Perusahaan: PT Kereta Cepat Indonesia China

  • UMKM binaan PLN hadir di bazar KCIC

    UMKM binaan PLN hadir di bazar KCIC

    Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting saat mengunjungi booth Ichinogami dalam bazar di Terminal Keberangkatan Stasiun KCIC Halim, Jakarta, Jumat (17/1/2025). Foto: PLN UID Jakarta Raya

    UMKM binaan PLN hadir di bazar KCIC
    Dalam Negeri   
    Editor: Nandang Karyadi   
    Jumat, 17 Januari 2025 – 18:53 WIB

    Elshinta.com – Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia dari berbagai BUMN menggelar bazar di Lantai 2 Terminal Keberangkatan Stasiun Kereta Cepat Indonesia (KCIC) Halim, Jakarta Timur. Ada 14 gerai UMKM dari berbagai BUMN. Tiga di antaranya merupakan UMKM binaan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya, yaitu Ichinogami, Ghawean Dewe, dan Nanina.

    Ichinogami merupakan UMKM, produsen papercraft dengan desain inovatif. Sementara Ghawean Dewe, menawarkan fashion dari batik dan kerajinan tangan yang modern dan menarik. Produk-produk Ghawean Dewe juga terjual ke berbagai negara. Selain itu, ada Nanina, yang menawarkan produk fashion modern dan berkualitas.

    Mereka merupakan UMKM unggulan Hub UMK Jakarta yang telah menjual produknya hingga ke pasar mancanegara.

    General Manager PLN UID Jakarta Raya, Lasiran mengatakan sangat mendukung keikutsertaan UMKM Binaan Hub UMK Jakarta dalam bazar ini. Menurutnya, kegiatan tersebut dapat memperluas pangsa pasar UMKM sehingga produknya semakin dikenal masyarakat.

    “Dengan ikut bazar seperti ini harapannya semakin banyak orang yang tertarik membeli produk UMKM, sehingga dapat mendorong produksi dan meningkatkan omset UMKM,” ujar Lasiran.

    Keikutsertaan UMKM binaan PLN dalam Bazar UMKM Indonesia menjadi salah satu wujud nyata komitmen PLN mendukung pengembangan potensial lokal dan memperkuat sinergi dengan para pelaku UMKM. PLN juga terus berupaya meningkatkan kualitas produk dan layanan UMKM agar mampu bersaing di era digital.

    Bazar telah dibuka untuk umum dan bisa didatangi pengunjung setiap hari. Peresmiannya dihadiri oleh Staff Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN, Loto Srinaita Ginting. Dalam sambutannya, ia menekankan pentingnya pemberdayaan UMKM sebagai bagian strategi pengembangan ekonomi nasional.

    Bazar UMKM Indonesia KCIC merupakan inisiatif Kementerian BUMN. Tujuannya untuk memberikan platform bagi UMKM dalam memamerkan produk unggulan, membuka peluang bagi UMKM memperluas jaringan bisnis dan menjalin kemitraan, memperkenalkan inovasi dan kreativitas produk lokal yang memiliki potensi di pasar global, serta menggerakkan perekonomian lokal melalui transaksi lansung antara UMKM dan konsumen.

    “Bazar ini bisa membuka peluang pasar yang lebih luas serta membuka kesempatan bertemu dengan calon pelanggan dari lokal hingga internasional,” ungkap Putri, peserta Bazar pemilik Ichinogami.

     

    Penulis: Vivi Trisnavia/Ter

    Sumber : Radio Elshinta

  • Tanggul Laut Raksasa: Peluang Investasi atau Jebakan Utang? – Halaman all

    Tanggul Laut Raksasa: Peluang Investasi atau Jebakan Utang? – Halaman all

    Presiden Prabowo Subianto akan membangun tanggul laut raksasa atau giant sea wall membentang dari pesisir Cilegon, Banten hingga Gresik, Jawa Timur. Pembangunan tanggul sepanjang 958 kilometer ini ditargetkan rampung dalam waktu 20 hingga 40 tahun.

    Tanggul ini diklaim dapat mengatasi banjir rob akibat penurunan muka tanah di pesisir pantai utara (Pantura) Jawa yang telah mencapai 1-25 cm per tahun. Di waktu yang bersamaan, kenaikan permukaan laut mencapai 1-15 cm per tahun, diperparah oleh perubahan iklim.

    Pembangunan tanggul ini sebenarnya kali pertama dimulai tahun 2014 untuk mengatasi penurunan muka tanah di kawasan pesisir Jakarta. Seiring perkembangannya, pemerintah memutuskan untuk membangun tanggul laut di sepanjang Pantura Jawa.

    Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono, menyebutkan total anggaran yang diperlukan diperkirakan mencapai US$50 miliar, atau setara dengan Rp816 triliun dengan asumsi kurs Rp 16.328 per dolar.

    Lantaran giant sea wall ini diperkirakan akan menelan anggaran raksasa, pembangunan ini pun bukan lagi tergolong Proyek Strategis Nasional (PSN), melainkan mega infrastruktur yang sangat butuh dana segar dari swasta.

    Pemerintah tebar jaring investasi

    Merasa tidak cukup mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), pemerintah gencar mencari sumber dana lain, termasuk skema pendanaan kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) dengan pihak asing.

    Oktober 2024, Nanjing Hydrolic Resources Institute dari Cina disebut-sebut melirik peluang kerja sama dalam proyek ini. Presiden Prabowo pun turut membahas potensi pengembangan proyek ini bersama Presiden Xi Jinping saat berkunjung ke Beijing pada bulan November lalu.

    Ayo berlangganan gratis newsletter mingguan Wednesday Bite. Recharge pengetahuanmu di tengah minggu, biar topik obrolan makin seru

    Pada Desember 2024, Prabowo kembali mengajak puluhan investor Jepang untuk turut terlibat dalam proyek tanggul laut raksasa ketika bertemu dengan delegasi Japan-Indonesia Association (JAPINDA) di Istana Merdeka, Jakarta.

    Meski begitu, hingga saat ini belum ada konfirmasi yang pasti dari kedua negara tersebut terkait penanaman modal dalam proyek mega infrastruktur ini.

    Dr. M. Rizal Taufikurahman, Kepala Pusat Ekonomi Makro dan Keuangan dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), menilai pemerintah belum menyiapkan rencana perhitungan yang matang bagi investor. Akibatnya, nafsu investor dalam mendanai proyek pun turun.

    “Pemerintah harus benar-benar mensortir, adakah investor yang mau di giant sea wall? Mereka harus hitung-hitungan bisnis, selama 40 tahun apa yang akan investor dapat? Dari mana return of investment-nya? Bahkan desain dan perhitungan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pun belum jalan,” kata Rizal kepada DW Indonesia.

    Hingga saat ini, pemerintah belum mempublikasikan cetak biru rencana pembangunan tanggul laut secara transparan kepada publik. Terlebih, studi kelayakan proyek hingga kini masih terus berlangsung.

    “Saya minta sebenarnya beberapa data yang berkaitan proyek ini, tapi tidak dikasih dari Kementerian PUPR,” jelas Rizal.

    Sebelumnya, pemerintah menyebutkan ada 70 kawasan industri, lima Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dan lima wilayah pusat pertumbuhan industri sepanjang Pantura. Pantura Jawa berkontribusi hingga 34,7 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) nasional tahun 2023 dari sektor perikanan, transportasi dan pariwisata, yakni tiga sektor yang signifikan bagi PDB Indonesia. Hal inilah yang diprediksi menjadi daya jual proyek tanggul laut raksasa bagi para investor.

    “Kalau saya lihat, memang kemungkinan return of investment-nya adalah akan diberikan ruang ekonomi di sekitar tanggul bagi para investor,” ujar Rizal.

    Alih-alih investasi, waspadai risiko jebakan utang

    Bhima Yudhistira, Direktur Eksekutif dari Center of Economic and Law Studies (CELIOS), menilai bahwa proyek ini akan menambah beban fiskal negara, terlepas dari ada atau tidaknya keterlibatan investor.

    “Yang jadi pertanyaan, apakah proyek ini akan melibatkan investasi, atau lebih dibebankan kepada APBN dan APBD. Daerah di sekitar Pantura Jawa itu kan APBD-nya lebih sempit lagi, kalau menerbitkan municipal bond atau utang daerah, bisa jadi daerahnya benar-benar tidak bergerak secara fiskal,” ungkap Bhima.

    Di satu sisi, Bhima memprediksi bahwa keterlibatan swasta atau asing akan lebih condong ke pembelian surat utang. Jika berkaca pada berbagai proyek pemerintah di masa lalu yang dianggap kurang menguntungkan, mereka akan cenderung tidak mau ambil risiko dan hanya berani memberikan pinjaman.

    Pada proyek Kereta Cepat Indonesia Cina (KCIC) misalnya, proyek ini diprediksi baru bisa balik modal dalam jangka waktu 70 hingga 100 tahun ke depan. Padahal, biaya pembangunannya menghabiskan hingga Rp108 triliun.

    “Kalau kita membandingkan KCIC dan giant sea wall, proyek tanggul ini balik modalnya akan lebih lama lagi. Secara komersial, siapa yang mau membayar secara langsung tarif dari tanggul itu?” tutur Bhima.

    Jika tidak bisa membayar kembali pinjaman, Indonesia harus memberikan jaminan lainnya, menurut pakar. Jaminan tersebut dapat berupa topangan insentif pemerintah terhadap konsesi industri maupun sektor ekstraktif. Namun lebih dari itu, ada ketakutan bahwa pinjaman tersebut justru akan berdampak pada politik Indonesia yang tidak lagi bebas aktif.

    Belajar dari tanggul laut di Jepang dan Belanda

    Sebelum rencana ekspansi sepanjang Pantura, proyek tanggul laut Jakarta adalah bagian dari masterplan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang bekerja sama dengan Belanda dan Korea Selatan. Proyek ini sendiri adalah permintaan dari pemerintah Indonesia kepada Belanda untuk membantu permasalahan pesisir di Jakarta.

    Belanda sendiri telah membangun serangkaian proyek konstruksi berupa bendungan, pintu air, dan tanggul bernama Delta Works sejak tahun 1954 untuk melindungi daerahnya dari luapan air laut.

    Meski begitu, ada beberapa perbedaan fundamental antara proses pembangunan tanggul laut Belanda dan Indonesia. Salah satunya adalah keterlibatan publik.

    “Kalau di Belanda itu daratannya ada di bawah permukaan laut, jadi mau tidak mau mereka harus membuat manajemen air yang sangat bagus dan terintegrasi antara tanggul, drainase, dan tata ruang kotanya. Selain itu, memang partisipasi publik di Belanda itu sangat kuat, terutama di dalam perencanaan proyek besar, jadi publik itu selalu ikut terlibat,” jelas Rizal.

    Sementara Suci Fitria Tanjung, Direktur Eksekutif WALHI Jakarta, menilai pemerintah tidak cukup melibatkan masyarakat sekitar dalam pembangunan tanggul.

    “Ada kekurangan dari pemerintah, yaitu tidak melibatkan masyarakat secara meaningful participation. Bagaimana kelompok perempuan, kelompok rentan, kelompok disabilitas itu betul-betul diajak untuk merancang dan mengevaluasi, apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan mereka, dan bagaimana seharusnya solusi itu dibangun secara bersama-sama,” kata Suci.

    Bukan bisnis, perlindungan warga yang harus jadi prioritas

    Selain Belanda, Indonesia juga dinilai perlu berkaca pada Jepang yang membangun tanggul sebagai mitigasi risiko tsunami. Tanggul laut sepanjang 400 kilometer dibangun di sekitar 600 lokasi di Jepang dan menghabiskan biaya sekitar ¥1,3 triliun atau setara dengan Rp138,8 triliun.

    Meski menghabiskan dana yang cukup fantastis, tanggul tersebut berhasil menyelamatkan beberapa area dari terjangan tsunami dahsyat tahun 2011.

    Menurut Bhima, negara-negara lain seperti Belanda dan Jepang tidak menjadikan proyek tanggul sebagai proyek komersial, sehingga fokus utamanya hanya untuk melindungi masyarakat.

    Sementara di Indonesia, tanggul laut dinilai tidak hanya dibangun untuk kepentingan lingkungan serta perlindungan masyarakat, tapi juga kepentingan bisnis dan investor.

    “Sebagian besar pembiayaan dari giant sea wall di Belanda dan Jepang itu lebih dominan dari dana APBN atau APBD, dan lebih bertujuan mengurangi dampak dari bencana, dibandingkan bertujuan membuat suatu daerah menjadi magnet ekonomi,” ungkap Bhima.

    Menurut WALHI, meski tanggul laut bisa menjadi solusi jangka pendek, pemerintah harus terus mencari solusi jangka panjang yang dinilai lebih efektif untuk melindungi masyarakat.

    Suci juga mengungkapkan bahwa sedikitnya 24 ribu nelayan harus direlokasi demi pembangunan tanggul di Jakarta saja. Jika dilanjutkan hingga Pantura, akan lebih banyak lagi nelayan yang harus direlokasi sehingga rawan meningkatkan angka kemiskinan dan kerentanan sosial.

     

  • Kota Baru Parahyangan Fokus Kembangkan Property Tourism

    Kota Baru Parahyangan Fokus Kembangkan Property Tourism

    Bisnis.com, BANDUNG – Kota Baru Parahyangan mengembangkan property tourism untuk menunjang dan memperkuat eksistensi sebagai salah satu pengembang properti terbesar di Indonesia di usia yang ke-25 tahun.

    Marketing Manager Kota Baru Parahyangan Joseph Ijong Dachlan mengatakan, dalam seperempat abad ini pihaknya sudah melakukan pengembangan kota mandiri baik dari segi fisik, fasilitas dan juga atraksi yang membuat ekosistem di Kota Baru Parahyangan semakin menarik.

    Hal tersebut terbukti dengan lalu lintas kunjungan yang terjadi di tahun lalu yang mencapai 1,8 juta kunjungan.

    “Sehingga itu otomatis menjadi modal untuk daya Tarik. Kalau kita kaitkan dengan property tourism, yaitu daya tarik wisatawan untuk mendapatkan pengalaman di Kota Baru Parahyangan,” kata Joseph Kamis (16/1/2025).

    Dia merinci, dalam pengembangan kota mandiri, Kota Baru Parahyangan terus menghadirkan berbagai properti dengan fasilitas yang memadai. Properti serbalengkap yang hadir tidak hanya berupa hunian yang eksklusif, tetapi juga properti lainnya seperti bisnis dan pariwisata.

    “Kedua kita juga sudah punya society atau masyarakat yang juga tumbuh selama 25 tahun ini populasinya sudah mencapai sekitar 20.000 orang atau kalau dibagi empat, ya 5.000-an kepala keluarga,” jelasnya.

    Ijong mengatakan, pihaknya merancang hunian eksklusif untuk mendukung gaya hidup sehat dan praktik kehidupan berkelanjutan (sustainable living) sehingga meminimalkan dampak buruk bagi lingkungan dan menjaga kelestarian bumi.

    Hal tersebut didukung oleh interaksi sosial yang baik serta partisipasi dan peran aktif komunitas yang rukun di setiap kawasan hunian (tatar).

    Dia menambahkan, dari sisi perspektif bisnis dan dunia usaha, pengembang meyakini Kota Baru Parahyangan bisa menjadi kawasan yang ideal untuk berinvestasi dan mengembangkan berbagai bisnis yang menguntungkan.

    Terlebih, industri pariwisata yang terus berkembang di kota mandiri terbesar di Bandung Raya menciptakan peluang usaha dan prospektif yang cerah.

    Saat ini, berbagai jenis fasilitas pariwisata di Kota Baru Parahyangan sudah tersedia dan telah menjadi pilihan wisatawan, seperti akomodasi, transportasi yang terintegrasi, restoran atau penyedia jasa makanan dan minuman, penyedia jasa keuangan, dan atraksi wisata seperti fasilitas hiburan.

    “Salah satunya Wahoo Waterworld, waterpark terbaik yang sejak dibuka tahun 2023 hingga sekarang telah menjadi objek wisata rekreasi favorit masyarakat,” ungkapnya.

    Begitu pun dengan Mason Pine Hotel dari aspek akomodasi sejak dulu selalu menjadi pilihan terbaik wisatawan untuk menginap dan menikmati pengalaman liburan yang mengesankan.

    Tak hanya itu, kata Ijong, lokasi Kota Baru Parahyangan cukup strategis sehingga memudahkan warga di kawasan dan wisatawan yang hendak berlibur.

    Diketahui, Kota Baru Parahyangan yang terletak di Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung, tersebut berada tak jauh dari pintu tol Padalarang Timur yang merupakan bagian dari ruas Tol Purbaleunyi. Keberadaan exit tol tersebut memudahkan akses bagi wisatawan dari Bandung, Jakarta, dan kota lainnya.

    Selain itu, bagi wisatawan dari Jakarta, menggunakan kereta cepat Whoosh bisa menjadi pilihan terbaik dengan waktu tempuh sekira 30 menit hingga tiba di Stasiun KCIC Padalarang.

    “Dari stasiun ini, perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik shuttle car ke Bumi Hejo, Kota Baru Parahyangan, dengan waktu tempuh sekira 10 menit,” ujarnya.

    Di dalam kawasan kota mandiri juga terdapat layanan transportasi internal KBPayuk EV shuttle. Kendaraan ramah lingkungan KBPayuk EV shuttle beroperasi setiap hari sesuai jadwal dan rute yang sudah ditentukan.

    Manajemen Kota Baru Parahyangan menyediakan 10 halte guna mendukung operasionalisasi kendaraan listrik hemat energi tersebut.

    Menurut Ijong, Tourism Property di Kota Baru Parahyangan juga semakin menarik lantaran ditunjang topografi alami yang beragam, termasuk kawasan hunian perbukitan BumiLuhur dan panorama danau.

    Selain itu, ruang terbuka hijau yang terhampar dan tersebar di berbagai tempat memberi kesegaran alami bagi pengembangan properti pariwisata Kota Baru Parahyangan yang berkelanjutan.

  • Naik Whoosh Jakarta-Bandung Hanya Rp 175.000, Ini Caranya

    Naik Whoosh Jakarta-Bandung Hanya Rp 175.000, Ini Caranya

    Jakarta, Beritasatu.com –  Mau naik Whoosh Jakarta-Bandung hanya merogoh kocek Rp 175.000? Begini caranya.

    KCIC menghadirkan layanan kartu berlangganan Whoosh atau Frequent Whoosher Card yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang ingin menggunakan Whoosh dengan tarif yang lebih hemat.

    Dengan menggunakan Frequent Whoosher Card, perjalanan Whoosh dari Stasiun Halim ke Padalarang/Tegalluar Summarecon maupun sebaliknya cukup mengeluatkan biaya Rp 175.000 untuk kelas premium economy.

    General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, Frequent Whoosher Card merupakan bentuk apresiasi kepada para penumpang yang secara rutin menggunakan Whoosh.

    Menurut Eva, dengan menggunakan kartu ini, penumpang bisa menikmati 10 perjalanan Whoosh kelas premium economy dengan tarif flat meskipun perjalanan dilakukan pada jam sibuk atau di hari libur maupun akhir pekan.

    “Frequent Whoosher Card menawarkan berbagai keuntungan, termasuk kemudahan perjalanan yang lebih efisien, khususnya bagi penumpang dengan mobilitas tinggi seperti pekerja di Jakarta dan Bandung. Banyak pengguna menyatakan program ini sangat membantu aktivitas harian mereka, terutama untuk perjalanan jarak jauh secara rutin,” ujar Eva Chairunisa, Rabu (8/1/2025).

    Untuk mendapatkan Frequent Whoosher Card, ujar Eva, pengguna Whoosh cukup mengunjungi seluruh loket di Stasiun Whoosh yaitu Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar Summarecon.

    “Dengan harga Rp 1.750.000, pemilik Frequent Whoosher Card berhak mendapatkan 10 perjalanan Whoosh kelas premium economy. Masa berlaku kartu terhitung 30 hari sejak tanggal pembelian,” katanya.

    Penumpang dapat memanfaatkan kuota 10 perjalanan tersebut ke berbagai rute selama tempat duduk pada perjalanan yang diinginkan masih tersedia.

    Proses pengambilan kuota atau redeem ticket dilakukan di loket Stasiun Whoosh mulai pukul 05.30 sampai dengan 20.30 WIB setiap harinya.

    Eva menerangkan, tiket yang didapatkan dari penukaran kuota Frequent Whoosher Card tidak dapat dibatalkan dan diubah jadwal.

    “Frequent Whoosher Card hanya bisa digunakan oleh satu orang dan tidak bisa dipindahtangankan. Jika masa berlaku kartu sudah habis, maka sisa kuota perjalanan tidak dapat digunakan atau diuangkan,” ujar Eva.

    KCIC mencatat kinerja positif untuk program Frequent Whoosher Card sepanjang  2024, dengan total penjualan mencapai 3.500 kartu. Rata-rata penjualan Frequent Whoosher Card mencapai 500 kartu per bulan, dengan puncaknya terjadi pada November 2024. Saat itu, penjualan meningkat hingga 900 kartu dalam satu bulan. Hingga Januari 2025, total yang terjual telah mencapai 3.800 kartu.

    Eva Chairunisa menambahkan, seiring dengan tingginya minat masyarakat, KCIC berencana mengembangkan sistem digital yang memungkinkan penukaran kartu Frequent Whoosher secara online.

    “KCIC terus berkomitmen untuk menyediakan layanan yang mendukung kebutuhan penumpang, baik untuk perjalanan rutin maupun liburan. Dengan hadirnya Frequent Whoosher Card, penumpang kini memiliki opsi perjalanan yang lebih terjangkau dan efisien, sesuai dengan kebutuhan mereka.” tutup Eva terkait biaya perjalanan Whoosh.

    Harga terendah tiket Whoosh Jakarta-Bandung tanpa Frequent Whooser Card, adalah Rp 225.000.

  • Cara Mendapatkan Diskon Tiket Whoosh 20 Persen

    Cara Mendapatkan Diskon Tiket Whoosh 20 Persen

    Jakarta, FORTUNE – Cara mendapatkan diskon Tiket Whoosh 20 persen perlu diketahui apabila Anda akan bepergian menggunakan kereta cepat ini. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) memberikan promo diskon tiket Kereta Cepat Whoosh hingga 20 persen. 

    Diskon ini berlaku untuk pemesanan tiket perjalanan secara berkelompok dan dapat dilakukan dengan mudah melalui layanan WhatsApp. General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, menyampaikan bahwa program ini memungkinkan kelompok dengan minimal 20 penumpang mendapatkan potongan harga hingga 20 persen untuk kelas Premium Economy.

    “Promo khusus ini kami berikan untuk mempermudah perjalanan rombongan. Keuntungannya meliputi proses pemesanan tiket yang tidak perlu antre, pengaturan tempat duduk yang berdekatan, pendampingan khusus bagi rombongan dengan jumlah tertentu, serta tarif hemat yang tentunya menguntungkan,” ungkap Eva dalam keterangan resminya, dikutip Rabu (7/1).

    Cara mendapatkan diskon tiket Whoosh 20 persen

    Untuk menikmati diskon tiket hingga 20 persen, pelanggan hanya perlu menghubungi layanan WhatsApp Whoosh Group Reservation di nomor 0813-4000-2920 pada hari kerja antara pukul 09.00 hingga 17.00 WIB. Pelanggan akan diminta memberikan detail perjalanan seperti tanggal, rute, waktu keberangkatan, dan jumlah penumpang.

    “Setelah ketersediaan tiket diverifikasi, tim KCIC akan mengatur tempat duduk rombongan. Di sisi lain, pemesan diminta menyerahkan data penumpang. Pembayaran dapat dilakukan dengan transfer atau melalui debit di loket Stasiun Halim untuk kenyamanan pelanggan,” kata Eva.

    Pada tahun 2024, layanan tiket rombongan KCIC telah melayani lebih dari 2.700 kelompok penumpang dengan total mencapai 220.000 orang. Rombongan yang paling sering memanfaatkan layanan ini berasal dari perusahaan, sekolah, instansi pemerintahan, dan masyarakat umum.

    “Salah satu pemesanan terbesar yang pernah kami layani adalah dari sebuah perusahaan keuangan dengan total lebih dari 3.000 penumpang untuk kegiatan gathering dalam satu kali perjalanan,” tambah Eva.

    Hingga kini, rata-rata terdapat 50 rombongan setiap hari yang menghubungi layanan WhatsApp untuk informasi maupun pemesanan tiket. Eva juga menyatakan bahwa promo ini merupakan apresiasi KCIC bagi pelanggan yang terus mendukung Kereta Cepat Whoosh sebagai moda transportasi pilihan.

    “Kami berharap lebih banyak masyarakat memanfaatkan layanan ini untuk merasakan keunggulan Kereta Cepat Whoosh,” pungkas Eva.

  • Kereta Cepat Whoosh Tebar Diskon Tiket 20 Persen untuk Rombongan, Simak Ini Cara Klaimnya – Halaman all

    Kereta Cepat Whoosh Tebar Diskon Tiket 20 Persen untuk Rombongan, Simak Ini Cara Klaimnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS,COM – Awal tahun 2025, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) kembali memberi promo menarik berupa diskon tiket bagi penumpang Whoosh.

    Adapun diskon tiket yang ditawarkan yakni berupa potongan harga sebesar 20 persen bagi penumpang perjalanan rombongan.

    Diskon ini bisa didapatkan hanya dengan melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi perpesanan WhatsApp.

    Program ini ditujukan bagi penumpang rombongan dengan jumlah minimal 20 orang untuk perjalanan Whoosh kelas Premium Economy.

    General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengungkap, diskon khusus diberikan untuk memberikan kemudahan dan keuntungan bagi masyarakat yang setia mendukung Kereta Cepat Whoosh sebagai moda transportasi pilihan.

    Dengan begitu pemesan tak perlu antre tiket serta bisa mendapat tempat duduk secara kolektif saling berdekatan.

    “Layanan tiket rombongan dengan diskon 20 persen ini merupakan komitmen kami untuk memberikan pengalaman perjalanan yang mudah, nyaman, dan menyenangkan, khususnya bagi kelompok penumpang. Kami berharap program ini dapat dimanfaatkan oleh lebih banyak masyarakat untuk merasakan keunggulan Kereta Cepat Whoosh,” kata Eva, dalam keterangan tertulisnya.

    Cara Klaim Diskon 20 Persen Whoosh

    Khusus untuk diskon tiket Whoosh20 persen masyarakat bisa langsung mengklaim promo tersebut via layanan WhatsApp, berikut caranya :

    Hubungi layanan WhatsApp Whoosh Group Reservation melalui chat di nomor 0813-4000-2920
    Pastikan pemesanan tiket dilakukan pada hari kerja, pukul 09.00-17.00 WIB.
    Selanjutnya pemesan akan diminta untuk mengisi detail rencana perjalanan seperti tanggal, rute, jam dan jumlah penumpang.

     Setelah dicek ketersediaan tiket, tim KCIC akan melakukan pengaturan tempat duduk rombongan dan secara paralel.
    Kemudian pemesan diminta menyerahkan data penumpang yang akan berangkat.
    Untuk kemudahan, pembayaran dapat dilakukan melalui transfer maupun debit ke loket Stasiun Halim.

    Sebagai informasi, Pada 2024 layanan rombongan Kereta Cepat Whoosh telah melayani lebih dari 2.700 rombongan, dengan total penumpang mencapai 220.000 penumpang.

    Jenis rombongan yang paling banyak memanfaatkan layanan ini adalah rombongan perusahaan, sekolah, pemerintahan, dan masyarakat umum lainnya.

    Jadwal dan Rute Whoosh 2025

    1. Jadwal Kereta Whoosh dari Halim ke Karawang

    G1211: 06:58 WIB
    G1215: 07:48 WIB
    G1217: 08:13 WIB
    G1221: 09:03 WIB
    G1223: 09:40 WIB
    G1239: 16:03 WIB
    G1245: 17:28 WIB
    G1251: 18:43 WIB
    G1253: 19:08 WIB
    G1257: 19:58 WIB

    2. Jadwal Kereta Whoosh dari Karawang ke Halim

    G1210: 07:19 WIB
    G1214: 08:09 WIB
    G1218: 08:59 WIB
    G1222: 09:49 WIB
    G1226: 10:59 WIB
    G1238: 16:14 WIB
    G1240: 16:49 WIB
    G1242: 17:24 WIB
    G1250: 19:04 WIB
    G1258: 20:44 WIB

    3. Jadwal Kereta Whoosh dari Karawang ke Padalarang/Tegalluar

    G1211 : 07:15 WIB
    G1215 : 08:05 WIB
    G1217 : 08:30 WIB
    G1221 : 09:20 WIB
    G1223 : 09:57 WIB
    G1239 : 16:20 WIB
    G1245 : 17:45 WIB
    G1251 : 19:00 WIB
    G1253 : 19:25 WIB
    G1257 : 20:15 WIB

    4. Jadwal Kereta Whoosh dari Padalarang/Tegalluar ke Karawang

    G1210 : 06:58 WIB
    G1214 : 07:48 WIB
    G1218 : 08:38 WIB
    G1222 : 09:28 WIB
    G1226 : 10:38 WIB
    G1238 : 15:53 ​​WIB
    G1240 : 16:28 WIB
    G1242 : 17:03 WIB
    G1250 : 18:43 WIB
    G1258 : 20:23 WIB

    5. Jadwal Kereta Cepat Whoosh dari Padalarang ke Halim

    G1201: 06:00 WIB – Tiba di Halim: 06:30 WIB
    G1203: 07:00 WIB – Tiba di Halim: 07:30 WIB
    G1205: 08:00 WIB – Tiba di Halim: 08:30 WIB
    G1207: 09:00 WIB – Tiba di Halim: 09:30 WIB
    G1209: 10:00 WIB – Tiba di Halim: 10:30 WIB
    G1211: 16:00 WIB – Tiba di Halim: 16:30 WIB
    G1213: 17:00 WIB – Tiba di Halim: 17:30 WIB
    G1215: 18:00 WIB – Tiba di Halim: 18:30 WIB
    G1217: 19:00 WIB – Tiba di Halim: 19:30 WIB
    G1219: 20:00 WIB – Tiba di Halim: 20:30 WIB

    6. Jadwal Kereta Cepat Whoosh dari Halim ke Padalarang

    G1202: 06:40 WIB – Tiba di Padalarang: 07:10 WIB
    G1204: 07:40 WIB – Tiba di Padalarang: 08:10 WIB
    G1206: 08:40 WIB – Tiba di Padalarang: 09:10 WIB
    G1208: 09:40 WIB – Tiba di Padalarang: 10:10 WIB
    G1210: 10:40 WIB – Tiba di Padalarang: 11:10 WIB
    G1212: 16:40 WIB – Tiba di Padalarang: 17:10 WIB
    G1214: 17:40 WIB – Tiba di Padalarang: 18.10 WIB
    G1216: 18.40 WIB – Tiba di Padalarang :19.10 WIB
    G1218 :19.40 WIB – Tiba di Padalarang :20.10 WIB

    7. Jadwal KA Feeder dari Bandung ke Padalarang

    05:33: Berangkat dari Bandung.
    05:45: Tiba di Cimahi.
    05:52: Sampai di Padalarang.
    06:23: Berangkat dari Bandung.
    06:35: Tiba di Cimahi.
    06:42: Sampai di Padalarang.
    07:12: Berangkat dari Bandung.
    07:24: Tiba di Cimahi.
    07:31: Sampai di Padalarang.
    07:36: Berangkat dari Bandung.
    07:48: Tiba di Cimahi.
    07:55: Sampai di Padalarang.
    07:59: Berangkat dari Bandung.
    08:11: Tiba di Cimahi.
    08:18: Sampai di Padalarang.
    08:53: Berangkat dari Bandung.
    09:05: Tiba di Cimahi.
    09:12: Sampai di Padalarang.
    09:25: Berangkat dari Bandung.
    09:37: Tiba di Cimahi.
    09:44: Sampai di Padalarang.
    10:02: Berangkat dari Bandung.
    10:14: Tiba di Cimahi.
    10:21: Sampai di Padalarang.
    10:38: Berangkat dari Bandung.
    10:50: Tiba di Cimahi.
    10:57: Sampai di Padalarang.
    11:42: Berangkat dari Bandung.
    11:54: Tiba di Cimahi.
    12:01: Sampai di Padalarang.
    12:42: Berangkat dari Bandung.
    12:54: Tiba di Cimahi.
    13:01: Sampai di Padalarang.
    13:13: Berangkat dari Bandung.
    13:25: Tiba di Cimahi.
    13:32: Sampai di Padalarang.
    13:42: Berangkat dari Bandung.
    13:54: Tiba di Cimahi.
    14:01: Sampai di Padalarang.
    14:13: Berangkat dari Bandung.
    14:25: Tiba di Cimahi.
    14:32: Sampai di Padalarang.
    14:43: Berangkat dari Bandung.
    14:55: Tiba di Cimahi.
    15:02: Sampai di Padalarang.
    15:16: Berangkat dari Bandung.
    15:28: Tiba di Cimahi.
    15:35: Sampai di Padalarang.
    15:51: Berangkat dari Bandung.
    16:03: Tiba di Cimahi.
    16:10: Sampai di Padalarang.
    16:27: Berangkat dari Bandung.
    16:39: Tiba di Cimahi.
    16:46: Sampai di Padalarang.
    17:18: Berangkat dari Bandung.
    17:30: Tiba di Cimahi.
    17:37: Sampai di Padalarang.
    17:43: Berangkat dari Bandung.
    17:55: Tiba di Cimahi.
    18:02: Sampai di Padalarang.
    18:06: Berangkat dari Bandung.
    18:18: Tiba di Cimahi.
    18:25: Sampai di Padalarang.
    18:57: Berangkat dari Bandung.
    19:09: Tiba di Cimahi.
    19:16: Sampai di Padalarang.
    19:46: Berangkat dari Bandung.
    19:58: Tiba di Cimahi.
    20:05: Sampai di Padalarang.
    20:12: Berangkat dari Bandung.
    20:24: Tiba di Cimahi.
    20:31: Sampai di Padalarang.

    8. Jadwal KA Feeder dari Padalarang ke Bandung

    07:22: Tiba di Padalarang.
    07:31: Tiba di Cimahi.
    07:41: Sampai di Bandung.
    07:46: Tiba di Padalarang.
    07:55: Tiba di Cimahi.
    08:05: Sampai di Bandung.
    08:38: Tiba di Padalarang.
    08:47: Tiba di Cimahi.
    08:57: Sampai di Bandung.
    09:05: Tiba di Padalarang.
    09:14: Tiba di Cimahi.
    09:24: Sampai di Bandung.
    09:25: Tiba di Padalarang.
    09:34: Tiba di Cimahi.
    09:44: Sampai di Bandung.
    09:51: Tiba di Padalarang.
    10:00: Tiba di Cimahi.
    10:10: Sampai di Bandung.
    10:28: Tiba di Padalarang.
    10:37: Tiba di Cimahi.
    10:47: Sampai di Bandung.
    11:04: Tiba di Padalarang.
    11:13: Tiba di Cimahi.
    11:23: Sampai di Bandung.
    11:37: Tiba di Padalarang.
    11:46: Tiba di Cimahi.
    11:56: Sampai di Bandung.
    12:10: Tiba di Padalarang.
    12:19: Tiba di Cimahi.
    12:29: Sampai di Bandung.
    12:40: Tiba di Padalarang.
    12:49: Tiba di Cimahi.
    12:59: Sampai di Bandung.
    13:40: Tiba di Padalarang.
    13:49: Tiba di Cimahi.
    13:59: Sampai di Bandung.
    14:43: Tiba di Padalarang.
    14:52: Tiba di Cimahi.
    15:02: Sampai di Bandung.
    15:13: Tiba di Padalarang.
    15:22: Tiba di Cimahi.
    15:32: Sampai di Bandung.
    15:42: Tiba di Padalarang.
    15:51: Tiba di Cimahi.
    16:01: Sampai di Bandung.
    16:17: Tiba di Padalarang.
    16:26: Tiba di Cimahi.
    16:36: Sampai di Bandung.
    16:54: Tiba di Padalarang.
    17:03: Tiba di Cimahi.
    17:13: Sampai di Bandung.
    17:25: Tiba di Padalarang.
    17:34: Tiba di Cimahi.
    17:44: Sampai di Bandung.
    18:15: Tiba di Padalarang.
    18:24: Tiba di Cimahi.
    18:34: Sampai di Bandung.
    18:43: Tiba di Padalarang.
    18:52: Tiba di Cimahi.
    19:02: Sampai di Bandung.
    19:32: Tiba di Padalarang.
    19:41: Tiba di Cimahi.
    19:51: Sampai di Bandung.
    19:55: Tiba di Padalarang.
    20:04: Tiba di Cimahi.
    20:14: Sampai di Bandung.
    20:47: Tiba di Padalarang.
    20:56: Tiba di Cimahi.
    21:06: Sampai di Bandung.
    21:12: Tiba di Padalarang.
    21:21: Tiba di Cimahi.
    21:31: Sampai di Bandung.

    (Tribunnews.com / Namira Yunia)

  • Manajemen KCIC Beri Sanksi Terhadap Admin X Whoosh yang Menghina Kluivert

    Manajemen KCIC Beri Sanksi Terhadap Admin X Whoosh yang Menghina Kluivert

    Jakarta: Viral di media sosial, akun resmi Kereta Cepat @Whoosh yang kedapatan menghina calon pelatih baru timnas Indonesia, Patrick Kluivert.

    Akun resmi Whoosh tersebut menyematkan komentar dengan kata kasar yang tidak pantas. Meski unggahan tersebut langsung dihapus, namun tangkapan layarnya beredar di media sosial.

    Menyusul  tangkapan layar yang sudah ramai beredar, kini pihak Whoosh telah merilis klarifikasi dan menyampaikan permintaan maaf kepada warganet.

    “Perihal comment dengan text yang kurang pantas pada akun resmi di aplikasi X PT KCIC – Whoosh dengan ini, manajemen menyatakan permohonan maaf atas kelalaian admin pengelolaan sosial media,” tulis akun Whoosh.

    Tak hanya itu, manajemen juga mengungkapkan akan memberi sanksi kepada admin yang lalai. Meski begitu, pihak Whoosh tidak membeberkan secara spesifik jenis sanksi yang diberikan. 

    “Atas kejadian tersebut admin terkait  akan diberikan sanksi sesuai aturan perusahaan,” bunyi pernyataan resmi Whoosh.  

     

    Kronologi akun admin Whoosh menghina Kluivert

    Awalnya, akun resmi Whoosh itu berniat merespons informasi dari jurnalis Italia, Fabrizio Romano perihal Kluivert yang menjadi pengganti Shin Tae-yong.

    “Patrick Kluivert telah ditunjuk sebagai pelatih timnas Indonesia yang baru. Kesepakatan beres,” tulis Romano di akun X miliknya.  

    “(Kontraknya berdurasi) 2 tahun plus 2 tahun opsi (perpanjangan). Perkenalannya (sebagai pelatih Timnas Indonesia) bakal dilakukan pada 12 Januari di Indonesia,” lanjut Romano.

    Sang admin yang geram dengan pemecatan Shin Tae-yong mengunggah ulang postingan Romano dengan menyematkan kata kasar.

    Banyak yang  menilai kalau sang admin akun Whoosh lupa mengganti ke akun pribadinya saat ingin menghina Kluivert.

    “Ada  yang sampai salah akun. Gregetan ya min whoosh? Semoga nasibmu (admin) aman dah,” tulis salah satu akun.

    Jakarta: Viral di media sosial, akun resmi Kereta Cepat @Whoosh yang kedapatan menghina calon pelatih baru timnas Indonesia, Patrick Kluivert.

    Akun resmi Whoosh tersebut menyematkan komentar dengan kata kasar yang tidak pantas. Meski unggahan tersebut langsung dihapus, namun tangkapan layarnya beredar di media sosial.

    Menyusul  tangkapan layar yang sudah ramai beredar, kini pihak Whoosh telah merilis klarifikasi dan menyampaikan permintaan maaf kepada warganet.

    “Perihal comment dengan text yang kurang pantas pada akun resmi di aplikasi X PT KCIC – Whoosh dengan ini, manajemen menyatakan permohonan maaf atas kelalaian admin pengelolaan sosial media,” tulis akun Whoosh.

    Tak hanya itu, manajemen juga mengungkapkan akan memberi sanksi kepada admin yang lalai. Meski begitu, pihak Whoosh tidak membeberkan secara spesifik jenis sanksi yang diberikan. 

    “Atas kejadian tersebut admin terkait  akan diberikan sanksi sesuai aturan perusahaan,” bunyi pernyataan resmi Whoosh.  
     
     

    Kronologi akun admin Whoosh menghina Kluivert

    Awalnya, akun resmi Whoosh itu berniat merespons informasi dari jurnalis Italia, Fabrizio Romano perihal Kluivert yang menjadi pengganti Shin Tae-yong.

    “Patrick Kluivert telah ditunjuk sebagai pelatih timnas Indonesia yang baru. Kesepakatan beres,” tulis Romano di akun X miliknya.  

    “(Kontraknya berdurasi) 2 tahun plus 2 tahun opsi (perpanjangan). Perkenalannya (sebagai pelatih Timnas Indonesia) bakal dilakukan pada 12 Januari di Indonesia,” lanjut Romano.
     

    Sang admin yang geram dengan pemecatan Shin Tae-yong mengunggah ulang postingan Romano dengan menyematkan kata kasar.

    Banyak yang  menilai kalau sang admin akun Whoosh lupa mengganti ke akun pribadinya saat ingin menghina Kluivert.

    “Ada  yang sampai salah akun. Gregetan ya min whoosh? Semoga nasibmu (admin) aman dah,” tulis salah satu akun.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (PRI)

  • Netizen Bela Admin Whoosh yang Disanksi akibat Kritik PSSI soal Pemecatan Shin Tae-yong

    Netizen Bela Admin Whoosh yang Disanksi akibat Kritik PSSI soal Pemecatan Shin Tae-yong

    Jakarta, Beritasatu.com – Netizen memberikan dukungan kepada admin akun resmi media sosial X milik Whoosh, @KeretaCepatID, yang dikenai sanksi karena ketahuan mengunggah komentar bernada kasar terhadap unggahan jurnalis transfer sepak bola terkenal, Fabrizio Romano. Komentar kasar itu terkait dengan keputusan PSSI yang memecat pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan menggantikannya dengan mantan pemain Barcelona, Patrick Kluivert. 

    Akun bercentang biru tersebut menuliskan kata vulgar yang mengacu pada organ intim pria dalam komentar pada unggahan tersebut. 

    “Kon***!!!” tulis akun Whoosh.

    Namun, alasan pasti di balik komentar tersebut belum diketahui. Diduga, admin tersebut marah akibat perubahan pelatih dalam tim nasional (Timnas) Indonesia dan belum bisa menerima Shin Tae-yong (STY) dipecat dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) yang akan diganti oleh eks pemain Barcelona Patrick Kluivert.

    Menanggapi kejadian ini, admin Whoosh segera memberikan klarifikasi dan meminta maaf kepada publik atas unggahan yang memicu keributan tersebut.

    “Terkait komentar yang tidak pantas pada akun resmi di aplikasi X PT KCIC – Whoosh, kami dari manajemen PT KCIC memohon maaf atas kelalaian admin dalam mengelola media sosial,” tulis pernyataan resmi dari Whoosh dikutip Beritasatu.com, Selasa (7/1/2025).

    Selain itu, pihak kereta cepat juga memastikan akan memberikan sanksi kepada admin tersebut karena dianggap tidak profesional dalam menjalankan tugas.

    “Komentar tersebut sudah dihapus dari akun resmi PT KCIC. Admin terkait akan dikenakan sanksi sesuai kebijakan perusahaan,” jelas pihak Whoosh.

    Namun, banyak netizen yang justru mendukung admin Whoosh, menyampaikan bahwa mereka memahami kekesalan terkait pemecatan Shin Tae-yong yang akan digantikan oleh Patrick Kluivert dari Barcelona.

    “Jangan disanksi adminnya, kita semua sependapat kok,” kata  @um****.

    “Naikkan gaji admin X Whoosh,” ujar @pem****.

    “Jangan pecat admin X, wajarlah manusia bukan nabi,” jelas @fu**** yang mendukung admin Whoosh berkata kasar karena kesal STY akan diganti  Patrick Kluivert.

  • Tiket Kereta Cepat Whoosh Diskon 20% Pesan Lewat WhatsApp, Begini Caranya – Page 3

    Tiket Kereta Cepat Whoosh Diskon 20% Pesan Lewat WhatsApp, Begini Caranya – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Setelah masa libur akhir tahun berakhir, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) kembali memperkenalkan promo menarik bagi penumpang Whoosh. Penumpang perjalanan rombongan dapat menikmati diskon hingga 20% dengan proses pemesanan yang mudah melalui pesan WhatsApp.

    Masyarakat cukup menghubungi layanan WhatsApp Whoosh Group Reservation melalui chat di nomor 0813-4000-2920 pada hari kerja, pukul 09.00–17.00 WIB. Pemesan tiket kereta cepat Whoosh akan diminta untuk mengisi detail rencana perjalanan seperti tanggal, rute, jam, dan jumlah penumpang.

    Setelah dicek ketersediaannya, tim KCIC akan melakukan pengaturan tempat duduk rombongan dan secara paralel pemesan diminta menyerahkan data penumpang yang akan berangkat. Untuk kemudahan, pembayaran dapat dilakukan melalui transfer maupun debit ke loket Stasiun Halim.

    General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, melalui program ini penumpang rombongan dengan jumlah minimal 20 orang dapat mengajukan diskon diskon hingga 20% untuk perjalanan Whoosh kelas Premium Economy.

    “Diskon khusus ini kami berikan untuk memberikan kemudahan dan keuntungan seperti kemudahan pemesanan tiket tanpa perlu antre, pengaturan tempat duduk secara kolektif yang saling berdekatan, pendampingan petugas khusus untuk rombongan dengan jumlah tertentu, dan tentunya tarif khusus yang membuat perjalanan penumpang menjadi lebih hemat,” ujar Eva dalam keterangan tertulis, Selasa (7/1/2025).

    Pada tahun 2024 layanan rombongan KCIC telah melayani lebih dari 2.700 rombongan, dengan total penumpang mencapai 220.000 penumpang. Jenis rombongan yang paling banyak memanfaatkan layanan ini adalah rombongan perusahaan, sekolah, pemerintahan, dan masyarakat umum lainnya. Salah satu rombongan terbesar yang pernah memanfaatkan layanan ini adalah dari sebuah perusahaan keuangan dengan total hingga 3.000 penumpang dalam satu kali pemesanan untuk keperluan gathering perusahaan.

    Saat ini, rata-rata 50 rombongan setiap hari menghubungi layanan WhatsApp untuk mendapatkan informasi maupun melakukan pemesanan terkait tiket rombongan. Promo ini menjadi bentuk apresiasi KCIC kepada pelanggan setia yang terus mendukung Kereta Cepat Whoosh sebagai moda transportasi pilihan.

    “Layanan tiket rombongan dengan diskon 20% ini merupakan komitmen kami untuk memberikan pengalaman perjalanan yang mudah, nyaman, dan menyenangkan, khususnya bagi kelompok penumpang. Kami berharap program ini dapat dimanfaatkan oleh lebih banyak masyarakat untuk merasakan keunggulan Kereta Cepat Whoosh,” tutup Eva.

  • Admin Whoosh Viral Hina Patrick Kluivert, Pihak Manajemen Pastikan Beri Sanksi

    Admin Whoosh Viral Hina Patrick Kluivert, Pihak Manajemen Pastikan Beri Sanksi

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Akun resmi Kereta Cepat (Whoosh) tengah viral atas komentar tak pantas terhadap pengganti Shin Tae-yong, Patrick Kluivert.

    Karena komentar tak senonoh itu, pihak KCIC telah menghapusnya dan menyampaikan permohonan maaf.

    ”Perihal comment dengan text yang kurang pantas pada akun resmi di aplikasi X PT KCIC – Whoosh dengan ini, management PT KCIC menyatakan permohonan maaf atas kelalaian admin pengelolaan sosial media,” tulis unggahan Whoosh, Senin, (6/1/2025).

    Karena kelalaian admin Whoosh, pihak manajemen mengaku akan memberi sanksi sesuai aturan perusahaan.

    “Saat ini comment tersebut sudah dihapus dari akun resmi PT KCIC. Atas kejadian tersebut KCIC admin terkait akan diberikan sanksi sesuai aturan perusahaan,” tandasnya.

    Meski telah dihapus, komentar tersebut terlanjur viral karena hasil tangkapan layar yang dibagikan warganet.

    “Bahkan Whoosh peninggalan bapaknya fufufafa paham harus ngomong apaWe love you admin @KeretaCepatID,” tulis pemerhati sosial dan politik, Jhon Sitorus.

    “Akan jadi artefak di tengah huru hara #styout hari Senin, 06 Januari 2025,” ungkap @memo***.

    “Woi Whoosh, gua sebagai customer sebulan sekali lu, gua minta adminnya jangan dipecat, bahkan kalau bisa kasih naik gaji 5 persen, karena tweet nya sesuai fakta dan mewakili customer lu,” tambah @Cu***.