Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • KAI Jakarta catat 129 ribu tiket terjual periode libur Idul Adha

    KAI Jakarta catat 129 ribu tiket terjual periode libur Idul Adha

    Dari data pemesanan sementara, tanggal favorit keberangkatan adalah Rabu (4/6) dengan 31.690 penumpang dan Kamis (5/6) dengan 39.439 penumpang

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta mencatat 129.323 tiket telah terjual untuk keberangkatan pada libur panjang Idul Adha 1446 Hijriah yang berlangsung 4-9 Juni 2025.

    “Dari data pemesanan sementara, tanggal favorit keberangkatan adalah Rabu (4/6) dengan 31.690 penumpang dan Kamis (5/6) dengan 39.439 penumpang,” ujar Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Selasa.

    Sementara itu, untuk keberangkatan hari ini, jumlah penumpang yang telah diberangkatkan mencapai 21.880 orang.

    Dari jumlah ini, sebanyak 4.557 penumpang berangkat dari Stasiun Gambir, 9.094 orang dari Stasiun Pasar Senen, dan 8.229 penumpang dari stasiun lainnya di wilayah Daop 1.

    Ixfan mengatakan secara operasional terdapat 64 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang diberangkatkan hari ini dari wilayah Daop 1, terdiri dari 34 perjalanan dari Stasiun Gambir dan 30 perjalanan dari Stasiun Pasar Senen.

    “Kami mengimbau kepada pelanggan yang belum memiliki tiket untuk segera melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, website resmi KAI, maupun mitra penjualan resmi lainnya, karena ketersediaan tempat duduk terus berubah seiring meningkatnya permintaan,” kata Ixfan.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Libur Panjang peringatan Kenaikan Isa Almasih, PT KA Bandung Sebut 73.843 Tiket Terjual

    Libur Panjang peringatan Kenaikan Isa Almasih, PT KA Bandung Sebut 73.843 Tiket Terjual

    Kuswardojo menjelaskan dalam keterangan sebelumnya, tujuan keberangkatan penumpang antara lain Jakarta tiba di Stasiusn Gambir dan Pasar Senen, Yogyakarta, Surabaya, dan daerah lain di Jawa Tengah.

    “Untuk keberangkatan dari dari Daop 2 Bandung saja, kami catatkan sebanyak 67.016 tempat duduk yang kami siapkan untuk memenuhi pengguna jasa yang berangkat dari wilayah Daop 2 Bandung. Pada masa libur Isa Almasih kali ini kami dari PT KAI Daop 2 juga menjalankan kereta api tambahan yaitu KA Lodaya, selain itu juga kami mengoperasikan KA Parahyangan,” ujar Kuswardojo, Bandung, Rabu (28/5/2025).

    Kuswardojo menjelaskan untuk KA Lodaya tambahan relasi Bandung – Solo Balapan (PP) menggunakan dua kelas yakni ekonomi dan eksekutif beroperasi mulai 29 Mei-2 Juni 2025. Jadwal keberangkatan KA Lodaya tambahan berangkat Stasiun Bandung pada 10.10 WIB dan diperkirakan datang di Stasiun Solo Balapan pada 18.50 WIB.

    “KA Parahyangan Fakultatif relasi Bandung – Gambir (PP) hanya menjalankan kelas eksekutif mulai dari 29 Mei-1 Juni 2025. Jadwal keberangkatan dari Bandung 10.25 WIB dan datang di Stasiun Gambir 13.13 WIB,” kata Kuswardojo.

    Kuswardojo memperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah penumpang seiring dengan tingginya minat masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api selama libur panjang ini.

    Otoritasnya mengaku berupaya mengakomodir kebutuhan para penumpang dengan memaksimalkan seluruh rangkaian KA Reguler dan menjalankan KA Parahyangan Fakultatif dan KA Lodaya Tambahan.

    “Dengan harapan seluruh kebutuhan perjalanan pelanggan KA dapat terlaksana. dengan aman, nyaman, dan tepat waktu,” terang Kuswardojo.

    Kuswardojo mengimbau kepada seluruh calon penumpang KA, untuk segera melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi maupun berbagai kanal resmi penjualan.

    Kuswardojo juga menambahkan PT Daop 2 Bandung telah menyiapkan berbagai langkah antisipatif untuk menjaga kelancaran perjalanan, mulai dari keberangkatan hingga tiba di tempat tujuan.

    “Libur panjang menjadi momentum penting bagi masyarakat untuk melakukan perjalanan, dan kami berkomitmen memberikan pelayanan terbaik dengan tetap mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan. Kami juga terus mengingatkan pelanggan untuk datang lebih awal ke stasiun, mengikuti aturan keselamatan, serta menjaga ketertiban selama dalam perjalanan,” tukas Kuswardojo.

     

  • KA Kertanegara Alami Gangguan di Kediri, KAI Beri Kompensasi kepada Penumpang

    KA Kertanegara Alami Gangguan di Kediri, KAI Beri Kompensasi kepada Penumpang

    Kediri (beritajatim.com) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 7 Madiun menyampaikan permohonan maaf atas keterlambatan perjalanan KA Kertanegara (KA 167) relasi Malang–Purwokerto akibat gangguan sarana pada kereta pembangkit. Gangguan terjadi pada Selasa, 3 Juni 2025, pukul 10.28 WIB.

    Tim teknis KAI segera melakukan penanganan di lapangan sehingga pada pukul 12.48 WIB, KA Kertanegara dapat melanjutkan perjalanan kembali dari Stasiun Kediri.

    Manager Humas Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, menyampaikan, “Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pelanggan akibat kondisi ini. KAI terus berkomitmen mengutamakan keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api. Adapun kronologi bermula dari laporan Petugas Kondektur KA Kertanegara yang menyampaikan adanya gangguan pada kereta pembangkit dalam kondisi mati saat keberangkatan dari Stasiun Tulungagung. Selanjutnya, saat KA tiba di Stasiun Kediri, dilakukan penggantian kereta pembangkit dengan unit dari Stasiun Blitar,” jelas Zainul.

    Zainul menambahkan, sebagai bentuk tanggung jawab, KAI telah memberikan service recovery kepada pelanggan yang terdampak sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yakni berupa minuman, makanan ringan, atau makanan berat, tergantung pada durasi keterlambatan.

    “KA Kertanegara mengalami keterlambatan selama 107 menit. Berdasarkan ketentuan, penumpang berhak mendapatkan service recovery I untuk keterlambatan 60 menit pertama,” terang Zainul.

    Pemberian service recovery telah diberikan kepada seluruh penumpang KA Kertanegara, termasuk calon penumpang dari Stasiun Kertosono, Stasiun Nganjuk, dan Stasiun Madiun.

    KAI Daop 7 Madiun menyampaikan apresiasi atas kesabaran para pelanggan selama proses penanganan gangguan dan atas kepercayaan masyarakat yang terus memilih moda transportasi kereta api. [nm/ted]

  • KAI Daop 6 Yogyakarta catat 26 ribu lebih penumpang di hari terakhir libur Kenaikan Isa Al Masih

    KAI Daop 6 Yogyakarta catat 26 ribu lebih penumpang di hari terakhir libur Kenaikan Isa Al Masih

    Sumber foto: Agung Santoso/elshinta.com.

    KAI Daop 6 Yogyakarta catat 26 ribu lebih penumpang di hari terakhir libur Kenaikan Isa Al Masih
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 02 Juni 2025 – 13:47 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta mencatat lonjakan jumlah penumpang kereta api jarak jauh pada hari terakhir libur panjang Kenaikan Yesus Kristus, Minggu (1/6/2025). Hingga pukul 09.00 WIB, sebanyak 26.314 penumpang tercatat diberangkatkan dari sejumlah stasiun di wilayah Daop 6.

    Volume tersebut menjadi yang tertinggi selama periode long weekend yang berlangsung sejak Rabu (28/5) hingga Minggu (1/6).

    Stasiun Yogyakarta mencatat jumlah keberangkatan tertinggi dengan 13.723 penumpang, disusul Stasiun Lempuyangan sebanyak 6.123 penumpang, dan Stasiun Solo Balapan sebanyak 3.312 penumpang. Jumlah tersebut masih berpotensi bertambah karena penjualan tiket berlangsung hingga tengah malam.

    “Peningkatan jumlah penumpang sudah mulai terlihat sejak Sabtu (31/5) dengan total keberangkatan sebanyak 24.768 orang,” kata Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta, Feni Novida Saragih.

    Menurut Feni, lonjakan penumpang ini mencerminkan tingginya kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api yang dinilai aman, nyaman, dan tepat waktu.

    “Seluruh jajaran KAI Daop 6 berkomitmen penuh memberikan pelayanan terbaik, terlebih di masa-masa padat seperti ini,” ujarnya saat dikonfirmasi Kontributor Elshinta, Agung Santoso, Senin (2/6). 

    Selama masa libur panjang ini, KAI Daop 6 mengoperasikan 31 perjalanan KA jarak jauh setiap harinya. Rinciannya terdiri atas 25 KA reguler, 2 KA fakultatif, dan 4 KA tambahan. Layanan ini disiapkan untuk mengakomodasi mobilitas masyarakat dari dan menuju wilayah Yogyakarta, Solo, dan sekitarnya.

    KAI juga mengimbau para pelanggan agar menjaga barang bawaan dengan baik serta datang lebih awal ke stasiun untuk menghindari antrean dan kepadatan di jalan raya.

    Selain itu, Feni juga mengingatkan pentingnya membeli tiket melalui kanal resmi seperti aplikasi Access by KAI, situs kai.id, serta mitra resmi lainnya untuk menghindari potensi penipuan.

    Momen keberangkatan massal ini juga bertepatan dengan peringatan Hari Lahir Pancasila. Feni mengajak seluruh pelanggan untuk menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dalam menjaga ketertiban dan rasa saling menghormati, baik selama perjalanan maupun saat berada di lingkungan stasiun.

    “Momen Hari Lahir Pancasila menjadi pengingat akan pentingnya semangat persatuan dan tanggung jawab bersama. Kami mengajak seluruh pengguna jasa untuk menciptakan perjalanan yang aman, nyaman, dan penuh toleransi,” tutupnya.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Skybridge BIM resmi dioperasikan kembali, KAI ajak masyarakat gunakan KA Minangkabau Ekspres

    Skybridge BIM resmi dioperasikan kembali, KAI ajak masyarakat gunakan KA Minangkabau Ekspres

    Sumber foto: Musthofa/elshinta.com.

    Skybridge BIM resmi dioperasikan kembali, KAI ajak masyarakat gunakan KA Minangkabau Ekspres
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 02 Juni 2025 – 14:57 WIB

    Elshinta.com – Skybridge Bandara Internasional Minangkabau (BIM), kembali dioperasikan yang ditandai dengan peresmian, Minggu (1/6/2025).

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumatera Barat bersama dengan PT Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Internasional Minangkabau kembali mengoperasikan Skybridge BIM, sebagai bagian dari komitmen dalam meningkatkan pelayanan kepada penumpang. 

    General Manager PT Angkasa Pura Indonesia, Dony Subardono, menyampaikan bahwa  pengoperasian sky bridge ini dirancang dengan konsep modern dan ramah lingkungan dan menjadi tonggak penting dalam pengembangan Bandara Internasional Minangkabau.

    Dengan dioperasikan kembali skybridge ini diharapkan semakin meningkatkan kenyamanan dan kemudahan penumpang, khususnya bagi pengguna KA Minangkabau Ekspres yang akan melakukan perjalanan menuju atau dari Bandara Internasional Minangkabau sehingga dapat mendukung pertumbuhan pariwisata Sumatera Barat.

    Kepala KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, Muh. Tri Setyawan mengatakan, sky bridge menghubungkan langsung Stasiun KA Bandara Minangkabau dengan Terminal Keberangkatan dan Kedatangan Bandara Internasional Minangkabau. Sky bridge sepanjang 136 meter kini hadir lebih modern dan inklusif. Dilengkapi eskalator dan lift serta akses ramah disabilitas. Perjalanan lebih efisien, aman dan nyaman. Selain itu, desainnya menampilkan sentuhan khas budaya Minangkabau, yang menjadi identitas kebanggaan daerah.

    Untuk mendukung integrasi transportasi yang mulus, KAI Divre II Sumbar mengajak masyarakat memanfaatkan layanan KA Minangkabau Ekspres. Nikmati perjalanan dari Kota Padang hingga langsung terhubung ke terminal bandara tanpa hambatan, efisien, hemat waktu, dan pastinya nyaman.

    “Kami mengajak masyarakat untuk beralih ke transportasi kereta api Minangkabau Ekspres yang lebih cepat, aman, dan bebas macet. apalagi dengan dioperasikan kembali skybridge ini, penumpang KA Minangkabau Ekspres dapat berpindah moda transportasi menuju terminal bandara secara aman dan nyaman,” ujar Muh Tri Setiawan seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Musthofa, Senin (2/6). 

    Dengan tarif terjangkau dan waktu tempuh hanya sekitar 40 menit, KA Minangkabau Ekspres merupakan solusi transportasi yang efisien dan nyaman untuk menuju Bandara Internasional Minangkabau.

    Berikut jadwal 12 perjalanan KA Minangkabau Ekspres relasi Pulau Aie-BIM / BIM-Pulau Aie sebagai berikut :

    Stasiun BIM – Stasiun Pulai Aie
    – B21 berangkat pukul 07.40 WIB
    – ⁠B23 berangkat pukul 10.20 WIB
    – ⁠B25 berangkat pukul 12.55 WIB
    – ⁠B27 berangkat pukul 16.05 WIB
    – ⁠B29 berangkat pukul 18.05 WIB
    – ⁠B31 berangkat pukul 20.30 WIB

    Stasiun Pulau Aie – BIM
    – B22 berangkat pukul 06.05 WIB
    – ⁠B24 berangkat pukul 08.50 WIB
    – ⁠B26 berangkat pukul 11.25 WIB
    – ⁠B28 berangkat pukul 14.25 WIB
    – ⁠B30 berangkat pukul 17.05 WIB
    – ⁠B32 berangkat pukul 19.20 WIB

    Perlu diketahui, Skybridge ini merupakan bagian dari pekerjaan pengembangan bandara dan integrasi dengan layanan kereta api yang diresmikan pada tanggal 21 Mei 2018 oleh Presiden RI, Joko Widodo. Dan penggunaan Skybridge sendiri terhenti karena kondisi Covid-19, dimana saat itu hampir tidak ada penerbangan yang dilayani di BIM.

    Sumber : Radio Elshinta

  • KRL Impor dari China Resmi Beroperasi, Ini Kata Konsumen – Page 3

    KRL Impor dari China Resmi Beroperasi, Ini Kata Konsumen – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT KAI Commuter resmi mengoperasikan sarana Kereta Rel Listrik (KRL) baru jenis CLI-125 untuk melayani rute Bogor dan Cikarang.

    Pengoperasian perdana KRL buatan China ini menjadi langkah penting dalam upaya meningkatkan kapasitas dan kenyamanan pengguna Commuter Line, khususnya di jam-jam sibuk.

    Direktur Utama PT KAI Commuter, Asdo Artriviyanto menjelaskan bahwa KRL CLI-125 ini tiba di Indonesia pada 31 Januari 2025, setelah sebelumnya dilakukan kontrak pengadaan pada 31 Januari 2024.

    “Kereta ini datang di Indonesia dan melalui proses uji parameter, setting parameter, kemudian endurance, dicoba sesuai peraturan Menteri harus ada uji coba jalan minimal 4.000 kilometer. Dan ini sudah kita lakukan, kemudian dilakukan uji sertifikasi oleh tingkat perekertapian kemudian sudah dinyatakan lulus,” kata Asdo saat menjajal langsung KA commuter line baru, di Stasiun Manggarai, Jakarta, Minggu (1/6/2025).

    Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) membagikan beberapa catatan kepada Pemerintah untuk mengoptimalkan layanan angkutan KRL, menyusul operasional kereta jenis CLI-125.

    Sekretaris Jenderal YLKI, Rio Priambodo mengatakan bahwa pihahknya berharap Pemerintah akan memastikan aspek keamanan, serta adanya efisiensi waktu tunggu kedatangan kereta per harinya.

    “YLKI meminta pemerintah memastikan aspek keamanan rangkaian yang dibeli impor asal China untuk memastikan keamanan operasional dan menjamin keselamatan konsumen,” ujar Rio kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (2/6/2025).

    “Kalau perlu hasil assesmen dan uji coba dipublilasi ke masyarakat,” lanjutnya.

    Rio lebih lanjut menyampaikan, pihaknya juga berharap penambahan KRL impor dari China dapat mengurangi kepadatan penumpang yang terlihat setiap hari.

    “YLKI meminta dengan adanya penambahan rangkaian KRL ini pihak KCI dapat mengurai kepadatan penumpang KRL serta memperpendek waktu tunggu konsumen,” jelasnya.

     

  • Rangkaian KRL CLI-125 perkuat layanan perkotaan dan kawasan transit

    Rangkaian KRL CLI-125 perkuat layanan perkotaan dan kawasan transit

    Rangkaian baru KRL CLI-125. ANTARA/HO-PT KAI

    Rangkaian KRL CLI-125 perkuat layanan perkotaan dan kawasan transit
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Senin, 02 Juni 2025 – 13:07 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero), melalui anak usahanya, KAI Commuter, resmi mengoperasikan tiga rangkaian KRL baru seri CLI-125 mulai 1 Juni 2025 guna memperkuat layanan perkotaan dan kawasan transit Commuter Line Jabodetabek.mVice President Public Relations KAI Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Senin, mengatakan dua rangkaian dialokasikan ke lintas Bogor dan satu rangkaian ke lintas Cikarang.

    “Keduanya merupakan koridor dengan tingkat kepadatan penumpang yang tinggi,” kata Anne.

    Lebih lanjut, Anne mengatakan langkah ini juga mempertegas peran aktif KAI Group dalam memperkuat posisi di sektor transportasi perkotaan serta menyediakan layanan yang inklusif, terjangkau, dan berorientasi publik sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan.

    Selain itu, penambahan sarana ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang dalam menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat yang terus tumbuh, khususnya di wilayah Jabodetabek.

    “Selama Januari hingga April 2025, Commuter Line Jabodetabek telah melayani 109,6 juta pelanggan, meningkat dari 103 juta pada periode yang sama tahun lalu. Sepanjang 2024, volume pelanggan mencapai 328,1 juta, naik dari 290,8 juta pada 2023,” kata Anne.

    “Angka ini menegaskan peran vital Commuter Line sebagai moda andalan masyarakat urban, dengan dukungan tarif yang disubsidi pemerintah (PSO) melalui DJKA Kemenhub,” imbuhnya.

    KRL CLI-125 dilengkapi teknologi Train Control Monitoring System (TCMS) untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan operasional, serta Anti Trap Door System untuk mencegah potensi penumpang terjepit pintu otomatis. Desain eksteriornya bertema “Growing”, menampilkan garis lengkung merah putih mengarah ke atas sebagai simbol semangat pertumbuhan.

    Setiap rangkaian terdiri dari 12 kereta (SF12), dengan panjang sekitar 20 meter dan lebar 3 meter per kereta. Secara keseluruhan, hingga saat ini telah tiba sebanyak 8 rangkaian KRL CLI-125, terdiri dari 7 rangkaian hasil impor dan 1 rangkaian produksi PT INKA. Seluruh sarana ini akan dioperasikan secara bertahap sesuai kebutuhan lintas dan kesiapan prasarana.

    Pengoperasian sarana ini telah melalui proses uji dinamis dan memperoleh sertifikasi kelayakan dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) sesuai Permenhub No. PM 49 Tahun 2023.

    “Strategi penguatan sarana dan pengembangan simpul layanan ini menjadi pola pembangunan KAI Group ke depan, seiring proyeksi pertumbuhan volume pengguna Commuter Line Jabodetabek yang diproyeksikan mencapai 1,15 juta penumpang per hari pada 2029 dan 1,3 juta pada 2035,” jelas Anne.

    Sumber : Antara

  • Lazada, HBO, dan Traveloka Terancam Diblokir! Cek 36 PSE Kena Warning

    Lazada, HBO, dan Traveloka Terancam Diblokir! Cek 36 PSE Kena Warning

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) memberikan peringatan kepada 36 entitas Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat (PSE Privat) untuk segera melakukan registrasi dan pemutakhiran data.

    Direktur Jenderal Pengawasan Ruang Digital Kementerian Komdigi Alexander Sabar menyatakan peringatan itu diberikan sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang PSE Privat.

    “Seluruh Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat (PSE Privat), baik dari dalam negeri (domestik) maupun luar negeri (asing), memiliki kewajiban untuk mendaftar dan memperbarui data pendaftaran guna menjaga akurasi dan keandalan data,” kata Alex dikutip dari keterangan pers, Senin (2/6/2025).

    Komdigi telah mengirim peringatan resmi kepada 23 PSE Privat yang teridentifikasi belum memenuhi kewajiban pendaftaran. Mereka diketahui sudah beroperasi dan menargetkan pasar Indonesia.

    Komdigi juga telah mengirim peringatan kepada 13 PSE Privat yang belum memperbarui informasi pendaftaran.

    Sesuai Pasal 2 dan Pasal 5 Peraturan Menteri Kominfo Nomor 5 Tahun 2020, setiap Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat wajib melakukan pendaftaran sebelum sistem elektronik mulai digunakan oleh Pengguna Sistem Elektronik serta secara aktif memperbarui informasi pendaftarannya apabila terjadi perubahan.

    Bagi PSE Privat yang belum terdaftar namun termasuk dalam kategori wajib daftar dapat dikenakan sanksi administratif, termasuk pemutusan akses atau pemblokiran layanan (access blocking).

    Berdasarkan hasil identifikasi pengawasan terhadap PSE Privat, berikut daftar PSE Privat yang telah diberikan notifikasi.

    23 PSE belum terdaftar

    Berikut adalah website yang belum terdaftar sebagai penyelenggara sistem elektronik:

    yamaha.com (PT Yamaha Musik Indonesia)
    mncgroup.com (PT MNC Asia Holding Tbk)
    philips.com (PT Philips Indonesia Commercial)
    hp.com (HP Inc)
    mrdiy.com (PT Daya Intiguna Yasa Tbk)
    indofood.com (PT Indofood Sukses Makmur Tbk)
    bathandbodyworks.co.id (PT Dunia Luxindo)
    unilever.com dan unilever.id (PT Unilever Indonesia, Tbk)
    order.kfcku.co.id dan aplikasi KFCku (PT Fast Food Indonesia Tbk)
    max.com dan aplikasi Max (WarnerMedia Global Digital Services LLC)
    ebay.com dan aplikasi eBay (eBay, inc)
    asus.com dan aplikasi MyAsus (AsusTek Computer Inc)
    msi.com, id.msi.com dan aplikasi MyMSI (Micro-Star International Co, LTD)
    nike.com dan aplikasi Nike (Nike, Inc)
    byd.com dan Aplikasi BYD BYD Company Limited, (PT BYD Motor Indonesia)
    emirates.com dan aplikasi Emirates (The Emirates Group)
    id.jbl.com dan jblstore.co.id (Harman International Industries, Inc)
    klm.com dan aplikasi KLM (KLM Royal Dutch Airlines)
    cathaypacific.com dan aplikasi Cathay Pacific (Cathay Pacific Airways Limited)
    dhl.com, dhlexpresscommerce.com, mydhl.express.dhl dan aplikasi DHL Express Mobile (DHL Group)
    lenovo.com dan aplikasi Lenovo (PT Lenovo Indonesia)
    ea.com (Electronic Arts Inc)
    xbox.com dan aplikasi (Xbox Microsoft Corporation)

    13 PSE belum update data

    Berikut adalah 13 PSE yang belum melakukan pembaruan data dan terancam disanksi Komdigi:

    lazada.com dan aplikasi Lazada (Ecart Webportal Indonesia)
    Aplikasi McDonalds (Rekso Nasional Food)
    zurich.com (Zurich LiveWell Services and Solutions Ltd / Zuric Asuransi Indonesia Zurich Topas Life)
    ads.google.com (Google Indonesia)
    play.google.com (Google Indonesia)
    traveloka.com dan aplikasi Traveloka (Traveloka Indonesia)
    Aplikasi MyJNE (Tiki Jalur Nugraha Ekakurir)
    apple.com (Apple Distribution International Limited)
    garmin.com (Garmin Indonesia Distribution)
    leagueoflegends.com dan aplikasi-aplikasi dari Riot (RIOT Games Services PTE LTD)
    epicgames.com (Epic Games International S.A.R.I, Bertrange, ROOT Branch/ Epic Games Entertainment International GMBH/ Epic Games Commerce GMBH)
    prudential.com (PT Prudential Life Assurance)
    kai.id (Perusahaan Perseroan (Persero) PT Kereta Api Indonesia)

    (dem/dem)

  • KRL Baru Telah Beroperasi, Dilengkapi Intercom Darurat yang Terhubung ke Petugas
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        1 Juni 2025

    KRL Baru Telah Beroperasi, Dilengkapi Intercom Darurat yang Terhubung ke Petugas Megapolitan 1 Juni 2025

    KRL Baru Telah Beroperasi, Dilengkapi Intercom Darurat yang Terhubung ke Petugas
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com 
    – PT KAI Commuter mengoperasikan tiga unit Kereta Rel Listrik (
    KRL
    ) terbaru tipe CLI-25, Minggu (1/6/2025).
    Salah satu fitur utama yang disorot dari rangkaian KRL buatan China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) Sifang Co ini adalah adanya
    emergency intercom
    yang terpasang di dekat pintu dan langsung terhubung ke petugas di dalam kereta.
    Tombol ini dapat digunakan para penumpang jika dalam keadaan darurat.
    Cara pakainya cukup mudah, penumpang hanya perlu membuka penutup
    intercom,
    lalu tekan tombol merah.
    Tunggu sampai lampu indikator
    ‘SPEAK’
    menyala. Jika sudah, penumpang bisa langsung menyampaikan laporan.
    Tak hanya itu, setiap gerbong dilengkapi dua kamera CCTV yang terhubung langsung ke kabin masinis.
    Hal ini memungkinkan petugas mengawasi kondisi di dalam kereta secara
    real-time
    .
    Untuk menambah unsur keselamatan, tiap gerbong juga dibekali dengan empat alat pemecah kaca, dua alat pemadam api ringan (APAR), serta satu kotak P3K.
    Sementara itu, sebuah pintu yang sekilas tampak seperti toilet ternyata merupakan ruang panel listrik. Di dalamnya tersimpan tangga darurat yang akan digunakan jika evakuasi diperlukan.
    Rangkaian KRL CLI-25 juga didesain dengan sangat memperhatikan kebutuhan penumpang prioritas, yakni anak-anak, lansia, ibu hamil, dan penyandang disabilitas.
    Gerbong dibuat lebih luas agar memudahkan akses pengguna kursi roda.
    Disediakan pula kursi prioritas yang bisa dilipat dan dilengkapi sabuk pengaman khusus bagi pengguna kursi roda.
    Selain itu, teknologi terbaru pada sistem pintu otomatis kini dilengkapi dengan sensor
    anti-trap
     agar penumpang tidak terjepit.
    Sensor ini dirancang untuk mendeteksi jika ada penumpang yang secara tidak sengaja terjepit di antara pintu.
    Begitu sistem mendeteksi adanya hambatan, pintu akan secara otomatis terbuka setengah. Kalau sampai tiga kali sistem mendeteksi hal yang sama, maka pintu akan terbuka penuh.
    Dari segi tampilan dalam, interior KRL tipe CLI-25 memadukan unsur budaya.
    Motif ondel-ondel dan tanjidor menghiasi kursi, memberikan nuansa khas Betawi yang unik dalam suasana modern.
    Setiap gerbong memiliki enam set bangku berhadapan, masing-masing dapat menampung tujuh penumpang.
    Untuk kemudahan informasi, KRL ini dilengkapi dengan layar LED digital di setiap ujung gerbong, menampilkan nama stasiun saat ini, stasiun berikutnya, dan tujuan akhir.
    Tambahan lain, layar di atas pintu otomatis kini juga menampilkan rute perjalanan dan indikator suhu dalam bentuk
    running text.
    Sistem ini sangat membantu bagi penumpang yang baru pertama kali naik KRL atau mereka yang kesulitan melihat papan informasi perjalanan.
    Direktur Utama KAI Commuter, Asdo Artriviyanto, berharap kereta baru ini bisa mengurai kepadatan penumpang, terutama pada jam-jam sibuk.
    Kapasitasnya pun ditingkatkan 8 persen, menjadi 3.400 penumpang per rangkaian, dengan 289 penumpang per gerbong.
    “Mudah-mudahan ini secara bertahap kita akan menambah kapasitas, sehingga akan mengurangi kepadatan dari KRL,” kata Asdo.
    Dalam tahap awal, dua rangkaian dioperasikan di Bogor Line, sementara satu lainnya di Cikarang Line.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Beroperasi! Kereta CRRC CLI-125 KAI Commuter Tawarkan Teknologi Baru

    Beroperasi! Kereta CRRC CLI-125 KAI Commuter Tawarkan Teknologi Baru

    Jakarta, Beritasatu.com – PT KAI Commuter resmi mengoperasikan tiga rangkaian KRL baru seri CLI-125 mulai Sabtu (1/6/2025) untuk melayani rute di wilayah Jabodetabek. Pengoperasian dilakukan setelah KRL buatan CRRC asal China ini dinyatakan lulus uji keselamatan dan kelayakan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

    Dua dari tiga rangkaian kereta baru ini akan melayani Commuter Line Bogor, sementara satu rangkaian lainnya ditugaskan di jalur Commuter Line Cikarang.

    Rangkaian ini menggunakan kode CLI-125, kependekan dari Commuter Line Indonesia, generasi pertama (1), yang mulai beroperasi pada tahun 2025 (25).

    “Pengoperasian sarana KRL baru ini menjawab harapan masyarakat untuk optimalisasi layanan Commuter Line Jabodetabek,” ujar Direktur Utama KAI Commuter, Asdo Artriviyanto, Minggu (1/6/2025).

    Teknologi Canggih TCMS dan Fitur Anti Trap

    KRL seri CLI-125 hadir dengan teknologi Train Control Monitoring System (TCMS), sistem kendali terpusat yang meningkatkan efisiensi dan keselamatan dalam pengoperasian kereta.

    Selain itu, kereta ini juga dilengkapi fitur antitrap pada pintu otomatis untuk mencegah penumpang terjepit saat naik atau turun.

    Kapasitas Besar dan Fasilitas Ramah Penumpang

    Rangkaian ini terdiri dari 12 kereta per trainset (formasi SF12), dengan panjang tiap kereta sekitar 20 meter dan lebar 3 meter. Kapasitas angkut tiap kereta mencapai 250 hingga 300 orang, dengan 42 kursi pada kereta kabin dan 54 kursi pada kereta non-kabin.

    Desain interior menampilkan elemen budaya khas Jakarta, seperti gambar ondel-ondel dan tanjidor, sebagai bentuk apresiasi terhadap kearifan lokal.

    Setiap kereta memiliki delapan pintu, masing-masing empat di setiap sisi, serta dilengkapi kursi prioritas berwarna abu-abu dan ruang untuk pengguna kursi roda di ujung rangkaian.

    Tampilan luar KRL CLI-125 mengusung tema “Growing”, dengan garis lengkung merah dan putih yang mengarah ke atas sebagai simbol semangat pertumbuhan dan peningkatan kualitas layanan transportasi publik.