Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • KAI Hadirkan 54 Unit Lokomotif Baru dari Paman Sam, NIlainya Rp3,56 Triliun

    KAI Hadirkan 54 Unit Lokomotif Baru dari Paman Sam, NIlainya Rp3,56 Triliun

    JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melakukaan pengadaan 54 unit lokomotif baru CC 205 asal Amerika Serikat (AS) senilai 222,5 juta dolar AS atau sekitar Rp3,56 triliun.

    Langkah ini dilakukan untuk memperkuat layanan angkutan batu bara di Sumatera Selatan dan Lampung.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan, investasi ini bukan sekadar pembaruan sarana, melainkan bentuk kontribusi nyata untuk mendukung ketahanan energi nasional dan keberlanjutan layanan logistik berbasis rel yang andal.

    “Sebagian besar batu bara yang diangkut KAI digunakan untuk bahan bakar PLTU yang menerangi rumah, kantor, hingga industri menengah maupun kecil di Jawa dan Bali. Inilah esensi investasi kami, menghadirkan manfaat besar bagi masyarakat luas,” ujar Anne dalam keterangan resmi, Selasa, 15 April.

    Saat ini, sambung Anne, batch pertama sebanyak 12 unit lokomotif sedang dalam proses pengiriman ke Indonesia dan dijadwalkan mulai beroperasi pada awal Juli 2025.

    “Sebelum dioperasikan, seluruh lokomotif akan menjalani serangkaian uji coba menyeluruh guna memastikan performa optimal dan aspek keselamatan maksimal di lapangan,” katanya.

    Sepanjang Maret 2025, KAI mencatat volume angkutan batu bara sebesar 4.446.255 ton, meningkat 5,28 lersen dibandingkan Maret 2024.

    Sementara selama Januari hingga Maret 2025, total batu bara yang berhasil diangkut mencapai 13.299.409 ton, tumbuh 7,58 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    “Dalam tiga bulan pertama tahun ini saja, kami sudah mengangkut 13,29 juta ton batu bara. Ini bukan sekadar angka, tapi bukti kereta api tetap menjadi moda logistik yang efisien, andal, dan esensial dalam menjaga pasokan bahan energi,” jelas Anne.

    Anne bilang volume batu bara mewakili 82,75 persen dari total angkutan barang KAI selama kuartal I 2025 yang mencapai 16.072.802 ton (unaudited).

    “Mayoritas pengangkutan dilakukan di wilayah KAI Divre III Palembang dan Divre IV Tanjungkarang dengan menggunakan lokomotif CC 205, dua wilayah krusial dalam rantai pasok batu bara nasional,” katanya.

    Dengan pendekatan logistik berbasis rel yang efisien dan ramah lingkungan, KAI tidak hanya berkontribusi terhadap pasokan energi, tetapi juga mengurangi ketergantungan pada moda transportasi berbasis jalan yang lebih rentan terhadap kemacetan dan cuaca ekstrem.

    “Kami ingin masyarakat tahu di balik lampu yang menyala di rumah dan industri yang terus berjalan, ada kerja besar dan terstruktur dari sistem transportasi logistik berbasis rel yang dilakukan oleh KAI,” ucapnya.

    Ke depan, sambung Anne, dengan penguatan sarana dan strategi operasional yang matang, KAI akan terus menjadi pilar penting dalam menjaga pasokan energi nasional, dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

    “Serta menjawab kebutuhan masyarakat modern yang semakin bergantung pada infrastruktur yang andal,” tutup Anne.

  • KAI Sumut layani 212.689 penumpang angkutan lebaran, meningkat 13 persen dibanding 2024

    KAI Sumut layani 212.689 penumpang angkutan lebaran, meningkat 13 persen dibanding 2024

    Sumber foto: Misriadi/elshinta.com.

    KAI Sumut layani 212.689 penumpang angkutan lebaran, meningkat 13 persen dibanding 2024
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 15 April 2025 – 21:23 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara mencatat 22 hari masa angkutan Lebaran yakni sejak tanggal 21 Maret s.d 11 April 2025, sebanyak 212.689 penumpang menggunakan kereta api di Sumatera Utara. Angka ini meningkat 13% dibanding angkutan Lebaran 2024 yakni periode 31 Maret s.d 21 April 2024 sebanyak 187.584 penumpang. 

    Rinciannya yaitu penumpang KA Putri Deli relasi Medan – Tanjung Balai PP sebanyak 92.316 penumpang, KA Sribilah Utama relasi Medan – Rantau Prapat PP sebanyak 72.769 penumpang, KA Siantar Ekspres relasi Medan – Siantar PP sebanyak 37.631 penumpang, KA Datuk Belambangan relasi Tebing Tinggi – Lalang PP sebanyak 6.565 penumpang, dan KA Cut Meutia relasi Krueng Mane – Krueng Geukeuh PP sebanyak 3.408 penumpang.

    Manager Humas KAI Divre I Sumut M. As’ad Habibuddin mengatakan, KAI Sumut bersama seluruh stakeholder berhasil mengawal dan melayani masyarakat yang melakukan perjalanan mudik dan balik dengan moda transportasi kereta api secara aman, nyaman, dan lancar. 

    ”Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaannya menggunakan jasa KAI untuk mudik Lebaran. Apresiasi setinggi-tingginya juga kami sampaikan kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan angkutan Lebaran 2025 ini,” kata As’ad .

    As’ad melanjutkan, 3 stasiun dengan jumlah keberangkatan penumpang KA Jarak Jauh tertinggi adalah Stasiun Medan dengan 62.537 penumpang, disusul Stasiun Rantau Prapat sebanyak 22.328 penumpang, dan Stasiun Kisaran sebanyak 20.924 penumpang.

    Sementara 3 stasiun kedatangan dengan volume penumpang KA Jarak Jauh tertinggi yaitu Stasiun Medan sebanyak 59.497 penumpang, Stasiun Rantau Prapat sebanyak 23.485 penumpang, dan Stasiun Kisaran sebanyak 22.522 penumpang.

    Adapun puncak arus mudik menggunakan kereta api di Sumatera Utara terjadi pada tanggal 29 Maret 2025, dengan jumlah pemudik mencapai 10.155 penumpang. Sedangkan puncak arus balik yakni tanggal 3 April 2025 dengan 12.358 penumpang.

    As’ad mengatakan, angka ini mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api sebagai pilihan utama dalam perjalanan mudik ataupun balik. KAI Sumut berkomitmen menghadirkan pengalaman perjalanan yang berkualitas bagi seluruh pelanggan.

    “Setelah angkutan Lebaran ini, KAI Sumut akan terus meningkatkan fasilitas baik di stasiun maupun di atas kereta. Agar layanan KAI semakin prima dan menjadi pilihan utama masyarakat. Tak hanya saat Lebaran, tapi juga untuk liburan dan perjalanan lainnya,” jelas As’ad seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Misriadi, Selasa (15/4). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • KAI Tambah Jadwal KA Yogyakarta–Gambir untuk Libur Panjang Paskah

    KAI Tambah Jadwal KA Yogyakarta–Gambir untuk Libur Panjang Paskah

    Bisnis.com, JAKARTA – Kalender kembali membawa kabar baik bagi para pencinta liburan. Minggu ini, tanggal merah kembali menyapa, memberi ruang rehat sejenak dari rutinitas.

    Hari Jumat, 18 April 2025 ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional dalam rangka Wafat Isa Almasih atau biasa dikenal Jumat Agung. Rangkaian Paskah yang jatuh pada Minggu 20 April, menciptakan long weekend yang tak boleh dilewatkan.

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) tak ketinggalan merespons antusiasme masyarakat yang ingin memanfaatkan momen ini untuk pulang kampung, berlibur, atau sekadar recharge ke tempat yang berbeda.

    KAI menghadirkan perjalanan Kereta Api Tambahan relasi Yogyakarta – Gambir (PP) selama periode 17 hingga 20 April 2025, demi memberikan kemudahan dan kenyamanan perjalanan pada momen akhir pekan panjang tersebut.

    “Kami memahami bahwa long weekend Paskah menjadi kesempatan berharga bagi masyarakat untuk bepergian. Oleh karena itu, KAI menambah perjalanan KA Yogyakarta – Gambir guna mengakomodasi lonjakan penumpang sekaligus memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba.

    Perjalanan KA Tambahan ini akan beroperasi dengan waktu yang ramah untuk para traveler. Dari Stasiun Yogyakarta, KA berangkat pukul 00.25 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 07.22 WIB. Sementara itu, dari Gambir, keberangkatan dijadwalkan pukul 15.20 WIB dan tiba kembali di Yogyakarta pada pukul 22.15 WIB.

    KA Tambahan Yogyakarta – Gambir ini menggunakan sarana unggulan Kereta Eksekutif Stainless Steel New Generation. Dengan desain modern serta kursi ergonomis yang nyaman untuk perjalanan jauh. Pengalaman naik kereta api kini menjadi bagian dari liburan itu sendiri, bukan hanya sekadar alat transportasi.

    Stasiun-stasiun perhentian dalam perjalanan ini juga menyuguhkan nuansa khas kota-kota di Jawa yang tak kalah memikat. Mulai dari Wates, Kutoarjo, Kebumen, Kroya, Purwokerto, Bumiayu, Cirebon, Jatibarang, Karawang, Bekasi, hingga Jatinegara. Perjalanan dengan kereta ini seperti mengajak penumpang menyusuri lorong-lorong eksotis Pulau Jawa dari jendela kereta.

    “Yogyakarta dan Jakarta selalu menjadi dua kota dengan mobilitas tinggi, apalagi di momen liburan. Penambahan perjalanan ini tidak hanya menjawab kebutuhan masyarakat, tetapi juga bagian dari upaya KAI untuk terus hadir sebagai sahabat perjalanan terbaik di setiap momen spesial,” lanjut Anne.

    Tak hanya sekadar perjalanan, naik kereta api kini menjadi gaya hidup baru. Tak ada stres terjebak kemacetan, tak perlu khawatir dengan keterlambatan, dan lebih ramah lingkungan. Semua kenyamanan ini bisa dinikmati sambil menyaksikan keindahan panorama pagi atau senja yang mengiringi sepanjang rel.

    Selain itu, pelanggan dapat dengan mudah memesan tiket KA Tambahan ini melalui aplikasi Access by KAI ataupun situs booking.kai.id. Proses pembelian cepat, transparan, dan tanpa repot—semuanya demi memastikan pengalaman terbaik sejak dari perencanaan perjalanan.

    KAI juga mengimbau kepada pelanggan untuk merencanakan perjalanan sejak dini, mengingat jumlah tempat duduk terbatas dan momen long weekend kerap membuat tiket cepat terjual habis.

    “Tak ada salahnya menyusun itinerary dari sekarang—mau menikmati matahari terbenam di Parangtritis Yogyakarta atau ngopi santai di Jalan Sabang Jakarta, semua bisa ditempuh dengan KA tambahan ini. KAI berkomitmen untuk selalu menjadi bagian dari cerita perjalanan masyarakat Indonesia. Dengan layanan yang terus ditingkatkan, kami ingin setiap perjalanan bersama KAI bukan hanya nyaman, tapi juga penuh kesan,” tutup Anne.

  • Angkutan Lebaran 2025 Tuntas, 200 Ribu Orang Gunakan Kereta Api di Daop 9 Jember

    Angkutan Lebaran 2025 Tuntas, 200 Ribu Orang Gunakan Kereta Api di Daop 9 Jember

    Liputan6.com, Jember – Masa Angkutan Lebaran 2025 yang digelar selama 22 hari resmi selesai pada Jumat (11/4/2025), total pelanggan yang menggunakan kereta api di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 9 Jember selama arus mudik dan balik sebanyak 223.209 penumpang.

    Jumlah tersebut mengalami peningkatan 14% dari Angkutan Lebaran 2024 yang mengangkut 208.798 penumpang pada periode yang sama. Untuk penumpang yang tiba di wilayah Daop 9 Jember mencapai 231.078 penumpang tumbuh 15 % dari Angkutan Lebaran 2024.

    “Masa Angkutan Lebaran 2025 telah selesai, KAI Daop 9 Jember sukses mengantarkan 223.209 penumpang untuk mudik maupun balik menggunakan kereta api mulai dari Pasuruan sampai Banyuwangi,” kata Manager Hukum dan Humasda KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro Minggu (13/4/2025)

    Tingginya jumlah penumpang pada angkutan lebaran kali ini tidak terlepas dari beroperasinya KA Ijen Ekspres relasi Ketapang – Malang PP, KA Mutiara Timur yang melayani relasi Stasiun Ketapang – Surabaya Pasar Turi PP secara reguler dan terdapat kereta api tambahan KA Mutiara Timur Tambahan relasi Ketapang – Surabaya Gubeng PP yang membawa kereta jenis panoramic.

    Hadirnya kereta panoramic pada masa Angkutan Lebaran Tahun 2025 membawa nuansa yang berbeda, dimana penumpang dapat menikmati pengalaman perjalanan yang lebih eksklusif dengan keindahan alam dari Pasuruan hingga Banyuwangi.

    Respons masyarakat sangat positif menggunakan kereta api panoramic, tercatat 1.102 penumpang menggunakan kereta api dari dan menuju wilayah Daop 9 Jember. Bahkan untuk masa arus balik dari tanggal 1-11 April, rata-rata okupansi melonjak mencapai 117% dengan memberangkatkan 524 penumpang keberangkatan dari wilayah Daop 9 Jember selama periode tersebut.

    Selain sukses mengantarkan ratusan ribu penumpang selama arus mudik dan balik, KAI Daop 9 Jember juga sukses menjaga operasional kereta api tetap aman, lancar dan terkendali. Selama 22 hari tersebut, dari 572 perjalanan kereta api yang beroperasi, tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 100 persen dan untuk kedatangan mencapai lebih dari 99 persen, serta tidak terdapat gangguan yang berarti baik gangguan operasional maupun gangguan kamtib di stasiun dan di jalur.

    “KAI Daop 9 menyampaikan apresiasi kepada pelanggan KAI atas kepercayaannya menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan untuk mudik dan balik pada libur lebaran tahun ini dengan selamat, aman, nyaman, dan sehat sampai tujuan. Serta apresiasi yang setinggi-tingginya KAI sampaikan untuk seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu yang telah mendukung suksesnya penyelenggaraan angkutan lebaran 2025,” tutup Cahyo.

     

    Kondisi Wanita yang Tertabrak Kuda Balap di Kebumen

  • Viral! Aksi Nekat Bule Rusia Naik KA Batubara dari Lampung

    Viral! Aksi Nekat Bule Rusia Naik KA Batubara dari Lampung

    Bandar Lampung, Beritasatu.com – Seorang warga negara asing (WNA) asal Rusia bernama Baga Vagabond membuat heboh warga Lampung, setelah aksinya menyelinap dan menumpang secara ilegal kereta api (KA) batubara rangkaian panjang (Babaranjang) dari Lampung menuju Sumatera Selatan bule Rusia itu viral di media sosial (medsos).

    Aksi tersebut diabadikan dalam kanal YouTube miliknya Vaga Vagabond, yang menayangkan perjalanannya menyusuri Sumatera dengan menaiki kereta barang milik PT KAI.

    Dalam video berdurasi 31 menit 3 detik itu, Baga menceritakan awal perjalanannya dari Jakarta menuju Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak–Bakauheni.

    Setelah tiba di Bakauheni, Lampung Selatan, ia melanjutkan perjalanan ke Bandar Lampung dan mengunjungi Stasiun UPT Depo Gerbong Tarahan di Kecamatan Panjang. Di lokasi tersebut, bule tersebut terekam mengikuti petugas kereta api, lalu tanpa izin menyelinap masuk ke gerbong kosong Babaranjang.

    Perjalanan ilegalnya pun dimulai dari Depo Tarahan. Selama menumpang kereta barang tersebut, bule Rusia tersebut merekam pemandangan sepanjang perjalanan, termasuk suasana pemukiman di pinggir rel dan aktivitas stasiun yang ia lewati.

    Kereta sempat berhenti di beberapa titik dan berpapasan dengan rangkaian lain, tetapi bule Rusia ini tetap bertahan hingga kereta mencapai wilayah Sumatera Selatan.

    Setelah video tersebut viral, pihak PT KAI Divre IV Tanjung Karang, Lampung menyayangkan tindakan ilegal WNA tersebut dan menyatakan akan segera melakukan investigasi.

    “Kami sangat menyesalkan tindakan WNA asal Rusia tersebut yang diduga terjadi pada Minggu, 27 Oktober 2024. KA Babaranjang adalah kereta barang yang tidak diperuntukkan bagi penumpang,” ujar Manajer Humas KAI Divre IV Tanjung Karang, Azhar Zaki Assjari, Senin (14/4/2025).

    Menurut Zaki, video yang tayang pada 11 April 2025 itu menjadi perhatian publik dan akan ditindaklanjuti dengan penyelidikan internal. “Jika terbukti ada kelalaian dari pihak kami, maka sanksi tegas akan diberikan sesuai ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

    Ia menambahkan, tindakan bule atau WNA asal Rusia tersebut tidak hanya melanggar aturan keselamatan perkeretaapian, tetapi juga membahayakan keselamatan diri sendiri dan operasional kereta api secara umum.

    “Aksi ini melanggar ketentuan dalam Pasal 183 ayat 1 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian,” jelasnya.

    Sebagai langkah antisipatif, pihak KAI kini telah meningkatkan koordinasi dengan aparat penegak hukum serta pihak imigrasi untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang.

    “Kami tidak ingin konten ini justru menjadi inspirasi bagi pihak lain untuk melakukan hal serupa yang melanggar hukum,” tutup Zaki.

    PT KAI Divre IV juga mengimbau masyarakat, termasuk WNA yang berada di wilayah Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung, untuk senantiasa mematuhi peraturan demi keselamatan dan kenyamanan bersama agar kejadian dilakukan oleh bule Rusia yang menaiki KA Babaranjang tersebut tidak terulang lagi.

  • Long Weekend Paskah, KAI Operasikan Kereta Api Tambahan Rute Yogyakarta-Gambir PP – Halaman all

    Long Weekend Paskah, KAI Operasikan Kereta Api Tambahan Rute Yogyakarta-Gambir PP – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah jadwal perjalanan kereta api saat long weekend atau libur panjang Paskah 2025.

    Dalam hal ini, KAI akan mengoperasikan kereta api tambahan rute Stasiun Yogyakarta tujuan Stasiun Gambir PP.

    “Long weekend Paskah segera tiba, KAI jalankan KA Tambahan Yogya-Gambir,” tulis @kai121_ dalam sebuah caption di akun Instagram.

    KA Tambahan YK-GMR ini akan mulai dijalankan pada 17 hingga 20 April 2025.

    Adapun KA Tambahan YK-GMR memiliki layanan full kelas eksekutif dengan menggunakan sarana Kereta Eksekutif New Generation.

    Jadwal Keberangkatan

    KA Tambahan YK-GMR yang menggunakan sarana Kereta Eksekutif New Generation akan berjalan satu kali dari Stasiun Yogyakarta dengan jam keberangkatan pukul 00.25 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 07.22 WIB

    Sementara untuk rute sebaliknya yakni dari Stasiun Gambir akan diberangkatkan pada pukul 15.20 dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 22:15 WIB.

    Harga Tiket

    KAI mematok harga tiket untuk KA Tambahan Yogyakarta-Gambir yakni mulai dari Rp 500.000 per orang untuk sekali perjalanan.

    Meski begitu, harga tiket dapat berubah menyesuaikan dengan ketersediaan seat atau tempat duduk.

    Isi Saldo KAIPay

    KAI telah meluncurkan dompet digital KAIPay sebagai alternatif metode pembayaran pada aplikasi Access by KAI.

    KAIPay hadir untuk memberikan keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat bertransaksi di aplikasi Access by KAI.

    Pembayaran yang dilakukan menggunakan KAIPay dipastikan aman, karena setiap transaksi memerlukan PIN KAIPay sebagai verifikasi pembayaran pelanggan. 

    Setiap pembayaran menggunakan KAIPay juga bebas biaya tambahan lainnya, sehingga pelanggan hanya perlu membayar sesuai tarif yang tertera saja.

    Untuk mengaktifkan fitur KAIPay, pengguna perlu mengupdate aplikasi Access by KAI ke versi terbaru terlebih dahulu. 

    Setelah itu, klik ikon KAIPay untuk melakukan aktivasi dengan melengkapi identitas dan melakukan verifikasi OTP yang dikirim via Whatsapp. Apabila nomor HP belum terdaftar Whatsapp, OTP akan dikirimkan melalui SMS.

    Cara Top Up KAIPay

    Pengisian saldo KAIPay dapat dilakukan melalui transfer virtual account di beberapa bank (ATM, internet banking, mobile banking, SMS banking) dan melalui minimarket Alfamart. 

    Berikut langkah-langkah atau cara top up KAIPay yang bisa Anda ikuti: 

    Buka aplikasi Access by KAI 
    Pilih menu KAIPay di halaman beranda 
    Klik ikon KAIPay
    Pilih menu “Top Up” 
    Selanjutnya akan tertera beberapa pilihan metode pengisian saldo, baik dari ATM, internet banking, mobile banking, SMS banking, atau gerai ritel 
    Klik metode yang diinginkan
    Setelah itu, akan muncul nomor virtual account untuk top up KAIPay
    Ikuti petunjuk yang tersedia untuk menyelesaikan transaksi.

    Setelah berhasil mengisi saldo KAIPay, Anda dapat menggunakannya untuk membeli tiket kereta api.

    Adapun langkah-langkah membeli tiket kereta api dengan metode pembayaran KAIPay yakni sebagai berikut:

    – Buka aplikasi Access by KAI 

    – Pilih menu “Antar Kota” 

    – Masukkan kota asal dan tujuan 

    – Pilih tanggal keberangkatan, lalu tap “Cari Tiket Antar Kota” 

    – Pilih kereta dan lakukan pengisian data penumpang (nama, email, dan nomor HP) 

    – Klik “Lanjutkan” 

    – Jika data sudah sesuai, klik “Ya, Lanjutkan” 

    – Pilih kursi dan klik “Lanjutkan” 

    – Pada halaman “Rincian Pemesanan”, centang kotak persetujuan syarat dan ketentuan 

    – Kemudian klik “Bayar” 

    – Saat masuk ke menu Metode Pembayaran, silakan pilih “Bayar KAIPay” 

    – Ikuti petunjuk berikutnya hingga transaksi berhasil.

    (Tribunnews.com/David Adi)

  • KAI tutup 74 perlintasan sebidang selama triwulan I 2025

    KAI tutup 74 perlintasan sebidang selama triwulan I 2025

    Senin, 14 April 2025 18:57 WIB

    Sejumlah pengendara sepeda motor menyeberangi jalur perlintasan kereta api tanpa palang pintu di kawasan Roxy, Gambir, Jakarta, Senin (14/4/2025). PT Kereta Api Indonesia (KAI) menutup 74 perlintasan sebidang selama triwulan I 2025 meliputi 24 perlintasan memiliki izin resmi dan 50 perlintasan tidak memiliki izin resmi untuk mengurangi interaksi langsung antara kendaraan warga dan kereta api yang dapat menyebabkan kecelakaan. ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/rwa.

    Sejumlah pengendara sepeda motor menunggu untuk menyeberangi jalur perlintasan kereta api tanpa palang pintu di kawasan Roxy, Gambir, Jakarta, Senin (14/4/2025). PT Kereta Api Indonesia (KAI) menutup 74 perlintasan sebidang selama triwulan I 2025 meliputi 24 perlintasan memiliki izin resmi dan 50 perlintasan tidak memiliki izin resmi untuk mengurangi interaksi langsung antara kendaraan warga dan kereta api yang dapat menyebabkan kecelakaan. ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/rwa.

  • Dukcapil Jaksel awasi data pendatang baru lewat daring

    Dukcapil Jaksel awasi data pendatang baru lewat daring

    Penumpang berjalan keluar saat tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (3/1/2024). PT Kereta Api Indonesia mencatat telah melayani sebanyak 18.217.744 juta penumpang di Pulau Jawa, Sumatra dan Sulawesi pada periode libur Nataru. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/foc.

    Dukcapil Jaksel awasi data pendatang baru lewat daring
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Minggu, 13 April 2025 – 14:07 WIB

    Elshinta.com – Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan mengawasi data pendatang baru melalui laman daring agar tepat dan akurat.

    “Untuk cek pendatang bisa melalui ‘website’. Jadi, bisa cek langsung,” kata Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Selatan Muhammad Nurrahman saat dihubungi di Jakarta, Minggu.

    Nurrahman mengatakan melalui laman https://kependudukancapil.jakarta.go.id/amuba/, maka masyarakat bisa memantau berapa banyak pendatang baru ke Jakarta pasca mudik Lebaran. Dari laman tersebut, sudah tersimpan identitas para pendatang mulai dari penghasilan, jenis kelamin, kelompok umur hingga wilayah Jakarta yang akan dituju.

    “Makanya kita kan mensyaratkan penjamin tempat tinggal, untuk cek kondisi kartu keluarga (KK) di alamat tersebut,” ujarnya.

    Nantinya, data ini diperbaharui secara berkala setiap H+1 selama periode pemantauan, yakni dari Selasa (8/4) hingga Minggu (8/6). Kemudian, diingatkan pula kepada pendatang baru untuk mempunyai Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) atau surat pindah dari daerah asal jika ingin tinggal di Jakarta.

    Terlebih, pemerintah sudah tidak lagi melaksanakan Operasi Yustisi sejak 2018 sehingga pendatang baru penting untuk memiliki dokumen kependudukan. Dia juga mengimbau kepada mereka yang tidak berkeinginan pindah untuk tetap melapor kepada RT/RW setempat.

    Berdasarkan data dari Dinas Dukcapil DKI, sebanyak 1.084 pendatang baru masuk ke Jakarta pada periode Selasa (8/4) – Jumat (11/4). Dari jumlah tersebut, 572 di antaranya adalah perempuan dan 512 laki-laki. Wilayah yang menjadi tujuan terbanyak yakni Jakarta Timur. Disusul Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat, dan Kepulauan Seribu.

    Sumber : Antara

  • KAI Group Layani 29,17 Juta Pelanggan Selama Masa Angkutan Lebaran 2025

    KAI Group Layani 29,17 Juta Pelanggan Selama Masa Angkutan Lebaran 2025

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatatkan peningkatan kinerja ketepatan waktu atau On Time Performance (OTP) kereta api selama masa Angkutan Lebaran 2025 yang berlangsung pada 21 Maret hingga 11 April 2025.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan OTP keberangkatan kereta api mencapai 99,69%, meningkat dari tahun sebelumnya sebesar 99,50%. Sementara itu, OTP kedatangan juga naik menjadi 97,23% dibandingkan dengan 96,90% pada masa Angkutan Lebaran 2024.

    “Kami berupaya maksimal menjaga ketepatan waktu kereta api, meskipun jumlah pelanggan meningkat signifikan selama periode Lebaran,” kata Anne dalam keterangan tertulis, Minggu (13/4/2025).

    Anne menyebut peningkatan ini mencerminkan komitmen KAI dalam memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan.

    KAI Group mencatat total 29.170.705 pelanggan terlayani selama masa angkutan Lebaran 2025. Jumlah tersebut mencakup layanan kereta api jarak jauh dan lokal, commuter line, KA Bandara, hingga LRT dan Whoosh.

    Rinciannya, sebanyak 4.707.628 pelanggan merupakan pengguna layanan KA jarak jauh dan lokal KAI, 22.036.363 pelanggan KAI Commuter, 18.698 pelanggan KA Bandara di Medan dan Yogyakarta, 341.100 pelanggan Whoosh yang dikelola KCIC, 343.706 pelanggan LRT Sumatera Selatan, 1.222.825 pelanggan LRT Jabodebek, 18.698 pelanggan KA Makassar-Parepare, dan 19.560 pelanggan dari layanan KAI Wisata.

    Anne menyampaikan bahwa jumlah pelanggan tersebut menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api yang semakin andal, tepat waktu dan memberikan kenyamanan lebih.

    “Capaian ini adalah bentuk nyata dari kepercayaan publik terhadap layanan kami yang terus berkembang. Masyarakat kini semakin sadar pentingnya menggunakan transportasi publik sebagai solusi mobilitas yang efisien sekaligus peduli lingkungan,” ujar Anne.

    KAI menyiapkan langkah-langkah strategis untuk menjaga dan meningkatkan OTP, antara lain dengan menambah petugas operasional, melakukan pemeliharaan sarana dan prasarana secara intensif, serta mengoptimalkan sistem pengaturan perjalanan kereta.

    Selama masa Angkutan Lebaran, KAI Group melakukan koordinasi intensif dengan seluruh anak usahanya guna memastikan layanan berjalan optimal dan terintegrasi. KAI Commuter menjaga kelancaran perjalanan di wilayah aglomerasi, KAI Logistik berperan penting dalam distribusi barang, KCIC mengoperasikan layanan kereta cepat Whoosh, KAI Bandara mendukung konektivitas ke dan dari bandara, KAI Wisata menyediakan layanan perjalanan kelas luxury, serta KAI Services mengerahkan petugas dari berbagai lini layanan seperti kebersihan dan parkir untuk menjamin kenyamanan pelanggan di stasiun dan kereta.

    Selain itu, pemanfaatan teknologi dan digitalisasi menjadi kunci dalam mendukung kelancaran operasional kereta api, termasuk dalam pengaturan jadwal dan informasi kepada pelanggan secara real-time melalui aplikasi Access by KAI.

    KAI juga terus mengembangkan sistem peringatan dini dan monitoring perjalanan kereta berbasis digital, yang mampu meminimalkan potensi gangguan serta mempercepat respons terhadap situasi di lapangan.

    “Peningkatan OTP ini bukan hanya tentang angka, tetapi tentang pengalaman perjalanan pelanggan yang lebih baik bebas dari kemacetan. Ketepatan waktu adalah bentuk penghargaan kami terhadap waktu para pelanggan,” jelas Anne.

    (kil/kil)

  • Selama Lebaran, KAI Daop 6 Amankan Barang Tertinggal Rp 287 Juta

    Selama Lebaran, KAI Daop 6 Amankan Barang Tertinggal Rp 287 Juta

    Yogyakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta mengamankan 129 barang tertinggal milik penumpang. Barang dengan total nilai mencapai Rp 287,73 juta ini diamankan selama masa Angkutan Lebaran 2025 mulai 21 Maret hingga 11 April 2025.

    Barang-barang tertinggal tersebut telah tercatat dan diamankan melalui sistem lost and found KAI, sebagai bentuk layanan terhadap pelanggan yang kehilangan barang saat menggunakan moda transportasi kereta api.

    “Barang-barang yang tertinggal terdiri dari gadget, pakaian, jam tangan, uang tunai, emas, dompet, jaket, helm, dan lainnya. Sebagian besar telah berhasil dikembalikan kepada pemiliknya,” ujar Manajer Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Feni Novida Saragih kepada Beritasatu.com, Minggu (13/4/2025).

    Melalui sistem lost and found, lanjut Feni, KAI menunjukkan komitmen dalam menjaga keamanan dan kenyamanan pelanggan.

    Penumpang yang kehilangan barang dapat langsung menghubungi petugas di stasiun atau melalui contact center KAI 121 untuk pelaporan dan penanganan cepat.

    “Kami ingin masyarakat semakin yakin memilih kereta api sebagai moda transportasi massal yang efisien, ramah lingkungan, serta menjunjung tinggi aspek keamanan dan kenyamanan,” kata Feni.

    Meski barang bawaan menjadi tanggung jawab pribadi, Feni menegaskan KAI tetap berkomitmen memberikan layanan terbaik dengan mengamankan dan mengembalikan barang-barang yang tertinggal.