Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Libur Panjang, Okupansi KA Daop 6 Yogyakarta Tembus 96 Persen

    Libur Panjang, Okupansi KA Daop 6 Yogyakarta Tembus 96 Persen

    Yogyakarta, Beritasatu.com – Lonjakan penumpang terjadi di wilayah operasional PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 6 Yogyakarta selama libur panjang peringatan Kenaikan Yesus Kristus, yang berlangsung dari 28 Mei hingga 1 Juni 2025. 

    Data terbaru mencatat tingkat okupansi mencapai 96% dengan volume penumpang yang terus meningkat sejak Rabu (28/5/2025). Per Sabtu (31/5/2025) pukul 09.00 WIB, sebanyak 22.694 penumpang KA jarak jauh tercatat berangkat dari berbagai stasiun Daop 6, naik signifikan dibandingkan Jumat (30/5) yang hanya 16.011 penumpang. 

    Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (1/6) dengan estimasi 25.560 penumpang. “Tiket masih bisa dipesan, tapi pemesanan sangat tinggi dua hari terakhir ini. Silakan gunakan fitur Connecting Train,” ujar Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Feni Novida Saragih kepada Beritasatu.com, Sabtu (31/5/2025).

    Tiga stasiun dengan volume penumpang tertinggi pada Sabtu (31/5/2025), yaitu Stasiun Yogyakarta dengan 12.622 penumpang, Stasiun Lempuyangan 7.697 penumpang, dan Stasiun Solo Balapan 4.283 penumpang.

    Sementara itu, kedatangan penumpang mulai menurun sejak puncak arus masuk Kamis (29/5/2025), dengan volume kedatangan Sabtu ini tercatat 12.335 penumpang. Total penjualan tiket hingga Jumat (30/5) telah mencapai 79.952 kursi dari 83.108 tempat duduk tersedia, atau setara dengan okupansi 96%.

    10 KA Daop 6 dengan okupansi tertinggi:
    1. Joglosemarkerto (187) – 216%
    2. Joglosemarkerto (193) – 214%
    3. Sri Tanjung (278) – 198%
    4. Bengawan (281) – 119%
    5. Progo (257) – 110%
    6. Senja Utama YK (107) – 107%
    7. Sancaka (86) – 86%
    8. Lodaya (77) – 97%
    9. Argo Lawu (13) – 96%
    10. Taksaka (47) – 91%

    Untuk mengakomodasi lonjakan permintaan, KAI Daop 6 mengoperasikan 31 perjalanan KA jarak jauh per hari, terdiri dari 25 KA reguler, dua KA fakultatif, dan empat KA tambahan.

    KAI Daop 6 mengimbau masyarakat agar melakukan pemesanan tiket melalui channel resmi seperti Access by KAI, website kai.id, atau mitra resmi lainnya guna menghindari penipuan dan memastikan kelancaran perjalanan. “Kami berkomitmen memberi layanan terbaik agar penumpang bisa berlibur dengan selamat, aman, dan nyaman,” tegas Feni.

  • Libur Panjang, 134.030 Penumpang Tinggalkan Jakarta Naik Kereta
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        30 Mei 2025

    Libur Panjang, 134.030 Penumpang Tinggalkan Jakarta Naik Kereta Megapolitan 30 Mei 2025

    Libur Panjang, 134.030 Penumpang Tinggalkan Jakarta Naik Kereta
    Editor
     
    JAKARTA, KOMPAS.com 
    – PT
    Kereta Api Indonesia
    (Persero) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mencatat, sebanyak 134.030 penumpang menggunakan kereta api selama
    libur panjang Kenaikan Yesus Kristus
    periode 27-31 Mei 2025.
    “Volume tertinggi terjadi pada Kamis (29/5/2025), yaitu sebanyak 38.777 penumpang,” ujar Manajer Humas PT
    KAI
    Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Jumat (30/5/2025), dikutip dari 
    Antara. 
    Menurut data sementara, pada Jumat hari ini, volume penumpang yang berangkat dari wilayah Daop 1 Jakarta tercatat sebanyak 22.639 orang. 
    Sebanyak 6.500 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan 9.000 penumpang dari Stasiun Pasar Senen.
    Sisanya, sekitar 7.000 penumpang dari stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta, seperti Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.
    PT KAI Daop 1 Jakarta menambah lima perjalanan kereta api pada periode ini. Dengan demikian, total terdapat 76 perjalanan kereta api jarak jauh yang dioperasikan per hari.
    Sebanyak 40 perjalanan kereta api berangkat dari Stasiun Gambir. Sedangkan 36 perjalanan kereta api berangkat dari Stasiun Pasar Senen.
    Ixfan pun mengimbau seluruh pelanggan untuk selalu memastikan kembali jadwal keberangkatan, nama kereta api, serta stasiun asal keberangkatan yang tertera di tiket.
    “Hal ini penting agar perjalanan berjalan lancar dan nyaman,” ujar dia.
    Ixfan juga mengingatkan bahwa barang bawaan maksimum 20 kilogram (kg) per penumpang. Jika melebihi ketentuan tersebut, dikenakan biaya tambahan sesuai aturan yang berlaku.
    Selain itu, penumpang dilarang membawa barang berbahaya dan terlarang selama dalam perjalanan.
    “Patuhi seluruh aturan dan petunjuk petugas, baik di stasiun maupun di atas kereta,” kata Ixfan.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • 134 ribu gunakan kereta api di libur panjang pekan ini

    134 ribu gunakan kereta api di libur panjang pekan ini

    Penumpang kereta api bersiap berangkat menuju tujuan masing-masing dari Stasiun Gambir, Jakarta. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mencatat sebanyak 134.030 orang menggunakan kereta api di libur panjang Kenaikan Yesus Kristus periode 27-31 Mei 2025. ANTARA/HO-PT KAI Daop 1 Jakarta

    134 ribu gunakan kereta api di libur panjang pekan ini
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 30 Mei 2025 – 12:49 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mencatat sebanyak 134.030 orang menggunakan kereta api di libur panjang Kenaikan Yesus Kristus periode 27-31 Mei 2025.

    “Volume tertinggi terjadi pada Kamis (29/5), yaitu sebanyak 38.777 penumpang,” ujar Manajer Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Jumat (30/5).

    Adapun data sementara volume penumpang pada Jumat ini tercatat sebanyak 22.639 orang berangkat dari wilayah Daop 1 Jakarta.

    Sebanyak 6.500 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dan 9.000 penumpang dari Stasiun Pasar Senen. Sisanya sekitar 7.000 penumpang dari stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta seperti Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

    PT KAI Daop 1 Jakarta menambah lima perjalanan KA pada periode ini dan dengan demikian total terdapat sebanyak 76 perjalanan KA jarak jauh yang dioperasikan per hari.

    Sebanyak 40 perjalanan KA berangkat dari Stasiun Gambir. Sedangkan 36 perjalanan KA berangkat dari Stasiun Pasar Senen.

    Manajemen perusahaan BUMN ini mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk selalu memastikan kembali jadwal keberangkatan, nama kereta api serta stasiun asal keberangkatan yang tertera di tiket. “Hal ini penting agar perjalanan berjalan lancar dan nyaman,” ujar dia.

    Ixfan juga mengingatkan penumpang bahwa barang bawaan maksimum 20 kilogram (kg) per penumpang. Jika melebihi ketentuan tersebut, maka dikenakan biaya tambahan sesuai aturan yang berlaku.

    Selain itu, penumpang dilarang membawa barang berbahaya dan terlarang selama dalam perjalanan. “Patuhi seluruh aturan dan petunjuk petugas, baik di stasiun maupun di atas kereta,” kata Ixfan.

    Sumber : Antara

  • Komdigi Beri Peringatan 36 Perusahaan PSE Privat, Ada Apa?

    Komdigi Beri Peringatan 36 Perusahaan PSE Privat, Ada Apa?

    Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) memberikan peringatan kepada 36 entitas Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat (PSE Privat) untuk segera melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data. Adapun, beberapa entitas di antaranya yaitu Yamaha, Indofood, hingga MNC Group. 

    Adapun, hal ini sejalan dengan Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang PSE Privat sebagai aturan penguatan tata kelola sistem elektronik nasional. 

    Direktur Jenderal Pengawasan Ruang Digital Kementerian Komdigi Alexander Sabar mengatakan pihaknya menegaskan kembali pentingnya pendaftaran dan pemutakhiran data oleh Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat (PSE Privat). 

    “Seluruh Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat (PSE Privat), baik dari dalam negeri (domestik) maupun luar negeri (asing), memiliki kewajiban untuk mendaftar dan memperbarui data pendaftaran guna menjaga akurasi dan keandalan data,” kata Alexander dalam keterangan resmi, Kamis (29/5/2025). 

    Langkah ini juga disebut sebagai upaya mewujudkan visi Indonesia untuk mewujudkan ruang digital yang aman, tertib, dan berdaulat, sekaligus memperkuat kepercayaan publik terhadap ekosistem digital nasional.

    Untuk itu, sebagai bagian dari upaya pengawasan aktif, pihaknya telah menyampaikan pemberitahuan resmi (notifikasi) kepada 23 PSE Privat yang teridentifikasi belum memenuhi kewajiban pendaftaran meskipun telah beroperasi dan menargetkan pasar Indonesia.

    Tak hanya itu, peringatan juga diberikan kepada 13 PSE Privat yang belum memperbarui informasi pendaftaran.

    “Komdigi telah melakukan pendekatan persuasif dan sosialisasi secara masif pengaturan ini untuk menjamin kedaulatan digital nasional dan melindungi masyarakat sebagai pengguna layanan digital,” jelasnya.

    Merujuk pada pasal 2 dan pasal 5 Peraturan Menteri Kominfo No 5/2020, setiap Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat wajib melakukan pendaftaran sebelum sistem elektronik mulai digunakan oleh Pengguna Sistem Elektronik serta secara aktif memperbarui informasi pendaftarannya apabila terjadi perubahan.

    “Bagi PSE Privat yang belum terdaftar namun termasuk dalam kategori wajib daftar dapat dikenakan sanksi administratif, termasuk pemutusan akses atau pemblokiran layanan (access blocking),” terangnya. 

    Oleh karena itu, pihaknya mengimbau seluruh PSE Privat yang masuk dalam kategori wajib daftar untuk segera melakukan proses pendaftaran melalui sistem Online Single Submission (OSS). 

    Sementara itu, dia menuturkan, bagi PSE yang telah terdaftar, sangat penting untuk memastikan bahwa data pendaftarannya selalu diperbarui dan akurat apabila terdapat perubahan layanan, entitas usaha, atau informasi lainnya.

    Berikut daftar PSE Privat yang diberikan peringatan Komdigi:

    1.PT Yamaha Musik Indonesia Distributor (belum terdaftar)

    2.PT MNC Asia Holding Tbk (belum terdaftar)

    3.PT Philips Indonesia Commercia (belum terdaftar)

    4.Electronic Arts, Inc (belum terdaftar)

    5.HP Inc (belum terdaftar)

    6.PT Daya Intiguna Yasa Tbk (belum terdaftar)

    7.PT Indofood Sukses Makmur Tbk (belum terdaftar)

    8.PT Dunia Luxindo (belum terdaftar)

    9.PT Unilever Indonesia Tbk (belum terdaftar)

    10.PT Fast Food Indonesia Tbk (belum terdaftar)

    11.WarnerMedia Global Digital Services, LLC (belum terdaftar)

    12.ebay, Inc (belum terdaftar)

    13.ASUSTeK Computer Inc (belum terdaftar)

    14.Micro-Star International Co.,Ltd (belum terdaftar)

    15.Nike Inc (belum terdaftar)

    16.Microsoft Corporation (belum terdaftar)

    17.BYD Company Limited PT BYD Motor Indonesia (Indonesia)

    18.The Emirates Group (belum terdaftar)

    19.Harman International Industries (belum terdaftar)

    20.KLM Royal Dutch Airlines (belum terdaftar)

    21.Cathay Pacific Airways Limited (belum terdaftar)

    22.DHL Group (belum terdaftar)

    23.PT Lenovo Indonesia (belum terdaftar)

    24.Ecart Webportal Indonesia (perlu pembaruan data)

    25.Rekso Nasional Food (perlu pembaruan data)

    26.Zurich LiveWell Services and Solutions Ltd/Zurich Asuransi Indonesia Zurich Topas Life (perlu pembaruan data)

    27.Google Indonesia – ads.google.com (perlu pembaruan data)

    28.Google Indonesia – play.google.com (perlu pembaruan data)

    29.Traveloka Indonesia (perlu pembaruan data)

    30.Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (perlu pembaruan data)

    31.Apple Distribution International Limited (perlu pembaruan data)

    32.Garmin Indonesia Distribution (perlu pembaruan data)

    33.Riot Games Services PTE LTD (perlu pembaruan data)

    34.Epic Games International S.A R.L, Bertrange, Rot Branch/Epic Games Entertainment International GMBH/Epic Games Commerce GMBH (perlu pembaruan data)

    35.PT Prudential Life Assurance (perlu pembaruan data)

    36.PT KAI (Persero) (perlu pembaruan data)

  • Libur Panjang Kenaikan Isa Almasih, Pengguna Kereta Api di Stasiun Lamongan Meningkat

    Libur Panjang Kenaikan Isa Almasih, Pengguna Kereta Api di Stasiun Lamongan Meningkat

    Lamongan (beritajatim.com) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat adanya peningkatan jumlah penumpang di Stasiun Lamongan, selama masa libur panjang Kenaikan Isa Almasih 2025.

    Berdasarkan data hingga Rabu (28/5/2025), tercatat sebanyak 501 pemesanan tiket di Stasiun Lamongan, dengan 190 penumpang naik dan 311 penumpang turun. Data ini bersifat sementara dan diperkirakan masih akan bertambah seiring keberangkatan kereta api jarak jauh pada malam hari.

    Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menyampaikan bahwa peningkatan tersebut mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api.

    “Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang selama periode ini, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 20 perjalanan KA jarak jauh yang berhenti di Stasiun Lamongan. Layanan tersebut terdiri dari 19 KA reguler dan 1 KA tambahan, dengan total kapasitas mencapai 9.944 tempat duduk per hari,” kata Luqman, Kamis (29/5/2025).

    Luqman mengungkapkan, kereta api yang berangkat dari Stasiun Lamongan melayani sejumlah rute favorit, seperti Semarang, Jakarta, Surabaya dan Banyuwangi.

    “Selama libur panjang Kenaikan Isa Almasih tahun ini, antusiasme masyarakat Lamongan untuk menggunakan kereta api sangat tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa layanan KAI tetap menjadi pilihan utama berkat kemudahan, keamanan, dan ketepatan waktunya,” ujar Luqman.

    Periode libur panjang berlangsung dari 28 Mei hingga 1 Juni 2025. Selama periode tersebut, KAI Daop 8 Surabaya mencatat total pelayanan di Stasiun Lamongan mencapai 2.033 penumpang, terdiri dari 926 penumpang naik dan 1.107 penumpang turun.

    “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, termasuk dengan menambah perjalanan dan mengoptimalkan operasional selama masa liburan. Ini merupakan bentuk kesiapan KAI dalam menghadapi lonjakan mobilitas masyarakat,” tutup Luqman.

    Untuk informasi lebih lanjut mengenai jadwal perjalanan, tarif, dan pemesanan tiket, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI di 121, WhatsApp 08111-2111-121, mengakses laman resmi kai.id, atau mengikuti akun media sosial resmi @kai121_. (fak/ian)

  • Daftar 36 PSE Privat Terancam Diblokir Komdigi, Google dan Apple Termasuk

    Daftar 36 PSE Privat Terancam Diblokir Komdigi, Google dan Apple Termasuk

    Jakarta

    Sebanyak 36 Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat (PSE Privat) terancam sanksi pemblokiran oleh Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi). Pasalnya perusahaan tersebut belum melakukan pendaftaran dan pemutakhiran data.

    Direktur Jenderal Pengawasan Ruang Digital Kementerian Komdigi, Alexander Sabar, menyatakan bahwa peringatan keras ini diberikan sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang PSE Privat.

    “Seluruh Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat (PSE Privat), baik dari dalam negeri (domestik) maupun luar negeri (asing), memiliki kewajiban untuk mendaftar dan memperbarui data pendaftaran guna menjaga akurasi dan keandalan data,” tegas Alexander dalam keterangan resmi yang diterima detikINET.

    Sebagai bagian dari upaya pengawasan aktif, Komdigi telah menyampaikan pemberitahuan resmi (notifikasi) kepada dua kelompok PSE Privat. Pertama, kepada 23 (dua puluh tiga) PSE Privat yang teridentifikasi belum memenuhi kewajiban pendaftaran meskipun ditemukenali telah beroperasi dan menargetkan pasar Indonesia. Kedua, kepada 13 (tiga belas) PSE Privat lainnya yang ditemukan belum memperbarui informasi pendaftaran mereka.

    “Komdigi telah melakukan pendekatan persuasif dan sosialisasi secara masif pengaturan ini untuk menjamin kedaulatan digital nasional dan melindungi masyarakat sebagai pengguna layanan digital,” jelas Alexander Sabar.

    Berdasarkan Pasal 2 dan Pasal 5 Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020, setiap PSE Privat wajib melakukan pendaftaran sebelum sistem elektronik tersebut mulai digunakan oleh Pengguna Sistem Elektronik. Selain itu, mereka juga diwajibkan untuk secara aktif memperbarui informasi pendaftarannya apabila terjadi perubahan data.

    Alexander Sabar kembali menegaskan konsekuensi untuk yang tidak patuh. “Bagi PSE Privat yang belum terdaftar namun termasuk dalam kategori wajib daftar dapat dikenakan sanksi administratif, termasuk pemutusan akses atau pemblokiran layanan (access blocking),” jelasnya.

    Untuk itu, Kementerian Komdigi mengimbau dengan tegas kepada seluruh PSE Privat yang masuk dalam kategori wajib daftar agar segera melakukan proses pendaftaran melalui sistem Online Single Submission (OSS). Sementara itu, bagi PSE yang telah terdaftar, sangat penting untuk memastikan bahwa data pendaftarannya selalu diperbarui dan akurat apabila terdapat perubahan layanan, entitas usaha, atau informasi krusial lainnya.

    Daftar PSE Privat Terancam Diblokir KomdigiNoSistem EletronikNama PerusahaanKeterangan1.yamaha.comPT Yamaha Musik Indonesia DistributorBelum Terdaftar2.mncgroup.comPT MNC Asia Holding TbkBelum Terdaftar3.philips.comPT Philips Indonesia CommerciaBelum Terdaftar4.ea.comElectronics Arts IncBelum Terdaftar5.hp.comHP IncBelum Terdaftar6.mrdly.comPT Daya Intiguna Yasa TbkBelum Terdaftar7.indofood.comPT Indofood Sukses Makmur TbkBelum Terdaftar8.bathandbodyworks.co.idPT Dunia LuxindoBelum Terdaftar9.unilever.com dan unilever.idPT Unilever Indonesia, TbkBelum Terdaftar10.order.kfcku.co.id dan aplikasi KFCkuPT Fast Food Indonesia TbkBelum Terdaftar11.max.com dan aplikasi MaxWarnerMedia Global Digital Services LLCBelum Terdaftar12.ebay.com dan aplikasi eBayebay,incBelum Terdaftar13.Asus.com dan aplikasi MyAsusAsusTek Computer IncBelum Terdaftar14.msi.com, id.msi.com dan aplikasi MyMSIMicro-Star International Co, LTDBelum Terdaftar15.Nike.com dan aplikasi NikeNike, IncBelum Terdaftar16.xbox.com dan aplikasi XboxMicrosoft CorporationBelum Terdaftar17.byd.com dan Aplikasi BYDBYD Company Limited, PT BYD Motor Indonesia (Indonesia)Belum Terdaftar18.emirates.com dan aplikasi EmiratesThe Emirates GroupBelum Terdaftar19.id.jbl.com dan jblstore.co.idHarman International Industries IncBelum Terdaftar20.klm.com dan aplikasi KLMKLM Royal Dutch AirlinesBelum Terdaftar21.cathaypacific.com dan aplikasi Cathay PacificCathay Pacific Airways LimitedBelum Terdaftar22.dhl.com, dhlexpresscommerce.com, mydhl.express.dhl dan aplikasi DHL Express MobileDHL GroupBelum Terdaftar23.lenovo.com dan aplikasi LenovoPT Lenovo IndonesiaBelum Terdaftar24.Lazada.com dan aplikasi LazadaEcart Webportal IndonesiaPerlu Pembaruan Data25.Aplikasi McDonaldsRekso Nasional FoodPerlu Pembaruan Data26.Zurich.comZuric LiveWell Services and Solutions Ltd / Zuric Asuransi Indonesia Zurich Topas Life.Perlu Pembaruan Data27.ads.google.comGoogle IndonesiaPerlu Pembaruan Data28.play.google.comGoogle IndonesiaPerlu Pembaruan Data29.traveloka.com dan aplikasi TravelokaTraveloka IndonesiaPerlu Pembaruan Data30.Aplikasi MyJNETiki Jalur Nugraha EkakurirPerlu Pembaruan Data31.apple.comApple Ditribution International LimitedPerlu Pembaruan Data32.garmin.comGarmin Indonesia DistributionPerlu Pembaruan Data33.Leagueoflegends.com dan aplikasi-aplikasi dari RiotRIOT Games Services PTE LTDPerlu Pembaruan Data34.epicsgames.comEpic Games International S.A.R.I, Bertrance, ROOT Branch/ Epic Games Entertainment International GMBH/ Epic Games Commerce GMBHPerlu Pembaruan Data35.prudential.comPT Prudential Life AssurancePerlu Pembaruan Data36.kai.idPerusahaan Perseroan (Persero) PT Kereta Api IndonesiaPerlu Pembaruan Data

    (afr/afr)

  • Lawang Sewu Jadi Lokasi Ibadah Kenaikan Isa Almasih, Ribuan Umat Hadir
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        29 Mei 2025

    Lawang Sewu Jadi Lokasi Ibadah Kenaikan Isa Almasih, Ribuan Umat Hadir Regional 29 Mei 2025

    Lawang Sewu Jadi Lokasi Ibadah Kenaikan Isa Almasih, Ribuan Umat Hadir
    Tim Redaksi

    SEMARANG, KOMPAS.com
    – Ribuan umat Kristiani memadati kawasan
    Lawang Sewu
    , ikon bersejarah di Kota Semarang, dalam rangka peringatan Hari
    Kenaikan Yesus Kristus
    yang berlangsung khidmat pada Kamis (29/5/2025).
    Gedung peninggalan kolonial yang terletak di Jalan Pemuda Nomor 160,
    Semarang
    Tengah ini menjadi lokasi untuk ibadah bersama, yang diisi dengan lantunan pujian, tarian Tamborin, hingga khotbah oleh Pendeta Yohanes S. Praptowarso, Ph.D.
    Menurut Manager Historical Building and Museum PT KAI Pariwisata, Otnial Eko Pamiarso, perayaan Kenaikan Yesus Kristus ini menjadi momen ibadah lintas gereja pertama kali yang digelar di Lawang Sewu.
    “Ini jadi semangat kami bahwa Lawang Sewu menjadi wadah baik masyarakat, dan kita mendukung persatuan dan kesatuan secara nasional Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Otnial.
    Sekitar 2.000 umat Kristiani dari berbagai gereja hadir dalam perayaan ini. Mayoritas berasal dari Semarang, namun ada pula yang datang dari luar kota seperti Tegal, Purwokerto, hingga Surabaya.
    “Sebagian besar 80 persen Semarang, tapi 20 persen lainnya dari Jawa Tengah. Tadi kalau saya tanya ada yang dari Tegal, Purwokerto, Surabaya,” tambah Otnial.
    Selain perayaan Kristen, Lawang Sewu juga akan digunakan sebagai tempat ibadah Idul Adha pada 6 Juni 2025. Otnial memprediksi kegiatan tersebut akan dihadiri sekitar 5.000 umat Muslim.
    “Memang Lawang Sewu bisa dipergunakan untuk venue. Apalagi di kita kan banyak agama dan kepercayaan, sehingga kita mendukung untuk toleransi di Indonesia,” tegasnya.
    Salah satu peserta ibadah, Klara, umat Kristiani asal Merauke yang kini tinggal di Ungaran, mengaku bersyukur bisa beribadah di tempat bersejarah tersebut.
    “Mungkin ini sebuah berkat dan keberuntungan. Karena kita juga dari Ungaran, dan baru pertama kali datang ke Lawang Sewu untuk beribadah di sini,” ucap Klara.
    Mahasiswa Universitas Ngudi Waluyo itu datang bersama rombongan dari Gereja PGI Ungaran dan berharap momen ini bisa menjadi refleksi spiritual pribadi.
    “Semoga kehidupannya bisa lebih baik. Mungkin bisa berubah dari sifat yang lama, menjadi lebih baik lagi. Untuk refleksi diri,” pungkasnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Lonjakan Penumpang Terjadi di Stasiun Mojokerto Selama Libur Kenaikan Isa Almasih 2025

    Lonjakan Penumpang Terjadi di Stasiun Mojokerto Selama Libur Kenaikan Isa Almasih 2025

    Mojokerto (beritajatim.com) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya mencatat lonjakan penumpang di Stasiun Mojokerto selama libur panjang Kenaikan Isa Almasih 2025. Hingga Rabu (28/5/2025) pukul 10.00 WIB, tercatat 748 pelanggan telah memesan tiket, terdiri dari 343 penumpang naik dan 405 penumpang turun.

    Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif menyebutkan, angka tersebut masih bersifat sementara dan diperkirakan akan terus bertambah seiring keberangkatan kereta api jarak jauh pada malam hari.

    “Tercatat ada sebanyak 748 pelanggan telah memesan tiket, dengan rincian 343 penumpang naik dan 405 penumpang turun. Selama periode angkutan libur panjang ini, sebanyak 23 perjalanan KA jarak jauh berhenti dan melayani penumpang di Stasiun Mojokerto,” jelasnya, Kamis (29/5/2025).

    Dari 23 perjalanan tersebut, 22 merupakan KA reguler dan satu KA tambahan, dengan total kapasitas kursi mencapai 12.938 per hari. KAI Daop 8 Surabaya mencatat antusiasme masyarakat yang tinggi dalam memanfaatkan layanan kereta api selama libur panjang 28 Mei–1 Juni 2025.

    “Secara kumulatif, Stasiun Mojokerto telah melayani 2.904 penumpang, dengan rincian 1.315 penumpang naik dan 1.589 penumpang turun. Lonjakan penumpang ini menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api, khususnya di wilayah Mojokerto,” tambah Luqman.

    Ia juga menegaskan bahwa KAI berkomitmen menjaga kualitas pelayanan, termasuk pada periode dengan mobilitas tinggi seperti libur panjang ini.

    “KAI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, melalui penambahan perjalanan kereta api serta kesiapan petugas di berbagai titik layanan untuk menjamin kenyamanan, keselamatan, dan ketepatan waktu perjalanan,” ujarnya.

    Untuk informasi jadwal, tarif, dan pemesanan tiket, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial resmi @kai121_.

    Rincian Data Penumpang di Stasiun Mojokerto (28 Mei – 1 Juni 2025):

    28 Mei: 343 naik, 405 turun
    29 Mei: 346 naik, 359 turun
    30 Mei: 230 naik, 234 turun
    31 Mei: 211 naik, 258 turun
    1 Juni: 185 naik, 333 turun

    [tin/beq]

  • Ini tujuan favorit penumpang KA di libur panjang akhir Mei

    Ini tujuan favorit penumpang KA di libur panjang akhir Mei

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mencatat relasi Yogyakarta, Surabaya, Solo, dan Malang menjadi tujuan favorit penumpang kereta api (KA) di libur panjang akhir Mei ini, yang bertepatan dengan Hari Kenaikan Yesus Kristus.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, dalam keterangan di Jakarta, Kamis menyampaikan hingga Rabu (28/5) sebanyak 116.106 tiket terjual untuk keberangkatan periode 27 – 31 Mei 2025.

    Adapun volume penumpang yang berangkat dari berbagai stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta hingga Rabu (28/5) sekitar 35.000 orang. Dari jumlah ini, sebanyak 12.000 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, 16.000 orang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, sementara sisanya dari stasiun lain di Daop 1 Jakarta.

    “Jumlah tersebut meningkat signifikan dibandingkan hari sebelumnya yang tercatat sebanyak 22.856 penumpang, atau terjadi kenaikan sekitar 56 persen,” ujar Ixfan.

    PT KAI Daop 1 Jakarta mengoperasikan lima perjalanan KA tambahan pada relasi favorit masyarakat untuk mengantisipasi lonjakan volume penumpang serta memberikan lebih banyak pilihan waktu keberangkatan bagi pelanggan.

    Lima KA tambahan ini yakni KA 30F Anjasmoro relasi Gambir – Surabaya Pasarturi dengan waktu keberangkatan 27 – 31 Mei 2025, lalu KA 7002B Gajayana Tambahan relasi Gambir – Malang dengan waktu operasional 28 – 31 Mei 2025.

    Selanjutnya, KA 58F Purwojaya relasi Gambir – Cilacap, KA 7026 Tambahan relasi Pasar Senen – Solo Balapan, dan KA Tambahan GMR–YK relasi Gambir – Yogyakarta yang semuanya beroperasi 28 – 31 Mei 2025.

    Tiket KA tambahan tersebut sudah dapat dipesan sejak 21 Mei 2025, sedangkan tiket reguler KA Jarak Jauh dapat dipesan mulai H-45 melalui aplikasi Access by KAI, situs kai.id, dan seluruh kanal resmi penjualan tiket KAI lainnya.

    “Kami mengajak masyarakat untuk merencanakan perjalanan lebih awal dan segera melakukan pembelian tiket untuk mendapatkan pilihan waktu dan tempat duduk terbaik,” kata Ixfan.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • KAI Sediakan Ribuan Kursi Tambahan Sambut Libur Panjang dan Idul Adha 2025

    KAI Sediakan Ribuan Kursi Tambahan Sambut Libur Panjang dan Idul Adha 2025

    Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menyiapkan 7.152 kursi tambahan per hari selama masa libur panjang Kenaikan Isa Almasih dan Idul Adha 2025. 
     
    Langkah ini diambil untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang biasanya terjadi saat momen liburan nasional dan cuti bersama.
     
    “KAI ingin memastikan masyarakat tetap dapat bermobilitas dengan nyaman dan aman selama masa libur panjang ini,” kata Vice President Public Relations KAI, Anne Purba dalam keterangan tertulis, Rabu, 28 Mei 2025.
    Daftar rute KA Tambahan libur panjang Mei dan Idul Adha 2025
    KAI mengoperasikan 16 perjalanan KA tambahan yang melayani berbagai rute populer di Jawa. Berikut daftar lengkapnya:

    Argo Anjasmoro (Surabaya Pasar Turi – Gambir PP)
    Purwojaya (Cilacap – Gambir PP via Kroya)
    Gajayana Tambahan (Malang – Gambir PP)
    KA Tambahan Yogyakarta – Gambir PP
    Lodaya Tambahan (Solo Balapan – Bandung PP)
    Solo Balapan – Pasar Senen PP
    Lempuyangan – Pasar Senen PP
    Mutiara Timur (Surabaya Gubeng – Ketapang PP)

    Dengan adanya tambahan ini, masyarakat punya lebih banyak pilihan jadwal dan rute untuk bepergian selama liburan.

    Periode libur panjang kali ini berlangsung 28 Mei-1 Juni 2025, dan KAI mencatat penjualan tiket mencapai 323.121 kursi dari total 833.416 kursi yang disediakan.  Artinya, masih banyak tiket tersedia untuk kamu yang belum sempat pesan!

    Buruan pesan tiketmu!
    KAI mengimbau masyarakat agar segera memesan tiket sejak sekarang untuk menghindari kehabisan kursi, terutama di tanggal keberangkatan favorit. Adapun tiket bisa dibeli melalui, Aplikasi Access by KAI dan Situs resmi booking.kai.id.
     
    “Upaya kami menghadirkan kereta tambahan adalah bentuk komitmen memberikan layanan transportasi publik yang andal, khususnya di masa lonjakan permintaan. Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan momentum ini dan tetap menjaga keselamatan selama bepergian,” ujar Anne
     
    Yuk, siapkan perjalanan libur panjangmu sekarang juga! Jangan sampai kehabisan tiket dan nikmati liburan dengan nyaman bersama KAI.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)