunnisa/detikINET

    Salah satu daya tarik utama dari seri ini adalah penggunaan chipset MediaTek Dimensity 9400e, yang merupakan yang pertama di dunia. Dengan arsitektur all-big-core dan teknologi AI tercanggih, chipset ini mencatatkan skor AnTuTu mencapai 2,4 juta, menjadikannya pesaing serius bagi prosesor Android premium lainnya di pasaran.

    Untuk baterainya, Realme GT 7 Series memiliki kapasitas jumbo 7000 mAh dengan pengisian ulang daya yang juga tinggi. Smartphone ini menjadi perangkat Realme pertama dengan kapasitas baterai sebesar ini. Selain itu, dukungan supercharge 120W dapat mengisi ulang baterai hingga 100% hanya dalam waktu 40 menit.

    Realme juga meningkatkan kemampuan AI di Realme GT 7 Series. Selain mengupgrade fitur AI yang sebelumnya sudah dihadirkan di GT 6, pada Realme GT 7 Series ditambahkan sejumlah kemampuan berbasis AI untuk fotografi (AI Travel Snap Camera, AI 2K Live Photo, AI Imaging Assistant) dan untuk multitasking serta gaming (AI Planner, AI gaming assistant).

    Tidak hanya unggul dalam performa, Realme GT 7 Series juga menghadirkan inovasi desain yang revolusioner. Mengadopsi material graphene dalam desain bodi yang dinamakan IceSense Design, perangkat ini menawarkan sistem pendinginan 360° yang sangat efisien.

    Graphene, dengan konduktivitas termal 10 kali lebih tinggi dari grafit biasa, dipasang di bagian belakang bodi dan layar, menjaga performa tetap stabil bahkan dalam kondisi ekstrem. Teknologi Skin-Touch Temperature Control juga memungkinkan permukaan perangkat tetap nyaman disentuh dalam cuaca panas maupun dingin. Smartphone ini hadir dengan dua pilihan warna: IceSense Blue dan IceSense Black.

    Untuk kebutuhan fotografi dan rekam video, Realme GT 7 dibekali kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX906, kamera ultrawide 8MP, kamera telefoto 50MP 2x, dan kamera depan 32MP, serta kemampuan perekaman video sinematik 4K full-scene, dan rekaman Dolby Vision.

    Seri ini juga menghadirkan Realme GT 7T. Secara keseluruhan, spesifikasi Realme GT 7T tidak banyak berbeda dari GT 7. Perbedaannya hanya pada chipset yang digunakan, yakni Mediatek Dimensity 8400-MAX yang menwarkan efisiensi dan kecepatan terdepan di kelasnya.

    Highlight lain dari peluncuran ini adalah hadirnya Dream Edition. Sebelumnya, Realme telah mengumumkan kemitraan strategis dengan tim Aston Martin Aramco F1. Dalam kemitraan tiga tahun, Realme dan Aston Martin Aramco F1 menghadirkan GT 7 Dream Edition sebagai tonggak awal. Realme GT 7 Dream Edition menjadi smartphone co-branding pertama di dunia bersama Aston Martin F1.

    Smartphone ini hadir dalam warna ikonik Aston Martin Racing Green, desain dua sayap aerodinamis, dan badge perak ‘Silver Wings’. Edisi ini juga dilengkapi box khusus dengan casing Silver Wing dan ejected pin SIM berbentuk mobil balap F1.

    Harga dan ketersediaaan

    Peluncuran Realme GT 7 Series secara global di Paris, Prancis, berbarengan dengan perilisannya di Indonesia dan sejumlah negara lain. Realme GT 7 Series dijual dengan harga mulai dari mulai dari 699,99 euro atau sekitar Rp 12 jutaan.

    Realme GT 7 12 GB/256 GB 749,99 euroRealme GT 7 12 GB/512 GB 799,99 euroRealme GT 7T 12 GB/256 GB 649,99 euroRealme GT 7T 12 GB/512 GB 699,99 euroRealme GT 7 Dream Edition 16 GB/512 GB 899,99 euro.

    (rns/asj)

  • Menanti Kelahiran Realme GT 7 di Paris, Bisa Nonton Live Streaming

    Menanti Kelahiran Realme GT 7 di Paris, Bisa Nonton Live Streaming

    Jakarta

    Realme telah mengumumkan smartphone terbarunya, Realme GT 7 Series akan meluncur secara global pada 27 Mei 2025 di Paris, Prancis.

    Seri ini menandai langkah baru Realme menghadirkan inovasi di lini smartphone flagship mereka. Mengusung tema ‘Power That Never Stops’, hajatan ini akan memfokuskan performa dan efisiensi daya dari perangkat yang dirilis.

    Acara peluncuran pada 27 Mei 2025 akan dimulai pukul 15.00 WIB dan para Realme fans dapat ikut menyaksikannya secara virtual melalui kanal YouTube, Facebook, dan TikTok resmi Realme Indonesia. Nyalakan notifikasi dari sekarang, untuk jaga-jaga supaya kalian tidak ketinggalan.

    Jelang peluncurannya, berbagai bocoran spesifikasi sudah beredar. Realme telah mengonfirmasi bahwa GT 7 akan ditenagai prosesor MediaTek Dimensity 9400e, dan mengatakan bahwa HP ini mencapai skor benchmark AnTuTu lebih dari 2,45 juta, menjanjikan performa yang jauh meningkat dari seri sebelumnya.

    Realme juga mengatakan bahwa layar GT 7 akan memiliki kecerahan puncak hingga 6000 nits. Menariknya lagi, smartphone ini akan mengemas baterai 7000mAh dan pengisian cepat 120W yang menawarkan pengisian hingga 100% dalam 40 menit.

    Informasi lain menyebutkan, Realme GT 7 dibekali kemampuan Perekaman Video Sinematik 4K Full-scene, rekaman Dolby Vision, kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX906, kamera ultra lebar, kamera telefoto 50MP 2x, dan kamera depan 32MP.

    Sudah siap menanti kehadiran seri Realme GT 7? Ikuti juga update tentang Realme GT 7 langsung dari Paris, di detikINET!

    (rns/rns)

  • Bareskrim Tangkap 4 Tersangka Penjual Gading Gajah Ilegal

    Bareskrim Tangkap 4 Tersangka Penjual Gading Gajah Ilegal

    Bisnis.com, Jakarta — Bareskrim Polri telah menangkap dan menetapkan empat orang menjadi tersangka kasus penjualan satwa dilindungi.

    Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Nunung Syaifuddin menyebut keempat tersangka penjualan gading gajah ilegal tersebut berinisial IR, JF, EF dan SS.

    Dia menjelaskan bahwa keempat tersangka itu menjual gading Gajah Asia yang telah diolah dalam berbagai bentuk seperti di antaranya pipa rokok, tongkat komando, patung, gesper, dan ukiran gelang. 

    “Para tersangka menjual gading gajah itu di temoat berbeda-beda, ada yang di sebuah toko dan ada juga secara online melalui siaran langsung di TikTok dengan nama akun 1Junior9393 dan GGNK,” tuturnya di Jakarta, Senin (26/5/2025).

    Berdasarkan keterangan dari tersangka IR, kata Nunung, IR membeli gading gajah dari JF yang masih berupa gading utuh dengan berbagai jenis ukuran.

    Selanjutnya, gading gajah tersebut dibentuk menjadi berbagai jenis barang, lalu dijual secara offline maupun online Live Tiktok.

    “Jadi untuk gading gajah berupa pipa rokok dipasangkan oleh tersangka dengan cara live streaming Tiktok kepada konsumen dengan harga bervariasi sesuai ukuran pipa rokok atau jenis polos atau ukiran, barang yang laku selanjutnya dikirim melalui paket JNT,” katanya.

    Sementara itu, untuk tersangka SS sendiri menggunakan modus operandi menjual pipa rokok yang terbuat dari gading gajah Asia melalui Facebook dengan akun Sony Shopian. 

    Berdasarkan keterangan dari tersangka SS, kata Nurul, SS membeli gading gajah dari tersangka IR melalui Facebook dengan akun bernama Bonang dan Almalik.

    “Barangnya sudah dalam bentuk pipa rokok yang diduga terbuat dari gading gajah dengan ukuran diameter 10 cm x 1,8 cm per pcs sebesar Rp1.200.000,” ujarnya.

    Keempat orang tersangka dijerat Pasal 40A ayat 1 huruf F juncto Pasal 21 ayat 2 huruf C Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2024 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistem dan/atau dugaan tindak pidana.

    Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa setiap orang dilarang melakukan kegiatan memperdagangkan melalui media elektronik atau media lainnya tanpa izin terhadap satwa yang dilindungi dan atau bagian-bagiannya sebagaimana dimaksud dalam Pasal 40 ayat 1 huruf H juncto Pasal 21 ayat 2 huruf G Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2024 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya dengan ancaman hukuman pidana, penjara paling singkat 3 tahun dan paling lama 15 tahun.

  • Semen Indonesia akan bagikan dividen Rp648,75 miliar

    Semen Indonesia akan bagikan dividen Rp648,75 miliar

    Jakarta (ANTARA) – PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) atau SIG memutuskan untuk membagikan dividen tahun buku 2024 sebesar Rp648,75 miliar kepada pemegang saham, sebagaimana hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2025.

    “Pembagian dividen atas laba tahun buku 2024 dilakukan melalui kebijakan yang terukur dengan tidak mengabaikan kondisi keuangan perseroan dan kondisi ekonomi serta industri ke depannya,” ujar Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni dalam keterangan diterima di Jakarta, Sabtu.

    RUPST menyetujui penetapan penggunaan laba bersih tahun buku 2024 yang sebesar Rp719,76 miliar, di antaranya sebesar 90,13 persen atau senilai Rp648,7 miliar ditetapkan sebagai dividen tunai, serta 9,87 persen atau sekurang-kurangnya Rp71,02 miliar ditetapkan sebagai cadangan lainnya.

    Vita menjelaskan SIG melalui 2024 dengan mempertahankan kinerja di tengah situasi industri semen domestik yang menantang akibat kondisi kelebihan pasokan, serta ketatnya persaingan yang diiringi dengan melemahnya daya beli masyarakat dan melambatnya proyek infrastruktur.

    Menurutnya, SIG menjaga profitabilitas dan mempertahankan posisi sebagai industri semen terbesar di tanah air dengan pangsa pasar 48,2 persen pada akhir 2024, dengan strategi pendekatan micro-market untuk mempertahankan dominasi di pasar ritel dan kepemimpinan di proyek infrastruktur, serta diperkuat dengan program efisiensi dan peningkatan aspek keberlanjutan.

    Ia melanjutkan penetapan sebagian laba bersih tahun 2024 sebagai cadangan lainnya juga akan memperkuat struktur permodalan SIG untuk memastikan operasional dapat berjalan dengan baik di tengah risiko yang membayangi sepanjang tahun ini.

    Dalam RUPST, para pemegang saham juga menyetujui kegiatan usaha baru yang telah tercantum dalam anggaran dasar, yaitu dalam rangka optimalisasi komersialisasi solusi bata interlock presisi, yang merupakan produk turunan semen hijau SIG untuk solusi pembangunan rumah yang efisien, lebih cepat dibangun, tahan gempa dan lebih rendah karbon.

    Bata interlock presisi juga ditawarkan sebagai solusi dalam program 3 juta rumah yang diharapkan juga akan menjadi stimulan pemulihan kinerja industri bahan bangunan.

    “Kegiatan usaha baru ini telah dinyatakan layak melalui studi kelayakan bisnis yang diterbitkan oleh penilai independen yang telah ditunjuk oleh perseroan. SIG menyakini, pelaksanaan kegiatan usaha baru ini akan meningkatkan daya saing usaha dan kinerja perseroan,” ujar Vita.

    Selain itu, para pemegang saham juga menyetujui perubahan susunan pengurus perseroan.

    Para pemegang saham menyetujui pemberhentian dengan hormat Budi Waseso sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen, Sony Subrata sebagai Komisaris, Yustinus Prastowo sebagai Komisaris, Donny Arsal sebagai Direktur Utama, Yosviandri sebagai Direktur Supply Chain, Agung Wiharto sebagai Direktur SDM dan Umum, dan Subhan sebagai Direktur Bisnis dan Pemasaran.

    RUPST mengubah nomenklatur jabatan direksi perseroan yaitu semula Direktur Supply Chain menjadi Direktur Sales dan Marketing, Direktur Bisnis dan Pemasaran menjadi Direktur Pengembangan Bisnis dan Strategy, Direktur Keuangan dan Manajemen Portofolio menjadi Direktur Keuangan dan Risk Management.

    Rapat juga menambah nomenklatur jabatan direksi perseroan yaitu Wakil Direktur Utama dan mengalihkan Andriano Hosny Panangian dari Direktur Keuangan dan Manajemen Portofolio menjadi Wakil Direktur Utama.

    Selanjutnya, rapat mengangkat Sigit Widyawan sebagai Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen, Christina Aryani sebagai Komisaris, Satya Bhakti Parikesit sebagai Komisaris, dan Agung Budi Mulyanto sebagai Komisaris Independen.

    Kemudian, mengangkat Indrieffouny Indra sebagai Direktur Utama, Dicky Saelan sebagai Direktur Sales dan Marketing, Dennis Pratistha sebagai Direktur Pengembangan Bisnis dan Strategy, Sigit Prastowo sebagai Direktur Keuangan dan Risk Management, serta Hadi Setiadi sebagai Direktur Human Capital.

    Pewarta: Muhammad Heriyanto
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2025

  • Main Kucing-Kucingan di Pasuruan: Proyek Tanpa Izin Jalan Terus, DPRD Murka!

    Main Kucing-Kucingan di Pasuruan: Proyek Tanpa Izin Jalan Terus, DPRD Murka!

    Pasuruan (beritajatim.com) – Proyek pematangan lahan di kawasan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan kembali menjadi sorotan DPRD setempat. Meski sempat dihentikan usai inspeksi mendadak, aktivitas proyek kini dilaporkan kembali berjalan.

    Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan, Yusuf Daniyal meminta Pemkab Pasuruan bersikap tegas terhadap pelaku usaha yang melanggar aturan. “Memang sempat kami sidak ke lapangan, dan seharusnya ada beberapa dokumen perizinan yang dipenuhi,” ujarnya.

    Yusuf menyayangkan proyek tersebut tetap beroperasi meski belum memenuhi ketentuan. Ia menilai sikap “main kucing-kucingan” seperti ini bisa merugikan daerah dan mencoreng iklim investasi yang sehat.

    “Jangan sampai negara dipermainkan oleh investor yang hanya ingin ambil untung tanpa patuh terhadap aturan,” tegasnya. Ia menambahkan, pelanggaran semacam ini tak bisa dibiarkan berlarut-larut.

    Menurutnya, semangat Bupati Pasuruan untuk menjadikan daerah ini ramah investasi harus tetap dibarengi ketegasan hukum. “Prinsip Mas Bupati memang ingin Pasuruan ramah investor, tapi bukan berarti boleh melanggar,” ungkap Yusuf.

    Ia memastikan DPRD akan terus mendorong pemerintah daerah menjaga keseimbangan antara kenyamanan berinvestasi dan kepatuhan terhadap regulasi. “Kami yakin pemerintah juga akan menjamin kelancaran perizinan, tapi kalau ada investor yang mokong, pasti harus ada sanksi,” tegasnya.

    Kepala Bidang PPUD Satpol PP Kabupaten Pasuruan, Sony Kuryantono membenarkan bahwa pihaknya telah memantau kembali beroperasinya proyek tersebut. “Kami sudah menurunkan tim ke lapangan dan akan mengkaji hasil penelusurannya,” jelas Sony.

    Untuk saat ini, Satpol PP masih berpegangan pada Perda Nomor 2 Tahun 2017 terkait ketertiban umum. “Utamanya soal tertib jalan, seperti larangan pekerjaan yang menimbulkan debu dan mengganggu pengguna jalan,” lanjutnya.

    Terkait perizinan, Sony menyebut bahwa izin spesifik seperti KRK baru diperlukan jika proyek sudah masuk tahap pembangunan fisik. “KRK itu mengacu pada RTRW dan RDTR, jadi selama ini masih masuk tahap pematangan lahan,” jelasnya.

    Namun demikian, Satpol PP sempat memanggil pihak proyek setelah sidak dilakukan oleh dewan. “Sayangnya, yang datang bukan pemilik proyek, hanya pekerja lapangan, dan mereka pun tidak mau menyebut siapa pemiliknya,” pungkasnya. (ada/kun)

  • Pelajaran dari Kecelakaan yang Berujung Tewaskan Anggota DPR Alamuddin Dimyati Rois

    Pelajaran dari Kecelakaan yang Berujung Tewaskan Anggota DPR Alamuddin Dimyati Rois

    Jakarta

    Anggota DPR RI Alamuddin Dimyati Rois meninggal dunia usai mendapat perawatan akibat kecelakaan. Ini pelajaran dari kecelakaan tersebut agar tidak terulang.

    Kecelakaan nahas dialami Kijang Innova yang ditumpangi anggota DPR RI Alamuddin Dimyati Rois. Innova tersebut diketahui menabrak bokong truk di ruas Tol Pemalang-Batang jalur A KM 316+000. Saat kejadian, dua orang dinyatakan tewas dan dua orang terluka. Kala itu, Dimyati Rois merupakan salah seorang yang terluka. Namun setelah menjalani perawatan di rumah sakit, Alamuddin dinyatakan meninggal dunia.

    “Betul (Alamuddin Dimyati Rois meninggal dunia) semoga almarhum husnul khotimah, Al-Fatihah,” ujar Ketua DPP PKB Syaiful Huda dikutip detikNews.

    Kabar meninggalnya Alamuddin juga disampaikan di Instagram DPW PKB Jawa Tengah (Jateng). “Innalillahi wa inna ilaihi rojiun, keluarha besar PKB Jawa Tengah turut berduka cita atas wafatnya KH Alamuddin Dimyati Rois, wafat: 6 Mei 2025. Semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT dan diampuni segala dosanya. Amin,” tulis DPW PKB Jateng.

    Sebagai informasi, kecelakaan yang dialami Alamuddin itu bermula saat Innova menyalip kendaraan lain dari sisi kiri jalan. Manajer Teknik dan Operasi Tol Pemalang-Batang, Yulian Fundra Kurnianto mengungkapkan kronologi kecelakaan. Menurutnya, saat kejadian, Innova tengah melaju di lajur 2 dengan kecepatan 100 km/jam.

    Namun sesampainya di TKP, Yulian menyebut Innova tidak terkendali hingga menyeruduk bokong Truk Fuso Gol 3 nomor polisi K 1344 K yang sedang melaju di lajur yang sama. Laju truk Fuso bermuatan besi tujuan Jakarta-Surabaya tersebut dengan kecepatan kurang lebih 60 km/jam.

    “Sesampainya di TKP pengemudi Toyota Innova diduga mengantuk (microsleep), sehingga menyebabkan hilang kendali oleng ke kiri menabrak kendaraan truk Fuso yang sedang melaju di lajur 1. Posisi akhir kedua kendaraan berada di bahu luar dengan posisi normal menghadap ke timur,” jelas Kurnianto dilansir detikJateng.

    Jangan Menyalip dari Kiri Jalan

    Dari kejadian tersebut, ada satu pelajaran penting yang bisa dipetik untuk tidak menyalip kendaraan dari sisi kiri. Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menjelaskan betapa bahayanya menyalip dari sisi kiri karena bisa membuat pengendara kaget. Sebab, posisi berkendara di Indonesia ada di sisi kanan mobil, sehingga saat melihat spion terbiasa memantau sisi kanan.

    Alasan lainnya adalah terkait kondisi jalan di bagian kiri yang sering tidak tepat jika digunakan untuk memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi. Ini khususnya terjadi di jalan tol yang mana kebanyakan lajur kiri dikhususkan untuk kendaraan yang lambat seperti truk muatan, selain itu tidak jarang kondisi jalan di sisi kiri memiliki kerusakan yang sangat berbahaya jika dilewati dengan kecepatan tinggi.

    “Lalu kecepatan kendaraan yang di sebelah kiri kan harusnya lebih lambat dari yang di sebelah kanan, kalau kita nyusul dari kiri berarti kan harus lebih cepat dari kendaraan yang kita susul. Nah ini akan berdampak pada ketidakselarasan kecepatan kendaraan yang ada di kiri jalan, ini lah yang menyebabkan banyak kecelakaan tabrak belakang,” beber Sony beberapa waktu lalu.

    Lihat Video ‘Remuknya Innova Anggota DPR Dimyati Rois Tabrak Truk di Tol Pemalang’:

    (dry/rgr)

  • Nissan Kicks Tabrak-Seret Siswa SMA hingga Tewas, Kok Bisa?

    Nissan Kicks Tabrak-Seret Siswa SMA hingga Tewas, Kok Bisa?

    Jakarta

    Sebuah mobil Nissan Kicks menabrak pelajar SMAN 5 Bandung di lampu merah. Bahkan, pelajar tersebut dilaporkan meninggal dunia karena terseret mobil.

    Dikutip detikJabar, peristiwa itu terjadi di Jalan Anggrek, Kota Bandung, pada Selasa (6/5/2025) sekitar pukul 15.15 WIB. Korban saat itu sedang mengendarai motor Yamaha XSR berplat nomor D 6958 AEN. Ia ditabrak mobil Nissan Kicks hitam berpelat nomor D 1491 AJQ dari arah belakang, dan mengakibatkan tubuh serta motornya terseret sekitar 80 meter dari lokasi kejadian.

    Berdasarkan penuturan kawan korban, Marlon, sebelum kejadian, ia dengan F sedang menunggu lampu merah di perempatan Jalan Anggrek dan Jalan LLRE Martadinata atau Jalan Riau. Secara tiba-tiba, sebelum lampu hijau menyala, datang mobil Nissan hitam itu dari arah Taman Foto dan langsung menabrak motor yang dikendarai korban dari arah belakang.

    Setelah ditabrak dari arah belakang, korban yang masih berada di atas motor terseret mobil Nissan hitam sekitar 50-100 meter. Menurut kesaksian Marlon, mobil yang dikemudikan seorang perempuan itu baru berhenti di sekitar Pempek Gabus, Jalan Anggrek, setelah menabrak mobil pikap dan dikejar pengendara di sekitar lokasi kejadian.

    Kanit Gakkum Satlantas Polrestabes Bandung Fiekry Perdana mengatakan, saat mengendarai mobilnya, HS diduga tidak konsentrasi. Pengendara Nissan Kicks itu juga dipastikan tidak dalam keadaan mabuk.

    Praktisi keselamatan berkendara sekaligus Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI),Sony Susmana, mengatakan ada dua kemungkinan penyebab mobil Nissan Kicks itu melaju tak terkendali. Bisa jadi karena faktor pengemudinya.

    “Kemungkinan pertama, pengemudinya tidak paham operasional kendaraannya, dan ketika datang panik akibat nabrak maka yang terjadi adalah kaku/freeze dari tubuhnya. Kalau kaki kanan ada di pedal gas, itu yang berbahaya, kendaraan meluncur tanpa kendali,” ujar Sony kepada detikOto, Rabu (7/5/2025).

    Kemungkinan kedua, lanjut Sony, pengemudinya memiliki latar belakang penyakit bawaan. Bisa seperti kejang atau keram otot, atau bahkan ketidakmampuan mengontrol emosi.

    Maka dari itu, Sony mengatakan ada pelajaran penting yang bisa dipetik dari kejadian ini. Seharusnya, pengemudi mobil siap mental, psikologis dan fisik sebelum berkendara.

    “Mungkin banyak kekurangan yang ada di diri pengemudi harus di-upskill. Karena yang paling tahu hanya si pengemudi itu sendiri. Kalau dipaksakan mungkin nggak ada masalah selama tidak ketemu hal-hal yang membahayakan,” ucap Sony.

    (rgr/dry)

  • Viral Pemoge Emosi Usai Tabrakan dengan Pikap di Banjarnegara

    Viral Pemoge Emosi Usai Tabrakan dengan Pikap di Banjarnegara

    Jakarta

    Viral di media sosial, sopir pikap menjadi sasaran kemarahan seorang pengguna motor gede. Sejumlah pakar mewanti-wanti, perilaku road rage bisa merugikan banyak pihak.

    Dalam video berdurasi 14 detik yang menyebar di media sosial Facebook, terlihat mobil pikap yang ringsek bagian depannya. Di sisi lain, seorang pria berjaket hitam sedang emosi kepada sopir pikap tersebut.

    Dikutip dari detikJateng, Kanit Gakkum Polres Banjarnegara Iptu Dani Ariyanto menyebut kecelakaan itu terjadi pada Sabtu (3/5) sore. Kecelakaan lalu-lintas itu diketahui terjadi di depan Pasar Ikan Purwanegara, Kabupaten Banjarnegara.

    Kecelakaan ini melibatkan 1 kendaraan pikap dan 2 motor gede. Kejadian ini bermula saat pikap melaju dari arah timur ke barat. Sementara dari arah berlawanan melintas rombongan motor gede.

    “Iya betul ada kecelakaan lalu lintas melibatkan 3 kendaraan pada Sabtu (3/5) sore. 1 mobil pikap dan dua motor gede,” ujarnya saat ditemui di unit Laka Polres Banjarnegara, Senin (5/5/2025).

    Untuk kronologi kejadian, rombongan motor gede melaju dari arah barat sedangkan mobil pikap dari arah timur. Berdasarkan keterangan sopir pikap, kendaraan motor gede baris ketiga menyenggol bodi mobil pikap dan kendaraan motor gede yang di belakangnya tidak sempat menghindar.

    “Ada rombongan motor gede dari arah barat sedang konvoi. Nah setiba di lokasi kejadian, ada mobil pikap dari Wonosobo mau ke Mandiraja, Banjarnegara. Ada salah satu motor gede yang bersenggolan dengan mobil dan motor gede yang di belakangnya sudah tidak sempat menghindar,” jelasnya.

    Akibat dari kejadian ini, dua pengendara motor gede mengalami luka-luka. Satu korban dirawat di rumah sakit di Yogyakarta, sedangkan satu orang lagi di rumah sakit di Jakarta.

    “Ada dua korban, satunya di Jogja, tetapi yang di Jogja ini sudah sembuh. Sedangkan yang di Jakarta masih dirawat. Informasinya patah tulang kaki sebelah kanan,” terangnya.

    Di sisi lain road rage merupakan bentuk impulsif, perilaku spontan tanpa pertimbangan yang matang. Efeknya justru bisa merugikan banyak pihak.

    “Situasi di jalan raya itu bisa saja memancing seseorang berperilaku impulsif. Perilaku impulsif itu bisa timbul karena stres bawaan sebelum kejadian misalnya stres karena pekerjaan, ataupun stres yang baru berlangsung akibat situasi jalan raya tersebut, misalnya karena kemacetan atau karena perilaku pengguna jalan lain,” kata Pakar keselamatan berkendara yang juga instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu.

    Selanjutnya menurut Praktisi Keselamatan Berkendara, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana, perilaku road rage selalu muncul di jalan lantaran pengendara tidak mampu mengendalikan emosinya dengan baik.

    “Road Rage ini selalu ada di jalan raya dan tidak pernah hilang karena itu bagian dari ketidakmampuan sebagian dari mereka dalam me-manage emosi dan egonya,” jelas Sony.

    (riar/din)

  • Pelajar di Jabar Dilarang Naik Motor ke Sekolah, Ini Alasannya

    Pelajar di Jabar Dilarang Naik Motor ke Sekolah, Ini Alasannya

    Jakarta

    Gubernur Jawa Barat (Jabar) Dedi Mulyadi mengumumkan kebijakan baru saat memperingati Hari Pendidikan Nasional di Lapangan Rindam III Siliwangi, Jumat (2/5). Dia mengharamkan pelajar setempat pergi ke sekolah naik sepeda motor.

    Selain tak boleh naik sepeda motor, pelajar juga diharamkan membawa ponsel ke sekolah. Sebab, penggunaan perangkat tersebut kerap menimbulkan distraksi dalam kegiatan belajar.

    Sementara untuk larangan membawa motor, kata Dedi, berkaitan erat dengan keselamatan dan kepatuhan terhadap hukum. Dia menegaskan, aturan terkait berlaku untuk semua jenjang sekolah, baik SD, SMP maupun SMA. Dia menganggap, mereka belum cukup umur untuk membawa kendaraan pribadi.

    “Untuk anak SMA itu yang belum cukup umur tidak boleh bawa kendaraan bermotor,” ungkapnya.

    Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi berbincang dengan sejumlah siswa saat meninjau program pendidikan karakter dan kedisiplinan di Dodik Bela Negara Rindam III Siliwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (5/5/2025). Ratusan siswa SMA/SMK dari berbagai kota dan kabupaten di Jawa Barat yang memiliki perilaku khusus seperti terlibat tawuran, terafiliasi geng motor, kecanduan permainan daring (game online), mabuk dan perilaku tidak terpuji lainnya menjalani program pendidikan karakter dan kedisiplinan selama 14 hari. ANTARA FOTO/Abdan Syakura/bar Foto: ANTARA FOTO/ABDAN SYAKURA

    Dedi menjelaskan, larangan siswa membawa sepeda motor ke sekolah harus diberlakukan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

    Dalam aturan itu, dia mengungkap, setiap pengemudi diwajibkan memiliki dokumen seperti SIM dan STNK untuk berkendara di jalan raya. Itulah mengapa, Dedi ingin agar aturan tersebut ditegakkan khususnya untuk kalangan siswa sekolah.

    “Kan itu undang-undang lalu lintas. Selama ini penegakannya tidak bisa berjalan karena ada keraguan tindakan di lapangan,” kata dia.

    Sebelumnya, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana pernah menjelaskan, usia minimal untuk membawa motor pribadi adalah 17 tahun lebih. Sementara di bawah itu, pengendara harus berada di bawah pantauan orang tua.

    “Kewaspadaan dalam mengemudikan motor pada kondisi lalu lintas yang mobile belum ada di pikiran anak-anak, sehingga risiko bahaya terabaikan oleh lebih tingginya faktor ego dan emosi,” ujar Sony kepada detikOto, belum lama ini.

    Itulah mengapa, untuk membuat SIM, seseorang harus berusia 17 tahun. Bukan tanpa alasan, dalam lembar putusan MK soal masa berlaku SIM seumur hidup, usia minimal 17 tahun sebagai syarat pembuatan SIM sudah mempertimbangkan berbagai aspek, salah satunya psikologi.

    Sementara itu, pelajar sekolah di Indonesia rata-rata baru berusia 17 tahun di kelas 3 SMA. Maka, apa yang disampaikan Dedi terdengar masuk akal.

    (sfn/rgr)