Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Libur panjang Kenaikan Yesus Kristus 2025, KAI Daop 6 Yogyakarta siapkan 83.108 kursi

    Libur panjang Kenaikan Yesus Kristus 2025, KAI Daop 6 Yogyakarta siapkan 83.108 kursi

    Sumber foto: Agung Santoso/elshinta.com.

    Libur panjang Kenaikan Yesus Kristus 2025, KAI Daop 6 Yogyakarta siapkan 83.108 kursi
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Rabu, 28 Mei 2025 – 15:32 WIB

    Elshinta.com – Menyambut antusiasme masyarakat selama libur panjang Kenaikan Yesus Kristus 2025, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta menyiapkan 83.108 tempat duduk untuk perjalanan kereta api (KA) jarak jauh. Layanan ini akan beroperasi pada periode 28 Mei hingga 1 Juni 2025.  

    Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih, menjelaskan bahwa pihaknya akan mengoperasikan 31 KA jarak jauh, terdiri dari 25 KA reguler, 2 KA fakultatif, dan 4 KA tambahan. “Tiket untuk KA tambahan sudah bisa dipesan melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, atau mitra penjualan resmi KAI,” ujarnya.  

    Hingga Senin (25/5) pukul 16.00 WIB, penjualan tiket telah mencapai 41.989 kursi (51% okupansi). KA tambahan ini disiapkan untuk memenuhi lonjakan permintaan rute favorit seperti Yogyakarta/Solo-Jakarta dan Yogyakarta-Bandung.  

    Daftar KA Tambahan dan Fakultatif diantaranya KA Fakultatif yakni Sancaka Fakultatif (88F) jurusan Yogyakarta-Surabaya Gubeng, berangkat 22.25 WIB,Kamis-Minggu. Kemudian kereta Batavia (7005) jurusan Solo Balapan-Gambir, berangkat 22.00 WIB, Kamis-Minggu. Kemudian untuk KA Tambahan (28 Mei–2 Juni 2025): SLO-PSE (7025) jurusan Solo Balapan-Pasar Senen, berangkat 04.00 WIB, LPN-PSE (10229) jurusan Lempuyangan-Pasar Senen, berangkat 06.00 WIB. Selanjutnya, YK-GMR (7037A) jurusan Yogyakarta-Gambir, berangkat 18.20 WIB.  

    “Lodaya Tambahan (7013A) jurusan Solo Balapan-Bandung, berangkat 21.40 WIB,” terangnya seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Agung Santoso, Rabu (28/5).

    KAI mengimbau masyarakat untuk membeli tiket lebih awal dan mematuhi prosedur keselamatan. Informasi lebih lanjut dapat diperoleh melalui Contact Center KAI 121, WhatsApp (0811-1211-121), atau media sosial @KAI121.  

    “Kami berharap masyarakat dapat menikmati perjalanan dengan nyaman dan aman selama libur panjang ini,” pungkas Feni.  

    Sumber : Radio Elshinta

  • KAI Logistik Kantongi Izin Angkut 13 Jenis Limbah B3 – Page 3

    KAI Logistik Kantongi Izin Angkut 13 Jenis Limbah B3 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Perkuat Peran Logistik Nasional Ramah Lingkungan PT Kereta Api Indonesia (Persero) melalui anak usahanya, KAI Logistik, resmi memperoleh izin dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk mengangkut 13 jenis bahan berbahaya dan beracun (B3) menggunakan moda kereta api.

    Langkah ini mempertegas komitmen perusahaan dalam mendukung sistem logistik nasional yang berkelanjutan dan aman bagi lingkungan.

    Menurut Direktur Pengembangan Usaha KAI Logistik, Riyanta, pemanfaatan kereta api sebagai moda transportasi B3 merupakan strategi penting dalam menekan emisi karbon.

    “Ini juga serta meningkatkan keselamatan distribusi bahan berisiko tinggi yang selama ini didominasi oleh transportasi darat,” ungkapnya, Rabu (28/5/2025).

    13 Jenis Limbah B3 Siap Didistribusikan

    Adapun 13 jenis B3 yang kini resmi dapat diangkut KAI Logistik mencakup Nitrogen, Ammonia, Argon, Asam Sulfat, Ethanol, Hidrogen Peroksida 50%, Isopropyl Alcohol, Sodium Hydroxide, Phenol, Carbonic Acid, Hexana Extration, Caustic Soda Pearl, dan Methanol.

    Proses pengangkutannya mengikuti ketentuan Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Bahan Berbahaya dan Beracun, termasuk standar pengemasan, pelabelan, hingga manajemen risiko yang ketat.

     

  • KAI rutin adakan pelatihan keamanan pangan untuk pelaku usaha

    KAI rutin adakan pelatihan keamanan pangan untuk pelaku usaha

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta rutin mengadakan pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji (KPSS) pada pemilik usaha makanan dan minuman di area stasiun operasional Daop 1 untuk memastikan keamanan produk yang mereka jual.

    “Dengan pelatihan ini, KAI ingin menjamin bahwa makanan dan minuman yang dijual di area stasiun aman dikonsumsi serta memenuhi standar kesehatan. Ini juga sebagai upaya meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap layanan kami,” ujar Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, di Jakarta, Rabu.

    Adapun kegiatan pelatihan melibatkan perwakilan KAI Services dan tim dari Unit Kesehatan Daop 1, tim suku dinas kesehatan serta puskesmas. Materi pelatihan mencakup higiene perorangan, sanitasi lingkungan, potensi cemaran pangan, serta prosedur penyajian makanan yang memenuhi standar kesehatan.

    Peserta yang dinyatakan lulus akan memperoleh Sertifikat Pelatihan KPSS yang dapat diverifikasi secara daring melalui situs resmi Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

    Pelatihan semacam ini diselenggarakan secara rutin dan gratis sebagai bentuk kolaborasi antara KAI dan instansi terkait untuk meningkatkan kualitas layanan di lingkungan stasiun.

    Pelatihan Keamanan Pangan Siap Saji (KPSS) Batch II Tahun 2025 diadakan di Ruang Rapat Jayakarta, Kantor Daop 1 Jakarta pada Selasa (27/5), diikuti para tenant di bidang usaha makanan dan minuman di wilayah operasional Daop 1.

    Dalam sambutannya, Plt. Manajer Kesehatan Daop 1 Jakarta, Muhammad Wahyu Santoso, mengatakan pelatihan ini menjadi langkah penting dalam mencegah penyebaran penyakit bawaan makanan serta mendukung ekosistem makanan yang aman dan sehat di stasiun.

    Sementara itu, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat, Novita Suprapto Wati menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari Standar Pelayanan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta untuk memberikan pembekalan menyeluruh kepada para penjamah pangan.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Museum Marketing Philip Kotler Hadir di Indonesia

    Museum Marketing Philip Kotler Hadir di Indonesia

    Jakarta: Dunia pemasaran mencatat tonggak sejarah baru. Museum pemasaran pertama di dunia yang mengusung nama Philip Kotler, tokoh legendaris dalam dunia pemasaran modern, resmi hadir di Jakarta dengan nama Philip Kotler Museum of Marketing with Hermawan Kartajaya.

    Peluncuran museum ini dilakukan bertepatan dengan ulang tahun ke-94 Prof. Philip Kotler. Sosok yang dikenal sebagai “Bapak Marketing Modern” ini meresmikan museum secara online dari Chicago, Amerika Serikat.

    “Saya selalu memiliki kedekatan khusus dengan Indonesia. Saya sudah beberapa kali berkunjung dan setiap kali datang, saya selalu merasa terinspirasi. Indonesia telah menjadi sumber ide-ide pemasaran yang segar. Indonesia menjadi sebuah contoh nyata dari semangat ‘Asia to the World’ dalam dunia marketing,” ujar Philip Kotler dikutip Senin, 27 Mei 2025.

    Founder & Chair of MCorp, Brian Yuliarto  turut meresmikan Philip Kotler Museum of Marketing with Hermawan Kartajaya melalui sebuah video sambutan.

     “Menjadi sebuah kehormatan besar bagi saya untuk turut meresmikan museum ini meski secara online. Kita tahu Philip Kotler sebagai tokoh besar yang telah mentransformasi dunia pemasaran dengan gagasannya yang visioner. Museum ini sekadar sebagai tempat untuk mengenang sebuah pemikiran tetapi juga wahana pembelajaran yang hidup,” ujar Brian Yuliarto.

    Hermawan  Kartajaya, Founder & Chair MCorp saat acara peresmian di MCorp Main Campus Jakarta menuturkan museum ini berakar dari pendirian Museum Marketing 3.0 pada tahun 2011 yang terletak di Museum Puri Lukisan, Ubud, Bali.

    “Museum ini saya inisiasi dan diresmikan langsung oleh Philip Kotler bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-80 bekerja sama dengan keluarga Kerajaan Ubud,” ujar dia.

    Kini, dengan tampilan dan konsep baru yang lebih relevan, Philip Kotler Museum of Marketing with Hermawan Kartajaya hadir di Jakarta untuk menjangkau lebih banyak pelaku bisnis, pegiat pemasaran, hingga akademisi. Hermawan juga menjelaskan bahwa Museum ini terdiri dari enam bagian, dimulai dari area penghormatan kepada keluarga Kerajaan Ubud, lalu masuk ke tiga area inti: Key Elements of Marketing, Tech Marketing, dan Entrepreneurial Marketing, yang masing-masing mencerminkan pilar dasar dari konsep museum ini.

    “Sebagai studi kasus nyata, kami juga menampilkan transformasi digital dari PT Kereta Api Indonesia serta inisiatif digitalisasi inovatif dari Bank Mandiri yang merepresentasikan implementasi nyata marketing masa kini,” ungkap Hermawan.

    Tiga Pilar Utama Museum ini menyuguhkan pengalaman edukatif berbasis teknologi dengan visualisasi konsep-konsep pemasaran yang telah dikembangkan Philip Kotler dan Hermawan Kartajaya.

    Pengunjung akan diajak menjelajahi tiga area utama: 1. Key Element of Marketing Menjelaskan konsep fundamental pemasaran seperti 5 Drivers, 4C Diamond Analysis, dan 9 Core Elements of Marketing. 2. Tech Marketing Menampilkan evolusi pemasaran dari Marketing 1.0 (Product-Centric) hingga Marketing 6.0 (Immersive).

     Area ini diperkuat dengan video mapping dan gamifikasi interaktif berbasis Augmented Reality (AR) untuk pengalaman yang imersif dan menyenangkan buah kerja sama dengan Assemblr, startup teknologi asli Indonesia.

     Entrepreneurial Marketing Mengusung konsep OMNIHOUSE Model, yang memadukan elemen CI-EL (Creativity, Innovation, Entrepreneurship, Leadership) dan PI-PM (Productivity, Improvement, Professionalism, Management) sebagai pendekatan holistik dalam kewirausahaan.

    PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) menampilkan perjalanan transformasi digital mereka dalam museum ini. Bank Mandiri menghadirkan empat pilar transformasi: People, Process, Technology, dan ESG.

    Dimulai dari pembangunan budaya M-DNA di seluruh insan Mandirian, inovasi layanan melalui Smart Branch, integrasi digital melalui Livin’, Livin’ Merchant, dan Kopra, hingga komitmen pada praktik berkelanjutan yang menyentuh aspek sosial dan lingkungan. 

    “Peresmian museum ini merupakan momen penting bagi kami sebagai mitra yang ikut berkontribusi. Kami percaya, museum ini bisa menjadi tempat belajar bersama, termasuk dalam membagikan perjalanan transformasi yang telah dilakukan Bank Mandiri. Kami harap, museum ini bisa ikut mendorong peningkatan kemampuan masyarakat Indonesia di bidang pemasaran dan bisnis,” ujar Darmawan Junaidi, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. 

    Sementara itu, KAI memperlihatkan evolusi layanan transportasi nasional dari masa pasca kemerdekaan hingga era digital saat ini. Fase awal ditandai dengan operasional manual dan infrastruktur dasar, yang kemudian bertransformasi menjadi sistem berbasis digital melalui aplikasi KAI Access, e-ticketing, dan integrasi multi-layanan.

    “Kami sangat bangga dapat menjadi bagian dari museum ini. Keterlibatan kami merupakan bentuk kontribusi nyata bahwa sektor transportasi juga bisa menjadi pelaku utama dalam perubahan pola pemasaran modern. Harapannya, kolaborasi ini dapat memberikan dampak positif bagi ekosistem pemasaran Indonesia,” ujar Didiek Hartantyo, Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero).

    Kini, KAI melangkah ke fase prediktif dan personal, menghadirkan face recognition check-in, pelacakan real-time, sistem pembayaran lintas platform, hingga fitur carbon footprint tracker. Kedua perusahaan ini menjadi bukti konkret bahwa transformasi digital di Indonesia bukan sekadar wacana, tetapi telah menjadi bagian integral dari strategi dan pelayanan masa depan.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (SAW)

  • Distribusi BBM di Bengkulu terganggu, Pelindo II harus gerak cepat pengerukan

    Distribusi BBM di Bengkulu terganggu, Pelindo II harus gerak cepat pengerukan

    Sumber foto: Antara/elshinta.com.

    Analis: Distribusi BBM di Bengkulu terganggu, Pelindo II harus gerak cepat pengerukan
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 27 Mei 2025 – 13:11 WIB

    Elshinta.com – Analis Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah meminta Pelindo II untuk mempercepat pengerukan Pelabuhan Pulau Baai. Karena berlarut-larutnya pengerjaan, sangat berdampak terhadap berbagai sektor ekonomi, termasuk terganggunya distribusi BBM Pertamina kepada masyarakat. 

    ”Besar sekali dampaknya, termasuk distribusi BBM. Makanya, Pelindo II harus gerak cepat terhadap pengerukan. Ini adalah bagian dari tanggung jawab,” tegas Trubus kepada media hari ini. 

    Menurut Trubus, percepatan pekerjaan pengerukan, hanya satu bagian dari tanggung jawab BUMN tersebut. Tak kalah penting, kata dia, Pelindo II juga harus bertanggung jawab kepada masyarakat. Karena ada kerugian publik di sana, termasuk bertambahnya cost masyarakat. ”Ekspor terdampak, roda perekonomian masyarakat juga sangat terdampak. Jadi, efek dominonya besar sekali, termasuk kepada publik,” lanjutnya. 

    Selain itu, imbuh Trubus, tentu saja harus ada perbaikan tata kelola, dimana di dalamnya ada transparansi. 

    Sebelumnya, Gubernur Bengkulu Helmi Hasan juga meminta PT Pelindo II serius menangani pendangkalan alur Pelabuhan Pulau Baai, Kota Bengkulu.

    “Ini sudah darurat. Masyarakat terus bertanya, kapan bisa pulang ke Enggano? Kapan anak-anak bisa kembali sekolah di Kota Bengkulu? Kalau Pelindo tidak bisa memastikan kapan alur bisa dilewati kapal, lalu apa yang sudah dikerjakan selama ini,” kata Gubernur Bengkulu Helmi Hasan.

    Menurutnya, kapal-kapal pengangkut BBM milik Pertamina serta kapal penumpang dan logistik yang melayani Enggano sangat membutuhkan akses pelayaran yang aman dan lancar.  “Ini menyangkut hajat hidup orang banyak. Kita ingin semuanya aman dan arus pelayaran berjalan lancar,” kata Helmi ketika itu.

    Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Doni Swabuana, menyebut, Pertamina juga sangat terdampak dengan pendangkalan tersebut. Biasanya Pertamina menggunakan jalur laut untuk mengirim BBM ke Bengkulu, tetapi sekarang harus beralih ke jalur darat. “Kerugian yang disampaikan Pertamina kepada kami sebesar Rp 500 juta per hari,” kata dia. 

    Di sisi lain, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel terus berkomitmen untuk menjaga keandalan distribusi dan menjamin ketersediaan Bahan Bakar Minyak (BBM) bagi masyarakat Bengkulu. 

    Seperti disampaikan Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan, Pertamina terus memperkuat langkah percepatan distribusi melalui penambahan armada mobil tangki, percepatan penyaluran dari berbagai titik suplai, serta koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) untuk suplai ke FT Lubuk Linggau dan pemerintah daerah setempat, terus dilakukan agar distribusi energi di wilayah Bengkulu tetap berjalan dengan aman dan berkesinambungan.

    “Kami terus menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak melakukan pembelian BBM secara berlebihan. Pasokan akan terus dimaksimalkan sesuai kebutuhan masyarakat di wilayah Bengkulu dan sekitarnya,” jelasnya.

    Selain itu, lanjut Nikho, Petamina Patra Niaga Regional Sumbagsel juga menyampaikan permohonan maaf atas terjadinya antrean dan keterbatasan pasokan BBM yang sempat terjadi di sejumlah SPBU di wilayah Bengkulu dalam beberapa hari terakhir.

    “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang sempat terjadi. Situasi ini merupakan dampak dari kondisi di luar kendali kami, namun Pertamina berkomitmen penuh untuk menjaga ketersediaan energi. Kami pastikan pasokan BBM untuk masyarakat Bengkulu terus diupayakan agar kembali normal secara bertahap,” ujar Nikho. 

    Sumber : Elshinta.Com

  • Area jalur rel Tanah Abang-Duri dibenahi

    Area jalur rel Tanah Abang-Duri dibenahi

    Petugas menertibkan sejumlah titik jalur rel antara Stasiun Tanah Abang hingga Stasiun Duri, Jakarta, Selasa (27/5/202) untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api dan menciptakan ketertiban di sekitar jalur rel. ANTARA/HO-PT KAI Daop 1 Jakarta

    Area jalur rel Tanah Abang-Duri dibenahi
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Selasa, 27 Mei 2025 – 20:55 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta membenahi sejumlah titik jalur rel antara Stasiun Tanah Abang hingga Stasiun Duri untuk menjaga keselamatan perjalanan kereta api dan menciptakan ketertiban di sekitar jalur rel.

    Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Selasa, mengatakan, pembenahan atau penertiban ini mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

    Pasal 181 ayat (1) menyatakan bahwa setiap orang dilarang berada di ruang manfaat jalur kereta api, jalur-jalur khusus kereta api dan daerah pengawasan jalur kecuali untuk kepentingan tertentu sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

    Kegiatan yang dilakukan bersama PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) pada Selasa ini melibatkan kurang lebih 150 personel gabungan yang terdiri dari unsur TNI, Polri, perangkat kelurahan serta RT dan RW setempat.

    Fokus penertiban meliputi pemeriksaan kondisi jalur, pembersihan tumpukan sampah serta pembongkaran bangunan liar yang berdiri di area ruang manfaat jalur rel dan dinyatakan melanggar aturan.

    Selain mengganggu operasional kereta api, keberadaan bangunan liar dan tumpukan sampah di jalur rel juga dapat menimbulkan risiko tinggi terhadap keselamatan, termasuk potensi bahaya kebakaran yang membahayakan warga dan perjalanan KA.

    Untuk itu, BUMN tersebut mengimbau kepada masyarakat, khususnya yang tinggal di kanan dan kiri jalur rel, agar tidak melakukan aktivitas maupun mendirikan bangunan yang melanggar aturan.

    “Ini penting demi keselamatan bersama, baik bagi perjalanan kereta api maupun masyarakat sekitar,” kata dia.

    Sumber : Antara

  • PSO Kereta Api 2025 dorong akses transportasi merata dan berkelanjutan

    PSO Kereta Api 2025 dorong akses transportasi merata dan berkelanjutan

    Sumber foto: Misriadi/elshinta.com.

    PSO Kereta Api 2025 dorong akses transportasi merata dan berkelanjutan
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 27 Mei 2025 – 16:33 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan terus memperluas akses transportasi publik berbasis rel melalui skema tarif bersubsidi atau Public Service Obligation (PSO). 

    Manager Humas KAI Divisi Regional I Sumatera Utara, M. As’ad Habibuddin mengatakan pada tahun 2025, PSO di Divisi Regional I Sumatera Utara diproyeksikan melayani lebih dari 1,95 juta pelanggan—bukti nyata hadirnya negara menjamin hak mobilitas masyarakat yang terjangkau, merata, dan berkelanjutan.

    “PSO adalah bentuk nyata dukungan pemerintah melalui DJKA Kemenhub dan KAI khususnya Divisi Regional I Sumatera Utara untuk menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat luas. Ini bukan sekadar subsidi, tapi solusi konkret untuk keadilan akses transportasi,” ujar As’ad.

    Selain itu As’ad juga mengatakan bahwa saat ini KA yang mendapatkan PSO di Divre I Sumut yaitu KA Putri Deli (Medan – Tanjung Balai PP), KA Siantar Ekspres (Medan – Siantar PP), dan KA Datuk Belambangan (Tebing Tinggi – Lalang PP). 

    Dalam 5 tahun terakhir, tren pelanggan ketiga kereta api bersubsidi tersebut terus meningkat dimana tahun  2021: 388.755 pelanggan, tahun 2022: 795.578 pelanggan, tahun 2023: 1.483.173 pelanggan, tahun 2024: 1.776.367 pelanggan dan tahun 2025 (proyeksi): 1.950.103 pelanggan sehingga total kumulatif 2021–2025: sebanyak 6,39 juta pelanggan dimana pertumbuhan ini tidak lepas dari peran strategis DJKA sebagai penyusun kebijakan, pengawas layanan, dan pengalokasi anggaran PSO secara berkelanjutan.

    Sementara itu untuk estimasi pelanggan PSO tahun 2025 di Divre I Sumut, yakni KA Jarak Sedang (KA Putri Deli): 1.337.782 pelanggan dan KA Jarak Dekat (KA Siantar Ekspres dan KA Datuk Belambangan): 612.321 pelanggan sehingga total nya ada 1.950.103 pelanggan

    As’ad melanjutkan, proyeksi ini menunjukan semakin banyak masyarakat menggunakan Kereta api —terjangkau, tepat waktu, dan mendukung transisi menuju transportasi rendah emisi.

    “PSO harus dilihat sebagai investasi masa depan yang berkelanjutan. KAI berkomitmen terus bersinergi lintas sektor agar kereta api makin menjadi andalan—lebih aman, efisien, inklusif, dan ramah lingkungan,” tutup As’ad, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Misriadi, Selasa (26/5).

    Sumber : Radio Elshinta

  • Begini cara dapatkan diskon 20 persen tiket kereta untuk lansia 

    Begini cara dapatkan diskon 20 persen tiket kereta untuk lansia 

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta memberikan potongan atau diskon harga tiket kereta api 20 persen untuk penumpang lansia guna mendukung agar mereka tetap aktif dan sehat di masa pensiun.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Selasa, mengatakan, program ini berlaku setiap hari untuk perjalanan menggunakan kereta api kelas komersial.

    Untuk mendapatkan diskon, calon penumpang bisa mendaftarkan data diri satu kali melalui aplikasi Access by KAI. Setelah itu hak reduksi dapat digunakan seumur hidup.

    Adapun program diskon lansia ini berlaku untuk penumpang usia 60 tahun ke atas untuk perjalanan dengan kereta api komersial (kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif).

    Tiket promo berlaku untuk seluruh hari, termasuk akhir pekan dan hari libur nasional.

    Pendaftaran hanya cukup sekali seumur hidup, baik melalui aplikasi Access by KAI maupun langsung di loket stasiun dengan membawa identitas diri.

    Ixfan mengatakan tiket dengan diskon lansia dapat dibatalkan dan diubah jadwalnya sesuai dengan aturan yang berlaku.

    “Kami berharap program ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengajak orang tua, atau kerabat lansia mereka merasakan kembali nostalgia dan kenyamanan bepergian dengan kereta api,” kata Ixfan.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Sengketa Lapangan Warungdowo Pasuruan, Kuasa Hukum Kami Optimis Menang

    Sengketa Lapangan Warungdowo Pasuruan, Kuasa Hukum Kami Optimis Menang

    Pasuruan (beritajatim.com) – Sengketa perebutan lapangan yang berada di Desa Warungdowo, Kecamatan Pohjentrek mulai memanas di meja hijau. Pada sidang yang perdata yang dilaksanakan di Pengadilan Negri Bangil ini, Pihak Kejaksaan Negri Bangil yang menjadi pengacara negara mendatangkan empat orang saksi.

    Keempat orang saksi tersebut dua di antaranya yakni warga Desa Warungdowo. Kemudian dari pihak PT KAI, dan juga dari BPN Kabupaten Pasuruan.

    Menurut saksi pertama yang menjelaskan terkait peruntukan lapangan Warungdowo mengatakan bahwa sedari dulu lapangan tersebut memang sering digunakan dan dimanfaatkan oleh warga. Namun sejak tahun 2013 lalu peruntukannya berubah semenjak adanya bengkel dari Romli.

    “Sejak tahun 2010 saya sudah memiliki lapak di pinggiran lapangan Warungdowo tersebut, dan memang itu diperuntukan untuk masyarakat. Namun semenjak tahun 2013 itu sampai sekarang lapangannya udah dipenuhi oleh barang-barang bengkel sehingga tidak bisa dimanfaatkan warga,” jelas RonI dalam kesaksiannya, Selasa (27/5/2025).

    Senada dengan Ronj, Ali Imron juga menjelaskan bahwa semenjak berubahnya lapangan tersebut, anak-anak tak bisa memanfaatkannya untuk bermain bola. “Kalau ada yang main bola disana, takut ada yang cedera,” ungkapnya didepan Majelis Hakim.

    Sementara itu, pihak dari BPN Kabupaten Pasuruan yang diwakili oleh Suliono mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya masih belum pernah menerima adanya laporan kepemilikan. Tak hanya itu pihaknya juga masih belum melakukan pengukiran sehingga lapangan Warungdowo tidak diketahui luasannya.

    Suliono menjelaskan bahwa dalam melakukan kepemilikan harus melalui beberapa mekanisme. Diantaranya yakni dengan mendaftarkan tanah tersebut ke BPN dan langsung dilakukan pengukuran.

    “Kalau sudah dilakukan pengukuran dan penelitian, nanti akan muncul SK hak atas tanah. Namun sekarang statusnya masih belum ada,” terangnya.

    Namun, keterangan berbeda di lontarkan oleh PT KAI Daop 9 Jember yang diwakili oleh P Deli. Ia menjabarkan bahwa sejak tahun 1941 pihaknya telah membuat peta internal tersendiri.

    Dalam peta tersebut menunjukkan bahwa pada sebagian lapangan Warungdowo tersebut milik PT KAI yang akan dibuat stasiun. Hal tersebut terbukti dalam growncut yang dikeluarkan oleh PT KAI.

    Namun sejak 1941 hingga saat ini, PT KAI tidak mengetahui bahwa lahan tersebut sudah menjadi SHM dan dimiliki beberapa orang. “Dalam growncutnya tertulis luasan lahannya sekitar 15 ribu meter persegi. Tapi memang tidak dilakukan pemeliharaan,” katanya.

    Sementara itu, M Romli melalui Kuasa Hukum Tergugat Masbuhin menyayangkan bahwa dalam persidangan kali ini materinya sama dengan persidangan pidana pada tahun 2022 lalu. Sehingga dirinya menyebut bahwa persidangan ini hanyalah pengulangan.

    Tak hanya itu Masbuhin juga mengatakan bahwa penggugat yang diwakili oleh Kejaksaan Negri Bangil ini tidak jelas dan acak-acakan. “Materinya acak-acakan, sementara batasan lapangan Warungdowo itu sendiri juga kabur tidak ada ukiran yang jelas,” paparnya saat ditemui seusai sidang.

    Dengan materi tersebut, pihaknya yakin bahwa dalam perkara perdata ini akan dimenangkan oleh M Romli. “Jika memang materinya seperti ini, kami optimis akan menang dalam kasus ini,” tutupnya. (ada/ian)

  • 18 Perguruan Tinggi yang Dapat Tarif Diskon 10 Persen dari KAI, Berlaku Mulai 25 Mei 2025

    18 Perguruan Tinggi yang Dapat Tarif Diskon 10 Persen dari KAI, Berlaku Mulai 25 Mei 2025

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Kabar menyenangkan datang dari PT Kereta Api Indonesia (KAI), yang menyediakan diskon tiket 10% untuk untuk mahasiswa dan alumni kampus.

    Tiket kereta api KAI, berlaku untuk perjalanan jarak menengah hingga jarak jauh, dengan beragam kelas yakni ekonomi, bisnis hingga eksklusif.

    Program ini akan resmi berlaku mulai pada Minggu 25 Mei 2025 hingga 20 Mei 2028, dengan masa berlaku berbeda-bed tergantung kampusnya.

    Meski program ini diperuntukkan ke civitas akademik dan alumni kampus, namun tidak semua kampus mendapatkan kebijakan tersebut.

    Berikut daftar 18 perguruan tinggi yang dapat tarif diskon 10%;

    Universitas Sebelas Maret (UNS)

    Universitas Indonesia (UI)

    Universitas Gadjah Mada (UGM)

    Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

    Institut Pertanian Bogor (IPB)

    Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

    Universitas Airlangga (UNAIR)

    Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED)

    Universitas Negeri Semarang (UNNES)

    Universitas Semarang (USM)

    Universitas Brawijaya (UB)

    President University

    Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto (UIN SAIZU)

    Universitas Darusalam Gontor (UNIDA GONTOR)

    Universitas Kristen Maranatha

    Universitas PGRI Madiun (UNIPMA)

    Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC)

    Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ)

    Menariknya, bukan hanya mahasiswa-mahasiswi di kampus, promo ini juga berlaku untuk dosen, hingga tenaga pendidik kampus yang terdaftar.

    Penting untuk diketahui, bahwa diskon ini tidak berlaku untuk kereta lokal, tarif promo atau layanan wisata.

    Sementara, cara untuk mendapatkan potongan, terlebih dahulu harus mendaftar ke Costumer Service statiun dan menunjukkan bukti identitas asli.

    Setelah berhasil ditahap registrasi, penumpang bisa langsung membeli tiket melalui aplikasi KAI access, tarif diskon akan otomatis muncul.

    Satu tiket hanya untuk satu perjalanan, sehingga setiap penumpang wajib membawa identitas saat boarding.

    (Besse Arma/Fajar)