Tak Libur Lebaran, Petugas Kebersihan PT KAI Pilih Mudik Duluan
Tim Redaksi
JAKARTA, KOMPAS.com
– Meskipun hari
Lebaran
selalu menjadi hari libur nasional, sejumlah pekerja di bidang jasa tidak terdampak tanggal merah itu. Salah satunya adalah
cleaner
atau petugas kebersihan PT Kereta Api Indonesia (KAI).
Agar tetap bisa berkumpul dengan keluarga, seorang petugas
cleaner
di Stasiun Manggarai bernama Faisal (26) memilih untuk mudik duluan sebelum Lebaran.
“Kemarin libur juga kan, libur Jumat tuh, sebelum hari Senin, mudik dulu,” kata Faisal saat ditemui di Stasiun Manggarai, Rabu (02/04/2025).
Hal ini mau tak mau dilakukan Faisal karena sistem kerjanya mengatur enam hari kerja dan satu hari libur. Pria dengan seragam hijau itu bahkan mendapatkan tugas bekerja di shift pagi di hari Lebaran pertama.
Masih dalam euforia hari kemenangan, Faisal berencana akan pulang lagi di hari liburnya.
“Enggak sih, enggak mudik. Tapi nanti saya Jumat libur, jadi besok kan masuk pagi pulang jam 2, saya pulang,” ungkapnya.
Jarak antara Faisal dan keluarga juga sudah bukan jadi masalah lagi.
Kondisi yang sama ternyata juga dialami kakaknya yang bekerja di bidang jasa. Mau tak mau, hubungan jarak jauh itu harus diterima dan dijalani saja.
“Keluarga juga biasa, soalnya kakak saya juga kerjanya kan dia di
bakery
ya. Masuk juga Lebaran, jadi ya jadi wajar aja,” ujar Faisal.
Merayakan Lebaran jauh dari keluarga bukan kali pertama untuk Faisal. Dua tahun menghadapi situasi yang sama membuat Faisal lebih dapat menerima keadaan.
Meskipun begitu, Faisal sempat sedih saat pertama kali merayakan Lebaran jauh dari keluarga. Tepatnya dua tahun yang lalu, saat dia masih bertugas di Stasiun Cikini.
“Yang sedih awal-awal doang sih, jauh dari keluarga,” katanya.
Meskipun mendapatkan giliran
shift
pagi di hari pertama Lebaran, Faisal mengatakan bahwa dia dan rekan kerjanya yang lain masih dapat menyempatkan diri menunaikan ibadah Shalat Idul Fitri di masjid terdekat.
“Kalau Lebaran kita boleh Shalat Ied dulu dan nanti habis Shalat Ied baru kita masuk lagi gitu,” ujar Faisal.
Pada akhirnya, Faisal hanya bisa menerima dan menjalankan tugasnya. Namun, dia tetap mensyukuri pekerjaannya.
“Alhamdulillah-nya saya pas Lebaran kebagiannya masuk pagi terus. Tapi enggak apa-apa sih, karena udah biasa juga gitu,” katanya.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.
Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia
-
/data/photo/2025/04/02/67ecff70eb001.jpeg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
Tak Libur Lebaran, Petugas Kebersihan PT KAI Pilih Mudik Duluan Megapolitan 2 April 2025
-

Simak Aturan Penggunaan Stop Kontak di Kereta, Jangan Sampai Kamu Tak Tahu!
PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjelaskan perihal penggunaan stop kontak sesuai aturan yang berlaku.
Tayang: Rabu, 2 April 2025 16:16 WIB
Instagram.com/ffajarpra_
Ilustrasi Kereta Api Penataran Dhoho
TRIBUNJAKARTA.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menjelaskan perihal penggunaan stop kontak sesuai aturan yang berlaku.
Pasalnya, stop kontak di setiap kursi kereta merupakan fasilitas yang diberikan untuk para pelanggan.
Vice President Public Relation KAI Anne Purba menjelaskan, fasilitas stop kontak yang ada hanya dibolehkan untuk pengisian daya perangkat elektronik pribadi seperti ponsel, tablet, atau laptop.
“Penggunaan untuk perangkat lain, terutama peralatan elektronik rumah tangga, tidak diperbolehkan karena dapat mengganggu kenyamanan penumpang lain dan berpotensi membahayakan keselamatan perjalanan,” ujar Anne dikutip dari Tribunnews, Rabu (2/4/2025).
Adapun dampak penggunaan perangkat elektronik dengan daya besar yang berlebihan dapat berdampak pada sistem kelistrikan kereta secara keseluruhan.
“Oleh karena itu, KAI mengimbau seluruh pelanggan untuk mematuhi aturan demi menjaga kenyamanan dan keselamatan bersama,” sambungnya.
KAI turut memastikan respons cepat terhadap setiap kendala yang dialami penumpang selama perjalanan.
Bila terdapat keluhan, seperti AC yang kurang optimal, penumpang dapat segera menghubungi petugas kondektur yang bertugas di dalam kereta.
lihat foto
Di tengah musim penghujan, tak jarang si kecil terserang batuk dan pilek. Termasuk terhadap balita yang baru memulai makanan pendamping Air Susu Ibu (mpASI). Konselor Menyusui dan PMBA, Dosen Universitas Respati Indonesia (URINDO), Yuna Trisuci mengatakan, saat di kecil batuk dan pilek ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan seksama.“Informasi kontak petugas kondektur tersedia di dinding masing-masing kereta,” terang Anne.
Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel TribunJakarta.com. Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya
“);
$(“#latestul”).append(“”);
$(“.loading”).show();
var newlast = getLast;
$.getJSON(“https://jakarta.tribunnews.com/ajax/latest?callback=?”, {start: newlast,section:’70856′,img:’thumb2′}, function(data) {
$.each(data.posts, function(key, val) {
newlast = newlast + 1;
newlast = newlast+1;
if(val.video) {
var vthumb = “”;
var vtitle = ” “;
}
else
{
var vthumb = “”;
var vtitle = “”;
}
if(val.thumb) {
var img = “”+vthumb+””;
var milatest = “mr140”;
}
else {
var img = “”;
var milatest = “”;
}
if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
else subtitle=””;
if(val.thumb) img = “”+vthumb+””;
else img = ”;
if(val.c_title) cat = “”+val.c_title+””;
else cat=””;
$(“#latestul”).append(“”+img+””);
});
$(“.loading”).remove();
});
}
else if (getLast > 150) {
if ($(“#ltldmr”).length == 0){
$(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
}
}
}
});
});function loadmore(){
if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
$(“#latestul”).append(“”);
$(“.loading”).show();
var newlast = getLast ;
$.getJSON(“https://jakarta.tribunnews.com/ajax/latest?callback=?”, {start: newlast,section:’70856′,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
$.each(data.posts, function(key, val) {
newlast = newlast+1;
if(val.video) {
var vthumb = “”;
var vtitle = ” “;
}
else
{
var vthumb = “”;
var vtitle = “”;
}
if(val.thumb) {
var img = “”+vthumb+””;
var milatest = “mr140”;
}
else {
var img = “”;
var milatest = “”;
}
if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
else subtitle=””;$(“#latestul”).append(“”+img+””);
});
$(“.loading”).remove();
});
}Berita Terkini
-

Video: 3,6 Juta Tiket KAI Habis Terjual-Jalur Fungsional Tol Japek II
Jakarta, CNBC Indonesia – PT Kereta Api Indonesia (KAI) melaporkan jumlah penjualan tiket kereta dari periode 21 maret hingga 1 April 2025 pukul 07.00 WIB tembus 3.601.556 tiket. Sementara untuk mengantisipasi lonjakan arus balik lebaran 2025, Jasa Marga menyiapkan jalur fungsional segmen Sadang, Bojongmangu, jalan tol Jakarta Cikampek atau Japek II Selatan.
Selengkapnya dalam program Exploring Mudik CNBC Indonesia, Rabu (02/04/2025) .
-
:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5175418/original/004802900_1742992619-20250325-Mudik_Senen-HER_2.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
13 Juta Orang Naik Layanan KAI selama Periode Angkutan Lebaran 2025 – Page 3
Liputan6.com, Jakarta PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat sudah ada 13,3 juta orang yang menggunakan layanan kereta api selama periode angkuta lebaran 2025. Paling banyak penumpang commuter line dan KA Lokal.
VP Public Relation KAI, Anne Purba menyampaikan total penumpang yang dilayani grup KAI mencapai 13.302.015 orang. Angka itu didapat selama periode 21-31 Maret 2025.
“Pencapaian ini menunjukkan peran strategis KAI Group dalam menyediakan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan andal bagi masyarakat selama periode mudik dan arus balik Lebaran,” kata Anne dalam keterangannya, dikutip Rabu (2/4/2025).
Rinciannya, 2.028.210 penumpang KA Jarak Jauh dan KA Lokal yang dikelola KAI, 10.195.714 penumpang Commuter Line dan KA Lokal yang dikelola KAI Commuter. Lalu, 119.463 penumpang LRT Sumsel, 7.126 penumpang KAI Wisata, 214.729 penumpang KAI Bandara, 143.427 penumpang Whoosh yang dikelola KCIC, 589.254 penumpang LRT Jabodebek, serta 4.092 penumpang KA Makassar-Parepare.
“Dalam periode Angkutan Lebaran 2025 yang berlangsung dari 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI Group menyediakan total 59.129.350 tempat duduk untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat,” kata Anne.
Dari total kapasitas tersebut, 98 persen merupakan layanan kelas ekonomi yang terdiri dari 2.164.488 tempat duduk untuk KA Ekonomi Jarak Jauh dan 55.635.358 tempat duduk untuk KA Ekonomi Lokal, termasuk layanan Commuter Line dan LRT Jabodebek.
Grup KAI juga terus mengembangkan layanan transportasi terintegrasi. Penumpang kini dapat menikmati kemudahan dalam perjalanan dengan konektivitas antar moda transportasi, seperti integrasi antara KA Jarak Jauh dengan Commuter Line, serta akses mudah ke LRT Jabodebek, Commuter Line, dan layanan kereta bandara.
“Melayani belasan juta pelanggan selama periode Lebaran adalah kebanggaan bagi KAI Group. Setiap perjalanan yang aman dan nyaman menjadi bukti nyata dari komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” tutup Anne.


:strip_icc():format(jpeg)/kly-media-production/medias/5175425/original/059923600_1742992621-20250325-Mudik_Senen-HER_9.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)

/data/photo/2025/04/02/67ecd0443ba7a.jpg?w=1200&resize=1200,0&ssl=1)
