Perusahaan: PT Kereta Api Indonesia

  • Prudential Bantah soal Situs Belum Terdaftar di Sistem PSE

    Prudential Bantah soal Situs Belum Terdaftar di Sistem PSE

    Bisnis.com, JAKARTA — Manajemen Prudential Indonesia memberikan klarifikasi terkait pemberitaan yang menyebut situs prudential.com masuk dalam daftar Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) yang mendapat notifikasi dari Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi). 

    Perusahaan menegaskan bahwa situs tersebut bukan bagian dari entitas mereka yang beroperasi di Indonesia.

    “Menanggapi pemberitaan dari Komdigi terkait PSE yang belum mutakhirkan data, bersama ini kami klarifikasi bahwa situs Prudential.com tidak memiliki hubungan dengan perusahaan kami, PT Prudential Life Assurance [Prudential Indonesia] dan PT Prudential Sharia Life Assurance [Prudential Syariah],” tulis Manajemen Prudential Indonesia saat dikonfirmasi pada Senin (9/6/2025). 

    Prudential Indonesia menyebut bahwa situs prudential.com merupakan milik perusahaan Prudential Financial Inc, sebuah perusahaan asuransi jiwa yang berbasis di Amerika Serikat. 

    Sementara itu, PT Prudential Life Assurance dan PT Prudential Sharia Life Assurance merupakan bagian dari Grup Prudential plc yang berbasis di Hong Kong.

    “Prudential Indonesia dan Prudential Syariah merupakan bagian dari group Prudential Plc yang berbasis di Hongkong dan bergerak di bidang asuransi jiwa dan kesehatan serta manajemen aset, dengan berfokus di Asia dan Afrika,” jelas Manajamen Prudential Indonesia. 

    Manajemen juga menyebutkan situs resmi yang mewakili entitas mereka:

        1.    PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia): prudential.co.id

        2.    PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah): prudentialsyariah.co.id

        3.    Group Prudential plc: prudentialplc.com

    “Dapat kami konfirmasikan bahwa Prudential Indonesia dan Prudential Syariah selalu mengikuti dan mematuhi semua peraturan dan hukum yang berlaku,” tegas manajemen.

    Sebelumnya, Komdigi menyampaikan peringatan kepada 36 entitas PSE Privat yang belum melakukan pendaftaran atau pemutakhiran data sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020.

    Direktur Jenderal Pengawasan Ruang Digital Komdigi, Alexander Sabar, mengatakan langkah ini merupakan bagian dari penguatan tata kelola ruang digital nasional.

    “Seluruh Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat [PSE Privat] baik dari dalam negeri [domestik] maupun luar negeri [asing], memiliki kewajiban untuk mendaftar dan memperbarui data pendaftaran guna menjaga akurasi dan keandalan data,” kata Alexander dalam keterangannya pada Kamis (29/5/2025).

    Komdigi mencatat terdapat 23 PSE Privat yang belum melakukan pendaftaran, dan 13 entitas lainnya belum memperbarui data. 

    Perusahaan-perusahaan yang disebut dalam daftar peringatan tersebut mencakup berbagai sektor, dari otomotif, teknologi, hingga makanan cepat saji. Komdigi mengimbau seluruh PSE Privat untuk segera melakukan pendaftaran melalui sistem Online Single Submission (OSS) jika belum terdaftar, dan memastikan seluruh data selalu diperbarui apabila terdapat perubahan pada entitas usaha atau layanan.

    “Pengaturan ini untuk menjamin kedaulatan digital nasional dan melindungi masyarakat sebagai pengguna layanan digital,” kata Alexander.

    Berikut Ini Daftar PSE Privat yang Belum Terdaftar:

        1.    PT Yamaha Musik Indonesia Distributor – yamaha.com

        2.    PT MNC Asia Holding Tbk – mncgrup.com

        3.    PT Philips Indonesia Commercial – philips.com

        4.    Electronic Arts, Inc. – ea.com

        5.    HP Inc. – hp.com

        6.    PT Daya Intiguna Yasa Tbk – mrdiy.com

        7.    PT Indofood Sukses Makmur Tbk – indofood.com

        8.    PT Dunia Luxindo – bathandbodyworks.co.id

        9.    PT Unilever Indonesia Tbk – unilever.com

        10.    PT Fast Food Indonesia Tbk – order.kfcku.co.id

        11.    WarnerMedia Global Digital Services, LLC – max.com dan aplikasi Max

        12.    ebay, Inc. – ebay.com

        13.    ASUSTek Computer Inc. – asus.com

        14.    Micro-Star International Co. Ltd. – msi.com

        15.    Nike, Inc. – nike.com

        16.    Microsoft Corporation – xbox.com

        17.    BYD Company Limited / PT BYD Motor Indonesia – byd.com

        18.    The Emirates Group – emirates.com

        19.    Harman International Industries, Inc. – id.jbl.com

        20.    KLM Royal Dutch Airlines – klm.com

        21.    Cathay Pacific Airways Limited – cathaypacific.com

        22.    DHL Group – dhl.com

        23.    PT Lenovo Indonesia – lenovo.com

    Berikut Daftar PSE Privat yang Harus Memperbarui Data:

        1.    Ecart Webportal Indonesia (Lazada) – lazada.com

        2.    Rekso Nasional Food (McDonald’s Indonesia) – aplikasi McDonald’s

        3.    Zurich LiveWell / Zurich Asuransi Indonesia / Zurich Topas Life – zurich.com

        4.    Google Indonesia – ads.google.com, play.google.com

        5.    Traveloka Indonesia – traveloka.com

        6.    TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) – aplikasi JNE

        7.    Apple Distribution International Limited – apple.com

        8.    Garmin Indonesia Distribution – garmin.com

        9.    Riot Games Services Pte. Ltd. – leagueoflegends.com

        10.    Epic Games International S.A.R.L – epicgames.com

        11.    PT Prudential Life Assurance – prudential.com

        12.    PT Kereta Api Indonesia – kai.id

  • KAI catat okupansi puncak arus balik libur panjang capai 115 persen

    KAI catat okupansi puncak arus balik libur panjang capai 115 persen

    Momentum libur panjang ini kembali membuktikan bahwa kereta api adalah pilihan utama masyarakat lintas daerah

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat okupansi atau tingkat keterisian sementara pada arus balik libur panjang Idul Adha 2025 dan cuti bersama mencapai 115 persen dari kapasitas yang disiapkan 171.261 tempat duduk.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan terjadi lonjakan signifikan pada volume pelanggan kereta api per 9 Juni 2025, yang merupakan puncak arus balik periode libur panjang Idul Adha dan cuti bersama.

    “Hingga pukul 10.15 WIB, tiket yang telah terjual tercatat sebanyak 197.183 atau 115 persen dari kapasitas yang disediakan sebanyak 171.261 tempat duduk,” kata Anne di Jakarta, Senin.

    Dia menyampaikan angka itu masih akan terus bertambah karena penjualan tiket akan terus berlangsung hingga pukul 24.00 WIB malam ini.

    Dia merinci secara akumulatif volume penjualan tiket selama periode 5–9 Juni 2025 telah mencapai 931.119 tiket, melebihi kapasitas yang disediakan sebanyak 850.795 tempat duduk, atau setara 109 persen.

    Dari total tersebut, Kereta Api Jarak Jauh (KA JJ) mencatat 794.619 pelanggan (112 persen dari kapasitas 710.284), sedangkan KA Lokal melayani 136.500 pelanggan (97 persen dari kapasitas 140.511)

    Menurutnya, tingginya angka penumpang yang datang ke Jakarta juga tercermin dari data kedatangan sementara. Berdasarkan pemesanan per 8 Juni malam, sebanyak 15.031 pelanggan dijadwalkan tiba di Stasiun Pasarsenen dan 14.825 pelanggan di Stasiun Gambir pada hari ini, Senin (9/6).

    Anne menyampaikan pencapaian itu menegaskan peran strategis kereta api sebagai moda transportasi publik yang dapat diandalkan, terutama dalam mendukung pergerakan massal masyarakat pada momen liburan nasional.

    KAI mencatat 10 stasiun dengan volume keberangkatan tertinggi pelanggan selama periode 5–9 Juni 2025 meliputi Stasiun Pasarsenen 143.125 pelanggan; Stasiun Gambir 72.442 pelanggan; Stasiun Surabaya Pasarturi 53.465 pelanggan; Stasiun Solo Balapan 46.079 pelanggan; dan Stasiun Surabaya Gubeng 45.876 pelanggan.

    Selanjutnya, Stasiun Ketapang 45.561 pelanggan; Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng 41.862 pelanggan; Stasiun Bandung 38.335 pelanggan; Stasiun Malang 38.310 pelanggan; hingga Stasiun Purwokerto 32.803 pelanggan

    “Momentum libur panjang ini kembali membuktikan bahwa kereta api adalah pilihan utama masyarakat lintas daerah. Selain efisien dan nyaman, layanan KAI juga mendukung sektor pariwisata dan perekonomian lokal di berbagai wilayah,” tutur Anne.

    Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan, KAI menghadirkan program diskon 30 persen untuk perjalanan KA Ekonomi non subsidi (NON PSO) yang berlaku hingga 31 Juli 2025. Diskon ini mencakup lebih dari 100 perjalanan dan dapat diakses melalui aplikasi Access by KAI maupun situs resmi booking.kai.id.

    “Momentum libur panjang Idul Adha ini menjadi refleksi atas kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api,” ucap Anne.

    KAI berkomitmen menjadi penyedia transportasi publik modern yang mendukung konektivitas nasional dan pertumbuhan ekonomi daerah secara berkelanjutan.

    Pewarta: Muhammad Harianto
    Editor: Faisal Yunianto
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Metro Sepekan: Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Cegah Pemberangkatan 719 Calon Haji Ilegal – Page 3

    Metro Sepekan: Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Cegah Pemberangkatan 719 Calon Haji Ilegal – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta (Soetta) telah mencegah keberangkatan 719 orang calon jemaah haji ke Tanah Suci menggunakan jalur non-prosedural.

    Ratusan orang itu diketahui tidak mengantongi visa haji. Hal tersebut seperti disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta Johanes Fanny Satria Cahya Aprianto dalam keterangan tertulis, Selasa 3 Juni 2025.

    Menurut Fanny, selama musim haji tahun ini, TPI Bandara Soetta telah melayani 55.870 calon jemaah di jalur haji reguler sejak 2 Mei-31 Mei 2025. Puluhan ribu jemaah haji reguler itu berasal dari empat embarkasi yaitu Pondok Gede, Bekasi, Lampung, dan Banten.

    Sementara itu, aksi kebut-kebutan antara mobil BMW dengan kereta Whoosh viral di media sosial. Dari video yang viral di media sosial itu, mobil BMW M4 nekat melaju kencang sambil menyalip kendaraan mobil lainnya di jalan layang tol MBZ. Mobil BMW itu tampak mengejar kereta Whoosh yang melaju tepat di seberangnya.

    Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Komarudin mengatakan pihaknya telah mendapatkan data pemilik kendaraan tersebut. Rupanya mobil sport itu telah berpindah tangan.

    Namun demikian, pihaknya juga telah mendapatkan data pemilik baru mobil mewah itu dan sudah melayangkan surat klarifikasi atas peristiwa viral itu.

    Berita lain yang terpopuler dalam sepekan terakhir dalam sub kanal Megapolitan, News Liputan6.com adalah terkait PT KAI Commuter resmi mengoperasikan kereta rel listrik (KRL) baru tipe CLI-125 mulai Minggu, 1 Juni 2025.

    Tiga Train set yang diimpor dari China ini dioperasikan di lintas Bogor dan lintas Bekasi. KRL baru buatan China ini disebut-sebut memiliki fitur lebih canggih ketimbang rangkaian commuter line yang selama ini beroperasi.

    Annisa, salah satu penumpang di Bekasi memuji perbedaan yang mencolok saat pertama kali menjajal menaiki KRL baru China. Perempuan 28 tahun ini menyebut, gerbong KRL baru lebih nyaman, bahkan mirip dua moda transportasi mutakhir di Jakarta, yakni MRT dan LRT.

    Berikut deretan berita metro yang paling banyak dicari pembaca Liputan6.com dalam sepekan terakhir:

    Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas bersama Kedutaan Arab Saudi melepas ratusan jemaah calon haji kloter pertama di Terminal Internasional Bandara Soekarno-Hatta. Dalam ibadah haji tahun ini, jemaah lebih cepat melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasi…

  • KAI Sumut operasikan 28 perjalanan KA per hari selama libur Idul Adha

    KAI Sumut operasikan 28 perjalanan KA per hari selama libur Idul Adha

    Sementara terdapat 8 perjalanan kereta api yang melintas di wilayah Aceh. Dengan demikian, total terdapat 28 perjalanan kereta api penumpang

    Medan (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional I Sumatera Utara mengoperasikan 28 perjalanan kereta api per hari untuk melayani penumpang selama libur panjang Idul Adha 1446 H yang berlangsung selama 5 hari, mulai Kamis (5/6) hingga Senin (9/6).

    Manajer Humas KAI Divre I Sumatera Utara, M. As’ad Habibuddin di Medan, Minggu, mengatakan ke-28 perjalanan KA tersebut adalah 20 perjalanan kereta api setiap hari yang melintas di wilayah Sumatera Utara.

    Kereta api-kereta api tersebut menghubungkan berbagai kota seperti Medan, Lubuk Pakam, Tebing Tinggi, Tanjung Balai, Kisaran, Pematang Siantar, hingga Rantau Prapat.

    “Sementara terdapat 8 perjalanan kereta api yang melintas di wilayah Aceh. Dengan demikian, total terdapat 28 perjalanan kereta api penumpang yang beroperasi per hari selama masa libur panjang tersebut di wilayah Divre I Sumatera Utara,” katanya.

    Sementara terkait tiket selama libur panjang Idul Adha, ia menyebutkan hingga Minggu (8/6) siang, sebanyak 38.893 tiket telah terjual atau setara 72 persen dari total kapasitas yang disediakan sebanyak 53.760 tiket.

    Rinciannya tiket yang telah terjual yaitu Kereta Api Putri Deli relasi Medan – Tanjung Balai PP sebanyak 18.425 tiket, Kereta Api Sribilah Utama relasi Medan – Rantau Prapat PP sebanyak 11.619 tiket, Kereta Api Siantar Ekspres relasi Medan – Pematang Siantar PP sebanyak 7.896 tiket.

    Kemudian Kereta Api Datuk Belambangan relasi Tebing Tinggi – Lalang PP sebanyak 640 tiket, dan Kereta Api Cut Meutia relasi Krueng Mane – Krueng Geukueh PP sebanyak 313 tiket.

    As’ad mengimbau calon penumpang menyediakan waktu yang cukup untuk perjalanan menuju stasiun keberangkatan, agar tidak terlambat.

    Selain itu, agar penumpang duduk sesuai dengan nomor tempat duduk yang tertera pada tiket masing-masing pelanggan. Hal ini demi kenyamanan bersama seluruh pelanggan.

    Bagi calon penumpang KA Sribilah Utama dan KA Putri Deli keberangkatan Stasiun Medan, agar menggunakan layanan Face Recognition Boarding Gate.

    Keunggulannya, pada proses boarding otomatis tersebut, penumpang tidak perlu lagi menunjukkan tiket dan ID card sehingga proses boarding lebih cepat dan praktis.

    “Kami berkomitmen memberikan layanan transportasi yang aman, nyaman, tepat waktu dan bebas dari kemacetan jalan raya. Kami ingin setiap pelanggan dapat menikmati momen ‘long weekend’ ini dengan penuh kebahagiaan bersama keluarga maupun sahabat,” katanya.

    Pewarta: Juraidi
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • KAI Purwokerto: Okupansi penumpang selama libur Idul Adha cukup tinggi

    KAI Purwokerto: Okupansi penumpang selama libur Idul Adha cukup tinggi

    Purwokerto (ANTARA) – Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 5 Purwokerto Krisbiyantoro mengatakan okupansi penumpang sejumlah KA keberangkatan awal dari wilayah KAI Purwokerto selama libur Idul Adha 2025 cukup tinggi.

    “Tingkat keterisian kursi kereta api menunjukkan tingginya antusiasme masyarakat terhadap moda transportasi ini. Peningkatan okupansi penumpang ini sudah kami prediksi, mengingat momentum libur panjang Idul Adha yang dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian,” katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Minggu.

    Ia mengatakan berdasarkan data, okupansi kereta api keberangkatan awal dari wilayah KAI Purwokerto pada hari Sabtu (7/6) tercatat mencapai 97 persen, dengan 9.898 tiket terjual dari total 10.177 tempat duduk yang tersedia.

    Selanjutnya pada Minggu (8/6), dari total 10.180 tempat duduk yang tersedia, sebanyak 12.908 tiket telah terjual atau setara dengan okupansi 127 persen.

    Sementara untuk hari terakhir masa libur, Senin (9/6), sebanyak 11.946 tiket telah terjual dari kapasitas 10.180 tempat duduk atau setara dengan okupansi 117 persen.

    “Angka ini menunjukkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api Daop 5 Purwokerto yang aman, nyaman, dan tepat waktu,” katanya.

    Lebih lanjut, dia mengatakan beberapa kereta api favorit masyarakat mencatatkan okupansi sangat tinggi pada hari Minggu (8/6) di antaranya KA Wijaya Kusuma relasi Cilacap-Ketapang yang berkapasitas 442 tempat duduk, namun jumlah tiket yang terjual mencapai 1.063 tiket atau setara dengan okupansi 240 persen.

    Selanjutnya, KA Logawa relasi Purwokerto-Ketapang yang berkapasitas 640 tempat duduk, namun tiket terjual mencapai 1.177 tiket atau setara okupansi 184 persen.

    KA Kamandaka relasi Cilacap-Semarang Tawang yang berkapasitas 442 tempat duduk, namun tiket terjual mencapai 792 tiket atau setara okupansi 179 persen.

    KA Malioboro Ekspres relasi Purwokerto-Malang yang berkapasitas 520 tempat duduk, namun tiket terjual mencapai 861 tiket atau setara okupansi 170 persen.

    “Okupansi yang melebihi 100 persen pada kereta api favorit tersebut merupakan hasil dari penerapan sistem okupansi dinamis,” katanya.

    Ia mengatakan sistem tersebut memungkinkan naik-turun penumpang di sejumlah stasiun sepanjang perjalanan, sehingga jumlah tiket terjual bisa melampaui kapasitas tempat duduk yang tersedia tanpa mengurangi kenyamanan.

    Menurut dia, kereta-kereta tersebut menjadi pilihan utama masyarakat karena waktu tempuh yang singkat, aman, nyaman, dan relasi yang strategis.

    “Kami mengapresiasi kepercayaan masyarakat dan akan terus meningkatkan pelayanan,” kata Krisbiyantoro menegaskan.

    Pewarta: Sumarwoto
    Editor: Biqwanto Situmorang
    Copyright © ANTARA 2025

  • Okupansi tiket kereta dari Daop 2 untuk Idul Adha 100,1 persen

    Okupansi tiket kereta dari Daop 2 untuk Idul Adha 100,1 persen

    Total selama enam hari, tercatat tiket terjual 135.246 penumpang, okupansi 100,1 persen dari 135.072 tempat duduk tersedia

    Bandung (ANTARA) – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung mengungkapkan tingkat keterisian atau okupansi tiket kereta dari wilayahnya yang disediakan untuk Idul Adha 2025, mencapai 100,1 persen selama enam hari dari 5 Juni sampai 10 Juni 2025.

    “Total selama enam hari, tercatat tiket terjual 135.246 penumpang, okupansi 100,1 persen dari 135.072 tempat duduk tersedia,” kata Manajer Humas Daop 2 Bandung Kuswardojo di Bandung, Minggu.

    Sejauh ini, kata dia, pembelian tiket atau keberangkatan yang tertinggi, terjadi pada 5 Juni 2025 dengan jumlah 30.858 penumpang.

    “Dan hari ini (8/6), untuk sementara tercatat 25.904 tiket yang telah terjual,” ucapnya.

    PT KAI Daop 2 Bandung sendiri menyediakan 135.072 tempat duduk kereta jarak jauh dari wilayah Daop 2 Bandung dengan berbagai rute tujuan untuk mengantisipasi libur panjang Idul Adha 2025 yang diberlakukan enam hari.

    Kuswardojo mengatakan Daop 2 Bandung memaksimalkan operasional seluruh kereta api reguler dan menambah perjalanan kereta api dengan menjalankan tambahan KA Lodaya dan KA Parahyangan.

    “Penambahan perjalanan KA ini ditujukan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat pengguna jasa KA yang akan bepergian pada masa libur Idul Adha, sekaligus memberikan tambahan pilihan waktu perjalanan kepada masyarakat,” ujarnya.

    Secara detail, KA tambahan yang akan beroperasi selama masa angkutan Idul Adha 2025 adalah KA Lodaya Tambahan relasi Bandung-Solo Balapan (PP), dengan kelas eksekutif dan ekonomi yang beroperasi pada 5 Juni sampai 10 Juni 2025.

    Kemudian KA Parahyangan relasi Bandung-Gambir (PP), dengan kelas eksekutif yang beroperasi pada 6 Juni sampai 9 Juni 2025.

    KAI Daop 2 Bandung mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan pemesanan tiket lebih awal melalui aplikasi, laman web, atau kanal resmi penjualan lainnya.

    “Serta kami mengimbau untuk datang lebih awal ke stasiun agar tidak terburu-buru sehingga perjalanan lancar tanpa kendala,” ucapnya.

    Pewarta: Ricky Prayoga
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Libur Panjang Iduladha, Daop 6 Yogyakarta Diserbu 25.000 Penumpang

    Libur Panjang Iduladha, Daop 6 Yogyakarta Diserbu 25.000 Penumpang

    Yogyakarta, Beritasatu.com – Arus balik libur panjang Iduladha 1446 H/2025 M mulai menunjukkan lonjakan signifikan di wilayah operasional PT KAI Daop 6 Yogyakarta. Hingga Minggu (8/6/2025) pukul 09.00 WIB, tercatat sebanyak 25.310 penumpang kereta api (KA) jarak jauh telah diberangkatkan dari berbagai stasiun di wilayah Daop 6.

    Manager Humas KAI Daop 6 Yogyakarta Feni Novida Saragih mengungkapkan, angka ini meningkat tajam dibandingkan hari sebelumnya, Sabtu (7/6/2025), yang mencatat 15.428 penumpang.

    Angka tersebut diperkirakan masih akan terus bertambah hingga malam hari, mengingat pemesanan tiket masih berlangsung. Puncak arus keberangkatan tercatat pada Kamis (5/6/2025). “Hari ini kami kembali melihat lonjakan cukup besar. Ini menandakan antusiasme masyarakat bepergian dengan KA tetap tinggi hingga akhir libur,” ujar Feni.

    Berikut daftar stasiun dengan jumlah penumpang berangkat tertinggi:
    1. Stasiun Yogyakarta: 12.285 penumpang
    2. Stasiun Lempuyangan: 6.418 penumpang
    3. Stasiun Solo Balapan: 6.384 penumpang
    4. Stasiun Klaten: 2.469 penumpang

    Sementara itu, jumlah penumpang yang datang ke wilayah Daop 6 juga mengalami kenaikan. Pada Sabtu (7/6/2025) tercatat 16.073 penumpang datang, dan Minggu (8/6/2025) pukul 09.00 WIB sudah mencapai 21.212 penumpang.

    Feni mengimbau masyarakat untuk segera merencanakan perjalanan dengan baik serta menggunakan kanal resmi seperti aplikasi Access by KAI, situs resmi kai.id, maupun mitra penjualan resmi lainnya. “Jika tiket yang diinginkan habis, manfaatkan fitur connecting train untuk alternatif perjalanan,” tambah Feni.

    Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang selama periode 5-10 Juni 2025, KAI Daop 6 menyiapkan 31 perjalanan KA jarak jauh setiap harinya, yang terdiri dari, 25 KA reguler, dua KA fakultatif, empat KA tambahan.

    KAI Daop 6 menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik selama masa liburan, guna memastikan perjalanan penumpang berjalan aman, nyaman, dan lancar.

  • Stasiun Malang layani 29 ribu penumpang di libur Idul Adha 2025

    Stasiun Malang layani 29 ribu penumpang di libur Idul Adha 2025

    ANTARA – Antusiasme masyarakat untuk bepergian di momen Idul Adha tahun ini terlihat tinggi di Stasiun Malang, Jawa Timur, Minggu (8/6). Okupansi kereta api jarak jauh di Stasiun Malang selama libur Idul Adha 2025 melonjak mencapai lebih dari 29.000 penumpang, sehingga PT KAI Daop 8 Surabaya mengerahkan 2 kereta tambahan untuk melayani kebutuhan perjalanan penumpang. (Achmad Saif Hajarani/Rizky Bagus Dhermawan/Roy Rosa Bachtiar)

    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Angkutan Pupuk KAI Alami Kenaikan Drastis 94 Persen

    Angkutan Pupuk KAI Alami Kenaikan Drastis 94 Persen

    Jakarta, Beritasatu.com – Layanan logistik atau angkutan barang PT Kereta Api Indonesia (Persero) mengalami kenaikan 3 persen selama periode Januari-Mei 2025. Tercatat, KAI telah mengangkut 27.731.631 ton logistik ke seluruh negeri.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, proyeksi Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) KAI menargetkan total volume angkutan batu bara mencapai 111,2 juta ton, dan komoditas non-batu bara sebesar 10,9 juta ton pada 2029.

    “Pertumbuhan ini didukung oleh sejumlah keunggulan moda kereta api dibanding angkutan jalan raya, terutama dalam konteks kebijakan ODOL,” ucap Anne seperti dilansir dari keterangan tertulisnya, Minggu (8/6/2025).

    Dari keseluruhan angkutan selama lima bulan pertama, batu bara masih mendominasi dengan kontribusi 23.010.266 ton atau 82,97 persen dari total volume. Komoditas ini menjadi tulang punggung dalam mendukung pasokan pembangkit listrik, sekaligus memperkuat ketahanan energi nasional.

    Tak hanya itu, pertumbuhan signifikan juga tercermin pada komoditas pupuk. Selama Januari hingga Mei 2025, KAI mencatat angkutan pupuk sebesar 13.230 ton, meningkat tajam hingga 94 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 6.810 ton.

    Secara khusus, pada bulan Mei 2025 saja, volume pupuk yang diangkut mencapai 4.110 ton, naik 26,85 persen dibandingkan 3.240 ton pada Mei 2024.

  • KAI Catat Kenaikan Fantastis Angkutan Logistik

    KAI Catat Kenaikan Fantastis Angkutan Logistik

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatatkan layanan angkutan barang mencapai 27.731.631 ton selama periode Januari-Mei 2025. Angka ini meningkat 3% dibandingkan tahun lalu.

    Vice President Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, peningkatan itu mencerminkan kinerja yang konsisten dan adaptif dalam menjawab kebutuhan logistik nasional. KAI pun yakin mampu menghadapi implementasi penuh kebijakan zero over dimension over loading (Zero ODOL) pada 2026 mendatang.

    “Peningkatan volume angkutan ini menegaskan peran strategis KAI dalam mendukung ketahanan energi nasional, efisiensi distribusi logistik, serta pembangunan ekonomi daerah,” ujar Anne dalam keterangan tertulisnya, Minggu (8/6/2025).

    Proyeksi Rencana Jangka Panjang Perusahaan (RJPP) KAI menargetkan total volume angkutan batu bara mencapai 111,2 juta ton, dan komoditas non-batu bara sebesar 10,9 juta ton pada 2029.

    Kawasan Sumatera bagian selatan diperkirakan menjadi kontributor utama, dengan potensi tambahan volume sebesar 27,8 juta ton. Sementara pengembangan Terminal Tarahan II ditargetkan menyerap hingga 18 juta ton.