Perusahaan: PT Kereta Cepat Indonesia China

  • Januari-November 2024, KAI Group Angkut 421,77 Juta Penumpang Kereta

    Januari-November 2024, KAI Group Angkut 421,77 Juta Penumpang Kereta

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) group pada periode Januari hingga November 2024 mengangkut penumpang kereta api (KA) sebanyak 421,779 juta orang.

    “Jumlah tersebut terdiri atas 51,018 juta penumpang KAI, 18,891 juta penumpang kereta LRT Jabodebek, 341,155 juta penumpang KAI Commuter, 5,143 juta penumpang KAI bandara, 5,436 juta penumpang KCIC, dan 133.456 penumpang KAI wisata,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Sabtu (8/12/2024) dilansir Antara.

    Menurut Anne, tingginya penumpang kereta menunjukkan bahwa moda transportasi ini menjadi pilihan bermobilisasi.

    Untuk mendukung keberlanjutan lingkungan, lanjut Anne, KAI mengganti komponen prasarana kereta api, khususnya konstruksi rel di jembatan baja yang sebelumnya menggunakan bantalan dari bahan kayu menjadi bahan sintetis.

    Selain itu, KAI wisata juga melayani berbagai layanan kereta premium, seperti carter kereta istimewa, kereta wisata berbagai jenis (Nusantara, Bali, Toraja, Sumatera, Imperial, Priority, Retro), dan KA panoramic.

    Anne menyampaikan, dalam menyambut angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (nataru) dengan masa operasional 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, KAI memastikan perjalanan aman dan nyaman. Salah satu upaya itu menambah customer service mobile (CSM) di 39 stasiun daerah operasi dan divisi regional.

    Sebanyak 170 orang petugas tambahan juga akan dikerahkan untuk membantu dan memberikan informasi secara langsung kepada pelanggan kereta api guna memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi dengan cepat dan efisien.

    Selain itu, KAI menambah tenaga operasional, seperti petugas cleaning service di stasiun sebanyak 145 orang, on-train cleaning (OTC) 198 orang, dan petugas cuci kereta 147 orang. “Kami ingin memastikan bahwa penumpang kereta tidak hanya sampai tujuan tepat waktu, tetapi merasakan kenyamanan perjalanan,” kata Anne.

  • KAI Siapkan Posko dan Tambah Personil Operasional Sepanjang Nataru 2024/2025

    KAI Siapkan Posko dan Tambah Personil Operasional Sepanjang Nataru 2024/2025

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyiapkan posko Nataru dan menambah tenaga tambahan untuk kebutuhan operasional sepanjang Natal dan Tahun Baru 2024/2025. 

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan masa operasional Nataru KAI tetapkan berlangsung selama 18 hari, mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Sementara Posko Nataru akan akan berlangsung selama 12 hari, dari 23 Desember 2024 hingga 3 Januari 2025.

    “Kami telah menyiapkan 777 tenaga tambahan untuk kebutuhan operasional, termasuk Penjaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), dan Petugas Dapsus, yang tersebar di area Jawa dan Sumatera,” kata Anne dalam keterangan resmi, Sabtu (7/12/2024). 

    Sebagai bentuk komitmen terhadap pelayanan pelanggan, KAI juga menambah 170 Customer Service Mobile (CSM) yang akan bertugas di 39 stasiun di Daerah Operasi dan Divisi Regional. CSM ini siap membantu pelanggan dengan informasi dan layanan langsung untuk memastikan kebutuhan terpenuhi secara cepat dan efisien.

    Dalam upaya menciptakan perjalanan yang aman, KAI berkolaborasi dengan aparat keamanan, termasuk Polsuska, security, serta melibatkan TNI/Polri. Selain itu, KAI menambah tenaga operasional seperti petugas cleaning service di stasiun 145 orang, On-Train Cleaning (OTC) 198 orang, dan petugas cuci kereta 147 orang. 

    “Penambahan ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan peningkatan frekuensi perjalanan kereta selama periode Nataru, sehingga kebersihan stasiun dan kereta tetap terjaga dengan optimal,” kata Anne. 

    Selain itu, selama masa Posko Nataru, seluruh pegawai KAI tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan untuk memastikan kelancaran pelayanan di seluruh stasiun.

    Adapun berdasarkan data hari ini Sabtu, 7 Desember 2024 Pukul 07.00 WIB jumlah tiket KA Jarak Menengah/Jauh serta KA Lokal yang sudah terjual untuk periode masa libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 yaitu 803.626 tiket dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan KAI sebanyak 3.572.588. 

    Dari 803.626 tiket terjual tersebut terdiri dari 792.296 KA Jarak Menengah/ Jauh atau 28,59% dari total jumlah tempat duduk tersedia sebanyak 2.770.864 tiket. Sedangkan untuk penjualan KA Lokal baru mencapai 11.330 tiket atau 1,41% dari total jumlah tempat duduk yang disediakan yaitu 801.724 tiket. 

    Untuk KA Jarak Menengah/Jauh pemesanan tiket sudah dapat dilakukan H-45, sedangkan KA Lokal sendiri pemesanannya baru dapat dipesan H-30 sebelum keberangkatan dan ada beberapa KA juga yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan.

    Pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 KAI Group menyediakan total 44.754.280 tempat duduk yang terdiri 3.572.588 Penumpang KAI, 35.407.300 Penumpang KAI Commuter, 4.142.520 Penumpang LRT Jabodebek, 588.304 Penumpang LRT Sumsel, 7.416 Penumpang KAI Wisata, 487.728 Penumpang KAI Bandara, 29.160 Penumpang KA Makassar-Parepare dan 519.264 Penumpang KCIC. 

    Adapun total jumlah perjalanan KAI Group yaitu 40.782 KA dengan rincian 7.328 perjalanan KA yang dikelola KAI, 23.204 perjalanan KA yang dikelola KAI Commuter, 1.872 perjalanan KA yang dikelola KAI Bandara, 5.598 perjalanan LRT Jabodebek, 1.772 perjalanan LRT Sumsel, 36 perjalanan yang dikelola KAI Wisata, 108 perjalanan KA Makassar-Parepare serta 864 perjalanan Whoosh yang dikelola KCIC.

  • Tiket KA Periode Libur Nataru 2024/2025 Sudah Terjual 739.418, Ini Rincian KA Penumpang Terbanyak – Halaman all

    Tiket KA Periode Libur Nataru 2024/2025 Sudah Terjual 739.418, Ini Rincian KA Penumpang Terbanyak – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Tiket kereta api untuk periode masa libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 sudah terjual 739.418 tiket, dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan KAI sebanyak 3.572.588.

    Melansir laman resmi KAI, dari jumlah tiket terjual tersebut terdiri dari 730.525 KA Jarak Menengah/Jauh atau 26,36 persen dari total jumlah tempat duduk tersedia sebanyak 2.770.864 tiket.

    Sedangkan untuk penjualan KA Lokal baru mencapai 8.893 tiket atau 1,11 persen dari total jumlah tempat duduk yang disediakan yaitu 801.724 tiket.

    Untuk KA Jarak Menengah/Jauh pemesanan tiket sudah dapat dilakukan H-45, sedangkan KA Lokal sendiri pemesanannya baru dapat dipesan H-30 sebelum keberangkatan dan ada beberapa juga yang baru dapat dipesan H-7 sebelum keberangkatan.

    “Jumlah tersebut masih akan terus berubah dinamis dan bertambah, karena penjualan masih berlangsung. KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” kata Vice President Public Relations KAI, Anne Purba.

    Sebagai informasi, pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 KAI Group menyediakan total 44.754.280 tempat duduk yang terdiri 3.572.588 Penumpang KAI, 35.407.300 Penumpang KAI Commuter, dan 4.142.520 Penumpang LRT Jabodebek.

    Lalu 588.304 Penumpang LRT Sumsel, 7.416 Penumpang KAI Wisata, 487.728 Penumpang KAI Bandara, 29.160 KA Makassar-Parepare dan 519.264 KCIC.

    Lebih lanjut, adapun total jumlah perjalanan KAI Group yaitu 40.782 KA dengan rincian 7.328 perjalanan KA yang dikelola KAI, 23.204 perjalanan KA yang dikelola KAI Commuter.

    Kemudian 1.872 perjalanan KA yang dikelola KAI Bandara, 5.598 perjalanan LRT Jabodebek, 1.772 perjalanan LRT Sumsel, 36 perjalanan yang dikelola KAI Wisata, 108 perjalanan KA Makassar-Parepare serta 864 perjalanan Whoosh yang dikelola KCIC.

    Adapun penjualan tertinggi keseluruhan tiket baik KA Jarak Menengah/Jauh dan KA Lokal pada periode sebelum Hari Natal terjadi pada H-4 (21 Desember 2024) dengan total penjualan 57.114 tiket.

    Sementara untuk periode setelah Hari Natal, terjadi pada H+4 (29 Desember 2024) dengan penjualan 53.103 tiket.

    KA Ekonomi dengan sarana New Generation angka penjualannya juga sudah mulai tinggi seperti KA Progo, KA Majapahit dan KA Jaka Tingkir.

    Selain KA Ekonomi Komersial, KAI juga mengoperasikan KA Ekonomi PSO dengan penjualan tertinggi pada masa Nataru 2024/2025 hingga saat ini yaitu KA Airlangga relasi Pasarsenen – Surabaya Pasarturi (pp), KA Bengawan relasi Pasarsenen – Purwosari (pp), KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan – Ketapang (pp) serta KA-KA Ekonomi PSO lainnya.

    Daftar KA Jarak Menengah/Jauh Ekonomi Komersial dengan penumpang terbanyak:

    KA Progo (KA 247) Relasi Lempuyangan – Pasarsenen : 9.391 Penumpang.
    KA Majapahit (KA 215) Relasi Malang – Pasarsenen : 8.915 Penumpang.
    KA Matarmaja (KA 234A) Relasi Pasarsenen – Malang : 8.244 Penumpang.
    KA Progo (KA 248A) Relasi Pasarsenen – Lempuyangan : 7.991 Penumpang.
    KA Majapahit (KA 216) Relasi Pasarsenen – Malang : 7.434 Penumpang.
    KA Matarmaja (233) Relasi Malang – Pasarsenen: 6.172 Penumpang.
    KA Jaka Tingkir (222A) Relasi Pasarsenen – Purwosari : 5.947 Penumpang.
    KA Jayakarta (218B) Relasi Pasarsenen – Surabaya Gubeng : 5.737 Penumpang.
    KA Jayakarta (217B) Relasi Surabaya Gubeng – Pasarsenen: 5.423 Penumpang.
    KA Bogowonto (KA136A) Relasi Pasarsenen – Lempuyangan : 4.951 Penumpang.

    (Tribunnews.com/Latifah)

  • 643.290 Tiket Kereta Jarak Jauh Terjual untuk Libur Nataru

    643.290 Tiket Kereta Jarak Jauh Terjual untuk Libur Nataru

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sebanyak 643.290 tiket kereta api jarak menengah dan jauh telah terjual untuk periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Angka ini mencakup 23,22% dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan oleh KAI, yaitu 2.770.864 kursi.

    “Jumlah tiket kereta untuk  libur Nataru yang terjual ini adalah data sampai hari Senin, 2 Desember 2024. Penjualan masih berlangsung sehingga angka ini akan terus berubah dan bertambah,” ujar VP Public Relations KAI, Anne Purba, di Jakarta dilansir dari Antara, Selasa (3/12/2024).

    Anne menjelaskan KAI Group telah menyediakan total 44.754.280 tempat duduk untuk melayani berbagai perjalanan selama periode 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Perincian kapasitas tersebut meliputi 3.572.588 kursi untuk kereta api jarak jauh KAI, 35.407.300 kursi untuk layanan KAI Commuter, 4.142.520 kursi untuk LRT Jabodebek, 588.304 kursi untuk LRT Sumsel, 487.728 kursi untuk KAI Bandara, dan 519.264 kursi untuk Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC).

    “Kami berharap masyarakat segera memesan tiket kereta untuk Nataru agar liburan akhir tahun dapat direncanakan dengan lebih baik,” tambah Anne.

    Untuk mempermudah pemesanan tiket kereta untuk Nataru, KAI menyediakan layanan digital melalui aplikasi Access by KAI. 

  • KAI Siapkan 44,7 Juta Tempat Duduk untuk Angkutan Libur Natal dan Tahun Baru – Page 3

    KAI Siapkan 44,7 Juta Tempat Duduk untuk Angkutan Libur Natal dan Tahun Baru – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Group telah menyiapkan 44.754.280 tempat duduk untuk angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 guna memastikan kenyamanan dan kelancaran perjalanan bagi penumpang selama masa liburan.

    “Jelang libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 yang berlangsung pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, KAI Group menyediakan total 44.754.280 tempat duduk,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Minggu (1/12/2024).

    Anne merinci bahwa jumlah tempat duduk tersebut terdiri dari 3.572.588 untuk penumpang KAI, 35.407.300 untuk KAI Commuter, 4.142.520 untuk LRT Jabodebek, 588.304 untuk LRT Sumsel, 7.416 untuk KAI Wisata, 487.728 untuk KAI Bandara, 29.160 untuk KA Makassar-Parepare, dan 519.264 untuk KCIC.

    Ia juga menjelaskan bahwa KAI Group telah menyiapkan total 40.782 perjalanan kereta api selama periode tersebut. Rinciannya adalah 7.328 perjalanan kereta api yang dikelola KAI, 23.204 perjalanan KAI Commuter, 1.872 perjalanan KAI Bandara, 5.598 perjalanan LRT Jabodebek, 1.772 perjalanan LRT Sumsel, 36 perjalanan yang dikelola KAI Wisata, 108 perjalanan KA Makassar-Parepare, dan 864 perjalanan Whoosh oleh KCIC.

    Hingga 1 Desember 2024 pukul 07.00 WIB, tercatat sebanyak 613.079 tiket kereta jarak jauh dan menengah telah terjual untuk periode 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025, atau 22,13 persen dari total 2.770.864 tempat duduk yang tersedia.

    Penjualan tiket tertinggi untuk arus keberangkatan terjadi pada H-4 (21 Desember 2024) dengan total 46.887 tiket, sedangkan untuk arus balik tertinggi terjadi pada H+4 (29 Desember 2024) dengan total 45.425 tiket.

    Anne menambahkan bahwa angka tersebut masih akan terus berubah dan bertambah karena penjualan tiket masih berlangsung.

    “KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” ujar Anne. dilansir dari Antara.

     

  • Wisata Anak Sekolah Naik Whoosh, Harganya Mulai Rp 100 Ribu!

    Wisata Anak Sekolah Naik Whoosh, Harganya Mulai Rp 100 Ribu!

    Jakarta

    PT KCIC membuka program wisata edukasi menggunakan Whoosh yang ditujukan khusus untuk siswa sekolah bernama Whoosh Edutrip. Program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengalaman langsung mengenai transportasi umum.

    Tarifnya dibanderol mulai dari Rp 100.000 untuk siswa sekolah merasakan perjalanan menggunakan Whoosh. General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, mengatakan Edutrip adalah bagian dari upaya KCIC mendukung pendidikan dan mendorong kebiasaan positif sejak dini agar menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap transportasi umum sehingga akan lebih menghargai dan memilih transportasi umum di masa depan.

    “Sejak diluncurkan pada Februari 2024, program Whoosh Edutrip telah diikuti oleh 25 sekolah dengan total 1.500 siswa. Peserta terbanyak dalam satu kegiatan mencapai 200 siswa yang mengikuti Whoosh Edutrip. Mayoritas peserta berasal dari sekolah di wilayah Jakarta dan Bandung, namun program ini juga menarik minat sekolah dari luar pulau Jawa, seperti Sumatera dan Sulawesi, yang rela datang jauh-jauh untuk mengikuti Edutrip di Jakarta,” ujar Eva dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/11/2024).

    Whoosh Edutrip memberikan edukasi seputar tata cara pembelian tiket, aturan keselamatan, etika saat menggunakan transportasi umum, serta mengenal teknologi yang digunakan dalam operasional kereta cepat Whoosh. Materi pembelajaran disampaikan dengan bahasa yang mudah dipahami dan dikemas secara menarik untuk anak-anak, mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) hingga Sekolah Dasar (SD).

    “KCIC mengundang sekolah-sekolah lainnya untuk bergabung dalam program EduTrip. Program ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan budaya penggunaan transportasi umum yang lebih baik di masa depan.” tutup Eva.

    (fdl/fdl)

  • Cek! Ini Jadwal Terbaru Bus Damri ke Bandara Soekarno-Hatta

    Cek! Ini Jadwal Terbaru Bus Damri ke Bandara Soekarno-Hatta

    Jakarta

    Damri menambah frekuensi perjalanan dari Bandara Soekarno-Hatta ke beberapa titik tujuan mulai akhir November. Penambahan rute ini bertujuan untuk menambah konektivitas bagi penumpang.

    Head of Corporate Communication Damri, Atikah Abdullah, mengatakan Damri melengkapi kebutuhan masyarakat dalam bermobilisasi yang menghubungkan ke titik tujuan.

    “Sebelumnya Damri memiliki interval waktu untuk seluruh layanan dari Bandara Soekarno-Hatta selama 60 menit,” ujar Atikah dalam keterangan tertulis, Sabtu (30/11/2024).

    Penambahan rute dengan interval waktu 20 menit yaitu dari Stasiun KA Gambir, dengan jadwal keberangkatan menuju Bandara Soekarno-Hatta tersedia setiap hari pukul 03.00-20.00 WIB, sedangkan rute sebaliknya tersedia pukul 06.00-23.00 WIB dengan tarifRp 80.000.

    Selain itu, untuk penambahan rute dengan interval waktu 30 menit tersedia dengan rute dari Botani Square Bogor dengan jadwal keberangkatan menuju Bandara Soekarno-Hatta tersedia setiap hari pukul 02.00-20.00 WIB, sedangkan rute sebaliknya tersedia pukul 06.00-23.00 WIB. Tarif yang berlaku sebesar Rp130 ribu. Tidak hanya itu, jadwal keberangkatan dari Stasiun KCIC Halim menuju Bandara Soekarno-Hatta dengan interval waktu 30 menit tersedia setiap hari pukul 07.30-21.30 WIB, sedangkan rute sebaliknya tersedia pukul 07.00-19.30 WIB. Tarif yang berlaku sebesar Rp 80.000.

    Damri dengan interval waktu 30 menit juga ada dari Transpark Mall Bintaro dengan jadwal keberangkatan menuju Bandara Soekarno-Hatta tersedia setiap hari pukul 05.00-21.00 WIB, sedangkan rute sebaliknya tersedia pukul 07.00 – 21.00 WIB. Tarif yang berlaku sebesar Rp90 ribu. Ditambah lagi dari Terminal Rawamangun dengan jadwal keberangkatan menuju Bandara Soekarno-Hatta tersedia setiap hari pukul 04.00 – 19.00 WIB, sedangkan rute sebaliknya tersedia pukul 06.00-23.00 WIB. Tarif yang berlaku sebesar Rp 80.000.

    Naik Damri dengan interval waktu 30 menit juga bisa dari Terminal Kayuringin Bekasi Barat dengan jadwal keberangkatan menuju Bandara Soekarno-Hatta tersedia pukul 02.00-20.00 WIB, sedangkan rute sebaliknya tersedia pukul 06.00-23.00 WIB. Tarif yang berlaku sebesar Rp100 ribu. Sedangkan jika berangkat dari Pool DAMRI Kemayoran, jadwal keberangkatan menuju Bandara Soekarno-Hatta tersedia pukul 05.00 – 18.00 WIB, sedangkan rute sebaliknya tersedia pukul 07.00-20.00 WIB dengan tarif Rp 80.000.

    Terakhir, interval waktu tempuh 30 menit juga ada dari Terminal Sawangan dengan jadwal keberangkatan menuju Bandara Soekarno-Hatta tersedia pukul 05.00-19.00 WIB, sedangkan rute sebaliknya tersedia pukul 07.00-21.00 WIB. Tarif yang berlaku sebesar Rp50 ribu.

    “Ini merupakan langkah strategis DAMRI untuk mengakomodasi permintaan masyarakat yang selaras dengan demand menunjukkan terus tumbuh positif. Aksi ini didukung pula dengan armada dan pelayanan prima yang telah melalui berbagai tahap mulai dari ramp check hingga pengecekan tensi,” tutup Atikah.

    (ara/ara)

  • Penumpang Whoosh Diprediksi Meningkat di Momen Pilkada 2024

    Penumpang Whoosh Diprediksi Meningkat di Momen Pilkada 2024

    Jakarta

    PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memprediksi penumpang Whoosh akan meningkat di momen Pilkada serentak 2024. Total 8 ribu tiket untuk keberangkatan hari ini telah terjual.

    General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, hingga Selasa (26/11) sore, KCIC melayani lebih dari 16 ribu penumpang Whoosh ke berbagai tujuan. Jumlah keberangkatan penumpang tersebut menunjukkan adanya peningkatan volume jika dibandingkan pada Selasa (19/11) pekan lalu, karena penjualan tiket akan terus bertambah.

    Tak hanya itu, sekitar 8.000 tiket sudah terjual untuk keberangkatan hari Rabu 27 November 2024. Peningkatan diprediksi akan terus terjadi melalui pembelian tiket go show pada hari ini.

    “KCIC memprediksi momen Pilkada Serentak ini akan meningkatkan minat masyarakat yang akan menggunakan Whoosh hingga Rabu (27/11). Banyak penumpang Whoosh yang pergi dan pulang ke kota asal untuk mengikuti pilkada serentak maupun yang ingin memanfaatkan hari libur ini,” ujarnya.

    Untuk mengakomodir potensi peningkatan tersebut, KCIC mengoperasikan 48 jadwal perjalanan Whoosh per hari. Pada jam sibuk di pagi dan sore hingga malam hari, headway antar perjalanan Whoosh mencapai hingga 30 menit sekali, sehingga masyarakat dapat merencanakan perjalanan mereka dengan lebih fleksibel.

    Eva meyakini, banyaknya jumlah perjalanan Whoosh yang tersedia memberikan kemudahan kepada penumpang untuk mengatur perjalanan pulang-pergi di hari yang sama. Sehingga, kata dia, memungkinkan mereka menyelesaikan urusan Pilkada di kota asal tanpa harus menginap.

    Bagi penumpang yang ingin mengubah jadwalnya karena menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan, KCIC juga memberikan fitur kemudahan reschedule tiket secara online. Penumpang yang membeli tiket di aplikasi Whoosh atau web KCIC, dapat melakukan perubahan jadwal secara online melalui aplikasi Whoosh maksimal 2 jam sebelum keberangkatan.

    “Dengan kecepatan dan berbagai kenyamanan yang ditawarkan, Whoosh menjadi pilihan utama untuk mobilitas masyarakat pada momen-momen penting salah satunya Pilkada Serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.” jelasnya.

    “KCIC berkomitmen untuk mendukung partisipasi aktif masyarakat dalam Pilkada serentak ini. Layanan Whoosh yang efisien, ramah lingkungan, dan nyaman diharapkan dapat menjadi pilihan utama bagi warga yang ingin berperan serta dalam membangun masa depan daerah mereka.” ujarnya.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai perjalanan Whoosh, masyarakat dapat menghubungi customer service di Stasiun atau contact center KCIC melalui ke 150909, WhatsApp chat ke 0815-1032-0909, email ke cs@kcic.co.id, serta ⁠Instagram reply dan DM ke @keretacepat_id.

    (taa/taa)

  • Mau Reschedule Tiket Kereta Cepat Saat Pilkada? Begini Caranya

    Mau Reschedule Tiket Kereta Cepat Saat Pilkada? Begini Caranya

    Jakarta

    PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan fitur reschedule atau ubah jadwal perjalanan kereta cepat Jakarta-Bandung guna mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang ingin menggunakan hak suaranya dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 November 2024 nanti.

    General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa menjelaskan proses ubah jadwal perjalanan atau reschedule ini dapat dilakukan secara online, maksimal dua jam sebelum keberangkatan.

    “Bagi penumpang yang ingin mengubah jadwalnya karena menyesuaikan dengan berbagai kebutuhan, KCIC juga memberikan fitur kemudahan reschedule tiket secara online,” kata Eva dalam keterangan resminya, Selasa (26/11/2024).

    “Penumpang yang membeli tiket di aplikasi Whoosh atau web KCIC, dapat melakukan perubahan jadwal secara online melalui aplikasi Whoosh maksimal 2 jam sebelum keberangkatan,” terangnya.

    Ia mengatakan saat ini masyarakat bisa mendapatkan tiket Whoosh secara online melalui kanal resmi seperti aplikasi Whoosh, situs resmi hingga aplikasi mitra seperti KAI Access, Livin Mandiri, Brimo, BNI Mobile, dan tiket.com.

    Di luar itu, tiket kereta cepat Whoosh juga bisa dipesan secara offline di loket ataupun Ticket Vending Machine (TVM) yang tersedia di Stasiun. Dengan begitu calon penumpang memiliki banyak pilihan saat ingin memesan tiket perjalanan.

    Sementara itu, Ane juga menegaskan KCIC turut melakukan pengaturan kedinasan bagi pegawai yang bertugas pada bidang operasional serta para frontliner. Hal ini dimaksudkan agar Whoosh tetap dapat melayani masyarakat di momen pilkada namun tetap memberikan kesempatan bagi para pegawai untuk menggunakan hak pilih nya sebagai warga negara.

    “KCIC berkomitmen untuk mendukung partisipasi aktif masyarakat dalam Pilkada serentak ini. Layanan Whoosh yang efisien, ramah lingkungan, dan nyaman diharapkan dapat menjadi pilihan utama bagi warga yang ingin berperan serta dalam membangun masa depan daerah mereka,” jelasnya.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai perjalanan ataupun proses reschedule tiket Whoosh, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di Stasiun atau Contact Center KCIC melalui ke 150909, WhatsApp chat ke 0815-1032-0909, email kecs@kcic.co.id, serta ⁠Instagram reply dan DM ke @keretacepat_id.

    (fdl/fdl)

  • Menhub Bakal Ajak Kementerian PU Bahas Akses Stasiun Whoosh Karawang

    Menhub Bakal Ajak Kementerian PU Bahas Akses Stasiun Whoosh Karawang

    Jakarta

    Kereta Cepat Bandung-Jakarta atau Whoosh telah beroperasi sejak Oktober 2023 silam. Namun hingga saat ini, wacana pengoperasian Stasiun Karawang belum menunjukkan hilalnya.

    Salah satu hal yang sempat disoroti dalam persiapan pengoperasian stasiun ini ialah jalan akses stasiun yang belum rampung. Lalu, bagaimana kabar terbarunya?

    Menteri Perhubungan (Menhub) Dudy Purwagandhi tidak berkomentar banyak saat ditanyai tentang kabar Stasiun Whoosh Karawang. Namun ia memastikan, akan segera berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum (PU) sebagai yang bertanggung jawab dalam pembangunan.

    “Nanti saya akan coba ngobrol sama (Kementerian) PU. Tapi harapan kami bahwa setiap moda transportasi itu terkoneksi satu sama lain,” kata Dudy di Kantor Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Jumat (22/11/2024).

    Stasiun Whoosh Karawang sendiri ditargetkan bisa mulai beroperasi pada awal 2025 oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC). Dari seluruh stasiun Whoosh yang telah beroperasi sejak akhir tahun lalu, hanya Stasiun Karawang saja yang belum digunakan untuk naik turun penumpang.

    General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan pengoperasian Stasiun Karawang akan menjadi bagian dari strategi peningkatan jumlah penumpang kereta cepat. Sejauh ini Stasiun Karawang baru digunakan sebatas untuk pengaturan jalan kereta saja, padahal stasiunnya sudah selesai dibangun.

    “KCIC akan mengoperasikan Stasiun Karawang di awal tahun 2025 untuk layanan naik turun penumpang. Saat ini Stasiun Karawang baru dioperasikan untuk melayani pengaturan perjalanan kereta,” beber Eva dalam keterangannya, Jumat (26/7/2024).

    Agar Stasiun Karawang bisa melayani naik turun penumpang, lanjut Eva, persiapan jalan akses menjadi salah satu hal yang saat ini disiapkan. Saat ini tengah menyiapkan akses dari kawasan trans heksa Karawang (THK) dan Deltamas untuk menuju stasiun Karawang. Nantinya, akan ada akses sepanjang sekitar 1,5 km dari THK dan Deltamas menuju Stasiun Karawang.

    “Saat ini (jalan akses 1,5 kilometer) sedang dalam tahap akhir pembebasan lahan untuk selanjutnya memasuki tahapan persiapan konstruksi,” kata Eva.

    Pemerintah melalui Kementerian PUPR juga sedang menyiapkan pembangunan exit KM 42 jalan tol Jakarta Cikampek yang langsung menuju kawasan Stasiun Karawang. Akses lainnya dari Tol Jakarta-Cikampek kini juga sudah dalam tahap penyediaan lahan dan pembangunan.

    (shc/rrd)