Whoosh Layani 22.000 Penumpang Selama Libur Panjang Isra Miraj-Imlek
Tim Redaksi
KARAWANG, KOMPAS.com
– PT Kereta Cepat Indonesia China (
KCIC
) melaporkan bahwa pada periode 24 hingga 25 Januari 2025, layanan kereta cepat
Whoosh
telah memberangkatkan sebanyak 44.500
penumpang
, dengan rata-rata 22.000 penumpang per hari.
Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 24 persen dibandingkan dengan hari biasa yang rata-rata hanya 17.000 penumpang.
General Manager Corporate Secretary PT KCIC, Eva Chairunisa, menyampaikan bahwa pada Sabtu, 25 Januari 2025, Whoosh melayani 22.000 penumpang.
Sebagian besar penumpang berasal dari Stasiun Halim, yang mencatat total 14.000 penumpang.
Stasiun Padalarang menyusul dengan 6.000 penumpang, diikuti Stasiun Tegalluar Summarecon dengan 2.000 penumpang, dan Stasiun Karawang yang melayani 400 penumpang.
Eva juga mengungkapkan bahwa penjualan tiket untuk periode 24 hingga 29 Januari 2025 telah mencapai 85.000 tiket.
Dari angka tersebut, 44.000 tiket merupakan penumpang yang sudah diberangkatkan pada 24 hingga 25 Januari 2025, sedangkan 41.000 tiket sisanya dijadwalkan untuk perjalanan pada 26 hingga 29 Januari.
Ia memprediksi jumlah ini akan terus bertambah, seiring dengan antusiasme masyarakat yang memanfaatkan
libur panjang
untuk bepergian menggunakan Whoosh.
“Puncak perjalanan sejauh ini terjadi pada 25 Januari, dengan 22.000 penumpang, di mana seluruh tiket dari 24 perjalanan Whoosh keberangkatan Stasiun Halim tujuan Karawang, Padalarang, dan Tegalluar Summarecon telah habis terjual,” ujar Eva dalam keterangan tertulis yang diterima
Kompas.com.
Untuk keberangkatan pada Minggu, 26 Januari 2025, Eva menyatakan bahwa tiket yang sudah terjual hingga siang hari telah mencapai 17.000 tiket.
Volume penumpang diprediksi akan mencapai lebih dari 20.000 per hari hingga perjalanan Whoosh terakhir.
Dalam upaya meningkatkan pengalaman perjalanan yang nyaman dan berkesan, KCIC terus meningkatkan pelayanan di stasiun-stasiun Whoosh.
Beberapa inisiatif baru meliputi penambahan tenant baru di Stasiun Halim dan Padalarang, termasuk kuliner, retail, dan UMKM, untuk memenuhi kebutuhan penumpang.
KCIC juga menyediakan area bermain yang aman dan nyaman bagi anak-anak yang ingin menghabiskan waktu sambil menunggu keberangkatan Whoosh.
Berbagai hiburan tematik juga disiapkan untuk menciptakan suasana stasiun yang lebih nyaman selama liburan kali ini.
Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang, KCIC menyiagakan 50 petugas passenger service mobile yang siap membantu penumpang di berbagai area stasiun dengan memberikan informasi dan pelayanan langsung.
Banyaknya penumpang baru yang ingin menggunakan Whoosh selama libur kali ini mendorong KCIC untuk menambah petugas guna melayani kebutuhan informasi penumpang.
Eva menyebutkan bahwa melonjaknya jumlah penumpang menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap Kereta Cepat Whoosh sebagai pilihan transportasi modern.
“Angka penjualan dan keberangkatan yang signifikan selama libur panjang ini menunjukkan bahwa Whoosh menjadi pilihan utama masyarakat untuk bepergian dengan cepat, aman, dan nyaman. Kami akan terus meningkatkan kualitas layanan untuk memastikan perjalanan setiap penumpang tetap lancar dan menyenangkan,” pungkas Eva.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
Perusahaan: PT Kereta Cepat Indonesia China
-

Sambut libur panjang, Whoosh siapkan 173 ribu kursi per hari
ANTARA – Dalam rangka menyambut libur panjang Isra Mi’raj dan Imlek 2025, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan 173.000 tempat duduk per hari. Manager Corporate Communication PT KCIC Emir Monti, Kamis (23/1) menyampaikan ketersediaan kursi itu berlangsung pada periode 24- 29 Januari 2025.
(Azhfar Muhammad Robbani/Yovita Amalia/Ludmila Yusufin Diah Nastiti) -

Sambut Libur Panjang Hari Besar Keagamaan, Whoosh Siapkan 173.000 Tiket
Jakarta, Beritasatu.com – Menyambut libur panjang akhir pekan hari besar keagamaan, PT KCIC, operator Whoosh menyediakan 173.000 tiket.
Sebanyak 173.000 tiket disediakan pada periode 24 Januari hingga 29 Januari 2025 untuk memberikan keleluasaan bagi penumpang guna merencanakan perjalanan dengan aman dan nyaman.
“KCIC telah mengantisipasi tingginya minat masyarakat untuk berlibur dengan mengoperasikan sebanyak 48 jadwal perjalanan Whoosh. Sebanyak 28.000 tempat duduk per hari disiapkan untuk melayani masyarakat yang ingin berlibur di masa libur panjang akhir pekan kali ini,” kata General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa, Kamis (23/1/2025).
Lebih jauh Eva mengatakan, tiket Whoosh pada masa libur panjang akhir pekan kali ini sudah dapat dipesan oleh masyarakat secara online melalui aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id serta aplikasi mitra seperti KAI Access, Livin Mandiri, Brimo, BNI Wondr, dan tiket.com.
“Serta jalur offline seperti loket dan ticket vending machine (TVM) di stasiun,” katanya.
Eva Chairunisa memprediksi rata-rata volume penumpang akan mencapai lebih dari 20.000 per hari pada momen libur kali ini. Peningkatan penumpang juga akan terjadi mulai Jumat (24/1/2024) yaitu sejak terakhir kerja.
“Sampai dengan saat ini, sebanyak 50.000 tiket yang telah dipesan untuk periode 24-29 Januari 2025. Jumlahnya diprediksi akan terus meningkat seiring penjualan yang masih terus berlangsung di seluruh saluran penjualan secara online dan offline,” ujar Eva Chairunisa.
-

Kereta Cepat Whoosh Operasikan 62 Perjalanan Per Hari Mulai 1 Februari 2025
Jakarta, Beritasatu.com – KCIC akan mengoperasikan 62 perjalanan Whoosh per hari mulai 1 Februari 2025, dari sebelumnya hanya 48 perjalanan. Hal ini karena pertumbuhan penumpang kereta cepat itu terus meningkat setiap hari.
Penambahan perjalanan Whoosh bertujuan untuk memberikan lebih banyak opsi bagi penumpang, meningkatkan fleksibilitas, serta mendukung kenyamanan perjalanan dengan jadwal yang bervariasi.
General Manager Coporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, Whoosh telah melayani lebih dari 7,5 juta penumpang sejak dioperasikan secara komersial pada Oktober 2023.
“Sejak beroperasi pada Oktober 2023, KCIC terus melakukan penambahan jadwal reguler secara bertahap. Pada saat awal diluncurkan, Whoosh beroperasi dengan 14 perjalanan reguler per hari, kemudian 28 perjalanan per hari di November 2023, 40 perjalanan per hari pada Desember 2023, dan menjadi 48 perjalanan per hari sejak Mei 2024. Nantinya jadwal perjalanan semakin diperbanyak menjadi 62 perjalanan per hari mulai Februari 2025” ujar Eva dalam keterangannya, Sabtu (18/1/2025).
Eva menambahkan, saat ini KCIC sedang melakukan proses finalisasi sistem ticketing Whoosh untuk rute baru tersebut. Masyarakat agar dapat tetap menunggu informasi resmi terbaru dari perusahaan mengenai tata cara dan waktu penjualan rute Whoosh keberangkatan mulai 1 Februari 2025.
“Penambahan jadwal perjalanan ini merupakan bentuk komitmen KCIC dalam memberikan layanan transportasi cepat yang aman, nyaman, dan fleksibel bagi masyarakat. Kami berharap penambahan ini dapat semakin mempermudah masyarakat dalam memanfaatkan layanan Whoosh, sekaligus menjawab kebutuhan transportasi cepat di tengah pertumbuhan jumlah penumpang yang terus meningkat.” tutup Eva.
/data/photo/2025/01/25/679460d2edaf0.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)

:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5109169/original/086190800_1737800104-7d1e7fe0-14f9-4148-9493-0d46d1ba2b23.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)


